Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Jamur Kuku

kenali-penyebab-dan-cara-mengobati-jamur-kuku-alodokter.jpg

Jika Anda memiliki titik putih atau kuning di ujung kuku jari atau kuku ibu jari, bisa jadi itu adalah jamur kuku atau dalam bahasa medis disebut onikomikosis. Jika infeksi makin menyebar, kuku bisa berubah warna, menebal, dan hancur di bagian ujungnya.

Jamur kuku biasanya menginfeksi bahan keras pembentuk kuku. Infeksi ini sendiri bisa menyebar ke seluruh kuku, termasuk landasan, lempeng, dan akar kuku.

Kenali Penyebab Jamur Kuku

Penyebab gangguan pada kuku ini adalah jamur dermatofit. Selain itu, jamur ragi (candida) kadang-kadang ikut bertanggung jawab atas terjadinya onikomikosis. Saat kondisi kuku hangat dan lembap, jamur dengan senang hati akan menjadikan kuku Anda sebagai habitatnya.

Jamur kuku sering menyerang kuku jari kaki dibandingkan jari tangan. Hal ini karena jari kaki biasa berada dalam kondisi yang membuat jamur mudah tumbuh, seperti gelap, hangat, dan lembap.

Selain itu, jari kaki memiliki aliran darah yang lebih sedikit dibandingkan dengan jari tangan. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh tidak bisa mendeteksi adanya masalah dan tidak bisa menghentikan infeksi yang terjadi di daerah tersebut dengan cepat.

Beberapa tindakan yang memengaruhi mudahnya jamur kuku menyerang jari kaki adalah:

  • Memiliki kerusakan pada kulit atau kuku.
  • Berada di lingkungan yang lembap.
  • Memakai sepatu yang membuat kaki terasa panas dan berkeringat.
  • Rutin memakai kosmetik pada kuku atau kuku palsu.
  • Sering menggigit kuku.
  • Terlalu sering mencuci tangan atau bersentuhan dengan air dalam waktu lama.
  • Memiliki kesehatan yang buruk atau menderita penyakit diabetes atau psoriasis. Psoriasis sendiri adalah suatu penyakit yang ditandai dengan sel-sel kulit tumbuh terlalu cepat sehingga membentuk bercak di permukaan kulit yang tebal dan berwarna kemerahan atau putih.

Bagaimana Cara Mengobatinya?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi jamur kuku.

  • Menggunakan antijamur

Jika tanda-tanda putih sudah nampak di kuku, cucilah kuku dan keringkan. Selanjutnya, oleskan salep antijamur. Seandainya kaki yang diserang, berikan bedak atau spray antijamur dan pastikan kaki selalu bersih dan kering.

  • Memakai balsem

Walaupun tidak ada penelitian yang membuktikan secara medis, namun balsem dipercaya dapat mengatasi masalah jamur kuku, khususnya balsem VapoRub. Tapi sebelum Anda mengoleskan balsem tiap hari dengan menggunakan kapas pada kuku yang terkena, Anda sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter.

  • Memotong dan menipiskan kuku

Memotong dan menipiskan kuku akan membantu obat yang digunakan untuk menyerap lebih dalam. Teknik ini juga mengurangi tekanan kuku sehingga rasa sakitnya berkurang. Anda bisa oleskan krim yang mengandung urea pada kuku yang tebal karena jamur, bungkus dengan perban, lalu biarkan semalam. Saat pagi, bilaslah dengan air dan sabun. Hal ini berguna untuk membuat kuku lebih lunak sehingga mudah dipotong dan ditipiskan.

Jika tindakan di atas masih belum efektif membuat kuku terbebas dari infeksi jamur, maka segera hubungi dokter. Beberapa tindakan yang mungkin dilakukan dokter antara lain:

  • Meresepkan obat antijamur untuk diminum

Untuk mengganti kuku yang terinfeksi oleh jamur dengan kuku yang baru, dokter kemungkinan akan meresepkan obat antijamur. Proses penyembuhan jamur kuku dengan obat jenis ini biasanya memakan waktu sekitar empat bulan. Waktu selama itu dibutuhkan untuk mendapatkan kuku yang bebas jamur dan tumbuh sempurna.

  • Memberi obat berupa cat kuku

Obat lain yang mungkin diresepkan dokter adalah cat kuku yang memiliki sifat antijamur. Cat kuku antijamur ini biasa disebut ciclopirox. Kegunaannya adalah untuk melapisi kuku dan sekitar kuku yang terinfeksi. Pada awal pemakaian, cat kuku akan dibiarkan selama tujuh hari sebelum dibersihkan dengan alkohol. Selanjutnya pemakaian cat kuku antijamur ini harus dilakukan tiap hari selama setahun hingga kuku yang bebas jamur benar-benar didapatkan.

  • Memberi obat berupa krim

Pengobatan lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memakai krim antijamur. Pemakaiannya dilakukan dengan cara digosokkan pada kuku yang terinfeksi. Pastikan kuku direndam dan ditipiskan dahulu sebelum krim diaplikasikan. Penipisan kuku diperlukan agar krim antijamur lebih mudah menembus lapisan kuku sehingga jamur makin mudah disingkirkan.

  • Operasi pencopotan kuku

Pencopotan kuku yang terinfeksi jamur akan direkomendasikan dokter jika sudah menyebabkan sakit yang tidak tertahankan. Dengan dicopotnya kuku yang terinfeksi, kuku yang baru kemudian akan tumbuh di tempat yang sama. Proses penyembuhan dengan metode ini bisa memakan waktu setahun hingga kuku baru tumbuh sempurna.

  • Terapi laser

Salah satu metode modern yang bisa dilakukan, yaitu memakai terapi laser. Sayangnya, meski menjanjikan hasil yang lebih baik, namun efektivitasnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Beruntung, sudah ada studi permulaan yang menyebutkan bahwa penggunaan terapi ini yang dikombinasikan dengan krim antijamur efektif menangani jamur kuku..

Tentu saja semua proses di atas tidak perlu terjadi seandainya Anda memerhatikan kebersihan kuku kaki dan tangan sejak dini. Sebab, jamur kuku sangat erat kaitannya dengan kebersihan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Gigi Berlubang Menyimpan Risiko Penyakit

Gigi Berlubang Menyimpan Risiko Penyakit

Gigi berlubang adalah penyakit gigi paling umum yang dialami hampir semua orang di dunia sehingga dianggap biasa. Padahal, jika gigi berlubang ditelantarkan hingga parah, akhirnya bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Kenapa masalah gigi yang dianggap sepele justru bisa berakibat fatal bagi kesehatan? Karena jika tidak ditangani dengan benar, gigi berlubang bisa memicu infeksi dalam jaringan tubuh. Infeksi ini berasal dari bakteri pada gigi berlubang yang menyebar ke dalam jaringan tubuh lain. Jika sudah mendiami jaringan tubuh, maka tinggal menunggu waktu untuk menginfeksi organ-organ tubuh Anda yang lain. Risiko di Balik Gigi Berlubang bagi Tubuh Kesehatan gigi dan mulut memiliki kaitan yang erat. Kesehatan mulut akan berdampak kepada kondisi kesehatan tubuh dan sebaliknya. Gigi berlubang jika dibiarkan bisa menyebabkan terjadinya abses, yaitu tumbuhnya kantong nanah di dalam gusi. Gusi yang terluka adalah pintu gerbang bagi bakteri di dalam mulut untuk memasuki aliran darah. Sesampainya di aliran darah, bakteri dapat menempel di trombosit dan bisa menyebabkan penggumpalan darah. Pembekuan darah kemudian bisa mengganggu aliran darah ke organ-organ tubuh seperti jantung dan memi [...]

Redakan Radang Sendi dengan Aerobik

Redakan Radang Sendi dengan Aerobik

Berjalan kaki pada pagi hari, terutama jika disertai udara yang segar, amatlah baik untuk kesehatan jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya. Bagi penderita radang sendi, rutinitas berjalan kaki dapat membantu mengurangi nyeri pada sendi. Selain berjalan kaki, masih banyak jenis olahraga lain yang sangat bermanfaat untuk penderita radang sendi. Berikut di antaranya: 1. Latihan aerobik. Aktivitas ini melibatkan kelompok otot besar tubuh, dengan cara repetitif dan berirama. Latihan aerobik memperbaiki fungsi jantung, paru-paru, otot, serta sirkulasi darah. Khusus untuk penderita radang sendi, latihan ini membantu kontrol berat badan, perbaikan mood, kualitas tidur, dan vitalitas tubuh. Latihan aerobik yang dapat dilakukan penderita radang sendi adalah latihan yang bersifat low impact, antara lain: Berjalan kaki, di luar maupun di dalam ruangan dengan treadmill. Bersepeda, di luar maupun di dalam ruangan dengan sepeda statis. Dansa aerobik. Olahraga air, seperti berenang atau hidroterapi. Rekomendasi waktu latihan aerobik adalah sekitar 150 menit sehari (waktu total dalam seminggu, dapat dibagi dalam beberapa periode waktu atau hari), dengan intensitas sedang, setiap minggunya. 2 [...]

Papua Masih Terancam Malaria

Papua Masih Terancam Malaria

Data yang dimiliki Dinas Kesehatan Kabupaten Mappi, Papua bagian Selatan, menyebutkan jumlah penderita malaria pada 2008 mencapai 13.519 orang. Angka yang memiliki kecenderungan lebih tinggi dari provinsi lainnya ini memposisikan kondisi provinsi Papua masih dihantui masalah endemik malaria. Hal ini diamini oleh Perwakilan UNICEF Indonesia, William Hawley. Beliau menyampaikan bagaimana masalah endemi malaria ini dapat merugikan aspek finansial sedikitnya sebesar Rp. 20,5 milyar dalam satu tahun. Walau pada tahun ini Dinkes Kabupaten Mappi telah menganggarkan Rp 74 miliar untuk penanggulangan malaria, para pihak otoritas kesehatan setempat masih menemukan kesulitan dalam proses penanggulangan malaria. Kesulitan-kesulitan yang ada berhulu pada kondisi yang kesehatan masyarakat setempat masih rendah. Lebih mengerikannya lagi, ketika malaria memberikan ancaman kepada ibu hamil. Karena khusus pada kasus ibu hamil, tidak hanya membahayakan sang ibu, namun juga kualitas janin dan bayi yang akan dilahirkan. Ibu hamil yang terkena malaria memiliki risiko ancaman kesehatan lainnya seperti, anemia, infeksi placenta, malaria komplikasi, bahkan kematian. Sedangkan pada janin atau bayi yang dila [...]

Payudara Membengkak & Tanda-tanda Lainnya Saat PMS

Payudara Membengkak & Tanda-tanda Lainnya Saat PMS

Hampir semua wanita mengalami Premenstrual Syndrome atau PMS sebelum menstruasi. Namun yang dinamakan PMS biasa terjadi berturut-turut setiap bulan sebelum haid seperti yang dijelaskan di sini. Beragam gejala dialami oleh para wanita, seperti apa?Saat dikutip dari detikhealth kemarin, dokter dari departemen psikiatri Fakultas Kesehatan Unversitas Indonesia, Sylvia D Elvira, gejala yang terjadi saat masa PMS umumnya ditandai dengan payudara mengencang, kepala pusing, serta merasa kembung. Ada pula faktor psikologis yang timbul ketika PMS, misalnya sedih, putus asa, cemas, tegang, dan mudah tersinggung. Namun, jika Anda merasakan lima gejala psikis tersebut berarti termasuk mengalami PMS yang parah. "Jika perempuan mengalami kelima gejala tersebut maka sudah masuk ke PMS parah yang disebut dengan Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD)," jelas Sylvia.PMDD merupakan gejala berat yang terjadi sebelum 'datang bulan'. Dokter Mary M. Gallenberg, M.D. dari situs Mayo Clinic mengatakan, PMDD juga menimbulkan gejala bisa menyebabkan suasana hati menjadi kacau yang akan membuat pekerjaan berantakan."PMDD membuat suasana hati lebih ekstrim yang dapat mengganggu pekerjaan serta membuat hubung [...]

Solusi Rambut Rontok Setelah Kehamilan

Solusi Rambut Rontok Setelah Kehamilan

Oleh dr. Jessica Florencia Rambut Rontok Setelah Persalinan Selama kehamilan, rambut Ibu hamil biasanya menjadi semakin lebat dan berkilau. Hal ini disebabkan karena pengaruh hormon yang mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut sehingga hanya sedikit rambut yang rontok. Hal ini juga biasanya tidak hanya mempengaruhi pertumbuhan rambut di kulit kepala namun juga di kulit tubuh lainnya. Beberapa daerah tubuh yang pertumbuhan rambutnya meningkat pada saat hamil biasanya adalah daerah wajah, lengan, tungkai dan punggung. Pertumbuhan rambut berlebih di daerah-daerah ini biasanya akan kembali normal setelah 6 bulan paska persalinan. Dua sampai empat minggu setelah persalinan, rambut Ibu hamil akan mengalami kerontokan yang cukup berat. Hal ini termasuk wajar dan tidak perlu dikhawatirkan karena hal ini hanya akan berlangsung selama 3-4 bulan dan rambut akan tumbuh kembali dalam 6-15 bulan. Jika kerontokan rambut terjadi hanya di daerah depan dan samping, maka Ibu perlu mengkonsultasikan hal ini dengan dokter karena ini merupakan hal yang tidak lazim. Kuku Rapuh dan Mudah Patah Saat Hamil Pada saat hamil, cukup banyak Ibu hamil yang mengeluhkan kukunya menjadi rapuh dan mudah patah. Namun [...]

Menghindarkan Penularan HIV dari Ibu kepada Bayi

Menghindarkan Penularan HIV dari Ibu kepada Bayi

Wanita dengan HIV yang menjalani pengobatan antiretroviral di masa kehamilan dapat mengurangi risiko penularan virus HIV kepada bayi mereka hingga di bawah 1 persen. Wanita hamil yang hidup dengan HIV berisiko meneruskan virus yang diidapnya kepada bayi ketika masih di dalam kandungan, selama proses persalinan, dan saat menyusui. Namun risiko ini dapat dikurangi dengan menjalani pengobatan. Mengurangi Risiko Risiko penularan virus HIV dari ibu kepada bayi dapat diminimalisasi dengan cara-cara berikut ini. Menjalani terapi kombinasi atau terapi antiretroviral (highly active antiretroviral therapy/HAART) selama masa kehamilan. Sekitar 1 dari 4 bayi yang lahir dari ibu yang positif mengidap HIV dan tidak menjalani terapi ini akan mengidap HIV. Bayi menerima pengobatan antiretroviral pada saat proses persalinan dan setelahnya. Tidak memberikan ASI tapi memberikan susu kepada bayi dengan botol. Jika virus HIV sejak awal telah diantisipasi dengan baik dan tidak terdeteksi dalam darah, melahirkan dengan proses normal tidak akan meningkatkan risiko penularan HIV kepada bayi. Namun pada kasus lain, dokter dapat merekomendasikan ibu hamil untuk melahirkan secara caesar untuk mengurangi r [...]

15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat-obatan yang juga dapat digunakan sebagai campuran pelenglap bumbu masakan. Namun tahukah anda jahe memiliki banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan. Tanaman jahe dikenal dalam tiga jenis jahe yaitu jenis jahe putih, jahe merah dan jahe gajah. Masing-masing jenis jahe ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jahe putih memiliki karakteristik warna daging dan kulit putih dan sedikit kuning dibagian tengan daging. Rasa jahe putih memiliki rasa yang pas tidak terlalu pedas dan tidak menyengat sehingga dalam pemanfaatannya pun banyak dengan menggunakan jenis jahe putih. Jahe gajah memiliki karakteristik yang hamper sama dengan jahe putih, namun memimiliki rasa yang sedikit kurang kuat dibandingkan dengan jahe putih. Jahe gajah memiliki diameter yang sedikit besar dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Memiliki warna kulit dan daging yang kemerah-merahan dan sedikit warna putih dibagian tepi daging. Rasa jah [...]

Tak Selalu Mengganggu, Ini Manfaat Kesehatan Punya Bulu di Seluruh Tubuh

Tak Selalu Mengganggu, Ini Manfaat Kesehatan Punya Bulu di Seluruh Tubuh

Memiliki bulu-bulu di sekitar tubuh bagi sebagian wanita merupakan salah satu hal yang cukup mengganggu penampilan. Tak heran mereka rutin melakukan perawatan tubuh seperti waxing atau mencukur bulu. Tetapi ternyata, bulu-bulu atau rambut halus tersebut memiliki manfaat dari segi kesehatan.Pakar biologi di University of Bradford Inggris, Des Tobin menuturkan, memiliki rambut di bagian tubuh penting untuk mempertahankan kesehatan kulit. "Setiap folikel rambut tidak hanya memproduksi serat rambut, tetapi juga memiliki pembuluh darah, saraf, dan lemak," ujarnya.Folikel rambut pada tubuh juga diperkaya dengan sel-sel induk yang tidak akan pernah kekurangan kapasitas untuk memperbaharui diri mereka. Sehingga bisa membantu menyembuhkan kondisi kulit apabila terjadi luka.Tobin mengatakan, luka pada tubuh bagian luar lebih cepat sembuh karena terdapat folikel rambut yang lebih besar dan banyak, dibandingkan dengan luka pada dalam tubuh. Hal ini dikarenakan terjadinya peningkatan regenerasi sel yang dibawa oleh aliran darah.Demikian pula pada kulit kepala yang sudah tidak ditumbuhi dengan rambut. Ia kurang mampu mengatasi goresan luka atau memar akibat benturan karena kurangnya folikel y [...]

Cegah Diabetes dan Detoks Racun dengan Sayuran Hijau Ini

Cegah Diabetes dan Detoks Racun dengan Sayuran Hijau Ini

Ketimun cocok dijadikan sebagai lalapan dengan cocolan sambal yang nikmat. Sayuran ini juga nikmat diolah menjadi jus atau es serut. Tidak hanya rasanya yang segar, ketimun ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Rutinlah mengonsumsi ketimun --sebaiknya yang masih segar-- dan rasakan tujuh manfaat dari ketimun, seperti yang dikutip dari Fitnea ini.1. Rehidrasi TubuhMencukupi kebutuhan cairan untuk tubuh tidak harus selalu dengan minum air putih. Cairan juga bisa Anda dapatkan dari makanan, misalnya buah atau sayuran. Dan ketimun merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya kandungan airnya, sekitar 90 persen. Oleh sebab itu ketimun baik dikonsumsi untuk rehidrasi tubuh.2. Menyingkirkan RacunKandungan air dalam ketimun berfungsi sebagai 'penyapu' kotoran di tubuh. Ketimun bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang menumpuk dan tak tercerna oleh tubuh, juga toksin yang lama mengendap. Jika dimakan secara rutin, ketimun bisa membantu menjaga kesehatan ginjal.3. Memenuhi Asupan VitaminKetimun memiliki berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Sayuran hijau dengan aroma khas ini mengandung vitamin A, B dan C yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehing [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *