Kena Sindrom Langka, Wanita Ini Anggap Dirinya Sudah Meninggal

483556047.jpg

Masih hidup, tapi seperti sudah mati? Hal itulah yang dirasakan Esme Weijun Wang. Esme tidak sedang dalam keadaan koma, bahkan secara fisik tubuhnya sehat wal afiat. Namun karena sindrom langka, wanita asal San Fransisco ini sempat merasa dirinya telah meninggal.

Kejadian itu berlangsung pada 2013, kala itu Esme memberitahu suaminya bahwa dirinya telah meninggal beberapa bulan lalu. Yakni saat dia berulang kali tak sadarkan diri selama beberapa jam dalam sebuah penerbangan pesawat antar negara.

Berminggu-minggu merasa linglung setelah peristiwa tersebut, Esme pun tiba pada sebuah kesimpulan bahwa dirinya sudah meninggal. Kondisinya saat itu dianggapnya sebagai kehidupan setelah ia mati.

“Saya diyakinkan bahwa saya telah meninggal di penerbangan itu dan saya sudah berada di kehidupan setelah mati. Kala itu saya tidak menyadarinya (bahwa saya masih hidup),” ujar Esme kepada Washington Post, seperti dikutip dari Women’s Health.

Meskipun ‘sadar’ dirinya sudah tidak hidup di dunia lagi, anehnya Esme tidak merasa sedih. Ia bahkan menganggap kematiannya bisa membuatnya jadi orang yang lebih baik lagi di kehidupan berikutnya. Selama mengira ia meninggal, Esme juga tidak merasakan emosi. Di suatu waktu, wanita berusia 32 tahun ini bahkan tidak dapat menggerakkan tubuhnya.

“Saya mulai yakin bahwa saya sudah dalam kondisi tewas, atau sedang berada di neraka. Saya mencoba mencari tahu apa kesalahan yang telah saya lakukan sehingga terperangkap di kehidupan setelah mati. Saya pun merunut kembali kehidupan sebelum saya meninggal tapi tidak terasa nyata. Itulah yang menyiksa saya,” urai Esme.

Untunglah, kondisi yang dialami Esme tidak berlangsung lama. Pada 2014 ia akhirnya sadar dirinya tidak benar-benar mati, bahkan ia bisa menulis essay tentang pengalamannya tersebut yang dimuat dalam The Toast, blog harian yang mengulas artikel tentang fenomena langka di dunia.

Mengenal Sindrom Cotard

Secara ilmiah, kondisi yang dialami Esme disebut dengan sindrom Cotard. Gangguan mental langka yang membuat penderitanya berpikir mereka telah mati. Esme bukan orang pertama yang mengalami sindrom ini, sebelumnya juga ditemukan beberapa kasus serupa.

Menurut Pedro Morgado, M.D., Ph.D., seorang psikiater di Hospital de Braga, Portugal yang mendalami sindrom Cotard, penyakit ini hanya terjadi pada kurang dari satu persen orang yang menderita depresi. Para dokter belum mengetahui penyebabnya, tapi disinyalir kondisi ini sangat berhubungan dengan gangguan mental lain seperti depresi, schizophrenia atau pada orang yang mengalami trauma akibat cedera otak.

Pada kasus Esme, ia didiagnosa menderita schizoaffective di tahun yang sama saat kejadian tersebut. Schizoaffective merupakan salah satu jenis gangguan bipolar yang membuat penderitanya mengalami perubahan mood yang ekstrem dan drastis.

Orang yang menderita sindrom Cotard tidak tahu ada sesuatu yang hilang dari dirinya –secara mental– sehingga mereka benar-benar percaya telah meninggal. Sindrom ini bisa hilang dengan penanganan yang tepat dari dokter ahli.

Kondisi Esme yang mengalami sindrom Cotard pun berangsur-angsur sembuh dengan sendirinya. Tidak sampai dua bulan, Esme sadar bahwa dirinya belum meninggal.

(hst/als)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Penyebab Meninggal Mendadak

4 Penyebab Meninggal Mendadak

Pasti Anda pernah mendengar berita dimana seorang meningggal mendadak. Kematian mendadak dapat terjadi pada semua orang, baik usia tua maupun muda. Bahkan sosok manusia yang segar bugar sekalipun sekelas atlit, dapat mengalami kematian ketika sedang bertanding, bisa saja terjadi akibat kecelakaan yang tidak diinginkan, atau bahkan oleh kondisi meninggal seketika. Kematian mendadak merupakan kejadian yang dapat terjadi di manapun. Sebanyak 360,000 kematian mendadak terjadi di Amerika Serikat. Penyebab kematian mendadak pada manusia dilatarbelakangi oleh beberapa pemicu dan faktor. Apa saja penyebab kematian mendadak pada manusia? Mari kita lihat satu per satu. Beberapa Penyebab Kematian Mendadak: 1. Kardiomiopati Kardiomiopati adalah sebuah keadaan dimana otot jantung menjadi lebih tebal dan menyebabkan jantung mengalami kesulitan untuk memompa darah. Kelainan ini merupakan penyebab kematian mendadak yang paling umum pada individu dengan usia dibawah 30 tahun. 2. Kelainan arteri koroner. Arteri koroner dapat saja mengalami hubungan yang tidak normal. Sehingga ketika beraktivitas berat seperti berolah raga, arteri akan terkompres dan tertutup. Hal ini dapat me [...]

3 Prinsip Sederhana Menurunkan Berat Badan

3 Prinsip Sederhana Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang ideal bukan hanya memberikan postur tubuh yang menarik dilihat, namun juga baik untuk kesehatan tubuh manusia. Namun banyak orang tidak mengetahui berapa sebenarnya berat badan ideal mereka. Prinsip paling pertama adalah Anda harus mengetahui dahulu target berat badan ideal yang ingin Anda capai. Mari kita cari tahu cara menghitung berat badan ideal dan cara mencapai berat badan ideal. Bagaimana mengetahui berat badan ideal? 3 Prinsip Sederhana Menurunkan Berat Badan Berat badan ideal dapat dihitung dengan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT didapat dengan menggunakan rumus kuadrat dari berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam meter. Misalkan berat badan Anda 70 kg dan tinggi badan 1,7 meter maka IMT Anda adalah 70 kg/ (1,7 m)2, yaitu 24,2 kg/m2. IMT yang ideal untuk orang Indonesia adalah 18,5-22,9, untuk IMT dibawah 18,5 berarti berat badan kurang, sedangkan IMT lebih dari 23 maka Anda mengalami obesitas. Atau untuk lebih mudahnya, Anda dapat menggunakan tools Indeks Massa Tubuh PeduliSehat.info dengan klik disini. Prinsip kedua adalah Anda harus mengetahui dan mencamkan baik-baik bahaya dari kondisi obesitas atau [...]

Ini Makanan yang Dianjurkan dan Harus Dihindari Saat Baru Buka Puasa

Ini Makanan yang Dianjurkan dan Harus Dihindari Saat Baru Buka Puasa

Umumnya asupan makanan saat Ramadhan tidak terkontrol dari hari biasanya karena banyak orang tidak bisa menahan nafsu makan setelah berbuka puasa. Tidak sedikit orang yang kalap menyantap hidangan berbuka untuk 'balas dendam' setelah seharian menahan haus dan lapar.Pakar gizi dan nutrisi, Prof. Hardinsyah, MS, menjelaskan, pola makan saat puasa harus tetap dikontrol demi kesehatan Anda. Perhatikan makanan yang akan dikonsumsi sebelum berbuka puasa. Ia menganjurkan sebaiknya memilih makanan ringan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks ketika baru berbuka."Makanan kecil dulu termasuk air putih, kurma, pepaya, dan segala macam buah," tutur pria yang akrab disapa Hardin itu saat berbincang-bincang dengan wolipop melalui telepon, Kamis (18/7/2013).Buah menjadi hidangan yang baik untuk berbuka puasa. Namun ada beberapa buah yang harus dihindari karena memiliki kandungan asam tinggi. Buah-buahan yang mengandung asam bisa membuat lambung perih sehingga menimbulkan rasa sakit serta perasaan tidak nyaman. Selain buah yang asam, semua buah bisa menjadi pilihan namun tetap pada prinsip tidak makan berlebihan.Usai mengonsumsi makanan kecil, ayah tiga anak ini menyarankan sebaiknya memb [...]

Pentingnya Tidur Siang di Sela-sela Jam Kerja

Pentingnya Tidur Siang di Sela-sela Jam Kerja

Karyawan yang tidur siang di kantor kerap dianggap malas atau tidak produktif. Padahal 'mencuri' waktu untuk tidur siang bisa meningkatkan performa kerja, asalkan tidak 'kebablasan'. Tidur siang dalam waktu singkat, atau istilah populernya 'power nap' telah terbukti menurunkan risiko kecelakaan lalu lintas, mengurangi kesalahan saat bekerja juga meningkatkan perhatian, konsentrasi, performa dan kesiagaan.Tidur siang juga membantu meningkatkan mood positif dan kemampuan mengatasi stres. Lebih dari itu, power nap bermanfaat untuk mengumpulkan energi apabila Anda harus kerja lembur. Bahkan dengan tidur siang, secara efektif mencegah ngantuk ketika menyetir atau mengoperasikan alat berat.Tidur siang yang terencana bahkan diperlukan bagi beberapa orang. Misalnya pada pasien penderita narkolepsi atau disebut juga 'serangan tidur'. Yaitu kondisi dimana seseorang mengantuk sepanjang waktu. Tidur siang selama minimal 15 menit bisa membantu mereka mengatasi ngantuk berkepanjangan setiap hari. Karyawan dengan sistem kerja shifting juga bisa merasakan manfaat power nap. Meluangkan waktu sebentar untuk tidur siang bisa membuat kinerja mereka di malam harinya lebih baik.Meskipun kedengarannya [...]

4 Kebiasaan yang Bisa Memperpanjang Umur

4 Kebiasaan yang Bisa Memperpanjang Umur

Umur manusia memang di tangan Tuhan. Namun menurut penelitian, beberapa kebiasaan baik ini bisa meningkatkan kesehatan tubuh dan memperpanjang umur Anda dari segi medis. Apa saja kebiasaan baik tersebut? Berikut ini jawabannya, seperti dikutip dari Aol Health.1. Bersihkan Gigi dengan Dental FlossMenyikat gigi minimal dua kali sehari bisa mencegah gigi dari keropos, gigi berlubang dan pembentukan plak. Ditambah dengan dental floss, Anda punya kemungkinan hidup enam tahun lebih lama. Dalam buku 'YOU: The Owner's Manual', Dr Michael Roizen dan Dr Mehmet C. Oz menulis, flossing dan menyikat gigi setiap hari, ditambah dengan rajin mengecek kesehatan gigi ke dokter secara rutin, bisa membuat Anda hidup lebih lama.Saat membersihkan sela-sela gigi dengan benang, berarti Anda menyingkirkan bakteri yang bisa menyebabkan peradangan pada gusi. Peradangan pada gusi bisa menghantarkan virus dan bakteri ke jantung, sehingga berpotensi menimbulkan penyakit jantung.Dalam bukunya 'The Real Age Makeover', Roizen juga menemukan studi dari Emory University yang mengungkapkan bahwa orang yang menderita radang gusi dan periodontitis (peradangan atau infeksi pada jaringan penyangga gigi) memiliki angka [...]

Survei: Memandangi Foto Selfie Teman Buat Wanita Makin Tak Percaya Diri

Survei: Memandangi Foto Selfie Teman Buat Wanita Makin Tak Percaya Diri

Suka selfie dan asyik berlama-lama di social media? Hati-hati, 'hobi mainstream' ini bisa membuat Anda, para wanita merasa khawatir dengan bentuk tubuh sendiri.Penelitian terbaru menemukan, melihat foto-foto teman di Facebook, Path, Twitter atau Instagram akan membuat wanita cenderung tidak percaya diri dengan tubuhnya. Semakin sering wanita melihat foto selfie dan foto lainnya di social media, akan semakin sering juga mereka memandang negatif dirinya. Menariknya, foto-foto teman atau orang yang mereka kenal jauh lebih besar memengaruhi imej tubuh ketimbang melihat selfie selebriti. Studi ini merupakan yang pertama kali meneliti tentang korelasi antara durasi menggunakan social media dan imej tubuh yang negatif.Sejak dulu media massa memang sudah diketahui memiliki pengaruh besar terhadap cara orang memandang penampilan dirinya. Namun masih banyak yang belum tahu tentang bagaimana social media memengaruhi pandangan seseorang tentang tubuhnya sendiri.Dari penelitian yang dilakukan di University of Strathclyde, Ohio University dan University of Iowa diketahui bahwa wanita muda merupakan pengguna social media yang paling banyak dan mereka mem-posting foto selfie di internet lebih b [...]

6 Cara Meningkatkan Ketajaman Otak

6 Cara Meningkatkan Ketajaman Otak

Anda sering lupa menaruh kunci mobil? Atau Anda sering lupa apa saja yang baru dibicarakan oleh kolega Anda? Hati-hati barangkali Anda sudah mulai mengalami penurunan ketajaman otak! Sekilas sepele, tetapi jika disimak penurunan ketajaman otak ini sangat dapat mengganggu performa diri, terutama jika Anda profesional muda yang tengah berkarir di bidang pekerjaan yang Anda cintai. Salah-salah performa ketajaman otak bisa menghambat karir Anda. Bagaimana penurunan ketajaman otak dapat terjadi dan apa saja tipsnya? Simak dan ketahui beberapa tips berikut ini: 6 Cara Meningkatkan Ketajaman Otak Anda sering lupa menaruh kunci mobil? Atau Anda sering lupa apa saja yang baru dibicarakan oleh kolega Anda? Hati-hati barangkali Anda sudah mulai mengalami penurunan ketajaman otak! Sekilas sepele, tetapi jika disimak penurunan ketajaman otak ini sangat dapat mengganggu performa diri, terutama jika Anda profesional muda yang tengah berkarir di bidang pekerjaan yang Anda cintai. Salah-salah performa ketajaman otak bisa menghambat karir Anda. Bagaimana penurunan ketajaman otak dapat terjadi dan apa saja tipsnya? Simak dan ketahui beberapa tips berikut ini: [...]

Mengatakan ‘Saya Sehat’ Pada Orang lain Bisa Perpanjang Umur

Mengatakan ‘Saya Sehat’ Pada Orang lain Bisa Perpanjang Umur

Hidup sehat dan panjang umur ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Menurut penelitian terbaru, mengatakan bahwa Anda sehat kepada orang lain akan bantu Anda hidup lebih lama. Wow!Sebuah penelitian menemukan bahwa peserta yang selalu menyatakan bahwa dirinya 'sangat sehat' memiliki risiko kematian lebih rendah, ketimbang mereka yang merasa kondisi tubuhnya 'tidak sehat'. Kesimpulan tersebut diambil setelah para pakar memperhitungkan faktor lain yang dapat mempengaruhi harapan hidup seperti, tembakau, penyakit kronis, dan tekanan darah tinggi.Temuan terbaru itu mendukung penelitian sebelumnya yang menjelaskan bahwa berpikir positif dapat mempercepat penyembuhan seseorang. Pada tahun 70-an, penelitian yang melibatkan lebih dari 8.000 orang menemukan bahwa peserta penelitian yang menanggapi masalah kesehatan secara positif, cenderung lebih panjang umur daripada mereka yang berpikir negatif."Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa orang yang menilai kesehatan mereka dengan sangat baik memiliki atribut yang dapat meningkatkan serta mempertahankan kesehatan meraka. Ini mungkin termasuk sikap positif, optimis, dan tingkat dasar kepuasan dengan kehidupan sendiri," ujar David Fah, pene [...]

Pilih Obat Sesuai Jenis Batuk

Pilih Obat Sesuai Jenis Batuk

Tidak semua batuk membutuhkan pengobatan. Pada umumnya, batuk bisa menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, terutama batuk yang disebabkan oleh flu. Namun, batuk tersebut bisa sangat mengganggu aktivitas atau waktu tidur. Obat batuk bisa membantu Anda meredakan gejala. Sebelum membeli obat batuk, penting bagi Anda untuk mengenali dulu jenis-jenisnya. Obat batuk ada yang bisa dibeli tanpa resep dokter, dan ada juga yang harus melalui resep dokter. Obat batuk yang bisa dibeli tanpa resep dokter terdiri dari dua jenis, yaitu: Antitusif Antitusif bekerja dengan menekan refleks batuk. Pada umumnya, obat batuk antitusif mengandung dextromethorphan dan hanya digunakan untuk batuk kering tanpa dahak. Saat ini obat dextromethorphan tidak dapat dibeli secara terpisah, namun sudah dalam bentuk kombinasi dengan obat antihistamin dan/atau dekongestan. Ekspektoran Ekspektoran bekerja dengan cara mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan dari saluran napas. Ekspektoran mengandung guaifenesin. Dahak merupakan benda asing yang memicu batuk, jika dahak keluar maka batukpun akan mereda. Sama halnya dengan antitusif, obat batuk ekspektoran juga biasanya tersedia dalam bentuk kom [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *