Kena Sindrom Langka, Wanita Ini Anggap Dirinya Sudah Meninggal

483556047.jpg

Masih hidup, tapi seperti sudah mati? Hal itulah yang dirasakan Esme Weijun Wang. Esme tidak sedang dalam keadaan koma, bahkan secara fisik tubuhnya sehat wal afiat. Namun karena sindrom langka, wanita asal San Fransisco ini sempat merasa dirinya telah meninggal.

Kejadian itu berlangsung pada 2013, kala itu Esme memberitahu suaminya bahwa dirinya telah meninggal beberapa bulan lalu. Yakni saat dia berulang kali tak sadarkan diri selama beberapa jam dalam sebuah penerbangan pesawat antar negara.

Berminggu-minggu merasa linglung setelah peristiwa tersebut, Esme pun tiba pada sebuah kesimpulan bahwa dirinya sudah meninggal. Kondisinya saat itu dianggapnya sebagai kehidupan setelah ia mati.

“Saya diyakinkan bahwa saya telah meninggal di penerbangan itu dan saya sudah berada di kehidupan setelah mati. Kala itu saya tidak menyadarinya (bahwa saya masih hidup),” ujar Esme kepada Washington Post, seperti dikutip dari Women’s Health.

Meskipun ‘sadar’ dirinya sudah tidak hidup di dunia lagi, anehnya Esme tidak merasa sedih. Ia bahkan menganggap kematiannya bisa membuatnya jadi orang yang lebih baik lagi di kehidupan berikutnya. Selama mengira ia meninggal, Esme juga tidak merasakan emosi. Di suatu waktu, wanita berusia 32 tahun ini bahkan tidak dapat menggerakkan tubuhnya.

“Saya mulai yakin bahwa saya sudah dalam kondisi tewas, atau sedang berada di neraka. Saya mencoba mencari tahu apa kesalahan yang telah saya lakukan sehingga terperangkap di kehidupan setelah mati. Saya pun merunut kembali kehidupan sebelum saya meninggal tapi tidak terasa nyata. Itulah yang menyiksa saya,” urai Esme.

Untunglah, kondisi yang dialami Esme tidak berlangsung lama. Pada 2014 ia akhirnya sadar dirinya tidak benar-benar mati, bahkan ia bisa menulis essay tentang pengalamannya tersebut yang dimuat dalam The Toast, blog harian yang mengulas artikel tentang fenomena langka di dunia.

Mengenal Sindrom Cotard

Secara ilmiah, kondisi yang dialami Esme disebut dengan sindrom Cotard. Gangguan mental langka yang membuat penderitanya berpikir mereka telah mati. Esme bukan orang pertama yang mengalami sindrom ini, sebelumnya juga ditemukan beberapa kasus serupa.

Menurut Pedro Morgado, M.D., Ph.D., seorang psikiater di Hospital de Braga, Portugal yang mendalami sindrom Cotard, penyakit ini hanya terjadi pada kurang dari satu persen orang yang menderita depresi. Para dokter belum mengetahui penyebabnya, tapi disinyalir kondisi ini sangat berhubungan dengan gangguan mental lain seperti depresi, schizophrenia atau pada orang yang mengalami trauma akibat cedera otak.

Pada kasus Esme, ia didiagnosa menderita schizoaffective di tahun yang sama saat kejadian tersebut. Schizoaffective merupakan salah satu jenis gangguan bipolar yang membuat penderitanya mengalami perubahan mood yang ekstrem dan drastis.

Orang yang menderita sindrom Cotard tidak tahu ada sesuatu yang hilang dari dirinya –secara mental– sehingga mereka benar-benar percaya telah meninggal. Sindrom ini bisa hilang dengan penanganan yang tepat dari dokter ahli.

Kondisi Esme yang mengalami sindrom Cotard pun berangsur-angsur sembuh dengan sendirinya. Tidak sampai dua bulan, Esme sadar bahwa dirinya belum meninggal.

(hst/als)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Brokoli & Pisang Raja Menyehatkan Usus

Brokoli & Pisang Raja Menyehatkan Usus

- Sebuah penelitian terbaru di Inggris mengemukakan, ternyata sayuran brokoli dan pisang raja memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan usus. Serat dari brokoli dan juga pisang raja telah diteliti dapat meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap infeksi perut, khususnya bagi penderita penyakit Chron. Jika Anda sering merasakan gejala seperti diare dan juga sakit perut, segera cek ke dokter Anda, siapa tahu Anda terkena penyakit radang usus atau Chron?s disease. Penyakit ini diderita oleh 1 dari 1000 orang, diduga penyebabnya adalah karena aspek lingkungan dan juga genetik. Penyakit ini biasanya terjadi di negara maju, di mana diet dilakukan dengan rendah akan serat dan tinggi akan makanan olahan. Ahli gastrologi, Dr. Barry Campbell dari University of Liverpool Para penelliti di University of Liverpool menemukan bahwa serat dari brokoli dan pisang raja memang mempunyai manfaat untuk kesehatan usus. Sedangkan makanan olahan yang melalui proses manufaktur mempunyai efek sebaliknya terhadap usus. Menurut Dr. Barry Campbell dari University of Liverpool, penelitian ini menunjukkan perbedaan dari komponen makanan diet yang mempunyai efek kuat dalam hal p [...]

5 Langkah Periksa Payudara

5 Langkah Periksa Payudara

Kanker Payudara seringkali tidak memberikan gejala pada awalnya. Untuk itu, sangat penting bagi para wanita yang sudah memasuki usia 20 tahun untuk mulai memeriksakan payudara sendiri sehingga setiap wanita mengetahui dengan persis kondisi payudara mereka yang normal dan dapat mengetahui dengan cepat setiap perubahan yang terjadi. Pemeriksaan payudara dapat dilakukan dalam 3 posisi, yaitu: Di depan kaca Saat sedang mandi Saat berbaring Langkah-langkah pemeriksaan payudara yang perlu dilakukan antara lain adalah: 5 Langkah Periksa Payudara 1. Di depan kaca, perhatikanlah adanya perubahan warna kulit, permukaan kulit, pembengkakan, ?lesung pipit?, atau perubahan pada puting susu. Gambar 1Sumber gambar: Copyright � 2002 McKesson Health Solutions, LLC 5 Langkah Periksa Payudara 2. Perhatikan payudara di depan kaca dalam posisi kedua lengan di samping, kedua lengan di pinggang, dan kedua lengan diangkat ke atas. Perhatikan dengan seksama bila ada perubahan yang terjadi hanya di salah satu payudara. Gambar 2Sumber gambar: Copyright � 2002 McKesson Health Solutions, LLC 5 Langkah Periksa [...]

Membasmi Jamur Mulut dengan Jahe

Membasmi Jamur Mulut dengan Jahe

Penyakit yang disebabkan oleh jamur dalam rongga mulut dinamakan kandidiasis, dimana candida albicans adalah jenis jamur yang menjadi penyebabnya. Selain dalam rongga mulut candida albicans juga ditemukan pada saluran pencernaan dan organ genital. ?Suburnya? jamur ini berkembang di dalam mulut didukung oleh beberapa faktor seperti diantaranya: iritasi pada pemakaian gigi tiruan daya tahan tubuh menurun konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, mulut yang kering karena pemakaian obat-obat karena terapi radiasi pemakaian antibiotik spektrum luas dalam jangka waktu lama. Bagaimana solusi mengatasi penyakit kandidiasis? Membasmi Jamur Mulut dengan Jahe Solusi yang diperlukan dalam penyakit kandidiasis bukan hanya pencegahan dan pengobatan, tetapi juga diperlukan obat alternatif yang lebih murah dan terjangkau, karena obat-obatan yang telah beredar dimasyarakat selain harganya relatif mahal ternyata juga mempunyai beberapa efek samping. Dalam mencari solusinya dari masalah tadi telah dilakukan penelitian terhadap dua jenis jahe sebagai obat anti jamur, yaitu jahe merah dan jahe putih kecil, yang telah terbukti keduanya mempunyai d [...]

6 Mitos Seputar Depresi Pasca Melahirkan yang Dialami Hayden Panettiere

6 Mitos Seputar Depresi Pasca Melahirkan yang Dialami Hayden Panettiere

Hayden Panettiere secara mengejutkan mengaku kepada publik, bahwa dirinya pernah mengalami depresi pasca melahirkan (postpartum depression -PPD) yang mengharuskan dirinya dirawat di rehabilitasi. Dalam sebuah wawancara televisi bulan lalu, aktris berusia 26 tahun itu mengatakan bahwa masih banyak orang yang menganggap PPD atau baby blues tidaklah nyata dan tidak pernah benar-benar terjadi."Bahwa PPD adalah sesuatu yang dibentuk dari pikiran sendiri, bahwa, 'Oh, itu cuma hormon.' Mereka tidak peduli. Tapi itu adalah sesuatu yang tidak bisa terkontrol. Sangat menyakitkan dan menakutkan dan wanita perlu banyak dukungan mental," ungkap Hayden, seperti dikutip dari Women's Health US.Apa yang dikatakan Hayden bukanlah isapan jempol belaka. PPD, banyak ibu baru yang mengalaminya namun pemahaman orang terhadap gangguan mental pasca melahirkan itu masih sangat minim. Hal itu membuat banyak bermunculan mitos soal PPD dan baby blues yang seringkali keliru, dan beberapa faktanya. 1. Depresi Setelah Melahirkan Itu NormalSebanyak 80 persen ibu baru mengalami baby blues, yang ditandai dengan rasa sedih, stres dan marah karena kelahiran bayi. Baby blues biasanya hanya berlangsung beberapa mingg [...]

7 Cara Terhindar dari Naiknya Asam Lambung

7 Cara Terhindar dari Naiknya Asam Lambung

Naiknya asam lambungatau dalam medis GERD atau gastroesophageal reflux disease, merupakan suatu kondisi dimana terjadinya regurgitasi (regurgitasi adalah naiknya makanan dari kerongkongan atau lambung tanpa disertai oleh rasa mual maupun kontraksi otot perut yang sangat kuat -Red) balik ke dalam tenggorokan sebagian cairan atau makanan yang bercampur dengan asam lambung. Penyebabnya antara lain makan terlalu banyak, obesitas ataupun kehamilan. Hal ini biasanya ditandai dengan gejala-gejala seperti rasa terbakar dalam dada, mual, muntah atau rasa "asam" di dalam mulut. Bagaimana tipsnya agar terhindar dari GERD? 1. Tips Terhindar Asam Lambung: Mengunyah Permen Karet Ternyata permen karet tidak hanya membantu masalah bau mulut, tapi sekaligus dapat membantu Anda dalam masalah GERD. Pada esensinya bukan permen karetnya yang berkhasiat dalam menurunkan level asam lambung, tapi sebetulnya adalah aktivitas mengunyah yang Anda lakukan selama permen karet di mulut Anda. Hal ini dikarenakan dengan mengunyah permen karet, maka akan meningkatkan produksi air liur (alkaline saliva) yang dapat berfungsi untuk menetralisir asam lambung dan menekan risiko kejadian regurgita [...]

Anak yang Jarang Olahraga Lebih Mudah Sakit

Anak yang Jarang Olahraga Lebih Mudah Sakit

Musim pancaroba biasanya merupakan musim yang rawan bagi anak-anak. Sistem imunitas anak-anak terkadang masih belum optimal sehingga mereka mudah terkena pilek, batuk ataupun influenza. Lalu bagaimanakah meningkatkan imunitas anak-anak sehingga dapat mencegah terkena penyakit terkait lingkungan ini? Beberapa penelitian menemukan bahwa selain asupan nutrisi yang adekuat, olahraga juga membantu sistem imun memerangi infeksi seperti flu. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa olahraga dan latihan fisik merupakan aspek penting dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyakit kronis. Olahraga yang teratur bermanfaat meningkatkan kebugaran anak yang nantinya akan meningkatkan sistem imun tubuh mereka, yang merupakan pertahanan tubuh terhadap infeksi. Melalui olahraga teratur, jumlah dan agresivitas sel imun tertentu, yang disebut sebagai natural killer cells meningkat sebanyak 50% hingga 300%. Peningkatan ini dapat membantu sistem imun bekerja lebih efisien dalam menghancurkan sel asing yang menyebabkan penyakit atau infeksi. Beberapa penelitian menemukan bahwa olahraga intensitas sedang selama 30 menit per hari seperti jogging atau berlatih di gym 3 kali seminggu selama 60 menit atau bersepe [...]

Cara Menghindari Keracunan Makanan

Cara Menghindari Keracunan Makanan

Keracunan makanan dapat menimbulkan rasa sakit perut parah, mual, muntah, diare dan bisa disertai dengan demam. Penyebab dari keracunan makanan bisa bermacam-macam. Tapi penyebab paling umum adalah adanya bakteri yang terkandung di dalam makanan akibat makanan tersebut rusak, tidak dimasak dengan benar atau terkontaminasi pestisida. Seperti yang dikutip dari Health, ini dia enam cara menghindari terkena keracunan makanan.1. Belanja dengan BijakMenurut Sarah Klein, staff pengacara untuk Center for Science in the Public Interest (CSPI) --sebuah organisasi advokasi konsumen di Washington, D.C, cara menghindari keracunan makanan dimulai dari saat membelinya. "Pilih makanan dengan sangat hati-hati. Lihat tanggal kadaluawarsa dan apakah perlu disimpan dalam suhu yang tepat," ujar Klein.2. Cuci dengan BenarCuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum memegang produk makanan, termasuk saat akan mencuci buah dan sayur. Jangan lupa juga membersihkan sisa-sisa tanah dan kotoran yang menempel. Gunakan sikat gigi atau sikat yang lembut untuk membersihkan pestisida dari buah dan sayur, serta tetap gunakan air yang mengalir.3. Pisahkan Makanan Mentah & MatangJangan menggunakan talenan [...]

Studi Menemukan Tanda-Tanda Awal Autisme Pada Otak Bayi

Studi Menemukan Tanda-Tanda Awal Autisme Pada Otak Bayi

Anak-anak yang berpotensi menderita autisme sudah menunjukkan tanda-tanda respon otak yang berbeda dalam tahun pertama kehidupan mereka, para ilmuwan mengatakan pada Kamis (26/01/2012) seperti dilansir dari FoxNews, dalam sebuah studi yang mungkin di masa depan bisa membantu dokter imtil dapat mendiagnosa gangguan tersebut lebih awal. Peneliti Inggris mempelajari 104 bayi yang berusia 6 sampai 10 bulan dan kemudian kembali dipelajari setelah bayi tersebut berusia 3 tahun, dan menemukan bahwa mereka yang berpotensi menderita autisme memiliki pola aktivitas otak yang tidak biasa ketika melakukan kontak mata dengan orang lain. Temuan ini menyarankan penilaian otak secara langsung bisa membantu memprediksi risiko masa depan autisme pada bayi umur 6 bulan, kata Mark Johnson dari Birkbeck di University of London, yang memimpin penelitian. Autisme, yang mempengaruhi sekitar 1 persen orang di seluruh dunia, mencakup spektrum gangguan mulai dari keterbelakangan mental dan ketidakmampuan mendalam untuk berkomunikasi dengan gejala yang relatif ringan seperti terlihat pada orang dengan sindrom Asperger. Karakteristik perilaku autistik cenderung tidak muncul pada usia sebelum 2 tahun dan diagno [...]

Penemuan Bakteria Yang Bisa Menyembuhkan Penyakit Tidur

Penemuan Bakteria Yang Bisa Menyembuhkan Penyakit Tidur

Para ilmuwan yakin bahwa mereka telah menemukan cara untuk mengalahkan penyakit tidur dengan menggunakan sebuah bakteri untuk melawan lalat tsetse yang menyebarkan penyakit tidur ini kepada manusia. Dengan cara yang sama bahwa kita memiliki bakteri dalam usus kita, lalat tsetse melabuhkan bakterinya ke dalam otot dan ludah. Para ahli di Belgia telah memodifikasi secara genetik "serangga-serangga yang baik" ini sehingga mereka menyerang parasit pelakunya yang dibawa oleh lalat. Tapi suatu pekerjaan dibutuhkan untuk mengasah prosesnya. Temuan terbaru ini telah dipublikasikan dalam jurnal Microbial Cell Factories yang memiliki akses yang terbuka untuk umum. Seperti dilansir dari BBCNewsHealth, rabu (15/02/2012). Penyakit TIdur Penyakit tidur, atau trypanosomiasis manusia Afrika, adalah penyakit fatal yang mengganggu di banyak wilayah di Afrika. Meskipun jumlah orang yang terinfeksi penyakit tersebut telah turun berkat diagnosis dan pengobatan yang lebih baik, ternyata masih ada lebih dari 7.000 kasus baru telah tercatat di tahun 2010. Parasit yang menyebabkan penyakit tidur ditularkan ke manusia melalui gigitan lalat tsetse yang telah terinfeksi. Gigitan ini menyebabkan demam, sakit k [...]

Sel Punca untuk Terapi Cedera Saraf Tulang Belakang

Sel Punca untuk Terapi Cedera Saraf Tulang Belakang

Tulang Belakang (Punggung) merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Selain sebagai tulang penopang tubuh, di dalamnya terdapat saraf-saraf penting dimana substansinya sama dengan saraf di otak yang sangat sensitif. Dapat dibayangkan jika karena sesuatu hal saraf-saraf tersebut mengalami cedera, akan berimplikasi pada morbiditas dan mortalitas, umumnya menyebabkan gangguan permanen pada tubuh. Cedera yang terjadi pada bagian tulang belakang atau saraf tulang belakang disebut sebagai Cedera Saraf Tulang Belakang atau Spinal Cord Injury (SCI) dan penyebab tertinggi adalah karena kecelakaan, tetapi bisa juga disebabkan kareana adanya peradangan atau tumor. Seperti apa gejala cedera saraf tulang belakang? . Sel Punca untuk Terapi Cedera Saraf Tulang Belakang Tulang Belakang (Punggung) merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Selain sebagai tulang penopang tubuh, di dalamnya terdapat saraf-saraf penting dimana substansinya sama dengan saraf di otak yang sangat sensitif. Dapat dibayangkan jika karena sesuatu hal saraf-saraf tersebut mengalami cedera, akan berimplikasi pada morbiditas dan mortalitas, umumnya menyebabkan gangguan permanen pada tubuh. Cedera [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *