Kurang Stok Kondom, Pemerintah Kuba Kelabakan

Produksi-Kondom-RNI-ok.JPG

PeduliSehat.info, Havana Para pejabat kesehatan di Republik Kuba menyatakan negaranya sedang kekurangan kondom. Mereka melaporkan, pasokan kondom mulai berkurang sejak pertengahan bulan lalu sehingga menimbulkan kekhawatiran kemungkinan peningkatan penyakit menular seksual dan kehamilan yang tidak diinginkan.

Mengutip laman The Guardian, Senin (21/4/2014), pengamat kesehatan setempat mengatakan, salah satu daerah yang paling kekurangan kondom adalah Santa Clara, yang merupakan daerah dengan tingkat tertinggi kasus infeksi HIV.

Hal ini tentu membuat sebagian warga cemas mengingat beberapa orang senang bercinta di rumah-rumah sewa hingga taman. Meski begitu, sejauh ini belum ada reaksi resmi dari Pemerintah Kuba untuk menambah pasokan kondom.

Seorang pejabat lokal justru menyalahkan masalah pasokan dari China dalam sebuah wawancara tapi tidak memberikan jawaban tentang kapan situasi ini akan mereda.

Direktur perusahaan Ensume, yang bertanggung jawab untuk memasok sebagian besar kondom yang disubsidi pemerintah. Juan Carlos Gonzalez menyampaikan, ada lebih dari satu juta kondom di gudang perusahaannya tapi jumlahnya tidak cukup untuk didistribusi di tiap daerah.

“Ensume telah berjuang untuk mendapatkan kondom terbaik. Tapi masalahnya tahun 2012 saja ada jutaan kondom kedaluwarsa yang diimpor dari China sehingga kondom harus dilabel ulang pada 2014. Ini membuat pasokan kondom semakin menipis,” kata Gonzales pada surat kabar setempat.

Gonzalez melanjutkan, para pekerja hanya bisa mengirim 1.440 strip kondom per hari, sementara permintaan di Provinsi Villa Clara mencapai 5.000 setiap hari. Akibatnya, harga kondom meningkat dari hanya 1 sen menjadi 1,30 dolar.

Menanggapi kekurangan kondom ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hingga kini belum mencatat adanya peningkatan infeksi HIV meski negara setempat melaporkan adanya peningkatan prostitusi dan pariwisata seks.

Sementara itu, warga Kuba mengaku, kondom bukan hanya untuk bercinta tapi warga pesisir menggunakan alat kontrasepsi untuk tujuan non-seksual. Seperti misalnya untuk memancing ikan dan menangkap burung.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Cara Ampuh Hentikan Kebiasaan Merokok

5 Cara Ampuh Hentikan Kebiasaan Merokok

Ada banyak perokok di dunia ini yang ingin berhenti merokok. Namun sayang, banyak yang kesulitan saat akan memulainya.Bahkan peringatan akan bahaya merokok di kemasan dan larangan merokok di tempat-tempat tertentu tidak berpengaruh sama sekali. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok tersebut, seperti dilansir laman Boldsky, Minggu (26/1/2014)1. Tekad yang kuatSetiap tahun berganti, banyak perokok yang menetapkan resolusi untuk berhenti merokok. Nyatanya, sedikit sekali yang berhasil. Hanya sekadar resolusi saja dirasa kurang. Para perokok harus memiliki tekad kuat untuk menghentikan kebiasaan merusak itu. Ingat, setiap merokok, orang di sekitar akan mendapatkan dampak buruk dari kebiasaan tidak menyehatkan itu.2. KonselingJangan pernah ragu untuk melakukan konseling kepada ahlinya. Biasanya, konselor memiliki cara atau metode ampuh yang dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok.3. Terapi pengganti nikotinTerapi pengganti nikotin merupakan satu cara terbaik untuk menghentikan kebiasaan merokok. Ini akan membantu menghentikan kebiasaan itu secara perlahan. Di London, sudah banyak perokok yang berhenti karena bantuan terapi pengganti nikotin i [...]

Peraturan Baru BPJS Mulai Bikin Masyarakat Resah

Peraturan Baru BPJS Mulai Bikin Masyarakat Resah

Peraturan Direksi BPJS Kesehatan No 211 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Pendaftaran dan Penjaminan Peserta Perorangan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang berlaku per 18 November 2014 ini, mulai membuat resah sejumlah pasien. Salah satunya, Riswanto, ayah dari pasien bernama Ananda Putra Arliyansyah yang lahir tanggal 5 November 2014 di RSIA Budi Kemuliaan ini mengaku kesulitan mendapatkan fasilitas kesehatan. Riswanto menuturkan, dirinya merupakan warga Cilacap yang mendapat kerja di salah satu restoran di Jakarta. Dia pun turut memboyong istrinya ke Jakarta. "Tanggal 5 November, pukul 09.10, istri saya melahirkan anak laki-laki dengan berat badan 1,4 kilogram dan panjang badan 39 sentimeter. Karena beratnya yang lahir kecil, Ananda masuk perawatan NICU. Dan saya diminta RS untuk membayar uang sekitar Rp 35 juta. Tapi karena tidak punya biaya, saya diminta pihak RS menyicil dan diminta untuk membuat kartu BPJS," katanya saat dikonfirmasi Liputan6.com, Senin (8/12/2014). Pada 11 November 2014, istrinya mengeluh sesak nafas. Pukul 04.00 pagi, Riswanto membawa istrinya ke RSIA Budi Kemuliaan, masuk UGD dalam keadaan koma selama 24 jam. "Pukul 23.30, istri s [...]

WHO akan Beri Indonesia Sertifikat Bebas Polio

WHO akan Beri Indonesia Sertifikat Bebas Polio

Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Tjandra Yoga Aditama menginformasikan, Indonesia akan menerima sertifikat bebas polio dari badan kesehatan dunia (WHO) pada 27 Maret 2014 di New Delhi, India. Mengutip laman Setkab, Jumat (7/3/2014) menurut Tjandra, Direktur Regional WHO SEARO (South East Asia Regional Office) akan menyerahkan sertifikat bebas polio tersebut kepada Menteri Kesehatan Indonesia dan Menkes Negara SEARO (South-East Asia Region) lainnya pada acara Polio-Free Certificate Signing Ceremony di Gedung WHO SEARO di New Delhi, India. Kemenkes RI juga telah mengusulkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mencanangkan Indonesia Bebas Polio, pada acara peresmian Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta. ?Pencanangan itu sekaligus menandai dimulainya imunisasi pentavalen berskala nasional, dan eliminasi malaria pada 200 Kabupaten/Kota di Indonesia,? paparnya. Tjandra menyebutkan, virus polio liar terakhir yang berhasil diisolasi ialah pada tahun 1995, yaitu tipe 1 di Provinsi Jawa Timur, dan tipe 3 di Provinsi Sumatera Utara. Sedang pada 2005 ? 2006 telah terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) virus polio [...]

Jangan Buang 8 Kulit Buah dan Sayuran Ini, Makan Saja!

Jangan Buang 8 Kulit Buah dan Sayuran Ini, Makan Saja!

Tahukah Anda kalau kulit dan daun yang terdapat pada buah-buahan dan sayur-sayuran memiliki sejumlah nutrisi penting? Bahkan Ahli Gizi asal London, Inggris, Dr Sarah Schenker, menyebutkan, daun dan kulit tersebut jauh lebih bermanfaat ketimbang dagingnya.Hanya saja banyak dari kita yang tidak menyadari itu, dan lebih memilih untuk membuangnya ke tempat sampah. "Daun dan kulit memiliki senyawa kuat seperti antioksidan. Selain itu, daun dan kulit pun dikemas dengan serat makanan juga," kata Sarah seperti dikutip Daily Mail, Kamis (19//6/2014)Untuk itu, Sarah pun memberitahukan beberapa jenis dari kulit dan daun yang terdapat pada buah dan sayur-sayuran yang juga bermanfaat untuk tubuh kita; 1. Kulit pisangDi film kartun seperti Tom and Jerry, kita kerap melihat kulit pisang dijadikan `senjata` oleh Jerry untuk membuat Tom terjatuh dan terguling. Ternyata, di balik kekasaran dari kulit pisang tersebut, kita pun dapat mengonsumsinya asal mengolahnya dalam bentuk jus terlebih dulu.Dalam sebuah study, para peneliti menemukan ekstrak kulit pisang kaya akan seratonin, yang mampu mengubah suasana hati menjadi jauh lebih baik. Bahkan, Sarah pun menjelaskan bahwa jus kulit pisang mampu [...]

Sehatkan Otak dengan 7 Makanan Berikut

Sehatkan Otak dengan 7 Makanan Berikut

Penelitian menunjukkan makanan jadi salah satu hal penting yang memengaruhi kemampuan otak manusia, seperti dituturkan Cynthia Green, PhD, pendiri dan direktur Memory Enhancement Program at Mount Sinai School of Medicine di New York. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui makanan apa saja yang baik untuk menjaga sel-sel otak tetap sehat dan menjaga kerusakan otak. Dilansir dari Prevention, Rabu (8/6/2014) berikut daftar makanan untuk otak sehat. 1. Ikan Makanan laut seperti salmon, tuna, makarel, sarden mengandung asam lemak Omega-3 yang baik untuk menutrisi otak. Sekitar 40% asam lemak yang dibutuhkan otak adalah DHA yang terkandung dalam Omega-3. Dengan makan ikan tiga kali seminggu dapat memangkas hadirnya penyakit Alzheimer hingga 39% menurut penelitian dari Tufts University. 2. Sayuran hijau Brokoli, kol, kubis, kale, pakcoy dan aneka sayuran hijau mengandung antioksidan yang kaya vitamin C serta karotenoid yang mampu melindungi kinerja otak. Sebuah studi dari Harvard Medical School menemukan bahwa lebih dari 13.000 wanita menemukan fakta bahwa perempuan yang makan sayuran hijau lebih banyak mampu menurunkan usia otak hingga 1-2 tahun. 3. Avokad, Kacang-kacangan, [...]

Kenapa Kasus Kekerasan Seksual Kerap Dilakukan Orang Terdekat?

Kenapa Kasus Kekerasan Seksual Kerap Dilakukan Orang Terdekat?

Menurut laporan akhir tahun Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (Komnas PA), ada 817 kasus kekerasan seksual pada anak sepanjang 2013. Ini berarti hampir 70-80 anak mengalami kekerasan seksual setiap bulan. Berdasarkan tempat kejadian, kekerasan terhadap anak yang terjadi di lingkungan keluarga ada 24 persen, lingkungan sosial 56 persen, dan sekolah 17 persen.Ahli Kajian Gender dan Seksualitas Universitas Amsterdam, Prof. Dr. Saskia E. Wieringa mengatakan, tidak dimungkiri saat ini banyak pelaku kasus kekerasan seksual terhadap anak berasal dari lingkungan terdekat si anak. "Kini sudah banyak kasus pemerkosaan yang melibatkan orang terdekat seperti keluarga dengan anak, paman dengan keponakan atau kakek ke cucu atau di lingkungan sekolah seperti guru dengan murid. Hal ini disebabkan karena ada unsur kekuasaan yang sangat kental di sini, sehingga anak tidak bisa berbuat apa-apa karena terlalu takut," kata Siska, Jumat (24/1/2014).Menurut Siska, para orangtua dan pihak sekolah perlu mengajarkan pendidikan kesehatan reproduksi sejak dini untuk mencegah terjadinya kasus pemerkosaan. "Kalau terjadi di rumah, itu karena anak menganggap orangtua sebagai sosok otoritas sehingga sul [...]

Menkes Angkat Bicara soal PHK di PT Sampoerna

Menkes Angkat Bicara soal PHK di PT Sampoerna

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi angkat bicara menanggapai adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 4.900 karyawan salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, PT HM Sampoerna Tbk (HMSP)."Saya tergelitik Sampoerna PHK karyawannya. Selama ini kita disalahkan, dia bilang kita penyebab kerugiannya. Tapi mereka PHK diam-diam saja," kata Menkes saat memberikan sambutan di acara Indonesian Conference on Tobacco or Health (ICTOH), Jumat (30/5/2014).Menkes beranggapan, perusahaan rokok tersebut melakukan PHK karena ingin mendapatkan keuntungan lebih besar. "Market menunjukan rokok kretek mesin lebih laku daripada rokok kretek linting," tegas Menkes.Sebelumnya, PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 4.900 karyawannya yang berada di Jember dan Lumajang. Pemutusan hubungan kerja itu dilakukan, seiring dengan ditutupnya dua pabrik yang berlokasi di daerah tersebut pada 31 Mei 2014. [...]

Mengenal Kepribadian Lewat Huruf T, I, dan O

Mengenal Kepribadian Lewat Huruf T, I, dan O

Tulisan tangan bisa mengungkap kepribadian seseorang. Tak hanya tulisan kecil atau besar, tapi bagaimana Anda menuliskan huruf `T`,`I` atau `O` juga bisa menunjukkan seperti apa kepribadian seseorang.Graphologists di Situs AOL, Selasa (10/6/2014), berbagi arti kepribadian seseorang dari tulisan tangannya:1. Tulisan tangan kecil Orang yang tulisan tangannya kecil dikaitkan dengan pribadi yang rajin, pemalu, teliti, dan konsentrasi.2. Tulisan tangan besar Ini berhubungan dengan pribadi yang terbuka, perhatian dan seseorang yang penuh cinta.3. Tulisan rata-rata Pemilik tulisan ini dihubungkan dengan mudah beradaptasi dan menyesuaikan diri.4. Tulisan berjarak lebarApabila jarak antara kata-kata terbilang jauh menunjukkan Anda suka dengan kebebasan. Ini juga berarti Anda bukan tipe yang senang dengan keramaian serta tak ingin menjadi kewalahan.5. Jarak sempit Si pemilik tulisan yang jarak antara kata-katanya dekat menunjukkan Anda tak bisa berdiri sendiri dan Anda cenderung senang dengan kerumunan orang.6. Tulisan bulat Anda yang tulisannya bulat biasanya senang dengan artistik atau kreatif.7. Tulisannya runcing Pemilik tulisan ini menunjukkan Anda kuat, cerdas, ingin tahu, dan ag [...]

9 Langkah Kemenag Cegah Flu Arab Masuk Indonesia

9 Langkah Kemenag Cegah Flu Arab Masuk Indonesia

Setelah melakukan rapat konsultasi, pemerintah akhirnya mengeluarkan langkah pencegahan melalui Kementerian Agama. Seperti diungkapkan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Anggito Abimanyu bahwa ada 9 poin penting dalam mencegah penularan virus korona di Arab, yaitu: 1. Menjaga perilaku hidup bersih dan sehat 2. Istirahat yang cukup 3. Jangan merokok 4. Rajin mencuci tangan dengan sabun 5. Senantiasa menggunakan masker 6. Bila batuk agar tutup mulut dengan tisu atau lengan 7. Kalau ada infeksi saluran pernapasan agar segera berobat ke fasilitas kesehatan 8. Tidak mengunjungi peternakan dan tempat pemotongan hewan 9. Menghindari kontak langsung dengan fasilitas kesehatan yang sudah terkena virus korona atau MERS. Disamping itu, Kepala Pusat Kesehatan Haji, Dr. dr. Fidiansyah, Sp.KJ, MPH mengatakan Kementerian Kesehatan telah memasang thermal scanner di berbagai bandara embarkasi dan debarkasi serta pelabuhan laut bagi mereka yang datang dari Timur tengah. [...]

Iklan Obat Pelangsing di Amerika Banyak Menipu

Iklan Obat Pelangsing di Amerika Banyak Menipu

Tahun 2014 resolusi tentang penurunan berat badan banyak terjadi di Amerika. Hal ini membuat banyak perusahaan kecantikan berlomba-lomba menawarkan produk langsing. Namun Lembaga Independen dari pemerintah Amerika Serikat, Federal Trade Commission (FTC) menemukan beberapa iklan obat langsing yang menipu dan merugikan konsumen."Dengan banyaknya orang yang ingin langsing banyak sekali produsen yang memanfaatkannya demi lakunya produk yang mereka jual. Beberapa iklan mengatakan hal yang tidak sesuai dengan kenyataannya, dan kami meminta mereka mengklarifikasi iklan dan mengganti rugi kepada konsumsen atas kerugian yang diterima mereka," ujar Direktur FTC Bagian Perlindungan Konsumen, Jessica Rich dikutip Foxnews, Jumat (10/1/2014).FTC menemukan empat perusahaan besar yang melakukan penipuan tersebut dan sedang diajukan ke pengadilan. Keempat perusahaan tersebut yaitu L' Occitane , Inc, Sensa Produk LLC, HCG Diet Direct LLC, dan LeanSpa LL. "Konsumen dikecewakan dengan iklan yang mereka buat. Produk obat langsing disamakan dengan krim kulit. Dalam iklan para produsen mengatakan cukup dengan mengoleskan krim di paha atau mencampurkan bahan ini di makanan dapat membuat langsing," kata Ri [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *