Kisah Biksu yang Menjadi Kaligrafer China

pameran-chan-5-140126b.jpg

Berawal dari ketertarikannya dengan aksara Mandarin yang indah semasa SMP, biksu Chan Master, Chi Chern mulai berkeinginan menjadi kaligrafer.

Pria yang lahir di Malaysia 1955 ini ditahbiskan sebagai biksu oleh Master Zhu Mao. Keterampilan kaligrafinya banyak dianggap orang merupakan warisan dari guru Zhu Mo.

“Sebenarnya shifu tidak pernah mengajari muridnya kaligrafi atau menggambar. Hanya sesekali memberikan pengarahan. Saya bukan belajar di bawah asuhan Shifu, pengarahan shifu yang sesekali itulah yang berpengaruh besar,” kata master Chan saat ditemui dalam acara bertema The Lunar Legacy di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta, ditulis Minggu (26/1/2014).

Chan Master ini mengaku saat Sekolah Menengah Pertama dirinya terkagum-kagum dengan guru bahasa Mandarinya yang menulis aksara bagus di papan tulis.

“Saya terkagum-kagum dengannya sehingga mendorong saya untuk bisa menulis sebagus itu. Saya pun belajar lagi dengan giat,” kata pria yang juga seorang sastrawan dan seniman kaligrafi poci teh ini.

Setelah tamat Sekolah Menengah Atas dirinya menjadi guru sementara dan mulai lagi tertarik dengan kaligrafi. Chan Master pun mulai mempertahankan cara penulisannya dalam jangka waktu panjang.

“Saya masih belajar mengukir beberapa waktu. Kondisi yang mendukung latihan formal justru ketika mengakhiri masa kuliah di Taiwan dan saya pun mempertahankan cara penulisan saya,” kata pria lulusan Universitas Foguang, Taiwan ini.

Akhirnya setelah yakin dengan keahliannya, Chan Master pun mulai berani tampil di pameran tulisan dan lukisan.

“Seingat saya, pameran amal resmi pertama kali diadakan saat usia 45 tahun. Saat itu pameran diadakan dalam kegiatan penggalangan dana untuk perkumpuan muda-mudi Busshist,” katanya.

Antusias masyarakat yang tinggi membuatnya lebih berani tampil di hadapan publik membawa kaligrafi China indahnya.

“Saya menyadari ternyata banyak orang yang suka dengan kaligrafi jadi setiap ada kesempatan, saya pun tidak ragu memperlihatkan hasil karya saya,” ujarnya. Hasil karyanya pernah dilelang dengan harga 250.000 yuan atau setara dengan lebih dari 500 juta.

“Setiap kaligrafi saya adalah hasil tulisan kreatif sehingga banyak yang menaruh mubat besar dan saya pun bersemangat untuk menghasilkan lebih banyak karya dengan penuh kreatifitas. Suasana hati menjadi lebih bebas menggelar pameran untuk kegiatan sosial,” katanya.

Chan Master memperkenalkan kaligrafi sama seperti saat dirinya memperkenalkan buddhisme. “Saya menjadikan kaligrafi sebagai cara untuk memperkenalkan buddhisme sekaligus menjadi penggerak atau motivasi saya. Ibarat perahu mengalir begitu saja dan saya bersyukur,” katanya.

Chan Master telah menggelar pameran di berbagai negara Asia, seperti Malaysia, China, Singapura, Taiwan. Tahun ini giliran Indonesia yang menyaksikan kaligrafi yang indah buatannya.

Masyarakat dapat langsung datang ke Grand Indonesia Shopping Town lantai 1 sky bridge dari tanggal 17 Januari sampai 23 Februari 2014. (Mia/Igw)

Baca Juga :

Imlek di Jakarta akan Diguncang Flashmob 30 Barongsai
Master Kaligrafi Chan Gelar Pameran di Indonesia
Biksu Chi Chern Melukis 50 Kaligrafi dalam 2 Hari
Kisah Biksu yang Menjadi Kaligrafer China

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kecelakaan Kerja Juga Bisa Terjadi Akibat Kurang Minum

Kecelakaan Kerja Juga Bisa Terjadi Akibat Kurang Minum

Normalnya, kebutuhan air minum per hari memang 8 gelas per hari atau 2 liter. Tapi bagi pekerja kantoran dan lapangan, kebutuhan cairannya berbeda. Seperti Liputan6.com kutip dari buku ?Air Bagi Kesehatan? edisi kedua tahun 2012 yang disusun oleh pakar gizi seperti DR. Dr. Budi Iman Santoso, Sp.OG (K), Prof. DR. Ir. Hardinsyah, MS, DR. Dr. Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH, dan Dr. Sudung O. Pardede, Sp.A (K), bahwa kurangnya cairan pada pekerja khususnya di lingkungan panas dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Pakar kesehatan tersebut menilai, pekerja dalam lingkungan panas (3 jam dalam suhu 45 derajat celsius) dan dalam keadaan hipohidrasi atau mengalami pengurangan kecepatan aliran darah dalam otak yang menimbulkan perasaan akan jatuh dalam posisi berdiri. "Untuk menghindari hal tersebut, kebutuhan air pada pekerja dalam lingkungan panas sebesar 6 liter, sedangkan pada mereka yang aktif, butuh lebih dari 6 liter. Untuk pekerja aktif yang berada di lingkungan AC atau dingin sebaiknya mengonsumsi 3 liter air putih. Sedangkan untuk pekerja aktif yang berada di lingkungan dingin, membutuhkan setidaknya 4 liter air putih sehari," tulis pakar kesehatan. [...]

Belajar Bahasa Sama Menggairahkannya dengan Seks

Belajar Bahasa Sama Menggairahkannya dengan Seks

Kesenangan yang didapatkan saat belajar bahasa ternyata sama saat berpikir tentang hal-hal yang berkaitan seks. Hal ini bukan bualan semata melainkan berdasarkan studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology. Pada saat Anda belajar kata-kata baru salah satu bagian dari otak yang aktif adalah striatum ventral. Bagian otak yang sama saat Anda berpikir tentang kesenangan lain termasuk seks, bermain game atau mendapatkan kue yang enak seperti dilansir dari Cosmopolitan pada Jumat (31/10/2014). Para peneliti percaya bahwa hal ini menunjukkan bahwa otak menginginkan Anda untuk semakin banyak belajar kata maupun istilah baru lewat kesenangan yang didapatkan saat membaca. Selain mendapatkan kesenangan, banyak membaca membuat juga membuat Anda jadi banyak makin tahu kan. [...]

Ganja Dilegalkan di Kota New York

Ganja Dilegalkan di Kota New York

Tanpa gembar gembor, Sabtu 5 Juli lalu Gubernur New York, Cuomo menandatangani undang-undang yang melegalkan mariyuana untuk tujuan medis. Hal ini sebelumnya telah disetujui senat dan majelis pada rapat legislatif di bulan Juni. Seperti yang dilansir dari laman Daily News, Selasa (8/7/2014), penandatangan ini membuat New York jadi negara bagian ke 23 di Amerika Serikat yang melegalkan mariyuana untuk pengobatan. Paling tidak butuh 18 bulan lagi agar hal ini berjalan karena kini Departemen Kesehatan di sana sedang menyusun peraturan rinci tentang pembuatan maupun distribusi produk berbahan mariyuana. Dalam undang-undang ini memungkinkan ganja untuk mengobati 10 penyakit serius. Diantaranya kanker, HIV dan AIDS, lou gehrig, parkinson dan huntington, epilepsi, beberapa cedera tulang belakang dan sklerosis. Para dokter yang meresepkan obat dengan bahan mariyuana sebelumnya akan dilatih dan disertifikasi oleh negara. Pasien yang akan mendapatkan pengobatan dengan cara ini pun harus mendaftar terlebih dahulu ke negara. Dalam undang-undang tersebut juga disebutkan bahwa negara bagian hanya memberikan izin terhadap lima perusahaan. Masing-masing perusahaan tersebut hanya diizinkan men [...]

Akibat Makan Berlebihan yang Dibenci Rasulullah SAW

Akibat Makan Berlebihan yang Dibenci Rasulullah SAW

Rasulullah menganjurkan bagi umat-Nya yang berpuasa untuk tidak berbuka dengan makan berlebih. Apalagi jika sampai kesulitan konsentrasi ketika melaksanakan salat Maghrib.Dokter Muhammad Suwardi mengatakan, makan sebaiknya jangan sampai kekenyangan. Karena, akan membuat badan menjadi lemas dan mengantuk. Sesaat setelah makan, terjadi perubahan sirkulasi darah di dalam tubuh."Sirkulasi darah ke lambung dan usus halus akan meningkat dibandingkan sirkulasi ke organ-organ tubuh yang lain," kata Suwardi dalam bukunya berjudul `Solusi Sehat Islami` ditulis Health Liputan6.com, Jumat (4/7/2014)Untuk memasok energi yang besar dalam rangka proses pencernaan, jelas dia, hampir 70 persen energi dialokasikan ke saluran pencernaan. Dengan peningkatan sirkulasi ini, maka suplai oksigen di otak tidak optimal. Sehingga, rasa kantuk akan mudah menyerang kita. Akibatnya, kita menjadi malas untuk bergerak dan beribadah.Bahkan tak jarang, ketika malas bergerak dan rasa kantuk menyerang, ada di antara kita yang mungkin langsung memilih untuk tidur. Padahal, tidur setelah makan juga tidak baik untuk kesehatan kita."Seperti sabda Nabi Muhammad SAW, cairkanlah makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah [...]

Cuti Sekarang, Jangan Tunggu Sampai Anda Sakit

Cuti Sekarang, Jangan Tunggu Sampai Anda Sakit

Stres akibat terlalu banyak bekerja membuat karyawan menjadi gampang sakit. Sebelum hal itu terjadi pada Anda, ada baiknya untuk cepat-cepat mengambil cuti, dan mengistirahatkan tubuh serta pikiran selama beberapa saat.Meski cuti itu perlu dan merupakan hak dari setiap karyawan, tetap saja sejumlah orang enggan untuk mengambilnya, dan lebih senang menggunakan hari libur dalam seminggu untuk mengistirahatkan semuanya. Dr Adam Perlman, Direktur Eksekutif Duke Integrative Medicine, menjelaskan bahwa cuti adalah cara untuk belajar manajemen diri sendiri. Langkah ini diambil, untuk membuat Anda terhindar dari sakit, yang justru akan berdampak buruk bagi pekerjaan dan orang di sekitar Anda."Jangan menunggu sampai Anda benar-benar kehilangan itu, lalu membuat Anda berbohong dan mengaku kalau Anda sedang sakit. Berbohong kepada atasan dan rekan di kantor Anda, tidak baik untuk kesehatan mental. Plus, cara seperti ini tidak membantu Anda sama sekali," kata Adam seperti dikutip CNN, Jumat (13/6/2014)Lebih lanjut Adam mengatakan, kebanyakan dari para karyawan bingung apa alasannya untuk mengambil cuti. Dan mereka tidak tahu, bagaimana cara untuk mengetahui apakah benar kondisinya sudah sampai [...]

Menkes : Kartu Indonesia Sehat Tak Akan Ubah Prinsip BPJS

Menkes : Kartu Indonesia Sehat Tak Akan Ubah Prinsip BPJS

Menteri Kesehatan Nila Moeloek menegaskan bahwa bila program Kartu Indonesia Sehat berlaku (KIS), tidak akan mengubah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial mengingat hal tersebut telah diatur dalam undang-undang. Namun ia tidak menampik bila ke depannya mungkin akan ada perubahan sistem. "Tidak akan ada yang berubah. BPJS itu diatur undang-undang. Hanya sistemnya saja mungkin yang kita akan lihat dan atur lagi. Mungkin belum sempurna. Ini baru 2014," kata menkes di sela-sela acara serah terima jabatan di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (28/10/2014). Menkes mengatakan, ia dan jajarannya masih akan melihat atau mengoreksi sistem jaminan kesehatan yang ada saat ini. "Banyak pengalaman ataupun kita analisa dan koreksi kembali, saya kira BPJS tidak akan berubah," tegasnya. [...]

Pelajar Universitas Cambridge Pamer Bokong seperti Kim Kardashian

Pelajar Universitas Cambridge Pamer Bokong seperti Kim Kardashian

Pamer bokong yang dilakukan Kim Kardashian di majalah Paper baru-baru ini, mendorong para mahasiswa Universitas Cambridge melakukan hal serupa.Dalam kompetisi bertajuk `Cambridge`s Best Bums`, mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas yang dikenal karena tingkat intelektual secara sukarela memamerkan bokong mereka. Hal-hal gila mereka lakukan, demi memenangkan kompetisi ini. Misalnya saja seperti yang dilakukan seorang mahasiswa yang tak ingin disebutkan namanya. Agar terlihat total dan semirip mungkin dengan pose Kim Kardashian di majalah paper, dia menggunakan kain berwarna hitam untuk menutup setengah bagian tubuh bawah, dan juga mengenakan sarung tangan panjang berwarna senada.Seorang mahasiswa jurusan Politik bernama Thomas yang dikenal oleh rekan-rekannya sebagai sosok yang gemar membaca, turut melakukan aksi pamer bokong di atas jembatan sambil bercermin di air. Dilansir dari laman Daily Mail, Selasa (25/11/2014), mereka pun tidak marah ketika pose-pose berani yang mereka tunjukkan dimasukkan ke dalam situs kampus. Nantinya, rekan-rekan mereka akan memilih siapa yang layak dijadikan pemenang. [...]

Wireless Armour, Celana Boxer Pelindung Sperma dari Radiasi

Wireless Armour, Celana Boxer Pelindung Sperma dari Radiasi

Pria sering menyimpan telepon selulernya (ponsel) di saku. Padahal, radiasi yang ditimbulkan bisa mengurangi jumlah sperma. Namun, dengan mengenakan celana ini diharapkan bisa melindungi bagian berharga Anda.Sejak adanya ponsel, setiap orang jadi berhubungan dengan perangkat wireless (nirkabel). Setidaknya rata-rata setiap orang memiliki dua perangkat nirkabel dan dekat dengannya selama 24 jam sehari.Padahal, radiasi elektromagnetik ini sering dikaitkan dengan gangguan kesuburan pada pria. Memang penelitian tentang sperma tersebut belum cukup meyakinkan. Tapi, celana boxer itu bermerek Wireless Armour dirancang untuk menangkis radiasi elektromagnetik yang dipancarkan perangkat mobile sehingga sperma Anda tetap terjaga.Perancangnya menggunakan bahan unik yang bisa memblok 99 persen radiasi elektromagnetik yang dipancarkan ponsel. Mereka melakukannya dengan memasukkan serat perak murni yang ditenun.Seperti dilansir HuffingtonPost, Minggu (4/5/2014), celana Wireless Armour tak hanya melindungi penggunanya dari radiasi tapi juga aroma yang tak terlihat. Penciptanya mengklaim celana bisa menjaga penggunanya tetap segar karena sifat antimikrobanya. [...]

Menkes : Kalau JKN Memiskinkan Dokter, Buktikan!

Menkes : Kalau JKN Memiskinkan Dokter, Buktikan!

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mempersilakan pihak yang keberatan dengan penetapan tarif kapitasi dalam sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dianggap memiskinkan dokter."Saya sering dihujat. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 69/2013 itu (salah satunya mengatur tarif kapitasi dokter) memang tanggung jawab saya. Saya yang tanda tangan," katanya di Semarang, seperti dikutip dari Antara, Rabu (5/2/2014). Hal itu diungkapkannya di sela "Ramah Tamah dan Dialog Menteri Kesehatan RI dengan Jajaran Kesehatan di Jawa Tengah" yang digelar di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi SemarangPermenkes Nomor 69/2013 tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan.Nafsiah mengaku bersedia merevisi permenkes tersebut, asalkan bisa membuktikan jika tarif biaya kapitasi yang diterima dokter, sebagaimana diatur dalam regulasi itu, memiskinkan dokter."Saya mau mengubah. Masih ada waktu. Buktikan pada saya, saudara (pihak yang keberatan, red.) mengutamakan pelayanan pada pasien, bukan kepentingan lain. Buktikan saya memiskinkan saudara," katanya.Ia menjelaskan Permenkes No [...]

Tarif RS Sekarang Sulit Dipahami, Tapi Untungkan Pasien

Tarif RS Sekarang Sulit Dipahami, Tapi Untungkan Pasien

Meski sulit dipahami bagi masyarakat umum ataupun tenaga kesehatan, perubahan tarif RS saat ini dinilai lebih menguntungkan pasien dan meningkatkan mutu pelayanan di RS. Seperti disampaikan oleh Ketua National Casemix Center (NCC) dr. Bambang Wibowo, Sp.oG (K) bahwa tarif paket yang disebut InaCBGs (Indonesia Case Base Group) merupakan tarif yang seragam agar setiap orang mendapatkan harga dan pelayanan kesehatan yang sama. "Dulu dengan pola Fee For Service setiap pasien harus bayar setiap aktivitas selama dirawat termasuk obat dan jasa dokter. Jika kita menggunakan pola ini terus, akan terjadi over treatment (kelebihan pemeriksaan), over utility (kelebihan alat/teknologi) dan over precription (kelebihan obat). Sehingga ada kecenderungan RS mencari untung sebesar-besarnya dan membebankan semua biaya pada pasien," jelas Bambang saat temu media di Kantor BPJS Kesehatan, Kamis (6/3/2014). Dibanding dengan pola tarif paket yang berlaku saat ini, Bambang melanjutkan, sistem InaCBGs memang perlu pemahaman lebih dan tidak mudah karena konsepnya berbeda 180 derajat dengan pola pelayanan kesehatan terdahulu. "Persoalannya pemahaman. Ini konsepnya berbeda. Selain pengelompokkan penyakit [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *