Ketiak Sering Basah karena Keringat? Mungkin Anda Terlalu Banyak Minum

ketiakbasah.jpg

Minum air putih penting untuk kesehatan tubuh juga kecantikan kulit. Pakar kesehatan menyarankan untuk minum air putih sedikitnya delapan gelas per hari agar organ tubuh berfungsi dengan baik. Air putih memang menyehatkan, tapi bisa jadi bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Makin banyak minum air putih bukan berarti tubuh semakin sehat atau kulit lebih cantik. Mengasup cairan yang tidak diperlukan tubuh justru bisa memicu gangguan ginjal dan membuat Anda berkeringat berlebihan.

Kondisi keluarnya keringat yang berlebihan biasa disebut dengan hyperhidrosis. Dari pengamatan yang dilakukan ahli kesehatan terhadap sejumlah pasien di sebuah klinik di London, sebagian besar pasien dengan keluhan keringat berlebihan ternyata punya kebiasaan minum cairan terlalu banyak dari yang dibutuhkan.

“Banyak orang menyarankan air putih sebagai minuman kesehatan dan mengatakan bahwa Anda harus minum dua atau tiga liter sehari. Secara medis itu tidak benar,” ujar Mark Whiteley, profesor dan ahli bedah syaraf di The Whiteley Clinic, seperti dikutip dari Daily Mail.

Mark menambahkan, kebutuhan cairan biasanya akan bertambah ketika seseorang sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Namun itu pun terbatas hanya 1,5 liter dan diberikan dalam kurun 24 jam. Jika dokter memberikan cairan hingga dua liter maka berpotensi terjadi gagal jantung.

Cairan pun sebenarnya tidak mutlak hanya berasal dari minuman. Sekitar setengah dari kebutuhan air berasal dari makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Sayur dan buah pun mengandung air, belum lagi jika Anda menyantap hidangan berkuah atau minum jus. Ketika kebutuhan cairan sudah terpenuhi maka tidak perlu menambahnya lagi dengan minum belasan gelas air putih.

“Kalau Anda minum air terlalu banyak ginjal akan bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan cairan itu,” tuturnya.

Kelebihan cairan akan dikeluarkan tubuh lewat urin dan keringat. Artinya semakin banyak Anda minum maka keringat yang keluar pun lebih banyak dan jangan heran jika ketiak Anda jadi lebih cepat basah.

Peringatan ini muncul setelah sebuah makalah penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal menunjukkan bahwa anjuran minum delapan gelas air putih atau lebih tidak selalu tepat. Penulis penelitian, Dr. Margaret McCartney mengatakan bahwa ‘keajaiban’ air putih seringkali dibesar-besarkan demi kepentingan pemasaran, misalnya perusahaan air minum dalam kemasan.

Penelitian Dr. Margaret bersama timnya menunjukkan, minum ketika Anda tidak haus bisa memecah fokus saat bekerja atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan konsentrasi otak. Minum terlalu banyak cairan juga bisa membuat tidur tidak nyenyak karena di malam harinya harus terbangun akibat ingin buang air kecil.

Di samping itu, terlalu banyak minum juga berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan langka yang dinamakan hyponatraemia. Yaitu kondisi di mana kandungan garam dalam tubuh menurun drastis sehingga menyebabkan pembengkakan pada otak.

Jadi, berapa banyak sebaiknya kita minum dalam sehari? Mark menyarankan agar Anda minum air putih ketika haus atau setelah makan. Minumlah air putih secara bertahap dan dalam periode yang teratur. Misalnya segelas di pagi hari, satu atau dua gelas lagi di siang hari, segelas di sore hari dan malam hari. Apabila Anda berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat, maka asupan air bisa ditambah sesuai kebutuhan; ketika Anda merasa haus. Jaga juga agar urin selalu berwarna jernih kekuningan.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hal-hal yang Memperparah Jerawat

Hal-hal yang Memperparah Jerawat

Tentu kita semua pasti pernah mengalami jerawat. Jerawat disebabkan oleh aksi dari hormon terhadap kelenjar minyak dan folikel rambut. Lesi (perlukaan) paling awal dari jerawat adalah penyumbatan dari pori-pori di kulit. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat adalah: Peningkatan hormon seksual yang disebut sebagai androgen, yang muncul di perempuan dan laki-laki selama pubertas. Hormon androgen menyebabkan kelenjar minyak membesar dan meningkatkan jumlah sebum di folikel rambut. Perubahan hormonal saat akan hamil atau saat mau mulai atau berhenti kontrasepsi Genetika (keturunan) Menurut the National Institutes of Health, ada beberapa hal yang dapat memperburuk kondisi jerawat: Perubahan hormonal pada masa remaja dan wanita muda teruatama 2-7 hari sebelum hari menstruasi mulai. Minyak dari produk-produk kulit seperti pelembab atau kosmetik. Tekanan dari beberapa alat-alat seperti helm, tas punggung, kerah baju yang ketat atau seragam yang ketat. Iritasi lingkungan seperti polusi dan kondisi kelembaban yang tinggi Memencet atau menekan-nekan jerawat yang sudah ada Menggosok kulit terlalu keras Stres Ada juga yang menyebutk [...]

Benarkah Air Rebusan Daun Sirih Dapat Mengatasi Keputihan?

Benarkah Air Rebusan Daun Sirih Dapat Mengatasi Keputihan?

Berbicara tentang keputihan, hampir setiap wanita pasti pernah mengalaminya. Banyak sekali masalah-masalah yang menjadi penyebab utama dari keputihan, seperti aktivitas sehari-hari, faktor lingkungan, dampak psikologis sampai masalah kesuburan.Keputihan merupakan hal umum yang banyak dijumpai dalam masyarakat khususnya wanita karena terdapat banyak aspek-aspek di dalamnya. Oleh karena itu, banyak dijumpai mitos-mitos yang beredar seputar keputihan. Mitos tersebut bisa saja dibenarkan oleh para ahli namun ada juga beberapa mitos yang sebenarnya tidak tepat. Salah satu mitos tentang keputihan yang paling sering dibicarakan adalah mengobati keputihan dengan air rebusan daun sirih. Apakah mitos tersebut benar? Menurut Dr. M. Rezha Faisal, SpOG yang merupakan spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, air rebusan daun sirih mempunyai sifat anti bakteri. Apabila digunakan dalam kondisi yang tepat, bisa saja membantu membunuh kuman-kuman penyebab keputihan, seperti bakteri, jamur, virus dan parasit atau protozoa. Namun sering kali, penggunaan daun sirih yang dijual sebagai pembersih kewanitaan tidaklah tepat dan bisa menimbulkan kerugian.Di dalam vagina terdapat bakteri bernama lactob [...]

Anak Susah Makan Akibat Batuk?

Anak Susah Makan Akibat Batuk?

Batuk pada anak-anak umumnya disebabkan oleh infeksi virus dan tidak berbahaya. Namun semua orangtua pasti merasa khawatir apabila anaknya terus-menerus batuk. Meski biasanya gejala batuk dapat menghilang dengan sendirinya, segeralah periksakan ke dokter jika batuk menetap lebih dari 1 minggu disertai keluhan demam tinggi, napas cepat, perubahan suara napas, dan muntah. Biasanya anak yang sedang sakit akan mengalami kesulitan makan. Mereka menjadi kurang nafsu makan, bahkan tidak mau makan sama sekali. Jika terjadi berhari-hari, hal ini tentu akan mengganggu kesehatan secara keseluruhan. Berikut adalah kiat-kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi anak yang sulit makan akibat batuk: 1. Cukup istirahat Butuh banyak energi bagi anak untuk melawan infeksi. Selain itu, jauhkan anak dari stres, jika anak sedang sekolah atau ada masalah di rumah, berikan dia istirahat. Istirahat yang cukup dapat membantu proses penyembuhan penyakit. Berikut halaman selanjutnya kiat lainnya untuk mengatasi anak sulit selera makan ketika batuk. Anak Susah Makan Akibat Batuk? 2. Cukupi kebutuhan cairan anak Konsumsi cairan yang cukup dapat membantu mencegah dehidrasi, menurunkan [...]

Lapisi Gigi, Dapatkan Senyum Indah

Lapisi Gigi, Dapatkan Senyum Indah

Lapisi Gigi, Dapatkan Senyum Indah Oleh: drg. Martha Mozartha Beberapa tahun belakangan ini, industri hiburan di Korea khususnya Korea Selatan melejit dan sepertinya sedang dalam masa keemasan. K-pop, serial atau drama Korea digemari tidak hanya oleh masyarakat Korea Selatan tapi terkenal ke seluruh dunia. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa seperti halnya artis Hollywood, artis Korea Selatan pun rata-rata telah menjalani operasi bedah plastik demi memiliki penampilan yang menawan. Dan berdasarkan data statistik dari Departemen Kesehatan Kor-Sel, kecenderungan untuk mengubah penampilan dengan bedah plastik rupanya tidak hanya berlaku pada artis namun juga pada masyarakat awam. Bagian yang paling diminati untuk diperbaiki di tangan seorang dokter adalah bagian mata, tulang rahang dan hidung. Selain itu, tuntutan untuk mendapatkan perawatan gigi juga tinggi, demi sebuah senyum yang indah. Dengan semakin berkembangnya teknologi di bidang kedokteran gigi, para profesional di bidang ini sangat terbantu untuk dapat memperbaiki bentuk dan warna gigi pasien menjadi lebih memuaskan secara estetik. Salah satu caranya adalah dengan melapisi permukaan gigi dengan suatu material sewarna gigi [...]

Mitos dan Fakta Ginkgo Biloba

Mitos dan Fakta Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba merupakan tanaman yang berasal dari daratan Tiongkok. Sejak ribuan tahun lalu, khasiat tanaman ini dipercaya dapat mengobati beberapa kondisi. Salah satu khasiatnya yang paling dikenal adalah mengatasi kondisi yang berhubungan dengan gangguan ingatan. Gangguan ingatan bisa disebabkan oleh faktor usia, Alzheimer atau demensia (pikun). Khasiat Ginkgo Biloba Ginkgo biloba, terutama bagian daunnya, sering digunakan untuk mengatasi daya ingat yang menurun karena cara kerjanya yang sepertinya bisa meningkatkan aliran darah pada pembuluh darah kecil di otak. Ada penelitian yang menyatakan pro dengan ginkgo biloba, namun ada juga yang kontra. Oleh sebab itu, khasiat ginkgo biloba masih dipertanyakan. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektivitasannya. Berikut ini penjelasan secara lengkap. Mengonsumsi ekstrak daun ginkgo biloba sering disebut-sebut bisa menangani daya ingat. Namun sepertinya hal itu belum dibuktikan sepenuhnya. Penelitian kecil di awal menunjukkan bahwa ginkgo biloba bisa memperbaiki fungsi kognitif orang lanjut usia yang memiliki demensia. Namun sejumlah studi lebih lanjut menyatakan bahwa tanaman ini tidak dapat mencegah masalah kehil [...]

Konsumsi Air Bersih untuk Menghindari Penyakit

Konsumsi Air Bersih untuk Menghindari Penyakit

Sanitasi dan air minum yang tidak sehat membuat tidak sedikit penduduk yang meninggal karena diare. Kondisi ini biasa menimpa penduduk di negara berkembang seperti Indonesia. Air minum yang sehat adalah air yang karakteristik fisik, kandungan mikroba, dan bahan kimianya sesuai dengan ketentuan World Health Organization (WHO) atau standar nasional kualitas air minum. Di Indonesia, menurut Keputusan Menteri Kesehatan No. 907/MENKES/SK/VII/2002, air minum diwajibkan memenuhi persyaratan umum sebagai berikut: Secara fisik tidak berasa, berbau atau berwarna, tidak keruh, dan tidak berada dalam suhu tinggi. Tidak mengandung bakteri seperti E. coli. Tidak mengandung bahan kimia, misalnya pestisida dan desinfektan melebihi batas yang diperbolehkan. Jenis Air Minum Secara umum, air minum di Indonesia terbagi menjadi tiga jenis utama berdasarkan sumber, cara pengolahan, dan penyediaannya. Air produksi Perusahaan Air Minum (PAM) Air yang didistribusikan melalui pipa atau tangki untuk keperluan rumah tangga ini umumnya digunakan untuk melakukan aktivitas seperti mandi, mencuci, dan memasak. Saat digunakan untuk minum, umumnya air direbus sebelum dikonsumsi. Air tanah Air tanah biasanya did [...]

Apa Penyebab Gatal pada Selangkangan?

Apa Penyebab Gatal pada Selangkangan?

Rasa gatal merupakan salah satu hal yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terutama jika Anda mengalami gatal pada selangkangan, tentu akan terlihat tidak pantas jika Anda menggaruknya di tempat umum. Area selangkangan yang gatal, biasanya tampak kemerahan atau tampak mengelupas. Selain itu, pada gatal selangkangan di bagian pinggir bisa tampak sebagaimana kulit yang lecet. Menyerang Bagian Tubuh yang Lembap Umumnya gatal selangkangan merupakan infeksi jamur di bagian terluar dari kulit. Infeksi yang juga dikenal sebagai tinea cruris ini bisa pula mengenai bagian terluar dari rambut atau kuku. Selangkangan merupakan salah satu lokasi jamur berkembang biak dengan cepat karena lembap dan hangat. Area lainnya yang menjadi tempat berkembangnya jamur dengan cepat, antara lain paha bagian dalam dan bokong. Infeksi jamur pada selangkangan juga tidak jarang disertai rasa nyeri. Khususnya bagi penderita diabetes dan obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gatal pada selangkangan akibat infeksi jamur. Selain infeksi jamur, penyebab lain dari gatal pada selangkangan adalah iritasi dari pakaian dalam yang terlalu ketat, infeksi bakteri pada vagina wanita, infeksi kulup p [...]

Makan Durian Saat Hamil

Makan Durian Saat Hamil

Buah durian, buah berduri yang nikmatnya selangit. Namun, banyak orang yang mengatakan sebaiknya buah ini dihindari oleh ibu hamil. Katanya dapat menyebabkan keguguran kandungan. Ada yang bilang makan buah ini membuat janin kepanasan. Namun, ada juga yang mendukung konsumsi durian selama kehamilan. Yang mana yang benar? Namun pada kenyataannya, hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang meneliti mengenai efek konsumsi buah durian pada Ibu hamil. Namun demikian, buah durian banyak mengandung gas, glukosa, kolesterol dan alkohol. Dimana kandungan tersebut dapat membuat Ibu merasa kembung dan memicu kontraksi (terutama pada kehamilan trimester ketiga). Glukosa, kolesterol dan alkohol juga dapat berdampak buruk pada kesehatan (dapat memicu terjadinya diabetes atau gangguan kesehatan jantung). Kontrol Selama Masa Kehamilan Namun, para ibu hamil penikmat durian tidak perlu khawatir. Kontrol teratur ke dokter untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit diabetes dan yang lain saat hamil. Kuncinya adalah pembatasan jumlah durian yang dimakan. Batasi konsumsi antara 1 ? 2 biji saja dan tidak boleh terlalu sering. Dengan demikian nikmat di lidah didapat, efek sampingnya [...]

Minum Jamu Setiap Hari Jadi Resep Panjang Umur Mooryati Soedibyo

Minum Jamu Setiap Hari Jadi Resep Panjang Umur Mooryati Soedibyo

Dalam usia ke-87 tahun, Dr. BRA. Mooryati Soedibyo masih aktif dan terlihat prima. Pendiri PT. Mustika Ratu, Tbk dan Yayasan Puteri Indonesia itu bisa dibilang awet muda jika dibandingkan dengan usianya yang sekarang. Saat acara perayaan ulang tahunnya pada Senin, 5 Januari 2014 di kediamannya di daerah Menteng, pendiri organisasi Woman Entrepreneurship Academy itu membagi tips agar tetap bugar dan segar di usia senja. Ada tiga kunci sehat selalu diterapkan Mooryati. Menurutnya yang paling utama adalah berpikir positif. "Saya tuh positive thinking. Saya harus berpikir saya sehat, saya tidak sakit, saya mau belajar terus," ujar wanita yang mendapat gelar doktor dari Universitas Indonesia itu. Selain berpikir positif, Mooryati juga menjaga kesehatannya lewat berolahraga. Karena usianya sudah senja, ibu dari lima anak itu melatih tulang-tulangnya agar berfungsi dengan baik dengan latihan osteoporosis. Selain itu, wanita yang kerap disapa dengan bu'de itu juga rutin melakukan yoga. "Saya melakukan yoga tapi tidak terlalu berat. Kalau tidak hati-hati malah bisa kecetit karena sudah terlalu tua," ujarnya seraya tertawa. Ritual yang paling tidak pernah Mooryati lupakan setiap harinya a [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *