Kontroversi Diet Cacing Pita: Seminggu Turun 2 Kg

094463800_1409027356-Diet_cacing_pita.jpg

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak di antara kita memilih cara yang cukup ekstrem untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Terlebih bila segala cara untuk menurunkan berat badan sudah ditempuh, tapi tidak menghasilkan apa yang diharapkan.

Salah satu metode penurunan berat badan yang dikenal ekstrem dan tidak dianjurkan adalah menelan cacing pita. Memang, menelan cacing pita dan membiarkan mereka hidup di tubuh terdengar menjijikan. Tapi, cara seperti ini terbilang banyak peminatnya. [Baca Juga: Biar Langsing, Gadis Ini Disuruh Telan Pil Isi Telur Cacing Pita]

Dan, Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah paling banyak dalam penggunaan metode diet ekstrem ini.

Advanced Diplopma of Herbal Medicine dari Sturt University, Mizpa Matus B.Hlth.Sc tidak menganjurkan para pelaku diet melakukan ini.

Sebab, cacing pita yang masuk ke dalam tubuh akan membentuk kista di hati, mata, otak, dan sumsum tulang belakang dengan konsekuensi yang berpotensi mematikan. Tak hanya itu, cacing pita juga berdampak pada terjadinya sumbatan di usus, yang membuat pelakunya mengalami malnutrisi.

Dijelaskan Mizpa, cacing pita dapat mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi di tubuh. Meskipun sudah mengonsumsi kalori dalam jumlah yang banyak, tapi berat badan tidak akan naik sama sekali. Ini karena parasit yang bersarang di usus akan menyerap vitamin dan nutrisi penting lainnya. Akibatnya, pelaku diet tersebut akan mengalami kekurangan gizi.

“Menurut beberapa ilmuwan, cacing pita dapat berdampak pada penurunan berat badan 1 sampai 2 pound (0,45 sampai 2 kg) setiap minggunya. Setelah target tercapai, biasanya para pelaku akan mengeluarkan cacing pitanya,” kata Mizpa seperti dilansir Every Diet, Selasa (26/8/2014).

Selanjutnya Bahaya Diet Cacing Pita…….

Bahaya Diet Cacing Pita

Selain apa yang disebutkan di atas, masih banyak bahaya yang mengintai para pelaku diet menggunakan cacing pita;

1. Dapat menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan, dan dalam beberapa kasus berdampak pada kematian.

2. Ketika cacing pita dikeluarkan, kemungkinan berat badan kembali seperti semula sangatlah besar.

3. Cacing pita dapat menyebabkan perut bengkak, yang membuat si pelaku tidak menarik secara fisik, dan tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Pengobatannya sangat mahal, dan tidak semua rumah sakit mampu melakukannya.

Selanjutnya Ilmuwan pro diet cacing pita….

Ilmuwan Pro diet cacing pita

Meskipun Mizpa tidak menganjurkan pelaku diet melakukan diet ekstrem ini karena terlalu berbahaya. Tapi, tidak sedikit ilmuwan yang beranggapan bahwa cacing pita dapat mendatangkan keuntungan.

“Berat badan turun memang sangat mungkin. Selain itu, ilmuwan percaya bahwa cacing pita juga dapat membantu pelaku diet meringankan alergi dan demam,” kata dia menerangkan.

Mizpa yang menerima gelar Bachelor of Health Science Degree dari Charles Sturt University menekankan, metode penurunan berat badan yang terbukti ampuh dan sudah tentu benar adalah memasukan sedikit kalori dan banyak melakukan aktivitas fisik. Cara itu sederhana, hanya saja individu yang malas melakukannya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ibu Hamil di Trimester Tiga Tak Boleh Lakukan 10 Hal Ini

Ibu Hamil di Trimester Tiga Tak Boleh Lakukan 10 Hal Ini

Selama sembilan bulan wanita menanti kelahiran bayinya. Sepanjang bulan itu kaum ibu sangat memperhatikan apa yang dia makan dan apa yang dikerjakan untuk memastikan bayinya sehat.Tentu saja, selama sembilan itu kaum ibu diliputi rasa cemas dan khawatir, apalagi jika itu kehamilan pertama. Pada akhir trimester kedua, kebanyakan mereka mengesampingkan semuanya dan sangat siap menggendong bayinya.Pada trimester terakhir disebut-sebut menjadi waktu yang paling melelahkan dalam kehamilan. Janin sudah bergerak lebih rendah di perut wanita sehingga menyebabkan banyak organ internalnya mengatur ulang untuk mengakomodasi janin. Ada beberapa hal yang perlu wanita hindari ketika kehamilan memasuki trimester ketiga seperti dikutip Boldsky, Selasa (4/2/2014):1. Sauna dan mandi uapAda banyak wanita yang menikmati sauna dan mandi uap. Tapi, ini adalah salah satu yang harus wanita hindari di trimester ketiga kehamilannya karena menyebabkan suhu tubuh internal berubah.2. BercintaJika Anda mengalami kehamilan yang normal dan tak berisiko persalinan prematur, Anda bisa menikmati sesi intim dengan suami Anda sampai melahirkan. Tapi, jika berisiko atau Anda meras alelah, berhubungan intim tak boleh di [...]

Diet Jus Buah Disalahkan Ahli Kesehatan

Diet Jus Buah Disalahkan Ahli Kesehatan

Adanya penelitian terbaru mengenai manfaat segelas jus buah, ternyata banyak membuat perubahan kebiasaan hidup sehat. Contohnya saja, dulu kita mengenal bahwa minum jus buah itu menyehatkan. Tapi sekarang, ahli kesehatan menilai, minum jus tidak boleh dikonsumsi lebih dari satu gelas sehari. Selain karena kandungan gula yang tinggi pada buah, kebiasaan masyarakat Indonesia yang minum jus ditambah gula dapat meningkatakkan risiko diabetes di usia dewasa. Para ahli kesehatan di Inggris bahkan menyebut jus buah yang dikonsumsi saat diet hanyalah sebagai bom waktu yang bisa meledak kapan saja. Dalam arti, jus buah dapat membuat remaja berusia 11-19 tahun mengonsumsi 42 persen gula lebih banyak dari yang direkomendasikan. Sedangkan usia dewasa yang sering mengonsumsi jus, berisiko mengalami diabetes dan stroke. Hasil penelitian tersebut dilakukan oleh National Diet and Nutrition Survey. Ilmuwan menemukan, anak-anak berusia 10 tahun kebawah kebanyakan telah melebihi batas konsumsi harian gula yang direkomendasikan sebesar 34 persen. Sumber utamanya seperti gula, jus buah, minuman ringan, sereal bar, biskuit dan kue. Survei yang melibatkan 4.000 orang dewasa dan anak-anak antara 200 [...]

Indra Bekti Turunkan Berat Badan 9 Kilogram dalam Tiga Bulan

Indra Bekti Turunkan Berat Badan 9 Kilogram dalam Tiga Bulan

Dalam kurun waktu tiga bulan, presenter kocak Indra Bekti berhasil menurunkan bobot tubuh sebesar 9 kilogram (kg). Siapa sangka, Bekti yang dikenal ogah (enggan) berolahraga ternyata mampu melakukannya. "Januari mulai dan target selesai target Maret (saat launching buku dan album). Waktu mulai berat saya 74 kilogram, di Maret kemarin saya periksa sudah turun ke angka 65 kilogram," kata Indra Bekti berbagi cerita dalam acara `Nestle Healthy Zone`di Pejaten Village, Jakarta, ditulis Jumat (11/4/2014).Demi mewujudkan mimpinya, Bekti demikian pria ini kerap disapa, rela meninggalkan kebiasaan buruknya. Seperti misalnya mulai rutin mengonsumsi air putih, yang sebelumnya tidak pernah dilakukan suami Aldilla Jelita ini."Iya, di Januari itu saya mengubah semuanya. Pertama, mengubah kebiasaan minum air putih. Dan terpenting, saya fitnes seminggu tiga kali," kata Bekti menambahkan.Bekti juga mengurangi konsumsi nasi dan lebih memilih mengonsumsi protein yang banyak, seperti ayam dada yang direbus. Terpenting, kata dia, menghindari makanan yang digoreng. "Saya percaya akan berhasil dengan metode 80 persen makanan dan 20 persen olahraga. Kalau ini dilakukan, akan menjadi sebuah aktivitas yang [...]

Kebiasaan Minum yang Bikin Gemuk

Kebiasaan Minum yang Bikin Gemuk

Jika selama ini Anda pikir hanya makanan yang dapat membuat gemuk, mungkin Anda keliru. Sebab menurut Ahli gizi bersertifikat dan pendiri 'Food Coach NYC' Dana James, M.S, kebisaan mengonsumsi minuman yang tidak tepat juga membuat tubuh gemuk.Coba saja perhatikan kebiasaan Anda selama ini, seperti dikatakan Dana pada Womenshealth, Jumat (29/8/2014) berikut ini:1. Minum jusDari satu sisi, minum jus dengan bahan-bahan alami seperti sayur dan buah memang bermanfaat bagi tubuh. Tapi minuman sehat ini bisa berubah menjadi racun bagi tubuh jika ditambahkan gula."Jus akan berubah menjadi minuman dengan ratusan kalori dalam satu porsi," kata Dana.Dana sendiri menyarankan untuk tetap mengonsumsi buah yang dipotong-potong kecil agar seratnya tidak hilang. Atau jika Anda ingin mencoba jus sayuran, cobalah mengkombinasikan dengan buah yang memiliki rasa manis seperti apel. 2. Tidak minum air putih yang cukupSecara khusus, hidrogen dalam minuman membantu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas. Masalahnya, kebanyakan orang tidak cukup minum (2 liter sehari)."Jika Anda kurang minum, hal terburuk adalah tubuh Anda menjadi terbiasa dehidrasi. Anda akan merasa baik-baik saja, padahal dua persen [...]

Kata `Sarapan` Lebih Pas Dibanding `Makan Pagi`

Kata `Sarapan` Lebih Pas Dibanding `Makan Pagi`

Dahulu orang menyebut aktivitas mengonsumsi sesuatu di pagi hari dengan "makan pagi'. Tapi kini, sebutan itu sudah tidak pas untuk digunakan, dan harus diganti dengan 'sarapan'. Sebab, sarapan merupakan aktivitas makan dan minum yang dilakukan di pagi hari."Sarapan merupakan sebutan yang pas. Kalau hanya makan pagi, yang diingat hanya makannya saja tidak ada minumnya. Sedangkan kita kalau tidak minum kepala akan pusing serta pencernaan akan terganggu," kata Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS dalam acara 'Nestle Breakfast Cereals Sambu Pekan Sarapan Nasional 2014' di Carefour Lebak Bulus, Jakarta, Jumat (14/2/2014)Agar sarapan memiliki manfaat yang besar untuk tubuh, lanjut Hardinsyah, maka yang harus disantap adalah makanan pokok dan minuman berupa cairan pendamping. "Makanan pokoknya adalah karbohidrat. Kalau ada nasi di rumah, ibu bisa memasaknya dan menjadikannya sebagai nasi goreng," kata dia menambahkan.Karena definisi dari makan adalah menyantap menu bervariasi, maka ada baiknya untuk menambahkan menu lain dari seporsi nasi goreng yang dimasak untuk disantap ketika sarapan. Baik itu telur, ikan, atau siwira [...]

2 Hal Ini yang Bikin Bobot Tubuh Melonjak Saat Puasa

2 Hal Ini yang Bikin Bobot Tubuh Melonjak Saat Puasa

Normalnya, puasa memang membuat berat badan turun. Karena secara tidak sadar, Anda mengonsumsi makanan lebih sedikit dibanding biasanya. Tapi ternyata tidak semua orang bisa begitu. Kebanyakan diantaranya malah bertambah berat badannya. Seperti disampaikan pakar gizi Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK bahwa selama bulan puasa, tanpa sadar Anda telah mengurangi asupan makanan. Itulah sebabnya, saat berbuka, beberapa orang cepat kenyang hanya dengan minum saja. Ini juga tandanya, lambung mulai mengecil dan sering dimanfaatkan untuk sekalian menurunkan berat badan. "Mengurangi seperempat porsi makan saja, berat badan bisa turun setengah sampai 1 kilogram. Tapi ada orang yang sewaktu puasa berat badannya naik. Inilah yang disebut teori balas dendam," katanya, seperti ditulis Kamis (10/7/2014). Samuel menerangkan, rumus untuk gemuk hanya dua. Lemak dan gula. Yang terjadi ketika buka puasa apa? Banyak orang yang mengonsumsi gorengan dan es campur atau es buah, cendol, kolak. Itu semua gula. Ubi, pisang merupakan bahan makanan yang mengandung gula. Masih ditambah gula pasir atau gula merah untuk pemanis. Bila minum es cincau pun, gula pasti disertakan dalam jumlah banyak. Sementara kegi [...]

5 Makanan Bervitamin D Tinggi

5 Makanan Bervitamin D Tinggi

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan sejumlah risiko kesehatan dari penyakit tulang sampai kelemahan pada otot. Selama ini, matahari dianggap sebagai sumber terbaik vitamin D. Namun, paparan sinar matahari berkepanjangan ini tidak dianjurkan."Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari matahari, berjemurlah selama 20 sampai 25 menit. Karena itu sangat membantu," kata Stephen Honig, MD dari Pusat Osteoporosi di Hospital for Joint Diseases, New York, Amerika Serikat.Maka itu, tiap orang dianjurkan untuk menambah beberapa jenis makanan agar mendapat tambahan vitamin D yang masuk ke dalam tubuh.Berikut beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin D, yang baik untuk kesehatan Anda, seperti dikutip Health Me Up, Rabu (23/4/2014)1. JamurJamur adalah salah satu jenis makanan yang kaya vitamin D dan pilihan terbaik bagi Anda yang vegetarian. Selain itu, jamur juga menyimpan vitamin B5 dan tembaga.2. Ikan berlemakIkan seperti salmon, tuna, makarel, tinggi vitamin D. Ikan yang disajikan mentah atau sushi, memiliki kandungan vitamin D yang lebih tinggi. Ikan jenis ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.3. Minyak ikan codMinyak ikan cod mengandung vitam [...]

Gaya Diet Liza Natalia, Bisa Makan Apa Saja

Gaya Diet Liza Natalia, Bisa Makan Apa Saja

Seperti wanita kebanyakan, setelah hamil dan melahirkan, aktris dan instruktur zumba Liza Natalia sempat mengalami kenaikan berat badan hingga 65 kilogram dari bobot sebelum menikah 53 kilogram. Ingin kembali ke bentuk tubuh normal, akhirnya kakak ipar penyanyi Ashanty ini memutuskan untuk diet. Yang menarik, diet yang dilakukan Liza bukan diet ketat yang mengharuskannya tidak makan apa pun dan pantang pada jenis makanan tertentu. Karena pada akhir pekan, ia ingin makan bebas seperti orang kebanyakan. "Saya nggak diet khusus karena saya selalu makan apa yang saya mau. Kayak makan steak , es krim, pasta atau makanan berlemak itu tetap saya makan seminggu sekali. Tapi Senin sampai Jumat saya mencoba makan sehat," kata wanita berdarah Minangkabau dan Sunda itu pada Liputan6.com, ditulis Selasa (13/5/2014). Makanan sehat, lanjut Liza, bukan berarti harus pantang makanan. "Saya sendiri telah berhenti makan nasi putih dan menggantinya nasi merah. Selain itu mengurangi garam karena dapat mengikat lemak dan memperbanyak makanan yang direbus dan ditumis. Untuk minyak saya menggantinya dengan minyak zaitun atau olive oil. Dan untuk minuman, saya juga mengurangi yang manis. Tapi saya teta [...]

Mau Cepat Langsing, Pilih Teh Hijau Panas atau Dingin?

Mau Cepat Langsing, Pilih Teh Hijau Panas atau Dingin?

Banyak penelitian menyebutkan bahwa teh hijau dapat menurunkan berat badan. Sayangnya, hal ini mungkin tidak berefek bagi masyarakat Indonesia karena banyak yang tidak paham kalau kebiasaan minum teh lebih sering menggunakan gula. Mengutip laman Womenshealth, Senin (30/6/2014), Ahli gizi, Keri Glassman kembali mengingatkan kita tentang kandungan teh hijau, epigallocatechin gallate yang dapat membantu menurunkan berat badan. - Teh hijau jangan ditambah rasa Hal pertama yang perlu Anda ketahui, kata Keri, manfaat teh hijau akan hilang bila ditambah rasa, termasuk gula. Teh yang diberi gula akan mengandung banyak kalori. Maka itu, hindari mengonsumsi teh hijau dengan tambahan gula atau pemanis buatan. - Teh hijau bukan sumber vitamin Saking banyak manfaatnya, teh hijau seringkali diartikan sebagai vitamin sehingga wanita rela tidak makan apapun dan mengganti makannya dengan minum teh hijau. Padahal menurut Keri, teh bukanlah pengganti makanan. Meski begitu, Keri mengungkapkan, teh hijau terbaik belum tentu berasal dari merek mahal. Yang terpenting, katanya, untuk mencari teh yang menggunakan bahan-bahan alami dan tidak memiliki pengawet buatan.- Manfaat teh hijau akan lebih maksim [...]

Langsing dengan Mengonsumsi 7 Makanan Sehat Ini

Langsing dengan Mengonsumsi 7 Makanan Sehat Ini

Terdapat beragam jenis makanan sehat yang memiliki efek melangsingkan. Tapi, harus diingat bahwa ini semua akan bekerja maksimal bila diimbangi dengan olahraga teratur. Selain itu, kita pun harus memahami, mengonsumsi makanan sehat bukan sekedar mengganti makanan cepat saji dengan makanan bergizi. Pola makan sehat adalah cara hidup yang akan terus dilakukan sampai kita mati.Di bawah ini, terdapat sejumlah makanan sehat yang bermanfaat untuk melangsingkan seperti dikutip Health Me Up, pada Jumat (19/9/2014) 1. Jus buahBila mengonsumsi buah, banyak di antara kita yang memilih tanpa kulit. Padahal, mengonsumsi buah dengan kulit yang paling dianjurkan, karena tidak akan kehilangan nutrisi dari keseluruhan buah.Untuk itu, pilihlah untuk menjadikan buah sebagai jus yang diproses lengkap dengan kulitnya. Kita dapat menambahkan madu agar jus lebih terasa enak. 2. Kayu manisAgar hidup lebih sehat, gantilah gula putih dengan gula merah. Atau gula jawa, bila di Indonesia. Bumbu dapur seperti kayu manis pun dapat dijadikan pilihan untuk dicampurkan ke dalam segelas teh, sebagai pengganti gula putih. 3. PopcornDaripada kita memilih kentang goreng sebagai camilan, ada baiknya m [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *