Ketiak Sering Basah karena Keringat? Mungkin Anda Terlalu Banyak Minum

ketiakbasah.jpg

Minum air putih penting untuk kesehatan tubuh juga kecantikan kulit. Pakar kesehatan menyarankan untuk minum air putih sedikitnya delapan gelas per hari agar organ tubuh berfungsi dengan baik. Air putih memang menyehatkan, tapi bisa jadi bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Makin banyak minum air putih bukan berarti tubuh semakin sehat atau kulit lebih cantik. Mengasup cairan yang tidak diperlukan tubuh justru bisa memicu gangguan ginjal dan membuat Anda berkeringat berlebihan.

Kondisi keluarnya keringat yang berlebihan biasa disebut dengan hyperhidrosis. Dari pengamatan yang dilakukan ahli kesehatan terhadap sejumlah pasien di sebuah klinik di London, sebagian besar pasien dengan keluhan keringat berlebihan ternyata punya kebiasaan minum cairan terlalu banyak dari yang dibutuhkan.

“Banyak orang menyarankan air putih sebagai minuman kesehatan dan mengatakan bahwa Anda harus minum dua atau tiga liter sehari. Secara medis itu tidak benar,” ujar Mark Whiteley, profesor dan ahli bedah syaraf di The Whiteley Clinic, seperti dikutip dari Daily Mail.

Mark menambahkan, kebutuhan cairan biasanya akan bertambah ketika seseorang sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Namun itu pun terbatas hanya 1,5 liter dan diberikan dalam kurun 24 jam. Jika dokter memberikan cairan hingga dua liter maka berpotensi terjadi gagal jantung.

Cairan pun sebenarnya tidak mutlak hanya berasal dari minuman. Sekitar setengah dari kebutuhan air berasal dari makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Sayur dan buah pun mengandung air, belum lagi jika Anda menyantap hidangan berkuah atau minum jus. Ketika kebutuhan cairan sudah terpenuhi maka tidak perlu menambahnya lagi dengan minum belasan gelas air putih.

“Kalau Anda minum air terlalu banyak ginjal akan bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan cairan itu,” tuturnya.

Kelebihan cairan akan dikeluarkan tubuh lewat urin dan keringat. Artinya semakin banyak Anda minum maka keringat yang keluar pun lebih banyak dan jangan heran jika ketiak Anda jadi lebih cepat basah.

Peringatan ini muncul setelah sebuah makalah penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal menunjukkan bahwa anjuran minum delapan gelas air putih atau lebih tidak selalu tepat. Penulis penelitian, Dr. Margaret McCartney mengatakan bahwa ‘keajaiban’ air putih seringkali dibesar-besarkan demi kepentingan pemasaran, misalnya perusahaan air minum dalam kemasan.

Penelitian Dr. Margaret bersama timnya menunjukkan, minum ketika Anda tidak haus bisa memecah fokus saat bekerja atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan konsentrasi otak. Minum terlalu banyak cairan juga bisa membuat tidur tidak nyenyak karena di malam harinya harus terbangun akibat ingin buang air kecil.

Di samping itu, terlalu banyak minum juga berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan langka yang dinamakan hyponatraemia. Yaitu kondisi di mana kandungan garam dalam tubuh menurun drastis sehingga menyebabkan pembengkakan pada otak.

Jadi, berapa banyak sebaiknya kita minum dalam sehari? Mark menyarankan agar Anda minum air putih ketika haus atau setelah makan. Minumlah air putih secara bertahap dan dalam periode yang teratur. Misalnya segelas di pagi hari, satu atau dua gelas lagi di siang hari, segelas di sore hari dan malam hari. Apabila Anda berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat, maka asupan air bisa ditambah sesuai kebutuhan; ketika Anda merasa haus. Jaga juga agar urin selalu berwarna jernih kekuningan.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kontrol Makan Saat Sahur

Kontrol Makan Saat Sahur

Pada saat sahur perbanyaklah makan makanan yang berserat karena makan makanan berserat memiliki proses pencernaannya yang lama sehingga rasa kenyang dapat bertahan lebih lama. Hindari makan makanan yang asin dan terlalu merangsang lambung seperti terlalu pedas atau asam atau bergas seperti kol, lobak. Jangan terlalu kenyang, agar kinerja organ pencernaan Anda dapat lebih sehat untuk menjalani puasa selama 1 bulan.[] [...]

Ahok: Semua Orang Harus Periksa Diabetes!

Ahok: Semua Orang Harus Periksa Diabetes!

Indonesia adalah negara ke 7 di dunia dalam peringkat jumlah penderita diabetes terbesar di dunia. Wakil Gubernur DKI, Ir. Basuki Tjahaya Purnama memiliki ambisi DKI Jakarta harus menjadi role model pengentasan diabetes di Indonesia. ?Acara ini sudah menjadi agenda tahunan dari produk Diabetasol sebagai bagian dari kampanye Gerakan Stop Diabetes dengan pola hidup sehat 3J, yaitu Jumlah kalor untuk dibatasi, Jenis asupan nutrisi untuk diteliti sebelum dipilih, dan Jadwal asupan nutrisi untuk dijalani,? ujar Ongkie Tedjasurja, Chief Marketing Officer PT. Kalbe Farma, Tbk.Acara yang diadakan oleh PT. Kalbe Farma, Tbk., melalui salah satu brand-nya, Diabetasol ini merupakan puncak dari serangkaian acara Diabetasol Funwalk yang telah diadakan di lebih dari 33 kota di Indonesia dari Sabang hingga Merauke dengan jumlah peserta lebih dari 250.000 orang. Serangkaian acara lainnya dilakukan sebagai bagian dari kampanye Gerakan Stop Diabetes dengan edukasi pola hidup sehat 3J.?Semua orang harus tes gula darah. Pergi ke Puskesmas, ke klinik, ke dokter, kemana kek, yang penting harus tes kesehatan gula darah. Karena diabetes ini berbahaya, ngga ketahuan. Ketahuannya ya harus di tes. Sementara [...]

5 Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

5 Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

Bau napas tak sedap seringkali membuat orang merasa tidak percaya diri dan bisa mengganggu kenyamanan orang sekitar, terutama orang yang diajak berbicara. Penyebab bau mulut bisa bermacam-macam mulai dari gigi yang berlubang, adanya penumpukan plak atau gangguan sistem pencernaan.Bau mulut bisa diatasi dengan memerhatikan pola makan yang benar. Beberapa makanan diketahui bisa menghilangkan bau mulut secara alami, selama masalah yang menyebabkan aroma napas tak sedap itu bukan sesuatu yang kronis. Selain rajin kontrol ke dokter gigi enam bulan sekali, biasakan menerapkan pola makan ini agar terhindar dari bau mulut.1. Keju atau YoghurtMengonsumsi sedikit keju bisa menetralkan asam pada mulut setelah Anda makan berat. Asam yang terperangkap di dalam mulut merupakan salah satu penyebab bau mulut terlebih lagi jika yang dikonsumsi adalah makanan olahan pabrik. Keju atau yoghurt, mengandung bakteri yang bisa mengurangi kadar asam di dalam mulut tersebut. Setelah makan, kunyahlah sedikit keju atau yoghurt tanpa gula.2. Sayur dan Buah MentahSayuran dan buah-buahan mentah segar juga efektif melawan bau mulut. Makanan berserat dengan enzim pencernaan yang masih aktif membantu mencegah da [...]

Tanpa Diminum, Ini Manfaat Bir Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tanpa Diminum, Ini Manfaat Bir Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Mengonsumsi minuman beralkohol seperti bir setiap hari memang tidak disarankan karena bisa mengganggu kesehatan. Namun jika tanpa diminum, bir sebenarnya memiliki manfaat bagi kecantikan maupun kesehatan. Minuman yang terbuat dari hasil fermentasi gandum ini diketahui kaya akan vitamin B, protein dan mineral seperti selenium, potassium, zat besi, zinc dan magnesium.Beberapa pakar kecantikan menyarankan untuk menyiramkan bir ke rambut agar lebih bervolume. Aktris Catherine Zeta-Jones bahkan keramas dengan bir agar rambutnya terlihat lebih berkilau. Selain untuk kecantikan, bir juga berkhasiat bagi kesehatan. Ini dia beberapa manfaatnya.1. Mengurangi KarsinogenHasil studi yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapka bahwa merendam atau menyiramkan bir ke daging sebelum dipanggang bisa mengurangi kandungan karsinogen. Karsinogen merupakan zat penyebab kanker yang biasanya terbentuk saat proses pembakaran atau pemanggangan makanan yang terlalu lama, sehingga menimbulkan partikel-partikel hitam seperti arang.Ketika makanan yang mengandung protein dipanggang, akan melepaskan dua jenis senyawa kimia karsinogen yang disebut heterocyclic amines (HCA) dan poly [...]

Kesalahan Saat Buka Puasa yang Bikin Tubuh Lemas & Berat Badan Naik

Kesalahan Saat Buka Puasa yang Bikin Tubuh Lemas & Berat Badan Naik

Puasa sudah memasuki hari ke-13, bagaimana yang Anda rasakan? Apakah setiap berbuka puasa tubuh masih lemas walau sudah makan banyak atau malah berat badan bertambah padahal frekuensi makan berkurang? Cek daftar kesalahan berbuka puasa berikut yang dapat menyebabkan dua hal itu terjadi:1. Makan Banyak GorenganGorengan merupakan salah satu makanan favorit buka puasa sebagian besar orang Indonesia. Praktis, gurih dan mudah didapat serta dibuat, itulah yang membuat makanan ini jadi favorit. Tahukah Anda makanan gorengan yang berminyak ini sebenarnya kurang disarankan untuk berbuka puasa? Gorengan dan makanan tinggi protein seperti daging dan telur menjadi penyebab orang berpuasa menjadi lemas setelah berbuka."Protein ini pasti lama diubahnya menjadi energi, makanya lemas," ujar pakar gizi Prof. Dr. Hardinsyah, MS., saat berbincang dengan Wolipop, Kamis (10/7/2014).2. Terburu-buruSaat berbuka puasa, orang cenderung makan dengan terburu-buru karena ingin melahap semua makanan yang tersedia sementara di sisi lain dikejar waktu untuk salat Magrib. Makan dengan terburu-buru ini apalagi dalam jumlah yang banyak, bisa menyebabkan gula darah meningkat sehingga memicu timbulnya produksi ins [...]

Apel Hingga Tomat, Ini 10 Makanan yang Bisa Mencegah Depresi

Apel Hingga Tomat, Ini 10 Makanan yang Bisa Mencegah Depresi

Depresi adalah suatu kondisi yang lebih dari perasaan sedih, lelah setelah beraktivitas, hilang semangat, malas beraktivitas, dan gangguan pola tidur. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya kehilangan pekerjaan, ditinggal orang yang dicintai, atau baru saja menghadapi bencana.Jika terus dibiarkan, dampaknya akan sangat merugikan tubuh. Berbagai penyakit seperti bisa datang kapan saja. Namun jangan khawatir, ada cara mudah menghindari depresi yang bisa dilakukan melalui menyantap beberapa makanan tertentu. Apa saja?1. Sayuran HijauJenis sayuran seperti bayam dan kale ternyata dapat membantu mencegah timbulnya depresi. Dijelaskan oleh Dr. Joel Fuhrman dalam bukunya 'Eat to Live', sayuran hijau membantu untuk mencegah dan melindung tubuh dari bahaya sel-sel kanker.Menurut sebuah penelitian, beberapa depresi juga memiliki keterkaitan dengan penyakit radang otak. Dengan mengonsumsi sayuran hijau tersebut membantu menghindari terjadinya radang otak karena mengandung vitamin A, C, E, K, serta kandungan mineral di dalamnya.2. ApelMengonsumsi apel minimal satu buah setiap harinya dapat membantuk mencegah timbulnya depresi. Sama seperti stroberi dan rasberi, apel juga dipe [...]

3 Kebiasaan yang Membuat Anda Awet Muda

3 Kebiasaan yang Membuat Anda Awet Muda

Apa yangAndapikirkan ketika mendengar istilah awet muda? Kulit tetap kencang? Kulit wajah bebas keriput? Ketahuilah, awet muda tidak melulu soal penampilan kulit bertahan di usia 20-an hingga 30-an. Karena pada prinsipnya, jika Anda melakukan beberapa hal berikut ini, keuntungan penampilan kulit tersebut menjadi ?bonus? dan penampilan Anda secara keseluruhan dapat menjadi 5 hingga 10 tahun lebih muda. Melawan proses penuaan merupakan bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Namun demikian manfaatnya banyak sekali. Karena dengan demikian Anda tidak hanya mendapatkan kulit bertahan semata, tetapi justru secara esensi Anda justru melawan beberapa penyakit degeneratif nan kronis yang mengintai, seperti halnya: Penyakit jantung, Kanker, diabetes, Hipertensi Dimana penyakit-penyakit tersebut adalah biang kerok yang mempercepat penuaan dan merupakan penyebab kematian muda yang paling sering terjadi. Meskipun proses penuaan mutlak terjadi dan kita tidak dapat menghindarinya, hal yang dapat Anda lakukan adalah menunda penuaan tersebut dengan melakukan beberapa kiat berikut ini: Kebiasaan Awe Muda#1: Konsumsi Sayur dan Buah Orang-orang yang mengkonsumsi ber [...]

Rahasia Kecil Si Usus Buntu

Rahasia Kecil Si Usus Buntu

Di Indonesia, banyak sekali kesalahpahaman dan salah tafsir dalam dunia kesehatan, masyarakat dihadapkan pada berbagai pemahaman yang sesat yang akhirnya malah memunculkan berbagai ketakutan, salah satu kesalahan selalu terjadi pada pengetahuan akan penyebab usus buntu, mari kita simak! Usus buntu, atau yang dalam bahasa medis dikenal dengan sebutan appendix adalah bagian dari saluran pencernaan manusia. Memang sampai hari ini, belum ditemukan alasan yang jelas mengenai asal usul dan fungsi si usus kecil ini, yang jelas, kecil-kecil begini ia sering menimbulkan masalah, terutama jika terjadi peradangan padanya. Mitos di tengah masyarakat: ?Banyak bergerak setelah makan (berlarian, melompat-lompat) dapat menyebabkan usus buntu?. Fakta: Tidak benar, setelah kita makan, makanan akan diolah di lambung selama kurang lebih 3-5 jam, artinya makanan bahkan belum mencapai usus halus, sedangkan usus buntu terletak di permulaan dari usus besar. Melompat-lompat setelah makan memang dapat membuat perut kita sakit karena ada peregangan lambung, tetapi sama sekali tidak ada kaitannya dengan usus buntu. (Baca: Sakit Perut Kanan Bawah? Waspadai Usus Buntu!) Penyebab usus buntu adalah jika ada [...]

Deodoran Memicu Kanker Payudara?

Deodoran Memicu Kanker Payudara?

Letak ketiak yang dekat dengan payudara menimbulkan dugaan bahwa apa pun yang digunakan di sekitar bagian ini akan berdampak kepada perubahan sel pada organ payudara. Ditemukannya unsur tertentu dari deodoran pada jaringan payudara memunculkan kekhawatiran bahwa deodoran menjadi pemicu kanker payudara. Ada berita yang mengemukakan bahwa deodoran mengandung bahan tertentu yang dapat diserap kulit dan memasuki tubuh melalui goresan terbuka yang mungkin timbul akibat mencukur bulu ketiak. Disebutkan pula bahwa pengolesan di area ini dapat berisiko menyebabkan kanker payudara karena lokasinya yang berdekatan dengan organ tersebut. Bahan yang dimaksud adalah senyawa berbasis aluminium yang terkandung di dalam beberapa produk deodoran. Bahan ini membentuk sumbatan sementara pada kelenjar keringat, sehingga menghentikan aliran keringat pada permukaan kulit. Penyerapan bahan ini oleh kulit disebut-sebut dapat menyebabkan efek yang serupa dengan yang diakibatkan oleh efek estrogen yang mampu mendukung pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Selain aluminium, unsur lain yang bernama parabens juga dicurigai dapat menimbulkan efek serupa di atas. Kamu dapat menemukannya di dalam label dengan n [...]

Anti Aging Medicine, Metode Cegah dan Atasi Penuaan Mulai dari Tingkat Sel

Anti Aging Medicine, Metode Cegah dan Atasi Penuaan Mulai dari Tingkat Sel

Saat mendengar kata anti-aging, umumnya yang langsung terlintas di pikiran orang banyak adalah masalah kecantikan kulit. Bagaimana menghilangkan kerutan, garis-garis halus dan tampak lebih muda dari usia sebenarnya.Namun sebenarnya aging atau penuaan tidak terbatas di permukaan saja. Seiring bertambahnya usia, penuaan juga terjadi pada organ dalam tubuh hingga ke tingkat sel. Seperti halnya kulit, tubuh pun bisa mengalami penuaan dini yang jika tidak diatasi, berpotensi memunculkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari diebetes, hipertensi hingga kanker."Ketika seseorang diabetes, itu tanda kalau pankreasnya mengalami penuaan. Hipertensi, berarti terjadi penuaan pada pembuluh darah sedangkan penyakit kanker adalah tanda penuaan pada sistem imun," ujar ahli imunologi Dr. Robert T.Y. Hsu, M.D., PhD, saat peluncuran program Premier Biogenesis Health Care dan penandatanganan kerjasama PT Lippo Karawaci Tbk dengan Uni-Gene Biotec Inc. Taiwan di Hotel Aryaduta Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/9/2014).Jika penuaan pada kulit bisa diatasi dengan pemakaian produk perawatan seperti krim, lotion, masker atau serum anti-aging, maka apa yang bisa dilakukan untuk mencegah penuaan pa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *