Kolesterol Turun dengan Kedelai

Kolesterol-Turun-dengan-Kedelai.jpg

Kedelai merupakan salah satu jenis tanaman polong-polongan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Terdapat berbagai jenis olahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai seperti susu kedelai, tempe, tahu, kecap, dan yoghurt. (Baca: Kolesterol)

Kandungan Nutrisi pada Kedelai

Kedelai mengandung tiga makro-nutrien utama yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu protein, karbohidrat, dan lemak. Selain itu juga terdapat kandungan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, asam folat, dan zat besi. (Baca: Kolesterol)

Kedelai memiliki keunggulan dibandingkan dengan nabati lainnya yaitu mengandung semua jenis asam amino esensial/protein yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan asam amino pada kedelai memiliki kualitas yang hampir sama dengan daging, susu, dan telur. Maka dari itu kedelai disebut sebagai sumber protein nabati utama. (Baca: Kolesterol)

Kedelai juga mengandung asam lemak tak jenuh yang tinggi, asam lemak jenuh rendah, tinggi serat, bebas laktosa, bebas kolesterol, omega-3, dan anti-oksidan.

Kedelai mengandung beberapa jenis phytoestrogen, salah satunya isoflavon. Isoflavon mengandung banyak anti-oksidan dan memiliki efek yang menyerupai hormon estrogen. (Baca: Kolesterol)

Lalu, apa saja manfaat kedelai bagi kesehatan?

Kolesterol Turun dengan Kedelai

Manfaat kedelai bagi kesehatan:

  1. Mengurangi gejala menopause
    Gejala berupa hot flushes (kulit merah dan berkeringat banyak), gangguan emosional, dan vagina kering. Dalam hal ini, phytoestrogen diduga memiliki peranan ringan sebagai terapi pengganti hormon estrogen.

  2. Mengurangi risiko penyakit jantung koroner
    Menurut penelitian, konsumsi 20 g ? 61 g protein kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol total, LDL (lemakjahat), dan trigliserida secara signifikan, dan meningkatkan kadar HDL (lemakbaik) dalam darah.

  3. Menurunkan tekanan darah

  4. Mencegah osteoporosis

  5. Mencegah kanker
    Isoflavon yang merupakan antioksidan berperan dalam mencegah penyakit kanker, seperti kanker payudara, usus, prostat, dan kulit.

  6. Meningkatkan daya ingat

Jumlah Kebutuhan per Hari

Pemberian 30-50 mg isoflavon per hari dinilai cukup untuk memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah contoh rata-rata kandungan isoflavon yang terkandung dalam beberapa makanan: (Baca: Kolesterol)

  • Setengah gelas kacang kedelai: 40-75 mg isoflavon

  • Satu gelas susu kedelai (250 ml): 15-60 mg isoflavon

  • Satu potong (115 g) tahu: 13-43 mg isoflavon

  • Satu potong (110 g) tempe: 41 mg isoflavon

  • Satu sendok teh kecap: 0,4-2,2 mg isoflavon

  • Satu gelas yoghurt kedelai: 26 mg isoflavon

Hati-hati dalam memilih makanan, produk kedelai yang difermentasi seperti kecap biasanya mengandung kadar garam yang tinggi.Jangan mengkonsumsi kedelai jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap kedelai. (Baca: Kolesterol)

Baca juga:

  • 4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol

  • Beras Merah dan Anti-Stroke

  • Serba – Serbi Tentang Kolestrol

  • Menurunkan Kolesterol

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Studi: Makan Junk Food Tiap Hari, Otak Bisa Pikun dalam Satu Minggu

Studi: Makan Junk Food Tiap Hari, Otak Bisa Pikun dalam Satu Minggu

Dampak negatif junk food bagi kesehatan biasanya baru dirasakan dalam jangka panjang. Tapi penelitian terbaru menemukan, efek buruk makanan tinggi kalori tapi miskin nutrisi ini bisa timbul hanya dalam hitungan hari.Para peneliti di Australia menemukan bahwa selain menyebabkan obesitas, penyakit jantung dan diabetes, makan junk food berlebihan juga bisa menurunkan daya ingat dan kemampuan kognitif otak. Dan itu tidak perlu waktu lama, hanya dalam satu minggu. Penelitian dilakukan di University of New South wales (UNSW) terhadap tikus percobaan. Tikus yang diberi diet makanan tinggi lemak dan gula, kemampuan mengingatnya jadi tidak stabil hanya dalam waktu seminggu. Tikus percobaan tersebut jadi lebih sulit mengenali tempat-tempat tertentu setelah makan junk food, dan menunjukkan berkurangnya kemampuan untuk menyadari ketika sebuah objek dipindahkan ke lokasi baru.Tikus tersebut juga mengalami peradangan di bagian hippocampal pada otak. Yaitu bagian otak yang berhubungan dengan memori spasial (pemahaman terhadap ruang). Hasil penemuan tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Brain, Behaviour and Immunity. "Kami tahu bahwa obesitas menyebabkan inflamasi pada tubuh, tapi kami seb [...]

8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Mulut dan Tenggorokan

8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Mulut dan Tenggorokan

Penyakit infeksi bisa ditularkan lewat beberapa cara, seperti melalui udara, ludah, kulit, darah, kontak seksual, makanan, atau benda yang terkontaminasi bakteri. Cara penularan paling sering adalah melalui udara, misalnya saat seseorang batuk atau bersin. Droplet (partikel air kecil) tersebut membawa mikroorganisme yang dapat dihirup langsung oleh orang lain. Beberapa infeksi juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan ludah. Berikut ini adalah delapan penyakit yang dapat ditularkan melalui mulut dan tenggorokan: Selesma Gejala selesma biasanya diawali dengan sakit tenggorokan diikuti pilek, hidung tersumbat, dan batuk. Demam biasanya muncul pada anak-anak, namun jarang terjadi pada orang dewasa. Ada ratusan jenis virus yang bisa menyebabkan selesma, namun umumnya tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Influenza Berbeda dengan selesma, gejala flu biasanya lebih berat dan berupa sakit tenggorokan, demam tinggi, pegal-pegal di seluruh badan, batuk, dan pilek. Sebagian besar virus influenza akan hilang dalam 5-7 hari, tetapi ada beberapa jenis virus influenza yang berbahaya dan telah menimbulkan pandemik seperti virus H1N1 (flu babi). Ber [...]

4 Aromaterapi untuk ‘Sembuhkan’ Kelelahan Pikiran di Kantor

4 Aromaterapi untuk ‘Sembuhkan’ Kelelahan Pikiran di Kantor

Banyak faktor yang bisa membuat seseorang stres di tempat kerja. Tekanan pekerjaan, kurang terkena sinar matahari, terus menerus berada di depan komputer dan terkena paparan sinar dari layarnya adalah beberapa diantaranya. Belum lagi persaingan di kantor atau kewajiban memenuhi target tertentu.Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, stres juga berpengaruh pada produktivitas kerja karyawan. Cara mengatasi stres di tempat kerja sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan aromatherapy. Cara alami ini cukup efektif meningkatkan kreativitas, konsentrasi, kenyamanan, efektivitas dan produktivitas kerja sekaligus membuat pikiran lebih tenang. Ini beberapa jenis minyak esensial yang bisa digunakan untuk meredakan stres di kantor, seperti dikutip dari Times of India:1. LavenderSelain membuat pikiran relaks, minyak lavender dipercaya bisa mengurangi kesalahan pengetikan di komputer hingga 25 persen. Anda bisa meneteskan minyak ini di atas kayu kering atau sapu tangan.2. NeroliPenghilang stres yang tidak hanya melepaskan ketegangan tapi juga mengatasi kelelahan pikiran karena suasana kantor yang hectic. Minyak Neroli juga bisa meningkatkan konsentrasi. Tuangkan dua atau tiga tetes minyak Nero [...]

Tak Hanya Lindungi Payudara, Ini Daftar Manfaat dari Memakai Bra

Tak Hanya Lindungi Payudara, Ini Daftar Manfaat dari Memakai Bra

Bra sebenarnya sudah diperkenalkan secara tidak langsung sejak masih kecil. Meskipun tidak dalam bentuk bra tapi selalu diberikan pakaian yang menutupi dada. Hal itu karena bra mempunyai berbagai fungsi untuk payudara Anda. Apa saja fungsinya? Simak penjelasan dari Dr Alfiah Amiruddin, MD, MS, selaku ahli bedah payudara di RS Mitra Kemayoran.1. Melindungi PayudaraFungsi pertama dari bra adalah melindungi payudara dan puting Anda dari gesekan yang mungkin terjadi ketika sedang beraktivitas. Bra menjadi penutup yang baik untuk menunjang penampilan Anda sehari-hari.2. Penyangga PayudaraBra tentu memiliki fungsi penopangan untuk menjaga payudara tetap pada tempatnya. Jika wanita lebih sering tidak memakai bra, seiring berjalannya waktu bentuk payudaranya akan tampak berbeda dengan mereka yang rutin pakai bra. "Dari segi penampilan, bentuk, dan modelnya nanti itu akan berpengaruh," tutur dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin itu.3. Menjaga Elastisitas PayudaraFungsi bra lainnya adalah menjaga elastisitas payudara. Pemakaian bra yang tepat sejak dini bisa mempengaruhi keindahan payudara hingga tua nanti. "Menjaga kelenturan payudaranya sendiri ya," ujar wanita 45 t [...]

Rajinlah Bercermin untuk Mendeteksi Adanya Penyakit Sejak Dini

Rajinlah Bercermin untuk Mendeteksi Adanya Penyakit Sejak Dini

Wajah bukan saja menjadi refleksi kecantikan seseorang. Tapi juga bisa memberitahu apakah ada yang tidak beres dalam organ dalam tubuh. Saat bercermin, perhatikan dengan seksama perubahan pada wajah Anda. Apakah ada perubahan, atau sesuatu yang aneh? Sebab beberapa penampakan di wajah bisa menjadi tanda awal Anda mengalami kondisi medis yang serius, seperti dikutip dari Times of India.1. Jerawat di DahiDahi Anda terhubung dengan sistem pencernaan dan jarak antara kedua alis berkenaan ke liver. Ketika Anda makan terlalu banyak makanan mengandung lemak, minyak dan alkohol, liver akan bekerja lebih keras. Penumpukan lemak dan racun pada liver bisa dilihat dengan adanya jerawat di daerah tersebut. Maka perbaikilah kebiasaan makan Anda. Konsumsi diet bergizi dan seimbang serta cukupi asupan cairan dalam tubuh.2. Noda atau Jerawat di PipiAda banyak penyebabnya. Tapi yang paling umum adalah karena tempat tidur Anda tidak bersih, atau hormon yang tidak seimbang. Selain itu pipi juga terhubung dengan paru-paru. Jadi kemunculan noda kecokelatan atau jerawat di area itu bisa mengindikasikan adanya masalah pada sistem pernapasan.3. Jerawat di DaguBiasanya muncul saat wanita memasuki periode [...]

Kurangi Risiko Sakit Jantung dengan Susu Cokelat

Kurangi Risiko Sakit Jantung dengan Susu Cokelat

Jika Anda ragu meminum susu cokelat karena takut gemuk, cobalah untuk memikirkannya lagi. Meminum susu cokelat secara teratur ternyata bisa mengurangi penyakit peradangan atherosclerosis (plak yang menempel pada pembuluh darah yang memicu sakit jantung).Peneliti dari Spanyol menguji 47 relawan berusia 55 tahun ke atas yang berisiko terkena serangan jantung. Separuh relawan diberikan susu bubuk cokelat 20 gram yang dicampur dengan susu tanpa lemak (skim) untuk diminum dua kali sehari. Satu kelompok lagi, hanya mengonsumsi susu cokelat tanpa campuran susu skim.Setelah satu bulan dilakukan tes darah, hasilnya, partisipan yang hanya minum susu cokelat dua kali sehari selama 4 minggu mencatat penurunan risiko peradangan. Sementara kelompok yang minum susu cokelat ditambah skim tidak mengalami perubahan.Partisipan yang hanya minum susu cokelat juga mengalami kenaikan kadar kolesterol baik (HDL). Kajian tersebut telah dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Namun para peneliti mengakui masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut soal ini."Atherosclerosis adalah peradangan di pembuluh darah dalam kadar yang masih rendah. Tampaknya asupan cokelat secara reguler bisa [...]

Mendeteksi Gejala Awal Alzheimer ‘Tampaknya Mungkin’

Mendeteksi Gejala Awal Alzheimer ‘Tampaknya Mungkin’

Ahli Kesehatan Inggris mengatakan bahwa mereka menemukan sebuah cara untuk dapat mendeteksi penyakit Alzheimer, jauh bertahun-tahun sebelum gejala penyakit itu muncul. Penyakit Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia (pikun). Akibat dari Alzheimer adalah terjadinya kerusakan otak sehingga menurunkan daya berpikir, daya ingat dan juga daya berbahasa dari para penderita, sehingga penyakit ini dapat mengganggu aktifitas yang dilakukan sehari-hari. Penyakit ini belum ada obatnya, namun jumlah penderita Alzheimer di Inggris saja telah mencapai 465.000 orang. Dr Jonathan Schott beserta koleganya di The Institute of Neurology, University College of London, percaya bahwa mereka sekarang dapat mendeteksi bentuk paling umum dari demensia - penyakit Alzheimer - pada tahap awal, bertahun-tahun sebelum gejala itu muncul. Dengan melakukan sebuah tes fungsi lumbar (lumbar puncture) yang dikombinasikan dengan scan otak, pasien dapat mengetahui bahwa ia mempunyai tanda-tanda awal akan terkena demensia atau tidak, bertahun-tahun lamanya sebelum gejala itu muncul. Tes lumbar puncture ini dilakukan oleh dokter menggunakan jarum untuk mengeluarkan cairan cerebrospinal (Cerebrospinal Fluid/ [...]

Menelaah Kebenaran Manfaat Suntik Vitamin C

Menelaah Kebenaran Manfaat Suntik Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat merupakan salah satu bagian esensial yang dibutuhkan tubuh. Vitamin C diduga bermanfaat sebagai antioksidan yang bertugas melindungi kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan radikal bebas. Asupan vitamin C ke dalam tubuh bisa melalui konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan vitamin C, suplemen, maupun bisa juga dengan suntik vitamin C. Cairan asam askorbat atau vitamin C yang digunakan untuk penyuntikan berwarna jernih kekuningan. Terdapat beberapa metode penyuntikan vitamin C pada tubuh, yaitu intramuskular atau melalui otot, penyuntikan di bawah kulit atau subkutan, atau penyuntikan melalui pembuluh darah atau intravena. Dosis rata-rata harian asam askorbat yang disuntikkan untuk orang dewasa adalah 70-150 mg. Bagi orang-orang yang kekurangan vitamin C, dianjurkan menggunakan dosis harian sebanyak 300 mg hingga 1 gram. Tapi ada juga orang dewasa yang disuntikkan vitamin C sebanyak 6 gram tanpa mengalami gejala keracunan. Apa pun dosis atau prosedurnya, disarankan untuk melalui pemeriksaan dan pertimbangan dari seorang ahli gizi terlebih dahulu. Manfaat Suntik Vitamin C Sebenarnya, manfaat suntik vitamin C belum terbukti sepenuhnya, sehingga masi [...]

Produk Cokelat Terbaru Ini Mengandung Zat yang Bisa Menyehatkan Jantung

Produk Cokelat Terbaru Ini Mengandung Zat yang Bisa Menyehatkan Jantung

Cokelat kini bukan hanya menjadi penganan yang memanjakan lidah, terutama bagi pencinta rasa manis. Sebuah perusahaan cokelat asal Swiss telah mengembangkan produk terbaru yang tidak hanya enak tapi juga menyehatkan jantung.Perusahaan Barry Callebaut berhasil menciptakan produk cokelat yang mengandung senyawa kimia berasal dari tanaman, yaitu flavanols. Beberapa tes menunjukkan kalau zat tersebut bisa meningkatkan elastisitas pembuluh darah hingga 2 persen, sehingga membuat aliran darah lebih lancar. Hal tersebut dapat mengurangi risiko gangguan kardiovaskular seperti penyakit jantung dan serangan jantung hingga 8 persen. Biji cokelat alami sebenarnya sudah kaya akan flavanols, tapi sebagian besar kandungannya hilang saat proses pembuatan penganan cokelat sehingga khasiatnya tidak lagi didapatkan saat dikonsumsi. Tapi manufaktur cokelat ini telah menemukan teknik untuk memproses cokelat agar kandungan flavanolsnya tetap terjaga.Juru bicara Barry Callebaut, Marijke De Brouwer mengatakan seperti dilansir Daily Mail, "Bukan menambahkan nutrisi buatan atau zat sintetis, tapi mempertahankan zat alami yang sudah ada di dalam cokelat."Kehadiran Acticoa rupanya sudah dinanti-nanti. Konf [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *