Kondisi Serius di Balik Batuk Berdarah

Batuk-berdarah-Alodokter.jpg

Jangan anggap remeh batuk berdarah atau hemoptisis. Kondisi ini dapat menjadi gejala adanya penyakit serius yang mengancam nyawa.

Darah yang keluar saat batuk umumnya bercampur dengan dahak. Batuk berdarah pada orang berusia muda bisa jadi bukan gejala sakit serius dan dapat segera ditangani. Namun kondisi ini bisa menjadi indikator berbahaya terutama bagi mereka yang berusia tua dan para perokok.

Penyebab Batuk Berdarah dari Ringan hingga Berat

Adanya darah dalam dahak ketika batuk umumnya dapat disebabkan batuk parah dalam waktu lama. Namun ada banyak kondisi lain yang dapat menjadi penyebab batuk berdarah, yaitu:

  • Bronkitis: gangguan saluran pernapasan dalam jangka panjang yang menyebabkan penumpukan dahak. Bronkitis dapat dipicu oleh banyak penyebab, seperti infeksi paru-paru yang pernah dialami dan menghirup unsur polusi.
  • Tuberkulosis (TB): infeksi paru-paru yang tergolong parah dengan gejala umum berupa demam, keringat, batuk disertai dahak yang berwarna atau mengandung nanah, dan rasa sesak di dada. Batuk berdarah akan reda segera setelah infeksi disembuhkan.
  • Embolisme paru: pembekuan darah pada pembuluh darah di paru-paru yang dapat menyebabkan sesak napas dan nyeri dada mendadak.
  • Edema paru: penumpukan cairan di sekitar paru-paru dengan gejala berupa dahak yang dikeluarkan saat batuk berwarna merah muda dan berbusa. Kondisi ini umumnya terjadi pada orang yang lebih dulu mengalami sakit jantung.
  • Kanker paru-paru: situasi ini lebih umum terjadi pada perokok berusia di atas 40 tahun.
  • Kanker pada tenggorokan.
  • Fibrosis sistik: kondisi genetika yang menyebabkan gangguan pada paru-paru dan sistem pencernaan.
  • Efek samping obat-obatan, seperti kokain dan obat-obatan pengencer darah.
  • Emfisema: gangguan pada kantung udara di paru.
  • Abses atau luka bernanah pada paru.
  • Pneumonia.
  • Infeksi parasit.
  • Obyek yang dihirup atau masuk ke hidung juga dapat menyebabkan luka pada saluran pernapasan dan menyebabkan batuk berdarah. Obyek tersebut dapat berupa mainan, kacang, manik-manik, atau apa pun yang dapat masuk ke hidung.
  • Inflamasi dan penumpukan jaringan yang tidak normal dapat memengaruhi saluran pernapasan dan menyebabkan batuk berdarah. Kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan situasi tersebut, antara lain sindrom Goodpasture, granulomatosis Wegener?s, pneumonitis lupus.

Pada kasus yang sangat jarang, batuk berdarah bisa menjadi gejala:

  • Gangguan katup jantung yang disebut stenosis mitral.
  • Indikasi penyakit pembuluh darah serius yang disebut nodosa poliarteritis.

Namun ada kalanya batuk berdarah tidak dapat dikategorikan sebagai hemoptisis jika disebabkan oleh kondisi-kondisi berikut:

  • Pseudohemotisis: pendarahan pada mulut, hidung atau tenggorokan dapat menyebabkan keluarnya darah bersamaan dengan air liur. Kasus ini berbeda dengan darah yang keluar dari dalam paru-paru Anda. Darah yang berasal dari paru-paru sering bercampur dengan dahak
  • Hematemesis: arah juga dapat keluar dari saluran pencernaan dalam bentuk muntah. Hal ini dapat menjadi gejala penyakit lain, seperti radang dinding lambung.

Penderita batuk berdarah butuh penanganan lebih lanjut secepatnya. Ada beberapa kondisi spesifik terkait hal ini. Anda butuh penanganan oleh dokter jika mengeluarkan lebih dari satu sendok teh darah saat batuk. Selain pada batuk, terdapat darah pada urine dan tinja. Perhatikan kondisi batuk Anda jika disertai gejala lain, seperti kepala pening, nyeri di dada, demam, sesak nafas. Jangan abaikan kondisi diri jika sampai kehilangan nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan karena kedua kondisi itu bisa menjadi indikasi yang penting. Yang terakhir, batuk mengeluarkan dahak bercampur darah yang lamanya lebih dari seminggu.

Tes Hemoptisis

Untuk menentukan pengobatan yang tepat, dokter atau rumah sakit akan menerapkan beberapa tes untuk menentukan kadar pendarahan, penyebab, dan dampaknya terhadap pernapasan. Tes-tes tersebut dapat meliputi:

  • Riwayat dan pemeriksaan fisik. Dokter akan mangambil sampel dahak untuk memeriksa kemungkinan infeksi.
  • Dokter umum dapat merujuk pasien ke dokter spesialis atau rumah sakit untuk pemeriksaan dengan X-ray atau CT scan. X-ray akan mendeteksi ada atau tidak adanya cairan dan penyumbatan pada paru-paru. Sementara dengan CT scan akan didapat gambar struktur paru-paru secara lebih detail.
  • Bronkoskopi. Dilakukan dengan memasukkan endoskop atau selang kecil dengan kamera di ujungnya ke saluran pernapasan melalui mulut atau hidung.
  • Penghitungan darah/complete blood count (CBC). Yaitu tes darah untuk menghitung kadar sel darah merah dan putih dalam darah, serta sel-sel yang berdampak pada pembekuan darah.
  • Urinalisis untuk mendeteksi kelainan pada urine.

Beberapa macam tes darah bisa dilakukan untuk menguji hemoptisis. Darah akan dibawa ke laboratorium untuk mendapatkan profil kimia darah demi mendeteksi kemungkinan ketidakseimbangan elektrolit dan gangguan pada fungsi ginjal. Ada juga tes untuk mendeteksi kadar oksigen dan karbondioksida dalam darah karena kadar oksigen pada orang yang mengalami batuk darah biasanya rendah.

Meredakan Batuk Darah

Penanganan batuk darah ditujukan untuk menghentikan gejala sekaligus menangani penyebab di balik timbulnya kondisi tersebut, seperti melakukan kemoterapi untuk pengobatan kanker paru-paru. Selain itu bisa dilakukan pemberian steroid untuk inflamasi atau antibiotik untuk pengobatan pneumonia atau tuberkulosis.

Ada kalanya penyebab batuk berdarah tidak dapat dikenali secara spesifik. Kondisi ini disebut hemoptisis idiopatik. Meski demikian, sebaiknya kondisi ini terus dikonsultasikan jika terus berlanjut agar dapat segera ditangani jika ternyata merupakan gejala penyakit yang berisiko mengancam nyawa.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pelajari CPR untuk Selamatkan Nyawa Seseorang

Pelajari CPR untuk Selamatkan Nyawa Seseorang

Cardiopulmonary resuscitation atau CPR merupakan teknik kompresi dada dan pemberian napas buatan untuk orang-orang yang detak jantung atau pernapasannya terhenti. Kondisi tersebut biasanya dialami oleh orang yang tenggelam atau terkena serangan jantung. Berhentinya detak jantung memengaruhi peredaran darah yang mengandung oksigen ke otak dan organ vital lainnya. Hal ini bisa memicu kerusakan otak yang dapat mengakibatkan seseorang meninggal dalam hitungan menit. Namun dengan pemberian CPR, darah beroksigen bisa kembali mengalir ke otak dan seluruh tubuh. Orang Awam Bisa Memberikan CPR Tidak hanya dokter atau tenaga terlatih yang bisa memakai teknik CPR untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Anda sebagai orang awam pun bisa melakukannya. Meski begitu, teknik CPR yang bisa Anda berikan bisa berbeda dibandingkan teknik dokter atau tenaga terlatih. Teknik pemberian CPR pada umumnya terdiri dari tiga langkah, yaitu: Langkah pertama: Tekan atau kompresi dada Cara melakukannya dengan membaringkan tubuh seseorang di atas permukaan yang keras. Lalu Anda bisa berlutut di samping leher dan bahu orang itu. Letakkan satu telapak tangan Anda di atas dada bagian tengahnya, tepatnya di antara put [...]

Waspada Coronavirus Bagi Jamaah Haji

Waspada Coronavirus Bagi Jamaah Haji

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Setelah seseorang dari Saudi Arabia meninggal September lalu, para peneliti terus mencari asal usul dari virus baru ini, yang sebelumnya belum pernah ditemukan di manusia, virus ini tergolong dalam coronavirus yang merupakan satu golongan dengan virus SARS. Sampai akhir Agustus WHO (World Health Organization) melaporkan ada 94 orang yang sudah terinfeksi dan 46 orang yang meninggal karena infeksi. Dinamakan sebagai Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV), yang menyebabkan penyakit pernafasan, pneumonia, demam, dan batuk. Hingga saat ini, kasus sudah ditemukan di 9 negara, dan banyak diantaranya terjadi di negara timur tengah, namun karena proses berpergian yang membuat virus tersebar ke Perancis, Jerman dan Inggris. Walau MERS-CoV merupakan satu keluarga virus dengan SARS, namun secara genetis mereka berbeda, studi terbaru menunjukkan bahwa kedua virus dapat menimbulkan gejala yang serupa, namun MERS-CoV dapat menimbulkan kegagalan pernafasan lebih cepat 5 hari dibandingkan dengan SARS, namun virus ini tidak terlalu mudah tertular, walau telah dipalorkan beberapa kasus terjadi penularan dari orang-ke-orang. Karena MERS Co-V sepertinya tida [...]

Hindari Alergi Matahari, Wanita Ini Memutuskan Untuk Berhijab

Hindari Alergi Matahari, Wanita Ini Memutuskan Untuk Berhijab

Akhir-akhir hijab telah menjadi tren fashion di kalangan muslimah Indonesia. Semakin banyak perempuan muda yang tertarik untuk berhijab karena dapat mengikuti aturan agama tetapi tetap cantik dan modis.Di Manchester ada seorang perempuan berusia 40 tahun memutuskan untuk mengenakan hijab karena mengidap penyakit Polymorphic Light Eruption (PMLE) atau yang biasa dikenal dengan alergi matahari.Dennis Queen yang merupakan ibu dari empat anak ini akan merasakan gatal yang luar biasa dan kulitnya memerah setelah beberapa saat terpapar matahari secara langsung.Awalnya Queen berusaha mengatasi alerginya dengan menggunakan sunblock dan mengenakan topi untuk melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari. Namun cara tersebut dianggap tidak ampuh karena kulitnya tetap memerah dan ia akan merasa gatal.Merasa tidak tahan dengan ruam kulit akibat alerginya, Queen sempat menghindar untuk keluar rumah. Tidak dapat terus menerus berdiam di rumah, Queen mulai mencari cara agar ia tetap dapat keluar rumah pada siang hari tanpa perlu membuat kulitnya memerah dan gatal.Awalnya ia ingin membeli baju yang didesain khusus untuk kulit yang alergi tetapi harganya sangat mahal. Ketika diamati model-mode [...]

Alasan Mengapa Anda Cepat Merasa Lelah Saat Musim Hujan

Alasan Mengapa Anda Cepat Merasa Lelah Saat Musim Hujan

Ada kondisi kesehatan yang membuat seseorang menjadi galau dan tak bersemangat akibat datangnya hujan. Seasonal Affective Disorder (SAD) adalah jenis depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahun. Gejalanya, penderita bisa merasakan energi yang berkurang dan moody pada musim-musim tertentu.Kasus SAD lebih banyak dijumpai di negara dengan empat musim. Meskipun demikian, kemungkinan SAD dialami penduduk di negara dua musim juga masih terbuka lebar. Di negara empat musim, gejala gangguan ini biasanya muncul selama akhir musim gugur atau awal musim dingin. Gejala ini kemudian hilang ketika hari menjadi lebih cerah seperti pada musim semi dan musim panas.Namun ternyata, cuaca tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorag, tetapi juga dengan kondisi fisiknya. Cuaca hujan juga bisa membuat orang cepat merasa lelah. Kok bisa? Seperti yang dikutip dari ehow, berikut beberapa alasannya.1. Mempengaruhi PenglihatanSaat hujan, langit berubah menjadi hitam dan mendung. Pagi dan siang pun bisa terlihat seperti sore atau bahkan, malam hari. Hal ini mempengaruhi respon biologis manusia untuk menutup mata. Jam internal tubuh mengira bahwa malam telah tiba dan ini adalah [...]

Angioplasti, Penyelamat Nyawa Pengidap Sakit Jantung

Angioplasti, Penyelamat Nyawa Pengidap Sakit Jantung

Angioplasti koroner adalah prosedur untuk membuka penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah jantung. Setelah menjalani angioplasti, harapan hidup seseorang yang pernah atau berisiko mengalami serangan jantung dapat meningkat dan risiko untuk serangan jantung berikutnya dapat berkurang. Pada umumnya angioplasti berperan meningkatkan aliran darah pada jantung. Mekanisme ini dilakukan dengan memasukkan dan menggembungkan balon kecil di bagian pembuluh darah yang tersumbat untuk membantu memperluas salurannya. Prosedur ini sebenarnya termasuk umum dalam penanganan penyakit jantung, terutama pada pasien di atas 65 tahun. Prosedur ini kerap dikombinasikan dengan penempatan tabung kawat kecil yang disebut dengan stent. Sebagian stent dilapisi obat-obatan yang membantu menjaga aliran darah dalam pembuluh darah tetap terbuka. Penempatan stent bertujuan membuka dinding pembuluh darah dan mencegahnya kembali menyempit. Peran Angioplasti Secara umum angioplasti adalah solusi untuk gangguan kesehatan berikut: Untuk memperbaiki aliran darah ke jantung yang tersumbat pada pengidap aterosklerosis, antara lain gejalanya adalah nyeri dada dan sesak napas. Aterosklerosis, yaitu pengerasan [...]

Aktifitas Fisik Pengaruhi Kerusakan Otak Orang Tua

Aktifitas Fisik Pengaruhi Kerusakan Otak Orang Tua

Aktifitas fisik pengaruhi kerusakan otak orang tua, hal ini yang kurang disadari. Terlibatnya aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan fungsi kognitif pada orang yang berusia tua, menurut dua penelitian yang diterbitkan secara online oleh Archives of Internal Medicine, kemaren juga bertepatan dengan Konferensi International tentang Penyakit Alzheimer di Paris. Penelitian pertama mengatakan, bahwa aktivitas fisik dikaitkan dengan kecepatan penurunan fungsi kognitif pada manula. Fungsi kognitif merupakan aktivitas mental secara sadar seperti berpikir, mengingat, belajar, dan menggunakan bahasa. Fungsi kognitif juga merupakan kemampuan atensi, memori, pertimbangan, pemecahan masalah, serta kemampuan eksekutif seperti merencanakan, menilai, mengawasi dan melakukan evaluasi. Lebih lanjut, banyak dari penelitian bergantung pada laporan dari aktivitas fisik, yang tidak selalu akurat, dan fokus pada aktivitas yang kuat bukan intensitas rendah atau tidaknya aktivitas fisik. Hal ini akan menjadi perbandingan untuk mengisi kesenjangan pandangan pada penelitian pertama dan kedua. Marie Vercambre. Ph.D., dari kesehatan masyarakat di Paris, menentukan tingkat aktivitas fisik pasien dengan [...]

Hati-hati, Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Mandi Air Panas

Hati-hati, Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Mandi Air Panas

Mandi air panas dipercaya bisa membantu tubuh dan pikiran lebih relaks, terutama setelah berjibaku dengan banyaknya pekerjaan di kantor seharian. Ada pula yang mandi air panas untuk menghilangkan rasa lelah atau memang sudah jadi kebiasaan.Terlalu sering mandi air panas, sebenarnya kurang baik bagi kesehatan kulit. Ditambah lagi ada sebagian orang yang mengatur suhu airnya terlalu panas sehingga berisiko menimbulkan iritasi.Dokter spesialis kulit Sejal Shah, M.D., menyatakan bahwa temperatur air yang ideal cukup yang suam-suam kuku saja. Sejal mengatakan memang tidak ada aturan harus berapa suhu air yang digunakan untuk mandi. Tapi dermatologist yang berbabis di New York ini menyarankan, sebaiknya di bawah 43 derajat Celcius. Angka tersebut bukanlah ukuran pasti karena harus disesuaikan juga dengan kondisi kulit.Ikuti insting Anda, apabila suhu di bawah 43 derajat tetap membuat tak nyaman atau kulit berubah jadi kemerahan maka mungkin itu terlalu panas untuk Anda. Jika itu yang terjadi turunkan lagi suhu air mandi."Air panas menghilangkan minyak alami pada kulit yang memicu kekeringan, kulit gatal bahkan eczema (eksim)," jelas Sejal seperti dikutip dari Women's Health Mag.Tidak [...]

Gula Darah Turun sesudah Olahraga pada Diabetes: Bahayakah?

Gula Darah Turun sesudah Olahraga pada Diabetes: Bahayakah?

Oleh: dr. Sophia B. Hage Pada orang dengan kencing manis atau diabetes melitus, penurunan kadar gula darah (hipoglikemia) merupakan masalah yang paling umum dihadapi ketika memulai latihan fisik. Hal ini biasanya merupakan perhatian khusus bagi seseorang yang mengkonsumsi obat penurun gula darah atau insulin. Hipoglikemia, yang didefinisikan sebagai kadar gula darah <70 mg/dl, bersifat sangat relatif. Pada kasus dimana terjadi penurunan kadar gula secara tiba-tiba akibat olahraga, seseorang dapat menunjukkan gejala hipoglikemia meskipun kadar gula darahnya tidak rendah. Gejala yang umum terjadi saat hipoglikemia adalah: Gemetar Rasa lemah Berkeringat secara abnormal Gelisah, cemas Rasa kesemutan di mulut dan jari-jari Rasa lapar Gejala pada sistem saraf dapat meliputi sakit kepala, gangguan penglihatan, kebingungan, amnesia, kejang, bahkan sampai kehilangan kesadaran. Oleh sebab itu, hal-hal yang harus diperhatikan bagi seseorang dengan diabetes yang ingin memulai olahraga untuk meminimalisasi risiko hipoglikemia adalah: Memantau kadar gula darah sebelum dan sesudah latihan fisik, khususnya saat ia baru akan memulai atau memodifikasi program latihan fisik yang [...]

6 Cara Bangun Mood Seks

6 Cara Bangun Mood Seks

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Hubungan seksual suami istri seringkali menemukan titik-titik jenuh dan mengakibatkan hilangnya mood untuk berhubungan intim. Hal ini dapat disiasati dengan banyak hal yang memerlukan kerja sama dari antara kedua belah pihak. Untuk menyegarkan kembali hubungan intim suami istri, beberapa tips ini dapat dilakukan: Temukan masalahnya Hilangnya mood untuk berhubungan intim dapat disebabkan karena banyak hal. Untuk itu, menemukan permasalahannya adalah yang utama agar solusinya dapat tepat dan sesuai. Beberapa penyebab yang sering ditemui adalah kebosanan, rasa sakit saat berhubungan intim, dan rasa lelah. Masing-masing perlu diatasi dengan solusi yang tepat. Menciptakan suasana romantis Hubungan intim suami-istri dapat menjadi suatu kegiatan rutin yang monoton dan terkesan kewajiban yang harus dilakukan. Untuk itu, suasana romantis seperti makan malam romantis, menonton film berdua saja, keluar rumah di tengah malam berdua untuk mencari makanan kecil, berolahraga bersama, atau hal-hal lain yang dapat dilakukan berdua saja dan membangun suasana romantis dapat dicoba. Melakukan hal-hal yang dulu pernah dilakukan saat pacaran juga dapat memba [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *