Ketiak Sering Basah karena Keringat? Mungkin Anda Terlalu Banyak Minum

ketiakbasah.jpg

Minum air putih penting untuk kesehatan tubuh juga kecantikan kulit. Pakar kesehatan menyarankan untuk minum air putih sedikitnya delapan gelas per hari agar organ tubuh berfungsi dengan baik. Air putih memang menyehatkan, tapi bisa jadi bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Makin banyak minum air putih bukan berarti tubuh semakin sehat atau kulit lebih cantik. Mengasup cairan yang tidak diperlukan tubuh justru bisa memicu gangguan ginjal dan membuat Anda berkeringat berlebihan.

Kondisi keluarnya keringat yang berlebihan biasa disebut dengan hyperhidrosis. Dari pengamatan yang dilakukan ahli kesehatan terhadap sejumlah pasien di sebuah klinik di London, sebagian besar pasien dengan keluhan keringat berlebihan ternyata punya kebiasaan minum cairan terlalu banyak dari yang dibutuhkan.

“Banyak orang menyarankan air putih sebagai minuman kesehatan dan mengatakan bahwa Anda harus minum dua atau tiga liter sehari. Secara medis itu tidak benar,” ujar Mark Whiteley, profesor dan ahli bedah syaraf di The Whiteley Clinic, seperti dikutip dari Daily Mail.

Mark menambahkan, kebutuhan cairan biasanya akan bertambah ketika seseorang sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Namun itu pun terbatas hanya 1,5 liter dan diberikan dalam kurun 24 jam. Jika dokter memberikan cairan hingga dua liter maka berpotensi terjadi gagal jantung.

Cairan pun sebenarnya tidak mutlak hanya berasal dari minuman. Sekitar setengah dari kebutuhan air berasal dari makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Sayur dan buah pun mengandung air, belum lagi jika Anda menyantap hidangan berkuah atau minum jus. Ketika kebutuhan cairan sudah terpenuhi maka tidak perlu menambahnya lagi dengan minum belasan gelas air putih.

“Kalau Anda minum air terlalu banyak ginjal akan bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan cairan itu,” tuturnya.

Kelebihan cairan akan dikeluarkan tubuh lewat urin dan keringat. Artinya semakin banyak Anda minum maka keringat yang keluar pun lebih banyak dan jangan heran jika ketiak Anda jadi lebih cepat basah.

Peringatan ini muncul setelah sebuah makalah penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal menunjukkan bahwa anjuran minum delapan gelas air putih atau lebih tidak selalu tepat. Penulis penelitian, Dr. Margaret McCartney mengatakan bahwa ‘keajaiban’ air putih seringkali dibesar-besarkan demi kepentingan pemasaran, misalnya perusahaan air minum dalam kemasan.

Penelitian Dr. Margaret bersama timnya menunjukkan, minum ketika Anda tidak haus bisa memecah fokus saat bekerja atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan konsentrasi otak. Minum terlalu banyak cairan juga bisa membuat tidur tidak nyenyak karena di malam harinya harus terbangun akibat ingin buang air kecil.

Di samping itu, terlalu banyak minum juga berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan langka yang dinamakan hyponatraemia. Yaitu kondisi di mana kandungan garam dalam tubuh menurun drastis sehingga menyebabkan pembengkakan pada otak.

Jadi, berapa banyak sebaiknya kita minum dalam sehari? Mark menyarankan agar Anda minum air putih ketika haus atau setelah makan. Minumlah air putih secara bertahap dan dalam periode yang teratur. Misalnya segelas di pagi hari, satu atau dua gelas lagi di siang hari, segelas di sore hari dan malam hari. Apabila Anda berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat, maka asupan air bisa ditambah sesuai kebutuhan; ketika Anda merasa haus. Jaga juga agar urin selalu berwarna jernih kekuningan.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sudahkah Anda Mematikan Lampu Saat Tidur?

Sudahkah Anda Mematikan Lampu Saat Tidur?

Kebiasaan tidur setiap orang tentunya berbeda-beda, mulai dari jam berapa harus tidur hingga harus dimatikan atau dinyalakankah lampu kamarnya. Ada sebagian orang yang mengaku tidak bisa tidur jika kamarnya dalam kondisi lampu menyala. Namun ada pula yang justru tidak bisa tidur jika kamarnya dalam kondisi gelap. Termasuk yang manakah Anda? Kondisi kamar yang seperti apa yang sebaiknya digunakan untuk tidur? Saat tidur sebaiknya lampu kamar dimatikan. Mengapa demikian ? Bila kita mematikan lampu saat tidur, homon melanosit kita akan bekerja maksimal. Hormon inilah yang mengatur irama sirkadian atau jam biologis tubuh kita. Hormon ini yang akan menimbulkan rasa ngantuk dan mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh bahwa ini adalah waktunya tubuh Anda beristirahat sehingga tidur yang dihasilkan pun akan berkualitas. Apa yang terjadi jika Anda membiarkan lampu menyala ketika Anda tidur? Ini yang Terjadi Jika Anda Membiarkan Lampu Menyala Ketika Tidur Sebaliknya, bila lampu kamar dibiarkan menyala, hormon melanosit tidak disekresi sehingga akan mengganggu irama sirkadian tersebut. Walaupun Anda merasa mengantuk karena kelelahan tetapi tubuh Anda tidak mendapat sinyal ba [...]

Berbagai Manfaat Jambu Biji

Berbagai Manfaat Jambu Biji

Jambu biji memiliki nutrisi yang cukup baik, yaitu memiliki zat anti kanker, menurunkan tekanan darah, dan membantu pengobatan demam berdarah. Indonesia adalah Negara agraris penghasil buah tropis. Salah satu jenis buah tropis adalah jambu biji. Orang terkadang memandang sebelah mata dengan buah tropis yang satu ini. Padahal dilihat dari kandungan gizinya, jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Tak Cuma itu, jambu biji juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan sebagai anti kanker. Halaman berikut menjelaskan berbagai macam manfaat buah jambu biji: Jambu Biji Mengandung Vitamin C Lebih Banyak dari Jeruk Selama ini masyarakat sering mendapatkan informasi bahwa sumber vitamin C banyak terdapat didalam buah jeruk. Padahal jika dilihat dari kandungan vitamin C, jambu biji dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan jeruk. Setiap 100 gr jambu biji mengandung 87 mg vitamin C, sedangkan jeruk hanya mengandung 49 mg. Bahkan dibandingkan buah impor seperti apel atau anggur, kandungan vitamin C jambu biji puluhan kali lipat jumlahnya. Menurut daftar Analisis Bahan Makanan (1992), apel hanya mengandung vitamin C sebanyak 5 mg/100 gr dan anggur hanya men [...]

Mineral dan Vitamin Anak yang Penting bagi Pertumbuhan Mereka

Mineral dan Vitamin Anak yang Penting bagi Pertumbuhan Mereka

Anak-anak memerlukan nutrisi agar pertumbuhan dan tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Untuk memenuhi kebutuhan ini, vitamin anak dan mineral harus disertakan dalam makanan keseharian mereka. Agar mampu melakukan berbagai hal, tubuh anak memerlukan bantuan berbagai macam vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral ini bisa dengan mudah didapat dengan mengonsumsi berbagai makanan yang berbeda. Berikut mineral dan vitamin untuk anak yang diperlukan oleh tubuhnya. Vitamin A Selama ini vitamin A dikenal memainkan peran penting bagi kesehatan mata. Vitamin A memang membantu kita dapat melihat dalam gelap dan membedakan berbagai warna, namun bukan itu saja manfaat vitamin anakini. Vitamin A juga berperan dalam kesehatan kulit, membantu sistem kekebalan tubuh bekerja melawan infeksi dengan baik, mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak secara normal, serta memperbaiki tulang dan jaringan. Vitamin A bisa didapatkan dari dua sumber, yaitu sumber hewani dalam bentuk retinoid (hati, ginjal, telur, produk olahan susu) dan sumber nabati dalam bentuk karotenoid (bayam, wortel, ubi, paprika merah, mangga, papaya, aprikot). Vitamin B Vitamin B terdiri dari beberapa vitamin, yaitu thiamin (vi [...]

Ini Alasan Wanita Lebih Sehat Ketimbang Pria

Ini Alasan Wanita Lebih Sehat Ketimbang Pria

Menjadi seorang wanita tidaklah mudah, namun wanita memiliki beberapa keuntungan yang tak didapat pria. Misalnya wanita memiliki umur yang lebih panjang daripada pria. Penelitian juga menunjukkan bahwa pria lebih mudah terkena beberapa penyakit dibawah ini daripada wanita. Penyakit apa saja?1. Penyakit ParkinsonBerdasarkan analisa dari tujuh penelitian, peneliti dari University of Virginia School of Medicine melaporkan bahwa pria 1,5 kali lebih mungkin terkena penyakit parkinson bila dibandingkan wanita. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neurology di tahun 2004, alasannya karena hormon esterogen bantu melindungi tubuh dari gangguan neurodegeneratif.2. Kanker HatiSeperti yang dikutip myhealthnewsdaily, wanita jarang mengidap karsinoma hepatoseluler, jenis kanker hati paling umum. Tingkat kejadia pada pria tiga kali lebih tinggi, menurut laporan 2010 oleh U.S. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Bologna di Italia juga mencapai kesimpulan yang serupa. Hasil dari penelitian yang mereka temukan menjelaskan bahwa wanita yang mengidap kanker hati dapat hidup lebih lama ketimbang pria yang juga mengidap [...]

Plastik Ternyata Bisa Berbahaya Pada Kesehatan

Plastik Ternyata Bisa Berbahaya Pada Kesehatan

Plastik? Hampir setiap hari dalam kehidupan kita, kita memakai plastik, bahkan seringkali hidup kita dimudahkan olehnya, bagaimana tidak, kita minum dalam kemasan botol pastik, belanja menggunakan kantong plastik, dimana-mana plastik. (Baca: Arti Kode Angka di Plastik Anda) Artikel ini ditulis supaya plastik yang memudahkan hidup Anda ini, tidak menjadi bumerang dan malah merusak tubuh Anda perlahan tapi pasti, bagaimana mungkin hal itu bisa? Karena ketahuilah, ternyata plastik memiliki potensi risiko bahaya kesehatan. Terdengar berlebihan? Jika masih ragu, maka lanjutkanlah membaca artikel ini seterusnya. Berikut ini adalah penjelasan bahaya plastik pada kesehatan: Bahaya Plastik Pada Kesehatan Plastik yang terpapar dengan panas, akan menghasilkan suatu senyawa yang dikenal dengan nama dioxin (nama lainnya polychlorinated dibenzodioxins) yang sifatnya sangat beracun, dan bahkan bersifat karsinogenik. Bersifat karsinogenik artinya senyawa ini dapat merusak sistem biologis kita, sehingga timbul kerusakan gen yang dapat berakhir menjadi tumor ataupun kanker ganas, mengerikan bukan? (Baca: 8 Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker) Tidak hanya sampai disitu, plas [...]

3 Kehebatan Semangka yang Perlu Anda Tahu

3 Kehebatan Semangka yang Perlu Anda Tahu

Pada suasana panas seperti di Jakarta, mengonsumsi buah semangka dapat menjadi solusi kesegaran tubuh. Buah semangka bukan hanya membuat segar, namun ternyata buah semangka memiliki nutrisi yang tinggi. Dalam satu gelas semangka yang berisi 46 kalori, semangka menyediakan 20 % vitamin C dan 17 % vitamin A. Berikut beberapa kelebihan semangka. 3 Kehebatan Semangka yang Perlu Anda Tahu Berikut beberapa kelebihan semangka: 1. Mengandung Lycopene lebih banyak dari Tomat Hanya dengan 1 gelas semangka, mengandung 1,5 lebih banyak lycopene dibandingkan tomat segar, 6 mg dibandingkan dengan 4 mg. Lycopene bekerja sebagai antioksidant, yang berfungsi untuk melindungi daya tahan tubuh. 2. Meringankan Nyeri Otot Sebuah studi dari Spanyol yang dipublikasikan dalam the Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengungkapkan bahwa jus semangka dapat menghilangkan nyeri otot setelah berolahraga. Yang dapat menyebabkan hal ini adalah kandungan citrulline yang ada di dalam semangka. 3. Mengandung Air yang Banyak Semangka memiliki kemampuan hidrasi yang sangat tinggi. Air yang terkandung dalam semangka mencapai 91%. Bila kita ingat-ingat dehidrasi sangat buruk untuk tub [...]

Google Rancang Smart Softlens untuk Penderita Diabetes

Google Rancang Smart Softlens untuk Penderita Diabetes

Perusahaan raksasa teknologi dunia, Google, kerap menciptakan produk berteknologi tinggi. Kini Google sedang merancang teknologi untuk para penderita diabetes yang dapat mengontrol asupan gula sehari-hari. Teknologi tersebut berupa smart softlens yang akan mengadur kadar gula penggunanya."Kami sekarang sedang menguji lensa kotak yang dirancang untuk mengukur kadar glukosa dalam air mata," tutur project co-founders, Brian Otis dan Babak Parviz seperti dilansir dari New York Daily News.Lensa kontak yang masih dalam tahap uji klinis itu menggunakan chip nirkabel kecil dan sensor yang tertanam di antara dua lapisan tipis dari softlens. Chip dan sensor memiliki bentuk yang sangat kecil seperti bentuk gliter warna hitam. Sensor tersebut yang akan mengatur kadar gula darah Anda. Namun pihak perancang mengatakan bahwa softlens ini masih dikerjakan dan sedang dibicarakan dengan US Food dan Drug Administration. Para peneliti juga mengungkapkan bahwa sensor yang terdapat dalam softlens akan memperingatkan pemakainya mengenai kadar gula darah mereka sudah melalui batas atau belum. Menurut pihak Google, International Diabetes Federation menyatakan bahwa masih sulit memerangi penyakit diabete [...]

6 Mitos Populer Selama Kehamilan

6 Mitos Populer Selama Kehamilan

"Awas, kalo hamil jangan nge-cat rambut dulu!" Nah lho? Benar gak sih? Atau Anda pernah mendengar juga anggapan mengenai hal-hal yang dianggap dilarang dilakukan oleh ibu hamil selama menjalani masa kehamilan lainnya? Ada anggapan juga selama masa kehamilan juga dilarang berhubungan seks dengan suami. Wah, apa pasal? Tidak sedikit anggapan salah yang berkembang mitos berlawanan dengan fakta kesehatan sebenarnya. Padahal, beberapa mitos tersebut jika dilakukan malah-malah bisa mendatangkan manfaat tersendiri bagi ibu hamil, lho. Untuk lebih jelasnya, simak pelurusan mitos-mitos yang ada dengan paparan fakta-fakta sebagai berikut: Mitos 1: Hindari Vaksin Flu Justru sebaliknya, para ahli berpendapat bahwa vaksin flu penting bagi ibu hamil dan tidak membahayakan janin. Namun pilihlah vaksin flu yang mengandung virus mati bukan vaksin yang mengandung virus hidup yang dilemahkan. Jika Anda khawatir dengan pengawetnya, maka pilihlah vaksin flu yang bebas thimerosal. (Baca: Vaksinasi Selama Kehamilan) Vaksin apa yang harus saya peroleh selama kehamilan? Berikut adalah jenis-jenis vaksin yang aman untuk diberikan bagi wanita hamil: Hepatitis B: wanita hamil yang beri [...]

Kelebihan Teknik Bedah Laparoskopi

Kelebihan Teknik Bedah Laparoskopi

Laparoskopi atau operasi lubang kunci merupakan langkah medis yang dilakukan ahli bedah untuk mengakses ke bagian dalam rongga perut dan panggul. Tidak seperti teknik bedah pada umumnya, laparoskopi memiliki beberapa kelebihan yang menguntungkan pasien. Apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih teknik bedah laparoskopi? Keuntungan Laparoskopi Dengan teknik laparoskopi, Anda akan dibius total. Setelah itu, ahli bedah akan membuat sayatan kecil sekitar 1-1,5 cm di sekitar tali pusar. Melalui sayatan itu, ahli bedah akan memasukkan alat yang disebut laparoskop, yaitu sebuah tabung kecil yang memiliki kamera dan lampu kecil pada ujungnya. Kamera itu akan memperlihatkan kondisi di dalam rongga perut dan panggul pada sebuah monitor sehingga memudahkan ahli bedah untuk melakukan operasi. Pada saat bersamaan, perut Anda akan diisi oleh gas karbondioksida agar lebih mengembung. Hal ini memudahkan ahli bedah untuk melihat organ-organ Anda secara jelas. Berikut ini adalah alasan yang membuat teknik bedah laparoskopi menguntungkan Anda. Melalui teknik tersebut, ahli bedah tidak perlu membuat sayatan yang besar sehingga bekas luka yang Anda alami lebih sedikit. Rasa sakit juga [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *