Ketiak Sering Basah karena Keringat? Mungkin Anda Terlalu Banyak Minum

ketiakbasah.jpg

Minum air putih penting untuk kesehatan tubuh juga kecantikan kulit. Pakar kesehatan menyarankan untuk minum air putih sedikitnya delapan gelas per hari agar organ tubuh berfungsi dengan baik. Air putih memang menyehatkan, tapi bisa jadi bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Makin banyak minum air putih bukan berarti tubuh semakin sehat atau kulit lebih cantik. Mengasup cairan yang tidak diperlukan tubuh justru bisa memicu gangguan ginjal dan membuat Anda berkeringat berlebihan.

Kondisi keluarnya keringat yang berlebihan biasa disebut dengan hyperhidrosis. Dari pengamatan yang dilakukan ahli kesehatan terhadap sejumlah pasien di sebuah klinik di London, sebagian besar pasien dengan keluhan keringat berlebihan ternyata punya kebiasaan minum cairan terlalu banyak dari yang dibutuhkan.

“Banyak orang menyarankan air putih sebagai minuman kesehatan dan mengatakan bahwa Anda harus minum dua atau tiga liter sehari. Secara medis itu tidak benar,” ujar Mark Whiteley, profesor dan ahli bedah syaraf di The Whiteley Clinic, seperti dikutip dari Daily Mail.

Mark menambahkan, kebutuhan cairan biasanya akan bertambah ketika seseorang sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Namun itu pun terbatas hanya 1,5 liter dan diberikan dalam kurun 24 jam. Jika dokter memberikan cairan hingga dua liter maka berpotensi terjadi gagal jantung.

Cairan pun sebenarnya tidak mutlak hanya berasal dari minuman. Sekitar setengah dari kebutuhan air berasal dari makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Sayur dan buah pun mengandung air, belum lagi jika Anda menyantap hidangan berkuah atau minum jus. Ketika kebutuhan cairan sudah terpenuhi maka tidak perlu menambahnya lagi dengan minum belasan gelas air putih.

“Kalau Anda minum air terlalu banyak ginjal akan bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan cairan itu,” tuturnya.

Kelebihan cairan akan dikeluarkan tubuh lewat urin dan keringat. Artinya semakin banyak Anda minum maka keringat yang keluar pun lebih banyak dan jangan heran jika ketiak Anda jadi lebih cepat basah.

Peringatan ini muncul setelah sebuah makalah penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal menunjukkan bahwa anjuran minum delapan gelas air putih atau lebih tidak selalu tepat. Penulis penelitian, Dr. Margaret McCartney mengatakan bahwa ‘keajaiban’ air putih seringkali dibesar-besarkan demi kepentingan pemasaran, misalnya perusahaan air minum dalam kemasan.

Penelitian Dr. Margaret bersama timnya menunjukkan, minum ketika Anda tidak haus bisa memecah fokus saat bekerja atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan konsentrasi otak. Minum terlalu banyak cairan juga bisa membuat tidur tidak nyenyak karena di malam harinya harus terbangun akibat ingin buang air kecil.

Di samping itu, terlalu banyak minum juga berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan langka yang dinamakan hyponatraemia. Yaitu kondisi di mana kandungan garam dalam tubuh menurun drastis sehingga menyebabkan pembengkakan pada otak.

Jadi, berapa banyak sebaiknya kita minum dalam sehari? Mark menyarankan agar Anda minum air putih ketika haus atau setelah makan. Minumlah air putih secara bertahap dan dalam periode yang teratur. Misalnya segelas di pagi hari, satu atau dua gelas lagi di siang hari, segelas di sore hari dan malam hari. Apabila Anda berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat, maka asupan air bisa ditambah sesuai kebutuhan; ketika Anda merasa haus. Jaga juga agar urin selalu berwarna jernih kekuningan.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Inilah yang Terjadi pada Tubuh  Apabila Mengalami Obesitas

Inilah yang Terjadi pada Tubuh Apabila Mengalami Obesitas

Ketika seseorang mengalami obesitas, sel lemak tubuh dapat mengalami peningkatan dari segi ukuran maupun jumlah. Obesitas digolongkan menjadi dua jenis yaitu hipertrofik dan hiperseluler. Obesitas hipertrofik ditandai dengan membesarnya sel lemak normal, yang merupakan ciri khas obesitas sentral (secara awam dikenal dengan perut buncit). Biasanya obesitas hipertrofik dimulai pada usia dewasa karena terkait dengan peningkatan risiko kardiovaskular. Namun demikian, obesitas hipertrofik memberi respons lebih cepat terhadap usaha penurunan berat badan. Sementara itu, obesitas hiperseluler umumnya tidak hanya terjadi pada masa kanak-kanak atau remaja, tetapi juga ditemukan pada dewasa yang mengalami obesitas berat. Selain itu, pasien dengan obesitas hiperseluler cenderung lebih mengalami kesulitan menurunkan berat badan dengan cara nonbedah. Ambang Batas Obesitas Definisi WHO untuk kegemukan adalah: BMI ? 25 sebagai kelebihan berat badan, dan BMI ? 30 sebagai obesitas. Sementara di Indonesia, Departemen Kesehatan memodifikasi batas ambang tersebut berdasarkan pengalaman klinis dan hasil penelitian pada beberapa negara berkembang. Kategori Indeks Massa Tubuh Kurus [...]

Pertolongan Pertama Ketika Wasir Datang

Pertolongan Pertama Ketika Wasir Datang

Wasir atau ambeien adalah varises yang letaknya di sekitar anus. Bila Anda mengejan keras saat BAB, pembuluh darah dapat pecah menyebabkan benjolan atau pembengkakan diiringi rasa sakit dan nyeri. Wasir bukan penyakit parah dan bisa sembuh satu atau dua minggu. Tapi wasir bisa muncul lagi. Nah, bila Anda mengalami wasir, ikuti saran berikut ini: Jangan menahan BAB Langsung menuju toilet bila merasa ingin BAB. Jangan menahannya. Kalau bisa, coba rutin untuk BAB setiap hari, misalnya saat sehabis makan pergilah ke toilet untuk beberapa menit. Duduk dalam air hangat Rendam bokong Anda setiap 3 ? 4 kali sehati selama kurang lebih 20 menit. Ini berfungsi untuk mengurangi gatal dan iritasi. Minum obat herbal Salah satu pengobatan dan perawatan wasir adalah mengonsumsi obat-obatan herbal. Selain alami, obat hebal dapat dikonsumsi jangka panjang. Salah satunya yang disarankan adalah kapsul Hemorid yang terbuat dari Temulawak, Daun Wungu, Daun Andong, dan Kayu Rapat. Kapsul Hemorid dapat meredakan rasa nyeri dan pendarahan, mengempiskan benjolan, mengurangi pembengkakan, dan memperlancar BAB. Ke Dokter Jangan ragu dan malu untuk pergi berobat ke dokter. Semakin awal untu [...]

Jangan Terlalu Lama, Ini Idealnya Pakai High Heels Agar Tidak Radang Sendi

Jangan Terlalu Lama, Ini Idealnya Pakai High Heels Agar Tidak Radang Sendi

Penelitian menunjukkan bahwa memakai high heels terlalu sering bisa meningkatkan risiko terkena radang sendi, atau osteoarthritis. Semakin tinggi hak sepatu, maka efek negatifnya akan semakin dirasakan hingga tumit dan telapak kaki yang tidak proporsional.Ahli penyakit kaki L. Kelsey Armstrong menjelaskan, high heels tidak baik dikenakan secara terus menerus dan dalam jangka panjang karena konstruksinya membuat kaki tidak berada dalam posisi berdiri yang normal. Tekanan yang terjadi pada ujung kaki juga bisa memicu terjadinya kapalan, tulang retak, kelainan bentuk pada jari-jari kaki, radang pada ibu jari kaki hingga neuroma atau kanker pada jaringan syaraf.Untuk mengurangi risiko terjadinya gangguan tulang dan fungsi kaki, satu-satunya cara adalah membatasi seminimal mungkin penggunaan high heels dalam aktivitas keseharian Anda. Durasi 'aman' memakai high heels pun berbeda-beda, tergantung dari tinggi/rendahnya hak sepatu."Batas aman durasi memakai high heels tergantung dari tipe sepatu dan aktivitas yang Anda lakukan saat mengenakannya," ujar L. Kelsey, seperti dikutip dari Women's Health USA.Lalu, berapa jam rata-rata amannya seseorang memakai high heels? Ini uraiannya:1. Sep [...]

Deodoran Memicu Kanker Payudara?

Deodoran Memicu Kanker Payudara?

Letak ketiak yang dekat dengan payudara menimbulkan dugaan bahwa apa pun yang digunakan di sekitar bagian ini akan berdampak kepada perubahan sel pada organ payudara. Ditemukannya unsur tertentu dari deodoran pada jaringan payudara memunculkan kekhawatiran bahwa deodoran menjadi pemicu kanker payudara. Ada berita yang mengemukakan bahwa deodoran mengandung bahan tertentu yang dapat diserap kulit dan memasuki tubuh melalui goresan terbuka yang mungkin timbul akibat mencukur bulu ketiak. Disebutkan pula bahwa pengolesan di area ini dapat berisiko menyebabkan kanker payudara karena lokasinya yang berdekatan dengan organ tersebut. Bahan yang dimaksud adalah senyawa berbasis aluminium yang terkandung di dalam beberapa produk deodoran. Bahan ini membentuk sumbatan sementara pada kelenjar keringat, sehingga menghentikan aliran keringat pada permukaan kulit. Penyerapan bahan ini oleh kulit disebut-sebut dapat menyebabkan efek yang serupa dengan yang diakibatkan oleh efek estrogen yang mampu mendukung pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Selain aluminium, unsur lain yang bernama parabens juga dicurigai dapat menimbulkan efek serupa di atas. Kamu dapat menemukannya di dalam label dengan n [...]

3 Kehebatan Semangka yang Perlu Anda Tahu

3 Kehebatan Semangka yang Perlu Anda Tahu

Pada suasana panas seperti di Jakarta, mengonsumsi buah semangka dapat menjadi solusi kesegaran tubuh. Buah semangka bukan hanya membuat segar, namun ternyata buah semangka memiliki nutrisi yang tinggi. Dalam satu gelas semangka yang berisi 46 kalori, semangka menyediakan 20 % vitamin C dan 17 % vitamin A. Berikut beberapa kelebihan semangka. 3 Kehebatan Semangka yang Perlu Anda Tahu Berikut beberapa kelebihan semangka: 1. Mengandung Lycopene lebih banyak dari Tomat Hanya dengan 1 gelas semangka, mengandung 1,5 lebih banyak lycopene dibandingkan tomat segar, 6 mg dibandingkan dengan 4 mg. Lycopene bekerja sebagai antioksidant, yang berfungsi untuk melindungi daya tahan tubuh. 2. Meringankan Nyeri Otot Sebuah studi dari Spanyol yang dipublikasikan dalam the Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengungkapkan bahwa jus semangka dapat menghilangkan nyeri otot setelah berolahraga. Yang dapat menyebabkan hal ini adalah kandungan citrulline yang ada di dalam semangka. 3. Mengandung Air yang Banyak Semangka memiliki kemampuan hidrasi yang sangat tinggi. Air yang terkandung dalam semangka mencapai 91%. Bila kita ingat-ingat dehidrasi sangat buruk untuk tub [...]

Risiko Selaput Dara Tiruan

Risiko Selaput Dara Tiruan

Risiko Selaput Dara Tiruan. Selaput dara tiruan nampaknya sedang marak akhir-akhir ini di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Meskipun tidak dapat diketahui secara pasti, namun peredaran dan penggunaannya di Indonesia tidak dapat dipandang sebelah mata. Apa itu selaput dara tiruan? Selaput dara tiruan merupakan suatu benda buatan yang terdiri dari selembar bahan tembus pandang yang mudah mencair, berukuran persegi, dengan cairan warna merah di bagian tengahnya. Benda ini digunakan untuk menciptakan efek perdarahan pada saat hubungan seksual pertama kali bagi para wanita yang sebelumnya sudah pernah melakukan hubungan seksual. Selaput dara tiruan ini dimasukkan ke dalam vagina wanita 15-20 menit sebelum melakukan hubungan seksual agar terlihat bahwa hubungan seksual yang dilakukan merupakan yang pertama kali karena mengeluarkan darah. Cairan merah serupa darah itu biasanya masih menetap di daerah vagina wanita sampai 24 jam setelah melakukan hubungan seksual. Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis selaput dara: Jenis Selaput Dara Sebenarnya, persepsi bahwa hubungan seksual pertama kali harus mengeluarkan darah karena robekan selaput dara merupaka [...]

5 Langkah Menjadi Lebih Sehat dalam 10 Hari

5 Langkah Menjadi Lebih Sehat dalam 10 Hari

Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat. Mengontrol pikiran agar tidak stres, menjaga asupan makanan dan berolahraga merupakan beberapa cara untuk membantu fisik dan mental menjadi lebih sehat. Seseorang tidak bisa menjadi sehat secara instan karena pola hidup sehat biasanya baru dirasakan hasilnya dalam jangka panjang. Namun Anda bisa jadi lebih sehat dalam 10 hari dengan mengikuti langkah-langkah ini. Yang perlu diingat, jalani gaya hidup sehat ini untuk seterusnya. Bukan karena iseng-iseng. Simak tipsnya, seperti yang dikutip dari Health Me Up. 1. Pola DietJaga asupan makanan dan atur pola makan. Pilih makanan yang tidak terlalu berbeda dengan apa yang biasa dikonsumsi. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:- Atur porsi makan secukupnya, tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. - Kurangi konsumsi garam karena terlalu banyak garam bisa menyebabkan hipertensi dan penumpukan cairan di dalam tubuh.- Hindari gorengan. Makanan yang digoreng umumnya mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang jika dikonsumsi berlebihan bisa berbahaya bagi jantung. Belum lagi lemak yang tinggi bisa membuat Anda lebih cepat lemas. - Kurangi konsumsi junk food karena men [...]

Inilah Makanan Ideal untuk Penderita Darah Tinggi

Inilah Makanan Ideal untuk Penderita Darah Tinggi

Sepanjang hari, tekanan darah kita bervariasi naik dan turun. Namun, jika tekanan darah seseorang terus menerus tinggi sepanjang waktu, maka perlu yang bersangkutan perlu mewaspadai akan penyakit hipertensi. Bila keadaan ini terus menerus dibiarkan tidak terkendali, maka dapat menyebabkan komplikasi pada jantung, ginjal dan otak. Perkembangan penyakit hipertensi yang tidak terkendali kerap kali menyebabkan serangan jantung, gagal ginjal dan stroke. Sekali dinyatakan mengidap hipertensi maka penyakit ini biasanya berlangsung seumur hidup. Yang perlu dilakukan oleh penderita hipertensi adalah mengendalikan tekanan darahnya agar berada dalam batas normal. Penyakit hipertensi biasanya tidak memberikan gejala dan tanda yang memberikan peringatan pada penderitanya. Pernahkah Anda memeriksakan tekanan darah Anda? Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ada panduan informasi hipertensi di halaman selanjutnya: Kenali Dulu Kategori Tekanan Darah Tinggi Anda Berdasarkan American Heart Association (AHA), Hipertensi dibagi menjadi beberapa kategori: Tekanan Darah (mmHg) Normal Pre-Hipertensi Hipertensi Sistolik < [...]

Studi: Makan Banyak Sayur dan Buah Tiap Hari Buat Anda Lebih Panjang Umur

Studi: Makan Banyak Sayur dan Buah Tiap Hari Buat Anda Lebih Panjang Umur

Ingin hidup lebih lama? Maka konsumsilah banyak sayur dan buah setiap hari. Studi terbaru menemukan, orang yang makan tujuh sajian sayur dan buah dalam sehari, risiko kematiannya bisa berkurang hingga 42 persen. Antara sayur dan buah, ternyata sayuran yang lebih penting dikonsumsi untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh.Seperti dikutip dari CNN, para peneliti di Inggris menganalisa data lebih dari 65 ribu orang dewasa yang berusia 35 tahun ke atas. Mereka sebelumnya menjadi partisipan dalam Health Surveys for England (HSE) untuk sebuah studi yang dilakukan antara tahun 2001 dan 2008. Peneliti HSE menanyakan kepada partisipan bagaimana konsumsi sayur dan buah mereka selama 24 jam. Kecukupan porsi sayur dan buah yang disarankan Department of Health di Inggris, diperkirakan antara 80 gram per sajian. Hasilnya diketahui bahwa rata-rata partisipan mengonsumsi 3,8 sajian buah dan sayur per hari. Wanita yang berusia lebih dewasa dan tidak merokok cenderung makan makanan sehat ini lebih banyak dibandingkan kelompok partisipan lainnya. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak sayur dan buah memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah. Dari temuan tersebut [...]

Inilah Salah Satu Penyebab Pria Tergila-gila Pada Payudara

Inilah Salah Satu Penyebab Pria Tergila-gila Pada Payudara

Salah satu bagian tubuh wanita yang mengundang perhatian pria kepada wanita adalah payudara. Bahkan, dalam suatu penelitian, pria cenderung menatap payudara dan pinggang lebih lama ketimbang wajah pada pandangan pertama ataupun ketika berbicara kepada lawan bicara yang berlawanan jenis kelamin. Mengapa pria sangat tertarik dengan payudara wanita? Apakah karena faktor pergaulan yang kelewat vulgar? Apakah karena budaya? Atau dikarenakan tidak lain adalah panggilan alamiah yang termuncul dari pria? Berikut penjelasannya: Dalam bukunya yang berjudul The Chemistry Between Us: Love, Sex, and the Science of Attraction, Larry Young dan Brian Alexander mencoba menggali alasan-alasan di balik kekaguman pria terhadap payudara wanita. Mereka mengatakan bahwa ketertarikan tersebut muncul karena pengaruh hormon yang dilepaskan saat menyusui ketika para pria masih bayi. Alasan Ilmiah Pria Terobsesi Payudara Wanita Ketika seorang wanita melahirkan, bayi akan terlibat dalam beberapa manipulasi yang cukup rumit pada payudara ibunya. Proses ini mampu mengirimkan sinyal di sepanjang saraf dan otak serta memicu pelepasan hormon oksitosin di hipotalamus otak. Oksitosin ini pada ak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *