Khasiat Rutin Minum Jamu, Turunkan Kolesterol Hingga Mencerahkan Kulit

kunyitjamu.jpg

Jamu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh pewaris bisnis kosmetik Martha Tilaar Group (MTG), Wulan Tilaar.

Lahir dari keluarga yang gemar mengonsumsi jamu, Wulan mengaku turut mengikuti jejak sang bunda, Martha Tilaar yang gemar mengonsumsi ramuan tradisional tersebut. Dalam keseharian, wanita 37 tahun itu mengaku rutin mengonsumsi jamu demi kebugaran tubuh dan kecantikan kulit.

Menurutnya, jamu penting untuk wanita terutama terkait akan siklus haid. Setiap menstruasi ia selalu mengonsumsi jamu untuk melancarkan dan menghilangkan bau tidak sedap. Tak hanya itu, jamu juga dipercaya Wulan dapat membantu menyeimbangkan hormon.

“Bisa dibilang saya lahir dari jamu. Jamu berasal dari alam dan pastinya akan lebih aman untuk tubuh terutama berpengaruh terhadap hormonal daripada harus minum obat atau suplemen lainnya,” ujar Wulan saat berbincang dengan Wolipop di Roemah Martha Tilaar, Gombong, Jawa Tengah, Sabtu (19/9/2015).

“Secara pribadi saya percaya khasiat jamu. Setiap menstruasi selalu rutin minum kunyit asam yang dapat melancarkan dan menghilangkan bau. Dan saya biasa juga minum jamu untuk menghilangkan kolesterol sesuai ramuan ibu,” tambah Wulan.

Ramuan seperti apa yang dibuat Wulan untuk kolesterol? Wanita lulusan College of Mount. St Joseph, Amerika, itu menyarankan agar menggunakan campuran rebusan daun salam dalam jumlah yang ganjil dan laos lalu ditumbuk utuh tidak sampai benar-benar hancur. Setelah itu direbus dan diminum airnya setiap malam sebelum tidur. Cara ini menurut Wulan tak hanya membantu mengurangi rasa sakit karena kolesterol tapi juga menyegarkan tubuh.

Wulan juga percaya bahwa jamu bisa mencerahkan kulit. Maka dari itu, minum jamu secara teratur dapat menjaga kecantikan. “Coba minum jamu yang bisa memperlancar aliran darah itu kan juga bisa mencerahkan kulit,” jelasnya kemudian.

Dalam rangkaian acara hari jadi Martha Tilaar Group ke-45, di Gombong, Wulan bersama rombongan juga mengunjungi Desa Wero yang merupakan tempat pembuatan jamu organik yang dibina oleh tim Martha Tilaar. Beragam ramuan rempah-rempah diolah sedemikan rupa. Tidak hanya menjadi minuman jamu, namun juga diolah menjadi puding jamu.

Olahan tersebut sangat cocok bagi Anda yang tidak suka dengan rasa jamu asli. Meski sudah diolah menjadi bentuk yang berbeda, puding jamu diklaim tetap memiliki khasiat yang sama seperti minum jamu asli.

“Puding jamu sama khasiatnya hanya dicampur agar-agar supaya lebih manis jadi yang nggak suka jamu tetap bisa minum. Tapi kalau mau lebih maksimal ya pasti lebih bagus langsung diminum,” jelas Nita, selaku salah satu pembuat jamu di Desa Wero, Gombong, Jawa Tengah.

Selain berbentuk puding ada juga yang berupa jus herbal dengan kandungan jamu. Jus herbal tersebut memiliki rasa yang manis dan segar karena dibuat dari buah-buahan seperti apel dan nanas, lalu dicampur dengan bahan yang biasa diolah sebagai jamu seperti rosela atau remujung. Jus herbal tersebut diklaim bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati ketombe, gangguan haid, dan beberapa penyakit lainnya.

Nita menambahkan, bila ingin membantu mempercantik kulit, wortel juga membuat kulit lebih lembut dan indah. Ketika dicampur dengan jamu, wortel juga memberikan rasa yang lebih nikmat saat dicampur dengan bahan jamu lainnya.

(aln/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Alasan Mengapa Teh Manis Tidak Dianjurkan untuk Sahur

Ini Alasan Mengapa Teh Manis Tidak Dianjurkan untuk Sahur

Beberapa orang sudah terbiasa minum teh pagi dan malam. Saat Ramadan, tradisi minum teh tersebut juga dilakukan ketika sahur maupun berbuka puasa. Namun sebenarnya teh manis tidak dianjurkan untuk sahur. Mengapa?Menurut dr. Johannes Chandrawinata, SpKG., teh manis tidak terlalu baik dikonsumsi saat sahur. "Buka puasa minum teh manis boleh kalau nggak ada makanan manis jadi buat pengganti makanan manis. Kalau saat sahur, terlalu banyak gula nanti rasanya malah haus," tutur dr. Johannes saat dihubungi Wolipop, Kamis (10/7/2014).dr. Johannes melanjutkan, daripada minum teh manis lebih baik diganti jus segar tanpa gula tapi maksimal 150 cc atau 3/4 gelas berukuran besar. Namun hindari mengonsumsinya secara berlebihan karena jika Anda minum jus terlalu banyak dapat meningkatkan trigliserda (lemak darah). Lemak darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol, hingga jantung.Pria lulusan S2 di Deakin University, Melbourne, ini juga menganjurkan agar minum air putih setiap hari minimal dua liter. Ketika puasa, minumlah dua gelas di waktu sahur dan berbuka, serta empat gelas setelah salat Magrib.Air putih memang lebih baik dikonsumsi daripada te [...]

Sakit Perut Kanan Bawah? Waspadai Usus Buntu

Sakit Perut Kanan Bawah? Waspadai Usus Buntu

Oleh: dr. Adithia Kwee Anda tentunya sudah sering mendengar tentang penyakit usus buntu. Penyakit ini termasuk penyakit yang sering terjadi di sekitar kita. Penyakit usus buntu dapat terjadi karena tersumbatnya umbai cacing atau appendiks, yaitu bagian dari usus kita dikarenakan oleh penumpukan lendir yang diproduksi usus atau karena masuknya kotoran ke dalam umbai cacing tersebut. Lendir yang menumpuk dan kotoran yang masuk tidak dapat keluar sehingga dapat menjadi tempat yang baik untuk pertumbuhan kuman dan lama kelamaan akan terjadi peradangan. Peradangan yang terjadi dapat pulih sendiri bila daya tahan tubuh penderita dalam kondisi baik. Hasil pemulihan peradangan di umbai cacing tersebut akan menimbulkan perlengketan ke jaringan di sekitarnya dan apabila daya tahan tubuh Anda sedang turun maka peradangan dapat terjadi lagi dan akan timbul gejala akibat dari peradangan dan perlengketan tersebut, Gejala yang harus diwaspadai sebagai gejala dari usus buntu di antaranya adalah: Timbul demam Adanya nyeri perut yang diawali di daerah pusat kemudian akan berpindah ke daerah perut kanan bawah Timbul rasa mual, muntah, dan dapat terjadi peningkatan jumlah sel darah putih dari ha [...]

Menaklukkan Kanker Payudara dengan Mastektomi

Menaklukkan Kanker Payudara dengan Mastektomi

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang menakutkan bagi wanita. Mastektomi merupakan salah satu tindakan yang sering diambil untuk mengatasinya. Apa sebenarnya mastektomi? Mastektomi adalah operasi pengangkatan payudara. Kini mastektomi dilakukan tidak hanya sebagai tindakan untuk penderita kanker payudara, namun juga bisa dilakukan sebagai tindakan pencegahan guna menekan risiko terjangkitnya penyakit tersebut. Jenis Mastektomi Mastektomi dapat dilakukan pada satu payudara ataupun keduanya. Dulu, pengangkatan payudara secara keseluruhan atau mastektomi radikal merupakan standar tindakan untuk kanker payudara. Namun, kini ada beberapa jenis mastektomi di antaranya: Mastektomi radikal Mastektomi jenis ini semakin jarang dilakukan. Tindakan ini akan mengangkat seluruh bagian payudara termasuk puting. Mastektomi radikal juga mengangkat kulit bagian atas payudara, otot di bagian bawah sekaligus kelenjar getah bening. Mastektomi radikal modifikasi Mastektomi ini akan mengangkat seluruh bagian payudara dan kelenjar getah bening di bawah ketiak, namun otot dada umumnya tetap dipertahankan. Sementara, kulit bagian atas payudara bisa ikut diangkat atau dibiarkan. Mastektomi parsia [...]

Keluhan Mata Gatal Akibat Alergi

Keluhan Mata Gatal Akibat Alergi

Mata gatal merupakan gejala paling umum dari alergi mata. Mata terasa gatal ketika terpapar benda-benda kecil seperti debu, kotoran, tungau, dan bulu hewan yang bisa memicu reaksi alergi. Dalam dunia kedokteran, ini diistilahkan sebagai alergi okular atau alergi konjungtivitis. Sebenarnya benda-benda kecil penyebab alergi tersebut tidak berbahaya. Namun, ketika benda kecil itu menyentuh selaput lendir pelapis bagian putih mata (konjungtiva), sistem kekebalan tubuh akan keliru mengenalinya. Sistem imun kemudian bereaksi dengan membuat antibodi yang menyebabkan mata melepaskan zat histamin dan senyawa kimia lain. Hal inilah yang membuat mata menjadi gatal, merah, dan berair. Gejala lainnya yaitu mata terasa sakit atau terbakar, sensitif terhadap cahaya, dan bengkak. Gejala alergi mata dapat langsung terasa ketika mata bersentuhan dengan alergen atau pemicu alergi. Namun, bisa juga gejalanya baru muncul setelah dua hingga empat hari. Jenis Alergi Mata Alergi mata atau alergi konjungtivitis dibagi menjadi beberapa jenis berikut. Konjungtivitis papilari raksasa, merupakan komplikasi dari penggunaan lensa kontak yang kurang bersih. Jika Anda penyuka lensa kontak, sebaiknya gunakan le [...]

Pentingnya Dukungan Keluarga Terhadap Kesembuhan Pasien Kanker Payudara

Pentingnya Dukungan Keluarga Terhadap Kesembuhan Pasien Kanker Payudara

Kanker payudara, bagi sebagian besar orang penyakit ini sangat mengerikan. Ketika wanita divonis kanker payudara, shock, takut sudah pasti dialami dan tak jarang juga yang merasa dunianya telah berakhir.Kenyataannya, kanker payudara bukanlah akhir dari segalanya. Dengan deteksi dini dan pengobatan yang tepat, penyakit ini bisa diatasi dengan dihentikan penyebarannya ke organ tubuh lain. Bertahan dari kanker payudara ternyata tidak cukup dengan dukungan secara medis saja. Ada faktor lain yang tidak kalah penting yaitu dukungan keluarga."Sangat amat penting selama tidak sesat. Artinya keluarga mengarahkan ke prosedur medis yang benar," ujar Prof. Dr. dr. Susworo, Sp.Rad(K). ONK.RAD dalam talkshow 'Pentingnya dukungan keluarga dan medis bagi Penderita Kanker' yang diadakan The Tempo Group dan PT Pulau Mahoni di Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2015).Dukungan moril dari keluarga, orang terdekat maupun teman, secara tidak langsung akan mengurangi tingkat stres secara signifikan. Karena semakin orang stres dan merasa terpuruk, kondisi tubuh pun melemah dan kanker bisa bertambah parah.Selain mendorong untuk disiplin pengobatan secara medis, kehadiran keluarga saat pe [...]

Bernyanyi, Cara Baru Hilangkan Kebiasaan Mendengkur

Bernyanyi, Cara Baru Hilangkan Kebiasaan Mendengkur

Mendengkur ternyata bisa diatasi dengan cara yang mudah dan menyenangkan, yaitu bernyanyi. Latihan vokal ringan setiap hari, bisa menguatkan otot pada tenggorokan dan langit-langit mulut yang lemah, yang kuat diduga jadi penyebab utama kebiasaan mendengkur atau ngorok.Penemuan ini didapat setelah seorang guru vokal mencari cara untuk membantu temannya berhenti mendengkur. Alise Ojay nama guru tersebut. Ia merancang program latihan menyanyi yang ditargetkan pada tenggorokan dan berhasil membuat dengkuran serta sleep apnea temannya itu berhenti.Temuannya itu pun mendorong para peneliti di Exeter University dan Royal Devon & Exeter NHS Foundation Trust untuk melakukan studi lebih lanjut dan dalam skala besar. Penelitian tersebut melibatkan 30 responden yang punya gangguan mendengkur. Mereka diminta latihan vokal selama dua menit setiap hari dalam waktu tiga bulan.Di akhir percobaan, dengkuran responden berkurang secara signifikan, dibandingkan dengan 30 partisipan lainnya yang tidak melakukan terapi bernyanyi. "Alise memberitahu saya sudah ada banyak orang yang merasakan keuntungan dengan mengikuti program latihan menyanyi ini. Latihan yang dia kembangkan membantu memperkuat ot [...]

Kecantikan Wajah vs Tingkat Kepercayaan Diri

Kecantikan Wajah vs Tingkat Kepercayaan Diri

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan bermasyarakat, penampilan seseorang menjadi hal yang pertama kali dinilai. Penampilan ini meliputi beberapa hal seperti cara berpakaian, gaya potongan rambut, merubah warna kulit dan tampilan wajah. Dari beberapa hal tadi, tampilan wajah merupakan hal yang terpenting dari keseluruhan penampilan seseorang. Tampilan wajah seseorang adalah suatu karakteristik fisik yang mempengaruhi seseorang dalam perkembangan self image dan harga dirinya. Seseorang yang puas dengan tampilan wajahnya akan merasa nyaman dan mempunyai tingkat percaya diri yang baik dan memudahkan dia dalam bersosialisasi, dan sebaliknya seseorang yang tidak puas dengan keadaan wajahnya akan mencari bantuan untuk memperbaiki kelainan yang ada dan diharapkan kemudian penampilannya akan menjadi menarik dan meningkatkan kepercayaan diri. Kelainan pada wajah yang cukup mengganggu seperti bentuk wajah yang asimetri, rahang bawah yang lebih maju terhadap rahang atas, susunan gigi atas yang terlalu maju dan susunan gigi yang tidak rapih. Tentu saja hal tadi akan mengganggu penampilan wajah seseorang, tetapi tiap orang akan mempunyai reaksi dan penilaian yang bervariasi terhadap k [...]

Kacang Kenari Cegah Risiko Kanker Payudara

Kacang Kenari Cegah Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh wanita karena bisa sebabkan kematian jika telat mendiagnosa. Untuk mencegah risikonya, mengonsumsi kacang kenari adalah salah satu solusinya.Kacang kenari memang tidak terlalu populer bila dibandingkan jenis makanan lainnya yang disebut-sebut sebagai makanan anti kanker seperti kedelai atau tomat. Namun penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang kenari secara rutin bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol sehat (HDL) dalam tubuh.Tidak hanya itu, kenari juga diketahui sangat baik untuk mencegah dan memperlambat perkembangan kanker payudara. Kenari sangat unik dibandingkan kacang-kacangan lainnya karena satu-satunya kacang yang mengandung asam alpha-linolenic, salah satu tipe asam lemak omega 3 dengan kandungan yang paling banyak, seperti dikutip dari Health.Sumber alpha-linolenic lainnya bisa didapat dari kedelai, biji rami, ikan laut dan beberapa sayuran hijau. Namun kandungannya hanya sedikit dan tidak ada yang melebihi kenari.Dalam studinya, peneliti ingin mengetahui pengaruh konsumsi kenari terhadap perkembangan kanker payudara pada tikus percobaan. Kandungan yang terdapat dalam ken [...]

Cabut Gigi Harus Punya Alasan Tepat

Cabut Gigi Harus Punya Alasan Tepat

Mulut yang tidak dijaga kesehatannya bisa menyebabkan penyakit gusi yang berujung pada kerusakan gigi. Normalnya, gigi tetap akan menemani hidup seseorang hingga akhir hayat. Namun kesehatan gigi dan mulut yang tak baik bisa membuat hal tersebut gagal terlaksana. Ada saja gigi yang rusak atau mengalami masalah hingga sakit dan akhirnya terpaksa dicabut. Ada beberapa alasan seseorang mencabut gigi diantaranya alasan estetika dan medis. Berikut ini alasan-alasan seseorang mencabut gigi yang biasa disampaikan kepada dokter gigi. Infeksi gigi Infeksi pada gigi biasanya menimbulkan nyeri berdenyut yang sangat mengganggu. Sebaiknya segera kunjungi dokter gigi. Dokter gigi akan menilai seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan. Selain itu, dokter gigi akan menilai apakah infeksi sudah sampai ke bagian tengah gigi (pulpa), yaitu lokasi pembuluh darah dan saraf. Cabut gigi bisa dilakukan jika dokter menilai infeksi tidak bisa disembuhkan dengan minum antibiotik atau setelah perawatan akar gigi tidak berhasil. Gigi bertumpuk Siapa pun ingin memiliki susunan gigi yang rapi. Sayangnya, banyak yang memiliki gigi bertumpuk karena gigi-gigi besar tapi rahang kecil sehingga tempat tumbuhnya gig [...]

MRI Dapat Membantu Identifikasi Penyakit

MRI Dapat Membantu Identifikasi Penyakit

Magnetic resonance imaging (MRI) atau pencitraan resonansi magnetik adalah alat pemindai yang memanfaatkan medan magnet dan energi gelombang radio untuk menampilkan gambar struktur dan organ dalam tubuh. MRI dapat memberikan informasi struktur tubuh yang tidak dapat ditemukan pada tes lain, seperti X-ray, ultrasound, atau CT scan. Pada tes MRI, tubuh yang akan dipindai ditempatkan pada sebuah mesin dengan magnet yang kuat. Gambar-gambar yang dihasilkan dari MRI berupa foto digital yang dapat disimpan di komputer untuk dipelajari lebih lanjut. Alasan Dilakukan MRI MRI adalah salah satu cara dokter memeriksa dan menghasilkan gambar organ, jaringan, dan sistem rangka dengan resolusi tinggi. Hal itu nantinya dapat membantu dokter melakukan diagnosis berbagai kondisi. Jantung dan pembuluh darah MRI yang dilakukan pada jantung atau pembuluh darah bertujuan melihat beberapa hal seperti ukuran dan fungsi pada serambi jantung, ketebalan dan gerakan dinding jantung dan tingkat kerusakan akibat serangan jantung. Selain itu dapat juga mendeteksi masalah struktural pada urat nadi, seperti dinding pembuluh darah yang melemah atau sobek, maupun radang dan penyumbatan pada pembuluh darah. Otak d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *