Ketahui Tahap-tahap Prosedur Transplantasi Hati

Ketahui-tahap-tahap-prosedur-transplantasi-hati-alodokter.jpg

Kegagalan fungsi hati atau liver dapat diatasi dengan transplantasi. Hanya saja, prosedur transplantasi hati tidak mudah dan harus melewati beberapa tahap. Berikut adalah gambaran tentang prosedur transplantasi hati yang wajib Anda ketahui.

Dengan berat sekitar 1,3 kg pada orang dewasa, hati merupakan organ internal tubuh terbesar yang terletak di bagian atas rongga perut sebelah kanan. Fungsi hati sangat penting dalam tubuh, antara lain memproduksi protein, memecah nutrisi dari makanan menjadi energi, menyimpan vitamin dan mineral, memproduksi cairan empedu, membantu tubuh menghalau bakteri, dan menyingkirkan racun dari tubuh.

Kegagalan Fungsi Organ

Transplantasi hati umumnya dilakukan ketika organ hati mengalami gagal fungsi misalnya akibat infeksi akut yang terjadi tiba-tiba atau komplikasi yang muncul dari obat-obatan. Gagal fungsi hati juga dapat disebabkan oleh riwayat masalah kesehatan jangka panjang, seperti :

  • Hepatitis kronis yang berkembang menjadi sirosis.
  • Atresia bilier.
  • Kerusakan saluran empedu (primary biliary cirrhosis).
  • Luka dan penyempitan saluran empedu di dalam dan sekitar hati yang menyebabkan penumpukan cairan empedu di hati (sclerosing cholangitis).
  • Adiksi akan alkohol.
  • Wilson?s disease.
  • Hemochromatosis.
  • Kanker hati.
  • Penumpukan lemak pada hati (nonalcoholic fatty liver disease).
  • Fibrosis sistik (cystic fibrosis).

Proses operasi transplantasi hati dimulai dengan mengambil organ hati dari pasien dan menggantinya dengan hati yang berasal dari donor. Operasi ini tergolong operasi besar yang memakan waktu sekitar 6 hingga 12 jam. Selama operasi hingga beberapa hari kemudian, pasien akan menggunakan beberapa tabung khusus sebagai penunjang fungsi tubuh.

Sebelum dokter memutuskan seseorang dapat menerima transplantasi hati, dibutuhkan beberapa tes dan konsultasi, termasuk tes darah dan urine, ultrasound untuk memastikan kondisi hati, tes jantung, tes kesehatan tubuh menyeluruh serta konsultasi nutrisi. Selain itu, yang tak kalah penting adalah evaluasi psikologis untuk memastikan seseorang memahami risiko dari prosedur transplantasi hati. Tak jarang dibutuhkan juga konsultasi keuangan.

Donor Organ

Tidak mudah untuk memperoleh donor hati, apalagi yang benar-benar sesuai. Ini bisa memakan waktu beberapa hari, bahkan bulan. Dokter akan berusaha mengatasi komplikasi akibat gagal fungsi hati selama masa tersebut.

Pada umumnya ada dua jenis pilihan transplantasi hati. Pertama, hati yang berasal dari pendonor yang masih hidup. Pilihan kedua, hati yang berasal dari pendonor yang sudah meninggal dunia.

  • Pendonor hidup. Pendonor ini bisa berasal dari saudara kandung, pasangan atau teman yang harus mengikuti evaluasi medis dan psikologis terlebih dahulu. Beberapa persyaratan pendonor antara lain berniat untuk mendonor, memiliki kondisi kesehatan yang prima, golongan darah yang sama dengan penerima donor, berusia antara 18 tahun hingga 60 tahun, serta profil ukuran tubuh sama atau lebih besar dari penerima donor.

Prosedur dari donor jenis ini adalah dengan mengangkat sebagian dari organ hati pendonor dan menanamkannya pada tubuh penerima yang mengalami penyakit hati. Diharapkan hati dari pendonor akan tumbuh hingga ukuran normal dalam beberapa minggu.

  • Pendonor yang sudah meninggal dunia. Agar hati pendonor dapat digunakan dalam transplantasi, pendonor yang dipilih umumnya yang mengalami kematian fungsi otak dengan jantung yang masih berdetak.

Risiko Komplikasi

Meski dapat mengatasi gagal fungsi hati, namun prosedur transplantasi hati tidaklah bebas risiko. Ada dua risiko komplikasi yang paling sering ditemui setelah tindakan transplantasi hati, yaitu :

  • Terjadi penolakan. Hal ini disebabkan imunitas bekerja untuk menghancurkan materi yang dianggap asing yang masuk dalam tubuh. Ini disebut masa penolakan, dialami sekitar 64% dari pasien transplantasi hati, terutama pada enam minggu pertama. Untuk itu, dokter dapat memberikan obat anti penolakan transplantasi hati.
  • Rentan terserang infeksi. Obat anti penolakan transplantasi hati yang baru diberikan akan menekan imunitas tubuh, sehingga dapat memperbesar risiko infeksi. Umumnya, infeksi jenis ini akan membaik seiring waktu.

Selain itu, risiko lain pascaoperasi transplantasi hati yang dapat terjadi adalah pendarahan, komplikasi saluran empedu, penggumpalan darah hingga masalah dengan memori atau ingatan.

Pasien operasi transplantasi hati kemungkinan harus terus mengonsumsi obat anti anti penolakan seumur hidup. Sayangnya, obat tersebut juga memiliki beberapa risiko efek samping, antara lain diare, sakit kepala, diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan penipisan tulang.

Proses Pemulihan

Salah satu faktor yang menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih setelah operasi transplantasi hati, yaitu seberapa parah kondisi pasien sebelum operasi. . Umumnya untuk benar-benar sembuh diperlukan waktu sekitar 6 bulan hingga satu tahun.

Usia harapan hidup setelah transplantasi hati sangat beragam, tergantung dari kondisi masing-masing. Secara umum, lebih dari 70% pasien yang menjalani transplantasi hati berhasil bertahan hidup selama setidaknya lima tahun setelah operasi.

Meski belum ada metode yang tepat dalam memperkirakan usia harapan hidup seseorang pascaoperasi, namun ada data yang mencatat bahwa usia harapan hidup sekitar 58% penerima donor hati mencapai 15 tahun. Kegagalan penerimaan hati yang diperoleh dari pendonor muncul sekitar 10%-15% dan disebabkan oleh beragam komplikasi.

Transplantasi hati merupakan salah satu prosedur yang dapat mengatasi kegagalan fungsi hati, namun perlu juga dicermati beberapa risikonya. Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mengambil keputusan tersebut.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sabun Cair Vs Batang, Lebih Baik Mana untuk Kesehatan Kulit?

Sabun Cair Vs Batang, Lebih Baik Mana untuk Kesehatan Kulit?

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Begitu pula ketika memilih sabun mandi, ada yang lebih nyaman menggunakan sabun cair dan beberapa masih lebih menyukai memakai sabun batang. Sebenarnya mana yang lebih baik, sabun cair atau batang?Menurut dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RSCM, dr Atika, sabun cari dan batang memiliki fungsi yang sama. Kedua jenis sabun memiliki kandungan serupa hanya soal kenyamanan saja."Keduanya mempunyai fungsi yang sama hanya bagaimana kenyamanan setiap orang, kan ada yang sukanya pakai sabun cari tapi ada juga yang lebih suka pakai batangan. Jadi tergantung selera, berganti sabun pun nggak masalah," tutur Atika saat berbincang di acara Lifebuoy, Kembang Goela, Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2015).Hal yang sama juga dipaparkan oleh Senior Brand Manager Lifebuoy, Indriani. Indri mengatakan sabun cair dan batang memang memiliki kandungan yang sama namun kenyamanannya berbeda. Indri mengklaim bahwa dengan memakai sabun cair, kulit terasa lebih segar dan memberikan ketenangan. Berbeda dengan sabun batangan yang hanya membersihkan saja. Meski demikian, pilihan tetap jatuh pada keputusan masing-masing."Mungkin kalau sa [...]

Sering Pusing & Sakit Kepala? Bisa Jadi Tekanan Darah Tinggi!

Sering Pusing & Sakit Kepala? Bisa Jadi Tekanan Darah Tinggi!

Tahukah Anda, mereka yang lebih banyak mengidap pikun atau demensia di usia lanjut adalah kaum wanita, mengapa demikian? Apakah otak kaum pria sedemikian hebatnya sehingga mereka tidak menjadi pikun? Ternyata bukan itu jawabannya, kaum pria kebanyakan meninggal lebih dulu sebelum mereka menjadi pikun, sebab kematian tertinggi pada pria antara lain karena penyakit jantung koroner, stroke, dan sebagainya. Kalau Anda ingin berumur panjang dan menggendong cucu, maka sudah harus mulai perhatikan bagaimana Anda menghidupi hari-hari dimana Anda sudah tidak muda lagi, jangan acuh tak acuh dan makan makanan apapun yang Anda mau, ingatlah bahwa lezatnya makanan hanya sejauh lidah, setelah itu Anda tidak merasakan dampak buruknya saat dicerna lebih jauh. Salah satu masalah tersering adalah hipertensi atau tekanan darah yang tinggi. Kalau Anda sering merasakan pusing atau kepala terasa sakit, mungkin Anda pengidap hipertensi. Tekanan darah normal manusia berkisar di 120/80 mmHg, ketika angka ini menginjak 140/90 mmHg atau lebih, Anda dikatakan menderita hipertensi. Bagaimana mengatasinya? Berikut penjelasannya: 1. Minum obat secara teratur Obat penurun tekanan darah beker [...]

Inilah Bentuk dan Variasi Puting Payudara

Inilah Bentuk dan Variasi Puting Payudara

Sama seperti payudara, puting mempunyai bentuk yang bervariasi. Namun bentuk puting dapat mengalami perubahan seiring dengan pertumbuhan seseorang, faktor hormonal, kehamilan atau menyusui. Area puting sangat sensitif terhadap perubahan suhu panas, dingin, rangsangan atau tekanan. Jika terjadi keluhan nyeri disekitar puting bisa disebabkan adanya abses subareolar yang memerlukan tindakan medis dengan segera. Keluhan gatal disekitar puting juga sering terjadi dan merupakan hal yang wajar, namun jika keluhan menetap dan terdapat iritasi kemerahan atau posisi puting berubah segera hubungi dokter Anda, hal ini bisa disebabkan penyakit paget atau salah satu gejala kanker payudara. Perubahan pada puting dapat terjadi seiring dengan pertumbuhan dan bertambahnya usia kita. Puting dan areola mempunyai peranan dalam proses menyusui karena berhubungan langsung dengan kelenjar susu. Berikut bentuk dan variasi puting : Berikut bentuk dan variasi puting: 1. Bentuk puting payudara normal Puting payudara normal mempunyai letak ditengah areola (bagian hitam yang melingkari puting). Puting akan berubah mengeras jika terdapat rangsangan. 2. Puting payudara flat Puting masuk agak [...]

Cara Tidur Nyaman Selama Masa Kehamilan

Cara Tidur Nyaman Selama Masa Kehamilan

Sebagian besar wanita tahu bahwa kehamilan dapat memengaruhi pola tidur mereka. Sayangnya, hanya sedikit wanita yang mengerti bahwa pola dan cara juga dapat memengaruhi kehamilan.Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh UC San Francisco, School of Nursing menemukan bahwa kebiasaan tidur memiliki pengaruh besar pada saat melahirkan. Wanita yang tidur kurang dari enam jam membutuhkan waktu lebih lama saat melahirkan, ketimbang mereka yang tidur lebih dari tujuh jam tiap harinya.Selain itu, tingkat melahirkan secara caesar juga dilaporkan lebih tinggi pada wanita yang pola tidurnya tidak baik. Untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas saat hamil, simak beberapa cara berikut, seperti yang dikutip dari healthmango.1. Buatlah jadwal tidur dan coba untuk menaatinya selama kehamilan Anda. Waktu tidur dan bangun yang sama tiap harinya akan bantu mengatur siklus tidur. Para pakar kesehatan merekomendasikan untuk melakukan hal santai seperti membaca buku, mendengarkan musik atau mandi sebelum tidur.2. Saat kehamilan memasuki trimester ketiga, frekuensi buang air menjadi semakin sering dan membuat tidur tak nyenyak. Agar tidak terbangun karena ingin buang air di malam hari, hindar [...]

7 Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Garam Laut

7 Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Garam Laut

Meski memiliki nilai gizi dan komposisi yang sama, garam laut dipercaya lebih sehat daripada garam meja. Seperti yang dikutip dari healthmango, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi garam laut. Berikut tujuh manfaatnya!1. Sistem ImunGaram laut secara alami bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal itu menjadikan tubuh mampu melawan virus seperti, flu, demam, alergi serta penyakit autoimun lainnya.2. DepresiGaram laut juga terbukti dapat mengobati berbagai jenis depresi. Garam laut juga bantu mempertahankan dua hormon penting, serotonin dan melatonin. Kedua hormon itu bisa membuat Anda merasa relaks dan tidur lelap di malam hari.3. Otot KejangKandungan kalium dalam garam penting untuk membantu otot untuk berfungsi dengan baik. Selain itu, garam juga bisa menjadikan tubuh menyerap lebih banyak nutrisi dalam makanan. Jadi, garam sangat efektif untuk mencegah nyeri otot, kejang dan kram.4. OsteoporosisSaat kekurangan garam dan gula, tubuh 'menarik' sodium ke tulang dan hal itu bisa memicu terjadinya osteoporosis. Oleh karena itu konsumsi garam dan air secara rutin dalam jumlah yang tepat bisa bantu mencegah pengeroposan tulang.5. DiabetesGaram laut bisa bantu men [...]

5 Tips Menjaga Mood Selalu Positif untuk Kesehatan Fisik & Mental

5 Tips Menjaga Mood Selalu Positif untuk Kesehatan Fisik & Mental

Kondisi emosional bisa memengaruhi kesehatan fisik secara keseluruhan. Mood yang negatif seperti kesal, marah atau sedih bisa menurunkan daya tahan tubuh sehingga Anda jadi lebih mudah sakit. Sebaliknya, mood positif akan berdampak pada tubuh yang lebih sehat dan Anda pun jadi lebih optimis menghadapi tantangan hidup ke depannya. Mulai dari sekarang, jagalah mood Anda untuk kesehatan tubuh, pikiran dan jiwa. Ini lima tipsnya yang dikutip dari Gal Time. 1. Tertawa Lebih SeringTertawa bisa meningkatkan sistem imun tubuh, membuat awet muda, membakar kalori dan tentu saja, membuat mood Anda lebih bahagia. Perbanyaklah menghabiskan waktu dengan teman-teman semasa SMU atau kuliah yang pintar berkelakar. Bisa juga mengajak keluarga atau teman menonton acara komedi slap stick klasik. Perlu diketahui, tertawa meningkatkan hormon endorphin yaitu senyawa kimia yang memicu rasa senang.2. Latihan Fisik Secara RutinOlahraga, fitnes, dan latihan fisik lainnya punya banyak keuntungan bagi tubuh. Selain membuat tubuh lebih bugar, sehat dan ideal, latihan juga membuat jam tidur Anda lebih teratur sehingga mood bisa positif seharian di keesokan paginya. Olahraga dan fitnes juga membantu Anda mengu [...]

Cara Mengejutkan Otak dalam Mengontrol Logika dan Rasa Cinta

Cara Mengejutkan Otak dalam Mengontrol Logika dan Rasa Cinta

Orang kerap kali menganggap kalau otak dan jantung adalah dua organ yang fungsi kerjanya sangat bertolak belakang. Otak kerap dihubungkan dengan sesuatu yang serba logis dan masuk akal, sementara jantung --sering juga disebut dengan hati-- lebih berpengaruh terhadap emosi dan rasa cinta.Kenyataannya, otak tidak selalu berhubungan dengan pemikiran dan logika. Kenyataannya, organ utama manusia yang satu ini justru berpengaruh besar terhadap emosi yang Anda rasakan, khususnya saat jatuh cinta dan patah hati. Ini tiga fakta menarik yang mengungkapkan bagaimana otak bekerja dalam mengontrol emosi manusia, seperti dikutip dari Your Tango.1. Batas Tipis antara Cinta dan Benci ada pada OtakBukan hati, otak justru yang memengaruhi rasa cinta dan benci pada seseorang. Menurut studi yang dilakukan di University College London, 'sirkuit' cinta dan benci pada otak memiliki struktur yang identik. Kedua bentuk emosi ini dipengaruhi oleh bagian di dalam otak yang bernama putamen dan insula. Dua 'sirkuit' tersebut berhubungan dengan keinginan untuk menyerang, rasa tertekan sekaligus rasa cinta. Semakin dekat sebuah hubungan dan semakin besar rasa cintanya terhadap seseorang, maka potensi untuk l [...]

5 Cara Alami Menyamarkan Kerutan

5 Cara Alami Menyamarkan Kerutan

Walau tampaknya sepele, tampaknya kerutan menjadi suatu momok yang menakutkan baik pada pria maupun wanita. Sebelum Anda membeli krim mahal atau melakukan tindakan medis tertentu, mengapa tidak Anda coba saja menggunakan cara alami berikut? Putih telur Putih telur memiliki manfaat peremejaan kulit melalui kandungan alami vitamin B dan vitamin E yang dimilikinya. Caranya: Kocok 3 atau 4 butir putih telur dalam mangkuk kecil. Aplikasikan pada wajah dan lakukan pijatan halus. Biarkan selama kira-kira 15 menit kemudian bersihkan dengan air hangat. 5 Cara Alami Menyamarkan Kerutan Minyak zaitun Minyak zaitun dapat membuat kulit Anda menjadi halus dan kenyal. Caranya: Aplikasikan beberapa tetes minyak zaitun pada wajah sebelum tidur sembari dipijat secara halus. Kemudian keringkan dengan handuk yang halus. Anda akan terbangun keesokan hari dengan kulit yang halus dan terlihat berseri Jus lemon Asam pada lemon dapat membantu kulit Anda terlihat lebih cerah dan mengurangi kerutan. Caranya: Potong seiris lemon. Pijat perasannya pada kerutan halus di wajah Anda. Terapi pijat wajah Caranya: Gunakan lo [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *