Kolesterol Turun dengan Kedelai

Kolesterol-Turun-dengan-Kedelai.jpg

Kedelai merupakan salah satu jenis tanaman polong-polongan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Terdapat berbagai jenis olahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai seperti susu kedelai, tempe, tahu, kecap, dan yoghurt. (Baca: Kolesterol)

Kandungan Nutrisi pada Kedelai

Kedelai mengandung tiga makro-nutrien utama yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu protein, karbohidrat, dan lemak. Selain itu juga terdapat kandungan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, asam folat, dan zat besi. (Baca: Kolesterol)

Kedelai memiliki keunggulan dibandingkan dengan nabati lainnya yaitu mengandung semua jenis asam amino esensial/protein yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan asam amino pada kedelai memiliki kualitas yang hampir sama dengan daging, susu, dan telur. Maka dari itu kedelai disebut sebagai sumber protein nabati utama. (Baca: Kolesterol)

Kedelai juga mengandung asam lemak tak jenuh yang tinggi, asam lemak jenuh rendah, tinggi serat, bebas laktosa, bebas kolesterol, omega-3, dan anti-oksidan.

Kedelai mengandung beberapa jenis phytoestrogen, salah satunya isoflavon. Isoflavon mengandung banyak anti-oksidan dan memiliki efek yang menyerupai hormon estrogen. (Baca: Kolesterol)

Lalu, apa saja manfaat kedelai bagi kesehatan?

Kolesterol Turun dengan Kedelai

Manfaat kedelai bagi kesehatan:

  1. Mengurangi gejala menopause
    Gejala berupa hot flushes (kulit merah dan berkeringat banyak), gangguan emosional, dan vagina kering. Dalam hal ini, phytoestrogen diduga memiliki peranan ringan sebagai terapi pengganti hormon estrogen.

  2. Mengurangi risiko penyakit jantung koroner
    Menurut penelitian, konsumsi 20 g ? 61 g protein kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol total, LDL (lemakjahat), dan trigliserida secara signifikan, dan meningkatkan kadar HDL (lemakbaik) dalam darah.

  3. Menurunkan tekanan darah

  4. Mencegah osteoporosis

  5. Mencegah kanker
    Isoflavon yang merupakan antioksidan berperan dalam mencegah penyakit kanker, seperti kanker payudara, usus, prostat, dan kulit.

  6. Meningkatkan daya ingat

Jumlah Kebutuhan per Hari

Pemberian 30-50 mg isoflavon per hari dinilai cukup untuk memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah contoh rata-rata kandungan isoflavon yang terkandung dalam beberapa makanan: (Baca: Kolesterol)

  • Setengah gelas kacang kedelai: 40-75 mg isoflavon

  • Satu gelas susu kedelai (250 ml): 15-60 mg isoflavon

  • Satu potong (115 g) tahu: 13-43 mg isoflavon

  • Satu potong (110 g) tempe: 41 mg isoflavon

  • Satu sendok teh kecap: 0,4-2,2 mg isoflavon

  • Satu gelas yoghurt kedelai: 26 mg isoflavon

Hati-hati dalam memilih makanan, produk kedelai yang difermentasi seperti kecap biasanya mengandung kadar garam yang tinggi.Jangan mengkonsumsi kedelai jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap kedelai. (Baca: Kolesterol)

Baca juga:

  • 4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol

  • Beras Merah dan Anti-Stroke

  • Serba – Serbi Tentang Kolestrol

  • Menurunkan Kolesterol

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kempeng: Apakah Baik untuk Bayi?

Kempeng: Apakah Baik untuk Bayi?

Oleh: dr. Nadia Octavia Bayi memiliki refleks menghisap yang kuat secara alamiah, oleh karena itu bayi seringkali menghisap jempol atau memasukkan jari-jarinya ke dalam mulut. Acapkali orangtua seringkali memberikan kempeng kepada bayi. Namun benarkah kempeng baik untuk bayi Anda? Keuntungan Dapat membantu menenangkan bayi yang rewel Dapat mengalihkan perhatian bayi sementara Membantu bayi untuk tertidur Mengurangi rasa tidak nyaman pada bayi sewaktu naik pesawat Dapat mengurangi risiko sudden infant death syndrome (SIDS) Kerugian Penggunaan kempeng dapat mengganggu aktivitas menyusui Bayi akan tergantung dengan kempeng Dapat meningkatkan risiko infeksi saluran tengah Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan masalah pada gigi Tips dalam pemberian kempeng Jika Anda tetap memilih untuk memberikan kempeng pada bayi Anda, berikut tips nya: Tunggu hingga bayi beradaptasi dengan menyusui Jika Anda menyusui bayi Anda, American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk menunggu pemberian kempeng hingga 4-6 minggu setelah bayi lahir Jangan menggunakan kempeng sebagai tameng Berikan kempeng hanya setelah atau diantara menyusui. Jangan biarka [...]

5 Tips Menjaga Mood Selalu Positif untuk Kesehatan Fisik & Mental

5 Tips Menjaga Mood Selalu Positif untuk Kesehatan Fisik & Mental

Kondisi emosional bisa memengaruhi kesehatan fisik secara keseluruhan. Mood yang negatif seperti kesal, marah atau sedih bisa menurunkan daya tahan tubuh sehingga Anda jadi lebih mudah sakit. Sebaliknya, mood positif akan berdampak pada tubuh yang lebih sehat dan Anda pun jadi lebih optimis menghadapi tantangan hidup ke depannya. Mulai dari sekarang, jagalah mood Anda untuk kesehatan tubuh, pikiran dan jiwa. Ini lima tipsnya yang dikutip dari Gal Time. 1. Tertawa Lebih SeringTertawa bisa meningkatkan sistem imun tubuh, membuat awet muda, membakar kalori dan tentu saja, membuat mood Anda lebih bahagia. Perbanyaklah menghabiskan waktu dengan teman-teman semasa SMU atau kuliah yang pintar berkelakar. Bisa juga mengajak keluarga atau teman menonton acara komedi slap stick klasik. Perlu diketahui, tertawa meningkatkan hormon endorphin yaitu senyawa kimia yang memicu rasa senang.2. Latihan Fisik Secara RutinOlahraga, fitnes, dan latihan fisik lainnya punya banyak keuntungan bagi tubuh. Selain membuat tubuh lebih bugar, sehat dan ideal, latihan juga membuat jam tidur Anda lebih teratur sehingga mood bisa positif seharian di keesokan paginya. Olahraga dan fitnes juga membantu Anda mengu [...]

Pengaruh dan Penanganan Gonore pada Kehamilan dan Bayi Baru Lahir

Pengaruh dan Penanganan Gonore pada Kehamilan dan Bayi Baru Lahir

Pada ibu hamil, penyakit menular seksual gonore ternyata dapat memengaruhi kehamilan dan bayi yang baru lahir. Tapi tidak perlu khawatir karena gonore dapat ditangani hingga tuntas. Gonore adalah penyakit menular yang paling sering ditularkan melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi. Gonore disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae, bakteri yang tumbuh dan berkembang biak dengan mudah di selaput lendir tubuh. Bakteri ini dapat tumbuh di daerah saluran reproduksi yang hangat dan lembap seperti leher rahim, uterus (rahim), dan tuba falopi (saluran telur) pada perempuan. Bakteri tersebut juga berkembang di bagian uretra (saluran yang membawa urine dari kandung kemih keluar tubuh) pada perempuan dan laki-laki dan juga bisa tumbuh di mulut, tenggorokan, dan anus. Bahaya Gonore pada Ibu Hamil dan Bayi Gonore dapat ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi. Wanita yang sedang hamil dan menderita gonore dapat menularkan infeksi tersebut pada bayinya selama persalinan. Jika gonore pada wanita hamil tidak diobati, berbagai komplikasi akan muncul, antara lain kemungkinan keguguran, persalinan prematur, air ketuban pecah sebelum waktunya, infeksi pada lapisan dind [...]

6 Cara Mudah Tingkatkan Daya Ingat

6 Cara Mudah Tingkatkan Daya Ingat

Kita semua pasti sering mengalaminya, ketika Anda pergi ke supermarket dan tiba-tiba lupa apa yang seharusnya dibeli. Tidak bisa mengingat nama teman kantor suami Anda, atau lupa di mana menaruh kunci mobil.Kejadian-kejadian seperti itu sangatlah normal, apalagi ketika Anda sedang banyak pikiran. Walaupun begitu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kondisi yang sering disebut dengan pikun ini, ternyata bisa terus memburuk seiring dengan bertambahnya usia. Bahkan bisa jadi gejala-gejala awal alzheimer atau dimentia.Jika gangguan ingatan sudah mulai menyulitkan hidup Anda, maka perlu dilakukan tindakan yang bisa meminimalisir sifat lupa itu. Berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga atau meningkatkan daya ingat, seperti dikutip dari Health.1. Sarapan Roti PanggangSebuah penelitian di Tuft University menemukan bahwa mereka yang tidak mengonsumsi karbohidrat di pagi hari memiliki daya ingat yang buruk. Sel otak Anda membutuhkan karbohidrat untuk berfungsi secara optimal. Roti gandum panggang mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk diet dan otak Anda.2. Olahraga Pagi Sebelum BekerjaMenurut Sandra Aamodt, PhD, penulis "Welcome to Your Brain", olah [...]

Meningitis, Infeksi Otak yang Mematikan

Meningitis, Infeksi Otak yang Mematikan

Dunia selebritas baru-baru ini dikejutkan dengan kabar yang kurang mengenakkan, Olga Syahputra, selebriti yang sedang naik daun di tanah air, dikabarkan dirawat di sebuah ruang ICU rumah sakit Jakarta. Olga, yang kita kenal sebagai presenter acara Dahsyat ini, lemas tak berdaya akibat penyakit meningitis yang dideritanya. Berbahayakah penyakit ini? Sebelum itu, ada baiknya kita mengenali apa itu meningitis. Meningitis diambil dari kata meninges yang berarti selaput otak dan ?itis yang berarti peradangan, jadi meningitis adalah peradangan pada selaput otak. Seperti infeksi pada umumnya, penyebab dari penyakit ini adalah virus dan bakteri. Meningitis yang disebabkan serangan bakteri biasanya berdampak lebih buruk pada orang yang mengidapnya. Ketika pertahanan tubuh kita lemah, bakteri penyebab meningitis akan menyerang kita dan masuk ke selaput otak, disana ia berkoloni dan akibatnya timbulah reaksi peradangan dari tubuh kita. Karena erat hubungannya dengan otak, infeksi ini seringkali menimbulkan gejala-gejala yang berhubungan dengan sistem saraf pusat. Gejala-gejala yang menonjol antara lain nyeri yang timbul saat kepala menengok ke kanan atau ke kiri, dan gejala infeksi pada umu [...]

Benarkah Daging Kambing Bikin Libido Naik?

Benarkah Daging Kambing Bikin Libido Naik?

Percayakah Anda bahwa daging kambing dapat meningkatkan keperkasaan, khususnya untuk pria? Bahkan ada yang mengatakan kalau daging kambing muda atau daging kambing setengah matang lebih baik ketimbang daging kambing yang matang. Entah darimana pernyataan tersebut berkembang. Berikut penjelasannya: Daging kambing bukanlah golongan makanan pembangkit libido. Rasa hangat yang timbul setelah makan daging kambing berasal dari lemak yang melekat di daging kambing, dan secara ilmiah tidak ada hubungannya dengan peningkatan libido. Bahkan daging kambing memiliki kandungan gizi yang sama dengan daging sapi, hanya saja kandungan lemak daging kambing lebih rendah. Hal tersebut membuat daging kambing terasa lebih ringan dan mudah dicerna, sehingga menimbulkan perasaan nyaman dalam tubuh. Inilah yang membuat seseorang mengartikan perasaan nyaman itu dengan peningkatan libido. Benarkah Daging Kambing Bikin Libido Naik? Jika Anda ingin menambah gairah seksual, sebaiknya Anda memilih makanan yang mampu meningkatkan hormon testosteron (hormon yang bermanfaat untuk mengatur fungsi seksual), seperti alpukat, durian, tiram dan cokelat. Sebaliknya, jika Anda ingin meningkatkan g [...]

Bernyanyi, Cara Baru Hilangkan Kebiasaan Mendengkur

Bernyanyi, Cara Baru Hilangkan Kebiasaan Mendengkur

Mendengkur ternyata bisa diatasi dengan cara yang mudah dan menyenangkan, yaitu bernyanyi. Latihan vokal ringan setiap hari, bisa menguatkan otot pada tenggorokan dan langit-langit mulut yang lemah, yang kuat diduga jadi penyebab utama kebiasaan mendengkur atau ngorok.Penemuan ini didapat setelah seorang guru vokal mencari cara untuk membantu temannya berhenti mendengkur. Alise Ojay nama guru tersebut. Ia merancang program latihan menyanyi yang ditargetkan pada tenggorokan dan berhasil membuat dengkuran serta sleep apnea temannya itu berhenti.Temuannya itu pun mendorong para peneliti di Exeter University dan Royal Devon & Exeter NHS Foundation Trust untuk melakukan studi lebih lanjut dan dalam skala besar. Penelitian tersebut melibatkan 30 responden yang punya gangguan mendengkur. Mereka diminta latihan vokal selama dua menit setiap hari dalam waktu tiga bulan.Di akhir percobaan, dengkuran responden berkurang secara signifikan, dibandingkan dengan 30 partisipan lainnya yang tidak melakukan terapi bernyanyi. "Alise memberitahu saya sudah ada banyak orang yang merasakan keuntungan dengan mengikuti program latihan menyanyi ini. Latihan yang dia kembangkan membantu memperkuat ot [...]

Kerja Dalam Keadaan Sakit Bisa Buat Otak Rusak

Kerja Dalam Keadaan Sakit Bisa Buat Otak Rusak

Otak merupakan organ tubuh yang paling vital dan penting bagi kelangsungan hidup manusia. Seperti yang dikutip dari detikhealth, otak manusia terdiri lebih dari 100 miliar saraf yang masing-masing terkait dengan 10 ribu saraf lain. Otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali sistem saraf pusat.Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.Untuk itulah otak perlu dijaga dan dirawat, jika tidak penyakit-penyakit yang merusak otak pun bisa terjadi. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui sembilan kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat otak menjadi rusak lalu cobalah untuk menghindarinya.1. Tidak sarapanOrang yang tidak sarapan akan memiliki kadar gula darah yang rendah dan memicu ketidakcukupan nutrisi pada otak, padahal otak butuh nutrisi yang cukup untuk tetap bisa bekerja. Akibat kurang suplai nutrisi terutama glukosa, akhirnya kemampuan otak pun cepat menurun.2. MerokokSemua orang tahu merokok it [...]

Gejala Diabetes Bisa Terlihat di Mulut

Gejala Diabetes Bisa Terlihat di Mulut

Pada beberapa kasus penderita diabetes ditemukan setelah memeriksakan diri ke dokter gigi, karena mengalami gangguan dalam rongga mulut. Beberapa gejala diabetes melitus bermanifestasi dalam rongga mulut, dan yang sering dikeluhkan oleh pasien adalah gigi goyang, rongga mulut terasa kering, bau mulut tidak sedap dan sulit menelan. Manifestasi penyakit ini didalam rongga mulut ditemukan pada penderita diabetes meilitus yang sudah lanjut, karena hampir tidak ada perbedaan antara penderita dengan yang tidak menderita diabetes melitus pada fase awal. Gejala-gejala yang timbul seiring dengan perjalanan penyakit ini dapat terjadi sendiri-sendiri atau bersamaan, gejala tersebut meliputi peningkatan lubang pada gigi, peradangan jaringan pendukung gigi (periodotitis) yang menyebabkan gigi-gigi menjadi goyang, gusi mudah berdarah, produksi air liur berkurang, lichen planus, kandidiasis atau jamur, sensasi rongga mulut seperti terbakar, gangguan dalam penelanan dan gangguan pengecapan. Mukosa yang pucat dan rasa sakit yang menyeluruh pada gigi tanpa adanya rangsangan (odontalgia) yang disertai perubahan warna merupakan gambaran klinis rongga mulut pada penderita diabetes yang tidak terkontr [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *