Keseringan Pakai Gadget Bikin Remaja Mudah Terserang Stroke

remaja-gadget.jpg

Teknologi yang canggih memengaruhi gaya hidup remaja masa kini. Beberapa remaja bahkan ditemukan terkena stroke. Ini semua akibat gaya hidup sedentary atau kurang aktif dan lebih banyak bermain gadget.

Staf Pengajar Program Okupasi Terapi Vokasi Hermito Gideon menyampaikan, stroke semakin meningkat dengan bertambahnya usia. Tapi, kini remaja juga bisa terserang stroke.

Menurutnya, faktor risiko stroke yang mudah dan sangat penting dikendalikan adalah hipertensi. Sebanyak 40 persen kasus stroke adalah orang dengan sistole lebih dari 140 mmHg.

“Remaja yang sangat aktif menggunakan jari-jarinya untuk bermain HP (handphone) atau gadget berpotensi mengalami penyumbatan dan pecahnya pembuluh darah, karena kurangnya aktivitas produktif,” kata Gideon dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat (11/4/2014).

Sebenarnya, ada metode rehabilitasi baru yang bisa mengembalikan hampir 80 persen kehidupan penderita stroke. Gideon mengatakan, ini semua bisa dilakukan dengan okupasi terapi.

Terapi okupasi sebenarnya merupakan pendekatan yang bertujuan mendorong pasien yang dependent (tergantung) menjadi independent (mandiri) seperti kembali menyetir dan sebagainya.

“Dengan terapi okupasi pasien bukan hanya dibantu melakukan gross motoric seperti pada fisioterapi (aktivitas berjalan). Tapi, pasien bisa kembali mandiri seperti semula, sesuai dengan latar belakang profesi atau hobinya,” katanya.

Gideon menyontohkan, setelah terserang stroke karena pecahnya pembuluh darah, dengan okupasi terapi, seorang remaja pelajar SMA kelas 1 kembali mampu bermain piano dan menjalani kehidupan normal seperti sebelum terserang stroke.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Okupasi Terapis Indonesia, Bambang Kuncoro, dalam Kuliah Umum `Terapi pada Stroke` menyampaikan, stroke sebenarnya penyakit kardiovaskuler yang terjadi akibat gagalnya suplai oksigen ke sel otak, yang berisiko terhadap kerusakan iskemik dan bisa menyebabkan kematian.

Stroke menjadi penyebab kematian ketiga setelah kardiovaskuler dan kanker. 550.000 Kasus baru diperkirakan terjadi setiap tahunnya. Padahal, penyakit ini juga berdampak terhadap ekonomi secara langsung (kesehatan) maupun tidak langsung.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pria Penyuka Makanan Pedas Cenderung Lebih Aktif Secara Seksual

Pria Penyuka Makanan Pedas Cenderung Lebih Aktif Secara Seksual

Fakta ilmiah diutarakan para ilmuwan di bidang Fisiologi di University of Grenoble, Prancis. Mereka mengungkap adanya keterkaitan antara rasa makanan-pedas dengan hormon testoteron.Seperti diberitakan Dailymail, Selasa (16/12/2014) bahwa semua orang mungkin mengetahui kalau testoteron adalah hormon yang terdapat pada laki-laki yang mempengaruhi dirinya menjadi lebih berani, agresif dan aktif secara seksual.Profesor Laurent Begue, yang memimpin penelitian mengatakan, bahwa konsumsi cabai menujukkan korelasi positif antara kadar testoteron pada pria. "Studi ini memberikan wawasan baru karena memperluas pemahaman kita tentang hubungan antara proses hormonal dan asupan makanan. Bahan kimia dalam cabai yang disebut capsaicin diketahui menyebabkan perubahan fisiologis dalam tubuh, meningkatkan denyut jantung, meningkatkan keringat dan melepaskan endorfin dan adrenalin," kata Begue.Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physiology and Behavior ini, menguji 114 orang antara usia 18 dan 44 tahun. Mereka diminta untuk memberikan pendapatnya tentang makanan pedas dan kadar testosteron dalam air liur mereka diukur."Hasilnya, kami menemukan bahwa mereka dengan tingkat testosteron yang tinggi, [...]

Kalori dalam Seporsi Cheese Cake dan Kue Biasa

Kalori dalam Seporsi Cheese Cake dan Kue Biasa

Kudapan seperti cheese cake tentu menggugah selera Anda, bukan? Kebanyakan dari kita mungkin menyukai kue satu ini. Hanya saja, tak sedikit pula dari kita yang menolak memakannya dan memilih kue jenis lain, karena dianggap menyimpan banyak kalori. Benarkah demikian? Untuk itu, mari kita cek seberapa banyak kalori yang ada pada seporsi cheese cake dan juga kue biasa, seperti dikutip Health Me Up, Selasa (1/7/2014)Cheese cakeDalam seporsi cheese cake panggang mengandung 804 kalori dari 436 jumlah lemak.Nilai gizi dari cheese cake:Selain fattening cream cheese, cheesecake merupakan sumber terbaik dari vitamin A, diikuti oleh selenium, riboflavin, fosfor dan kalsium. Kue ini juga mengandung sejumlah kecil zat besi.Manfaat cheesecake:Cheesecake panggang menggunakan produk alami atau sehat seperti krim keju, biskuit, dan telur dengan gula jauh lebih sedikit daripada kue biasa. Tapi, jika Anda membandingkan cheesecake panggang dengan cheesecake bukan dipanggang, jelas terkandung sedikit lemak. Karena itu lebih rendah kalori.Cheesecake sehat:Ada beberapa resep yang menggunakan keju rendah lemak seperti ricotta, dadih, krim kelapa, tahu atau paneer untuk membuat kue enak ini. Anda juga dapa [...]

Kulit Bocah ini Alergi Gara-gara Ipad

Kulit Bocah ini Alergi Gara-gara Ipad

Jika Anda mengalami kulit gatal dan muncul ruam, coba cek apakah ini karena peralatan elektronik yang biasa Anda pakai. Beragam peralatan elektronik seperti laptop, tablet, dan ponsel mengandung logam. Salah satu logam yang membuat sensitif pada kulit adalah nikel. Inilah yang terjadi pada bocah yang tak disebutkan namanya ini. Ia dirawat di salah satu rumah sakit di San Diego Amerika Serikat karena alergi pada kandungan nikel yang terdapat pada iPad kesayangannya. "Ruam di kulit akibat nikel ini memang tak membahayakan jiwa tapi membuat tak nyaman. Bisa juga sampai diberikan obat dari steroid dan antibiotik jika gatal sampai membuat infeksi," tutur Dr Sharon Jacob, dokter kulit di Rady's Children Hospital tempat bocah ini dirawat. Menurut berita yang dilansir dari NBC News, Selasa (15/7/2014), bocah ini memiliki kondisi kulit normal. Namun dari hasil tes kulit yang dilakukan ia memang alergi nikel. Dokter menelusuri apa saja yang kira-kira jadi penyebabnya. Ternyata ini karena iPad yang dibeli keluarganya tahun 2010. Apple selaku pencipta iPad menyatakan bahwa kasus ini jarang terjadi. Produsen alat elektronik besutan Steve Jobs ini memberitahu bahwa produknya terbuat dari bah [...]

Siswa SMP Ingin Operasi Plastik Agar Mirip Karakter di Televisi

Siswa SMP Ingin Operasi Plastik Agar Mirip Karakter di Televisi

Seorang siswa SMP Kelas 3 di Wuhan, Provinsi Hubei, China, begitu mengidolakan karakter di televisi. Namun, hal tersebut membuat orangtuanya khawatir bila putranya pergi ke Korea Selatan untuk melakukan operasi plastik agar mirip karakter di televisi.Seperti dilaporkan EveningNews dan dikutip Rabu (12/3/2014), siswa yang tak disebutkan namanya itu merupakan penggemar berat drama televisi Korea Selatan My Love from the Star. Drama tersebut menceritakan alien yang mendarat di bumi 400 tahun lalu dan jatuh cinta dengan aktris di era modern.Siswa itu begitu ingin terlihat seperti Profesor Do, bintang alien di drama tersebut dan menghubungi beberapa pemuda lainnya yang memiliki mimpi yang sama pergi ke Korea Selatan untuk operasi plastik. Orangtua si siswa yang khawatir tersebut kemudian menghubungi hotline media untuk meminta bantuan.Psikolog dan Direktur Sino-German Institute of Psychology Li Xianfu mengatakan, orang-orang yang tak bisa objektig dalam menerima menampilannya kemungkinan menderita gangguan obsesif-kompulsif serta membutuhkan bantuan psikologis. [...]

Mau Buang Sial? Kasih Angpao di Mulut Barongsai!

Mau Buang Sial? Kasih Angpao di Mulut Barongsai!

Pemberian angpao (amplop yang biasanya berisi uang) ke mulut barongsai usai penampilan saat imlek atau di perayaan lainnya ternyata punya makna khusus. "Kalau sudah selesai penonton barongsai itu memasukan angpao ke dalam mulutnya. Ini kepercayaan masyarakat Tionghoa, dan sudah budaya seperti itu sejak dulu," kata Pembina Tim Barongsai Kun Seng Keng, Deni, Rabu (29/1/2014).Hal ini dimaksudkan untuk membuang semua keburukan dan mendatangkan rezeki bagi si pemberi angpao. "Ang itu merah, pao itu kemasan. Jadi kemasan yang bewarna merah ini ibaratnya yang gak baiknya si orang yang memberikan. Keburukannya dimakan sama barongsai kemudian setelah itu pemberi angpao akan langsung dicuci bersih oleh barongsai. Yang buruk pergi yang baik datang," kata Deni.Masyarakat Tionghoa berharap dengan angpao yang dimasukan ke dalam mulut barongsai dapat mendatangkan rezeki dan keberuntungan. Tidak heran banyak angpao yang didapat tim barongsai Kun Seng Keng usai bermain di salah satu pusat perbelanjaan. (Mia/Abd)Baca Juga :Imlek di Jakarta akan Diguncang Flashmob 30 BarongsaiKue Lapis dan Jeruk Mandarin Saat Imlek, Apa Artinya?Menyapu Saat Hari Pertama Imlek Bikin Sial?Master Kaligrafi Chan Gelar Pa [...]

Para Model Victoria’s Secret pun Jalani Diet Cacing Pita

Para Model Victoria’s Secret pun Jalani Diet Cacing Pita

Meskipun diet cacing pita terdengar konyol dan tidak masuk akal, tapi ternyata jumlah pelaku diet tergolong ekstrem ini terbilang banyak. Salah dua negara di mana masyarakatnya memilih untuk melakukan diet ini adalah Amerika Serikat dan Meksiko.Pada 1900-an diet cacing pita mulai diiklankan. Beberapa tahun kemudian, penyanyi opera asal Amerika, Maria Callas tergiur untuk mencoba memasukan cacing pita ke dalam ususnya untuk menurunkan berat badan. Padahal saat itu, diet ini hanya dianggap mitos, karena terlalu berisiko. Setelah Maria Callas, para model Victoria's Secret pun melakukan hal yang sama. Model seksi itu beranggapan, mereka tidak tahu lagi bagaimana cara menurunkan berat badan, agar terlihat ideal tanpa harus mengenakan korset terlalu lama. Maka itu, bermodalkan nekat, mereka membiarkan cacing pita hidup `bekerja` di dalam ususnya.Seperti dikutip dari BBC, Rabu (27/8/2014), teori dari cara kerja cacing pita adalah cacing akan mencapai kematangan dalam usus dan menyerap makanan yang masuk ke dalam tubuh. Karena proses kerjanya menyebabkan si pelaku diet muntah dan diare, wajar bila cepat dalam memproses penurunan berat badannya.Nantinya, setelah mereka mendapatkan berat bad [...]

Apa yang Bikin Jerawat Berbekas?

Apa yang Bikin Jerawat Berbekas?

Apakah bekas jerawat membuat Anda tak percaya diri? Memang ada jerawat yang bekasnya sulit menghilang. Lalu, sebenarnya apa yang menyebabkan muncul bekas?Meski ada teori yang menyebutkan memencet jerawat bisa meninggalkan bekas, namun ini tak selalu terjadi. Dermatologis atau ahli kulit dari New York, dokter Whitney Bowe mengungkapkan, ada jenis jerawat yang rentan meninggalkan bekas dan jaringan parut dibanding yang lain."Jerawat membekas ketika tubuh butuh proses penyembuhan lebih baik namun akhirnya memunculkan keadaan yang tidak diinginkan. Sebuah enzim yang berada di daerah lesi (luka) jerawat menggerogoti jaringan kolagen dan elastin. Ketika terjadi peradangan, kolagen dan jaringan elastin tak mampu meregenerasi sepenuhnya. Akhirnya, muncullah bekas luka," kata Bowe kepada HuffingtonPost, Rabu (5/3/2014).Anda sebenarnya bisa mencegah jerawat datang lagi dan mengurangi bekas tersebut dengan berbagai cara. Salah satunya dengan perawatan kulit. Terkadang membayar produk berkualitas yang mahal terbukti bisa membantu kulit Anda kembali dalam kondisi yang baik. Pastikan Anda tetap melakukan pembersihan, toning, dan moisturizing.Selain dengan perawatan tersebut, perasan jeruk juga s [...]

Nazi Ciptakan Nyamuk Super dengan Malaria untuk Lawan Musuh

Nazi Ciptakan Nyamuk Super dengan Malaria untuk Lawan Musuh

Pada Perang Dunia Kedua, Rezim Hitlet diam-diam mengembangkan program senjata biologis aktif. Dalam catatan terkuak Nazi kemungkinan menargetkan Rusia dengan nyamuk super yang menyebarkan malaria di negara-negara musuh. Nyamuk-nyamuk itu kemungkinan berguna, khususnya di Rusia selama musim panas.Dr Klaus Reinhardt of Tuebingen University meneliti arsip Entomologi Institute di Dachau. Ia menemukan bahwa Ahli Biologi telah melihat nyamuk mungkin bisa bertahan hidup di luar habitat alaminya. Ia berspekulasi bahwa serangga bisa saja jatuh di atas wilayah musuh.Klaus Reinhardt mengumumkan temuan itu setelah mempelajari catatan yang sudah lama hilang.Seperti dikutip BBC, Minggu (16/2/2014), Dr Reinhardt menulis dalam jurnal Endeavour telah menemukan bukti bahwa peneliti menyelidiki jenis nyamuk tertentu yang bisa hidup tanpa makanan dan air selama empat hari.Bisa saja nyamuk itu terinfeksi malaria kemudian dijatuhkan dari udara dan bertahan cukup lama sehingga menginfeksi banyak orang.Dia berspekulasi bahwa para ilmuwan sedang menyelidiki kemungkinan penggunaan nyamuk yang menularkan malaria sebagai senjata biologis.Hal ini tidak diketahui apakah ada hubungan antara pekerjaan Entomologi [...]

Penyanyi Opera Amy Herbst Sulit BAB Setelah Melahirkan, Kenapa?

Penyanyi Opera Amy Herbst Sulit BAB Setelah Melahirkan, Kenapa?

Penyanyi opera Amy Herbst (33) menuntut seorang bidan karena melakukan prosedur episiotomi, pengguntingan kulit dan otot antara vagina dan anus untuk melebarkan jalan lahir, di Fort Campbell's Blanchfield Army Community Hospital, AS pada Februari 2012 tanpa seizinnya. Bukan apa-apa, menurut Amy, gara-gara episiotomi tersebut, ia tidak bisa mengontrol buang air kecil dan air besar serta mengalami sakit perut seperti kembung. Ini juga membuat sistem pencernaan dan reproduksinya rusak sehingga merasa sakit saat berhubungan seks.Akibat kecerobohan bidan Tiffany Williams, Amy dan suaminya, Staff Sgt. James kini sedang sibuk menggugat pemerintah setempat di Pengadilan Federal Cincinnati dan menuntut 2,5 juta dollar karena kelalaian bidan, rasa sakit, malu dan kehilangan pendapatan yang dialaminya."Ini memalukan dan terus terang semestinya ada pemberitahuan terhadap akibat dari prosedur episiotomi," kata pengacara Amy, Charles Allen seperti ditulis Nydailynews, Minggu (26/1/2014).Allen juga mengatakan bahwa kliennya mengalami kelainan karena ada gas yang selalu keluar dari vaginanya serta mengalami kesulitan buang air besar. Ahli bedah di Vanderbilt University Medical Center yang diwawanc [...]

Yang Dibahas dalam Pertemuan Organisasi Negara-negara Islam

Yang Dibahas dalam Pertemuan Organisasi Negara-negara Islam

Indonesia mendorong peran Islamic Development Bank (IDB) dan Sekretariat OKI dalam menggerakkan kerjasama antara negara anggota, khususnya dalam hal mobilisasi sumber dana, para ahli, dan sumber daya lainnya dalam upaya pelaksanaan OIC Strategic Health Programe of Action (SHPA) 2014-2013. Demikian pernyataan Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. dr. Ali Ghufron Mufti, Ms.c, Ph.D dalam acara Pertemuan 8th Steering Committe on Health (SCH) dan 1s Lead Country Coordinators Meeting (LCCM) dalam rangka implementasi SHPA di Jakarta, Selasa (25/3/2014). Menurut Ali Ghufron, pertemuan ini akan mengkaji SHPA yang pernah disepakat seluruh negara OKI (Organisasi Kesehatan Islam) mulai tahun 2014 sampai 2023. Nantinya, program itu akan dibahas lagi lebih lengkap. "Dan dalam Steering Committe ini ada beberapa negara tergabung yang akan mengevaluasi keseluruhan program, mulai dari strategic planing-nya sampai action di lapangan," kata Ali Ghufron menerangkan. Selain itu, pertemuan Steering Commite on Health ini didukung tujuh Organisasi Internasional seperti The Statistical, Economic and Sosial Research and Training Centre for Islamic Countrie (SESRIC), Ministerial Standing Committe [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *