Kena Sindrom Langka, Wanita Ini Anggap Dirinya Sudah Meninggal

483556047.jpg

Masih hidup, tapi seperti sudah mati? Hal itulah yang dirasakan Esme Weijun Wang. Esme tidak sedang dalam keadaan koma, bahkan secara fisik tubuhnya sehat wal afiat. Namun karena sindrom langka, wanita asal San Fransisco ini sempat merasa dirinya telah meninggal.

Kejadian itu berlangsung pada 2013, kala itu Esme memberitahu suaminya bahwa dirinya telah meninggal beberapa bulan lalu. Yakni saat dia berulang kali tak sadarkan diri selama beberapa jam dalam sebuah penerbangan pesawat antar negara.

Berminggu-minggu merasa linglung setelah peristiwa tersebut, Esme pun tiba pada sebuah kesimpulan bahwa dirinya sudah meninggal. Kondisinya saat itu dianggapnya sebagai kehidupan setelah ia mati.

“Saya diyakinkan bahwa saya telah meninggal di penerbangan itu dan saya sudah berada di kehidupan setelah mati. Kala itu saya tidak menyadarinya (bahwa saya masih hidup),” ujar Esme kepada Washington Post, seperti dikutip dari Women’s Health.

Meskipun ‘sadar’ dirinya sudah tidak hidup di dunia lagi, anehnya Esme tidak merasa sedih. Ia bahkan menganggap kematiannya bisa membuatnya jadi orang yang lebih baik lagi di kehidupan berikutnya. Selama mengira ia meninggal, Esme juga tidak merasakan emosi. Di suatu waktu, wanita berusia 32 tahun ini bahkan tidak dapat menggerakkan tubuhnya.

“Saya mulai yakin bahwa saya sudah dalam kondisi tewas, atau sedang berada di neraka. Saya mencoba mencari tahu apa kesalahan yang telah saya lakukan sehingga terperangkap di kehidupan setelah mati. Saya pun merunut kembali kehidupan sebelum saya meninggal tapi tidak terasa nyata. Itulah yang menyiksa saya,” urai Esme.

Untunglah, kondisi yang dialami Esme tidak berlangsung lama. Pada 2014 ia akhirnya sadar dirinya tidak benar-benar mati, bahkan ia bisa menulis essay tentang pengalamannya tersebut yang dimuat dalam The Toast, blog harian yang mengulas artikel tentang fenomena langka di dunia.

Mengenal Sindrom Cotard

Secara ilmiah, kondisi yang dialami Esme disebut dengan sindrom Cotard. Gangguan mental langka yang membuat penderitanya berpikir mereka telah mati. Esme bukan orang pertama yang mengalami sindrom ini, sebelumnya juga ditemukan beberapa kasus serupa.

Menurut Pedro Morgado, M.D., Ph.D., seorang psikiater di Hospital de Braga, Portugal yang mendalami sindrom Cotard, penyakit ini hanya terjadi pada kurang dari satu persen orang yang menderita depresi. Para dokter belum mengetahui penyebabnya, tapi disinyalir kondisi ini sangat berhubungan dengan gangguan mental lain seperti depresi, schizophrenia atau pada orang yang mengalami trauma akibat cedera otak.

Pada kasus Esme, ia didiagnosa menderita schizoaffective di tahun yang sama saat kejadian tersebut. Schizoaffective merupakan salah satu jenis gangguan bipolar yang membuat penderitanya mengalami perubahan mood yang ekstrem dan drastis.

Orang yang menderita sindrom Cotard tidak tahu ada sesuatu yang hilang dari dirinya –secara mental– sehingga mereka benar-benar percaya telah meninggal. Sindrom ini bisa hilang dengan penanganan yang tepat dari dokter ahli.

Kondisi Esme yang mengalami sindrom Cotard pun berangsur-angsur sembuh dengan sendirinya. Tidak sampai dua bulan, Esme sadar bahwa dirinya belum meninggal.

(hst/als)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Diambil Sebelum 5 Detik Makanan yang Jatuh Aman Dikonsumsi, Mitos atau Fakta?

Diambil Sebelum 5 Detik Makanan yang Jatuh Aman Dikonsumsi, Mitos atau Fakta?

Banyak mitos seputar kesehatan yang beredar dan dipercaya banyak orang. Padahal belum tentu itu benar, dan beberapa mungkin masih dalam tahap penelitian untuk membuktikan akurasinya. Ini dia mitos-mitos kesehatan paling umum yang perlu di-update lagi kebenaran informasinya.1. Memeretakkan Jari Bisa Sebabkan Radang SendiSaat lelah atau pegal, orang biasanya meretakkan jari jemari sehingga menimbulkan suara seperti tulang retak. Kebiasaan ini dianggap bisa memicu terjadinya radang sendi atau tulang rapuh. Memeretakkan jari mungkin bisa membuat orang di sekitar merasa terganggu dengan suaranya dan terkadang membuat persendian terasa sakit. Tapi belum ada yang bisa membuktikan secara ilmiah bahwa aktivitas ini bisa menyebabkan radang sendi atau arthritis. Radang sendiri merupakan kondisi dimana persendian terasa sakit serta nyeri ketika digerakkan dan biasanya disebabkan oleh pengapuran tulang atau peradangan otot akibat aktivitas fisik terlalu berat. 2. Belum Lima Detik, Makanan yang Jatuh Aman untuk DimakanSebagian dari Anda mungkin tidak terlalu asing dengan anggapan ini. Selama belum lima detik, makanan yang terjatuh ke lantai atau tanah terbilang aman karena belum sempat terkon [...]

Menikmati Makanan Penurun Kolesterol

Menikmati Makanan Penurun Kolesterol

Menurunkan kolesterol tinggi bisa dilakukan dengan langkah konsumsi nutrisi yang tepat. Jika selama ini pola makan yang Anda terapkan memicu kolesterol tinggi, maka kini saatnya mengubah apa yang Anda makan untuk menekan kadar kolesterol. Tapi apa yang dimaksud kolesterol? Kolesterol adalah lemak yang dapat ditemukan di dalam darah, yang dibutuhkan sel tubuh. Selain diproduksi tubuh secara alami, kolesterol didapat dari makanan. Kolesterol terbagi dalam dua jenis, yaitu LDL (low-density lipoprotein) dan HDL (high-density lipoprotein). LDL sering disebut kolesterol jahat, sementara HDL adalah kolesterol baik. Jika LDL dapat meningkatkan risiko sakit jantung, serangan jantung dan stroke, maka HDL mampu menekan risiko penyakit tersebut. Risiko Akibat Mengidap Kolesterol Tinggi Terlalu banyak kolesterol masuk ke dalam tubuh, kemungkinan akan menumpuk pada arteri sehingga arteri mengeras dan mulai tersumbat (angina). Kelebihan kolesterol dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke lantaran peradangan dan pembekuan darah. Mengatur pola makan berperan sangat penting dalam menurunkan kolesterol yang tinggi. Kemampuan makanan dalam menekan kolesterol dalam tubuh berbeda-beda. Ada yang [...]

Gigi Depan Patah, Ini Solusinya

Gigi Depan Patah, Ini Solusinya

Sedikitnya 90% dari jumlah kasus gigi patah adalah kasus gigi patah yang terdapat pada gigi depan atas. Kecenderungan patah akan lebih besar lagi pada gigi depan atas dengan posisi agak maju karena gigi tersebut kurang terlindungi oleh bibir. Penyebab utamanya adalah benturan, dimana kekuatan juga lokasi benturan mempengaruhi dari derajat keparahan. Untuk penanganan gigi patah sangat bergantung dari keadaan gigi tersebut, yakni meliputi beberapa faktor, antara lain: Seberapa besar patahan Lokasi patahan Kondisi & keadaan kamar saraf gigi. Pada umumnya perawatan yang akan diberikan oleh dokter gigi bertujuan untuk: Mengurangi sampai menghilangkan rasa sakit Memperbaiki fungsi gigi Memperbaiki secara tampilan dan estetik Mempertahankan keberadaan gigi dalam rongga mulut agar diupayakan gigi tidak perlu dicabut. Gigi Depan Patah? Gimana Solusinya? Dalam menentukan jenis perawatan yang akan diberikan, dokter gigi harus menegakkan diagnosa terhadap gigi tersebut yang didukung oleh: Anamnesa Pemeriksaan klinis Foto rontgen. Penanganan tergantung dari kondisi patahan: Jika kondisi patah gigi melibatkan dentin dan kamar saraf: Jika patahnya [...]

Waspada Gejala Mudah Lelah!

Waspada Gejala Mudah Lelah!

Oleh: dr. Nadia Octavia Anda sudah cukup tidur selama 8 jam namun masih merasa lelah, berhati-hatilah terlebih lagi jika hal tersebut disertai dengan gejala lain seperti: Nyeri kepala/pusing berputar Mata buram Penurunan atau peningkatan berat badan secara tiba-tiba Badan atau kaki bengkak Susah BAB Insomnia Depresi Berikut adalah 10 kondisi medis yang dapat menyebabkan Anda mudah lelah: Penyakit Celiac Merupakan suatu kondisi medis karena intoleransi makanan dimana tubuh Anda menjadi sensitif terhadap gluten yang biasanya terkandung pada roti, kue dan sereal. Selain mudah lelah, gejala-gejala penyakit celiac antara lain: diare, anemia dan penurunan berat badan. Anemia Salah satu kondisi medis yang paling sering mengakibatkan tubuh mudah lelah adalah anemia defisiensi besi. Hal ini biasanya menyerang wanita hamil atau sedang menstruasi yang banyak. Biasanya orang yang mengalami anemia defisiensi besi, tanpa melakukan hal apapun akan merasakan mudah lelah dan berat pada otot. Chronic fatigue syndrome Chronic fatigue syndrome atau myalgia encephalomyelitis merupakan suatu kondisi sering mudah lelah dan parah yang berlangsung sela [...]

Induksi Obat Kemoterapi Langsung

Induksi Obat Kemoterapi Langsung

Sebuah harapan baru dalam merawat penderita kanker payudara dengan efek samping yang lebih sedikit, dikemukakan kemarin hari Rabu 26 Oktober dalam laporan yang dipublikasikan The Journal Science Translational Medicine. Laporan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di John Hopkins Kimmel Cancer Center, Baltimore, Amerika Serikat terhadap 17 wanita penderita kanker payudara. Penelitian dengan menggunakan metode baru dalam memasukkan obat kemoterapi langsung melalui puting susu pasien, memberikan hasil positif dalam efektifitas obat terhadap tumor tingkat awal, sel pra kanker, dan tidak memberikan dampak negatif apapun seperti yang seringkali dihasilkan dalam metode-metode kemoterapi sebelumnya. Metode ini di desain dengan mengantarkan obat kemoterapi langsung ke dalam jaringan payudara, yang mempunyai sistem percabangan saluran susu seperti akar pohon didalam payudara, sehingga obat dapat langsung terlokalisasi pada daerah tersebut tanpa harus mempengaruhi jaringan lainnya seperti yang biasa terjadi pada metode penyuntikan obat pada saluran darah maupun dengan metode meminum obat. Dengan demikian obat dapat bekerja di tempat yang seharusnya yaitu di dalam payuda [...]

Benarkah Ekstrak Kulit Manggis Menyehatkan?

Benarkah Ekstrak Kulit Manggis Menyehatkan?

Saat ini kita sering melihat dan mendengar tentang ekstrak kulit manggis dan khasiatnya dari berbagai media. Mungkin Anda akan bertanya, apa benar kulit manggis itu memiliki khasiat yang didukung fakta medis? Apakah sebenarnya ekstrak kulit manggis tersebut? Amankah bila kita mengonsumsinya? Untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut ini adalah ulasan medis mengenai kulit manggis dan penelusuran dasar penelitiannya yang ditemui. Mari kita mengenal lebih jauh ekstrak kulit manggis di berbagai belahan dunia. Bagian kulit buah, daging buah, daun, dan kulit akar manggis telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional. Khususnya bagian kulit buah, yang telah digunakan sejak lama dalam dunia pengobatan tradisional untuk: mengencerkan dahak, pengobatan radang kandung kemih (Cystitis), diare, disentri, demam, serta pengobatan untuk penyakit kulit seperti eksim dan pruritus. Di Amerika Serikat, manggis umumnya dikonsumsi dalam bentuk jus, atau dalam bentuk kapsul atau tablet oral, dan sering dikombinasikan dengan ekstrak herbal lainnya. Di Asia, bagian kulit manggis sering digunakan sebagai bahan minuman teh. Bagaimana di Asia [...]

Penemuan Baru Vaksin AIDS

Penemuan Baru Vaksin AIDS

Pada bulan April 2013, peneliti melaporkan suatu gebrakan yang dapat mengubah dunia yaitu penemuan terbaru tentang antibodi yang dapat menetralisir AIDS. Infeksi HIV merupakan infeksi molekuler yang intensif bermulai dari saat virus menginfeksi inang baru hingga munculnya penyakit AIDS. Perkembangan AIDS bukan karena tubuh kita tidak dapat melawan HIV, namun akibat pertahanan tubuh yang semakin melemah di saat virus tetap bertahan. Saat ini, penelitian yang dipimpin oleh Barton Haynes, Direktur di Duke University Human Vaccine Institute di Duke University School of Medicine, berpendapat bahwa mereka menemukan jalan untuk membantu sistem imun manusia. Dimulai saat infeksi, sistem imun kita langsung aktif dan mengeluarkan antibodi untuk menghancurkan virus HIV. Pada minggu-minggu pertama, antibodi ini pada umumnya sukses mengeliminasi hampir semua virus namun tetap ada beberapa virus tersisa yang tidak dapat terdeteksi. Virus-virus yang tidak terdeteksi ini, akan bermutasi dan berkembang biak sampai terbentuk antibodi baru untuk membunuh mereka. Hingga mencapai suatu titik dimana pembunuhan dari virus memicu replikasi yang lebih banyak sampai tubuh tidak sanggup lagi melawan virus. [...]

Perut Rata dengan Makan Lemak

Perut Rata dengan Makan Lemak

Perut rata adalah impian semua orang. Perut buncit, selain mengganggu penampilan juga dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit sampai kematian. Bagaimana caranya membuat perut rata? Apakah dengan menghindari semua makanan berlemak? Tidak semua lemak itu buruk bagi tubuh. Inilah saatnya untuk memperhatikan jenis lemak apa yang Anda makan, bukan memikirkan seberapa banyak kandungan lemak pada makanan Anda. (Baca: 8 Trik Menurunkan Berat Badan Paling Tepat). Menurut peneliti yang berasal dari Uppsala University, Swedia, mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging, susu, mentega, dan lain lain dapat menyebabkan lemak berakumulasi di daerah perut dan organ-organ perut seperti liver. Sedangkan lemak tak jenuh justru dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan meningkatkan masa otot. (Baca: 3 Prinsip Sederhana Menurunkan Berat Badan) Berikut ini adalah daftar lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh: � Kacang-kacangan: kedelai, almond, kenari � Biji-bijian � Vegetable oil, olive oil, minyak zaitun � Aprikot � Alpukat � Ikan: salmon, tuna, dan lain-lain Penelitian in [...]

Lindungi Paru-paru Anda dari Polusi Udara

Lindungi Paru-paru Anda dari Polusi Udara

Jangan sepelekan polusi, masalah lingkungan ini merupakan salah satu sumber utama penyakit sekaligus kematian di dunia. Tubuh manusia secara alami didesain untuk melindungi paru-paru dari kuman dan partikel seperti debu atau serbuk. Tapi polusi udara tetap dapat mengganggu jaringan paru-paru sekaligus melemahkan pertahanan tubuh. Polusi udara dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan iritasi pada organ sistem pernapasan seperti hidung dan tenggorokan sehingga menyebabkan bersin-bersin. Selain itu, polusi juga dapat memperburuk penyakit paru-paru seperti asma, bronkitis, dan emfisema. Dampak polusi terhadap kesehatan bergantung kepada kondisi Anda saat itu,berapa lama Anda terekspos oleh udara yang terpolusi dan jenis polusi. WHO bahkan menyatakan polusi udara sebagai masalah lingkungan terbesar yang memberi dampak signifikan pada kesehatan manusia. Dengan mengurangi tingkat polusi udara, sebuah negara dapat mengurangi risiko penyakit stroke, jantung, kanker paru-paru, serta masalah pernapasan kronis maupun akut seperti asma, di antara penduduknya. Pada tahun 2012, tercatat sejumlah 3,7 juta orang di dunia yang meninggal akibat polusi udara luar ruangan. Selain polusi udara luar ru [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *