Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Jamur Kuku

kenali-penyebab-dan-cara-mengobati-jamur-kuku-alodokter.jpg

Jika Anda memiliki titik putih atau kuning di ujung kuku jari atau kuku ibu jari, bisa jadi itu adalah jamur kuku atau dalam bahasa medis disebut onikomikosis. Jika infeksi makin menyebar, kuku bisa berubah warna, menebal, dan hancur di bagian ujungnya.

Jamur kuku biasanya menginfeksi bahan keras pembentuk kuku. Infeksi ini sendiri bisa menyebar ke seluruh kuku, termasuk landasan, lempeng, dan akar kuku.

Kenali Penyebab Jamur Kuku

Penyebab gangguan pada kuku ini adalah jamur dermatofit. Selain itu, jamur ragi (candida) kadang-kadang ikut bertanggung jawab atas terjadinya onikomikosis. Saat kondisi kuku hangat dan lembap, jamur dengan senang hati akan menjadikan kuku Anda sebagai habitatnya.

Jamur kuku sering menyerang kuku jari kaki dibandingkan jari tangan. Hal ini karena jari kaki biasa berada dalam kondisi yang membuat jamur mudah tumbuh, seperti gelap, hangat, dan lembap.

Selain itu, jari kaki memiliki aliran darah yang lebih sedikit dibandingkan dengan jari tangan. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh tidak bisa mendeteksi adanya masalah dan tidak bisa menghentikan infeksi yang terjadi di daerah tersebut dengan cepat.

Beberapa tindakan yang memengaruhi mudahnya jamur kuku menyerang jari kaki adalah:

  • Memiliki kerusakan pada kulit atau kuku.
  • Berada di lingkungan yang lembap.
  • Memakai sepatu yang membuat kaki terasa panas dan berkeringat.
  • Rutin memakai kosmetik pada kuku atau kuku palsu.
  • Sering menggigit kuku.
  • Terlalu sering mencuci tangan atau bersentuhan dengan air dalam waktu lama.
  • Memiliki kesehatan yang buruk atau menderita penyakit diabetes atau psoriasis. Psoriasis sendiri adalah suatu penyakit yang ditandai dengan sel-sel kulit tumbuh terlalu cepat sehingga membentuk bercak di permukaan kulit yang tebal dan berwarna kemerahan atau putih.

Bagaimana Cara Mengobatinya?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi jamur kuku.

  • Menggunakan antijamur

Jika tanda-tanda putih sudah nampak di kuku, cucilah kuku dan keringkan. Selanjutnya, oleskan salep antijamur. Seandainya kaki yang diserang, berikan bedak atau spray antijamur dan pastikan kaki selalu bersih dan kering.

  • Memakai balsem

Walaupun tidak ada penelitian yang membuktikan secara medis, namun balsem dipercaya dapat mengatasi masalah jamur kuku, khususnya balsem VapoRub. Tapi sebelum Anda mengoleskan balsem tiap hari dengan menggunakan kapas pada kuku yang terkena, Anda sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter.

  • Memotong dan menipiskan kuku

Memotong dan menipiskan kuku akan membantu obat yang digunakan untuk menyerap lebih dalam. Teknik ini juga mengurangi tekanan kuku sehingga rasa sakitnya berkurang. Anda bisa oleskan krim yang mengandung urea pada kuku yang tebal karena jamur, bungkus dengan perban, lalu biarkan semalam. Saat pagi, bilaslah dengan air dan sabun. Hal ini berguna untuk membuat kuku lebih lunak sehingga mudah dipotong dan ditipiskan.

Jika tindakan di atas masih belum efektif membuat kuku terbebas dari infeksi jamur, maka segera hubungi dokter. Beberapa tindakan yang mungkin dilakukan dokter antara lain:

  • Meresepkan obat antijamur untuk diminum

Untuk mengganti kuku yang terinfeksi oleh jamur dengan kuku yang baru, dokter kemungkinan akan meresepkan obat antijamur. Proses penyembuhan jamur kuku dengan obat jenis ini biasanya memakan waktu sekitar empat bulan. Waktu selama itu dibutuhkan untuk mendapatkan kuku yang bebas jamur dan tumbuh sempurna.

  • Memberi obat berupa cat kuku

Obat lain yang mungkin diresepkan dokter adalah cat kuku yang memiliki sifat antijamur. Cat kuku antijamur ini biasa disebut ciclopirox. Kegunaannya adalah untuk melapisi kuku dan sekitar kuku yang terinfeksi. Pada awal pemakaian, cat kuku akan dibiarkan selama tujuh hari sebelum dibersihkan dengan alkohol. Selanjutnya pemakaian cat kuku antijamur ini harus dilakukan tiap hari selama setahun hingga kuku yang bebas jamur benar-benar didapatkan.

  • Memberi obat berupa krim

Pengobatan lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memakai krim antijamur. Pemakaiannya dilakukan dengan cara digosokkan pada kuku yang terinfeksi. Pastikan kuku direndam dan ditipiskan dahulu sebelum krim diaplikasikan. Penipisan kuku diperlukan agar krim antijamur lebih mudah menembus lapisan kuku sehingga jamur makin mudah disingkirkan.

  • Operasi pencopotan kuku

Pencopotan kuku yang terinfeksi jamur akan direkomendasikan dokter jika sudah menyebabkan sakit yang tidak tertahankan. Dengan dicopotnya kuku yang terinfeksi, kuku yang baru kemudian akan tumbuh di tempat yang sama. Proses penyembuhan dengan metode ini bisa memakan waktu setahun hingga kuku baru tumbuh sempurna.

  • Terapi laser

Salah satu metode modern yang bisa dilakukan, yaitu memakai terapi laser. Sayangnya, meski menjanjikan hasil yang lebih baik, namun efektivitasnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Beruntung, sudah ada studi permulaan yang menyebutkan bahwa penggunaan terapi ini yang dikombinasikan dengan krim antijamur efektif menangani jamur kuku..

Tentu saja semua proses di atas tidak perlu terjadi seandainya Anda memerhatikan kebersihan kuku kaki dan tangan sejak dini. Sebab, jamur kuku sangat erat kaitannya dengan kebersihan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cedera Otak Michael Schumacher

Cedera Otak Michael Schumacher

Tujuh kali juara Formula Satu, Michael Schumacher dikabarkan koma dan dalam kondisi kritis setelah jatuh dan terbentur batu pada bagian kepala, saat bermain ski di Pegunungan Alpen Perancis, Minggu (29/12). Dari berbagai laporan yang diterima, Direktur M�ribel, resor tempat Schumacher bermain ski, Christophe Gernigon-Lecomte mengatakan Schumacher sempat tersadarkan ketika dibawa ke rumah sakit dengan helikopter medis. Selama proses sadar, dilaporkan Schumacher mengalami disorientasi (kebingungan), hingga kemudian mengalami ketidaksadaran kembali hingga koma saat ini. Pihak militer penjaga keamanan setempat, The French Mountain Gendarmerie mengatakan Schumacher mengenakan pelindung kepala (helm) ketika kecelakaan terjadi. Schumacher sempat dirawat di rumah sakit lokal, kemudian dipindahkan ke rumah sakit di kota Grenoble. Belum ada kabar pasti yang dikeluarkan oleh pihak Sabine Kehm, manajer Schumacher. Demikian yang tertulis dalam surat elektronik yang dikirimkan ke Associated Press dari, ?Kami tidak bisa memberikan penjelasan tentang perkembangan kondisinya. Ia mengenakan helm dan tidak sendirian ketika kecelakaan terjadi,? tulis Kehm. Sementara dari indikasi kesa [...]

8 Tips Mencegah Virus MERS

8 Tips Mencegah Virus MERS

Virus MERS baru saja ditemukan dan langsung memakan korban jiwa di Timur Tengah. Faktor pencetus penyebaran MERS hingga memakan korban adalah lambatnya penanganan dan rendahnya pengetahuan cara pencegahan virus MERS. Bagaimana cara pencegahan virus strain baru ini? Tips Mencegah Virus MERS Virus MERS baru saja ditemukan dan langsung memakan korban jiwa di Timur Tengah. Faktor pencetus penyebaran MERS hingga memakan korban adalah lambatnya penanganan dan rendahnya pengetahuan cara pencegahan virus MERS. Bagaimana cara pencegahan virus strain baru ini? Tips Mencegah Virus MERS 1. Cuci Tangan Virus MERS menyebar melalui udara (airborne disease), mirip seperti penyebarannya virus influenza. Droplet (bulir air mikro) virus MERS yang bertebaran di udara dapat dengan mudah hinggap dari benda ke benda. Salah satu pencegahan penyebaran dan infeksi virus MERS adalah dengan mencuci tangan dan menjaga kebersihan tangan. Senantiasalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Sedahsyat apapun cairan pembersih tangan gel, tidak dapat menggantikan hasil kebersihan tangan yang didapat dengan mencuci tangan. [...]

4 Cara Dokter Tetap Segar Selama Puasa

4 Cara Dokter Tetap Segar Selama Puasa

Ramadhan merupakan bulan suci yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia setiap tahunnya. Saat Ramadhan juga berarti saat untuk menahan hawa nafsu, lapar dan dahaga. Puasa di bulan Ramadhan dapat juga meningkatkan risiko dehidrasi karena makanan dan minuman dibatasi sebelum sahur dan sesudah maghrib. Oleh karena itu asupan yang tepat dapat melancarkan puasa Anda: Jangan melewatkan santap sahur Seperti ibarat pepatah, makan pagi merupakan waktu makan yang terpenting sepanjang hari. Terlebih dalam bulan Ramadan, hal ini menjadi sangatlah penting. Jika Anda melewatkan santap sahur, maka tubuh Anda akan mengalami waktu puasa yang lebih panjang dan tubuh Anda hanya akan bergantung dari makanan yang sebelumnya Anda konsumsi sebelum tidur. Hal ini dapat membuat Anda merasa lelah, dehidrasi dan kurang bersemangat sepanjang hari. Selain itu melewatkan waktu sahur dapat membuat Anda makan berlebih saat berbuka dan meningkatkan berat badan. (Baca: Saran Dokter Menu Sahur & Buka Puasa yang Sehat) Jangan makan berlebih saat berbuka Sebagaimana tidak disarankan untuk melewatkan waktu sahur, makan berlebih saat berbuka puasa juga tidak dianjurkan. Saat berbuka puas [...]

Sayuran & Buah yang Bisa Bantu Cegah Kanker Payudara

Sayuran & Buah yang Bisa Bantu Cegah Kanker Payudara

Menurut penelitian, satu dari 10 wanita diperkirakan menderita kanker payudara, yang disebabkan oleh gaya hidup modern. Untuk menghindarinya, mulailah membiasakan diri menjaga kesehatan payudara dengan mengonsumsi makanan sehat.Rajin mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan adalah salah satu cara untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara. Seperti yang dikutip dari health, berikut beberapa sayuran dan buah yang dapat menjaga kesehatan payudara Anda.1. WortelPenelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, Amerika Serikat menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karotin setiap hari dapat mengurangi resiko kanker payudara. Salah satu sayuran yang banyak mengandung karotin, adalah wortel. Penelitiannya sendiri melibatkan 5.707 wanita dengan penyakit kanker payudara dan 6.389 perempuan sehat. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan memakan makanan yang kaya karotin dua kali setiap harinya dapat menurunkan resiko kanker sebesar 17%.2. BrokoliDuxin Sun, seorang profesor ilmu Farmasi dari Universitas Michigan mengatakan, "Senyawa dalam brokoli yang dikenal dengan sulforaphane telah dipelajari sebelumnya untuk efek pada kanker. Studi ini menunjukan bahwa senyawa te [...]

Permainan Aktif Dapat Meningkatkan Aktivitas Fisik Anak

Permainan Aktif Dapat Meningkatkan Aktivitas Fisik Anak

Banyak penelitian yang telah membuktikan tentang beberapa manfaat dari adanya aktivitas fisik yang dilakukan anak-anak. Namun, tentu tidak mudah bagi Anda untuk mengajak anak beraktivitas fisik, sementara berbagai permainan online semakin marak dimainkan oleh anak-anak. Studi terbaru menemukan bahwa dengan menawarkan berbagai permainan aktif dalam waktu luang anak dapat meningkatkan aktivitas fisik anak-anak saat ini, tetapi strategi tersebut perlu disesuaikan menurut jenis kelamin mereka. Penelitian ini melibatkan sebelas grup, masing-masing grup terdiri dari anak-anak berusia 10 sampai 11 tahun dari 4 sekolah dasar di Bristol, UK. Fokus penelitian ini adalah; 1) persepsi ?bermain? bagi anak-anak, 2) berapa banyak dari permainan mereka yang termasuk permainan aktif, 3) konteks dari permainan aktif anak-anak. Peneliti menemukan persepsi anak tentang bentuk permainan seperti apa yang mereka mainkan pada umumnya, dan pengelompokkan perilaku aktif dan pasif secara fisik. Anak-anak yang berusia 10 sampai 11 tahun melaporkan bahwa mereka sering terlibat dalam permainan aktif yang diajarkan oleh generasi mereka sebelumnya, dan yang ternilai bermanfaat secara fisik dan juga sosial. Rowan [...]

Ingin Cepat Kurus? Cobalah Diet Mayo

Ingin Cepat Kurus? Cobalah Diet Mayo

Belakangan ini muncul bermacam-macam jenis diet untuk menurunkan berat badan. Sebelum melakukan diet sebaiknya kita mempelajari dulu tentang diet tersebut, kemudian disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh saat ini. Diet mayo merupakan program penurunan berat badan yang dibuat oleh ahli kesehatan dari Mayo Clinic di Minnesota. Tujuan utama diet ini adalah menjaga berat badan dalam jangka waktu panjang dan membiasakan gaya hidup sehat. Diet mayo terdiridari 2 fase, yaitu: 1. Lose it! Pada fase ini Anda dapat menurunkan berat badan sebanyak 2,7 ? 4,5 kg dalam 2 minggu dengan cara yang sehat dan fokus pada gaya hidup / kebiasaan. Anda harus berusaha menghilangkan 5 kebiasaan buruk dan menambah 5 kebiasaan sehat. Pada fase ini, Anda juga diharuskan melakukan aktivitas fisik atau olahraga minimal 30 menit setiap harinya. 2. Live it! Pada fase ini kita mempelajari cara memilih makanan, menentukan porsi makan, pernecanaan makanan, dan melakukan kebiasaan sehat. Program penurunan berat badan pada fase ini adalah 0,5 ? 1 kg setiap minggu sampai mencapai berat badan yang diharapkan. Pada fase ini Anda juga belajar menetapkan target berat badan dan menerapkan pola makan yang sehat seter [...]

Jalan Kaki, Cara Sehat untuk Bisa Lebih Dekat dengan Pasangan

Jalan Kaki, Cara Sehat untuk Bisa Lebih Dekat dengan Pasangan

Jalan sehat merupakan bentuk aktivitas fisik yang mudah dilakukan siapa pun, dan kapan pun. Rutin berjalan kaki setiap hari, setidaknya selama 30 menit bermanfaat mengurangi risiko sakit jantung, mengontrol tekanan darah tinggi, mencegah osteoporosis hingga memperkuat kaki.Selain kesehatan fisik, jalan kaki juga bermanfaat meningkatkan kesehatan mental. Bahkan bisa membuat hubungan asmara Anda dan pasangan jadi lebih romantis dan berkualitas. Seperti dikutip dari Female First, ini lima manfaat berjalan kaki bagi kelanggengan hubungan percintaan Anda.1. Waktu Berbicara Lebih BanyakJalan kaki bersama seseorang, secara otomatis akan mendorong terjadinya percakapan. Sambil berjalan, Anda dan pasangan bisa membicarakan apa pun. Mulai dari topik ringan hingga serius. Misalnya membicarakan kondisi pekerjaan di kantor, rencana masa depan, atau sekadar mendiskusikan jadwal kencan di akhir pekan. Anda juga bisa mengeluarkan uneg-uneg tentang hubungan yang selama ini dipendam, namun jaga agar percakapan tetap dalam suasana santai.2. Ubah Kebiasaan BurukKebiasaan buruk bisa menular, begitu juga dengan kebiasaan baik. Mulailah melakukan kebiasaan baik dengan lebih sering berjalan kaki dan ji [...]

8 Hal Aneh Tapi Normal yang Terjadi pada Tubuh Saat Tidur

8 Hal Aneh Tapi Normal yang Terjadi pada Tubuh Saat Tidur

Tidur adalah saatnya tubuh beristirahat setelah lelah beraktivitas seharian. Tapi saat tidur, organ-organ dalam tubuh sesungguhnya tidak benar-benar istirahat. Banyak hal-hal yang terjadi di dalam tubuh saat seseorang tidur dan Anda mungkin tidak pernah menyangkanya. Ini delapan hal aneh tapi normal yang dialami tubuh selama terlelap, seperti dikutip dari Woman's Day.1. Suhu Tubuh MenurunSesaat sebelum terlelap, temperatur tubuh akan mulai menurun sebagai sinyal bagi otak untuk melepaskan melatonin. Hormon ini memengaruhi sistem sirkadian (ritme atau siklus tidur) yang memberitahu tubuh untuk bahwa inilah saatnya tidur. Michael Breus, PhD, seorang psikolog klinis dan penulis buku The Sleep Doctor?s Diet Plan: Lose Weight Through Better Sleep menjelaskan, temperatur tubuh paling rendah pada pukul 2.30. Jadi untuk kenyamanan tidur, sebaiknya naikkan suhu ruangan jika Anda menggunakan air conditioner.2. Berat Badan BerkurangSaat tidur, tubuh akan kehilangan cairan karena berkeringat dan menghirup udara lembab di malam hari. Proses ini sebenarnya juga terjadi di siang hari namun karena diimbangi dengan makan dan minum, berat badan tidak berkurang. Itulah sebabnya berat badan cenderu [...]

Pentingnya Banyak Minum Saat Diare

Pentingnya Banyak Minum Saat Diare

Bila Anda sedang mengalami diare, apa yang biasanya Anda ingat untuk dilakukan pertama kali? Apakah Anda langsung mengkonsumsi obat antidiare? Atau bahkan Anda langsung mengkonsumsi antibiotik? (Baca: Antibiotika Saat Hamil, Amankah?) Mengkonsumsi obat antidiare saat Anda diare memang tidak salah. Namun Anda harus mengingat hal yang jauh lebih penting untuk dilakukan, yaitu mencegah jangan sampai terjadi kekurangan cairan atau dehidrasi karena banyaknya cairan yang keluar saaat Anda diare. Saat Anda terserang diare Anda harus banyak minum air. Cairan yang keluar saat Anda buang air besar harus segera digantikan dengan banyak cairan yang masuk. (Baca: Wanita Lebih Rentan Dehidrasi) Pemilihan obat antidiare pun tidak boleh sembarangan. Karena ada beberapa kandungan obat diare yang justru dapat memperparah kondisi usus Anda terutama jika diare yang menyerang Anda disebabkan oleh bakteri. (Baca: 10 Tips Makanan Bebas Bakteri Berbahaya) Pemberian antibiotik juga harus diperhatikan pada pengobatan diare. Tidak semua diare membutuhkan antibiotik. Hanya diare jenis tertentu yang membutuhkan antibiotik, seperti diare yang disertai lendir ataupun disertai darah karena diare yang demikian men [...]

4 Alasan Tidak Melewatkan Sikat Gigi Malam Hari

4 Alasan Tidak Melewatkan Sikat Gigi Malam Hari

Oleh: drg. Arni Maharani Sayangilah diri Anda dengan tidak melewatkan sikat gigi malam hari, karena dengan cara demikian Anda telah melakukan salah satu usaha terbaik dalam menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi. Beberapa ahli menyatakan bahwa menyikat gigi sebelum tidur lebih penting dari pada menyikat gigi pada siang atau pagi hari. Namun bukan berarti sikat gigi pada pagi hari berhak Anda lewatkan, tentu saja setelah sarapan pagi anda juga harus menyikat gigi agar kebersihan mulut dan gigi dapat optimal. Bakteri Perusak Gigi Lebih Aktif di Malam HariFaktanya bakteri perusak gigi yang tidak pernah beristirahat akan semakin aktif dalam keadaan mulut yang kekurangan air liur seperti pada saat tidur malam hari. Jadi ketika Anda melewatkan sikat gigi sebelum tidur maka Anda memberikan kesempatan pada bakteri untuk berkembang dan merusak gigi sehingga gigi menjadi berlubang. Berkumur Tidak CukupKebiasaan yang ada di masyarakat adalah menyikat gigi pada waktu mandi sore, sehingga merasa sudah cukup dan tidak menyikat lagi pada malam hari dan kemudian dikompensasi hanya dengan berkumur. Tentu saja gigi tidak akan bersih hanya dengan berkumur, terutama pada bagian sela-sel [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *