Kolesterol Turun dengan Kedelai

Kolesterol-Turun-dengan-Kedelai.jpg

Kedelai merupakan salah satu jenis tanaman polong-polongan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Terdapat berbagai jenis olahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai seperti susu kedelai, tempe, tahu, kecap, dan yoghurt. (Baca: Kolesterol)

Kandungan Nutrisi pada Kedelai

Kedelai mengandung tiga makro-nutrien utama yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu protein, karbohidrat, dan lemak. Selain itu juga terdapat kandungan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, asam folat, dan zat besi. (Baca: Kolesterol)

Kedelai memiliki keunggulan dibandingkan dengan nabati lainnya yaitu mengandung semua jenis asam amino esensial/protein yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan asam amino pada kedelai memiliki kualitas yang hampir sama dengan daging, susu, dan telur. Maka dari itu kedelai disebut sebagai sumber protein nabati utama. (Baca: Kolesterol)

Kedelai juga mengandung asam lemak tak jenuh yang tinggi, asam lemak jenuh rendah, tinggi serat, bebas laktosa, bebas kolesterol, omega-3, dan anti-oksidan.

Kedelai mengandung beberapa jenis phytoestrogen, salah satunya isoflavon. Isoflavon mengandung banyak anti-oksidan dan memiliki efek yang menyerupai hormon estrogen. (Baca: Kolesterol)

Lalu, apa saja manfaat kedelai bagi kesehatan?

Kolesterol Turun dengan Kedelai

Manfaat kedelai bagi kesehatan:

  1. Mengurangi gejala menopause
    Gejala berupa hot flushes (kulit merah dan berkeringat banyak), gangguan emosional, dan vagina kering. Dalam hal ini, phytoestrogen diduga memiliki peranan ringan sebagai terapi pengganti hormon estrogen.

  2. Mengurangi risiko penyakit jantung koroner
    Menurut penelitian, konsumsi 20 g ? 61 g protein kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol total, LDL (lemakjahat), dan trigliserida secara signifikan, dan meningkatkan kadar HDL (lemakbaik) dalam darah.

  3. Menurunkan tekanan darah

  4. Mencegah osteoporosis

  5. Mencegah kanker
    Isoflavon yang merupakan antioksidan berperan dalam mencegah penyakit kanker, seperti kanker payudara, usus, prostat, dan kulit.

  6. Meningkatkan daya ingat

Jumlah Kebutuhan per Hari

Pemberian 30-50 mg isoflavon per hari dinilai cukup untuk memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah contoh rata-rata kandungan isoflavon yang terkandung dalam beberapa makanan: (Baca: Kolesterol)

  • Setengah gelas kacang kedelai: 40-75 mg isoflavon

  • Satu gelas susu kedelai (250 ml): 15-60 mg isoflavon

  • Satu potong (115 g) tahu: 13-43 mg isoflavon

  • Satu potong (110 g) tempe: 41 mg isoflavon

  • Satu sendok teh kecap: 0,4-2,2 mg isoflavon

  • Satu gelas yoghurt kedelai: 26 mg isoflavon

Hati-hati dalam memilih makanan, produk kedelai yang difermentasi seperti kecap biasanya mengandung kadar garam yang tinggi.Jangan mengkonsumsi kedelai jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap kedelai. (Baca: Kolesterol)

Baca juga:

  • 4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol

  • Beras Merah dan Anti-Stroke

  • Serba – Serbi Tentang Kolestrol

  • Menurunkan Kolesterol

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Wasir Saat Hamil? Ini Cara Pengobatannya!

Wasir Saat Hamil? Ini Cara Pengobatannya!

Wasir biasa terjadi selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga. Beberapa perempuan terkena wasir pertama kali saat mereka hamil, dan jika Anda pernah mengalaminya sebelum kehamilan, kemungkinan besar Anda bisa mengalaminya lagi. Dalam kebanyakan kasus, wasir yang berkembang selama kehamilan akan sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan, terutama jika Anda berhati-hati dalam menanganinya. Mengapa wasir terjadi pada masa kehamilan? Kehamilan membuat seseorang lebih rentan terhadap wasir. Rahim yang membesar menekan vena panggul dan vena kava inferior (vena besar di sisi kanan tubuh yang menerima darah dari anggota tubuh bagian bawah). Hal ini memperlambat kembalinya darah dari bagian bawah tubuh Anda, yang meningkatkan tekanan pada vena di bawah rahim dan menyebabkan wasir lebih melebar atau bengkak. Sembelit, masalah umum lain selama kehamilan, juga dapat menyebabkan atau memperburuk wasir. Selain itu, peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan dinding pembuluh darah lebih lentur, yang memungkinkan dinding pembuluh darah membengkak lebih mudah. Progesteron juga dapat mengakibatkan sembelit dengan memperlambat saluran usus. Bagaimana saya menghindari was [...]

Seram, Tren Tato Terbaru yang Buat Orang Rela Disayat Hingga Berdarah

Seram, Tren Tato Terbaru yang Buat Orang Rela Disayat Hingga Berdarah

Tato menggunakan tinta sepertinya sudah dianggap biasa bagi sebagian orang. Pecinta seni melukis tubuh memiliki cara baru untuk mengekspresikan diri mereka. Yakni dengan menyanyat kulit demi menampilkan gambar pada bagian tubuh yang dikehendaki. Tato jenis baru yang dinyatakan ilegal di sejumlah negara ini pun menjadi tren di kalangan pecinta modifikasi tubuh.Prosedur tersebut dijadikan bentuk pengorbanan bagi para pecinta modifikasi tubuh yang hobi menerapkan tindikan serta tato secara ekstrem. Praktek ini terinspirasi dari ritual pengorbanan diri yang sering dilakukan suku-suku di Afrika, Papua Nugini, atau Selandia Baru. Biasanya para anggota merelakan diri untuk terluka sebagai bentuk pengabdian baik untuk sesama ataupun Tuhan yang disembah. Gambar yang tampil pada kulit dilukis dengan cara seperti dipahat. Menurut blog Tattoodo, praktik ini melibatkan pisau yang sudah disterilkan. Prosedur selebihnya kurang lebih sama dengan tato biasa yang menggunakan jarum. Pertama bagian tubuh yang ingin dilukis dibersihkan kemudian digambarkan desain tatonya. Setelah itu motif tersebut dibentuk dengan cara menyayat kulit bagian paling luar.Sebagian dari Anda mungkin menganggap jika tato [...]

Menangani Diare pada Bayi

Menangani Diare pada Bayi

Diare merupakan salah satu penyebab kematian bayi tertinggi di Indonesia. Di Indonesia, diare merupakan penyebab kematian bayi dengan persentase mencapai 31,4%. Sebesar 25% di antaranya adalah balita berumur 1-4 tahun akibat diare yang berujung kepada kondisi dehidrasi. Apa Saja Penyebab Diare? Diare pada bayi dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari infeksi usus hingga perubahan pola makan, antara lain: Infeksi parasit, bakteri, atau virus. Bayi dan balita yang banyak menyentuh benda yang belum tentu bersih akan rentan terinfeksi karena sering memasukkan tangannya yang kotor ke mulut. Selain itu, kekebalan tubuh mereka yang masih dalam tahap berkembang juga membuat mereka lebih rentan tertular penyakit. Keracunan makanan. Terlalu banyak mengonsumsi jus buah. Alergi terhadap obat-obatan tertentu. Alergi terhadap makanan tertentu. Bayi yang sudah bisa mencerna makanan padat dan sedang mengalami diare sebaiknya untuk sementara menjauhi makanan yang berminyak, yang berserat tinggi, yang manis seperti kue dan produk-produk susu. Ini karena jenis makanan tersebut dapat memperburuk gejala diare mereka. Mendeteksi Tekstur Tinja Bayi Cara terbaik untuk mendeteksi penyakit ini a [...]

Inilah Penyebab Sulitnya Hamil

Inilah Penyebab Sulitnya Hamil

Keinginan untuk memiliki keturunan sangat wajar untuk dimiliki oleh pasangan yang telah menikah. Namun, ternyata tidak semua pasangan dapat dengan mudah memiliki keturunan. Sekitar 70% pasangan akan langsung mendapat keturunan pada tahun pertama pernikahan mereka, 20% pasangan akan mendapat keturunan pada tahun kedua pernikahan mereka, dan sisanya akan mendapat keturunan pada tahun ketiga mereka atau bahkan tidak memiliki keturunan sama sekali. Pasangan dikatakan tidak subur bila tidak mendapat keturunan setelah 1 tahun pernikahan dan berhubungan sex 2-3 kali perminggu tanpa menggunakan kontrasepsi. Kasus yang sering terjadi bila menyangkut sulit untuk memiliki keturunan ini, tragisnya malah pihak perempuan yang sering menjadi sasaran. Hal tersebut tidak lain disebabkan oleh kurangnya pengetahuan bahwa untuk mendapatkan keturunan, dibutuhkan kerja sama dari kedua belah pihak, laki-laki dan perempuan. Dalam kerjasama keduabelah pihak, tentu saja tidak luput dari dua faktor utama. Apa saja itu? Mari simak di halaman selanjutnya. Inilah Penyebab Sulitnya Hamil Faktor wanita: Pada wanita, ketidaksuburuan dapat terjadi karena adanya infeksi pada vagina Ketidak [...]

Perawatan untuk Kebotakan

Perawatan untuk Kebotakan

Kebotakan menjadi isu tersendiri bagi sebagian orang. Kebotakan umumnya terjadi pada akhir usia 20 tahun hingga awal usia 30-an. Kira-kira sebanyak 50% pria mengalami masalah kebotakan hingga berakhir pada usia 50 tahunan. Banyak faktor yang mempengaruhi kebotakan. Pengobatan dan penanganan kebotakan pun tergantung dari penyebab dari kasus kebotakan yang terjadi. Apa saja penanganannya, Perawatan untuk Kebotakan Kebotakan menjadi isu tersendiri bagi sebagian orang. Kebotakan umumnya terjadi pada akhir usia 20 tahun hingga awal usia 30-an. Kira-kira sebanyak 50% pria mengalami masalah kebotakan hingga berakhir pada usia 50 tahunan. Banyak faktor yang mempengaruhi kebotakan. Pengobatan dan penanganan kebotakan pun tergantung dari penyebab dari kasus kebotakan yang terjadi. Apa saja penanganannya, Perawatan Kebotakan #1: Minoxidil Suatu jenis obat yang dijual bebas di pasaran dan telah disetujui oleh FDA. Kerjanya adalah dengan menstimulasi pertumbuhan rambut. � Efektivitas: Minoxidil ternyata terbukti bermanfaat untuk 2 diantara 3 pria. Obat ini sangat efektif bagi Anda yang berusia dibawah 40 tahun atau bagi Anda yang [...]

Studi: Kesepian Bisa Mengganggu Sistem Imun Tubuh

Studi: Kesepian Bisa Mengganggu Sistem Imun Tubuh

Jangan anggap sepele jika Anda kesepian. Menurut studi terbaru, rasa sepi bisa mengganggu sistem daya tahan tubuh dan kesehatan.Sebab, kesepian memacu produksi protein yang menandakan adanya peradangan. Kondisi ini kerap dihubungkan dengan penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, radang sendi, Alzheimer dan mempercepat penuaan."Ini sudah jelas dari penelitian sebelumnya bahwa hubungan asmara yang tidak berjalan dengan baik bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan bahkan kematian yang lebih cepar," ujar Lisa Jaremka, yang memimpin penelitian di Institute for Behavioural Medicine Reseach di Ohio State University, seperti dikutip dari Times of India.Menurut Lisa, penelitian yang dilakukannya sangat penting. Karena kita harus mengerti bagaimana kesepsian dan hubungan asmara memengaruhi kesehatan. "Semakin kita tahu mengenai prosesnya, semakin besar kemungkinan untuk mengatasi efek negatifnya.Hasil penelitian didapat berdasarkan beberapa penelitian yang dikumpulkan dari dua populasi. Yaitu kelompok paruh baya yang kelebihan berat badan dan kelompok survivor kanker payudara.Para peneliti mengukur tingkat kesepian menggunakan Loneliness Scale, kuesioner yang menilai persepsi tenta [...]

Sedekat Inilah Pestisida dengan Kita

Sedekat Inilah Pestisida dengan Kita

Dalam mengendalikan hama, pestisida sering dijadikan senjata utama. Maklum, produk ini memang didedikasikan untuk membunuh atau mengusir hama. Selain membunuh atau mengusir hama, pestisida juga memiliki peran penting dalam mencegah dan mengontrol pertumbuhan hama. Hama sendiri sering diartikan sebagai makhluk hidup yang kehadirannya tidak diinginkan atau merusak tanaman, hewan, dan manusia. Hama ini termasuk serangga, tikus, jamur, dan tanaman liar. Karena berfungsi mengendalikan hama, pestisida diduga dapat berdampak kepada kesehatan masyarakat. Banyak sumber penyakit yang bisa diberantas oleh pestisida, salah satunya adalah nyamuk. Selain itu, pestisida juga berperan penting dalam mengamankan pertanian dari kerusakan akibat hama. Yang harus dipahami adalah potensi pestisida yang bisa menjadi racun bagi organisme lain, selain hama. Bahkan manusia pun bisa dirugikan oleh pemakaian pestisida. Oleh karena itu, prosedur penggunaan, penyimpanan, serta pembuangannya harus diperhatikan. Pestisida di Tengah Kehidupan Manusia Pemakaian pestisida sudah sangat biasa dalam kehidupan kita. Sayur-sayuran dan buah-buahan adalah contoh yang paling dekat dalam kehidupan. Bahan makanan pokok, sep [...]

Bahan Dapur untuk Mengobati Penyakit Ringan Secara Alami

Bahan Dapur untuk Mengobati Penyakit Ringan Secara Alami

Gigitan serangga dan paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa menyebabkan kulit gatal-gatal, kemerahan atau iritasi. Jangan dulu memakai salep atau obat berbahan kimia untuk menyembuhkannya. Atasi dulu dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah atau dapur Anda. Ini dia bahan alami untuk mengatasi iritasi kulit, seperti dikutip dari She Knows.1. Kulit Pisang Sebuah metode pengobatan kuno dari China menggunakan bagian dalam kulit pisang untuk mengurangi peradangan dan iritasi. Pertama bersihkan area yang terkena gigitan serangga dengan hand sanitizer atau cuci dengan sabun dan air. Kemudian tempelkan bagian dalam kulit pisang pada luka selama lima menit. Biarkan sisa-sisa kulit pisang menempel dan tidak perlu dibilas.2. CukaSetelah lama bermain di luar ruangan pada siang hari, seringkali kulit terasa perih dan memerah karena terbakar. Salah satu bahan di dapur Anda, yaitu cuka dapat mengobati kulit yang terbakar. Cuka mengandung asam acetic yang merupakan salah satu komponen obat seperti aspirin, dan telah terbukti dapat mengurangi rasa sakit, gatal, dan peradangan akibat kulit terbakar. Cuka dapat membantu kulit itu menyeimbangkan pH dan mempercepat pengobatan. Para dokter k [...]

Bayi Yang Rentan Autisme

Bayi Yang Rentan Autisme

Sebuah penelitian terbaru di University of Pennsylvania School of Nursing, Amerika Serikat mengemukakan terdapat hubungan rendahnya berat badan bayi baru lahir dengan potensi kondisi autisme. Penelitian yang diterbitkan di Journal Pediatric, Amerika Serikat. itu, mengamati relevansi antara anak yang lahir dalam keadaan berat badan rendah dengan angka penderita autis. Penelitian ini dilakukan terhadap 862 anak di New Jersey dengan berat badan rendah sejak lahir hingga berusia 21 tahun. Mereka yang lahir dengan berat badan mulai dari 0.5 Kg ? 2 Kg terbukti positif autis 5% dibandingakan resiko anak lahir ukuran normal akan autism yang hanya sebesar 1%. Penemuan ini dianggap signifikan dengan hasil evaluasi gangguan spektrum autism (ASD/Autism Spectrum Disorder), dimana hal tersebut senada dengan penemuan sebelumnya yang menunjukkan hubungan rendahnya tingkat berat badan bayi baru lahir yang mempengaruhi perkembangan motorik dan masalah kognitif pada tubuh. Meskipun penelitian ini tidak menjadikan kurangnya berat badan saat lahir sebagai penyebab autisme secara langsung, namun Professor Jennifer Pinto-Martin selaku direktur bagian pusat autisme University Pennsylvania School of Nursin [...]

Inilah Bahayanya Berenang di Kolam Berklorin

Inilah Bahayanya Berenang di Kolam Berklorin

Berenang merupakan olahraga yang menyenangkan dan sangat baik untuk kesehatan. Namun, ternyata berenang juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan jika dilakukan di kolam renang yang mengandung klorin. Klorin biasa digunakan untuk air minum atau kolam renang untuk membunuh bakteri. Klorin dapat menghasilkan produk berbahaya yang disebuat haloacetic acid (HAA) pada urin (air kencing) setelah paparan dan dieliminasi oleh tubuh dalam 3 jam. Lebih dari 90% paparan HAA disebabkan oleh tertelannya air kolam renang atau terserap kulit. Anak-anak cenderung memiliki kadar HAA yang lebih tinggi dibanding orang dewasa. Konsentrasi HAA lebih tinggi di kolam renang outdoor dibandingkan kolam renang indoor. Konsentrasi HAA pada kolam renang jauh lebih besar dibandingkan konsentrasi HAA dalam air mineral karena penggunan sistem sirkulasi air dalam waktu lama pada kolam renang yang memperkuat klorinasi air. Jangan menelan air kolam! Kenapa? Ini Penjelasannya: Jangan menelan air kolam! Kenapa? Ini Penjelasannya: Para peneliti dari Barcelona yang tergabung dalam organisasi bernama Center of Research in Environmental Epidemiology (CREAL) menemukan bahwa ada indikasi mu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *