Kulit Lebih Sehat di Tahun Baru

KULIT-SEHAT-MULUS.jpg

Siapa yang tidak ingin merasa lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya? Tentunya kebanyakan dari kita ingin merasa lebih baik dari sebelumnya, bukan? Apalagi jika kita bicara soal penampilan. Ingin tampil lebih menarik, ingin tampil lebih baik dan tentunya sekaligus ingin tampil lebih sehat. Bagi Anda yang memiliki tekad memperbaiki penampilan di tahun baru 2014 ini, maka simak tips-tips perawatan berikut ini:

1. Jauhi Kebiasaan Buruk untuk Kulit

– Hindari stres

Pada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit yang disebut dengan neuropeptida. Hormon ini sebenarnya berfungsi untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Namun karena kondisi stres, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Jadi untuk menghindari stres, Anda dapat melakukan aktivitas relaksasi seperti yoga atau pemijatan. Anda dapat melakukan pemijatan ringan dengan menggunakan krim untuk kulit yang mengandung glycerol, eucerit dan panthenol. Glycerol selain bersifat melubrikasi, juga sekaligus memberikan manfaat melembabkan kulit. Panthenol dan eucerit juga merupakan zat nutrisi yang sangat dibutuhkan kesehatan kulit Anda

– Hindari rokok

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 79 pasang saudara kembar oleh Departeman bedah plastik di Case Western Reserve University, perokok cenderung memiliki kantung mata dan garis keriput yang lebih jelas dan lebih banyak dibanding bukan perokok. Penelitian tersebut membandingkan sepasang saudara kembar, yang satu merokok, dan satu lagi tidak merokok.

Hindari matahari dan polusi

Sinar ultraviolet, meskipun tidak dapat dilihat oleh mata manusia, merupakan bagian dari sinar matahari yang sangat berpengaruh pada kulit. Sinar UV dalam jumlah kecil bermanfaat karena membantu tubuh menghasilkan Vitamin D. Meskipun begitu, sinar UV dalam jumlah besar merusak asam deoxyribonucleid (DNA-bahan genetik tubuh) dan merubah jumlah dan jenis kimia yang membuat sel kulit. Perubahan ini bertanggungjawab untuk mempengaruhi kerusakan oleh sinar UV, termasuk pembakaran, penuaan kulit prematur, berkerut, dan kanker kulit. Jadi jangan lupa gunakan sunscreen atau sunblock jika melakukan aktivitas diluar ruangan (outdoor activity).

2. Pilih Menu Makan yang sehat.

– Sayur dan buah-buahan

Cobalah makan proteinbersumber dari tanaman seperti kedelai, kacang-kacangan. Banyak makan sayur dan buah, makan gandum dan coba kurangi kandungan lemak dalam diet Anda.

– Produk susu

Yogurt dengan rendah lemak dan keju, memliki kandungan sama seperti bayam yaitu merupakan sumber vitamin A yang baik untuk kulit. Disamping itu, yogurt mengandung bacterium acidopholus yang membantu dalam proses pencernaan dan kesehatan dari saluran pencernaan yang dikaitkan dengan kesehatan kulit. Keju memiliki kadar selenium merupakan mineral yang dapat membuat kulit menjadi segar dan lembut.

– Kacang-kacangan

Dari banyak jenis kacang, hanya kacang Brazil yang sehat untuk kulit oleh karena produksi selenium oleh kacang jenis ini. Selenium selain dapat membuat kulit sehat, dapat juga memicu sintesis dari gluthathione. Sama seperti antioksidan yang terdapat dalam sayuran dan buah, gluthatione dapat menghilangkan sel kulit mati. Namun demikian, pastikan Anda tidak alergi terhadap kacang terlebih dahulu.

Ikan-ikanan

Mengkonsumsi ikansetiap hari merupakan cara lain untuk menambah jumlah selenium ke dalam diet sehari-hari. Ikan segar mengandung selenium dan omega-3 yang peting dalam mencegah kulit keriput dan melembutkan kulit serta mengunrangi peradangan kulit.

3. Bersihkan Kulit Wajah Lebih Teratur

– Berapa dalam seharikah mencuci wajah?

Frekuensi mencuci wajah perlu disesuaikan dengan jenis kulit, jenis pembersih dan aktivitas. Umumnya 2 hingga 3 kali sehari merupakan rata-rata. Jika menggunakan tata rias yang berat maka dibutuhkan pembersih wajah yang lebih spesifik seperti susu pembersih (milk cleansing) ditambah toner. Pembersih dengan scrub tidak dianjurkan sering dipakai.

– Adakah suhu air yang direkomendasikan?

Sebaiknya menggunakan air suam-suam kuku dan dikeringkan dengan menepuk-nepuk dengan lembut menggunakan handuk. Hindari menggosok dan mengusap.

– Bagaimana mencuci wajah yang benar?

Sebaiknya mencuci wajah dengan arah mengikuti garis wajah, memutar ke arah atas sebagai sekaligus sarana pemijatan untuk relaksasi.

4. Lakukan Perawatan Malam

Cr�me malam

Kulit merupakan organ terbesar manusia. Luas organ kulit pada orang dewasa dapat mencapai 2 meter persegi dengan berat mencapai 3,6 kilogram. Dengan ukurannya yang besar dan melindungi seluruh tubuh, fungsi kulit kita adalah sebagai pelindung terhadap air, suhu yang ekstrim, sinar matahari dan bahan-bahan kimia. Sebagai bagian tubuh yang paling luar, kulit merupakan salah satu organ yang paling banyak terpengaruh oleh kondisi sekitar. Tidak akan luput dari paparan sinar UV matahari, polusi udara, rokok, debu, kotoran, bakteri, kuman, virus, penggunaan kosmetik berlebihan, dan lainnya. Dan ketika kulit terpapar bertubi-tubi hal tersebut, kulit menjadi stres dan relaksasi diperlukan guna mencegah kerusakan kulit lebih lanjut.

Anda dapat meluangkan waktu Anda sesaat sebelum tidur dengan cara melakukan pijatan lembut kepada kulit dengan krim untuk kulit. Sangat disarankan Anda untuk menggunakan krim untuk kulit yang memiliki kandungan Eucerit, panthenol dan glycerol. Dimana penggunaan trio kombinasi dari kandungan tersebut secara rutin, akan menjadikan kulit Anda terjaga kelembapannya dan menjadi relaks.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](ADV/DA)

BACA JUGA

Kiat Memperoleh Kulit Sehat
Perawatan Kulit Segar
Cantik Sehat dan Alami
Memilih Kosmetik yang Aman

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tahukah Kamu Bahwa Polusi dapat Membahayakan Kesehatan Kulit Kita?

Tahukah Kamu Bahwa Polusi dapat Membahayakan Kesehatan Kulit Kita?

Kulit berfungsi sebagai pelindung terhadap air, suhu yang ekstrem, sinar matahari dan bahan-bahan kimia. Sebagai bagian tubuh yang paling luar, kulit merupakan salah satu organ yang paling banyak terpengaruh oleh sinar matahari dan polusi udara. Polusi dan polutan dapat menembus kulit, merusak kulit bahkan hingga masuk ke dalam tubuh, dan karena wajah adalah bagian kulit yang jarang tertutup, maka kulit wajah menjadi bagian kulit yang sering terpapar dengan polutan. Polusi dapat menjadi faktor penyebab tidak langsung dan faktor penyebab langsung terhadap kerusakan kulit. Penyebab Tidak Langsung Saat ini polusi sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari, terutama bagi yang tinggal di daerah perkotaan. Polusi dapat menyebabkan kerusakan ozon. Ozon yang semakin menipis menyebabkan meningkatnya paparan sinar ultraviolet (UV) terutama Ultraviolet B. Hal ini berkaitan langsung dengan terjadinya kanker kulit.Selain itu, ada penyebab langsung. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. [...]

Makanan Super untuk Kulit Sehat Bebas Keriput

Makanan Super untuk Kulit Sehat Bebas Keriput

Kulit berperan sebagai pembatas antara lingkungan eksternal dengan internal (tubuh) oleh karena itu berperan penting untuk perlindungan terhadap kerusakan mekanik, kimia, mikroorganisme, maupun kerusakan karena ultraviolet. Bagaimana dengan kesehatan kulit Anda? Apakah Anda mulai menyadari kerutan pada wajah Anda? Apakah Anda mengetahui bahwa konsumsi makanan tertentu dapat membantu mengurangi kulit keriput? Nutrisi memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan kulit. Cobalah sertakan beberapa makanan berikut dalam menu harian Anda yang dapat membantu untuk mengurangi kulit keriput berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan: Sayuran Hijau dan Kuning Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi sayuran hijau dan kuning secara signifikan mengurangi keriput pada kulit. Kandungan antioksidan pada sayur-sayuran dapat mengurangi kerusakan kulit karena radikal bebas. Bayam, seledri, dan asparagus merupakan beberapa contoh sayuran yang telah diteliti dapat mengurangi kerutan pada kulit. Ikan Salmon dan ikan lainnya merupakan sumber protein yang penting. Protein diperlukan untuk pembentukan kulit yang sempurna. Selain itu, ikan juga merupakan sumber asam lemak esensial omega-3. Omeg [...]

Bahaya Stres pada Kulit

Bahaya Stres pada Kulit

Memang betul bahwa stres atau faktor emosional dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah kelainan pada kulit. Penelitian menunjukkan 30% dari kelainan kulit memiliki masalah psikologis yang mendasari. Stres bersifat personal dan individual, sesuatu yang dianggap menimbulkan kondisi stres pada seseorang belum tentu sama untuk orang lain. Stres yang dimaksud disini termasuk perasaan marah, cemas, depresi, dan tegang. Tapi tahukah Anda, stres bisa berakibat kepada kondisi kesehatan kulit?Kelainan kulit yang disebabkan oleh gangguan psikis/stres emosional disebut dermatosis psikokutan atau psikodermatologi. Pada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan neuropeptida, suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit. Neuropeptida ini sebenarnya berperan untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Dengan kata lain, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Bagaimana cara mencegahnya? OlahragaLatihan teknik manajemen stres, seperti latihan pernapasan, yoga, meditasi, visual imagery (membayangkan sesuatu yang m [...]

6 Makanan yang Perlu Dikendalikan Demi Kesehatan Kulit

6 Makanan yang Perlu Dikendalikan Demi Kesehatan Kulit

Pepatah lama ?You are what you eat? juga berlaku untuk kesehatan kulit. Bahkan, nutrisi yang buruk memiliki dampak yang sama jeleknya dengan merokok. Mengapa demikian? Pola makan yang buruk dapat menyebabkan peradangan, yang memicu stres oksidatif dan pada akhirnya merusak kolagen serta DNA. Inilah yang dapat membuat kulit Anda terlihat lebih tua. Berikut adalah 6 jenis makanan yang perlu Anda hindari agar kesehatan kulit tetap terjaga:1. Nasi putihNasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang akan mempengaruhi pelepasan insulin. Karbohidrat apapun dengan indeks glikemik tinggi dapat membuat penumpukan ?gula? di dalam tubuh sehingga menyebabkan wajah terlihat lebih tua.2. Kue Beras Dulu kue beras menjadi makanan para supermodel untuk menjaga berat badan, kemudian hal tersebut diikuti oleh banyak orang. Namun sayangnya menurut Valori Treloar, MD, dermatologi dan penulis The Clear Skin Diet, kue beras dapat menyebabkan gula darah melonjak dan mempercepat pembentukan keriput. [...]

Ingin Kulit Mulus? Coba Masker Yoghurt

Ingin Kulit Mulus? Coba Masker Yoghurt

Yoghurt merupakan bahan makanan yang terbuat dari susu yang difermentasikan oleh bakteri asam laktat. Selain mempunyai rasa yang unik, yoghurt juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Bakteri yang terdapat di dalam yoghurt yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Yoghurt biasanya ditambahkan Lactobacillus acidophilus, agar mempunyai efek fungsional bagi kesehatan.Beberapa keutamaan dari yoghurt, di antaranya dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit (patogen), meningkatkan sistem imun, dan mengurangi kolesterol pada darah. Di balik itu semua, ketika dioleskan pada kulit, yoghurt juga memiliki manfaat yang tak kalah luasnya. Bahkan yoghurt mulai banyak digunakan sebagai masker wajah.Namun, seberapa efektifkah yoghurt untuk kesehatan kulit? Simak penjelasannya di halaman berikut ini: Ingin Kulit Mulus? Coba Masker Yoghurt Namun, seberapa efektifkah yoghurt untuk kesehata [...]

4 Makanan untuk Kulit Sehat

4 Makanan untuk Kulit Sehat

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Kulit merupakan suatu organ pada tubuh yang penting. Selain untuk kecantikan, kulit penting untuk melindungi tubuh kita dari beberapa faktor lingkungan seperti virus, bakteri, beberapa bahan kimia, dan perubahan temperatur. Kulit juga mengandung pigmen melanin yang melindungi kulit terhadap sinar ultraviolet dari matahari. Untuk menjaga kesehatan kulit dibutuhkan upaya yang cukup berat. Nah, untuk melindungi kulit dan mempertahankan kesegaran kulit Anda ada beberapa jenis makanan yang dapat menjadi sumber nutrisi untuk kulit untuk kemudahan Anda menjaga kesehatan kulit. 1. Sayur dan Buah-buahan Sayur dan buah-buahan merupakan grup makanan yang penting untuk kesehatan kulit Anda. - Bayam, merupakan sumber vitamin A yang dapat membantu menghilangkan jerawat dan membantu pemulihan kulit. - Kentang, merupakan sumber dari vitamin C yang dapat berperan dalam produksi kolagen. Kolagen merupakan suatu protein dalam kulit yang dapat meminimalkan keriput pada kulit dan mempertahankan kekenyalan kulit anda. - Blackberry, blueberry dan strawberry merupakan buah-buahan yang megandung antioksidan, berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan o [...]

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

Kulit impian para wanita adalah kulit sehat, putih, dan bersih. Untuk mendapatkannya, setiap wanita akan melakukan berbagai cara. Tapi kadang, selalu saja muncul masalah pada kulit yang mengesalkan, salah satunya kulit sensitif dan kering. Ada banyak faktor yang membuat kulit Anda menjadi kering: Kebiasaan mandi dengan air panas Mandi dengan air yang terlalu panas dapat mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan mandi dengan air bertemperatur ruangan. Kebiasaan malas minum air putihKurang air putih dapat menyebabkan dehidrasi yang berujung pada kulit kering.Seringlah minum air putih terutama kalau Anda ada di dalam ruangan ber-AC. Kebiasaan malas mengkonsumsi makanan sehatPenelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung omega 3 akan membantu membentengi minyak alami kulit. Kebiasaan usia lanjutFungsi organ tubuh akan berkurang sejalan bertambahnya usia. Pada usia lanjut, pembentukan zat elastin untuk menjaga elastisitas kulit akan berkurang. Kebiasaan merokokZat-zat dalam rokok dapat merusak jaringan kolagen yang berfungsi sebagai elastisitas kulit. Solusinya mengatasi kulit [...]

Kiat Memperoleh Kulit Sehat

Kiat Memperoleh Kulit Sehat

Kondisi kesehatan kulit sedikit banyak mencerminkan kondisi kesehatan tubuh seseorang. Kulit bukan anugerah dari langit semata, namun dapat dimiliki dengan beberapa cara, seperti menjalani beberapa kebiasaan ?kebiasaan sederhana sehat berikut ini : Perbanyaklah minum air. Dengan perbanyak minum air, kondisi tubuh akan jauh terhindar dari dehidrasi yang mengakibatkan hilangnya kelembapan kulit. Bersihkan wajah. Hal ini wajib dilakukan, bersihkanlah kulit wajah setidaknya dua kali dalam sehari, pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Jika memungkinkan, lanjutkan dengan toner untuk mengangkat minyak, debu, kotoran dan make-up yang tertinggal. Kebersihan kulit menentukan Sesuaikan produk pelembab dengan jenis kulit. Jangan sembarang menggunakan pelembab, karena kondisi kulit anda menentukan khasiat akhir formulasi yang dimiliki pelembab itu sendiri. Hindari terik sinar matahari langsung ke kulit. Kulit jika terpapar sinar matahari langsung dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan dramatis gangguan kulit seperti kerutan, belang, bintik hitam atau jerawat, bahkan kanker kulit. Penting juga memerhatikan kondisi kulit untuk menyesua [...]

Masker Wajah

Masker Wajah

Pemakaian masker pada wajah memberikan manfaat tersendiri pada wajah bagi kesehatan kulit. Kulit yang sehat merupakan representatif dari kulit yang cantik. Manfaat masker wajah itu sendiri pada kulit wajah adalah untuk menyegarkan, memperbaiki serta mengencangkan kulit wajah. Disamping melancarkan peredaran darah, merangsang kembali kegiatan sel-sel kulit dalam hal ini proses regenerasi sel serta mengangkat sel tanduk yang telah mati. Hal inilah yang membuat masker merupakan sarana pembersih wajah yang paling efektif. Ada baiknya, pemakaian masker dilakukan secara berkala dengan interval waktu tertentu. Bentuk masker wajah dapat berupa bubuk, cair transparan, serta bentuk lainnya. Apapun bentuk masker itu sendiri, tidak akan memengaruhi proses penyerapan manfaat bagi kulit. Penting adanya untuk menyesuaikan jenis kulit dengan jenis masker yang akan digunakan. Berikut beberapa jenis masker Masker untuk kulit normal Masker yang berbahan dasar sayur atau buah-buahan segar dapat dimanfaatkan utnuk jenis kulit normal, diantaranya seperti buah ketimun, wortel, pepaya, kentang, tomat. Masker untuk kulit kering Untuk kulit kering bisa mengambil pisang, alpukat dan buah-buahan lain yang m [...]

7 Bahaya Kulit Kering

7 Bahaya Kulit Kering

Sebagian besar dari kita mungkin tidak menyadari bahwa lingkungan di sekitar kita seringkali membuat kulit kita menjadi kering. Lingkungan dengan kelembaban rendah, seperti ruangan berpendingin (ber-AC), daerah dataran tinggi, daerah sub-tropis, dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Belum lagi paparan asap rokok dan polusi udara juga menimbulkan masalah kulit kering.Seringkali di antara kita mengeluhkan kulit wajah berminyak sehingga kulit tampak ?kucel?. Lalu berbagai upaya dilakukan untuk membuat kulit menjadi kering. Penggunaan kosmetik atau skin care yang berbahan dasar alkohol atau bahkan alkohol itu sendiri menyebabkan kulit kehilangan kelembabnya. Mencuci wajah berulang-ulang menggunakan sabun juga dapat membuat kulit menjadi kering.Tapi tahukah kamu bahwa terdapat bahaya yang mengintai jika kulit wajah dan tubuhmu kering? Berikut ini di halman selanjutnya beberapa masalah yang dapat timbul akibat kulit kering: [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *