Kenapa Bisa Terjadi Gatal pada Kemaluan?

kenapa-bisa-terjadi-gatal-pada-kemaluan-alodokter.jpg

Rasa gatal bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Jika Anda mengalami gatal pada kemaluan atau pada alat kelamin, pasti akan terasa sangat mengganggu.

Sering kali gatal kemaluan disebabkan oleh iritasi yang akan sembuh dengan sendirinya jika penyebab dihilangkan, namun ada juga gatal pada kemaluan, baik gatal vagina atau gatal penis, yang membutuhkan pengobatan lebih lanjut. Lalu apa sebenarnya yang dapat memicu kondisi ini?

Mencari tahu Penyebabnya

Gatal pada kemaluan wanita dan pria secara umum tidak terlalu berbeda, kecuali untuk beberapa penyebab tertentu.

Wanita

Gatal pada kemaluan wanita bisa mejadi ciri-ciri dari terjadinya infeksi jamur, bakteri, atau kondisi lainnya. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab gatal:

  • Krim atau cairan pembilas vagina.
  • Tingkat estrogen yang tidak stabil pada wanita menjelang haid.
  • Pembalut saat haid.
  • Alat kontrasepsi vaginal.
  • Bahan kimia dari sabun atau produk pembersih tubuh lain.
  • Penyakit menular seksual seperti kutil atau infeksi kutu.
  • Kudis.
  • Kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.
  • Deterjen.
  • Kertas toilet.
  • Stres.

Pria

Tidak jarang gatal pada kemaluan pria diikuti oleh gejala-gejal lain, seperti rasa terbakar atau rasa tidak nyaman lainnya. Beberapa penyebab yang biasa ditemui, antara lain:

  • Infeksi jamur seperti kurap.
  • Penyakit menular seksual seperti herpes genital, kutil kelamin, dan klamidia.
  • Kudis.
  • Kutu pada rambut
  • Pakaian dalam yang terlalu ketat.
  • Reaksi alergi.
  • Inflamasi pada kulup misalnya karena kebersihan yang kurang terjaga.

Mengatasi dengan Tepat

Jika mengalami infeksi jamur, maka dibutuhkan obat antijamur. Obat tersebut dapat berbentuk krim, salep, atau ada juga yang dikonsumsi secara oral.

Jika gatal pada kemaluan terjadi karena infeksi bakteri seperti gonore, maka dibutuhkan antibiotik. Anda harus senantiasa berkonsultasi kepada dokter terkait kondisi yang ini.

Beberapa penyebab khas wanita, seperti kondisi pramenopause atau alat kontrasepsi. Bicarakan terlebih dahulu mengenai solusi terbaik dengan dokter Anda. Gatal vagina saat pramenopause dapat diatasi menggunakan krim atau tablet estrogen. Sedangkan jika disebabkan oleh metode kontrasepsi tertentu, pertimbangkan untuk menggantinya dengan pilihan lain. Stres diketahui memiliki dampak buruk terhadap sistem imunitas. Hal itu dapat meningkatkan risiko terkena infeksi jamur, baik pada pria maupun wanita.

Untuk mengatasi rasa gatal pada kemaluan, periksakan diri ke dokter. Dengan pemeriksaan fisik yang lengkap dan tes medis seperti tes urine, bisa diketahui penyebab dasarnya dan dipastikan pengobatan yang sesuai.

Meredakan Rasa Tidak Nyaman

Menjaga kebersihan di area genital tidak kalah penting dengan bagian tubuh lainnya. Saat rasa gatal pada kemaluan sangat mengganggu, Anda dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Hindari menggaruk kemaluan yang gatal. Anda dapat menepuk atau menekan dengan lembut.
  • Jika perlu, gunakan sarung tangan saat tidur guna menghindari menggaruk tanpa sadar.
  • Jika sungguh mengganggu, Anda dapat mengompres dengan air dingin pada area yang gatal.
  • Saat mandi, lebih baik menggunakan air biasa dibandingkan air panas. Sebaiknya jangan mandi lebih dari 20 menit.
  • Gunakan handuk untuk mengeringkan tubuh. Lebih disarankan dengan gerakan menepuk, dibandingkan menggosok pada lokasi yang gatal.
  • Hindari sabun atau shower gel yang mengandung parfum.
  • Cuci pakaian dalam dengan deterjen tanpa tambahan pengharum.
  • Bagi para wanita, setelah buang air kecil, bilas dari arah depan ke belakang untuk menghindari bakteri dari anus terbawa ke alat kelamin.
  • Pilih pakaian dalam yang tidak terlalu ketat dan terbuat dari katun. Ganti minimal tiap 24 jam.
  • Hindari hubungan seks tanpa pengaman, terutama saat Anda atau pasangan terkena infeksi atau penyakit kelamin lainnya.

Hindari ketidaknyamanan akibat gatal pada kemaluan dengan penanganan yang sesuai. Jika gejala berlanjut atau bertambah parah, segera temui dokter untuk menemukan solusi terbaik.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jangan Sepelekan Alergi pada Anak

Jangan Sepelekan Alergi pada Anak

Alergi merupakan reaksi hipersensitivitas tubuh terhadap lingkungan atau hal-hal yang bisa dibilang tidak berbahaya, seperti debu atau makanan. Ada beberapa jenis alergi yang dapat muncul pada anak namun jenis alergi yang sering muncul yaitu alergi terhadap makanan, alergi yang muncul pada kulit, serta alergi pernafasan. Meski tampak sepele, alergi bisa sangat mengganggu dan menyebabkan gangguan dalam belajar, tidur, kegiatan anak sehari-hari, serta pertumbuhannya. Meningkatnya kasus alergi sering dikaitkan oleh hipotesis yang hingga saat ini masih diteliti, yaitu faktor perkembangan zaman ketika orang-orang sudah mengadopsi hidup perkotaan yang serba higienis sehingga dapat menyebabkan peningkatan kejadian alergi. Dari 3 jenis alergi yang paling sering muncul, CDC (Centers for Disease Control and Prevention) mengungkapkan bahwa alergi terhadap makanan merupakan jenis alergi yang paling sering muncul pada anak-anak setelah kejadian kasus alergi pernapasan dan kulit. Angka kejadian alergi in pun diketahui terus bertambah. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan alergi makanan? Halaman berikut penjelasan selengkapnya. Jangan Sepelekan Alergi pada Anak Apa sebenarny [...]

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Sikat Gigi?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Sikat Gigi?

Hampir banyak orang yang tahu bahwa mengganti sikat gigi secara teratur adalah hal penting. Tapi tahukah Anda, jika sebaiknya sikat gigi diganti sebanyak 4 kali dalam setahun?Seperti yang dikutip dari Telegraph, penelitian telah menunjukkan bahwa sebaiknya segera ganti sikat gigi Anda selama tiga bulan sekali. Alasannya? Karena sikat gigi tidak dapat membersihkan mulut dari makanan dan bakteri hingga 95%.Ketidakmampuan sikat gigi untuk membersihkan setelah lebih dari 3 bulan diakibatkan oleh bulu yang rusak, serta banyaknya kuman yang berkumpul di sela-sela sikat gigi. Terutama jika Anda sedang terkena flu, infeksi mulut, atau sakit tenggorokan.Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa 80% bakteri yang ditemukan di dalam mulut tidak hanya berada pada gigi. Bakteri serta kuman tersebut justru ditemukan di area yang susah dijangkau seperti lidah dan gusi. Para pakar kesehatan juga mengungkapkan bahwa menyikat gigi di depan cermin bisa membuat seseorang fokus melakukan kegiatan ini serta membantunya melihat apakah sudah menyikat gigi dengan benar. Hal ini karena sangat sering seseorang melewatkan daerah yang tepat di garis gusi yang merupakan bagian terpenting untuk dibersihkan.D [...]

7 Tips Cegah Eksim Pada Anak

7 Tips Cegah Eksim Pada Anak

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Eksim dapat sulit dihadapi oleh buah hati kita. Kulit merah-merah dan gatal tentunya tidak nyaman untuknya. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk mencegah mengurangi gatal yang membandel karena eksim pada ananda buah hati Anda. Bila Ibu pikir anak Ibu menderita eksim, pastikan dengan dokter anak Ibu agar mendapat diagnosis dan tata laksana yang tepat. Jangan coba mengobati sendiri. Setiap kasus eksim dapat memerlukan penanganan yang berbeda, umumnya melibatkan kombinasi pelembab dan steroid oles. Jika kulit menjadi merah dan mulai mengeluarkan cairan, mungkin sudah terjadi infeksi. Segera ke dokter untuk mendapatkan antibiotika. Anak dengan eksim sering mengalami kesulitan untuk tidur karena kulit menjadi terasa lebih panas dan gatal pada malam hari. Jaga kamar tidur sejuk dan gunakan alas tidur dari katun. Berikan pelembab minimal 20 menit sebelum tidur. Hindari sabun dan shampoo yang keras. Sabun dapat membuat eksim bertambah parah. Rekomendasi saat ini adalah memandikan bayi satu atau dua kali seminggu (wajah, tangan, dan bokong bayi harus dibersihkan setiap hari). Mandikan bayi dalam air hangat, dan gunakan sabun serta shampoo tan [...]

Obat Bius, si Penghilang Rasa Sakit

Obat Bius, si Penghilang Rasa Sakit

Apa yang terjadi jika para ahli di bidang kesehatan tidak menemukan obat bius? Pastinya, kita akan mendengar jeritan kesakitan para pasien dari balik pintu ruang medis. Dalam bidang kesehatan, pembiusan disebut dengan anestesi, yang berarti ?tanpa sensasi?. Tujuan obat bius adalah membuat mati rasa area tubuh tertentu atau bahkan membuat Anda tidak sadarkan diri (tertidur). Dengan mengaplikasikan obat bius, dokter bisa leluasa melakukan tindakan medis yang melibatkan peralatan tajam dan bagian tubuh tanpa menyakiti Anda. Bagaimana Cara Kerja Obat Bius? Pembiusan yang membuat seseorang menjadi tidak sadar disebut dengan bius umum. Bius lokal dan regional dilakukan pada area tertentu di tubuh dan tidak menyebabkan hilangnya kesadaran. Pada pembiusan umum, obat bius bekerja dengan cara menghentikan sinyal saraf yang membuat Anda sadar dan terjaga agar tidak sampai ke otak. Hasilnya, Anda akan tidak sadarkan diri sehingga tidak akan merasa sakit saat dokter menjalani tindakan medis atau istilah lainnya. Obat ini juga bisa mengatur pernapasan, peredaran dan tekanan darah serta denyut dan irama jantung. Setelah efek obat bius menghilang, sinyal saraf akan menjalankan fungsinya seperti [...]

7 Cara Mengetahui Anda Sudah Cukup Berolahraga

7 Cara Mengetahui Anda Sudah Cukup Berolahraga

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh journal of Medicine and Science menunjukkan bahwa kebanyakan pria dan wanita telah merasa melakukan olahraga dengan cukup. Ada yang berpendapat, sudah melakukan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, mengepel dan mencuci sudah termasuk olahraga dan cukup menjawab kebutuhan kesehatan tubuh. Atau ada juga yang berpendapat, sudah melakukan jogging 15 menit, asal keluar keringat, sudah cukup untuk menjawab kebutuhan wajib olahraga hariannya. (Baca: Pekerjaan Rumah Tangga, Termasuk Olahraga atau Bukan?) Sudah cukup benarkah demikian? Nah, ada beberapa cara berikut ini yang dapat membantu Anda mengukur apakah yang Anda lakukan sudah cukup berolahraga, tidak berlebih dan tidak kurang, antara lain: Catat di jurnal Anda dapat menuliskan catatan atau note mengenai aktivitas berolahraga Anda seperti: jumlah hari atau kapan saja Anda berolahraga, intensitas dan jumlahnya. Jika Anda sudah mendapat catatan dari rekam kegiatan Anda, akan sangat mudah melakukan konsultasi atau bahkan mengukur ke diri sendiri, sudah cukupkah Anda melakukan olahraga. Atau Anda dapat mempermudah diri dengan menggunakan aplikasi smartphone yang dewasa ini tumbuh menjamur b [...]

Ayo Cegah Kanker Serviks!

Ayo Cegah Kanker Serviks!

Oleh: dr. Jessica Florencia Bulan Januari merupakan bulan yang diperingati dunia sebagai bulan kewaspadaan kanker serviks. Kanker ini merupakan salah satu kanker yang sangat berbahaya dan mematikan karena letaknya yang agak terselubung dan tidak memberi gejala sama sekali di stadium awal. Di Indonesia, hampir setiap jam terdapat kematian 1 orang wanita karena kanker serviks. Untuk itu pengertian terhadap penyakit ini, cara mendeteksi dini dan pencegahannya adalah faktor penting dalam mencegah kematian wanita karena kanker serviks. Beberapa pencegahan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut: Hindari rokok, baik merokok secara aktif maupun pasif. Jangan melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan atau berganti-ganti pasangan. Jika Anda atau pasangan Anda sedang menderita infeksi menular seksual, sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu sampai infeksi tersebut sudah ditangani dan terobati tuntas. Hindari hubungan seksual di usia muda (di bawah 20 tahun). Lakukan pemeriksaan deteksi dini secara rutin. Tes Pap sebaiknya dilakukan wajib dan rutin setiap 3 tahun sekali pada wanita usia 21-65 tahun. Mendapatkan vaksin untuk melawan HPV. Vaksin melaw [...]

4 Alasan Kenapa Anda Perlu Menurunkan Berat Badan

4 Alasan Kenapa Anda Perlu Menurunkan Berat Badan

Anda berencana menurunkan berat badan namun masih belum cukup kuat tekad yang dibutuhkan? Anda masih mudah tergoyah oleh makanan tidak menyehatkan sehingga menghancurkan rencana diet Anda? Tidak sedikit diantara kita yang masih mudah tergoyahkan sehingga menjadi gagal melakukan diet pola makan sehat untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan. Jika Anda termasuk, maka ada beberapa alasan tambahan berikut ini yang dapat membantu menguatkan tekad diet untuk suksesi penurunan berat badan mencapai target. Apa saja alasan yang dapat menguatkan tekad diet menurunkan berat badan Anda? Alasan #1: Tidur Menjadi Lebih Baik Sebuah penelitian terakhir dari The International Society of Endocrinology and Endocrine Society mengungkapkan bahwa menurunkan berat badan berpengaruh terhadap kualitas tidur. Mereka menemukan bahwa pada penderita obesitas, ketika mereka sukses mengurangi berat badan sebanyak hanya 5%, mereka terbukti dapat tidur lebih pulas hingga 6 bulan setelah berkurangnya berat badan. Alasan #2: Kesehatan Kulit Kelebihan berat badan dikaitkan dengan beberapa perubahan di tubuh. Ada studi yang mengatakan bahwa penurunan berat badan be [...]

Kenali Penyebab lalu Cegah Penyakit Cacingan

Kenali Penyebab lalu Cegah Penyakit Cacingan

Penyakit cacingan tidak hanya berisiko dialami anak-anak, namun juga pada orang dewasa. Kurangnya menjaga kebersihan bisa menjadi salah satu faktor yang dapat mendorong penyebaran infeksi akibat cacing. Gejala-gejala penyakit cacingan kadang tampak samar. Namun jika tidak ditangani dengan benar, penyakit cacingan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Ada tiga jenis cacing yang paling umum menyebabkan penyakit cacingan, yaitu : Cacing Pita Cacing pita atau Cestodes, dapat dikenali dari bentuknya yang tampak seperti pita yaitu pipih dengan ruas-ruas pada seluruh tubuhnya. Panjang cacing pita dewasa dapat mencapai 4,5 hingga 9 meter. Cacing pita memasuki tubuh manusia ketika tangan yang bersentuhan dengan tinja yang mengandung telur cacing berdekatan dengan mulut ataupun makan makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Selain itu, daging babi, sapi ataupun ikan yang mentah juga diketahui dapat menyebabkan masuknya cacing pita pada tubuh manusia. Cacing tersebut kemudian dapat hidup dalam usus. Gejala infeksi cacing pita antara lain sakit perut dan terkadang diikuti dengan muntah dan diare. Namun, bisa saja infeksi cacing pita tidak menimbulkan gejala atau disalahartikan sebag [...]

Waspadai Benjolan Pada Payudara

Waspadai Benjolan Pada Payudara

Kanker payudara akan memunculkan benjolan di payudara. Namun, tidak semua benjolan pada payudara merupakan kanker. Delapan puluh persen kasus benjolan di payudara bukanlah kanker. Hal ini karena sejumlah kondisi medis lainnya dapat pula menimbulkan benjolan di payudara. Oleh karena itu, kenali perbedaan benjolan kanker dan nonkanker berikut ini. Benjolan Nonkanker Pada kasus nonkanker, benjolan di payudara merupakan pertanda kondisi berikut. Kista, merupakan kantong berisi cairan dalam jaringan payudara, sehingga menimbulkan benjolan. Jika diraba, benjolan terasa lunak. Umumnya kista dialami oleh perempuan berusia di antara 35-50 tahun. Kista yang berukuran lebih dari 2.5 cm dapat menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman pada payudara. Perubahan fibrokistik, merupakan perubahan pada payudara karena ketidakstabilan hormon selama siklus menstruasi. Perubahan tersebut menimbulkan benjolan di payudara yang terasa nyeri. Selain itu, puting susu akan lebih sensitif. Kondisi ini bukanlah penyakit. Biasanya gejala terjadi ketika periode pramentruasi dan membaik ketika berlangsung atau berakhirnya menstruasi. Namun, segera periksakan ke dokter jika gejala tetap bertahan setelah selesai [...]

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Suntik Botox

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Suntik Botox

Oleh: dr. Nadia Octavia Flek-flek hitam, kerutan, cekungan pada wajah merupakan efek normal dari penuaan (dan tentu saja paparan sinar matahari). Ketika berurusan dengan kerutan, salah satu jawabannya yang tentu tidak asing lagi adalah botox. Sebelum Anda menggunakannya, Anda perlu mengetahui beberapa fakta berikut: Botox dan keracunan makananTahukah Anda bahwa botulinum toxin A atau yang lebih dikenal dengan botox merupakan neurotoksin yang diproduksi oleh bakteri Clostridium Botulinum? Bakteri? Ya. Toksin yang dikeluarkan oleh bakteri tersebut dapat menyebabkan botulism, yaitu suatu kondisi paralisis atau kelumpuhan. Salah satu jenis botulism menyebar melalui makanan yang tidak diproses sempurna. Bakteri ini juga sering terdapat pada debu dan tanah. Bakteri ini memproduksi neurotoksin, yaitu substansi yang merusak jaringan saraf. Racun ini yang biasa digunakan pula oleh kalajengking dan tarantula untuk membunuh mangsanya. Pada manusia, botulism dapat menyebabkan kelemahan otot, gangguan penglihatan dan ptosis. Botox dan paralisisTerdapat 7 jenis toksin botulinum, yang diidentifikasikan dengan huruf A hingga G. Botulinum toxin atau botox yang biasa digunakan untuk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *