Khasiat Rutin Minum Jamu, Turunkan Kolesterol Hingga Mencerahkan Kulit

kunyitjamu.jpg

Jamu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh pewaris bisnis kosmetik Martha Tilaar Group (MTG), Wulan Tilaar.

Lahir dari keluarga yang gemar mengonsumsi jamu, Wulan mengaku turut mengikuti jejak sang bunda, Martha Tilaar yang gemar mengonsumsi ramuan tradisional tersebut. Dalam keseharian, wanita 37 tahun itu mengaku rutin mengonsumsi jamu demi kebugaran tubuh dan kecantikan kulit.

Menurutnya, jamu penting untuk wanita terutama terkait akan siklus haid. Setiap menstruasi ia selalu mengonsumsi jamu untuk melancarkan dan menghilangkan bau tidak sedap. Tak hanya itu, jamu juga dipercaya Wulan dapat membantu menyeimbangkan hormon.

“Bisa dibilang saya lahir dari jamu. Jamu berasal dari alam dan pastinya akan lebih aman untuk tubuh terutama berpengaruh terhadap hormonal daripada harus minum obat atau suplemen lainnya,” ujar Wulan saat berbincang dengan Wolipop di Roemah Martha Tilaar, Gombong, Jawa Tengah, Sabtu (19/9/2015).

“Secara pribadi saya percaya khasiat jamu. Setiap menstruasi selalu rutin minum kunyit asam yang dapat melancarkan dan menghilangkan bau. Dan saya biasa juga minum jamu untuk menghilangkan kolesterol sesuai ramuan ibu,” tambah Wulan.

Ramuan seperti apa yang dibuat Wulan untuk kolesterol? Wanita lulusan College of Mount. St Joseph, Amerika, itu menyarankan agar menggunakan campuran rebusan daun salam dalam jumlah yang ganjil dan laos lalu ditumbuk utuh tidak sampai benar-benar hancur. Setelah itu direbus dan diminum airnya setiap malam sebelum tidur. Cara ini menurut Wulan tak hanya membantu mengurangi rasa sakit karena kolesterol tapi juga menyegarkan tubuh.

Wulan juga percaya bahwa jamu bisa mencerahkan kulit. Maka dari itu, minum jamu secara teratur dapat menjaga kecantikan. “Coba minum jamu yang bisa memperlancar aliran darah itu kan juga bisa mencerahkan kulit,” jelasnya kemudian.

Dalam rangkaian acara hari jadi Martha Tilaar Group ke-45, di Gombong, Wulan bersama rombongan juga mengunjungi Desa Wero yang merupakan tempat pembuatan jamu organik yang dibina oleh tim Martha Tilaar. Beragam ramuan rempah-rempah diolah sedemikan rupa. Tidak hanya menjadi minuman jamu, namun juga diolah menjadi puding jamu.

Olahan tersebut sangat cocok bagi Anda yang tidak suka dengan rasa jamu asli. Meski sudah diolah menjadi bentuk yang berbeda, puding jamu diklaim tetap memiliki khasiat yang sama seperti minum jamu asli.

“Puding jamu sama khasiatnya hanya dicampur agar-agar supaya lebih manis jadi yang nggak suka jamu tetap bisa minum. Tapi kalau mau lebih maksimal ya pasti lebih bagus langsung diminum,” jelas Nita, selaku salah satu pembuat jamu di Desa Wero, Gombong, Jawa Tengah.

Selain berbentuk puding ada juga yang berupa jus herbal dengan kandungan jamu. Jus herbal tersebut memiliki rasa yang manis dan segar karena dibuat dari buah-buahan seperti apel dan nanas, lalu dicampur dengan bahan yang biasa diolah sebagai jamu seperti rosela atau remujung. Jus herbal tersebut diklaim bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati ketombe, gangguan haid, dan beberapa penyakit lainnya.

Nita menambahkan, bila ingin membantu mempercantik kulit, wortel juga membuat kulit lebih lembut dan indah. Ketika dicampur dengan jamu, wortel juga memberikan rasa yang lebih nikmat saat dicampur dengan bahan jamu lainnya.

(aln/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sabun Cair Vs Batang, Lebih Baik Mana untuk Kesehatan Kulit?

Sabun Cair Vs Batang, Lebih Baik Mana untuk Kesehatan Kulit?

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Begitu pula ketika memilih sabun mandi, ada yang lebih nyaman menggunakan sabun cair dan beberapa masih lebih menyukai memakai sabun batang. Sebenarnya mana yang lebih baik, sabun cair atau batang?Menurut dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RSCM, dr Atika, sabun cari dan batang memiliki fungsi yang sama. Kedua jenis sabun memiliki kandungan serupa hanya soal kenyamanan saja."Keduanya mempunyai fungsi yang sama hanya bagaimana kenyamanan setiap orang, kan ada yang sukanya pakai sabun cari tapi ada juga yang lebih suka pakai batangan. Jadi tergantung selera, berganti sabun pun nggak masalah," tutur Atika saat berbincang di acara Lifebuoy, Kembang Goela, Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2015).Hal yang sama juga dipaparkan oleh Senior Brand Manager Lifebuoy, Indriani. Indri mengatakan sabun cair dan batang memang memiliki kandungan yang sama namun kenyamanannya berbeda. Indri mengklaim bahwa dengan memakai sabun cair, kulit terasa lebih segar dan memberikan ketenangan. Berbeda dengan sabun batangan yang hanya membersihkan saja. Meski demikian, pilihan tetap jatuh pada keputusan masing-masing."Mungkin kalau sa [...]

Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Sakit Kepala Sebelah

Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Sakit Kepala Sebelah

Sakit kepala sebelah atau migrain biasanya disebabkan oleh stres, kurang tidur, sinusitis atau adanya penyakit serius di kepala jika sakitnya terasa hebat dan menusuk. Namun ada hal yang kelihatannya sepele dan kurang diperhatikan, yang juga jadi penyebab migrain. Pakar diet Dr Sunita Dube mengatakan, kebiasaan makan yang tidak sehat juga bisa mengakibatkan sakit kepala sebelah. "Selain stres, makanan dan minuman juga jadi 30 persen penyebab migrain," ujarnya, seperti dikutip dari Times Of India.Lalu makanan seperti apa yang bisa memicu terjadinya migrain? Untuk mencegah migrain, sebaiknya hindari makanan yang tinggi kandungan tyramine. Tyramine merupakan jenis asam amino yang bisa memicu sakit kepala karena mengurangi tingkat serotonin di dalam tubuh dan bisa mempersempit pembuluh darah. Ini beberapa makanan mengandung tyramine, yang perlu dikurangi atau dihindari konsumsinya.1. Minuman BeralkoholMinuman beralkohol seperti red wine, white wine dan bir mengandung cukup banyak tyramine dan phenol yang bisa memicu migrain. Pada sebagian orang, minum alkohol bisa menyebabkan sakit kepala sebelah yang cukup menusuk. Whiskey dan vodka pun bisa mengurangi kadar serotonin, yaitu hormon [...]

Hati-Hati, Asma Bisa Menyebabkan Kematian

Hati-Hati, Asma Bisa Menyebabkan Kematian

Banyak orang berpikir bahwa asma adalah gangguan pernafasan ringan dimana pasien hanya mengeluh perasaan sesak ringan. Namun perlu Anda ketahui bahwa serangan asma berat dapat mengancam nyawa. Jadi mari kita kenali lebih jauh mengenai serangan asma. Apa itu Asma? Asma adalah gangguan pernafasan yang ditandai dengan serangan sesak nafas. Asma disebabkan karena saluran udara mengecil atau adanya cairan mukus yang banyak. Pernafasan pasien akan lebih sulit karena saluran udara yang lebih kecil. Pernafasan pasien juga akan menimbulkan bunyi sebagai akibat dari benturan aliran udara dengan saluran udara yang kecil. Bagaimana Asma menyebabkan kematian? Berikut penjelasannya: Bagaimana Asma menyebabkan kematian? Asma menyebabkan kematian dengan menyumbat aliran pernafasan. Walaupun umumnya serangan asma adalah serangan yang ringan, dalam beberapa kasus dapat terjadi serangan asma berat. Serangan asma berat dapat menyebabkan sumbatan saluran nafas yang begitu berat dan menghalangi udara masuk ke alveoli paru-paru, sel yang berperan dalam pertukaran udara. Ketika sumbatan saluran nafas begitu berat, seorang pasien asma akan mengalami serangan sesak nafas yang berat. A [...]

Minum Teh 4 Cangkir Sehari Bisa Cegah Kerusakan Gigi

Minum Teh 4 Cangkir Sehari Bisa Cegah Kerusakan Gigi

Hobi minum teh hitam? Kabar baik bagi Anda, karena kemungkinan mengalami kerusakan gigi bisa lebih kecil. Berdasarkan hasil penelitian terbaru, rutin minum teh setiap hari bisa menyehatkan gigi dan mengurangi risiko kerusakan serta pembusukan gigi.Para peneliti menemukan bahwa teh hitam bisa melawan bakteri Streptococcus dan Lactobacillus yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Menurut Dr Carrie Ruxton yang memimpin penelitian tersebut, 3-4 cangkir teh sehari merupakan 'dosis' yang dianjurkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Penelitian tersebut juga menunjukkan, teh hitam bisa melawan pengeroposan dan pembusukan gigi bahkan setelah dicampur sedikit gula. Dr Ruxton mengatakan, ada bukti yang cukup kuat bahwa minum teh bisa melindungi gigi orang dewasa agar tidak copot sampai tua."Bukti menunjukkan bahwa minum teh hitam 3-4 cangkir sehari bisa membantu mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut. Saya yakin berita ini akan disambut gembira oleh dokter gigi dan ahli kesehatan yang mengedukasi masyarakat akan pentingnya perawatan mulut dan gigi," ujar Dr Carrie, seperti dikutip dari Daily Mail.Tak hanya teh hitam, teh hijau pun memiliki efek yang sama. Selain mencegah k [...]

Sunblock dapat Mencegah Penuaan Kulit

Sunblock dapat Mencegah Penuaan Kulit

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Sebuah studi yang dipublikasi di Annals of Internal Medicine pada bulan Juni 2013 menyebutkan bahwa penggunaan tabir surya setiap hari dapat mencegah penuaan pada kulit. Sudah sering disebutkan sebelumnya bahwa tabir surya dapat mencegah terbakarnya kulit akibat sinar matahari (sunburn) dan pencegahan terhadap kanker kulit, namun ternyata terbukti bahwa tabir surya dapat berpengaruh terhadap photoaging (penuaan pada kulit). Studi terbaru yang dilakukan oleh dr. Adele Green dari Queensland Institute of Medical Research, dimana mereka menganalisa 903 subjek dibawah usia 55 tahun yang mereka ikuti dari tahun 1992 hingga 1996. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok, dimana pada kelompok pertama adalah kelompok yang memakai tabir surya dengan SPF 15 atau lebih pada daerah kepala, leher, tangan dan telapak tangan setiap harinya dan pada kelompok kedua subjek tetap memakai tabir surya namun waktu dan lokasi tidak ditentukan. Pada awal dan akhir penelitian, para peneliti menghitung photoaging pada kulit di belakang telapak tangan kiri setiap subjek. Setelah 4 tahun, para peneliti menemukan bahwa pada kelompok yang menggunakan tabir surya setiap tidak memilik [...]

Kate Middleton Picu Gaya Hidup Tak Sehat

Kate Middleton Picu Gaya Hidup Tak Sehat

Tidak hanya gaya berbusana Kate dan Pippa Middleton saja yang menjadi tren. Bentuk tubuh mereka pun menjadi inspirasi banyak wanita. Sayangnya tren ini bukanlah hal yang positif. Kedua kakak beradik ini dianggap mendukung anoreksia.Seperti yang diberitakan sebelumnya, foto Pippa Middleton terpampang di situs-situs dan forum yang mendukung anoreksia dan bulimia. Situs ini juga memberikan banyak tips untuk menurunkan berat badan secara drastis."'Thinspiration' atau 'thinspo' merupakan sebutan untuk orang yang memberikan isnpirasi untuk menurunkan berat badan dengan cara yang menyiksa, biasanya model atau selebriti. Dulu, Victoria Beckham dan Mary-Kate Olsen yang menjadi 'thinspiration'. Tapi kini dengan seringnya pemberitaan, Kate dan Pippa menjadi 'thinspiration' terbaru, "ujar Lynn S. Grefe, MA, presiden dan CEO National Eating Disorders Association.Dalam postingan di salah situs anoreksia, foto Kate Middleton mendapat tanggapan baik dari para pembacanya seperti, "dia begitu cantik dan sangat kurus". Selain itu, tidak sedikit pengguna forum anoreksia menyebutkan Kate sebagai 'thinspiration' nomor ketiga setelah Victoria Beckham dan Olsen.Yang membuat ketakutan para ahli kesehata [...]

Menelusuri Penyebab dan Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Menelusuri Penyebab dan Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Gusi sering kali tidak mendapat perhatian khusus dibandingkan gigi pada mulut. Padahal gusi bengkak dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan gangguan mulut yang tidak ringan. Pada dasarnya, gusi yang sehat tidak akan berdarah karena gosok gigi atau jika tersentuh. Berwarna merah muda, kencang, dan dapat menahan gigi dengan kuat adalah ketiga ciri-ciri utama gusi yang ideal. Kenapa Gusi Bisa Bengkak? Gusi bengkak merupakan hal yang umum ditemui. Biasa ditandai dengan pembesaran, menggelembung, atau menonjol. Pada sebagian kasus, gusi bengkak yang terjadi bisa cukup besar hingga menutupi gigi secara keseluruhan. Umumnya penyebab gusi bengkak sebagai salah satu gangguan gusi adalah karena menumpuknya plak pada gigi. Plak yang sangat lengket itu umumnya terbentuk ketika proses makan dan minum. Plak juga mengandung banyak bakteri yang sebagian di antaranya dapat mengganggu kesehatan gusi. Selain itu, beberapa kondisi dimana gejalanya berupa gusi bengkak, antara lain gingivitis, infeksi virus atau jamur, kehamilan, kurang gizi, atau skorbut. Skorbut adalah kondisi tubuh yang kekurangan vitamin C. Gusi bengkak juga dapat disebabkan oleh pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi lain yan [...]

5 Manfaat Mengejutkan dari Kehamilan

5 Manfaat Mengejutkan dari Kehamilan

Mungkin Anda sudah sangat familiar dengan berbagai keluhan yang dialami oleh wanita hamil seperti morning sickness, heartburn dan kram pada kaki. Tapi tahukah Anda bahwa melahirkan bayi, selain anugerah, bukanlah satu-satunya hal terbaik dari kehamilan? Ketahui manfaat lainnya berikut ini: Hidup sehat menjadi suatu kebiasaan Kehamilan dapat menginspirasi wanita untuk mengubah kebiasaan hidup yang buruk menjadi lebih sehat. Seperti misalnya, kehamilan dapat menjadi inspirasi yang paling efektif untuk berhenti merokok. Selain itu dapat menjadi motivator utama juga untuk berolahraga dan mencari udara yang segar dan bebas polusi. (Baca: Merokok Pada Masa Kehamilan Menyebabkan Anak Menjadi Bodoh) 5 Manfaat Mengejutkan dari Kehamilan Mungkin Anda sudah sangat familiar dengan berbagai keluhan yang dialami oleh wanita hamil seperti morning sickness, heartburn dan kram pada kaki.Tapi tahukah Anda bahwa melahirkan bayi, selain anugerah, bukanlah satu-satunya hal terbaik dari kehamilan? Ketahui manfaat lainnya berikut ini: Hidup sehat menjadi suatu kebiasaan Kehamilan dapat menginspirasi wanita untuk mengubah kebiasaan hidup yang buruk menjadi lebih sehat. Seper [...]

Penyakit Hati Masih Bisa Dicegah, Lakukan dari Sekarang

Penyakit Hati Masih Bisa Dicegah, Lakukan dari Sekarang

Hati berperan penting menjaga tubuh tetap sehat dengan mengeluarkan racun dari tubuh yang masuk bersama makanan dan minuman. Hati memproduksi cairan empedu yang selain berfungsi membantu memecah lemak dari makanan, juga mampu menyimpan glukosa yang nantinya mendukung penyediaan energi bagi tubuh. Oleh karenanya, apa pun bentuk gangguan yang menimpa organ ini dapat berisiko mengganggu sistem pengeluaran racun dari dalam tubuh. Jika tidak segera ditangani, pada akhirnya berisiko mendatangkan penyakit yang membahayakan nyawa. Sayangnya, banyak kebiasaan sehari-sehari manusia yang berisiko menyebabkan gangguan pada hati. Mulai perhatikan makanan Anda dari sekarang dan cermati juga kondisi-kondisi yang menyimpan risiko seperti berikut ini. Terlalu banyak konsumsi gula Hati membutuhkan fruktosa, yaitu salah satu jenis gula, untuk memproduksi lemak. Tetapi jika terlalu banyak mengonsumsi gula olahan dan pemanis buatan dari sari pati jagung dengan kadar fruktosa tinggi, maka dapat menyebabkan penumpukan yang berisiko menyebabkan penyakit hati. Jenis gula ini umumnya terdapat pada minuman soda, permen, dan kue manis. Risiko ini bahkan dapat terjadi pada orang yang tidak mengalami kelebiha [...]

Atasi Depresi

Atasi Depresi

Maraknya persaingan secara global memberikan dampak siknifikan terhadap mental manusia secara keseluruhan. Salah satunya adalah depresi. Untuk beberapa orang, gangguan medis ini seringkali tidak disadari hingga mempengaruhi berbagai macam masalah emosional dan fisik yang mempengaruhi aktifitas keseharian mereka. Depresi sendiri sebenarnya bukan masalah personal yang negatif, melainkan suatu gangguan kesehatan yang dapat diobati dan dialami siapa saja apabila membiarkan keadaan sedih dan pemikiran berkelanjutan. Sehingga tidak jarang mereka yang merasa mengalami gangguan-gangguan kesehatan seringkali tidak menemukan penyebab yang jelas saat memeriksakan diri ke dokter dikarenakan gangguan tersebut berasal dari drepresi. Beberapa gejala fisik yang terjadi saat seseorang mengalami depresi antara lain adalah: Penurunan energi dan kelelahan; Insomnia, khususnya terbangun tengah malam; Tidur berlebihan; Mengalami sakit ataupun nyeri di tempat tertentu secara terus menerus; Sakit kepala, kram dan masalah pencernaan. Gejala-gejala ini yang kerap kali membingungkan, karena apabila dicek secara fisik, mereka tidak mengalami gangguan kesehatan secara langsung, namun lebih dikarenaka [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *