Kenapa Bisa Terjadi Keputihan Berwarna Coklat?

kenapa-bisa-terjadi-keputihan-berwarna-coklat-alodokter.jpg

Keputihan adalah hal yang wajar untuk dialami oleh perempuan pada segala usia, namun berbeda artinya jika keputihan yang terjadi disertai dengan warna tertentu. Keputihan berwarna coklat, baik coklat muda maupun coklat gelap, bisa menjadi pertanda kepada kondisi tubuh tertentu.

Keputihan memegang peranan penting bagi sistem reproduksi wanita sebagai proses pembuangan cairan yang dihasilkan kelenjar di dalam serviks dan vagina. Cairan ini membawa bakteri dan sel mati yang nantinya dapat mencegah infeksi dan membuat vagina tetap bersih.

Keputihan berwarna coklat biasanya terjadi pada akhir periode menstruasi atau bisa juga terjadi pada masa kehamilan. Jika keputihan Anda tidak hanya berwarna, tapi juga berbau, disertai gatal, atau gejala lainnya, maka bisa jadi itu merupakan tanda-tanda adanya gangguan kesehatan.

Penyebab Keputihan Berwarna Coklat

Keputihan bisa disebabkan oleh tanda ovulasi, awal pada masa kehamilan, mendekati menopause, atau sudah memasuki menopause. Keputihan yang terjadi biasanya berwarna coklat muda hingga coklat tua. Keputihan berwarna coklat pekat juga bisa terjadi jika Anda mengalami pendarahan dinding rahim atau endometrium. Biasanya terjadi sebelum menstruasi dimulai atau diujung siklus menstruasi.

Keputihan berwarna coklat tidak hanya terbatas oleh hal-hal normal di atas karena terdapat beberapa penyebab lainnya, seperti:

  • Pendarahan yang disebabkan implantasi janin. Keputihan bisa disebabkan oleh proses penanaman telur yang telah dibuahi pada dinding rahim. Keputihan ini bisa berwarna merah, merah muda, atau coklat muda, dan merupakan tanda-tanda awal kehamilan. Keputihan yang tergolong normal ini bisa terjadi selama 10-14 hari setelah pembuahan.
  • Atrofi vaginitis. Kondisi ini terjadi karena kerkurangan hormon estrogen. Pada atrofi vaginitis, vagina memgalami peradangan akibat rusaknya jaringan otot dan produksi cairan lubrikasi yang menurun, Jika Anda mengalami atrofi vaginitis, Anda bisa merasakan sakit pada saat melakukan hubungan intim, vagina terasa kering, perih, dan mengeluarkan keputihan berwarna coklat. Selain berwarna coklat, keputihan yang Anda alami juga bisa berwarna kuning dan memiliki bau busuk.
  • Penyakit menular seksual. Keputihan yang berwarna coklat juga bisa menjadi tanda kepada penyakit menular seksual, seperti gonore, kutil kelamin, klamidia, dan trikomoniasis. Perhatikan gejala lain yang menyertai keputihan Anda seperti rasa perih, gatal, bau, dan ruam.
  • Polip rahim. Polip rahim juga bisa menjadi penyebab kemunculan keputihan berwarna coklat. Tidak hanya keputihan, gejala-gejala lain seperti pendarahan setelah melakukan hubungan intim atau darah menstruasi yang keluar cukup banyak juga bisa muncul jika Anda mengalami polip rahim.
  • Penyakit inflamasi panggul. Inflamasi panggul dapat menyebabkan sakit pada bagian perut bawah, rasa sakit saat berhubungan seksual, dan masalah infertilitas. Bagian tuba falopi, serviks, dan/atau lapisan rahim akan mengalami infeksi. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.
  • Kanker serviks. Keputihan berwarna coklat tua bisa menjadi tanda adanya penyakit kanker serviks. Perhatikan tanda-tanda lainnya, seperti berat badan yang turun secara drastis, nafsu makan berkurang, kelelahan yang berlebihan, dan sakit pada bagian pinggul dan tungkai.

Perhatikan tanda-tanda lain yang mungkin dirasakan jika Anda mengalami keputihan berwarna coklat terus menerus. Periksakan diri ke dokter jika Anda merasakan gatal, sakit pada bagian vagina, vagina membengkak, keputihan berbau busuk, dan sakit pada saat berhubungan intim.

Cara Mengobati Keputihan Berwarna Coklat

Penanganan keputihan berwarna coklat perlu disesuaikan dengan penyebab dasarnya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi keputihan berwarna coklat.

  • Kanker serviks. Jika keputihan yang dialami disebabkan oleh kanker serviks, maka pengobatan yang dapat dilakukan adalah radiasi, kemoterapi, atau operasi.
  • Penyakit menular seksual. Jika Anda mengalami penyakit menular seksual, maka yang bisa dilakukan adalah dengan mengosumsi antibiotik. Konsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokter Anda.
  • Polip rahim. Ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan untuk mengatasi polip rahim. Pilihan pertama adalah dengan memberikan obat hormonal untuk mengurangi gejala dan mengecilkan polip.
    Pilihan lainnya adalah dengan melakukan prosedur kuret. Dokter akan mengikis polip tersebut dari dinding rahim. Kemudian melakukan pemeriksaan di laboratorium.
    Selain itu, Anda juga dapat melakukan prosedur histerektomi, yaitu dengan mengangkat semua polip dan kemudian mengirimnya ke laboratorium guna melakukan pemeriksaan. Polip biasanya tidak bersifat kanker. Namun jika ternyata ditemukan kanker, dokter akan mendiskusikan langkah pengobatan selanjutnya.

Jika keputihan Anda disebabkan oleh kehamilan, menstruasi, menopause atau ovulasi, maka Anda tidak bisa mencegah hal tersebut karena sudah terjadi secara alami. Sedangkan beberapa penyebab lainnya, seperti kanker serviks, penyakit menular seksual, polip rahim, atau penyakit inflamasi panggul perlu diatasi.

Masalah daerah kewanitaan bisa membuat para wanita merasa khawatir. seperti keputihan yang disertai bau busuk atau gejala lainnya. Keputihan berwarna coklat sebenarnya adalah hal yang wajar, namun jika Anda merasa terganggu, segera konsultasikan hal ini kepada dokter.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Dampak Buruk Pakai Celana Dalam yang Terlalu Ketat

6 Dampak Buruk Pakai Celana Dalam yang Terlalu Ketat

Mencari pakaian dalam yang nyaman, baik bra maupun panties adalah keinginan setiap wanita. Tetapi tanpa sadar para wanita ini justru mengenakan celana dalam sangat pas di tubuh dengan harapan dapat membentuk lekuk tubuh sehingga terlihat lebih ramping.Sayangnya, banyak yang masih tidak mengetahui bahwa mengenakan celana dalam terlalu ketat dapat membuat tubuh terasa tidak nyaman. Jika terlalu lama mengenakannya, ada banyak dampak yang bisa terjadi. Apa saja?1. Tidak NyamanDr. Keri Peterson, ahli penyakit dalam asal Amerika Serikat mengatakan para wanita sebaiknya memperhatikan pakaian dalam yang dikenakannya dan mengetahui ukurannya secara tepat. Celana dalam yang menempel terlalu ketat pada perut bagian atas atau bawah dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman."Celana dalam yang dikenakan di pinggang apabila terlalu ketat dapat memapatkan perut dan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan yang berakibat timbul rasa mual serta mulas," ujar dokter yang bekerja di organisasi Share Care seperti dikutip dari Live Strong.2. Mengganggu Peredaran DarahDr. Keri menambahkan, celana dalam yang dipakai di pinggul terlalu ketat juga dapat menurunkan sirkulasi darah di bagian paha a [...]

7 Tips Mudah Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

7 Tips Mudah Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah zat lemak yang menyediakan energi bagi sel-sel tubuh Anda, yang diproduksi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Kolesterol sangat penting bagi tubuh jika masih dalam kadar yang sesuai, namun terlalu banyak kolesterol justru dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular seperti jantung, stroke dan lainnya. Oleh karena itu untuk membantu Anda tetap sehat, perhatikan kadar kolesterol dengan tujuh tips yang dikutip dari Health Me Up berikut ini:1. Berhenti MerokokMenghentikan kebiasaan merokok adalah metode yang penting dalam mengurangi tingkat kolesterol Anda. Kandungan dalam rokok dapat mengakibatkan lapisan dalam arteri, atau endothelium semakin rusak. Karsinogen dan karbon mono-oksida yang terdapat dalam asap rokok dalam arteri menjadi lebih rentan terhadap kejang, sehingga menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah.Merokok juga dapat menurunkan kadar kolesterol lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, dan di waktu yang bersamaan meningkatkan kadar kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol buruk. Selain itu, perokok juga dapat mengalami palpitasi jantung yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka secara [...]

6 Mitos Populer Selama Kehamilan

6 Mitos Populer Selama Kehamilan

"Awas, kalo hamil jangan nge-cat rambut dulu!" Nah lho? Benar gak sih? Atau Anda pernah mendengar juga anggapan mengenai hal-hal yang dianggap dilarang dilakukan oleh ibu hamil selama menjalani masa kehamilan lainnya? Ada anggapan juga selama masa kehamilan juga dilarang berhubungan seks dengan suami. Wah, apa pasal? Tidak sedikit anggapan salah yang berkembang mitos berlawanan dengan fakta kesehatan sebenarnya. Padahal, beberapa mitos tersebut jika dilakukan malah-malah bisa mendatangkan manfaat tersendiri bagi ibu hamil, lho. Untuk lebih jelasnya, simak pelurusan mitos-mitos yang ada dengan paparan fakta-fakta sebagai berikut: Mitos 1: Hindari Vaksin Flu Justru sebaliknya, para ahli berpendapat bahwa vaksin flu penting bagi ibu hamil dan tidak membahayakan janin. Namun pilihlah vaksin flu yang mengandung virus mati bukan vaksin yang mengandung virus hidup yang dilemahkan. Jika Anda khawatir dengan pengawetnya, maka pilihlah vaksin flu yang bebas thimerosal. (Baca: Vaksinasi Selama Kehamilan) Vaksin apa yang harus saya peroleh selama kehamilan? Berikut adalah jenis-jenis vaksin yang aman untuk diberikan bagi wanita hamil: Hepatitis B: wanita hamil yang beri [...]

Penyebab dan Solusi Mengatasi Kulit Jari Tangan Mengelupas

Penyebab dan Solusi Mengatasi Kulit Jari Tangan Mengelupas

Adakah sebagian dari Anda yang mengalami pengelupasan kulit jari dengan sendirinya? Pengelupasan kulit jari tangan ini sudah lumrah dan umum dialami oleh sebagian besar orang. Pada area ujung sekitar jari memang merupakan area yang sensitif, jika tidak dirawat dengan baik, maka kulit jari tangan mengelupas pada Anda. Penyebab kulit jari tangan mengelupas ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya: 1. Eksim 2. Sunburn atau paparan sinar matahari yang begitu intens 3. Psoriasis merupakan kelainan kulit yang menyebabkan pengganti atau pembaharuan pada kulit. 4. Suhu rendah atau dingin yang begitu ekstrem yang menyebabkan pengerutan pada kulit serta pengelupasan 5. Penggunaan bahan kimia 6. Pencucian tangan yang terkalu sering 7. Alergi, kekurangan vitamin B, diabetes dan lain lain. Gejala kulit jari tangan mengelupas umumnya di derita oleh sebagian besar orang. Namun bagi beberapa orang yang menderita gangguan kulit, misalnya eksim dan psoriasis akan mengalami pengelupasan secara terus menerus, sehingga menyebabkan kondisi kulit lebih sensitif. Selanjutnya ketika mencuci dengan menggunakan sabun yang keras atau obat salep akan menyebabkan kulit sekitar ujung jari menjadi [...]

Emboli Paru, Penyebab Kematian Mendadak

Emboli Paru, Penyebab Kematian Mendadak

Kematian memang merupakan sesuatu hal yang tidak dapat dihindari dan dapat terjadi pada usia berapa pun. Terdapat jutaan manusia meninggal setiap tahunnya karena berbagai penyebab. Menurut World Health Organization (WHO), diperkirakan 55 juta orang meninggal di dunia pada tahun 2011. Sekitar dua per tiganya disebabkan oleh penyakit tidak menular, seperti penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, danpenyakit paru kronik maupun akut. Bicara soal penyakit paru akut, mungkin Anda pernah mendengar penyebab kematian mendadak akibat kondisi emboli paru. Sudah terdapat kasus kematian akibat emboli paru yang sudah terdokumentasi. Emboli paru dapat menyebabkan kematian mendadak, karena itu pengetahuan tentang emboli paru diperlukan. . Waspada Kematian Mendadak Akibat Emboli Paru Kematian memang merupakan sesuatu hal yang tidak dapat dihindari dan dapat terjadi pada usia berapa pun. Terdapat jutaan manusia meninggal setiap tahunnya karena berbagai penyebab. Menurut World Health Organization (WHO), diperkirakan 55 juta orang meninggal di dunia pada tahun 2011. Sekitar dua per tiganya disebabkan oleh penyakit tidak menular, seperti penyakit kardiovaskular, kanker, diabe [...]

Pengaruh dan Penanganan Gonore pada Kehamilan dan Bayi Baru Lahir

Pengaruh dan Penanganan Gonore pada Kehamilan dan Bayi Baru Lahir

Pada ibu hamil, penyakit menular seksual gonore ternyata dapat memengaruhi kehamilan dan bayi yang baru lahir. Tapi tidak perlu khawatir karena gonore dapat ditangani hingga tuntas. Gonore adalah penyakit menular yang paling sering ditularkan melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi. Gonore disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae, bakteri yang tumbuh dan berkembang biak dengan mudah di selaput lendir tubuh. Bakteri ini dapat tumbuh di daerah saluran reproduksi yang hangat dan lembap seperti leher rahim, uterus (rahim), dan tuba falopi (saluran telur) pada perempuan. Bakteri tersebut juga berkembang di bagian uretra (saluran yang membawa urine dari kandung kemih keluar tubuh) pada perempuan dan laki-laki dan juga bisa tumbuh di mulut, tenggorokan, dan anus. Bahaya Gonore pada Ibu Hamil dan Bayi Gonore dapat ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi. Wanita yang sedang hamil dan menderita gonore dapat menularkan infeksi tersebut pada bayinya selama persalinan. Jika gonore pada wanita hamil tidak diobati, berbagai komplikasi akan muncul, antara lain kemungkinan keguguran, persalinan prematur, air ketuban pecah sebelum waktunya, infeksi pada lapisan dind [...]

Kenapa Bisa Ada Flek Coklat Sebelum Haid

Kenapa Bisa Ada Flek Coklat Sebelum Haid

Pernah melihat ada flek kecoklatan di celana dalam sebelum haid tiba? Jika benar, maka Anda tidak perlu khawatir karena hampir tiap wanita pernah mendapat flek coklat sebelum haid. Flek coklat atau bercak darah (setetes atau dua tetes darah) ini biasanya berlangsung selama satu atau dua hari. Pada kebanyakan kasus, flek coklat yang muncul sebelum haid merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya. Namun Anda harus memastikan bahwa darah tersebut keluar dari vagina dan bukan dari saluran urine atau anus. Anda mungkin akan merasa kram atau sedikit nyeri ketika mengalami kondisi ini karena bercak darah tersebut bisa jadi tanda bahwa Anda akan mendapat haid atau sedang memasuki masa premenstrual syndrome (PMS). Selain terjadi beberapa saat sebelum haid, flek coklat juga bisa muncul pada pertengahan siklus bulanan Anda. Bagi Anda yang ingin cepat hamil, kehadiran bercak darah dapat Anda manfaatkan untuk berhubungan intim karena ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami ovulasi. Kehadiran flek coklat sebelum menstruasi juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami beberapa kondisi di bawah ini. Stres dan kelelahan. Kondisi ini bisa menyebabkan otak untuk tidak memulai s [...]

Lari, Tren Olahraga Terbaru di Jakarta

Lari, Tren Olahraga Terbaru di Jakarta

Tahun berganti tahun, musim berganti musim, demikian juga olahraga yang digemari warga Indonesia kini beralih kepada salah satu cabang olahraga atletik, yaitu lari. Belum lama rasanya kita melihat jalan protokol dipadati sepeda pada hari Minggu, kini derapan ratusan kaki manusia lebih mudah terdengar, begitu bersemangat dan bergairah. Kemudian timbulah pertanyaan, apa sebetulnya manfaat olahraga ini? Lari adalah salah satu cabang olahraga atletik, dimana dibutuhkan ketahanan tersendiri dari tubuh si pelari. Olahraga yang sifatnya aerobik selain lari antara lain berenang, bersepeda, dan masih banyak lagi. Olahraga-olahraga ini baik untuk kesehatan jantung manusia, jantung dipaksa memompa darah lebih cepat saat kita berlari, bersepeda, atau berenang, otot-otot jantung pun bekerja dengan optimal. Dan bukan hanya itu, semakin lama Anda berlari, kalori yang terbakar pun semakin banyak, karena panas yang dikeluarkan tubuh juga semakin besar, inilah sebabnya Anda berkeringat saat berlari. Jika Anda kemudian berpikir, bukankah dengan berlari persendian di lutut dan kaki kita lebih cepat rusak? Penelitian mahasiswa kedokteran di Inggris menemukan fakta menarik. Dikatakan setelah sejumlah [...]

Pengaruh Gejala Thyroid Terhadap Diet

Pengaruh Gejala Thyroid Terhadap Diet

Apabila Anda mempunyai keluhan rambut rontok dan berat tubuh yang tidak dapat dikontrol meskipun berbagai macam cara telah dilakukan dengan benar, bisa jadi hal tersebut dikarenakan oleh hormon tiroid yang tidak seimbang. Mekanisme tubuh dalam menyeimbangkan hormon thyroid seringkali terganggu atau bahkan memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri yang mengakibatkan munculnya gejala thyroid yang dapat mengganggu dalam kehidupan keseharian kita. Gangguan gejala ini terbagi menjadi dua yaitu hypothyroidism dan hyperthyroidism. Gejala hypothyroid merupakan keadaan dimana kurangnya produksi hormon thyroid yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut berbanding terbalik dengan gejala hyperthyroid yang mengasilkan hormon thyroid berlebih. Namun keduanya memberikan dampak negatif tersendiri bagi pengidap. Umumya gejala hypothyroid lebih banyak terjadi di masyarakat dengan mengakibatkan seseorang tetap mengalami penambahan berat badan meskipun telah melakukan diet yang benar. Kurangnya hormon thyroid pada tubuh akan mempengaruhi sistem metabolisme dalam membakar energi. Sehingga seringkali juga menyebabkan tubuh mudah lelah, lesu hingga mempengaruhi mood bahkan menjadi depresi. Gangguan thy [...]

4 Asupan untuk Sahur Agar Tidak Lemas di Hari Pertama Puasa

4 Asupan untuk Sahur Agar Tidak Lemas di Hari Pertama Puasa

Tidak sedikit orang yang terlihat lemas saat baru menjalani hari pertama puasa. Hal itu dipengaruhi oleh perubahan pola makan Anda terutama bagi yang selalu makan teratur tiga hari sekali ditambah camilan. Agar tubuh tetap bugar dan tidak lemas di hari pertama puasa, konsumsi lima asupan ini saat sahur yang bisa meningkatkan energi Anda seharian.1. Air LemonMenurut pakar food combining, Erikar Lebang, dalam bukunya yang berjudul 'Food Combining di Bulan Ramadhan', mengonsumsi satu gelas air hangat yang diberi sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis saat sahur baik untuk tubuh. Air lemon ampuh untuk mendetox liver. Selain itu, air lemon juga akan meningkatkan oksigen dan kalsium dalam hati yang akhirnya mempengaruhi kadar oksigen dalam darah.2. Minum Ekstra Air PutihSaat berpuasa Anda sering disarankan minum ekstra air putih oleh para ahli. Air putih berguna untuk menyediakan cadangan cairan selama berpuasa. Hindari kopi dan teh terlalu banyak karena bisa menyebabkan dehidrasi. Selain itu, mengonsumsi gula hanya akan membuat tubuh cepat lemas. Gula memang bisa memberi tambahan energi dengan instan, sayangnya itu adalah energi palsu."Gula membuat kadar gula darah cepat naik, [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *