Lawan Morning Sickness Pada Awal Kehamilan

Lawan-Morning-Sickness-Pada-Awal-Kehamilan-Alodokter.jpg

Morning sickness adalah istilah kondisi mual dan muntah yang biasanya terjadi ketika masa awal kehamilan. Tidak hanya terjadi pada pagi hari, ibu hamil juga dapat mengalami morning sickness pada siang, malam, bahkan sepanjang hari.

Perubahan hormon pada trismester pertama kehamilan diduga merupakan salah satu penyebabnya. Beberapa pakar menduga bahwa ada kaitan antara hCG dengan terjadinya morning sickness. Human chorionic gonadoptrin (hCG) merupakan hormon yang terbentuk selama masa kehamilan. Hormon ini dihasilkan oleh janin kemudian oleh ari-ari. Hormon inilah yang menjaga kehamilan dan menjaga produksi hormon kehamilan lainnya, yaitu progesteron, tetap stabil.

Penyebab lainnya adalah kemampuan indera penciuman wanita hamil yang meningkat secara signifikan. Hal ini membuat ibu hamil sensitif terhadap bau dan kondisi ini dapat memicu rasa mual. Sebenarnya, gejala mual dan muntah dapat menjadi cara ibu hamil melindungi dirinya dan janin dari keracunan makanan. Kadar zat racun diduga mempengaruhi rasa dan bau makanan. Faktor-faktor inilah yang berpotensi membuat ibu hamil mual dan muntah supaya bayi tidak menyerap makanan tersebut.

Jika morning sickness yang Anda alami masih tergolong normal dan bukan termasuk hiperemesis gravidarum, Anda dapat menanganinya sendiri di rumah. Kuncinya adalah jangan membiarkan morning sickness menurunkan kualitas hidup Anda. Beberapa cara berikut dapat membantu melawan mual dan muntah.

  • Beristirahat dengan cukup karena kelelahan dapat memperparah morning sickness. Ketika sudah bangun, jangan terburu-buru untuk bangkit dari tempat tidur.
  • Ketika bangun tidur di pagi hari, bahkan sebelum beranjak dari tempat tidur, langsung makan sedikit roti kering. Lakukan juga ketika terbangun pada malam hari.
  • Minum air putih yang cukup. Minumlah secara perlahan-lahan agar tidak mual.
  • Minumlah minuman yang hangat, jangan yang dingin atau dengan rasa serta aroma yang terlalu tajam.
  • Sebaiknya jangan memakan makanan yang panas karena baunya akan lebih tercium dibanding ketika makanannya sudah lebih dingin.
  • Pilihlah makanan yang tinggi kandungan protein dan karbohidrat serta mudah dicerna, misalnya keju, cracker, susu dan yogurt, selai kacang, atau apel.
  • Hindari makanan yang berlemak atau berminyak, dan pedas.
  • Sebaiknya makan dengan porsi sedikit tetapi sering daripada porsi besar sekaligus. Ibu hamil dapat mengonsumsi kudapan setiap 1-2 jam setiap harinya.
  • Konsumsilah jahe atau produk berbahan dasar jahe seperti minuman jahe atau permen jahe untuk mengurangi rasa mual.
  • Hindari makanan atau bau-bauan yang dapat memicu rasa mual.
  • Hiruplah udara segar. Ibu hamil dapat berjalan-jalan di luar rumah pada pagi hari atau sore hari untuk mendapat udara segar. Jangan lupa untuk membuka jendela agar sirkulasi udara di dalam rumah baik.
  • Menjauhlah dari asap rokok. Sebisa mungkin jangan ada anggota keluarga yang merokok di dalam rumah. Ibu hamil juga tidak boleh merokok.
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 seperti gandum utuh, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  • Konsumsi suplemen seperti vitamin B6 dengan pengawasan dokter.
  • Jangan terlalu memikirkan morning sickness. Alihkanlah perhatian Anda pada aktivitas ringan yang menyenangkan.

Seiring pertambahan usia janin, gejala morning sickness dapat membaik. Bahkan gejala dapat hilang ketika kandungan berusia 12 minggu. Namun, ada juga wanita dengan morning sickness yang lebih lama atau lebih parah. Sebagian wanita dapat mengalami morning sickness yang lebih lama dari tiga bulan. Dan, walaupun jarang, ada yang mengalaminya hingga usia kehamilan lebih dari lima bulan. Sementara itu, ada pula kasus morning sickness yang parah atau disebut hiperemesis gravidarum (HG).

Ibu hamil yang mengalami HG tidak dapat memasukkan makanan dan minuman karena muntah terlalu sering dan berkepanjangan. Pada beberapa wanita, muntah dapat terjadi lebih dari lima puluh kali dalam sehari. Di samping itu, gejala morning sickness pada penderita HG dapat berlanjut hingga melahirkan. Penderita HG berisiko mengalami penurunan berat badan dan dehidrasi yang berbahaya bagi keselamatan ibu dan janin. Oleh karena itu, kondisi HG memerlukan pertolongan medis yang serius.

Jika cara di atas tidak meringankan gejala morning sickness, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter. Terlebih, jika berat badan menurun lebih dari satu kilogram, mual dan muntah terus berlanjut hingga bulan keempat, muntah lebih dari tiga kali sehari, atau muntah darah.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengganti Cairan Tubuh yang Hilang Saat Olahraga

Mengganti Cairan Tubuh yang Hilang Saat Olahraga

Oleh: dr. Sophia B. Hage Air dalam tubuh terdistribusi secara intrasel (terletak di dalam sel) dan ekstrasel (terletak di luar sel). Cairan ekstrasel terbagi atas cairan interstisial (cairan jaringan, antar sel) dan cairan intravaskuler (cairan di dalam pembuluh darah, yaitu plasma darah). Ketika berolahraga cairan yang akan hilang adalah cairan ekstrasel. Cairan ini sifatnya sangat penting bagi tubuh karena beberapa hal, yaitu mempertahankan suhu tubuh, membantu lubrikasi sendi sehingga memungkinkan sendi bergerak dengan bebas, dan fungsi tubuh normal lainnya. Apabila Anda kekurangan cairan atau dehidrasi saat berolahraga, maka gejala yang timbul seringkali berupa rasa haus dan mulut kering. Selain itu Anda juga dapat merasa lemas dan lelah, pusing serta mual, sehingga sulit melakukan kegiatan olahraga dengan optimal. Biasanya sebelum haus, jarang sekali kita merasakan kekurangan cairan (dehidrasi). Padahal ketika timbul rasa haus dan mulut kering, sebenarnya kita sudah dehidrasi. Persen cairan tubuh yang hilang tentunya tergantung oleh berat latihan atau intensitas aktifitas fisik yang dilakukan dan juga oleh durasi latihan/aktifitas fisik. Apabila hanya melakukan aktifitas sehar [...]

Obat Anti Nyeri sebelum Olahraga: Baik atau Buruk?

Obat Anti Nyeri sebelum Olahraga: Baik atau Buruk?

Oleh: dr. Sophia B. Hage Mengkonsumsi obat anti nyeri atau painkillers seperti ibuprofen untuk mencegah nyeri setelah olahraga bukan hal yang asing bagi populasi atlet. Bahkan beberapa atlet berpikir bahwa hal ini dapat meningkatkan performa saat berolahraga karena menghilangkan nyeri. Akan tetapi, tindakan ini justru dapat menimbulkan bahaya menurut penelitian baru yang diterbitkan di Medicine & Science in Sports & Exercise. Penelitian yang dilakukan di Belanda oleh dr. Kim van Wijck, seorang residen bedah di ORBIS Medical Center, Masstricht, mempertanyakan penggunaan obat anti inflamasi ibuprofen sebelum dan sesudah olahraga. Hasilnya menunjukkan bahwa ibuprofen justru menimbulkan cedera setelah olahraga di usus halus pada laki-laki sehat yang terlatih dalam melakukan olahraga endurance. Dalam penelitian ini, van Wijck mengevaluasi 9 laki-laki sehat yang aktif berolahraga dengan usia rata-rata 27 tahun. Para subyek penelitian menghabiskan waktu 3 hingga 10 jam per minggu melakukan olahraga endurance. Van Wijck sebelumnya telah melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga mempunyai efek menurunkan aliran darah ke sistem pencernaan. Selain itu, obat anti inflamasi [...]

Awas! Makan Junk Food Berlebihan Bisa Sebabkan Gangguan Mental

Awas! Makan Junk Food Berlebihan Bisa Sebabkan Gangguan Mental

Berhati-hatilah jika Anda hobi atau sering makan junk food. Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat, bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental.Selain membuat tubuh menjadi gemuk, makanan ini juga dapat merusak otak Anda. Junk food bisa memengaruhi hormon, terutama neurotransmitter dalam otak yang menyebabkan gangguan mental. Berikut dampak buruk lainnya yang disebabkan oleh konsumsi junk food yang berlebihan, seperti dilansir dari Bold Sky.1. Gangguan MentalKandungan junk food sebagian besar berasal dari lemak jenuh yang akan mempengaruhi neurotransmitter pada otak. Seseorang yang sering mengonsumsi lemak jenuh bisa menderita gangguan mental, seperti depresi dan Alzheimer. Hal itu karena Anda tidak mendapatkan sejumlah vitamin dan mineral dari junk food yang seharusnya ada di dalam makanan alami. Makanan ini juga berdampak pada hormon dan pengaliran darah ke otak yang menyebabkan kerusakan mental.2. Masalah PsikologisJunk food bisa menyebabkan masalah fisik dan perubahan fungsi otak. Anda akan menderita masalah psikologis jika kecanduan junk food, seperti terlalu emosional atau terlihat 'kaku' pada lingkungan sekitar. Cara mengatasi masalah psikologis ini [...]

Fakta Menarik Tentang Kentut

Fakta Menarik Tentang Kentut

Kenapa kita kentut? Kenapa kentut bau? Terkadang kentut merupakan hal yang memalukan namun kentut merupakan suatu fungsi tubuh yang normal. Nah, berikut terlampir beberapa fakta mengenai kentut. 1. Apa itu kentut? Kentut disebabkan oleh adanya udara yang terperangkap. Udara ini bisa datang darimana saja, bisa karena udara yang masuk ke tubuh kita saat kita makan ataupun minum. Udara yang terbentuk juga bisa terjadi akbibat gas yang diproduksi dari reaksi kimia atau metabolisme bakteri yang tinggal di usus kita. Sebuah kentut yang normal mengandung: 59% Nitrogen 21% Hidrogen 9% karbondioksida 7% metane, dan 4% Oksigen. Hanya sekitar 1% dari kandungan kentut mengandung hIdrogen sulfida dan mercaptans, yang mengandung sulfur, dimana kandungan sulfur lah yang membuat kentut dapat kurang sedap. 2. Kenapa Kentut Bau? Semakin banyak kita mengkonsumsi makanan yang mengandung sulfur maka semakin bau kentut Anda. Beberapa makanan yang mengandung kadar sulfur yang tinggi diantaranya adalah: kacang-kacangan, keju, soda, kubis dan telur. Kenapa Kentut Bisa Berbunyi? Kentut dapat berbunyi karena getaran saat melewati rektum. Kerasnya suara kentut tergantung d [...]

Kelola Marah Agar Penyakit Tidak Datang

Kelola Marah Agar Penyakit Tidak Datang

Marah merupakan emosi normal yang ada pada diri manusia. Namun, dianjurkan agar rasa marah dapat dikelola agar tidak memengaruhi kesehatan. Marah adalah perasaan yang bisa terjadi ketika Anda merasa frustasi, sakit hati, kesal, atau kecewa karena suatu hal. Cara Anda menyikapi kemarahan dapat membantu atau bisa juga menyakiti Anda. Jika kita memiliki cara yang tepat dalam mengenali dan mengekspresikan marah, kondisi ini bisa membantu menangani keadaan darurat, mempertahankan hubungan yang baik, atau bahkan memecahkan masalah. Namun jika dibiarkan begitu saja, marah bisa membuat Anda terserang berbagai penyakit. Marah dan Kesehatan Ketika marah, sistem saraf memicu berbagai reaksi biologis seperti melepaskan hormon adrenalin yang membuat jantung berdetak lebih cepat, napas seperti memburu, dan muncul keringat berlebih. Selain itu, kadar hormon kortisol (hormon stres) dan tekanan darah pun meningkat, pupil mata membesar, dan mungkin mengalami sakit kepala secara tiba-tiba. Hal tersebut memungkinkan kita bereaksi dengan cepat, tetapi bisa juga membuat kita tidak berpikir lurus dan melakukan sesuatu yang mungkin akan disesali di kemudian hari. Marah yang teramat sangat dan tidak diat [...]

Remaja Penderita Kanker Usus Ini Berhasil Kumpulkan Rp 19 M untuk Amal

Remaja Penderita Kanker Usus Ini Berhasil Kumpulkan Rp 19 M untuk Amal

Stephen Sutton dikenal sebagai remaja yang tidak pantang menyerah meskipun kini menderita kanker usus dan sudah tahap kritis. Melalui blognya, Stephen menulis berbagai pengalaman menarik dan berhasil mengumpulkan uang Rp 19 miliar untuk amal.Stephen didiagnosa menderita kanker usus saat usianya 15 tahun. Sejak saat itu ia memutuskan mengumpulkan dana untuk disumbangkan pada Teenage Cancer Trust. Remaja yang kini berusia 19 tahun itu mengumpulkan dana dengan menuliskan berbagai kisahnya di Facebook dan blog stephensstory. Di blognya tersebut tertulis daftar hal yang ingin dilakukan Stephen sebelum dia meninggal. Tulisan tersebut dibuatnya selain untuk mencari dana amal untuk sesama penderita kanker, juga untuk memotivasi orang lain menikmati hidup seperti dirinya.Dari tulisannya tersebut terlihat Stephen cukup aktif. Meski menderita kanker yang hingga kini belum dapat disembuhkan, dia telah melakukan banyak hal menarik seperti bermain drum di depan 90 ribu orang, memeluk gajah dan mentato tubuhnya.Tulisan-tulisan Stephen tersebut menggerakkan banyak orang untuk beramal. Sampai saat ini pria berkacamata itu berhasil mengumpulkan 1 juta poundsterling atau sekitar Rp 19 miliar.Kini [...]

6 Manfaat Positif Makan Bersama Keluarga

6 Manfaat Positif Makan Bersama Keluarga

Memasuki bulan Juni 2014 ini, tahukah Anda bahwa kita akan merayakan Hari Keluarga Nasional? Dalam beberapa tahun terakhir peringatan Hari Keluarga Nasional ini diharapkan agar setiap keluarga mampu memaknainya secara positif sehingga merasa akan manfaatnya untuk kepentingan keluarga mereka. Salah satu cara kegiatan sederhana yang bisa di lakukan di rumah untuk meningkatkan hubungan dengan keluarga adalah dengan meluangkan waktu untuk makan bersama keluarga. Banyak dampak positif yang dapat diambil dari kegiatan ini, antara lain: 1. Mempererat hubungan antara anggota keluarga Makan bersama dapat mempererat hubungan keluarga dengan komunikasi yang baik antara anggota keluarga. Topik pembukanya bisa dengan menanyakan kegiatan anak hari ini, menanyakan kegiatan yang sedang diminati oleh anak. Karena hubungan yang dibina dengan baik di dalam keluarga menjadi pondasi semua aspek. Termasuk kesehatan diantaranya. Sehat itu bukan milik pribadi namun adalah hak setiap orang dan seluruh usia dan bermula di dalam keluarga. Jika seseorang hidup dan tinggal di dalam keluarga yang sehat, maka orang tersebut cenderung akan menerapkan pola hidup sehatdan akan kembali membentuk keluarga yang sehat. [...]

5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Hilangkan Bulu dengan Waxing

5 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Hilangkan Bulu dengan Waxing

Waxing merupakan metode penghilangan rambut tubuh yang cukup populer di samping shaving. Metode ini mampu mengangkat rambut-rambut halus hingga ke akarnya sehingga kulit tampak bersih, mulus dan tidak cepat tumbuh kembali.Melakukan waxing, terutama bikini wax sebaiknya tidak dilakukan sembarangan dan harus dengan terapis profesional di tempat perawatan khusus. Hal ini untuk mencegah kulit terkena infeksi karena peralatan yang tidak higienis. Selain itu perawatan sebelum waxing ternyata juga tak kalah penting. Lainey Everett, terapis kecantikan dari Charles Worthington, salon ternama di Inggris memaparkan perawatan yang harus dilakukan sebelum waxing seperti dikutip dari Daily Mail.1. Eksfoliasi KulitLakukan pengelupasan kulit ringan sebelum waxing. Gunakan produk berformula lembut yang tidak mengiritasi kulit, misalnya menggunakan krim scrub dengan butiran halus. Mengelupas kulit akan membuat rambut yang terperangkap di bawah sel kulit mati lebih mudah terangkat ketika di-wax.Semakin tipis lapisan kulit mati, akan lebih mudah lilin wax terangkat dari kulit dan hasilnya pun lebih bersih. Anda juga tidak terlalu merasakan sakit ketika lilin wax dilepas. Setelah waxing, tetap lakuk [...]

4 Cara Minum Obat yang Aman

4 Cara Minum Obat yang Aman

Obat dapat menyembuhkan, namun juga bisa menjadi racun bila tidak digunakan secara tepat. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi obat, harus diketahui sifat dan cara pemakaiannya. Informasi tentang obat, terutama obat bebas, dapat diperoleh dari brosur yang menyertai obat tersebut. Jika Anda sembarangan menggunakan obat tanpa membaca petunjuk, tentu hal itu akan berakibat fatal bagi kesehatan. Misalnya, Parasetamol (obat bebas) bila diminum dengan dosis tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati. Halaman berikut ini adalah kiat-kiat untuk pemakaian obat yang aman: 4 Cara Minum Obat yang Aman Kenali & Teliti Obat Ketika hendak membeli obat, pertimbangkan bentuk sediaannya (tablet, sirup, kapsul, krim, dll) dan pastikan bahwa kemasan tidak rusak. Lihatlah dengan teliti kemasan luar maupun kemasan dalam produk obat. Jangan mengambil obat yang menunjukkan adanya kerusakan walaupun kecil. Selain kemasan, perhatikan juga bentuk fisik sediaan. Untuk yang bentuk sirup, hal yang harus diperhatikan adalah warna dan kekentalannya. Pastikan tidak ada partikel-partikel kecil di bagian bawah botol atau mengapung dalam sirup. Pada tablet, bentuk harus benar-benar utuh dan [...]

Mesin Bor Gigi Tanpa Rasa Sakit

Mesin Bor Gigi Tanpa Rasa Sakit

Sebuah hasil kerjasama penelitian para ahli di University of Missouri, Amerika Serikat dan perusahaan teknoligi medis, Nanova berhasil menciptakan ?Plasma Brush? untuk perawatan gigi berlubang tanpa rasa sakit. Mesin yang mampu membersihkan bagian gigi yang berlubang hanya dalam 30 detik dengan hanya memberikan sensasi rasa dingin bagi pasien, di beritakan di Dailymail Health akan segera diluncurkan ke pasaran dalam 2 tahun kedepan. Seringkali orang akan segan mendatangi dokter gigi untuk mengobati gigi berlubang mereka, diakibatkan rasa sakit dan ngilu yang dirasakan saat gigi bermasalah dibersihkan. Mesin Bor Gigi Tanpa Rasa Sakit Untuk itu mesin yang mampu membersihkan dengan cepat dan tanpa rasa sakit ini membawa harapan tersendiri tidak hanya pada para dokter gigi, namun juga kepada para pasien. Mesin yang diakui memberikan peran penting dalam 75% prosedur dalam kedokteran gigi ini telah terbukti keberhasilannya dalam membersihkan gigi dan memasang filling pada bagian yang berlubang lebih kuat dibandingkan teknik terkini yang ada saat ini. Diharapkan penelitian ini dapat segera menunjukkan bukti kuat dalam menunjukkan tidak adanya efek samping di kemudia [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *