Khasiat Buah Tomat

khasiat_tomat.jpg

DR. John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio dalam penelitian yang telah diterbitkan menyebutkan bahwa tomat berkhasiat untuk mengobati diare, serangan empedu,gangguan pencernaan dan memulihkan fungsi lever.

Peneliti lain dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, juga berhasil menemukan manfaat tomat lainnya.

Menurutnya, gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Hal ini juga diakui oleh dokter gizi, Dr. Leane Suniar Manurung, MSc. Melihat khasiat tomat begitu banyak, maka tomat baik dikonsumsi siapapun sejak usia dini. ?Apalagi tomat juga timggi kandungan vitamin C dan vitamin A, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.?

Tapi tomat seperti apa yang baik dikonsumsi? Jika melihat dipasaran, kita bisa menemukan tomat dengan dua warna, yakni warna merah dan hijau. Perbedaan warna ini menunjukan kandungan vitaminnya.

Klik next untuk melanjutkan.

Khasiat Buah Tomat

Menurut Leane, tomat yang baik dikonsumsi adalah tomat merah. Tomat berwarna merah mengandung vitamin C dan vitamin A lima kali lebih banyak dibandingkan dengan tomat hijau.

Semakin matang tomat, semakin kaya kandungan vitaminnya. ?Karena itu anak kecil sebaiknya dibiasakan banyak makan tomat merah.

Ini penting untuk kesehatan matanya,? ujar Leane. Jadi, tak pelu ragu memberi si kecil tomat. Sejak usia 6 bulan, seorang anak mulai dibiasakan memakan tomat yang dicampur dengan sayuran lainnya.

Dalam pigmen warna merah pada tomat, mempunyai nilai lebih lainnya.

Klik next untuk melanjutkan.

Khasiat Buah Tomat

Warna merah pada tomat lebih banyak mengandung lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet.

Selain itu, belakangan diketahui lycopene juga berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas. ?Memang lycopene tidak hanya ditemukan pada tomat, tetapi juga pada anggur merah, semangka dan pepaya.

Namun, lycopene yang paling banyak terdapat pada tomat.? terang Leane.

Untuk mendapat khasiatnya, terutama untuk orang dewasa, lanjut Leane tomat sebaiknya dimakan setiap pagi sebanyak satu atau dua buah. Rasa asam pada tomat berasal dari kandungan asam sitrat menyebabkan tomat terasa segar, sehingga dapat menambah nafsu makan.

Rasa asam ini sangat baik dokonsumsi saat kita mengalami mual atau dikonsumsi oleh para wanita yang mengalami PMS (Pre-Menstrual Syndrome). Jika tak kuat dengan rasa masamnya, terutama untuk yang yang memiliki penyakit maag, Leane tak menyarankan mengkonsumsinya walapun dalam bentuk jus yang sudah ditambah gula, sebab akan memperburuk kondisi penyakit.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hati-hati!  Bikini Waxing Bisa Berbahaya

Hati-hati! Bikini Waxing Bisa Berbahaya

Bikini waxing merupakan cara menghilangkan bulu dengan menggunakan lilin atau wax pada area bikini line. Proses bikini wax tidaklah lama, kurang dari dua jam Anda sudah bisa menghilangkan bulu-bulu yang dirasa mengganggu.Sayangnya, bikini waxing memiliki efek negatif. Seperti yang dikutip dari womenshealthmag, baru-baru ini kota New Jersey melarang adanya bikini wax setelah dua wanita dilaporkan masuk rumah sakit karenanya. Dan pada 2007, seorang wanita Australia yang mengidap diabetes 1, dilaporkan hampir meninggal akibat infeksi bakteri yang ia dapatkan setelah melakukan bikini waxing."Bulu kemaluan ada untuk sebuah alasan, melindungi kulit sensitif dan selaput lendir di daerah kelamin. Mencabut bulu dengan lilin dapat mengangkat lapisan perlindungan tersebut," ujar Linda K. Franks, asisten klinis profesor dermatologi di New York University School of Medicine.Selain itu, waxing juga dapat menarik potongan-potongan kecil lapisan kulit terluar, dan menciptakan sebuah portal yang dapat membuat bakteri masuk ke dalam tubuh. Terlebih lagi, proses ini juga menimbulkan peradangan, yang membuat bakteri terperangkan di bawah kulit. Bikini waxing dapat menciptakan risiko infeksi kulit, [...]

Hanya Pakai Lensa Kontak Ini, Wajah Bisa Terlihat Lebih Muda

Hanya Pakai Lensa Kontak Ini, Wajah Bisa Terlihat Lebih Muda

Lensa kontak kini tidak lagi berfungsi sebagai alat bantu penglihatan pengganti kacamata. Dalam perkembangannya, lensa kontak kini juga digunakan sebagai alat kosmetik yang mempercantik penampilan. Lensa kontak warna memang bisa mengubah tampilan wajah seseorang jadi berbeda secara instan. Kini, inovasi terbaru datang dari Acuvue. Brand ternama ini mengembangkan lensa kontak yang diklaim membuat pemakainya terlihat lebih muda dan menarik.Produk yang diberi nama Acuvue Define ini memiliki pigmen khusus di dalam lensa yang membantu menegaskan tampilan garis batas di sekitar iris. Garis tersebut dikenal dengan istilah cincin limbal. Seiring bertambahnya usia atau kondisi kesehatan yang kurang baik, cincin limbal perlahan-lahan bisa memudar. Jadi dengan mempertegas tampilan cincin limbal menggunakan lensa kontak, maka diyakini penampakan wajah pun tampak lebih muda dan sehat.Seperti dikutip dari Daily Mail, Angie Bowers selaku desainer produk menerangkan, "Cincin limbal sering juga disebut sebagai 'eyeliner alami'. Sejumlah studi menunjukkan wajah-wajah dengan cincin limbal yang terlihat jelas dinilai lebih menarik."Lensa kontak terdiri dari dua jensi yang diperuntukkan bagi warna m [...]

Jumlah Garam yang Aman Dikonsumsi Tubuh

Jumlah Garam yang Aman Dikonsumsi Tubuh

Selain berfungsi menambah rasa pada makanan, garam juga berguna untuk memaksimalkan kerja saraf dan otot. Namun, mengonsumsi secara berlebihan juga bisa memberikan dampak buruk. Lalu berapa jumlah garam yang aman dikonsumsi?Seperti yang dikutip Lifemojo, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi garam terlalu banyak berakibat buruk pada kesehatan. Salah satu di antaranya, kadar garam berlebih dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi (hipertensi) dan bagi para penderita osteoporosis dianjurkan untuk lebih sedikit saat mengonsumsi garam.Berdasarkan ukuran rata-rata manusia, orang dewasa membutuhkan paling banyak 4,2 gram dan minimal 1,5 gram per harinya. Sedangkan pemerintah mengimbau agar orang dewasa mengonsumsi 6 gram dan untuk anak-anak, kurang dari 6 gram.Tetapi pada kenyataannya, konsumsi garam rata-rata pada orang dewasa bisa mencapai dua kali lipatnya, 10 hingga 12 gram. Hal ini masih menjadi perdebatan bagi beberapa pihak, menurut organisasi pro-garam setiap tubuh yang sehat akan memproses garam yang dibutuhkan dan sisanya akan dibuang oleh ginjal.Untuk menghindari kelebihan garam dalam tubuh, biasakan untuk menghindari atau paling tidak mengontrol mak [...]

Efek Ganja Pada Kesehatan Mental

Efek Ganja Pada Kesehatan Mental

Oleh : dr. Andri,SpKJPsikiater Consultation-Liaison dan Psikosomatik Medis Anggota American Psychosomatic Society Anggota Academy of Psychosomatic Medicine Anggota European Association for Consulation Liaison Psychiatry and Psychosomatics Ganja secara pribadi saya kenal dalam buku-buku psikiatri umum dan buku psikiatri yang membahas khusus masalah penyalahgunaan zat adiktif. Keduanya sama-sama masuk golongan zat adiktif yang menimbulkan ketergantungan. Secara diagnostik, pemakaian kedua zat tersebut termasuk dalam diagnostik gangguan jiwa menurut DSM IV-TR (USA), ICD 10 (WHO) dan PPDGJ III (INDONESIA) yang bisa menimbulkan intoksikasi, reaksi putus zat dan ketergantungan. Ganja sebenarnya merupakan sebutan untuk Canabis (yang mengandung delta-9-tetrahidrocabinol/THC) dengan kekuatan menengah. Canabis/Marijuana yang paling murah dan potensinya lemah banyak digunakan di Amerika Serikat dengan nama Bhang. Kekuatan marijuana/canabis yang paling kuat adalah Chara yang banyak ditemukan di India. Marijuana sendiri sudah dikenal sejak lama bahkan sejak sebelum masehi dan terdapat dalam konpedium obat herbal cina yaitu the Herbal of Emperor Shen Nung tahun 2737 SM. Efek terhadap kesehatan [...]

Mengapa Sering Lelah Setelah Bangun Tidur?

Mengapa Sering Lelah Setelah Bangun Tidur?

Banyak anggapan yang mengatakan bahwa tidur selama 6-8 jam akan membuat tubuh lebih segar. Tapi tak jarang setelah bangun, kita masih merasa mengantuk dan lelah. Sebenarnya berapa lama waktu tidur yang benar-benar dibutuhkan?Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa rata-rata membutuhkan waktu tidur, enam hingga delapan jam. Tetapi masalah lelah dan masih mengantuk setelah bangun tidur tidak terletak pada jumlah jam.Seperti yang dikutip dari Times of India, rasa lelah tersebut terkait dengan kapan dan bagaimana Anda tidur. Spesialis masalah tidur dan insomnia, Dr Deshmukh mengatakan, "Otak memiliki jadwal tidur dan bangun. Ketika jam itu terganggu, Anda akan merasa lelah dan sering mengantuk."Tidur yang berkualitas sangatlah penting karena dapat mengembalikan pasokan energi yang telah habis digunakan sehari-hari. Saat tidur tubuh melakukan perbaikan dalam tubuh. Jika tidak tidur dengan baik, hasilnya adalah iritasi dan kurang konsentrasi."Tidur berkualitas sangat penting. Jika Anda bermimpi mengenai hal-hal yang menakutkan, tidur Anda pasti jadi terganggu. Hindari tidur dengan pikiran yang berantakan. Mulai sekarang biasakan untuk tidur teratur," saran Dr Deshmukh.Untuk dapatkan [...]

Pola Makan untuk Pekerja Kantoran agar Tetap Sehat dan Berenergi

Pola Makan untuk Pekerja Kantoran agar Tetap Sehat dan Berenergi

Ketika sedang bekerja di kantor seringkali kita hanya makan seadanya atau bahkan mengabaikan waktu makan. Sehingga banyak pekerja yang kekurangan energi, badan menjadi lesu, tetapi berat badan malah naik. Bila itu terjadi, sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips di bawah ini agar dapat tetap sehat dengan mendapat asupan makanan yang sesuai. Yang terpenting adalah jangan sampai Anda merasa telalu lapar. Cegah rasa lapar itu dengan cara-cara berikut :Pagi HariSetelah bangun tidur pada pagi hari, sebaiknya Anda memakan sesuatu untuk menjaga metabolisme tubuh. Buah dan kacang-kacangan seperti almond, biji bunga matahari, dan kenari dapat menjadi pilihan yang sehat karena kacang-kacangan memiliki kandungan serat, lemak sehat, dan protein yang baik untuk tubuh.SarapanSeringkali kita terburu-buru untuk berangkat ke kantor sehingga lupa untuk sarapan. Padahal makan pagi wajib dilakukan untuk dapat menjaga kadar gula dalam tubuh tetap stabil serta membuat tubuh serta otak bekerja lebih efektif. Konsumsi makanan yang praktis namun sehat seperti telur rebus dan jeruk atau roti dengan selai kacang untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein tubuh.Atur konsumsi teh dan kopiKafein terlalu [...]

Apa Penyebab Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Apa Penyebab Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Anda sudah melahirkan, tapi kedua kaki masih terasa bengkak dan ukuran sepatu tidak kunjung kembali seperti semula? Apakah kondisi ini berbahaya? Kaki bengkak atau edema tungkai ini sebenarnya adalah hal yang normal dan umumnya akan mereda dalam waktu kurang lebih 10 hari. Mengapa Dapat Terjadi Kaki Bengkak? Kaki bengkak disebabkan oleh adanya beberapa perubahan dalam tubuh oleh karena proses kehamilan dan kelahiran, antara lain: Penumpukan cairan di dalam tubuh Pada saat kehamilan, tubuh memproduksi lebih banyak hormone estrogen dan progesteron. Peningkatan hormon ini dapat menyebabkan retensi atau penumpukan cairan di tubuh, termasuk pada tungkai. Rahim yang membesar Rahim yang kian membesar dapat menekan pembuluh vena di kaki sehingga aliran darah balik dari bagian-bagian bawah tubuh menjadi terhambat. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa terjadi penumpukan cairan di tungkai pada saat kehamilan. Setelah melahirkan, rahim mendorong darah ke bagian bawah tubuh. Akibatnya perlu beberapa hari setelah persalinan untuk pembengkakan pada kaki mereda. Cairan infus Selama proses persalinan, terutama jika menjalani caesar, Anda barangkali juga menerima cairan infus sehingga jumla [...]

4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol

4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol

? Hasil pemeriksaan kesehatan menyebutkan Anda memiliki masalah kolesterol? Pastinya kemudian akan terpikirkan bagaimana cara untuk menjaga makan. Simak empat makanan berikut ini yang dapat membantu usaha Anda menyusun menu diet menurunkan kolesterol Anda. 1. Oatmeal dan makanan tinggi serat Oatmeal mengandung seratyang mudah dicerna yang dapat membantu menurunkan LDL atau kolesterol ?jahat?. Serat yang mudah dicerna ini juga dapat ditemukan pada apel, pir dan buah prune. Makanan yang tinggi serat dapat menurunkan penyerapan kolesterol ke dalam peredaran darah. Dengan mengonsumsi 5 hingga 10gram serat sehari maka dapat membantu menurunkan kolesterol total dan LDL Anda. Klik next untuk tahu berbagai makanan lainnya. 4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol 2. Ikan dan asam lemak omega 3 Mengkonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penimbunan plak yang dapat berujung pada serangan jantung, stroke dan kematian.American Heart Association merekomendasikan untuk mengkonsumsi setidaknya 2 porsi ikan dalam satu minggu. Asam lemak omega 3 tertinggi dapat ditemukan pada ikan: Mackarel Sarden Salmon Tuna Nam [...]

Bahaya Penyakit dari Kucing

Bahaya Penyakit dari Kucing

Dewasa ini, tidak hanya anjing yang sering dipelihara orang, kucing pun begitu digemari dengan segala tingkah lugunya. Mereka yang menggemari kucing, biasanya tidak menyukai anjing, dan begitu juga sebaliknya. Tidak ada yang salah dalam memelihara binatang, apapun itu jenisnya, tetapi ada hal-hal; yang harus kita ketahui supaya hewan peliharaan kita tidak merugikan kita, dengan menimbulkan penyakit misalnya. Kucing yang Menggemaskan, Toksoplasma yang Mencemaskan Toksoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit yang hidup di dalam tubuh kucing. Jika kita tidak hati-hati saat membersihkan kotoran kucing, bisa saja parasit ini masuk ke dalam tubuh kita dan menjadi sumber infeksi. Apa saja gejala dari penyakit tersebut? Berikut paparannya: Bahaya Penyakit dari Kucing Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti sakit kepala, demam, dan nyeri pada otot, Anda perlu waspada dan memeriksakan diri ke dokter, mungkin saja Anda baru tertular. Jika Anda memiliki sistem imun yang baik, Anda tidak perlu terlalu kuatir, tetapi lain halnya jika sistem imun Anda menurun, atau mungkin Anda sedang hamil, segeralah hubungi dokter, karena infeksi ini akan membahayakan ja [...]

Jantung Bocor Terjadi Pada Semua Orang

Jantung Bocor Terjadi Pada Semua Orang

Jantung bocor atau adanya lubang di jantung, sering kali tidak terdeteksi karena jarang sekali menimbulkan tanda atau gejala khusus. Kondisi ini bisa terjadi pada semua orang tanpa disadari. Pada orang dewasa, jantung bocor sering kali terjadi karena salah satu katup tidak dapat tertutup. Sedangkan pada anak-anak atau bayi, kasus jantung bocor bisa disebabkan karena lubang antara serambi kiri dan kanan tidak tertutup sempurna, walaupun ada juga anak-anak yang memiliki gangguan pada katup jantung. Regurgitasi katup Jantung manusia memiliki empat katup, yaitu katup trikuspid, pulmonal, mitral, dan aorta. Jaringan khusus di dalam jantung ini berfungsi mengatur aliran darah dari satu bagian ke bagian lain. Tiap katup terdiri dari dua atau tiga kelopak yang bisa membuka dan menutup. Kelopak katup akan terbuka saat darah dipompa di antara ruang jantung atau dipompa ke tempat lain, dan menutup untuk mencegah darah kembali ke jantung. Namun ada kalanya katup jantung ini tidak tertutup dengan sempurna. Akibatnya, aliran darah yang seharusnya sudah berpindah ke tempat lain justru kembali ke dalam jantung. Inilah yang disebut dengan katup jantung bocor atau regurgitasi katup. Katup jantung [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *