Kondisi Medis di Balik Telinga Berdenging

Kondisi-Medis-di-Balik-Telinga-Berdenging-Alodokter.jpg

Pernahkah Anda merasakan telinga seperti berdenging? Sebagian masyarakat sering mengaitkannya dengan pertanda tertentu. Padahal sebenarnya telinga berdenging merupakan salah satu kondisi medis yang disebut sebagai tinnitus.

Tinnitus terjadi jika terdengar suara-suara abnormal yang berasal dari dalam telinga, dan terdengar seperti berdengung, siulan atau suara bising mesin. Denging bisa segera hilang dengan sendirinya atau bertahan lama. 1 dari 100 orang yang mengalami tinnitus bahkan merasakan denging ini benar-benar mengganggu konsentrasi, menyebabkan masalah tidur sampai depresi.

Tinnitus akan makin jelas terasa ketika Anda berada di tempat hening, atau ketika akan tidur. Selain itu, penderitanya dapat lebih sensitif terhadap volume suara yang sebenarnya normal bagi banyak orang. Kondisi tersebut dinamakan hyperacusis.

Jika suara tersebut hanya bisa didengar oleh Anda, berarti Anda mengalami tinnitus subjektif. Kondisi ini bisa dipicu oleh masalah pada telinga luar, tengah, atau dalam. Selain itu, masalah pada saraf pendengaran atau bagian otak yang menerjemahkan sinyal suara juga bisa memicu tinnitus subjektif.

Sedangkan, jika suara-suara tersebut dapat didengar oleh dokter ketika pemeriksaan, berarti Anda mengalami tinnitus objektif. Jenis yang lebih langka ini dipicu oleh masalah pembuluh darah, kondisi tulang telinga dalam atau kontraksi otot.

Penyebab tinnitus dapat dibagi dua, penyebab ringan dan penyebab serius. Berikut ini adalah penjelasannya.

Penyebab ringan, artinya bukan disebabkan oleh penyakit serius, antara lain:

  • Mendengar suara yang sangat keras. Pada beberapa kasus, tinnitus dapat menjadi permanen jika penderita mendengar suara keras untuk waktu lama.
  • Efek samping penggunaan obat seperti aspirin, antibiotik, dan kina.
  • Kekurangan zat besi.
  • Infeksi telinga. Jika infeksi diobati, maka tinnitus dapat hilang.
  • Banyak kotoran telinga, menyebabkan kehilangan pendengaran atau iritasi gendang telinga.
  • Cemas atau stres.
  • Penurunan daya pendengaran seiring penuaan, biasanya dimulai dari usia 60 tahun.
  • Postur tubuh, misalnya ketika Anda bangkit dari posisi tidur atau duduk, atau menggerakkan kepala. Gerakkan tersebut mengakibatkan perubahan tekanan pada saraf, otot, atau pembuluh darah di sekitar telinga yang memicu tinnitus.

Penyebab serius, atau disebabkan oleh penyakit serius, antara lain:

  • Adanya tumor di kepala atau leher, sehingga menyebabkan pembuluh darah di kepala atau leher tertekan.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah telinga akibat penumpukan kolesterol. Seiring penuaan dan tingginya kolesterol, pembuluh darah utama yang terletak di dekat telinga bagian tengah dan dalam kehilangan elastisitas. Sehingga, aliran darah menjadi lebih kuat dan terdengar oleh telinga.
  • Penyakit Meniere yang diakibatkan tekanan pada koklea, yaitu suatu struktur di telinga bagian dalam. Kondisi ini bisa menyebabkan pusing atau vertigo, kehilangan pendengaran, dan tinnitus.
  • Tumor neuroma akustik, yaitu tumor jinak yang terjadi pada saraf kranial yang berjalan dari otak ke telinga bagian dalam.

Tindakan Apa yang Diperlukan?

Anda bisa konsultasikan kondisi telinga berdenging kepada dokter THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan). Dokter akan melakukan pemeriksaan menggunakan otoskop untuk memeriksa telinga. Selain itu, dapat dilakukan tes pendengaran (audiometri) untuk melihat kemungkinan adanya gangguan pendengaran. Alat yang digunakan antara lain otoacoustic emissions (microphone yang dimasukkan ke dalam telinga) untuk pemeriksaan pada anak, dan pure tone audiometry (menggunakan headphone) untuk pemeriksaan pada orang dewasa. Pada tes lanjutan dapat pula digunakan scan pada otak.

Langkah berikut juga dapat dilakukan untuk mengurangi denging pada telinga.

  • Relaksasi. Cemas dan stres akan memperparah tinnitus. Berpikirlah positif dan lakukan relaksasi untuk mengurangi stres.
  • Konsumsi obat antidepresan. Jika stres yang diakibatkan tinnitus tidak mudah dihilangkan dengan relaksasi, Anda dapat mengonsumsi obat antidepresan sesuai anjuran dokter.
  • Hindari ruang hening karena Anda akan makin jelas mendengar dengingan. Sebaiknya dengarkan suara-suara yang lebih nyaman dan menyenangkan untuk Anda dengan volume yang rendah. Ini akan membantu untuk mengalihkan pendengaran Anda. Lakukan pula ketika akan tidur.
  • Gunakan alat bantu dengar. Setelah berkonsultasi dengan dokter, Anda mungkin dapat menggunakan alat bantu dengar. Dengan menggunakannya, suara normal akan terdengar lebih jelas dan mengalahkan suara dengingan. Alat ini ditujukan untuk mereka yang memiliki gangguan pendengaran seperti tinnitus, atau bahkan tuli.

Jika Anda mengalami telinga berdenging, periksakan ke dokter THT agar penyebabnya bisa diketahui, diobati dan tidak menjadi makin parah.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Konsumsi Vitamin Kini Bisa Dengan Cara Disemprot

Konsumsi Vitamin Kini Bisa Dengan Cara Disemprot

Umumnya, vitamin dikonsumsi lewat cara oral, baik makan maupun diminum. Cara lain untuk memperoleh manfaat vitamin bisa dari mengoleskannya di kulit, yakni dengan penggunaan body lotion. Kini ada cara baru untuk memperoleh manfaat vitamin, yakni disemprotkan.Di Inggris, beberapa produsen vitamin mulai melansir produknya dalam bentuk spray (semprotan). Produk-produk vitamin semprot seperti G-Force Energy Spray, BettterYou DLux, hingga Cellfood Multivitamin Spray mulai populer dikonsumsi. Harganya berkisar dari Rp 70 ribu hingga paling mahal seharga Rp 1,1 juta.Diklaim, produk vitamin yang digunakan dengan cara disemprotkan ini bekerja dengan penyerapan lewat membran mucosal yang ada di dalam mulut, seperti dikutip dari Daily Mail."Karena mereka disemprotkan di bawah lidah, mereka langsung memasuki aliran darah ketimbang harus diproses lewat sistem pencernaan," ujar Andrew Thomas pendiri perusahaan produsen vitamin Better You.Ia juga menganggap konsumsi vitamin semprot ini jauh lebih aman karena tidak terkontaminasi zat lain seperti pembungkus kapsul maupun pengeras adonan yang ada di tablet.Namun tidak semua ahli setuju dengan manfaat vitamin semprot. Ursula Arens, pembicara dari [...]

Penyebab Hilang Ingatan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Hilang Ingatan dan Cara Mengatasinya

Hilang ingatan mungkin sering dikaitkan dengan akibat dari benturan atau kecelakaan, padahal penyebab hilang ingatan bisa beragam. Mulai dari penggunaan obat, gaya hidup, dan kondisi medis tertentu. Hilang ingatan terjadi karena adanya kerusakan struktur neuroanatomical yang menghambat ingatan, proses penyimpanan ingatan, dan proses mengingat kenangan. Hilang ingatan menyeluruh dapat terjadi secara mendadak dan dapat terjadi secara bertahap tergantung pada penyebabnya. Tidak hanya karena benturan kepala, hilang ingatan juga bisa disebabkan oleh ragam kondisi lainnya seperti penyakit HIV, tuberkulosis, sifilis, serta gangguan pada kelenjar tiroid yang dapat mempengaruhi kerja otak. Ragam Penyebab Hilang Ingatan Berikut ini adalah beberapa penyebab hilang ingatan: Merokok, narkoba dan minuman beralkohol. Mungkin tidak terpikir sebelumnya bahwa rokok, minuman beralkohol dan narkoba dapat menjadi penyebab ingatan yang semakin menurun. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang merokok atau mengonsumsi narkoba dapat mengalami menurunnya kemampuan untuk mengingat. Hal ini terjadi karena pada perokok, oksigen yang masuk ke dalam otak berkurang. Sedangkan narkoba dapat merusak daya in [...]

Medical Check Up Tanpa Radiasi, Hasil Bisa Diketahui dalam 30 Menit

Medical Check Up Tanpa Radiasi, Hasil Bisa Diketahui dalam 30 Menit

Medical check-up umumnya dilakukan melalui proses pemeriksaan yang cukup rumit dan memakan waktu lama. Hasilnya pun baru bisa diketahui minimal 3-7 hari kemudian. Holistic Medical Center (HMC) di Bangkok, Thailand menawarkan proses pemeriksaan medis yang lebih cepat dan praktis tanpa radiasi.Pada Jumat (19/07/2013), wolipop mencoba paket medical check up yang tersedia di HMC, yaitu Platinum Screening. Paket pemeriksaan medis ini terdiri dari MRIT, LBA, Max Pulse, Alcat dan konsultasi dokter. Dimulai dengan tes Alcat, yaitu pemeriksaan untuk mengetahui kecenderungan seseorang terhadap alergi. Lewat tes darah, akan diketahui makanan atau nutrisi apa saja yang bisa memicu reaksi alergi pada seseorang. Setelah itu dilakukan medical check up menggunakan MRIT (Molecular Resonance Imaging Technology). Sebuah metode pemeriksaan medis tanpa radiasi, melainkan dengan memanfaatkan getaran dan denyutan nadi. Mesin ini mampu menganalisa status energi dari makhluk hidup berdasarkan perubahan pada karakteristik gelombang di jaringan tubuh, sel, kromosom dan hormon.Klien cukup memakai alat yang bentuknya mirip headphone pada telinga, lalu MRIT akan melakukan scanning mulai dari perut, pankreas, [...]

Kempeng: Apakah Baik untuk Bayi?

Kempeng: Apakah Baik untuk Bayi?

Oleh: dr. Nadia Octavia Bayi memiliki refleks menghisap yang kuat secara alamiah, oleh karena itu bayi seringkali menghisap jempol atau memasukkan jari-jarinya ke dalam mulut. Acapkali orangtua seringkali memberikan kempeng kepada bayi. Namun benarkah kempeng baik untuk bayi Anda? Keuntungan Dapat membantu menenangkan bayi yang rewel Dapat mengalihkan perhatian bayi sementara Membantu bayi untuk tertidur Mengurangi rasa tidak nyaman pada bayi sewaktu naik pesawat Dapat mengurangi risiko sudden infant death syndrome (SIDS) Kerugian Penggunaan kempeng dapat mengganggu aktivitas menyusui Bayi akan tergantung dengan kempeng Dapat meningkatkan risiko infeksi saluran tengah Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan masalah pada gigi Tips dalam pemberian kempeng Jika Anda tetap memilih untuk memberikan kempeng pada bayi Anda, berikut tips nya: Tunggu hingga bayi beradaptasi dengan menyusui Jika Anda menyusui bayi Anda, American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk menunggu pemberian kempeng hingga 4-6 minggu setelah bayi lahir Jangan menggunakan kempeng sebagai tameng Berikan kempeng hanya setelah atau diantara menyusui. Jangan biarka [...]

Bahaya Laser Ke Tubuh Manusia

Bahaya Laser Ke Tubuh Manusia

Laser, terobosan teknologi abad 21 ini masih perlu diawasi penggunaannya. Faktor keamanan dan potensi fatal yang dimiliki alat ini belum keseimbangan antara pemahaman yang menyeluruh dari teknologi penyinaran ini dengan keamanan serta fatalitas yang ditimbulkan jika dipaparkan kepada manusia. Terdata sudah beberapa kasus kerusakan mata yang ditimbulkan oleh laser ?pulpen cahaya?, antara lain pada seorang remaja berusia 15 tahun di Inggris September 2010 lalu, bahkan pada bulan terakhir, kasus kerusakan mata serupa pun dilaporkan karena eksposur laser pula. Laporan senada juga terjadi anak berusia tujuh tahun setelah terkena paparan laser yang sama. Hingga tim dokter di Inggris memutuskan untuk melaporkan kejadian ini. Alat penunjuk laser yang biasa digunakan untuk peralatan kantor, akademi, sekolah, bahkan pada mainan anak-anak yang dijual bebas di pasaran tersebut kini dibatasi peredarannya oleh Food and Drugs Administration (FDA) di AS. Legalnya, pointer laser yang diperbolehkan di pasaran dibatasi output 5 watt demi keamanan warga AS. Pun di beberapa negara maju lainnya telah dibentuk badan pengawas untuk penggunaan laser. Paparan pointer laser dengan intensitas tingkat tinggi [...]

Anak Pecandu TV Lebih Riskan Asma

Anak Pecandu TV Lebih Riskan Asma

Menurut penelitian anak pecandu TV lebih riskan terkena asma. Penelitian yang telah diterbitkan di Specialist Journal Thorax ini menyebutkan peningkatan asma antara anak usia 3,5 tahun hingga 11,5 tahun pada anak yang menonton TV lebih dari 2 jam dalam sehari. Fakta tersebut terungkap dari hasil investigasi tim dokter kepada 3000 anak yang mengalami respirasi. Kondisi tersebut pun melalui pengamatan anak-anak yang termonitor sejak mereka lahir pada 1991 dan 1992. Para peneliti menduga terdapat hubungan kurangnya aktivitas fisik pada anak yang memiliki durasi menonton TV tinggi. Diperburuk lagi posisi duduk yang tidak berubah yang memberikan dampak pada perkembangan penyakit respirasi. Kurangnya aktivitas fisik berdampak pada jaringan aliran udara yang disebut otot polos. Sementara itu faktor lainnya dipicu oleh faktor lingkungan yang terpolusi udara serta faktor fisik obesitas. Dari hasil penelitian ini dihimbau orangtua untuk membimbing anaknya untuk menyeimbangkan aktivitas anak dengan aktivitas gerak fisik guna mengurangi faktor risiko yang ada. Aktivitas yang disarankan adalah dengan berolahraga bersama orangtua di pagi hari. Dengan berolahraga, pola makan dan perkembangan moto [...]

Anak Suka Sesak? Hati-Hati Penyakit Jantung Bawaan

Anak Suka Sesak? Hati-Hati Penyakit Jantung Bawaan

Apakah Anda pernah mendengar tentang penyakit jantung bawaan? Penyakit jantung bawaan yang juga dikenal masyarakat sebagai penyakit jantung bocor adalah kelainan pada struktur jantung anak yang didapat sejak lahir. Kelainan struktur jantung ini dapat berupa kelainan katub jantung, dinding jantung atau pembuluh darah jantung. Namun gejala penyakit jantung bawaan kadang tidak khas sehingga perlu perhatian khusus. Mari kita kenali penyakit jantung bawaan lebih jauh. Apa itu penyakit jantung bawaan? Penyakit jantung bawaan adalah kelainan struktur jantung yang terjadi sejak anak lahir. Jantung manusia terdiri dari empat ruangan yang dipisahkan oleh dinding otot jantung dan katub. Kelainan jantung bawaan dapat mengenai dinding jantung, katub jantung atau pembuluh darah. Kelainan jantung dapat berupa kebocoran katub jantung atau terdapat lubang pada dinding jantung. Apa penyebab terjadinya penyakit jantung bawaan? Berikut penjelasannya: Apa Penyebab Terjadinya Penyakit Jantung Bawaan? Penyebab penyakit jantung bawaan cukup banyak, diantaranya adalah: Infeksi saat kehamilan. Infeksi oleh virus, seperti rubella selama kehamilan dapat meningkatkan risiko anak men [...]

Penjelasan di Balik Timbulnya Aroma Pada Organ Intim Wanita

Penjelasan di Balik Timbulnya Aroma Pada Organ Intim Wanita

Vagina adalah organ intim wanita yang istimewa. Meski letaknya 'tersembunyi', Miss V tetap harus dirawat lebih intens dari bagian tubuh lainnya. Namun hal itu bukan berarti vagina bebas dari permasalahan. Salah satu masalah yang sering dialami para wanita adalah munculnya aroma-aroma dengan wewangian tertentu yang berasal dari organ kewanitaanya. Lantas, apakah benar vagina memiliki aroma?Dipaparkan oleh ginekolog asal Amerika, dr. Heather Rupe, memang benar bahwa setiap vagina memiliki aroma tersendiri. Hal ini dikarenakan vagina adalah ekosistem seimbang yang diisi dengan cairan dan bakteri.Kombinasi keduanya ini akan menghasilkan keputihan pada vagina yang disertai dengan aroma-aroma tertentu. Aroma tersebut adalah hal yang normal dialami oleh setiap wanita, tetapi ketika vagina mengeluarkan aroma yang baunya berlebihan, sebaiknya Anda harus waspada karena bisa saja hal itu merupakan tanda dari miss v yang bermasalah.Lalu bagaimanakah aroma vagina yang normal? "Setelah bertanya-tanya kepada semua ginekolog yang saya kenal, kami memutuskan bahwa seseorang dapat mencium aroma vagina yang norma dari jarak 30 cm," jelas dokter lulusan Oklahoma State University's College of Osteop [...]

Makanan Manis Bantu Orang Lebih Bijak Saat Ambil Keputusan

Makanan Manis Bantu Orang Lebih Bijak Saat Ambil Keputusan

Banyak wanita yang menghindari memakan camilan manis karena takut merasa gemuk. Tetapi menurut penelitian, camilan manis justru bisa bantu seseorang untuk mengambil keputusan.Penelitian terbaru menemukan bahwa ketika seseorang ingin atau diminta untuk membuat keputusan yang tepat dan bijak (baik keputusan untuk pergi ke gym atau keputusan untuk menentukan tempat bekerj a), otak membutuhkan energi yang lebih banyak. Dan seperti yang sudah diketahui, energi bisa didapat dari kandungan glukosa yang terdapat di dalam makanan manis."Kontrol diri adalah seperti otot. Setelah Anda melakukan apa saja yang menggunakan pengendalian diri, otot akan lelah dan jika kegiatan selanjutnya juga membutuhkan pengendalian diri maka Anda tidak bisa bekerja dengan maksimal," ujar Roy F. Baumeister, PhD, profesor sosial psikologi di Florida State University dan penulis buku 'illpower: Rediscovering the Greatest Human Strength'.Seperti yang dikutip dari Health, Baumeister menyarankan untuk mengonsumsi makanan manis, terutama setelah Anda pulang dari kantor atau setelah melakukan pekerjaan yang cukup melelahkan. "Setelah seharian di kantor Anda tekun di kantor, otak Anda memerlukan gula untuk memutuskan [...]

Mengenal Penyakit Von Willebrand

Mengenal Penyakit Von Willebrand

Von Willebrand (VWF) adalah gangguan pada perdarahan yang disebabkan oleh kekurangan protein yang paling banyak diderita orang. Faktanya, ia bukan penyakit tunggal, tetapi penyakit turunan atau keluarga. Jenis penyakit ini disebabkan oleh masalah Von Willebrand Factor (VWF). Ini adalah protein dalam darah yang diperlukan untuk pembekuan darah. Gen yang membuat VWF bekerja pada dua jenis sel, yaitu : sel endotel yaitu yang melapisi pembulu darah trombosit Jika tidak terdapat cukup VWF dalam darah, atau tidak bekeja dengan baik, maka dalam proses pembekuan darah memerlukan waktu yang lebih lama. Dalam tubuh darah diangkut ke pembuluh darah. Jika ada cedara jaringan, terjadi kerusakan pembuluh darah dan akan menyebabkan kebocoran darah melalui lubang pada dinding pembuluh darah tersebut. Pembuluh dapat rusak dekat permukaan seperti saat terpotong. Atau ia dapat rusak di bagian dalam tubuh sehingga terjadi memar atau perdarahan dalam. Mengenal Penyakit Von Willebrand Trombosit adalah sel kecil yang beredar dalam darah. Setiap trombosit berukuran garis tengah kurang dari 1/10,000 centimeter. Terdapat 150 sampai 400 miliar trombosit dalam satu liter dara [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *