Lebih Jauh Tentang USG

lebih-jauh-tentang-usg-alodokter.jpg

Salah satu faktor agar pengobatan berjalan optimal adalah ketepatan mendiagnosis penyakit. Untuk memastikan kondisi pasien, dokter bisa menggunakan bantuan alat USG untuk melakukan diagnosis.

USG atau ultrasound adalah teknik menciptakan gambar ilustrasi nyata yang berasal dari dalam tubuh seseorang. Dalam menciptakan gambar, alat ini memanfaatkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi.

Sebuah alat bernama transducer ditempelkan pada tubuh untuk memancarkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi. Kemudian tiap gema yang memantul akan membentuk citra berupa ukuran, bentuk, serta konsistensi dari jaringan lunak atau organ dalam tubuh.

Pantulan gelombang itulah yang kemudian membentuk gambar di layar komputer yang akan dibaca oleh ahlinya. Ahli USG atau sonografer tersebut kemudian akan menjelaskan apa yang muncul kepada pasien.

Dengan USG, dokter dapat mendeteksi berbagai masalah yang menimpa jaringan tubuh, pembuluh darah, dan organ-organ tubuh. Hebatnya, alat ini tidak memerlukan pembedahan saat mencitrakan masalah dalam tubuh. Keunggulan lain dari metode yang juga dikenal dengan nama sonografi ini adalah nihilnya penggunaan radiasi.

Kondisi Apa Saja Yang membutuhkan Diagnosis USG?

Meski umumnya USG memakai transducer hanya sebatas ditempelkan di kulit, namun ada beberapa teknik USG yang perlu memasukkan transducer ke tubuh. Teknik ini membutuhkan transducer khusus.

Selain itu, perkembangan teknologi membuat hasil pencitraan USG bukan saja lebih akurat, namun juga bisa digunakan dengan tujuan lebih spesifik. Beberapa tujuan pemakaian dan jenis USG yang digunakan antara lain:

  • Mengetahui masalah yang ada di dalam prostat dengan memakai USG Transrectal.
  • Mendapatkan pencitraan dari rahim dan ovarium melalui USG Transvaginal.
  • Mendapat gambar yang jelas dari organ jantung melalui e
  • Memperoleh gambar yang jelas dari peredaran darah melalui pembuluh darah dengan USG teknologi Doppler.
  • Mendapatkan visualisasi jaringan perut dan organ melalui USG
  • Mendapatkan gambar jaringan payudara lewat USG
  • Memonitor denyut jantung pada janin, biasanya memakai teknologi Doppler.
  • Memonitor perkembangan janin pada ibu hamil.
  • Mengumpulkan sampel jaringan tubuh melalui teknik biopsi dipandu
  • Melihat visualisasi struktur mata dengan USG

Yang Dialami Pasien Saat Menjalani USG

Pasien yang akan melakukan USG biasanya akan diminta untuk berbaring telentang. Sonografer kemudian akan mengoleskan cairan khusus guna mencegah terjadinya gesekan yang keras antara kulit dan transducer. Cairan tersebut juga berfungsi memudahkan pengiriman gelombang suara ke dalam tubuh.

Transducer yang biasanya menyerupai mikrofon sebesar sabun akan digerak-gerakkan di wilayah yang diolesi cairan khusus. Gerakan ini diperlukan agar gelombang suara yang dikirim mampu memantul kembali dan memunculkan gambar yang baik.

Jika pasien ingin melakukan USG pada organ dalam tertentu semisal kandung empedu, maka pasien diminta untuk tidak makan dan minum selain air putih selama 6-8 jam sebelum pemeriksaan dilakukan. Hal ini diperlukan agar kantong empedu tidak mengalami penyusutan ukuran.

Sementara itu, bagi ibu hamil yang berniat memeriksakan kondisi janinnya, dokter bisa menganjurkan untuk minum air minimal 4-6 gelas sekitar satu atau dua jam sebelum USG. Tujuannya agar kandung kemih terisi sehingga membantu meningkatkan kualitas gambar.

Selama melakukan USG, sonografer mungkin akan menyuruh pasien mengubah posisi. Hal ini dilakukan agar akses gelombang pada organ yang diperiksa makin mudah. Mudahnya gelombang suara mengakses organ makin meningkatkan kualitas gambar yang diperoleh.

Jika proses USG selesai, sonografer akan membersihkan gel yang dioleskan. Prosedur ini sendiri biasanya memakan waktu kurang dari setengah jam. Tidak ada larangan bagi pasien setelah melakukan USG, jadi mereka dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

Meski pemeriksaan dengan USG memiliki risiko yang minimal, namun tetap saja prosedur ini memiliki keterbatasan. Gelombang suara dari alat ini tidak mampu menembus tulang dan gas. Untuk bagian yang terhalang tulang atau gas, disarankan bagi pasien untuk memakai sarana kesehatan lainnya, seperti CT scan, MRI, atau X-ray.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Apakah Suplemen Herbal Aman?

Apakah Suplemen Herbal Aman?

Oleh: dr. Nadia Octavia Banyak beredar di pasaran produk suplemen yang menawarkan pilihan untuk kebutuhan nutrisi tubuh. Diantaranya adalah produk-produk suplemen yang mengklaim sebagai murni berbahan aktif herbal. Amankah suplemen obat herbal bagi tubuh kita? Berikut adalah aturan yang dikeluarkan oleh FDA (Food and Drugs Association) tentang pemilihan suplemen herbal yang aman: Perusahaan yang memproduksi suplemen tersebut harus dapat memberikan bukti pendukung riset ilmiah yang membuktikan bahwa bahan-bahan yang terkandung dalam suplemen tersebut memang bermanfaat bagi kesehatan. Perusahaan harus mengikuti regulasi yang ditetapkan agar suplemen yang diproses memenuhi kualitas standar, tidak mengandung bahan yang terkontaminasi seperti timbal atau pestisida dan bahan yang diproses sesuai standar dan jumlah yang tepat. Berhati-hatilah dalam penggabungan konsumsi suplemen herbal dengan obat-obatan dari resep dokter karena dapat berpotensi membahayakan tubuh dan bahkan dapat mengancam jiwa. Oleh karena itu, selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen obat herbal. Bagaimana mengetahui kandungan yang ada di dalam suplemen herbal? Berikut a [...]

Kenyataan Mengenai Propolis

Kenyataan Mengenai Propolis

Propolis adalah semacam getah yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai pohon, aliran getah, atau sumber botani lainnya. Getah ini digunakan untuk menutupi celah kecil di sarang lebah. Sejak tahun 350 SM hingga kini, propolis dipercaya sebagai obat herba yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Begitu pula dengan klaim produsen yang mengatakan ?si Kecil? ini ampuh menyembuhkan berbagai penyakit serius seperti kanker. Benarkah demikian? Pada era modern saat ini, pengobatan tradisional seperti propolis dipercaya oleh masyarakat. Namun jika diteliti dari segi medis, propolis belum sepenuhnya terbukti ampuh dalam menangani kondisi medis. Pro dan kontra pun terjadi. Mereka yang kontra mengatakan komposisi propolis belum bisa dipastikan karena bergantung kepada letak geografis, musim, dan spesies lebah. Hal demikian membuat komposisi propolis sulit untuk diteliti mengenai keamanan dan kemanjurannya secara medis. Sementara yang pro mengatakan bahwa propolis adalah obat yang ampuh karena melihat dari eksistensinya selama ribuan tahun. Selain itu, belum pula ditemukan efek samping yang parah atau sering terjadi akibat penggunaan propolis. Tidak mudah untuk mempertahankan keberadaa [...]

6 Cara Cepat Hentikan Kebiasaan Mendengkur

6 Cara Cepat Hentikan Kebiasaan Mendengkur

Kebiasaan mendengkur pasangan seringkali membuat tidur tak nyenyak. Jika Anda tak tahan lagi dengan kebiasaan buruknya, simak enam cara cepat atasi kebiasaan mendengkur pasangangan, seperti yang dikutip dari ehow.1. Taruh humidifier (pelembab ruangan yang mengeluarkan uap air) di kamar dan nyalakan pada saat pasangan ingin tidur. Mendengkur kerap kali disebabkan oleh keringnya tenggorokan dan uap air bisa bantu melembabkan tenggorokan yang kering.2. Sarankan pasangan agar mau mengonsumsi beberapa sendok makan madu setiap harinya. Hal tersebut dapat mencegah kekeringan pada tenggorokan saat tidur.3. Tidur di atas beberapa tumpukan bantal bisa membuat seseorang lebih leluasa untuk bernapas. Ketika kepala tetap tinggi, udara di langit-langit mulut tidak akan tersumbat. Sehingga memungkinkan udara bebas bergerak dan mencegah dengkuran keras. Selain itu, gunakan bantal yang agak keras. Bantal terlalu empuk justru mempersempit saluran pernapasan.4. Hindari mengonsumsi makanan, minuman dan obat tertentu. Minuman beralkohol dan obat tidur dapat mengendurkan otot-otot tenggorokan. Produk susu menyebabkan lendir, yang dapat mengganggu pernapasan.5. Hindari makan terlalu banyak karena dapa [...]

7 Tanda Anda Mengalami Keguguran

7 Tanda Anda Mengalami Keguguran

Keguguran merupakan satu hal yang paling banyak dikhawatirkan dan ditakutkan oleh para ibu hamil. Sebelum keguguran benar-benar terjadi, biasanya ada beberapa tanda awal yang menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak benar pada proses kehamilan. Seperti yang dikutip dari parenting, berikut ini tanda-tanda terjadinya keguguran.1. PendarahanSalah satu tanda keguguran yang paling umum adalah pendarahan, mulai dari bercak darah ringan dan berat hingga keluarnya aliran darah. Tak jarang pendarahan ini disertai dengan keluarnya jaringan seperti dinding rahim atau kantung ketuban yang robek.2. Perut KramRasa kram atau kejang pada perut biasanya terjadi karena ligamen Anda sedang mengalami peregangan. Namun kram yang berulang-ulang dan terasa lebih sakit dari kram perut saat datang bulan, bisa menjadi tanda awal keguguran. Kebanyakan rasa nyeri ini terdapat di area panggul dan tak jarang disertai pendarahan.3. Nyeri PunggungNyeri punggung pada masa kehamilan merupakan hal yang biasa. Namun ketika nyeri punggung ini disertai dengan bercak darah atau pendarahan hebat, sebaiknya segera hubungi dokter kandungan Anda.4. Keluar Cairan AnehJika Anda menemukan adanya cairan yang tidak biasa, sep [...]

8 Tanda Anda Kurang Minum Saat Beraktivitas

8 Tanda Anda Kurang Minum Saat Beraktivitas

Setiap hari tubuh harus terhidrasi agar tidak lemas dan tetap berenergi. Apakah Anda sering pusing atau migrain saat sedang beraktivitas? Hal itu mungkin karena tubuh kurang cairan. Bagaimana mengetahui kalau Anda mengalami sakit kepala akibat kurang minum?Untuk penjelasan lebih lanjut, simaklah delapan tanda-tanda Anda kurang banyak minum air putih, seperti dikutip dari All Women Stalk.1. Mulut Terasa KeringJika mulut kering, kemungkinan besar Anda dehidrasi. Sediakan sebotol air dalam tas Anda bila berpergian. Perlu diingat, kalau obat juga bisa membuat mulut Anda kering. Jadi, jika Anda sedang mengonsumsi obat, mulut kering dapat dikarenakan obat atau keduanya.2. Sakit KepalaBila Anda merasa sakit kepala, itu merupakan gejala lain dari dehidrasi. Tubuh mungkin ingin memberitahu kalau Anda harus minum lebih banyak air. Oleh sebab itu, siapkan satu gelas air mineral atau minuman manis di meja ketika sedang bekerja.3. Urin Berwarna GelapBagi Anda yang mengalami dehidrasi, warna urinnya lebih gelap dari biasanya. Maka dari itu, lihat warna urin saat buang air kecil. Jika memang warnanya gelap, apalagi hingga menuju coklat, Anda perlu meminum banyak air.4. PusingPusing adalah sala [...]

Yummy, Coklat Diolah Menjadi Pasta Gigi

Yummy, Coklat Diolah Menjadi Pasta Gigi

Sebagian orang kurang nyaman dengan rasa mint dalam pasta gigi. Kini, sebuah brand pasta gigi Crest berhasil membuat odol dengan rasa berbeda dari umumnya.Pasta gigi unik terbaru tersebut memiliki rasa coklat. Crest juga meluncurkan pasta gigi unik lainnya yakni rasa vanilla dan Lemon. Crest berhasil mengolah coklat menjadi pasta gigi. Dalam kandungannya, tetap ditambahkan mint untuk memberikan rasa segar di mulut. Namun lebih banyak didominasi dengan rasa coklat. Produk bernama 'Be' tersebut kandungannya kaya akan coklat cream yang tidak hanya memberikan sensasi nikmat di mulut, namun juga memberikan manfaat kesehatan bagi gigi. Menurut Allan Melnick, dokter gigi di California, coklat bermanfaat untuk mengurangi plak pada gigi. Di Amerika, produk pasta gigi dengan rasa coklat itu akan dirilis bulan depan dengan harga US$ 4,99 atau sekitar Rp 60 ribu. Pasta gigi, rasa coklat tersebut bukan satu-satunya di dunia. Sebelumnya, merek Theodent juga telah merilis pasta gigi dengan rasa serupa. Selain itu, terdapat pasta gigi yang juga memiliki rasa unik. Di jepang, pasta gigi dengan rasa arang sampai kari ayam banyak dijual. Klik ini untuk mengetahui berita selengkapnya.(kik/fer) [...]

Perawatan Pasca Melahirkan

Perawatan Pasca Melahirkan

Pada saat pasca kehamilan, ibu akan mengalami perubahan fisik di bagian kulit maupun di bagian alat reproduksi. Untuk itu, ibu memerlukan perawatan pasca melahirkan selama enam minggu atau 40 hari. Perawatan ini bisa dilakukan oleh ibu sesegera mungkin. Adapun beberapa hal yang perlu ibu perhatikan saat berada di masa pasca kehamilan, antara lain: Perawatan Payudara Hindari pembengkakan payudara pada masa pasca kehamilan, caranya adalah memenuhi kebutuhan bayi dengan memberikan ASI sedini mungkin dan sesuai kebutuhan bayi. Usahakan untuk tidak menggunakan bra yang menekan atau sempit. Apabila payudara terasa sakit, pijat ringan bagian payudara yang sakit dengan menggunakan breast oil dan air hangat. Pemijatan menggunakan breast oil ini juga berguna untuk merangsang kelancaran ASI dan merawat payudara ibu. Perhatikan Rahim Penciutan rahim terjadi pada hari pertama sampai hari ke-9 setelah melahirkan. Hal ini dapat diketahui dengan meraba bagian bulat agak keras di bawah pusat. Pada hari ke-10 sampai 14, rahim tidak teraba lagi. Penciutan rahim dibantu oleh oksitosin, yaitu hormon yang mengontraksikan otot-otot rahim yang keluar saat menyusui. Penciutan rahim ini terjadi kar [...]

Makanan Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

Makanan Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

Dari mana bau badan berasal? Pertanyaan ini kerap menimbulkan banyak perdebatan yang membahas kenapa bau badan seseorang bisa cukup menyengat, sementara pada orang lain tidak terlalu berbau. Dikutip dari hoswtuffworks, bau badan disebabkan bakteri pada kulit yang 'mengolah' gula dan protein dalam keringat. Jadi, bau badan berkaitan erat dengan sesuatu yang kita makan, dan, mungkin saja, makanan favorit Anda jadi salah satu penyebab bau badan tidak sedap.1. BawangBawang putih dan bawang bombay sering dianggap sebagai penyebab timbulnya bau badan tidak sedap. Anggapan itu tidak salah, karena dua bumbu makanan ini memiliki zat volatile sulfurous. Zat ini menahan bau bawang tetap menempel selama berjam-jam setelah dimakan.2. KunyitKunyit juga mengandung senyawa volatile yang dikeluarkan tubuh kita melalui keringat. Senyawa ini terserap oleh darah dan paru-paru setelah pencernaan, sehingga tidak hanya menimbulkan bau badan tapi juga bau mulut tak sedap.3. Daging MerahSelain bumbu masakan, daging merah ternyata juga berkontribusi menyebabkan bau badan tak sedap. Sebuah studi yang diterbitkan jurnal Chemical Senses menemukan, orang yang menjalankan gaya hidup vegetarian memiliki aroma [...]

Hilangkan Nyeri Punggung Bawah dengan Yoga

Hilangkan Nyeri Punggung Bawah dengan Yoga

Nyeri punggung bawah atau low back pain (LBP) merupakan penyebab disabilitas terbanyak di dunia yang menyebabkan menurunnya kualitas hidup. Seringkali nyeri punggung bawah menghambat pekerjaan, menyebabkan depresi, dan membutuhkan pengobatan yang tidak murah. Kebanyakan terapi yang dilakukan juga tidak efektif. Hal ini menyebabkan banyak penderita LBP yang mencuri metode penyembuhan alternatif, seperti yoga. (Baca: Yoga Menurunkan Tekanan Darah Tinggi) Maraknya olahraga yoga membuat para peneliti penasaran dan ingin membuktikan apakah yoga benar-benar efektif dalam mengurangi nyeri punggung bawah. Sebuah studi literatur yang dipublikasikan pada American Journal of Lyfestyle Medicine membuktikan bahwa yoga efektif dalam mengurangi nyeri punggung bawah dan mengurangi kekambuhan. (Baca: Olahraga untuk Solusi Nyeri Punggung Bawah) Ada 8 komponen yoga diantaranya: Ada 8 komponen yoga diantaranya: � yamas (pengendalian moral), � niyamas (observasi moral), � asana (posturtubuh), � pranayama (pernafasan), � pratyahara (pancaindera), � dharana(konsentrasi), &#201326610 [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *