Ketiak Sering Basah karena Keringat? Mungkin Anda Terlalu Banyak Minum

ketiakbasah.jpg

Minum air putih penting untuk kesehatan tubuh juga kecantikan kulit. Pakar kesehatan menyarankan untuk minum air putih sedikitnya delapan gelas per hari agar organ tubuh berfungsi dengan baik. Air putih memang menyehatkan, tapi bisa jadi bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Makin banyak minum air putih bukan berarti tubuh semakin sehat atau kulit lebih cantik. Mengasup cairan yang tidak diperlukan tubuh justru bisa memicu gangguan ginjal dan membuat Anda berkeringat berlebihan.

Kondisi keluarnya keringat yang berlebihan biasa disebut dengan hyperhidrosis. Dari pengamatan yang dilakukan ahli kesehatan terhadap sejumlah pasien di sebuah klinik di London, sebagian besar pasien dengan keluhan keringat berlebihan ternyata punya kebiasaan minum cairan terlalu banyak dari yang dibutuhkan.

“Banyak orang menyarankan air putih sebagai minuman kesehatan dan mengatakan bahwa Anda harus minum dua atau tiga liter sehari. Secara medis itu tidak benar,” ujar Mark Whiteley, profesor dan ahli bedah syaraf di The Whiteley Clinic, seperti dikutip dari Daily Mail.

Mark menambahkan, kebutuhan cairan biasanya akan bertambah ketika seseorang sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Namun itu pun terbatas hanya 1,5 liter dan diberikan dalam kurun 24 jam. Jika dokter memberikan cairan hingga dua liter maka berpotensi terjadi gagal jantung.

Cairan pun sebenarnya tidak mutlak hanya berasal dari minuman. Sekitar setengah dari kebutuhan air berasal dari makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Sayur dan buah pun mengandung air, belum lagi jika Anda menyantap hidangan berkuah atau minum jus. Ketika kebutuhan cairan sudah terpenuhi maka tidak perlu menambahnya lagi dengan minum belasan gelas air putih.

“Kalau Anda minum air terlalu banyak ginjal akan bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan cairan itu,” tuturnya.

Kelebihan cairan akan dikeluarkan tubuh lewat urin dan keringat. Artinya semakin banyak Anda minum maka keringat yang keluar pun lebih banyak dan jangan heran jika ketiak Anda jadi lebih cepat basah.

Peringatan ini muncul setelah sebuah makalah penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal menunjukkan bahwa anjuran minum delapan gelas air putih atau lebih tidak selalu tepat. Penulis penelitian, Dr. Margaret McCartney mengatakan bahwa ‘keajaiban’ air putih seringkali dibesar-besarkan demi kepentingan pemasaran, misalnya perusahaan air minum dalam kemasan.

Penelitian Dr. Margaret bersama timnya menunjukkan, minum ketika Anda tidak haus bisa memecah fokus saat bekerja atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan konsentrasi otak. Minum terlalu banyak cairan juga bisa membuat tidur tidak nyenyak karena di malam harinya harus terbangun akibat ingin buang air kecil.

Di samping itu, terlalu banyak minum juga berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan langka yang dinamakan hyponatraemia. Yaitu kondisi di mana kandungan garam dalam tubuh menurun drastis sehingga menyebabkan pembengkakan pada otak.

Jadi, berapa banyak sebaiknya kita minum dalam sehari? Mark menyarankan agar Anda minum air putih ketika haus atau setelah makan. Minumlah air putih secara bertahap dan dalam periode yang teratur. Misalnya segelas di pagi hari, satu atau dua gelas lagi di siang hari, segelas di sore hari dan malam hari. Apabila Anda berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat, maka asupan air bisa ditambah sesuai kebutuhan; ketika Anda merasa haus. Jaga juga agar urin selalu berwarna jernih kekuningan.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Inilah Alasannya Kenapa Anda Wajib Tahu Siklus Haid

Inilah Alasannya Kenapa Anda Wajib Tahu Siklus Haid

Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan yang dialami tubuh wanita untuk mempersiapkan kehamilan. Setiap sebulan sekali, rahim membuat lapisan baru (edometrium) untuk bersiap-siap menerima sel telur yang dibuahi. Ketika tidak ada sel telur yang dibuahi untuk memulai kehamilan, maka lapisan baru tersebut akan meluruh. Kondisi inilah yang disebut dengan menstruasi. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan durasi rata-rata 28 hari. Siklus dihitung mulai dari hari pertama perdarahan sampai hari pertama perdarahan di bulan berikutnya. Anak perempuan biasanya memulai periode menstruasi pada usia 11 hingga 14 tahun. Frekuensi menstruasi pada wanita akan menurun di usia 39 hingga 51 tahun. Wanita yang berada di kisaran 40-an tahun dan remaja mungkin mengalami siklus yang lebih panjang atau banyak berubah. Jika Anda remaja, maka siklus Anda seharusnya menjadi stabil seiring waktu. Namun jika usia Anda mendekati menopause, maka siklus Anda mungkin akan menjadi lebih panjang, hingga berhenti. Konsultasi dengan dokter bila ada perubahan besar dalam siklus menstruasi Anda. Apa yang Mengendalikan Siklus Menstruasi? Berikut penjelasannya: Apa yan [...]

Disadari atau Tidak, Limbah Ada di Sekitar Kita dan Bisa Berbahaya

Disadari atau Tidak, Limbah Ada di Sekitar Kita dan Bisa Berbahaya

Limbah domestik organik mengalami fermentasi di mana mikroba patogen dapat berkembang biak dan menjadi ancaman serius bagi kesehatan lingkungan terutama kesehatan manusia di sekitarnya. Limbah yang mungkin berbahaya selalu ada di sekitar kita. Mulai dari limbah udara atau polusi, limbah di air, hingga tanah. Misalnya ketika kita melewati atau bahkan tinggal di sekitar lokasi pembuangan akhir sampah, kita mungkin hanya akan terganggu oleh baunya yang tidak sedap dan menganggapnya enteng. Padahal tanpa disadari, terdapat bahaya yang diam-diam mengintai kesehatan tubuh. Limbah dan Dampaknya Ada beragam macam limbah, mulai dari udara hingga air yang dapat berdampak pada kesehatan. Berikut ini adalah beberapa jenis limbah dan dampaknya bagi kesehatan. Dampak limbah udara Limbah udara dapat menyebabkan polusi udara dan hal ini bisa berbahaya bagi kesehatan. Asap dan partikulat merupakan dua jenis polusi udara yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Terutama partikulat, karena bentuknya yang berupa partikel halus sulit terlihat oleh mata telanjang. Dan tanpa disadari, partikulat dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya. Partikulat berasal dari knalpot mesin diesel, pembakaran kayu, da [...]

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Sahur!

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Sahur!

Mungkin ini yang sering Anda lakukan: setelah makan kenyang, Anda mengantuk lalu tertidur. Memang nikmat sekali rasanya. Terlebih ketika setelah sahur di bulan puasa, seringkali kita tidur terlelap setelah makan sahur yang mengenyangkan. Tapi tahukah Anda, kebiasaan tidur persis setelah makan sebenarnya sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh? Tidak ketinggalaln, selain tidur setelah makan, masih ada banyak lagi kebiasaan-kebiasaan kita yang sebetulnya nikmat tapi kenyataannya justru membahayakan kesehatan. Sebetulnya kebiasaan apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan? Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Sahur! Mungkin ini yang sering Anda lakukan: setelah makan kenyang, Anda mengantuk lalu tertidur. Memang nikmat sekali rasanya. Terlebih ketika setelah sahur di bulan puasa, seringkali kita tidur terlelap setelah makan sahur yang mengenyangkan. Tapi tahukah Anda, kebiasaan tidur persis setelah makan sebenarnya sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh? Tidak ketinggalaln, selain tidur setelah makan, masih ada banyak lagi kebiasaan-kebiasaan kita yang sebetulnya nikmat tapi kenyataannya justru membahayakan kesehatan. Sebetulnya kebiasaan apa saja y [...]

5 Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung

5 Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung

Oleh: dr. Sophia B. Hage Serangan jantung adalah kondisi yang membutuhkan penanganan yang cepat dan termasuk salah satu kegawatdaruratan medis. Semakin cepat tindakan atau penanganan yang diberikan maka akan semakin besar kemungkinan penderita dapat diselamatkan. Sebelum mengambil tindakan-tindakan pertolongan, yang paling penting adalah kenali gejala dan pastikan apakah keluhan yang dialami merupakan gejala serangan jantung. Gejala serangan jantung dapat bervariasi, dari derajat yang paling ringan hingga berat. Secara umum, gejala serangan jantung adalah sebagai berikut: Nyeri dada yang bertahan selama beberapa menit (lebih dari 5 menit) atau hilang timbul, keluhan nyeri seperti ditekan atau diremas atau ditusuk. Lokasi nyeri biasanya di kiri atau di tengah dada. Nyeri dada ini sifatnya spesifik, artinya nyeri dengan karakteristik ini hampir selalu timbul pada serangan jantung. Apabila hanya ada satu gejala yang dapat Anda temukan, pastikan keluhan nyeri tersebut ada. Rasa nyeri dapat menjalar atau menjadi rasa tidak nyaman atau kesemutan di bahu, lengan atas, punggung, leher atau bahkan rahang bawah. Sulit bernapas atau napas menjadi pendek. Timbul keringat dingin. [...]

3 Faktor Turunkan Kesuburan Pria

3 Faktor Turunkan Kesuburan Pria

Kesulitan untuk hamil bukan semata-mata masalah wanita. Untuk terjadinya kehamilan diperlukan kesuburan yang baik pada wanita dan pria. Untuk itu, kesuburan pria juga merupakan hal yang penting. Kesuburan seseorang sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu di antaranya adalah berat badan. Pada beberapa penelitian telah ditemukan bahwa kegemukan atau obesitas pada pria dapat menyebabkan penurunan kesuburan. Dalam berbagai penelitian telah ditemukan bahwa pada pria-pria yang obesitas terjadi hal-hal sebagai berikut: Jumlah sperma yang lebih sedikit Mempengaruhi komposisi sperma sehingga dapat mempengaruhi fungsi dan hasil pembuahan Selain itu, pada pria obesitas terjadi perubahan keseimbangan hormon testosteron sehingga dapat menyebabkan menurunnya gairah seksual dan performa seksual serta gangguan ereksi (disfungsi ereksi). Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi? 3 Faktor Turunkan Kesuburan Pria 1. Gangguan Hormon Pada pria obesitas, ditemukan adanya penurunan hormon testosteron dan peningkatan hormon estrogen (hormon kewanitaan). Hal ini sangat berpengaruh pada proses pembentukan sperma, sehingga jumlah dan kualitas dapat menurun. Gangguan keseimbangan [...]

7 Tanda Anda Mengalami Keguguran

7 Tanda Anda Mengalami Keguguran

Keguguran merupakan satu hal yang paling banyak dikhawatirkan dan ditakutkan oleh para ibu hamil. Sebelum keguguran benar-benar terjadi, biasanya ada beberapa tanda awal yang menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak benar pada proses kehamilan. Seperti yang dikutip dari parenting, berikut ini tanda-tanda terjadinya keguguran.1. PendarahanSalah satu tanda keguguran yang paling umum adalah pendarahan, mulai dari bercak darah ringan dan berat hingga keluarnya aliran darah. Tak jarang pendarahan ini disertai dengan keluarnya jaringan seperti dinding rahim atau kantung ketuban yang robek.2. Perut KramRasa kram atau kejang pada perut biasanya terjadi karena ligamen Anda sedang mengalami peregangan. Namun kram yang berulang-ulang dan terasa lebih sakit dari kram perut saat datang bulan, bisa menjadi tanda awal keguguran. Kebanyakan rasa nyeri ini terdapat di area panggul dan tak jarang disertai pendarahan.3. Nyeri PunggungNyeri punggung pada masa kehamilan merupakan hal yang biasa. Namun ketika nyeri punggung ini disertai dengan bercak darah atau pendarahan hebat, sebaiknya segera hubungi dokter kandungan Anda.4. Keluar Cairan AnehJika Anda menemukan adanya cairan yang tidak biasa, sep [...]

Jarang Kena Sinar Matahari Bikin Susah Bangun Pagi

Jarang Kena Sinar Matahari Bikin Susah Bangun Pagi

Bagi sebagian orang, bangu tidur di pagi hari merupakan hal yang sulit. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika ya, mungkin saja karena Anda jarang terkena sinar matahari.Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris, banyak orang dewasa ang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Mereka juga jarang terkena sinar alami dari matahari terutama di pagi hari.Hal itu membuat jam biologis tubuh terganggu dan akhirnya memicu perasaan belum ngantuk ketika malam tiba, kebiasaan menunda tidur yang akhirnya membuat rasa lelah dan malas bangun keesokan harinya. Gejala ini umumnya terjadi pada remaja sehingga peneliti menyebutnya sebagai 'teenage night owl syndrome'."Kurang kena sinar matahari akan membuat seseorang tidur lebih larut, tidak cukup tidur dan akhirnya merasa malas," ujar Dr Mariana Figueiro dari the Rensselaer Polytechnic Institute's Lighting Research Centre, New York seperti dilansir dari detikhealth.Figueiro juga menyebutkan, kurang sinar matahari akan membuat performa seseorang menurun. Ia dan rekannya pernah melakukan tes terhadap dua jenis kelompok remaja, yaitu kelompok yang sering kena sinar matahari dan kelompok yang jarang kena matahari.Hasilnya menunjukkan r [...]

4 Tips Solusi Lingkaran Hitam Mata

4 Tips Solusi Lingkaran Hitam Mata

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Lingkaran hitam di bawah mata merupakan satu masalah yang cukup menganggu penampilan. Kedua lingkaran tersebut membuat wajah terlihat kurang sehat atau sehat. Munculnya lingkaran ini ada yang bersifat sementara namun ada juga yang membandel, sulit dihilangkan. Bila lingkaran hitam atau kantung bawah mata tidak hilang-hilang, mungkin hal ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: Genetika Masalah pigmentasi yang diwarisi seperti pada orang keturunan Asia atau Afrika. Usia Usia juga berkontribusi terhadap timbulnya lingkaran hitam bawah mata. Seiring dengan peningkatan usia, kulit di sekitar mata menipis sehingga pembuluh darah kecil di bawah mata menjadi terlihat. Perubahan Volume Area Sekitar Mata Pada sebagian besar kasus, lingkaran hitam tersebut disebabkan oleh penurunan volume pada area sekitar mata. Apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasinya? 1. Samarkan dengan Tata Rias Make-up dapat membantu menutupi lingkatan hitam. Gunakan concealer yang serupa dengan warna kulit Anda. Jika lingkaran hitam tidak terlalu berat, gunakan formula berbahan cair. Jika bayangan hitam tersebut sangat terlihat, gunakan concealer dalam bentuk krim. [...]

Kunyit Sebabkan Pria Mandul?

Kunyit Sebabkan Pria Mandul?

Kegemukan telah kita ketahui mempengaruhi kesuburan baik pada wanita maupun pria. Pada pria yang gemuk ditemukannya kadar hormon testosteron yang rendah. Kadar hormon testeosteron yang rendah ini mengganggu pembentukan sperma dan juga dapat menyebabkan menurunnya gairah seksual. Selain itu, gangguan ereksi juga banyak terjadi pada pria yang kegemukan. Selain berat badan, ternyata kunyit juga dapat mempengaruhi kesuburan pria. Kunyit (Curcuma Longa) telah diteliti memiliki efek antibakteri, antivirus, antiradang dan antikanker. Dalam berbagai penelitian telah ditemukan tidak membahayakan manusia. Namun, dalam beberapa penelitian terbaru ditemukan bahwa kunyit dapat mempengaruhi kesuburan pria. Beberapa hal yang ditemukan adalah sebagai berikut: Pada sebuah penelitian di laboratorium, sperma yang diberikan cairan kunyit mengalami gangguan gerakan dan fungsi. Pada penelitian lain pada tikus, ditemukan bahwa konsumsi kunyit dalam jumlah besar mempengaruhi proses pembentukan dan pematangan sperma dan kadar hormon testosteron pria. Selain itu juga mempengaruhi kondisi organ-organ reproduksi pria menjadi kurang baik. 3. Kunyit & Produktivitas Sperma Konsu [...]

Keajaiban Imunisasi

Keajaiban Imunisasi

Sejak kecil seorang anak diimunisasi, bahkan sejak keluar dari kandungan bayi pun telah menerima imunisasi pertamanya. Imunisasi diambil dari kata imun- yang artinya kekebalan dan ?isasi yang artinya proses terbentuknya, dengan kata lain imunisasi adalah proses pembentukan kekebalan tubuh melalui identitas kuman atau virus yang dimasukkan ke dalam tubuh kita, tentunya dalam jumlah kecil, identitas kuman atau virus ini ada yang sifatnya setengah hidup, atau mati sama sekali. Kata imunisasi memiliki arti yang sama dengan vaksinasi. (Baca: Persepsi Keliru Tentang Imunisasi) Bagaimana imunisasi menguntungkan kita? Sekarang Anda bayangkan, Anda memiliki rumah besar yang dijagai 7 orang satpam, ketika ada seorang pencuri kelas teri mencoba merampok, tentu ketujuh satpam ini dengan sigap akan menangkapnya, namun mereka bukan hanya menangkapnya, sekaligus mengingat-ingat jenis maling ini dan cara kerjanya, sehingga di kemudian hari maling yang sama coba memasuki rumah ini, walaupun dengan armada yang lebih besar, para satpam sudah kenal betul dan segera menindak para maling sebelum mereka sempat beraksi. Sama halnya dengan imunisasi, seseorang yang di vaksinasi hepatitis B akan memiliki k [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *