Ketiak Sering Basah karena Keringat? Mungkin Anda Terlalu Banyak Minum

ketiakbasah.jpg

Minum air putih penting untuk kesehatan tubuh juga kecantikan kulit. Pakar kesehatan menyarankan untuk minum air putih sedikitnya delapan gelas per hari agar organ tubuh berfungsi dengan baik. Air putih memang menyehatkan, tapi bisa jadi bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Makin banyak minum air putih bukan berarti tubuh semakin sehat atau kulit lebih cantik. Mengasup cairan yang tidak diperlukan tubuh justru bisa memicu gangguan ginjal dan membuat Anda berkeringat berlebihan.

Kondisi keluarnya keringat yang berlebihan biasa disebut dengan hyperhidrosis. Dari pengamatan yang dilakukan ahli kesehatan terhadap sejumlah pasien di sebuah klinik di London, sebagian besar pasien dengan keluhan keringat berlebihan ternyata punya kebiasaan minum cairan terlalu banyak dari yang dibutuhkan.

“Banyak orang menyarankan air putih sebagai minuman kesehatan dan mengatakan bahwa Anda harus minum dua atau tiga liter sehari. Secara medis itu tidak benar,” ujar Mark Whiteley, profesor dan ahli bedah syaraf di The Whiteley Clinic, seperti dikutip dari Daily Mail.

Mark menambahkan, kebutuhan cairan biasanya akan bertambah ketika seseorang sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Namun itu pun terbatas hanya 1,5 liter dan diberikan dalam kurun 24 jam. Jika dokter memberikan cairan hingga dua liter maka berpotensi terjadi gagal jantung.

Cairan pun sebenarnya tidak mutlak hanya berasal dari minuman. Sekitar setengah dari kebutuhan air berasal dari makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Sayur dan buah pun mengandung air, belum lagi jika Anda menyantap hidangan berkuah atau minum jus. Ketika kebutuhan cairan sudah terpenuhi maka tidak perlu menambahnya lagi dengan minum belasan gelas air putih.

“Kalau Anda minum air terlalu banyak ginjal akan bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan cairan itu,” tuturnya.

Kelebihan cairan akan dikeluarkan tubuh lewat urin dan keringat. Artinya semakin banyak Anda minum maka keringat yang keluar pun lebih banyak dan jangan heran jika ketiak Anda jadi lebih cepat basah.

Peringatan ini muncul setelah sebuah makalah penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal menunjukkan bahwa anjuran minum delapan gelas air putih atau lebih tidak selalu tepat. Penulis penelitian, Dr. Margaret McCartney mengatakan bahwa ‘keajaiban’ air putih seringkali dibesar-besarkan demi kepentingan pemasaran, misalnya perusahaan air minum dalam kemasan.

Penelitian Dr. Margaret bersama timnya menunjukkan, minum ketika Anda tidak haus bisa memecah fokus saat bekerja atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan konsentrasi otak. Minum terlalu banyak cairan juga bisa membuat tidur tidak nyenyak karena di malam harinya harus terbangun akibat ingin buang air kecil.

Di samping itu, terlalu banyak minum juga berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan langka yang dinamakan hyponatraemia. Yaitu kondisi di mana kandungan garam dalam tubuh menurun drastis sehingga menyebabkan pembengkakan pada otak.

Jadi, berapa banyak sebaiknya kita minum dalam sehari? Mark menyarankan agar Anda minum air putih ketika haus atau setelah makan. Minumlah air putih secara bertahap dan dalam periode yang teratur. Misalnya segelas di pagi hari, satu atau dua gelas lagi di siang hari, segelas di sore hari dan malam hari. Apabila Anda berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat, maka asupan air bisa ditambah sesuai kebutuhan; ketika Anda merasa haus. Jaga juga agar urin selalu berwarna jernih kekuningan.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Bahaya Minum Pil Penunda Haid Saat Puasa

Bahaya Minum Pil Penunda Haid Saat Puasa

Terdapat sebuah kebiasaan baru di kalangan wanita di Saudi, terutama yang belum menikah untuk mengonsumsi obat penunda haid di bulan Ramadhan. Hal ini dilakukan agar kegiatan puasa mereka tidak terganggu dengan siklus haid yang datang tiap bulannya."Ini dikarenakan keinginan mereka untuk bisa menikmati puasa di bulan Ramadhan tanpa harus kehilangan beberapa hari akibat menstruasi. Banyak wanita yang melakukan hal ini, termasuk wanita yang belum menikah. Penjualan tablet penunda haid jadi meningkat seiring dengan datangnya bulan Ramadhan," ujar seorang apoteker di Taif, Mekkah pada jurnal harian Al-Watan.Sayangnya keputusan para wanita itu untuk membeli obat penunda haid seperti Primolut N, tidak didukung dengan pengetahuan mengenai efek samping. Menurut sang apoteker, para wanita di Saudi sengaja menjalin pertemanan dengan apoteker agar bisa membeli obat tanpa resep dokter.Primolut N sendiri mengandung bahan aktif produk sintesis hormon progesteron yang mirip dengan hormon alami wanita. Tablet ini biasanya digunakan untuk mengatasi gangguan menstruasi dan untuk mengobati gangguan dalam pendarahan bulanan, keluhan pramenstruasi, keluhan siklus haid dan yang berhubungan dengan pay [...]

Ini Nutrisi yang Baik Dikonsumsi Saat Mood Sedang Negatif

Ini Nutrisi yang Baik Dikonsumsi Saat Mood Sedang Negatif

Perubahan suasana hati alias mood sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari, terlebih lagi bagi wanita. Untuk mengatasi perubahan mood itu, makanan dengan nutrisi sehat dan tepat bisa menjadi solusinya.Perubahan suasana hati alias mood sangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari, terlebih lagi bagi wanita. Untuk mengatasi perubahan mood itu, makanan dengan nutrisi sehat dan tepat bisa menjadi solusinya. Dilansir dari Sheknows, berikut beberapa nutrisi yang tepat untuk mengatasi suasana hati.1. Nutrisi saat sedang sedihKetika Anda sedang sedih, cobalah mengonsumsi makanan ringan yang rendah protein, rendah lemak tapi tinggi karbohidrat. Alasannya karena ketika makanan tinggi karbohidrat tidak terhambat oleh protein atau lemak, maka asam amino triptophan akan meningkat di otak dan berubah menjadi serotonin, yaitu neurotransmiter yang menstimulasi suasana hati dan membatasi keinginan makan (carving). Anda bisa mengonsumsi, popcorn, havermut polos dengan sedikit susu dan madu, serta bagel (sejenis donat) dengan irisan pisang.2. Nutrisi saat sedang depresiPerasaan tertekan dan depresi bisa diredakan makanan yang kaya dengan omega-3, yang banyak ditemukan dalam lemak sehat yaitu lemak i [...]

Konsumsi Tomat yang Dimasak Tiap Hari Bisa Kurangi Risiko Sakit Jantung

Konsumsi Tomat yang Dimasak Tiap Hari Bisa Kurangi Risiko Sakit Jantung

Tomat yang dimasak atau telah mengalami proses pemanasan ternyata memiliki manfaat kesehatan yang lebih baik ketimbang tomat segar. Penelitian terbaru membuktikan, satu atau dua sendok saus tomat segar bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.Seperti dikutip dari Daily Mail, penelitian yang dilakukan University of Verona ini mengikutkan 20 pria sebagai partisipan. Setengah dari mereka diberi makanan yang disertai dengan saus tomat, sementara kelompok lainnya tidak.Percobaan dilakukan berdasarkan teori bahwa 80 gram saus tomat bisa mengurangi efek buruk dari makanan tinggi lemak yang berada di sepanjang pembuluh darah. Saus tomat juga membantu mencegah disfungsi endothelial (kondisi yang memicu atherosclerosis, atau penyumbatan lemak pada pembuluh arteri). Kuncinya ada pada lycopene, antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Kandungan lycopene akan meningkat ketika tomas dimasak atau melalui proses pemanasan.Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari tomat, Anda bisa mengolahnya dengan cara dipanggang, rebus, kukus, tumis atau dijadikan saus/puree tomat segar. Selain baik untuk jantung, tomat juga berkhasiat sebagai tabir surya alami bagi kulit.Dalam percobaan yang dil [...]

5 Sebab Kenapa Tubuh Susah Gemuk

5 Sebab Kenapa Tubuh Susah Gemuk

Tubuh ideal merupakan impian setiap orang, namun tentu diperlukan usaha untuk mencapainya. Mungkin Anda sudah lelah dengan berbagai cara untuk menambah otot tubuh Anda. Bagi Anda yang ingin menambah berat badan dan massa otot, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat tubuh Anda menjadi atletis, berisi dan ideal. Mari kita simak apa saja cara untuk membentuk tubuh yang ideal. 1. Komposisi makanan yang tidak seimbang Jika tubuh Anda tidak bertambah besar, bisa jadi salah satu alasannya adalah bahwa Anda tidak mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Untuk menambah berat badan dan besar otot Anda, maka komposisi makanan yang disarankan adalah makanan yang tinggi kalori. Namun demikian, makanan yang Anda konsumsi juga harus memiliki komposisi yang tepat, yaitu makanan dengan kandungan protein yang tinggi, mengandung cukup karbohidrat, dan serat. Contoh makanan yang tinggi protein adalah putih telur, daging dada ayam dan ikan salmon. Berikut penyebab lainnya kenapa tubuh sulit gemuk: Sebab Faktor Tubuh Sulit Gemuk 2. Olahraga tidak teratur Olahraga merupakan sebuah cara agar otot terstimulasi untuk tumbuh. Dengan melakukan olahraga, maka And [...]

Meningkatkan Kualitas EQ Bayi dengan Tidur Bersama Ibu

Meningkatkan Kualitas EQ Bayi dengan Tidur Bersama Ibu

Sebuah penelitian terbaru menganjurkan anak untuk tidur bersama ibunya sejak lahir sampai usia 4 tahun. Penelitian yang digawangi oleh Dr Nills Bergman dari University of Cape Town, Afrika Selatan mengungkakpan tentang perkembangan optimal pada otak dan jantung bayi, sehingga mengharuskan bayi yang baru lahir hingga satu minggu awal untuk tidur diatas dada sang ibu. Ia pun menganjurkan setelah seminggu, bayi sebaiknya tetap dekat dengan sang ibu hingga usia 3 bahkan 4 tahun sebagai kunci berkembangnya kecerdasan sosial dan emosional (emotional quotient; EQ) otak bayi secara sempurna. Berdasarkan observasi pada 16 bayi saat mereka tidur, terlihat perbedaan antara mereka yang tidur di tempat tidur bayi sendiri dengan yang tidur bersama sang Ibu. Perbedaan ini menunjukkan bahwa bayi yang tidur sendiri mengalami stres jantung 3 kali lebih besar. Bahkan terlihat pola tidur mereka lebih banyak terganggu saat tidur sendirian, dimana hal ini mempengaruhi perkembangan otak mereka akibat hormon stres. Dr Bergman juga mengungkapkan bahwa dengan tidur sendiri, akan mempengaruhi hubungan yang tidak baik antara ibu dan anak, dimana akan mempengaruhi perilaku yang tidak baik saat beranjak remaja [...]

Khasiat Tomat untuk Kesehatan: Jantung Sehat Sampai Tulang Kuat

Khasiat Tomat untuk Kesehatan: Jantung Sehat Sampai Tulang Kuat

Selama ini, mungkin orang hanya tahu tomat baik untuk kesehatan mata. Ternyata masih banyak manfaat kesehatan yang didapat dengan rajin mengonsumsi tomat. Ini dia tujuh khasiat dari buah oranye kemerahan ini, seperti dikutip dari Times of India.1. AntioksidanTomat kaya akan vitamin A dan C, serta kandungan beta carotene dan lycopene yang tinggi. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan aktif yang bekerja menetralisir radikal bebas yang berbahaya di dalam aliran darah. Radikal bebas dalam darah ini dapat dibuang dengan lycopene. Radikal bebas sangat berbahaya karena dapat merusak sel. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membawa sandwich dengan potongan tomat segar atau tomat ceri sebagai camilan dalam bekal makan Anda sehari-hari.2. Menyehatkan MataKarena kandungannya akan vitamin A yang begitu tinggi, tomat adalah makanan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan penglihatan Anda. Tomat akan menjaga mata dari risiko penyakit rabun senja.3. Mencegah KankerBanyak penelitian menunjukkan bahwa kandungan lycopene yang dimiliki tomat dapat mengurangi risiko kanker prostat pada pria, kanker perut dan kanker usus besar) Lycopene dianggap sebagai antioksidan alami yang dapat memban [...]

Mengapa Kebersihan Gigi dan Mulut Penting Bagi Ibu Hamil?

Mengapa Kebersihan Gigi dan Mulut Penting Bagi Ibu Hamil?

Oleh: drg. Martha Mozartha, Msi Begitu mendapati kabar gembira bahwa dirinya sedang hamil pada umumnya para wanita langsung terfokus pada kehamilannya, terutama dalam hal menjaga kesehatan kandungan dan mempersiapkan segala sesuatu bagi kedatangan sang buah hati. Satu hal yang kerap terabaikan adalah kesehatan gigi dan mulut. Padahal perawatan gigi dan mulut sangat penting, terutama pada masa kehamilan. Perubahan Hormonal Wanita yang sedang hamil mengalami perubahan hormon yang drastis. Jumlah hormon progesteron meningkat dan hal ini membawa dampak yang besar bagi rongga mulut. Jaringan lunak mulut menjadi lebih rentan terhadap peradangan, terutama gusi, yang ditandai dengan gusi bengkak, berwarna merah terang, dan mudah berdarah. Penyebab utama dari radang gusi (gingivitis) adalah kebersihan gigi dan mulut yang buruk. Oleh karena itu, wanita hamil yang tidak menjaga kebersihan gigi dan mulutnya akan semakin beresiko untuk mengalami gingivitis, meski tingkat keparahannya pada masing-masing orang berbeda-beda. Perubahan Pola Makan Selama kehamilan, para ibu umumnya cepat merasa lapar dan cenderung makan dan minum lebih banyak sepanjang hari. Ada juga para ibu yang memiliki kesukaan [...]

Glue Ear Kronis Tidak Butuh Operasi Lagi

Glue Ear Kronis Tidak Butuh Operasi Lagi

Penderita kronis otitis media with effusion (OME) atau yang biasa disebut glue ear dapat merasa lega karena sudah ditemukannya cara pengobatan tanpa melalui ruang operasi seperti yang selama ini para dokter spesialis THT lakukan dengan memasangkan alat bantu pendengaran. Para peneliti dari Medical Research Council mengemukakan penemuan mereka akan persistensi obat kanker dalam meredakan gejala peradangan telinga pada tikus yang di publikasikan di PLoS Genetics, memberikan hasil memuaskan akan kemajuan pengobatan radang telinga khususnya penderita kronis OME. OME merupakan peradangan akibat menumpuknya lendir seperti lem pada bagian tengah telinga yang seharusnya dipenuhi oleh udara agar telinga dapat mendengar dengan jelas. Gangguan pendengaran ini umumnya dialami oleh anak-anak dikarenakan ukuran saluran telingamereka yang masih pendek dan kecil sehingga dengan mudah tertutupi oleh lendir. Sebagaimana dilansir oleh eHealthMD, dikatakan bahwa satu dari sepuluh anak didunia pasti akan mengalami gangguan ini, namun apabila tidak segera dilakukan penanganan yang tepat, OME dapat mengakibatkan munculnya masalah baru dan infeksi pada telinga anak sehingga mampu mengakibatkan hilangnya p [...]

6 Tanda Sakit Kepala Sudah Berbahaya

6 Tanda Sakit Kepala Sudah Berbahaya

Nyeri adalah pengalaman sensori atau emosional yang tidak menyenangkan yang berhubungan dengan tubuh. Nyeri merupakan sinyal dari tubuh bahwa telah terjadi kerusakan sel atau jaringan yang aktual maupun potensial. Tanpa nyeri, mungkin Anda tidak akan tahu bahwa sebenarnya Anda memiliki masalah kesehatan dan membutuhkan pengobatan. Nyeri kepala merupakan keluhan yang banyak dilaporkan kepada dokter. Penyebab nyeri kepala bermacam-macam, dari mulai stres emosional sampai adanya penyakit yang mendasari. Sebagian nyeri kepala dapat sembuh sendiri dan bukan masalah yang serius. Anda mungkin akan mengeluhkan nyeri kepala saat terkena influenza atau infeksi virus lainnya, dan itu merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, ada beberapa juga yang mengindikasikan adanya kelainan medis yang serius, seperti tumor, stroke, aneurisma, infeksi otak, dan sebagainya. Berikut ini adalah enam tanda bahaya nyeri kepala yang harus diperhatikan: 6 Tanda Pusing Sudah Berbahaya Berikut ini adalah enam tanda bahaya nyeri kepala yang harus diperhatikan: 1. Nyeri kepala hebat yang muncul tiba-tiba. 2. Disertai kelainan neurologik Kelainan neurologik berupa perubahan fungsi kognitif (daya ingat), men [...]

5 Tanda Gagal Jantung

5 Tanda Gagal Jantung

Gagal jantung merupakan penyakit yang umum ditemui.. Gagal jantung merupakan keadaan dimana jantung tidak dapat memompa darah secara cukup. Hal ini pada akhirnya akan berakibat pada penumpukan darah pada jantung dan kurangnya peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang akan menyebabkan berbagai keluhan pada pasien gagal jantung.(Baca: Penyakit Jantung) Apa saja gejala yang umum ditemui pada pasien gagal jantung? 5 Tanda Gagal Jantung Gagal jantung merupakan penyakit yang umum ditemui. Gagal jantung merupakan keadaan dimana jantung tidak dapat memompa darah secara cukup. Hal ini pada akhirnya akan berakibat pada penumpukan darah pada jantung dan kurangnya peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang akan menyebabkan berbagai keluhan pada pasien gagal jantung.(Baca: Penyakit Jantung) Apa saja gejala yang umum ditemui pada pasien gagal jantung? Tanda #1: Mudah Lelah Pasien dengan gagal jantung umumnya mengeluh cepat lelah.Pada kasus gagal jantung tahap awal, maka kelelahan yang terjadi masih minimal. Namun seiring semakin berat keadaan gagal jantung pasien, maka keluhan mudah lelah juga akan semakin berat. Umumnya pasien mengel [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *