Kenapa Bisa Terjadi Keputihan Berwarna Coklat?

kenapa-bisa-terjadi-keputihan-berwarna-coklat-alodokter.jpg

Keputihan adalah hal yang wajar untuk dialami oleh perempuan pada segala usia, namun berbeda artinya jika keputihan yang terjadi disertai dengan warna tertentu. Keputihan berwarna coklat, baik coklat muda maupun coklat gelap, bisa menjadi pertanda kepada kondisi tubuh tertentu.

Keputihan memegang peranan penting bagi sistem reproduksi wanita sebagai proses pembuangan cairan yang dihasilkan kelenjar di dalam serviks dan vagina. Cairan ini membawa bakteri dan sel mati yang nantinya dapat mencegah infeksi dan membuat vagina tetap bersih.

Keputihan berwarna coklat biasanya terjadi pada akhir periode menstruasi atau bisa juga terjadi pada masa kehamilan. Jika keputihan Anda tidak hanya berwarna, tapi juga berbau, disertai gatal, atau gejala lainnya, maka bisa jadi itu merupakan tanda-tanda adanya gangguan kesehatan.

Penyebab Keputihan Berwarna Coklat

Keputihan bisa disebabkan oleh tanda ovulasi, awal pada masa kehamilan, mendekati menopause, atau sudah memasuki menopause. Keputihan yang terjadi biasanya berwarna coklat muda hingga coklat tua. Keputihan berwarna coklat pekat juga bisa terjadi jika Anda mengalami pendarahan dinding rahim atau endometrium. Biasanya terjadi sebelum menstruasi dimulai atau diujung siklus menstruasi.

Keputihan berwarna coklat tidak hanya terbatas oleh hal-hal normal di atas karena terdapat beberapa penyebab lainnya, seperti:

  • Pendarahan yang disebabkan implantasi janin. Keputihan bisa disebabkan oleh proses penanaman telur yang telah dibuahi pada dinding rahim. Keputihan ini bisa berwarna merah, merah muda, atau coklat muda, dan merupakan tanda-tanda awal kehamilan. Keputihan yang tergolong normal ini bisa terjadi selama 10-14 hari setelah pembuahan.
  • Atrofi vaginitis. Kondisi ini terjadi karena kerkurangan hormon estrogen. Pada atrofi vaginitis, vagina memgalami peradangan akibat rusaknya jaringan otot dan produksi cairan lubrikasi yang menurun, Jika Anda mengalami atrofi vaginitis, Anda bisa merasakan sakit pada saat melakukan hubungan intim, vagina terasa kering, perih, dan mengeluarkan keputihan berwarna coklat. Selain berwarna coklat, keputihan yang Anda alami juga bisa berwarna kuning dan memiliki bau busuk.
  • Penyakit menular seksual. Keputihan yang berwarna coklat juga bisa menjadi tanda kepada penyakit menular seksual, seperti gonore, kutil kelamin, klamidia, dan trikomoniasis. Perhatikan gejala lain yang menyertai keputihan Anda seperti rasa perih, gatal, bau, dan ruam.
  • Polip rahim. Polip rahim juga bisa menjadi penyebab kemunculan keputihan berwarna coklat. Tidak hanya keputihan, gejala-gejala lain seperti pendarahan setelah melakukan hubungan intim atau darah menstruasi yang keluar cukup banyak juga bisa muncul jika Anda mengalami polip rahim.
  • Penyakit inflamasi panggul. Inflamasi panggul dapat menyebabkan sakit pada bagian perut bawah, rasa sakit saat berhubungan seksual, dan masalah infertilitas. Bagian tuba falopi, serviks, dan/atau lapisan rahim akan mengalami infeksi. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.
  • Kanker serviks. Keputihan berwarna coklat tua bisa menjadi tanda adanya penyakit kanker serviks. Perhatikan tanda-tanda lainnya, seperti berat badan yang turun secara drastis, nafsu makan berkurang, kelelahan yang berlebihan, dan sakit pada bagian pinggul dan tungkai.

Perhatikan tanda-tanda lain yang mungkin dirasakan jika Anda mengalami keputihan berwarna coklat terus menerus. Periksakan diri ke dokter jika Anda merasakan gatal, sakit pada bagian vagina, vagina membengkak, keputihan berbau busuk, dan sakit pada saat berhubungan intim.

Cara Mengobati Keputihan Berwarna Coklat

Penanganan keputihan berwarna coklat perlu disesuaikan dengan penyebab dasarnya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi keputihan berwarna coklat.

  • Kanker serviks. Jika keputihan yang dialami disebabkan oleh kanker serviks, maka pengobatan yang dapat dilakukan adalah radiasi, kemoterapi, atau operasi.
  • Penyakit menular seksual. Jika Anda mengalami penyakit menular seksual, maka yang bisa dilakukan adalah dengan mengosumsi antibiotik. Konsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokter Anda.
  • Polip rahim. Ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan untuk mengatasi polip rahim. Pilihan pertama adalah dengan memberikan obat hormonal untuk mengurangi gejala dan mengecilkan polip.
    Pilihan lainnya adalah dengan melakukan prosedur kuret. Dokter akan mengikis polip tersebut dari dinding rahim. Kemudian melakukan pemeriksaan di laboratorium.
    Selain itu, Anda juga dapat melakukan prosedur histerektomi, yaitu dengan mengangkat semua polip dan kemudian mengirimnya ke laboratorium guna melakukan pemeriksaan. Polip biasanya tidak bersifat kanker. Namun jika ternyata ditemukan kanker, dokter akan mendiskusikan langkah pengobatan selanjutnya.

Jika keputihan Anda disebabkan oleh kehamilan, menstruasi, menopause atau ovulasi, maka Anda tidak bisa mencegah hal tersebut karena sudah terjadi secara alami. Sedangkan beberapa penyebab lainnya, seperti kanker serviks, penyakit menular seksual, polip rahim, atau penyakit inflamasi panggul perlu diatasi.

Masalah daerah kewanitaan bisa membuat para wanita merasa khawatir. seperti keputihan yang disertai bau busuk atau gejala lainnya. Keputihan berwarna coklat sebenarnya adalah hal yang wajar, namun jika Anda merasa terganggu, segera konsultasikan hal ini kepada dokter.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bersepeda Mencegah Depresi

Bersepeda Mencegah Depresi

Bersepeda merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik dan apabila dilakukan secara teratur dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Secara umum, aktivitas fisik, dalam hal ini termasuk bersepeda, yang dilakukan secara teratur dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan seperti: Menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskuler, diabetes, dan hipertensi Dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes Dapat membantu mengontrol tekanan darah pada pasien hipertensi Membantu menjaga berat badan ideal Mendorong kesehatan jiwa atau mental dengan menurunkan resiko depresi dan ansietas Mempertahankan tingkat kebugaran Namun demikian, sedikit berbeda dengan aktivitas olahraga lainnya, ternyata bersepeda memiliki keuntungan tersendiri. Bersepeda Mencegah Depresi Bersepeda merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik dan apabila dilakukan secara teratur dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Secara umum, aktivitas fisik, dalam hal ini termasuk bersepeda, yang dilakukan secara teratur dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan seperti: Menurunkan risiko terkena penyakitkardiovaskuler, diabetes, dan hipertensi Dapat membantu mengontrol [...]

Mengapa Polusi Udara Bisa Menyebabkan Batuk?

Mengapa Polusi Udara Bisa Menyebabkan Batuk?

Udara merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Pada udara terkandung gas yang terdiri dari 78% nitrogen, 20% oksigen, 0,93% argon, 0,03% karbon dioksida, dan sisanya terdiri dari neon, helium, metan dan hidrogen. Komposisi tersebut merupakan standar udara normal yang dapat mendukung kehidupan manusia. Apabila terjadi penambahan gas-gas lain yang menimbulkan gangguan atau perubahan komposisi tersebut, maka kondisi itu disebut dengan pencemaran atau polusi udara. Polusi udara tidak hanya dapat mengganggu kenyamanan lingkungan, tetapi juga kesehatan. Banyak masalah kesehatan terkait pernapasan yang disebabkan oleh polusi udara, seperti batuk kering, mengi (bunyi napas tambahan), nyeri dada, dan lain-lain. Apa saja sumber-sumber pencemaran udara yang dapat mengganggu kesehatan? Sumber pencemaran udara menetap (point source): asap pabrik, instalasi pembangkit tenaga listrik, asap dapur, pembakaran sampah rumah tangga, dan lain sebagainya Sumber pencemaran udara yang tidak menetap (non point source): gas buang kendaraan bermotor, pesawat udara, kereta api, dan kegiatan-kegiatan lain yang menghasilkan gas emisi dengan lokasi berpindah-pindah Sumber pencemaran udara [...]

No Bra Day: Pemakaian Bra Menyebabkan Kanker Payudara Tidak Sepenuhnya Benar

No Bra Day: Pemakaian Bra Menyebabkan Kanker Payudara Tidak Sepenuhnya Benar

No Bra Day beberapa tahun belakangan ini dikenali sebagai hari untuk membantu meningkatkan kewaspadaan terhadap kanker payudara yang diperingati selama sebulan penuh di bulan Oktober. Selain dari pita merah mudah dan ?memerahmudakan? segala sesuatu di bulan Oktober, kegiatan No Bra Day ini makin populer digaung-gaungkan di dunia maya melalui sosial media. Tidak diketahui siapa yang mencetuskannya pertama kali dan bagaimana menjadi tersebar, kegiatan yang mengajak wanita untuk tidak memakai bra selama satu hari penuh ini nampaknya dimaksudkan untuk mengingatkan wanita untuk sadar terhadap kesehatan payudaranya dan ancaman bahaya kanker. Selain itu, nampaknya kegiatan ini juga muncul dari adanya ?kepercayaan? bahwa pemakaian bra dapat menyebabkan kanker payudara. Apakah hal ini benar? ?Mitos? yang beredar adalah bahwa pemakaian bra sepanjang hari dapat mengganggu aliran getah bening dari payudara ke kelenjar getah bening terdekat (daerah ketiak) sehingga dapat menyebabkan penumpukan racun di dalam jaringan payudara dan meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara. Bagaimana mulanya? Berikut penjelasannya: Bagaimana Mulanya? Sebuah penelitian pada tahun 1991 mem [...]

Sering Nyeri Perut Bawah? Waspada Gejala Kanker Ovarium

Sering Nyeri Perut Bawah? Waspada Gejala Kanker Ovarium

Di Indonesia, kanker merupakan penyebab kematian nomor enam. Setiap tahun terdapat 100 kasus penderita kanker baru dari 100.000 penduduk di Indonesia. Salah satu kanker yang perlu diwaspadai adalah kanker ovarium. Kanker Ovarium atau kanker indung telur seringkali terlupakan oleh kita. Padahal, kanker ovarium menduduki peringkat ketiga kanker tersering pada wanita setelah kanker payudara dan kanker serviks (leher rahim). Beberapa tokoh yang mengidap penyakit ini dan akhirnya tutup usia karena perjalanan penyakit ini adalah Ibu Ainun, istri Bapak Habibie dan Ibu dari artis Holywood Angelina Jolie. Bahkan, keputusan Angelina Jolie untuk melakukan operasi pengangkatan kedua payudaranya didasari karena kekuatirannya terhadap sejarah medis Ibunya yang mengidap kanker ovarium. Kanker ovarium ini sering terlupakan karena memang seringkali tidak memberikan gejala di awal-awal dan sampai saat ini belum ada metode deteksi dini yang mudah dilakukan seperti SADARI (periksa payudara sendiri) atau mamografi pada deteksi dini kanker payudara atau papsmear atau tes IVA (Inspeksi Asam Asetat) pada deteksi dini kanker serviks. Diperkirakan, sekitar 70% kasus kanker ovarium baru terdeteksi pada stadi [...]

7 Buah Paling Baik untuk Jaga Kesehatan Tubuh

7 Buah Paling Baik untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan mengonsumsi buah-buahan. Mulai dari efek positif pada kesehatan hingga urusan penampilan tubuh.Memakan buah segar dipercaya jauh lebih baik ketimbang jus. Hal ini karena, jus bisa membuat nutrisi dalam buah menghilang akibat proses pembuatannya. Seperti yang dikutip dari Times of India, ada beberapa buah yang paling baik untuk dikonsumsi. Apa saja?1. KiwiWalau bentuknya kecil, namun manfaat kiwi begitu besar. Kiwi merupakan sumber potasium --mineral yang membantu turunkan tekanan darah dan bermanfaat bagi sistem saraf otonom yang mengontrol detak jantung, mengandung banyak vitamin E, magnesium serta serat. Menariknya, kandungan vitamin C di dalam kiwi dua kali lipat lebih besar daripada jeruk.2. ApelWalau kandungan vitamin C tidak terlalu tinggi, namun apel memiliki kadar antioksidan dan flavonoid yang dapat meningkatkan manfaat vitamin C. Hasilnya, risiko masalah usus, serangan jantung, kanker dan stroke menurun.3. StroberiStoberi memiliki kandungan antioksidan tertinggi daripada buah lainnya. Selain itu, buah yang rasanya sedikit asam ini dapatmelindungi tubuh dari penyebab kanker dan penyumbatan pembuluh darah akibat radikal [...]

Beberapa Kelebihan Makanan Organik

Beberapa Kelebihan Makanan Organik

Saat ini sudah sering kita dengar banyaknya produk makanan organik. Ya, makanan organik memang sedang marak dikembangkan. Para petani tanaman organik mulai banyak didapatkan dan produksi mereka pun mulai meningkat karena permintaan konsumen yang meningkat pula. Saat ini sudah banyak orang-orang yang mulai beralih dari makanan konvensional ke makanan organik. Namun apakah benar makanan organik lebih sehat daripada makanan konvensional? Apakah kelebihan makanan organik dibandingkan makanan umum lainnya? Hal apa yang membuat banyak orang lebih memilih makanan organik akhir-akhir ini? Kelebihan Makanan Organik Air yang terkandung dalam sayuran organik ternyata tidak sebanyak dalam sayuran konvensional sehingga dalam penyimpanannya akan tidak cepat busuk. Selain itu, sayuran organik sering dijual dalam keadaan masih segar sehingga akan lebih lezat saat disantap. Sayuran organik juga ditanam tanpa menggunakan pestisida. Sayuran ini menggunakan pupuk kompos sehingga bebas dari bahan-bahan kimia. Dengan mengkonsumsi sayuran organik, maka akan semakin mengurangi jumlah zat kimia yang dikonsumsi sehingga paparan zat radikal bebas terhadap sel-sel tubuh juga akan berkur [...]

Inilah Wanita Tertua di Dunia Berusia 127 Tahun

Inilah Wanita Tertua di Dunia Berusia 127 Tahun

Leandra Beccera Lumbreras, begitulah nama wanita asal Meksiko yang mengklaim sebagai wanita tertua di dunia itu. Leandra baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-127.Seperti dikutip CNN Meksiko, Leandra mengaku usianya mencapai 27 tahun saat Perang Dunia 1 pecah. Dan ketika Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy tewas ditembak, usianya sudah 75 tahun. Dan saat Tembok Berlin roboh, umurnya sudah 100 tahun.Usia 127 tahun menurut teman dan keluarga dicapai Leandra pada Minggu (31/8/2014). Artinya wanita tersebut lahir pada 31 Agustus 1887. Sayangnya pencapaian dari Leandra ini tidak bisa dicatat secara resmi di Guinness Book of Records karena tak memiliki akte kelahiran yang bisa menjadi bukti resmi mengenai usianya. Akte kelahirannya hilang saat dia pindah rumah 40 tahun lalu.Hidup panjang umur, Leandra sudah melihat banyak hal dalam hidupnya. Hal itu termasuk menyaksikan bagaimana lima anak dan beberapa cucunya meninggal lebih dulu darinya. Saat ini dia memiliki 73 cicit dan 55 piut (keturunan setelah cicit).Apa resep panjang umur Leandra? Menurut keluarganya, wanita yang tinggal di Zapopan, Meksiko ini selalu makan sehat, ngemil cokelat dan cukup tidur. Hingga dua tahun lalu [...]

9 Kebiasaan Ini Baik Diterapkan untuk Menjaga Kesehatan Gigi

9 Kebiasaan Ini Baik Diterapkan untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Kerusakan pada gigi biasanya dikaitkan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, seperti permen dan sejenisnya. Pada kenyataannya segala makanan yang mengandung karbohidrat dapat membuat gigi berlubang. Bagaimana cara mengatasinya?Plak yang bercampur dengan karbohidrat akan membentuk asam sehingga merusak email gigi dan membuatnya berlubang. Oleh sebab itu Anda harus rajin melakukan perawatan gigi. Di bawah ini beberapa tips untuk meminimalisir jumlah asam, sehingga dapat mencegah kerusakan pada gigi, dilansir dari She Knows.1. Makan makanan yang sehat dan seimbang. Selain karbohidrat Anda juga memerlukan tambahan nutrisi seperti vitamin dan mineral agar gigi dan gusi tetap sehat.2. Berikan jeda waktu antara makan dan ngemil. Ini membantu gigi agar tidak selalu terkena asam. Karena setelah makan, asam akan terbentuk antara 20 ? 40 menit.3. Minuman dengan gula tambahan seperti jus, teh dan kopi akan membentuk asam pada gigi. Batasi minum minuman dengan gula tamabahan. Termasuk juga memakan permen lollipop.4. Bila memungkinkan minumlah air yang mengandung florida. Air dan florida akan membantu membersihkan dan melindungi gigi.5. Jangan membiarkan bayi terla [...]

Menangani Asma pada Anak

Menangani Asma pada Anak

Asma pada anak-anak memiliki spesifikasi yang perlu ditangani secara berbeda pada tiap usia. Sehingga penting untuk mengenali kondisi mendetail pada tiap anak pengidap asma. Apa Pemicu Asma? Penyebab dasar asma belum diketahui. Walau demikian banyak faktor yang diperkirakan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena asma. Berikut ini adalah beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan timbulnya asma atau membuat asma pada anak menjadi makin parah, antara lain: Lahir dalam kondisi berat badan di bawah normal. Lahir prematur. Paparan asap rokok, termasuk saat masih dalam kandungan dan setelah dilahirkan. Terdapat riwayat anggota keluarga yang mengidap asma, eksim, gatal-gatal, atau rhinitis. Infeksi saluran pernapasan yang terjadi berulang-ulang dan bersifat parah seperti pneumonia. Riwayat alergi yang pernah dialami seperti pada kulit atau eksim, dan alergi makanan. Paparan polusi udara atau asap rokok saat masih di dalam kandungan dan setelah lahir. Anak laki-laki lebih berisiko mengidap asma daripada anak perempuan. Apa Sajakah Tanda-tanda Anak yang Mengidap Asma? Gejala asma sudah dapat dikenali pada usia balita. Pada tiap anak di berbagai usia, gejalanya dapat sangat be [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *