Kondisi Serius di Balik Batuk Berdarah

Batuk-berdarah-Alodokter.jpg

Jangan anggap remeh batuk berdarah atau hemoptisis. Kondisi ini dapat menjadi gejala adanya penyakit serius yang mengancam nyawa.

Darah yang keluar saat batuk umumnya bercampur dengan dahak. Batuk berdarah pada orang berusia muda bisa jadi bukan gejala sakit serius dan dapat segera ditangani. Namun kondisi ini bisa menjadi indikator berbahaya terutama bagi mereka yang berusia tua dan para perokok.

Penyebab Batuk Berdarah dari Ringan hingga Berat

Adanya darah dalam dahak ketika batuk umumnya dapat disebabkan batuk parah dalam waktu lama. Namun ada banyak kondisi lain yang dapat menjadi penyebab batuk berdarah, yaitu:

  • Bronkitis: gangguan saluran pernapasan dalam jangka panjang yang menyebabkan penumpukan dahak. Bronkitis dapat dipicu oleh banyak penyebab, seperti infeksi paru-paru yang pernah dialami dan menghirup unsur polusi.
  • Tuberkulosis (TB): infeksi paru-paru yang tergolong parah dengan gejala umum berupa demam, keringat, batuk disertai dahak yang berwarna atau mengandung nanah, dan rasa sesak di dada. Batuk berdarah akan reda segera setelah infeksi disembuhkan.
  • Embolisme paru: pembekuan darah pada pembuluh darah di paru-paru yang dapat menyebabkan sesak napas dan nyeri dada mendadak.
  • Edema paru: penumpukan cairan di sekitar paru-paru dengan gejala berupa dahak yang dikeluarkan saat batuk berwarna merah muda dan berbusa. Kondisi ini umumnya terjadi pada orang yang lebih dulu mengalami sakit jantung.
  • Kanker paru-paru: situasi ini lebih umum terjadi pada perokok berusia di atas 40 tahun.
  • Kanker pada tenggorokan.
  • Fibrosis sistik: kondisi genetika yang menyebabkan gangguan pada paru-paru dan sistem pencernaan.
  • Efek samping obat-obatan, seperti kokain dan obat-obatan pengencer darah.
  • Emfisema: gangguan pada kantung udara di paru.
  • Abses atau luka bernanah pada paru.
  • Pneumonia.
  • Infeksi parasit.
  • Obyek yang dihirup atau masuk ke hidung juga dapat menyebabkan luka pada saluran pernapasan dan menyebabkan batuk berdarah. Obyek tersebut dapat berupa mainan, kacang, manik-manik, atau apa pun yang dapat masuk ke hidung.
  • Inflamasi dan penumpukan jaringan yang tidak normal dapat memengaruhi saluran pernapasan dan menyebabkan batuk berdarah. Kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan situasi tersebut, antara lain sindrom Goodpasture, granulomatosis Wegener?s, pneumonitis lupus.

Pada kasus yang sangat jarang, batuk berdarah bisa menjadi gejala:

  • Gangguan katup jantung yang disebut stenosis mitral.
  • Indikasi penyakit pembuluh darah serius yang disebut nodosa poliarteritis.

Namun ada kalanya batuk berdarah tidak dapat dikategorikan sebagai hemoptisis jika disebabkan oleh kondisi-kondisi berikut:

  • Pseudohemotisis: pendarahan pada mulut, hidung atau tenggorokan dapat menyebabkan keluarnya darah bersamaan dengan air liur. Kasus ini berbeda dengan darah yang keluar dari dalam paru-paru Anda. Darah yang berasal dari paru-paru sering bercampur dengan dahak
  • Hematemesis: arah juga dapat keluar dari saluran pencernaan dalam bentuk muntah. Hal ini dapat menjadi gejala penyakit lain, seperti radang dinding lambung.

Penderita batuk berdarah butuh penanganan lebih lanjut secepatnya. Ada beberapa kondisi spesifik terkait hal ini. Anda butuh penanganan oleh dokter jika mengeluarkan lebih dari satu sendok teh darah saat batuk. Selain pada batuk, terdapat darah pada urine dan tinja. Perhatikan kondisi batuk Anda jika disertai gejala lain, seperti kepala pening, nyeri di dada, demam, sesak nafas. Jangan abaikan kondisi diri jika sampai kehilangan nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan karena kedua kondisi itu bisa menjadi indikasi yang penting. Yang terakhir, batuk mengeluarkan dahak bercampur darah yang lamanya lebih dari seminggu.

Tes Hemoptisis

Untuk menentukan pengobatan yang tepat, dokter atau rumah sakit akan menerapkan beberapa tes untuk menentukan kadar pendarahan, penyebab, dan dampaknya terhadap pernapasan. Tes-tes tersebut dapat meliputi:

  • Riwayat dan pemeriksaan fisik. Dokter akan mangambil sampel dahak untuk memeriksa kemungkinan infeksi.
  • Dokter umum dapat merujuk pasien ke dokter spesialis atau rumah sakit untuk pemeriksaan dengan X-ray atau CT scan. X-ray akan mendeteksi ada atau tidak adanya cairan dan penyumbatan pada paru-paru. Sementara dengan CT scan akan didapat gambar struktur paru-paru secara lebih detail.
  • Bronkoskopi. Dilakukan dengan memasukkan endoskop atau selang kecil dengan kamera di ujungnya ke saluran pernapasan melalui mulut atau hidung.
  • Penghitungan darah/complete blood count (CBC). Yaitu tes darah untuk menghitung kadar sel darah merah dan putih dalam darah, serta sel-sel yang berdampak pada pembekuan darah.
  • Urinalisis untuk mendeteksi kelainan pada urine.

Beberapa macam tes darah bisa dilakukan untuk menguji hemoptisis. Darah akan dibawa ke laboratorium untuk mendapatkan profil kimia darah demi mendeteksi kemungkinan ketidakseimbangan elektrolit dan gangguan pada fungsi ginjal. Ada juga tes untuk mendeteksi kadar oksigen dan karbondioksida dalam darah karena kadar oksigen pada orang yang mengalami batuk darah biasanya rendah.

Meredakan Batuk Darah

Penanganan batuk darah ditujukan untuk menghentikan gejala sekaligus menangani penyebab di balik timbulnya kondisi tersebut, seperti melakukan kemoterapi untuk pengobatan kanker paru-paru. Selain itu bisa dilakukan pemberian steroid untuk inflamasi atau antibiotik untuk pengobatan pneumonia atau tuberkulosis.

Ada kalanya penyebab batuk berdarah tidak dapat dikenali secara spesifik. Kondisi ini disebut hemoptisis idiopatik. Meski demikian, sebaiknya kondisi ini terus dikonsultasikan jika terus berlanjut agar dapat segera ditangani jika ternyata merupakan gejala penyakit yang berisiko mengancam nyawa.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Serba-serbi Operasi Wasir

Serba-serbi Operasi Wasir

Pada beberapa kasus, penyakit wasir bisa ditangani dengan cara mengatur pola makan, menjaga kebersihan, dan mengubah kebiasaan BAB. Tapi bila sudah parah, penderita wasir harus menjalani tindakan operasi. Jenis-jenis operasi wasir Wasir yang sudah membengkak besar menyebabkan nyeri yang luar biasa dan perdarahan terus menerus. Bila kondisi ini terjadi, dianjurkan untuk dilakukan tindakan operasi. Ada beberapa pilihan operasi wasir yang bisa dipertimbangkan: 1. Hemoroidektomi Selama operasi hemoroidektomi, dokter akan membuat potongan kecil di sekitar anus untuk mengangkat benjolan wasir. Hemoroidektomi adalah operasi kecil yang memerlukan bius separuh badan dan biasanya pasien bisa pulang selesai operasi. Operasi hemomroidektomi akan menghilangkan nyeri, pembengkakan, dan rasa gatal yang disebabkan wasir. Tapi karena prosedurnya memerlukan jahitan, akan ada rasa tidak nyaman di daerah anus dalam jangka beberapa waktu. 2. PPH (Procedure for Prolapse and Hemorrhoids) PPH adalah prosedur minimal invasif untuk mengobati wasir internal yang tidak dapat lagi ditangani oleh pengelolaan konservatif atau terapi non-operatif. Seringkali prosedur ini perlu dilakukan pada penderita dengan pro [...]

FKUI Proudly Presents: Fitness Challenge 2013

FKUI Proudly Presents: Fitness Challenge 2013

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mempersembahkan Fitness Challenge 2013 Yang akan digelar pada 16 Juni 2013 Pk 06.00-10.00. Yang bertempat di Ring Road Pintu Biru Stadion Gelora BUNG KARNO. Contact Person: dr. Saharun Iso ( 0811-9000-721 ) dr. Deddy Z. ( 0813-7330-5515 ) [...]

3 Masalah Kesehatan Akibat Naik Pesawat

3 Masalah Kesehatan Akibat Naik Pesawat

Sering berpergian dengan pesawat terbang ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini tiga masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh para traveller dan cara mengatasinya, seperti yang dikutip dari Health.1. Jet LagJet Lag biasanya disebabkan oleh persilangan beberapa zona waktu dalam waktu singkat. Setiap manusia mempunyai siklus 24 jam masing-masing yang disebut irama sirkadian. Biasanya irama ini berubah setiap hari, namun hanya sedikit. Saat seseorang memasuki zona waktu yang tidak sinkron dengan irama sirkadian orang tersebut, dibutuhkan waktu lebih lama untuk mengatur ulang ritme harian.Untuk mengatasi jet lag, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Pertama, jika Anda akan terbang melewati beberapa zona waktu, pesanlah penerbangan paling terakhir untuk menjaga ritme tubuh. Kedua, pada saat di atas pesawat, sering-seringlah mengonsumsi air mineral untuk menghindari dehidrasi, yang bisa meningkatkan gejala jet lag. Baca tips lain mengatasi jet lag di sini.2. DehidrasiKelembaban udara di pesawat cenderung berkurang hingga 15 persen. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu meminum air mineral sebelum terbang, pada saat di pesawat dan juga setelah [...]

Penderitaan Wanita Berpayudara Besar: Gatal-gatal dan Bau Badan

Penderitaan Wanita Berpayudara Besar: Gatal-gatal dan Bau Badan

Tidak sedikit wanita yang mendambakan punya payudara besar. Kenyataannya payudara besar tak selalu seindah bayangan. Seperti dialami wanita asal Inggris ini. Gara-gara payudaranya terlalu besar dia jadi merasakan gatal dan bau badan.Tina Williams memperingatkan pada wanita yang tidak merasa puas dengan payudara mereka. Menurutnya payudara besar justru bisa menimbulkan masalah sendiri.Wanita 62 tahun itu memiliki payudara besar karena keturunan. Begitu besarnya, hingga ketika berat badannya tidak terlalu gemuk pun dia harus memakai cup D.Payudara besar itu awalnya tidak mendatangkan masalah untuknya. Hingga 20 tahun lalu saat usianya melewati 40 tahun, dia menemukan bercak kemerahan di bawah payudaranya."Luka kemerahan itu bisa menjadi sangat sakit dan kadang berdarah. Saat malam aku sampai mengangkat cup braku karena begitu menyakitkan," ujar Tina, pensiunan PNS asal Sheffield, seperti dikutip Daily Mail.Penderitaan yang dialami Tina itu dinamai intertrigo. Intertrigo merupakan kondisi yang umumnya dialami wanita berpayudara besar atau ketika payudara mulai kendur. Kondisi tersebut biasanya bermula dari iritasi di payudara bagian bawah. Iritasi ini disebabkan karena area tersebu [...]

Waspadai Dampak Negatif Susu Kedelai

Waspadai Dampak Negatif Susu Kedelai

Susu kedelai memang punya beberapa manfaat positif untuk kesehatan tubuh. Tapi di balik itu, ternyata susu kedelai juga bisa berdampak negatif bagi beberapa orang. Seperti yang dikutip dari Live Strong, mengonsumsi produk kedelai seperti susu kedelai malah bisa merugikan kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama. Menurut pakar kesehatan, ada tiga dampak negatif dari susu kedelai. Ini dia!1. Gangguan TiroidProduk kedelai dapat mengganggu cara kerja tiroid karena kandungan isoflavon di dalamnya. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan jurnal berjudul 'Environmental Health Perspectives', mengonsumsi isoflavon dalam jumlah besar dapat menghentikan produksi hormon tertentu, terutama bagi orang yang kekuragan yodium. Kombinasi isoflavon dengan yodium dapat menyebabkan gejala hipotiroidisme dan gondok.2. AlergiKedelai dapat menyebabkan alergi yang sangat reaktif bagi sebagian orang. Jika Anda mengidap alergi terhadap kacang-kacangan, telur, ikan, susu, kacang atau gandum mungkin Anda juga memiliki reaksi alergi terhadap kedelai. Beberapa reaksi alergi yang diderita bisa berupa gatal-gatal, sulit bernafas, pembekakan pembuluh darah bahkan kematia [...]

Ini Dia, Beragam Manfaat Kacang Untuk Tubuh

Ini Dia, Beragam Manfaat Kacang Untuk Tubuh

Kacang seringkali disebut-sebut sebagai solusi untuk berdiet karena kaya akan serat. Namun ternyata manfaat kacang tidak berhenti sampai disitu saja, kacang pun memiliki manfaat positif lain untuk kesehatan tubuh. Apa saja?Salah satu jenis kacang yang menawarkan manfaat kesehatan pada tubuh adalah kecang tanah. Seperti yang dikutip dari Times of India, kacang tanah merupakan sumber vitamnin E, niacin float, mangan dan protein yang membantu kelancaran fungsi tubuh.Resveratrol, zat anti-oksidan yang biasanya ditemukan pada buah anggur, ternyata juga bisa didapati di kacang tanah. Zat ini berguna untuk menurunkan risiko penyakit jantung.Kacang-kacangan termasuk kacang tanah merupakan solusi tepat bagi para pria maupun wanita yang ingin melakukan diet. Serat yang dikandungnya sangat baik untuk memaksimalkan fungsi perut dan pencernaan. Selain berguna untuk diet, memakan kacang tanah secara rutin dapat membantu menurunkan risiko kanker usus besar serta pembentukan batu empedu.Ingin memiliki gigi dan tulang yang kuat? kacang tanahlah jawabannya. Kalsium dan vitamin D yang etrkandung di dalamnya mampu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi bahkan bisa membantu mencegah osteoporosis di [...]

Pembedahan Invasif Minimal Harapan Baru Bagi Penderita Jantung

Pembedahan Invasif Minimal Harapan Baru Bagi Penderita Jantung

RSUD dr.Soetomo, Surabaya pada Maret 2012 lalu telah mensukseskan operasi jantung invasif minimal secara perdana di Indonesia kepada dua pasiennya. Dimana hal tersebut merupakan titik cerah harapan baru bagi penderita jantung. Karena bagi pasien yang tidak ingin mendapatkan sayatan panjang di tubuhnya, metode pembedahan ini dapat menjadi alternatif pilihan baru yang inovatif. Metode operasi yang juga disebut dengan video-assisted thoracoscopy endoscopic cardiac surgery (operasi bedah jantung endoskopik) itu telah sukses mengoperasi jantung Tafif Rusilawati dan Mohammad Hasan. Proses operasi tersebut pun merupakan hasil kerjasama RSUD dr. Soetomo dengan tim RS Yodak Shanghai, China. Metode operasi jantung yang paling populer saat ini adalah dengan melakukan pola sayatan standar bedah jantung yang harus membuka tulang dada. Termasuk penggunaan mesin jantung-paru yang lazim disebut heart lung machine (HLM) saat operasi jantung terbuka. Berbeda dengan prosedur pembedahan operasi jantung yang saat ini populer, operasi jantung invasif minimal yang dilakukan tidak memerlukan sayatan besar hingga membelah tulang dada. Cukup melakukan dengan membuat tiga lubang di tubuh untuk membuka akses [...]

Lakukan Kiat Ini Jika Sendi Meradang

Lakukan Kiat Ini Jika Sendi Meradang

Mereka yang menderita artritis atau radang sendi dapat beraktivitas secara normal dan mengontrol penyakitnya apabila prinsip perawatan artritis dilakukan dengan baik. Tujuan perawatan artritis adalah untuk mengontrol nyeri, meminimalisasi kerusakan sendi, memperbaiki atau menjaga fungsi sendi dan kualitas hidup. Perawatan artritis meliputi terapi farmakologik (dengan menggunakan obat-obatan), terapi nonfarmakologik (terapi fisik, penggunaan alat bantu, edukasi dan dukungan terhadap pasien, penurunan berat badan, nutrisi yang baik dan diet seimbang), serta pembedahan. Meskipun artritis merupakan kondisi yang kronik dan dapat terkontrol, dapat timbul episode akut nyeri, peradangan, dan kekakuan sendi, yang disebut juga flare. Hal ini sering didapati pada artritis rematoid. Gejala tersebut bisa timbul setelah adanya infeksi, merokok, atau ketika pasien sedang mengalami stres. Berikut adalah langkah yang dapat dilakukan bila nyeri tersebut datang kembali: Seimbangkan waktu beraktivitas dan waktu beristirahat Istirahat dapat membantu mengatasi nyeri artritis, namun istirahat yang terlalu panjang juga dapat memperlama nyeri yang dirasakan. Dokter atau terapis dapat membantu memodifika [...]

Radang Sendi? Bukan Berarti Tidak Harus Olahraga!

Radang Sendi? Bukan Berarti Tidak Harus Olahraga!

Olahraga merupakan kegiatan yang baik hampir untuk semua orang. Bagi penderita radang sendi, olahraga terkadang dihindari karena dianggap dapat memperberat kerusakan sendi. Namun sebenarnya penderita radang sendi sering mendapat anjuran untuk tetap berolahraga, terutama bila radang sendinya sudah terkontrol. Ketika tiba saatnya melakukan olahraga, rasa lelah, nyeri, dan persendian yang kaku mungkin menyulitkan Anda. Namun jika tidak berolahraga, sendi dapat menjadi semakin kaku dan nyeri. Anda tidak perlu khawatir karena gejala-gejala tersebut dapat berkurang dengan latihan fisik yang rutin. Latihan fisik untuk penderita radang sendi memberikan banyak manfaat antara lain menjaga vitalitas tubuh, mencegah kekakuan sendi, serta menjaga otot dan tulang di sekitar sendi tetap kuat. Evaluasi pengaruh latihan fisik berupa latihan kekuatan (strength training), latihan keseimbangan, dan olahraga air yang dilakukan oleh penderita radang sendi juga menunjukkan perbaikan fungsi sendi dan penurunan rasa nyeri. Secara umum, latihan fisik untuk penderita radang sendi difokuskan untuk: Memperkuat otot di sekitar sendi. Meregangkan otot tubuh. Meningkatkan rentang gerak daerah persendian. Memp [...]

Langsung Sikat Gigi Setelah Makan Bahaya Bagi Kesehatan Mulut, Ini Sebabnya

Langsung Sikat Gigi Setelah Makan Bahaya Bagi Kesehatan Mulut, Ini Sebabnya

Menyikat gigi setelah makan kerap dilakukan sebagian orang, terutama ketika mengonsumsi makanan yang meninggalkan bau tak sedap pada mulut. Misalnya acar bawang, masakan berbumbu kari atau ikan-ikanan.Kebiasaan yang kelihatannya baik ini ternyata berdampak negatif bagi kesehatan. Sikat gigi setelah makan atau minum sesuatu, terutama yang bersifat acidic (asam) seperti minuman bergula, wine, buah atau jus citrus bisa mengganggu kesehatan mulut."Buah-buahan terutama jeruk atau jus lemon, cuka, minuman berenergi dan soda memiliki tingkat keasaman tinggi dan itu bisa membuat enamel gigi jadi lunak," ujar Dr Peter Alldritt, direktur Komite Kesehatan Mulut Australian Dental Association, seperti dikutip dari ABC Australia.Peter menambahkan, jika Anda langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman acidic, enamel yang sebelumnya sudah menjadi lunak tersebut akan bertambah rusak. Akibatnya gigi lebih cepat keropos, berlubang atau terasa ngilu. Peter menyarankan untuk menunggu setidaknya 30 menit setelah makan jika ingin menyikat gigi.Dalam 30 menit, mulut akan memiliki waktu untuk memproduksi air liur yang akan menetralisir keasaman tersebut. Air liur atau saliva ini juga [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *