Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Jamur Kuku

kenali-penyebab-dan-cara-mengobati-jamur-kuku-alodokter.jpg

Jika Anda memiliki titik putih atau kuning di ujung kuku jari atau kuku ibu jari, bisa jadi itu adalah jamur kuku atau dalam bahasa medis disebut onikomikosis. Jika infeksi makin menyebar, kuku bisa berubah warna, menebal, dan hancur di bagian ujungnya.

Jamur kuku biasanya menginfeksi bahan keras pembentuk kuku. Infeksi ini sendiri bisa menyebar ke seluruh kuku, termasuk landasan, lempeng, dan akar kuku.

Kenali Penyebab Jamur Kuku

Penyebab gangguan pada kuku ini adalah jamur dermatofit. Selain itu, jamur ragi (candida) kadang-kadang ikut bertanggung jawab atas terjadinya onikomikosis. Saat kondisi kuku hangat dan lembap, jamur dengan senang hati akan menjadikan kuku Anda sebagai habitatnya.

Jamur kuku sering menyerang kuku jari kaki dibandingkan jari tangan. Hal ini karena jari kaki biasa berada dalam kondisi yang membuat jamur mudah tumbuh, seperti gelap, hangat, dan lembap.

Selain itu, jari kaki memiliki aliran darah yang lebih sedikit dibandingkan dengan jari tangan. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh tidak bisa mendeteksi adanya masalah dan tidak bisa menghentikan infeksi yang terjadi di daerah tersebut dengan cepat.

Beberapa tindakan yang memengaruhi mudahnya jamur kuku menyerang jari kaki adalah:

  • Memiliki kerusakan pada kulit atau kuku.
  • Berada di lingkungan yang lembap.
  • Memakai sepatu yang membuat kaki terasa panas dan berkeringat.
  • Rutin memakai kosmetik pada kuku atau kuku palsu.
  • Sering menggigit kuku.
  • Terlalu sering mencuci tangan atau bersentuhan dengan air dalam waktu lama.
  • Memiliki kesehatan yang buruk atau menderita penyakit diabetes atau psoriasis. Psoriasis sendiri adalah suatu penyakit yang ditandai dengan sel-sel kulit tumbuh terlalu cepat sehingga membentuk bercak di permukaan kulit yang tebal dan berwarna kemerahan atau putih.

Bagaimana Cara Mengobatinya?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi jamur kuku.

  • Menggunakan antijamur

Jika tanda-tanda putih sudah nampak di kuku, cucilah kuku dan keringkan. Selanjutnya, oleskan salep antijamur. Seandainya kaki yang diserang, berikan bedak atau spray antijamur dan pastikan kaki selalu bersih dan kering.

  • Memakai balsem

Walaupun tidak ada penelitian yang membuktikan secara medis, namun balsem dipercaya dapat mengatasi masalah jamur kuku, khususnya balsem VapoRub. Tapi sebelum Anda mengoleskan balsem tiap hari dengan menggunakan kapas pada kuku yang terkena, Anda sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter.

  • Memotong dan menipiskan kuku

Memotong dan menipiskan kuku akan membantu obat yang digunakan untuk menyerap lebih dalam. Teknik ini juga mengurangi tekanan kuku sehingga rasa sakitnya berkurang. Anda bisa oleskan krim yang mengandung urea pada kuku yang tebal karena jamur, bungkus dengan perban, lalu biarkan semalam. Saat pagi, bilaslah dengan air dan sabun. Hal ini berguna untuk membuat kuku lebih lunak sehingga mudah dipotong dan ditipiskan.

Jika tindakan di atas masih belum efektif membuat kuku terbebas dari infeksi jamur, maka segera hubungi dokter. Beberapa tindakan yang mungkin dilakukan dokter antara lain:

  • Meresepkan obat antijamur untuk diminum

Untuk mengganti kuku yang terinfeksi oleh jamur dengan kuku yang baru, dokter kemungkinan akan meresepkan obat antijamur. Proses penyembuhan jamur kuku dengan obat jenis ini biasanya memakan waktu sekitar empat bulan. Waktu selama itu dibutuhkan untuk mendapatkan kuku yang bebas jamur dan tumbuh sempurna.

  • Memberi obat berupa cat kuku

Obat lain yang mungkin diresepkan dokter adalah cat kuku yang memiliki sifat antijamur. Cat kuku antijamur ini biasa disebut ciclopirox. Kegunaannya adalah untuk melapisi kuku dan sekitar kuku yang terinfeksi. Pada awal pemakaian, cat kuku akan dibiarkan selama tujuh hari sebelum dibersihkan dengan alkohol. Selanjutnya pemakaian cat kuku antijamur ini harus dilakukan tiap hari selama setahun hingga kuku yang bebas jamur benar-benar didapatkan.

  • Memberi obat berupa krim

Pengobatan lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memakai krim antijamur. Pemakaiannya dilakukan dengan cara digosokkan pada kuku yang terinfeksi. Pastikan kuku direndam dan ditipiskan dahulu sebelum krim diaplikasikan. Penipisan kuku diperlukan agar krim antijamur lebih mudah menembus lapisan kuku sehingga jamur makin mudah disingkirkan.

  • Operasi pencopotan kuku

Pencopotan kuku yang terinfeksi jamur akan direkomendasikan dokter jika sudah menyebabkan sakit yang tidak tertahankan. Dengan dicopotnya kuku yang terinfeksi, kuku yang baru kemudian akan tumbuh di tempat yang sama. Proses penyembuhan dengan metode ini bisa memakan waktu setahun hingga kuku baru tumbuh sempurna.

  • Terapi laser

Salah satu metode modern yang bisa dilakukan, yaitu memakai terapi laser. Sayangnya, meski menjanjikan hasil yang lebih baik, namun efektivitasnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Beruntung, sudah ada studi permulaan yang menyebutkan bahwa penggunaan terapi ini yang dikombinasikan dengan krim antijamur efektif menangani jamur kuku..

Tentu saja semua proses di atas tidak perlu terjadi seandainya Anda memerhatikan kebersihan kuku kaki dan tangan sejak dini. Sebab, jamur kuku sangat erat kaitannya dengan kebersihan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Berbagai Kerusakan Organ Akibat Asam Urat

Berbagai Kerusakan Organ Akibat Asam Urat

Pasti Anda sudah akrab dengan kata ?Asam urat?. Peningkatan kadar asam urat tubuh dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti peningkatan produksi asam urat tubuh atau karena penurunan pengeluaran materi ini dari tubuh. Peningkatan produksi biasanya terkait dengan peningkatan makanan yang tinggi purin. Purin sendiri terkandung dalam berbagai jenis makanan seperti daging, atau jeroan. Peningkatan asam urat akan meningkatkan kemungkinan seorang mengalami berbagai komplikasi akibat asam urat. Komplikasi yang ada jelas merembet pada masalah kesehatan yang beragam. Bahkan sampai berurusan pada kesehatan ginjal sekaligus. Apa saja keluhan yang dapat timbul akibat peningkatan kadar asam urat darah? Komplikasi Asam Urat #1: Gout Arthritis Gout arthritis adalah peradangan sendi akibat pengendapan kristal urat pada sendi. Seorang dengan gangguan ini akan mengeluhkan adanya nyeri sendi, sendi kemerahan dan tidak dapat digerakkan. Sendi yang umumnya terkena adalah sendi pada pangkal jari jempol atau ekstremitas bawah. Gout atau orang awam bilang ?asam urat? adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mengontrol asam urat, sehingga kristal asam urat yang berlebiha [...]

Manfaat Kerokan

Manfaat Kerokan

Kerokan merupakan sebuah terapi pengobatan alternatif untuk gejala masuk angin yang sering diterapkan oleh orang Indonesia. Metode ini biasanya dilakukan dengan menggaruk dan menekan bagian permukaan kulit menggunakan minyak dan benda tumpul seperti uang logam sehingga terbentuk guratan merah pada kulit. Otot-otot yang tegang terasa kendur dan adanya sensasi relaksasi pada kulit. Banyak mitos tentang manfaat dari kerokan ini sehingga pilihan untuk melakukan terapi ini masih sering kita jumpai. Meski dunia medis sudah canggih, namun kebiasaan kerokan ternyata masih bisa dinikmati dari berbagai golongan dan strata sosial. Budaya kerokan ternyata sudah ada sejak zaman kerajaan dahulu. Bahkan raja-raja dan petinggi kerajaan Nusantara banyak yang melakukan terapi ini untuk kesehatan. Terapi ini digemari, karena rasanya yang manjur dan murah tentunya untuk sebuah penyembuhan penyakit. Setelah dilakukan terapi kerokan ini, badan sering terasa lebih baik. Hal ini disebabkan oleh suatu zat endorphin yang keluar dari proses kerokan tersebut. Tidak hanya penduduk Indonesia yang sering melakukan teknik terapi ini, di luar negeri pun mengenal kerokan namun berbeda dalam bentuk dan tekniknya. V [...]

Mengapa Polusi Udara Bisa Menyebabkan Batuk?

Mengapa Polusi Udara Bisa Menyebabkan Batuk?

Udara merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Pada udara terkandung gas yang terdiri dari 78% nitrogen, 20% oksigen, 0,93% argon, 0,03% karbon dioksida, dan sisanya terdiri dari neon, helium, metan dan hidrogen. Komposisi tersebut merupakan standar udara normal yang dapat mendukung kehidupan manusia. Apabila terjadi penambahan gas-gas lain yang menimbulkan gangguan atau perubahan komposisi tersebut, maka kondisi itu disebut dengan pencemaran atau polusi udara. Polusi udara tidak hanya dapat mengganggu kenyamanan lingkungan, tetapi juga kesehatan. Banyak masalah kesehatan terkait pernapasan yang disebabkan oleh polusi udara, seperti batuk kering, mengi (bunyi napas tambahan), nyeri dada, dan lain-lain. Apa saja sumber-sumber pencemaran udara yang dapat mengganggu kesehatan? Sumber pencemaran udara menetap (point source): asap pabrik, instalasi pembangkit tenaga listrik, asap dapur, pembakaran sampah rumah tangga, dan lain sebagainya Sumber pencemaran udara yang tidak menetap (non point source): gas buang kendaraan bermotor, pesawat udara, kereta api, dan kegiatan-kegiatan lain yang menghasilkan gas emisi dengan lokasi berpindah-pindah Sumber pencemaran udara [...]

Jolie Effect! Permintaan Operasi Angkat Payudara untuk Cegah Kanker Meningkat

Jolie Effect! Permintaan Operasi Angkat Payudara untuk Cegah Kanker Meningkat

Langkah yang dilakukan Angelina Jolie menjalani prosedur mastektomi ganda atau pengangkatan kedua payudaranya mendorong wanita untuk melakukan hal serupa. Riset membuktikan Jolie effect membuat permintaan operasi mastektomi bertambah.Dalam artikel berjudul My Health Choice yang diterbitkan di New York Times pada Mei 2013, Angelina Jolie menjelaskan alasan kenapa dirinya memutuskan mengangkat dua payudaranya. Alasan paling utama adalah karena ibunya pernah berjuang melawan kanker hingga meninggal di usia 56 tahun. Jolie sangat sadar kalau penyakit kanker payudara ini bisa menurun.Dengan menjalankan operasi pengangkatan payudara ini Jolie menurunkan risiko tersebut. Menurut sang aktris, berdasarkan keterangan dokter, dia awalnya 87% berisiko terkena kanker payudara dan 50% berisiko terkena kanker ovarium. Setelah operasi, risiko tersebut menurun menjadi kurang dari 5%.Riset yang dilakukan oleh ilmuwan Amerika Serikat dan diterbitkan di jurnal JAMA Surgery memaparkan mengenai Jolie effect. Dari riset diketahui, terjadi peningkatan sekitar 12,5% terhadap prosedur mastektomi ganda setelah Jolie melakukan operasi serupa pada awal 2013. Penelitian juga mengungkapkan ada 18% responden y [...]

Memilih Obat Batuk yang Tepat untuk Anak

Memilih Obat Batuk yang Tepat untuk Anak

Jenis batuk pada anak, seperti halnya orang dewasa, sangat beragam dan hal ini membuat penanganan batuk harus disesuaikan dengan penyebabnya. Apakah karena alergi, infeksi virus, atau kelainan fisiologis lain. Namun, sebagian besar batuk pada anak disebabkan oleh infeksi virus yang akan membaik dengan sendirinya dalam 2-3 hari. Berikut adalah jenis batuk pada anak yang perlu Anda ketahui: 1. Batuk menggonggong Batuk seperti menyalak (menggonggong) umumnya disebabkan oleh inflamasi atau pembengkakan pada saluran napas atas. Kebanyakan batuk ini disebabkan oleh croup, yakni inflamasi pada laring (pangkal tenggorok) dan trakea (batang tenggorok). Croup dapat disebabkan oleh infeksi virus, perubahan suhu pada malam hari, dan infeksi saluran napas atas. Anak di bawah 3 tahun cenderung terserang croup karena batang tenggoroknya sempit. Mengenali Jenis Batuk 2. Pertusis/batuk rejan Batuk rejan atau pertusis adalah infeksi pada saluran napas, yang terjadi akibat bakteri bordetella pertusis. Penyakit ditandai oleh batuk yang diakhiri dengan bunyi khas saat anak menarik napas. Gejala lainnya adalah hidung berair, bersin, batuk, dan sedikit demam. Penyakit ini biasanya [...]

Hati-hati saat Mengonsumsi Obat Pencahar

Hati-hati saat Mengonsumsi Obat Pencahar

Susah buang air besar atau konstipasi dapat mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari. Tidak sedikit penderitanya yang memutuskan untuk menggunakan obat pencahar sebagai solusi. Namun konsumsi obat ini perlu dilakukan dengan cermat untuk menghindari risiko dan efek samping. Terdapat berbagai jenis pencahar yang bekerja dengan cara berbeda. Efektivitasnya pun bisa berbeda. Berikut ini tiga di antaranya yang paling umum: Obat pencahar osmotik: merangsang tubuh untuk meningkatkan jumlah cairan dalam usus sehingga tinja dilunakkan dan didorong keluar tubuh. Contoh: laktulosa dan macrogol. Obat pencahar pembentuk tinja: membuat tinja menyerap cairan dan menjadi lunak sehingga dapat dikeluarkan dengan mudah. Contoh: sekam ispaghula dan metilselulosa. Obat pencahar stimulan: merangsang dan membantu otot yang melapisi saluran pencernaan untuk mendorong tinja dalam usus besar menuju anus. Contoh: senna, bisacodyl, dan sodium picosulphate. Pada umumnya obat pencahar osmotik dan pembentuk tinja lebih ringan cara kerjanya dibandingkan obat pencahar stimulan. Namun penggunaan semua obat pencahar sebaiknya dilakukan dengan cermat dan lebih dulu dikonsultasikan dengan dokter. Pandua [...]

6 Kiat Menjaga Kesehatan Tenggorokan

6 Kiat Menjaga Kesehatan Tenggorokan

Banyak orang biasanya kurang begitu memperhatikan kesehatan tenggorokan sampai ada keluhan nyeri tenggorokan, suara kering, atau batuk. Saluran napas atas terdiri dari hidung, rongga sinus, faring, kelenjar tonsil, pita suara, dan epiglotis. Bakteri dan virus dapat menyebabkan infeksi pada saluran napas atas dan sangat menular. Mengerikan, bukan? Karena itu, memelihara kesehatan saluran napas atas sangat diperlukan untuk mencegah penyakit. Berikut ini adalah enam kiat untuk menjaga kesehatan tenggorokan: 1. Mencuci tangan Cucilah tangan dengan menggunakan sabun di bawah air mengalir untuk mencegah infeksi selesma, flu, dan infeksi lainnya. Waktu-waktu yang tepat untuk mencuci tangan adalah ketika selesai menggunakan toilet, sebelum dan sesudah makan, serta setelah bersin atau batuk. 2. Menghindari kontak dengan orang yang mengalami infeksi saluran napas atas Bakteri dan virus penyebab infeksi saluran napas atas sangat menular. Maka dari itu, sebaiknya tidak terlalu dekat dengan orang yang terinfeksi. Anak-anak biasanya lebih mudah tertular karena daya tahan tubuh yang belum sempurna. Gunakanlah master jika terpaksa. Berikut ini adalah kiat untuk menjaga kesehatan tenggorokan lainn [...]

Susah Tidur? Coba Hilangkan Lemak di Perut!

Susah Tidur? Coba Hilangkan Lemak di Perut!

Banyak teori yang berpendapat bahwa susah tidur dapat menyebabkan penambahan berat badan, namun saat ini telah ditemukan teori baru yang berpendapat sebaliknya. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa ?sleep deprivation? atau kurangnya tidur sangat erat kaitannya dengan obesitas dan ada penelitian yang melaporkan bahwa individu dengan berat badan berlebih cenderung lebih susah untuk tidur pulas. Penelitian yang dilakukan di John Hopkins University School of Medicine melaporkan dalam 2012 American Heart Association Scientific Sessions di Los Angeles bahwa penurunan berat badan melalui diet atau kombinasi dari diet dengan olahraga dapat membantu masalah susah tidur atau dapat membuat tidur lebih nyaman. Susah Tidur? Coba Hilangkan Lemak di Perut! Penelitian yang dilakukan di John Hopkins ini berlangsung selama 6 bulan, dengan mengikuti 77 subjek dengan berat badan berlebihan atau subjek dengan obesitas yang menderita diabetes tipe 2 atau prediabetes. Pada permulaan dan akhir dari studi, para subjek mengisi survei dengan pertanyaan berkisar antara gangguan tidur. Peneliti juga mengukur IMT (Indeks Masa Tubuh) untuk mengikuti perubahan berat badan masing-masing sub [...]

Penemuan Bakteria Yang Bisa Menyembuhkan Penyakit Tidur

Penemuan Bakteria Yang Bisa Menyembuhkan Penyakit Tidur

Para ilmuwan yakin bahwa mereka telah menemukan cara untuk mengalahkan penyakit tidur dengan menggunakan sebuah bakteri untuk melawan lalat tsetse yang menyebarkan penyakit tidur ini kepada manusia. Dengan cara yang sama bahwa kita memiliki bakteri dalam usus kita, lalat tsetse melabuhkan bakterinya ke dalam otot dan ludah. Para ahli di Belgia telah memodifikasi secara genetik "serangga-serangga yang baik" ini sehingga mereka menyerang parasit pelakunya yang dibawa oleh lalat. Tapi suatu pekerjaan dibutuhkan untuk mengasah prosesnya. Temuan terbaru ini telah dipublikasikan dalam jurnal Microbial Cell Factories yang memiliki akses yang terbuka untuk umum. Seperti dilansir dari BBCNewsHealth, rabu (15/02/2012). Penyakit TIdur Penyakit tidur, atau trypanosomiasis manusia Afrika, adalah penyakit fatal yang mengganggu di banyak wilayah di Afrika. Meskipun jumlah orang yang terinfeksi penyakit tersebut telah turun berkat diagnosis dan pengobatan yang lebih baik, ternyata masih ada lebih dari 7.000 kasus baru telah tercatat di tahun 2010. Parasit yang menyebabkan penyakit tidur ditularkan ke manusia melalui gigitan lalat tsetse yang telah terinfeksi. Gigitan ini menyebabkan demam, sakit k [...]

Penyebab Wanita Merasakan Nyeri di Payudara & Gampang Marah Saat PMS

Penyebab Wanita Merasakan Nyeri di Payudara & Gampang Marah Saat PMS

Premenstrual Syndrome atau PMS jadi hal yang menghantui wanita setiap bulan. Ketika mengalaminya mood cenderung menjadi kacau. Apakah Anda kerap bertanya-tanya, kenapa wanita harus merasakan PMS yang sebenarnya mengganggu ini? Simak jawabannya di sini.Konsultan seks wolipop dr. Vanda Mustika menjelaskan PMS merupakan gejala fisik dan emosional yang berhubungan dengan siklus menstruasi. PMS biasanya dimulai pada pertengahan siklus atau 14 hari setelah hari pertama menstruasi (pada siklus yang normal) dan hilang 1-2 hari setelah menstruasi berikutnya.Apa yang dirasakan wanita saat PMS, bisa dilihat dari gejala fisik dan psikis. Gejala fisik yang dirasakan wanita saat PMS di antaranya kembung, rasa kencang dan nyeri di payudara, sulit buang air besar atau diare, sakit kepala, sensitif terhadap suara dan sinar, serta rasa ingin makan terus. Adapun gejala yang timbul secara psikis atau emosional seperti rasa bingung, sulit berkonsentrasi, mudah lupa, sedih dan putus asa, tegang ataupun cemas, kehilangan ataupun peningkatan libido, mood yang berubah-ubah, perasaan bersalah atau tidak percaya diri dan gangguan tidur (bisa berlebihan atau sulit tidur).Kenapa wanita harus merasakan PMS y [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *