Kelebihan atau Kekurangan Hormon Testosteron, Apa Jadinya?

Kelebihan-atau-Kekurangan-Hormon-Testosteron-Apa-Jadinya-Alodokter.jpg

Hormon testosteron atau yang diidentikkan sebagai hormon laki-laki ini memiliki pengaruh terhadap libido, pembentukan massa otot dan ketahanan tingkat energi, serta perubahan perubahan karakteristik seks sekunder pada pria seperti suara menjadi lebih berat.

Normalnya, kadar hormon testosteron dalam tubuh laki-laki berkisar antara 270-1070 ng/dL (nanogram per desiliter) dengan kadar rata-rata 679 ng/dL. Ada pula penelitian yang menunjukkan bahwa kadar hormon testosteron yang optimal berkisar 400-600 ng/dL.

Hormon ini meningkat selama masa pubertas dan mencapai puncaknya ketika laki-laki berusia sekitar 20 tahun. Setelah berusia 30 tahun ke atas, kadar hormon ini akan berkurang sekitar satu persen tiap tahunnya. Sementara itu, pada laki-laki yang berusia lebih dari 65 tahun, kadar hormon testosteron normal berkisar antara 300-450 ng/dL.

Penurunan Kadar Hormon Testosteron

Menurunnya kadar hormon testosteron sebenarnya merupakan kondisi alamiah seiring penuaan pada laki-laki. Kondisi kekurangan testosteron juga dapat disebabkan oleh infeksi dan cedera pada testis, gagal ginjal kronis, sindrom Klinefelter, dan sirosis hati. Kondisi stres dan terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan kondisi tersebut.

Ketika kadar hormon testosteron menurun, laki-laki akan mengalami gejala yang berkaitan dengan fungsi seksual, seperti ketidaksuburan, berkurangnya hasrat seksual, serta berkurangnya frekuensi ereksi yang terjadi secara spontan ketika sedang tidur.

Selain itu, berkurangnya kadar hormon testosteron juga dapat diiringi oleh gejala lain yang mencakup perubahan fisik, seperti:

  • Berkurangnya rambut-rambut pada tubuh.
  • Tulang yang lebih rapuh.
  • Meningkatnya lemak tubuh.
  • Berkurangnya kekuatan atau massa otot.
  • Sensasi terbakar atau hot flashes.
  • Kelelahan yang meningkat.
  • Timbulnya pembengkakan pada kelenjar payudara.
  • Berdampak pada metabolisme kolesterol.

Sementara itu, dampak menurunnya kadar hormon testosteron terhadap perubahan psikis antara lain kecenderungan untuk merasakan depresi atau perasaan sedih yang secara keseluruhan dapat menurunkan kualitas hidup. Sebagian orang lainnya juga bisa mengalami penurunan rasa percaya diri, berkurangnya motivasi, serta memiliki masalah pada memori dan konsentrasi. Meski begitu, semua kondisi ini juga bisa merupakan efek samping proses penuaan yang normal. Selain itu bisa disebabkan oleh kondisi medis lainnya, seperti efek samping pengobatan, kondisi tiroid, maupun efek mengonsumsi minuman beralkohol.

Selain faktor penuaan, rendahnya hormon testosteron juga dapat dipicu oleh kondisi hipogonadisme. Pada kondisi tersebut, testis memproduksi terlalu sedikit hormon testosteron.

Oleh karena itu, untuk mengetahui apakah kadar hormon testosteron Anda normal atau tidak, dan apakah gejala di atas benar-benar disebabkan oleh menurunnya kadar hormon pria ini, Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan darah.

Tingkat Hormon Testosteron yang Berlebihan

Di sisi lain, ada pula laki-laki yang memiliki kadar hormon testosteron di atas angka normal. Ibarat dua sisi mata uang, kondisi ini bisa membawa dampak positif dan negatif. Positifnya, kadar hormon testosteron yang tinggi dapat menormalkan tekanan darah dan menurunkan kecenderungan laki-laki untuk mengalami obesitas dan serangan jantung.

Sementara itu, beberapa studi menunjukkan keterkaitan antara kadar hormon testosteron yang tinggi dengan kecenderungan laki-laki untuk melakukan perilaku berisiko, seperti dorongan perilaku seksual berlebihan yang berisiko kepada tindakan kriminal. Namun, masih diperlukan penelitian yang lebih mendalam untuk membuktikan hal ini. Kadar testosteron yang tinggi juga membuat kecenderungan laki-laki untuk lebih mengonsumsi alkohol dan merokok.

Menjaga Kadar Hormon Testosteron Tetap Normal

Sebagian pakar merekomendasikan untuk memantau kadar hormon testosteron tiap lima tahun sekali yang dimulai sejak laki-laki berusia 35 tahun. Jika diketahui bahwa Anda memiliki kadar hormon yang terlalu sedikit atau jika Anda mengalami gejala rendahnya kadar hormon testosteron, Anda bisa dianjurkan untuk melakukan terapi hormon.

Dalam melakukan terapi ini, terapis Anda akan mengawasi kadar hormon testosteron secara ketat untuk memastikan kadar hormon tidak menjadi terlalu tinggi. Perlu diketahui bahwa terapi ini belum tentu bisa dijalani oleh semua pria. Seorang pria yang diduga atau diketahui mengidap kanker prostat atau kanker payudara, penyakit ginjal, hati, atau penyakit jantung dianjurkan untuk tidak melakukan terapi ini karena dapat meningkatkan risiko komplikasi terhadap penyakit yang dideritanya tersebut.

Jalani pola makan dan kebiasaan hidup sehat serta hindari mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan, serta membiasakan berpikir positif dan mengelola stres. Jangan lupa untuk memeriksakan kadar testosteron Anda bilamana mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan di atas.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Berbagai Khasiat Minyak Ikan untuk Kesehatan Tubuh

Ini Berbagai Khasiat Minyak Ikan untuk Kesehatan Tubuh

Minyak ikan dianggap sebagai salah satu bahan makanan super karena mengandung asam lemak esensial omega-3 yang memiliki banyak khasiat. Mulai dari menstabilkan tekanan darah, mencegah peradangan, membantu kinerja otot hingga meningkatkan daya tahan tubuh.Tapi seberapa besar manfaat minyak ikan untuk menjaga kesehatan tubuh? Benarkah khasiatnya bisa 'seajaib' itu? Seperti dikutip dari ABC Australia, minyak ikan banyak digunakan untuk merawat berbagai kondisi tubuh tertentu. Kandungan omega-3 yang tinggi dipercaya bisa mencegah penyakit jantung, mengurangi kadar lemak dalam darah, baik untuk diabetes, meringankan radang sendi hingga membantu menyembuhkan asthma.Asam lemak omega-3 bisa didapatkan dari banyak jenis ikan-ikanan. Di antara jenis ikan, ada beberapa yang terhitung paling tinggi omega-3 nya seperti salmon, mackerel, sarden dan tuna. Minyak ikan juga tersedia dalam bentuk sirup dan kapsul yang biasanya bisa didapatkan lewat apotek atau supermarket.Ada sejumlah fakta ilmiah yang membuktikan kalau omega-3 yang berasal dari minyak ikan sangat berdampak positif bagi kesehatan. The Heart Foundation di Australia merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi sedikitnya 500 mg [...]

Manfaat Kopi Terhadap Penyakit Alzheimer

Manfaat Kopi Terhadap Penyakit Alzheimer

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa kopi berkafein dapat membantu menjaga dari penyakit Alzheimer. Studi ini ada dalam Jurnal Penyakit Alzheimer, empat atau lima cangkir kopi berkafein setiap hari akan menyebabkan peningkatan memori pada penderita alzeimer. Menurut Gary Arendash, ilmuwan di Pusat Penelitian Penyakit Alzheumer di Florida, menunjukkan, bahwa kafein bisa memblokir jalannya produksi beta amyloid dan gluten atau protein lengket yang menyumbat otak pada penderita alzheimer. Mereka juga menemukan sebuah zat yang disebut granulocyte colony stimulating factor (GCSF), memicu produksi akson baru atau jalur transmisi utama sistem saraf dan membantu membuat saraf. Dalam penelitian ini, kopi berkafeinlah yang meningkatkan produksi GCSF tersebut. ?Saat diuji apakah minuman baik menyebabkan memori yang lebih baik. Setelah diuji pada penderita alzheimer yang lupa akan lokasi rumah, umumnya akan kesulitan mencari tempat tinggalnya. Namun, dalam penelitian ini, penderita alzheimer yang rutin minum kopi berkafein setiap hari memiliki memori yang lebih baik, sama baik seperti pada orang yang tidak menderita alzheimer,? ujarnya. Arendash menyarankan pada penderita alzheimer untuk mencob [...]

Susah Buang Air Kecil Jangan Dibiarkan

Susah Buang Air Kecil Jangan Dibiarkan

Susah buang air kecil bisa menimpa siapa saja, tidak peduli jenis kelamin. Salah satu gejala paling umum dari gangguan ini adalah ketika keinginan kencing sudah tidak tertahankan lagi, namun membutuhkan waktu yang cukup lama sampai urin keluar. Kondisi ini harus diwaspadai dan tidak boleh dibiarkan karena dapat menimbulkan infeksi dan komplikasi ke organ-organ tubuh yang lainnya. Apa Saja Penyebab Utamanya? Seiring usia, susah buang air kecil cepat atau lambat dapat dialami pria maupun wanita. Karena organ tubuh antara pria dan wanita berbeda, maka ada beberapa perbedaan yang menjadi penyebab susah buang air kecil. Berikut beberapa kondisi yang umum menjadi penyebab susah buang air kecil: Pembengkakan prostat. Seiring pertambahan usia seorang pria, kelenjar prostat dapat mengalami pembengkakan. Pembengkakan pada prostat akan menekan saluran kencing. Akibatnya, aliran urin tidak lancar dan dibutuhkan waktu lebih lama agar urin bisa keluar. Pada wanita, infeksi pada saluran kencing adalah salah satu pemicu terjadinya kesulitan buang air kecil. Sedangkan pada pria, prostat yang mengalami infeksi juga akan membengkak dan menjadikan saluran kencing tertekan. Sistem syaraf terganggu. G [...]

Evita Zoraya, Aromatherapist yang Juga Jadi Teman Curhat Kliennya

Evita Zoraya, Aromatherapist yang Juga Jadi Teman Curhat Kliennya

Pekerjaan aromatherapist tidak terbatas pada menggunakan minyak esensial dan wewangian untuk terapi menghilangkan stres atau penyembuhan saja. Seorang aromatherapist profesional juga perlu mendalami ilmu lain agar sesi terapi yang dijalaninya pada klien bisa maksimal dan memberikan manfaat yang nyata bagi peningkatan kualitas hidup.Seperti Evita Zoraya yang sudah berkecimpung di dunia aromaterapi sejak lima tahun lalu. Tidak hanya pengetahuan tentang berbagai macam jenis minyak esensial saja yang dia miliki, tapi juga kemampuan membantu seseorang menemukan solusi sendiri untuk masalahnya.Selain aromatherapist, Evita juga mendalami profesi sebagai Meta Coach. Bukan seperti psikolog yang memberi konsultasi dan saran, atau psikiater yang memberikan resep obat untuk pasiennya. Meta Coach merupakan seorang coach yang membantu seseorang menemukan solusi sendiri untuk mengatasi problema hidup. Lebih kepada memberi referensi bagaimana menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri."Biasanya yang tahu solusi terbaik (untuk masalah) adalah dirinya sendiri. Tapi seringkali mereka tidak menyadari punya kemampuan itu. Di situlah peran coach. Membantu menyelesaikan problem sendiri," ujar Evita [...]

Kurangi Risiko Sakit Jantung dengan Susu Cokelat

Kurangi Risiko Sakit Jantung dengan Susu Cokelat

Jika Anda ragu meminum susu cokelat karena takut gemuk, cobalah untuk memikirkannya lagi. Meminum susu cokelat secara teratur ternyata bisa mengurangi penyakit peradangan atherosclerosis (plak yang menempel pada pembuluh darah yang memicu sakit jantung).Peneliti dari Spanyol menguji 47 relawan berusia 55 tahun ke atas yang berisiko terkena serangan jantung. Separuh relawan diberikan susu bubuk cokelat 20 gram yang dicampur dengan susu tanpa lemak (skim) untuk diminum dua kali sehari. Satu kelompok lagi, hanya mengonsumsi susu cokelat tanpa campuran susu skim.Setelah satu bulan dilakukan tes darah, hasilnya, partisipan yang hanya minum susu cokelat dua kali sehari selama 4 minggu mencatat penurunan risiko peradangan. Sementara kelompok yang minum susu cokelat ditambah skim tidak mengalami perubahan.Partisipan yang hanya minum susu cokelat juga mengalami kenaikan kadar kolesterol baik (HDL). Kajian tersebut telah dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Namun para peneliti mengakui masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut soal ini."Atherosclerosis adalah peradangan di pembuluh darah dalam kadar yang masih rendah. Tampaknya asupan cokelat secara reguler bisa [...]

8 Kesalahan Kesehatan yang Dilakukan Saat Sibuk

8 Kesalahan Kesehatan yang Dilakukan Saat Sibuk

Di saat Anda terlalu fokus pada karir, maka hal pertama yang dikorbankan adalah kesehatan. Padahal semakin sehat badan, semakin sehat pula pikiran, dan semakin sehat pikiran, semakin baik Anda melakukan pekerjaan kantor.Oleha karena itu, ada baiknya jika Anda menyimak delapan kesalahan yang sering dilakukan ketika sedang sibuk dan bagaimana cara mengubahnya, seperti yang dirangkum dari Huffington Post di bawah ini.1. Terlalu lelah bekerja sehingga tidak usah berolahragaJika Anda tidak melakukan latihan kardio sekitar 30 hingga 40 menit, sebanyak tiga kali dalam seminggu, maka tubuh akan merasakan akibatnya. Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga rutin dapat meningkatkan sistem imun, meningkatkan mood, dan memberi Anda energi lebih untuk melalui hari.2. Tidak tidur karena mempersiapkan meetingTidak memiliki cukup tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, terutama jika sudah menjadi kebiasaan. Penelitian menjelaskan, kurang tidur dapat menyebabkan kehilangan memori jangka pendek, mengurangi kreatifitas, dan menganggu proses belajar. Jadi, jika Anda menginginkan kinerja yang baik dalam bekerja, mulai cobalah untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam dalam sehari.3. Tida [...]

Penemuan Baru Vaksin AIDS

Penemuan Baru Vaksin AIDS

Pada bulan April 2013, peneliti melaporkan suatu gebrakan yang dapat mengubah dunia yaitu penemuan terbaru tentang antibodi yang dapat menetralisir AIDS. Infeksi HIV merupakan infeksi molekuler yang intensif bermulai dari saat virus menginfeksi inang baru hingga munculnya penyakit AIDS. Perkembangan AIDS bukan karena tubuh kita tidak dapat melawan HIV, namun akibat pertahanan tubuh yang semakin melemah di saat virus tetap bertahan. Saat ini, penelitian yang dipimpin oleh Barton Haynes, Direktur di Duke University Human Vaccine Institute di Duke University School of Medicine, berpendapat bahwa mereka menemukan jalan untuk membantu sistem imun manusia. Dimulai saat infeksi, sistem imun kita langsung aktif dan mengeluarkan antibodi untuk menghancurkan virus HIV. Pada minggu-minggu pertama, antibodi ini pada umumnya sukses mengeliminasi hampir semua virus namun tetap ada beberapa virus tersisa yang tidak dapat terdeteksi. Virus-virus yang tidak terdeteksi ini, akan bermutasi dan berkembang biak sampai terbentuk antibodi baru untuk membunuh mereka. Hingga mencapai suatu titik dimana pembunuhan dari virus memicu replikasi yang lebih banyak sampai tubuh tidak sanggup lagi melawan virus. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *