Kelebihan atau Kekurangan Hormon Testosteron, Apa Jadinya?

Kelebihan-atau-Kekurangan-Hormon-Testosteron-Apa-Jadinya-Alodokter.jpg

Hormon testosteron atau yang diidentikkan sebagai hormon laki-laki ini memiliki pengaruh terhadap libido, pembentukan massa otot dan ketahanan tingkat energi, serta perubahan perubahan karakteristik seks sekunder pada pria seperti suara menjadi lebih berat.

Normalnya, kadar hormon testosteron dalam tubuh laki-laki berkisar antara 270-1070 ng/dL (nanogram per desiliter) dengan kadar rata-rata 679 ng/dL. Ada pula penelitian yang menunjukkan bahwa kadar hormon testosteron yang optimal berkisar 400-600 ng/dL.

Hormon ini meningkat selama masa pubertas dan mencapai puncaknya ketika laki-laki berusia sekitar 20 tahun. Setelah berusia 30 tahun ke atas, kadar hormon ini akan berkurang sekitar satu persen tiap tahunnya. Sementara itu, pada laki-laki yang berusia lebih dari 65 tahun, kadar hormon testosteron normal berkisar antara 300-450 ng/dL.

Penurunan Kadar Hormon Testosteron

Menurunnya kadar hormon testosteron sebenarnya merupakan kondisi alamiah seiring penuaan pada laki-laki. Kondisi kekurangan testosteron juga dapat disebabkan oleh infeksi dan cedera pada testis, gagal ginjal kronis, sindrom Klinefelter, dan sirosis hati. Kondisi stres dan terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan kondisi tersebut.

Ketika kadar hormon testosteron menurun, laki-laki akan mengalami gejala yang berkaitan dengan fungsi seksual, seperti ketidaksuburan, berkurangnya hasrat seksual, serta berkurangnya frekuensi ereksi yang terjadi secara spontan ketika sedang tidur.

Selain itu, berkurangnya kadar hormon testosteron juga dapat diiringi oleh gejala lain yang mencakup perubahan fisik, seperti:

  • Berkurangnya rambut-rambut pada tubuh.
  • Tulang yang lebih rapuh.
  • Meningkatnya lemak tubuh.
  • Berkurangnya kekuatan atau massa otot.
  • Sensasi terbakar atau hot flashes.
  • Kelelahan yang meningkat.
  • Timbulnya pembengkakan pada kelenjar payudara.
  • Berdampak pada metabolisme kolesterol.

Sementara itu, dampak menurunnya kadar hormon testosteron terhadap perubahan psikis antara lain kecenderungan untuk merasakan depresi atau perasaan sedih yang secara keseluruhan dapat menurunkan kualitas hidup. Sebagian orang lainnya juga bisa mengalami penurunan rasa percaya diri, berkurangnya motivasi, serta memiliki masalah pada memori dan konsentrasi. Meski begitu, semua kondisi ini juga bisa merupakan efek samping proses penuaan yang normal. Selain itu bisa disebabkan oleh kondisi medis lainnya, seperti efek samping pengobatan, kondisi tiroid, maupun efek mengonsumsi minuman beralkohol.

Selain faktor penuaan, rendahnya hormon testosteron juga dapat dipicu oleh kondisi hipogonadisme. Pada kondisi tersebut, testis memproduksi terlalu sedikit hormon testosteron.

Oleh karena itu, untuk mengetahui apakah kadar hormon testosteron Anda normal atau tidak, dan apakah gejala di atas benar-benar disebabkan oleh menurunnya kadar hormon pria ini, Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan darah.

Tingkat Hormon Testosteron yang Berlebihan

Di sisi lain, ada pula laki-laki yang memiliki kadar hormon testosteron di atas angka normal. Ibarat dua sisi mata uang, kondisi ini bisa membawa dampak positif dan negatif. Positifnya, kadar hormon testosteron yang tinggi dapat menormalkan tekanan darah dan menurunkan kecenderungan laki-laki untuk mengalami obesitas dan serangan jantung.

Sementara itu, beberapa studi menunjukkan keterkaitan antara kadar hormon testosteron yang tinggi dengan kecenderungan laki-laki untuk melakukan perilaku berisiko, seperti dorongan perilaku seksual berlebihan yang berisiko kepada tindakan kriminal. Namun, masih diperlukan penelitian yang lebih mendalam untuk membuktikan hal ini. Kadar testosteron yang tinggi juga membuat kecenderungan laki-laki untuk lebih mengonsumsi alkohol dan merokok.

Menjaga Kadar Hormon Testosteron Tetap Normal

Sebagian pakar merekomendasikan untuk memantau kadar hormon testosteron tiap lima tahun sekali yang dimulai sejak laki-laki berusia 35 tahun. Jika diketahui bahwa Anda memiliki kadar hormon yang terlalu sedikit atau jika Anda mengalami gejala rendahnya kadar hormon testosteron, Anda bisa dianjurkan untuk melakukan terapi hormon.

Dalam melakukan terapi ini, terapis Anda akan mengawasi kadar hormon testosteron secara ketat untuk memastikan kadar hormon tidak menjadi terlalu tinggi. Perlu diketahui bahwa terapi ini belum tentu bisa dijalani oleh semua pria. Seorang pria yang diduga atau diketahui mengidap kanker prostat atau kanker payudara, penyakit ginjal, hati, atau penyakit jantung dianjurkan untuk tidak melakukan terapi ini karena dapat meningkatkan risiko komplikasi terhadap penyakit yang dideritanya tersebut.

Jalani pola makan dan kebiasaan hidup sehat serta hindari mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan, serta membiasakan berpikir positif dan mengelola stres. Jangan lupa untuk memeriksakan kadar testosteron Anda bilamana mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan di atas.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengatasi Bau Mulut Ketika Berpuasa

Mengatasi Bau Mulut Ketika Berpuasa

Bau Mulut saat berpuasa, bagaimana cara mengatasinya? 90 % bau mulut berasal dari mulut, sisanya dapat disebabkan oleh masalah pencernaan dan penyakit umum lainnya. Makanan dan rokok juga dapat menjadi sumber bau mulut namun sifatnya hanya sementara. Jadi bila Anda merasa nafas Anda berbau tak sedap, pastikan gigi dan mulut Anda bebas dari masalah. Perhatikan kondisi gigi Anda. Apakah ada yang tumpang tindih, berlubang, ada abses (bisul) pada gusi, ada karang gigi, atau ada gigi yang sering terselip makanan? Bagaimana kesehatan gusi Anda, apakah ada yang bengkak, atau mudah berdarah, atau warnanya merah tua? Kondisi tersebut dapat berkontribusi terhadap timbulnya bau mulut tak sedap.Segera kunjungi dokter gigi Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut. [...]

Kebiasaan Sehari-hari yang Mempengaruhi Penampilan

Kebiasaan Sehari-hari yang Mempengaruhi Penampilan

Memiliki kulit yang sehat tak hanya berasal dari produk yang Anda gunakan setiap hari. Hal-hal dan keputusan-keputusan yang Anda lakukan setiap hari, apa yang Anda makan, kemana Anda pergi, apa yang sedang Anda rasakan, ternyata juga mempengaruhi penampilan kulit Anda. Pola makan Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan bebas kusam? Perhatikan asupan makanan Anda. Mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup dan mengurangi konsumsi lemak dan karbohidrat dapat membuat kulit Anda tetap sehat seiring dengan proses penuaan. Oleh karena itu, ubahlah pola makan Anda mulai sekarang. Kurangi konsumsi lemak, karbohidrat dan gula berlebih yang dapat membuat Anda terlihat lebih tua dari usia Anda. Vitamin Krim anti aging Anda mungkin sudah mengandung vitamin C atau E. Namun asupan dari luar saja ternyata tidak cukup. Perbanyak konsumsi anti oksidan seperti buah, sayuran dan ikan untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk radikal bebas. Selain itu antioksidan juga bisa memperlambat terjadinya proses penuaan dini pada kulit. Olahraga Mungkin Anda sudah tahu manfaat baik dari berolahraga rutin. Tak hanya baik untuk kesehatan Anda secara menyeluruh, tetapi juga untuk kesehatan kulit Anda. Olahr [...]

Alasan Mengapa Anda Cepat Merasa Lelah Saat Musim Hujan

Alasan Mengapa Anda Cepat Merasa Lelah Saat Musim Hujan

Ada kondisi kesehatan yang membuat seseorang menjadi galau dan tak bersemangat akibat datangnya hujan. Seasonal Affective Disorder (SAD) adalah jenis depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahun. Gejalanya, penderita bisa merasakan energi yang berkurang dan moody pada musim-musim tertentu.Kasus SAD lebih banyak dijumpai di negara dengan empat musim. Meskipun demikian, kemungkinan SAD dialami penduduk di negara dua musim juga masih terbuka lebar. Di negara empat musim, gejala gangguan ini biasanya muncul selama akhir musim gugur atau awal musim dingin. Gejala ini kemudian hilang ketika hari menjadi lebih cerah seperti pada musim semi dan musim panas.Namun ternyata, cuaca tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorag, tetapi juga dengan kondisi fisiknya. Cuaca hujan juga bisa membuat orang cepat merasa lelah. Kok bisa? Seperti yang dikutip dari ehow, berikut beberapa alasannya.1. Mempengaruhi PenglihatanSaat hujan, langit berubah menjadi hitam dan mendung. Pagi dan siang pun bisa terlihat seperti sore atau bahkan, malam hari. Hal ini mempengaruhi respon biologis manusia untuk menutup mata. Jam internal tubuh mengira bahwa malam telah tiba dan ini adalah [...]

Ahok: Semua Orang Harus Periksa Diabetes!

Ahok: Semua Orang Harus Periksa Diabetes!

Indonesia adalah negara ke 7 di dunia dalam peringkat jumlah penderita diabetes terbesar di dunia. Wakil Gubernur DKI, Ir. Basuki Tjahaya Purnama memiliki ambisi DKI Jakarta harus menjadi role model pengentasan diabetes di Indonesia. ?Acara ini sudah menjadi agenda tahunan dari produk Diabetasol sebagai bagian dari kampanye Gerakan Stop Diabetes dengan pola hidup sehat 3J, yaitu Jumlah kalor untuk dibatasi, Jenis asupan nutrisi untuk diteliti sebelum dipilih, dan Jadwal asupan nutrisi untuk dijalani,? ujar Ongkie Tedjasurja, Chief Marketing Officer PT. Kalbe Farma, Tbk.Acara yang diadakan oleh PT. Kalbe Farma, Tbk., melalui salah satu brand-nya, Diabetasol ini merupakan puncak dari serangkaian acara Diabetasol Funwalk yang telah diadakan di lebih dari 33 kota di Indonesia dari Sabang hingga Merauke dengan jumlah peserta lebih dari 250.000 orang. Serangkaian acara lainnya dilakukan sebagai bagian dari kampanye Gerakan Stop Diabetes dengan edukasi pola hidup sehat 3J.?Semua orang harus tes gula darah. Pergi ke Puskesmas, ke klinik, ke dokter, kemana kek, yang penting harus tes kesehatan gula darah. Karena diabetes ini berbahaya, ngga ketahuan. Ketahuannya ya harus di tes. Sementara [...]

5 Cara Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

5 Cara Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Ketika mendengar kata kolesterol, yang terbayang di pikiran sebagian besar orang adalah 'sumber penyakit'. Tapi ada jenis kolesterol baik yang dinamakan HDL (High Density Lipoprotein). Kolesterol ini tidak mengendap di arteri dan melindungi pembuluh darah dari proses terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah.Idealnya, kadar kolesterol baik harus lebih banyak daripada kolesterol jahat. Namun banyak yang belum tahu kalau kadar kolesterol ini bisa ditingkatkan. Ini dia beberapa caranya, seperti dikutip dari Women's Health.1. OlahragaRutin berolahraga membantu meningkatkan produksi HDL, yaitu kadar kolesterol baik dalam tubuh. Anda bisa memilih aktivitas fisik yang dimau. Misaknya latihan aerobik selama 30 menit, tiga hingga empat kali seminggu.2. Berhenti MerokokPerokok berat atau merokok hanya untuk iseng, segera hentikan kebiasaan jelek itu. Sekecil apapun asap rokok yang dihisap, bisa menghambat produksi kolesterol baik dari liver.3. Turunkan Berat BadanKegemukan merupakan pemicu tingginya tingkat kolesterol. Jika indeks massa tubuh lebih dari 25, segera cari cara yang sehat untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya mendapatkan berat badan ideal, tapi juga meningkatkan koles [...]

5 Makanan Pemicu Sakit Kepala

5 Makanan Pemicu Sakit Kepala

Siapa sih di antara kita yang belum pernah merasakan sakit kepala? Pasti Anda semua pernah merasakannya, mulai dari sakit kepala ringan hingga sakit kepala berat yang sangat mengganggu kualitas hidup. Penyebab sakit kepala hampir sebagian besar tidak diketahui. Ternyata sakit kepala yang Anda rasakan bisa juga disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi. Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memicu timbulnya sakit kepala: 1. Alkohol Alkohol yang terdapat di dalam minuman dapat menyebabkan peningkatan aliran darah ke otak dan menyebabkan dehidrasi, kedua kondisi ini dapat memicu terjadinya sakit kepala. Kandungan sulfiat yang digunakan sebagai pengawet dalam anggur merah juga disinyalir memicu migraine. 2. Keju Semakin lama usia keju semakin tinggi kadar tiramin di dalamnya. Tiramin dibentuk dari hasil pemecahan protein pada makanan. Jumlah tiramin dalam keju bervariasi bergantung dari proses, fermentasi, usia, pemecahan dan kontaminasi bakteri. Contok keju yang mengandung kadar tiramin tinggi adalah keju swiss, blue cheese, cheddar, gouda dan parmesan. 3. Penyedap Rasa Monosodium glutamate (MSG) yang sering ditemukan dalam penyedap rasa telah terbukti dapat m [...]

Menangis Saat Nonton Film Melodrama Justru Buat Anda Lebih Bahagia

Menangis Saat Nonton Film Melodrama Justru Buat Anda Lebih Bahagia

Film-film melodrama seringkali membuat para penontonnya menangis tersedu-sedu. Tidak ada yang menyangka, kalau film bertema sedih ternyata justru bisa mendatangkan rasa bahagia.Penelitian yang dilakukan di Belanda menemukan bahwa mood seseorang bisa berubah setelah menangis saat menonton film drama melankolis. Hal itu terbukti lewat percobaan terhadap 60 responden.Para responden diminta menonton dua judul film; 'La Vita e Bella' dan 'Hachi: A Dog's Tale'. Setiap responden kemudian harus mendeskripsikan perasaan mereka saat mulai dan setelah nonton kedua film tersebut.Sekitar 60 persen responden menangis saat menonton 'Hachi: A Dog's Tale', film tentang kesetiaan anjing terhadap majikannya yang diangkat dari kisah nyata. Sementara 'La Vita e Bella' atau dikenal juga dengan 'Life Is Beautiful' berhasil membuat 45 persen responden menangis. Responden wanita dilaporkan lebih menangis tersedu-sedu dan frekuensinya juga lebih sering ketimbang responden pria.Poin menarik dari hasil studi ini adalah perasaan para responden setlah menangis. Mereka yang menangis saat film berlangsung, merasa lebih bahagia secara signifikan selama 90 menit setelah filmnya berakhir.Dr Asmir Gracanin, peneli [...]

Berhenti Merokok Bisa Bantu Tingkatkan Memori

Berhenti Merokok Bisa Bantu Tingkatkan Memori

Banyak manfaat yang bisa didiapat dari menghentikan kebiasaan merokok. Salah satunya adalah membantu meningkatkan memori sehari-hari Anda.Tim peneliti dari Northumbria University di Newcastle, Inggris melakukan percobaan dnegan cara memberikan tes memori kepada 27 perokok, 18 mantan perokok dan 24 orang yang tidak merokok. Tes yang menguji memori ini dilakukan di berbagai universitas yang berbeda lokasi.Hasilnya pun dilaporkan bahwa para perokok hanya bisa mengingat 59 persen dari tugas mereka, bila dibandingkan dengan 74 persen mantan perokok. Sedangkan mereka yang tidak merokok bisa mengingat 81 persen dari tugasnya."Kita sudah tahu bahwa berhenti merokok memiliki manfaat yang besar bagi tubuh, tetapi studi lain menunjukkan bahwa berhenti merokok dapat memiliki manfaat terhadap fungsi kognitif otak juga," ujar Tom Heffernan dari Collaboration for Drug and Alcohol Research Group, seperti yang dikutip dari msn.Penelitian ini dirilis online, sebelum akhirnya dipublikasi cetak pada jurnal Drug and Alcohol Dependence. Heffernan mengatakan bahwa percobaan ini merupakan yang pertama kalinya dalam meneliti pengaruh berhenti merokok terhadap ingatan seseorang."Mengingat bahwa perokok d [...]

Mata Sering Kedutan? Mungkin Anda Sedang Stres

Mata Sering Kedutan? Mungkin Anda Sedang Stres

Mata berkedut atau biasa dinamakan kedutan hampir pernah dirasakan semua orang. Walau tidak terlalu mengganggu, ternyata banyak faktor yang bisa menyebabkannya. Apa saja?Mata kedutan biasanya hanya terjadi beberapa detik atau menit yang terjadi dalam sekali atau beberapa kali dalam satu hari. Kedutan terjadi sangat spontan yakni gerakan tiba-tiba pada kelopak mata atas atau bawah. Kedutan bisa terjadi pada semua usia dan bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan karena bukan penyakit berbahaya dan tidak mempengaruhi kemampuan penglihatan.Menurut Burt Dubow, OD, FAAO, pakar mata dari Contact Lens and Cornea Section of the American Optometric Association, kedutan bukan masalah medis yang serius. Kedutan adalah kontraksi yang melibatkan otot orbicularis oculi.Kedutan terjadi karena serabut saraf di dalam otak mengalami kontraksi sesaat. Denyutan pembuluh darah tiba-tiba seperti mengalami rangsangan (kontraksi) yang membangkitkan aliran listrik melalui nervus facialis yang membuat mata kejang sesaat. Kedutan baru dianggap berbahaya jika kejadiannya berlangsung secara terus menerus dan dalam waktu lama atau gerakannya tidak bisa diobati. Seperti dikutip allaboutvision, setidaknya ada tu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *