Lebih Jauh Tentang USG

lebih-jauh-tentang-usg-alodokter.jpg

Salah satu faktor agar pengobatan berjalan optimal adalah ketepatan mendiagnosis penyakit. Untuk memastikan kondisi pasien, dokter bisa menggunakan bantuan alat USG untuk melakukan diagnosis.

USG atau ultrasound adalah teknik menciptakan gambar ilustrasi nyata yang berasal dari dalam tubuh seseorang. Dalam menciptakan gambar, alat ini memanfaatkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi.

Sebuah alat bernama transducer ditempelkan pada tubuh untuk memancarkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi. Kemudian tiap gema yang memantul akan membentuk citra berupa ukuran, bentuk, serta konsistensi dari jaringan lunak atau organ dalam tubuh.

Pantulan gelombang itulah yang kemudian membentuk gambar di layar komputer yang akan dibaca oleh ahlinya. Ahli USG atau sonografer tersebut kemudian akan menjelaskan apa yang muncul kepada pasien.

Dengan USG, dokter dapat mendeteksi berbagai masalah yang menimpa jaringan tubuh, pembuluh darah, dan organ-organ tubuh. Hebatnya, alat ini tidak memerlukan pembedahan saat mencitrakan masalah dalam tubuh. Keunggulan lain dari metode yang juga dikenal dengan nama sonografi ini adalah nihilnya penggunaan radiasi.

Kondisi Apa Saja Yang membutuhkan Diagnosis USG?

Meski umumnya USG memakai transducer hanya sebatas ditempelkan di kulit, namun ada beberapa teknik USG yang perlu memasukkan transducer ke tubuh. Teknik ini membutuhkan transducer khusus.

Selain itu, perkembangan teknologi membuat hasil pencitraan USG bukan saja lebih akurat, namun juga bisa digunakan dengan tujuan lebih spesifik. Beberapa tujuan pemakaian dan jenis USG yang digunakan antara lain:

  • Mengetahui masalah yang ada di dalam prostat dengan memakai USG Transrectal.
  • Mendapatkan pencitraan dari rahim dan ovarium melalui USG Transvaginal.
  • Mendapat gambar yang jelas dari organ jantung melalui e
  • Memperoleh gambar yang jelas dari peredaran darah melalui pembuluh darah dengan USG teknologi Doppler.
  • Mendapatkan visualisasi jaringan perut dan organ melalui USG
  • Mendapatkan gambar jaringan payudara lewat USG
  • Memonitor denyut jantung pada janin, biasanya memakai teknologi Doppler.
  • Memonitor perkembangan janin pada ibu hamil.
  • Mengumpulkan sampel jaringan tubuh melalui teknik biopsi dipandu
  • Melihat visualisasi struktur mata dengan USG

Yang Dialami Pasien Saat Menjalani USG

Pasien yang akan melakukan USG biasanya akan diminta untuk berbaring telentang. Sonografer kemudian akan mengoleskan cairan khusus guna mencegah terjadinya gesekan yang keras antara kulit dan transducer. Cairan tersebut juga berfungsi memudahkan pengiriman gelombang suara ke dalam tubuh.

Transducer yang biasanya menyerupai mikrofon sebesar sabun akan digerak-gerakkan di wilayah yang diolesi cairan khusus. Gerakan ini diperlukan agar gelombang suara yang dikirim mampu memantul kembali dan memunculkan gambar yang baik.

Jika pasien ingin melakukan USG pada organ dalam tertentu semisal kandung empedu, maka pasien diminta untuk tidak makan dan minum selain air putih selama 6-8 jam sebelum pemeriksaan dilakukan. Hal ini diperlukan agar kantong empedu tidak mengalami penyusutan ukuran.

Sementara itu, bagi ibu hamil yang berniat memeriksakan kondisi janinnya, dokter bisa menganjurkan untuk minum air minimal 4-6 gelas sekitar satu atau dua jam sebelum USG. Tujuannya agar kandung kemih terisi sehingga membantu meningkatkan kualitas gambar.

Selama melakukan USG, sonografer mungkin akan menyuruh pasien mengubah posisi. Hal ini dilakukan agar akses gelombang pada organ yang diperiksa makin mudah. Mudahnya gelombang suara mengakses organ makin meningkatkan kualitas gambar yang diperoleh.

Jika proses USG selesai, sonografer akan membersihkan gel yang dioleskan. Prosedur ini sendiri biasanya memakan waktu kurang dari setengah jam. Tidak ada larangan bagi pasien setelah melakukan USG, jadi mereka dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

Meski pemeriksaan dengan USG memiliki risiko yang minimal, namun tetap saja prosedur ini memiliki keterbatasan. Gelombang suara dari alat ini tidak mampu menembus tulang dan gas. Untuk bagian yang terhalang tulang atau gas, disarankan bagi pasien untuk memakai sarana kesehatan lainnya, seperti CT scan, MRI, atau X-ray.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ingin Kulit Cerah? Coba 5 Makanan Ini

Ingin Kulit Cerah? Coba 5 Makanan Ini

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kulit yang sehat adalah dengan mengonsumsi menu yang bergizi. Namun beberapa jenis makanan mengandung zat gizi lebih tinggi yang penting untuk kulit, sehingga sangat baik apabila disertakan dalam menu sehari-hari. Berikut di antaranya: 1. Sayuran hijau Contoh makanan yang dimaksud adalah bayam, selada, kale, daun pepaya, kubis, kangkung, sawi hijau, dan sayuran berdaun hijau lainnya. Zat gizi yang terkandung dalam sayuran hijau dan bermanfaat bagi kulit di antaranya vitamin B, C, dan E, serta asam lemak omega-3. Kadar antioksidan yang dimiliki bayam lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Antioksidan berperan melindungi dan mengurangi efek kerusakan kulit akibat radikal bebas dan sinar matahari. 2. Buah-buahan Contohnya buah berwarna kuning, oranye, dan merah seperti jeruk, wortel, tomat, alpukat, nanas, dan beri. Kandungan gizi yang terkandung seperti vitamin C berperan sebagai antioksidan dalam melawan radikal bebas, sehingga membantu menjaga kulit tetap elastis dan mencegah penuaan. Sertakan 1 porsi buah dalam menu makan Anda. Penyajian dalam bentuk buah potong lebih baik dibandingkan dengan bentuk jus, karena kandungan serat y [...]

7 Solusi Sulit Buang Air Besar

7 Solusi Sulit Buang Air Besar

Sulit buang air besar adalah sebuah masalah bagi kebanyakan orang. Masalah ini juga lebih banyak terjadi pada orang dewasa, dan kebanyakan wanita. Sulit buang air besar dalam dunia medis disebut dengan konstipasi. Konstipasi adalah kesulitan buang air besar dengan frekuensi kurang dari 3 kali seminggu dan mengeluarkan kotoran yang keras, bergumpal, dan berbentuk kecil-kecil terpisah seperti kacang. Salah satu penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan cairan per hari yang tinggi dapat mencegah terjadinya konstipasi. Selain asupan cairan yang tinggi, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya konstipasi: Asupan cairan yang tinggi. Rata-rata dibutuhkan sekitar 8 gelas air putih per hari, namun sebenarnya kebutuhan cairan seseorang sangat tergantung pada jenis kelamin, usia, aktivitas dan kondisi kesehatan. Semakin tinggi aktivitas maka semakin banyak cairan yang diperlukan. Pria dan Ibu hamil dan menyusui membutuhkan kebutuhan cairan yang lebih. Tips mengatasi sulit buang air besar lainnya: Tips Atasi Kesulitan Buang Air Besar 2. Hindari minuman yang mengandung kafein Kafein dapat memperparah konstipasi. 3. Perbanyak kons [...]

9 Penyebab Bintik pada Penis

9 Penyebab Bintik pada Penis

Bukan cuma wanita yang perlu memperhatikan area kewanitaannya. Kaum pria pun perlu memperhatikan kesehatan organ intimnya. Seringkali, para pria menjadi khawatir ketika menemukan terdapat bintik atau bintil yang muncul pada penis. Karena tidak sedikit bintik atau bintil yang muncul merupakan gejala atau tanda dari penyakit dan kondisi yang berbahaya. Jika demikian, tentu akan mengganggu rutinitas kehidupan, diantaranya terganggunya keberlangsungan kesehatan hubungan seksual. Apa saja sebenarnya yang dapat menyebabkan terjadinya bintik atau bintil pada penis? berikut penjelasan penyebab-penyebab kondisi bintik di penis oleh dr. Jessica Florencia disini: 1. Hirsutis Corona Glandis (Pearly Penile Papules) Bagaimana gejala dan tanda bintik di penis yang mengindikasikan kondisi Hirsutis Corona Glandis (Pearly Penile Papules)? Berikut penjelasannya: Hirsutis Corona Glandis (Pearly Penile Papules) biasanya diiring dengan munculnya: bintik-bintik berbentuk kubah atau runcing, diameternya kurang dari 0,5 cm, sewarna kulit atau terlihat keputihan biasanya berlokasi di kepala penis. Biasanya tersusun mengelilingi kepala penis dalam beberapa baris. Bintik-bintik in [...]

Belimbing Dapat Putihkan Gigi Alami?

Belimbing Dapat Putihkan Gigi Alami?

Bukan hanya artis, masyarakat awam pun kini semakin banyak yang ingin memiliki gigi yang putih untuk membuat tampilan senyum lebih menarik. Gigi yang mengalami perubahan warna, disebut juga diskolorasi gigi, dapat dirawat dengan perawatan pemutihan gigi (dental bleaching). Perawatan ini umumnya dilakukan dengan menggunakan bahan kimia, seperti hidrogen peroksida. Bahan kimia yang digunakan pada prosedur dental bleaching ternyata dapat menyebabkan efek samping, di antaranya gigi menjadi sensitif dan iritasi pada gusi. Maka dari itu banyak penelitian yang mencoba mencari bahan alami sebagai alternatif bahan kimia pemutih gigi. Buah stroberi disebut-sebut sebagai salah satu cara alami yang dapat membuat gigi menjadi lebih putih. Klik next untuk melanjutkan. Belimbing Dapat Putihkan Gigi Alami? Dari penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini mengungkapkan bahwa buah belimbing juga berpotensi untuk dijadikan bahan pemutih gigi. Belimbing yang digunakan dalam penelitian ini adalah belimbing wuluh atau disebut juga belimbing asam (Averrhoa bilimbi), yang banyak digunakan dalam berbagai masakan tradisional Indonesia. Buah ini mengandung asam oksalat dan peroksida, [...]

Mengenal Serat Lebih Dekat

Mengenal Serat Lebih Dekat

Kita sering mendengar bahwa serat dapat membantu memperlancar buang air besar. Namun apakah hanya itu kegunaannya? Sebenarnya apakah serat itu? Serat adalah suatu bagian dari makanan berupa tumbuhan yang tidak dapat dicerna ataupun diserap oleh tubuh sehingga akan keluar dari tubuh dalam bentuk yang utuh. Secara umum, serat dibagi menjadi 2 jenis. Mengenal Serat Lebih Dekat Secara umum, serat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu: 1. Serat larut Jenis serat ini akan larut dalam air dan membentuk bahan seperti jel. Banyak ditemukan dalam gandum, kacang, apel, jeruk dan wortel. Serat ini berguna untuk menurunkan kolesterol dan gula dalam darah. 2. Serat tidak larut Serat yang tidak larut dalam air membantu untuk membentuk masa kotoran yang baik dan lebih mudah lewat dalam saluran pencernaan sehingga dapat membantu mencegah sulit buang air besar. Banyak ditemukan dalam tepung gandum, gandum, kacang-kacangan, kol, kacang hijau dan kentang. Selain itu, secara umum, makanan tinggi serat lebih sulit untuk dikunyah dan dicerna sehingga tidak menyebabkan kita cepat lapar. Selain itu jumlah kalorinya juga rendah sehingga baik untuk membantu menurunkan berat badan dan menjaga [...]

Bayi Normal Lebih Gemuk Daripada Bayi Caesar?

Bayi Normal Lebih Gemuk Daripada Bayi Caesar?

Anak yang lahir melalui operasi caesar cenderung tidak gemuk dibandingkan dengan anak yang lahir secara normal, menurut sebuah penelitian di Brazil. Penelitian sebelumnya dari Brazil telah menemukan hubungan antara berat badan yang berlebihan dan caesar, menyebabkan beberapa ilmuwan menduga bahwa hal tersebut terjadi dikarenakan karena anak tersebut tidak terkena bakteri ketika proses melahirkan, dimana bakteri tersebut adlaha bakteri yang bisa membuat anak menjadi gemuk. Tapi temuan terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, mengatakan bahwa bukan itulah yang menjadi penyebabnya. Penelitian yang dilakukan di Brazil ini merupakan suatu kepentingan tertentu, karena pada tahun 2009, 50% lebih dari bayi-bayi di Brazil lahir secara caesar. Di Australia dan Amerika Serikat, jumlahnya terus naik selama bertahun-tahun dan sekarang sudah mencapai sekitar 30 persen. "sejak awal, kami telah mempunya pemikiran bahwa apa yang mungkin terjadi dengan penelitian sebelumnya adalah bahwa mereka tidak melakukan penyesuaian untuk semua faktor pembaur," kata Fernando Barros dari Universitas Katolik Pelotas, yang bekerja pada studi ini. Fator pembaur ini mengacu pada fakt [...]

Kolesterol Turun dengan Kedelai

Kolesterol Turun dengan Kedelai

Kedelai merupakan salah satu jenis tanaman polong-polongan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Terdapat berbagai jenis olahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai seperti susu kedelai, tempe, tahu, kecap, dan yoghurt. (Baca: Kolesterol) Kandungan Nutrisi pada Kedelai Kedelai mengandung tiga makro-nutrien utama yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu protein, karbohidrat, dan lemak. Selain itu juga terdapat kandungan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, asam folat, dan zat besi. (Baca: Kolesterol) Kedelai memiliki keunggulan dibandingkan dengan nabati lainnya yaitu mengandung semua jenis asam amino esensial/protein yang dibutuhkan tubuh. Kandungan asam amino pada kedelai memiliki kualitas yang hampir sama dengan daging, susu, dan telur. Maka dari itu kedelai disebut sebagai sumber protein nabati utama. (Baca: Kolesterol) Kedelai juga mengandung asam lemak tak jenuh yang tinggi, asam lemak jenuh rendah, tinggi serat, bebas laktosa, bebas kolesterol, omega-3, dan anti-oksidan. Kedelai mengandung beberapa jenis phytoestrogen, salah satunya isoflavon. Isoflavon mengandung banyak anti-oksidan dan memiliki efek yang menyerupai hormon estroge [...]

Waspada Gejala Mudah Lelah!

Waspada Gejala Mudah Lelah!

Oleh: dr. Nadia Octavia Anda sudah cukup tidur selama 8 jam namun masih merasa lelah, berhati-hatilah terlebih lagi jika hal tersebut disertai dengan gejala lain seperti: Nyeri kepala/pusing berputar Mata buram Penurunan atau peningkatan berat badan secara tiba-tiba Badan atau kaki bengkak Susah BAB Insomnia Depresi Berikut adalah 10 kondisi medis yang dapat menyebabkan Anda mudah lelah: Penyakit Celiac Merupakan suatu kondisi medis karena intoleransi makanan dimana tubuh Anda menjadi sensitif terhadap gluten yang biasanya terkandung pada roti, kue dan sereal. Selain mudah lelah, gejala-gejala penyakit celiac antara lain: diare, anemia dan penurunan berat badan. Anemia Salah satu kondisi medis yang paling sering mengakibatkan tubuh mudah lelah adalah anemia defisiensi besi. Hal ini biasanya menyerang wanita hamil atau sedang menstruasi yang banyak. Biasanya orang yang mengalami anemia defisiensi besi, tanpa melakukan hal apapun akan merasakan mudah lelah dan berat pada otot. Chronic fatigue syndrome Chronic fatigue syndrome atau myalgia encephalomyelitis merupakan suatu kondisi sering mudah lelah dan parah yang berlangsung sela [...]

Inilah 6 Vitamin Untuk Kulit Yang Wajib Dimiliki Tubuh

Inilah 6 Vitamin Untuk Kulit Yang Wajib Dimiliki Tubuh

Dalam bentuk apa pun, manfaat vitamin untuk kulit sangatlah signifikan. Tercukupinya kebutuhan vitamin akan membuat kulit lebih bercahaya, lebih sehat, bahkan terlibat lebih muda. Kondisi kulit bisa dijadikan sebagai indikator kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika kulit mengalami banyak masalah, kemungkinan kesehatan Anda tidak seprima yang dikira. Hal penting yang harus diperhatikan adalah kecukupan kebutuhan nutrisi Anda. Kesehatan kulit tidak hanya dipengaruhi oleh kebutuhan vitamin yang dioleskan, namun terutama dari asupan makanan. Berikut ini adalah beberapa vitamin yang memiliki peran penting bagi kondisi kulit. Vitamin A Gangguan kulit bisa diderita jika seseorang mengalami kekurangan vitamin A. Kulit kering atau kulit bersisik adalah gangguan yang erat kaitannya dengan terlalu rendahnya kadar vitamin A dalam tubuh. Jika mengalami gangguan ini, Anda dapat menambahkan vitamin A dalam diet. Bagi kulit, vitamin ini berfungsi sebagai pendukung dalam memelihara dan memperbaiki jaringan kulit. Untuk mendapatkan pasokan vitamin ini, Anda bisa mengonsumsi keju, telur, susu, yoghurt, atau ikan yang mengandung minyak. Sayuran berwarna kuning, merah, dan hijau seperti bayam, wort [...]

Cara Mencegah Turun Berok

Cara Mencegah Turun Berok

Berjuta-juta orang di dunia mengalami turun berok, terutama pria. Turun berok tak hanya dapat dialami oleh pria namun wanita pun dapat mengalaminya. Turun berok atau yang dalam istilah medis dikenal sebagai hernia merupakan suatu kondisi dimana bagian dari organ di rongga perut keluar dari tempat yang seharusnya, penyebabnya adalah dinding rongga perut yang tidak kuat. Kondisi ini bila terjadi di selangkangan disebut sebagai hernia inguinalis. Biasanya yang dikeluhkan adalah adanya benjolan, bila masih ringan maka benjolan dapat kembali atau naik dengan sendirinya namun bila sudah parah benjolan dapat menimbulkan rasa nyeri yang hebat. Turun berok tidak bisa dipandang sebelah mata karena bila tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kematian usus. Turun berok dapat membuat sensasi yang sangat tidak nyaman bagi yang mengalaminya. Apakah Turun Berok Dapat Dicegah? Bisa. Berikut caranya: Apakah Turun Berok Dapat Dicegah? Turun berok disebabkan oleh peningkatan tekanan dalam perut. Kondisi seperti sering mengangkat benda berat dan batuk kronis terkadang merupakan penyebab awal kondisi ini dan/atau memperparah keluhan turun berok. Memang tak banyak yang dapat [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *