Kena Sindrom Langka, Wanita Ini Anggap Dirinya Sudah Meninggal

483556047.jpg

Masih hidup, tapi seperti sudah mati? Hal itulah yang dirasakan Esme Weijun Wang. Esme tidak sedang dalam keadaan koma, bahkan secara fisik tubuhnya sehat wal afiat. Namun karena sindrom langka, wanita asal San Fransisco ini sempat merasa dirinya telah meninggal.

Kejadian itu berlangsung pada 2013, kala itu Esme memberitahu suaminya bahwa dirinya telah meninggal beberapa bulan lalu. Yakni saat dia berulang kali tak sadarkan diri selama beberapa jam dalam sebuah penerbangan pesawat antar negara.

Berminggu-minggu merasa linglung setelah peristiwa tersebut, Esme pun tiba pada sebuah kesimpulan bahwa dirinya sudah meninggal. Kondisinya saat itu dianggapnya sebagai kehidupan setelah ia mati.

“Saya diyakinkan bahwa saya telah meninggal di penerbangan itu dan saya sudah berada di kehidupan setelah mati. Kala itu saya tidak menyadarinya (bahwa saya masih hidup),” ujar Esme kepada Washington Post, seperti dikutip dari Women’s Health.

Meskipun ‘sadar’ dirinya sudah tidak hidup di dunia lagi, anehnya Esme tidak merasa sedih. Ia bahkan menganggap kematiannya bisa membuatnya jadi orang yang lebih baik lagi di kehidupan berikutnya. Selama mengira ia meninggal, Esme juga tidak merasakan emosi. Di suatu waktu, wanita berusia 32 tahun ini bahkan tidak dapat menggerakkan tubuhnya.

“Saya mulai yakin bahwa saya sudah dalam kondisi tewas, atau sedang berada di neraka. Saya mencoba mencari tahu apa kesalahan yang telah saya lakukan sehingga terperangkap di kehidupan setelah mati. Saya pun merunut kembali kehidupan sebelum saya meninggal tapi tidak terasa nyata. Itulah yang menyiksa saya,” urai Esme.

Untunglah, kondisi yang dialami Esme tidak berlangsung lama. Pada 2014 ia akhirnya sadar dirinya tidak benar-benar mati, bahkan ia bisa menulis essay tentang pengalamannya tersebut yang dimuat dalam The Toast, blog harian yang mengulas artikel tentang fenomena langka di dunia.

Mengenal Sindrom Cotard

Secara ilmiah, kondisi yang dialami Esme disebut dengan sindrom Cotard. Gangguan mental langka yang membuat penderitanya berpikir mereka telah mati. Esme bukan orang pertama yang mengalami sindrom ini, sebelumnya juga ditemukan beberapa kasus serupa.

Menurut Pedro Morgado, M.D., Ph.D., seorang psikiater di Hospital de Braga, Portugal yang mendalami sindrom Cotard, penyakit ini hanya terjadi pada kurang dari satu persen orang yang menderita depresi. Para dokter belum mengetahui penyebabnya, tapi disinyalir kondisi ini sangat berhubungan dengan gangguan mental lain seperti depresi, schizophrenia atau pada orang yang mengalami trauma akibat cedera otak.

Pada kasus Esme, ia didiagnosa menderita schizoaffective di tahun yang sama saat kejadian tersebut. Schizoaffective merupakan salah satu jenis gangguan bipolar yang membuat penderitanya mengalami perubahan mood yang ekstrem dan drastis.

Orang yang menderita sindrom Cotard tidak tahu ada sesuatu yang hilang dari dirinya –secara mental– sehingga mereka benar-benar percaya telah meninggal. Sindrom ini bisa hilang dengan penanganan yang tepat dari dokter ahli.

Kondisi Esme yang mengalami sindrom Cotard pun berangsur-angsur sembuh dengan sendirinya. Tidak sampai dua bulan, Esme sadar bahwa dirinya belum meninggal.

(hst/als)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Makanan Penakluk Tekanan Darah Tinggi

Makanan Penakluk Tekanan Darah Tinggi

Menjaga dan membatasi asupan garam merupakan salah satu langkah penting untuk mencegah dan mengatasi tekanan darah tinggi. Namun ini bukanlah satu-satunya hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga tekanan darah tetap sehat. Bagaimana sebaiknya pola makan yang dijalani oleh penderita hipertensi atau untuk mencegah kondisi hipertensi? Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang muncul secara diam-diam. Sulit untuk mengetahui seseorang terkena hipertensi, tanpa mengukur tekanan darah. Memang nyatanya garam atau sodium memiliki peran penting, tapi untuk menjaga tekanan darah pada kisaran normal, ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan juga selain hanya mengurangi asupan garam. Kategori Hipertensi Bagaimana cara mengetahui apakah seseorang terkena hipertensi? Perhatikan hasil pengukuran tekanan darah. Angka pertama dari hasil pengukuran adalah tekanan darah sistolik, yang berarti ukuran tekanan dalam arteri ketika jantung Anda berdenyut. Kemudian angka yang berikutnya adalah tekanan diastolik yang mengindikasikan tekanan di antara detak jantung ketika jantung Anda beristirahat. Tekanan darah normal adalah kurang dari 120/80 Ketika hasil pengukuran tekanan d [...]

Sunblock dapat Mencegah Penuaan Kulit

Sunblock dapat Mencegah Penuaan Kulit

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Sebuah studi yang dipublikasi di Annals of Internal Medicine pada bulan Juni 2013 menyebutkan bahwa penggunaan tabir surya setiap hari dapat mencegah penuaan pada kulit. Sudah sering disebutkan sebelumnya bahwa tabir surya dapat mencegah terbakarnya kulit akibat sinar matahari (sunburn) dan pencegahan terhadap kanker kulit, namun ternyata terbukti bahwa tabir surya dapat berpengaruh terhadap photoaging (penuaan pada kulit). Studi terbaru yang dilakukan oleh dr. Adele Green dari Queensland Institute of Medical Research, dimana mereka menganalisa 903 subjek dibawah usia 55 tahun yang mereka ikuti dari tahun 1992 hingga 1996. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok, dimana pada kelompok pertama adalah kelompok yang memakai tabir surya dengan SPF 15 atau lebih pada daerah kepala, leher, tangan dan telapak tangan setiap harinya dan pada kelompok kedua subjek tetap memakai tabir surya namun waktu dan lokasi tidak ditentukan. Pada awal dan akhir penelitian, para peneliti menghitung photoaging pada kulit di belakang telapak tangan kiri setiap subjek. Setelah 4 tahun, para peneliti menemukan bahwa pada kelompok yang menggunakan tabir surya setiap tidak memilik [...]

5 Makanan Ini Bisa Sembuhkan Flu Lebih Cepat

5 Makanan Ini Bisa Sembuhkan Flu Lebih Cepat

Musim hujan seperti ini, penyakit yang sering dihadapi adalah flu. Memang flu bukanlah penyakit yang berbahaya, namun ketika flu menyerang bisa membuat kinerja menurun. Sebenarnya flu bisa dilawan tanpa harus mengonsumsi obat-obatan yang tidak alami. Anda bisa menangkal dan menyembuhkan flu dengan bahan makanan yang mudah didapatkan. Dirangkum dari iVillage, berikut ini makanan untuk mencegah flu.Bawah Putih Bawang putih mengandung antioksidan dan kaya akan selenium yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai bakteri dan virus, termasuk mencegah dan mengobati virus flu. Cara pengolahan bawang putih, kupas bawang, potong dan biarkan 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. JaheSejak zaman nenek moyang dulu jahe telah diketahui dapat membantu mengobati batuk dan demam yang disertai dengan pilek. Parutlah jahe dalam air hangat, Anda bisa menambahkan gula jawa untuk menambah rasa manis. Bisa juga dicampurkan dengan teh. Minumlah selagi hangat. BayamSayuran yang kaya nutrisi ini bisa mengobati sakit flu, karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh Anda memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. [...]

Air Kelapa, Minuman Isotonik Alami

Air Kelapa, Minuman Isotonik Alami

Setelah berolahraga, banyak sekali cairan yang hilang dari tubuh Anda akibat banyak keringat yang keluar. Bila cairan ini tidak segera diganti, tubuh Anda bisa mengalami dehidrasi atau lemas. Mungkin beberapa dari Anda akan memilih produk-produk minuman isotonik di pasaran untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ini. Tapi, akan lebih aman bagi tubuh bila Anda mengonsumsi minuman sejenis yang alami. Dikutip dari studi yang diterbitkan Medicine & Science in Sports & Exercise, air kelapa ternyata dapat menggantikan cairan tubuh dan juga elektrolit yang hilang setelah berolahraga. Ini tidak mengherankan, karena air kelapa mengandung komposisi elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, air kelapa adalah minuman isotonik alami yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga atau beraktivitas karena bisa merehidrasi tubuh, cepat mengganti cairan dan elektrolit tubuh yang hilang. Keutamaan nutrisi air kelapa adalah karbohidrat sederhana, natrium yang rendah dan tinggi akan kalium. Nah, jika Anda telah berolahraga berat lebih dari 3 jam, berada dalam lingkungan yang lembab dan kehilangan cairan tubuh yang banyak, Anda membutuhkan karbohidrat yang mudah dicerna untuk asupan energi dan [...]

Terapi Suntikan Penurun Kolesterol

Terapi Suntikan Penurun Kolesterol

Sebuah penelitian terbaru berhasil menurunkan 64% kadar kolesterol ?jahat? dalam tubuh dengan hanya pemberian 1 kali suntikan. Tidak hanya menurunkan kadar LDL (Low Density Lipoprotein) namun juga menurunkan keseluruhan total kolesterol termasuk apo-8 yang merupakan partikel lemak dalam darah yang turut berperan dalam meningkatkan resiko penyakit jantung. Hasil penelitian ini di publikasikan dalam pertemuan tahunan the American Heart Association di Orlando, Amerika Serikat (14/11). Meskipun penelitian ini masih terbilang awal, namun tidak diayal menerima banyak dukungan karena penderita kelebihan kolesterol mempunyai resiko kematian yang tinggi. Bahkan seringkali pasien juga mengeluhkan harus meminum obat penurun kolesterol setiap hari. Sehingga dengan menemukan cara penurunan yang lebih cepat dan efektif akan memberikan kemungkinan tambahan terapi pada pengobatan penderita kolesterol tinggi maupun sebagai salah satu cara untuk merendahkan kadar kolesterol ?jahat? dalam tubuh. Sebab apabila kadar LDL dalam darah lebih dari 100 mg/dL maka sudah termasuk tahap waspada. Untuk itu penelitian ini baru memulai memberikan 1 dosis suntikan pada 54 orang pria dan 2 wanita usia 18 ? 45 tahun [...]

Cedera Otak Michael Schumacher

Cedera Otak Michael Schumacher

Tujuh kali juara Formula Satu, Michael Schumacher dikabarkan koma dan dalam kondisi kritis setelah jatuh dan terbentur batu pada bagian kepala, saat bermain ski di Pegunungan Alpen Perancis, Minggu (29/12). Dari berbagai laporan yang diterima, Direktur M�ribel, resor tempat Schumacher bermain ski, Christophe Gernigon-Lecomte mengatakan Schumacher sempat tersadarkan ketika dibawa ke rumah sakit dengan helikopter medis. Selama proses sadar, dilaporkan Schumacher mengalami disorientasi (kebingungan), hingga kemudian mengalami ketidaksadaran kembali hingga koma saat ini. Pihak militer penjaga keamanan setempat, The French Mountain Gendarmerie mengatakan Schumacher mengenakan pelindung kepala (helm) ketika kecelakaan terjadi. Schumacher sempat dirawat di rumah sakit lokal, kemudian dipindahkan ke rumah sakit di kota Grenoble. Belum ada kabar pasti yang dikeluarkan oleh pihak Sabine Kehm, manajer Schumacher. Demikian yang tertulis dalam surat elektronik yang dikirimkan ke Associated Press dari, ?Kami tidak bisa memberikan penjelasan tentang perkembangan kondisinya. Ia mengenakan helm dan tidak sendirian ketika kecelakaan terjadi,? tulis Kehm. Sementara dari indikasi kesa [...]

Dosis Obat Anak Perlu di Tinjau Ulang

Dosis Obat Anak Perlu di Tinjau Ulang

Selain perdebatan mengenai perlu atau tidaknya penggunaan obat antibiotik pada anak-anak, tim medis dari Inggris mengangkat kembali kekhawatiran mereka akan pemberian dosis obat yang seharusnya di tinjau ulang. Hal ini di kemukakan dalam The British Medical Journal berdasarkan hasil survei mereka yang dilakukan sejak tahun 2009 menunjukkan bahwa berat badan anak semakin meningkat dibandingkan dengan anak-anak diusia yang sama 50 tahun yang lalu. Dengan demikian mereka berpendapat bahwa patokan dosis obat yang diberikan kepada anak-anak yang di cantumkan dalam BMJ tahun 1963, seharusnya direvisi kembali. Sebab dari hasil penelitian mereka, terlihat penambahan ukuran badan beserta berat badan anak-anak yang lahir jaman ini sebanyak 20% dibandingkan dengan rata-rata ukuran badan anak pada tahun 1963. Meskipun mereka tidak menemukan bukti yang dapat membahayakan dari kemungkinan kekurangan dosis obat yang dibutuhkan, namun Dr. Paul Long salah satu peneliti dari King?s College, London mengharapkan bahwa perkembangan kemajuan berbagai macam obat selayaknya disesuaikan dengan jumlah dosis yang relevan juga khususnya dalam pemberian obat antibiotik penicillin pada anak-anak. Karena peninja [...]

Buta Gara-gara Gula Darah

Buta Gara-gara Gula Darah

Oleh: dr. Jessica Florencia Anda menderita diabetes? Anda memiliki keluarga yang menderita diabetes? Atau, Anda mengenal seseorang yang mengidap diabetes? Jika jawabannya ya, maka sebaiknya Anda mengingatkan diri dan orang yang Anda sayangi untuk memeriksakan kesehatan matanya. Hal ini penting guna mencegah penderita diabetes kepada risiko penyakit Retinopati Diabetik yang dapat berujung pada kebutaan. Retinopati Diabetik ini dapat terjadi pada seluruh penderita diabetes dan semakin meningkat risikonya pada: Penderita yang sudah lama menderita diabetes Penderita diabetes yang gula darahnya sering tidak terkontrol Gejala paling umum yang sering terjadi adalah: Penurunan ketajaman penglihatan Penglihatan kabur Penglihatan dengan bintik-bintik hitam Wilayah hitam dalam area lapang pandang penglihatan Kesulitan dengan persepsi warna, seringkali berupa gangguan dalam persepsi warna biru-kuning Namun, sebenarnya yang paling membahayakan adalah, penyakit ini tidak memberikan gejala di awal-awal, namun memberikan ancaman kebutaan seketika, dan biasanya pada kedua mata, karena: 1. Pecahnya pembuluh darah pada lapisan penerima penglihatan (retina) di mata 2. Atau, terjadinya p [...]

Mood Selalu Kacau? Mari Perbaiki

Mood Selalu Kacau? Mari Perbaiki

Mood selalu kacau? Mari perbaiki dari bangun tidur. Memang setelah bangun tidur tubuh pasti dalam keadaan lemas dan serasa malas beranjak dari tempat tidur dan mood kacau dan buruk. Disertai kepala pusing dan inginnya marah-marah sepanjang hari. Mari kita perbaiki mood pagi hari agar saat melakukan aktivitas bisa menyenangkan. Beri Sedikit Waktu Pada Diri Tahap pertama, Jangan pikirkan hal-hal yang buruk, misalnya gagal berprestasi, rekan kerja yang menyebalkan, kemacetan, panas dan hal lainnya yang bersifat negatif. Singkirkan pikiran buruk yang melintas. Kosongkan pikiran sejenak dan pikirkan hal-hal yang baik dan manis, misalnya nanti seusai beraktivitas Anda akan menonton dengan pacar atau gebetan. Mungkin akan ke salon untuk memanjakan diri atau hang-out bersama teman-teman. Cari Jendela Langkah selanjutnya setelah bangun dari tidur, carilah jendela, dan hirup udara segar sebanyak mungkin walaupun rasanya dingin. Namun, rasa dingin ini akan membuat Anda segar serta membuat mood menjadi baik. Mood Selalu Kacau? Mari Perbaiki Minum Sesuatu Tahap selanjutnya, minumlah apapun itu air putih, jus buah, kopi, teh ataupun coklat yang bisa mem [...]

10 Tips Makanan Bebas Bakteri Berbahaya

10 Tips Makanan Bebas Bakteri Berbahaya

Oleh: dr. Sophia B. Hage Keracunan makanan biasanya timbul karena kita memakan makanan yang terkontaminasi oleh bakteri. Oleh sebab itu, tempat dan cara penyimpanan atau pengolahan makanan harus dijaga sedemikian rupa supaya makanan tidak terkontaminasi bakteri. Risiko keracunan makanan akan meningkat ila makanan disimpan pada suhu kamar karena bakteri di lingkungan dapat berkembang dengan pesat. Lalu bagimana bila masakan di rumah terlalu banyak untuk dihabiskan sehingga harus disimpan untuk keesokan hari? Atau ketika kita membeli bahan makanan untuk persediaan seminggu penuh? Biasanya jawaban pertama adalah dengan menyimpan di kulas atau lemari pendingin. Memang betul suhu yang rendah atau dingin akan mencegah bakteri berkembang biak. Tetapi apakah cukup ditaruh di kulkas? Berikut adalah tips seputar menjaga kebersihan makanan dan mencegah terjadinya keracunan makanan: Cuci tangan sebelum memegang makanan. Tidak peduli apakah bahan masakan sudah diolah menjadi makanan atau masih berupa produk mentah, cuci tangan adalah langkah pencegahan paling penting untuk menjaga kebersihan makanan. Cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir sebelum dan sesudah memegang dan menyimpan m [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *