Kolesterol Turun dengan Kedelai

Kolesterol-Turun-dengan-Kedelai.jpg

Kedelai merupakan salah satu jenis tanaman polong-polongan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Terdapat berbagai jenis olahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai seperti susu kedelai, tempe, tahu, kecap, dan yoghurt. (Baca: Kolesterol)

Kandungan Nutrisi pada Kedelai

Kedelai mengandung tiga makro-nutrien utama yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu protein, karbohidrat, dan lemak. Selain itu juga terdapat kandungan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, asam folat, dan zat besi. (Baca: Kolesterol)

Kedelai memiliki keunggulan dibandingkan dengan nabati lainnya yaitu mengandung semua jenis asam amino esensial/protein yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan asam amino pada kedelai memiliki kualitas yang hampir sama dengan daging, susu, dan telur. Maka dari itu kedelai disebut sebagai sumber protein nabati utama. (Baca: Kolesterol)

Kedelai juga mengandung asam lemak tak jenuh yang tinggi, asam lemak jenuh rendah, tinggi serat, bebas laktosa, bebas kolesterol, omega-3, dan anti-oksidan.

Kedelai mengandung beberapa jenis phytoestrogen, salah satunya isoflavon. Isoflavon mengandung banyak anti-oksidan dan memiliki efek yang menyerupai hormon estrogen. (Baca: Kolesterol)

Lalu, apa saja manfaat kedelai bagi kesehatan?

Kolesterol Turun dengan Kedelai

Manfaat kedelai bagi kesehatan:

  1. Mengurangi gejala menopause
    Gejala berupa hot flushes (kulit merah dan berkeringat banyak), gangguan emosional, dan vagina kering. Dalam hal ini, phytoestrogen diduga memiliki peranan ringan sebagai terapi pengganti hormon estrogen.

  2. Mengurangi risiko penyakit jantung koroner
    Menurut penelitian, konsumsi 20 g ? 61 g protein kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol total, LDL (lemakjahat), dan trigliserida secara signifikan, dan meningkatkan kadar HDL (lemakbaik) dalam darah.

  3. Menurunkan tekanan darah

  4. Mencegah osteoporosis

  5. Mencegah kanker
    Isoflavon yang merupakan antioksidan berperan dalam mencegah penyakit kanker, seperti kanker payudara, usus, prostat, dan kulit.

  6. Meningkatkan daya ingat

Jumlah Kebutuhan per Hari

Pemberian 30-50 mg isoflavon per hari dinilai cukup untuk memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah contoh rata-rata kandungan isoflavon yang terkandung dalam beberapa makanan: (Baca: Kolesterol)

  • Setengah gelas kacang kedelai: 40-75 mg isoflavon

  • Satu gelas susu kedelai (250 ml): 15-60 mg isoflavon

  • Satu potong (115 g) tahu: 13-43 mg isoflavon

  • Satu potong (110 g) tempe: 41 mg isoflavon

  • Satu sendok teh kecap: 0,4-2,2 mg isoflavon

  • Satu gelas yoghurt kedelai: 26 mg isoflavon

Hati-hati dalam memilih makanan, produk kedelai yang difermentasi seperti kecap biasanya mengandung kadar garam yang tinggi.Jangan mengkonsumsi kedelai jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap kedelai. (Baca: Kolesterol)

Baca juga:

  • 4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol

  • Beras Merah dan Anti-Stroke

  • Serba – Serbi Tentang Kolestrol

  • Menurunkan Kolesterol

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Ketahui 5 Kandungan Berbahaya yang Ada di Dalam Shampo

Ketahui 5 Kandungan Berbahaya yang Ada di Dalam Shampo

Kebanyakan orang membeli shampo berdasarkan jenis rambut serta aromanya. Mereka tidak terlalu memperhatikan kandungan dalam shampo tersebut. Padahal ada beberapa bahan yang perlu diwaspadai karena cukup berbahaya untuk kulit kepala.Untuk itu, Anda perlu cermat sebelum membeli shampo. Sebaiknya baca kandungannya terlebih dahulu demi menjaga kesehatan rambut dan kulit. Seperti yang dilansir dari Healthmeup, ini dia lima bahan berbahaya yang ada di dalam shampo.1. Sodium Lauryl/Laureth SulfateShampo yang mengandung bahan ini perlu diwaspadai karena bahan kimia Sodium Lauryl sering dipakai untuk deterjen dan digunakan sebagai bahan pembersih di beberapa industri. Selain itu, dampak terburuknya bisa berubah menjadi karsinogenik (zat penyebab kanker).2. DietanolaminaBahan kimia ini dapat membentuk karsinogenik yang memicu kanker. Karsinogenik bisa menyebabkan kanker secara langsung dengan cara bermutasi pada DNA sel tubuh atau secara tidak langsung melalui pembelahan sel sehingga gagal menciptakan sel yang sempurna. Kegagalan itu menyebabkan timbulnya sel kanker.3. ParabensKandungan Parabens memang dapat mempengaruhi tingkat estrogen yang membuat hormon menjadi tidak seimbang. Paraben [...]

Tingkatkan Metabolisme Tubuh dengan Cara Ini

Tingkatkan Metabolisme Tubuh dengan Cara Ini

Metabolisme tubuh yang baik dapat meningkatkan kesehatan Anda. Metabolisme merupakan proses mengubah nutrisi makanan dan kalori menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas.Anda bisa meningkatkan metabolisme dengan mengikuti lima tips berikut ini, seperti dikutip Ourvanity.Makan Sering Tapi SedikitPara ilmuwan menemukan bahwa rata-rata orang harus makan lima hingga enam kali sehari. Makan camilan sehat, seperti buah dan sayur sangat dianjurkan. Kandungan nutrisi dan gizi sangat diperhatikan pada saat sarapan dan makan malam.Minum Air 10 menit Sebelum Makan & 30 Menit SetelahnyaAir tiga kali lebih mudah mengalami pembuangan dibanding makanan. Jika Anda banyak minum akan lebih cepat mengencerkan makanan dalam tubuh, sehingga proses pembuangan lebih cepatMandi dengan ShowerMandi dengan shower bagus untuk proses metabolisme. Selain baik untuk metabolime, mandi dengan pancuran air dapat membuat kulit lembut dan meningkatkan sirkulasi darah.LemonLemon merupakan buah yang baik untuk meningkatkan imunitas. Selain itu buah asam ini juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh.AromaterapiAromaterapi yang didapat dari minyak esensial dapat dapat meningkatkan metabolime t [...]

Mitos & Fakta Tentang Wasir

Mitos & Fakta Tentang Wasir

Wasir adalah penyakit dengan pembuluh darah di sekitar anus teriritasi dan meradang. Penyebabnya ada berbagai macam. Sembelit, diare, terlalu banyak duduk, serta kehamilan adalah beberapa di antara penyebab umum munculnya wasir. Keluhan dari para penderitanya adalah tidak nyaman ketika duduk dan nyeri ketika mengejan saat BAB. Wasir adalah penyakit umum yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Meski begitu, banyak yang masih tidak mengerti tentang penyakit ini. Terlalu banyak mitos yang dipercayai oleh masyarakat tanpa mengecek kebenarannya. 1. Mitos: Wasir Menyebabkan Kanker Hal ini tidak sepenuhnya benar. Wasir disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus sementara kanker disebabkan oleh perubahan dan sel menjadi tidak normal. Karena penyebabnya berbeda, pengobatannya pun berbeda. Namun, harap dicatat, meskipun wasir bukan penyakit yang mengancam nyawa, bila tidak segera diobati akan menjadi fatal. Beberapa Fakta dan Mitos Wasir Lainnya: 2. Mitos: Makanan Pedas Menyebabkan Wasir Mitos ini sama sekali tidak benar. Meskipun mengonsumsi makanan pedas menyebabkan sakit perut dan diare tapi tidak menjadi penyebab langsung wasir. Namun, jik [...]

Manfaat Teh Hijau Bagi Pengguna Kawat Gigi

Manfaat Teh Hijau Bagi Pengguna Kawat Gigi

Oleh: drg. Martha Mozartha Jika Anda sedang menjalani perawatan orthodontik (kawat gigi/behel), rajin berkumur dengan teh hijau sepertinya dapat membantu Anda terhindar dari peradangan gusi. Suatu penelitian yang dipublikasikan pada seminar ilmiah KPPIKG 2013 baru-baru ini membuktikan bahwa berkumur dengan teh hijau dapat menurunkan kadar aspartat aminotransferase (AST) pada pasien orthodontik. AST adalah suatu enzim yang dapat ditemukan di sel darah merah, hati, jantung, jaringan otot dan ginjal. Dahulu AST dikenal sebagai SGOT (serum glutamic oxaloacetic transaminase). Jika terjadi peradangan pada jaringan tubuh, kadar AST yang dilepas akan meningkat. Peradangan pada jaringan periodontal (penyangga gigi meliputi gusi dan tulang) dapat terjadi pada pasien orthodontik. Hal ini umumnya terjadi karena adanya bracket (behel) pada gigi menyulitkan pembersihan gigi, sehingga plak (kotoran gigi) menumpuk dan menyebabkan gusi meradang. Selain itu, pergerakan gigi geligi yang dipasangkan kawat pada pasien orthodontik juga dapat menyebabkan peradangan pada jaringan periodontal. Peradangan pada jaringan penyangga gigi pasien orthodontik dapat dievaluasi dengan memeriksa kadar AST pada cairan [...]

Tes Pre-eklamsia Dini

Tes Pre-eklamsia Dini

Kondisi kehamilan beresiko akibat pre-eklamsia kini telah mampu di prediksi sedini mungkin sehingga dapat mencegah segala komplikasi pada kesehatan ibu dan bayi. Penelitian ini di publikasikan dalam pertemuan tahunan the American Society of Nephrology terhadap 300 wanita, dikutip dari BBC News Health (12/11). Meningkatnya tekanan darah dan kelebihan kadar protein dalam urin ibu hamil merupakan kondisi serius yang biasa disebut pre-eklamsia. Bila tidak dimonitor secara khusus oleh dokter ahli kandungan, ibu dan bayi bisa berada dalam keadaan bahaya yang mengancam jiwa keduanya. Untuk itu seringkali dokter menganjurkan agar anak segera dilahirkan apabila gejala pre-eklamsia terjadi di minggu-minggu akhir kehamilan, dan melarang segala aktifitas ibu hamil apabila pre-eklamsia terjadi di awal kehamilan agar dapat memperpanjang kehamilan hingga bayi dianggap cukup kuat untuk dilahirkan. Bahkan tidak jarang pre-eklamsia berlanjut hingga setelah kelahiran sebagai kondisi eklamsia yang juga mengancam jiwa. Hingga kini penyebab pre-eklamsia masih sebatas kemungkinan dan hipotesis semata, tak ayal banyak para dokter belum dapat merawat ibu hamil dengan pre-eklamsia sebelum terjadinya gejala [...]

17 April – WORLD HEMOPHILIA DAY: Anak Mudah Lebam, Hati-Hati Hemofilia

17 April – WORLD HEMOPHILIA DAY: Anak Mudah Lebam, Hati-Hati Hemofilia

Apakah Anda pernah mendengar penyakit ?Hemofilia?? Hemofilia merupakan sebuah penyakit pembekuan darah yang dapat diturunkan. Terdapat beberapa gangguan perdarahan, salah satunya hemofilia. Mari kita kenali apa itu hemofilia, gejala hemofilia dan penanganan awal jika terjadi perdarahan pada kelainan ini. (Baca: Serba-serbi Hemofilia) Apa itu Hemofilia? Hemofilia adalah gangguan pembekuan darah, dimana proses pembekuan darah berjalan ?lebih lambat? dari seharusnya. Tubuh kita memerlukan faktor pembekuan untuk menjaga kestabilan darah. Jika tubuh manusia kekurangan faktor pembekuan darah, seperti dalam kasus hemofilia, maka akan terjadi peningkatan kejadian perdarahan pada tubuh. Terdapat dua tipe hemofilia yaitu hemofilia A (kekurangan faktor pembekuan delapan) dan hemofilia B (kekurangan faktor pembekuan sembilan). Secara epidemiologis, angka kejadian hemofilia A jauh lebih tinggi dibanding hemofilia B. Apa Saja Gejala Hemofilia? Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, hemofilia adalah gangguan pembekuan darah. Karena itu, keluhan yang umumnya timbul adalah keluhan terkait perdarahan. Tanda khas untuk hemofilia adalah hemartrosis. (Baca: Waspadai Gumpalan Darah) Apa itu Hemart [...]

Beda Warna Buah & Sayur, Lain Pula Khasiatnya

Beda Warna Buah & Sayur, Lain Pula Khasiatnya

Buah dan sayuran yang beraneka warna diciptakan bukan tanpa sebab. Setiap warna mengandung nutrisi dan manfaat yang berbeda. Penting bagi Anda untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang bervariasi agar nutrisi tetap seimbang. Apa saja manfaat warna di dalam buah dan sayuran? Ini penjelasannya, seperti dikutip dari Care 2.1. MerahBuah dan sayuran berwarna merah terbentuk dari pigmen yang bernama lycopene. Lycopene merupakan zat ampuh penangkal radikal bebas yang berfungsi mengurangi risiko kanker dan penyakit kardiovaskular, membuat wajah lebih merona juga meningkatkan ketahanan kulit terhadap sinar matahari. Lycopene dapat ditemukan di tomat, semangka, paprika, dan pomegranate.2. OranyeBuah dan sayuran berwarna terang ini terkenal dengan kandungan beta karoten. Bila mengonsumsi beta karoten setiap hari, ia akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin A bermanfaat bagi mata, tulang dan sistem kekebalan tubuh agar tetap seimbang.3. KuningSedangkan buah-buahan yang berwarna kuning seperti jeruk dan lemon kaya akan bioflavonoid yang bekerjasam dengan vitamin C untuk meningkatkan vitalitas kulit, kekuatan tulang dan gigi serta mereduksi kanker dan penyakit jantung.4. HijauSebagai w [...]

8 Makanan Wajib yang Harus Dikonsumsi

8 Makanan Wajib yang Harus Dikonsumsi

Diet yang seimbang pastinya harus menjadi prioritas utama kita! Mengkonsumsi beragam jenis makanan dapat memberikan sumbangan nutrisi yang seimbang bagi tubuh kita yang memang membutuhkan beragam jenis nutrisi makro maupun mikro. Nutrisi makro yang dibutuhkan tubuh adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan nutrisi mikro yang diperlukan tubuh adalah berupa vitamin dan mineral dalam berbagai jenis. Dari berbagai jenis makanan yang ada di dunia, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh terlewatkan untuk dikonsumsi karena manfaatnya yang besar untuk kesehatan. Beberapa di antaranya adalah: Makanan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Anda: 1. Apel Apel adalah makanan tinggi serat larut dan tidak larut. Salah satu serat larut yang penting adalah pektin yang membantu mengatasi kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit di dalam tubuh. Kulit apel juga bermanfaat karena mengandung senyawa antioksidan dan anti-peradangan. 2. Pisang Pisang mengandung banyak kalium yang berguna untuk fungsi otot dan saluran cerna. Pisang juga mengandung banyak serat sehingga baik untuk pencernaan. 3. Brokoli Brokoli adalah makanan tinggi serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu [...]

4 Aromaterapi untuk ‘Sembuhkan’ Kelelahan Pikiran di Kantor

4 Aromaterapi untuk ‘Sembuhkan’ Kelelahan Pikiran di Kantor

Banyak faktor yang bisa membuat seseorang stres di tempat kerja. Tekanan pekerjaan, kurang terkena sinar matahari, terus menerus berada di depan komputer dan terkena paparan sinar dari layarnya adalah beberapa diantaranya. Belum lagi persaingan di kantor atau kewajiban memenuhi target tertentu.Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, stres juga berpengaruh pada produktivitas kerja karyawan. Cara mengatasi stres di tempat kerja sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan aromatherapy. Cara alami ini cukup efektif meningkatkan kreativitas, konsentrasi, kenyamanan, efektivitas dan produktivitas kerja sekaligus membuat pikiran lebih tenang. Ini beberapa jenis minyak esensial yang bisa digunakan untuk meredakan stres di kantor, seperti dikutip dari Times of India:1. LavenderSelain membuat pikiran relaks, minyak lavender dipercaya bisa mengurangi kesalahan pengetikan di komputer hingga 25 persen. Anda bisa meneteskan minyak ini di atas kayu kering atau sapu tangan.2. NeroliPenghilang stres yang tidak hanya melepaskan ketegangan tapi juga mengatasi kelelahan pikiran karena suasana kantor yang hectic. Minyak Neroli juga bisa meningkatkan konsentrasi. Tuangkan dua atau tiga tetes minyak Nero [...]

Obat Kumur dan Bau Mulut

Obat Kumur dan Bau Mulut

Apakah obat kumur ampuh melawan bau mulut? Bisa mengurangi, tapi efeknya hanya sementara. Sebaiknya ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan dan jangan berlebihan. Obat kumur digunakan sebagai pelengkap dalam upaya membersihkan gigi dan mulut secara optimal, namun bila digunakan secara berlebihan malah berpotensi untuk mengganggu flora normal dalam mulut. Sebaiknya gunakan setelah menyikat gigi, dan untuk hasil yang lebih baik setelah itu gunakan benang gigi atau dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi yang sulit dibersihkan secara optimal oleh sikat gigi. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *