Kenaikan Harga BBM Belum Berpengaruh pada Tarif Pengobatan di RS

dokter-asing-2.jpg

Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) belum berpengaruh terhadap tarif pengobatan di beberapa rumah sakit yang beroperasi di Medan, Sumatera Utara.

Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Imelda Pekerja Indonesia, dr Imelda, Selasa, mengatakan hingga saat ini tidak ada rencana untuk menaikkan tarif rumah sakit tersebut karena pihaknya tidak menggunakan BBM dalam skala besar.

“Kenaikan juga tidak signifikan, belum ada perubahan terkait kenaikan harga obat-obatan, begitu juga listrik tidak ada kenaikan dan untuk biaya operasional kita. Kalau mau menaikkan tarif rumah sakit harus ada analisis secara biaya dan itu dilihat dari 2-3 bulan ke depan melalui evaluasi,” katanya.

Ia juga menyampaikan, Upah Minimu Provinsi (UMP) juga belum ditentukan, sehingga belum diketahui kesanggupan untuk membayar pegawai bila UMP sudah ditentukan, apalagi memang ada ratusan pegawai menggantungkan kehidupannya di rumah sakit itu.

“Kita fikirkan kesejahteraan merekalah, juga bagaimana mengembangkan rumah sakit ini dengan memberikan pelayanan yang maksimal ke masyarakat. Intinya meski BBM naik, tarif kita masih normal,” katanya.

Sementara itu, Supervisor Bagian Umum RSU Bina Kasih Medan, Robet Sitepu juga mengatakan sampai saat ini pihaknya belum menaikkan tarif kamar dan biaya-biaya lainnya.

“Sampai saat ini belum ada kenaikan tarif apa-apa. Kita juga belum ada rapat dengan pimpinan rumah sakit membicarakan soal kenaikan,” katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Kasubag Hukum dan Humas RSUD dr Pirngadi Medan, Edison Perangin-angin yang menyebutkan pihaknya sama sekali belum memikirkan untuk menaikkan tarif perawatan.

“Kita tidak bisa ikut serta merta untuk mikirkan itu, karena semuanya ada aturan. Kita lihat langkah selanjutnya saja,” katanya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Wamenkes Janji Terus Perbaiki Kekurangan di JKN

Wamenkes Janji Terus Perbaiki Kekurangan di JKN

Begitu rumitnya masalah jaminan sosial atau JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang baru berlalu satu bulan ini masih dianggap optimis oleh Wakil Menteri Kesehatan, Ali Gufron Mukti. Ia bahkan menyampaikan, permasalahan yang terjadi di masyarakat memang pasti akan terjadi karena ada perubahan sistem. Ali Ghufron yakin sistem saat ini lebih baik dari sebelumnya. Bahkan lebih baik dari sistem jaminan sosial di luar negeri."Pada 1883 di Jerman, sampai terealisasi baik seluruh warga Jerman memiliki jaminan sosial butuh 100 tahun. Saat itu juga penuh konflik dan dinamika," jelas wamenkes dalam sambutannya di acara silaturahmi sosial 'Mendorong Optimalisasi Pelayanan Kesehatan', Wisma Antara, Jakarta, Selasa (4/2/2014).Begitu juga di Amerika, Wamenkes menyebutkan, di Amerika badan penyelenggara itu dikelola swasta. Dan saat ini ada ribuan penyelenggara swasta yang menaungi jaminan sosial warganya."Di China, jaminan sosialnya seperti kita dulu, sistemnya seperti Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah). Di India pun, hampir sama seperti di Amerika. Di sana, modelnya seperti tender dan baru bisa meng-cover sekitar 100 juta orang," jelasnya.Melihat hal tersebut, Wamenkes menyatakan bahwa Indonesia [...]

Cara Penderita Kanker Dapatkan Keringanan Obat

Cara Penderita Kanker Dapatkan Keringanan Obat

Kanker merupakan penyakit yang pengobatannya paling mahal, bahkan dibandingkan stroke. Tak heran banyak penderita kanker yang merasakan beban berat dalam hal finansial. Demikian disampaikan Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia Profesor Dr. Nila F. Moeloek dalam diskusi media "Bersama Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker"di Jakarta (17/7/2014) "Pengobatan untuk pasien kanker hanya tiga: operasi, radio therapy, dan kemoterapi," tutur Dr Nila. Tentu saja biaya untuk hal-hal tersebut tidaklah murah. Hadirnya Jaminan Kesehatan Nasional dari BPJS Kesehatan memang banyak membantu penderita kanker mendapatkan pengobatan lebih murah. Sayang, dalam beberapa kasus beberapa hal yang masih mengganjal bagi penderita kanker. "Setelah dana habis, beberapa bulan lalu saya mencoba ikut JKN dari BPJS Kesehatan. Saya mengucapkan terimakasih atas adanya BPJS, namun sayang obat yang diberikan tidak terlalu berpengaruh. Yang saya butuhkan untuk menghentikan penyebaran kanker adalah nexavar. Namun obat ini tidak masuk dalam daftar obat yang dikover JKN," tutur Suhendra pasien kanker ginjal yang hadir dalam acara ini. Ia pun mencari tahu di Yayasan Kanker Indonesia bagaimana cara mendapatkan o [...]

Kisah Santa Klaus, Pria Baik Hati Idola Anak-anak

Kisah Santa Klaus, Pria Baik Hati Idola Anak-anak

Setiap malam Natal, para anak-anak antusias untuk menyambut hari Natal. Mereka pun berharap mendapatkan kado Natal impian mereka dari Santa Klaus, kakek baik hati dari Kutub Utara. Lalu, siapa sebenarnya kakek yang ditampilkan berbadan besar dengan janggut panjang berpakaian merah ini? Dilansir dalam laman Biography pada Kamis (25/12/2014), Santo Nicholas adalah sosok dibalik karakter populer Santa Klaus. Santo Nicholas adalah sosok pria yang peduli terhadap orang miskin dan sakit. Setelah ia meninggal, kebiasaannya suka memberi menjadi legenda. Dari sinilah adanya transformasi dari Santa Nicholas menjadi Santa Klaus yang senang membagi-bagikan hadiah kepada anak-anak saat Natal. Ada banyak legenda yang menceritakan tentang Santo Nicholas. Salah satunya, kebaikannya dalam membantu tiga gadis kakak beradik yang miskin. Ayah mereka tidak mempunyai cukup uang untuk membayar mas kawin dan meminta mereka untuk menjadi budak. Santo Nicholas pun pergi diam-diam ke rumah mereka pada malam hari dan meletakkan uang di dalam kantong. Akhirnya sang ayah pun bisa menggunakan uang ini untuk menikahkan salah satu putrinya. Pada, kali ketiga Santo Nicholas memasukkan uang sang ayah melihat keja [...]

Tidur dengan Nyalakan Lampu Bikin Badan Gemuk

Tidur dengan Nyalakan Lampu Bikin Badan Gemuk

Perempuan terkadang takut tidur di kegelapan. Alhasil, perempuan tersebut memilih menyalakan lampu saat tidur. Padahal, terlalu banyak cahaya di malam hari bisa mendatangkan malapetaka buat kesehatan Anda.Agar tidur nyenyak di malam hari sebenarnya kuncinya terletak di lingkungan tidur seperti kasur yang nyaman, tidak bising dan suhu kamar serta ruangan yang gelap.Tapi, bagi Anda yang takut kegelapan, pilihannya tidur dengan lampu menyala. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology, tidur di ruangan dengan cahaya terlalu banyak meningkatkan indeks massa tubuh (BMI) dan ukuran pinggang wanita."Metabolisme dipengaruhi irama siklus di dalam tubuh yang berhubungan dengan tidur, bangun dan paparan cahaya," kata Profesor Anthony Swerdlow dari Institute of Cancer Research di London seperti dilaporkan The Telegraph, Senin (2/6/2014).Sejak awal evolusi, cahaya yang aktif di siang hari dan beristirahat saat malam hari merupakan bagian dari jam tubuh manusia. Cahaya punya kemampuan mengubah suasana hati, kekuatan fisik dan cara kita mengolah makanan dalam siklus 24 jam. Dengan adanya gangguan tidur melalui paparan cahaya bisa berkontribusi meningkatnya obes [...]

Nenek 60 Tahun Setahun Tiduri 15 Pria Muda dari Situs Kencan

Nenek 60 Tahun Setahun Tiduri 15 Pria Muda dari Situs Kencan

Monica Porter (61) dari London sudah meniduri 15 pria dalam setahun. Semua pria itu ia temui secara online, dan 11 di antaranya masih berusia 20 hingga 30 tahun.Porter pisah dari pasangannya beberapa tahun lalu, setelah 13 tahun menjalin hubungan. Dan tak lama setelah itu pada Juli 2012, Porter terbangun dengan kenyataan yang menyedihkan bahwa itu adalah hari ulang tahunnya yang ke-60 tahun."Sekarang saya masih lajang dan berusia 60 tahun. Seolah-olah ini semua tampaknya berakhir bagi saya, cinta dan gairah, seks dan sensualitas," katanya.Saat itu Porter berpikir dirinya akan fokus pada hubungannya dengan keluarga. Anak-anaknya sudah berusia 35 tahun dan 29 tahun, ia juga sudah memiliki cucu yang berumur 2 dan 5 tahun. Tapi, tiba-tiba ia memutuskan hidupnya belum setua itu. Porter memutuskan akan menemukan pria berusia 20-an dan 30an tahun yang menyimpan fantasi berhubungan dengan wanita yang lebih tua. Semua itu bisa dicapai melalui internet serta aplikasi di ponsel. "Pada akhir tahun ini, saya sudah tidur dengan 15 pria, 11 di antaranya berusia 20 tahuan atau 30an tahun," kata Porter seperti dilansir Mailonline, Minggu (2/3/2014).Percobaan hubungan yang dilaluinya tak selalu beru [...]

Perokok Anak Meningkat, FCTC Harus Segera Diaksesi

Perokok Anak Meningkat, FCTC Harus Segera Diaksesi

Prevalensi perokok anak di Indonesia terus meningkat. Karena itu diperlukan satu regulasi komperehensif yang dapat melindungi anak-anak, salah satunya dengan mengaksesi Kerangka Kerja Pengendalian Produk Tembakau atau Framework Convention on Tobacco Control (FCTC).Direktur Eksekutif Lentera Anak Indonesia Heri Chariansyah mengatakan bahwa saat ini sudah ada beberapa regulasi yang mengatur mengenai pelindung zat adiktif rokok pada anak. "Seperti Undang-undang Perlindungan Anak nomor 23 tahun 2012 yang mengatur seperti itu dan Peraturan Pemerintah (PP). Namun sampai saat ini, regulasi nasional ini belum cukup dapat melindungi seluruh anak Indonesia," kata Heri dalam Konferensi Pers `Urgensi FCTC untuk Perlindungan Anak` di Hotel Akmani, Jl. Wahid Hasyim, Jakarta, pada Senin (15/9/2014)Lebih lanjut Heri mengatakan bahwa FCTC sangat penting bila ingin menyelamatkan nyawa anak-anak di Indonesia. "Selain itu, permasalahan tembakau sebenarnya adalah permasalahan lintas negara. Sehingga, dibutuhkan komitmen bersama lintas negara untuk melakukan pengendaliannya dalam melindungi seluruh anak dari zat adiktif rokok," kata dia menambahkan. Menurut Heri, dengan pemerintah meratifikasi FCTC ber [...]

Lindsay Jaynes Tak Boleh Menyusui Selama Naik Pesawat

Lindsay Jaynes Tak Boleh Menyusui Selama Naik Pesawat

Ibu yang menyusui di tempat umum masih dianggap vulgar beberapa pihak. Mungkin itu pula yang terjadi di penerbangan Delta Air Lines. Lindsay Jaynes yang ingin menyusui putranya yang berusia 10 minggu mendapat teguran dari petugas. Ia tak menyangka dirinya tak boleh menyusui bayinya saat penerbangan dengan Delta jika tak menggunakan penutup ataupun botol. Larangan tersebut membuat Jaynes berkicau di akun twitternya yang mempertanyakan kebijakan menyusui di Delta."Apa kebijakan menyusui Anda? Saya akan terbang dengan putra saya yang 10 minggu dan dia (anak) tak mau menyusui dengan penutup atau botol," tulis Jaynes seperti dikutip WomensHealthMag, Rabu (26/2/2014).Menurut Jaynes, putranya tersebut perlu menyusui setiap dua jam. Padahal, penerbangan membutuhkan enam jam. Mendapat kicauan dari Jaynes, Delta membalasnya dengan mengatakan ia tak bisa menyusui jika tak menutupinya.Kicauan tersebut kemudian dibalas Jaynes dengan menuliskan bahwa ia sudah berusaha memberi ASI lewat botol ke bayinya sejak lahir, namun anaknya selalu menolak.Pengalaman Jaynes itu memicu kicauan dari berbagai kaum ibu yang juga kesal dengan perlakuan Delta. Padahal, 45 negara termasuk di Virgin Island memiliki [...]

Berkaca dari Kasus dr Ayu, POGI Beri Tips buat Dokter Kandungan

Berkaca dari Kasus dr Ayu, POGI Beri Tips buat Dokter Kandungan

Berkaca pada kasus dokter Ayu CS, Ketua Umum Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), dr. Nurdadi Saleh, SpOG mengatakan kejadian yang menimpa ketiga dokter tersebut menjadi sebuah pembelajaran.Untuk menghindari hal tersebut terjadi lagi, dr. Nurdadi punya empat tips untuk para dokter kandungan."Kasus tersebut bisa menjadi pembelajaran, tidak perlu lagi khawatir atau merasa ketakutan untuk para dokter spesialis kandungan melakukan tindakan. Para dokter sudah pasti wajib melakukan tindakan sesuai dengan prosedur dan etika kedokteran. Saya akan berbagi tips untuk para dokter kandungan," katanya saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (9/2/2014).Menurut dr. Nurdadi para dokter spesialis kandungan harus selalu memohon perlindungan kepada Tuhan. "Setelah para dokter menjalankan tindakan sesuai prosedur dan etika. Semua hasilnya Tuhan yang menentukan, kita harus terus memohon perlindungan Tuhan di setiap tindakan," katanya.Selain itu para dokter spesialis kandungan tetap pelihara dan tingkatkan profesionalisme serta etika. "Meningkatkan profesionalisme itu juga penting, sleain itu kita juga harus membina hubungan baik kepada pasien dan para penegak hukum. Kalau memang kami salah [...]

Menristek: Vaksin Masih Jadi Teknologi Kesehatan Teranyar

Menristek: Vaksin Masih Jadi Teknologi Kesehatan Teranyar

Meskipun perkembangan teknologi kesehatan tidak sepesat teknologi di bidang pertanian, tapi peneliti kesehatan terus bertambah dan selalu ada inovasi.Begitu disampaikan oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi, Prof. Dr. Ir. H. Gusti Muhammad Hatta saat temu media dalam acara launching program Ristek-Kalbe Science Award 2014 di kantor BPPT (BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), Jakarta, Selasa (11/2/2014)."Masih kalah memang kesehatan dengan pertanian, tapi kami tetap berupaya untuk mengakrabkan ABG (Academic, Bussiness, Goverment) agar peneliti dan industri menjadi kebutuhan masyarakat," kata Gusti.Gusti menyampaikan, saat ini perkembangan teknologi di bidang kesehatan masih fokus pada vaksin. "Setahu saya anak balita masih banyak perlu vaksin, tapi sangat disayangkan kebanyakan bahan baku dari luar. Jadi kita mengupayakan lebih banyak produk".Menristek pun menyayangkan bahwa 90 persen vaksin yang diproduksi di dalam negeri ternyata 95 persen bahan bakunya dari luar."Sangat disayangkan. Untuk itu, kita bentuk konsorsium untuk vaksin hepatitis B dan C. Saya juga mencoba beberapa fase," ungkapnya.Gusti menambahkan, kita harus memahami kalau ingin menjadi masyarakat yang ma [...]

Agar Istri Hamil, Bocah 10 Tahun Jadi `Tumbal` Pasutri

Agar Istri Hamil, Bocah 10 Tahun Jadi `Tumbal` Pasutri

Demi mendapati istrinya hamil, seorang warga India tega membunuh anak tetangganya, Pranshu. Menurut keterangan polisi, anak 10 tahun itu dimutilasi dan dijadikan pengorbanan dalam upacara sihir.Seperti diberitakan Dailymail, Sabtu (26/12/2014), seorang pekerja di India diduga merupakan pelakunya. Polisi mengungkapkan, kekejaman ini dilakukan oleh mahasiswa tahun ketiga itu untuk membuat istrinya hamil."Tubuh korban ditemukan ayahnya di antara pohon tebu dengan kondisi mengenaskan. Bagian tubuhnya seperti telinga dan tumitnya hilang," menurut laporan tersebut.Pranshu sendiri telah dilaporkan hilang sejak 21 November silam. Saat ini pria yang merupakan tetangga korban dan istrinya dalam penanganan petugas. Seperti diketahui kehamilan terjadi ketika seseorang memiliki embrio atau fetus di dalam tubuhnya. Kehamilan terjadi setelah perempuan dan pria melakukan hubungan seksual dengan pria. Sel sperma masuk ke dalam rahim seorang perempuan dan membuahi sel telur yang telah matang. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *