Kondisi Medis di Balik Telinga Berdenging

Kondisi-Medis-di-Balik-Telinga-Berdenging-Alodokter.jpg

Pernahkah Anda merasakan telinga seperti berdenging? Sebagian masyarakat sering mengaitkannya dengan pertanda tertentu. Padahal sebenarnya telinga berdenging merupakan salah satu kondisi medis yang disebut sebagai tinnitus.

Tinnitus terjadi jika terdengar suara-suara abnormal yang berasal dari dalam telinga, dan terdengar seperti berdengung, siulan atau suara bising mesin. Denging bisa segera hilang dengan sendirinya atau bertahan lama. 1 dari 100 orang yang mengalami tinnitus bahkan merasakan denging ini benar-benar mengganggu konsentrasi, menyebabkan masalah tidur sampai depresi.

Tinnitus akan makin jelas terasa ketika Anda berada di tempat hening, atau ketika akan tidur. Selain itu, penderitanya dapat lebih sensitif terhadap volume suara yang sebenarnya normal bagi banyak orang. Kondisi tersebut dinamakan hyperacusis.

Jika suara tersebut hanya bisa didengar oleh Anda, berarti Anda mengalami tinnitus subjektif. Kondisi ini bisa dipicu oleh masalah pada telinga luar, tengah, atau dalam. Selain itu, masalah pada saraf pendengaran atau bagian otak yang menerjemahkan sinyal suara juga bisa memicu tinnitus subjektif.

Sedangkan, jika suara-suara tersebut dapat didengar oleh dokter ketika pemeriksaan, berarti Anda mengalami tinnitus objektif. Jenis yang lebih langka ini dipicu oleh masalah pembuluh darah, kondisi tulang telinga dalam atau kontraksi otot.

Penyebab tinnitus dapat dibagi dua, penyebab ringan dan penyebab serius. Berikut ini adalah penjelasannya.

Penyebab ringan, artinya bukan disebabkan oleh penyakit serius, antara lain:

  • Mendengar suara yang sangat keras. Pada beberapa kasus, tinnitus dapat menjadi permanen jika penderita mendengar suara keras untuk waktu lama.
  • Efek samping penggunaan obat seperti aspirin, antibiotik, dan kina.
  • Kekurangan zat besi.
  • Infeksi telinga. Jika infeksi diobati, maka tinnitus dapat hilang.
  • Banyak kotoran telinga, menyebabkan kehilangan pendengaran atau iritasi gendang telinga.
  • Cemas atau stres.
  • Penurunan daya pendengaran seiring penuaan, biasanya dimulai dari usia 60 tahun.
  • Postur tubuh, misalnya ketika Anda bangkit dari posisi tidur atau duduk, atau menggerakkan kepala. Gerakkan tersebut mengakibatkan perubahan tekanan pada saraf, otot, atau pembuluh darah di sekitar telinga yang memicu tinnitus.

Penyebab serius, atau disebabkan oleh penyakit serius, antara lain:

  • Adanya tumor di kepala atau leher, sehingga menyebabkan pembuluh darah di kepala atau leher tertekan.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah telinga akibat penumpukan kolesterol. Seiring penuaan dan tingginya kolesterol, pembuluh darah utama yang terletak di dekat telinga bagian tengah dan dalam kehilangan elastisitas. Sehingga, aliran darah menjadi lebih kuat dan terdengar oleh telinga.
  • Penyakit Meniere yang diakibatkan tekanan pada koklea, yaitu suatu struktur di telinga bagian dalam. Kondisi ini bisa menyebabkan pusing atau vertigo, kehilangan pendengaran, dan tinnitus.
  • Tumor neuroma akustik, yaitu tumor jinak yang terjadi pada saraf kranial yang berjalan dari otak ke telinga bagian dalam.

Tindakan Apa yang Diperlukan?

Anda bisa konsultasikan kondisi telinga berdenging kepada dokter THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan). Dokter akan melakukan pemeriksaan menggunakan otoskop untuk memeriksa telinga. Selain itu, dapat dilakukan tes pendengaran (audiometri) untuk melihat kemungkinan adanya gangguan pendengaran. Alat yang digunakan antara lain otoacoustic emissions (microphone yang dimasukkan ke dalam telinga) untuk pemeriksaan pada anak, dan pure tone audiometry (menggunakan headphone) untuk pemeriksaan pada orang dewasa. Pada tes lanjutan dapat pula digunakan scan pada otak.

Langkah berikut juga dapat dilakukan untuk mengurangi denging pada telinga.

  • Relaksasi. Cemas dan stres akan memperparah tinnitus. Berpikirlah positif dan lakukan relaksasi untuk mengurangi stres.
  • Konsumsi obat antidepresan. Jika stres yang diakibatkan tinnitus tidak mudah dihilangkan dengan relaksasi, Anda dapat mengonsumsi obat antidepresan sesuai anjuran dokter.
  • Hindari ruang hening karena Anda akan makin jelas mendengar dengingan. Sebaiknya dengarkan suara-suara yang lebih nyaman dan menyenangkan untuk Anda dengan volume yang rendah. Ini akan membantu untuk mengalihkan pendengaran Anda. Lakukan pula ketika akan tidur.
  • Gunakan alat bantu dengar. Setelah berkonsultasi dengan dokter, Anda mungkin dapat menggunakan alat bantu dengar. Dengan menggunakannya, suara normal akan terdengar lebih jelas dan mengalahkan suara dengingan. Alat ini ditujukan untuk mereka yang memiliki gangguan pendengaran seperti tinnitus, atau bahkan tuli.

Jika Anda mengalami telinga berdenging, periksakan ke dokter THT agar penyebabnya bisa diketahui, diobati dan tidak menjadi makin parah.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Putus Cinta Meningkatkan Risiko Kematian

Putus Cinta Meningkatkan Risiko Kematian

?Mati Akibat Putus Cinta?, ternyata bukan ungkapan belaka. Dalam kasus ini, jika pasangan hidup ada yang meninggal, maka dapat meningkatkan risiko kematian pada pasangan yang ditinggalkan. Selain itu, diperkuat dari menurut sebuah penelitian, stroke dan serangan jantung dapat meningkat sebesar dua kali lipat dalam 30 hari setelah kematian pasangan. Bagaimana bisa stroke dan penyakit jantung berhubungan dengan putus cinta? Halaman berikut ini penjelasan selengkapnya. Peningkatan Stroke Setelah Kematian Pasangan Setelah kematian pasangan, umumnya seorang akan masuk ke dalam tahap berduka dan menyebabkan gangguan dalam fungsi kehidupannya. Bahkan seorang dapat mengalami fase depresi, dan kehilangan minat untuk melakukankegiatan sehari-hari. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada kelompok pasien yang berumur diatas 60 tahun dengan pasangan yang sudah meninggal, sebanyak 16 dari 10,000 orang menderita serangan jantung atau stroke dalam 30 hari. Sedangkan jika dibandingkan pada orang yang tidak berduka, ternyata angka kejadian stroke atau serangan jantungnya jauh lebih rendah, yaitu sebanyak 8 orang dari 10,000 yang mengalami serangan jantung atau stroke. Namun [...]

8 Gejala Serangan Jantung pada Wanita

8 Gejala Serangan Jantung pada Wanita

Oleh: dr. Jessica Florencia Serangan jantung terjadi setiap 34 detik dan merupakan pembunuh nomor 1 bagi wanita. Secara umum, kita mengetahui bahwa gejala khas serangan jantung adalah nyeri dada pada sebelah kiri secara tiba-tiba yang menjalar ke lengan kiri. Namun, gejala khas ini lebih sering terjadi pada pria. Pada wanita, gejala serangan jantung dapat sangat tidak khas sehingga tidak mudah terdeteksi dan seringkali terabaikan. Gejala serangan jantung yang tidak khas pada wanita ini memang sulit diinterpretasikan. Untuk itu, para wanita perlu lebih berhati-hati agar tidak salah mengenali gejala yang terjadi pada mereka sebagai gangguan saluran pencernaan atau flu biasa. Beberapa gejala serangan jantung pada wanita yang tidak khas dan harus diwaspadai adalah: Nyeri dada seperti ditekan benda berat yang dapat terjadi di seluruh bagian dada yang terjadi selama beberapa menit atau hilang timbul. Nyeri di daerah salah satu atau kedua lengan, punggung atas, leher dan rahang yang tidak jelas penyebabnya seringkali berupa keluhan seperti diikat tali dengan kuat. Nyeri di daerah ulu hati atau rasa tertekan benda berat pada daerah perut atas. Sulit bernapas dengan nyeri dad [...]

Ketika Bayi Tidak Henti-hentinya Menyusu

Ketika Bayi Tidak Henti-hentinya Menyusu

Jika Anda merasa bayi Anda selalu menyusu, ingin menempel trus dan tidak pernah kenyang janganlah khawatir, mungkin bayi Anda sedang dalam masa Growth Spurt. Growth spurt adalah percepatan pertumbuhan yang merupakan suatu fase dimana pertumbuhan bayi akan mengalami percepatan sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya. Apakah kondisi ini hanya terjadi pada bayi ASI? Jawabannya tidak. Kondisi ini dapat terjadi pada bayi ASI atau bayi yang minum SUFOR. Waktu ? waktu terjadi growth spurt Bayi baru lahir Bayi berusia 1 minggu, Bayi berusia 3 minggu, Bayi berusia 4- 6 minggu, Bayi berusia 3 bulan - 6 bulan. Lamanya berkisar dua sampai tiga hari. Tanda bayi mengalami growth spurt Bayi lebih sering menyusu sepanjang hari. Setiap 1 jam atau 30 menit Bayi tampak selalu haus dan tidak pernah kenyang Bayi sering bangun di malam hari dan rewel Setelah 2-3 hari bayi akan sering tidur dan tampak tenang Tips untuk ibu yang bayi nya sedang mengalami growth spurt Mengikuti kemauan bayi Ibu makan yang banyak Jangan berpikiran ASI Anda tidak cukup, karena pikiran negative akan mengganggu kerja oksitosin untuk menghasilkan ASI Jika bayi istirahat, A [...]

Selera Asin Terbentuk Saat Bayi

Selera Asin Terbentuk Saat Bayi

Sebuah penelitian yang di publikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa pembentukan selera rasa asin pada bayi dikarenakan pengenalan makanan awal yang mengandung garam. Hal ini yang kemudian dapat berkembang seiring usia dengan kesukaan menambahkan garam pada setiap makanan dengan kadar yang semakin meningkat pula. Hasil penelitian ini seakan membukakan mata dalam mencegah berkembangnya selera individu dalam penggunaan garam melalui pencegahan pemberian makanan bergaram di awal perkenal makanan padat setelah ASI pada bayi. Para peneliti menemukan bahwa bayi usia 6 bulan yang diperkenalkan makanan padat pertama berupa makanan proses siap saji, akan memiliki kecenderungan menyukai makanan asin. Hal ini disebabkan oleh kadar sodium yang terdapat pada makanan tersebut. Sehingga pada saat masuk sekolah, selera mereka akan lebih menyukai makanan-makanan asin, bahkan tidak jarang kesukaan mereka akan garam meningkat seperti langsung menjilati bubuk perasa asin maupun garam itu sendiri. Berbanding terbalik apabila bayi usia 6 bulan yang diperkenalkan pertamaka kali dengan makanan padat berupa buah ataupun sayuran segar yang dihaluskan tanpa tambahan per [...]

Jangan Takut dengan Kista Ovarium

Jangan Takut dengan Kista Ovarium

Tiap wanita pasti takut jika mendengar penyakit bernama kista ovarium. Penyakit ini menjadi hal yang menakutkan karena kehadirannya di tubuh bisa berkembang menjadi kanker dan bersifat mematikan. Pada dasarnya kista ovarium tidaklah berbahaya. Yang membuatnya berkembang menjadi ganas adalah ketika kehadirannya tidak ditangani dengan benar. Deteksi Sedini Mungkin Kista ovarium adalah benjolan berisi cairan yang berkembang pada indung telur (ovarium) wanita. Kondisi ini tergolong umum dialami oleh wanita. Kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Hadirnya kista di ovarium memang sulit terdeteksi karena tidak menimbulkan gejala. Kista baru menampakkan gejala ketika telah berkembang. Kenali gejala-gejala kista ovarium Pada kebanyakan kasus, biasanya kita tidak akan menyadari kehadiran kista ovarium di tubuh. Karena pada dasarnya kehadiran kista sering kali tidak menimbulkan gejala. Namun Anda akan merasakan gejalanya jika memiliki kista yang telah membesar, pecah, atau menutupi aliran darah ke ovarium. Berikut ini gejala-gejala yang bisa timbul akibat adanya kista: Sering buang air kecil. Nyeri saat buang air besar. Meras [...]

Menari Hip Hop Bisa Cegah Diabetes

Menari Hip Hop Bisa Cegah Diabetes

Menari merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan diri. Tak hanya itu, menari ternyata juga baik untuk kesehatan, terutama dalam mencegah risiko terkena serangan dibetes tipe 2.Seperti yang dikutip dari detikhealth, diabetes tipe 2 terjadi akibat adanya perubahan gaya hidup seseorang. Diabetes tipe 2 merupakan penyakit degeneratif yang telah meningkat karena frekuensi konsumsi gula meningkat.Hal itu terjadi ketika reseptor insulin dalam sel-sel tidak lagi merespon insulin yang diproduksi oleh pankreas, sehingga sel-sel kurang mampu mendapatkan energi dari makanan yang dikonsumsi. Kelebihan kalori ini kemudian diubah menjadi lemak dan berbagai komplikasi kesehatan yang serius dapat berkembang.Menurut studi yang dilakukan di University of Utah, orang yang mengidap diabetes tipe dua dapat mengontrol glukosa dalam tubuh, performa fisik dan komposisi lemak tubuh dalam tiga bulan jika melakukan latihan yang dikombinasikan dengan latihan beban, seperti menari.Untuk mengetahui cara pencegahan serangan diabetes tipe 2, University of Pennsylvania School of Nursing, Amerika Serikat melakukan sebuah penelitian. Dalam penelitiannya, mereka meminta anak-anak yang menjadi partisipan melak [...]

Penyebaran AIDS di Indonesia

Penyebaran AIDS di Indonesia

Penyebaran HIV dan AIDS di Indonesia sangat memprihatinkan berdasarkan data yang diutarakan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sugiri Syarief dalam pembukaan acara peringatan hari AIDS sedunia (20/11) yang menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan penyebaran AIDS tercepat se Asia Tenggara. Bahkan beberapa provinsi di Indonesia sudah terjadi epidemik HIV yang terkonsentrasi seperti di Papua dengan lebih dari 2% penduduknya positif terinfeksi HIV dan terus meluas dengan pola hidup seks bebas yang memudahkan HIV tertularkan. Selain Papua, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali sebagai 4 provinsi besar dengan akumulatif banyaknya penderita HIV di Indonesia, DKI Jakarta menjadi tempat penularan HIV dan AIDS tertinggi yaitu mencapai 3.997 kasus sesuai data yang terekam dalam Kemenkes. Data tersebut diatas dapat terbilang tidak terlalu akurat karena berdasarkan survey, 20% penduduk Indonesia tidak mengetahui apakah pasangan mereka ataupun diri mereka sendiri telah terinfeksi HIV dan masih banyak pengidap yang tidak berani mengakui akibat masih adanya stigma social dalam mengucilkan penderita HIV dan Aids. Bahkan menurut hasil riset Sexual Wellbeing [...]

Fakta Menarik Tentang Kentut

Fakta Menarik Tentang Kentut

Kenapa kita kentut? Kenapa kentut bau? Terkadang kentut merupakan hal yang memalukan namun kentut merupakan suatu fungsi tubuh yang normal. Nah, berikut terlampir beberapa fakta mengenai kentut. 1. Apa itu kentut? Kentut disebabkan oleh adanya udara yang terperangkap. Udara ini bisa datang darimana saja, bisa karena udara yang masuk ke tubuh kita saat kita makan ataupun minum. Udara yang terbentuk juga bisa terjadi akbibat gas yang diproduksi dari reaksi kimia atau metabolisme bakteri yang tinggal di usus kita. Sebuah kentut yang normal mengandung: 59% Nitrogen 21% Hidrogen 9% karbondioksida 7% metane, dan 4% Oksigen. Hanya sekitar 1% dari kandungan kentut mengandung hIdrogen sulfida dan mercaptans, yang mengandung sulfur, dimana kandungan sulfur lah yang membuat kentut dapat kurang sedap. 2. Kenapa Kentut Bau? Semakin banyak kita mengkonsumsi makanan yang mengandung sulfur maka semakin bau kentut Anda. Beberapa makanan yang mengandung kadar sulfur yang tinggi diantaranya adalah: kacang-kacangan, keju, soda, kubis dan telur. Kenapa Kentut Bisa Berbunyi? Kentut dapat berbunyi karena getaran saat melewati rektum. Kerasnya suara kentut tergantung d [...]

6 Cara Mudah Agar Lebih Bahagia Menurut Penelitian

6 Cara Mudah Agar Lebih Bahagia Menurut Penelitian

Stres merupakan gangguan mental yang tidak hanya menyerang psikis, tapi juga fisik. Saat stres, kualitas hidup seseorang akan menurun dan apabila dibiarkan terlalu lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, stres sudah semestinya segera dihilangkan. Ada banyak cara untuk meredakan stres, salah satunya dengan melakukan jalan cepat selama 10 menit. Menurut penelitian, aktivitas ringan tersebut bisa meningkatkan mood sekaligus mengurangi rasa gelisah dan stres.Ingin tahu cara lainnya? Ini tips mudah agar Anda lebih bahagia, seperti dikutip dari Times of India.1. Beli Tiket Pertunjukan, Jangan BelanjaSaat stres, biasanya wanita tergoda untuk belanja atau beli makanan enak. Tapi membeli tiket pertunjukan memberi hasil yang lebih efektif. Baik itu tiket pertandingan olahraga, sirkus, teater, konser atau film di bioskop. Para psikolog di San Fransisco State University menemukan bahwa 'pengalaman' akan membuat kita lebih bahagia daripada 'benda' karena kesenangan dari membeli sesuatu lebih cepat hilang dibandingkan memori atau kenangan bagus. Jadi saat stres, gunakan uang Anda untuk nonton konser atau film, bukan beli tas branded.2. Luangkan Waktu Bersama TemanPeneliti d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *