Kenapa Bisa Terjadi Keputihan Berwarna Coklat?

kenapa-bisa-terjadi-keputihan-berwarna-coklat-alodokter.jpg

Keputihan adalah hal yang wajar untuk dialami oleh perempuan pada segala usia, namun berbeda artinya jika keputihan yang terjadi disertai dengan warna tertentu. Keputihan berwarna coklat, baik coklat muda maupun coklat gelap, bisa menjadi pertanda kepada kondisi tubuh tertentu.

Keputihan memegang peranan penting bagi sistem reproduksi wanita sebagai proses pembuangan cairan yang dihasilkan kelenjar di dalam serviks dan vagina. Cairan ini membawa bakteri dan sel mati yang nantinya dapat mencegah infeksi dan membuat vagina tetap bersih.

Keputihan berwarna coklat biasanya terjadi pada akhir periode menstruasi atau bisa juga terjadi pada masa kehamilan. Jika keputihan Anda tidak hanya berwarna, tapi juga berbau, disertai gatal, atau gejala lainnya, maka bisa jadi itu merupakan tanda-tanda adanya gangguan kesehatan.

Penyebab Keputihan Berwarna Coklat

Keputihan bisa disebabkan oleh tanda ovulasi, awal pada masa kehamilan, mendekati menopause, atau sudah memasuki menopause. Keputihan yang terjadi biasanya berwarna coklat muda hingga coklat tua. Keputihan berwarna coklat pekat juga bisa terjadi jika Anda mengalami pendarahan dinding rahim atau endometrium. Biasanya terjadi sebelum menstruasi dimulai atau diujung siklus menstruasi.

Keputihan berwarna coklat tidak hanya terbatas oleh hal-hal normal di atas karena terdapat beberapa penyebab lainnya, seperti:

  • Pendarahan yang disebabkan implantasi janin. Keputihan bisa disebabkan oleh proses penanaman telur yang telah dibuahi pada dinding rahim. Keputihan ini bisa berwarna merah, merah muda, atau coklat muda, dan merupakan tanda-tanda awal kehamilan. Keputihan yang tergolong normal ini bisa terjadi selama 10-14 hari setelah pembuahan.
  • Atrofi vaginitis. Kondisi ini terjadi karena kerkurangan hormon estrogen. Pada atrofi vaginitis, vagina memgalami peradangan akibat rusaknya jaringan otot dan produksi cairan lubrikasi yang menurun, Jika Anda mengalami atrofi vaginitis, Anda bisa merasakan sakit pada saat melakukan hubungan intim, vagina terasa kering, perih, dan mengeluarkan keputihan berwarna coklat. Selain berwarna coklat, keputihan yang Anda alami juga bisa berwarna kuning dan memiliki bau busuk.
  • Penyakit menular seksual. Keputihan yang berwarna coklat juga bisa menjadi tanda kepada penyakit menular seksual, seperti gonore, kutil kelamin, klamidia, dan trikomoniasis. Perhatikan gejala lain yang menyertai keputihan Anda seperti rasa perih, gatal, bau, dan ruam.
  • Polip rahim. Polip rahim juga bisa menjadi penyebab kemunculan keputihan berwarna coklat. Tidak hanya keputihan, gejala-gejala lain seperti pendarahan setelah melakukan hubungan intim atau darah menstruasi yang keluar cukup banyak juga bisa muncul jika Anda mengalami polip rahim.
  • Penyakit inflamasi panggul. Inflamasi panggul dapat menyebabkan sakit pada bagian perut bawah, rasa sakit saat berhubungan seksual, dan masalah infertilitas. Bagian tuba falopi, serviks, dan/atau lapisan rahim akan mengalami infeksi. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.
  • Kanker serviks. Keputihan berwarna coklat tua bisa menjadi tanda adanya penyakit kanker serviks. Perhatikan tanda-tanda lainnya, seperti berat badan yang turun secara drastis, nafsu makan berkurang, kelelahan yang berlebihan, dan sakit pada bagian pinggul dan tungkai.

Perhatikan tanda-tanda lain yang mungkin dirasakan jika Anda mengalami keputihan berwarna coklat terus menerus. Periksakan diri ke dokter jika Anda merasakan gatal, sakit pada bagian vagina, vagina membengkak, keputihan berbau busuk, dan sakit pada saat berhubungan intim.

Cara Mengobati Keputihan Berwarna Coklat

Penanganan keputihan berwarna coklat perlu disesuaikan dengan penyebab dasarnya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi keputihan berwarna coklat.

  • Kanker serviks. Jika keputihan yang dialami disebabkan oleh kanker serviks, maka pengobatan yang dapat dilakukan adalah radiasi, kemoterapi, atau operasi.
  • Penyakit menular seksual. Jika Anda mengalami penyakit menular seksual, maka yang bisa dilakukan adalah dengan mengosumsi antibiotik. Konsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokter Anda.
  • Polip rahim. Ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan untuk mengatasi polip rahim. Pilihan pertama adalah dengan memberikan obat hormonal untuk mengurangi gejala dan mengecilkan polip.
    Pilihan lainnya adalah dengan melakukan prosedur kuret. Dokter akan mengikis polip tersebut dari dinding rahim. Kemudian melakukan pemeriksaan di laboratorium.
    Selain itu, Anda juga dapat melakukan prosedur histerektomi, yaitu dengan mengangkat semua polip dan kemudian mengirimnya ke laboratorium guna melakukan pemeriksaan. Polip biasanya tidak bersifat kanker. Namun jika ternyata ditemukan kanker, dokter akan mendiskusikan langkah pengobatan selanjutnya.

Jika keputihan Anda disebabkan oleh kehamilan, menstruasi, menopause atau ovulasi, maka Anda tidak bisa mencegah hal tersebut karena sudah terjadi secara alami. Sedangkan beberapa penyebab lainnya, seperti kanker serviks, penyakit menular seksual, polip rahim, atau penyakit inflamasi panggul perlu diatasi.

Masalah daerah kewanitaan bisa membuat para wanita merasa khawatir. seperti keputihan yang disertai bau busuk atau gejala lainnya. Keputihan berwarna coklat sebenarnya adalah hal yang wajar, namun jika Anda merasa terganggu, segera konsultasikan hal ini kepada dokter.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mastitis, Kendala para Ibu Menyusui

Mastitis, Kendala para Ibu Menyusui

Salah satu penyakit yang bisa mengganggu proses pemberian nutrisi kepada bayi adalah mastitis. Penyakit ini sendiri adalah kondisi jaringan payudara yang mengalami peradangan. Mastitis biasanya menyerang ibu menyusui pada trimester awal tapi bisa juga terjadi saat proses menyusui sudah berjalan lama. Mastitis bisa membuat ibu mengalami kesulitan memberikan ASI karena kondisi payudara yang terasa sakit. Seperti Apa Tanda-tandanya? Mastitis pada saat masa menyusui biasa menyerang hanya satu payudara. Gejala penyakit ini sendiri bisa muncul dengan tiba-tiba. Berikut gejala-gejala mastitis yang harus diwaspadai: Payudara memar kemerahan. Sering terasa gatal di payudara. Payudara terasa perih saat menyusui. Terdapat benjolan di payudara yang terasa menyakitkan. Ukuran salah satu payudara lebih besar karena pembengkakan Payudara mudah merasa nyeri. Puting bernanah. Sering merasa lelah. Terdapat pembesaran kelenjar getah bening di ketiak. Selain itu, Anda mungkin akan mengalami gejala menyerupai flu sebelum Anda akhirnya menyadari ada perubahan pada payudara Anda. Apa Penyebab Mastitis? Infeksi pada payudara atau mastitis bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut penyebab mastitis p [...]

Awas, Gula Darah Tinggi Bisa Buat Wajah Tampak Tua

Awas, Gula Darah Tinggi Bisa Buat Wajah Tampak Tua

Kadar gula darah tinggi tak hanya berpengaruh pada kesehatan saja. Menurut penelitian terbaru, level gula darah yang tinggi bisa mengakibatkan wajah seseorang tampak lebih tua dari usianya.Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Leiden University Medical Centre dan Unilever R&D telah menemukan adanya hubungan antara kadar gula darah manusia dengan dengan usia wajah (facial age). Penelitian ini merupakan inisiatif dari Netherlands Consortium for Healthy Ageing yang bertujuan memahami bagaimana kesehatan dapat dipertahankan saat usia seseorang bertambah.Penelitian yang dilakukan di Belanda ini melibatkan lebih dari 600 pria dan wanita yang melakukan tes terhadap kadar gula darah (tanpa puasa) dan kemudian difoto. 60 orang pengamat lantas diminta memberikan perkiraan mereka terhadap usia para peserta peneliti tersebut berdasarkan foto mereka. Usia yang sebenarnya kemudian dibandingkan dengan hasil pengamatan tadi.Penelitian yang merupakan penelitian pertama kali itu, mengetahui bahwa orang berusia antara 50- 70 tahun dengan kadar gula tinggi tampak lebih tua dari mereka yang berkadar gula darah lebih rendah dengan usia yang sama. Hasil dari penelitian itu memperlihatkan, jika ses [...]

Haid Sering Tidak Teratur? Ini Pemicunya

Haid Sering Tidak Teratur? Ini Pemicunya

Sebagian wanita mengalami siklus haid yang tidak teratur, yang semestinya satu bulan sekali, namun haid baru datang dua atau tiga bulan sekali. Menurut dr. Vanda Mustika, konsultasi seks wolipop, mengatakan bahwa haid yang normal siklusnya berkisar antara 20 hingga 40 hari dan berlangsung selama dua hingga delapan hari. Siklus tersebut terjadi akibat adanya sejumlah hormon yang beredar dalam tubuh dalam suatu siklus tertentu. Siklus hormon tersebut merupakan hasil dari suatu kerjasama antara otak kita, kandung telur, kelenjar-kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Sehingga bila terjadi gangguan dalam peredaran hormon-hormon tersebut maka akan mengakibatkan terganggunya siklus menstruasi. Apa yang mempengaruhi haid sering telat dan tidak teratur? Dirangkum dari About, ini dia pemicunya. 1. StresStres bisa memicu banyak hal, termasuk terlambat datang bulan. Stres membuat kadar hormon berkurang, itu membuat tidak berovulasi atau menstruasi. Melepas stres dengan berlibur atau berkonsultasi dengan dokter menjadi solusi untuk masalah ini. 2. Sakit dan KelelahanKetika badan tidak begitu baik, sistem tubuh juga tidak bekerja maksimal. Hal itu dapat menunda evolusi, sehingga haid menja [...]

Kulit Putih Mudah Rusak?

Kulit Putih Mudah Rusak?

Akibat pengaruh dari media masa yang banyak mengiklankan produk kecantikan pemutih kulit badan dan wajah menyebabkan terbentuknya pola pikir masyarakat yang beranggapan bahwa kulit putih menjadi dambaan siapa saja. Hal ini menyebabkan orang menjadi berlomba-lomba untuk memutihkan kulitnya, terutama kaum hawa. Pada dasarnya, kulit berfungsi untuk melindungi tubuh dari pengaruh lingkungan luar seperti suhu, trauma, ataupun paparan radiasi. Baik kulit putih maupun kulit hitam memiliki kemampuan pertahanan tersebut. Sinar matahari yang sehari-hari selalu mengenai tubuh kita pun sebenarnya memancarkan radiasi. Radiasi dari paparan sinar matahari berupa sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet B lebih berbahaya daripada sinar ultraviolet A. Upaya pertahanan dari kulit kita terhadap paparan radiasi tersebut berupa terjadinya pembentukan pigmen atau melanin oleh sel pembentuk pigmen di kulit, yaitu melanosit. Jika terjadi paparan yang berlebihan dapat timbul bercak-bercak hitam pada kulit atau hiperpigmentasi, kemerahan seperti terbakar, atau jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama, dapat terjadi kanker kulit. Baca terus info selengkapnya, klik next. Kulit Putih Mu [...]

Riset: Wanita Adalah Pengemudi yang Buruk

Riset: Wanita Adalah Pengemudi yang Buruk

Terlepas dari masalah mabuk atau mengantuk, wanita kerap kali disebut-sebut sebagai gender dengan kemampuan menyetir terburuk. Hal itu bahkan dibuktikan secara ilmiah oleh sebuah penelitian dari Amerika.University of Michigan menemukan bahwa wanita lebih sering mengalami kecelakaan kendaraan bermotor ketimbang pria, walaupun mereka lebih jarang menyetir. Wanita juga berkontribusi sebesar 10 persen atas kecelakaan mobil ketika pria menyetir karena suka mengomel saat berada dalam mobil.Sebanyak 60 persen pria mengendarai mobil. Sedangkan wanita hanya mencapai 40 persen. Meski begitu, terdapat 6,5 laporan kecelakaan mobil yang melibatkan wanita sebagai pengemudinya. Menurut Askmen, jumlah tersebut lebih tinggi dari yang diharapkan.Tempat yang paling sering menjadi lokasi kecelakaan saat mengemudi adalah jalan raya, area penyeberangan dan persimpangan jalan. Dalam hal ini diperkirakan bahwa wanita cenderung ragu saat mengambil keputusan untuk berhenti atau belok, sehingga terjadi kecelakaan.Banyak teori yang menjelaskan alasan mengapa wanita lebih sering kecelakaan ketimbang pria. Beberapa diantaranya menyebutkan bahwa wanita seringkali dandan sambil mengemudi dan bertubuh lebih pen [...]

Sunscreen Saja Tak Cukup Cegah Kanker Kulit, Harus Pakai Apalagi?

Sunscreen Saja Tak Cukup Cegah Kanker Kulit, Harus Pakai Apalagi?

Salah satu kebiasaan yang bisa memperlambat penuaan dini pada kulit adalah dengan memakai sunscreen secara rutin. Ketika tengah berada di luar ruangan dan sinar matahari sedang sangat terik, sunscreen dipercaya dapat menangkal sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan gangguan-ganguan seperti kulit cepat keriput, terbakar sampai penyakit kanker seperti melanoma.Beberapa ahli juga menyebutkan bahwa meski cahaya matahari sedang tidak sangat menyengat, sunscreen tetap dibutuhkan karena sinarnya masih bisa membahayakan kulit kita. Produk ini pun menjadi satu-satunya item yang paling diandalkan untuk menangkal bahaya sinar jahat. Namun bagaimana jika ternyata sunscreen saja tak cukup untuk melindungi kulit dari penyakit melanoma?Dikutip dari situs BBC, sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Manchester, Inggris, menyatakan bahwa krim pelindung sinar matahari saja sepertinya tak bisa sepenuhnya menghalau resiko kanker kulit melanoma. Penelitian ini diujikan pada pada sejumlah tikus yang telah dipaparkan sinar ultraviolet penyebab penyakit yang ditandai oleh munculnya tahi lalat abnormal tersebut.Hasilnya para peneliti menyimpulkan bahwa produk sunscreen t [...]

Lumpuh Karena Sindrom Guillain Barre

Lumpuh Karena Sindrom Guillain Barre

Bulan Mei adalah bulan kepedulian terhadap Guillain Barre Syndrome (GBS). Sebenarnya penyakit apa itu? Guillain Barre Syndrome atau Sindrom Guillain Barre namanya diambil dari nama dokter berkebangsaan Perancis penemu penyakit ini yaitu dokter Jean-Alexander Barr dan Georges Charles Guillain. GBS merupakan penyakit autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang bagian dari sistem saraf tepi. Autoimun artinya sel-sel pertahanan tubuh kita menyerang jaringan/ organ tubuh kita sendiri. Biasanya sel-sel sistem kekebalan tubuh hanya menyerang bahan asing dan organisme. Penyebab yang pasti untuk penyakit ini sampai saat ini belum diketahui,tetapi pada banyak kasus sering disebabkan oleh infeksi viral. Virus yang paling sering menyebabkan penyakit ini adalah Cytomegalovirus (CMV), HIV, Measles dan Herpes Simplex Virus. Sedangkan untuk penyebab bakteri paling sering oleh Campylobacter jejuni. Sindrom Guillain Barre adalah contoh paling klasik dari penyakit autoimun. Bisa jadi contoh paling gampang bagaimana penyakit autoimun bisa terjadi. Lebih Jauh Tentang Guillain Barre Syndrome Bulan Mei adalah bulan kepedulian terhadap Guillain Barre Syndrome (GBS). Sebenarnya penyakit [...]

4 Kondisi Penyebab Lidah Putih

4 Kondisi Penyebab Lidah Putih

Lidah yang sehat berwarna pink dan ditutup nodul-nodul kecil yang disebut papila. Sedangkan lidah putih bisa menjadi tanda-tanda penyakit. Lidah putih terjadi karena papila pada permukaaan lidah mengalami pertumbuhan berlebih dan pembengkakan. Lapisan putih ini muncul akibat sisa makanan, bakteri, dan sel-sel mati bersarang atau tersangkut di antara papila yang membesar dan terkadang meradang. Lidah putih mungkin terlihat mengkhawatirkan, tapi biasanya tidak berbahaya dan bersifat sementara. Namun, lidah putih bisa menjadi indikasi dari beberapa kondisi serius, mulai dari infeksi hingga kondisi prakanker. Berikut beberapa penyakit yang membuat lidah berubah warna menjadi putih. Leukoplakia Leukoplakia suatu kondisi dimana terjadi pembentukan bercak-bercak putih di dalam mulut, termasuk di lidah. Bercak putih ini kemungkinan terjadi karena terlalu banyak sel dan protein keratin di mulut. Meskipun tidak sakit, bercak putih tersebut tidak dapat dihilangkan dengan disikat atau dikorek. Leukoplakia bisa terjadi ketika lidah mengalami iritasi dan sering kali ditemukan pada perokok dan mereka yang minum banyak minuman beralkohol. Leukoplakia tidak berbahaya tapi bisa berubah menjadi ka [...]

Kondisi yang Dialami Saat Gegar Otak

Kondisi yang Dialami Saat Gegar Otak

Gegar otak merupakan tipe cedera otak teringan dibandingkan tipe cedera otak lainnya. Namun, jangan abaikan kondisi ini. Utamakan perhatian kepada kasus yang menimpa anak-anak karena mereka belum dapat mengomunikasikannya dengan baik. Cedera otak dibagi tingkat keparahannya, yaitu ringan, sedang, dan berat. Cedera otak ringan disebut juga gegar otak (concussion). Gegar otak ditimbulkan akibat benturan keras pada kepala, misalnya saat jatuh, kecelakaan lalu lintas, maupun ketika sedang berolahraga. Posisi otak mengambang dalam cairan di tengkorak kepala. Ketika kepala menghantam benda dengan keras, otak dapat bergeser dan membentur tulang tengkorak kepala. Hal ini dapat membuat kerja otak berubah untuk beberapa saat. Kondisi semacam inilah yang dinamakan gegar otak. Seseorang dapat kehilangan kesadaran jika otak bergeser secara signifikan atau bergoncang, disebut dengan jarring. Seberapa parah gegar otak, salah satunya dapat ditandai dari seberapa lama seseorang mengalami pingsan setelah membentur benda dengan keras. Namun, tidak semua orang akan kehilangan kesadaran begitu mengalami gegar otak. Ada juga yang mengeluh pandangannya menjadi kabur, seperti hitam semua, putih semua, a [...]

3 Manfaat Pelukan Bagi Pria

3 Manfaat Pelukan Bagi Pria

Bukan hanya wanita yang selalu ingin dimanja-manja dan dipeluk oleh pasangan, pria juga butuh cuddling, seperti pelukan dan dimanja-manja. Bagi pria, dalam sebuah hubungan mendapatkan pelukan dan dimanja pasangan atau yang berkaitan dengan tanda-tanda kasih sayang secara fisik sangat mempengaruhi jangka panjang suatu hubungan. Dalam jurnal Archives of Sexual Behavior menemukan, bahwa dengan pelukan dan dimanja-manja membuat pria bahagia, sementara perempuan lebih cenderung untuk mengatakan mereka puas secara seksual. Manfaat Pelukan Pertama: Hubungan Jangka Panjang Meneliti 1.009 pasangan dari AS, Brasil, Jepang dan Spanyol yang sudah menikah antara usia pernihakan satu sampai 51 tahun. Banyak dari setengah yang diteliti ini ada pada titik perceraian dan yang memiliki hubungan jangka panjang terlihat tidak biasa. Heiman dkk, yang meneliti ini, mengatakan ?sedikit yang kita ketahui tentang hubungan jangka panjang bersama pasangannya. Apakah mereka puas dan bahagia, dan apakah yang membuat mereka puas dan bahagia. Banyak yang menjawab, dengan kasih sayang dan pelukan, membuat kami bahagia.? Manfaat Pelukan Kedua: Sehat akan Bahagia Penel [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *