Kena Batuk? Tentukan Obatnya dengan Ketahui Gejalanya

penyakit-batuk

Batuk merupakan salah satu penyakit yang sering dianggap biasa oleh banyak masyarakat, karena pada dasarnya penyakit ini pernah dialami oleh setiap orang dan penyembuhaannya pun banyak variasi caranya. Beberapa orang menganggap penyakit batuk merupakan penyakit yang biasa karena tidak menimbulkan efek yang terlihat oleh kasat mata dimana penyakit yang dialami merupakan jenis batuk ringan. Mengingat hal tersebut, disini akan dibahas beberapa tipe penyakit batuk dan penyembuhannya karena pada dasaranya penyakit ini jangan dianggap enteng. Beberapa hal yang menjadikan alasan untuk tidak menggangap batuk sebagai penyakit yang biasa yaitu Dalam tingkatan batuk ringan, batuk dapat menggangu penampilan anda. Bayangkan ketika anda sedang berkumpul dengan teman-teman dan anda disibukkan dengan batuk anda tentunya hal tersebut sangat menggangu.

Batuk ringan juga sangat mengganggu waktu anda istirahat, batuk selalu datang saat malam dimana anda sedang tidur. Bukan hanya mengganggu diri anda sendiri, bahkan orang lain Bayangkan seseorang yang ada disamping anda atau bahkan orang yang sedang istirahat di ruangan lainnya. Suara dari batuk itu sendiri sangat menggangu ketenangan istirahat orang lain. Jadi sangat perlu anda mengatasi hal ini.

Batuk yang dirasa ringan namun tak kunjung sembuh bisa jadi merupakan penyakit batuk yang serius, seperti penyakit TBC (TuberCulosis). Batuk juga dapat menunjukkan adanya penyakit lain dalam tubuh dalam keadaan yang kurang baik. Sehingga jika batuk ini dianggap biasa akan menimbulkan penyakit lain yang tidak nampak yang ada dalam tubuh akan menjadi semakin parah.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika sedang mengalami batuk antara lain :

1. Perhatikan dari gejala saat anda mengalami sakit batuk tersebut. Biasanya batuk sedang berawal dari cuaca yang kurang bersahabat dengan kondisi badang tubuh kita yang keadaannya kurang fit atau saat pergantian musim baik musim panas berganti musim dingin atau juga sebaliknya. Biasanya batuk diawali dengan tenggorokan yang terasa gatal dan sakit saat digunakan untuk menelan. Selagi hai ini terjadi, sebelum penyakit semakin menyebar menjadi flu, demam dan batuk yang menjadi parah, sebaiknya anda lekas mengobatinya atau mencegahnya dengan berbagai cara seperti minum vitamin C sebagai penguat metabolism tubuh sehingga kuat terhadap virus yang banyak tersebar akibat pergantian musim. Bisa juga dengan minum minuman yang berbahan jeruk yang juga mengandung vitamin C. Jika sudah terjadi batuk maka segerakan untuk minum obat sesuai dengan dosisnya dan per banyak istirahat.

2. Jika yang terjadi adalah batuk dengan kondisi berdahak maupun batuk kering dengan kondisi tergolong parah (sering batuk-batuk, berdahak sampai berdarah, sakit ditenggorokan, sesak dsb) maka yang harus dilakukan adalah dengan cara mengetahui penyakit sebenarnya, dalam kategori ini disarankan untuk segera memeriksakan kedokter agar lebih tepat dalam mengobatinya.

3. Batuk yang dibiarka secara terus menerus akan mengakibatkan parahnya batuk dan sistem daya tubuh kita sendiri. Apalagi jika batuk yang tidak kunjung sembuh, hal ini bisa juga merupakan bukan jenis batuk biasa atau juga bisa disebut dengan penyakit TBC (Tuberculosis). Penyakit ini menular dengan mudah dan dapat mengurangi kepercayaan diri anda. Ciri-ciri dari penyakit ini yaitu salah satunya dengan batuk-batuk kecil yang tak kunjung sembuh. Untuk mengobatinya anda dapat memeriksakan ke dokter spesialis dan lakukan penjadwalan pengobatan sesuai dengan saran dokter.

Batuk ringan bisa menjadi tidak ringan lagi lebih baik disembuhkan sejak awal agar tidak menjadi sakit berkelanjutan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
5 Manfaat Kesehatan Fisik & Mental dari Putus Cinta

5 Manfaat Kesehatan Fisik & Mental dari Putus Cinta

Putus cinta tak selamanya menyakitkan. Menurut penelitian, putus cinta bisa memberikan manfaat kesehatan baik secara fisik ataupun mental. Apa saja manfaat di balik kandasnya hubungan asmara?Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota pada tahun 2003 terhadap 92 siswa, mengungkapkan bahwa ada pertumbuhan pribadi yang terjadi setelah putus cinta. Beberapa diantanya, menjadi sosok yang lebih percaya diri dan mengetahui apa yang diingingkan."Setelah hubungan berakhir, kita tidak perlu lagi membenarkan mengapa kita harus bersama orang lain, dan ini memungkinkan kita untuk melihat beberapa hal lebih jelas," ujat Ty Tashiro, salah satu peneliti.Sebuah studi Northwestern University menemukan bahwa setelah putus cinta orang cenderung menjadi bingung. Tetapi hal itu tak sepenuhnya buruk. "Perubahan spesifik itu berasal dari kesadaran ingin mencari pengganti pasangan. Jadi tak heran, orang menjadi lebih ramah dan menyenangkan setelah putus cinta," kata Erica Slotter, penulis studi.Seperti yang dikutip dari She Knows, berikut lima manfaat kesehatan di balik putus cinta:1. Lebih TenangSaa kekasih tak lagi di samping, Anda jadi bisa memiliki waktu untuk menemukan kesenangan [...]

Suplemen Kalsium Sebabkan Gangguan Jantung?

Suplemen Kalsium Sebabkan Gangguan Jantung?

Oleh: dr. Ema Anindia Kalsium merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh kita. Penggunaan kalsium sangat sering digunakan terutama oleh penderita osteoporosis dan populasi geriatri. Salah satu fungsi kalsium adalah untuk kesehatan tulang terutama untuk pencegahan dan pengobatan penyakit osteoporosis. Sudah beberapa tahun ini, banyak yang masih mempertanyakan efek kalsium untuk kesehatan jantung dan efek-efek lain dari kalsium diluar efek ke tulang. Seperti yang diterbitkan pada Medscape Education (4/3/2013), Dr. Qian Xiao dari National Cancer Institute, Bethesda menyebutkan bahwa ?Terdapat peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 20% pada pria yang mengkonsumsi 1000 mg sumplemen kalsium perhari, namun efek ini tidak terlihat pada wanita?. Pendapat ini dibuktikan pula oleh data yang didapatkan dari NIH (National Institue of Health) yang meneliti 388.229 pria dan wanita usia 50 ? 70 tahun di Amerika selama 12 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan risiko kematian sebanyak 20% pada pria yang mengkonsumsi 1000mg suplemen kalsium per hari dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi suplemen, namun tidak ditemukan asosiasi pada wanita. [...]

Imunisasi DPT: Manfaat dan Efek Sampingnya

Imunisasi DPT: Manfaat dan Efek Sampingnya

DPT adalah singkatan dari difteri, pertusis, dan tetanus. Imunisasi DPT adalah salah satu jenis bentuk vaksinasi yang wajib diberikan kepada balita. Penyakit difteri, pertusis, dan tetanus adalah tiga penyakit berbeda yang masing-masing memiliki risiko tinggi dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, pemberian imunisasi DPT sebaiknya tidak dilewatkan. Sebelum memberikan imunisasi ini kepada anak Anda, sebaiknya diketahui lebih lanjut informasi seputar pemberian imunisasi dan efek sampingnya. Difteri merupakan penyakit pada selaput lendir pada hidung serta tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini dapat menimbulkan lapisan tebal berwarna abu-abu pada tenggorokan sehingga dapat membuat anak sulit makan dan bernapas. Bila infeksi tidak diobati, toksin yang dihasilkan oleh bakteri bisa menyebabkan lumpuh dan gagal jantung jika dibiarkan. Sedangkan pertusis yang lebih dikenal batuk rejan adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan dan menyebabkan batuk parah. Jika anak di bawah satu tahun terkena penyakit ini, kemungkinan dapat terjadi pneumonia, kerusakan otak, kejang, bahkan kematian. Sementara tetanus merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kelumpu [...]

Ditemukan Anti Kanker Baru

Ditemukan Anti Kanker Baru

Pada pertemuan pertemuan American Society of Clinical Oncology yang berakhir Minggu (5/6) lalu telah mengemukakan beberapa obat sebagai anti kanker terbaru yang memberikan titik cerah harapan penderita kanker payudara dan kanker kulit. Eribulin Untuk Kanker Payudara Nama obat Eribulin diperkenalkan pada pertemuan tersebut sebagai obat baru untuk pengobatan kanker payudara. Obat ini ditemukan oleh tim peneliti dari Universitas Leads, Inggris. Tim peneliti menyampaikan terdapat peningkatan angka harapan hidup pada pasien yang menjalani kemoterapi dan menerima pengobatan Eribulin sebanyak dua setengah bulan lebih lama dibandingkan pasien yang hanya menjalani kemoterapi. Eribulin berasal dari bunga karang laut yang diyakini melalui riset memiliki kemampuan menghentikan sel terbelah hingga dapat menekan risiko kematian. Walau masih tengah dalam proses pengajuan perizinan hingga 30 September 2011 mendatang kepada Badan Obat dan Makanan Amerika (FDA), hingga saat ini Eribulin masih tengah diteliti lebih lanjut oleh produsen obat Eisai untuk harapan pengobatan baru kepada pasien kanker prostat dan kanker paru-paru. Vemurafenib & Ipilimumab untuk Kanker Kulit Nell Barrie dari Cancer Re [...]

Rumput Laut, Makanan Kaya Serat Pencegah Diabetes

Rumput Laut, Makanan Kaya Serat Pencegah Diabetes

Bosan makan sayuran hijau untuk mencukupi kebutuhan serat tiap hari? Rumput laut bisa jadi alternatif asupan serat sebagai variasi makanan sehari-hari.Tak hanya serat, tumbuhan laut yang lebih dikenal sebagai bahan pembuat agar-agar ini ternyata kaya akan berbagai nutrisi penting bagi tubuh. Seperti mineral, vitamin bahkan sedikit protein. Karena kandungan nutrisi yang beragam, manfaat dari mengonsumsi rumput laut pun cukup banyak. Ini berbagai manfaat rumput laut, menurut pakar gizi Prof. Dr. Ahmad Sulaeman, PhD.1. Bantu Turunkan Berat BadanRumput laut mengandung serat jenis polisakarida yang bagus untuk diet menurunkan berat badan. Selain kaya akan serat, kalorinya pun rendah. Seperti diketahui, serat memberi efek perut terasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan banyak jadi lebih terkontrol.2. Baik untuk PencernaanRumput laut mengandung probiotik, yang berfungsi sebagai makanan untuk bakteri baik dalam pencernaan. "Dengan adanya itu (probiotik) bakteri baik juga tumbuh dengan baik. Prebiotik dan probiotik sangat baik untuk bantu melancarkan pencernaan. Juga meningkatkan sistem imunitas," ujar Prof. Ahmad, dalam acara Jelajah Gizi yang diadakan Sarihusada di Pulau [...]

Sering Pusing & Sakit Kepala? Bisa Jadi Tekanan Darah Tinggi!

Sering Pusing & Sakit Kepala? Bisa Jadi Tekanan Darah Tinggi!

Tahukah Anda, mereka yang lebih banyak mengidap pikun atau demensia di usia lanjut adalah kaum wanita, mengapa demikian? Apakah otak kaum pria sedemikian hebatnya sehingga mereka tidak menjadi pikun? Ternyata bukan itu jawabannya, kaum pria kebanyakan meninggal lebih dulu sebelum mereka menjadi pikun, sebab kematian tertinggi pada pria antara lain karena penyakit jantung koroner, stroke, dan sebagainya. Kalau Anda ingin berumur panjang dan menggendong cucu, maka sudah harus mulai perhatikan bagaimana Anda menghidupi hari-hari dimana Anda sudah tidak muda lagi, jangan acuh tak acuh dan makan makanan apapun yang Anda mau, ingatlah bahwa lezatnya makanan hanya sejauh lidah, setelah itu Anda tidak merasakan dampak buruknya saat dicerna lebih jauh. Salah satu masalah tersering adalah hipertensi atau tekanan darah yang tinggi. Kalau Anda sering merasakan pusing atau kepala terasa sakit, mungkin Anda pengidap hipertensi. Tekanan darah normal manusia berkisar di 120/80 mmHg, ketika angka ini menginjak 140/90 mmHg atau lebih, Anda dikatakan menderita hipertensi. Bagaimana mengatasinya? Berikut penjelasannya: 1. Minum obat secara teratur Obat penurun tekanan darah beker [...]

Mau Awet Muda? Lupakan Krim Kolagen, Lakukan Saja Stretching

Mau Awet Muda? Lupakan Krim Kolagen, Lakukan Saja Stretching

Stretching atau latihan peregangan biasanya dilakukan untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh. Fleksibilitas yang baik, akan memudahkan Anda melakukan aktivitas sehari-hari dan tidak cepat lelah.Tujuan peregangan tubuh juga untuk menghindari cedera sebelum berolahraga dan mencegah tubuh menjadi kaku. Manfaat latihan peregangan ternyata tidak sampai di situ. Aktivitas fisik ini pun bermanfaat untuk kecantikan.Pakar fitnes Michol Dalcourt menjelaskan, saat melakukan latihan peregangan akan terjadi 'stres' atau tekanan pada tubuh. Tubuh jadi memanjang dan ada jenis protein yang terbentuk dari proses ini."Stretching bagus untuk produksi kolagen di tubuh. Saat stretching protein akan terbentuk di kulit, selaput otot dan tulang. Memberikan kekuatan dan kekenyalan di area itu," tutur pria yang telah 20 tahun menggeluti industri fitnes ini, saat acara Celebrity Fitness di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (10/4/2015).Michol menambahkan, jika untuk menunda penuaan biasanya kita akan mengoleskan produk mengandung kolagen di kulit, kenapa tidak memproduksi kolagen sendiri di dalam tubuh dengan berolahraga? Latihan peregangan juga membuat kulit jadi lebih kuat sehingga lebih awet muda. [...]

‘Broken Heart Syndrome’, Putus Cinta Sebabkan Kematian

‘Broken Heart Syndrome’, Putus Cinta Sebabkan Kematian

Cinta ini membunuhku, begitulah terlantun dari salah satu grup musik bergenre pop-melayu dalam salah satu lagu andalannya. Putus cinta atau patah hati memang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Kok bisa? Berlebihankah? Tidak. Contohnya seperti gangguan kesehatan berikut ini: Dari Depresi Hingga Penyakit JantungGangguan suasana hati yang dapat berujung sampai terjadinya depresi, stres yang bermanifestasi pada berbagai gangguan fisik seperti migraine berkelanjutan, sakit maag berkepanjangan, sulit tidur dan penurunan nafsu makan. Lebih jauh lagi, putus cinta juga ternyata kini dapat menyebabkan kematian dalam bentuk penyakit jantung. Dalam dunia medis, penyakit ini disebut dengan ?Broken Heart Syndrome? dan lebih banyak terjadi pada wanita, lebih banyak pada mereka di usia paruh baya, sekitar 30-an. Broken heart syndrome adalah suatu keadaan jantung sementara yang diakibatkan karena kondisi stres berlebihan yang harus dialami seseorang. Beberapa kondisi yang dapat memicu stres berlebihan adalah meninggalnya orang yang dikasihi, perceraian, putus pacaran, perselingkuhan atau cinta yang ditolak. Gejala yang dialami biasanya adalah: Nyeri dada Sesak napas Jantung berdebar-debar [...]

Hubungan Seksual pada Masa Kehamilan

Hubungan Seksual pada Masa Kehamilan

Tidak sedikit pertanyaan yang bermunculan seputar permasalahan berhubungan seksual pada saat kehamilan. Apakah aman berhubungan seks pada saat istri hamil? Apakah berhubungan seks pada saat hamil dapat membahayakan kandungan? Haruskah menggunakan kondom? Atau bahkan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Pada prinsipnya berhubungan seksual pada saat masa kehamilan aman dilakukan, namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicermati. Sebelum membahas lebih jauh, berikut paparannya mengapa berhubungan seks selama masa kehamilan bisa dikatakan aman. Hubungan Seksual Pada Saat Masa Kehamilan Tidak sedikit pertanyaan yang bermunculan seputar permasalahan berhubungan seksual pada saat kehamilan. Apakah aman berhubungan seks pada saat istri hamil? Apakah berhubungan seks pada saat hamil dapat membahayakan kandungan? Haruskah menggunakan kondom? Atau bahkan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Pada prinsipnya berhubungan seksual pada saat masa kehamilan aman dilakukan, namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicermati. Sebelum membahas lebih jauh, berikut paparannya mengapa berhubungan seks selama masa kehamilan bisa dikatakan aman. [...]

Alergi

Alergi

Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan. Tidak demikian halnya dengan orang yang tidak memiliki alergi, alergen tersebut tidak memiliki pengaruh yang bermakna. Pencegahan Hindari pemicu seperti makanan atau obat-obatan yang dapat menimbulkan reaksi alergi walaupun obat atau makanan tersebut hanya menyebabkan reaksi ringan Bila anda memiliki anak dengan alergi terhadap makanan tertentu, perkenalkan makanan yang baru satu persatu agar bisa diketahui mana yang menyebabkan alergi Bila anda pernah memiliki riwayat reaksi alergi yang serius, bawa obat-obatan darurat (seperti difenhidramin <antialergi> dan suntikan epinefrin atau obat sengatan lebah) sesuai dengan anjuran dari dokter Pengobatan Pengobatan alergi pada dasarnya adalah simtomatik atau sesuai dengan gejala. Prinsip yang paling utama adalah proses penghindaran benda-benda yang diperkirakan merupakan sua [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *