Lawan Morning Sickness Pada Awal Kehamilan

Lawan-Morning-Sickness-Pada-Awal-Kehamilan-Alodokter.jpg

Morning sickness adalah istilah kondisi mual dan muntah yang biasanya terjadi ketika masa awal kehamilan. Tidak hanya terjadi pada pagi hari, ibu hamil juga dapat mengalami morning sickness pada siang, malam, bahkan sepanjang hari.

Perubahan hormon pada trismester pertama kehamilan diduga merupakan salah satu penyebabnya. Beberapa pakar menduga bahwa ada kaitan antara hCG dengan terjadinya morning sickness. Human chorionic gonadoptrin (hCG) merupakan hormon yang terbentuk selama masa kehamilan. Hormon ini dihasilkan oleh janin kemudian oleh ari-ari. Hormon inilah yang menjaga kehamilan dan menjaga produksi hormon kehamilan lainnya, yaitu progesteron, tetap stabil.

Penyebab lainnya adalah kemampuan indera penciuman wanita hamil yang meningkat secara signifikan. Hal ini membuat ibu hamil sensitif terhadap bau dan kondisi ini dapat memicu rasa mual. Sebenarnya, gejala mual dan muntah dapat menjadi cara ibu hamil melindungi dirinya dan janin dari keracunan makanan. Kadar zat racun diduga mempengaruhi rasa dan bau makanan. Faktor-faktor inilah yang berpotensi membuat ibu hamil mual dan muntah supaya bayi tidak menyerap makanan tersebut.

Jika morning sickness yang Anda alami masih tergolong normal dan bukan termasuk hiperemesis gravidarum, Anda dapat menanganinya sendiri di rumah. Kuncinya adalah jangan membiarkan morning sickness menurunkan kualitas hidup Anda. Beberapa cara berikut dapat membantu melawan mual dan muntah.

  • Beristirahat dengan cukup karena kelelahan dapat memperparah morning sickness. Ketika sudah bangun, jangan terburu-buru untuk bangkit dari tempat tidur.
  • Ketika bangun tidur di pagi hari, bahkan sebelum beranjak dari tempat tidur, langsung makan sedikit roti kering. Lakukan juga ketika terbangun pada malam hari.
  • Minum air putih yang cukup. Minumlah secara perlahan-lahan agar tidak mual.
  • Minumlah minuman yang hangat, jangan yang dingin atau dengan rasa serta aroma yang terlalu tajam.
  • Sebaiknya jangan memakan makanan yang panas karena baunya akan lebih tercium dibanding ketika makanannya sudah lebih dingin.
  • Pilihlah makanan yang tinggi kandungan protein dan karbohidrat serta mudah dicerna, misalnya keju, cracker, susu dan yogurt, selai kacang, atau apel.
  • Hindari makanan yang berlemak atau berminyak, dan pedas.
  • Sebaiknya makan dengan porsi sedikit tetapi sering daripada porsi besar sekaligus. Ibu hamil dapat mengonsumsi kudapan setiap 1-2 jam setiap harinya.
  • Konsumsilah jahe atau produk berbahan dasar jahe seperti minuman jahe atau permen jahe untuk mengurangi rasa mual.
  • Hindari makanan atau bau-bauan yang dapat memicu rasa mual.
  • Hiruplah udara segar. Ibu hamil dapat berjalan-jalan di luar rumah pada pagi hari atau sore hari untuk mendapat udara segar. Jangan lupa untuk membuka jendela agar sirkulasi udara di dalam rumah baik.
  • Menjauhlah dari asap rokok. Sebisa mungkin jangan ada anggota keluarga yang merokok di dalam rumah. Ibu hamil juga tidak boleh merokok.
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 seperti gandum utuh, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  • Konsumsi suplemen seperti vitamin B6 dengan pengawasan dokter.
  • Jangan terlalu memikirkan morning sickness. Alihkanlah perhatian Anda pada aktivitas ringan yang menyenangkan.

Seiring pertambahan usia janin, gejala morning sickness dapat membaik. Bahkan gejala dapat hilang ketika kandungan berusia 12 minggu. Namun, ada juga wanita dengan morning sickness yang lebih lama atau lebih parah. Sebagian wanita dapat mengalami morning sickness yang lebih lama dari tiga bulan. Dan, walaupun jarang, ada yang mengalaminya hingga usia kehamilan lebih dari lima bulan. Sementara itu, ada pula kasus morning sickness yang parah atau disebut hiperemesis gravidarum (HG).

Ibu hamil yang mengalami HG tidak dapat memasukkan makanan dan minuman karena muntah terlalu sering dan berkepanjangan. Pada beberapa wanita, muntah dapat terjadi lebih dari lima puluh kali dalam sehari. Di samping itu, gejala morning sickness pada penderita HG dapat berlanjut hingga melahirkan. Penderita HG berisiko mengalami penurunan berat badan dan dehidrasi yang berbahaya bagi keselamatan ibu dan janin. Oleh karena itu, kondisi HG memerlukan pertolongan medis yang serius.

Jika cara di atas tidak meringankan gejala morning sickness, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter. Terlebih, jika berat badan menurun lebih dari satu kilogram, mual dan muntah terus berlanjut hingga bulan keempat, muntah lebih dari tiga kali sehari, atau muntah darah.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sering Pusing & Sakit Kepala? Bisa Jadi Tekanan Darah Tinggi!

Sering Pusing & Sakit Kepala? Bisa Jadi Tekanan Darah Tinggi!

Tahukah Anda, mereka yang lebih banyak mengidap pikun atau demensia di usia lanjut adalah kaum wanita, mengapa demikian? Apakah otak kaum pria sedemikian hebatnya sehingga mereka tidak menjadi pikun? Ternyata bukan itu jawabannya, kaum pria kebanyakan meninggal lebih dulu sebelum mereka menjadi pikun, sebab kematian tertinggi pada pria antara lain karena penyakit jantung koroner, stroke, dan sebagainya. Kalau Anda ingin berumur panjang dan menggendong cucu, maka sudah harus mulai perhatikan bagaimana Anda menghidupi hari-hari dimana Anda sudah tidak muda lagi, jangan acuh tak acuh dan makan makanan apapun yang Anda mau, ingatlah bahwa lezatnya makanan hanya sejauh lidah, setelah itu Anda tidak merasakan dampak buruknya saat dicerna lebih jauh. Salah satu masalah tersering adalah hipertensi atau tekanan darah yang tinggi. Kalau Anda sering merasakan pusing atau kepala terasa sakit, mungkin Anda pengidap hipertensi. Tekanan darah normal manusia berkisar di 120/80 mmHg, ketika angka ini menginjak 140/90 mmHg atau lebih, Anda dikatakan menderita hipertensi. Bagaimana mengatasinya? Berikut penjelasannya: 1. Minum obat secara teratur Obat penurun tekanan darah beker [...]

Ini yang Perlu Diwaspadai Jika Anda Terus Cegukan atau Kedutan

Ini yang Perlu Diwaspadai Jika Anda Terus Cegukan atau Kedutan

Kram, mata berkedut atau cegukan merupakan reaksi pada tubuh yang pernah dialami hampir setiap orang dan umumnya dianggap tidak berbahaya. Tapi bukan berarti bisa diabaikan jika terjadi terus menerus dan cukup sering. Bisa jadi itu adalah sinyal yang coba disampaikan tubuh tentang kondisi kesehatan Anda. Berikut ini uraiannya, seperti dikutip dari Oprah.1. Kram Pada KakiBerjalan seharian menggunakan high heels atau sepatu yang tidak nyaman bisa menyebabkan ketegangan pada otot betis, yang bisa membuat kram bahkan kejang beberapa jam kemudian. Kemungkinan lainnya, kram juga bisa terjadi apabila terjadi ketidakseimbangan elektrolit pada cairan tubuh alias dehidrasi.Untuk mencegah kram, gunakan sepatu yang nyaman, cukupi asupan cairan dan lakukan diet kaya elektrolit seperti makanan mengandung kalsium, potassium dan magnesium. Sementara untuk menyembuhkan kram, duduklah di lantai dengan kaki lurur ke depan. Bungkukkan badan lalu raih telapak kaki menggunakan tangan. Cara ini akan merenggangkan otot betis dan kaki.Anda perlu periksa ke dokter apabila terus menerus merasakan kram pada kaki hingga satu minggu, atau sampai mengganggu jam tidur. Ada kemungkinan terjadi ketidakseimbangan [...]

Cuci Tangan, Cara Mudah Cegah Ebola

Cuci Tangan, Cara Mudah Cegah Ebola

Ebola, penyakit yang menjadi wabah mematikan di dunia saat ini dapat dicegah penularannya dengan cara sederhana yaitu mencuci tangan. Penyakit ini mudah sekali menyebar bahkan hanya melalui sentuhan. Seperti yang dilansir oleh World Health Organization bulan lalu, virus bersumber dari hewan-hewan terinfeksi: simpanse, gorila, kelelawar buah, monyet, dan lain sebagainya. Virus kemudian berpindah antar manusia melalui kontak langsung antara kulit yang terluka atau membran mukosa dengan cairan tubuh seperti darah, hasil sekresi, organ-organ, atau cairan tubuh lainnya, dan melalui kontak dengan benda yang terkena cairan tersebut, misalnya, selimut atau tempat tidur. Untuk menghindari penyebaran antar manusia, cuci tangan dengan sabun setelah berkegiatan apa pun, sebagai langkah mudah untuk melindungi diri dan lingkungan sekitar Anda. Dr. Layla McCay, Direktur Sekretariat dari Global Public Private Partnership for Handwashing, mengatakan, ?Perlindungan dilakukan dengan cara mencuci kuman penyebab infeksi di tangan Anda sebelum mikroorganisme tersebut menginfeksi, dan menyentuh benda tanpa sadar yang dapat membantu menyebarkan kuman penyakit ini kepada orang lain.? Jadi bagaimana cara m [...]

5 Penyakit Fisik & Mental yang Disebabkan Stres Berkepanjangan

5 Penyakit Fisik & Mental yang Disebabkan Stres Berkepanjangan

Stres bisa berdampak buruk terhadap kesehatan mental juga fisik. Hampir semua orang sudah tahu hal itu. Namun mungkin banyak yang belum tahu kondisi kesehatan apa yang akan terganggu apabila stres dibiarkan berkepanjangan. Seperti dikutip dari Fit Sugar, ini berbagai penyakit dan gangguan kesehatan yang bisa dialami akibat stres akut.1. Sering SakitJika Anda terus-terusan mudah sakit, ada kemungkinan stres yang jadi penyebabnya. Para ilmuwan telah banyak melakukan penelitian untuk melihat adanya hubungan antara stres akut dan tingkat daya tahan tubuh. Beberapa studi menunjukkan bahwa beberapa hormon stres yang dikeluarkan tubuh bisa memengaruhi kemampuan kelenjar thymus untuk menstimulasi dan mengatur aktivitas sel darah putih. Terganggunya aktivitas ini di dalam sel tubuh, berakibat menurunnya daya tahan tubuh untuk melawan penyakit.2. Penyakit JantungSebuah penelitian di Belanda yang memeriksa level hormon cortisol pada orang tua menemukan, stres secara signifikan meningkatkan risiko seseorang mengidap penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular seperti tersumbatnya pembuluh darah atau jantung.3. ObesitasPenderita stres kronis cenderung mengonsumsi makanan tidak sehat untu [...]

Ini Cara yang Benar Menyeduh Teh agar Rasanya Lebih Nikmat

Ini Cara yang Benar Menyeduh Teh agar Rasanya Lebih Nikmat

Teh berkualitas tinggi umumnya punya rasa yang lebih nikmat daripada teh kualitas standard. Tapi sebaik apapun mutu teh, kenikmatannya jadi kurang maksimal apabila tidak tepat penyeduhannya.Menyeduh teh pun ada aturannya agar aroma dan rasanya tetap terjaga. Bukan sekadar mencampur daun teh kering ke dalam air panas, diaduk kemudian diminum. Ratna Somantri, yang telah mendalami dunia teh selama 10 tahun memberi tips bagaimana cara menyeduh teh yang benar.1. Pertama, perhatikan kualitas air. Menurut Ratna air adalah faktor yang sangat penting dalam menyeduh teh. Disarankan menggunakan air dalam kemasan atau yang sudah disterilkan. "Jangan pernah pakai air ledeng karena baunya akan terus menempel di tehnya. Sebaiknya pakai air yang tidak berbau dan berasa," ujar Ratna dalam acara 'A Guilt Free Session with Oolong Tea' yang diadakan Suntory Garuda di Cafe Aria, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.2. Perhatikan suhu air. Jangan menyeduh teh dengan air yang masih mendidih. Ratna mengatakan, tidak semua jenis teh bisa diseduh dengan air mendidih. Teh oolong atau teh hijau misalnya, kualitasnya bisa rusak bila diseduh dengan suhu air yang sangat panas. "Teh hijau bisa jadi pahit. Air me [...]

Stres Sebabkan Alergi

Stres Sebabkan Alergi

Inilah alasan mengapa penderita alergi harus tetap tenang: ?Stres ternyata berkaitan dengan timbulnya alergi.? Sebuah studi yang dipublikasi dalam the Journal Annals of Allergy, Asthma & Immunology, menunjukkan ada hubungan antara stres dengan timbulnya alergi. Gejala seperti bersin, hidung meler dan mata yang berair dapat meningkatkan stres pada penderita alergi namun ternyata stres ini justru akan memperberat gejala menurut peneliti dari The Nationwide Children?s Hospital and The Ohio Sate University. Studi ini meliputi 179 orang yang mengisi questioner saat gejala stres dan depresi muncul yang bertahan hingga 12 minggu. Para peserta ini juga mencatat tulisan mengenai jenis alergi yang mereka derita serta pada penelitian ini diambil juga sampel ludah untuk menghitung kadar hormon kortisol. Sebanyak 69 peserta melaporkan bahwa gejala alergi mereka meningkat selama studi. Kadar dari hormon kortisol ternyata tidak berhubungan dengan alergi. Namun jelas pada penelitian ini dibuktikan bahwa pada penderita dengan keadaan stres yang tinggi 64% diantara mereka timbul gejala alergi. Jadi, sangat disarankan kita harus lihai mengelola diri untuk dapat mengatasi tekanan yang dialami a [...]

Gula Darah Turun sesudah Olahraga pada Diabetes: Bahayakah?

Gula Darah Turun sesudah Olahraga pada Diabetes: Bahayakah?

Oleh: dr. Sophia B. Hage Pada orang dengan kencing manis atau diabetes melitus, penurunan kadar gula darah (hipoglikemia) merupakan masalah yang paling umum dihadapi ketika memulai latihan fisik. Hal ini biasanya merupakan perhatian khusus bagi seseorang yang mengkonsumsi obat penurun gula darah atau insulin. Hipoglikemia, yang didefinisikan sebagai kadar gula darah <70 mg/dl, bersifat sangat relatif. Pada kasus dimana terjadi penurunan kadar gula secara tiba-tiba akibat olahraga, seseorang dapat menunjukkan gejala hipoglikemia meskipun kadar gula darahnya tidak rendah. Gejala yang umum terjadi saat hipoglikemia adalah: Gemetar Rasa lemah Berkeringat secara abnormal Gelisah, cemas Rasa kesemutan di mulut dan jari-jari Rasa lapar Gejala pada sistem saraf dapat meliputi sakit kepala, gangguan penglihatan, kebingungan, amnesia, kejang, bahkan sampai kehilangan kesadaran. Oleh sebab itu, hal-hal yang harus diperhatikan bagi seseorang dengan diabetes yang ingin memulai olahraga untuk meminimalisasi risiko hipoglikemia adalah: Memantau kadar gula darah sebelum dan sesudah latihan fisik, khususnya saat ia baru akan memulai atau memodifikasi program latihan fisik yang [...]

Sehatkah Bubble Tea?

Sehatkah Bubble Tea?

Saat ini jika Anda pergi ke pusat-pusat perbelanjaan pasti Anda dengan mudahnya menemukan bubble tea. Bubble tea, dengan paduan teh dan bola-bola kenyal memang menghasilkan rasa yang enak dan menyegarkan serta disukai semua kalangan usia. Namun demikian, tahukah Anda manfaat ataupun potensi ancaman kesehatan yang ditimbulkan dari bubble tea? Oleh karena itu ada baiknya ketahui dulu serba-serbi bubble tea sebelum Anda mencobanya. Kandungan gizi bubble tea Bubble tea original umumnya terdiri dari teh hitam atau teh hijau yang dicampur dengan susu, gula serta bola-bola kenyal dari tapioka dan biasanya disajikan dengan es. Selain itu ada juga varian lainnya seperti bubble tea rasa buah-buahan, sirup berperisa ataupun buah-buahan segar yang ditambahkan langsung ke dalam teh nya. Sebetulnya konsumsi segelas teh hitam atau teh hijau setiap hari nya dapat bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung sumber antioksidan yang disebut dengan polifenol. Polifenol sendiri dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, anti peradangan dan anti carcinogen. Sehatkah bubble tea? Berikut penjelasannya: Sehatkah bubble tea? Berikut penjelasannya: Konsumsi teh [...]

Tak Sekadar Usir Bosan, Ini Manfaat Mewarnai untuk Orang Dewasa

Tak Sekadar Usir Bosan, Ini Manfaat Mewarnai untuk Orang Dewasa

Mewarnai buku gambar dipercaya bisa membantu menghilangkan kejenuhan hingga meredakan stres. Setidaknya itu yang diakui para orang dewasa yang menjadikan aktivitas ini sebagai hobi barunya.Seperti pengalaman Amelia Ayu Kinanti, seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta. Kepada Wolipop, wanita 30 tahun ini merasa lebih relaks ketika mewarnai buku bergambar."Kalau lagi kebanyakan kerjaan kan otak mumet, jadi berhenti dulu buat mewarnai buku. Jadinya relaks, nggak kaku, nggak mumet. Pikiran jadi jernih," ujar wanita yang biasa disapa Ayu ini ketika berbincang dengan Wolipop lewat telepon, Selasa (29/9/2015).Tidak hanya untuk relaksasi, mewarnai buku gambar juga dipercaya melatih kemampuan motorik dan otak agar bisa lebih fokus. Benarkah demikian? Ini pendapat sejumlah ahli.Di awal tahun '90-an, para dokter telah mempelajari efek mewarnai bagi kesehatan mental. Psikiater Carl Jung seperti dikutip dari Fox News kerap memberikan terapi mewarnai untuk menenangkan dan membuat pikiran para pasiennya lebih terfokus. Sekarang ini, teknik Carl masih direkomendasikan oleh para dokter untuk mengatasi kegelisahan. Aktivitas mewarnai juga bisa mengurasi rasa takut dan cemas. Psikolog Dr. Ben [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *