Kenapa Bisa Terjadi Gatal pada Kemaluan?

kenapa-bisa-terjadi-gatal-pada-kemaluan-alodokter.jpg

Rasa gatal bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Jika Anda mengalami gatal pada kemaluan atau pada alat kelamin, pasti akan terasa sangat mengganggu.

Sering kali gatal kemaluan disebabkan oleh iritasi yang akan sembuh dengan sendirinya jika penyebab dihilangkan, namun ada juga gatal pada kemaluan, baik gatal vagina atau gatal penis, yang membutuhkan pengobatan lebih lanjut. Lalu apa sebenarnya yang dapat memicu kondisi ini?

Mencari tahu Penyebabnya

Gatal pada kemaluan wanita dan pria secara umum tidak terlalu berbeda, kecuali untuk beberapa penyebab tertentu.

Wanita

Gatal pada kemaluan wanita bisa mejadi ciri-ciri dari terjadinya infeksi jamur, bakteri, atau kondisi lainnya. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab gatal:

  • Krim atau cairan pembilas vagina.
  • Tingkat estrogen yang tidak stabil pada wanita menjelang haid.
  • Pembalut saat haid.
  • Alat kontrasepsi vaginal.
  • Bahan kimia dari sabun atau produk pembersih tubuh lain.
  • Penyakit menular seksual seperti kutil atau infeksi kutu.
  • Kudis.
  • Kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.
  • Deterjen.
  • Kertas toilet.
  • Stres.

Pria

Tidak jarang gatal pada kemaluan pria diikuti oleh gejala-gejal lain, seperti rasa terbakar atau rasa tidak nyaman lainnya. Beberapa penyebab yang biasa ditemui, antara lain:

  • Infeksi jamur seperti kurap.
  • Penyakit menular seksual seperti herpes genital, kutil kelamin, dan klamidia.
  • Kudis.
  • Kutu pada rambut
  • Pakaian dalam yang terlalu ketat.
  • Reaksi alergi.
  • Inflamasi pada kulup misalnya karena kebersihan yang kurang terjaga.

Mengatasi dengan Tepat

Jika mengalami infeksi jamur, maka dibutuhkan obat antijamur. Obat tersebut dapat berbentuk krim, salep, atau ada juga yang dikonsumsi secara oral.

Jika gatal pada kemaluan terjadi karena infeksi bakteri seperti gonore, maka dibutuhkan antibiotik. Anda harus senantiasa berkonsultasi kepada dokter terkait kondisi yang ini.

Beberapa penyebab khas wanita, seperti kondisi pramenopause atau alat kontrasepsi. Bicarakan terlebih dahulu mengenai solusi terbaik dengan dokter Anda. Gatal vagina saat pramenopause dapat diatasi menggunakan krim atau tablet estrogen. Sedangkan jika disebabkan oleh metode kontrasepsi tertentu, pertimbangkan untuk menggantinya dengan pilihan lain. Stres diketahui memiliki dampak buruk terhadap sistem imunitas. Hal itu dapat meningkatkan risiko terkena infeksi jamur, baik pada pria maupun wanita.

Untuk mengatasi rasa gatal pada kemaluan, periksakan diri ke dokter. Dengan pemeriksaan fisik yang lengkap dan tes medis seperti tes urine, bisa diketahui penyebab dasarnya dan dipastikan pengobatan yang sesuai.

Meredakan Rasa Tidak Nyaman

Menjaga kebersihan di area genital tidak kalah penting dengan bagian tubuh lainnya. Saat rasa gatal pada kemaluan sangat mengganggu, Anda dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Hindari menggaruk kemaluan yang gatal. Anda dapat menepuk atau menekan dengan lembut.
  • Jika perlu, gunakan sarung tangan saat tidur guna menghindari menggaruk tanpa sadar.
  • Jika sungguh mengganggu, Anda dapat mengompres dengan air dingin pada area yang gatal.
  • Saat mandi, lebih baik menggunakan air biasa dibandingkan air panas. Sebaiknya jangan mandi lebih dari 20 menit.
  • Gunakan handuk untuk mengeringkan tubuh. Lebih disarankan dengan gerakan menepuk, dibandingkan menggosok pada lokasi yang gatal.
  • Hindari sabun atau shower gel yang mengandung parfum.
  • Cuci pakaian dalam dengan deterjen tanpa tambahan pengharum.
  • Bagi para wanita, setelah buang air kecil, bilas dari arah depan ke belakang untuk menghindari bakteri dari anus terbawa ke alat kelamin.
  • Pilih pakaian dalam yang tidak terlalu ketat dan terbuat dari katun. Ganti minimal tiap 24 jam.
  • Hindari hubungan seks tanpa pengaman, terutama saat Anda atau pasangan terkena infeksi atau penyakit kelamin lainnya.

Hindari ketidaknyamanan akibat gatal pada kemaluan dengan penanganan yang sesuai. Jika gejala berlanjut atau bertambah parah, segera temui dokter untuk menemukan solusi terbaik.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hati-hati, Liburan Terlalu Lama sebabkan Kemunduran Otak

Hati-hati, Liburan Terlalu Lama sebabkan Kemunduran Otak

Liburan memang selalu menyenangkan, selain dapat menyegarkan otak yang terkadang penat, liburan juga menjadi alternatif keluarga sebagai ajang kumpul-kumpul. Namun menurut hasil survey yang dilakukan The Hartford, sebuah perusahaan asuransi di Connecticut, 1 juta kasus kemunduran otak atau ?short-term disability? terjadi akibat adanya liburan panjang. Di Amerika, ?short-term disability? banyak terjadi pada bulan November dan Desember, setelah mereka mengalami liburan panjang yang menyenangkan. Namun pada bulan januari dan Februari yang dingin, penyakit kemunduran otak sesaat itu mulai diikuti oleh beberapa penyakit seperti depresi, sakit pernapasan dan luka-luka. Dua pertiga dari partisipan diketahui mengalami gejala tersebut. Para pakar menduga penyakit kemunduran otak sesaat itu disebabkan karena jarangnya otak diasah selama masa liburan. Sedangkan mereka yang mempunyai masalah pernapasan mengalami ?short-term disability? lebih banyak, terutama mereka yang menderita pneumonia (paru-paru). Glenn Shapiro, wakil direktur dari The Hartford yang juga seorang konsultasi kesehatan mengemukakan analisisnya. ?Ketika udara dingin, tubuh tidak sehat dan ditambah dengan liburan panjang, sese [...]

5 Cara Alami Melawan Migraine

5 Cara Alami Melawan Migraine

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Apakah anda pernah atau sering mengalami nyeri kepala sebelah atau lebih sering dikenal sebagai migraine? Migraine merupakan suatu kealainan neurologis yang ditandai dengan nyeri kepala satu sisi dengan intensitas nyeri sedang hingga berat. Ciri khas dari migraine adalah nyeri kepala satu sisi, yang dapat terasa seperti berdenyut, berlangusng dan antara 2?72 jam. Pada beberapa kasus migraine disertai pula oleh gejala mual, muntah, tidak tahan terhadap cahaya, tidak tahan terhadap suara, dan biasanya nyeri sering dipicu oleh aktivitas fisik. Pasti bila migraine yang sangat berat dan nyeri harus diobati dengan obat, namun ada beberapa cara alami yang anda dapat coba untuk melawan migraine, salah satunya adalah: Konsumsi vitamin - cobalah untuk konsumsi vitamin yang mengandung B2 (riboflavin) dan magnesium ? beberapa data menunjukkan bahwa jenis vitamin ini dapat mengurangi nyeri kepala. Aromaterapi - terbutki dapat mengurangi ketegangan dari otot dan relaksasi dari tubuh Tidur yang cukup - Mayo Clinic menyebutkan bahwa migraine dipicu oleh kurangnya tidur, cobalah untuk tidur cukup setiap harinya Terapi panas - Coba untuk mandi dengan ai [...]

Tisu Basah Berbahaya bagi Kulit Bayi. Benarkah?

Tisu Basah Berbahaya bagi Kulit Bayi. Benarkah?

Kehadiran tisu basah mungkin membantu sebagian orang, khususnya yang memiliki bayi. Tapi, ada kekhawatiran mengenai keamanan tisu basah saat diusapkan pada kulit bayi. Tisu basah dapat dipakai menggantikan air saat membersihkan kulit bayi dari berbagai jenis kotoran seperti debu, keringat, cipratan makanan, air seni, atau tinja. Bisa dibilang, benda ini wajib ada di tas perlengkapan bayi. Sebenarnya tisu basah sama efektifnya dengan air ketika digunakan untuk membersihkan kulit bayi dari kotoran. Untuk bayi yang memiliki kulit normal, mungkin tisu basah tidak menimbulkan reaksi negatif ketika diusapkan pada kulit mereka. Namun, reaksi negatif mungkin saja timbul jika mengaplikasikan tisu basah pada kulit bayi yang sensitif. Hal itu mungkin merupakan reaksi yang ditimbulkan oleh bahan-bahan yang terkandung dalam tisu basah. Dahulu, produsen memasukkan bahan pengawet jenis paraben dan formalin pada tisu basah. Tapi setelah zat tersebut dilarang digunakan, produsen beralih ke jenis pengawet lain yaitu methylisothiazolinone (MI). Sayangnya, zat pengawet ini juga dapat menyebabkan reaksi alergi seperti Ruam parah. Lecet. Gatal-gatal. Pengerasan kulit. Bengkak. Melepuh. Biasanya, are [...]

Cara Mengatasi Rasa Sakit & Pegal Setelah Berolahraga

Cara Mengatasi Rasa Sakit & Pegal Setelah Berolahraga

Setelah berolahraga, seringkali Anda merasakan nyeri dan pegal-pegal pada beberapa otot tubuh. Hal ini normal terjadi, terutama bagi Anda yang sudah lama tak olahraga atau baru pertama kali.Ketika Anda melakukan latihan yang cukup berat, jaringan otot pun meregang. Inilah yang membuat beberapa area tubuh menjadi sakit. Ketimbang mengabaikan rasa sakitnya, sebaiknya cobalah untuk mengobati oto-otot tersebut dengan hari-hati. Seperti yang dikutip dari Live Strong, berikut beberapa cara mengurangi rasa nyeri setelah berolahraga.Langkah 1Makanlah camilan yang mengandung protein sekitar 15 menit setelah latihan. Mengonsumsi protein akan bantu membangun kembali sel-sel dalam otot, yang akhirnya bisa bentu tubuh memperbaiki otot yang sakit lebih cepat. Makan roti dengan selai kacang atau segenggam kacang almond, bisa menjadi pilihan tepat.Langkah 2Istirahatkan otot Anda. Jika nyeri otot terasa ketika Anda baru saja memulai olahraga, sebaiknya segera berhenti. Bisa jadi hal itu disebabkan oleh otot yang tegang dan keseleo. Jika rasa nyeri datang setelah latihan, hindari kegiatan fisik yang berat sampai rasa sakit mereda.Langkah 3Kompres area tubuh yang nyeri dengan menggunakan es selama [...]

Ini Alasan Main Smartphone di Malam Hari Bisa Sebabkan Insomnia

Ini Alasan Main Smartphone di Malam Hari Bisa Sebabkan Insomnia

Kebiasaan memainkan smartphone di malam hari bisa mengganggu jadwal tidur bahkan menjadi pemicu insomnia. Para penggila smartphone, tablet atau gadget elektronik memiliki risiko lebih tinggi terkena gangguan tidur karena sejumlah faktor.Pertama, ketika seseorang terekspos cahaya dari layar gadget maka produksi melatoninnya akan berkurang. Hormon ini bertugas mengatur hormon-hormon lain dan menjaga ritme sirkadian (siklus 24 jam dalam proses fisiologis untuk menentukan pola tidur dan pola makan) dan memberitahu tubuh bahwa inilah saatnya tidur. Ketika stabilitas hormon melatonin terganggu maka akan lebih sulit bagi seseorang untuk tertidur dengan nyenyak. Anne-Marie Chang, asisten profesor kesehatan perilaku tidur (bio-behavioural) di Penn State menyatakan bahwa sebagian besar perangkat elektronik memancarkan cahaya yang dinamakan 'short wavelength enriched'. Konsentrasi cahayanya lebih tinggi dari cahaya biru dan berbeda dari cahaya lampu ruangan atau lampu tidur biasa.Cahaya itulah yang sangat memengaruhi pola tidur dan ritme sirkadian pada manusia. Dalam sebuah penelitian kecil, Chang mengobservasi 12 orang dewasa selama dua minggu dan membandingkan kebiasaan mereka di malam h [...]

Tips Agar Tetap Sehat Bagi Para Pekerja Lembur

Tips Agar Tetap Sehat Bagi Para Pekerja Lembur

Orang yang sering lembur dan bekerja dengan jam shift malam sering alami kesehatan yang buruk, karena harus tetap terjaga sepanjang malam. Tapi ada beberapa tips agar tetap sehat walau sering kerja di malam hari.Orang yang kerja shift malam atau bekerja hingga larut malam sering menderita insomnia. Bekerja di malam hari tentu saja membuat tubuh stres, karena secara biologis tubuh dirancang untuk menjadi aktif pada siang hari dan istirahat di malam hari. Cara tubuh berfungsi dan jenis hormon yang diproduksi bervariasi tergantung apakah orang tidur atau terjaga. Jika jadwal tidur Anda keluar jalur, maka dapat mengganggu siklus tidur-bangun (ritme sirkadian) yang normal dan tubuh menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya, yang akhirnya akan mengarah pada insomnia dan masalah kesehatan lainnya. Dilansir dari detikhealth, berikut beberapa cara untuk mengurangi dampak kesehatan akibat siklus tubuh yang terganggu:1. Pola makan selama kerja malamPastikan Anda makan malam yang hangat sebelum pergi bekerja. Ini akan menjamin proses pencernaan tetap sehat untuk memberi energi di malam hari. Serta kurangi konsumsi minuman seperti kopi, teh atau minuman berkafein lainnya. Kafein dapat ber [...]

Ini Makanan Terbaik untuk Redakan Sakit Perut

Ini Makanan Terbaik untuk Redakan Sakit Perut

Apakah sakit perut, mual dan gangguan perut lainnya sering mengganggu aktivitas Anda? Sakit perut karena makanan yang tidak higienis atau akibat perjalanan jauh memang sangat membuat tidak nyaman. Mungkin dokter hanya menyarankan untuk minum obat dan meminta Anda menunggu sampai mual hilang. Tapi ternyata ada cara mudah untuk meredakan sakit perut atau mual, yaitu dengan makanan. Seperti yang dilansir Health Me Up, ada sembilan makanan yang dapat mengatasi masalah ringan pada perut.1. PisangPisang sudah terkenal sebagai buah yang bisa mengatasi sakit perut. ?Pisang mengandung potassium yang Anda butuhkan jika mengalami kekurangan cairan karena muntah atau diare,? ujar Robynne Chutkan, M.D., seorang asisten profesor Gastroenterology di Georgetown University Hospital, Washington, DC. Pisang juga mengandung gula yang bisa menambah energi.2. Nasi atau Makanan BerkarbohidratNasi putih, kentang dan gandum bisa meredakan rasa mual. Makanan berkarbohidrat dapat melancarkan pencernaan dan memiliki efek penenang sakit perut. ?Makanan yang mengandung karbohidrat tidak terpendam dalam jangka waktu yang lama di dalam tubuh dan tidak menyebabkan asam refluks (pengaliran kembali isi lambung ke [...]

Yuk Lari! Riset Membuktikan Olahraga Lari Bisa Cegah Penyakit Jantung

Yuk Lari! Riset Membuktikan Olahraga Lari Bisa Cegah Penyakit Jantung

Lari atau jogging kini menjadi olahraga yang tren di kalangan anak muda. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya, berlari dapat dilakukan secara rutin dengan waktu yang fleksibel dan kalori yang dikeluarkan pun lebih maksimal. Tak hanya membakar kalori, lari pun memiliki manfaat kesehatan.Menurut penelitian yang telah dipublikasikan dalam Jurnal Ilmu Kardiologi di Amerika Serikat, berlari dengan kecepatan yang konstan atau tidak berubah dalam waktu beberapa menit dapat mencegah risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung. Penelitian yang dalam waktu 15 tahun ini dilakukan kepada lebih dari 55.000 orang dewasa berusia antara 18 sampai 100 tahun. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kesehatan mereka secara keseluruhan, meliputi apakah mereka berolahraga dan berapa lama mereka hidup.Peneliti menemukan bahwa orang-orang yang rutin olahraga lari memiliki risiko kematian sebesar 45% lebih rendah akibat penyakit kardiovaskular dibanding orang-orang yang jarang berlari. Faktanya para pelari rata-rata bisa bertahan hidup tiga tahun lebih lama daripada mereka yang tidak berlari. Riset ini juga melihat usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, merokok dan kebias [...]

4 Tahap Kehidupan Tulang

4 Tahap Kehidupan Tulang

Oleh: dr. Sophia B. Hage Selama fase kehidupan, kita melewati beberapa fase, dari anak-anak, remaja, hingga dewasa dan usia lanjut. Seiring dengan perkembangan fase kehidupan terdapat perubahan-perubahan yang terjadi pada kita, baik dari aspek fisik maupun emosional. Nah, tulang kita pun mengalami hal yang serupa. Seiring dengan bertambahnya usia, tulang pun akan berubah. Apa saja perubahan yang terjadi tersebut? 1. Kehamilan/ dalam kandungan Selama dalam kandungan dan tahun pertama kehidupan kita, tulang-tulang dalam tubuh kita membutuhkan kalsium dalam jumlah banyak untuk bertumbuh. Ini disediakan oleh ibu melalui sirkulasi pembuluh darah ketika dalam kandungan dan melalui ASI sesudah lahir. Oleh sebab itu, penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi kalsium yang cukup lewat asupan sehari-hari. Apa yang terjadi apabila ibu hamil tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup? Tubuhnya akan menarik kalsium dari tulang ibu sendiri untuk memastikan asupan kalsium bagi bayi yang dikandungnya tetap terjaga. Hal ini tentunya dapat menjadi risiko osteoporosis bagi ibu. Untungnya, ibu pun dilindungi dari osteoporosis ketika kehamilan. Hal ini melalui: - Penyerapan kalsium melalui makanan [...]

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Manfaat wortel bagi kesehatan? tentu orang langsung menjawab bahwa wortel bagus untuk mata. Tapi sebenarnya selain itu, wortel yang tinggi beta-karoten dapat membantu dalam pembentukan kulit. Tanaman sayur yang mempunyai nama latin dacus carota ini memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Wortel juga membantu mencegah dan mengobati jerawat ketika diserutkan dan ditempelkan di kulit muka. Wortel juga baik untuk meningkatkan penglihatan dan baik untuk wanita hamil. Jus wortel juga baik untuk kencing manis serta bertindak sebagai racun yang hebat. Manfaat wortel yang jelas untuk kesehatan tubuh, adalah; Jerawat dan Bekas Jerawat Minum jus wortel setiap hari dapat mencegah jerawat. Beta karoten membantu dalam penyembuhan jaringan yang terluka dan membantu masa pertumbuhan sel-sel baru pada kulit. Wortel juga membantu keluarnya racun dari tubuh dan membersihkan hati. Wortel juga memuliki banyak anti-oksidan di dalamnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mata Tingginya beta-karoten dalam wortel membantu melindungi mata dan meningkatkan kejernihan mata. Karoten juga sangat baik untuk kesehatan mata dan menjaganya. Kandungan karoten di dalam wortel membantu menc [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *