Kenapa Bisa Ada Flek Coklat Sebelum Haid

kenapa-bisa-ada-flek-coklat-sebelum-haid-alodokter.jpg

Pernah melihat ada flek kecoklatan di celana dalam sebelum haid tiba? Jika benar, maka Anda tidak perlu khawatir karena hampir tiap wanita pernah mendapat flek coklat sebelum haid.

Flek coklat atau bercak darah (setetes atau dua tetes darah) ini biasanya berlangsung selama satu atau dua hari.

Pada kebanyakan kasus, flek coklat yang muncul sebelum haid merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya. Namun Anda harus memastikan bahwa darah tersebut keluar dari vagina dan bukan dari saluran urine atau anus. Anda mungkin akan merasa kram atau sedikit nyeri ketika mengalami kondisi ini karena bercak darah tersebut bisa jadi tanda bahwa Anda akan mendapat haid atau sedang memasuki masa premenstrual syndrome (PMS).

Selain terjadi beberapa saat sebelum haid, flek coklat juga bisa muncul pada pertengahan siklus bulanan Anda.
Bagi Anda yang ingin cepat hamil, kehadiran bercak darah dapat Anda manfaatkan untuk berhubungan intim karena ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami ovulasi.

Kehadiran flek coklat sebelum menstruasi juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami beberapa kondisi di bawah ini.

  • Stres dan kelelahan. Kondisi ini bisa menyebabkan otak untuk tidak memulai siklus haid sehingga vagina mungkin akan mengeluarkan flek coklat sebelum haid.
  • Kehamilan. Flek coklat bisa menjadi tanda awal bahwa Anda sedang berbadan dua. Umumnya, flek keluar pada kehamilan usia 7-10 hari. Flek biasanya muncul ketika janin menempelkan dirinya pada dinding rahim untuk pertumbuhan selanjutnya setelah pembuahan terjadi.
  • Perimenopause. Saat usia transisi menuju menopause, biasanya terjadi sekitar usia 40-an, Anda mungkin akan melihat flek coklat sebelum haid. Itu terjadi karena tubuh sedang bertransisi menuju menopause, yaitu kondisi ketika Anda tidak lagi mengalami ovulasi dan menstruasi.
  • Efek samping alat kontrasepsi. Kondisi ini mungkin dapat terjadi pada 2-3 bulan pertama Anda mengonsumsi pil kontrasepsi ini. Selain pil KB, alat kontrasepsi yang bisa memicu flek coklat adalah IUD atau KB spiral.

Anda Harus Tetap Waspada

Jika dilihat secara keseluruhan, flek coklat sebelum haid bukanlah sesuatu yang membahayakan tubuh, namun periksakan diri ke dokter jika bercak terus terjadi, berbeda dari biasanya, disertai gejala lain seperti perih atau gatal dan jika terjadi pendarahan setelah berhubungan intim. Ada kemungkinan flek coklat juga bisa menjadi tanda penyakit misalnya penyakit radang panggul atau sindrom ovarium polikistik.

Meski tidak berbahaya, Anda bisa mengurangi risiko keluarnya flek coklat ini dengan cara berikut:

  • Menjaga berat badan.
  • Menghindari stres.
  • Mengganti alat kontrasepsi atau konsumsi pil KB sesuai anjuran.
  • Rutin melakukan pemeriksaan pap smear.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda mencatat tiap kali mendapat flek coklat sebelum haid. Apakah flek selalu rutin terjadi tiap bulan atau hanya sesekali? Perhatikan gejala lain yang mengiringi kehadiran flek tersebut atau apakah ada perubahan warna dari flek. Pemantauan tersebut dapat membantu dokter mendiagnosis kondisi tubuh Anda.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tidak Hanya Lezat, Ini Manfaat Sehat Rumput Laut

Tidak Hanya Lezat, Ini Manfaat Sehat Rumput Laut

Bagi penggemar makanan Jepang, tentu Anda mengenal salah satu menunya yang cukup populer, yaitu chuka wakame. Makanan ini disantap sebagai appetizer, terbuat dari jenis rumput laut yang terkenal di Jepang. Bentuknya panjang dengan tekstur kenyal, dan biasanya diberi bumbu khusus dengan rasa gurih asam yang lezat.Secara umum, rumput laut ini dinamakan kelp yang masih termasuk dalam keluarga alga atau ganggang. Tanaman ini tumbuh di perairan dangkal air asin. Selain rasanya lezat, rumput laut khas Jepang ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja?1. Kaya NutrisiKelp mengandung 46 jenis mineral, 11 vitamin dan 16 asam amino. Beberapa nutrisi yang banyak dikandung rumput laut ini di antaranya vitamin A, kalsium, niacin, iodine, zat besi, potassium, fosfor, dan sebagainya. Rumput laut juga kaya akan serat yang baik bagi pencernaan.2. Mengatur Fungsi TiroidKarena mengandung banyak iodin, atau lebih dikenal dengan yodium, rumput laut ini berkhasiat mengatur fungsi kelenjar tiroid. Yodium juga bisa menyeimbangkan produksi hormon tiroid yang bertugas mengatur metabolisme tubuh dan menjaga tingkat energi.3. Membantu Penurunan Berat BadanSalah satu fungsi utama kelenjar tiro [...]

Kebiasaan Tidak Sarapan, Berisiko Naik Berat Badan

Kebiasaan Tidak Sarapan, Berisiko Naik Berat Badan

Sarapan terkadang dianggap hal yang sepele oleh kita. Banyak sekali alasan yang dikemukakan jika diajukan pertanyaaan mengapa Anda tidak sarapan. Ada yang tidak sempat, buru-buru, bangun kesiangan, mual bila makan terlalu pagi, takut sakit perut saat beraktifitas, dan sebagainya. Siapa sangka ternyata sarapan bisa berpengaruh besar terhadap hari-hari kita. Sarapan adalah saat makan terpenting dibandingkan makan siang ataupun makan malam. Sarapan tidak hanya memberi kita tenaga untuk memulai hari kita, tetapi juga memberi manfaat bagi kesehatan, seperti mengontrol berat badan dan meningkatkan performa kita. (Baca: 5 Alasan untuk Sarapan) Sarapan dapat meningkatkan konsentrasi, memberi tenaga untuk aktivitas fisik yang akan kita lakukan hari itu, dan dapat pula menurunkan kadar kolesterol kita. Sarapan terutama sangat bagus untuk anak-anak dan remaja. Bagi Anda para ibu, sudahkah membiasakan anak Anda untuk sarapan pagi? Lalu bagaimana caranya hanya dengan sarapan dapat membantu mengontrol berat badan? Bagaimana Sarapan Dapat Mengontrol Berat Badan? Hal ini dikarenakan, ternyata dengan sarapan pagi, dapat mengurangi rasa lapar sepanjang hari, dan membuat seseor [...]

Hati-hati, Sepatu Anda Bisa Membawa Kuman Penyebab Diare

Hati-hati, Sepatu Anda Bisa Membawa Kuman Penyebab Diare

Tahukah Anda, sepatu atau alas kaki yang dipakai setiap hari, ternyata menyimpan bakteri yang membahayakan kesehatan? Dalam sebuah studi terbaru, para peneliti dari University of Houston menemukan bahwa 40 persen sample yang diambil dari ambang pintu, terkontaminasi bakteri C. difficile. Begitu juga pada 39 persen sol sepatu.C. difficle, atau biasa disebut C. diff merupakan bakteri penyebab diare dan pada beberapa kasus bisa berkembang menjadi peradangan usus besar. Yang menjadi masalah, bakteri ini tidak bisa hilang hanya dengan membersihkan sepatu atau kaki, bahkan beberapa diantaranya resisten terhadap antibiotik.Penelitian yang dipublikasikan dalam The New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa hampir setengah juta orang terinfeksi bakteri C. diff setiap tahunnya. Penyebaran bakteri ini banyak terjadi pada pasien rumah sakit, namun 35 persen kasus terjangkitnya diare akibat C. diff ditemukan di tempat lain.Baca Juga: 50 Inspirasi Baju Lebaran 2015 Bagaimana bakteri C. diff bisa bersarang di sepatu? Seperti dikutip dari Women's Health, M. Jahangir Alam, Ph.D., yang ikut terlibat dalam penelitian menjelaskan, sepatu bisa terkontaminasi kuman dari berbagai tempat. Sering [...]

Johnny Andrean Salon Hadirkan Kelas Premium yang Kedua

Johnny Andrean Salon Hadirkan Kelas Premium yang Kedua

Untuk kedua kalinya, Johnny Andrean Salon meresmikan kelas premiumnya di Grand Indonesia Shopping Town pada Kamis (2/7) lalu. Salon premium pertamanya telah diluncurkan pada bulan Maret lalu di Plaza Senayan. Serangkaian perawatan rambut yang disebut JA Treatment Premium ini dihadirkan untuk mengoptimalkan perawatan rambut yang telah ada, serta dapat mengatasi berbagai jenis masalah rambut. Sebut saja rambut rontok, rambut kering dan rusak, scalp detox, dan lain-lain. Untuk memberikan hasil yang maksimal, Johnny Andrean Salon menggunakan produk-produk dari Shiseido Professional. Dari Kiri ke kanan: Tanti Wijaya, (Johnny Andrean Salon); Ms. Hiramoto Yumiko (Shiseido Expertise Japan); Tina Andrean, (CEO Johnny Andrean Salon); Amadea Pradella, (Brand Manager Johnny Andrean Salon); dr. Nadia Octavia, (narasumber talkshow kesehatan rambut, PeduliSehat.info) ?Perbedaan mencolok antara salon premium dengan salon reguler terletak pada produk. Pada salon premium, kami menggunakan produk Shiseido Professional dari awal sampai akhir. Sedangkan pada salon reguler, kami hanya gunakan produk itu untuk pijat,? ungkap Amadea Pradella, Brand Manager dari Johnny Andrean Salon. Selain produk yang ber [...]

Kurang Sinar Matahari Saat Bekerja Bisa Berakibat Terkena Gangguan Tidur

Kurang Sinar Matahari Saat Bekerja Bisa Berakibat Terkena Gangguan Tidur

Lupakan minum susu, air hangat atau membaca buku sebelum tidur. Rahasia sebenarnya untuk mendapatkan tidur yang nyenyak adalah tempat Anda bekerja.Riset terbaru menunjukkan apabila karyawan yang bekerja di ruangan minim jendela, atau ruangan dengan sinar matahari yang sedikit rata-rata memerlukan waktu 46 menit lebih lama untuk berhasil tidur. Riset yang telah dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine mengungkapkan bahwa lingkungan kerja berperan penting untuk mengatur siklus internal yang ada di dalam tubuh.Peneliti mengatakan bahwa ruang kerja yang didesain lebih nyaman dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental para pekerja. Stres, komputer dan membawa pulang pekerjaan kantor ke rumah seringkali dianggap menjadi penyebab kurangnya kualitas tidur.Akan tetapi, penyebab utama dari kurangnya tidur di malam hari adalah suasana hati yang buruk dan kurang fokus. Kurangnya tidur secara terus menerus dapat meningkatkan kondisi medis yang serius seperti kegemukan, penyakit jantung serta diabetes, bahkan dapat memperpendek harapan hidup.Ruangan dengan sinar matahari yang cukup diketahui sangat penting untuk mengatur ritme tubuh dan siklus internal yang dapat menentukan [...]

Gejala Diabetes Bisa Terlihat di Mulut

Gejala Diabetes Bisa Terlihat di Mulut

Pada beberapa kasus penderita diabetes ditemukan setelah memeriksakan diri ke dokter gigi, karena mengalami gangguan dalam rongga mulut. Beberapa gejala diabetes melitus bermanifestasi dalam rongga mulut, dan yang sering dikeluhkan oleh pasien adalah gigi goyang, rongga mulut terasa kering, bau mulut tidak sedap dan sulit menelan. Manifestasi penyakit ini didalam rongga mulut ditemukan pada penderita diabetes meilitus yang sudah lanjut, karena hampir tidak ada perbedaan antara penderita dengan yang tidak menderita diabetes melitus pada fase awal. Gejala-gejala yang timbul seiring dengan perjalanan penyakit ini dapat terjadi sendiri-sendiri atau bersamaan, gejala tersebut meliputi peningkatan lubang pada gigi, peradangan jaringan pendukung gigi (periodotitis) yang menyebabkan gigi-gigi menjadi goyang, gusi mudah berdarah, produksi air liur berkurang, lichen planus, kandidiasis atau jamur, sensasi rongga mulut seperti terbakar, gangguan dalam penelanan dan gangguan pengecapan. Mukosa yang pucat dan rasa sakit yang menyeluruh pada gigi tanpa adanya rangsangan (odontalgia) yang disertai perubahan warna merupakan gambaran klinis rongga mulut pada penderita diabetes yang tidak terkontr [...]

4 Penyebab Kematian Mendadak Usia Muda

4 Penyebab Kematian Mendadak Usia Muda

Oleh: dr. Jessica Florencia Apakah Anda pernah dikejutkan dengan berita duka kematian seseorang yang begitu tiba-tiba dalam usia muda? Kematian mendadak memang tidak sering ditemui, namun kejadiannya makin sering ditemukan baik pada usia tua maupun pada usia yang semakin muda. Beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan kematian mendadak pada usia muda yang perlu diwaspadai adalah: 1. Henti JantungKematian mendadak karena henti jantung dapat diakibatkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah: Adanya masalah pada pembuluh darah jantung baik penyumbatan maupun pembuluh darah jantung yang tidak normal Otot jantung yang menebal sehingga membuat proses pompa darah jantung menjadi sangat sulit. Adanya masalah irama jantung yang diturunkan secara genetik 2. Pecahnya Pembuluh Darah Pecahnya pembuluh darah terutama dapat disebabkan karena beberapa hal: Pelebaran pembuluh darah dan menipisnya dinding pembuluh darah, dalam dunia medis disebut dengan aneurisma. Kondisi ini dapat terjadi di pembuluh darah besar seperti di pembuluh utama jantung atau di pembuluh darah otak atau ginjal. Tekanan darah yang terlalu tinggi dan tidak terkontrol dapat menyebab [...]

Rajin Ke Dokter Gigi Mengurangi Resiko Jantung

Rajin Ke Dokter Gigi Mengurangi Resiko Jantung

Apakah Anda termasuk rajin membersihkan karang gigi 2 kali setahun ke dokter gigi? Kalau jawaban Anda adalah iya, maka Anda telah menurunkan 24% resiko terkena serangan jantung dan 13 % penurunan resiko terserang stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah ke dokter gigi atau hanya ke dokter gigi sekali per dua tahun. Penemuan data ini dikemukakan oleh para peneliti dari Taiwan yang di presentasikan dalam pertemuan tahunan the American Heart Association, Orlando, Amerika Serikat hari minggu kemarin (13/11) seperti dilansir dalam USA Today. Penelitian ini dilihat dari 100.000 orang tanpa latar belakang gangguan jantung selama rata-rata 7 tahun, dan mereka yang rajin ke dokter gigi untuk melakukakan pembersihan karang gigi atau biasa disebut tooth scaling paling tidak dua kali setahun selama dua tahun, mengalami penurunan resiko serangan jantung sebesar 24% dan stroke sebesar 13%. Hasil dari penelitian ini sejalan dengan hasil penelitian sebelumnya di Sweden yang mengemukakan bahwa jenis penyakit periodontal dan bakteri yang berkembang selanjutnya dalam mulut diperkirakan memberikan resiko dalam serangan jantung, stroke dan gagal jantung. Bahkan Dr. Emily (Zu-Yin) Chen selaku [...]

Cara Unik Agar Mudah Ingat Nomor Telepon Tanpa Lihat Phonebook di Ponsel

Cara Unik Agar Mudah Ingat Nomor Telepon Tanpa Lihat Phonebook di Ponsel

Sering lupa nomor telepon klien/teman atau daftar belanjaan? Ada cara mudah untuk mengingatnya, cukup dengan mengepalkan tangan sekuat mungkin.Para peneliti di Amerika mengemukakan, menggenggam bola karet dengan tangan kanan dan memencetnya kuat-kuat bisa membuat seseorang lebih mudah mengingat sebuah daftar di otak. Begitu ingin mengingatnya kembali, giliran tangan kiri yang harus dikepal.Gerakan mengepal ini diduga bisa mengaktifkan bagian otak yang bertugas menyimpan dan mengingat kembali memori. Peneliti menyarankan, trik ini bisa berguna saat Anda ingin belanja banyak barang di supermarket atau mengingat nomor telepon seseorang namun tidak sempat mencatatnya di kertas juga ponsel.Dalam sebuah studi, responden diberikan bola karet dan diminta untuk memencetnya sekuat mungkin sebelum mencoba mengingat daftar dari 72 kata. Setelah menyimpannya di dalam memori otak, para responden menekan bola lagi beberapa menit kemudian. Mereka kemudian diharuskan menyebutkan kembali kata-kata yang sudah diingat tersebut sebanyak mungkin.Responden dibagi menjadi lima grup. Kelompok responden pertama menggunakan tangan kanan mereka saat mengingat maupun menyebutkan kembali kata-kata yang ada d [...]

Ini Menu Sarapan yang Bisa Buat Umur Anda Lebih Panjang

Ini Menu Sarapan yang Bisa Buat Umur Anda Lebih Panjang

Pentingnya mengawali hari dengan sarapan sudah tak diragukan lagi. Selain mencegah kegemukan juga meningkatkan produkitivitas kerja di siang harinya. Kini manfaat sarapan bertambah satu lagi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sarapan semangkuk kecil bubur setiap pagi adalah kunci untuk panjang umur dan hidup sehat.Studi yang dilakukan terhadap lebih dari 100 ribu orang dalam kurun 14 tahun itu menemukan bahwa bubur yang terbuat dari oatmeal atau gandum utuh bisa mengurangi risiko meninggal akibat sakit jantung. Sarapan 28 gram bubur gandum, diyakini bisa mengurangi risiko kematian dini hingga lima persen setiap mangkuknya.Hasil ini didapatkan setelah para peneliti menganalisa pola makan 74.900 responden wanita dan 43 ribu pria, serta pengaruhnya terhadap kesehatan jangka panjang. Dari analisa diketahui bahwa mengonsumsi makanan yang terbuat dari gandum utuh mengurangi risiko kematian karena sakit jantung.Untuk lebih memastikan hasil studi, para peneliti juga memasukkan faktor-faktor lain seperti usia, kebiasaan merokok dan indeks massa tubuh yang mungkin bisa memengaruhi harapan hidup seseorang. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa responden yang rajin makan gandum utuh cender [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *