Kenapa Bisa Terjadi Gatal pada Kemaluan?

kenapa-bisa-terjadi-gatal-pada-kemaluan-alodokter.jpg

Rasa gatal bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Jika Anda mengalami gatal pada kemaluan atau pada alat kelamin, pasti akan terasa sangat mengganggu.

Sering kali gatal kemaluan disebabkan oleh iritasi yang akan sembuh dengan sendirinya jika penyebab dihilangkan, namun ada juga gatal pada kemaluan, baik gatal vagina atau gatal penis, yang membutuhkan pengobatan lebih lanjut. Lalu apa sebenarnya yang dapat memicu kondisi ini?

Mencari tahu Penyebabnya

Gatal pada kemaluan wanita dan pria secara umum tidak terlalu berbeda, kecuali untuk beberapa penyebab tertentu.

Wanita

Gatal pada kemaluan wanita bisa mejadi ciri-ciri dari terjadinya infeksi jamur, bakteri, atau kondisi lainnya. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab gatal:

  • Krim atau cairan pembilas vagina.
  • Tingkat estrogen yang tidak stabil pada wanita menjelang haid.
  • Pembalut saat haid.
  • Alat kontrasepsi vaginal.
  • Bahan kimia dari sabun atau produk pembersih tubuh lain.
  • Penyakit menular seksual seperti kutil atau infeksi kutu.
  • Kudis.
  • Kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.
  • Deterjen.
  • Kertas toilet.
  • Stres.

Pria

Tidak jarang gatal pada kemaluan pria diikuti oleh gejala-gejal lain, seperti rasa terbakar atau rasa tidak nyaman lainnya. Beberapa penyebab yang biasa ditemui, antara lain:

  • Infeksi jamur seperti kurap.
  • Penyakit menular seksual seperti herpes genital, kutil kelamin, dan klamidia.
  • Kudis.
  • Kutu pada rambut
  • Pakaian dalam yang terlalu ketat.
  • Reaksi alergi.
  • Inflamasi pada kulup misalnya karena kebersihan yang kurang terjaga.

Mengatasi dengan Tepat

Jika mengalami infeksi jamur, maka dibutuhkan obat antijamur. Obat tersebut dapat berbentuk krim, salep, atau ada juga yang dikonsumsi secara oral.

Jika gatal pada kemaluan terjadi karena infeksi bakteri seperti gonore, maka dibutuhkan antibiotik. Anda harus senantiasa berkonsultasi kepada dokter terkait kondisi yang ini.

Beberapa penyebab khas wanita, seperti kondisi pramenopause atau alat kontrasepsi. Bicarakan terlebih dahulu mengenai solusi terbaik dengan dokter Anda. Gatal vagina saat pramenopause dapat diatasi menggunakan krim atau tablet estrogen. Sedangkan jika disebabkan oleh metode kontrasepsi tertentu, pertimbangkan untuk menggantinya dengan pilihan lain. Stres diketahui memiliki dampak buruk terhadap sistem imunitas. Hal itu dapat meningkatkan risiko terkena infeksi jamur, baik pada pria maupun wanita.

Untuk mengatasi rasa gatal pada kemaluan, periksakan diri ke dokter. Dengan pemeriksaan fisik yang lengkap dan tes medis seperti tes urine, bisa diketahui penyebab dasarnya dan dipastikan pengobatan yang sesuai.

Meredakan Rasa Tidak Nyaman

Menjaga kebersihan di area genital tidak kalah penting dengan bagian tubuh lainnya. Saat rasa gatal pada kemaluan sangat mengganggu, Anda dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Hindari menggaruk kemaluan yang gatal. Anda dapat menepuk atau menekan dengan lembut.
  • Jika perlu, gunakan sarung tangan saat tidur guna menghindari menggaruk tanpa sadar.
  • Jika sungguh mengganggu, Anda dapat mengompres dengan air dingin pada area yang gatal.
  • Saat mandi, lebih baik menggunakan air biasa dibandingkan air panas. Sebaiknya jangan mandi lebih dari 20 menit.
  • Gunakan handuk untuk mengeringkan tubuh. Lebih disarankan dengan gerakan menepuk, dibandingkan menggosok pada lokasi yang gatal.
  • Hindari sabun atau shower gel yang mengandung parfum.
  • Cuci pakaian dalam dengan deterjen tanpa tambahan pengharum.
  • Bagi para wanita, setelah buang air kecil, bilas dari arah depan ke belakang untuk menghindari bakteri dari anus terbawa ke alat kelamin.
  • Pilih pakaian dalam yang tidak terlalu ketat dan terbuat dari katun. Ganti minimal tiap 24 jam.
  • Hindari hubungan seks tanpa pengaman, terutama saat Anda atau pasangan terkena infeksi atau penyakit kelamin lainnya.

Hindari ketidaknyamanan akibat gatal pada kemaluan dengan penanganan yang sesuai. Jika gejala berlanjut atau bertambah parah, segera temui dokter untuk menemukan solusi terbaik.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Penyebab Anemia

6 Penyebab Anemia

Anemia adalah suatu keadaan dimana terjadi keadaan kurangnya darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Komponen darah ini tidak memiliki kadar hemoglobin yang cukup. Bila Anda merasa lelah bahkan setelah tidur yang cukup dan merasa kekurangan tenaga setelah aktivitas normal maka kemungkinan besar Anda menderita anemia. Anemia pun dapat menjadi dasar dari gangguan ingatan atau gangguan perasaan Anda. Beberapa gejala anemia lainnya adalah kelemahan, pusing, kulit yang pucat dan nyeri kepala. Beberapa penyebab dari anemia adalah: Rendahnya konsumsi besiDiet makanan yang rendah besi dapat menimbulkan anemia. Besi yang didapatkan dari sayuran tidak diserap sebaik kandungan besi yang ada dalam daging. Beberapa penyakit seperti celiac dan crohn?s dapat mempengaruhi penyerapan zat besi. Kekurangan vitaminTubuh memerlukan vitamin B12 dan asam folat untuk membuat sel darah merah. Diet makanan yang rendah akan kandungan vitamin ini dapat menyebabkan anemia. Beberapa penyakit autoimmune juga dapat menyebabkan kelainan dalam penyerapan vitamin ini. Beberapa kandungan makanan seperti sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, roti, dan pasta mengandung asam folat. Pe [...]

Jangan Terlalu Lama, Ini Idealnya Pakai High Heels Agar Tidak Radang Sendi

Jangan Terlalu Lama, Ini Idealnya Pakai High Heels Agar Tidak Radang Sendi

Penelitian menunjukkan bahwa memakai high heels terlalu sering bisa meningkatkan risiko terkena radang sendi, atau osteoarthritis. Semakin tinggi hak sepatu, maka efek negatifnya akan semakin dirasakan hingga tumit dan telapak kaki yang tidak proporsional.Ahli penyakit kaki L. Kelsey Armstrong menjelaskan, high heels tidak baik dikenakan secara terus menerus dan dalam jangka panjang karena konstruksinya membuat kaki tidak berada dalam posisi berdiri yang normal. Tekanan yang terjadi pada ujung kaki juga bisa memicu terjadinya kapalan, tulang retak, kelainan bentuk pada jari-jari kaki, radang pada ibu jari kaki hingga neuroma atau kanker pada jaringan syaraf.Untuk mengurangi risiko terjadinya gangguan tulang dan fungsi kaki, satu-satunya cara adalah membatasi seminimal mungkin penggunaan high heels dalam aktivitas keseharian Anda. Durasi 'aman' memakai high heels pun berbeda-beda, tergantung dari tinggi/rendahnya hak sepatu."Batas aman durasi memakai high heels tergantung dari tipe sepatu dan aktivitas yang Anda lakukan saat mengenakannya," ujar L. Kelsey, seperti dikutip dari Women's Health USA.Lalu, berapa jam rata-rata amannya seseorang memakai high heels? Ini uraiannya:1. Sep [...]

Kapan Waktu Paling Baik Untuk Berolahraga?

Kapan Waktu Paling Baik Untuk Berolahraga?

Olahraga sangat baik untuk kesehatan. Namun sering menjadi bahan perdebatan mengenai kapan waktu yang terbaik untuk berolahraga. Pagi, siang, atau malam hari? Profesor kedokteran olahraga, Russel Pate dari University of South Carolina mengatakan ?waktu terbaik untuk berolahraga adalah waktu dimana Anda dapat secara konsisten melakukannya.? Hal ini karena manfaat aktivitas fisik atau olahraga tergantung pada konsistensi. Olahraga bukan hanya mengenai waktu, tapi juga mengenai jenis, lama, dan tempat olahraga, juga dengan siapa kita berolahraga. Keempat hal tersebut dapat mempengaruhi konsistensi kita dalam berolahraga. Apakah ada perbedaan olahraga pada pagi, siang, atau sore? Berikut penjelasannya: Apakah ada perbedaan olahraga pada pagi, siang, atau sore? Ada,tapi perbedaannya tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan efek olahraga yang dilakukan secara konsisten. Jika Anda bukan orang yang bisa bangun pada pagi hari, maka tidak perlu olahraga pada pagi hari. Carilah waktu dimana Anda bisa secara konsisten berolahraga minimal 3x/minggu selama minimal 30 menit pada setiap sesinya. Misalnya sore hari saat pulang kerja atau sekolah. Olahraga pada malam hari ku [...]

Cara Sophie Navita Agar Tidak Selingkuh dari Gaya Hidup Sehat

Cara Sophie Navita Agar Tidak Selingkuh dari Gaya Hidup Sehat

Sosok wanita inspiratif, Sophie Navita, tak hanya dikenal di dunia entertainment tapi juga sebagai penggagas gaya hidup sehat di Indonesia. Sudah sejak beberapa tahun lalu, Sophie berusaha mengampanyekan gaya hidup sehat agar masyarakat mulai sadar akan kesehatan masing-masing.Kini di Indonesia, gaya hidup sehat menjadi tren dan banyak yang menjadikannya sebagai kebutuhan primer, yang tak hanya mempengaruhi penampilan tapi juga kebugaran tubuh. Oleh karena itu, presenter 39 tahun ini tetap setia dengan gaya hidup sehat yang sudah dijalaninya sejak kurang lebih tujuh tahun lalu itu.Istri musisi Pongky Barata ini pun mengatakan bahwa ia tidak pernah cheating makanan atau selingkuh dengan makanan. Sebenarnya Sophie sendiri kurang setuju dengan istilah cheating tersebut. Menurutnya cheating itu sama saja berbohong, seperti selingkuh dengan orang lain yang berarti kita berbohong dengan pasangan.Lalu bagaimana dengan cheating makanan? Ketika cheating makanan itu tandanya ia mengkhianati dirinya dengan berbohong. Maka dari itu ia sebisa mungkin tidak pernah bohong dengan diri sendiri. Ketika sedang ingin mengonsumsi makanan tinggi minyak misalnya atau yang memiliki banyak kalori maka S [...]

6 Info Mudik Sehat Tanpa Nyeri Punggung

6 Info Mudik Sehat Tanpa Nyeri Punggung

Oleh: dr. Jessica Florencia Pada saat bermudik, duduk terlalu lama di dalam kendaraan dapat menyebabkan nyeri punggung. Hal ini tentu menyebabkan rasa tidak nyaman. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan beberapa latihan fisik yang dapat dilakukan saat duduk untuk mengurangi risiko terjadi nyeri punggung. No. Gerakan Cara Melakukan Gambar 1. Gerakan Postur Dasar Duduk di bagian depan kursi, tarik perut ke dalam dan regangkan pinggang 2. Gerakan Peregangan Perut dan Pinggang Regangkan punggung secara maksimal, lalu bungkukkan badan untuk melepaskan ketegangan 3. Gerakan Melihat Pusar Bungkukkan punggung sebanyak mungkin, lalu tarik perlahan perut ke dalam dan lihat ke arah pusar. Ulangi kegiatan ini. 4. Gerakan Menunduk Lipat siku dan lebarkan tungkai. Menggunakan berat kepala, turunkan kepala seperti gerakan membungkuk sambil membuang napas 5. Gerakan Peregangan Punggung Regangkan punggung perlahan, seperti anjing meluruskan punggungnya. Pada saat yang bersamaan, tarik napas panjang dan naikkan dinding [...]

Tidak Selalu karena Ngantuk dan Lelah, Ini Penyebab Lain Orang Suka Menguap

Tidak Selalu karena Ngantuk dan Lelah, Ini Penyebab Lain Orang Suka Menguap

Menguap pasti berarti Anda mengantuk? Belum tentu. Menguap tidak selalu mengindikasikan kalau Anda kurang tidur, bosan, lelah atau sesuatu yang menular (seseorang yang melihat orang lain menguap cenderung akan menguap juga setelahnya).Studi terbaru menemukan bahwa penyebab sebenarnya orang menguap adalah karena otak yang terlalu panas. Benarkah?Sekelompok peneliti dari University of Vienna, Austria mengetes partisipan yang berasal dai Austria dan Arizona untuk memeriksa aktivitas mereka setiap harinya. Mereka menemukan bahwa satu-satunya prediksi yang signifikan mengenai penyebab orang menguap adalah temperatur.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa para responden cenderung lebih sering menguap ketika berada di ruangan yang temperaturnya tinggi atau panas, atau saat mereka merasa kegerahan. Sedangkan faktor-faktor lainnya seperti seks, musim, usia, kelembaban, durasi yang dihabiskan di luar ruangan dan jumlah waktu tidur di malam sebelumnya tidak memiliki efek yang signifikan terhadap kebiasaan menguap ini.Seperti dikutip dari CNN, para peneliti menyimpulkan bahwa menguap merupakan hasil dari aktivitas otak yang bereaksi ketika suhu pada tubuh memanas. Temperatur yang naik akan [...]

Mitos dan Fakta Tentang Efek Kafein Terhadap Kesehatan Tubuh

Mitos dan Fakta Tentang Efek Kafein Terhadap Kesehatan Tubuh

Benarkah kafein bisa membantu untuk lebih fokus bekerja? Menghilangkan selulit dan mengencangkan kulit? Banyak informasi seputar khasiat kafein serta efeknya terhadap tubuh. Namun tak semuanya benar atau telah terbukti secara ilmiah. Ini beberapa mitos dan fakta populer soal kafein, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Kafein Buat Pikiran Lebih FokusSejumlah studi menunjukkan bahwa orang yang tidak minum kopi secara rutin, bisa menjadi lebih waspada dan fokus saat mengerjakan tugas yang sifatnya kognitif (membutuhkan nalar) dan motorik, apabila diberikan kafein dalam dosis yang cukup. Konsumsi kafein bagus untuk meningkatkan performa saat mengerjakan tugas yang membosankan, misalnya mengetik. Namun efeknya tidak terlalu terasa pada orang yang minum kopi setiap hari.2. Memaksimalkan OlahragaBisa ya, bisa tidak. Tergantung jenis olahraga yang dilakukan. Kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan ketahanan stamina pada pelari. Kopi juga memicu metabolisme tubuh untuk membakar lebih banyak lemak. Tapi konsumsi kafein kurang efektif untuk latihan angkat beban, efeknya kurang signifikan dalam pembakaran lemak.3. Membantu Meringankan Sakit KepalaKonsumsi kafein dalam jumla [...]

Berolahraga Setelah Melahirkan

Berolahraga Setelah Melahirkan

Oleh: dr. Nadia Octavia Olahraga mungkin merupakan hal terakhir yang ada di pikiran Anda setelah melahirkan. Namun berolahraga pasca melahirkan merupakan salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri. Ikuti tips-tips berikut: Keuntungan berolahraga setelah proses melahirkan Menurunkan berat badan Meningkatkan fungsi kardiovaskular Meningkatkan kekuatan dan membentuk otot Meningkatkan mood Anda Menghilangkan stres Membantu dan mencegah depresi pasca melahirkan Olahraga dan menyusui Olahraga tidak akan menurunkan volume atau komposisi ASI. Namun beberapa studi menunjukkan bahwa asam laktat yang terbentuk akibat aktivitas fisik yang berat dapat menyebabkan rasa asam pada ASI yang kurang disukai bayi. Oleh karena sebagai alternatif, Anda dapat memberikan ASI atau memompa ASI sebelum berolahraga. Waktu yang tepat memulai berolahraga Dahulu, kalangan medis menganjurkan wanita untuk menunggu setidaknya 6 minggu setelah proses melahirkan untuk berolahraga. Namun, jika proses melahirkan Anda normal dan tidak ada komplikasi, Anda dapat memulai berolahraga secepatnya Anda siap. Jika Anda menjalani operasi caesar atau memiliki riwayat melahirkan dengan kompli [...]

Memahami Karakteristik Golongan Darah A, B, AB, dan O

Memahami Karakteristik Golongan Darah A, B, AB, dan O

Golongan darah tiap individu tidak sama. Perbedaan golongan darah dikelompokkan kepada tipe A, B, AB, atau O. Status rhesus (Rh) darah pun bisa tergolong negatif atau positif. Perbedaan-perbedaan tersebut perlu diperhatikan dalam penggunaan darah di dunia medis. Baik bagi Anda untuk mengetahui karakteristik tersebut, mengingat darah memiliki peranan penting pada tubuh. Golongan darah seseorang ditentukan berdasarkan ada atau tidaknya zat antigen pada sel darah merah dan plasma darah . Antigen berfungsi seperti tanda pengenalan sel tubuh Anda. Ini supaya tubuh bisa membedakan sel tubuh sendiri dari sel yang berasal dari luar tubuh. Jika sel dengan antigen berlawanan masuk ke dalam tubuh, maka sistem kekebalan tubuh akan mulai perlawanan terhadap sel yang dianggap asing tersebut dan memproduksi antibodi. Ada dua teknik yang kerap dipakai untuk mengelompokkan darah, yaitu menggunakan sistem ABO dan rhesus (Rh). Kedua sistem ini bisa sangat membantu jika Anda ingin melakukan transfusi darah. Melalui sistem ABO, Anda bisa mengetahui golongan darah Anda, apakah A, B, AB atau O. Jika Anda memiliki golongan darah A, maka Anda memiliki antigen A pada sel darah merah dan memproduksi antib [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *