Kondisi Medis di Balik Telinga Berdenging

Kondisi-Medis-di-Balik-Telinga-Berdenging-Alodokter.jpg

Pernahkah Anda merasakan telinga seperti berdenging? Sebagian masyarakat sering mengaitkannya dengan pertanda tertentu. Padahal sebenarnya telinga berdenging merupakan salah satu kondisi medis yang disebut sebagai tinnitus.

Tinnitus terjadi jika terdengar suara-suara abnormal yang berasal dari dalam telinga, dan terdengar seperti berdengung, siulan atau suara bising mesin. Denging bisa segera hilang dengan sendirinya atau bertahan lama. 1 dari 100 orang yang mengalami tinnitus bahkan merasakan denging ini benar-benar mengganggu konsentrasi, menyebabkan masalah tidur sampai depresi.

Tinnitus akan makin jelas terasa ketika Anda berada di tempat hening, atau ketika akan tidur. Selain itu, penderitanya dapat lebih sensitif terhadap volume suara yang sebenarnya normal bagi banyak orang. Kondisi tersebut dinamakan hyperacusis.

Jika suara tersebut hanya bisa didengar oleh Anda, berarti Anda mengalami tinnitus subjektif. Kondisi ini bisa dipicu oleh masalah pada telinga luar, tengah, atau dalam. Selain itu, masalah pada saraf pendengaran atau bagian otak yang menerjemahkan sinyal suara juga bisa memicu tinnitus subjektif.

Sedangkan, jika suara-suara tersebut dapat didengar oleh dokter ketika pemeriksaan, berarti Anda mengalami tinnitus objektif. Jenis yang lebih langka ini dipicu oleh masalah pembuluh darah, kondisi tulang telinga dalam atau kontraksi otot.

Penyebab tinnitus dapat dibagi dua, penyebab ringan dan penyebab serius. Berikut ini adalah penjelasannya.

Penyebab ringan, artinya bukan disebabkan oleh penyakit serius, antara lain:

  • Mendengar suara yang sangat keras. Pada beberapa kasus, tinnitus dapat menjadi permanen jika penderita mendengar suara keras untuk waktu lama.
  • Efek samping penggunaan obat seperti aspirin, antibiotik, dan kina.
  • Kekurangan zat besi.
  • Infeksi telinga. Jika infeksi diobati, maka tinnitus dapat hilang.
  • Banyak kotoran telinga, menyebabkan kehilangan pendengaran atau iritasi gendang telinga.
  • Cemas atau stres.
  • Penurunan daya pendengaran seiring penuaan, biasanya dimulai dari usia 60 tahun.
  • Postur tubuh, misalnya ketika Anda bangkit dari posisi tidur atau duduk, atau menggerakkan kepala. Gerakkan tersebut mengakibatkan perubahan tekanan pada saraf, otot, atau pembuluh darah di sekitar telinga yang memicu tinnitus.

Penyebab serius, atau disebabkan oleh penyakit serius, antara lain:

  • Adanya tumor di kepala atau leher, sehingga menyebabkan pembuluh darah di kepala atau leher tertekan.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah telinga akibat penumpukan kolesterol. Seiring penuaan dan tingginya kolesterol, pembuluh darah utama yang terletak di dekat telinga bagian tengah dan dalam kehilangan elastisitas. Sehingga, aliran darah menjadi lebih kuat dan terdengar oleh telinga.
  • Penyakit Meniere yang diakibatkan tekanan pada koklea, yaitu suatu struktur di telinga bagian dalam. Kondisi ini bisa menyebabkan pusing atau vertigo, kehilangan pendengaran, dan tinnitus.
  • Tumor neuroma akustik, yaitu tumor jinak yang terjadi pada saraf kranial yang berjalan dari otak ke telinga bagian dalam.

Tindakan Apa yang Diperlukan?

Anda bisa konsultasikan kondisi telinga berdenging kepada dokter THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan). Dokter akan melakukan pemeriksaan menggunakan otoskop untuk memeriksa telinga. Selain itu, dapat dilakukan tes pendengaran (audiometri) untuk melihat kemungkinan adanya gangguan pendengaran. Alat yang digunakan antara lain otoacoustic emissions (microphone yang dimasukkan ke dalam telinga) untuk pemeriksaan pada anak, dan pure tone audiometry (menggunakan headphone) untuk pemeriksaan pada orang dewasa. Pada tes lanjutan dapat pula digunakan scan pada otak.

Langkah berikut juga dapat dilakukan untuk mengurangi denging pada telinga.

  • Relaksasi. Cemas dan stres akan memperparah tinnitus. Berpikirlah positif dan lakukan relaksasi untuk mengurangi stres.
  • Konsumsi obat antidepresan. Jika stres yang diakibatkan tinnitus tidak mudah dihilangkan dengan relaksasi, Anda dapat mengonsumsi obat antidepresan sesuai anjuran dokter.
  • Hindari ruang hening karena Anda akan makin jelas mendengar dengingan. Sebaiknya dengarkan suara-suara yang lebih nyaman dan menyenangkan untuk Anda dengan volume yang rendah. Ini akan membantu untuk mengalihkan pendengaran Anda. Lakukan pula ketika akan tidur.
  • Gunakan alat bantu dengar. Setelah berkonsultasi dengan dokter, Anda mungkin dapat menggunakan alat bantu dengar. Dengan menggunakannya, suara normal akan terdengar lebih jelas dan mengalahkan suara dengingan. Alat ini ditujukan untuk mereka yang memiliki gangguan pendengaran seperti tinnitus, atau bahkan tuli.

Jika Anda mengalami telinga berdenging, periksakan ke dokter THT agar penyebabnya bisa diketahui, diobati dan tidak menjadi makin parah.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
4 Penyebab Berat Badan Naik Selama Puasa

4 Penyebab Berat Badan Naik Selama Puasa

Oleh: dr. Jessica Florencia Pada saat menjalankan puasa, umat Muslim tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsinya, maka kecenderungan yang sering terjadi adalah kenaikan berat badan. Bagaimana bisa kegiatan pengurangan makan dan minum selama 12 jam ternyata dapat mencetus terjadinya kenaikan berat badan di bulan puasa? Hal ini disebabkan karena: Makanan pada saat sahur lebih sering terdiri dari makanan berat dengan kalori tinggi dan tinggi karbohidrat. Makanan pada saat berbuka juga lebih sering makanan berat dengan kalori tinggi, tinggi karbohidrat, tinggi lemak dan jumlah yang banyak. Pada malam hari, setelah berbuka, seringkali dilanjutkan dengan mengkonsumsi camilan atau makanan penutup dengan kalori yang tinggi. Rendah konsumsi buah dan sayuran. Alhasil, pada akhir bulan puasa, cukup banyak yang mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Nah, bagaimanakah solusinya? Simak artikel 7 Tips Anti Berat Badan Naik Ketika Bulan Puasa disini selengkapnya. Lebih idealnya, konsultasikan kondisi yang ada dengan dokter sebelum berpuasa. Untuk kemudahan Anda, silakan menggunakan fitur Tanya Dokter untuk konsultasi dengan tim dokter PeduliSehat.info.[](JF) [...]

6 Alasan Kenapa Anda Harus Sarapan Tiap Hari

6 Alasan Kenapa Anda Harus Sarapan Tiap Hari

Banyak pakar gizi yang menyerukan pentingnya makan sehat di pagi hari. Sarapan kaya nutrisi, ternyata memang punya banyak manfaat dan penting bagi kesehatan. Mulai dari bantu turunkan berat badan hingga meningkatkan daya ingat. Apa lagi keuntungan yang akan didapat dari sarapan? Ini ulasannya, seperti yang dikutip dari Huffington Post.1. Lebih LangsingHasil studi kepada 499 responden yang dimuat dalam American Journal of Epidomiology menunjukkan bahwa orang yang sering melewatkan sarapan 4,5 kali berisiko mengalami obesitas ketimbang mereka yang makan pagi tiap hari. Sarapan sehat dan bernutrisi akan mencegah Anda ngemil dan makan berlebihan saat tiba jam makan siang nantinya.2. Lebih SehatAmerican Heart Association mengumumkan bahwa orang yang sarapan setiap hari, kadar gula darahnya cenderung stabil dan lebih mampu mengontrol nafsu makan dibandingkan yang jarang/tidak pernah sarapan. "Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa sarapan adalah jam makan paling penting dalam sehari. Sarapan penting untuk mengurangi risiko diaberes tipe 2 dan penyakit jantung, "ujar Dr. Mark Pereira dari Harvard Medical School, yang memimpin penelitian.3. Lebih BerenergiMakan sarapan yang mengandung [...]

Ini Dia Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya

Ini Dia Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya

Walau merupakan kondisi umum yang terjadi pada hampir semua orang, cegukan kerap kali mengganggu aktivitas seseorang. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab cegukan dan bagaimana cara mengatasinya?Cegukan secara medis dikenal sebagai singultus yakni kondisi diafragma yang mengejang di luar kemauan. Cegukan cenderung terjadi ketika tingkat karbondioksida dalam darah merosot terlalu rendah.Selain itu, makanan pedas dan alkohol juga terkadang menjadi pemicu cegukan. Makanan pedas seperti cabai, lada atau makanan kari bisa menimbulkan cegukan yang berlangsung hingga lebih dari 1 menit. Sedangkan alkohol yang diminum terlalu banyak bisa menyebabkan iritasi pada saraf yang berfungsi mengendalikan diafragma. Saraf ini cenderung mendorong terjadinya kejang di dalam otot yang memicu cegukan.Cegukan juga menjadi cara tubuh memberitahukan bahwa Anda makan atau minum terlalu banyak. Para ilmuwan juga menilai cegukan adalah refleks yang mencegah Anda tersedak makanan atau minuman. Cegukan juga disebabkan oleh iritasi saraf frenikus yang merupakan saraf motor ke diafragma yang membantu mengendalikan proses bernafas.Stres atau emosi yang tinggi juga terkadang memicu cegukan. Bisa juga pertanda d [...]

Mendengkur Bisa Dikaitkan dengan Risiko Penyakit Berbahaya

Mendengkur Bisa Dikaitkan dengan Risiko Penyakit Berbahaya

Mendengkur sering dianggap sebagai kebiasaan buruk yang lumrah dialami seseorang saat sedang tidur. Suara yang ditimbulkannya biasa mengganggu pasangan atau teman sekamar. Namun ternyata dengkuran, yang merupakan salah satu gejala utama apnea tidur/sleep apnea, bisa dikaitkan dengan adanya peningkatan risiko kondisi yang berbahaya. Mendengkur umumnya lebih banyak dialami pria, terutama dengan berat badan di atas rata-rata ideal. Sebagian orang yang memiliki kelebihan berat badan cenderung mengidap sleep apnea dengan ciri-ciri utamanya adalah mendengkur. Kondisi ini kemungkinan diakibatkan oleh kelebihan massa yang mengumpul di sekitar leher, menjadikan orang tersebut kesulitan bernapas di malam hari. Sebagian orang bisa jadi memiliki amandel besar yang dapat mempersempit jalan napas sehingga menyebabkan dengkuran saat tidur. Riwayat keluarga yang mendengkur dan mengonsumsi minuman keras juga dapat meningkatkan risiko mendengkur. Seiring pertambahan usia, dengkuran bisa menjadi makin parah. Pada kasus tertentu, penelitian menemukan bahwa mendengkur dapat dihubungkan kepada peningkatan risiko berbagai kondisi dan penyakit yang berbahaya, yaitu: Gangguan pernapasan Orang yang serin [...]

7 Penyakit Berbahaya yang Terkait dengan Pekerjaan

7 Penyakit Berbahaya yang Terkait dengan Pekerjaan

Fakta bahwa kesehatan terkait dengan pekerjaan kini semakin nyata dan jelas. Bahkan ada penyakit berbahaya yang timbul karena terkait dengan jenis pekerjaan dan tempat bekerja seseorang. Berikut adalah beberapa penyakit berbahaya dan risiko kesehatan pekerjaan yang hampir dijumpai oleh sebagian besar pekerja, seperti yang dikutip dari Times of India.1. Turbekolosis (TBC)Para pekerja di bidang kesehatan memiliki risiko untuk terkena penyakit berbahaya ini. Hal ini berbahaya karena mereka bisa saja tertular dari pasien yang memiliki penyakit ini tapi belum terdeteksi atau belum mendapat penanganan yang tepat.2. HIV atau Hepatitis B & CJika Anda memiliki pekerjaan dalam bidang kesehatan atau gigi, disarankan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan tertentu untuk menghindari adanya kemungkinan terkena infeksi yang ditularkan melalui darah. Misalnya seperti, HIV atau hepatitis (B dan C). Penyakit ini dapat terjadi akibat adanya kontak dengan darah atau cairan tubuh lain milik pasien atau rekan kerja.3. Carpal Tunnel SyndromeGangguan kesehatan dengan gejala kesemutan dan nyeri pada tangan, terutama pada 3 jari pertama (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah). Gejala itu disebabkan [...]

Anda Termasuk Orang Narsis? Pastikan di Sini

Anda Termasuk Orang Narsis? Pastikan di Sini

Di era digital seperti sekarang ini, kata narsis akan dengan mudahnya dilontarkan kepada mereka yang gemar berfoto selfie, lalu mengunggahnya ke media sosial daring. Namun sebenarnya istilah narsis tidak sesederhana itu. Dalam ilmu kedokteran, narsis termasuk gangguan kepribadian atau mental ketika seseorang secara berlebihan mementingkan dirinya sendiri dan kurang berempati terhadap orang lain. Namun di balik itu, saat mendapat kritikan dari orang lain, perasaan orang-orang narsis mudah terluka karena mereka sangat sensitif. Apakah Anda termasuk orang dengan watak semacam itu? Mari kita telaah bersama-sama. Gangguan ini biasanya mulai terlihat pada saat seseorang menginjak usia remaja atau awal-awal menuju usia dewasa. Berikut ini ciri-ciri seseorang dengan kepribadian narsistik dari sudut pandang ilmu medis: Mengutamakan kepentingan dirinya di atas segala-galanya. Merasa dirinya paling hebat, unik, spesial, dan berharap orang-orang menganggapnya demikian. Sering memonopoli percakapan. Mengumbar prestasi dan bakatnya secara berlebihan. Selalu ingin dipuja atau diperhatikan. Jika hal ini tidak didapat, dia akan marah atau jiwanya mudah terguncang. Mudah iri. Memiliki anggapan ba [...]

Pilek Dapat Menimbulkan Masalah Pada Telinga

Pilek Dapat Menimbulkan Masalah Pada Telinga

Bila Anda sedang terserang penyakit pilek, apakah Anda pernah merasakan rasa tidak nyaman pada telinga Anda seperti perasaan telinga seperti tersumbat? Mengapa bisa terjadi hal tersebut? Lubang hidung kita salurannya akan bermuara ke tenggorokan. Begitu pula halnya dengan telinga kita. Telinga kita dihubungkan dengan tenggorokan melalui sebuah saluran yang dinamakan tuba eustachius. Saluran ini berfungsi untuk menetralkan tekanan pada telinga tengah supaya sama dengan tekanan udara luar. (Baca: Waspadai Jika Telinga Berdengung) Hubungan Pilek dengan Gangguan Kesehatan Telinga Bila kita sedang pilek, maka produksi lendir saluran napas kita akan meningkat. Meningkatnya produksi lendir ini dapat menyebabkan sumbatan pada saluran tuba tadi. Hal ini bila tidak ditangani dengan segera dapat mengakibatkan infeksi telinga. Penumpukan lendir pada tuba dapat merupakan tempat bakteri untuk berkembang biak. Bila sudah terjadi infeksi, terjadi penumpukan nanah di dalam tuba. Penumpukan nanah tersebut akan mengganggu fungsi tuba untuk menyeimbangkan tekanan telinga tengah. Lama kelamaan tumpukan nanah tersebut akan keluar merobek gendang telinga, hal ini akan menimbulkan ny [...]

Mimisan? Jangan Sembarangan Mendongak!

Mimisan? Jangan Sembarangan Mendongak!

Apakah Anda sering mimisan? Atau anak Anda sering mimisan? Apa yang biasanya Anda lakukan untuk mengatasinya? Mimisan sering terjadi pada anak-anak karena pembuluh darah mereka masih rapuh. Pada orang dewasa, mimisan dapat terjadi akibat: � Trauma / cedera / terjatuh. � Mengorek-ngorek hidung, � bersin terlalu kencang, � menghirup udara yang kering seperti pada ruangan ber-AC, � Akibat cuaca panas, � Hipertensi dan masih banyak lagi. Mimisan yang terjadi pada anak sering terjadi akibat pecahnya pleksus Kiesselbach yang terdapat pada rongga hidung sebelah depan. Pada anak-anak pembuluh darah ini masih tipis dan rentan pecah. Mimisan akibat pecahnya pleksus Kiesselbach ini biasanya akan berhenti dengan sendirinya dalam waktu 5 menit pada anak tanpa penyakit kelainan darah. Pada anak dengan masalah pada faktor pembekuan darah tentu waktunya akan lebih lama. Hal yang bisa dilakukan jika terjadi mimisan: Pertolongan Pertama Pada Mimisan Hal yang bisa dilakukan jika terjadi mimisan: Janganlah panik. Segera dudukan pasien, jangan ditidurkan. Posisikan badan [...]

Sleepwell Tea, Teh untuk Atasi Susah Tidur dari Mustika Ratu

Sleepwell Tea, Teh untuk Atasi Susah Tidur dari Mustika Ratu

Susah tidur atau insomnia harus segera diatasi. Jika tidak, kesehatan bisa terganggu karena kurang tidur berpengaruh pada menurunnya sistem imun."Sistem imun bisa drop. Semua fungsi kelenjar yang menghasilkan imun turun. Akibatnya kita mudah terkena virus. Parahnya jangka panjangnya bisa kanker," Dwi Putri Yanthi selaku General Manager Marketing PT Mustika Ratu, Tbk saat media gathering di Taman Sari Royal Heritage Spa, Kamis (25/7/2013).Tidak perlu minum pil tidur untuk atasi insomnia, ada cara herbal yang lebih aman dan alami. Adalah Sleepwell Tea, yang merupakan teh herbal dari Mustika ratu yang dapat membantu meringankan gangguan tidur, mempercepat kantuk dan membuat tidur lebih nyenyak.Sleepwell Tea mengandung daun dan biji pala serta daun putri malu. Kedua bahan alami tersebut bersifat sedatif, yang dapat merelaksasi saraf otot dan menenangkan. Sehingga Anda akan lebih mudah tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas.Dari survei yang telah dilakukan oleh Mustika Ratu, 92% orang yang telah mencoba menyatakan mereka lebih mudah tidur setelah minum Sleepwell Tea.Dalam setengah samapi satu jam setelah minum Sleepwell Tea, tubuh langsung mengirimkan sinyal kantuk, sehingga An [...]

6 Cara Mudah Agar Lebih Bahagia Menurut Penelitian

6 Cara Mudah Agar Lebih Bahagia Menurut Penelitian

Stres merupakan gangguan mental yang tidak hanya menyerang psikis, tapi juga fisik. Saat stres, kualitas hidup seseorang akan menurun dan apabila dibiarkan terlalu lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, stres sudah semestinya segera dihilangkan. Ada banyak cara untuk meredakan stres, salah satunya dengan melakukan jalan cepat selama 10 menit. Menurut penelitian, aktivitas ringan tersebut bisa meningkatkan mood sekaligus mengurangi rasa gelisah dan stres.Ingin tahu cara lainnya? Ini tips mudah agar Anda lebih bahagia, seperti dikutip dari Times of India.1. Beli Tiket Pertunjukan, Jangan BelanjaSaat stres, biasanya wanita tergoda untuk belanja atau beli makanan enak. Tapi membeli tiket pertunjukan memberi hasil yang lebih efektif. Baik itu tiket pertandingan olahraga, sirkus, teater, konser atau film di bioskop. Para psikolog di San Fransisco State University menemukan bahwa 'pengalaman' akan membuat kita lebih bahagia daripada 'benda' karena kesenangan dari membeli sesuatu lebih cepat hilang dibandingkan memori atau kenangan bagus. Jadi saat stres, gunakan uang Anda untuk nonton konser atau film, bukan beli tas branded.2. Luangkan Waktu Bersama TemanPeneliti d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *