Lawan Morning Sickness Pada Awal Kehamilan

Lawan-Morning-Sickness-Pada-Awal-Kehamilan-Alodokter.jpg

Morning sickness adalah istilah kondisi mual dan muntah yang biasanya terjadi ketika masa awal kehamilan. Tidak hanya terjadi pada pagi hari, ibu hamil juga dapat mengalami morning sickness pada siang, malam, bahkan sepanjang hari.

Perubahan hormon pada trismester pertama kehamilan diduga merupakan salah satu penyebabnya. Beberapa pakar menduga bahwa ada kaitan antara hCG dengan terjadinya morning sickness. Human chorionic gonadoptrin (hCG) merupakan hormon yang terbentuk selama masa kehamilan. Hormon ini dihasilkan oleh janin kemudian oleh ari-ari. Hormon inilah yang menjaga kehamilan dan menjaga produksi hormon kehamilan lainnya, yaitu progesteron, tetap stabil.

Penyebab lainnya adalah kemampuan indera penciuman wanita hamil yang meningkat secara signifikan. Hal ini membuat ibu hamil sensitif terhadap bau dan kondisi ini dapat memicu rasa mual. Sebenarnya, gejala mual dan muntah dapat menjadi cara ibu hamil melindungi dirinya dan janin dari keracunan makanan. Kadar zat racun diduga mempengaruhi rasa dan bau makanan. Faktor-faktor inilah yang berpotensi membuat ibu hamil mual dan muntah supaya bayi tidak menyerap makanan tersebut.

Jika morning sickness yang Anda alami masih tergolong normal dan bukan termasuk hiperemesis gravidarum, Anda dapat menanganinya sendiri di rumah. Kuncinya adalah jangan membiarkan morning sickness menurunkan kualitas hidup Anda. Beberapa cara berikut dapat membantu melawan mual dan muntah.

  • Beristirahat dengan cukup karena kelelahan dapat memperparah morning sickness. Ketika sudah bangun, jangan terburu-buru untuk bangkit dari tempat tidur.
  • Ketika bangun tidur di pagi hari, bahkan sebelum beranjak dari tempat tidur, langsung makan sedikit roti kering. Lakukan juga ketika terbangun pada malam hari.
  • Minum air putih yang cukup. Minumlah secara perlahan-lahan agar tidak mual.
  • Minumlah minuman yang hangat, jangan yang dingin atau dengan rasa serta aroma yang terlalu tajam.
  • Sebaiknya jangan memakan makanan yang panas karena baunya akan lebih tercium dibanding ketika makanannya sudah lebih dingin.
  • Pilihlah makanan yang tinggi kandungan protein dan karbohidrat serta mudah dicerna, misalnya keju, cracker, susu dan yogurt, selai kacang, atau apel.
  • Hindari makanan yang berlemak atau berminyak, dan pedas.
  • Sebaiknya makan dengan porsi sedikit tetapi sering daripada porsi besar sekaligus. Ibu hamil dapat mengonsumsi kudapan setiap 1-2 jam setiap harinya.
  • Konsumsilah jahe atau produk berbahan dasar jahe seperti minuman jahe atau permen jahe untuk mengurangi rasa mual.
  • Hindari makanan atau bau-bauan yang dapat memicu rasa mual.
  • Hiruplah udara segar. Ibu hamil dapat berjalan-jalan di luar rumah pada pagi hari atau sore hari untuk mendapat udara segar. Jangan lupa untuk membuka jendela agar sirkulasi udara di dalam rumah baik.
  • Menjauhlah dari asap rokok. Sebisa mungkin jangan ada anggota keluarga yang merokok di dalam rumah. Ibu hamil juga tidak boleh merokok.
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 seperti gandum utuh, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  • Konsumsi suplemen seperti vitamin B6 dengan pengawasan dokter.
  • Jangan terlalu memikirkan morning sickness. Alihkanlah perhatian Anda pada aktivitas ringan yang menyenangkan.

Seiring pertambahan usia janin, gejala morning sickness dapat membaik. Bahkan gejala dapat hilang ketika kandungan berusia 12 minggu. Namun, ada juga wanita dengan morning sickness yang lebih lama atau lebih parah. Sebagian wanita dapat mengalami morning sickness yang lebih lama dari tiga bulan. Dan, walaupun jarang, ada yang mengalaminya hingga usia kehamilan lebih dari lima bulan. Sementara itu, ada pula kasus morning sickness yang parah atau disebut hiperemesis gravidarum (HG).

Ibu hamil yang mengalami HG tidak dapat memasukkan makanan dan minuman karena muntah terlalu sering dan berkepanjangan. Pada beberapa wanita, muntah dapat terjadi lebih dari lima puluh kali dalam sehari. Di samping itu, gejala morning sickness pada penderita HG dapat berlanjut hingga melahirkan. Penderita HG berisiko mengalami penurunan berat badan dan dehidrasi yang berbahaya bagi keselamatan ibu dan janin. Oleh karena itu, kondisi HG memerlukan pertolongan medis yang serius.

Jika cara di atas tidak meringankan gejala morning sickness, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter. Terlebih, jika berat badan menurun lebih dari satu kilogram, mual dan muntah terus berlanjut hingga bulan keempat, muntah lebih dari tiga kali sehari, atau muntah darah.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Awas, Jamu yang Mengandung Steroid Sebabkan Katarak!

Awas, Jamu yang Mengandung Steroid Sebabkan Katarak!

Bagi masyarakat Indonesia, minum jamu bukan lagi hal yang aneh. Sejak jaman dahulu, masyarakat Indonesia banyak yang sering membuat jamu sendiri untuk dikonsumsi. Negara Indonesia yang kaya akan rempah-rempah membuat Indonesia memiliki bahan baku jamu yang luar biasa banyak dan mudah didapatkan. Rempah-rempah seperti jahe, kencur, temulawak, dan masih banyak lagi memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Jamu-jamu tradisional dikonsumsi guna menyegarkan tubuh, menyembuhkan penyakit, hingga menambah vitalitas. Namun, kini sering mulai terdengar berita miring mengenai kegunaan jamu. Ada yang bilang, minum jamu malah menimbulkan penyakit baru bukan malah menyehatkan. Benarkah demikian? Bahaya Steroid Pada Kesehatan Jamu tradisional yang benar-benar diolah dari rempah-rempah tersebut tentu tidak diragukan lagi khasiatnya. Namun lain halnya dengan jamu-jamu kemasan yang mengandung steroid. Terdapat beberapa produksi jamu di kalangan masyarakat yang ternyata menggunakan steroid. Bila jamu tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu lama tentunya dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Penggunaan steroid dalam waktu lama dapat mempengaruhi kesehatan berbagai macam organ. Salah satu yang be [...]

Wanita Bekerja Lebih Rentan Terkena Diabetes

Wanita Bekerja Lebih Rentan Terkena Diabetes

Oleh: dr. Jessica Florencia Penelitian terbaru yang dilakukan pada 3205 wanita dan 2227 pria usia 35-65 tahun di Stockholm Diabetes Prevention Program menunjukkan bahwa beban pekerjaan yang tinggi dan menyebabkan stres berpengaruh terhadap terjadinya penyakit diabetes melitus tipe 2. Bahkan, risiko terjadinya diabetes tipe 2 meningkat pada wanita lebih tinggi daripada pada pria. Penelitian menggunakan metode pengamatan ke masa depan. Pada pengamatan dalam jangka waktu 8-10 tahun, kelompok wanita ternyata lebih rentan mendapatkan diabetes melitus tipe 2. Lebih jauh lagi penelitian ini menemukan bahwa wanita dengan tuntutan pekerjaan tinggi (tidak adanya kebebasan mengambil keputusan dalam bekerja) 2 kali lebih rentan mengidap diabetes melitus tipe 2 ketimbang wanita yang dapat bekerja dengan kebebasan mengambil keputusan dalam pekerjaan. Stres dalam pekerjaan juga mempengaruhi perkembangan diabetes melitus tipe 2 pada pria, namun tidak sebesar pengaruhnya pada wanita. Bahkan pada pria yang dapat bekerja dengan kebebasan mengambil keputusan, risiko untuk terjadi diabetes melitus tipe 2 menjadi lebih rendah lagi. Penelitian serupa juga pernah dilakukan untuk meneliti pengaruh stres da [...]

Awas, Gula Darah Tinggi Bisa Buat Wajah Tampak Tua

Awas, Gula Darah Tinggi Bisa Buat Wajah Tampak Tua

Kadar gula darah tinggi tak hanya berpengaruh pada kesehatan saja. Menurut penelitian terbaru, level gula darah yang tinggi bisa mengakibatkan wajah seseorang tampak lebih tua dari usianya.Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Leiden University Medical Centre dan Unilever R&D telah menemukan adanya hubungan antara kadar gula darah manusia dengan dengan usia wajah (facial age). Penelitian ini merupakan inisiatif dari Netherlands Consortium for Healthy Ageing yang bertujuan memahami bagaimana kesehatan dapat dipertahankan saat usia seseorang bertambah.Penelitian yang dilakukan di Belanda ini melibatkan lebih dari 600 pria dan wanita yang melakukan tes terhadap kadar gula darah (tanpa puasa) dan kemudian difoto. 60 orang pengamat lantas diminta memberikan perkiraan mereka terhadap usia para peserta peneliti tersebut berdasarkan foto mereka. Usia yang sebenarnya kemudian dibandingkan dengan hasil pengamatan tadi.Penelitian yang merupakan penelitian pertama kali itu, mengetahui bahwa orang berusia antara 50- 70 tahun dengan kadar gula tinggi tampak lebih tua dari mereka yang berkadar gula darah lebih rendah dengan usia yang sama. Hasil dari penelitian itu memperlihatkan, jika ses [...]

Efek Positif Video Games Bagi Anak

Efek Positif Video Games Bagi Anak

Apakah bermain video games baik untuk anak? Para orangtua seringkali ketakutan jika anaknya bermain video games karena berbagai alasan. Video games dikatakan hanya membuang waktu dan membuat anak menjadi bodoh. Namun, ahli psikologi mengatakan sebenarnya video games memiliki banyak manfaat yang membuat anak cerdas. Bermain video games dapat mempengaruhi otak, sama halnya seperti membaca, bermain piano, atau membaca peta. Saat bermain video games otak membutuhkan konsentrasi penuh yang akan merangsang neurotransmitter seperti dopamin yang akan memperkuat memori. Apa saja efek positif video games? � Melatih otak dan mental Saat bermain video games, butuh keterampilan, kemampuan berpikir abstrak dan cara berpikir yang baik agar bisa memenangkan permainan. Beberapa keterampilan yang bisa didapat yaitu: o Melatih problem solving dan logika o Melatih koordinasi tangan-mata, motorik halus, dan kemampuan spasial o Mengikuti instruksi dan membuat rencana o Berpikir cepat, membuat analisa dan keputusan dengan cepat o Strategi dan antisipasi o Memperkuat memori dan konsentrasi o Berani mengambil risiko dan melatih cara menghadapi tantangan � Mengenalkan anak [...]

Tes Awal Kehamilan dengan Testpack

Tes Awal Kehamilan dengan Testpack

Rasa penasaran mengenai kehamilan seseorang bisa diketahui sedini mungkin. Adalah testpack yang memungkinkan seseorang mengetahui hamil atau tidak sejak awal. Testpack adalah alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui apakah urine yang dijadikan sampel mengandung hormon hCG. Hormon ini sendiri diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim. Saat hamil, produksi hormone chorionic gonadotropin alias hCG melonjak tajam, meningkat dua kali lipat tiap dua atau tiga hari. Hal ini umumnya terjadi sekitar enam hari setelah pembuahan. Jenis-jenis Tes Kehamilan Terdapat dua jenis testpack yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan, yaitu menggunakan sampel urine dan darah. Tes kehamilan yang memakai sampel urine bisa dilakukan di rumah maupun di klinik. Tidak ada perbedaan sensitivitas pada testpack yang digunakan secara mandiri di rumah maupun di klinik selama dilakukan dengan benar. Sementara itu, tes kehamilan dengan memakai sampel darah hanya bisa dilakukan oleh dokter. Meski tes ini dinilai lebih akurat, namun membutuhkan waktu lebih lama dan biaya lebih mahal. Tes darah dapat memprediksi kadar hCG pada usia kehamilan lebih awal dibandi [...]

Ukuran Amygdala Dalam Otak Menentukan Luasnya Jaringan Sosial Anda

Ukuran Amygdala Dalam Otak Menentukan Luasnya Jaringan Sosial Anda

Sebuah studi baru mengemukakan bahwa besarnya amygdala, sebuah bagian dari otak berbentuk almond yang melibatkan emosi, bisa menjadi sebuah penanda kuat untuk dapat melihat seberapa banyak dan beragamnya Anda mempunyai hubungan sosial, sama seperti saat melihat banyaknya ?teman? Anda yang ada di Facebook. Dalam online Nature Neuroscience edisi 26 Desember, para peneliti melaporkan bahwa orang-orang yang memiliki jaringan sosial lebih besar dan lebih kompleks ternyata juga memiliki amygdala yang lebih besar. Paul Sanberg, direktur University of South Florida Center of Excellence for Aging and Brain Repair di Tampa berkata, amygdala juga ditemukan mempunyai peran terhadap adanya rasa takut, emosi, dan bahkan kejang yang kita miliki. Beliau menjelaskan amygdala adalah bagian ?lama? dari otak, yang berarti bahwa amygdala merupakan bagian inti dari otak berbagai macam spesies yang berbeda. Baru-baru ini, para peneliti mempelajari seorang wanita tanpa amygdala yang ditemukan tidak takut terhadap berbagai rangsangan menakutkan pada umumnya, seperti ular, laba-laba, film horor dan rumah hantu. Ia pun tidak merespon negatif ketika ditanya tentang pengalaman traumatis di masa lalunya. Menuru [...]

Kurangi Garam Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kurangi Garam Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Apabila warga Amerika mengurangi asupan garam mereka sebanyak 1 g/hari, akan didapatkan 250.000 lebih sedikit kasus penyakit jantung dan berkurangnya 200.000 kematian dalam 1 dekade. Statistik yang terbaru ini dinyatakan di dalam the American Heart Association's Annual Conference on Cardiovascular Disease Epidemiology and Prevention. ?Pengurangan kadar asupan garam-hampir tidak terasa bedanya di makanan- dapat secara dramatis berpengaruh di dalam peningkatan kesehatan seseorang,? kata salah satu peneliti Kirsten Bibbinsa Domingo, MD, PhD, asisten profesor dalam epidemiologi di Universitas California. ? Merupakan suatu kejutan besar melihat betapa besarnya pengaruh pengurangan sedikit asupan garam terhadap kesehatan populasi sesuai dengan model penelitian yang sedang kami kerjakan.? Keuntungan dari pengurangan asupan garam ini terutama dapat dirasakan bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi dimana tekanan darah mereka cukup sensitif terhadap asupan garam. Penelitian ini mendapatkan data pada warga Amerika bahwa dengan pengurangan asupan garam 3 g/hari akan mengurangi 6% kasus penyakit jantung dan mengurangi 3% kematian. Pada warga Afrika-Amerika, pengurangan asupan garam aka [...]

5 Manfaat Kesehatan Fisik & Mental dari Putus Cinta

5 Manfaat Kesehatan Fisik & Mental dari Putus Cinta

Putus cinta tak selamanya menyakitkan. Menurut penelitian, putus cinta bisa memberikan manfaat kesehatan baik secara fisik ataupun mental. Apa saja manfaat di balik kandasnya hubungan asmara?Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota pada tahun 2003 terhadap 92 siswa, mengungkapkan bahwa ada pertumbuhan pribadi yang terjadi setelah putus cinta. Beberapa diantanya, menjadi sosok yang lebih percaya diri dan mengetahui apa yang diingingkan."Setelah hubungan berakhir, kita tidak perlu lagi membenarkan mengapa kita harus bersama orang lain, dan ini memungkinkan kita untuk melihat beberapa hal lebih jelas," ujat Ty Tashiro, salah satu peneliti.Sebuah studi Northwestern University menemukan bahwa setelah putus cinta orang cenderung menjadi bingung. Tetapi hal itu tak sepenuhnya buruk. "Perubahan spesifik itu berasal dari kesadaran ingin mencari pengganti pasangan. Jadi tak heran, orang menjadi lebih ramah dan menyenangkan setelah putus cinta," kata Erica Slotter, penulis studi.Seperti yang dikutip dari She Knows, berikut lima manfaat kesehatan di balik putus cinta:1. Lebih TenangSaa kekasih tak lagi di samping, Anda jadi bisa memiliki waktu untuk menemukan kesenangan [...]

Asupan Sarat Serat Penghalau Konstipasi

Asupan Sarat Serat Penghalau Konstipasi

Apakah Anda mengalami perubahan saat buang air besar (BAB) pada beberapa hari terakhir? Apakah rutinitas tersebut menjadi lebih jarang dari biasanya atau Anda harus mengejan ekstra ketika BAB ? Konstipasi atau sembelit adalah kondisi ketika Anda mengalami kesulitan BAB. Tinja menjadi keras dan kering sehingga sulit untuk dikeluarkan. Selain itu, perut sering terasa kembung dan sakit atau tidak nyaman. Menelusuri Penyebab Konstipasi dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti : Pola makan yang kurang asupan serat Makanan tinggi lemak dan kurang cairan atau dehidrasi Kurang olahraga Kehamilan Penggunaan obat pencahar secara berlebihan Efek samping obat contohnya obat antidepresi dan antasida Beberapa kondisi kesehatan tertentu, seperti hipotiroid Ada pula jenis makanan yang dituding sebagai penyebab konstipasi, misalnya, susu, daging, kafein, dan cokelat. Memerhatikan Asupan Serat Jika Anda memang mengalami gangguan BAB, jangan terburu-buru menggunakan obat pencahar. Sebagian besar orang yang mengalami konstipasi ringan tidak membutuhkannya. Sebaiknya, lihat kembali pola makan Anda. Serat dibutuhkan tubuh sebagai bagian dari makanan yang tidak dapat dicerna. Asupan serat yang d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *