Lawan Morning Sickness Pada Awal Kehamilan

Lawan-Morning-Sickness-Pada-Awal-Kehamilan-Alodokter.jpg

Morning sickness adalah istilah kondisi mual dan muntah yang biasanya terjadi ketika masa awal kehamilan. Tidak hanya terjadi pada pagi hari, ibu hamil juga dapat mengalami morning sickness pada siang, malam, bahkan sepanjang hari.

Perubahan hormon pada trismester pertama kehamilan diduga merupakan salah satu penyebabnya. Beberapa pakar menduga bahwa ada kaitan antara hCG dengan terjadinya morning sickness. Human chorionic gonadoptrin (hCG) merupakan hormon yang terbentuk selama masa kehamilan. Hormon ini dihasilkan oleh janin kemudian oleh ari-ari. Hormon inilah yang menjaga kehamilan dan menjaga produksi hormon kehamilan lainnya, yaitu progesteron, tetap stabil.

Penyebab lainnya adalah kemampuan indera penciuman wanita hamil yang meningkat secara signifikan. Hal ini membuat ibu hamil sensitif terhadap bau dan kondisi ini dapat memicu rasa mual. Sebenarnya, gejala mual dan muntah dapat menjadi cara ibu hamil melindungi dirinya dan janin dari keracunan makanan. Kadar zat racun diduga mempengaruhi rasa dan bau makanan. Faktor-faktor inilah yang berpotensi membuat ibu hamil mual dan muntah supaya bayi tidak menyerap makanan tersebut.

Jika morning sickness yang Anda alami masih tergolong normal dan bukan termasuk hiperemesis gravidarum, Anda dapat menanganinya sendiri di rumah. Kuncinya adalah jangan membiarkan morning sickness menurunkan kualitas hidup Anda. Beberapa cara berikut dapat membantu melawan mual dan muntah.

  • Beristirahat dengan cukup karena kelelahan dapat memperparah morning sickness. Ketika sudah bangun, jangan terburu-buru untuk bangkit dari tempat tidur.
  • Ketika bangun tidur di pagi hari, bahkan sebelum beranjak dari tempat tidur, langsung makan sedikit roti kering. Lakukan juga ketika terbangun pada malam hari.
  • Minum air putih yang cukup. Minumlah secara perlahan-lahan agar tidak mual.
  • Minumlah minuman yang hangat, jangan yang dingin atau dengan rasa serta aroma yang terlalu tajam.
  • Sebaiknya jangan memakan makanan yang panas karena baunya akan lebih tercium dibanding ketika makanannya sudah lebih dingin.
  • Pilihlah makanan yang tinggi kandungan protein dan karbohidrat serta mudah dicerna, misalnya keju, cracker, susu dan yogurt, selai kacang, atau apel.
  • Hindari makanan yang berlemak atau berminyak, dan pedas.
  • Sebaiknya makan dengan porsi sedikit tetapi sering daripada porsi besar sekaligus. Ibu hamil dapat mengonsumsi kudapan setiap 1-2 jam setiap harinya.
  • Konsumsilah jahe atau produk berbahan dasar jahe seperti minuman jahe atau permen jahe untuk mengurangi rasa mual.
  • Hindari makanan atau bau-bauan yang dapat memicu rasa mual.
  • Hiruplah udara segar. Ibu hamil dapat berjalan-jalan di luar rumah pada pagi hari atau sore hari untuk mendapat udara segar. Jangan lupa untuk membuka jendela agar sirkulasi udara di dalam rumah baik.
  • Menjauhlah dari asap rokok. Sebisa mungkin jangan ada anggota keluarga yang merokok di dalam rumah. Ibu hamil juga tidak boleh merokok.
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 seperti gandum utuh, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  • Konsumsi suplemen seperti vitamin B6 dengan pengawasan dokter.
  • Jangan terlalu memikirkan morning sickness. Alihkanlah perhatian Anda pada aktivitas ringan yang menyenangkan.

Seiring pertambahan usia janin, gejala morning sickness dapat membaik. Bahkan gejala dapat hilang ketika kandungan berusia 12 minggu. Namun, ada juga wanita dengan morning sickness yang lebih lama atau lebih parah. Sebagian wanita dapat mengalami morning sickness yang lebih lama dari tiga bulan. Dan, walaupun jarang, ada yang mengalaminya hingga usia kehamilan lebih dari lima bulan. Sementara itu, ada pula kasus morning sickness yang parah atau disebut hiperemesis gravidarum (HG).

Ibu hamil yang mengalami HG tidak dapat memasukkan makanan dan minuman karena muntah terlalu sering dan berkepanjangan. Pada beberapa wanita, muntah dapat terjadi lebih dari lima puluh kali dalam sehari. Di samping itu, gejala morning sickness pada penderita HG dapat berlanjut hingga melahirkan. Penderita HG berisiko mengalami penurunan berat badan dan dehidrasi yang berbahaya bagi keselamatan ibu dan janin. Oleh karena itu, kondisi HG memerlukan pertolongan medis yang serius.

Jika cara di atas tidak meringankan gejala morning sickness, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter. Terlebih, jika berat badan menurun lebih dari satu kilogram, mual dan muntah terus berlanjut hingga bulan keempat, muntah lebih dari tiga kali sehari, atau muntah darah.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Dengan Olahraga Ini, Nyeri Tumit Plantar Fasciitis Bisa Diredakan

Dengan Olahraga Ini, Nyeri Tumit Plantar Fasciitis Bisa Diredakan

Plantar fasciitis adalah salah satu penyebab umum nyeri tumit. Untungnya, plantar fasciitis bisa diredakan dengan melakukan beberapa olahraga selama beberapa menit untuk membuatnya lebih lentur. Plantar fasciitis adalah peradangan pada jaringan fibrosa tebal yang melintang dari tumit hingga jari kaki. Jaringan tersebut disebut plantar fascia dan berguna untuk menopang otot dan lengkungan telapak kaki serta menghubungkan tulang tumit ke jari-jari kaki. Jika terlalu meregang atau terlalu sering digunakan, permukaan plantar fascia bisa sobek hingga menyebabkan peradangan, nyeri, dan sulit berjalan. Plantar fasciitis bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti mengenakan sepatu berhak tinggi, telapak kaki datar tidak memiliki lengkungan, otot betis tegang, sedang hamil, obesitas, atau berdiri lama. Sakit tumit di pagi hari atau setelah istirahat lama biasanya menjadi ciri penyakit ini. Olahraga untuk plantar fasciitis Rasa sakit akibat plantar fasciitis bisa diredakan dengan melakukan olahraga yang dirancang untuk meregangkan otot betis dan plantar fascia seperti di bawah ini: Bantuan handuk Sebelum bangun dari tempat tidur di pagi hari, lingkarkan handuk di sekitar kaki. Gunakan hand [...]

Awas, Terlalu Sering Pakai Smartphone Bisa Buat Tulang Belakang Rusak Permanen

Awas, Terlalu Sering Pakai Smartphone Bisa Buat Tulang Belakang Rusak Permanen

Terlalu sering menggunakan smartphone bisa berakibat fatal bagi tulang belakang Anda. Berdasarkan penelitian, rata-rata orang memakai smartphone 110 kali sehari, dan itu bisa menyebabkan kerusakan permanen pada tulang leher hingga punggung.Saat membaca pesan teks atau main game di smartphone, tablet dan gadget sejenisnya, kepala cenderung menunduk dan condong ke depan dan bisa menambah tekanan serta beban pada tulang belakang. Kondisi inilah yang membuat seseorang merasa pegal dan sakit di leher setelah memakai ponsel dalam waktu lama.Dr. Matt Herba mengatakan makin banyak pasien, terutama anak-anak yang mengeluh menderita sakit pada lehernya. Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa menjadi permanen."Studi menunjukkan ketika kepala condong ke depan, akan menambah beban hingga 4,5 kg pada tulang belakang," ujar Dr. Herba yang seorang ahli urut tulang di Florida, seperti dilansir Daily Mail.Ia menambahkan, anak muda zaman sekarang banyak yang menderita sakit leher akibat asyik memainkan ponsel atau smartphone mereka. Terlalu banyak menunduk bisa memicu kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada tulang rawan dan jaringan di antara ruas-ruas tulang belakang. Para dokter gigi spesiali [...]

6 Mitos Seputar Depresi Pasca Melahirkan yang Dialami Hayden Panettiere

6 Mitos Seputar Depresi Pasca Melahirkan yang Dialami Hayden Panettiere

Hayden Panettiere secara mengejutkan mengaku kepada publik, bahwa dirinya pernah mengalami depresi pasca melahirkan (postpartum depression -PPD) yang mengharuskan dirinya dirawat di rehabilitasi. Dalam sebuah wawancara televisi bulan lalu, aktris berusia 26 tahun itu mengatakan bahwa masih banyak orang yang menganggap PPD atau baby blues tidaklah nyata dan tidak pernah benar-benar terjadi."Bahwa PPD adalah sesuatu yang dibentuk dari pikiran sendiri, bahwa, 'Oh, itu cuma hormon.' Mereka tidak peduli. Tapi itu adalah sesuatu yang tidak bisa terkontrol. Sangat menyakitkan dan menakutkan dan wanita perlu banyak dukungan mental," ungkap Hayden, seperti dikutip dari Women's Health US.Apa yang dikatakan Hayden bukanlah isapan jempol belaka. PPD, banyak ibu baru yang mengalaminya namun pemahaman orang terhadap gangguan mental pasca melahirkan itu masih sangat minim. Hal itu membuat banyak bermunculan mitos soal PPD dan baby blues yang seringkali keliru, dan beberapa faktanya. 1. Depresi Setelah Melahirkan Itu NormalSebanyak 80 persen ibu baru mengalami baby blues, yang ditandai dengan rasa sedih, stres dan marah karena kelahiran bayi. Baby blues biasanya hanya berlangsung beberapa mingg [...]

Merokok di Pagi Hari 2 Kali Lebih Berbahaya

Merokok di Pagi Hari 2 Kali Lebih Berbahaya

Hampir sebagian besar orang tahu bahwa kebiasaan merokok bisa merusak kesehatan. Namun tahukah Anda, merokok di pagi hari ternyata dua kali lebih berbahaya?Sebuah penelitian yang melibatkan 7000 perokok, dilakukan oleh para ilmuwan dari Penn State College of Medicine, Amerika. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa seseorang yang menghisap sebatang rokok, 30 menit setelah bangun tidur memiliki risiko terkena kanker paru-paru dua kali lebih besar.Dari semua partisipan penelitian terdapat 4776 perokok yang sudah menderita kanker paru-paru, sedangkan perokok lainnya sehat. Dibandingkan dengan mereka yang merokok pada satu jam setelah bangun tidur, orang yang langsung merokok setelah bangun tidur memiliki kemungkinan sebesar 79% terkena kanker. Namun dilihat secara keseluruhan, berapa banyak rokok yang dihisapnya tidak memperngaruhi angka tersebut."Perokok pagi hari memiliki tingkat nikotin yang tinggi dan racun lain dari tembakau di tubuhnya. Mereka juga lebih kecanduan daripada perokok yang menahan diri untuk tidak merokok setengah jam atau lebih setelah bangun tidur," kata salah satu peneliti, Joshua Muscat, seperti yang dikutip dari Genius Beauty.Pada penelitian lain yang men [...]

Mengatasi Bau Mulut Ketika Berpuasa

Mengatasi Bau Mulut Ketika Berpuasa

Bau Mulut saat berpuasa, bagaimana cara mengatasinya? 90 % bau mulut berasal dari mulut, sisanya dapat disebabkan oleh masalah pencernaan dan penyakit umum lainnya. Makanan dan rokok juga dapat menjadi sumber bau mulut namun sifatnya hanya sementara. Jadi bila Anda merasa nafas Anda berbau tak sedap, pastikan gigi dan mulut Anda bebas dari masalah. Perhatikan kondisi gigi Anda. Apakah ada yang tumpang tindih, berlubang, ada abses (bisul) pada gusi, ada karang gigi, atau ada gigi yang sering terselip makanan? Bagaimana kesehatan gusi Anda, apakah ada yang bengkak, atau mudah berdarah, atau warnanya merah tua? Kondisi tersebut dapat berkontribusi terhadap timbulnya bau mulut tak sedap.Segera kunjungi dokter gigi Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut. [...]

Keep Smart During Period

Keep Smart During Period

Memang, terkadang mendapat haid bisa sangat melegakan sekaligus meresahkan. Melegakan, karena jika Anda mengalami haid secara teratur, berarti sistem reproduksi kewanitaan Anda normal. Meresahkan, karena terkadang saat sebelum dan saat mengalami haid, Anda akan merasakan perubahan hormon yang dapat menyebabkan berubahnya mood setiap saat, mengalami nyeri haid, keputihan, dan lain-lain. Jarak antar haid dan lamanya haid yang normal bervariasi di setiap perempuan. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi Anda tidak normal, maka besar kemungkinannya Anda akan mengalami beberapa permasalahan seputar haid. Beragam gangguan kesehatan haid yang ada dapat dikelompokkan menjadi 2 klasifikasi. Pertama, gangguan yang dipengaruhi faktor hormonal. Beberapa masalah yang sering dialami sebagian wanita dan disebabkan oleh faktor hormonal contohnya seperti perubahan mood setiap saat dan keputihan. Kedua, gangguan yang dipengaruhi faktor anatomi. Sedangkan gangguan kesehatan haid yang disebabkan oleh faktor anatomi biasanya berupa nyeri haid dan juga pegal-pegal pada tubuh saat me [...]

Statin Dapat Mencegah Glaukoma

Statin Dapat Mencegah Glaukoma

Berdasarkan sebuah studi terbaru, konsumsi obat anti kolesterol yang disebut statin dapat menurunkan risiko berkembangnya glaukoma sebanyak 8%. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Ophthalmology bulan Oktober 2012 berdasarkan klaim yang dibuat oleh 300,000 pasien dengan kolesterol tinggi yang mengkonsumsi statin selama minimal 2 tahun. Peneliti Dr. Joshua Stein mengatakan bahwa statin dapat memperbaiki aliran darah ke struktur dan jaringan pada mata, termasuk saraf mata, dan mengurangi tekanan dalam mata. Stein merupakan asisten profesor dalam bidang oftalmologi di Kellogg Eye Center, University of Michigan. Namun, beliau mengingatkan bahwa hubungan tersebut baru terlihat pada pasien-pasien yang didiagnosis memiliki kadar kolesterol darah yang tinggi, dan tidak diketahui apakah statin memiliki efek mengurangi risiko glaukoma pada pasien dengan kadar kolesterol yang normal. ?Walaupun terlihat menjanjikan, kami ingin memastikan temuan ini sebelum kami dapat menyarankan dokter untuk mengubah tatalaksana pasien dengan glaukoma,? ujar Stein. ?Statin diketahui sebagai obat yang relatif aman, namun terdapat beberapa efek samping yang diasosiasikan dengan penggunaannya, dan kita perlu me [...]

Tujuh Penyebab Telinga Gatal yang Bisa Berbahaya

Tujuh Penyebab Telinga Gatal yang Bisa Berbahaya

Walau berukuran kecil, tapi telinga berperan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Oleh karena dipenuhi dengan serat saraf yang sensitif, maka jika terjadi sedikit gangguan saja, telinga bisa memberikan reaksi tertentu, salah satunya adalah timbulnya rasa gatal. Telinga gatal sering dianggap sebagai hal yang biasa. Padahal telinga gatal dapat menjadi tanda adanya kondisi lain yang lebih serius. Mengetahui berbagai kemungkinan penyebabnya dapat membuat Anda lebih siap menangani kondisi tersebut. Lima hal berikut adalah penyebab yang paling umum: Infeksi telinga (otitis eksterna) Otitis eksterna adalah infeksi pada saluran yang menghubungkan lubang telinga luar dengan gendang telinga. Kondisi ini disebut juga sebagai swimmer?s ear karena sering terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak yang menghabiskan banyak waktu dengan berenang. Air yang tersisa dalam saluran telinga dapat menjadi media perkembangbiakan bakteri. Selain gatal dan nyeri, infeksi juga dapat menyebabkan telinga merah dan telinga bengkak. Infeksi akibat kerusakan lapisan luar telinga dapat diakibatkan juga oleh luka garukan, gesekan oleh penggunaan headphones, atau cotton bud. Pada kasus tertentu, otitis ek [...]

10 Makanan untuk Rambut Sehat

10 Makanan untuk Rambut Sehat

Sama seperti bagian tubuh lainnya, sel-sel pada rambut juga bergantung pada diet yang seimbang. Dibandingkan dengan kulit, dibutuhkan waktu lebih lama bagi Anda untuk menyadari adanya perubahan pada rambut (baik atau buruk). Sebagai contoh adalah ketika Anda menjalani diet yang buruk dan kurang nutrisi, dibutuhkan waktu setidaknya beberapa bulan hingga Anda menyadari bahwa ada perubahan pada rambut Anda. Jika Anda menjalani pola makan yang seimbang dan tinggi protein, maka rambut yang sehat akan segera Anda dapatkan. Berikut adalah 10 jenis makanan membuat rambut Anda menjadi sehat: Rambut Sehat dengan Pola Makan Beberapa makanan yang dapat membantu kesehatan rambut Anda: Salmon Selain kaya akan protein dan vitamin D (keduanya merupakan kunci untuk rambut yang sehat), salmon juga mengandung omega 3 yang tinggi. Tubuh Anda tidak dapat memproduksi asam lemak tersebut yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Pilihan lainnya: ikan sarden, tuna, alpukat dan labu Kacang walnut Kacang ini merupakan satu-satunya jenis kacang yang memiliki asam lemak omega 3 yang tinggi. Selain itu, walnut juga tinggi akan biotin dan vitamin E yang berfungsi melindungi sel d [...]

Mengapa Kita Gemar Membuat Foto Selfie?

Mengapa Kita Gemar Membuat Foto Selfie?

Tren fotografi dunia saat ini sedang dipenuhi oleh foto-foto ?selfie?. Kita dapat menemukan foto ?selfie? di foto profil smartphone, foto profil berbagai media sosial atau di koleksi foto berbagai akun sosial media. Sebagai kosakata terpopuler tahun 2013 versi Oxford Dictionary, ?selfie? sendiri diartikan sebagai suatu foto diri sendiri yang diambil oleh kamera digital, kamera smartphone atau webcam yang akan diunggah ke berbagai media sosial di dunia maya. Mengambil foto ?selfie? jaman sekarang menjadi semakin mudah karena adanya perkembangan dunia digital yang sangat pesat. Tren ini menjadi semakin mendunia dan terkenal bahkan di kalangan para pemimpin dunia. Sebenarnya, mengapa kita begitu terobsesi untuk mengambil foto ?selfie?? Apa yang sebenarnya terjadi dalam pikiran kita sehingga kita begitu tertarik untuk mengambil foto ?selfie? dan membagikannya di berbagai media sosial di dunia maya? Salah satu penjelasan datang dari Ahli Ilmu Saraf, James Kilner dari University College London. Menurutnya, dalam keseharian kita, kita sebenarnya lebih banyak memperhatikan dan menginterpretasikan wajah dan ekspresi wajah orang lain. Kita belajar mengenai ekspresi wajah dari orang lain dan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *