Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Jamur Kuku

kenali-penyebab-dan-cara-mengobati-jamur-kuku-alodokter.jpg

Jika Anda memiliki titik putih atau kuning di ujung kuku jari atau kuku ibu jari, bisa jadi itu adalah jamur kuku atau dalam bahasa medis disebut onikomikosis. Jika infeksi makin menyebar, kuku bisa berubah warna, menebal, dan hancur di bagian ujungnya.

Jamur kuku biasanya menginfeksi bahan keras pembentuk kuku. Infeksi ini sendiri bisa menyebar ke seluruh kuku, termasuk landasan, lempeng, dan akar kuku.

Kenali Penyebab Jamur Kuku

Penyebab gangguan pada kuku ini adalah jamur dermatofit. Selain itu, jamur ragi (candida) kadang-kadang ikut bertanggung jawab atas terjadinya onikomikosis. Saat kondisi kuku hangat dan lembap, jamur dengan senang hati akan menjadikan kuku Anda sebagai habitatnya.

Jamur kuku sering menyerang kuku jari kaki dibandingkan jari tangan. Hal ini karena jari kaki biasa berada dalam kondisi yang membuat jamur mudah tumbuh, seperti gelap, hangat, dan lembap.

Selain itu, jari kaki memiliki aliran darah yang lebih sedikit dibandingkan dengan jari tangan. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh tidak bisa mendeteksi adanya masalah dan tidak bisa menghentikan infeksi yang terjadi di daerah tersebut dengan cepat.

Beberapa tindakan yang memengaruhi mudahnya jamur kuku menyerang jari kaki adalah:

  • Memiliki kerusakan pada kulit atau kuku.
  • Berada di lingkungan yang lembap.
  • Memakai sepatu yang membuat kaki terasa panas dan berkeringat.
  • Rutin memakai kosmetik pada kuku atau kuku palsu.
  • Sering menggigit kuku.
  • Terlalu sering mencuci tangan atau bersentuhan dengan air dalam waktu lama.
  • Memiliki kesehatan yang buruk atau menderita penyakit diabetes atau psoriasis. Psoriasis sendiri adalah suatu penyakit yang ditandai dengan sel-sel kulit tumbuh terlalu cepat sehingga membentuk bercak di permukaan kulit yang tebal dan berwarna kemerahan atau putih.

Bagaimana Cara Mengobatinya?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi jamur kuku.

  • Menggunakan antijamur

Jika tanda-tanda putih sudah nampak di kuku, cucilah kuku dan keringkan. Selanjutnya, oleskan salep antijamur. Seandainya kaki yang diserang, berikan bedak atau spray antijamur dan pastikan kaki selalu bersih dan kering.

  • Memakai balsem

Walaupun tidak ada penelitian yang membuktikan secara medis, namun balsem dipercaya dapat mengatasi masalah jamur kuku, khususnya balsem VapoRub. Tapi sebelum Anda mengoleskan balsem tiap hari dengan menggunakan kapas pada kuku yang terkena, Anda sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter.

  • Memotong dan menipiskan kuku

Memotong dan menipiskan kuku akan membantu obat yang digunakan untuk menyerap lebih dalam. Teknik ini juga mengurangi tekanan kuku sehingga rasa sakitnya berkurang. Anda bisa oleskan krim yang mengandung urea pada kuku yang tebal karena jamur, bungkus dengan perban, lalu biarkan semalam. Saat pagi, bilaslah dengan air dan sabun. Hal ini berguna untuk membuat kuku lebih lunak sehingga mudah dipotong dan ditipiskan.

Jika tindakan di atas masih belum efektif membuat kuku terbebas dari infeksi jamur, maka segera hubungi dokter. Beberapa tindakan yang mungkin dilakukan dokter antara lain:

  • Meresepkan obat antijamur untuk diminum

Untuk mengganti kuku yang terinfeksi oleh jamur dengan kuku yang baru, dokter kemungkinan akan meresepkan obat antijamur. Proses penyembuhan jamur kuku dengan obat jenis ini biasanya memakan waktu sekitar empat bulan. Waktu selama itu dibutuhkan untuk mendapatkan kuku yang bebas jamur dan tumbuh sempurna.

  • Memberi obat berupa cat kuku

Obat lain yang mungkin diresepkan dokter adalah cat kuku yang memiliki sifat antijamur. Cat kuku antijamur ini biasa disebut ciclopirox. Kegunaannya adalah untuk melapisi kuku dan sekitar kuku yang terinfeksi. Pada awal pemakaian, cat kuku akan dibiarkan selama tujuh hari sebelum dibersihkan dengan alkohol. Selanjutnya pemakaian cat kuku antijamur ini harus dilakukan tiap hari selama setahun hingga kuku yang bebas jamur benar-benar didapatkan.

  • Memberi obat berupa krim

Pengobatan lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memakai krim antijamur. Pemakaiannya dilakukan dengan cara digosokkan pada kuku yang terinfeksi. Pastikan kuku direndam dan ditipiskan dahulu sebelum krim diaplikasikan. Penipisan kuku diperlukan agar krim antijamur lebih mudah menembus lapisan kuku sehingga jamur makin mudah disingkirkan.

  • Operasi pencopotan kuku

Pencopotan kuku yang terinfeksi jamur akan direkomendasikan dokter jika sudah menyebabkan sakit yang tidak tertahankan. Dengan dicopotnya kuku yang terinfeksi, kuku yang baru kemudian akan tumbuh di tempat yang sama. Proses penyembuhan dengan metode ini bisa memakan waktu setahun hingga kuku baru tumbuh sempurna.

  • Terapi laser

Salah satu metode modern yang bisa dilakukan, yaitu memakai terapi laser. Sayangnya, meski menjanjikan hasil yang lebih baik, namun efektivitasnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Beruntung, sudah ada studi permulaan yang menyebutkan bahwa penggunaan terapi ini yang dikombinasikan dengan krim antijamur efektif menangani jamur kuku..

Tentu saja semua proses di atas tidak perlu terjadi seandainya Anda memerhatikan kebersihan kuku kaki dan tangan sejak dini. Sebab, jamur kuku sangat erat kaitannya dengan kebersihan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Punya Perut Buncit? Waspada, Bisa Jadi Tanda Anda Stres Akut

Punya Perut Buncit? Waspada, Bisa Jadi Tanda Anda Stres Akut

Saat stres, orang akan merasakan tekanan pada punggung, leher dan kepala. Gejala stres biasanya ditandai dengan kesulitan untuk tidur, tidak bisa konsentrasi dan tidak enak/banyak makan. Tapi ada beberapa gejala stres yang mungkin tidak banyak orang ketahui dan berdampak pada kondisi fisik. Ini empat tanda Anda mengalami stres akut yang patut diwaspadai, seperti dikutip dari Canadian Living.1. Kesulitan MengingatKetika di bawah tekanan, hormon stres yang dinamakan cortisol sebenarnya cukup berguna untuk membuat Anda lebih fokus terhadap masalah yang dihadapi. Tapi di sisi lain hormon ini juga melemahkan sistem yang lainnya, termasuk kemampuan otak untuk mengingat dan belajar. Hal ini karena tubuh harus mengerahkan energi agar hanya bisa berkonsentrasi sampai masalah yang membuat stres itu teratasi. Dijelaskan Leslie Atkinson, scientific director di Institut for Stress and Wellbeing Research, Universitas Ryerson, stres dalam jangka pendek berdampak positif. Tapi jika berkepanjangan bisa membuat Anda jadi pelupa dan kesulitan mempelajari sesuatu yang baru. Jika Anda akhir-akhir ini sering kelupaan dimana menyimpan kunci atau sulit mengingat catatan penting, maka bisa diperkirakan [...]

15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat-obatan yang juga dapat digunakan sebagai campuran pelenglap bumbu masakan. Namun tahukah anda jahe memiliki banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan. Tanaman jahe dikenal dalam tiga jenis jahe yaitu jenis jahe putih, jahe merah dan jahe gajah. Masing-masing jenis jahe ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jahe putih memiliki karakteristik warna daging dan kulit putih dan sedikit kuning dibagian tengan daging. Rasa jahe putih memiliki rasa yang pas tidak terlalu pedas dan tidak menyengat sehingga dalam pemanfaatannya pun banyak dengan menggunakan jenis jahe putih. Jahe gajah memiliki karakteristik yang hamper sama dengan jahe putih, namun memimiliki rasa yang sedikit kurang kuat dibandingkan dengan jahe putih. Jahe gajah memiliki diameter yang sedikit besar dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Memiliki warna kulit dan daging yang kemerah-merahan dan sedikit warna putih dibagian tepi daging. Rasa jah [...]

Musim Hujan Bikin Orang Makin Galau, Anda Termasuk?

Musim Hujan Bikin Orang Makin Galau, Anda Termasuk?

Banyak faktor yang bisa membuat seseorang merasa sedih dan murung. Baik karena kehidupan percintaan atau bahkan, turunnya hujan. Benarkah musim hujan buat orang makin galau?Dikutip dari ehow, ada beberapa penelitian yang mendukung bahwa musim hujan identik dengan suasana hati, depresi, bahkan, gangguan afektif musiman. Berikut beberapa penjelasannya.1. DepresiThe US Library of Health dan National Institutes of Health mendefinisikan depresi sebagai kombinasi dari perasaan putus asa, bersalah, pikiran untuk melakukan bunuh diri serta kesedihan yang terus menerus yang berlangsung selama lebih dari dua minggu. Hujan tidak selalu meningkatkan gejala depresi. Namun studi terbaru di Eropa menyimpulkan bahwa pada cuaca hujan, suasana hati yang positif sangat jarang ditemui.2. Seasonal Affective DisorderSeasonal Affective Disorder (SAD) adalah jenis depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahun. Jika Anda merasakan gejala melemahnya energi dan merasa moody pada musim-musim tertentu, besar kemungkinan Anda sedang mengalami gangguan ini.Dikutip dari detikhealth, kasus SAD lebih banyak dijumpai di negara dengan empat musim. Meskipun dmikian, kemungkinan SAD dialami penduduk [...]

7 Makanan untuk Cegah Serangan Flu di Musim Hujan

7 Makanan untuk Cegah Serangan Flu di Musim Hujan

Kunci dari mencegah serangan flu adalah menjaga pencernaan tetap sehat dan lancar. Ketika sistem pencernaan sehat, akan lebih mudah mengolah makanan dan menyalurkan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi ke seluruh tubuh. Alhasil, tubuh jadi kebal terhadap racun dan menghancurkan bakteri serta virus. Ini tujuh makanan pencegah flu saran dari praktisi gaya hidup sehat Dr Helen Lee, seperti dikutip dari Beliefnet.1. JaheMinyak volatil di dalam jahe berfungsi menghangatkan, membantu tubuh lebih banyak berkeringat. Efek tersebut bisa meredakan demam ringan dan menghilangkan racun. Jahe juga meningkatkan metabolisme tubuh, sementara efek hangatnya membantu mengatasi mual, memperbaiki gangguan pada saluran pencernaan, paru-paru dan sesak napas. Herbal ini juga berefek membersihkan toksin. Tambahkan potongan jahe segar ke dalam minuman teh atau bisa dimakan sendiri. Jika ingin melegakan tenggorokan, campurkan teh, jahe dan madu.2. Bawang PutihAllicin, bahan aktif yang terkandung dalam bawang putih berfungsi sebagai antivirus dan antibakteri alami. Bawang putih bisa membersihkan liver --organ yang bertugas membersihkan darah. Aliran darah yang melewati liver setiap tiga menit akan dipr [...]

Bayi Gemuk Lebih Beresiko Obesitas

Bayi Gemuk Lebih Beresiko Obesitas

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine mengemukakan hasil sebuah penelitian dari 44.000 bayi di Amerika Serikat selama sepuluh tahun terhadap pencegahan obesitas dilihat dari berat tubuh bayi baru lahir hingga usia 24 bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa grafik pertumbuhan berat tubuh dan panjang bayi baru lahir yang digunakan dokter anak saat melakukan check up rutin, mampu menjadi acuan resiko obesitas pada bayi kemudian hari. Dalam grafik pertumbuhan ini dokter dapat menghitung persentil pertumbuhan normal pada bayi sehingga apabila bayi mengalami kenaikan lebih dari 2 persentil dalam pertumbuhan mereka sebelum berusia 2 tahun, akan meningkatkan resiko obesitas mereka pada usia 5 tahun. Bahkan mereka tetap mempunyai resiko obesitas sebanyak 75% saat berusia 10 tahun. Seperti dilansir dalam Dailymail, Elsie Taveras selaku pemimpin studi mengungkapkan bahwa hasil penelitian ini memberikan panduan spesifik dalam membantu dokter mengetahui kapan seorang bayi beresiko menjadi gemuk di kemudian hari sehingga dapat membantu membendung epidemi obesitas di tahap awal. Meskipun bayi tidak dapat diberikan terapi diet seperti or [...]

Makanan Manis Bantu Orang Lebih Bijak Saat Ambil Keputusan

Makanan Manis Bantu Orang Lebih Bijak Saat Ambil Keputusan

Banyak wanita yang menghindari memakan camilan manis karena takut merasa gemuk. Tetapi menurut penelitian, camilan manis justru bisa bantu seseorang untuk mengambil keputusan.Penelitian terbaru menemukan bahwa ketika seseorang ingin atau diminta untuk membuat keputusan yang tepat dan bijak (baik keputusan untuk pergi ke gym atau keputusan untuk menentukan tempat bekerj a), otak membutuhkan energi yang lebih banyak. Dan seperti yang sudah diketahui, energi bisa didapat dari kandungan glukosa yang terdapat di dalam makanan manis."Kontrol diri adalah seperti otot. Setelah Anda melakukan apa saja yang menggunakan pengendalian diri, otot akan lelah dan jika kegiatan selanjutnya juga membutuhkan pengendalian diri maka Anda tidak bisa bekerja dengan maksimal," ujar Roy F. Baumeister, PhD, profesor sosial psikologi di Florida State University dan penulis buku 'illpower: Rediscovering the Greatest Human Strength'.Seperti yang dikutip dari Health, Baumeister menyarankan untuk mengonsumsi makanan manis, terutama setelah Anda pulang dari kantor atau setelah melakukan pekerjaan yang cukup melelahkan. "Setelah seharian di kantor Anda tekun di kantor, otak Anda memerlukan gula untuk memutuskan [...]

Puasa bagi Para Penderita Diabetes

Puasa bagi Para Penderita Diabetes

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Menurut American Diabetes Association (ADA) sebanyak 50 juta orang yang menderita penyakit diabetes melakukan ibadah puasa setiap tahunnya. Menurut teori, para penderita diabetes disarankan untuk tidak melakukan ibadah puasa. Puasa dapat meningkatkan risiko hipoglikemiadari kurangnya asupan makanan serta hiperglikemia akibat mencoba meminimalkan penggunaan obat-obat anti-diabetes. Oleh sebab ini, dr. Saleh Aldasouqi, seorang profesor endokrin dari Michigan State University di Amerika berpendapat bahwa ?Para dokter yang merawat pasien diabetes yang ingin puasa harus berhati-hati dan memberikan arahan yang benar untuk pasien?. Kecemasan muncul akibat jarak makan yang lama serta udara panas yang dapat memicu dehidrasi. Berikut beberapa saran dari dr. Saleh untuk para dokter yang merawat pasien diabetes yang ingin puasa serta saran untuk pasien diabetes yang ingin puasa : Puasa berisiko tinggi untuk penderita Diabetes Melitus tipe 1 (DM tipe 1), wanita hamil, serta anak-anak. Namun, penderita DM tipe 1 dengan gula yang terkontrol menggunakan insulin dapat melakukan puasa dengan mengatur kadar insulin basal serta sering memonitor gula darah. Pad [...]

7 Hal yang Mengakibatkan Hilangnya Konsentrasi

7 Hal yang Mengakibatkan Hilangnya Konsentrasi

Saat pekerjaan sedang berada dalam tekanan, ada sebagian orang yang sulit mengerjakan tugas dengan sempurna. Pernah mengalami hal yang sama? Jika ya, artinya Anda sedang kehilangan konsentrasi. Apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Ini tipsnya yang dikutip dari Prevention International.1. Kurang Vitamin atau HormonTidak berkonsentrasi bisa jadi pertanda bahwa Anda kekurangan vitamin atau hormon tertentu. Untuk mencegahnya, periksakan diri ke dokter dan konsultasikan kondisi kesehatan Anda. Jika perlu, mintalah dokter untuk melakukan pemeriksaan darah.2. Hormon Tidak StabilHal ini banyak terjadi pada wanita pada usia menjelang menopause yang ditandai dengan 'hot flushes' ( tanda-tanda perubahan tingkat hormon) serta peningkatan kadar hormon gonadotropin. Jika mengalami hal tersebut, maka sebaiknya Anda melakukan terapi penggantian hormon jangka pendek.3. Penggunaan Obat Jangka PanjangMengonsumsi obat dalam jangka waktu lama bisa mempengaruhi mood dan konsentrasi. Obat yang termasuk dalam kategori ini adalah obat anti depresan, obat penenang, dan obat tidur. Untuk mencegah dampak yang lebih berbahaya, buatlah daftar obat-obatan yang Anda minum lalu konsultasikan kepada [...]

Hati-hati Belanja Baju Second, Kalau Tak Dicuci Bersih Bisa Kena Kutu

Hati-hati Belanja Baju Second, Kalau Tak Dicuci Bersih Bisa Kena Kutu

Bisa mendapatkan baju second yang bagus saat berbelanja di pasar barang-barang vintage memang menyenangkan. Tapi ada yang perlu Anda waspadai. Kalau baju-baju tersebut tak dicuci bersih, awas tubuh digigit kutu. Hiii...Seperti dikutip Lemon Drop, kutu bisa ditemukan di barang-barang vintage seperti sofa, tas dan baju. Khusus untuk baju, lokasi-lokasi yang perlu Anda waspadai sebagai tempat kutu berada di antaranya kantong, jahitan di sepanjang celana, dan manset.Kutu juga senang bersembunyi di tempat yang gelap dan lembab. Bahan-bahan pakaian yang berisiko jadi tempat kutu di antaranya adalah jaket bulu dan sweater wool.Hal serupa juga berlaku untuk tas second. Jika Anda beli tas terutama yang terbuat dari bulu periksa dengan teliti. Kutu sangat senang bersembunyi di bagian dalam kantong tas, apalagi di area sudut.Jika kutu-kutu tersebut dibiarkan karena ketidaktelitian Anda memeriksa baju atau tas yang dibeli, kesehatan tubuh bisa terganggu. Saat kutu sudah menggigit, tubuh akan terasa gatal-gatal dan pada area yang digigit berwarna kemerahan.Selain kutu, yang juga mengganggu dari baju-baju vintage ini adalah aromanya. Beberapa baju second bisa mengeluarkan aroma tidak sedap ka [...]

Indomie Aman Dikonsumsi

Indomie Aman Dikonsumsi

Isu razia dan penarikan produk mie instan Indomie di Taiwan sempat membuat kekhawatiran akan keamanan pada produk tidak hanya di Taiwan itu sendiri, tapi juga di masyarakat Indonesia. Walau sudah diperkuat pernyataan Food and Drug Administration (FDA/BPOM-USA) mengenai Methyl P-Hydroxybenzoate dan BPOM RI sebagai zat pengawet yang aman, Taiwan tetap memutuskan untuk melarang peredaran dagang Indomie di Taiwan. Hal ini dikarenakan Taiwan belum menggunakan ratifikasi standar International Codex Alumentarius Commission (ICAC) yang merupakan persyaratan mengenai keamanan mutu gizi dan produk makanan olahan sebagaimana sebagian besar negara-negara besar lainnya di dunia sudah menggunakannya. Walau demikian, dalam pengaplikasiannya ICAC di beberapa negara memiliki standar ambang batas konsumsi sendiri-sendiri, tergantung pada kebijakan masing-masing negara. Sebagaimana Amerika Serikat dan Kanada menggunakan batas ambang aman konsumsi Methyl P-Hydroxybenzoate 1000mg/kg untuk makanan, dan 250mg/kg untuk kecap. Namun di Jepang membatasi 250mg/kg untuk semua jenis bahan makanan. Sementara di Indonesia sendiri memiliki kebijakan ketat serupa dengan Jepang. Ditambah lagi BPOM RI selalu mengada [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *