Kolesterol Turun dengan Kedelai

Kolesterol-Turun-dengan-Kedelai.jpg

Kedelai merupakan salah satu jenis tanaman polong-polongan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Terdapat berbagai jenis olahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai seperti susu kedelai, tempe, tahu, kecap, dan yoghurt. (Baca: Kolesterol)

Kandungan Nutrisi pada Kedelai

Kedelai mengandung tiga makro-nutrien utama yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu protein, karbohidrat, dan lemak. Selain itu juga terdapat kandungan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, asam folat, dan zat besi. (Baca: Kolesterol)

Kedelai memiliki keunggulan dibandingkan dengan nabati lainnya yaitu mengandung semua jenis asam amino esensial/protein yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan asam amino pada kedelai memiliki kualitas yang hampir sama dengan daging, susu, dan telur. Maka dari itu kedelai disebut sebagai sumber protein nabati utama. (Baca: Kolesterol)

Kedelai juga mengandung asam lemak tak jenuh yang tinggi, asam lemak jenuh rendah, tinggi serat, bebas laktosa, bebas kolesterol, omega-3, dan anti-oksidan.

Kedelai mengandung beberapa jenis phytoestrogen, salah satunya isoflavon. Isoflavon mengandung banyak anti-oksidan dan memiliki efek yang menyerupai hormon estrogen. (Baca: Kolesterol)

Lalu, apa saja manfaat kedelai bagi kesehatan?

Kolesterol Turun dengan Kedelai

Manfaat kedelai bagi kesehatan:

  1. Mengurangi gejala menopause
    Gejala berupa hot flushes (kulit merah dan berkeringat banyak), gangguan emosional, dan vagina kering. Dalam hal ini, phytoestrogen diduga memiliki peranan ringan sebagai terapi pengganti hormon estrogen.

  2. Mengurangi risiko penyakit jantung koroner
    Menurut penelitian, konsumsi 20 g ? 61 g protein kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol total, LDL (lemakjahat), dan trigliserida secara signifikan, dan meningkatkan kadar HDL (lemakbaik) dalam darah.

  3. Menurunkan tekanan darah

  4. Mencegah osteoporosis

  5. Mencegah kanker
    Isoflavon yang merupakan antioksidan berperan dalam mencegah penyakit kanker, seperti kanker payudara, usus, prostat, dan kulit.

  6. Meningkatkan daya ingat

Jumlah Kebutuhan per Hari

Pemberian 30-50 mg isoflavon per hari dinilai cukup untuk memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah contoh rata-rata kandungan isoflavon yang terkandung dalam beberapa makanan: (Baca: Kolesterol)

  • Setengah gelas kacang kedelai: 40-75 mg isoflavon

  • Satu gelas susu kedelai (250 ml): 15-60 mg isoflavon

  • Satu potong (115 g) tahu: 13-43 mg isoflavon

  • Satu potong (110 g) tempe: 41 mg isoflavon

  • Satu sendok teh kecap: 0,4-2,2 mg isoflavon

  • Satu gelas yoghurt kedelai: 26 mg isoflavon

Hati-hati dalam memilih makanan, produk kedelai yang difermentasi seperti kecap biasanya mengandung kadar garam yang tinggi.Jangan mengkonsumsi kedelai jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap kedelai. (Baca: Kolesterol)

Baca juga:

  • 4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol

  • Beras Merah dan Anti-Stroke

  • Serba – Serbi Tentang Kolestrol

  • Menurunkan Kolesterol

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Sakit Kepala Sebelah

Makanan dan Minuman yang Bisa Memicu Sakit Kepala Sebelah

Sakit kepala sebelah atau migrain biasanya disebabkan oleh stres, kurang tidur, sinusitis atau adanya penyakit serius di kepala jika sakitnya terasa hebat dan menusuk. Namun ada hal yang kelihatannya sepele dan kurang diperhatikan, yang juga jadi penyebab migrain. Pakar diet Dr Sunita Dube mengatakan, kebiasaan makan yang tidak sehat juga bisa mengakibatkan sakit kepala sebelah. "Selain stres, makanan dan minuman juga jadi 30 persen penyebab migrain," ujarnya, seperti dikutip dari Times Of India.Lalu makanan seperti apa yang bisa memicu terjadinya migrain? Untuk mencegah migrain, sebaiknya hindari makanan yang tinggi kandungan tyramine. Tyramine merupakan jenis asam amino yang bisa memicu sakit kepala karena mengurangi tingkat serotonin di dalam tubuh dan bisa mempersempit pembuluh darah. Ini beberapa makanan mengandung tyramine, yang perlu dikurangi atau dihindari konsumsinya.1. Minuman BeralkoholMinuman beralkohol seperti red wine, white wine dan bir mengandung cukup banyak tyramine dan phenol yang bisa memicu migrain. Pada sebagian orang, minum alkohol bisa menyebabkan sakit kepala sebelah yang cukup menusuk. Whiskey dan vodka pun bisa mengurangi kadar serotonin, yaitu hormon [...]

Permen Karet Bebas Gula Bisa Sebabkan Diare

Permen Karet Bebas Gula Bisa Sebabkan Diare

Oleh: dr. Adithia Kwee Sebagian dari Anda pasti punya kebiasaan untuk selalu mengunyah permen karet dimana pun Anda berada. Saat bekerja, berjalan-jalan, menyetir, berolahraga, dimanapun. Rasanya ada yang kurang jika tidak mengunyah karet yang memberi rasa manis hingga asam ini. Mengunyah permen karet dilihat dari segi kesehatan gigi dan mulut memang memberikan dampak yang positif, gigi jadi kuat, juga terhindar dari bakteri, bakteri ini ikut tersapu bersih oleh air liur yang senantiasa dihasilkan saat kita mengunyah permen karet. Lantas benarkah mengunyah permen karet akan selalu memberikan Anda kebaikan? Membaca judul artikel ini, Anda pasti mulai berpikir keras, bagaimana mungkin permen karet menyebabkan diare? Akhir-akhir ini dunia dilanda tren bebas gula, tak ayal semua berawal dari kekhawatiran akan ancaman diabetes, tetapi tetap mau merasakan manis pada segala sesuatu yang mereka makan. Bersyukurah kita karena ada pemanis pengganti gula, yang salah satunya adalah sorbitol. Sorbitol inilah yang banyak digunakan dalam permen karet bebas gula, lalu, apa hubungannya dengan diare? Sorbitol memiliki karakteristik lambat diserap di usus, hal inilah yang kemudian menyebabkan di [...]

Jangan Minum Kopi Pagi-pagi!

Jangan Minum Kopi Pagi-pagi!

Minum kopi di pagi hari menjadi kebiasaan begitu banyak orang untuk mengusir kantuk saat bekerja maupun menjalankan aktivitas lainnya. Waktu ini dinilai tepat karena membuat mereka lebih prima. Tapi ternyata, pagi hari sebenarnya salah satu saat terburuk dalam sehari untuk anda minum kopi. Alasannya? Karena tingginya tingkat kortisol dalam tubuh kita di pagi hari. Seperti yang kita ketahui bahwa mengonsumsi kafein ketika kadar kortisol tinggi menciptakan dua masalah. Salah satunya adalah bahwa kafein mengganggu produksi kortisol di dalam tubuh, hormon ini yang dilepaskan oleh tubuh dalam respon terhadap stres dan glukosa darah pada kadar yang rendah. Tubuh pada akhirnya memproduksi kortisol yang rendah dan lebih mengandalkan kafein untuk mengompensasi hal yang terjadi. Inilah efek lain ari minum kopi di pagi hari. Jangan Minum Kopi Pagi-pagi! Efek lain dari minum kopi di pagi hari adalah meningkatkan toleransi seseorang terhadap kafein karena menggantikan kortisol yang disebabkan dorongan alami yang memang merupakan respon dari tubuh. Ingatlah bahwa kadar kortisol tinggi pada tiga kali dalam sehari, bukan hanya pagi hari saja. Menurut sebuah studi 2009 yait [...]

Makanan Pendamping ASI Untuk Si Buah Hati

Makanan Pendamping ASI Untuk Si Buah Hati

Apakah Anda sudah memberikan ASI eksklusif kepada bayi Anda? Dikatakan ASI eksklusif bila pemberian ASI berlangsung hingga usia 6 bulan tanpa disertai pemberian susu formula atau makanan tambahan. Lalu kapankah saat pemberian makanan tambahan yang tepat? Banyak orangtua yang menyalah-artikan MP-ASI. MP-ASI merupakan makanan pendamping ASI, bukan makanan pengganti ASI. Dikatakan pendamping, berarti bila sudah waktunya diberikan makanan pendamping ini, bukan berarti pemberian ASI harus dihentikan. Pemberian ASI sangat baik jika dilanjutkan hingga usia 2 tahun. (baca: Manfaat Air Susu Ibu) Usia 6 bulan dianggap merupakan saat yang tepat untuk pemberian MP-ASI. Pada usia ini, saluran pencernaan bayi sudah cukup mampu untuk menerima makanan selain ASI. Selain itu, pada usia ini, kebutuhan gizi bayi sudah tidak lagi tercukupi hanya dengan pemberian ASI sehingga dibutuhkan sumber nutrient lain untuk mencukupi kebutuhannya. Untuk pemberian MP-ASI ini dimulai secara perlahan-lahan dan bertahap. Saat awal bisa diberikan makanan yang dicairkan, kemudian baru diberikan makanan yang lebih kental. Dapat dimulai dengan: pemberian bubur susu jus buah kemudian tim saring lalu tim cincang [...]

Lebih Jauh Mengenai Sakit Dada Sebelah Kanan

Lebih Jauh Mengenai Sakit Dada Sebelah Kanan

Sakit dada sebelah kanan bisa saja terkait dengan serangan jantung. Meski umumnya serangan jantung terasa pada sebelah kiri, sakit dada sebelah kanan tetap perlu diperhatikan karena bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang serius. Sakit dada sebelah kanan jarang diperhatikan karena orang lebih berkonsentrasi pada jantung yang ada di dada sebelah kiri. Padahal sakit dada sebelah kanan terkait dengan beberapa penyakit serius yang menimpa tubuh, terutama pada orang tua. Tanda yang Dirasakan Tubuh Ada beberapa gejala fisik yang bisa dirasakan saat seseorang mengalami sakit dada sebelah kanan, yaitu: Nyeri di dada saat mengubah posisi tubuh. Sensasi rasa perih di dalam rongga dada atau di belakang tulang dada. Nyeri di dada terasa menusuk. Dada terasa seperti diremas, ditekan, dan sesak. Sakit saat bernapas, terutama ketika berbaring. Terasa aliran balik dari saluran cerna di dalam mulut. Kondisi Terkait Sakit Dada Sebelah Kanan Berikut beberapa penyebab timbulnya rasa sakit pada dada sebelah kanan: Infeksi virus penyebab flu dan batuk bisa bertanggung jawab terhadap timbulnya rasa sakit di dada sebelah kanan. Rasa sakitnya akan kian terasa saat batuk dan melakukan perna [...]

Apa Itu Antibiotik?

Apa Itu Antibiotik?

Sejak ditemukan pada tahun 1927 oleh Alexander Fleming dan digunakan pertama kali pada tahun 1940-an, antibiotik telah membawa perubahan besar pada pelayanan kesehatan dan penyembuhkan infeksi bakterial. Tak heran jika antibiotik menjadi golongan obat yang paling banyak digunakan di dunia, termasuk Indonesia. Kata ?antibiotik? mengacu pada bahan alam yang dihasilkan oleh jamur dan mikroorganisme lain yang dapat membunuh bakteri. Kini, antibiotik dapat berupa bahan sintetis (tidak dihasilkan oleh mikroorganisme) yang juga membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri. Meski antibiotik memiliki banyak manfaat, pemakaiannya yang tidak rasional sering kali terjadi di mana-mana. Ditandai dengan penggunaan obat yang terlalu banyak atau tidak sesuai dosis, lama konsumsi tidak tepat, peresepan obat yang tidak sesuai diagnosis, serta pengobatan sendiri dengan obat yang seharusnya menggunakan resep dokter. Contohnya, penggunaan antibiotik di masyarakat masih tinggi untuk beberapa gejala umum seperti batuk, pilek, demam, yang bukan disebabkan oleh infeksi bakteri. Padahal, gejala tersebut mungkin diakibatkan oleh infeksi virus yang sebenarnya cukup diatasi dengan istirahat, asupan nutrisi yang [...]

Mengatasi Muntah pada Anak dengan Bijaksana

Mengatasi Muntah pada Anak dengan Bijaksana

Naluri orang tua biasanya kuat jika ada yang tidak beres dengan kesehatan si Kecil. Tidak jarang pula keadaan ini akan berujung kepanikan. Tidak terkecuali jika si Kecil muntah-muntah. Jika hanya berlangsung sebentar, mungkin Anda bisa sedikit santai, namun bagaimana jika terjadi berkepanjangan? Kenali penyebabnya dan atasi secepat mungkin sebelum menjadi lebih parah. Sebenarnya muntah sesekali pada anak adalah hal yang lumrah jika terjadi tidak lebih dari dua hari. Namun beda cerita jika kondisi itu terjadi selama berhari-hari. Kemungkinan ini adalah tanda dari sebuah masalah yang yang serius dan memerlukan pertolongan medis secepat mungkin. Kenali Penyebab Muntah pada Anak Mual dan muntah bukanlah penyakit, namun merupakan sebuah gejala. Pahami penyebab umum muntah berikut ini. Gastroenteritis atau infeksi mikroorganisme yang terjadi pada sistem pencernaan, juga dikenal dengan istilah stomach flu. Tanda-tanda yang muncul biasanya berupa diare, demam, dan sakit perut. Anak tidak sengaja menelan substansi beracun, seperti obat, bahan kimia, atau makanan atau minuman yang terkontaminasi. Alergi makanan. Selain muntah, gejala yang muncul bisa disertai kulit merah dan gatal (bidura [...]

6 Tips Diet Sehat

6 Tips Diet Sehat

oleh: dr. Sophia B. Hage Apabila Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, berhati-hatilah dalam melakukan program diet. Beberapa orang melakukan diet ekstrim dan tak jarang dari mereka yang justru gagal mempertahankan berat badan dengan konsisten sehingga terjadilah diet yoyo, dimana berat badan naik turun seperti yoyo. Berikut ini adalah strategi sehat dan sederhana yang disusun oleh Ashley Koff, penulis Mom Energy. Ia percaya bahwa untuk menurunkan berat badan Anda harus makan jumlah nutrisi yang benar pada setiap waktu makan, yaitu tiga kali porsi makan dan satu kali cemilan sehari. 1. Sarapan! Pastikan Anda mengkonsumsi makanan dalam waktu 45 menit setelah Anda bangun. Hal ini penting karena ketika bangun tidur, tingkat metabolisme tubuh Anda rendah sampai ketika Anda makan. Apabila Anda memasukkan makanan ke dalam tubuh Anda, maka metabolisme Anda meningkat sehingga dapat membakar lemak. Sebagai penutup hari, usahakan makan terakhir paling lambat 3 jam sebelum Anda tidur. Hal ini untuk memastikan bahwa tubuh Anda sudah selesai mencerna makanan sebelum Anda tidur. 2. Makan sering Selama Anda diet, camilan diperbolehkan, tetapi tentunya camilan yang sifatnya sehat dan tinggi [...]

6 Cara Alami Mengatasi Sulit Buang Air Besar

6 Cara Alami Mengatasi Sulit Buang Air Besar

Konstipasi atau sembelit tentunya membuat perut terasa tidak nyaman dan jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, bisa menyebabkan gangguan pencernaan serius. Frekuensi ideal orang buang air besar (BAB) adalah dua kali sehari, atau setidaknya satu kali sehari. Jika lebih dari tiga hari tak juga BAB maka sudah bisa dikatakan Anda mengalami sembelit.Terlalu banyak konsumsi makanan olahan, daging merah, minuman berkafein, makanan mengandung banyak minyak dan produk-produk susu olahan menjadi salah satu penyebab paling umum masalah pencernaan ini. Kurang mengonsumsi serat juga bisa menyebabkan BAB tak lancar. Ketika sudah mengalami sembelit, ada baiknya Anda mencoba dahulu melakukan hal-hal berikut ini, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Cukup Minum AirTerjadinya sembeli bisa dikarenakan kurangnya asupan cairan. Air putih berfungsi membersihkan racun-racun dan kotoran dari usus agar lebih mudah terbuang. Ketika Anda kurang minum air putih, maka proses pembuangan kotoran akan terhambat dan terjadilah sembelit. 2. Minum Teh Hijau atau Air HangatDisarankan meminum satu hingga dua gelas air putih hangat atau teh hijau setelah bangun tidur. Selain membuat perut terasa nyaman, teh hijau [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *