Khawatir Kanker Usus? Lakukan Kolonoskopi

Kolonoskopi-Alodokter.jpg

Jika tidak segera ditangani, kanker usus adalah kondisi yang dapat membahayakan nyawa. Untuk mencegah kondisi ini berkembang, umumnya pasien disarankan menjalani kolonoskopi.

Kolonoskopi adalah pemeriksaan untuk mendeteksi ketidaknormalan pada usus besar dan anus. Proses ini dilakukan dengan memasukkan kolonoskop atau selang yang ujungnya ada kamera ke dalam dubur. Dokter kemudian dapat melihat ke dalam usus besar dengan kamera video yang menampilkan gambar pada layar. Prosedur ini juga dapat digunakan untuk mengambil sampel jaringan dari usus besar, sekaligus dapat juga mengangkat polip atau jaringan tidak normal di dalamnya.

Kolonoskopi umumnya berperan dalam pemeriksaan awal kanker usus besar. Dokter mungkin akan merekomendasikan prosedur ini untuk dilakukan 10 tahun sekali jika Anda berusia 50 tahun ke atas dan berisiko mengidap kanker usus. Selain itu, proses ini dapat menjadi panduan bagi dokter untuk menentukan penyebab gejala-gejala gangguan pada usus, seperti konstipasi kronis, diare, atau pendarahan pada anus. Meski demikian, selain kolonoskopi, dapat juga dijalankan prosedur lain.

Kondisi Apa Saja yang Membutuhkan Kolonoskopi?

Umumnya seseorang merasa perlu menjalani kolonoskopi karena beberapa alasan berikut:

  • Terdapat darah pada tinja.
  • Nyeri perut yang tidak tertahankan.
  • Diare yang tidak kunjung sembuh.
  • Adanya ketidaknormalan pada hasil CT scan usus.
  • Terdapat riwayat kanker usus pada anggota keluarga sehingga risiko dirinya untuk mengalami kanker usus menjadi lebih besar.
  • Mengalami anemia defisiensi besi.
  • Mengalami penurunan berat badan secara drastis dan mendadak.

Periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami satu atau beberapa kondisi di atas. Jika memang dokter merekomendasikan prosedur ini, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Usus besar yang bersih sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan kolonoskopi karena kotoran dapat menghalangi tampilan dalam usus besar:

  • Dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi obat pencahar pada malam sebelum kolonoskopi.
  • Informasikan jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat untuk menangani tekanan darah tinggi, gangguan jantung, diabetes, suplemen apa pun yang mengandung zat besi, aspirin, atau obat untuk menangani stroke. Anda mungkin dianjurkan untuk berhenti mengonsumsinya beberapa waktu.
  • Pada umumnya, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan padat pada hari sebelum menjalani kolonoskopi.
  • Hindari mengonsumsi air mineral 7-8 jam sebelum kolonoskopi.

Konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu, karena seperti prosedur yang lainnya, kolonoskopi juga membawa risiko.

Hasil dan Risiko yang Mungkin Timbul dari Kolonoskopi

Obat bius akan membuat pasien tidak sadarkan diri dan tidak merasakan apa pun. Sebuah prosedur kolonoskopi akan berjalan setidaknya selama 20 menit. Setelah itu pasien memerlukan kurang lebih 60 menit untuk pulih dari obat bius. Pasien akan merasa kembung dan sering kentut selama beberapa jam setelah prosedur ini untuk mengeluarkan gas dalam usus. Jika kolonoskopi ditujukan untuk mengangkat polip, maka setelah operasi, pasien perlu menjalani diet tertentu selama beberapa lama.

Umumnya pasien perlu tinggal selama 1-2 jam di rumah sakit sebelum diizinkan pulang. Selama waktu ini, pasien mungkin disarankan untuk mengonsumsi air mineral secukupnya. Pada beberapa kasus, pasien akan mengalami kram dan diare. Dokter akan menyarankan pasien untuk tidak mengonsumsi aspirin maupun obat anti peradangan selama dua pekan pascaoperasi.

Jika hasil kolonoskopi bersifat normal, maka usus akan tampak berwarna merah muda. Tidak ada pendarahan, peradangan, maupun kantung. Namun jika terdapat gangguan, maka usus akan tampak berkantung, merah, meradang dan bengkak.

Jika tidak disarankan untuk menjalani pemeriksaan ulang, maka bisa jadi pasien akan dianjurkan untuk memeriksakan diri 10 tahun kemudian. Sebaliknya, jika ditemukan kelainan pada usus besar, maka hasil kolonoskopi akan disebut positif. Polip yang telah diangkat akan diperiksa di laboratorium untuk mendeteksi apakah bersifat kanker, prakanker, atau tidak bersifat kanker. Hanya sebagian kecil polip yang bersifat kanker.

Jika dalam usus besar ditemukan polip berdiameter kurang dari 1 cm, maka mungkin pasien dapat mengulang kolonoskopi 10 tahun kemudian. Namun pemeriksaan perlu dilakukan pada 3-5 tahun sekali jika ditemukan polip dengan diameter lebih besar atau jumlah lebih banyak.

Pada kasus tertentu, kolonoskopi dapat menimbulkan komplikasi sebagai berikut:

  • Robeknya dinding anus atau usus besar.
  • Reaksi yang berlawanan dari obat penenang yang digunakan saat prosedur dijalani.
  • Pendarahan pada area dilakukannya biopsi atau dari lokasi jaringan abnormal diangkat.

Jika hanya sedikit darah yang keluar setelah operasi, berarti masih dianggap hal normal. Namun pasien perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami demam tinggi, perut bengkak dan kencang, sangat pusing, nyeri perut yang tidak tertahankan, serta pendarahan parah pada anus.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tubuh Tetap Stabil

Cara Menjaga Kadar Kolesterol Tubuh Tetap Stabil

Kolesterol adalah zat lemak yang menyediakan energi bagi sel-sel tubuh Anda, yang diproduksi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Kolesterol sangat penting bagi tubuh jika masih dalam kadar yang sesuai, namun terlalu banyak kolesterol justru dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular seperti jantung, stroke dan lainnya. Oleh karena itu untuk membantu Anda tetap sehat, perhatikan kadar kolesterol dengan tujuh tips yang dikutip dari Health Me Up berikut ini:1. Berhenti MerokokMenghentikan kebiasaan merokok adalah metode yang penting dalam mengurangi tingkat kolesterol Anda. Kandungan dalam rokok dapat mengakibatkan lapisan dalam arteri, atau endothelium semakin rusak. Karsinogen dan karbon mono-oksida yang terdapat dalam asap rokok dalam arteri menjadi lebih rentan terhadap kejang, sehingga menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah.Merokok juga dapat menurunkan kadar kolesterol lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, dan di waktu yang bersamaan meningkatkan kadar kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol buruk. Selain itu, perokok juga dapat mengalami palpitasi jantung yang dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka secara [...]

Mitos tentang Vaksin Flu

Mitos tentang Vaksin Flu

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Virus yang menyebabkan flu ada banyak sekali, oleh karena itu dikeluarkan suatu keputusan yang menyarankan agar vaksin flu dilakukan sekali setiap tahun untuk semua orang diatas usia 6 bulan. Namun di Amerika yang dikutip dari NYTimes, hanya minoritas orang yang mengikuti anjuran ini dan hanya 2/3 petugas kesehatan mendapat vaksin tahun lalu. Mengapa seperti itu? Menurut CDC (Centers for Diseases Control and Prevention), virus flu dapat terbang hampir sepanjang 1,8 meter dalam tetesan dari batuk, bersin, atau berbicara. Orang yang terinfeksi dapat menyebarkan virus sebelum mereka timbul gejala dan selama seminggu setelah sakit. Walaupun orang-orang dengan risiko tinggi mendapatkan vaksin, namun tetap mereka terkena penyakit flu bahkan ada yang berkembang menjadi pneumonia atau suatu kondisi kronis. Namun bila semakin banyak orang yang diberi imunisasi, maka akan lebih sedikit orang yang sakit dan membuat orang sekitar menjadi sehat atau yang dikenal dengan ?herd immunity? . Dr. Thomas R. Talbot dan istri, Dr. H. Keipp Talbot, dari bagian infeksi Vanderbilt University School of Medicine, baru beberapa waktu ini menjawab pertanyaan mengenai vaksin influenz [...]

Lari, Tren Olahraga Terbaru di Jakarta

Lari, Tren Olahraga Terbaru di Jakarta

Tahun berganti tahun, musim berganti musim, demikian juga olahraga yang digemari warga Indonesia kini beralih kepada salah satu cabang olahraga atletik, yaitu lari. Belum lama rasanya kita melihat jalan protokol dipadati sepeda pada hari Minggu, kini derapan ratusan kaki manusia lebih mudah terdengar, begitu bersemangat dan bergairah. Kemudian timbulah pertanyaan, apa sebetulnya manfaat olahraga ini? Lari adalah salah satu cabang olahraga atletik, dimana dibutuhkan ketahanan tersendiri dari tubuh si pelari. Olahraga yang sifatnya aerobik selain lari antara lain berenang, bersepeda, dan masih banyak lagi. Olahraga-olahraga ini baik untuk kesehatan jantung manusia, jantung dipaksa memompa darah lebih cepat saat kita berlari, bersepeda, atau berenang, otot-otot jantung pun bekerja dengan optimal. Dan bukan hanya itu, semakin lama Anda berlari, kalori yang terbakar pun semakin banyak, karena panas yang dikeluarkan tubuh juga semakin besar, inilah sebabnya Anda berkeringat saat berlari. Jika Anda kemudian berpikir, bukankah dengan berlari persendian di lutut dan kaki kita lebih cepat rusak? Penelitian mahasiswa kedokteran di Inggris menemukan fakta menarik. Dikatakan setelah sejumlah [...]

Ini Dia 6 Cara Singkirkan Bau Mulut

Ini Dia 6 Cara Singkirkan Bau Mulut

Banyak orang khawatir karena mempunyai bau nafas tidak segar. Rupanya, hal itu bukan hanya dialami oleh Anda. Menurut American Dental Hygienists' Association, 40 juta penduduk Amerika mengalami masalah bau mulut.Namun jangan khawatir, ada beberapa langkah yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Dikutip dari WebMD, berikut ini enam cara untuk menghilangkan bau mulut Anda sehingga lebih percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain.1. Sering Sikat GigiSalah satu faktor utama bau mulut adalah plak yang menempel. Plak yang menemepel ini menjadi tempat tumbuhnya bakteri yang berasal dari sisa makanan sehingga menimbulkan masalah. Oleh karena itu, sikat gigi Anda minimal dua kali sehari serta gunakan floss atau benang gigi kalau diperlukan. Jika Anda masih khawatir bau nafas masih mengganggu aktivitas sehari-hari, gosok gigi sesering mungkin, misalnya setiap habis makan. Akan tetapi, jangan terlalu berlebihan ketika membersihkan gigi karena bisa mengikis enamel gigi yang menyebabkan gigi Anda rentan terhadap kerusakan.2. Bersihkan Lidah AndaBau mulut juga dapat disebabkan oleh lidah yang ditumbuhi bakteri. Untuk menghilangkannya, bersihkan lidah Anda dengan sikat gigi secara p [...]

Ini Dia Bahayanya Kalau Sembarangan Minum Obat Langsing

Ini Dia Bahayanya Kalau Sembarangan Minum Obat Langsing

Pil pelangsing merupakan pilihan yang popular di antara orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Namun apakah hal tersebut aman dan efektif? Idealnya pil pelangsing hanya diresepkan oleh dokter setelah melalui serangkaian pemeriksaan fisik dan cek kesehatan. Semua orang bisa minum obat pelangsing? TIDAK. Tidak semua orang boleh mengkonsumsinya. Pil pelangsing sendiri diindikasikan untuk mereka yang memilki masalah kesehatan tertentu atau memiliki gangguan sehingga menyebabkan obesitas. Pil pelangsing yang diperoleh atau dibeli dari sumber yang diragukan kebenarannya atau dari online shoptanpa adanya pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter, tidak disarankan untuk dikonsumsi. Obat-obatan semacam itu yang tidak melalui uji klinis dan tidak memiliki sumber ilmiah terpercaya dapat merugikan kesehatan dan dapat menimbulkan komplikasi serius seperti kegagalan organ. Bagaimana cara kerja pil pelangsing tersebut? Bagaimana Cara Kerja Pil Pelangsing Tersebut? Mekanisme kerja pil pelangsing bergantung dari formulasi dan bahan aktif yang ada di dalamnya. Namun pada umumnya cara kerjanya adalah: Menekan nafsu makan sehingga Anda merasa lapar Meningkatkan metabolis [...]

Hubungan Softdrink dan Kegemukan

Hubungan Softdrink dan Kegemukan

Kegemukan atau biasa disebut obesitas merupakan masalah yang besar pada abad ini. Jumlah kasus obesitas terus meningkat. Apakah anda tahu jika anda kegemukan maka risiko anda untuk menderita diabetes dan penyakit jantung juga meningkat di masa depan? Berbagai faktor diduga turut menyumbang pada peningkatan angka obesitas di dunia. Selain faktor genetik, pola makan yang kaya kalori dan jarang berolahraga diduga berperan penting dalam peningkatan kasus kegemukan di dunia. Salah satu bentuk minuman yang digemari saat ini adalah soft drink atau minuman ringan. Soft drink merupakan minuman dengan pemanis yang umum ditemui dimana-mana. Salah satu bentuk soft drink yang biasa ditemui adalah minuman bersoda. Sayangnya soft drink memiliki nilai nutrisi yang rendah. Selain itu, soft drink identik dengan makanan cepat saji berkalori tinggi. Keduanya merupakan bentuk makanan yang dapat menambah risiko kegemukan jika dikonsumsi terus menerus. Lalu, apa yang membuat soft drink berbahaya? Hubungan Softdrink dan Kegemukan Apa yang membuat soft drink berbahaya? Semakin banyak bukti yang mendukung hubungan peningkatan konsumsi soft drink dengan berbagai penyakit kronis sepert [...]

5 Penyebab Sakit Kepala yang Tak Terduga

5 Penyebab Sakit Kepala yang Tak Terduga

Anda sering mengalami sakit kepala? Ada beberapa faktor yang dapat memicu sakit kepala, misalnya stres dan hidung tersumbat atau yang biasa disebut sinusitis. Namun ternyata pola diet atau konsumsi makanan tertentu, juga memiliki kontribusi tersendiri terhadap sakit kepala. Berikut lima hal tak terduga yang dapat memicu sakit kepala seperti yang dilansir oleh Times of India.1. DietDr. Sunita Tube mengemukakan bahwa ternyata pola makan dan konsumsi makanan tertentu juga dapat memicu sakit kepala. Salah satu penyebab paling umum penyebab sakit kepala saat diet adalah, terjadinya perubahan pola makan dengan mengurangi asupan kalori secara tiba-tiba."Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, terutama jika Anda menjalani diet dengan mengurangi atau menghilangkan karbohidrat sepenuhnya. Selain itu, jika Anda melewatkan waktu makan, kondisi ini dapat memicu sakit kepala. Bahkan asupan air yang sangat rendah dapat memicu sakit kepala,? kata Niti Desai, konsultan gizi asal India.2. Kandungan TyramineTyramine bekerja dengan cara mengurangi kadar serotonin di otak dan mempengaruhi pelebaran pembuluh darah sehingga dapat memicu sakit kepala. Tyramine, salah satu jenis asam amino yang menyebab [...]

Vegetarian Tingkatkan Intelegensia

Vegetarian Tingkatkan Intelegensia

Tahukah anda memakan vegetarian dapat tingkatkan intelegensia? British Medical Journal menerbitkan hasil penelitian tersebut, di mana penelitian mengukur IQ sejumlah responden pada usia 10 tahun dan kemudian mengikuti perkembangan mereka hingga umur 30 tahun. Data yang ada menunjukkan bahwa mereka yang menjadi vegetarian saat anak-anak memiliki IQ sekitar lima poin lebih tinggi daripada rata-rata orang dewasa yang bukan vegetarian. Mereka yang vegetarian juga lebih cenderung memiliki pekerjaan dan gelar yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan, menurut para peneliti, pola makanan yang kaya sayuran dan buah-buahan mampua mengingkatkan kemampuan otak di antara manfaat kesehatan lain untuk meningkatkan kecerdasan. ?Penelitian juga menunjukkan bahwa anak-anak vegetarian tumbuh lebih tinggi dan memiliki IQ lebih tinggi daripada teman-teman sekolahnya, risiko untuk penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan pengyakit lain juga menurun untuk jangka panjang,? ujar para peneliti. Namun, hasil penelitian ini masih menimbulkan pertanyaan. Apakah anak-anak yang cerdas memutuskan akan menjadi vegetarian ketika dewasa nanti, ataukah mereka menjadi vegetarian agar menjadi lebih cerdas. Mereka yang me [...]

3 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tulang

3 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Tulang

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari berolahraga. Selain membakar lemak dan kalori di dalam tubuh, berolahraga dapat membuat tubuh lebih bugar. Disamping itu, manfaat lain dari berolahraga ada membuat tulang lebih kuat dan menjaga kepadatannya.Banyak orang-orang yang tidak menyadari bahwa tulang manusia mempunyai fungsi sebagai penyeimbang otot dan melindungi organ tubuh yang lunak. Tulang juga secara aktif memberikan kontribusi bagi kesehatan dengan cara memproduksi sel-sel darah serta menyimpan cadangan kalsium dan fosfor, dua zat organik yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, tulang juga mempunyai fungsi lain yang menakjubkan yaitu kemampuanya untuk membentuk jaringan sel baru atau regenerasi.Melalui proses regenerasi, tulang manusia perlahan-lahan akan hancur secara terus-menerus dan terbentuk ulang dengan sendirinya setiap sepuluh tahun. Selama itulah tubuh akan membentuk tulang baru untuk menggantikan bagian dalam tubuh yang hilang serta membentuk penyangga tubuh yang terdiri dari fosfat, kalsium dan kolagen.Ketika berada di usia 35 hingga 40 tahun, kekuatan tulang akan melemah lebih cepat daripada proses pembentukannya. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya kepadata [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *