Lebih Jauh Tentang USG

lebih-jauh-tentang-usg-alodokter.jpg

Salah satu faktor agar pengobatan berjalan optimal adalah ketepatan mendiagnosis penyakit. Untuk memastikan kondisi pasien, dokter bisa menggunakan bantuan alat USG untuk melakukan diagnosis.

USG atau ultrasound adalah teknik menciptakan gambar ilustrasi nyata yang berasal dari dalam tubuh seseorang. Dalam menciptakan gambar, alat ini memanfaatkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi.

Sebuah alat bernama transducer ditempelkan pada tubuh untuk memancarkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi. Kemudian tiap gema yang memantul akan membentuk citra berupa ukuran, bentuk, serta konsistensi dari jaringan lunak atau organ dalam tubuh.

Pantulan gelombang itulah yang kemudian membentuk gambar di layar komputer yang akan dibaca oleh ahlinya. Ahli USG atau sonografer tersebut kemudian akan menjelaskan apa yang muncul kepada pasien.

Dengan USG, dokter dapat mendeteksi berbagai masalah yang menimpa jaringan tubuh, pembuluh darah, dan organ-organ tubuh. Hebatnya, alat ini tidak memerlukan pembedahan saat mencitrakan masalah dalam tubuh. Keunggulan lain dari metode yang juga dikenal dengan nama sonografi ini adalah nihilnya penggunaan radiasi.

Kondisi Apa Saja Yang membutuhkan Diagnosis USG?

Meski umumnya USG memakai transducer hanya sebatas ditempelkan di kulit, namun ada beberapa teknik USG yang perlu memasukkan transducer ke tubuh. Teknik ini membutuhkan transducer khusus.

Selain itu, perkembangan teknologi membuat hasil pencitraan USG bukan saja lebih akurat, namun juga bisa digunakan dengan tujuan lebih spesifik. Beberapa tujuan pemakaian dan jenis USG yang digunakan antara lain:

  • Mengetahui masalah yang ada di dalam prostat dengan memakai USG Transrectal.
  • Mendapatkan pencitraan dari rahim dan ovarium melalui USG Transvaginal.
  • Mendapat gambar yang jelas dari organ jantung melalui e
  • Memperoleh gambar yang jelas dari peredaran darah melalui pembuluh darah dengan USG teknologi Doppler.
  • Mendapatkan visualisasi jaringan perut dan organ melalui USG
  • Mendapatkan gambar jaringan payudara lewat USG
  • Memonitor denyut jantung pada janin, biasanya memakai teknologi Doppler.
  • Memonitor perkembangan janin pada ibu hamil.
  • Mengumpulkan sampel jaringan tubuh melalui teknik biopsi dipandu
  • Melihat visualisasi struktur mata dengan USG

Yang Dialami Pasien Saat Menjalani USG

Pasien yang akan melakukan USG biasanya akan diminta untuk berbaring telentang. Sonografer kemudian akan mengoleskan cairan khusus guna mencegah terjadinya gesekan yang keras antara kulit dan transducer. Cairan tersebut juga berfungsi memudahkan pengiriman gelombang suara ke dalam tubuh.

Transducer yang biasanya menyerupai mikrofon sebesar sabun akan digerak-gerakkan di wilayah yang diolesi cairan khusus. Gerakan ini diperlukan agar gelombang suara yang dikirim mampu memantul kembali dan memunculkan gambar yang baik.

Jika pasien ingin melakukan USG pada organ dalam tertentu semisal kandung empedu, maka pasien diminta untuk tidak makan dan minum selain air putih selama 6-8 jam sebelum pemeriksaan dilakukan. Hal ini diperlukan agar kantong empedu tidak mengalami penyusutan ukuran.

Sementara itu, bagi ibu hamil yang berniat memeriksakan kondisi janinnya, dokter bisa menganjurkan untuk minum air minimal 4-6 gelas sekitar satu atau dua jam sebelum USG. Tujuannya agar kandung kemih terisi sehingga membantu meningkatkan kualitas gambar.

Selama melakukan USG, sonografer mungkin akan menyuruh pasien mengubah posisi. Hal ini dilakukan agar akses gelombang pada organ yang diperiksa makin mudah. Mudahnya gelombang suara mengakses organ makin meningkatkan kualitas gambar yang diperoleh.

Jika proses USG selesai, sonografer akan membersihkan gel yang dioleskan. Prosedur ini sendiri biasanya memakan waktu kurang dari setengah jam. Tidak ada larangan bagi pasien setelah melakukan USG, jadi mereka dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

Meski pemeriksaan dengan USG memiliki risiko yang minimal, namun tetap saja prosedur ini memiliki keterbatasan. Gelombang suara dari alat ini tidak mampu menembus tulang dan gas. Untuk bagian yang terhalang tulang atau gas, disarankan bagi pasien untuk memakai sarana kesehatan lainnya, seperti CT scan, MRI, atau X-ray.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Teh Hijau Bisa Membantu Atasi Kanker Kulit

Teh Hijau Bisa Membantu Atasi Kanker Kulit

Takut terkena kanker kulit? Anda bisa mengatasinya dengan khasiat dari teh hijau. Para ilmuwan menemukan bahwa teh hijau bisa membantu atasi kanker kulit. Tim dari University of Strathclyde menjelaskan kalau 40 persen tumor hilang dengan menggunakan senyawa yang disebut epigallocatechin gallate.Teh hijau memang memiliki sifat anti-kanker, dan ekstrak ini sudah diteliti sejak lama. Namun, para peneliti baru saja berhasil menyembuhkan tumor dengan khasiat teh hijau. Hal itu ditunjukkan dengan adanya tes laboratorium pada orang yang terkena kanker kulit. Kanker mereka sembuh hingga 40 persen setelah sebulan pengobatan dengan teh hijau."Hasil ini merupakan kabar baik bagi kami dan berharap bisa menjadi pengobatan alternatif terbaru untuk melawan kanker kulit," ujar Dr. Christine Dufes, selaku ketua penelitian sekaligus dosen senior di Strathclyde Institute of Pharmacy and Biomedical Sciences, seperti dikutip dari Times of India.Dufes juga menjelaskan kalau metode dengan menggunakan ekstrak teh hijau membantu mengurangi ukuran tumor setiap hari. Bahkan, dalam beberapa kasus, tumor para penderita benar-benar hilang. Penelitian ini pun sudah dipublikasikan dalam jurnal Nanomedicine.Men [...]

Rokok Elektronik Sama Saja Bahayanya dengan Rokok Biasa

Rokok Elektronik Sama Saja Bahayanya dengan Rokok Biasa

Rokok Elektronik atau yang sedang tren belakang ini dengan sebutan vapor saat ini, dijual dengan promosi lebih tidak beracun dibandingkan rokok biasa. Dengan populer istilah ?vapor?, rokok elektronik senantiasa digaungkan dengan ciri khas pengepul uap air yang disugestikan tidak berbahaya bagi tubuh. Namun kenyataannya, beberapa studi yang dilakukan baru-baru ini menunjukan bahwa rokok elektronik tetap mengandung partikel pencetus kanker dan peradangan organ pernapasan yang membuat bakteri lebih tahan terhadap antibiotik yang diberikan. Artinya, rokok elektronik sama saja bahayanya untuk kesehatan Anda dengan rokok konvensional. Masih belum percaya? Maka sudah saatnya Anda harus mengetahui beberapa hal berikut ini mengenai fakta tentang rokok elektronik: 1. Dipromosikan lebih aman dibanding rokok biasa. Stanton Glantz seorang peneliti masalah penggunaan tembakau di California, pernah mengatakan bahwa asap yang ditimbulkan oleh rokok elektronik lebih tidak beracun dibanding rokok biasa. Namun tidak lama kemudian akhirnya ia meralat pernyataannya, karena sedikitnya terdapat 13 penelitian yang menunjukkan risiko yang besar dibanding yang para peneliti duga selama [...]

Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Oleh : dr. Salma Oktaria Federasi Jantung Sedunia (World Heart Federation / WHF) memperkirakan penyakit kardiovaskuler akan menjadi penyebab utama kematian di Asia pada tahun 2010. Oleh karena itu, diharapkan dengan pencanangan program ?Indonesia Sehat 2010? oleh Departemen Kesehatan RI, angka kematian akibat penyakit jantung dapat ditekan hingga batas yang paling rendah. Sesungguhnya tidak sulit untuk menekan risiko ancaman penyakit jantung. Untuk langkah awal, Anda dapat mengikuti beberapa kiat berikut ini: Menyesuaikan pola makan Cobalah mengonsumsi lebih banyak makanan seperti beras, sayur-sayuran (buncis, bayam, dsb), buah-buahan, ikan, biji-bijian dan yogurt. Serta kurangi asupan makanan seperti susu, keju dan kacang-kacangan. Tambahkan bawang putih pada resep makanan Anda. Makan makanan yang mengandung beta karoten seperti wortel, kubis dan umbi-umbian. Kurangi asupan natrium, tidak lebih dari 1¼ sendok the garam dalam sehari. Makan makanan secara teratur. Minum air secukupnya. Ubah kebiasaan minum kopi dengan teh. Merubah pola dan gaya hidup Olahragalah secara teratur. Pada awalnya dapat dipilih jenis olahraga berintensitas ringan hingga sed [...]

Bayi Normal Lebih Gemuk Daripada Bayi Caesar?

Bayi Normal Lebih Gemuk Daripada Bayi Caesar?

Anak yang lahir melalui operasi caesar cenderung tidak gemuk dibandingkan dengan anak yang lahir secara normal, menurut sebuah penelitian di Brazil. Penelitian sebelumnya dari Brazil telah menemukan hubungan antara berat badan yang berlebihan dan caesar, menyebabkan beberapa ilmuwan menduga bahwa hal tersebut terjadi dikarenakan karena anak tersebut tidak terkena bakteri ketika proses melahirkan, dimana bakteri tersebut adlaha bakteri yang bisa membuat anak menjadi gemuk. Tapi temuan terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, mengatakan bahwa bukan itulah yang menjadi penyebabnya. Penelitian yang dilakukan di Brazil ini merupakan suatu kepentingan tertentu, karena pada tahun 2009, 50% lebih dari bayi-bayi di Brazil lahir secara caesar. Di Australia dan Amerika Serikat, jumlahnya terus naik selama bertahun-tahun dan sekarang sudah mencapai sekitar 30 persen. "sejak awal, kami telah mempunya pemikiran bahwa apa yang mungkin terjadi dengan penelitian sebelumnya adalah bahwa mereka tidak melakukan penyesuaian untuk semua faktor pembaur," kata Fernando Barros dari Universitas Katolik Pelotas, yang bekerja pada studi ini. Fator pembaur ini mengacu pada fakt [...]

Tips Memakai Komputer Agar Tak Merusak Mata

Tips Memakai Komputer Agar Tak Merusak Mata

Tidak hanya menyebabkan kondisi mata menjadi lelah, menatap layar komputer terlalu lama juga bisa merusak mata. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut beberapa cara menggunakan komputer yang tepat.Menurut sebuah penelitian, layar komputer tidak memancarkan radiasi berbahaya seperti sinar X atau cahaya ultraviolet. Jadi, kelelahan yang biasa terjadi saat menatap layar komputer terlalu lama bukan dikarenakan oleh paparan sinar monitor, melainkan oleh faktor lain, seperti yang dikutip dari lifemojo.Faktor lain tersebut adalah pencahayaan yang buruk, posisi komputer atau barang lain yang tidak benar. Ketegangan yang berlebihan pada mata atau yang biasa disebut Computer Vision Syndrome dapat mengakibatkan mata gatal atau terasa terbakar, penglihatan ganda atau kabur serta sakit kepala. Untungnya ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mata dari kelelahan dan ketegangan. Hal yang paling utama dan harus dilakukan adalah pengaturan posisi komputer dan pencahayaan.1. Jauhkan komputer kurang lebih 20-30 inci atau sekitar panjang lengan dari mata Anda. Usahakan agar monitor sejajar dengan arah pandang mata Anda. 2. Miringkan layar monitor ke arah belakang sebanyak 1 [...]

Mata Silinder dan Cara Mengobatinya

Mata Silinder dan Cara Mengobatinya

Mata silinder memiliki istilah medis astigmatism. Istilah tersebut mengacu pada kondisi mata yang mengalami penglihatan kabur dan berbayang karena bentuk kornea atau lensa mata tidak cembung sempurna. Tanda dan gejala paling umum yang dirasakan penderita mata silinder adalah penglihatan kabur atau berbayang. Penderita menjadi sering memicingkan mata ketika melihat jauh maupun dekat. Selain itu, penderita biasanya mengeluh kesulitan membaca tulisan yang kecil. Sakit kepala, mata tegang, dan lelah setelah membaca atau memakai komputer adalah beberapa keluhan yang mungkin muncul jika kondisi ini tidak diobati. Pada gangguan mata silinder yang ringan, gangguan penglihatan mungkin tidak terjadi secara signifikan. Sayangnya, jika mata silinder diderita oleh anak-anak, mereka kemungkinan besar tidak akan menyadarinya. Hal ini mungkin terjadi karena pengetahuan anak-anak mengenai suatu benda belum sempurna. Pada anak-anak, gejala mata silinder dapat berupa sulitnya mereka fokus pada tulisan yang tercetak dalam buku mereka. Mereka juga mungkin akan mengalami sakit kepala, kelelahan, dan ketegangan pada mata. Kenapa Mata Bisa Silinder? Mata memiliki beberapa komponen kunci agar bisa melih [...]

Bahaya Perokok Pasif

Bahaya Perokok Pasif

Apakah perokok pasif itu? Perokok pasif adalah seseorang yang menghirup asap rokok (dari orang yang merokok) dan langsung berasal dari sisa pembakaran rokok. Perokok pasif menghirup berbagai senyawa kimia diantaranya: Amonia: digunakan dalam produk pembersih lantai Butan: digunakan di dalam cairan pemantik Karbon monoksida: ditemukan di dalam knalpot mobil Kromium: digunakan untuk pembuatan besi Sianida: digunakan dalam pembuatan senjata api Formaldehid: digunakan pada industri kimia Timbal: bahan metal yang beracun Polonium: suatu substansi radioaktif Partikel-partikel berbahaya tersebut dapat bertahan di dalam udara selama beberapa jam atau lebih lama. Selain itu, bukan hanya asap saja yang menjadi fokus bahaya, tetapi juga residu yang menetap pada rambut serta pakaian, karpet, ataupun sofa (disebut juga perokok ketiga), juga memiliki risiko terutama pada anak-anak. Seberapa bahaya perokok pasif? Perokok pasif dapat berbahaya dan berkontribusi menjadi masalah penyakit yang serius termasuk: Penyakit paru Paparan terhadap asap rokok dapat membahayakan kondisi paru-paru terutama bagi mereka yang memiliki asma atau PPOK (penyakit paru obstruktif kronik) Penyaki [...]

1 dari 4 Pria Mengaku Alami Gejala ‘Datang Bulan’, Ini Tanda-tandanya

1 dari 4 Pria Mengaku Alami Gejala ‘Datang Bulan’, Ini Tanda-tandanya

Menstruasi adalah siklus alami pada tubuh yang diketahui hanya terjadi pada wanita. Saat sedang haid, wanita menghadapi sejumlah gejala seperti perut kram, pegal-pegal, mudah tersinggung serta marah, hingga mengidam. Siapa sangka jika hal serupa juga dirasakan oleh pria setiap bulannya. Menurut riset, gejala itu dialami satu dari empat pria.Hal tersebut terungkap dari sebuah poling yang dilakukan oleh situs Voucher Cloud. Survei itu dilakukan kepada 2.412 orang yang sebagian adalah pria. Berdasarkan riset yang dilakukan di Inggris tersebut, dua per tiga wanita mendapati pasangannya mengidap gejala menstruasi. Mereka pun percaya bahwa pria benar-benar bisa mengalami 'datang bulan'. Bahkan satu dari lima wanita menganggap jika PMS pacar atau suaminya lebih parah dari mereka.Penelitian itu membeberkan bahwa 26% pria memiliki tanda-tanda yang bisa diasosiasikan dengan menstruasi. Beberapa gejala utamanya adalah mudah tersinggung atau kesal. Diikuti oleh rasa pegal atau kelelahan lebih dari biasanya. Para wanita pun mengungkapkan jika kekasih atau suaminya kerap mengidam, terus menerus merasa lapar, hingga alami pembengkakan tubuh. Sementara 12% pria mengaku lebih sensitif terhadap b [...]

Mood Buruk Saat Datang Bulan? Cerita Lama!

Mood Buruk Saat Datang Bulan? Cerita Lama!

Fluktuasi hormon diduga menjadi penyebab naik dan turunnya mood saat sedang haid. Sering merasa lebih emosional menjelang masa datang bulan? Kenali penyebab dan cara mencegah fluktuasi mood saat haid tiba. PMS dan Hormon Perubahan mood sering menjadi ciri utama Premenstrual Syndrome (PMS). PMS adalah gejala-gejala akibat perubahan hormon menjelang masa menstruasi. Umumnya periode ini terjadi 10 hari sebelum masa datang bulan, saat kadar hormon estrogen dan progesteron berubah drastis. Sejak masa awal pubertas, ovarium wanita mulai melepaskan hormon estrogen. Dalam satu siklus menstruasi, estrogen terus dilepaskan hingga mencapai puncaknya saat terjadi pelepasan sel telur atau ovulasi. Setelah itu kadar estrogen menurun drastis sebelum akhirnya pelan-pelan meningkat lagi. PMS sering diidentikkan dengan depresi, kecemasan, perasaan yang sensitif, melankoli, atau bahkan kemarahan dan membenci diri sendiri. Wanita yang sedang mengalami PMS cenderung mempersepsikan segala hal atau komentar dari sudut pandang negatif, meski fakta nyatanya tidak demikian. Selain suasana hati yang terpengaruh perubahan kadar hormon, gejala PMS lain adalah diare, payudara terasa nyeri, dan kram. Kadar nor [...]

Pemeriksaan Darah yang Aman untuk Deteksi Dini Sindrom Down

Pemeriksaan Darah yang Aman untuk Deteksi Dini Sindrom Down

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia KlikDokter.Com - Sebuah pemeriksaan darah pada awal masa kehamilan dapat mengidentifikasi apakah janin yang dikandung memiliki sindrom Down (down syndrome) tanpa melalui prosedur yang berisiko dan invasif. Skrining sindrom Down biasanya dilakukan pada trimester pertama dan kedua dan dapat mendeteksi kehamilan yang memiliki risiko tinggi sindrom ini. Banyak ibu hamil yang memilih untuk menterminasi kehamilan seperti ini. Pemeriksaan ultrasonografi yang non-invasif dan pemeriksaan darah tertentu dapat menentukan apakah pemeriksaan yang lebih invasif diperlukan. Pemeriksaan ini dilakukan untuk konfirmasi adanya sindrom Down dan dilakukan dengan cara memasukkan jarum ke dalam rahim untuk mengambil sampel cairan amnion (amniosentesis) atau sedikit bagian dari plasenta untuk dilakukan analisis (chorionic villus sampling atau VCS). Tindakan ini memiiki risiko terjadinya keguguran. Selain itu, ketika hasil pemeriksaan muncul, biasanya kehamilan sudah menginjak minggu ke-18 atau 19 sehingga keputusan untuk menterminasi kehamilan lebih berat secara emosional. Karena itu keputusan untuk melakukan skrining sindrom Down umumnya dihadapi dengan rasa ketakutan dan ke [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *