Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Jamur Kuku

kenali-penyebab-dan-cara-mengobati-jamur-kuku-alodokter.jpg

Jika Anda memiliki titik putih atau kuning di ujung kuku jari atau kuku ibu jari, bisa jadi itu adalah jamur kuku atau dalam bahasa medis disebut onikomikosis. Jika infeksi makin menyebar, kuku bisa berubah warna, menebal, dan hancur di bagian ujungnya.

Jamur kuku biasanya menginfeksi bahan keras pembentuk kuku. Infeksi ini sendiri bisa menyebar ke seluruh kuku, termasuk landasan, lempeng, dan akar kuku.

Kenali Penyebab Jamur Kuku

Penyebab gangguan pada kuku ini adalah jamur dermatofit. Selain itu, jamur ragi (candida) kadang-kadang ikut bertanggung jawab atas terjadinya onikomikosis. Saat kondisi kuku hangat dan lembap, jamur dengan senang hati akan menjadikan kuku Anda sebagai habitatnya.

Jamur kuku sering menyerang kuku jari kaki dibandingkan jari tangan. Hal ini karena jari kaki biasa berada dalam kondisi yang membuat jamur mudah tumbuh, seperti gelap, hangat, dan lembap.

Selain itu, jari kaki memiliki aliran darah yang lebih sedikit dibandingkan dengan jari tangan. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh tidak bisa mendeteksi adanya masalah dan tidak bisa menghentikan infeksi yang terjadi di daerah tersebut dengan cepat.

Beberapa tindakan yang memengaruhi mudahnya jamur kuku menyerang jari kaki adalah:

  • Memiliki kerusakan pada kulit atau kuku.
  • Berada di lingkungan yang lembap.
  • Memakai sepatu yang membuat kaki terasa panas dan berkeringat.
  • Rutin memakai kosmetik pada kuku atau kuku palsu.
  • Sering menggigit kuku.
  • Terlalu sering mencuci tangan atau bersentuhan dengan air dalam waktu lama.
  • Memiliki kesehatan yang buruk atau menderita penyakit diabetes atau psoriasis. Psoriasis sendiri adalah suatu penyakit yang ditandai dengan sel-sel kulit tumbuh terlalu cepat sehingga membentuk bercak di permukaan kulit yang tebal dan berwarna kemerahan atau putih.

Bagaimana Cara Mengobatinya?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi jamur kuku.

  • Menggunakan antijamur

Jika tanda-tanda putih sudah nampak di kuku, cucilah kuku dan keringkan. Selanjutnya, oleskan salep antijamur. Seandainya kaki yang diserang, berikan bedak atau spray antijamur dan pastikan kaki selalu bersih dan kering.

  • Memakai balsem

Walaupun tidak ada penelitian yang membuktikan secara medis, namun balsem dipercaya dapat mengatasi masalah jamur kuku, khususnya balsem VapoRub. Tapi sebelum Anda mengoleskan balsem tiap hari dengan menggunakan kapas pada kuku yang terkena, Anda sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter.

  • Memotong dan menipiskan kuku

Memotong dan menipiskan kuku akan membantu obat yang digunakan untuk menyerap lebih dalam. Teknik ini juga mengurangi tekanan kuku sehingga rasa sakitnya berkurang. Anda bisa oleskan krim yang mengandung urea pada kuku yang tebal karena jamur, bungkus dengan perban, lalu biarkan semalam. Saat pagi, bilaslah dengan air dan sabun. Hal ini berguna untuk membuat kuku lebih lunak sehingga mudah dipotong dan ditipiskan.

Jika tindakan di atas masih belum efektif membuat kuku terbebas dari infeksi jamur, maka segera hubungi dokter. Beberapa tindakan yang mungkin dilakukan dokter antara lain:

  • Meresepkan obat antijamur untuk diminum

Untuk mengganti kuku yang terinfeksi oleh jamur dengan kuku yang baru, dokter kemungkinan akan meresepkan obat antijamur. Proses penyembuhan jamur kuku dengan obat jenis ini biasanya memakan waktu sekitar empat bulan. Waktu selama itu dibutuhkan untuk mendapatkan kuku yang bebas jamur dan tumbuh sempurna.

  • Memberi obat berupa cat kuku

Obat lain yang mungkin diresepkan dokter adalah cat kuku yang memiliki sifat antijamur. Cat kuku antijamur ini biasa disebut ciclopirox. Kegunaannya adalah untuk melapisi kuku dan sekitar kuku yang terinfeksi. Pada awal pemakaian, cat kuku akan dibiarkan selama tujuh hari sebelum dibersihkan dengan alkohol. Selanjutnya pemakaian cat kuku antijamur ini harus dilakukan tiap hari selama setahun hingga kuku yang bebas jamur benar-benar didapatkan.

  • Memberi obat berupa krim

Pengobatan lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memakai krim antijamur. Pemakaiannya dilakukan dengan cara digosokkan pada kuku yang terinfeksi. Pastikan kuku direndam dan ditipiskan dahulu sebelum krim diaplikasikan. Penipisan kuku diperlukan agar krim antijamur lebih mudah menembus lapisan kuku sehingga jamur makin mudah disingkirkan.

  • Operasi pencopotan kuku

Pencopotan kuku yang terinfeksi jamur akan direkomendasikan dokter jika sudah menyebabkan sakit yang tidak tertahankan. Dengan dicopotnya kuku yang terinfeksi, kuku yang baru kemudian akan tumbuh di tempat yang sama. Proses penyembuhan dengan metode ini bisa memakan waktu setahun hingga kuku baru tumbuh sempurna.

  • Terapi laser

Salah satu metode modern yang bisa dilakukan, yaitu memakai terapi laser. Sayangnya, meski menjanjikan hasil yang lebih baik, namun efektivitasnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Beruntung, sudah ada studi permulaan yang menyebutkan bahwa penggunaan terapi ini yang dikombinasikan dengan krim antijamur efektif menangani jamur kuku..

Tentu saja semua proses di atas tidak perlu terjadi seandainya Anda memerhatikan kebersihan kuku kaki dan tangan sejak dini. Sebab, jamur kuku sangat erat kaitannya dengan kebersihan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Wanita Lebih Rentan Dehidrasi

Wanita Lebih Rentan Dehidrasi

Air putih adalah pelarut universal dan merupakan nutrisi utama yang mengandung semua mineral. Air merupakan zat yang paling penting bagi tubuh kita, karena 70-80 persen organ tubuh manusia terdiri dari air. Air memiliki banyak fungsi bagi tubuh, antara lain : untuk mengatur suhu tubuh sebagai pelumas sendi, melindungi organ dan jaringan tubuh, melembabkan jaringan mulut, mata dan hidung serta mencegah sembelit dan masih banyak lagi manfaatnya. Kurangnya air dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi, yang akan menyebabkan gangguan pada sistem tubuh, termasuk pada tingkat kinerja, kognitif dan mood seseorang. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Lawrence Armstrong, PhD, menyimpulkan bahwa wanita lebih rentan dengan tingkat dehidrasi 1,3 persen terhadap dampak negatif dehidrasi pada kinerja, kognitif dan mood dibandingkan dengan pria. Penelitian pertama yang dilakukan oleh Lawrence Armstrong, PhD melibatkan 26 pria dan 25 wanita dewasa sehat dengan usia 20-30 tahun. Para partisipan diminta untuk melakukan treadmill sebanyak 3x40 menit pada suhu ruangan kerja dan diminta untuk menyelesaikan tes kognitif. Hasil penelitian menunjukkan dehidrasi sebesar 1,5per [...]

Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

Mungkin Anda sudah tahu bahwa mengkonsumsi makanan yang tepat dapat menjaga Anda supaya tetap sehat. Kabar baiknya lagi adalah: diet yang sehat dapat membuat Anda terlihat muda dan bahkan memperlambat proses penuaan. Bahkan beberapa makanan tersebut dapat mencegah penyakit-penyakit degeneratif seperti: Alzheimer, diabetes, serta penyakit jantung. Berikut diantaranya: Buah?buahan dan sayuran Mengurangi risiko kebutaan di usia 65 tahun atau lebih. Sayuran dan buah-buahan seperti: bayam, kembang kol, jagung, jeruk, dan wortel kaya akan vitamin c, zinc dan beta karoten yang baik untuk mata. Anggur, terutama anggur merah kaya akan antioksidan (resveratrol) yang membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan penuaan dini. Sayur-sayuran berwarna kuning dan hijau mengandung vitamin C yang berguna untuk peremajaan kulit. Makanan lainnya yang dapat membantu Anda awet muda lainnya adalah: Makanan yang Membuat Awet Muda Lainnya: Gandum. Dengan mengkonsumsi gandum yang kaya akan serat dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2. Ikan. Omega 3 yang terkandung pada minyak ikan memiliki fungsi untuk mencegah penuaan [...]

Mencegah Luka Pada Pasien Diabetes

Mencegah Luka Pada Pasien Diabetes

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Mencegah Luka Pada Pasien Diabetes - Salah satu komplikasi tersering dari diabetes melitus (DM) adalah kaki diabetik. Pada pasien DM terdapat gangguan pada: pembuluh darah kecil (mikroangiopati) pembuluh darah besar (makroangiopati) gangguan syaraf (neuropati) Gejala adanya gangguan pada syaraf berupa rasa baal/kebas, kesemutan, rasa nyeri berkurang/tidak ada rasa nyeri sama sekali. Hilangnya sensasi pada kaki menyebabkan tekanan berulang pada kaki akhirnya terjadi kerusakan jaringan lunak. Selain itu penderita menjadi tidak peka terhadap suhu atau benda asing (seperti benda tajam) sehingga memudahkan terjadinya luka. Selain itu, gangguan pada pembuluh darah akibat kadar gula darah yang tinggi dalam waktu lama menyebabkan kaki tidak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga meningkatkan risiko terjadinya kaki diabetik pada pasien DM. Luka pada kaki diabetik lebih sulit untuk sembuh dan dapat semakin parah jika tidak segera diobati. Komplikasi utamanya adalah infeksi dan amputasi. Dari seluruh penderita diabetes, 15% menderita ulkus diabetes pada kaki, dan 12-14% dari yang menderita ulkus tersebut memerlukan amputasi. Perawatan kaki pada penderita [...]

Proses dan Risiko Transplantasi Jantung

Proses dan Risiko Transplantasi Jantung

Transplantasi jantung adalah usaha pamungkas jika semua pengobatan penyakit jantung yang dilakukan pasien tidak memberikan hasil. Proses ini adalah usaha terakhir dalam memperbaiki kesehatan pasien. Prosedur ini termasuk langkah yang aman selama tetap menjalani pemeriksaan secara rutin. Maka dari itu, calon pasien harus mengetahui segala sesuatu yang akan dia hadapi. Seperti Apa Prosesnya? Transplantasi jantung sendiri adalah proses mengganti jantung yang sudah tidak bekerja secara optimal dengan jantung yang lebih baik dari orang yang baru meninggal. Meski terdengar kompleks, operasi transplantasi jantung perlu dilakukan demi keselamatan dan peningkatan kualitas hidup pasien. Secara garis besar, berikut tahapan melakukan transplantasi jantung: Menemukan donor yang tepat Bukan perkara mudah menemukan donor yang tepat. Biasanya donor jantung berasal dari orang yang baru meninggal, namun kondisi jantungnya baik. misalnya karena kecelakaan lalu lintas, atau karena kerusakan otak dimana organ-organ lain masih prima. Perpindahan jantung dari donor kepada penerima tidak boleh lebih dari enam jam. Mengangkat jantung pasien penerima donor Setelah donor yang tepat diperoleh, maka saatnya [...]

Bahayanya Menggunakan Minyak Goreng Berulang Kali

Bahayanya Menggunakan Minyak Goreng Berulang Kali

Meski pada prinsipnya makanan yang digoreng itu pada dasarnya tidak menyehatkan, hampir bisa dipastikan makanan yang digoreng dengan minyak goreng yang digunakan berulang berkali (jelantah) diyakini lebih berbahaya. Terkadang di rumah atau restoran pun minyak goreng di dapurnya digunakan secara berulang-ulang kali. Atau umum disebut dengan istilah jelantah. Sehatkah hal tersebut? Hal yang pasti, tidak sehat. Kenapa bisa demikian? Berikut penjelasannya. Penggunaan minyak goreng yang berulang kali mengakibatkan oksidasi dan hidrogenasi dari minyak. Dimana jika makanan yang digoreng menggunakan jelantah berpotensi menimbulkan peradangan dan kerusakan sel di tubuh jika dimakan. Lebih lanjut, kerusakan sel yang ada juga menenggarai penyakit diabetes. Bahaya Jelantah untuk Wanita yang Ingin Hamil Sebuah studi baru yang dipublikasikan di jurnal Diabetologia menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan dengan teknik masak digoreng secara rutin sebelum kehamilan memiliki risiko lebih tinggi untuk timbul diabetes gestasional (suatu jenis kondisi diabetes yang ditemukan pada awal kehamilan). Menariknya adalah asosiasi makanan gorengan dengan timbulnya diabetes selam [...]

5 Gangguan Kesehatan yang Rentan Dialami Wanita

5 Gangguan Kesehatan yang Rentan Dialami Wanita

5 Gangguan Kesehatan yang Lebih Rentan Dialami Wanita Daripada Pria (health - karina)Pria dan wanita berbeda secara biologis sehingga memiliki kondisi kesehatan yang berbeda pula. Ada beberapa penyakit yang cenderung lebih berbahaya bagi wanita dibandingkan pria. Berikut adalah penyakit-penyakit yang rentan diderita wanita dan cara mencegahnya, seperti dilansir iDiva.1. OsteoporosisSetelah menopause, wanita kehilangan massa tulang lebih cepat daripada pria karena mengalami perubahan hormon dalam tubuh. Untuk mencegahnya, mulailah mengonsumsi 4-5 gelas susu per hari disertai dengan gerakan yang melatih fisik Anda.2. DepresiMenurut psikolog Dr Anirudh Kamar, perubahan konstan pada hormon estrogen dan progesteron serta produksi serotonin (hormon kegembiraan) yang sedikit dari otak wanita dapat membuat mereka lebih mudah terserang depresi. Untuk mencegahnya, luangkan sedikit waktu untuk memanjakan diri atau lakukan meditasi setiap harinya.3. Penyakit Seksual MenularPerubahan hormonal menyebabkan naik-turunnya berat badan secara terus-menerus yang mengganggu sistem imun tubuh. Hal ini membuat wanita lebih rentan terkena penyakit seksual menular.4. Penyakit JantungRata-rata wanita men [...]

Fakta & Mitos Prostat

Fakta & Mitos Prostat

Oleh: dr. Adithia Kwee Pria dan pembesaran prostat seakan menjadi dua hal yang tak terpisahkan. Sayangnya, meningkatnya jumlah kasus prostat tidak diimbangi dengan pemahaman yang tepat oleh masyarakat luas. Acapkali banyak pemahaman yang salah muncul mengenai seputar prostat. Apa sajakah? Simak berikut ini: 1. MITOS: Prostat adalah nama penyakit. FAKTA: Salah. Prostat adalah nama sebuah bagian dari organ tubuh yakni berupa kelenjar yang terdapat khusus pada pria. Letaknya terletak di bawah kandung kemih. Fungsi dari prostat adalah untuk memberi nutrisi pada sperma. Namun, ketika seorang pria menginjak usia 50 tahun ke atas, acapkali kelenjar prostat ini membesar. 2. MITOS: Pembesaran prostat disebabkan karena sering menahan buang air kecil FAKTA: Tidak sepenuhnya (belum) benar. Karena sampai saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan dengan tepat pencetus pembesaran prostat adalah dari seringnya menahan buang air kecil. Namun ada beberapa penelitian yang menyebutkan ada hubungan tingginya aktivitas seksual di usia muda dengan semakin tingginya risiko pembesaran prostat. Selain faktor tersebut, dipastikan juga pembesaran prostat dicetuskan oleh pengaruh keseimbangan hormon endro [...]

Risiko Minum Kopi Selama Kehamilan

Risiko Minum Kopi Selama Kehamilan

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Penelitian terbaru menunjukkan adanya peningkatan risiko bayi dengan berat lahir rendah dari ibu hamil yang mengkonsumsi minuman berkafein. Kafein telah lama dihubungkan dengan berbagai efek samping pada ibu hamil sehingga banyak calon ibu menghindari kopi dan teh selama kehamilan. Namun, terdapat beberapa orang yang kesulitan untuk menghentikan kebiasaan minum kopinya. Semua yang dimakan dan minum oleh ibu hamil berpotensi untuk sampai ke janin melalui plasenta. Karena itu berbagai organisasi kesehatan memberikan rekomendasi pembatasan konsumsi alkohol dan kafein selama saat hamil. Selain pada kopi dan teh, kafein juga terkandung dalam kola, minuman berenergi, dan coklat. Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) merekomendasikan pembatasan konsumsi kafein hingga 300 miligram per hari yang setara dengan kira-kira 3 cangkir kopi ukuran standar. The American College of Obstetricians and Gynecologists pada tahun 2010 menyatakan bahwa ibu hamil dapat mengkonsumsi kafein hingga 200 miligram per hari tanpa meningkatkan risiko keguguran atau kelahiran prematur. Pada penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal BMC Medicine, peneliti men [...]

Menonton Film Komedi Memicu Nafsu Makan

Menonton Film Komedi Memicu Nafsu Makan

Apa ada yang lebih enak dari menikmati seporsi kue coklat hangat yang baru dikeluarkan dari microwave dengan satu scoop es krim chocolate chip di atasnya sambil dihibur serial televisi kesukaan Anda? Apalagi ketika kita sedang stres setelah mengalami hari yang berat di tempat kerja dan berjam-jam terjebak macet di jalan. Saat mengunyah rasanya semua masalah yang ada hilang untuk sementara. ?All you need is love. But a little chocolate now and then doesn?t hurt,? kata Charles M. Schulz, kartunis yang terkenal dengan karyanya komik strip ?Peanuts?. Kadang hasrat untuk makan paling besar saat kita berada di titik paling rendah secara emosional karena menghadapi masalah yang sulit, stres, kesepian, atau bosan. Secara sadar atau tidak sadar kita bisa lari ke makanan ringan seperti gorengan, keripik kentang, es krim atau coklat untuk menenangkan hati atau mengalihkan pikiran. Hal ini mudah menjadi kebiasaan yang kemudian dapat berkembang menjadi gangguan pola makan yang disebut emotional eating. Rasa gembira pun dapat memicu selera makan. Masih belum percaya? Simak penjelasannya berikut ini: Rasa Gembira pun Dapat Memicu Makan Ternyata, tidak hanya emosi negatif yan [...]

Harapan Baru Untuk Proses Penuaan

Harapan Baru Untuk Proses Penuaan

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Apa yang membuat sel menua? Tentu karena proses kelelahan dan kerusakan. Namun secara biologis, dr. David Sinclair seorang profesor bidang genetik dari Harvard Medical School menyebutkan bahwa penyebab dari penuaan sel adalah berkurangnya oksigen yang akan memicu signal bahwa sel tersebut harus mati. Tanpa oksigen, mesin energi yang dinamakan mitokondria akan tidak efektif dalam merubah bahan bakar fisiologis untuk sel tubuh seperti glukosa yang dibutuhkan untuk kelangsungan sel sehingga memicu kematian sel. Pada penelitian yang diproduksi dalam jurnal Cell, Sinclair dan teman-temannya menemukan zat yang benar-benar dapat membuat sel hidup menjadi lebih muda. Mereka menemukan bila memberikan zat yang dinamakan NAD pada suatu jaringan pada tikus yang berusia 2 tahun selama 1 minggu, jaringan tersebut dapat berubah menjadi jaringan sesuai dengan tikus usia 6 bulan (pada manusa dapat disamakan dengan jaringan pada orang usia 60 tahun berubah seperti jaringan tubuh usia 20 tahun). Dengan penuaan, kadar NAD akan turun sebanyak 50%, dengan berkurangnya zat ini maka sel akan lebih rentan terhadap efek-efek penuaan seperti peradangan, berkurangnya masa otot, sert [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *