Kenapa Bisa Ada Flek Coklat Sebelum Haid

kenapa-bisa-ada-flek-coklat-sebelum-haid-alodokter.jpg

Pernah melihat ada flek kecoklatan di celana dalam sebelum haid tiba? Jika benar, maka Anda tidak perlu khawatir karena hampir tiap wanita pernah mendapat flek coklat sebelum haid.

Flek coklat atau bercak darah (setetes atau dua tetes darah) ini biasanya berlangsung selama satu atau dua hari.

Pada kebanyakan kasus, flek coklat yang muncul sebelum haid merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya. Namun Anda harus memastikan bahwa darah tersebut keluar dari vagina dan bukan dari saluran urine atau anus. Anda mungkin akan merasa kram atau sedikit nyeri ketika mengalami kondisi ini karena bercak darah tersebut bisa jadi tanda bahwa Anda akan mendapat haid atau sedang memasuki masa premenstrual syndrome (PMS).

Selain terjadi beberapa saat sebelum haid, flek coklat juga bisa muncul pada pertengahan siklus bulanan Anda.
Bagi Anda yang ingin cepat hamil, kehadiran bercak darah dapat Anda manfaatkan untuk berhubungan intim karena ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami ovulasi.

Kehadiran flek coklat sebelum menstruasi juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami beberapa kondisi di bawah ini.

  • Stres dan kelelahan. Kondisi ini bisa menyebabkan otak untuk tidak memulai siklus haid sehingga vagina mungkin akan mengeluarkan flek coklat sebelum haid.
  • Kehamilan. Flek coklat bisa menjadi tanda awal bahwa Anda sedang berbadan dua. Umumnya, flek keluar pada kehamilan usia 7-10 hari. Flek biasanya muncul ketika janin menempelkan dirinya pada dinding rahim untuk pertumbuhan selanjutnya setelah pembuahan terjadi.
  • Perimenopause. Saat usia transisi menuju menopause, biasanya terjadi sekitar usia 40-an, Anda mungkin akan melihat flek coklat sebelum haid. Itu terjadi karena tubuh sedang bertransisi menuju menopause, yaitu kondisi ketika Anda tidak lagi mengalami ovulasi dan menstruasi.
  • Efek samping alat kontrasepsi. Kondisi ini mungkin dapat terjadi pada 2-3 bulan pertama Anda mengonsumsi pil kontrasepsi ini. Selain pil KB, alat kontrasepsi yang bisa memicu flek coklat adalah IUD atau KB spiral.

Anda Harus Tetap Waspada

Jika dilihat secara keseluruhan, flek coklat sebelum haid bukanlah sesuatu yang membahayakan tubuh, namun periksakan diri ke dokter jika bercak terus terjadi, berbeda dari biasanya, disertai gejala lain seperti perih atau gatal dan jika terjadi pendarahan setelah berhubungan intim. Ada kemungkinan flek coklat juga bisa menjadi tanda penyakit misalnya penyakit radang panggul atau sindrom ovarium polikistik.

Meski tidak berbahaya, Anda bisa mengurangi risiko keluarnya flek coklat ini dengan cara berikut:

  • Menjaga berat badan.
  • Menghindari stres.
  • Mengganti alat kontrasepsi atau konsumsi pil KB sesuai anjuran.
  • Rutin melakukan pemeriksaan pap smear.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda mencatat tiap kali mendapat flek coklat sebelum haid. Apakah flek selalu rutin terjadi tiap bulan atau hanya sesekali? Perhatikan gejala lain yang mengiringi kehadiran flek tersebut atau apakah ada perubahan warna dari flek. Pemantauan tersebut dapat membantu dokter mendiagnosis kondisi tubuh Anda.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tips Pilih Sunglasses Agar Terhindar dari Kebutaan Akibar Sinar Matahari

Tips Pilih Sunglasses Agar Terhindar dari Kebutaan Akibar Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan tidak hanya merusak kulit, tapi juga berisiko menyebabkan kebutaan. Seorang jurnalis dan presenter Anderson Cooper bahkan pernah mengalami kebutaan sementara setelah syuting di luar ruangan selama beberapa jam. Penyebabnya, eye sunburn akibat sinar UV yang memantul di air dan mengenai matanya.Dijelaskan David Sendrowski, O.D., ketua dari ocular disease and chronic care service di Southern California College of Optometry, terkena sinar UV lebih dari 30 menit bisa merusak sel di lapisan terluar mata. Risiko bisa lebih tinggi apabila Anda berada di negara dengan iklin panas, di dekat salju atau air dimana sinar matahari bisa datang dari langit maupun permukaan yang memantulkan sinarnya.Gejala yang dialami umumnya sakit dan rasa terbakar pada mata, terasa ada sesuatu yang tersangkut di mata, lebih sensitif terhadap cahaya dan penglihatan kabur. Menurut David, gejala ini umumnya berkembang 24 sampai 36 jam pasca terpapar sinar matahari di luar ruangan. Untuk melindungi agar mata terlindung dari UVA dan UVB, tak ada cara yang lebih efektif selain menggunakan sunglasses. Anda pun harus cermat memilih kacamata yang digunakan. Ini tips memilihnya, s [...]

2 Bahaya Terbaru Menjadi Perokok Pasif

2 Bahaya Terbaru Menjadi Perokok Pasif

Pengetahuan terus berkembang, berbagai penelitian dilakukan untuk mengamati efek buruk dari merokok dan pengaruh asap rokok terhadap orang lain. Tentu Anda sudah akrab dengan bahaya dari menghisap rokok. Asap rokok mengandung berbagai zat racun yang bersifat toksik bagi tubuh dan sudah terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan keganasan. Bahaya rokok tidak hanya terbatas pada perokok aktif, namun juga pada mereka yang menghisap asap rokok. Terdapat dua penelitian terbaru terkait perokok pasif yang perlu kita ketahui, apa saja itu? Berikut penjelasannya: 1. Bahaya asap rokok bagi anak-anak Bertambah lagi satu penelitian tentang bahaya rokok pada anak-anak. Pada anak dari orang tua yang merokok, terjadi peningkatan ketebalan arteri. Peningkatan ketebalan arteri ini tentu meningkatkan risiko anak untuk terkena berbagai penyakit, khususnya penyakit terkait pembuluh darah jantung. Hal ini khususnya terlihat pada anak dengan kedua orangtua yang merokok. (Baca: Ibu Perokok = Jantung Koroner Pada Calon Bayi Hingga Dewasa). Asap rokok dari hasil rokok orang tua akan memaparkan asap yang beracun pada anak-anak. Anak-anak ini memiliki risiko yang lebih ting [...]

Osteoporosis Bisa Dicegah Sejak Dini

Osteoporosis Bisa Dicegah Sejak Dini

Osteoporosis terjadi ketika tulang kehilangan kandungan mineral lebih cepat daripada kemampuan tubuh untuk menggantikan kehilangan tersebut. Akibatnya, tulang kehilangan kepadatan atau massa tulang. Massa tulang yang diperoleh selama usia muda merupakan faktor penentu risiko patah tulang akibat osteoporosis pada kemudian hari. Semakin tinggi massa tulang, maka semakin rendah risiko osteoporosis. Namun, osteoporosis dapat dicegah sejak dini (pada anak-anak) dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut: Memberikan anak makanan bergizi dengan asupan kalsium yang cukup. Menjaga suplai vitamin D yang cukup. Vitamin D dapat diperoleh dari cahaya matahari, makanan, maupun suplemen makanan. Menghindari kekurangan protein dan kurang gizi. Mengajak anak untuk beraktivitas fisik secara teratur. Menjauhkan anak dari rokok dan asap rokok. Sementara itu, pada usia dewasa pencegahan osteoporosis tetap dapat dilakukan dengan, selengkapnya di halaman selanjutnya: Osteoporosis Bisa Dicegah Sejak Dini Sementara itu, pada usia dewasa pencegahan osteoporosis tetap dapat dilakukan dengan: Memastikan diet seimbang, dengan asupan kalsium yang memadai. Menghindari kura [...]

6 Bagian Tubuh yang Wajib Dilindungi Agar Terhindar Kanker Kulit

6 Bagian Tubuh yang Wajib Dilindungi Agar Terhindar Kanker Kulit

Matahari adalah musuh bagi kulit. Bukan hanya menjadikannya terbakar dan berwarna gelap, sinar UV berlebihan dapat memicu kerutan bahkan ?kanker. Solusi paling ampuh untuk menghindari itu semua tentu saja dengan rajin mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen sebelum ke luar ruangan. Ketika mengenakan sunscreen, jangan hanya fokus pada area tangan, wajah, dan bagian depan kaki. Pakaikan juga sunblock di enam bagian tubuh berikut ini:1. ? Kulit KepalaBenar, kulit kepala ternyata perlu dilindungi dari sinar jahat sinar matahari. Dikutip dari situs StyleCaster, meski rambut sudah melindungi kulit kepala, belahan rambut tentu masih terekspos sinar UV. Untuk itu?, aplikasikan sedikit sunscreen di bagian itu. Bila kulit kepala Anda terkena kanker, penyakit itu bisa menyebar ke otak.2. BibirPernahkah Anda merasa bibir jadi kering setelah lama terpapar sinar matahari? Hal itu karena bibir tidak dilindungi oleh tabir surya. Demi menghindarinya, coba gunakan lip balm dengan minimal SPF 30 ?ketika tengah berada di cuaca panas yang ekstrem. 3. TelingaTelinga juga merupakan bagian tubuh yang perlu dipakaikan tabir surya. Pastikan bila Anda tak hanya mengaplikasikannya pada bagian dalam namu [...]

Untuk Manusia, Lebih Baik Susu Sapi  atau Susu Kacang?

Untuk Manusia, Lebih Baik Susu Sapi atau Susu Kacang?

Air susu ibu (ASI) tak diragukan lagi memiliki komponen paling sempurna sebagai makanan utama bagi bayi. Sampai saat ini belum ada makanan atau minuman pengganti lain untuk bayi, yang dapat memberikan gizi sebaik ASI. Fungsi bahan komponen ASI sangat beragam, yakni sebagai anti-infeksi, anti-radang, zat untuk pertumbuhan, dan prebiotik. Selain itu, ASI memiliki kandungan nutrisi yang dinamis, artinya kandungan nutrisinya akan berubah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi bayi seiring pertumbuhannya. Anjuran pemberian ASI eksklusif diberikan selama 6 bulan, artinya bayi tidak mendapat makanan apapun selain ASI sampai dengan usia 6 bulan. Setelah 6 bulan, bayi akan mendapat makanan padat sebagai pendamping ASI. Pemberian ASI kemudian diteruskan sampai anak berusia 2 tahun. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pada usia 2 tahun Si Kecil dapat diberikan susu selain ASI sebagai asupan tambahan.Susu yang berada di pasaran umumnya berasal dari sapi. Selain itu, susu yang bisa dikonsumsi oleh manusia ada yang berasal kambing, domba, kuda, banteng, dan unta. Namun susu dari sumber lain selain sapi tidak banyak diproduksi secara massal sehingga sulit didapatkan di pasaran. Bagaimana d [...]

13 Tahun sudah Mengemudi: Bom Waktu di Jalanan

13 Tahun sudah Mengemudi: Bom Waktu di Jalanan

Oleh: dr. Sophia B. Hage Beberapa hari yang lalu, terjadi sebuah kecelakaan yang melibatkan tiga mobil di KM 8 tol Jagorawi, persisnya tol Cawang arah ke Cibubur. Satu hal yang menjadi perhatian semua orang adalah karena seorang anak berusia 13 tahun bernama Abdul Qodir Jaelani atau sering dipanggil Dul termasuk salah satu korban dalam kecelakaan ini. Bukan hanya itu, anak bungsu musisi Ahmad Dhani ini ternyata mengendarai sebuah mobil yang menjadi awal mula dari terjadinya kecelakaan tersebut. Mobil yang dikendarai Dul disebutkan hilang kendali dan menabrak pembatas tol hingga masuk ke jalur tol yang ada di sebelahnya. Kecelakaan ini mengakibatkan 6 orang meninggal dan 11 orang luka-luka. Peristiwa ini mengingatkan kita akan bahayanya membiarkan seorang anak remaja memegang kemudi tanpa pengawasan orang tuanya. Sudah menjadi peraturan di negara ini bahwa seseorang harus berusia 17 tahun ke atas sebelum dapat memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM). Tetapi apa dasar medis, apabila ada, yang menjadi alasan adanya pembatasan usia tersebut? Apakah ini merupakan permasalahan legalitas saja atau ada dasar ilmu di belakangnya? Dalam beberapa tahun terakhir, peneliti telah mulai menemukan ha [...]

Vitamin Vital untuk Kulit Sehat dan Awet Muda dalam Waktu Lama

Vitamin Vital untuk Kulit Sehat dan Awet Muda dalam Waktu Lama

Menjaga kulit tetap awet muda dalam waktu lama tidak cukup hanya dengan krim, serum atau losion anti-aging. Perawatan dari dalam juga diperlukan agar kulit ternutrisi dengan baik sehingga selalu tampak segar, bercahaya dan awet muda.Selain cukup minum air putih, salah satu perawatan kulit yang dilakukan dari dalam adalah mengonsumsi vitamin. Beberapa jenis vitamin diketahui mampu meningkatkan kesehatan kulit apabila dikonsumsi secara rutin dan dalam dosis cukup. Tidak kurang, tak juga berlebihan. Ini tiga jenis vitamin yang vital untuk menjaga kulit awet muda, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Vitamin A untuk Cegah Penuaan Dini Dosis yang diperlukan adalah 3000 IU/ hari untuk pria dan 2,310 IU/hari untuk wanita. Vitamin A berperan besar menentukan bagaimana penampilan kulit yang akan Anda miliki begitu menginjak usia 30-an. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat setiap hari, vitamin ini menjaga lapisan luar kulit tetap pada elastisitas dan kesegaran yang cukup. Vitamin A juga membantu mempercepat proses penyembuhan bagi tubuh.Memenuhi kecukupan vitamin A bisa dari konsumsi pil atau suplemen, tapi yang terbaik tetap dari sumbernya. Makan makanan tinggi vitamin A setiap hari s [...]

Gejala Kanker Payudara Bukan Hanya Benjolan

Gejala Kanker Payudara Bukan Hanya Benjolan

Penyakit kanker payudara masih menjadi pembunuh utama wanita di Indonesia, berkejar-kejaran dengan kanker mulut rahim (kanker serviks). Maka, kesehatan payudara sudah seharusnya menjadi perhatian khusus bagi semua wanita Indonesia. Apa saja yang perlu diperhatikan? Apakah hanya benjolan? Benjolan merupakan gejala paling sering yang menjadi tanda waspada kanker payudara. Namun, kanker payudara dapat memberikan gejala lain selain benjolan. Beberapa gejala kanker payudara yang harus diperhatikan dan diwaspadai oleh para wanita adalah sebagai berikut: Gejala Kanker Payudara Perubahan warna kulit. Adanya kemerahan pada kulit atau bintik-bintik kemerahan seperti peradangan. Perubahan kulit. Adanya kerutan atau ?lesung pipit? pada daerah sekitar payudara. Perubahan pada puting susu yang dapat berupa puting susu yang masuk ke dalam, menjadi datar tidak seperti biasanya, atau bengkak dan tidak terlihat seperti biasanya. Keluarnya cairan atau darah dari puting susu juga perlu diwaspadai. Nyeri pada payudara. Setiap wanita perlu mengetahui kondisi payudaranya dengan baik dan melakukan pemeriksaan payudara sendiri dengan rutin setiap 1 bulan sekali. [...]

Solusi Puting Lecet Karena Menyusui

Solusi Puting Lecet Karena Menyusui

Puting lecet akibat menyususi sering terjadi pada ibu muda yang baru pertama kali menyusui. Lecetnya puting dapat disebabkan oleh posisi menyusui yang salah dan tidak sempurnanya perlekatan antara mulut bayi dengan puting ibu. Edukasi kepada ibu mengenai cara menyusui yang benar penting sekali untuk mencegah terjadinya hal ini. Lecet yang terdapat pada puting dapat menyebabkan infeksi pada payudara ibu karena masuknya kuman yang terdapat pada mulut dan hidung bayi ke dalam payudara melalui puting yang lecet dan retak tersebut. Bila terjadi infeksi, dapat timbul gejala seperti puting tampak bengkak, kemerahan, terasa nyeri, dan timbul demam. Untuk mencegah infeksi pada puting lecet, ikuti langkah berikut ini: Biasakanlah untuk menjaga kebersihan daerah puting payudara Anda. Biasakan untuk membersihkan puting terlebih dahulu sebelum dan usai menyusui. Jangan menghentikan pemberian ASI pada bayi Anda jika terjadi puting lecet, karena tidak keluarnya ASI dapat memperparah peradangan yang terjadi. Dapat pula diberikan salep untuk membantu proses penyembuhan lecetnya puting tersebut. Salep dapat diberikan saat ibu sedang tidak menyusui. Jika tiba saatnya untuk menyusui jangan lupa u [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *