Kerutan dan Keriput

Kerutan-keriput.jpg

Kerut dan keriput tidak hanya menyerang kulit wajah anda, tapi juga kulit tubuh. Kulit tubuh yang kendur lebih sering diabaikan karena tidak terlihat dari luar, tidak seperti halnya keriput di wajah. Proses penuaan pada kulit memang tidak bisa dihindari.

Penuaan ini di mulai saat kolagen dan elastin di kulit dermal mengalami degenerasi. Faktor utama yang menyebabkan degenerasi kolagen dan elastin adalah sinar UV matahari. Bagian kulit tubuh yang terlihat lebih cepat menua adalah talapak tangan bagian atas, paha dan betis.

Proses penuaan biasanya di mulai saat seseorang memasuki usia 40 tahun dan akan semakin cepat jika kulit tubuh anda selalu dibiarkan tanpa pelembab yang baik. Dan saat memasuki usia 50 tahun, penuaan kulit akan semakin parah dengan kendurnya otot-otot tubuh jika Anda kurang olahraga.

Menjadi tua merupakan hal alami yang pasti dialami oleh setiap orang. Tapi menjadi tua tidak berarti anda harus tampil dengan wajah yang tua juga. Segala permasalahan kulit seperti keriput, kering, kusam dan flek, dapat diatasi dengan perawatan wajah yang benar.

Memiliki tubuh yang sehat dan bebas keriput, bukanlah suatu hal mustahil. Seperti halnya dengan kulit wajah, kesehatan kulit tubuh akan anda dapatkan jika melakukan perawatan yang baik sejak dini.

Berikut ada 4 (empat) langkah mudah untuk perawatan kulit :

  1. Exfoliating atau luluran
    Biasanya dilakukan 1? 2 kali seminggu, tergantung bagaimana kondisi kulit tubuh anda, apakah kering dan berkeriput, atau masih sehat dan kenyal. Luluran berguna untuk meluruhkan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit, serta mencegah kekeringan pada kulit.

  2. Pembersih Tubuh
    Atau yang biasa kita kenal sebagai mandi, berguna untuk menghilangkan kotoran dan keringat yang menempel di kulit sepanjang hari. Sabun yang Anda gunakan saat mandi, juga akan mempengaruhi keadaan kulit. Pilihlah sabun yang memiliki pH balanced supaya kelembaban kulit tetap terjaga. Pemakaian busa atau spons mandi, akan sangat membantu untuk meluruhkan kotoran dan minyak yang menempel.

  3. Pelembab sangat berguna
    Untuk membantu menjaga kulit tubuh tetap halus dan lembut. Pelembab sangat baik digunakan setelah mandi, karena pada saat itu kulit tubuh dapat menyerap pelembab dengan lebih baik. Pemakaian pelembab sangat penting, terutama jika usia anda tergolong sudah tidak muda lagi. Kerana dengan semakin bertambahnya usia, kalenjer minyak yang berfungsi melembabkan kulit mulai berkurang. Bila anda sering berada di ruangan ber-AC, pelembab harus digunakan lebih sering lagi untuk mencegah kekeringan dan dehidrasi. Oleskan pelembab setiap 2 jam sekali, atau saat kulit anda mulai terasa kering. Pilihkan produk pelembab yang diperkaya dengan berbagai vitamin, antioksidan dan tabir surya.

  4. Nutrisi yang baik
    Seperti buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A, C dan E, sangat baik untuk menjaga kemulusan kulit. Vitamin A berguna untuk mencegah kekeringan pada kulit, sedangkan Vitamin C dan E, terkenal karena khasiatnya sebagai antioksidan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Manfaat Mandi bagi Kulit

Manfaat Mandi bagi Kulit

Ah, tubuh kita rasanya segar banget sehabis mandi. Apalagi sehabis beraktifitas yang melelahkan. Pikiran terasa lebih rileks dan kita pun jadi lebih gampang untuk beristirahat. Banyak sekali manfaat dari mandi yang kita dapatkan. Selain menghilangkan stress dan menajamkan fungsi otak, mandi pun merupakan poin penting dalam perawatan kulit. Ketika mandi, air akan membersihkan kotoran dan kuman yang menempel di badan. Dengan kata lain, mandi adalah proses detoksifikasi yang mengembalikan kesegaran kulit. Tapi terkadang dalam prosesnya, mandi pun mengurangi lipid alami kulit. Ini dapat terjadi karena, pemilihan sabun yang kurang tepat, kebiasaan mandi dengan air hangat atau menggosok kulit dengan scrub yang kasar. Akibatnya, kulit bisa menjadi kering, pecah-pecah, dan mengelupas. Nah, untuk menghindari hal ini terjadi, Anda bisa memilih sabun yang mengandung Surfactant dan � moisturizer untuk melembabkan kulit. Kandungan ini amat penting untuk mengembalikan kekenyalan dan kelembutan kulit. Apalagi jika Anda memiliki jenis kulit sensitif dan kering. Mulai sekarang mandi jangan asal mandi. Gunakanlah produk perawatan kulit yang benar. Kulit jadi bersih, sehat, dan lem [...]

4 Hal yang Dapat Anda Lakukan di Valentine untuk Kesehatan Kulit

4 Hal yang Dapat Anda Lakukan di Valentine untuk Kesehatan Kulit

Hari Kasih Sayang menjelang di bulan Februari ini. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengutarakan kasih sayang Anda kepada anggota keluarga di rumah, beberapa diantaranya adalah menunjukan kepedulian kesehatan kulit dengan senantiasa menyediakan krim untuk kulit di rumah Anda. Dengan krim untuk kulit, banyak hal yang dapat Anda lakukan dalam mewujudkan kasih sayang di hari Valentine ini, antara lain: Bermasker-Krim-Kulit-ria untuk Kesehatan KulitAmbil krim untuk kulit Anda, dan mulailah ratakan krim untuk kulit Anda ke seluruh wajah. Diamkan sejenak selama 10-20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat dan handuk. Kulit Anda akan terasa lebih kencang, lembab dan kenyal. Terutama jika Anda menggunakan krim yang mengandung Eucerit, glycerol dan Panthenol. Ketiga kandungan ini saling melengkapi kebutuhan nutrisi kulit Anda. Memberikan Pijatan Kasih Sayang dengan Krim untuk KulitJika Anda bersama pasangan, Anda dapat mengajaknya dalam suasana pijatan yang romantis dengan krim untuk kulit. Pilihlah krim untuk kulit yang memiliki aroma lembut dan mengandung Panthenol. Kandungan Panthenol membantu memberikan sensasi kulit yang segar dan sejuk, menambah suasan [...]

Mengapa Kulit Menghitam?

Mengapa Kulit Menghitam?

Yang Maha Kuasa menciptakan manusia dalam berbagai warna kulit. Keragaman warna kulit yang indah dan unik ini telah ditentukan sejak lahir berdasarkan informasi genetik yang kita miliki. Informasi genetik tersebut akan diterjemahkan menjadi komposisi dan aktivitas sel-sel tertentu di dalam lapisan kulit. Hal ini yang menentukan tipe warna kulit kita.Sel yang bertanggung jawab terutama terhadap warna kulit adalah melanosit. Melanosit terletak di bagian dasar lapisan epidermis kulit dan memproduksi pigmen melanin yang menentukan warna kulit. Warna kulit lebih bergantung pada aktivitas melanosit ketimbang dari jumlahnya.Jumlah, kualitas, dan penyebaran melanin yang diproduksi melanosit pada lapisan kulit merupakan faktor utama yang mempengaruhi warna kulit manusia. Pada kulit yang berwarna lebih gelap, sel melanosit memproduksi lebih banyak melanin, melanosom (kantong penyimpan melanin) memiliki ukuran yang lebih besar, dan mengalami penguraian lebih lama dibandingkan dengan melanosom pada kulit yang berwarna lebih terang. Namun, selain dari warna dasar kulit dari sejak awal, kulit kita juga dapat menjadi lebih gelap, baik secara keseluruhan atau pada area tertentu saja. Ada 2 penyeba [...]

Kiat Memperoleh Kulit Sehat

Kiat Memperoleh Kulit Sehat

Kondisi kesehatan kulit sedikit banyak mencerminkan kondisi kesehatan tubuh seseorang. Kulit bukan anugerah dari langit semata, namun dapat dimiliki dengan beberapa cara, seperti menjalani beberapa kebiasaan ?kebiasaan sederhana sehat berikut ini : Perbanyaklah minum air. Dengan perbanyak minum air, kondisi tubuh akan jauh terhindar dari dehidrasi yang mengakibatkan hilangnya kelembapan kulit. Bersihkan wajah. Hal ini wajib dilakukan, bersihkanlah kulit wajah setidaknya dua kali dalam sehari, pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Jika memungkinkan, lanjutkan dengan toner untuk mengangkat minyak, debu, kotoran dan make-up yang tertinggal. Kebersihan kulit menentukan Sesuaikan produk pelembab dengan jenis kulit. Jangan sembarang menggunakan pelembab, karena kondisi kulit anda menentukan khasiat akhir formulasi yang dimiliki pelembab itu sendiri. Hindari terik sinar matahari langsung ke kulit. Kulit jika terpapar sinar matahari langsung dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan dramatis gangguan kulit seperti kerutan, belang, bintik hitam atau jerawat, bahkan kanker kulit. Penting juga memerhatikan kondisi kulit untuk menyesua [...]

Masker Wajah

Masker Wajah

Pemakaian masker pada wajah memberikan manfaat tersendiri pada wajah bagi kesehatan kulit. Kulit yang sehat merupakan representatif dari kulit yang cantik. Manfaat masker wajah itu sendiri pada kulit wajah adalah untuk menyegarkan, memperbaiki serta mengencangkan kulit wajah. Disamping melancarkan peredaran darah, merangsang kembali kegiatan sel-sel kulit dalam hal ini proses regenerasi sel serta mengangkat sel tanduk yang telah mati. Hal inilah yang membuat masker merupakan sarana pembersih wajah yang paling efektif. Ada baiknya, pemakaian masker dilakukan secara berkala dengan interval waktu tertentu. Bentuk masker wajah dapat berupa bubuk, cair transparan, serta bentuk lainnya. Apapun bentuk masker itu sendiri, tidak akan memengaruhi proses penyerapan manfaat bagi kulit. Penting adanya untuk menyesuaikan jenis kulit dengan jenis masker yang akan digunakan. Berikut beberapa jenis masker Masker untuk kulit normal Masker yang berbahan dasar sayur atau buah-buahan segar dapat dimanfaatkan utnuk jenis kulit normal, diantaranya seperti buah ketimun, wortel, pepaya, kentang, tomat. Masker untuk kulit kering Untuk kulit kering bisa mengambil pisang, alpukat dan buah-buahan lain yang m [...]

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

Kulit impian para wanita adalah kulit sehat, putih, dan bersih. Untuk mendapatkannya, setiap wanita akan melakukan berbagai cara. Tapi kadang, selalu saja muncul masalah pada kulit yang mengesalkan, salah satunya kulit sensitif dan kering. Ada banyak faktor yang membuat kulit Anda menjadi kering: Kebiasaan mandi dengan air panas Mandi dengan air yang terlalu panas dapat mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan mandi dengan air bertemperatur ruangan. Kebiasaan malas minum air putihKurang air putih dapat menyebabkan dehidrasi yang berujung pada kulit kering.Seringlah minum air putih terutama kalau Anda ada di dalam ruangan ber-AC. Kebiasaan malas mengkonsumsi makanan sehatPenelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung omega 3 akan membantu membentengi minyak alami kulit. Kebiasaan usia lanjutFungsi organ tubuh akan berkurang sejalan bertambahnya usia. Pada usia lanjut, pembentukan zat elastin untuk menjaga elastisitas kulit akan berkurang. Kebiasaan merokokZat-zat dalam rokok dapat merusak jaringan kolagen yang berfungsi sebagai elastisitas kulit. Solusinya mengatasi kulit [...]

Cara Awet Muda ala Dokter

Cara Awet Muda ala Dokter

Kita tentu mengenal dan memiliki teman-teman yang tampak lebih muda atau tampak lebih tua ketimbang usia aslinya. Jika kita dilabel tampak lebih muda daripada usia kita yang sebenarnya, tentu kita akan merasa senang dan berbuang-bunga. Namun, jika kita dilabel berusia lebih tua daripada usia kita yang sebenarnya, apa yang kita rasakan? Jika sebenarnya usia kita masih 20 sekian tahun, tapi dianggap 30 sekian tahun, seringkali kita akan lebih sering merasa khawatir dan sedih. Dunia medis mengenal konsep usia kronologis dan usia biologis. Konsep usia kronologis dan usia biologis berkaitan dengan proses penuaan tubuh. Usia kronologis terkait dengan usia seseorang saat ini berdasarkan hari ulang tahunnya. Sedangkan, usia biologis adalah angka konseptual dan teoretis yang menunjukkan fungsi organ tubuh seharusnya pada usia tertentu, misalkan jika telah terjadi pubertas maka seseorang dapat dikatakan memasuki usia remaja.Maka sesuai konsepnya, jika usia biologis seseorang ternyata lebih muda daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih lambat. Sedangkan jika usia biologis lebih tua daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih cepat.Sesuai dengan konsep ini [...]

Khasiat Madu untuk Kulit Wajah

Khasiat Madu untuk Kulit Wajah

Sejak dulu madu sudah digunakan sebagai bahan ramuan untuk berbagai hal, termasuk kecantikan. Ingatkah kisah Cleopatra yang konon mencelupkan madu ke dalam bak mandinya agar tetap awet muda? Betul, konon tidak hanya susu yang biasa dijadikan bahan mandinya, tapi juga madu. Bahkan madu sudah dipakai sebagai obat luka pada abad ke-1 setelah masehi.Diyakini kebiasaan merawat kecantikan dan kesehatan kulit dengan madu diprakarsai oleh Dioscorides, seorang ahli farmasi Yunani. Kemudian bagaimanakah kehadiran madu dewasa ini untuk kesehatan dan kecantikan kulit? Apakah terbukti oleh ilmu pengetahuan modern dapat memberikan khasiat yang diyakini selama ini? Belum lagi dengan sederetan khasiatnya yang beraneka ragam, apakah benar madu memang seistimewa itu? Baca penjelasan lengkapnya berikut ini: Khasiat Madu untuk Kulit Wajah 1. Melembapkan Kulit Senyawa humektan dalam madu mampu merawat kulit yang kerin [...]

Cara Menghilangkan Komedo

Cara Menghilangkan Komedo

Cara Menghilangkan Komedo - Komedo adalah penyumbatan pori-pori pada kulit dan menimbulkan titik hitam atau putih yang biasanya terjadi di wajah, leher, dada atau punggung. Hal ini seringkali dialami oleh remaja yang menginjak masa pubertas.Sebelum kita bisa memahami bagaimana langkah menghilangkan komedo yang benar, ada baiknya kita mengenal dahulu bagaimana serba-serbi komedo terlebih dahulu.Komedo terjadi karena terdapatnya produksi berlebihan dari kelenjar minyak (sebum), kemudiannya karena berlebihan sebum itulah akhirnya menjadi penyumbatan di pori-pori.Terdapat 2 jenis komedo: Komedo terbuka atau yang lebih dikenal dengan blackheads Komedo tertutup atau yang lebih dikenal dengan whiteheads Cara Menghilangkan Komedo: Jenis-jenis Komedo 1. Komedo terbukaKomedo terbuka terjadi ketika produksi minyak atau sebum yang berlebih "membanjiri" pori-pori dan menyumbat pori itu sendiri. Sebum kemudian dapat menjadi "sarang bakteri" dan sel kulit mati yang kemudian bisa menjadi cikal bakal jerawat.Udara dapat masuk ke dalam komedo terbuka, mengoksidasi sebum dan mengubah warnanya dari putih ke hitam (blackheads). 2. Komedo tertutupSama saja pada komedo terbu [...]

3+1 Makanan untuk Atasi Kulit Berminyak

3+1 Makanan untuk Atasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak bisa dimiliki oleh semua perempuan dari usia muda hingga lanjut. Aktivitas kelenjar minyak (sebum) yang berlebihan adalah penyebab utamanya. Tak heran kulit berminyak mudah dikenali dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengilap. Mengubah pola asupan nutrisi sehari-hari dapat mengatasi masalah kulit berminyak. Apa saja makanan yang perlu dikonsumsi? Berikut di antaranya:1. Hindari Makanan Rendah LemakMakanan berlemak dan makanan yang digoreng sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak karena dapat meningkatkan produksi minyak di kulit. Konsumsilah makanan segar yang rendah lemak trans dan lemak jenuh. Pilih yoghurt tanpa lemak ketimbang yoghurt manis yang ditambahi susu. Olahan ikan atau unggas tanpa kulit (yang tidak digoreng) juga baik untuk disantap ketimbang ayam goreng.Berikut menu makanan lainnya yang dapat membantu mengatasi kulit berminyak: Makanan Lainnya Pencegah Kulit Berminyak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *