Khasiat Buah Tomat

khasiat_tomat.jpg

DR. John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio dalam penelitian yang telah diterbitkan menyebutkan bahwa tomat berkhasiat untuk mengobati diare, serangan empedu,gangguan pencernaan dan memulihkan fungsi lever.

Peneliti lain dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, juga berhasil menemukan manfaat tomat lainnya.

Menurutnya, gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Hal ini juga diakui oleh dokter gizi, Dr. Leane Suniar Manurung, MSc. Melihat khasiat tomat begitu banyak, maka tomat baik dikonsumsi siapapun sejak usia dini. ?Apalagi tomat juga timggi kandungan vitamin C dan vitamin A, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.?

Tapi tomat seperti apa yang baik dikonsumsi? Jika melihat dipasaran, kita bisa menemukan tomat dengan dua warna, yakni warna merah dan hijau. Perbedaan warna ini menunjukan kandungan vitaminnya.

Klik next untuk melanjutkan.

Khasiat Buah Tomat

Menurut Leane, tomat yang baik dikonsumsi adalah tomat merah. Tomat berwarna merah mengandung vitamin C dan vitamin A lima kali lebih banyak dibandingkan dengan tomat hijau.

Semakin matang tomat, semakin kaya kandungan vitaminnya. ?Karena itu anak kecil sebaiknya dibiasakan banyak makan tomat merah.

Ini penting untuk kesehatan matanya,? ujar Leane. Jadi, tak pelu ragu memberi si kecil tomat. Sejak usia 6 bulan, seorang anak mulai dibiasakan memakan tomat yang dicampur dengan sayuran lainnya.

Dalam pigmen warna merah pada tomat, mempunyai nilai lebih lainnya.

Klik next untuk melanjutkan.

Khasiat Buah Tomat

Warna merah pada tomat lebih banyak mengandung lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet.

Selain itu, belakangan diketahui lycopene juga berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas. ?Memang lycopene tidak hanya ditemukan pada tomat, tetapi juga pada anggur merah, semangka dan pepaya.

Namun, lycopene yang paling banyak terdapat pada tomat.? terang Leane.

Untuk mendapat khasiatnya, terutama untuk orang dewasa, lanjut Leane tomat sebaiknya dimakan setiap pagi sebanyak satu atau dua buah. Rasa asam pada tomat berasal dari kandungan asam sitrat menyebabkan tomat terasa segar, sehingga dapat menambah nafsu makan.

Rasa asam ini sangat baik dokonsumsi saat kita mengalami mual atau dikonsumsi oleh para wanita yang mengalami PMS (Pre-Menstrual Syndrome). Jika tak kuat dengan rasa masamnya, terutama untuk yang yang memiliki penyakit maag, Leane tak menyarankan mengkonsumsinya walapun dalam bentuk jus yang sudah ditambah gula, sebab akan memperburuk kondisi penyakit.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jangan Lupakan Kesehatan Lidah

Jangan Lupakan Kesehatan Lidah

Lidah terdiri dari kumpulan otot yang memungkinkan manusia untuk bisa mengecap, menelan, serta berbicara. Begitu vitalnya peran organ ini menjadikannya sebagai organ dengan jaringan otot-otot yang terkuat. Lidah juga memiliki mukosa atau selaput merah muda sebagai bagian yang menyelimutinya dan papila atau tekstur kasar sebagai tempat berkumpulnya ribuan saraf pengecap berbagai rasa. Gaya hidup yang tidak sehat seperti lalai merawat kebersihan lidah, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, serta kebiasaan merokok dapat mengundang masalah pada lidah. Berikut adalah beberapa kondisi yang bisa menimpa lidah, serta apa saja langkah perawatan yang bisa dilakukan. Leukopakia Lidah berwarna putih bisa disebabkan leukopakia. Leukopakia terjadi akibat penumpukan sel dan protein yang disebut keratin pada permukaan lidah. Pada leukopakia, timbul bercak putih di lidah setelah mengalami iritasi. Penyebabnya berkaitan dengan kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan. Kondisi ini bisa berlangsung sementara maupun permanen. Langkah penangannya adalah dengan menyikat lidah secara perlahan dan minum banyak air putih. Namun jika kondisi ini menetap selama ber [...]

Gejala Awal Autisme pada Anak

Gejala Awal Autisme pada Anak

utisme memang tidak dapat dideteksi oleh pemeriksaan medis seperti misalnya pemeriksaan radiologi atau pemeriksaan laboratorium. Oleh karena itu sebagai orangtua, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda dini dari autisme. Berikut tanda-tanda awal dari autisme pada anak yang dapat dikenali, sesuai dengan rentang usianya: Umur 6 bulan Belum dapat mengekspresikan kesenangan atau kehangatan, tidak ada senyuman lebar Umur 9 bulan Tidak ada ekspresi wajah atau senyuman. Tidak ada pengeluaran suara-suara yang tidak jelas (seperti pada bayi seusianya yang mulai mengeluarkan suara namun tidak jelas). Mungkin tertawa sendiri tanpa alasan yang jelas. Umur 12 bulan Tidak merespon jika namanya dipanggil. Tidak ada gumaman-gumaman seperti bayi seusianya (semisal ?ba ba ba?). Tidak ada pergerakan berulang seperti menunjuk atau mengambil benda atau melambai. Sebagai contoh: ketika berbelanja, bukannya meminta atau menunjuk apa yang ia inginkan, anak Anda justru malah menaruh benda-benda di tangan Anda. Lalu bagaimana dengan usia 16 dan 24 bulan? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. Gejala Awal Autisme pada Anak Usia 16 bulan Tidak ada kata-kata. Anak Anda tidak da [...]

Kenali Penyebab & Cara Mencegah Perut Kembung

Kenali Penyebab & Cara Mencegah Perut Kembung

Hampir sebagian besar orang pernah merasakan perut kembung. Banyak yang percaya bahwa perut kembung diakibatkan karena masuk angin atau sakit maag. Lalu apa yang sebenarnya menyebabkan gas di perut berlebih?Penyebab dari perut kembung juga bisa bermacam-macam, seperti adanya reaksi kimia dari makanan tertentu yang dikonsumsi sehingga merangsang produksi gas berlebih di dalam usus, atau akibat gangguan pencernaan lain misalnya sindrom iritasi usus dan sembelit. Jika disebabkan oleh penyakit tertentu biasanya menimbulkan perut kembung yang kronis.Beberapa makanan bisa menyebabkan timbulnya gas berlebih seperti sayuran (kol, kubis, brokoli, kembang kol dan kacang polong), makanan yang mengandung serat tinggi, minuman berkarbonasi, makanan yang mengandung sorbitol serta fruktosa.Seperti dikutip dari MSN, makanan tersebut bisa menyebabkan gas berlebih karena tidak dipecah hingga makanan tersebut mencapai usus besar dan dicerna oleh bakteri. Proses ini menimbulkan lebih banyak gas dibandingkan proses pencernaan yang terjadi di usus kecil.Kelebihan gas di dalam usus dan berdiam diri di dalam saluran pencernaan memicu perut kembung. Padahal harusnya gas-gas ini dikeluarkan sehingga tida [...]

Inilah Berbagai Macam Cara Aborsi

Inilah Berbagai Macam Cara Aborsi

Anda kenal betul istilah aborsi, sayang tidak semua orang kenal istilah ini mengertinya dengan benar. Terhentinya proses kehamilan yang usianya di bawah 20 minggu oleh sebab apapun disebut dengan abortus. Abortus ini ada yang sifatnya diprovokasi atau memang terjadi spontan. Tidak semua abortus yang diprovokasi bersiat kriminal, karena beberapa abortus sengaja dilakukan atas dasar tujuan medis yang jelas, demi menyelamatkan nyawa ibu misalnya. Dewasa ini, kita harus prihatin melihatnya praktik-praktik aborsi bebas yang tidak bertanggung jawab merajarela dimana mana. Dan tidak sedikit antaranya praktik itu digawangi seseorang yang memang berprofesi sebagai dokter, menyedihkan bukan, padahal dalam sumpah kedokteran jelas tertulis seorang dokter harus menghargai kehidupan sejak pembuahan terjadi. Ironis. Abortus berdasarkan proses terjadinya kembali terbagi-bagi. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran: Beberapa Tipe Aborsi Abortus berdasarkan proses terjadinya kembali terbagi-bagi. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran: Abortus Iminens Pertama dikenal dengan nama abortus iminens, atau disebut juga ancaman abortus, artinya kehamilan [...]

7 Info Mudik Berkendara Sehat

7 Info Mudik Berkendara Sehat

Oleh: dr. Jessica Florencia Menjelang Idul Fitri, kesibukan untuk mempersiapkan hari Raya tentu semakin padat. Selain mempersiapkan makanan untuk silaturahmi di hari Raya, para perantau tentu juga mempersiapkan diri untuk pulang ke kampung halaman atau bermudik. Salah satu pilihan untuk bermudik adalah dengan mengendarai mobil sendiri. Mengendarai mobil sendiri dalam jangka waktu yang cukup panjang dapat menjadi berbahaya jika kesehatan fisik pengemudi tidak baik. Untuk itu, jika Anda ingin mengemudi, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Pastikan bahu, lengan serta kaki Anda dalam keadaan yang fit. Tidak terlalu pegal, tidak sedang nyeri atau kaku. Hal ini penting karena dalam mengendalikan setir kendaraan dibutuhkan kondisi otot, tulang dan persendian yang optimal. Apalagi untuk menyetir jarak jauh. Pastikan tidak ada masalah dengan penglihatan Anda. Penglihatan yang baik sangat diperlukan apalagi untuk menyetir di malam hari. Untuk itu pastikan penglihatan Anda tidak terganggu. Jika Anda menggunakan kacamata, pastikan bahwa ukuran koreksi penglihatan Anda sudah baik dan terbaru. Pastikan tidak ada masalah dengan pendengaran Anda.Pas [...]

Sebelum Mencoba Yoga, Pahami Dulu Sejarah Asal-Usulnya

Sebelum Mencoba Yoga, Pahami Dulu Sejarah Asal-Usulnya

Penelitian tentang yoga dilakukan lebih dari satu abad. Meski begitu masih banyak misteri yang belum terkuak tentang awal hadirnya yoga. Yang diketahui publik, yoga berasal dari India sekitar lima ribu tahun lalu.Sampai sekarang, banyak sarjana barat berpikir yoga berasal jauh sebelum itu, barangkali sekitar 500 Silam Masehi. Itu adalah masa Buddha Gautama, sang pendiri agama Buddha.Namun kemudian, di awal tahun 1920-an, para arkeolog mengejutkan dunia dengan penemuan yang disebut sebagai peradaban budaya Indus. Sebuah peradaban di atas lahan seluas 300 ribu mil persegi.Itu adalah peradaban terbesar di awal zaman kuno. Di bawah reruntuhan kota-kota besar Mohenjo Daro dan Harappa, mesin eskavator menemukan gambar ukiran tokoh menyerupai yogi pada cap batu.Banyak temuan lain yang menunjukkan keberlangsungan menakjubkan antara peradaban tersebut, dan kemudian antara masyarakat dan budaya Hindu.Tidak ada yang primitif dari peradaban yang saat ini disebut sebagai Indus-Sarasvati ini, dinamai dari dua sungai besar mengalir di India bagian Timur.Populasi Indus-Sarasvati adalah peradaban yang menikmati bangunan bertingkat, sistem pembuangan limbah modern yang tak bisa ditandingi mulai d [...]

4 Manfaat Kesehatan Yang Didapat Jika Tidur Bersama Suami

4 Manfaat Kesehatan Yang Didapat Jika Tidur Bersama Suami

Ada beberapa pasangan menikah yang ternyata tidak tidur bersama. Alasannya bisa bervariasi misalnya, karena kebiasaan mendengkur, ingin menonton televisi atau sering lembur kerja.Pasangan yang tidak tidur bersama dapat kehilangan banyak hal. Mulai dari ciuman, kedekatan fisik hingga manfaat kesehatan tubuh. Seperti yang dikutip dari iMom, berikut empat efek positif tidur bersama suami.1. Mengurangi StresMenurut laporan dari Wall Street Journal, tidur bersama pasangan yang memiliki hubungan sehat dapat menurunkan kadar kortisol. Seperti yang diketahui, kortisol biasa disebut sebagai hormon stres. Para peneliti dari University of Pittsburgh di Amerika meyakini bahwa tidur bersama suami bisa membantu menurunkan kadar hormon kortisol, yang kemudian mendorong rasa aman dan keselamatan2. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit JantungKenaikan kortisol dalam jangka panjang terkait dengan peningkatan sitokin--protein yang terlibat dalam peradangan yang bisa memicu penyakit jantung, depresi, dan gangguan auto-imun. Tidur bersama mempunyai efek protektif dengan menurunkan level dari protein tersebut.3. Meningkatkan Hormon CintaSelain itu, oksitosin atau yang biasa disebut hormon cinta, juga ik [...]

6 Pantangan Makanan Ibu Hamil

6 Pantangan Makanan Ibu Hamil

Wanita hamil harus benar-benar memperhatikan setiap jenis makanan dan obat-obatan yang dikonsumsi. Hal ini bertujuan untuk memastikan kebutuhan gizinya tercukupi dengan baik dan menghindari beberapa makanan yang dapat menyebabkan masalah pada janin. Penting untuk diingat bahwa setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil dapat mempengaruhi kesehatan dan perkembangan janin. Berikut ini adalah daftar makanan yang sebaiknya dihindari saat hamil: 1. Makanan mentah atau setengah matang Mengkonsumsi sushi, sashimi, daging mentah, sosis, daging cincang, kerang mentah, telur berisiko terkena toksoplasmosis. Toksoplasmosis merupakan infeksi yang disebabkan oleh parasit yang dapat ditemukan pada daging, tanah, tinja kucing, dan air yang tidak bersih. Toksplasmosis saat hamil dapat menyebabkan keguguran dan kelainan pada janin (hidrosefalus, kebutaan, tuli). Sedangkan telur mentah atau setengah matang dapat menyebabkan keracunan bakteri Salmonella Enteriditis, gejalanya berupa diare dan muntah. Mayones, mousse, tiramisu, es krim, dan beberapa jenis saus salad juga dibuat dari telur mentah. 2. Keju lunak Keju lunak dibuat dari keju yang tid [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *