Kenapa Bisa Ada Flek Coklat Sebelum Haid

kenapa-bisa-ada-flek-coklat-sebelum-haid-alodokter.jpg

Pernah melihat ada flek kecoklatan di celana dalam sebelum haid tiba? Jika benar, maka Anda tidak perlu khawatir karena hampir tiap wanita pernah mendapat flek coklat sebelum haid.

Flek coklat atau bercak darah (setetes atau dua tetes darah) ini biasanya berlangsung selama satu atau dua hari.

Pada kebanyakan kasus, flek coklat yang muncul sebelum haid merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya. Namun Anda harus memastikan bahwa darah tersebut keluar dari vagina dan bukan dari saluran urine atau anus. Anda mungkin akan merasa kram atau sedikit nyeri ketika mengalami kondisi ini karena bercak darah tersebut bisa jadi tanda bahwa Anda akan mendapat haid atau sedang memasuki masa premenstrual syndrome (PMS).

Selain terjadi beberapa saat sebelum haid, flek coklat juga bisa muncul pada pertengahan siklus bulanan Anda.
Bagi Anda yang ingin cepat hamil, kehadiran bercak darah dapat Anda manfaatkan untuk berhubungan intim karena ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami ovulasi.

Kehadiran flek coklat sebelum menstruasi juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami beberapa kondisi di bawah ini.

  • Stres dan kelelahan. Kondisi ini bisa menyebabkan otak untuk tidak memulai siklus haid sehingga vagina mungkin akan mengeluarkan flek coklat sebelum haid.
  • Kehamilan. Flek coklat bisa menjadi tanda awal bahwa Anda sedang berbadan dua. Umumnya, flek keluar pada kehamilan usia 7-10 hari. Flek biasanya muncul ketika janin menempelkan dirinya pada dinding rahim untuk pertumbuhan selanjutnya setelah pembuahan terjadi.
  • Perimenopause. Saat usia transisi menuju menopause, biasanya terjadi sekitar usia 40-an, Anda mungkin akan melihat flek coklat sebelum haid. Itu terjadi karena tubuh sedang bertransisi menuju menopause, yaitu kondisi ketika Anda tidak lagi mengalami ovulasi dan menstruasi.
  • Efek samping alat kontrasepsi. Kondisi ini mungkin dapat terjadi pada 2-3 bulan pertama Anda mengonsumsi pil kontrasepsi ini. Selain pil KB, alat kontrasepsi yang bisa memicu flek coklat adalah IUD atau KB spiral.

Anda Harus Tetap Waspada

Jika dilihat secara keseluruhan, flek coklat sebelum haid bukanlah sesuatu yang membahayakan tubuh, namun periksakan diri ke dokter jika bercak terus terjadi, berbeda dari biasanya, disertai gejala lain seperti perih atau gatal dan jika terjadi pendarahan setelah berhubungan intim. Ada kemungkinan flek coklat juga bisa menjadi tanda penyakit misalnya penyakit radang panggul atau sindrom ovarium polikistik.

Meski tidak berbahaya, Anda bisa mengurangi risiko keluarnya flek coklat ini dengan cara berikut:

  • Menjaga berat badan.
  • Menghindari stres.
  • Mengganti alat kontrasepsi atau konsumsi pil KB sesuai anjuran.
  • Rutin melakukan pemeriksaan pap smear.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda mencatat tiap kali mendapat flek coklat sebelum haid. Apakah flek selalu rutin terjadi tiap bulan atau hanya sesekali? Perhatikan gejala lain yang mengiringi kehadiran flek tersebut atau apakah ada perubahan warna dari flek. Pemantauan tersebut dapat membantu dokter mendiagnosis kondisi tubuh Anda.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Memahami Sisi Kesehatan dari Transgender

Memahami Sisi Kesehatan dari Transgender

Transgender tidak disebut sebagai gangguan mental jika tidak sampai menimbulkan depresi hingga ketidakmampuan melakukan kegiatan sehari-hari. Namun risiko kesehatan fisik tetap dapat mengintai. Gender merujuk pada refleksi manusia terhadap dirinya sendiri, yang terbentuk dari konstruksi peran sosial, aktivitas, tingkah laku, dan lingkungan. Transgender adalah orang-orang yang merasa bahwa identitas gender ataupun orientasi seksualnya tidak sesuai dengan jenis kelaminnya saat lahir. Kaum transgender ini dapat diidentifikasi menjadi banyak jenis seperti heteroseksual, homoseksual, biseksual, aseksual, dan sebagainya. Transgender pada umumnya tidak dikategorikan sebagai gangguan mental. Namun ada kalanya kaum transgender lebih berisiko mengidap gangguan mental karena konflik dalam dirinya sendiri tentang identitas gendernya, juga tekanan sosial. Orang transgender dapat mengalami gangguan identitas gender/ gender identity disorder (GID) jika menjadi transgender membuatnya menjadi tertekan, depresi, atau menjadi tidak mampu beraktivitas sehari-hari seperti bekerja dan membangun hubungan dengan orang lain. Meski demikian, gangguan ini umumnya bersifat sementara dan dapat disembuhkan d [...]

Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Jerawat

Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Jerawat

Jerawat adalah penyakit kulit yang terjadi akibat peradangan menahun pada pori-pori dan kelenjar lemak kulit yang ditandai dengan adanya komedo dan benjolan peradangan kulit pada tempat-tempat tertentu. Tempat-tempat yang biasanya sering terdapat jerawat adalah wajah, bahu, dada bagian atas dan punggung bagian atas. Kadang-kadang dapat juga terdapat pada leher, lengan atas dan bokong. Usia, ras, faktor keturunan, makanan dan cuaca/musim dapat secara tidak langsung memicu terjadinya jerawat. Pengaruh Makanan pada JerawatMelalui pengamatan dr. Alan R. Shalita, profesor dermatologi di pusat kedokteran SUNY Downstate, New York, konsumsi makanan rendah karbohidrat dapat mempengaruhi kontrol hormonal pada jerawat sehingga jerawat dapat membaik. Kadar gula dalam darah yang terkontrol dapat memperbaiki kondisi berjerawat. Selain itu, produk susu dan juga makanan berlemak sebaiknya juga dihindari. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan minyak dalam kelenjar sebasea kulit sehingga memicu terjadinya jerawat. Pengaruh makanan terhadap jerawat ini memang masih banyak diperdebatkan dan seringkali ditemukan hasilnya individual, namun, jika setelah dicoba dalam jangka waktu t [...]

Konsumsi 10 Makanan Ini untuk Memperlambat Penuaan

Konsumsi 10 Makanan Ini untuk Memperlambat Penuaan

Semakin bertambahnya umur kita perlu menjaga pola makanan dan nutrisi yang diasup. Jika tidak begitu, berbagai penyakit bisa menyerang. Gloria Tsang, founding editor di website HealthCastle, menyarankan untuk memilah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tetapi mengkombinasi makanan untuk sehari-hari tidaklah mudah. Berikut makanan yang dapat membantu penuaan, seperti diulas eHow. 1. Biji-bijian dan Gandum UtuhBiji-bijian merupakan komponen yang sangat penting dalam mengatur pola makan yang sehat karena dapat mencegah diare. Serat yang terkandung di dalamnya bisa mempengaruhi pembentukan feses. Campurkan biji-bijian bisa dimasukkan ke dalam kandungan kue atau sebagai pengganti nasi. Gandum juga merupakan sumber serat yang bagus untuk memperlancar pencernaan. 2. Kacang-kacanganMakanan yang juga penting untuk dikonsumsi adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung kadar serat yang tinggi, protein, dan potasium . Karena kandungan potasiumnya tinggi, makanan ini cocok untuk mereka yang menderita penyakit darah tinggi. Selain itu kacang-kacangan juga dapat digunakan sebagai pengganti daging bagi para vegetarian karena kandungan proteinnya tinggi.3. KentangSelain kacang, kentang [...]

6 Manfaat Air Kelapa yang Belum Anda Ketahui

6 Manfaat Air Kelapa yang Belum Anda Ketahui

Kelapa adalah salah satu buah yang populer di Indonesia. Dengan iklim tropisnya, mudah sekali menemukan pohon kelapa di hampir seluruh penjuru Indonesia. Bahkan di daerah pedesaan, setiap keluarga setidaknya memiliki pohon kelapa di halaman atau perkebunan mereka. Salah satu yang bisa dirasakan manfaat dari buah kelapa adalah airnya. Air kelapa dikenal memiliki rasa menyegarkan yang bisa menghilangkan dahaga setelah beraktivitas berat atau kepanasan. Tapi apakah Anda tahu kalau air kelapa juga memiliki manfaat lain selain mengusir haus? Berikut 8 manfaat air kelapa yang mungkin belum Anda ketahui: 6 Manfaat Sehat Air Kelapa Sebagai menu diet Kandungan lemak dan kalori dalam air kelapa tergolong rendah, sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir akan kenaikan berat badan ketika mengkonsumsinya. Selain itu, air kelapa dapat menjadi sumber energi cepat karena kandungan karbohidrat sederhana yang dapat dicerna tubuh dengan segera. Mengatasi keluhan pencernaan Jika Anda memiliki keluhan pencernaan seperti mual dan muntah atau diare, minumlah air kelapa. Air kelapa dapat membantu mengurangi gejala karena tidak menyebabkan mual, kembung dan nyaman dikonsums [...]

World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek

World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek

Telah diketahui secara luas di masyarakat bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, bukan hanya pada jantung, paru-paru dan organ lainnya tetapi juga pada rongga mulut. Kerusakan dalam rongga mulut yang paling popupler diketahui oleh masyarakat adalah perubahan pada warna gigi. Tentu saja itu hanya 1 dari sekian banyak dampak buruk merokok, baik rokok putih maupun rokok kretek. Konsumsi rokok di Indonesia meliputi rokok putih dan rokok kretek, dan ternyata penikmat rokok kretek cukup banyak. laporan mengenai penyakit yang ditimbulkan oleh rokok kretek tidak sebanyak laporan kasus pada rokok putih. Namun telah ditemukan laporan kasus perdarahan dan edema pada paru yang diduga karena rokok kretek dan ada yang berakhir dengan kematian, juga laporan kasus kerusakan gigi yang spesifik pada perokok kretek. World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek Telah diketahui secara luas di masyarakat bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, bukan hanya pada jantung, paru-paru dan organ lainnya tetapi juga pada rongga mulut. Kerusakan dalam rongga mulut yang paling popupler diketahui oleh masyarakat adalah perubahan pada warna [...]

Cara Menghindari Keracunan Makanan

Cara Menghindari Keracunan Makanan

Keracunan makanan dapat menimbulkan rasa sakit perut parah, mual, muntah, diare dan bisa disertai dengan demam. Penyebab dari keracunan makanan bisa bermacam-macam. Tapi penyebab paling umum adalah adanya bakteri yang terkandung di dalam makanan akibat makanan tersebut rusak, tidak dimasak dengan benar atau terkontaminasi pestisida. Seperti yang dikutip dari Health, ini dia enam cara menghindari terkena keracunan makanan.1. Belanja dengan BijakMenurut Sarah Klein, staff pengacara untuk Center for Science in the Public Interest (CSPI) --sebuah organisasi advokasi konsumen di Washington, D.C, cara menghindari keracunan makanan dimulai dari saat membelinya. "Pilih makanan dengan sangat hati-hati. Lihat tanggal kadaluawarsa dan apakah perlu disimpan dalam suhu yang tepat," ujar Klein.2. Cuci dengan BenarCuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum memegang produk makanan, termasuk saat akan mencuci buah dan sayur. Jangan lupa juga membersihkan sisa-sisa tanah dan kotoran yang menempel. Gunakan sikat gigi atau sikat yang lembut untuk membersihkan pestisida dari buah dan sayur, serta tetap gunakan air yang mengalir.3. Pisahkan Makanan Mentah & MatangJangan menggunakan talenan [...]

Lupakan Obat Juga Es Krim, Ini Makanan Sehat yang Bisa Hilangkan Stres

Lupakan Obat Juga Es Krim, Ini Makanan Sehat yang Bisa Hilangkan Stres

Saat stres, kesal, marah atau gelisah, wanita cenderung lari ke makanan manis dan enak, yang sayangnya, sebagian besar adalah junk food. Es krim, cokelat, cookies, pop corn dengan butter atau keripik kentang memang seringkali jadi 'pelarian' yang dipercaya bisa menyingkirkan mood negatif.Sayangnya, tidak banyak yang menyadari bahwa makanan tersebut sebenarnya hanya memberi ketenangan dan perasaan senang sementara. Lebih buruknya lagi, kalori, lemak serta gula yang terkandung di dalamnya berpotensi membuat orang kegemukan, kolesterol tinggi bahkan obesitas bila dikonsumsi terus menerus."Beberapa nutrisi bisa meningkatkan mood, tapi makanan berlemak bisa membuat fungsi tubuh menurun karena lemak tinggi sulit dicerna tubuh," ujar Marisa Moore, R.D.N., pakar nurtisi dari Atlanta dan juru bicara Acedemy of Nutrition and Dietetics seperti dikutip dari Shape.Sebelum lari ke junk food yang bisa membahayakan kesehatan, utamakan dulu untuk mencari empat makanan ini untuk menghilangkan stres. Selain khasiatnya yang bisa meningkatkan mood positif juga lebih sehat bagi tubuh.1. AlpukatBuah dengan rasa dan tekstur creamy ini merupakan sumber vitamin B6 dan folic acid. Keduanya telah tebukti b [...]

Mitos-mitos Keliru Seputar Membersihkan Gigi dengan Mouthwash

Mitos-mitos Keliru Seputar Membersihkan Gigi dengan Mouthwash

Membersihkan gigi secara rutin setiap hari penting dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain rajin, cara yang dilakukan saat membersihkannya juga harus benar. Sayangnya banyak mitos seputar kesehatan gigi yang belum terbukti kebenarannya, tapi dipercaya banyak orang. Survei yang dilakukan TePe, brand produk perawatan gigi dan gusi menunjukkan masih banyak orang yang tidak memahami cara menjaga kesehatan mulut yang benar. Ada 20 persen responden yang mengaku hanya menyikat gigi satu kali sehari. Sementara anjuran dari dokter adalah dua kali sehari; pagi dan malam sebelum tidur. Salah satu mitos yang palinh sering keliru adalah cara penggunaan mouthwash atau obat kumur. Banyak orang menganggap fungsi dan kandungan di dalam setiap produk mouthwash sama. Padahal obat kumur mengandung bahan aktif yang berbeda-beda. Sehingga penggunaannya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi gigi. Beberapa produk mouthwash ada yang mengandung bahan yang mungkin tidak cocok untuk semua orang. Orang yang mengalami kekeringan pada mulut, sariawan atau gigi dan mulut sensitif sebaiknya tidak menggunakan mouthwash yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol pada mouthwash akan [...]

Jangan Sepelekan Suara Tiba-tiba Serak

Jangan Sepelekan Suara Tiba-tiba Serak

Pernahkah suara Anda tiba-tiba serak setelah melakukan aktivitas tertentu? Sebenarnya, mengapa suara bisa mengalami serak? Apa penyebabnya? Berikut penjelasannya: Kelelahan bersuara merupakan adaptasi negatif pembentukan suara pada orang-orang yang sering menggunakan suara dalam jangka waktu lama tanpa kelainan patologis pada laring. Kelelahan bersuara biasanya ditandai dengan perubahan kualitas suara, rasa tidak nyaman saat bersuara, dan adanya keterbatasan penggunaan suara. Karenanya, suara yang lelah biasanya akan terdengar serak atau parau. Penyebab utama kelelahan bersuara adalah penggunaan suara yang berlebihan, berbicara di lingkungan yang bising, dan faktor stres. Berbicara dengan suara yang keras dapat meningkatkan frekuensi vibrasi pita suara yang apabila berlangsung terus-menerus dapat mengakibatkan kekakuan pada pita suara. Untuk mengatasi suara yang serak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini: Cara Atasi Suara Serak Untuk mengatasi suara yang serak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini: Menghindari berbicara terlalu keras dalam jangka waktu yang lama. Bila berbicara di ruangan yang besar atau di antara banyak orang lebih baik menggunakan [...]

Penyebab Wanita Merasakan Nyeri di Payudara & Gampang Marah Saat PMS

Penyebab Wanita Merasakan Nyeri di Payudara & Gampang Marah Saat PMS

Premenstrual Syndrome atau PMS jadi hal yang menghantui wanita setiap bulan. Ketika mengalaminya mood cenderung menjadi kacau. Apakah Anda kerap bertanya-tanya, kenapa wanita harus merasakan PMS yang sebenarnya mengganggu ini? Simak jawabannya di sini.Konsultan seks wolipop dr. Vanda Mustika menjelaskan PMS merupakan gejala fisik dan emosional yang berhubungan dengan siklus menstruasi. PMS biasanya dimulai pada pertengahan siklus atau 14 hari setelah hari pertama menstruasi (pada siklus yang normal) dan hilang 1-2 hari setelah menstruasi berikutnya.Apa yang dirasakan wanita saat PMS, bisa dilihat dari gejala fisik dan psikis. Gejala fisik yang dirasakan wanita saat PMS di antaranya kembung, rasa kencang dan nyeri di payudara, sulit buang air besar atau diare, sakit kepala, sensitif terhadap suara dan sinar, serta rasa ingin makan terus. Adapun gejala yang timbul secara psikis atau emosional seperti rasa bingung, sulit berkonsentrasi, mudah lupa, sedih dan putus asa, tegang ataupun cemas, kehilangan ataupun peningkatan libido, mood yang berubah-ubah, perasaan bersalah atau tidak percaya diri dan gangguan tidur (bisa berlebihan atau sulit tidur).Kenapa wanita harus merasakan PMS y [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *