Kenapa Bisa Terjadi Keputihan Berwarna Coklat?

kenapa-bisa-terjadi-keputihan-berwarna-coklat-alodokter.jpg

Keputihan adalah hal yang wajar untuk dialami oleh perempuan pada segala usia, namun berbeda artinya jika keputihan yang terjadi disertai dengan warna tertentu. Keputihan berwarna coklat, baik coklat muda maupun coklat gelap, bisa menjadi pertanda kepada kondisi tubuh tertentu.

Keputihan memegang peranan penting bagi sistem reproduksi wanita sebagai proses pembuangan cairan yang dihasilkan kelenjar di dalam serviks dan vagina. Cairan ini membawa bakteri dan sel mati yang nantinya dapat mencegah infeksi dan membuat vagina tetap bersih.

Keputihan berwarna coklat biasanya terjadi pada akhir periode menstruasi atau bisa juga terjadi pada masa kehamilan. Jika keputihan Anda tidak hanya berwarna, tapi juga berbau, disertai gatal, atau gejala lainnya, maka bisa jadi itu merupakan tanda-tanda adanya gangguan kesehatan.

Penyebab Keputihan Berwarna Coklat

Keputihan bisa disebabkan oleh tanda ovulasi, awal pada masa kehamilan, mendekati menopause, atau sudah memasuki menopause. Keputihan yang terjadi biasanya berwarna coklat muda hingga coklat tua. Keputihan berwarna coklat pekat juga bisa terjadi jika Anda mengalami pendarahan dinding rahim atau endometrium. Biasanya terjadi sebelum menstruasi dimulai atau diujung siklus menstruasi.

Keputihan berwarna coklat tidak hanya terbatas oleh hal-hal normal di atas karena terdapat beberapa penyebab lainnya, seperti:

  • Pendarahan yang disebabkan implantasi janin. Keputihan bisa disebabkan oleh proses penanaman telur yang telah dibuahi pada dinding rahim. Keputihan ini bisa berwarna merah, merah muda, atau coklat muda, dan merupakan tanda-tanda awal kehamilan. Keputihan yang tergolong normal ini bisa terjadi selama 10-14 hari setelah pembuahan.
  • Atrofi vaginitis. Kondisi ini terjadi karena kerkurangan hormon estrogen. Pada atrofi vaginitis, vagina memgalami peradangan akibat rusaknya jaringan otot dan produksi cairan lubrikasi yang menurun, Jika Anda mengalami atrofi vaginitis, Anda bisa merasakan sakit pada saat melakukan hubungan intim, vagina terasa kering, perih, dan mengeluarkan keputihan berwarna coklat. Selain berwarna coklat, keputihan yang Anda alami juga bisa berwarna kuning dan memiliki bau busuk.
  • Penyakit menular seksual. Keputihan yang berwarna coklat juga bisa menjadi tanda kepada penyakit menular seksual, seperti gonore, kutil kelamin, klamidia, dan trikomoniasis. Perhatikan gejala lain yang menyertai keputihan Anda seperti rasa perih, gatal, bau, dan ruam.
  • Polip rahim. Polip rahim juga bisa menjadi penyebab kemunculan keputihan berwarna coklat. Tidak hanya keputihan, gejala-gejala lain seperti pendarahan setelah melakukan hubungan intim atau darah menstruasi yang keluar cukup banyak juga bisa muncul jika Anda mengalami polip rahim.
  • Penyakit inflamasi panggul. Inflamasi panggul dapat menyebabkan sakit pada bagian perut bawah, rasa sakit saat berhubungan seksual, dan masalah infertilitas. Bagian tuba falopi, serviks, dan/atau lapisan rahim akan mengalami infeksi. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.
  • Kanker serviks. Keputihan berwarna coklat tua bisa menjadi tanda adanya penyakit kanker serviks. Perhatikan tanda-tanda lainnya, seperti berat badan yang turun secara drastis, nafsu makan berkurang, kelelahan yang berlebihan, dan sakit pada bagian pinggul dan tungkai.

Perhatikan tanda-tanda lain yang mungkin dirasakan jika Anda mengalami keputihan berwarna coklat terus menerus. Periksakan diri ke dokter jika Anda merasakan gatal, sakit pada bagian vagina, vagina membengkak, keputihan berbau busuk, dan sakit pada saat berhubungan intim.

Cara Mengobati Keputihan Berwarna Coklat

Penanganan keputihan berwarna coklat perlu disesuaikan dengan penyebab dasarnya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi keputihan berwarna coklat.

  • Kanker serviks. Jika keputihan yang dialami disebabkan oleh kanker serviks, maka pengobatan yang dapat dilakukan adalah radiasi, kemoterapi, atau operasi.
  • Penyakit menular seksual. Jika Anda mengalami penyakit menular seksual, maka yang bisa dilakukan adalah dengan mengosumsi antibiotik. Konsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokter Anda.
  • Polip rahim. Ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan untuk mengatasi polip rahim. Pilihan pertama adalah dengan memberikan obat hormonal untuk mengurangi gejala dan mengecilkan polip.
    Pilihan lainnya adalah dengan melakukan prosedur kuret. Dokter akan mengikis polip tersebut dari dinding rahim. Kemudian melakukan pemeriksaan di laboratorium.
    Selain itu, Anda juga dapat melakukan prosedur histerektomi, yaitu dengan mengangkat semua polip dan kemudian mengirimnya ke laboratorium guna melakukan pemeriksaan. Polip biasanya tidak bersifat kanker. Namun jika ternyata ditemukan kanker, dokter akan mendiskusikan langkah pengobatan selanjutnya.

Jika keputihan Anda disebabkan oleh kehamilan, menstruasi, menopause atau ovulasi, maka Anda tidak bisa mencegah hal tersebut karena sudah terjadi secara alami. Sedangkan beberapa penyebab lainnya, seperti kanker serviks, penyakit menular seksual, polip rahim, atau penyakit inflamasi panggul perlu diatasi.

Masalah daerah kewanitaan bisa membuat para wanita merasa khawatir. seperti keputihan yang disertai bau busuk atau gejala lainnya. Keputihan berwarna coklat sebenarnya adalah hal yang wajar, namun jika Anda merasa terganggu, segera konsultasikan hal ini kepada dokter.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Merokok Terkait Dengan Risiko Psoriasis Lebih Tinggi

Merokok Terkait Dengan Risiko Psoriasis Lebih Tinggi

Menambahkan ke dalam daftar konsekuensi kesehatan yang mungkin dari merokok, sebuah studi besar menunjukkan bahwa perokok memiliki peningkatan risiko terserang kondisi kulit kronis psoriasis. Orang dengan psoriasis memiliki ciri-ciri kulit yang tebal, merah, kulit bersisik yang sering gatal atau sakit. Para ahli percaya penyakit ini disebabkan oleh serangan yang abnormal pada sistem kekebalan tubuh yang terdapat dalam sel-sel tubuh. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa perokok lebih rentan terhadap psoriasis, mungkin karena kebiasaan merokok dapat mempengaruhi aktivitas kekebalan tubuh. Tapi kebanyakan mempelajari orang hanya pada satu titik waktu saja, yang membuat sulit untuk memastikan bahwa merokok menyebabkan psoriasis. Jadi untuk studi baru, para peneliti menggunakan data dari tiga besar, studi ini dilakukan oleh para profesional kesehatan di AS. Dari hampir 186.000 pria dan wanita yang dipantau selama 12 sampai 20 tahun, 2.410 orang positif terkena psoriasis selama kurun waktu tersebut. Dan resiko lebih besar pada perokok dan mantan perokok. Orang-orang yang adalah perokok pada saat ini, ketika awal studi tersebut memiliki resiko hampir dua kali lebih mungkin untuk dapat [...]

Ingin Cepat Kurus? Cobalah Diet Mayo

Ingin Cepat Kurus? Cobalah Diet Mayo

Belakangan ini muncul bermacam-macam jenis diet untuk menurunkan berat badan. Sebelum melakukan diet sebaiknya kita mempelajari dulu tentang diet tersebut, kemudian disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh saat ini. Diet mayo merupakan program penurunan berat badan yang dibuat oleh ahli kesehatan dari Mayo Clinic di Minnesota. Tujuan utama diet ini adalah menjaga berat badan dalam jangka waktu panjang dan membiasakan gaya hidup sehat. Diet mayo terdiridari 2 fase, yaitu: 1. Lose it! Pada fase ini Anda dapat menurunkan berat badan sebanyak 2,7 ? 4,5 kg dalam 2 minggu dengan cara yang sehat dan fokus pada gaya hidup / kebiasaan. Anda harus berusaha menghilangkan 5 kebiasaan buruk dan menambah 5 kebiasaan sehat. Pada fase ini, Anda juga diharuskan melakukan aktivitas fisik atau olahraga minimal 30 menit setiap harinya. 2. Live it! Pada fase ini kita mempelajari cara memilih makanan, menentukan porsi makan, pernecanaan makanan, dan melakukan kebiasaan sehat. Program penurunan berat badan pada fase ini adalah 0,5 ? 1 kg setiap minggu sampai mencapai berat badan yang diharapkan. Pada fase ini Anda juga belajar menetapkan target berat badan dan menerapkan pola makan yang sehat seter [...]

Inilah Wanita Tertua di Dunia Berusia 127 Tahun

Inilah Wanita Tertua di Dunia Berusia 127 Tahun

Leandra Beccera Lumbreras, begitulah nama wanita asal Meksiko yang mengklaim sebagai wanita tertua di dunia itu. Leandra baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-127.Seperti dikutip CNN Meksiko, Leandra mengaku usianya mencapai 27 tahun saat Perang Dunia 1 pecah. Dan ketika Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy tewas ditembak, usianya sudah 75 tahun. Dan saat Tembok Berlin roboh, umurnya sudah 100 tahun.Usia 127 tahun menurut teman dan keluarga dicapai Leandra pada Minggu (31/8/2014). Artinya wanita tersebut lahir pada 31 Agustus 1887. Sayangnya pencapaian dari Leandra ini tidak bisa dicatat secara resmi di Guinness Book of Records karena tak memiliki akte kelahiran yang bisa menjadi bukti resmi mengenai usianya. Akte kelahirannya hilang saat dia pindah rumah 40 tahun lalu.Hidup panjang umur, Leandra sudah melihat banyak hal dalam hidupnya. Hal itu termasuk menyaksikan bagaimana lima anak dan beberapa cucunya meninggal lebih dulu darinya. Saat ini dia memiliki 73 cicit dan 55 piut (keturunan setelah cicit).Apa resep panjang umur Leandra? Menurut keluarganya, wanita yang tinggal di Zapopan, Meksiko ini selalu makan sehat, ngemil cokelat dan cukup tidur. Hingga dua tahun lalu [...]

Anda Pencinta Kopi atau Pencandu Kafein?

Anda Pencinta Kopi atau Pencandu Kafein?

Tren di ibukota sedang bergeser kepada kopi sebagai gaya hidup. Jika belum lama lalu, mungkin kita hanya mengenal satu atau dua merk gerai kopi yang merupakan franchise dari Amerika Serikat, kini sudah kian banyak merk gerai kopi meramaikan pasar kopi di Indonesia. Kedai kopi menjamur di setiap sudut ibukota. lucunya, kedai-kedai ini jarang tampak sedikit pengunjung, ada saja yang membeli barang segelas kopi atau setangkap roti. Sehatkah gaya hidup kopi ini? Ada perbedaan yang nyata antara penyuka minum kopi tulen dengan ?pasien? ketergantungan kopi. Bedanya dimana? Kapan Seseorang Disebut Ketergantungan Terhadap Kafein? Sudah saatnya Anda mencermati gejala-gejala berikutnya jika Anda termasuk peminum kopi yang cukup sering: Ada toleransi terhadap kopi yang Anda minum. Dalam artian yang tadinya hanya dibutuhkan 1 gelas kopi dalam sehari untuk membuat Anda terjaga, sekarang Anda membutuhkan 2 gelas Seringkali Anda gagal saat mencoba mengurangi kebiasaan minum kopi Timbul gejala pada tubuh Anda saat Anda tidak minum kopi gejala ini dapat termanifestasi seperti rasa mudah lelah, mengantuk, dan sebagainya. Anda mengutamakan kopi dib [...]

Awas, Sembarangan Minum Antibiotik Bisa Bahaya

Awas, Sembarangan Minum Antibiotik Bisa Bahaya

Pernahkah Anda mengonsumsi antibiotik untuk demam akibat flu biasa? Sebagian dari Anda mungkin akan menjawabnya dengan ?Ya?. Banyak orang, setiap kali menderita penyakit ringan, memilih untuk langsung menenggak antibiotik. Sayangnya, hal tersebut masih dianggap lumrah. Begitu juga pemakaian antibiotik yang tidak sesuai indikasi dan penggunaan yang menyalahi dosis anjuran. Sebenarnya, antibiotik digunakan hanya bila terbukti adanya infeksi bakteri. Penyakit yang disebabkan oleh virus seperti demam dan flu tidak perlu diobati dengan antibiotik, kecuali dokter menduga telah terjadi infeksi bakteri. Dan tidak banyak yang tahu bahwa penggunaan antibiotik yang tidak rasional seperti itu akan memicu resistensi antibiotik. Resistensi antibiotik adalah suatu keadaan ketika mikroorganisme yang seharusnya sensitif terhadap suatu jenis antibiotik menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut. Pada saat ini terjadi, fungsi antibiotik untuk membunuh bakteri atau menghentikan tumbuh kembang bakteri menjadi tidak berguna. Resistensi terhadap antibiotik menyebabkan bahaya besar bagi manusia karena infeksi yang semula mudah diobati dengan antibiotik kini menjadi sulit atau bahkan tidak dapat lagi dioba [...]

Durian bagi Kesehatan: Kawan atau Lawan?

Durian bagi Kesehatan: Kawan atau Lawan?

Durian si raja buah tropis ini merupakan buah yang mengandung banyak kontroversi. Tidak semua dapat menikmati bau dan rasanya, namun bagi yang lain, musim buah durian menjadi suatu musim yang ditunggu-tunggu. Penikmat buah durian juga dapat menikmati buah durian dalam produk-produk olahan buah durian yang tidak kalah menggiurkan seperti es krim durian, pancake durian, selai durian, dodol durian dan masih banyak lagi. Lepas dari rasa dan baunya, buah durian kerap menjadi ?kambing hitam? terhadap berbagai masalah kesehatan yang Anda seperti peningkatan kolesterol dan gula darah. Memang belum banyak penelitian yang membahas tentang buah durian, dan masih banyak dibutuhkan penelitian mengenai buah ini. Namun, beberapa penelitian menunjukan bahwa buah durian tidak sepenuhnya buah yang ?jahat?. Mari kita sedikit mengupas tentang buah durian ini. Fakta Durian & Kesehatan Berikut ini adalah beberapa fakta kesehatan tentang durian: Mengandung beberapa antioksidan Buah durian telah diteliti mengandung antioksidan yang diharapkan dapat berguna untuk tubuh dalam mencegah penyumbatan pembuluh darah. Kandungan flavonoid dan polifenol ditemukan paling tinggi dalam d [...]

Sikap Positif Buat Wanita Lebih Panjang Umur

Sikap Positif Buat Wanita Lebih Panjang Umur

Hidup tanpa emosi negatif seperti rasa iri dan dengki, tak hanya membuat kehidupan Anda jadi lebih bahagia. Dikutip dari times of india, sebuah penelitian mengungkap, ternyata sikap positif juga bisa membuat Anda lebih panjang umur.Sebuah studi mengenai kebahagiaan dan kesehatan menemukan bahwa wanita yang memiliki sifat optimis, kemungkinan meninggal akibat serangan jantung lebih rendah 30 persen.Menurut hasil penelitian yang dinamakan ?Women?s Health Initiative? itu, rasa marah dan cemas yang berlebihan telah lama diketahui dapat mengganggu fungsi jantung karena stabilitasnya berubah. Selain itu, kemarahan dan kecemasan juga mempercepat penyumbatan pembuluh darah dan meningkatkan peradangan.Oleh karena itu, ketua tim peneliti, Hilary A. Tindle, MD merekomendasikan betapa pentingnya berpikir optimis dan positif. Sikap positif pun bisa didapatkan dengan cara mudah, seperti rekreasi, menonton film atau liburan.Selain itu, membangun sebuah hubungan persahabatan, meditasi dan membuat diri Anda lebih berarti untuk orang lain juga bisa membuat Anda jauh lebih berguna dan bahagia. Jadi mulai sekarang cobalah untuk selalu jalani hidup dengan sikap positif untuk hidup lebih lama.(eya/hs [...]

6 Kesalahan Pemicu Insomnia yang Sering Dilakukan Sebelum Tidur

6 Kesalahan Pemicu Insomnia yang Sering Dilakukan Sebelum Tidur

Setiap orang butuh tidur yang berkualitas di malam hari, karena tubuh perlu waktu beristirahat agar kesehatannya selalu terjaga dan metabolisme stabil. Namun tak sedikit orang yang mengalami kesulitan tidur bahkan insomnia. Kurang tidur bisa membuat tubuh lesu, lemas, memicu obesitas bahkan bisa membuat berbagai penyakit mudah menyerang. Kenapa seseorang bisa sulit tidur padahal aktivitas di siang harinya cukup padat? Ini beberapa kesalahan yang mungkin sering Anda lakukan sebelum tidur.1. Makan Malam Terlalu BanyakMenyantap makanan yang berlebihan di malam hari akan membuat Anda sulit terlelap, terutama jika menunya banyak mengandung protein. Protein lebih sulit dicerna oleh tubuh ketimbang nutrisi lainnya sehingga membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras semalaman. Perlu diketahui, tubuh manusia tidak diciptakan untuk mencerna makanan saat tidur dan itulah yang menyebabkan seseorang sulit tidur nyenyak. Hindari makanan yang tinggi protein di malam hari, atau Anda bisa menyantapnya minimal tiga jam sebelum jam tidur. Hal ini juga berlaku untuk karbohidrat, usahakan tidak mengonsumsi banyak karbohidrat atau makanan tinggi gula karena bisa membuat otak lebih aktif.2. Minum A [...]

Peminum Alkohol Berisiko Terkena Kanker Kulit Hingga 55 Persen

Peminum Alkohol Berisiko Terkena Kanker Kulit Hingga 55 Persen

Peminum alkohol patut waspada dengan kesehatan kulitnya. Menurut penelitian terbaru, mengonsumsi minuman beralkohol secara rutin bisa meningkatkan risiko terkena melanoma, salah satu jenis kanker kulit ganas.Orang yang minum alkohol satu gelas sehari, risikonya 10 persen lebih tinggi menderita kanker kulit dibandingkan mereka yang hanya minum sesekali. Misalnya pada saat pesta saja atau jamuan meeting dengan klien.Sementara peminum yang mengonsumsi alkohol tiga gelas dalam sehari, risikonya bisa lebih tinggi lagi, yaitu mencapai 18 persen. Penelitian tersebut mencatat, semakin banyak jumlah konsumsi alkohol per harinya maka risiko terkena melanoma juga makin bertambah.Pada peminum yang mengonsumsi sedikitnya empat gelas sehari, risikonya lebih tinggi hingga 55 persen. Satu gelas dihitung mengandung 12,5 gram alkohol baik pada segelas wine maupun pada setengah liter bir.Konsumsi alkohol bisa meningkatkan risiko kanker kulit, karena membuat orang jadi lebih ceroboh saat melindungi dirinya (terutama kulit) dari paparan sinar matahari (akibat mabuk). Alkohol juga menyebabkan perubahan biologis yang membuat kulit lebih sensitif terhadap cahaya dan memperburuk efek negatif dari papara [...]

6 Cara Mengecilkan Pori-pori Kulit

6 Cara Mengecilkan Pori-pori Kulit

Banyak yang mengeluhkan kulit wajah yang terlampau banyak pori-pori yang membesar. Biasanya keluhan pori-pori kulit membesar adalah karena bekas jerawat yang membandel. Seringkali pori-pori yang membesar mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Lalu bagaimanakah solusinya? Sebelum kita bagi-bagi tips mengecilkan pori-pori kulit, ada baiknya Anda mengenal lebih jauh dulu apa fungsi dari pori-pori kulit. Pori-pori kulit adalah tempat keluarnya minyak dan keringat dari dalam tubuh. Banyak hal yang dapat mempengaruhi ukuran pori-pori-pori Anda. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk mengecilkan pori-pori Anda: 1. Pilih produk secara bijaksana. Zinc dan magnesium dapat membantu mengembalikan keseimbangan minyak pada pori dan membersihkan pori sehingga membuatnya terlelihat lebih kecil. Produk dengan kandungan lavender atau rosemary dapat mengurangi iritasi dan mencegah pori melebar. Pilih produk yang tertulis ?non-komedogenik? pada label. Bila asam salisilat tertulis sebagai salah satu kandungan, kulit dapat dieksfoliasi (pengelupasan lapisan kulit paling luar). Retinol dapat membantu membuka pori-pori dan membuatnya terlihat lebih kecil. 6 Cara Mengecilkan Pori-p [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *