Kisah Biksu yang Menjadi Kaligrafer China

pameran-chan-5-140126b.jpg

Berawal dari ketertarikannya dengan aksara Mandarin yang indah semasa SMP, biksu Chan Master, Chi Chern mulai berkeinginan menjadi kaligrafer.

Pria yang lahir di Malaysia 1955 ini ditahbiskan sebagai biksu oleh Master Zhu Mao. Keterampilan kaligrafinya banyak dianggap orang merupakan warisan dari guru Zhu Mo.

“Sebenarnya shifu tidak pernah mengajari muridnya kaligrafi atau menggambar. Hanya sesekali memberikan pengarahan. Saya bukan belajar di bawah asuhan Shifu, pengarahan shifu yang sesekali itulah yang berpengaruh besar,” kata master Chan saat ditemui dalam acara bertema The Lunar Legacy di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta, ditulis Minggu (26/1/2014).

Chan Master ini mengaku saat Sekolah Menengah Pertama dirinya terkagum-kagum dengan guru bahasa Mandarinya yang menulis aksara bagus di papan tulis.

“Saya terkagum-kagum dengannya sehingga mendorong saya untuk bisa menulis sebagus itu. Saya pun belajar lagi dengan giat,” kata pria yang juga seorang sastrawan dan seniman kaligrafi poci teh ini.

Setelah tamat Sekolah Menengah Atas dirinya menjadi guru sementara dan mulai lagi tertarik dengan kaligrafi. Chan Master pun mulai mempertahankan cara penulisannya dalam jangka waktu panjang.

“Saya masih belajar mengukir beberapa waktu. Kondisi yang mendukung latihan formal justru ketika mengakhiri masa kuliah di Taiwan dan saya pun mempertahankan cara penulisan saya,” kata pria lulusan Universitas Foguang, Taiwan ini.

Akhirnya setelah yakin dengan keahliannya, Chan Master pun mulai berani tampil di pameran tulisan dan lukisan.

“Seingat saya, pameran amal resmi pertama kali diadakan saat usia 45 tahun. Saat itu pameran diadakan dalam kegiatan penggalangan dana untuk perkumpuan muda-mudi Busshist,” katanya.

Antusias masyarakat yang tinggi membuatnya lebih berani tampil di hadapan publik membawa kaligrafi China indahnya.

“Saya menyadari ternyata banyak orang yang suka dengan kaligrafi jadi setiap ada kesempatan, saya pun tidak ragu memperlihatkan hasil karya saya,” ujarnya. Hasil karyanya pernah dilelang dengan harga 250.000 yuan atau setara dengan lebih dari 500 juta.

“Setiap kaligrafi saya adalah hasil tulisan kreatif sehingga banyak yang menaruh mubat besar dan saya pun bersemangat untuk menghasilkan lebih banyak karya dengan penuh kreatifitas. Suasana hati menjadi lebih bebas menggelar pameran untuk kegiatan sosial,” katanya.

Chan Master memperkenalkan kaligrafi sama seperti saat dirinya memperkenalkan buddhisme. “Saya menjadikan kaligrafi sebagai cara untuk memperkenalkan buddhisme sekaligus menjadi penggerak atau motivasi saya. Ibarat perahu mengalir begitu saja dan saya bersyukur,” katanya.

Chan Master telah menggelar pameran di berbagai negara Asia, seperti Malaysia, China, Singapura, Taiwan. Tahun ini giliran Indonesia yang menyaksikan kaligrafi yang indah buatannya.

Masyarakat dapat langsung datang ke Grand Indonesia Shopping Town lantai 1 sky bridge dari tanggal 17 Januari sampai 23 Februari 2014. (Mia/Igw)

Baca Juga :

Imlek di Jakarta akan Diguncang Flashmob 30 Barongsai
Master Kaligrafi Chan Gelar Pameran di Indonesia
Biksu Chi Chern Melukis 50 Kaligrafi dalam 2 Hari
Kisah Biksu yang Menjadi Kaligrafer China

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Rokok Istana yang Khusus Beredar di Istana Presiden Menuai Kritik

Rokok Istana yang Khusus Beredar di Istana Presiden Menuai Kritik

Pernah melihat rokok eksklusif yang didesain khusus untuk istana presiden? Meski bukan barang baru di pemerintah, rokok khusus ini memiliki logo burung Garuda Indonesia dan bertuliskan Istana Presiden. Menanggapi rokok tersebut, Sosiolog dari Universitas Indonesia, Imam Prasodjo mengaku kecewa dan mengecap hal tersebut sebagai pembiaran dan pengkhianatan kaum intelektual. Sebab undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan jelas menuliskan bahwa rokok mengandung zat adiktif."Sejumlah jurnal jelas menulis bahwa asap rokok mengandung 4000 bahan kimia, 69 diantaranya menyebabkan kanker paru, penyakit jantung dan penyakit pernapasan. Jadi bagaimana bisa istana memiliki rokok khusus kalau bukan namanya pembiaran. Ini merusak generasi penerus," tegasnya. Selain menyasar pejabat istana, Imam juga pernah mengkritik rokok partai dan rokok Kostrad yang sempat heboh beberapa tahun silam. Menurutnya, hal tersebut tidak pantas dilakukan sebab rokok bukan hanya merugikan perokok tapi orang lain yang menghisap asapnya. Berikut penampakan rokok-rokok khusus istana yang berhasil didokumentasikan Imam: 1. Rokok Mild-Sampoerna 2. Rokok Surya Filter 3. Rokok Djarum 4. Rokok Dj [...]

Alami penyakit Langka, Bocah Ini Sumbang 1.000 Mainan

Alami penyakit Langka, Bocah Ini Sumbang 1.000 Mainan

Memiliki penyakit langka, sepertinya tidak menjadi halangan bagi Casey Abrams (11) untuk berbuat baik pada sesama. Bagaimana tidak, dengan tulus dia menyumbangkan 1.000 mainan untuk pasien di Mattel Children Hospital UCLA. Seperti diberitakan Foxnews, Kamis (25/12/2014), Casey diketahui memiliki penyakit usus langka, progresif dan degeneratif yang membuatnya bolak-balik RS sejak lahir. Meski kondisinya juga mengkhawatirkan, namun sejak usianya 6 tahun Casey memutuskan untuk membantu anak-anak lain. Dia pikir, anak-anak di RS senasib dengannya karena tidak bisa merayakan Natal bersama keluarga besar di rumah. "Saya melakukannya karena saya tahu bagaimana rasanya berada di rumah sakit saat Natal, dan saya ingin membawa mereka sukacita, kata Casey saat diwawancarai sebuah stasiun televisi. [...]

Top 5 Health: Pria dan Masalah Bercinta

Top 5 Health: Pria dan Masalah Bercinta

Bagi pria performa bercinta adalah hal yang sangat penting. Baik untuk kebutuhan biologis maupun demi kepercayaan dirinya terhadap pasangannya. Itulah mengapa artikel yang mengulas tentang pria dan masalah seks selalu menjadi perhatian pembaca. Bukan cuma pria lho yang perlu tahu soal bercinta, wanita pun demikian. Karena wanita terkenal lebih rumit dalam menikmati seks, membuat tips-tips tentang bagaimana bisa menikmati hubungan intim juga dari perhatian pembaca.Berikut 5 artikel populer health edisi Sabtu 27 September 2014:8 Kesalahan Pria Soal SeksTidak ada pria yang buruk dalam hal bercinta. Yang ada hanya pria yang ceroboh. Berikut beberapa tips yang bisa menaikkan nilai para pria di depan wanita.5 Mitos dan Fakta tentang Kesuburan PriaKeberadaan seorang anak seringkali dijadikan indikator kesuburan seorang pria. Yang tidak langsung berpengaruh pada ?kesejatian? seorang pria. Tak heran banyak pria yang mati-matian berusaha agar punya anak supaya bisa menyandang predikat pria sejati. 4 Fakta Buah Tidak Cocok untuk BerdietSebelum Anda berpikir bahwa buah-buahan akan membuat Anda menjadi ramping, sebaiknya perhatikan sejumlah fakta tentang buah-buahan ini.5 Penghancur Kenikmat [...]

5 Tanda Anda Bekerja Terlalu Keras

5 Tanda Anda Bekerja Terlalu Keras

Tidak ada salahnya dengan bekerja keras. Yang salah adalah bekerja keras yang berlebihan. Sebab, seperti studi baru dari Universitas Georgia, AS, bekerja terlalu keras bukan hanya menggangu kesehatan, tetapi juga kebahagiaan Anda. Jadi, pertanyaannya dimanakah garis pembatas antara kerja keras dan kerja terlalu keras? Berikut 5 tanda jika Anda bekerja terlalu keras seperti dilansir oleh Fox News, Senin (24/11/2014). 1. Merasa bersalah saat menonton pertandingan pada hari Minggu Hari Minggu biasanya adalah saat yang tepat untuk menonton pertandingan, baik itu sepakbola, bola basket, hingga balapan MotoGP. Nah, jika Anda merasa cemas dan bersalah karena menonton pertandindang tersebut dan selalu memikirkan pekerjaan, itu artinya Anda terlalu bekerja keras. Jelas sikap semacam itu tidak baik. Sikap semacam ini jelas menunjukkan bahwa anda bahkan tidak bahagia ketika berada di rumah. 2. Tidak benar-benar mencapai sesuatu Jika Anda berpikir kerja keras membuat Anda lebih baik dari orang lain, pikirkan ulang. Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang bekerja lebih panjang justru lebih sedikit menghasilkan sesuatu. Untuk menyiasatinya, gunakanlah catatan to do list agar Anda melak [...]

Seberapa Ampuh Fogging Cegah DBD?

Seberapa Ampuh Fogging Cegah DBD?

Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) bisanya dilakukan dengan 3 M yakni menutup, menguras, dan mengubur. Tapi, fogging selalu menjadi pilihan masyarakat. Ampuhkan cara tersebut?Dalam acara `SOHO #BetterU: Waspadai Kebocoran Plasma Saat DBD` di Jakarta, ditulis Kamis (12/6/2014), Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. dr. Leonard Nainggolan, SpPD-KPTI mengatakan bahwa fogging hanya membunuh nyamuk dewasa dan tidak membunuh larva (jentik-jentik). Sebab, untuk membunuh jentik harus diberikan larvasida."Karena nyamuk dewasa yang bisa menyebabkan demam berdarah maka fogginglah yang harus diberikan. Sedangkan jentik-jentik tidak, karena keberadaannya di genangan air," kata Leonard.Meski fogging masih menjadi salah satu cara pencegahan populer, Leonard mengingatkan agar kita lebih waspada dan hati-hati karena banyak efek sampingnya. Bila terhirup akan membuat saluran napas kita terganggu dan jika terhirup terlalu banyak akan membuat kita sesak napas."Kalau kita menggunakan larvasida untuk membunuh jentik tidak juga ditambah fogging maka tidak akan bisa mencegah dengan sangat baik," kata Leonard menerangkan.Tapi kini, mengetahui fogging memiliki efek s [...]

Zamannya Bungkus Rokok Seram

Zamannya Bungkus Rokok Seram

24 Juni 2014 menjadi tanggal penting bagi Kesehatan. Pada tanggal tersebut, sesuai PP 109 tahun 2012, semua industri rokok harus memiliki peringatan informasi kesehatan berupa gambar di kemasan rokok. Sayangnya, fakta di lapangan awalnya sangat mengkhawatirkan, karena kurang dari 50 persen industri rokok yang taat. Selain itu, banyak perokok yang mengatakan gambar seram di bungkus rokok tak membuat takut dan jera untuk kembali merokok.Simak artikel Kaleidoskop Health Juni: Era Bungkus Rokok Seram DimulaiJika ingin update dengan berita-berita tentang kesehatan, baca kanal Health Liputan6.com di sini!Berikut videonya: [...]

Seberapa Putih Kulit Kita Bisa Diganti?

Seberapa Putih Kulit Kita Bisa Diganti?

Warna kulit tidak bisa diganti sesuka hati kita. Bila kita memiliki kulit sawo matang, sulit rasanya untuk membuat kulit berubah menjadi warna putih bangkoang. Apa pun cara yang ditempuh akan dirasa percuma."Sebetulnya, warna kulit itu sudah ditentukan pada masing-masing individu. Tidak bisa kita membuat kulit yang biasanya saja, menjadi putih banget," kata Dr. Gloria Novelita, SpKK kepada Health-Liputan6.com, Sabtu (4/10/2014)Lebih lanjut Dr. Gloria menerangkan, jika kita ingin melihat dapat seputih apa kita mengganti warna kulit yang sudah, maka coba lihat area tubuh yang tidak pernah terkena sinar matahari. "Biasanya pada daerah pinggang dan dada. Itu merupakan putih maksimal yang bisa kita capai," kata Ahli Perawatan Kulit dari Beyoutiful Aesthetic Clinic, Jakarta.Lagipula, lanjut Gloria, kuning langsat, putih, putih kemerahan, atau putih kekuningan khas Tionghoa, merupakan terminologi saja. Karena sebenarnya, warna kulit itu adalah spektrum."Tipe kulit itu sebenarnya 5 berdasarkan warna. Tipe pertama itu warna kulit bule yang putih kemerahan dan matanya biru atau hijau. Tipe kedua adalah putih kekuningan langsat. Dan yang terakhir adalah tipe kulit negro," kata Gloria."Asia bi [...]

Sensor Ini Tahu Berapa Kali Kita Menatap Payudara Perempuan

Sensor Ini Tahu Berapa Kali Kita Menatap Payudara Perempuan

Payudara merupakan aset berharga yang dimiliki seorang perempuan. Tanpa disadari, setiap hari lebih dari lima orang yang ditemui di jalan menatap payudara milik orang lain, walau hanya sebentar. Untuk membuktikan fakta itu, Perusahaan Consummer goods, Nestle memasang kamera tersembunyi pada bra seorang sukarelawan perempuan di London, Inggris.Dalam video berjudul `Hidden Bra Camera Shows How Many Times Breast are Ogled` begitu terlihat jelas bagaimana para laki-laki menguasai `seni` bermain mata untuk memandang payudara dari relawan perempuan itu. Meski sesama perempuan ada juga yang menatap payudara sang relawan, tapi jumlahnya tak sebanyak laki-laki. Dalam satu hari, sensor pada kamera tersembunyi di balik bra berwarna merah jambu mencatat 36 orang laki-laki menatap payudara sang relawan tak lebih dari 1 detik.Video berdurasi 1 menit 18 detik yang merupakan kampanye terbaru dari Nestle Fitness untuk mendorong perempuan agar mau memeriksakan payudara mereka sendiri agar terhindar dari kanker payudara, memperlihatkan bagaimana sang relawan berkeliling kota London, dan memasuki setiap toko serta tempat yang banyak pengunjungnya untuk mencari `korban`. Menariknya, sesama perempuan ju [...]

Agar Makan Opor Saat Lebaran Tak Berakibat Buruk

Agar Makan Opor Saat Lebaran Tak Berakibat Buruk

Usai sebulan berpuasa, akhirnya bebas sepuasnya makan seperti biasa. Malah makanan yang disajikan saat Lebaran sunnguh menggugah selera. Namun perlu diingat, usai makan opor ayam maupun sambel goreng ati serta menu lain khas Lebaran untuk tetap makan makanan sumber serat terbaik seperti sayur dan buah. Makanan berserat punya peranan penting untuk tubuh lebih dari Anda kira. Menurut dr. Phaidon L. Toruan M.M dan dr Widya Murni, MARS dalam buku Rahasia Terkini Awet Sehat menjelaskan pentingya serat seperti ditulis Health Liputan6.com Senin, (28/7/2014). 1. Bebas gendutSerat sebenarnya adalah karbohidrat yang tak mampu dicerna oleh manusia. Makanan kaya serat memperlambat pelepasan karbohidrat sehingga tubuh akan efisien mengolah energi. Energi akan digunakan dan bukan malah disimpan yang membuat seseorang gendut. 2. Menyapu sampah di ususBuah dan sayur yang kaya serat berfungsi untuk "menyapu" makanan membusuk yang ada di usus, misalnya daging merah. Selain itu, makanan berserat memabtu tubuh membuang bakteri dan virus yang tidak diperlukan tubuh. Sehingga imunitas seseorang jadi baik jauh dari penyakit. [...]

Cara Ampuh Usir Keringat Berlebih

Cara Ampuh Usir Keringat Berlebih

Selain membuat Anda tidak nyaman, keringat berlebih juga akan membuat Anda malu. Cuaca yang super panas, dan kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh, menyebabkan hal ini terjadi. Tapi, bagaimana jika kondisi ini dirasakan hampir setiap hari?Dr Manny Alvarez selaku Konsultasi Kesehatan dari Fox News mengatakan bahwa kondisi seperti ini disebut dengan hiperhidrosis dan memengaruhi banyak orang. Menurut Manny, bila Anda mengalami hal seperti ini tak perlu khawatir, sebab sudah ada beberapa pengobatan yang efektif mengurangi kondisi seperti ini.Berikut jenis-jenis pengobatan seperti dikutip laman Fox News, Selasa (4/3/2014) Antiperspirant yang mengandung aluminium klorida Obat-obatan oral dan topikal Lonophoresis yang merupakan prosedur yang memberikan arus listrik yang rendah ke daerah-daerah berkeringat, sementara pasien direndam dalam air Suntikan botox untuk melumpuhkan kelenjar keringat Dan untuk kasus yang parah, operasi pun dapat dilakukan untuk menghilangkan kelenjar keringat. "Tapi, pastikan Anda berbicara terlebih dulu oleh dokter, agar dapat membantu Anda memilih pengobatan yang tepat," kata dia menekankan. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *