Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Jamur Kuku

kenali-penyebab-dan-cara-mengobati-jamur-kuku-alodokter.jpg

Jika Anda memiliki titik putih atau kuning di ujung kuku jari atau kuku ibu jari, bisa jadi itu adalah jamur kuku atau dalam bahasa medis disebut onikomikosis. Jika infeksi makin menyebar, kuku bisa berubah warna, menebal, dan hancur di bagian ujungnya.

Jamur kuku biasanya menginfeksi bahan keras pembentuk kuku. Infeksi ini sendiri bisa menyebar ke seluruh kuku, termasuk landasan, lempeng, dan akar kuku.

Kenali Penyebab Jamur Kuku

Penyebab gangguan pada kuku ini adalah jamur dermatofit. Selain itu, jamur ragi (candida) kadang-kadang ikut bertanggung jawab atas terjadinya onikomikosis. Saat kondisi kuku hangat dan lembap, jamur dengan senang hati akan menjadikan kuku Anda sebagai habitatnya.

Jamur kuku sering menyerang kuku jari kaki dibandingkan jari tangan. Hal ini karena jari kaki biasa berada dalam kondisi yang membuat jamur mudah tumbuh, seperti gelap, hangat, dan lembap.

Selain itu, jari kaki memiliki aliran darah yang lebih sedikit dibandingkan dengan jari tangan. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh tidak bisa mendeteksi adanya masalah dan tidak bisa menghentikan infeksi yang terjadi di daerah tersebut dengan cepat.

Beberapa tindakan yang memengaruhi mudahnya jamur kuku menyerang jari kaki adalah:

  • Memiliki kerusakan pada kulit atau kuku.
  • Berada di lingkungan yang lembap.
  • Memakai sepatu yang membuat kaki terasa panas dan berkeringat.
  • Rutin memakai kosmetik pada kuku atau kuku palsu.
  • Sering menggigit kuku.
  • Terlalu sering mencuci tangan atau bersentuhan dengan air dalam waktu lama.
  • Memiliki kesehatan yang buruk atau menderita penyakit diabetes atau psoriasis. Psoriasis sendiri adalah suatu penyakit yang ditandai dengan sel-sel kulit tumbuh terlalu cepat sehingga membentuk bercak di permukaan kulit yang tebal dan berwarna kemerahan atau putih.

Bagaimana Cara Mengobatinya?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi jamur kuku.

  • Menggunakan antijamur

Jika tanda-tanda putih sudah nampak di kuku, cucilah kuku dan keringkan. Selanjutnya, oleskan salep antijamur. Seandainya kaki yang diserang, berikan bedak atau spray antijamur dan pastikan kaki selalu bersih dan kering.

  • Memakai balsem

Walaupun tidak ada penelitian yang membuktikan secara medis, namun balsem dipercaya dapat mengatasi masalah jamur kuku, khususnya balsem VapoRub. Tapi sebelum Anda mengoleskan balsem tiap hari dengan menggunakan kapas pada kuku yang terkena, Anda sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter.

  • Memotong dan menipiskan kuku

Memotong dan menipiskan kuku akan membantu obat yang digunakan untuk menyerap lebih dalam. Teknik ini juga mengurangi tekanan kuku sehingga rasa sakitnya berkurang. Anda bisa oleskan krim yang mengandung urea pada kuku yang tebal karena jamur, bungkus dengan perban, lalu biarkan semalam. Saat pagi, bilaslah dengan air dan sabun. Hal ini berguna untuk membuat kuku lebih lunak sehingga mudah dipotong dan ditipiskan.

Jika tindakan di atas masih belum efektif membuat kuku terbebas dari infeksi jamur, maka segera hubungi dokter. Beberapa tindakan yang mungkin dilakukan dokter antara lain:

  • Meresepkan obat antijamur untuk diminum

Untuk mengganti kuku yang terinfeksi oleh jamur dengan kuku yang baru, dokter kemungkinan akan meresepkan obat antijamur. Proses penyembuhan jamur kuku dengan obat jenis ini biasanya memakan waktu sekitar empat bulan. Waktu selama itu dibutuhkan untuk mendapatkan kuku yang bebas jamur dan tumbuh sempurna.

  • Memberi obat berupa cat kuku

Obat lain yang mungkin diresepkan dokter adalah cat kuku yang memiliki sifat antijamur. Cat kuku antijamur ini biasa disebut ciclopirox. Kegunaannya adalah untuk melapisi kuku dan sekitar kuku yang terinfeksi. Pada awal pemakaian, cat kuku akan dibiarkan selama tujuh hari sebelum dibersihkan dengan alkohol. Selanjutnya pemakaian cat kuku antijamur ini harus dilakukan tiap hari selama setahun hingga kuku yang bebas jamur benar-benar didapatkan.

  • Memberi obat berupa krim

Pengobatan lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memakai krim antijamur. Pemakaiannya dilakukan dengan cara digosokkan pada kuku yang terinfeksi. Pastikan kuku direndam dan ditipiskan dahulu sebelum krim diaplikasikan. Penipisan kuku diperlukan agar krim antijamur lebih mudah menembus lapisan kuku sehingga jamur makin mudah disingkirkan.

  • Operasi pencopotan kuku

Pencopotan kuku yang terinfeksi jamur akan direkomendasikan dokter jika sudah menyebabkan sakit yang tidak tertahankan. Dengan dicopotnya kuku yang terinfeksi, kuku yang baru kemudian akan tumbuh di tempat yang sama. Proses penyembuhan dengan metode ini bisa memakan waktu setahun hingga kuku baru tumbuh sempurna.

  • Terapi laser

Salah satu metode modern yang bisa dilakukan, yaitu memakai terapi laser. Sayangnya, meski menjanjikan hasil yang lebih baik, namun efektivitasnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Beruntung, sudah ada studi permulaan yang menyebutkan bahwa penggunaan terapi ini yang dikombinasikan dengan krim antijamur efektif menangani jamur kuku..

Tentu saja semua proses di atas tidak perlu terjadi seandainya Anda memerhatikan kebersihan kuku kaki dan tangan sejak dini. Sebab, jamur kuku sangat erat kaitannya dengan kebersihan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Wanita Ini Teliti Manfaat Daun Katuk untuk Cegah Kanker Payudara

Wanita Ini Teliti Manfaat Daun Katuk untuk Cegah Kanker Payudara

Daun katuk telah dipercaya wanita Indonesia sebagai asupan yang dapat memperbanyak produksi Air Susu Ibu (ASI). Tak hanya diolah sebagai asupan sayur-mayur, daun katuk pun telah diekstrak ke dalam bentuk kapsul demi mempermudah para ibu menyusui.Selama ini, sayur bernama ilmiah Sauropus Androgynus tersebut memang lebih fokus dikembangkan sebagai bahan peningkat produksi ASI dan pendorong laktasi. Namun belum ada yang meneliti tentang kegunaan sayur asal Indonesia itu sebagai pencegah kanker payudara. Hal tersebut pun akan dicoba diinvestigasi oleh Drh. ?Fitriya Nur Annisa Dewi, PhD?.Fitriya merupakan peraih penghargaan For Women In Science Nasional 2014 yang diadakan oleh L'Oreal bersama Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO. Berkat proposal penelitiannya yang berfokus pada pengkajian katuk sebagai pencegah kanker payudara, wanita 32 tahun itu berhasil menang dalam kategori life science."Sungguh ini penghargaan yang berarti bagi para peneliti muda Indonesia untuk berkarya," ungkap Fitriya saat pemberian penghargaan dari L'Oreal kepadanya di Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (14/10/2014). Bersama dengan dua pemenang For Women In Science Nasio [...]

Mengapa Trombosit Bisa Tinggi?

Mengapa Trombosit Bisa Tinggi?

Oleh: dr. Adithia Kwee Trombosit merupakan salah satu komponen darah yang berfungsi dalam proses pembekuan darah. Jumlah trombosit normal dalam tubuh manusia yaitu 200.000-400.000. Bila kurang dari normal dapat menyebabkan perdarahan karena fungsi pembekuan darah pada tubuh berkurang. Masyarakat umumnya hanya mengetahui bahwa bila trombosit turun maka akan berbahaya bagi kesehatan contohnya pada penyakit demam berdarah. Padahal jumlah trombosit yang terlalu tinggi pun dapat pula membahayakan kesehatan kita. Jumlah trombosit yang lebih dari 400.000 disebut dengan trombositosis. Bila tidak jelas penyebabnya, bukan dikarenakan penyakit lain maka disebut trombositosis esensial. Pada trombositosis esensial, jumlah trombosit seseorang dapat mencapai 1.000.000. Keadaan ini harus segera ditangani karena trombositosis ini dapat menyebabkan gangguan penyumbatan maupun perdarahan. Penyakit ini biasa timbiul pada usia tua yaitu 50 ? 70 tahun, namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada anak-anak dan remaja. Pada umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala apa-apa. Biasanya diketahui oleh pasien saat sedang check-up rutin. Dari hasil pemeriksaan darah dapat diketahui jumlah trombosit [...]

5 Penyebab Timbulnya Penyakit Berbahaya dari Pekarangan Rumah

5 Penyebab Timbulnya Penyakit Berbahaya dari Pekarangan Rumah

Memiliki pekarangan atau halaman rumah yang cukup besar? Sebaiknya perhatikan dengan baik perawatannya. Bila kurang dirawat maka bisa berisiko pada kesehatan Anda. Berikut lima hal yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya bagi kesehatan yang berasal dari sekitar rumah Anda.1. Kotoran BinatangAnda memiliki anjing dan membiarkannya buang air besar di area pekarangan rumah? Hindari hal tersebut karena bisa berbahaya bagi kesehatan. Dokter spesialis alergi, Susanne Bennett, mengatakan bahwa banyak orang menganggap kotoran anjing sebagai pupuk alami yang bagus untuk rumput dan tanaman di rumah. Namun pada kenyataannya, kotoran anjing mengandung bakteri berbahaya terutama bila terkena kulit secara langsung."Kotoran anjing punya parasit yang tidak disadari manusia dan dapat masuk ke dalam tubuh melalui kulit. Bakteri ini bisa membahayakan kesehatan Anda seperti alergi," Dr. Bannet seperti dilansir dari Everyday Health.2. KutuHati-hati dengan kutu dari rumput atau binatang peliharaan Anda. Bila kutu hinggap dan menggigit kulit Anda bisa berisiko terkena penyakit Lyme. Penyakit menular tersebut membuat Anda mudah kelelahan selama berbulan-bulan dan bila tak diobati bisa menyebabkan arthr [...]

Aturan Makan Malam Saat Puasa Agar Tetap Sehat dan Berat Badan Tak Naik

Aturan Makan Malam Saat Puasa Agar Tetap Sehat dan Berat Badan Tak Naik

Tidak sedikit orang yang justru mengalami kenaikan berat badan saat puasa. Hal ini terjadi karena pola makan salah yang cenderung kalap terutama saat berbuka. Agar tetap sehat dan tidak makin gemuk, Anda bisa mencoba metode food combining.Food combining mengenal padu-padan yang cocok atau tidak cocok untuk setiap unsur makanan. Bagaimana menjalaninya saat Ramadan? Anda bisa membaca ulasannya di sini.Asyiknya food combining ini, tidak seperti metode penurunan berat badan lainnya, Anda bisa makan apapun hingga kenyang. Namun untuk makannya, Anda harus sesuai aturan dari food combining tersebut. Sama seperti orang pada umumnya, pelaku food combining juga tetap makan malam saat puasa. Dijelaskan praktisi yoga dan food combining Erikar Lebang dalam bukunya Food Combining di Bulan Ramadan, waktu makan malam paling ideal saat Ramadan adalah sebelum salat Isya atau setelah Tarawih.Waktu yang tersedia untuk makan malam ini tidaklah panjang. Setelah salat Magrib hingga menjelang Isya, Anda hanya punya waktu sekitar 30-45 menit. Sedangkan jika makan setelah Tarawih, waktu yang Anda punya juga tidak terlalu berbeda. Oleh karena sempitnya waktu makan ini, Erikar pun menyarankan untuk menyede [...]

Makan Durian Saat Hamil

Makan Durian Saat Hamil

Buah durian, buah berduri yang nikmatnya selangit. Namun, banyak orang yang mengatakan sebaiknya buah ini dihindari oleh ibu hamil. Katanya dapat menyebabkan keguguran kandungan. Ada yang bilang makan buah ini membuat janin kepanasan. Namun, ada juga yang mendukung konsumsi durian selama kehamilan. Yang mana yang benar? Namun pada kenyataannya, hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang meneliti mengenai efek konsumsi buah durian pada Ibu hamil. Namun demikian, buah durian banyak mengandung gas, glukosa, kolesterol dan alkohol. Dimana kandungan tersebut dapat membuat Ibu merasa kembung dan memicu kontraksi (terutama pada kehamilan trimester ketiga). Glukosa, kolesterol dan alkohol juga dapat berdampak buruk pada kesehatan (dapat memicu terjadinya diabetes atau gangguan kesehatan jantung). Kontrol Selama Masa Kehamilan Namun, para ibu hamil penikmat durian tidak perlu khawatir. Kontrol teratur ke dokter untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit diabetes dan yang lain saat hamil. Kuncinya adalah pembatasan jumlah durian yang dimakan. Batasi konsumsi antara 1 ? 2 biji saja dan tidak boleh terlalu sering. Dengan demikian nikmat di lidah didapat, efek sampingnya [...]

Solusi Nyeri Punggung pada Kehamilan

Solusi Nyeri Punggung pada Kehamilan

Oleh: dr. Sophia B. Hage Nyeri punggung, khususnya nyeri punggung bawah merupakan keluhan yang sering terjadi pada kehamilan. Hal ini disebabkan karena perubahan tubuh selama kehamilan bekerja sedemikian rupa sehingga kemungkinan terjadinya nyeri punggung sangat besar. Perubahan-perubahan tersebut adalah sebagai berikut: Perut yang semakin besar membuat pusat gravitasi tubuh bergeser ke depan. Hal ini kemudian akan menyebabkan lengkung punggung Anda semakin cembung ke depan, sehingga bagian punggung bawah biasanya akan terdorong ke depan. Pada kehamilan dapat terjadi hal yang disebut sebagai diastasis, yaitu kondisi dimana otot abdomen (perut) sisi kiri dan sisi kanan Anda terpisah karena ekspansi uterus (rahim). Hal ini menyebabkan kelemahan otot perut. Semakin lemah otot perut, maka semakin keras otot punggung harus bekerja untuk mempertahankan postur tegak. Seiring dengan usia kehamilan yang meningkat, ukuran perut akan semakin besar. Pada perempuan dengan keluhan nyeri punggung, usia kehamilan yang bertambah hanya akan membuat keluhan nyeri punggung semakin nyata. Oleh sebab itu, hal-hal di bawah ini sangat penting dilakukan. Semakin cepat tips-tips ini dilakukan maka sem [...]

Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting?

Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting?

Kebanyakan orang tua merasa takut bahwa pendidikan seksual pada anak akan membuat anak terjerumus dalam hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, apakah demikian? Kamus Besar Bahasa Indonesia, memberi 2 pemaknaan terhadap kata ?seksual?. Salah satunya adalah ?berkenaan dengan seks (jenis kelamin)?. Bila kita pikirkan lebih jauh, maka intisari dari pendidikan seksual pada anak adalah untuk mengajarkan anak mengenai jenis kelaminnya, mengenal diri sendiri lebih jauh dan bagaimana melindungi dan menjaga diri sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tujuannya sebenanrnya untuk kepentingan anak sendiri. Pernahkan kita memikirkan bahwa dengan memberikan pengetahuan dan bimbingan yang baik dan benar, pendidikan seksual sebenarnya malah dapat melindungi anak dari kerusakan fisik dan mental di masa depan? Hal ini merupakan satu hal yang perlu kita renungkan dan pikirkan matang-matang, terutama terkait dengan makin berkembangnya kengerian akan pelecehan seksual pada anak. Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting? Martin A. Finkel Karena sekitar 40% korban pelecehan seksual anak berada pada usia di bawah 6 tahun dan 20%nya berusia d [...]

Antihistamin, Obat Pereda Reaksi Alergi

Antihistamin, Obat Pereda Reaksi Alergi

Memiliki alergi memang menyebalkan. Kulit bisa secara tiba-tiba menjadi gatal dan memerah, mata membengkak atau bersin-bersin ketika berhadapan dengan alergen (zat pemicu alergi). Namun, Anda bisa berlega hati karena efek tersebut bisa diredakan dengan mengonsumsi obat antihistamin. Antihistamin merupakan jenis obat yang dapat dipakai untuk mengatasi berbagai macam jenis alergi. Misalnya, alergi pada makanan, serbuk sari serta serangga, alergi kulit, alergi mata dan lainnya. Obat ini hanya bisa mengurangi reaksi yang ditimbulkan oleh alergi. Antihistamin tidak dapat membebaskan Anda dari jeratan alergi yang telah mendarah daging di tubuh. Begini Cara Kerja Antihistamin Tubuh kita memiliki zat kimia bernama histamin. Ketika ada zat-zat berbahaya seperti virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh, histamin akan muncul dan bereaksi melawan zat tersebut. Perlawanan histamin melawan zat berbahaya ini bisa membuat tubuh mengalami peradangan atau inflamasi. Namun, jika Anda memiliki alergi, histamin tidak bisa membedakan mana zat berbahaya dan tidak. Hasilnya, ketika ada zat tidak berbahaya seperti makanan, debu, atau serbuk sari, tubuh tetap mengalami peradangan atau reaksi alergi. Bebera [...]

Cara Mengurangi Keringat yang Berlebihan

Cara Mengurangi Keringat yang Berlebihan

Apakah Anda pernah menghindari berjabat tangan dengan orang lain karena tangan Anda berkeringat ? Atau apakah kaki Anda mengeluarkan banyak keringat seingga kaus kaki dan sepatu yang Anda pakai selalu bau?Bila Anda mengalaminya, mungkin saja Anda menderita hyperhidrosis atau kelainan yang menyebabkan produksi keringat berlebih. Namun meskipun tidak menderita penyakit tersebut, keringat berlebih akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan minder karena keringat dapat membuat tubuh Anda basah dan bau. Beberapa tips dibawah ini dapat berguna untuk mengurangi keringat berlebih di tubuh, seperti dirangkum dari Wiki How.1. Gunakan DeodoranPilih deodoran yang berlabel antiperspirant. Karena deodoran tanpa antiperspirant hanya akan menutup bau yang dihasilkan keringat namun tidak mengurangi jumlah keringatnya.Cari yang mengandung formula 'clinical strenght' karena akan lebih efektif mengurangi produksi keringat. Jika kaki Anda yang sering berkeringat, gunakan antiperspirant berbentuk spray dan semprotkan di bagian kaki dan sela-sela jari.2. Gunakan Pakaian yang TepatGunakan baju yang dapat menyerap keringat dengan baik, seperi busana dari bahan katun. Anda juga bisa memilih baju yang long [...]

6 Resolusi untuk Tubuh Lebih Sehat di 2012

6 Resolusi untuk Tubuh Lebih Sehat di 2012

Seringkali kita memiliki rencana untuk rajin berolahraga atau menghindari makanan manis sebagai resolusi sehat tahun depan. Namun sering juga rencana itu gagal karena tak tahan dengan godaan untuk makan es krim setiap selesai makan malam, menyantap makanan cepat saji, atau lebih memilih nonton film di bioskop daripada ikut kelas aerobik.Mewujudkan resolusi sehat di tahun baru memang menjadi tantangan berat bagi sebagian besar orang. Satu-satunya cara agar bisa tercapai, adalah membuat resolusi yang realistis. Jika Anda penggemar berat donat atau croissant, jangan bersumpah untuk tidak memakannya segigit pun. Jujurlah pada diri sendiri, sesuaikan gaya hidup sehat dengan kemampuan Anda. Tidak usah membuat resolusi untuk olahraga tujuh kali dalam seminggu jika kenyataannya Anda terlalu sibuk untuk pergi ke gym.Daripada membuat resolusi yang terlalu muluk, lebih baik buat rencana yang lebih mudah dilakukan. Seperti dikutip dari Times of India, berikut ini lima resolusi sehat yang mudah Anda wujudkan di 2012 nanti.1. Kurangi StresStres kronis bisa menyebabkan hipertensi, melemahkan sistem imun tubuh bahkan mempersingkat harapan hidup. Sebisa mungkin, jauhkan pikiran Anda dari stres. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *