Lebih Jauh Tentang USG

lebih-jauh-tentang-usg-alodokter.jpg

Salah satu faktor agar pengobatan berjalan optimal adalah ketepatan mendiagnosis penyakit. Untuk memastikan kondisi pasien, dokter bisa menggunakan bantuan alat USG untuk melakukan diagnosis.

USG atau ultrasound adalah teknik menciptakan gambar ilustrasi nyata yang berasal dari dalam tubuh seseorang. Dalam menciptakan gambar, alat ini memanfaatkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi.

Sebuah alat bernama transducer ditempelkan pada tubuh untuk memancarkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi. Kemudian tiap gema yang memantul akan membentuk citra berupa ukuran, bentuk, serta konsistensi dari jaringan lunak atau organ dalam tubuh.

Pantulan gelombang itulah yang kemudian membentuk gambar di layar komputer yang akan dibaca oleh ahlinya. Ahli USG atau sonografer tersebut kemudian akan menjelaskan apa yang muncul kepada pasien.

Dengan USG, dokter dapat mendeteksi berbagai masalah yang menimpa jaringan tubuh, pembuluh darah, dan organ-organ tubuh. Hebatnya, alat ini tidak memerlukan pembedahan saat mencitrakan masalah dalam tubuh. Keunggulan lain dari metode yang juga dikenal dengan nama sonografi ini adalah nihilnya penggunaan radiasi.

Kondisi Apa Saja Yang membutuhkan Diagnosis USG?

Meski umumnya USG memakai transducer hanya sebatas ditempelkan di kulit, namun ada beberapa teknik USG yang perlu memasukkan transducer ke tubuh. Teknik ini membutuhkan transducer khusus.

Selain itu, perkembangan teknologi membuat hasil pencitraan USG bukan saja lebih akurat, namun juga bisa digunakan dengan tujuan lebih spesifik. Beberapa tujuan pemakaian dan jenis USG yang digunakan antara lain:

  • Mengetahui masalah yang ada di dalam prostat dengan memakai USG Transrectal.
  • Mendapatkan pencitraan dari rahim dan ovarium melalui USG Transvaginal.
  • Mendapat gambar yang jelas dari organ jantung melalui e
  • Memperoleh gambar yang jelas dari peredaran darah melalui pembuluh darah dengan USG teknologi Doppler.
  • Mendapatkan visualisasi jaringan perut dan organ melalui USG
  • Mendapatkan gambar jaringan payudara lewat USG
  • Memonitor denyut jantung pada janin, biasanya memakai teknologi Doppler.
  • Memonitor perkembangan janin pada ibu hamil.
  • Mengumpulkan sampel jaringan tubuh melalui teknik biopsi dipandu
  • Melihat visualisasi struktur mata dengan USG

Yang Dialami Pasien Saat Menjalani USG

Pasien yang akan melakukan USG biasanya akan diminta untuk berbaring telentang. Sonografer kemudian akan mengoleskan cairan khusus guna mencegah terjadinya gesekan yang keras antara kulit dan transducer. Cairan tersebut juga berfungsi memudahkan pengiriman gelombang suara ke dalam tubuh.

Transducer yang biasanya menyerupai mikrofon sebesar sabun akan digerak-gerakkan di wilayah yang diolesi cairan khusus. Gerakan ini diperlukan agar gelombang suara yang dikirim mampu memantul kembali dan memunculkan gambar yang baik.

Jika pasien ingin melakukan USG pada organ dalam tertentu semisal kandung empedu, maka pasien diminta untuk tidak makan dan minum selain air putih selama 6-8 jam sebelum pemeriksaan dilakukan. Hal ini diperlukan agar kantong empedu tidak mengalami penyusutan ukuran.

Sementara itu, bagi ibu hamil yang berniat memeriksakan kondisi janinnya, dokter bisa menganjurkan untuk minum air minimal 4-6 gelas sekitar satu atau dua jam sebelum USG. Tujuannya agar kandung kemih terisi sehingga membantu meningkatkan kualitas gambar.

Selama melakukan USG, sonografer mungkin akan menyuruh pasien mengubah posisi. Hal ini dilakukan agar akses gelombang pada organ yang diperiksa makin mudah. Mudahnya gelombang suara mengakses organ makin meningkatkan kualitas gambar yang diperoleh.

Jika proses USG selesai, sonografer akan membersihkan gel yang dioleskan. Prosedur ini sendiri biasanya memakan waktu kurang dari setengah jam. Tidak ada larangan bagi pasien setelah melakukan USG, jadi mereka dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

Meski pemeriksaan dengan USG memiliki risiko yang minimal, namun tetap saja prosedur ini memiliki keterbatasan. Gelombang suara dari alat ini tidak mampu menembus tulang dan gas. Untuk bagian yang terhalang tulang atau gas, disarankan bagi pasien untuk memakai sarana kesehatan lainnya, seperti CT scan, MRI, atau X-ray.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Kebiasaan yang Mencegah Berat Badan Naik di Kantor

5 Kebiasaan yang Mencegah Berat Badan Naik di Kantor

Bangun pagi hari, berkendara ke kantor lalu sampai di kantor duduk bekerja sambil mengemil dan tanpa Anda sadari 1 kantong kripik sudah Anda habiskan sendirian. Begitulah mungkin aktivitas sehari-hari Anda. Lalu tanpa Anda sadari jarum timbangan Anda sudah bergeser ke kanan. Tapi ternyata tidak cuma makanan, ada juga kebiasaan-kebiasaan lainnya yang turut semakin memperparah peningkatan berat badan di kantor. Pasalnya jelas berbeda ketika jaman Anda kuliah dan sekolah dulu, dimana Anda lebih banyak melakukan aktivitas gerak. Dilalah, muncul pendapat; "kalau udah kerja nanti, pasti naik berat badan." Bukan berarti kemudiannya Anda bisa tinggal pasrah, tapi justru ada beberapa hal kebiasaan yang membantu Anda mencegah peningkatan berat badan di kantor. Apa saja sebetulnya yang dapat Anda lakukan? Klik ?next? untuk lihat kebiasaan-kebiasaan sehat di kantor. Kebiasaan 1: Bawa Bekal dari Rumah Mungkin hal ini akan sedikit menyita waktu Anda di pagi hari. Namun Anda dapat lebih leluasa memilih makanan yang sehat untuk Anda. Tentu pastikan menu Anda kaya akan serat seperti sayuran ataupun tahu rebus. Dengan membawa bekal makanan dari rumah tentu akan mengurangi fre [...]

Awas, Jamu yang Mengandung Steroid Sebabkan Katarak!

Awas, Jamu yang Mengandung Steroid Sebabkan Katarak!

Bagi masyarakat Indonesia, minum jamu bukan lagi hal yang aneh. Sejak jaman dahulu, masyarakat Indonesia banyak yang sering membuat jamu sendiri untuk dikonsumsi. Negara Indonesia yang kaya akan rempah-rempah membuat Indonesia memiliki bahan baku jamu yang luar biasa banyak dan mudah didapatkan. Rempah-rempah seperti jahe, kencur, temulawak, dan masih banyak lagi memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Jamu-jamu tradisional dikonsumsi guna menyegarkan tubuh, menyembuhkan penyakit, hingga menambah vitalitas. Namun, kini sering mulai terdengar berita miring mengenai kegunaan jamu. Ada yang bilang, minum jamu malah menimbulkan penyakit baru bukan malah menyehatkan. Benarkah demikian? Bahaya Steroid Pada Kesehatan Jamu tradisional yang benar-benar diolah dari rempah-rempah tersebut tentu tidak diragukan lagi khasiatnya. Namun lain halnya dengan jamu-jamu kemasan yang mengandung steroid. Terdapat beberapa produksi jamu di kalangan masyarakat yang ternyata menggunakan steroid. Bila jamu tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu lama tentunya dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Penggunaan steroid dalam waktu lama dapat mempengaruhi kesehatan berbagai macam organ. Salah satu yang be [...]

Mencegah Luka Pada Pasien Diabetes

Mencegah Luka Pada Pasien Diabetes

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Mencegah Luka Pada Pasien Diabetes - Salah satu komplikasi tersering dari diabetes melitus (DM) adalah kaki diabetik. Pada pasien DM terdapat gangguan pada: pembuluh darah kecil (mikroangiopati) pembuluh darah besar (makroangiopati) gangguan syaraf (neuropati) Gejala adanya gangguan pada syaraf berupa rasa baal/kebas, kesemutan, rasa nyeri berkurang/tidak ada rasa nyeri sama sekali. Hilangnya sensasi pada kaki menyebabkan tekanan berulang pada kaki akhirnya terjadi kerusakan jaringan lunak. Selain itu penderita menjadi tidak peka terhadap suhu atau benda asing (seperti benda tajam) sehingga memudahkan terjadinya luka. Selain itu, gangguan pada pembuluh darah akibat kadar gula darah yang tinggi dalam waktu lama menyebabkan kaki tidak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga meningkatkan risiko terjadinya kaki diabetik pada pasien DM. Luka pada kaki diabetik lebih sulit untuk sembuh dan dapat semakin parah jika tidak segera diobati. Komplikasi utamanya adalah infeksi dan amputasi. Dari seluruh penderita diabetes, 15% menderita ulkus diabetes pada kaki, dan 12-14% dari yang menderita ulkus tersebut memerlukan amputasi. Perawatan kaki pada penderita [...]

Model Cantik Curhat Kehilangan Kaki Gara-gara Pakai Pembalut Tampon

Model Cantik Curhat Kehilangan Kaki Gara-gara Pakai Pembalut Tampon

Model asal California, Lauren Wasser sama sekali tidak menyangka hidupnya berubah drastis hanya karena pemakaian tampon saat haid. Lauren harus kehilangan salah satu kakinya akibat infeksi dari pemakaian tampon tersebut.Dalam wawancara dengan majalah People, Lauren pun menceritakan mengenai peristiwa tragis yang dialaminya pada Oktober 2012 lalu. Saat itu dia merasa kurang enak badan. Dia kemudian memeriksakan diri ke rumah sakit. Dan menurut dokter dia hampir kehilangan nyawanya karena suhu tubuhnya saat tiba di rumah sakit sudah mencapai 107 derajat.Model dengan tinggi 180 cm itu didiagnosa dokter terkena TTS atau Toxic Shock Syndrome, infeksi bakteri yang terjadi akibat pemakaian tampon terlalu lama. Infeksi yang dialaminya sudah begitu serius sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari gangrene (kematian pada jaringan yang terjadi karena kehilangan suplai darah), luka pada kaki kiri hingga amputasi pada kaki kanannya. Amputasi pada kaki kanannya harus dilakukan agar nyawanya bisa diselamatkan.Baca Juga: 50 Inspirasi Baju Lebaran 2015 "Aku rasanya ingin bunuh diri saat sudah pulang ke rumah. Tiba-tiba saja aku tidak punya kaki, aku duduk di kursi roda, kakiku [...]

6 Penyebab Anemia

6 Penyebab Anemia

Anemia adalah suatu keadaan dimana terjadi keadaan kurangnya darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Komponen darah ini tidak memiliki kadar hemoglobin yang cukup. Bila Anda merasa lelah bahkan setelah tidur yang cukup dan merasa kekurangan tenaga setelah aktivitas normal maka kemungkinan besar Anda menderita anemia. Anemia pun dapat menjadi dasar dari gangguan ingatan atau gangguan perasaan Anda. Beberapa gejala anemia lainnya adalah kelemahan, pusing, kulit yang pucat dan nyeri kepala. Beberapa penyebab dari anemia adalah: Rendahnya konsumsi besiDiet makanan yang rendah besi dapat menimbulkan anemia. Besi yang didapatkan dari sayuran tidak diserap sebaik kandungan besi yang ada dalam daging. Beberapa penyakit seperti celiac dan crohn?s dapat mempengaruhi penyerapan zat besi. Kekurangan vitaminTubuh memerlukan vitamin B12 dan asam folat untuk membuat sel darah merah. Diet makanan yang rendah akan kandungan vitamin ini dapat menyebabkan anemia. Beberapa penyakit autoimmune juga dapat menyebabkan kelainan dalam penyerapan vitamin ini. Beberapa kandungan makanan seperti sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, roti, dan pasta mengandung asam folat. Pe [...]

Rokok Sebabkan Kanker Rongga Mulut & Kematian

Rokok Sebabkan Kanker Rongga Mulut & Kematian

Oleh: drg. Arni Maharani Dari sekian banyak dampak negatif merokok, kanker rongga mulut adalah salah satu penyakit yang ditimbulkan. Beberapa bahan yang terkandung dalam tembakau merupakan karsinogen yang potensial dalam mencetuskan terjadinya kanker. Kanker rongga mulut atau disebut juga Karsinoma sel skuamosa merupakan kanker ganas yang meluas dan bermetastase (kanker menyebar) yang dapat menyebabkan kematian. Lebih dari 90% kanker yang ditemukan dalam rongga mulut adalah jenis ini. Kemunculannya dapat dimana saja dalam mulut seperti langit-langit, tulang alveolar, tonsil, dan gusi tetapi secara umum biasanya timbul pada dasar mulut, lidah dan bibir bawah. Selain kebiasaan merokok karsinoma sel skuamosa juga disebabkan faktor lain seperti paparan UV, genetik, kekurangan nutrisi, , infeksi Human papilloma Virus. Terdapat pula faktor yang merangsang sel kanker ini menjadi progressif seperti alkohol dan gigi tiruan yang tidak baik. Berdasarkan hasil pengamatan sebanyak 80% penderita karsinoma sel skuamosa adalah perokok. Pada perokok ditemukan kebiasaan menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol dimana hal ini merupakan faktor pemberat, Begitu pula apabila perokok tersebut j [...]

Obat Baru Bagi Penyandang Diabetes

Obat Baru Bagi Penyandang Diabetes

Prof. dr. Robert Toto, MD, dari University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas, telah melakukan penelitian yang melahirkan sebuah obat anti-inflamasi baru bagi diabetesein tipe-2. Lebih lanjut diketahui obat tersebut dapat pula meningkatkan fungsi ginjal. "Pada diabetes, fungsi ginjal cenderung memburuk dari waktu ke waktu, tidak ada studi sebelumnya yang telah menunjukkan peningkatan fungsi ginjal oleh setiap terapi atau pengobatan yang dilakukan pengidap diabetes atau pengidap ginjal kronis. Hal ini membuat penelitannya sangat menarik," terang profesor Toto, kedokteran internal. Penelitian melibatkan 227 diabetesein tipe 2 serta penyakit ginjal kronis. Dengan pemantauan penuh selama 56 minggu, empat minggu setelah peneliti berhenti memberikan obat, pengukuran menunjukkan bahwa diabetesein terus mempertahankan hasil yang lebih tinggi dari fungsi ginjal yang membaik dibandingkan dengan pengukuran dasar yang diambil pada awal penelitian. Dan seterusnya hasil penelitian telah dilaporkan di New England Journal of Medicine. ?Tipe 2 adalah bentuk paling umum dari diabetes, penyebab utama gagal ginjal pada diabetes untuk hampir setengah dari semua kasus baru stadium akhir pen [...]

Penyebaran AIDS di Indonesia

Penyebaran AIDS di Indonesia

Penyebaran HIV dan AIDS di Indonesia sangat memprihatinkan berdasarkan data yang diutarakan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sugiri Syarief dalam pembukaan acara peringatan hari AIDS sedunia (20/11) yang menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan penyebaran AIDS tercepat se Asia Tenggara. Bahkan beberapa provinsi di Indonesia sudah terjadi epidemik HIV yang terkonsentrasi seperti di Papua dengan lebih dari 2% penduduknya positif terinfeksi HIV dan terus meluas dengan pola hidup seks bebas yang memudahkan HIV tertularkan. Selain Papua, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali sebagai 4 provinsi besar dengan akumulatif banyaknya penderita HIV di Indonesia, DKI Jakarta menjadi tempat penularan HIV dan AIDS tertinggi yaitu mencapai 3.997 kasus sesuai data yang terekam dalam Kemenkes. Data tersebut diatas dapat terbilang tidak terlalu akurat karena berdasarkan survey, 20% penduduk Indonesia tidak mengetahui apakah pasangan mereka ataupun diri mereka sendiri telah terinfeksi HIV dan masih banyak pengidap yang tidak berani mengakui akibat masih adanya stigma social dalam mengucilkan penderita HIV dan Aids. Bahkan menurut hasil riset Sexual Wellbeing [...]

Membedakan Muntah pada Bayi yang Normal dan Abnormal

Membedakan Muntah pada Bayi yang Normal dan Abnormal

Tiap bayi pasti pernah mengalami muntah. Ada yang mengalaminya sesekali dan ada pula yang muntah tiap kali mengonsumsi apa pun. Muntah pada bayi bukanlah sesuatu yang perlu orang tua selalu cemaskan, meski begitu tidak ada salahnya untuk mewaspadai kondisi tersebut. Muntah pada bayi bisa termasuk sebagai reaksi normal, namun hal ini bisa pula menjadi pertanda bahwa bayi Anda mengalami kondisi serius. Muntah yang Normal Merupakan hal biasa bagi bayi mengalami muntah, terutama saat usianya masih beberapa minggu. Di usia tersebut, bayi sedang berusaha menyesuaikan diri dengan makanan. Muntah jenis ini kerap disebut gumoh. Biasanya si Kecil akan gumoh setelah minum susu. Proses minum susu, yaitu setelah si Kecil menelan susu, susu akan melewati bagian belakang mulut, turun ke kerongkongan, dan diteruskan ke lambung. Di antara kerongkongan dan lambung, terdapat cincin otot. Cincin ini menjadi pintu masuk susu ke lambung. Setelah susu masuk ke lambung, cincin akan menutup. Namun jika cincin ini tidak menutup dengan sempurna, susu bisa kembali lagi ke kerongkongan, lalu terjadilah gumoh. Dalam ilmu medis disebut refluks. Di usia yang masih beberapa minggu, bayi rentan mengalami refluks [...]

Regenerasi Sel Otak dari Sel Kulit: Harapan Penderita Stroke

Regenerasi Sel Otak dari Sel Kulit: Harapan Penderita Stroke

Sel-sel kulit telah dikonversi langsung ke dalam sel yang berkembang menjadi komponen utama dari otak, oleh para peneliti mempelajari tikus di California. Percobaan, yang dilaporkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, melewatkan tahap sel induk dalam prosesnya. Para peneliti mengatakan mereka senang dengan pengobatan medis yang potensial ini. Akan tetapi, tes lebih jauh diperlukan sebelum teknik tersebut dapat digunakan pada kulit manusia. Sel induk, yang dapat menjadi semua jenis spesialis sel lainnya dari otak ke tulang, yang diperkirakan memiliki harapan besar dalam berbagai perawatan. Banyak percobaan yang sudah dilakukan, seperti pada pasien stroke atau bentuk-bentuk kebutaan khusus. Salah satu pertanyaan besar untuk merealisasikan percobaan ini di lapangan adalah dimana caranya untuk mendapatkan sel-sel tersebut. Ada keprihatinan etis di sekitar sel induk embrionik dan pasien akan perlu untuk mengambil obat imunosupresan karena setiap jaringan sel induk tidak akan saling cocok dengan sendirinya. Sebuah metode alternatif adalah dengan mengambil sel-sel kulit dan memprogram ulang mereka ke dalam sel batang yang diinduksi. Ini bisa dibuat dari sel pasien sendi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *