Kerutan dan Keriput

Kerutan-keriput.jpg

Kerut dan keriput tidak hanya menyerang kulit wajah anda, tapi juga kulit tubuh. Kulit tubuh yang kendur lebih sering diabaikan karena tidak terlihat dari luar, tidak seperti halnya keriput di wajah. Proses penuaan pada kulit memang tidak bisa dihindari.

Penuaan ini di mulai saat kolagen dan elastin di kulit dermal mengalami degenerasi. Faktor utama yang menyebabkan degenerasi kolagen dan elastin adalah sinar UV matahari. Bagian kulit tubuh yang terlihat lebih cepat menua adalah talapak tangan bagian atas, paha dan betis.

Proses penuaan biasanya di mulai saat seseorang memasuki usia 40 tahun dan akan semakin cepat jika kulit tubuh anda selalu dibiarkan tanpa pelembab yang baik. Dan saat memasuki usia 50 tahun, penuaan kulit akan semakin parah dengan kendurnya otot-otot tubuh jika Anda kurang olahraga.

Menjadi tua merupakan hal alami yang pasti dialami oleh setiap orang. Tapi menjadi tua tidak berarti anda harus tampil dengan wajah yang tua juga. Segala permasalahan kulit seperti keriput, kering, kusam dan flek, dapat diatasi dengan perawatan wajah yang benar.

Memiliki tubuh yang sehat dan bebas keriput, bukanlah suatu hal mustahil. Seperti halnya dengan kulit wajah, kesehatan kulit tubuh akan anda dapatkan jika melakukan perawatan yang baik sejak dini.

Berikut ada 4 (empat) langkah mudah untuk perawatan kulit :

  1. Exfoliating atau luluran
    Biasanya dilakukan 1? 2 kali seminggu, tergantung bagaimana kondisi kulit tubuh anda, apakah kering dan berkeriput, atau masih sehat dan kenyal. Luluran berguna untuk meluruhkan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit, serta mencegah kekeringan pada kulit.

  2. Pembersih Tubuh
    Atau yang biasa kita kenal sebagai mandi, berguna untuk menghilangkan kotoran dan keringat yang menempel di kulit sepanjang hari. Sabun yang Anda gunakan saat mandi, juga akan mempengaruhi keadaan kulit. Pilihlah sabun yang memiliki pH balanced supaya kelembaban kulit tetap terjaga. Pemakaian busa atau spons mandi, akan sangat membantu untuk meluruhkan kotoran dan minyak yang menempel.

  3. Pelembab sangat berguna
    Untuk membantu menjaga kulit tubuh tetap halus dan lembut. Pelembab sangat baik digunakan setelah mandi, karena pada saat itu kulit tubuh dapat menyerap pelembab dengan lebih baik. Pemakaian pelembab sangat penting, terutama jika usia anda tergolong sudah tidak muda lagi. Kerana dengan semakin bertambahnya usia, kalenjer minyak yang berfungsi melembabkan kulit mulai berkurang. Bila anda sering berada di ruangan ber-AC, pelembab harus digunakan lebih sering lagi untuk mencegah kekeringan dan dehidrasi. Oleskan pelembab setiap 2 jam sekali, atau saat kulit anda mulai terasa kering. Pilihkan produk pelembab yang diperkaya dengan berbagai vitamin, antioksidan dan tabir surya.

  4. Nutrisi yang baik
    Seperti buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A, C dan E, sangat baik untuk menjaga kemulusan kulit. Vitamin A berguna untuk mencegah kekeringan pada kulit, sedangkan Vitamin C dan E, terkenal karena khasiatnya sebagai antioksidan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Mengatasi Kulit Kering

Cara Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering bisa merupakan salah satu tanda penuaan dini. Sesuai dengan namanya, kulit kering ditandai dengan kondisi kulit yang kering dan mudah bereaksi terhadap cuaca yang ekstrim (sangat panas atau sangat dingin).Sering kali kulit mengelupas dan terasa kencang, terutama setelah mencuci muka dengan sabun dan air.Bagaimana caranya agar kulit wajah lebih lembap dan elastis? Berikut di antaranya:1. Pilih Pelembap yang TepatPelembap yang tepat dapat mengatasi kulit kering dengan memberi nutrisi lebih pada sel-sel kulit, mengurangi kedalaman dan keparahan keriput serta garis-garis halus. Jika timbul keriput pada kulit kering Anda, sebaiknya hindari bentuk produk kulit seperti serum dan gel. Pilihlah produk berbentuk krim yang lebih tebal dengan tekstur yang lebih lunak.Berikut cara mengatasi kulit kering lainnya: Cara Jitu Atasi Kulit Kering Lainnya 2. Gunakan Tabir SuryaGelombang ultraviolet pada s [...]

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Rekomendasi umum yang beredar di masyarakat, memang dianjurkan untuk mencuci wajah dengan frekuensi dua kali sehari menggunakan pembersih yang ringan serta tidak bersifat iritatif. Masyarakat awam percaya bahwa kulit yang super bersih tanpa ada kuman sedikitpun akan membuat wajah semakin berkilau dan terhindar dari berbagai macam masalah. Inilah mitos yang harus diluruskan.Kegiatan membersihkan wajah dan aktivitas menggosok berlebihan ternyata dapat memperburuk kondisi kulit karena flora normal kulit yang sejatinya berfungsi untuk memberikan proteksi juga akan hilang bersamaan dengan kelembaban di lapisan luar kulit yang terkikis dengan cairan pembersih tersebut.Pasalnya, sudah ada penelitian di Harvard Medical School mengenai hal tersebut. Berikut penjelasannya: Frekuensi Membersihkan Wajah Sekelompok peneliti dari Harvard Medical School melakukan penelitian pada sekelompok populasi yang memuci waj [...]

Suplemen Terbaru untuk Kulit Bebas Flek

Suplemen Terbaru untuk Kulit Bebas Flek

DR. dr. Maya Surjadjaja, MS. Sp.GL. (paling kiri) tengah memberikan pencerahan kesehatan pada audiens pada prosesi peluncuran produk H2 Health & Happiness. Polusi, sinar matahari, dan berbagai macam radikal bebas yang setiap hari berpaparan dengan kulit tentu akan membuat efek buruk. Sebut saja flek, keriput, jerawat, dan lain-lain. Kebutuhan untuk memelihara kesehatan kulit pun menjadi salah satu hal pokok yang perlu diperhatikan.Menyadari hal tersebut, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) meluncurkan produk terbarunya berupa suplemen kecantikan kulit H2 Health & Happiness di Bistronomy, Jakarta Selatan, pada 28 Januari lalu.Sinteisa Sunarjo selaku Marketing Deputy Director Consumer Health PT Kalbe Farma Tbk, mengatakan, ?Kalbe meluncurkan produk ini melalui tahapan penelitian yang mendalam dengan memperhatikan kondisi dan masalah-masalah yang sering dialami oleh kulit wanita Indonesia. Wanita Indonesia yang tinggal di negara dua musim memiliki karakteristik dan masalah kulit yang berbeda dengan wanita yang tinggal di negara dengan empat musim.?Ia juga menambahkan bahwa kebutuhan kulit tiap orang berbeda-beda -- ada yang cenderung berminyak, ada yang kering atau juga timbul flek; [...]

Makanan Super untuk Kulit Sehat Bebas Keriput

Makanan Super untuk Kulit Sehat Bebas Keriput

Kulit berperan sebagai pembatas antara lingkungan eksternal dengan internal (tubuh) oleh karena itu berperan penting untuk perlindungan terhadap kerusakan mekanik, kimia, mikroorganisme, maupun kerusakan karena ultraviolet. Bagaimana dengan kesehatan kulit Anda? Apakah Anda mulai menyadari kerutan pada wajah Anda? Apakah Anda mengetahui bahwa konsumsi makanan tertentu dapat membantu mengurangi kulit keriput? Nutrisi memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan kulit. Cobalah sertakan beberapa makanan berikut dalam menu harian Anda yang dapat membantu untuk mengurangi kulit keriput berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan: Sayuran Hijau dan Kuning Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi sayuran hijau dan kuning secara signifikan mengurangi keriput pada kulit. Kandungan antioksidan pada sayur-sayuran dapat mengurangi kerusakan kulit karena radikal bebas. Bayam, seledri, dan asparagus merupakan beberapa contoh sayuran yang telah diteliti dapat mengurangi kerutan pada kulit. Ikan Salmon dan ikan lainnya merupakan sumber protein yang penting. Protein diperlukan untuk pembentukan kulit yang sempurna. Selain itu, ikan juga merupakan sumber asam lemak esensial omega-3. Omeg [...]

Hati-Hati, Pemakaian Lotion Berlebih

Hati-Hati, Pemakaian Lotion Berlebih

Berhati-hatilah bagi Anda yang suka memakai pelembab tubuh pada tubuh. Memang, mereka yang bekerja di ruangan ber-AC atau di daerah dingin perlu memakai pelembab tubuh agar kulit terhindar dari dehidrasi. Namun, apabila kita tidak berhati-hati terkadang flora normal kulit kita tumbuh dengan jumlah populasi lebih tinggi dari nilai sebenarnya.Perkenalkan, Malassezia (Pityrosporum) folliculitis adalah infeksi jamur yang memiliki tampakan seperti jerawat. Kelainan ini disebabkan karena pertumbuhan flora normal kulit yang berada di atas ambang normal karena gangguan sistem imun, antibiotik atau pemakaian pelembab berlebihan. Gejala yang ditampilkan adalah bintik-bintik kecil berisi nanah dengan besar yang seragam pada daerah dada, punggung, lengan atas dan wajah.Lalu apa bedanya dengan jerawat? Berikut penjelasannya: Lalu apa bedanya dengan jerawat? Secara fisik, jerawat dapat timbul dengan berbagai mac [...]

Kiat Memperoleh Kulit Sehat

Kiat Memperoleh Kulit Sehat

Kondisi kesehatan kulit sedikit banyak mencerminkan kondisi kesehatan tubuh seseorang. Kulit bukan anugerah dari langit semata, namun dapat dimiliki dengan beberapa cara, seperti menjalani beberapa kebiasaan ?kebiasaan sederhana sehat berikut ini : Perbanyaklah minum air. Dengan perbanyak minum air, kondisi tubuh akan jauh terhindar dari dehidrasi yang mengakibatkan hilangnya kelembapan kulit. Bersihkan wajah. Hal ini wajib dilakukan, bersihkanlah kulit wajah setidaknya dua kali dalam sehari, pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Jika memungkinkan, lanjutkan dengan toner untuk mengangkat minyak, debu, kotoran dan make-up yang tertinggal. Kebersihan kulit menentukan Sesuaikan produk pelembab dengan jenis kulit. Jangan sembarang menggunakan pelembab, karena kondisi kulit anda menentukan khasiat akhir formulasi yang dimiliki pelembab itu sendiri. Hindari terik sinar matahari langsung ke kulit. Kulit jika terpapar sinar matahari langsung dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan dramatis gangguan kulit seperti kerutan, belang, bintik hitam atau jerawat, bahkan kanker kulit. Penting juga memerhatikan kondisi kulit untuk menyesua [...]

6 Jenis Asupan untuk Kulit Awet Muda

6 Jenis Asupan untuk Kulit Awet Muda

Saat ini, semakin banyak produk kecantikan di pasaran yang diyakini dapat membuat kulit Anda segar dan tampak awet muda. Namun tidak cukup dari luar saja, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh sama pentingnya dengan produk kecantikan yang dioleskan ke kulit.Makanan dan minuman tersebut akan diurai menjadi berbagai jenis nutrien yang bermanfaat bagi sel tubuh, termasuk kulit. Perawatan kulit wajah rutin tidak akan memberikan hasil yang maksimal apabila asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi kurang bergizi.Berikut asupan yang tidak boleh Anda lewatkan agar kulit senantiasa sehat:1. AirSupaya nutrisi dari makanan mudah diserap oleh kulit, sel-sel kulit membutuhkan air sebagai perantaranya. Air juga membantu sel mengeluarkan racun dan zat sisa metabolisme dari tubuh. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak segar, lembap, serta tidak mudah timbul keriput atau garis penuaan. Air kelapa merupakan alternatif yang baik untuk menggantikan elektrolit yang hilang karena dehidrasi.2. BuahSemua jenis buah baik untuk dikonsumsi, namun beberapa di antaranya diyakini memiliki manfaat lebih untuk kesehatan kulit. Sebagai contoh: Alpukat tinggi akan lemak sehat dan fitonutrien yang [...]

Awas Penyakit Kulit Karena Sprei Kotor!

Awas Penyakit Kulit Karena Sprei Kotor!

Oleh: dr. Salma Oktaria Mungkin terlihatnya masih bersih, walau sudah 3 pekan sprei Anda tidak dicuci. Tidak beraroma aneh, masih kelihatan tidak bernoda, masih nyaman. Tapi dibawah kemampuan penglihatan kita yang terbatas. Berkeliaranlah kutu dan tungau yang siap menyebabkan infeksi penyakit kulit pada Anda. Salah satu dari sekian banyak penyakit yang mudah muncul dari tempat tidur yang kotor adalah skabies. Skabies adalah suatu bentuk penyakit kulit yang disebabkan oleh sensitisasi terhadap parasit tungau kecil Sarcoptes scabiei var, hominis dan produknya. Jangan tunggu sampai baru muncul gejala-gejala skabies berikut ini: Gatal yang mengganggu pada malam hari Ditemukan bintil berupa lesi (perlukaan) khas berupa seperti jerawat kecil. Muncul bintil ini biasanya di sela jari, pergelangan tangan, sisi lengan bawah bagian dalam, siku bagian luar, lipat ketiak, puting, pusar, bokong, kelamin dan perut bagian bawah. Ditemukan adanya tungau baik dalam bentuk telur, larva ataupun tungau dewasa. Akan semakin berisiko jika Anda melakukan sharing pakaian atau handuk dengan orang lain. Oleh karena itu jagalah tempat istirahat Anda dengan cara melakukan kiat-kiat sehat beriku [...]

Memilih Kosmetik BB Cream

Memilih Kosmetik BB Cream

Oleh: dr. Jessica Florencia Beauty balm atau blemish balm cream sebelumnya dikembangkan oleh dokter spesialis kulit dari Jerman sebagai suatu krim untuk melindungi kulit dan menutupi bekas kulit setelah perawatan laser. Formula ini menjadi populer di Korea Selatan dan kemudian meluas di seluruh Asia. Dewasa ini BB Cream dapat digunakan seperti krim dasar rias wajah (foundation). Selain sebagai dasar rias wajah, produk ini juga mengandung bahan-bahan seperti tabir surya, anti penuaan dan pelembab. Namun, jangan terjebak dengan berpikir bahwa BB Cream adalah solusi dari segala masalah kulit Anda. BB Cream tidak dapat digunakan sendiri saja untuk perawatan kulit. Jika Anda memiliki kulit yang berjerawat maka Anda tetap harus mendapatkan perawatan kulit khusus untuk kulit berjerawat. Sedangkan bila kulit Anda adalah kulit yang sangat kering, Anda tetap membutuhkan pelembab tambahan untuk kulit Anda. Bila Anda memiliki kulit yang mudah mengalami alergi maka penggunaan produk kulit yang baru Anda gunakan juga tetap memerlukan kewaspadaan khusus, tidak terkecuali BB Cream. Memilih BB Cream yang cocok untuk kondisi kulit Anda harus menjadi perhatian khusus karena tidak semua BB Cream cocok [...]

Kulit Sehat di Hari Ibu

Kulit Sehat di Hari Ibu

Peran seorang ibu dalam suatu keluarga sungguh berarti, kasih sayangnya kepada keluarga sungguh tak dapat tergantikan oleh apa pun. Maka dari itu, untuk menyambut Hari Ibu pada tanggal 22 Desember, para ibu, terutama ibu hamil perlu untuk tampil sempurna di hari perayaan mereka. Caranya tidak sulit, dengan merawat kulit cantik ibu dengan teratur dari sekarang, maka ibu akan mendapatkan kulit terbaik di Hari Ibu. Saat mengandung, para ibu sering merasakan pengalaman yang bahagia dan juga stres karena perubahan kulit yang terjadi saat hamil. Perubahan keadaan kulit pada ibu hamil adalah hal yang normal, jerawat, kulit kering dan gatal perlu diatasi dengan perawatan kecantikan yang khusus. Hati-hati saat ibu memilih produk kecantikan, dikhawatirkan produk kecantikan yang ibu pilih justru membahayakan janin karena kandungan kimianya yang tidak sesuai dengan kondisi hamil. Bijaksanalah dalam memiliih kosmetik, dan tidak lupa senantiasa konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum pemakaian. Berikut adalah tips aman untuk ibu hamil yang ingin mendapatkan kulit cantik saat Hari Ibu: 1. Makanan dan minuman seimbang untuk kulitTidak hanya tubuh yang memerlukan makanan seimbang, kulit [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *