Kondisi Medis di Balik Telinga Berdenging

Kondisi-Medis-di-Balik-Telinga-Berdenging-Alodokter.jpg

Pernahkah Anda merasakan telinga seperti berdenging? Sebagian masyarakat sering mengaitkannya dengan pertanda tertentu. Padahal sebenarnya telinga berdenging merupakan salah satu kondisi medis yang disebut sebagai tinnitus.

Tinnitus terjadi jika terdengar suara-suara abnormal yang berasal dari dalam telinga, dan terdengar seperti berdengung, siulan atau suara bising mesin. Denging bisa segera hilang dengan sendirinya atau bertahan lama. 1 dari 100 orang yang mengalami tinnitus bahkan merasakan denging ini benar-benar mengganggu konsentrasi, menyebabkan masalah tidur sampai depresi.

Tinnitus akan makin jelas terasa ketika Anda berada di tempat hening, atau ketika akan tidur. Selain itu, penderitanya dapat lebih sensitif terhadap volume suara yang sebenarnya normal bagi banyak orang. Kondisi tersebut dinamakan hyperacusis.

Jika suara tersebut hanya bisa didengar oleh Anda, berarti Anda mengalami tinnitus subjektif. Kondisi ini bisa dipicu oleh masalah pada telinga luar, tengah, atau dalam. Selain itu, masalah pada saraf pendengaran atau bagian otak yang menerjemahkan sinyal suara juga bisa memicu tinnitus subjektif.

Sedangkan, jika suara-suara tersebut dapat didengar oleh dokter ketika pemeriksaan, berarti Anda mengalami tinnitus objektif. Jenis yang lebih langka ini dipicu oleh masalah pembuluh darah, kondisi tulang telinga dalam atau kontraksi otot.

Penyebab tinnitus dapat dibagi dua, penyebab ringan dan penyebab serius. Berikut ini adalah penjelasannya.

Penyebab ringan, artinya bukan disebabkan oleh penyakit serius, antara lain:

  • Mendengar suara yang sangat keras. Pada beberapa kasus, tinnitus dapat menjadi permanen jika penderita mendengar suara keras untuk waktu lama.
  • Efek samping penggunaan obat seperti aspirin, antibiotik, dan kina.
  • Kekurangan zat besi.
  • Infeksi telinga. Jika infeksi diobati, maka tinnitus dapat hilang.
  • Banyak kotoran telinga, menyebabkan kehilangan pendengaran atau iritasi gendang telinga.
  • Cemas atau stres.
  • Penurunan daya pendengaran seiring penuaan, biasanya dimulai dari usia 60 tahun.
  • Postur tubuh, misalnya ketika Anda bangkit dari posisi tidur atau duduk, atau menggerakkan kepala. Gerakkan tersebut mengakibatkan perubahan tekanan pada saraf, otot, atau pembuluh darah di sekitar telinga yang memicu tinnitus.

Penyebab serius, atau disebabkan oleh penyakit serius, antara lain:

  • Adanya tumor di kepala atau leher, sehingga menyebabkan pembuluh darah di kepala atau leher tertekan.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah telinga akibat penumpukan kolesterol. Seiring penuaan dan tingginya kolesterol, pembuluh darah utama yang terletak di dekat telinga bagian tengah dan dalam kehilangan elastisitas. Sehingga, aliran darah menjadi lebih kuat dan terdengar oleh telinga.
  • Penyakit Meniere yang diakibatkan tekanan pada koklea, yaitu suatu struktur di telinga bagian dalam. Kondisi ini bisa menyebabkan pusing atau vertigo, kehilangan pendengaran, dan tinnitus.
  • Tumor neuroma akustik, yaitu tumor jinak yang terjadi pada saraf kranial yang berjalan dari otak ke telinga bagian dalam.

Tindakan Apa yang Diperlukan?

Anda bisa konsultasikan kondisi telinga berdenging kepada dokter THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan). Dokter akan melakukan pemeriksaan menggunakan otoskop untuk memeriksa telinga. Selain itu, dapat dilakukan tes pendengaran (audiometri) untuk melihat kemungkinan adanya gangguan pendengaran. Alat yang digunakan antara lain otoacoustic emissions (microphone yang dimasukkan ke dalam telinga) untuk pemeriksaan pada anak, dan pure tone audiometry (menggunakan headphone) untuk pemeriksaan pada orang dewasa. Pada tes lanjutan dapat pula digunakan scan pada otak.

Langkah berikut juga dapat dilakukan untuk mengurangi denging pada telinga.

  • Relaksasi. Cemas dan stres akan memperparah tinnitus. Berpikirlah positif dan lakukan relaksasi untuk mengurangi stres.
  • Konsumsi obat antidepresan. Jika stres yang diakibatkan tinnitus tidak mudah dihilangkan dengan relaksasi, Anda dapat mengonsumsi obat antidepresan sesuai anjuran dokter.
  • Hindari ruang hening karena Anda akan makin jelas mendengar dengingan. Sebaiknya dengarkan suara-suara yang lebih nyaman dan menyenangkan untuk Anda dengan volume yang rendah. Ini akan membantu untuk mengalihkan pendengaran Anda. Lakukan pula ketika akan tidur.
  • Gunakan alat bantu dengar. Setelah berkonsultasi dengan dokter, Anda mungkin dapat menggunakan alat bantu dengar. Dengan menggunakannya, suara normal akan terdengar lebih jelas dan mengalahkan suara dengingan. Alat ini ditujukan untuk mereka yang memiliki gangguan pendengaran seperti tinnitus, atau bahkan tuli.

Jika Anda mengalami telinga berdenging, periksakan ke dokter THT agar penyebabnya bisa diketahui, diobati dan tidak menjadi makin parah.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Mencegah Gagal Jantung dengan Kebiasaan Keluarga

Mencegah Gagal Jantung dengan Kebiasaan Keluarga

Sehat itu bukan milik pribadi namun adalah hak setiap orang dan seluruh usia serta bermula di dalam keluarga. Jika seseorang hidup dan tinggal di dalam keluarga yang sehat, maka orang tersebut cenderung akan menerapkan pola hidup sehat dan akan kembali membentuk keluarga yang sehat. Bila salah satu anggota keluarga sakit, maka akan menyulitkan seluruh anggota keluarga. Daripada mengobati, mari kita mulai dengan mencegah sakit. Hidup sehat dimulai dari keluarga! Empat Pola Hidup Sehat Berdasarkan penelitian yang dipublikasi oleh American Journal of Epidemiology, didapatkan 4 perilaku sehat yang berpengaruh untuk mencegah kematian, terutama karena penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan pada 6299 subyek berusia 444-84 tahun tersebut menunjukkan bahwa mereka yang melakukan pola hidup sehat memiliki risiko kematian 80% lebih rendah dari pada mereka yang tidak melakukan pola hidup sehat. Empat pola hidup sehat tersebut adalah tidak merokok, makan makanan sehat dengan gizi seimbang, melakukan kegiatan fisik rutin setiap hari dan menjaga berat badan ideal dan sehat. Efek dari keempat pola hidup sehat ini saling mempengaruhi. Semakin banyak kebiasaan sehat tersebut yang diterapkan dala [...]

8 Jurus Meredakan Batuk

8 Jurus Meredakan Batuk

Batuk merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan benda asing atau lendir dari saluran napas dan paru-paru. Namun, terkadang batuk bisa sangat mengganggu aktivitas maupun istirahat jika terjadi terus-menerus. Berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk mengurangi batuk: 1. Minum Teh Hangat Infeksi saluran napas atas pada umumnya menyebabkan produksi dahak bertambah. Dahak tersebut dapat mengiritasi dan menyebabkan batuk. Segelas air hangat membantu mengencerkan lendir dan menjaga mukosa mulut dan saluran napas tetap lembap. 2. Tinggikan Kepala Saat tidur, sebaiknya tambahkan bantal agar posisi kepala lebih tinggi. Posisi kepala yang lebih tinggi diyakini dapat mengurangi gejala batuk. 3. Jangan Merokok Rokok hanya akan memperburuk kondisi Anda, karena rokok menyebabkan iritasi pada mukosa saluran napas dan membuat produksi lendir semakin banyak. Jangan merokok dan jauhkan diri Anda dari perokok. 4. Hindari Iritan Debu, parfum, pengharum ruangan, asap, mungkin dapat menyebabkan iritasi dan memperparah batuk. Berikut beberapa kiat lainnya untuk meredakan batuk di halaman selanjutnya selengkapnya. 8 Jurus Meredakan Batuk 5. Minum Madu Madu sering dis [...]

Mengapa Anak Cadel?

Mengapa Anak Cadel?

Apakah Anda termasuk orangtua yang memiliki putera dan puteri usia balita? Kita sebagai orangtua tentu ingin pertumbuhan dan perkembahgan anak kita berjalan optimal. Tumbuh kembang yang dialami si kecil saat usia ini merupakan masa tumbuh kembang yang sangat penting karena pada usia inilah tumbuh kembang terjadi secara pesat. Tumbuh kembang yang dialami si kecil tidak hanya pertambahan tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, kemampuan motorik ataupun kematangan emosi. Tetapi juga berkembangnya kemampuan bahasa. (Baca: 5 Tanda Interaksi Pada Anak yang Artinya Anak Tumbuh Optimal) Sering kita temui anak usia balita yang belum mampu mengucapkan kata-kata dengan tepat karena cadel. Cadel yang terjadi pada anak disebabkan ketidaksesuaian antara otot lidah dan bibir karena pada usia dini kinerja otot-otot tersebut belum matang. Hal ini membutuhkan stimulasi dari lingkungan supaya otot-ototnya terlatih untuk mengucapkan kata-kata dengan benar. Cadel bisa bermacam-macam, ada anak yang tidak bisa mengucapkan huruf ?R?, atau bisa mengucapkan huruf ?R? tetapi malah tidak bisa mengucapkan huruf ?L?, atau bisa juga tidak bisa mengucapkan huruf lain. Bila cadel ini terjadi pada anak usia di [...]

Tips Memakai Komputer Agar Tak Merusak Mata

Tips Memakai Komputer Agar Tak Merusak Mata

Tidak hanya menyebabkan kondisi mata menjadi lelah, menatap layar komputer terlalu lama juga bisa merusak mata. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut beberapa cara menggunakan komputer yang tepat.Menurut sebuah penelitian, layar komputer tidak memancarkan radiasi berbahaya seperti sinar X atau cahaya ultraviolet. Jadi, kelelahan yang biasa terjadi saat menatap layar komputer terlalu lama bukan dikarenakan oleh paparan sinar monitor, melainkan oleh faktor lain, seperti yang dikutip dari lifemojo.Faktor lain tersebut adalah pencahayaan yang buruk, posisi komputer atau barang lain yang tidak benar. Ketegangan yang berlebihan pada mata atau yang biasa disebut Computer Vision Syndrome dapat mengakibatkan mata gatal atau terasa terbakar, penglihatan ganda atau kabur serta sakit kepala. Untungnya ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mata dari kelelahan dan ketegangan. Hal yang paling utama dan harus dilakukan adalah pengaturan posisi komputer dan pencahayaan.1. Jauhkan komputer kurang lebih 20-30 inci atau sekitar panjang lengan dari mata Anda. Usahakan agar monitor sejajar dengan arah pandang mata Anda. 2. Miringkan layar monitor ke arah belakang sebanyak 1 [...]

7 Camilan Berkalori Tinggi yang Perlu Anda Waspadai

7 Camilan Berkalori Tinggi yang Perlu Anda Waspadai

Camilan tentu sering menjadi teman setia Anda saat mengerjakan tugas di kantor atau menonton TV di rumah. Berbagai produk kudapan pun tak jarang selalu masuk ke dalam daftar belanja setiap bulannya. Ketika Anda sedang berusaha menguruskan atau mempertahankan berat badan serta menjaga kesehatan, tentu konsumsi camilan perlu diperhatikan. Pastikan jika jumlah kalorinya tidak menyebabkan diet dan olahrga yang Anda selama ini lakukan jadi sia-sia.Menghindari kudapan kurang sehat memang tidak selalu mudah. Rasanya yang lezat serta mengenyangkan sering Anda andalkan untuk mengganjal perut ketika waktu makan belum tiba. Sebagian orang pun kerap tertipu dengan iming-iming sehat dari berbagai produk tanpa mengetahui kalori sebenarnya. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut tujuh camilan berkalori tinggi yang perlu Anda waspadai:1. Cokelat = 73 kaloriCokelat sering diandalkan wanita sebagai makanan pembangkit semangat. Namun konsumsi yang terlalu banyak dapat memicu kegemukan. Apalagi jika cokelat tersebut dicampur susu. Camilan berbahan utama cokelat pun memiliki kalori yang berbeda-beda. Dilansir situs Bembu, permen cokelat M&M bisa mengandung 3,4 kalori per buah. Sementara cokel [...]

Mau Terhindar Dari Penyakit Berbahaya? Ubah Gaya Hidup Anda Sekarang

Mau Terhindar Dari Penyakit Berbahaya? Ubah Gaya Hidup Anda Sekarang

Gaya hidup sangat mempengaruhi kesehatan Anda. Maka dari itu, ikuti pola hidup yang benar setiap hari supaya tidak mudah terserang penyakit. Beberapa dokter dan ahli kesehatan memberikan tips mengubah pola hidup agar lebih sehat.Seperti yang dikutip dari Health Me Up, ini dia saran ahli gizi dari Breach Candy Hospital Trust, Eileen Canday, dokter kesehatan dari Jaslok Hospital, Dr. Rina, serta dokter PKD Shah, seorang konsultan obat-obatan dan endokrinologi di Rockland Hospital. Berikut uraiannya.1. Berhenti MerokokRokok bisa menyebabkan rambut mudah rontok atau terkena alopesia (hilangnya rambut, baik di tubuh maupun kulit kepala). Oleh sebab itu Anda harus biasakan berhenti merokok. Anda juga harus mengurangi minuman tidak sehat seperti alkohol serta menjauhkan stres dari hidup Anda.2. Makan Tepat WaktuMakan tepat waktu akan emmbuat hidup Anda lebih sehat. Anda juga perlu memperhatikan porsi makan untuk menjaga berat badan. Atur asupan garam dan sodium serta berhentilah merokok.3. Hindari Kebiasaan yang BerlebihanSebanyak 95% pasien tekanan darah tinggi memiliki ?Primary Hypertension? atau hipertensi primer yang berarti tekanan darah tinggi tanpa penyebab medis yang jelas. Hip [...]

Waspada Tekanan Darah Tinggi di Masa Kehamilan

Waspada Tekanan Darah Tinggi di Masa Kehamilan

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Pre-eklampsia adalah suatu kondisi yang dapat terjadi pada wanita hamil biasanya saat trimester kedua kehamilan (sekitar minggu ke 20) atau sesaat setelah kelahiran bayi namun pada banyak kasus terjadi pada trimester ketiga (dari minggu ke 27 hingga kelahiran bayi). Wanita dengan pre-eklampsia memiliki gejala berupa tekanan darah yang tinggi, retensi cairan (edema) yang bisa ditemukan di kaki atau tangan dan protein di urin (proteinuria). Bila tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi yang serius. Untuk bayi yang belum lahir, pre-eklampsia dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan. Wanita dengan pre-eklampsia biasanya tidak menyadari bahwa mereka menderita pre-eklampsia hingga saat pemeriksa. Apa yang menyebabkan pre-eklampsia? Hingga saat ini tidak ditemukan jawaban, namun ada yang menyebutkan akibat plasenta yang tidak berfungsi dengan baik, para peneliti ada yang berkata akibat nutrisi yang kurang baik, tingginya lemak dalam tubuh, atau aliran darah yang kurang ke rahim, beberapa menyebutkan pengaruh dari genetis namun sampai detik ini belum ada penjelasan pasti. Sebanyak 10% kasus pre-eklampsia ringan ditemukan pada kehamilan pertama. Kasus pre-eklamps [...]

Inilah Akibatnya Jika Minum Obat Pelangsing Sembarangan

Inilah Akibatnya Jika Minum Obat Pelangsing Sembarangan

Setiap wanita ingin memiliki bentuk tubuh yang langsing dan singset. Namun, seringkali para wanita ingin melakukannya dengan cara yang cepat dan instan. Tidak salah untuk menginginkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal, namun, praktik cara-cara instan kebanyakan hanya membawa efek buruk bagi tubuh, sebagai contoh adalah konsumsi obat pelangsing. Obat pelangsing yang beredar di pasaran seringkali menyatakan bahwa obat-obat tersebut mengandung bahan alami yang dapat menurunkan berat badan konsumennya dalam waktu singkat. Namun sayangnya produsen produk-produk ini seringkali tidak menyebutkan dengan jelas bahan, isi dan kandungan produknya sehingga efek yang ditimbulkan terhadap tubuh dan berat badan serta efek sampingnya sulit untuk diprediksi. Beberapa obat-obat pelangsing dalam bentuk suplemen maupun herbal yang beredar bebas di pasaran biasanya tidak efektif untuk menurunkan berat badan dan efeknya seringkali adalah: Risiko Kesehatan Minum Obat Langsing Sembarangan Beberapa obat-obat pelangsing dalam bentuk suplemen maupun herbal yang beredar bebas di pasaran biasanya tidak efektif untuk menurunkan berat badan dan efeknya seringkali adalah: 1. Menyebabk [...]

Ibu, Inilah 4 Penyebab Gigi Anak Rusak

Ibu, Inilah 4 Penyebab Gigi Anak Rusak

Oleh: drg. Arni Maharani Berdasarkan suatu penelitian, dari tahun ke tahun terus terjadi peningkatan jumlah anak penderita gigi berlubang. Mengingat keterbatasan anak-anak dalam menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi serta beberapa kebiasaan pada anak yang menjadi penyebab gigi berlubang maka banyak sekali anak-anak yang mengalami gigi berlubang. Tapi ada peran serta dari orangtua yang juga memperbesar risiko gigi berlubang, yaitu cara memberikan makanan yang salah, antara lain seperti: Memberikan makanan dan minuman manis Memberikan makanan dan minuman manis dalam botol dot sampai anak tertidur Memberikan ASI dalam posisi anak tidur atau bahkan sampai tertidur Mengemut makanan Tidak lain jika kebiasaan ini berlangsung dalam waktu lama, maka konsekuensinya adalah anak dapat mengalami gigi berlubang (karies gigi). Penyakit gigi berlubang atau karies pada anak terbagi dalam dua jenis yaitu karies botol dan karies rampan. Kedua macam penyakit ini sangat berbahaya bagi anak-anak karena akibat yang ditimbulkan bukan hanya masalah dalam rongga mulut tetapi juga mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak. Rasa sakit pada gigi berlubang akan mengganggu sehingga pola makan [...]

Pakaian Dalam Inovasi Baru, Tak Perlu Pakai Pembalut Saat Menstruasi

Pakaian Dalam Inovasi Baru, Tak Perlu Pakai Pembalut Saat Menstruasi

Masa haid tentu menjadi momen yang kurang nyaman bagi para wanita. Selain karena nyeri di bagian perut, mereka juga sering merasa risih dan repot dengan pemakaian pembalut. Demi menghadirkan rasa 'aman' bagi wanita yang tengah datang bulan, sebuah inovasi dihadirkan oleh Thinx. Merek pakaian dalam tersebut menciptakan produk yang memungkinkan para pengguna tak memakai pembalut saat menstruasi.Brand asal New York, Amerika Serikat ini mengklaim jika pakaian dalamnya dihadirkan dengan teknologi yang dapat menggantikan fungsi pembalut. Produk tersebut bahkan bisa menyerap cairan dua kali lebih banyak dari sebuah tampon atau setara lima sendok makan.Pakaian dalam ini didesain oleh tiga wanita yang berasal dari New York, AS. Mereka adalah si kembar Miki dan Radha Agrawal serta seorang teman bernama Antonia Dunbar. Minimnya pembalut di beberapa negara, misalnya Uganda menjadi inspirasi di balik terciptanya item ini. Thinx pun ingin menawarkan pakaian dalam cantik untuk wanita yang sedang datang bulan."Aku ingin mengubah kebudayaan wanita saat haid, dan tidak dengan menggunakan pakaian dalam nenek-nenek yang berasa seperti sebuah popok," kata Miki pada Forbes dikutip dari situs Mirror.M [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *