Keseringan Pakai Gadget Bikin Remaja Mudah Terserang Stroke

remaja-gadget.jpg

Teknologi yang canggih memengaruhi gaya hidup remaja masa kini. Beberapa remaja bahkan ditemukan terkena stroke. Ini semua akibat gaya hidup sedentary atau kurang aktif dan lebih banyak bermain gadget.

Staf Pengajar Program Okupasi Terapi Vokasi Hermito Gideon menyampaikan, stroke semakin meningkat dengan bertambahnya usia. Tapi, kini remaja juga bisa terserang stroke.

Menurutnya, faktor risiko stroke yang mudah dan sangat penting dikendalikan adalah hipertensi. Sebanyak 40 persen kasus stroke adalah orang dengan sistole lebih dari 140 mmHg.

“Remaja yang sangat aktif menggunakan jari-jarinya untuk bermain HP (handphone) atau gadget berpotensi mengalami penyumbatan dan pecahnya pembuluh darah, karena kurangnya aktivitas produktif,” kata Gideon dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat (11/4/2014).

Sebenarnya, ada metode rehabilitasi baru yang bisa mengembalikan hampir 80 persen kehidupan penderita stroke. Gideon mengatakan, ini semua bisa dilakukan dengan okupasi terapi.

Terapi okupasi sebenarnya merupakan pendekatan yang bertujuan mendorong pasien yang dependent (tergantung) menjadi independent (mandiri) seperti kembali menyetir dan sebagainya.

“Dengan terapi okupasi pasien bukan hanya dibantu melakukan gross motoric seperti pada fisioterapi (aktivitas berjalan). Tapi, pasien bisa kembali mandiri seperti semula, sesuai dengan latar belakang profesi atau hobinya,” katanya.

Gideon menyontohkan, setelah terserang stroke karena pecahnya pembuluh darah, dengan okupasi terapi, seorang remaja pelajar SMA kelas 1 kembali mampu bermain piano dan menjalani kehidupan normal seperti sebelum terserang stroke.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Okupasi Terapis Indonesia, Bambang Kuncoro, dalam Kuliah Umum `Terapi pada Stroke` menyampaikan, stroke sebenarnya penyakit kardiovaskuler yang terjadi akibat gagalnya suplai oksigen ke sel otak, yang berisiko terhadap kerusakan iskemik dan bisa menyebabkan kematian.

Stroke menjadi penyebab kematian ketiga setelah kardiovaskuler dan kanker. 550.000 Kasus baru diperkirakan terjadi setiap tahunnya. Padahal, penyakit ini juga berdampak terhadap ekonomi secara langsung (kesehatan) maupun tidak langsung.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Di Tahun Kuda Perang, Ahmad Dhani Rentan Dikhianati

Di Tahun Kuda Perang, Ahmad Dhani Rentan Dikhianati

Kehidupan si pemilik shio tikus dianggap kurang beruntung pada tahun Kuda Perang ini. Salah satu pemilik shio itu adalah musisi jenius Ahmad Dhani. Ditelaah dari shionya, Dhani rentan mendapatkan pengkhianatan dari orang-orang terdekatnya sendiri, yang mampu menjatuhkannya."Di tahun ini, banyak muncul orang-orang yang akhirnya jadi musuh bagi Dhani. Banyak yang mengambil kesempatan untuk memanfaatkan dia. Bahkan, Dhani harus berhati-hati. Sebab, ada teman yang tadinya mendukung dia lantas menjadi musuh," kata Pakar Psycocybernatic, Suhu Naga, saat berbincang dengan Health Liputan6.com di Plaza Festival, Rasuna Said, Jakarta, ditulis pada Kamis (30/1/2014)Memang, menurut Suhu Naga, pada tahun Kuda Perang ini pertikaian yang disebabkan pengkhianat akan lebih sering terjadi. Terlebih untuk beberapa shio yang dianggap tidak baik untuk shio kuda itu sendiri."Kalau Dhani, yang tadinya satu visi, satu cita-cita, tiba-tiba membelot," kata dia lagi.Apakah itu artinya ada tanda-tanda Dewa 19 akan bubar, Suhu Naga hanya menjawab,"Kemungkinan itu ada. Ya, indikasi dari Dewa 19 akan bubar, ada."Tapi, lanjut Suhu Naga, dari sisi eksistensi ayah empat orang anak itu masih akan tetap eksis. Sebab, [...]

Ini Bahayanya Hirup Asap Rokok ‘Vaping’ Elektronik

Ini Bahayanya Hirup Asap Rokok ‘Vaping’ Elektronik

Label 'aman' yang disematkan pada penggunaan vaping atau rokok elektronik dibandingkan rokok konvensional membuat pengguna vaping merasa lebih bebas merokok di berbagai area. Sehingga kini makin mudah menemukan orang merokok vaping dalam mal maupun meeting. Lalu, bagaimana dengan dampak perokok pasif yang menghirup uap yang tampak seperti asap yang dihasilkan vaping? Vaping memang tak menghasilkan asap seperti hasil pembakaran pada rokok tembakau, melainkan uap. Namun yang perlu digarisbawahi, tetap ada efek yang dihasilkan saat menghembuskan uap vaping di ruangan tertutup. "Efek terhadap orang lain (second hand smoke) tetap ada mengingat penggunaan rokok elektrik ini menghasilkan emisi partikel halus nikotin dan zat-zat berbahaya lain ke udara di ruang tertutup," jelas Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes Kementerian Kesehatan Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP (K) , MARS, DTM&H, DTCE dalam surat elektronik yang diterima Health-Liputan6.com ditulis pada Jumat (31/10/2014). Hal ini disebabkan karena cairan di dalam vaping mengandung nikotin serta propilon glycol. Nikotin merupakan salah satu bahan yang terdapat pada rokok tembakau, sedangkan propilo [...]

7 Rahasia Tertawa, Salah Satunya Fakta Tikus Bisa Tertawa

7 Rahasia Tertawa, Salah Satunya Fakta Tikus Bisa Tertawa

Tertawa merupakan sebuah ekspresi yang biasa terjadi saat kita merespon fenomena lucu. Tertawa juga dianggap memiliki banyak kegunaan seperti menurunkan stres dan meningkatkan sirkulasi darah. Berikut 7 hal yang mungkin tidak Anda ketahui mengenai tertawa selain untuk kesehatan seperti dilansir dari BBC pada Senin (27/10/2014). 1. Tikus Juga Tertawa Anda mungkin mengira bahwa tertawa hanya dapat dilakukan oleh manusia. Anda salah. Ternyata, tertawa juga dilakukan oleh hewan seperti simpanse, anjing, bahkan tikus. Sama seperti manusia, tikus dapat tertawa ketika mereka sedang bermain bersama sesamanya. 2. Kelucuan Bukan atu-satunya Sebab Tertawa Robert Privine, psikolog dari University of Maryland mengatakan bahwa tertawa bersama teman dekat tidak selalu disebabkan oleh sesuatu yang lucu, melainkan lebih merupakan perilaku sosial yang menunjukkan bahwa Anda saling memahami. 3. Subjektivitas dalam Tertawa Apakah Anda pernah menonton acara lawak? Mengapa Anda bisa tertawa terpingkal-pingkal mendengar lawakan mereka? Salah satu penelitian menunjukkan bahwa otak Anda akan merespon tawa lebih cepat jika Anda tahu yang membuat Anda tertawa adalah seorang komedian. 4. Tertawa [...]

Jokowi Sudah Jadi Presiden, Relawan ke Mana?

Jokowi Sudah Jadi Presiden, Relawan ke Mana?

Jokowi sudah resmi menjadi Presiden Republik Indonesia yang ketujuh hari ini, Senin 20 Oktober 2014. Ia akan menjabat selama 5 tahun ke depan berkat dukungan relawan yang benar-benar bekerja memastikan langkahnya mulus naik menjadi presiden pilihan rakyat. Ketika ia mengucap janji di bawah sumpah, saat itulah peristiwa tersebut menjadi fakta politik. Suka tidak suka, Jokowi adalah presiden kita. Hal ini perlu disadari oleh kita sebagai warga negara, entah tadinya pendukung Jokowi ataupun pendukung Prabowo, saat Jokowi menjadi presiden, persoalannya bukan lagi legitimate atau tidaknya. Bukan lagi soal stigma agama sampai komunis. Ini sudah sampai ke tingkatan fatsun politik Jokowi sebagai kepala negara dan pemimpin tertinggi angkatan bersenjata Republik Indonesia yang sah. Menghina Jokowi sama saja dengan menghina Indonesia karena sudah ada aturan hukum yang melindungi Jokowi selama menjalankan tugasnya sebagai presiden. Apakah itu berarti kita tidak bisa mengkritik Jokowi? Tetap bisa, namun jalurnya sudah tersedia. Apakah itu berarti urusan kita sebagai warga negara selesai dengan kewajiban kita memilih dan kini tinggal menagih janji Jokowi yang banyak itu? Jawabannya: belum. Me [...]

6 Alasan Tak Menikah Dulu Saat Terbelit Utang

6 Alasan Tak Menikah Dulu Saat Terbelit Utang

Cinta bisa membuat gila dan membuat orang berani melakukan hal-hal nekat yang mengubah hidupnya seperti menikah. Namun, jika Anda memiliki utang segunung pertimbangkan kembali niat menikah.Pengacara perceraian di Phoenix Wendy Hernandez mengatakan, sejauh ini alasah utama penyebab perceraian adalah stres karena uang. Apabila Anda dan pasangan Anda dibebani utang, pertimbangkan untuk tidak menikah dulu.Berikut beberapa alasannya seperti dikutip LifeHack, Jumat (28/2/2014):1. Cara terbaik memulai pernikahan adalah segarKita tidak hidup di dunia yang sempurna. Ada beberapa utang yang `baik` dan ada utang yang mungkin tak bisa dilunasi dalam waktu singkat. Sebelum menikah, bicarakan dengan pasangan Anda tentang utang yang masing-masing dimiliki apakah itu utang baik atau buruk dan apakah Anda akan menunda pernikahan sampai terbayar semua atau dibatalkan.Memasuki pernikahan dengan utang yang buruk akan sangat luar biasa. Alih-alih berfokus apda masa depan keuangan Anda bersama-sama, energi Anda akan habis untuk mencari tahu bagaimana mengelola keuangan.2. Anda membutuhkan sumber tersedia ketika keadaan daruratPernahkah Anda berada dalam situasi di mana dihadapkan masalah keuangan, mobil [...]

Saat yang Tepat untuk Olahraga di Kala Puasa

Saat yang Tepat untuk Olahraga di Kala Puasa

Memilih tidur jauh lebih bijaksana ketimbang olahraga setelah sahur (Baca: Poin Penting Agar Puasa Tidak Bolong). Terlebih bila olahraga tersebut tergolong berat. Menurut Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp. GK, waktu berbuka yang masih sangat panjang, membuat orang yang menjalani puasa akan merasa lemas, dan takut berujung pada terjadinya pembatalan puasa. (Baca: Hati-hati Batal Puasa di Minggu Pertama Puasa)"Olahraga mengeluarkan cairan cukup banyak. Saat berkeringat, ada mineral juga yang keluar. Dan kita tidak bisa menggantinya. Berhubung waktu berbuka masih panjang, itu yang akan membuat kita lemas," kata Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universtias Indonesia dalam sebuah kesempatan, ditulis Health Liputan6.com pada Senin (30/4/2014)Fiastuti melanjutkan, bila kita ingin berolahraga, lakukanlah menjelang waktu berbuka atau sesudah waktu berbuka, beberapa saat sebelum melaksanakan salat Isya dan tarawih berjamaah."Idealnya, 30 menit sebelum berbuka. Misalnya kita mau jogging, lakukanlah menjelang buka. Supaya di saat kita berkeringat dan mulai terasa lemas, bisa langsung buka dan cairan yang keluar segera tergantikan," kata dia menambahkan. [...]

Layanan Kesehatan Jantung dan Kanker akan Dibangun di Yogyakarta

Layanan Kesehatan Jantung dan Kanker akan Dibangun di Yogyakarta

Pusat pelayanan kesehatan bagi penderita kanker dan jantung akan didirikan di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan mulai beroperasi pada 2016. "Pendirian pusat pelayanan kesehatan itu merupakan kerja sama antara Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rumah Sakit Pendidikan PKU Muhammadiyah Unit II Gamping, dan University Hospital of Munster, Jerman,"ujar Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Kesehatan Syafiq Mughni seperti dikutip Antara, Selasa (6/5/2014). Menurut dia, pusat pelayanan kesehatan bagi penderita kanker dan jantung itu nanti akan menjadi pusat penanganan kardiovaskuler dan kanker secara holistik dan komprehensif. "Pendirian pusat pelayanan kesehatan ini dalam rangka pencegahan penyakit termasuk deteksi dini kejadian kanker dan kardiovaskuler, peningkatan kualitas hidup, dan pencapaian pelayanan paliatif yang berkelanjutan," katanya. Ia mengatakan dalam rangka melanjutkan kerja sama antara UMY dengan University Hospital of Munster dalam bidang penanganan kardiovaskuler, kedua institusi itu juga sepakat mengadakan lokakarya penanganan dan pelayanan untuk penyakit kanker dan jantung. "Lokakarya bertajuk 'Indonesia-Germany Health Care Conference on Cardiovascular a [...]

Dirut RSCM : Jangan Semua Kasus Dibawa ke RSCM

Dirut RSCM : Jangan Semua Kasus Dibawa ke RSCM

Karena tidak mungkin menambah gedung baru agar dapat menampung seluruh pasien, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) memilih menjalin kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan Gubernur DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan, untuk meningkatkan kemampuan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Puskesmas yang memiliki rawat inap. Direktur Utama RSCM dr. Czeresna Heriawan Soejono, Sp.PD, menjelaskan, RSCM sebagai rumah sakit rujukan nasional memang harus mampu memecahkan seluruh kasus yang dianggap sulit dan langka. Karena itu, sebaiknya tidak semua kasus dibawa ke RSCM. Namun kenyataannya, rasa percaya terhadap pelayanan di RSCM yang tinggi, membuat para pasien dengan kondisi penyakit tergolong ringan, memilih berobat ke sana. "Kalau kita dipenuhi dengan kasus yang mudah, lalu kasus yang susah siapa yang menolong? 167 sub spesialisnya saja ada di RSCM," kata dr. Czeresna. "Karena itu, RSCM harus bisa membantu RSUD dan Puskesmas yang memiliki lewat inap agar mampu mengatasi kasus-kasus yang masuk kategori 1 dan 2. Jadi, kategori 3 dan 4 itulah yang menjadi kewajiban RSCM untuk menanganinya," kata dr. Czeresna menerangkan.Dalam kunjungannya ke Redaksi Health Liputan [...]

Soal Kepedulian pada Penyandang Disabilitas, Contohlah Omron

Soal Kepedulian pada Penyandang Disabilitas, Contohlah Omron

Para penyandang disabilitas, bukanlah individu yang serta merta tanpa daya dan upaya. Beberapa kemampuan dan keterampilan mereka yang patut diapresiasi, antara lain pelukis, ahli rekayasa komputer, fasih membaca al-Quran terjemahkan huruf Braille, dan juara berbagai lomba olahraga. ?Keberpihakan negara terhadap para penyandang dilakukan, salah satunya dengan memberikan kuota dalam penerimaan tenaga kerja penyandang disabilitas, ? kata Dirjen Rehabilitasi Sosial (Rehsos), Samsudi, pada acara puncak Hari Disabilitas Internasional, sekaligus penandatanganan Piagam Kesepakatan Penyediaan Akses Perbankan Bagi Penyandang Disabilitas Netra di Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (3/12/2014). Berbagai perusahan pun memberikan ruang kerja, salah satunya PT Omron, perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Saat ini, Kementerian Sosial (Kemensos) memiliki instalasi yang terbukti hasil lulusannya diserap di dunia kerja, baik pabrik maupun instansi. Instalasi penyelenggara tersebut, Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Bina Daksa (BBRVBD) di Cibinong, Jawa Barat, dengan kapasitas per tahun 140 penyandang disabilitas dan Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD) Prof. Dr. Soeharso, Solo [...]

Persiapan Chef Eddrian Hadapi Tahun Baru Imlek

Persiapan Chef Eddrian Hadapi Tahun Baru Imlek

Perayaan imlek tahun ini yang jatuh pada tanggal 31 Januari ini disambut antusias masyarakat etnis Tionghoa. Chef Eddrian merupakan salah satu yang merasakan kebahagiaan menyambut perayaan yang identik dengan warna merah ini.Koki favorit Wakil Gubernur DKI Ahok ini memiliki beberapa ritual khusus sebelum imlek seperti beribadah, membersihkan tempat tinggal dan mempersiapkan makanan. "Imlek itu menurut saya seperti idul fitri, hari kemenangan untuk saya. Dan ada beberapa ritual yang dilakukan dan itu dilakukan juga masyarakat yang merayakan imlek," kata Pria asal Toboali, Bangka kelahiran 7 Januari 1975 ini, Senin (27/1/2014).Setiap tanggal 22 Desember, Cheff Eddrian selalu membuat one-onde karena itu merupakan kewajiban. "Sebelum imlek itu biasanya tanggal 22 Desember selalu diwajibkan membuat kue onde-onde yang artinya reuni keluarga. Hari membuat onde-onde itu disebut kotung. Namun kalau di keluarga ada yang meninggal sebelum satu tahun ya tidak boleh membuat onde-onde," katanya.Membuat onde-onde menurut Cheff Eddrian sudah menjadi tradisi wajib dari leluhur menyambut imlek dan menurut perhitungan Cina selalu jatuh pada tanggal 22 Desember. Selain itu, kue keranjang juga merupaka [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *