Kolesterol Turun dengan Kedelai

Kolesterol-Turun-dengan-Kedelai.jpg

Kedelai merupakan salah satu jenis tanaman polong-polongan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Terdapat berbagai jenis olahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai seperti susu kedelai, tempe, tahu, kecap, dan yoghurt. (Baca: Kolesterol)

Kandungan Nutrisi pada Kedelai

Kedelai mengandung tiga makro-nutrien utama yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu protein, karbohidrat, dan lemak. Selain itu juga terdapat kandungan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, asam folat, dan zat besi. (Baca: Kolesterol)

Kedelai memiliki keunggulan dibandingkan dengan nabati lainnya yaitu mengandung semua jenis asam amino esensial/protein yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan asam amino pada kedelai memiliki kualitas yang hampir sama dengan daging, susu, dan telur. Maka dari itu kedelai disebut sebagai sumber protein nabati utama. (Baca: Kolesterol)

Kedelai juga mengandung asam lemak tak jenuh yang tinggi, asam lemak jenuh rendah, tinggi serat, bebas laktosa, bebas kolesterol, omega-3, dan anti-oksidan.

Kedelai mengandung beberapa jenis phytoestrogen, salah satunya isoflavon. Isoflavon mengandung banyak anti-oksidan dan memiliki efek yang menyerupai hormon estrogen. (Baca: Kolesterol)

Lalu, apa saja manfaat kedelai bagi kesehatan?

Kolesterol Turun dengan Kedelai

Manfaat kedelai bagi kesehatan:

  1. Mengurangi gejala menopause
    Gejala berupa hot flushes (kulit merah dan berkeringat banyak), gangguan emosional, dan vagina kering. Dalam hal ini, phytoestrogen diduga memiliki peranan ringan sebagai terapi pengganti hormon estrogen.

  2. Mengurangi risiko penyakit jantung koroner
    Menurut penelitian, konsumsi 20 g ? 61 g protein kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol total, LDL (lemakjahat), dan trigliserida secara signifikan, dan meningkatkan kadar HDL (lemakbaik) dalam darah.

  3. Menurunkan tekanan darah

  4. Mencegah osteoporosis

  5. Mencegah kanker
    Isoflavon yang merupakan antioksidan berperan dalam mencegah penyakit kanker, seperti kanker payudara, usus, prostat, dan kulit.

  6. Meningkatkan daya ingat

Jumlah Kebutuhan per Hari

Pemberian 30-50 mg isoflavon per hari dinilai cukup untuk memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah contoh rata-rata kandungan isoflavon yang terkandung dalam beberapa makanan: (Baca: Kolesterol)

  • Setengah gelas kacang kedelai: 40-75 mg isoflavon

  • Satu gelas susu kedelai (250 ml): 15-60 mg isoflavon

  • Satu potong (115 g) tahu: 13-43 mg isoflavon

  • Satu potong (110 g) tempe: 41 mg isoflavon

  • Satu sendok teh kecap: 0,4-2,2 mg isoflavon

  • Satu gelas yoghurt kedelai: 26 mg isoflavon

Hati-hati dalam memilih makanan, produk kedelai yang difermentasi seperti kecap biasanya mengandung kadar garam yang tinggi.Jangan mengkonsumsi kedelai jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap kedelai. (Baca: Kolesterol)

Baca juga:

  • 4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol

  • Beras Merah dan Anti-Stroke

  • Serba – Serbi Tentang Kolestrol

  • Menurunkan Kolesterol

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Laci Sayuran Kulkas, Tempat Terjorok di Rumah

Laci Sayuran Kulkas, Tempat Terjorok di Rumah

Perabotan di rumah bisa saja menyimpan ribuan bakteri dan kuman yang bisa membahayakan tubuh. Menurut penelitian, laci sayuran dalam kulkas merupakan tempat terjorok.Seperti yang dikutip dari Daily Mail, laci sayuran dapat mengandung bakteri 750 kali lipat jumlahnya dibandingkan tempat lain. Menurut para peneliti, laci sayuran mengandung bakteri yang berbahaya seperti E.coli, Salmonella dan Listeria.Untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, peneliti telah melakukan percobaan terhadap 30 kulkas. Hasilnya, mereka menemukan rata-rata 7.850 unit koloni bakteri per satu centimeter persegi. Penghitungan ini menggunakan satuan cfu/cm2 atau colony-forming units per square centimeter."Fungsi lemari es adalah untuk menjaga makanan agar tetap aman dan meminimalkan kemungkinan adanya pertumbuhan bakteri serta jamur. Kinerja kulkas sangat penting ketika cuaca hangat, saat suhu lingkungan tinggi berarti ada potensi bagi bakteri untuk berkembang biak. " ujar Paul McDonnell dari Microban Europe di Cannock, Staffordshire yang memimpin penelitian.McDonnell menambahkan bahwa laci sayuran merupakan area paling kotor karena sayuran dan buah masih mengandung bakteri dari tanah, walau telah melewati pros [...]

3 Khasiat Air Kelapa untuk Buka Puasa

3 Khasiat Air Kelapa untuk Buka Puasa

Sangatpentingadanya bagi kita untuk segera mengganti cairan tubuh yang hilang ketika berbuka puasa. Karena metabolisme tubuh kita perlu dikembalikan keseimbangannya setelah 14 jam tanpa asupan cairan. Selain dianjurkan untuk mengutamakan cairan dan makanan yang berserat untuk menurunkan rasa lapar, ada beberapa cairan yang dapat direkomendasikan untuk dijadikan pilihan sebagai menu berbuka. Diantaranya adalah air kelapa. Air buah kelapa dapat dikonsumsi sebagai minuman berbuka puasa karena berbagai alasan berikut: Kelapa memiliki kandungan gula sederhana yang dapat mengembalikan kadar gula dalam darah secara cepat. Berbeda dengan minuman bersoda atau minuman energi, dimana kandungan gulanya cenderung membahayakan tubuh dengan ancaman diabetes. Hal yang membuat air kelapa unik berbeda dengan minuman manis lainnya adalah air kelapa memiliki kaya kandungan elektrolit yang juga membantu pemulihan kadar gula tubuh. Air kelapa alami diketahui memiliki sedikit kandungan kalori. Sehingga dapat menurunkan rasa lapar setelah berpuasa, namun tanpa meninggalkan rasa terlalu kenyang sehingga mengganggu makan utama berikutnya. Namun demikian, sekalipun diketahui rendah kalori, yak [...]

Ultrasound Sebagai Pengobatan Tulang Retak

Ultrasound Sebagai Pengobatan Tulang Retak

Alat medis yang dikenal erat dikalangan ibu hamil, ultrasound scan yang umumnya hanya sebagai alat bantu medis dalam memprojeksikan gambar melalui adaptasi sonar oleh Professor Ian Donald sejak 1950, kini dapat berguna sebagai alat penyembuh keretakan kompleks pada tulang. Penambahan fungsi dan kegunaan ultrasound ini dikemukakan pertama kali oleh ahli bedah tulang (orthopaedic surgeon) Angus MacLean dari Royal Infirmary?s Fracture Clinic, Glasgow, Skotlandia. Ia menceritakan betapa menariknya perkembangan sains dan bukti nyata akan ultrasound yang mampu menggetarkan sel-sel secara halus, sehingga mampu merangsang penyembuhan dan regenerasi dalam tulang. Kasus patah tulang kompleks yang biasanya dapat memakan waktu penyembuhan yang lama, yaitu sekitar 6-12 bulan atau bahkan dapat mengarah pada amputasi, kini dapat ditanggulangi dan diminimaliris sedemikian rupa hingga 40% hanya melalui treatment ultrasound selama 20 menit. Bahkan mampu memastikan penyembuhan pada tulang itu sendiri, tidak hanya pada penyambungan keretakan tulang, sehingga kemungkinan buruk yang kerap terjadi selanjutnya pada kasus patah tulang kompleks dapat dicegah. Cara kerja ultrasound yang terbilang mudah dan t [...]

Wanita Perokok Berisiko Alami Menopause Dini

Wanita Perokok Berisiko Alami Menopause Dini

Wanita yang merokok bisa mengalami menopause satu tahun lebih awal dari mereka yang tidak merokok. Dan menurut penelitian, hal itu dapat mempengaruhi risiko terkena penyakit tulang dan jantung.Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Menopause tersebut, mengumpulkan data dari beberapa penelitian sebelumnya, termasuk melakukan survei terhadap 6000 wanita di Amerika, Polandia, Turki dan Iran. Ditemukan bahwa wanita yang tak merokok akan mengalami menopause antara usia 46 hingga 51 tahun. Sedangkan mereka yang merokok akan alami menopause pada usia 43 hingga 50 tahun."Hasil penelitian kami memberikan bukti lebih lanjut bahwa merokok memiliki hubungan secara siginfikan dengan awal (usia menopause) dan memberikan pembenaran pada wanita untuk segera menghentikan kebiasaan buruk ini," ujar penulis penelitian Volodymyr Dvornyk, dari University of Hong Kong.Dvornyk dan rekan-rekannya juga menganalisa lima studi lain yang meneliti wanita dengan rata-rata usia 50 atau 51 tahun. Para wanita tersebut dibagi menjadi dua kelompok yaitu 'awal' dan 'terakhir' menopause. Lebih dari 43 ribu wanita yang ikut dalam penelitian itu, ditemukan sebanyak 43 persen wanita yang merokok lebih mungkin alami m [...]

Liposuction Bisa Turunkan Berat Badan, Itu Salah

Liposuction Bisa Turunkan Berat Badan, Itu Salah

Tidak sedikit wanita yang berpikir liposuction atau penyedotan lemak bisa mengecilkan lingkar pinggang. Padahal anggapan itu keliru. Liposuction bukan untuk menurunkan berat badan. Jadi buat apa??Kalau dikatakan bahwa liposuction itu membuat orang jadi kurus itu salah. Liposuction atau tummy tuck (pengencangan perut) dipergunakan untuk body contouring (pembentukan tubuh) bukan untuk turunkan berat badan,? jelas Dr. Michael Triangto, SpOK, kepada wolipop di klinik olahraga Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Jalan Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur , Kamis (13/12/2012).Pria berumur 53 tahun itu mengatakan, bila liposuction atau tummy tuck sudah dipakai oleh banyak kalangan medis berarti ada hal baik yang bisa dimanfaatkan. Hal positif tersebut adalah body contouring untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal bukan menurunkan berat badan. Ada segelintir orang yang sudah melakukan penyedotan lemak tapi tidak bisa terlihat langsing. Beberapa kasus dikarenakan otot perutnya yang lemah sehingga otot perlu dipendekkan agar tampak lebih baik.?Misalnya liposuction nggak bisa juga karena cuma lemaknya yang diambil, tapi ternyata ototnya yang lemah, berarti ototnya harus dip [...]

4 Kebiasaan yang Bisa Memperpanjang Umur

4 Kebiasaan yang Bisa Memperpanjang Umur

Umur manusia memang di tangan Tuhan. Namun menurut penelitian, beberapa kebiasaan baik ini bisa meningkatkan kesehatan tubuh dan memperpanjang umur Anda dari segi medis. Apa saja kebiasaan baik tersebut? Berikut ini jawabannya, seperti dikutip dari Aol Health.1. Bersihkan Gigi dengan Dental FlossMenyikat gigi minimal dua kali sehari bisa mencegah gigi dari keropos, gigi berlubang dan pembentukan plak. Ditambah dengan dental floss, Anda punya kemungkinan hidup enam tahun lebih lama. Dalam buku 'YOU: The Owner's Manual', Dr Michael Roizen dan Dr Mehmet C. Oz menulis, flossing dan menyikat gigi setiap hari, ditambah dengan rajin mengecek kesehatan gigi ke dokter secara rutin, bisa membuat Anda hidup lebih lama.Saat membersihkan sela-sela gigi dengan benang, berarti Anda menyingkirkan bakteri yang bisa menyebabkan peradangan pada gusi. Peradangan pada gusi bisa menghantarkan virus dan bakteri ke jantung, sehingga berpotensi menimbulkan penyakit jantung.Dalam bukunya 'The Real Age Makeover', Roizen juga menemukan studi dari Emory University yang mengungkapkan bahwa orang yang menderita radang gusi dan periodontitis (peradangan atau infeksi pada jaringan penyangga gigi) memiliki angka [...]

Anak Sulit Konsentrasi

Anak Sulit Konsentrasi

Oleh: dr. Nadia Octavia Apakah ADHD itu?Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) merupakan suatu kondisi dimana seorang anak memiliki kesulitan dalam berfokus pada suatu hal dan sulit memperhatikan sesuatu. Anak dengan ADHD cenderung terlihat gelisah dan mudah sekali teralihkan perhatiannya. Hal ini membuat mereka sulit untuk fokus pada suatu tugas, baik itu dalam hal mendengarkan gurunya di kelas atau menyelesaikan pekerjaan sekolah. Apa saja gejala ADHD? Sulit fokus dan perhatian mudah teralih Gejala utama ADHD antara lain adalah ketidakmampuan untuk fokus terhadap suatu hal dan mudah teralihkan perhatiannya. Anak-anak seringkali mengalami kesulitan dalam: fokus mendengarkan seseorang yang sedang berbicara, mengikuti petunjuk atau menyelesaikan. Hiperaktif Gejala lain dari ADHD adalah ketidakmampuan untuk dapat duduk diam dan tenang. Anak-anak biasanya berlarian ataupun memanjat benda-benda, tidak teratur, bahkan saat ada di dalam ruangan. Ketika mereka diminta untuk duduk, mereka cenderung terlihat gelisah dan bergerak terus. Anak-anak dengan ADHD juga seringkali berbicara terus menerus dan sulit untuk bermain dengan tenang Impulsif Gejala keti [...]

5 Rutinitas Sehari-hari yang Buat Wanita Lebih Bahagia

5 Rutinitas Sehari-hari yang Buat Wanita Lebih Bahagia

Wanita bekerja cenderung merasa stres karena mempunyai banyak pikiran. Agar merasa cukup rileks, ada rutinitas sehari-hari yang bisa membuat hidup lebih bahagia. Apa saja?Studi baru menunjukkan kebiasaan kecil yang dilakukan setiap hari bisa membawa dampak besar yang mempengaruhi skill Anda. Keterampilan yang meningkat dapat membuat pekerjaan semakin lancar serta lebih bahagia. Untuk itu, coba terapkan lima rutinitas berikut seperti yang dilansir dari Prevention.1. Pukul 09:00: Minum Teh HijauCoba memulai hari dengan minum teh hijau. Penelitian mengungkapkan, orang yang mengonsumsi teh hijau sebanyak empat cangkir atau lebih setiap hari 44% lebih kecil mengalami depresi daripada mereka yang kurang minum. Kandungan Theanine di dalamnya menciptakan rasa relaksasi selama 30 sampai 40 menit setelah mengonsumsinya. Selain itu, mengurangi risiko beberapa penyakit berbahaya, seperti kanker hati, kanker payudara, pankreas, serta diabetes.2. Pukul 12:30: Makan SiangUsahakan makan siang dengan asupan yang sehat. Anda bisa pilih buah-buahan, sayuran, ikan, serta biji-bijian. Batasi makanan yang digoreng, terlalu manis, serta junkfood. Sebuah penelitian dari Australia menemukan bahwa wanita [...]

Manfaat Air Kelapa

Manfaat Air Kelapa

Oleh: dr. Nadia Octavia Apa yang terkandung di dalam air kelapa? Air kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit. Air kelapa murni (tanpa campuran bahan lain) mengandung 5.45 kalori, 1.3gr gula, 61mg potassium dan 5.45mg sodium. Air kelapa mengandung kadar gula yang lebih rendah jika dibandingkan dengan minuman berenergi, soda dan beberapa jus buah. Jika ingin mengkonsumsi air kelapa dalam kemasan, pilihlah air kelapa yang tidak memiliki perasa, tanpa tambahan gula atau jus sehingga memiliki efek yang maksimal tanpa tambahan kalori yang signifikan. Air kelapa dan olahraga Air kelapa baik dikonsumsi setelah berolahraga untuk mengganti cairan yang hilang dibandingkan dengan konsumsi minuman berenergi atau air. Suatu studi yang diterbitkan oleh Medicine & Science in Sports & Exercise menunjukkan bahwa air kelapa dapat mengganti cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga sama baiknya dengan minuman berenergi dan lebih baik daripada air mineral. Suatu studi lain menyebutkan bahwa air kelapa dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak untuk rehidrasi cairan dan gangguan pencernaan yang timbul seperti mual, kembung ataupun gangguan lambung [...]

Seberapa Jauh Akurasi Tes DNA?

Seberapa Jauh Akurasi Tes DNA?

Disebutkan bagaimana kekuatan hasil tes DNA menjadi bukti yang paling mendasar atas polemik kematian orang yang paling dicari pihak otoritas Amerika Serikat. Namun seberapa jauh akurasi hasil tes DNA tersebut, simak informasi serba-serbi tes DNA berikut ini: DNA terdapat pada inti sel dan mitokondria sel manusia. DNA membentuk suatu kesatuan untaian yang disebut kromosom di dalam inti sel. Setiap manusia memiliki setengah pasang kromoson dari ayah dan setengah pasang kromosom dari ibu. Hal inilah yang berdampak pada setiap individu membawa sifat yang diturunkan baik dari ibu maupun ayah. Dengan melakukan Tes Paternitas ataupun Tes Maternitas, dapat dilakukan pembandingan pola DNA pemilik DNA yang diselidiki dengan DNA kedua orangtua. Hampir semua sampel biologis dapat dipakai untuk tes DNA. Mulai dari sel mukosa di pipi bagian dalam, darah, kuku, sampai rambut. Sampel yang paling efektif adalah darah karena bisa dapat banyak DNA. Namun dewasa ini proses pengambilan sampel sudah sangat canggih. Berkat kehadiran teknologi yang dapat menggandakan sampai jutaan kali fragmen suatu DNA yang akan diperiksa, sampel dapat diambil dari fragmen sampel terkecil sekalipun. DNA juga bisa ditemuk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *