Kena Sindrom Langka, Wanita Ini Anggap Dirinya Sudah Meninggal

483556047.jpg

Masih hidup, tapi seperti sudah mati? Hal itulah yang dirasakan Esme Weijun Wang. Esme tidak sedang dalam keadaan koma, bahkan secara fisik tubuhnya sehat wal afiat. Namun karena sindrom langka, wanita asal San Fransisco ini sempat merasa dirinya telah meninggal.

Kejadian itu berlangsung pada 2013, kala itu Esme memberitahu suaminya bahwa dirinya telah meninggal beberapa bulan lalu. Yakni saat dia berulang kali tak sadarkan diri selama beberapa jam dalam sebuah penerbangan pesawat antar negara.

Berminggu-minggu merasa linglung setelah peristiwa tersebut, Esme pun tiba pada sebuah kesimpulan bahwa dirinya sudah meninggal. Kondisinya saat itu dianggapnya sebagai kehidupan setelah ia mati.

“Saya diyakinkan bahwa saya telah meninggal di penerbangan itu dan saya sudah berada di kehidupan setelah mati. Kala itu saya tidak menyadarinya (bahwa saya masih hidup),” ujar Esme kepada Washington Post, seperti dikutip dari Women’s Health.

Meskipun ‘sadar’ dirinya sudah tidak hidup di dunia lagi, anehnya Esme tidak merasa sedih. Ia bahkan menganggap kematiannya bisa membuatnya jadi orang yang lebih baik lagi di kehidupan berikutnya. Selama mengira ia meninggal, Esme juga tidak merasakan emosi. Di suatu waktu, wanita berusia 32 tahun ini bahkan tidak dapat menggerakkan tubuhnya.

“Saya mulai yakin bahwa saya sudah dalam kondisi tewas, atau sedang berada di neraka. Saya mencoba mencari tahu apa kesalahan yang telah saya lakukan sehingga terperangkap di kehidupan setelah mati. Saya pun merunut kembali kehidupan sebelum saya meninggal tapi tidak terasa nyata. Itulah yang menyiksa saya,” urai Esme.

Untunglah, kondisi yang dialami Esme tidak berlangsung lama. Pada 2014 ia akhirnya sadar dirinya tidak benar-benar mati, bahkan ia bisa menulis essay tentang pengalamannya tersebut yang dimuat dalam The Toast, blog harian yang mengulas artikel tentang fenomena langka di dunia.

Mengenal Sindrom Cotard

Secara ilmiah, kondisi yang dialami Esme disebut dengan sindrom Cotard. Gangguan mental langka yang membuat penderitanya berpikir mereka telah mati. Esme bukan orang pertama yang mengalami sindrom ini, sebelumnya juga ditemukan beberapa kasus serupa.

Menurut Pedro Morgado, M.D., Ph.D., seorang psikiater di Hospital de Braga, Portugal yang mendalami sindrom Cotard, penyakit ini hanya terjadi pada kurang dari satu persen orang yang menderita depresi. Para dokter belum mengetahui penyebabnya, tapi disinyalir kondisi ini sangat berhubungan dengan gangguan mental lain seperti depresi, schizophrenia atau pada orang yang mengalami trauma akibat cedera otak.

Pada kasus Esme, ia didiagnosa menderita schizoaffective di tahun yang sama saat kejadian tersebut. Schizoaffective merupakan salah satu jenis gangguan bipolar yang membuat penderitanya mengalami perubahan mood yang ekstrem dan drastis.

Orang yang menderita sindrom Cotard tidak tahu ada sesuatu yang hilang dari dirinya –secara mental– sehingga mereka benar-benar percaya telah meninggal. Sindrom ini bisa hilang dengan penanganan yang tepat dari dokter ahli.

Kondisi Esme yang mengalami sindrom Cotard pun berangsur-angsur sembuh dengan sendirinya. Tidak sampai dua bulan, Esme sadar bahwa dirinya belum meninggal.

(hst/als)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
10 Kebiasaan yang Bisa Buat Wanita Sehat & Bahagia

10 Kebiasaan yang Bisa Buat Wanita Sehat & Bahagia

Ketika melihat wanita lain memiliki mata selalu berbinar, tubuh bugar, dan mood yang luar biasa optimis, mungkin Anda bertanya-tanya tentang rahasia untuk mendapatkannya. Apakah yang dilakukannya? Diet ketat atau hanya dengan menerapkan kebiasaan sehat? Penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan beberapa gaya hidup yang sederhana dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda. Berikut 10 cara mudah untuk menjadi lebih bahagia dan sehat, seperti dikutip dari Womans Day:1. Berinvestasi untuk diri sendiri"Wanita sangat hebat dalam berinvestasi untuk kebutuhan dan keinginan orang lain, namun untuk menghabiskan uang bagi diri mereka sendiri merupakan sebuah kemewahan," ujar Debra Engle, pencipta InnerGardener.com. Berinvestasi bagi diri Anda sendiri dapat meningkatkan perasaan lebih sehat dan lebih sejahtera, yang kemudian meningkatkan mood, penampilan, dan cara pandang Anda. Mengapa tidak mendaftar dalam kelas yang membantu karir Anda atau yang membiarkan Anda menjelajahi hobi luar ruangan?2. Lemaskan syaraf otak AndaNeurobiologist Lawrence Katz dari Duke University melaporkan bahwa latihan kognitif yang disebut 'neurobics' dapat mengaktifkan koneksi baru pada otak dan melaw [...]

Anak Gemuk Berisiko Hipertensi

Anak Gemuk Berisiko Hipertensi

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa anak gemuk berisiko hipertensi (tekanan darah tinggi). Penelitian yang berlangsung di Indiana, Amerika Serikat ini meliatkan 1.111 anak pada usia sekolah dengan rata-rata empat tahun. Dalam interval dua tahun sekali, para peneliti melakukan kunjungan sekolah dan melakukan pemeriksaan tekanan darah dan merekam berat badan dan tinggi badan para anak-anak. Dari tindakan tersebut, ditemukan sedikitnya 40% dari jumlah anak-anak yang ada memiliki berat tubuh diatas rata-rata pada usianya, dan dari bagian 40% tersebut 14% diantaranya memiliki tekanan darah lebih tinggi dari normal. Sementara pada anak-anak yang memiliki berat tubuh normal, ditemukan hanya 5% yang memiliki tekanan darah tinggi. ?Penelitian ini menunjukkan bahwa kita harus benar-benar perlu khawatir mengenai anak-anak yang dalam kategotri kelebihan berat badan,? ujar dr. Stephen R. Daniels, PhD., Ketua Departemen Pediatri di University of Colorado of Medicine di Denver, Amerika Serikat. Ahli lainnya melihat temuan ini sebagai pemicu kewaspadaan yang harus disikapi oleh orangtua, dimana orangtua disini memiliki peranan paling penting untuk membantu kelangsungan masa perkembangan tubuh s [...]

Ini Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Agar Tubuh Tetap Berenergi Saat Haid

Ini Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Agar Tubuh Tetap Berenergi Saat Haid

Ketika menstruasi, kondisi tubuh wanita biasanya akan menurun. Wanita cenderung mudah lelah karena kehilangan sebagian mineral serta nutrisi lebih banyak berkurang, akibat keluarnya darah menstruasi. Agar tubuh tetap sehat dan mood juga stabil, wanita disarankan mengasup lebih banyak nutrisi selama periode haid. Berikut ini beberapa makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi saat datang bulan.1. KedelaiMasukkan sedikitnya satu jenis makanan berkalsium tinggi dalam daftar diet harian Anda. Kalsium pada susu kedelai atau tahu lebih baik dibandingkan susu full cream, selain sehat juga tidak membuat gemuk. Makanan kaya kalsium membuat tulang kuat dan memberi tambahan energi saat darah banyak berkurang karena menstruasi.2. Gandum & SayurNasi merah, gandum utuh dan sayuran segar kaya akan serat yang membuat perut kenyang lebih lama tanpa membuatnya terasa kembung dan penuh. Di samping itu, karbohidrat kompleks membantu mengurangi penumpukan air yang berlebihan pada tubuh.3. Air PutihSaat haid, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Jangan beranggapan kalau minum banyak air bisa menambah penumpukan cairan dalam tubuh. Mencukupi asupan air justru solusi yang baik untuk mencegah perut kra [...]

Hal-hal Buruk yang Bisa Terjadi Pada Tulang Saat Pakai High Heels

Hal-hal Buruk yang Bisa Terjadi Pada Tulang Saat Pakai High Heels

Memakai high heels membuat penampilan terlihat seksi, anggun dan postur tubuh lebih sempurna. Maka tak heran banyak wanita yang rela mengenakan sepatu dengan hak tinggi meskipun menimbulkan rasa sakit. Memakai high heels untuk menunjang penampilan sah-sah saja, namun jika terlalu lama dan terus menerus bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Ini hal-hal 'menakutkan' yang terjadi pada tubuh ketika Anda pakai high heels.1. Tulang Belakang"Pakai high heels terus menerus bisa sangat berbahaya bagi tulang belakang. Ini sebabnya sakit punggung sering terjadi pada wanita bekerja," ujar Dr. Sudeep Jain, konsultan bedah tulang belakang dan direktur di Spine Solutions India, seperti dikutip dari Health Me Up.Saat memakai high heels, postur tubuh otomatis akan langsung berubah. Perubahan yang secara tiba-tiba tapi tidak konstan (ketika melepas high heels, tubuh akan kembali ke postur semula) bisa mengganggu struktur tulang yang berakibat sakit punggung hingga postur tubuh bungkuk saat tua nanti.2. HyperlordosisTerus menerus memakai high heels akan mengganggu kesejajaran tulang. Kondisi ini menyebabkan tulang belakang jadi melengkung atau yang biasa disebut dengan hyperlordosis. Akibatnya, tul [...]

3 Cara Lindungi Si Kecil dari Ancaman Kekerasan

3 Cara Lindungi Si Kecil dari Ancaman Kekerasan

Dalam kurun waktu satu bulan saja, ada begitu banyak kasus kekerasan anak, itu yang muncul ke permukaan media, belum lagi yang tidak dilaporkan, kekerasan ini terjadi di lingkungan yang justru menjanjikan ?rumah? kedua bagi si anak. Ironis memang. Tiga kasus terakhir yang disorot antara lain, kasus pelecehan seksual di JIS, kasus kekerasan yang membunuh Dimas di STIP, dan yang terakhir seorang bocah kelas 5 SD yang dibunuh seniornya (kelas 6 SD) karena tak sengaja menumpahkan es seharga 1000 rupiah. Belum lama kita memperingati momentum Hari Keluarga Mei lalu, mari kita tinjau kembali peranan kita sebagai keluarga, supaya kita tahu betul setiap jejak pertumbuhan anak-anak kita dimana pun mereka berada. Berikut ini kami sajikan tips untuk memantau anak Anda, ketika Anda sebagai orang tua tidak bisa 7x24 jam berada di sisinya. 1. Seks Edukasi Bagaimana anak Anda membawa dirinya keluar rumah mencerminkan apa yang dipelajarinya di rumah, jadi pastikan Anda mengarahkan anak Anda dengan tepat, karena keluarga sesungguhnya institusi pendidikan pertama bagi si anak. Pendidikan disini termasuk edukasi seksual, janganlah menganggap tabu pembicaraan mengenai alat kelamin dan fungsi seksual [...]

8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Mulut dan Tenggorokan

8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Mulut dan Tenggorokan

Penyakit infeksi bisa ditularkan lewat beberapa cara, seperti melalui udara, ludah, kulit, darah, kontak seksual, makanan, atau benda yang terkontaminasi bakteri. Cara penularan paling sering adalah melalui udara, misalnya saat seseorang batuk atau bersin. Droplet (partikel air kecil) tersebut membawa mikroorganisme yang dapat dihirup langsung oleh orang lain. Beberapa infeksi juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan ludah. Berikut ini adalah delapan penyakit yang dapat ditularkan melalui mulut dan tenggorokan: Selesma Gejala selesma biasanya diawali dengan sakit tenggorokan diikuti pilek, hidung tersumbat, dan batuk. Demam biasanya muncul pada anak-anak, namun jarang terjadi pada orang dewasa. Ada ratusan jenis virus yang bisa menyebabkan selesma, namun umumnya tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Influenza Berbeda dengan selesma, gejala flu biasanya lebih berat dan berupa sakit tenggorokan, demam tinggi, pegal-pegal di seluruh badan, batuk, dan pilek. Sebagian besar virus influenza akan hilang dalam 5-7 hari, tetapi ada beberapa jenis virus influenza yang berbahaya dan telah menimbulkan pandemik seperti virus H1N1 (flu babi). Ber [...]

5 Minuman Rempah untuk Redakan Gejala Flu Saat Musim Hujan

5 Minuman Rempah untuk Redakan Gejala Flu Saat Musim Hujan

Musim hujan seperti sekarang ini cenderung membuat seseorang mudah sakit. Mulai dari flu, pilek juga demam. Belum lagi udara dingin yang menusuk membuat kita malas beraktivitas dan mudah terkena masuk angin. Salah satu cara untuk mencegah masuk angin dan penyakit lainnya datang adalah dengan mengonsumsi minuman herbal yang terbuat dari rempah-rempah.Selain menambah daya tahan tubuh, rempah-rempah juga memberi efek menghangatkan. Ini lima jenis rempah yang bisa Anda konsumsi kala cuaca dingin, seperti dikutip dari iDiva. 1. KunyitKunyit dianggap sebagai antibiotik alami. Beberapa studi di bidang medis mengklaim bahwa kunyit bekerja efektif dalam menghangatkan tubuh. Kunyit juga bermanfaat mengurangi sakit tenggorokan. Tambahkan kunyit ke dalam masakan atau bisa juga campurkan sedikit potongan kunyit ke dalam susu cair, didihkan kembali bersama susu, aduk-aduk dan minum selagi hangat.2. KapulagaTeh yang menggunakan campuran kapulaga dan cengkeh sangat membantu dalam mencegah flu dan dapat menghangatkan tubuh. Selain itu, Anda bisa juga merebus dua atau tiga kapulaga dalam secangkir air yang ditambah dengan satu sendok madu, dan minumlah sebelum tidur agar dapat menghangatkan tengg [...]

10 Cara Cepat Langsing Kembali Setelah Melahirkan

10 Cara Cepat Langsing Kembali Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan hampir sebagian besar wanita berharap dapat kembali ke bentuk tubuh semula dan menurunkan berat badan. Hampir sebagian besar wanita pasca melahirkan kehilangan setengah berat badan saat hamil dalam waktu 6 minggu setelah melahirkan. Sisanya akan perlahan-lahan turun dalam bulan-bulan berikutnya. Diet sehat yang disertai olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk penyembuhan setelah melahirkan. Bila Anda langsung menurunkan berat badan proses penyembuhan akan berlangsung lebih lama. Setidaknya beri jangka waktu 6 minggu sebelum program penurunan berat badan, bagi Anda yang menyusui disarankan menunggu hingga bayi Anda berusia setidaknya 2 bulan. Terlalu cepat menurunkan berat badan dapat mempengaruhi produksi air susu ibu. Menyusui dapat membantu membakar kalori dalam tubuh sehingga Anda akan takjub melihat penurunan berat badan Anda saat menyusui. Penurunan berat badan yang ideal setelah melahirkan adalah 1.5 pons atau sekitar 680 gr per minggu. Penurunan dengan jumlah tersebut tidak akan mempengaruhi produksi ASI. Anda dapat mengikutinya dengan cara mengurangi 500 kalori asupan Anda per hari. Tentunya Anda disarankan b [...]

10 Makanan Kaya Serat

10 Makanan Kaya Serat

Serat merupakan komponen penting dalam makanan sehari-hari dan bermanfaat bagi kesehatan. Efek serat bagi kesehatan antara lain membantu menurunkan kadar gula darah dan kadar kolesterol darah. Hal-hal tersebut akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner, sindroma metabolik, dan obesitas. Serat juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah makan terlalu banyak. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi tinggal di lambung lebih lama dan menyerap air lebih banyak sehingga membuat Anda merasa kenyang. Kabar baik lainnya adalah serat diduga dapat menurunkan risiko kanker kolorektal dan kanker gastrointestinal. Jadi, seberapa banyak serat yang harus dimakan setiap hari? Halaman berikut penjelasannya: Jadi, seberapa banyak serat yang harus dimakan setiap hari? Rekomendasi asupan serat untuk perempuan adalah 25 gram per hari 38 gram per hari bagi laki-laki. Sayangnya, rata-rata asupan makanan kita sehari-hari hanya mencakup 50% dari asupan serat yang direkomendasikan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menambahkan jenis makanan tertentu yang tinggi serat ke dalam pola makan Anda sehari-hari. 10 Makanan di bawah ini memiliki kandungan [...]

Benarkah Faktor Cuaca Mempengaruhi Kesehatan Tubuh?

Benarkah Faktor Cuaca Mempengaruhi Kesehatan Tubuh?

Adakah diantara Anda yang pernah mendengar kalimat tersebut atau bahkan mengatakannya? Sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala dari peradangan pada tenggorokan. Radang tenggorokan dapat disebabkan diantaranya oleh bakteri dan virus. Seringkali cuaca, musim, dan iklim menjadi alasan apabila tubuh kita sakit. Apakah benar, suhu udara, cuaca, musim, dan iklim dapat menyebabkan timbulnya penyakit? Memang tidak dapat dipungkiri, faktor iklim seperti suhu udara dan kelembaban udara memegang peranan penting dalam fisiologi manusia. Sebagai contoh, metabolisme tubuh manusia di Antartika dengan suhu udara yang sangat dingin terbentuk sedemikian rupa dengan jalan meningkatkan metabolisme basal untuk mengkompensasi suhu udara yang sangan dingin tersebut. Cuaca juga memerankan komponen penting bagi tubuh manusia. Sebagai contoh, pertumbuhan tulang dan penyerapan kalsium membutuhkan sinar UV matahari yang membantu kulit membentuk vitamin D yang diperlukan dalam proses metabolisme tulang tersebut. Jadi pertanyaannya, adakah andil perubahan cuaca memengaruhi kesehatan tubuh? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. Benarkah Faktor Cuaca Mempengaruhi Kesehatan Tubuh? [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *