Ketiak Sering Basah karena Keringat? Mungkin Anda Terlalu Banyak Minum

ketiakbasah.jpg

Minum air putih penting untuk kesehatan tubuh juga kecantikan kulit. Pakar kesehatan menyarankan untuk minum air putih sedikitnya delapan gelas per hari agar organ tubuh berfungsi dengan baik. Air putih memang menyehatkan, tapi bisa jadi bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Makin banyak minum air putih bukan berarti tubuh semakin sehat atau kulit lebih cantik. Mengasup cairan yang tidak diperlukan tubuh justru bisa memicu gangguan ginjal dan membuat Anda berkeringat berlebihan.

Kondisi keluarnya keringat yang berlebihan biasa disebut dengan hyperhidrosis. Dari pengamatan yang dilakukan ahli kesehatan terhadap sejumlah pasien di sebuah klinik di London, sebagian besar pasien dengan keluhan keringat berlebihan ternyata punya kebiasaan minum cairan terlalu banyak dari yang dibutuhkan.

“Banyak orang menyarankan air putih sebagai minuman kesehatan dan mengatakan bahwa Anda harus minum dua atau tiga liter sehari. Secara medis itu tidak benar,” ujar Mark Whiteley, profesor dan ahli bedah syaraf di The Whiteley Clinic, seperti dikutip dari Daily Mail.

Mark menambahkan, kebutuhan cairan biasanya akan bertambah ketika seseorang sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Namun itu pun terbatas hanya 1,5 liter dan diberikan dalam kurun 24 jam. Jika dokter memberikan cairan hingga dua liter maka berpotensi terjadi gagal jantung.

Cairan pun sebenarnya tidak mutlak hanya berasal dari minuman. Sekitar setengah dari kebutuhan air berasal dari makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Sayur dan buah pun mengandung air, belum lagi jika Anda menyantap hidangan berkuah atau minum jus. Ketika kebutuhan cairan sudah terpenuhi maka tidak perlu menambahnya lagi dengan minum belasan gelas air putih.

“Kalau Anda minum air terlalu banyak ginjal akan bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan cairan itu,” tuturnya.

Kelebihan cairan akan dikeluarkan tubuh lewat urin dan keringat. Artinya semakin banyak Anda minum maka keringat yang keluar pun lebih banyak dan jangan heran jika ketiak Anda jadi lebih cepat basah.

Peringatan ini muncul setelah sebuah makalah penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal menunjukkan bahwa anjuran minum delapan gelas air putih atau lebih tidak selalu tepat. Penulis penelitian, Dr. Margaret McCartney mengatakan bahwa ‘keajaiban’ air putih seringkali dibesar-besarkan demi kepentingan pemasaran, misalnya perusahaan air minum dalam kemasan.

Penelitian Dr. Margaret bersama timnya menunjukkan, minum ketika Anda tidak haus bisa memecah fokus saat bekerja atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan konsentrasi otak. Minum terlalu banyak cairan juga bisa membuat tidur tidak nyenyak karena di malam harinya harus terbangun akibat ingin buang air kecil.

Di samping itu, terlalu banyak minum juga berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan langka yang dinamakan hyponatraemia. Yaitu kondisi di mana kandungan garam dalam tubuh menurun drastis sehingga menyebabkan pembengkakan pada otak.

Jadi, berapa banyak sebaiknya kita minum dalam sehari? Mark menyarankan agar Anda minum air putih ketika haus atau setelah makan. Minumlah air putih secara bertahap dan dalam periode yang teratur. Misalnya segelas di pagi hari, satu atau dua gelas lagi di siang hari, segelas di sore hari dan malam hari. Apabila Anda berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat, maka asupan air bisa ditambah sesuai kebutuhan; ketika Anda merasa haus. Jaga juga agar urin selalu berwarna jernih kekuningan.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
3 Trik Cegah Kehamilan dengan Sistem Kalender

3 Trik Cegah Kehamilan dengan Sistem Kalender

? Kelebihan cara mencegah kehamilan dengan sistem kalender adalah tidak mengganggu kenikmatan bercinta dan juga bersifat alamiah tanpa efek samping. Berbeda dengan alat kontrasepsi umum lainnya yang memiliki efek samping tersendiri, belum lagi bercinta dengan kondom akan mengurangi kenikmatan. Jika Anda hendak mencoba sistem kontrasepsi ini, maka tiga kiat berikut ini akan memudahkan Anda, antara lain: Siklus Teratur 1. Pastikan pasangan dari pihak wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur. Akan sangat riskan menerapkan sistem ini pada wanita yang tidak teratur siklus menstruasinya, karena perkiraan waktu terjadinya ovulasi akan sulit diprediksi. 3 Trik Cegah Kehamilan dengan Sistem Kalender 2. Pantau Kondisi Suhu Sesungguhnya proses ovulasi itu memiliki beberapa indikator yang dapat dipantau, misalnya pada saat ovulasi suhu tubuh wanita cenderung untuk meningkat sekitar 1 sampai 2 derajat celcius, karena itu ada baiknya bagi wanita yang hendak menerapkan metode ini untuk memantau suhu tubuhnya secara rutin dengan termometer digital, sehingga dapat mengetahui kapan terjadinya ovulasi. Selain itu sekarang ini banyak beredar dipasaran alat pemeriksa kesub [...]

Perhatikan Hal-hal Berikut Jika Anda Mengalami Pelecehan Seksual

Perhatikan Hal-hal Berikut Jika Anda Mengalami Pelecehan Seksual

Mengalami pelecehan seksual merupakan sebuah mimpi buruk bagi semua orang. Karena alasan malu dan takut disalahkan, akhirnya korban memilih diam dan menyimpan tragedi memilukan tersebut seorang diri. Padahal penting untuk mendapat bala bantuan jika Anda mengalami pelecehan seksual. Pelecehan seksual adalah sebuah aktivitas seks yang dilakukan secara paksa. Aktivitas ini bisa berupa pemerkosaan, seks oral, seks anal, mencium, dan meraba-raba tubuh. Korban pelecehan seksual mungkin akan mengalami luka fisik dan batin usai kejadian memilukan ini seperti: Terkena penyakit menular seksual. Kehamilan yang tidak diinginkan. Peradangan vagina atau vaginitis. Infeksi saluran kemih. Nyeri panggul kronis. Vaginismus. Gangguan hasrat untuk kontak seksual. Infeksi pada vagina atau anus. Sering menangis. Mengalami gangguan tidur. Depresi. Bunuh diri. Agar terhindar dari hal-hal di atas, segera bertindak dengan melakukan langkah-langkah di bawah ini: Ceritakan kepada orang terdekat. Di saat seperti ini, Anda tidak bisa menanggung semua beban seorang diri. Ceritakan dan lepaskan semua keluh-kesah Anda kepada orang-orang terdekat, baik keluarga atau sahabat. Memeriksakan kesehatan. Anda tidak [...]

Sehatkah Menjadi Vegetarian ?

Sehatkah Menjadi Vegetarian ?

Oleh: dr. Adithia Kwee Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin banyak pula orang beralih menjadi seorang vegetarian. Seorang vegetarian adalah seseorang yang mengkonsumsi makanan terutama yang berasal dari tumbuhan seperti buah dan sayur. Namun ada beberapa vegetarian yang masih mengkonsumsi telur dan produk susu. Terdapat 4 tipe vegetarian, Lacto-ovo vegetarian yang masih mengkonsumsi telur dan produk susus tetapi tidak mengkonsumsi daging dan ikan, Lacto vegetarian yang masih mengkonsumsi produk susu tetapi tidak mengkonsumsi telur, daging, dan ikan, Ovo vegetarian yang masih mengkonsumsi telur tetapi tidak mengkonsumsi produk susu, daging, dan ikan, Vegan yang sama sekali tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan seperti telur, produk susu, daging, dan ikan Menjadi vegetarian memang terbukti banyak manfaatnya. Menjadi vegetarian terbukti dapat memperpanjang angka harapan hidup. Selain itu, menjadi vegetarian juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit-penyakit kronik seperti obesitas, penyakit jantung dan pembuluh darah, kencing manis, darah tinggi, kanker, batu ginjal, batu empedu, dan konstipasi. Namun harus diperhatikan pula, bahwa [...]

Cara Menyimpan ASI Botolan yang Baik dan Benar

Cara Menyimpan ASI Botolan yang Baik dan Benar

Tidak sedikitdari beberapa ibu diharuskan kembali bekerja setelah 3 bulan masa cuti. Sedangkan bayi masih harus mendapatkan ASI Esklusif. Demikiannya, memerah atau memompa ASI dan menyimpannya di kulkas untujk digunakan di kemudian hari menjadi pilihan solusi. Memerah ASI bisa menggunakan tangan (teknik marmet) maupun dengan alat bantu. Hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan penyimpanan ASI perah adalah pastikan Anda memberikan tanda atau label tanggal dan jam saat memerah ASI. Dengan demikian Anda akan mudah memilih botol ASI mana yang paling duluan dapat digunakan, agar kualitas ASI tetap terjaga. Namun menyimpan ASI bukanlah suatu hal yang dapat dianggap sepele. Pasalnya, jika Anda salah mengelola, salah-salah ASI Anda bisa rusak kualitasnya dan pemberian ASI pun terganggu. Untuk mengetahui bagaimana mengelola ASI yang baik dan benar, Cara Menyimpan ASI Botolan yang Baik dan Benar Tidak sedikitdari beberapa ibu diharuskan kembali bekerja setelah 3 bulan masa cuti. Sedangkan bayi masih harus mendapatkan ASI Esklusif. Demikiannya, memerah atau memompa ASI dan menyimpannya di kulkas untujk digunakan di kemudian hari menjadi pilihan solusi. Memerah AS [...]

Penanggulangan Banjir Bandang Wasior

Penanggulangan Banjir Bandang Wasior

Pusat Penanggulangan Krisis Departemen Kesehatan Pusat (PPK Depkes) telh berkoordinasi dengan jajarannya di wilayah timur Indonesia untuk mengoptimalkan proses penanggulangan bencana dan bantuan korban banjir bandang di Wasior, Papua Barat. Dari laporan yang diterima per tanggal 6 Oktober 2010 pukul 14:02 dari PPK Depkes, dilaporkan sedikitnya 58 orang meninggal dunia, 1 diantaranya petugas kesehatan, 81 korban luka berat yang beberapa diantaranya sudah dirujuk ke RSUD Kabupaten Manokwari dan Nabire, serta ke Makassar, Sulawesi Selatan. Salah satu hal yang dikhawatirkan adalah sulitnya akses air bersih di area bencana. Guna mengantisipasi hal ini, para otoritas kesehatan yang saling berkoordinasi telah mengambil langkah antisipasi evakuasi untuk mencegah perluasan potensi semakin buruknya keadaan pasca bencana. PPK juga mengerahkan unit helikopternya untuk mempermudah proses evakuasi para korban. Hingga berita ini diturunkan, dari PPK sendiri tengah mengkoordinasi 7 ahli kesehatan dari Jakarta untuk diterbangkan ke wilayah bencana Selasa (06/09) malam. Selain meninggalkan jumlah korban, banjir bandang juga telah menghancurkan fasilitas kesehatan di lokasi, seperti sebuah unit mess [...]

Jangan Makan Telur Mentah!

Jangan Makan Telur Mentah!

Hampir semua orang menyukai telur. Selain karena rasanya yang lezat dan ekonomis, telur juga kaya akan nutrisi. Ada berbagai cara memasak telur seperti direbus, digoreng, dicampur dengan bahan makanan lain, bahkan ada pula yang mengkonsumsi telur dalam bentuk mentah untuk alasan kesehatan. Pada sebagian kalangan masih besar anggapan bahwa telur yang dimakan mentah lebih memiliki nutrisi daripada yang sudah diproses. Anggapan ini sebenarnya menyimpan bahaya kesehatan lebih jauh. Pasalnya, mengkonsumsi telur mentah justru memiliki risiko kesehatan lebih besar daripada manfaat kesehatan yang didapat? Kenapa mengkonsumsi telur mentah tidak dianjurkan? Kenapa Mengkonsumsi Telur Mentah Tidak Dianjurkan? Makanan yang dibuat dari telur mentah atau setengah matang dapat menyebabkan keracunan makanan karena bakteri yang terkandung dalam telur, yaitu bakteri Salmonella enteriditis. Memang tidak semua telur mengandung bakteri Salmonella, namun mencegah lebih baik daripada mengobati. Bakteri ini dapat mudah berkembang terutama pada telur yang dibiarkan pada suhu ruangan selama beberapa hari (tidak dimasukkan ke dalam lemari pendingin). Siapa yang [...]

9 Tips Cegah Anak Tersedak

9 Tips Cegah Anak Tersedak

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Tersedak (keselak / keselek) masih menjadi penyebab cidera yang paling umum ditemukan pada anak. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics edisi Agustus 2013 menganalisis data instalasi gawat darurat rumah sakit dari tahun 2001 hingga 2009 dan menemukan bahwa sekitar 12,400 anak di bawah usia 14 tahun setiap tahunnya (atau 34 anak dalam satu hari) dirawat karena masalah tersedak. Enam puluh dua persen dari kasus tersebut terjadi pada anak di bawah 4 tahun, dan anak laki-laki mencakup 55 persen dari seluruh kasus. Berdasarkan data tersebut, permen keras merupakan penyebab utama (16%) anak tersedak, diikuti permen jenis lain (13%), daging (12%), tulang (12%), dan buah serta sayuran (10%). Walaupun sebagian besar kasus tersedak pada anak tidak fatal, kejadian tersebut tetap menjadi ancaman yang serius. Sepuluh persen kasus tersedak memerlukan rawat inap dan sebagian besar diantaranya perlu dtangani dengan bronkoskopi, sebuah prosedur operasi dengan pembiusan untuk menyingkirkan makanan dari jalan napas. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk mencegah anak mengalami kejadian tersedak: Pelajari bantuan hidup dasar (BHD) atau basic life s [...]

Lebih Sedikit Berbohong, Lebih Sehat

Lebih Sedikit Berbohong, Lebih Sehat

Tidak berbohong dapat meningkatkan kadar kesehatan seseorang. Itulah kesimpulan yang didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Anita Kelly, PhD, seorang professor dari University of Notre Dame. Penelitian ini mengikutsertakan 110 orang usia 18-71 tahun yang dibagi ke dalam 2 kelompok. Kelompok yang pertama diminta untuk tidak berbohong selama 10 minggu sementara kelompok lainnya diminta untuk menghitung berapa sering mereka berbohong dalam kurun waktu yang sama. Dalam kurun waktu tersebut setiap peserta penelitian diberikan pertanyaan mengenai kondisi hubungan antarmanusia yang mereka alami, kesehatan emosi dan kesehatan fisik. Terkait kesehatan fisik, para peserta ditanyakan mengenai keluhan sakit kepala atau sulit tidur.(Baca: 10 Petunjuk Pola Hidup Sehat) Setelah masa penelitian berakhir, maka disimpulkan bahwa kedua kelompok berbohong lebih sedikit dengan kelompok yang diminta untuk tidak berbohong melakukan kebohongan jauh lebih sedikit daripada kelompok lainnya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kelompok yang berbohong lebih sedikit juga ternyata mengalami keluhan kesehatan fisik lebih sedikit. (Baca: 4 Saran Dokter Cara Puasa Ngga Gampang Sakit) Secara med [...]

Mencegah Penurunan Payudara

Mencegah Penurunan Payudara

Payudara adalah salah satu bagian tubuh di wanita yang memberikan rasa percaya diri. Namun payudara wanita secara alami akan mengendur seiring dengan bertambahnya usia. Yang menjadi masalah adalah ketika banyak wanita muda yang mengalami pengenduran payudara dini yang seharusnya tidak terjadi pada masa tersebut. Hal yang dapat menyebabkan payudara mengendur adalah: Merokok Kelebihan berat badan Olahraga yang tidak memakai bra yang tepat Ukuran bra sehari-hari yang tidak tepat Berat badan naik dan turun dengan cepat Kehamilan yang besar Gaya gravitasi. Gaya tarik bumi dapat mempengaruhi payudara, jadi sangatlah penting untuk menggunakan bra yang menyediakan dukungan yang cukup pada payudara untuk menahan efek gravitasi. Bagaimana cara mencegah payudara turun dan kendur? Mencegah Penurunan Payudara Pencegahan terhadap pengenduran payudara lebih mudah daripada menangani masalah pengenduran payudara tersebut. Bagaimana cara untuk mencegah payudara mengendur, berikut tips yang dapat Anda pelajari: Ketahui ukuran payudara Anda. Sebanyak 80% wanita memakai ukuran bra yang salah. Jenis bra memang pilihan pribadi Anda, namun jik [...]

Mata Lelah Karena Layar Komputer: Computer Vision Syndrome

Mata Lelah Karena Layar Komputer: Computer Vision Syndrome

Di zaman yang semakin modern ini, memang sangat sulit untuk menghindari bekerja dengan menggunakan perangkat digital. Bekerja berjam-jam di depan layar digital memang sudah menjadi kehidupan sehari-hari masyarakat masa kini. Namun, sayangnya, aktivitas ini juga menciptakan konsekuensi baru bagi kesehatan mata kita. Mata menjadi tegang, lelah dan pegal karena harus menatap layar komputer terus-menerus. Masalah mata lelah yang disebabkan karena layar digital sering disebut dengan Computer Vision Syndrome (CVS). CVS ini bukan merupakan suatu masalah penglihatan yang spesifik, namun lebih kepada kumpulan gejala pada mata, mulai dari rasa pegal hingga sakit pada pengguna komputer secara khusus, atau perangkat digital lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa 50-90% pengguna komputer akan memiliki keluhan mata. Hal ini dapat terjadi pada anak-anak dan dewasa, terutama jika pencahayaan dan posisi komputer tidak ideal. Bagaimana layar komputer mempengaruhi penglihatan? Berikut penjelasannya: Bagaimana Layar Komputer Mempengaruhi Penglihatan? Computer vision syndrome sebenarnya sama dengan penyakit carpal tunnel syndrome (sindroma terowongan karpal) dan cedera jenis lainn [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *