Kondisi Medis di Balik Telinga Berdenging

Kondisi-Medis-di-Balik-Telinga-Berdenging-Alodokter.jpg

Pernahkah Anda merasakan telinga seperti berdenging? Sebagian masyarakat sering mengaitkannya dengan pertanda tertentu. Padahal sebenarnya telinga berdenging merupakan salah satu kondisi medis yang disebut sebagai tinnitus.

Tinnitus terjadi jika terdengar suara-suara abnormal yang berasal dari dalam telinga, dan terdengar seperti berdengung, siulan atau suara bising mesin. Denging bisa segera hilang dengan sendirinya atau bertahan lama. 1 dari 100 orang yang mengalami tinnitus bahkan merasakan denging ini benar-benar mengganggu konsentrasi, menyebabkan masalah tidur sampai depresi.

Tinnitus akan makin jelas terasa ketika Anda berada di tempat hening, atau ketika akan tidur. Selain itu, penderitanya dapat lebih sensitif terhadap volume suara yang sebenarnya normal bagi banyak orang. Kondisi tersebut dinamakan hyperacusis.

Jika suara tersebut hanya bisa didengar oleh Anda, berarti Anda mengalami tinnitus subjektif. Kondisi ini bisa dipicu oleh masalah pada telinga luar, tengah, atau dalam. Selain itu, masalah pada saraf pendengaran atau bagian otak yang menerjemahkan sinyal suara juga bisa memicu tinnitus subjektif.

Sedangkan, jika suara-suara tersebut dapat didengar oleh dokter ketika pemeriksaan, berarti Anda mengalami tinnitus objektif. Jenis yang lebih langka ini dipicu oleh masalah pembuluh darah, kondisi tulang telinga dalam atau kontraksi otot.

Penyebab tinnitus dapat dibagi dua, penyebab ringan dan penyebab serius. Berikut ini adalah penjelasannya.

Penyebab ringan, artinya bukan disebabkan oleh penyakit serius, antara lain:

  • Mendengar suara yang sangat keras. Pada beberapa kasus, tinnitus dapat menjadi permanen jika penderita mendengar suara keras untuk waktu lama.
  • Efek samping penggunaan obat seperti aspirin, antibiotik, dan kina.
  • Kekurangan zat besi.
  • Infeksi telinga. Jika infeksi diobati, maka tinnitus dapat hilang.
  • Banyak kotoran telinga, menyebabkan kehilangan pendengaran atau iritasi gendang telinga.
  • Cemas atau stres.
  • Penurunan daya pendengaran seiring penuaan, biasanya dimulai dari usia 60 tahun.
  • Postur tubuh, misalnya ketika Anda bangkit dari posisi tidur atau duduk, atau menggerakkan kepala. Gerakkan tersebut mengakibatkan perubahan tekanan pada saraf, otot, atau pembuluh darah di sekitar telinga yang memicu tinnitus.

Penyebab serius, atau disebabkan oleh penyakit serius, antara lain:

  • Adanya tumor di kepala atau leher, sehingga menyebabkan pembuluh darah di kepala atau leher tertekan.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah telinga akibat penumpukan kolesterol. Seiring penuaan dan tingginya kolesterol, pembuluh darah utama yang terletak di dekat telinga bagian tengah dan dalam kehilangan elastisitas. Sehingga, aliran darah menjadi lebih kuat dan terdengar oleh telinga.
  • Penyakit Meniere yang diakibatkan tekanan pada koklea, yaitu suatu struktur di telinga bagian dalam. Kondisi ini bisa menyebabkan pusing atau vertigo, kehilangan pendengaran, dan tinnitus.
  • Tumor neuroma akustik, yaitu tumor jinak yang terjadi pada saraf kranial yang berjalan dari otak ke telinga bagian dalam.

Tindakan Apa yang Diperlukan?

Anda bisa konsultasikan kondisi telinga berdenging kepada dokter THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan). Dokter akan melakukan pemeriksaan menggunakan otoskop untuk memeriksa telinga. Selain itu, dapat dilakukan tes pendengaran (audiometri) untuk melihat kemungkinan adanya gangguan pendengaran. Alat yang digunakan antara lain otoacoustic emissions (microphone yang dimasukkan ke dalam telinga) untuk pemeriksaan pada anak, dan pure tone audiometry (menggunakan headphone) untuk pemeriksaan pada orang dewasa. Pada tes lanjutan dapat pula digunakan scan pada otak.

Langkah berikut juga dapat dilakukan untuk mengurangi denging pada telinga.

  • Relaksasi. Cemas dan stres akan memperparah tinnitus. Berpikirlah positif dan lakukan relaksasi untuk mengurangi stres.
  • Konsumsi obat antidepresan. Jika stres yang diakibatkan tinnitus tidak mudah dihilangkan dengan relaksasi, Anda dapat mengonsumsi obat antidepresan sesuai anjuran dokter.
  • Hindari ruang hening karena Anda akan makin jelas mendengar dengingan. Sebaiknya dengarkan suara-suara yang lebih nyaman dan menyenangkan untuk Anda dengan volume yang rendah. Ini akan membantu untuk mengalihkan pendengaran Anda. Lakukan pula ketika akan tidur.
  • Gunakan alat bantu dengar. Setelah berkonsultasi dengan dokter, Anda mungkin dapat menggunakan alat bantu dengar. Dengan menggunakannya, suara normal akan terdengar lebih jelas dan mengalahkan suara dengingan. Alat ini ditujukan untuk mereka yang memiliki gangguan pendengaran seperti tinnitus, atau bahkan tuli.

Jika Anda mengalami telinga berdenging, periksakan ke dokter THT agar penyebabnya bisa diketahui, diobati dan tidak menjadi makin parah.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sakit Tenggorokan? Hindari 6 Makanan & Minuman Ini

Sakit Tenggorokan? Hindari 6 Makanan & Minuman Ini

Perubahan cuaca seringkali ditandai dengan datangnya beberapa penyakit, salah satunya sakit tenggorokan. Biasanya sakit tenggorokan juga disertai dengan batuk. Meminum teh herbal atau obat batuk mungkin bisa menyembuhkan sakit yang satu ini. Namun perlu diketahui, ada beberapa makanan dan minuman yang seharusnya Anda hindari. Misalnya, secangkir kopi panas bisa membuat Anda lebih nyaman namun dapat memperburuk sakit tenggorokan. Seperti yang dikutip dari Boldsky, ini beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya Anda hindari ketika nyeri tenggorokan.1. Makanan AsamMakan asam seperti acar, buah jeruk, jus lemon, atau permen asam bisa membuat tenggorokan Anda menjadi lebih gatal dan menyakitkan. Hindari juga makanan yang mengandung banyak cuka atau vinegar.2. Makanan PedasKetika tengorokan terasa nyeri, sebaiknya tidak lagi mengonsumsi makanan pedas dan berbumbu. Cabai, pala, cengkeh, black pepper atau rempah-rempah lainnya yang dapat membahayakan sakit tenggorokan.3. Produk susuBanyak orang yang menyarankan untuk meminum segelas susu coklat hangat untuk meredakan sakit tenggorokan. Namun nyatanya, produk susu bis memperburuk nyeri pada tenggorokan. Oleh karena itu hindarilah makana [...]

Anda dan Keluarga Butuh Asuransi Kesehatan

Anda dan Keluarga Butuh Asuransi Kesehatan

Balita memiliki kecenderungan untuk sakit dan menjalani rawat inap lebih tinggi daripada orang dewasa. Tiap orang sebaiknya memiliki asuransi kesehatan sejak masih kecil. Apalagi sistem kekebalan tubuh yang belum kuat membuat anak-anak lebih rentan untuk sakit dan menjalani rawat inap. Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya dipertimbangkan saat memilih asuransi kesehatan untuk anak. Pahami arti Jika asuransi kesehatan orang dewasa berfungsi membagi risiko yang terjadi ketika sakit, asuransi kesehatan anak bertujuan memberikan fasilitas penunjang kebutuhan kesehatan, seperti biaya pengobatan rawat jalan, rawat inap, dan vaksinasi. Bersama orang tua Umumnya asuransi kesehatan untuk anak di bawah 24 tahun harus mengikutsertakan orang tua. Maka jika membeli asuransi kesehatan untuk diri sendiri dan pasangan, ada baiknya sekaligus mengikutsertakan anak. Dalam memilih asuransi untuk anak, pada dasarnya Anda sebaiknya membaca cara memilih asuransi kesehatan untuk orang dewasa. Sebelumnya, jika Anda dan atau pasangan bekerja tetap di sebuah perusahaan, periksa dulu fasilitas kesehatan yang diberikan kantor. Cobalah untuk memeriksa: Klaim persalinan: berapa nominal atau persentase bia [...]

Survei: Kebahagiaan Wanita Ada Pada Besarnya Kantong Belanja

Survei: Kebahagiaan Wanita Ada Pada Besarnya Kantong Belanja

Sebuah survei mengenai kebahagiaan wanita kembali ditemukan. Survei tersebut menjelaskan bahwa kebahagiaan wanita terletak dari ukuran kantong belanja mereka. Semakin besar kantongnya, semakin bahagia pula sang wanita. Kok bisa?Seperti yang dikutip dari Boldsky, kebahagian terbesar wanita bergantung pada anggaran belanja yang pada akhirnya berpengaruh pada ukuran kantong belanjaan mereka. Berdasarkan laporan Wellbeing Index, inflasi harga diketahui lebih memiliki hubungan dengan kondisi kesehatan metal wanita ketimbang pria.Hal ini disebabkan karena wanita paham betul dengan harga produk kebutuhan sehari-hari. Mulai dari makanan hingga pakaian. Mereka cenderung lebih sadar dengan adanya lonjakan harga dan berusaha untuk menyesuaikan pendapatan dan pengeluaran.Dari hasil survei yang dilakukan terhadap 2000 koresponden selama tujuh tahun di Australia, disimpulkan bahwa tingkat kesejahteraan wanita lebih tinggi dibandingkan dengan pria. Wanita merupakan 'front-line purchaser' yang membuat mereka lebih peka terhadap harga bahan pokok.Oleh karena itu, jika kondisi ekonomi mereka menurun, maka kesejahteraan dan kebahagiaan wanita juga ikut menurun. Alasannya, karena 'jatah' belanja me [...]

Sushi Hingga Kopi, Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Selama Hamil

Sushi Hingga Kopi, Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Selama Hamil

Wanita yang tengah berbadan dua memiliki pantangan makanan tertentu agar tidak mempengaruhi janin. Sayangnya beberapa wanita kurang memperhatikan asupan makanannya sehingga bisa memberikan efek samping untuk kesehatan Anda dan bayi dalam kadungan. Sushi dengan potongan ikan mentah sebaiknya dihindari selama hamil. Selain sushi, berikut empat jenis makanan lainnya yang disarankan agar tidak dikonsumsi selama masa kehamilan.1. SushiHindari mengonsumsi sushi dengan potongan daging mentah atau yang dimasak kurang matang ketika sedang berbadan dua. Konsultan Nutrisi, Ria Amelia, mengatakan makanan mentah dihindari karena takut banyak mengandung bakteri. Makanan mentah mengandung toksoplasmosis. Toksoplasmosis merupakan sejenis parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin."Kalau bisa dihindari sama sekali makanan mentah untuk ibu hamil karena banyak bakeri. Seperti ikan-ikan yang dimakan mentah tidak bagus ya karena dikhawatirkan sudah tercemar bakteri," papar Ria saat berbincang dengan Wolipop usai peluncuran media sosial Hawa di Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/8/2015).Baca juga: 50 Inspirasi Gaya Hijab Selebgram Bakteri serupa juga bisa terdapat pada sayu [...]

7 Buah dan Sayuran Yang Bisa Dikonsumsi Tanpa Mengupas Kulitnya.

7 Buah dan Sayuran Yang Bisa Dikonsumsi Tanpa Mengupas Kulitnya.

Makan lebih banyak buah dan sayuran. adalah nasihat gizi yang sering kita dengar, bertujuan untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik serta bertujuan mengurangi berat badan. Tetapi walaupun Anda tergila-gila dengan salad, kenyataannya adalah mencuci, mengupas, dan menyiapkan sayuran dan buah-buahan memakan waktu yang begitu banyak, sehingga anda malas untuk melakukannya. Itu sebabnya kami sangat senang untuk memberi tahu anda, bahwa Anda benar-benar dapat menyiapkan sayuran dan buah-buahan yang akan anda konsumsi tanpa harus mengupas kulitnya, untuk lebih menghemat waktu, meningkatkan jumlah nutrisi serta meningkatkan rasa. Berikut buah dan sayuran yang mempunyai kandungan nutrisi tanpa harus dikupas kulitnya. 1. Kentang Secara tradisional, kentang tumbuk (perkedel), salad kentang, dan bahkan lauk kentang rebus atau panggang anda , yang ada dipikiran anda adalah mengupas kulitnya, hal ini merupakan sesuatu yang kurang baik. Dua puluh persen dari nutrisi, seperti vitamin B dan mineral, ditemukan di kulit kentang. Di kulit kentang itulah semua serat yang kita butuhkan , kata Cavuto, seorang ahli gizi dari Philadelphia. Hanya sebelum itu pastikan untuk cuci kentang yang akan anda m [...]

Telat Haid Tidak Selalu Dikaitkan dengan Kehamilan

Telat Haid Tidak Selalu Dikaitkan dengan Kehamilan

Telat haid bisa mengindikasikan kehamilan,namun masih ada penyebab-penyebab lain selain hamil yang bisa membuat terlambat datang bulan, umumnya adalah faktor hormon. Ketidakteraturan haid bisa merupakan kondisi yang normal bila terjadi pada periode awal mendapat menstruasi atau ketika memasuki periode menopause. Perempuan umumnya mulai menstruasi pada usia 10-15 tahun. Karena baru pertama kali menstruasi, hormon perlu beradaptasi sehingga haid menjadi tidak teratur. Kondisi ini bisa berlangsung selama dua tahun. Demikian halnya ketika baru menopause pada kisaran usia 45-55 tahun. woman honding negative pregnancy test Normalnya, perempuan mendapat haid tiap 21-35 hari. Bila Anda tidak mengalami menstruasi pada rentang waktu tersebut, perhatikan beberapa faktor berikut yang mungkin menjadi penyebabnya. Berat badan tidak normal. Penurunan berat badan secara berlebihan atau berat badan yang rendah dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur. Begitu pula keadaan berat badan terlalu rendah ataupun obesitas. Berat badan dapat dikatakan normal bila indeks masa tubuh (body mass index/BMI) berada di angka 18,5-24,9. BMI didapat dari perhitungan berat badan (kg) tiaptinggi dikuadr [...]

Sudahkah Anda Menggunakan Mouse dengan Benar?

Sudahkah Anda Menggunakan Mouse dengan Benar?

Apakah Anda sering menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer? Apakah Anda sering main game dengan laptop Anda? Jika jawabannya ya dan Anda pernah atau sedang mengalami nyeri pada lengan atau pergelangan tangan, bisa jadi Anda mengalami mouse elbow atau yang dikenal di dunia medis dengan istilah epicondylitis overuse injury. Apakah itu epikondilitis dan apa penyebabnya? Mouse elbow atau epikondilitis merupakan suatu bentuk cedera akibat penggunaan otot atau tendon yang berlebih dan menyebabkan degenerasi serta stress berulang pada lengan bawah dan pergelangan tangan Anda, seperti misalnya memindahkan dan mengklik menggunakan mouse. Nyeri dapat terjadi pada bagian luar dari pergelangan tangan Anda ataupun lengan bawah Anda. Dengan stress yang berulang dan repetitif, Anda dapat mengalami nyeri pada otot dan tendon bahkan saat beristirahat, yang dapat menyebabkan kelemahan dalam melemahnya kekuatan genggaman tangan. Bagaimana cara mengurangi nyeri tersebut? Berikut penjelasannya. Bagaimana cara mengurangi nyeri tersebut? Es Gunakan es pada pergelangan tangan untuk mengurangi peradangan dan nyeri. Aplikasikan 2-3 kali sehari selama 15-20 menit. Pereganga [...]

7 Makanan Agar Tidak Mudah Sakit

7 Makanan Agar Tidak Mudah Sakit

Manusia membutuhkan konsumsi makanan bervariasi dan kandungan nutrisi yang seimbang. Namun ada beberapa jenis makanan yang mudah didapatkan yang ternyata mengandung zat-zat yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Sertakan beberapa jenis makanan ini dalam diet harian Anda maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlimpah dari asupan makanan Anda! 1. Semangka Buah merah kaya akan air ini juga ternyata mengandung antioksidan yang kuat, glutation. Glutation ini dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga dapat melawan infeksi. Antioksidan ini banyak terdapat di bagian pinggir buah dekat kulit. Jadi, pastikan Anda menghabiskan semangka Anda hingga ke bagian dasar kulitnya ya! (Baca: Nyeri Otot Setelah Fitness? Makanlah Semangka!). Klik 'next' untuk selanjutnya. 7 Makanan Agar Tidak Mudah Sakit Manusia membutuhkan konsumsi makanan bervariasi dan kandungan nutrisi yang seimbang. Namun ada beberapa jenis makanan yang mudah didapatkan yang ternyata mengandung zat-zat yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Sertakan beberapa jenis makanan ini dalam diet harian Anda maka Anda akan mendapatkan k [...]

Sebab Wajib Menjauhkan Buah Hati dari Asap Rokok

Sebab Wajib Menjauhkan Buah Hati dari Asap Rokok

Asap rokok yang terpapar kepada perokok pasif lebih berbahaya daripada yang diisap oleh perokok aktif. Apalagi anak-anak dan bayi, mereka adalah golongan yang paling rentan jika terpapar asap rokok. Paparan asap rokok membuat kelompok ini berisiko mengalami berbagai gangguan penyakit. Bahkan, bayi yang terpapar asap rokok berisiko tinggi mengalami sindrom kematian bayi mendadak. Jauhkan Asap Rokok Sekarang Juga Rokok memiliki efektivitas yang sangat baik dalam menyebarkan bahan kimia beracun. Jika diisap di dalam rumah, maka seluruh rumah Anda akan menjadi tempat yang nyaman bagi nikotin, karbon monoksida, dan aneka karsinogen berat. Karsinogen sendiri adalah segala sesuatu yang bisa menyebabkan kanker. Parahnya, semua zat tersebut tidak hanya ada di lokasi Anda merokok. Seluruh ruangan di dalam rumah, termasuk kamar anak-anak dan bayi, berisiko dihinggapi oleh berbagai zat yang berbahaya bagi tubuh. Hanya beberapa menit saja yang dibutuhkan untuk persebaran segala zat berbahaya tersebut. Selain jangkauan luas dan persebarannya yang cepat, asap rokok juga memiliki durasi bertahan yang cukup lama. Asap rokok bisa bertahan di udara hingga 2,5 jam, bahkan saat ventilasi rumah atau j [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *