Khasiat Buah Tomat

khasiat_tomat.jpg

DR. John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio dalam penelitian yang telah diterbitkan menyebutkan bahwa tomat berkhasiat untuk mengobati diare, serangan empedu,gangguan pencernaan dan memulihkan fungsi lever.

Peneliti lain dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, juga berhasil menemukan manfaat tomat lainnya.

Menurutnya, gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Hal ini juga diakui oleh dokter gizi, Dr. Leane Suniar Manurung, MSc. Melihat khasiat tomat begitu banyak, maka tomat baik dikonsumsi siapapun sejak usia dini. ?Apalagi tomat juga timggi kandungan vitamin C dan vitamin A, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.?

Tapi tomat seperti apa yang baik dikonsumsi? Jika melihat dipasaran, kita bisa menemukan tomat dengan dua warna, yakni warna merah dan hijau. Perbedaan warna ini menunjukan kandungan vitaminnya.

Klik next untuk melanjutkan.

Khasiat Buah Tomat

Menurut Leane, tomat yang baik dikonsumsi adalah tomat merah. Tomat berwarna merah mengandung vitamin C dan vitamin A lima kali lebih banyak dibandingkan dengan tomat hijau.

Semakin matang tomat, semakin kaya kandungan vitaminnya. ?Karena itu anak kecil sebaiknya dibiasakan banyak makan tomat merah.

Ini penting untuk kesehatan matanya,? ujar Leane. Jadi, tak pelu ragu memberi si kecil tomat. Sejak usia 6 bulan, seorang anak mulai dibiasakan memakan tomat yang dicampur dengan sayuran lainnya.

Dalam pigmen warna merah pada tomat, mempunyai nilai lebih lainnya.

Klik next untuk melanjutkan.

Khasiat Buah Tomat

Warna merah pada tomat lebih banyak mengandung lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet.

Selain itu, belakangan diketahui lycopene juga berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas. ?Memang lycopene tidak hanya ditemukan pada tomat, tetapi juga pada anggur merah, semangka dan pepaya.

Namun, lycopene yang paling banyak terdapat pada tomat.? terang Leane.

Untuk mendapat khasiatnya, terutama untuk orang dewasa, lanjut Leane tomat sebaiknya dimakan setiap pagi sebanyak satu atau dua buah. Rasa asam pada tomat berasal dari kandungan asam sitrat menyebabkan tomat terasa segar, sehingga dapat menambah nafsu makan.

Rasa asam ini sangat baik dokonsumsi saat kita mengalami mual atau dikonsumsi oleh para wanita yang mengalami PMS (Pre-Menstrual Syndrome). Jika tak kuat dengan rasa masamnya, terutama untuk yang yang memiliki penyakit maag, Leane tak menyarankan mengkonsumsinya walapun dalam bentuk jus yang sudah ditambah gula, sebab akan memperburuk kondisi penyakit.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mudah Panik? Olahragalah

Mudah Panik? Olahragalah

Anda mudah stres? Sering mengalami kepanikan atas dasar masalah sepele? Berolahragalah. Temuan terakhir menunjukkan bahwa tingkat tinggi dalam aktivitas fisik secara teratur dapat menjadi hal yang berguna untuk mencegah kepanikan dan gangguan lain yang terkait. Salah satu cara menyalurkan aktivitas fisik teratur adalah dengan berolahraga. ?Orang yang memiliki kepanikan tinggi akan merasakan mual, jantung berdebar kencang, sakit perut, dan sesak nafas. Hal ini dekenal sebagai 'sensitivitas kecemasan tinggi'. Kepanikan dan kecemasan akan bereaksi dan merangsang otak setelah terlibat dalam tingkat aktivitas fisik yang jarang mereka alami,? kata seorang peneliti dari Southern Methodist University di Dallas. Studi ini juga menunjukkan bahwa faktor risiko kepanikan semacam ini mungkin akan tidak berpengaruh pada orang-orang yang secara rutin terlibat dalam tingginya tingkat aktivitas fisik. Olahraga teratur adalah alternatif dan strategi untuk mengobati kepanikan atau kecemasan. ?Sudah banyak bukti yang baik, bahwa olahraga dapat membantu orang-orang yang menderita masalah depresi dan kecemasan,? kata penelitian. Lanjutnya, ?kami tidak menyarankan latihan farmakoterapi atau psikoterapi d [...]

Alasan Mengapa Mata Terus Berair & Cara Mengatasinya

Alasan Mengapa Mata Terus Berair & Cara Mengatasinya

Mata berair bukanlah masalah yang serius. Namun jika terus menerus terjadi tentunya akan membuat seseorang menjadi jengkel dan dapat menghambat aktivitasnya. Peran utama dari air mata adalah menjaga kelembaban mata serta membersihkan mata dari segala benda asing yang masuk ke dalam mata. Kondisi mata yang berair bisa menyerang siapa saja termasuk bayi yang masih kecil dan dapat terjadi pada salah satu mata saja atau keduanya.Masalah mata berair lebih sering berkembang jika seseorang terkena sindrom mata kering. Karena jika mata kering, maka secara refleks mata akan menghasilkan lebih banyak air mata. Selain itu mata berair juga bisa disebabkan oleh adanya masalah pada sistem aliran air mata.Seperti dikutip dari detikhealth, secara normal air mata akan mengalir di bawah kelopak mata dan turun melewati bagian hidung. Namun, jika sistem aliran ini terhambat oleh sesuatu, maka akan menyebabkan air mata menumpuk sehingga mata terus berair.Namun mata berair juga bisa disebabkan adanya masalah di kelopak mata akibat infeksi oleh debu, asap, bahan kimia atau alergen lain. Gejala yang menyertai kondisi mata berair bisa apa aja, termasuk penglihatan yang kabur, iritasi pada kelopak mata, [...]

Apakah Mi Instan Baik Untuk Kesehatan?

Apakah Mi Instan Baik Untuk Kesehatan?

Siapa tidak kenal mi instan? Makanan ekonomis yang mudah dan cepat dibuat serta memiliki variasi rasa yang luas. Di kala waktu terbatas dan sibuk atau sore-sore saat hujan atau menemani nonton bola di malam hari, sajian mi instan seringkali memang tidak tergantikan. Dan yang pasti, konsumsi mi instan memang membuat kangen dimana pun kita berada. Karena makanan ini termasuk makanan yang cukup banyak dan rutin dikonsumsi luas serta sudah mendapat tempat di hati kita semua, maka sudah seharusnya kita semua mengetahui konsekuensi kesehatan yang mungkin terjadi ketika mengkonsumsi mi instan. Berikut ini penjelasan selengkapnya: 1. Menyebabkan Ketidakseimbangan Nutrisi Suatu penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi mi instan membuat seseorang mengalami peningkatan yang signifikan untuk zat nutrisi berikut ini: vitamin B1 vitamin B2 kalori lemak garam Namun dilain sisi, ada beberapa zat nutrisi lainnya yang signifikan lebih rendah dibandingkan zat-zat nutrisi diatas dibandingkan pada orang yang tidak mengkonsumsi mi instan, diantaranya: protein kalsium fosfor zat besi kalium vitamin A vitamin B3 vitamin C 2. Memicu GERD (Gastro Oeso [...]

Yang Dialami Ketika Menjalani Operasi Katarak

Yang Dialami Ketika Menjalani Operasi Katarak

Katarak merupakan kondisi medis yang kerap terjadi seiring penuaan. Operasi katarak diperlukan jika kondisi katarak terlihat cukup signifikan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Bagaimana prosedur operasi katarak? Katarak adalah kekeruhan yang terjadi pada lensa mata. Normalnya, lensa mata berupa struktur jernih dan tembus pandang. Pada penderita katarak, lensa yang keruh akan menimbulkan gangguan penglihatan seperti berikut. Penglihatan buram atau berkabut. Sensitif terhadap cahaya. Terkadang ketika melihat lampu seperti ada lingkaran cahaya (halo). Ketika melihat dengan satu mata, benda dapat terlihat ganda. Saat melihat, warna benda dapat terlihat seperi kekuningan atau kecoklatan. Lama-kelamaan penderita katarak akan sulit membedakan warna biru dan ungu. Gangguan penglihatan ini bisa berangsur-angsur memburuk, sehingga dapat sering berganti-ganti kacamata. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti mengapa katarak bisa terbentuk. Penuaan adalah salah satu faktor resiko. Katarak akibat proses penuaan disebut katarak senilis. Tidak hanya terjadi pada orang lanjut usia, walaupun jarang, katarak juga bisa terjadi pada anak-anak atau bayi yang baru lahir. Penyebabnya antara [...]

Trauma Masa Kecil Jadi Penyebab Timbulnya Selulit pada Wanita?

Trauma Masa Kecil Jadi Penyebab Timbulnya Selulit pada Wanita?

Selulit merupakan masalah kulit yang dialami hampir semua wanita. Menurut penelitian, 80 persen wanita memiliki penampakan 'kulit jeruk' ini, tak terkecuali selebriti seperti Kim Kardashian dan Sienna Miller.Berbagai produk pun diluncurkan dan cara-cara ekstrim dilakukan untuk mengatasi selulit. Mulai dari olahraga, diet detoks, koyo green tea, lotion, gel hingga pakaian yang diklaim bisa menghilangkan selulit. Tapi menurut seorang psikolog, selulit bisa dihilangkan tanpa semua produk yang disebutkan tadi.Psikolog asal Venezuela, Martha Sanchez Navarro mengklaim, masalah kulit yang umumnya dialami wanita usia 30an ke atas ini bisa diatasi dengan terapi konsultasi. Ia yakin selulit lebih banyak disebabkan oleh trauma masa kecil, bukan karena latihan yang tidak tepat atau sirkulasi darah tidak lancar.Martha mengatakan bahwa emosi yang datangnya dari dalam bisa keluar lewat gejala fisik yang bisa terlihat secara kasat mata. Stres yang dialami seseorang di masa kanak-kanak, misalnya terlalu banyak aturan dari orangtua yang harus dituruti, bisa menumpulkan kreativitas dan menyebabkan timbulnya selulit ketika dewasa nanti.Pendapat Martha mungkin terdengar tidak masuk akal, namun ia bu [...]

Episiotomi untuk Keselamatan Bayi

Episiotomi untuk Keselamatan Bayi

Episiotomi dulunya adalah bagian tidak terpisahkan dari proses persalinan. Namun hari ini prosedur tersebut hanya direkomendasikan untuk kasus-kasus tertentu. Episiotomi adalah sayatan pada bagian di antara jalan lahir bayi dan anus atau disebut perineum. Sebelumnya, proses ini dianggap bermanfaat mencegah melebarnya robekan vagina pada persalinan. Episiotomi juga dulu dianggap menjaga agar kandung kemih dan rektum ibu tetap berada di tempatnya setelah bayi lahir. Akan tetapi kini penelitian membuktikan bahwa manfaat tersebut tidak terbukti. Kenapa Perlu Episiotomi? Kini episiotomi dijalankan pada sekitar 1 dari 7 wanita dalam proses persalinan dengan tujuan agar jalan lahir bayi keluar menjadi lebih lebar, sehingga bayi dapat keluar dengan lebih cepat. Prosedur ini hanya akan diterapkan pada kondisi-kondisi tertentu, yaitu: Gawat janin (foetal distress), yaitu jika bayi tidak mendapat cukup oksigen dan harus segera dikeluarkan agar terhindar dari risiko lahir dalam keadaan meninggal atau cacat. Kondisi ini ditandai dengan peningkatan atau penurunan detak jantung bayi secara drastis. Jika operasi caesar tidak dapat dijalani karena kepala bayi sudah bergerak turun ke jalan lahir [...]

Ini Makanan yang Porsinya Perlu Ditambah Agar Tak Cepat Lapar Saat Puasa

Ini Makanan yang Porsinya Perlu Ditambah Agar Tak Cepat Lapar Saat Puasa

Makan sahur sangat penting agar tubuh tidak lemas dan kuat berpuasa lebih dari 12 jam lamanya. Makanan yang dikonsumsi saat sahur pun haruslah lengkap kandungan nutrisinya, tapi dalam jumlah yang cukup alias tidak berlebihan.Elemen nutrisi harus terpenuhi mulai dari karbohidrat, protein, serat juga vitamin dan dalam jumlah yang seimbang. Dokter gizi Johannes Chandrawinata, SpKG menjelaskan, dalam satu piring berukuran sedang harus terdapat sedikitnya 1/4 karbohidrat dari nasi putih atau nasi merah, 1/4 protein, 2/3 sayur dan satu butir buah.Saat sahur, jumlah protein bisa diperbanyak agar perut terasa kenyang dan energi juga bertahan lebih lama. Misalnya saja Anda sudah makan satu potong dada ayam sebagai lauk, maka bisa menambah protein dengan sebutir telur rebus, bisa juga sepotong tahu atau tempe. Dokter yang berpraktik di Melinda Hospital, Bandung ini mengatakan bahwa protein cenderung lambat dicerna tubuh."Protein membuat kenyang terasa lebih lama dibandingkan karbohidrat. Itu bantu kurangi rasa lapar," ujarnya saat diwawancara Wolipop melalui telepon, Kamis (10/7/2014).Sebagai tambahan energi, dokter Johannes juga menyarankan untuk minum susu sesaat sebelum waktu imsak. Su [...]

5 Fakta vs Mitos Seputar Diet

5 Fakta vs Mitos Seputar Diet

Tubuh langsing dan sehat merupakan impian banyak orang. Namun perlu Anda ketahui bahwa tujuan yang seharusnya Anda capai bukanlah sekedar penampilan yang baik, namun juga tubuh yang sehat. Banyak cara untuk membuat tubuh sehat, salah satunya adalah menjaga berat badan ideal. Salah satu cara untuk mendapatkan berat badan ideal adalah dengan melakukan diet. Namun ada beberapa mitos seputar diet yang perlu Anda ketahui. Yuk, kita simak satu per satu. 1. Mitos: Minum air dingin bikin gemuk Fakta: Salah. Suhu sebuah minuman, baik itu hangat atau dingin tidaklah berhubungan dengan kegemukan seorang. Yang paling penting Anda perhatikan adalah kandungan kalori dalam minuman tersebut. Tentu minuman bersoda memiliki lebih banyak kalori dibandingkan air putih. Mitos #1: Minum air dingin bikin gemuk Fakta: Salah. Suhu sebuah minuman, baik itu hangat atau dingin tidaklah berhubungan dengan kegemukan seorang. Hal yang paling penting Anda perhatikan adalah kandungan kalori dalam minuman tersebut. Meskipun ada anggapan air dingin akan menyulitkan pencernaan lemak di perut Anda, hal yang paling berperan dalam minuman yang dapat membuat Anda lebih gemuk adalah kandungan kalori [...]

Tujuh Makanan Bergizi Pencegah Stress

Tujuh Makanan Bergizi Pencegah Stress

Menurut data World Health Organization (WHO), masalah gangguan kesehatan jiwa di seluruh dunia memang sudah menjadi masalah yang sangat serius. WHO (2001) menyataan, palig tidak, ada satu dari empat orang di dunia mengalami masalah mental. WHO memperkirakan ada sekitar 450 juta orang di dunia yang mengalami gangguan kesehatan jiwa. Stress kian meningkat dalam masyarakat di era modern. Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya perang, konflik, lilitan krisis ekonomi berkepanjangan. Stress yang berkepsanjangan dapat menyebabkan gangguan kejiwaan. Tentunya stress dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, karena pasokanan makanan yang jauh dari sehat dan bergizi hanya akan mengancam seseorang dari resiko obesitas. Menurut pakar nutrisi, David Zinczenko, tubuh meminta pasokan kalori secara alami ketika kita mengalami stress. Pasokan kalori itu sengaja dipersiapkan tubuh untuk menghadapi tekanan yang dialami seseorang. Adapun jenis-jenis makanan sehat dan bergizi yang direkomendasikan Zinczenko untuk mencegah seseorang dari stres: Beberapa Makanan Pencegah Stres: Adapun jenis-jenis makanan sehat dan bergizi yang direkomendasikan Zinczenko untuk [...]

Mewaspadai Menstruasi yang Tidak Normal

Mewaspadai Menstruasi yang Tidak Normal

Sehat tidaknya kondisi datang bulan dapat menjadi indikasi apakah sistem reproduksi Anda bekerja dengan baik atau tidak. Umumnya periode menstruasi wanita adalah 3-5 hari, sementara siklusnya berlangsung selama 28 hari. Namun masa menstruasi yang dialami tiap wanita memiliki karakteristik masing-masing, sehingga sulit untuk menentukan mana yang normal dan mana yang tidak. Beberapa wanita memang biasa mengalami periode menstruasi yang sangat singkat, sementara yang lain lebih panjang. Volume menstruasi beberapa wanita banyak, sementara yang lain lebih sedikit. Akan tetapi ada beberapa kondisi yang perlu diwaspadai karena dapat menjadi indikasi adanya masalah kesehatan.Mewaspadai Kondisi Tertentu Mendeteksi adanya perubahan tertentu di masa menstruasi dapat mengindikasikan kemungkinan gangguan pada organ reproduksi. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan perubahan yang dapat terjadi. Jika volume menstruasi Anda lebih banyak dari biasanya Umumnya wanita mengeluarkan volume menstruasi rata-rata 30-40 ml sebulan pada masa menstruasi. Namun beberapa wanita mengeluarkan hingga lebih dari 60 ml sebulan. Kondisi ini disebut menoragia. Jika Anda sampai perlu mengganti pembalut hampir tia [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *