Makan Bawang Putih Buat Aroma Tubuh Pria Lebih Menarik Bagi Wanita

garliccvr.jpg

Bawang putih sering diasosiasikan sebagai penyebab bau badan dan bau mulut, meskipun manfaatnya baik untuk kesehatan. Namun sebuah penelitian telah menampik anggapan umum tersebut. Mengonsumi bawang putih, justru bisa membuat pria lebih menarik bagi lawan jenisnya.

Dalam serangkaian penelitian yang dimuat dalam jurnal Appetite, seperti dikutip dari Huffington Post, ditemukan bahwa konsumsi banyak bawang putih akan membuat aroma tubuh pria jadi semakin menarik bagi wanita. Hasilnya pun cukup signifikan.

Para peneliti dari Charles University, Praha, Republik Cekoslovakia melakukan percobaan terhadap partisipan yang semuanya pria. Partisipan dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama diharuskan makan sandwich dengan isian keju dan 12 gram (sekitar enam siung) bawang putih. Sementara kelompok kedua makan sandwich keju tanpa bawang putih.

Agar hasil penelitian semakin akurat, partisipan diminta membatasi pemakaian atau konsumsi segala sesuatu yang bisa memengaruhi aroma tubuh alami. Misalnya tidak memakai deodoran atau merokok. Para partisipan kemudian diberi kapas yang dipakai di ketiak, guna mengumpulkan sampel keringat dan aroma tubuh selama dalam 12 jam.

Baca Juga: 50 Foto Before-After Selebriti yang Operasi Plastik

Satu minggu kemudian kapas-kapas tersebut dikumpulkan dan diberikan kepada responden wanita untuk dihirup. Setelah menghirup aromanya, mereka harus memberi nilai pada masing-masing kapas tentang tingkatan daya tarik.

Kapas yang diambil dari ketiak pria yang makan bawang putih dinilai memiliki aroma yang lebih menarik, menyenangkan dan maskulin. Berlawanan dengan anggapan yang menyebutkan bawang putih bisa menyebabkan bau badan tak sedap, aroma tubuh partisipan di kelompok pertama justru jadi tidak terlalu menyengat.

Konsumsi 12 gram bawang putih mentah, terbukti bisa meningkatkan daya tarik pria dari level 2,9 ke 3,1, dalam skala 1-7. Bukan perbedaan yang terlalu ekstrem memang, namun cukup untuk membuktikan bahwa makan bawang putih memberi pengaruh besar terhadap kondisi tubuh.

Bawang putih kaya akan antioksidan yang terbukti bisa membuat aroma tubuh lebih ‘bersahabat’. Bawang putih juga memiliki komponen antibakteri dan menyehatkan jantung serta pembuluh darah. Setiap siungnya mengandung alicin dan antioksidan pelawan racun.

Dilansir majalah Glamour, saat dicerna dalam tubuh alicin akan bereaksi dengan darah untuk menciptakan ‘agen-agen’ yang bertugas membunuh bakteri dan virus jahat. Bawang putih juga efektif menurunkan kolesterol dan menstabilkan tekanan darah. Karena sifatnya yang menyehatkan, maka itu juga terefleksi dari aroma tubuh. Itulah mengapa aroma tubuh pemakan bawang putih dianggap lebih menarik bagi wanita.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Perut Anda Buncit? Hati-Hati Terkena Penyakit Jantung

Perut Anda Buncit? Hati-Hati Terkena Penyakit Jantung

Perut buncit merupakan pemandangan yang kita jumpai sehari-hari. Ada yang berpendapat hal itu wajar terjadi seiring bertambahnya usia, atau memaklumi karena gaya hidup sudah semakin ramah kepada kenikmatan hidangan makanan. Tak ayal, karena terlena pola makan kurang terkendali, ditambah lagi faktor badan luput dari rutinitas olahraga. Jangan heran, jika perut buncit muncul membesar. Namun tahukah Anda, perut buncit ternyata berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung? Lemak pada daerah perut ternyata lebih berbahaya jika dibandingkan dengan lemak yang berada dibawah kulit manusia atau lemak di daerah lain. Dalam dunia kedokteran, perut buncit juga dikenal dengan istilah obesitas sentral. Mengapa lemak ini berbahaya? Mari kita terlusuri lebih lanjut. Apa itu Obesitas Sentral? Obesitas sentral adalah sebuah keadaan dimana lemak berkumpul di sekitar perut dan berpotensi menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan manusia. Pemeriksaan sederhana berupa pengukuran lingkar perut dapat dilakukan untuk menegakkan diagnosis obesitas sentral. Pada sebuah penelitian di Belanda, lingkar perut >102 cm pada laki-laki dan >88cm pada perempuan, berhubungan deng [...]

5 Mitos Kanker Payudara yang Harus Stop Anda Percaya Saat Ini Juga

5 Mitos Kanker Payudara yang Harus Stop Anda Percaya Saat Ini Juga

Mitos-mitos kesehatan seringkali menimbulkan pemahaman yang keliru pada banyak orang. Akibatnya bisa fatal apabila mitos yang beredar mengenai penyakit serius, salah satunya kanker payudara. Informasi keliru soal penanganan penyakit berbahaya ini bisa memicu penanganan yang salah apabila sampai dipercaya dan ditelan mentah-mentah, baik oleh penderita maupun orang lain.Memperingati bulan kesadaran akan payudara pada Oktober ini, Wolipop merangkum berbagai mitos paling umum seputar penyakit tersebut yang tidak sepenuhnya benar. Simak baik-baik agar tidak salah langkah dalam pengobatan.1. Kanker Payudara Hanya Terjadi pada WanitaPria pun bisa terkena kanker payudara, meskipun potensinya 100 kali lebih rendah dibandingkan wanita. Pria memiliki risiko mengidap kanker payudara sebesar 0,1 persen, sementara wanita 12,5 persen. Namun diagnosa kanker payudara pada pria biasanya baru diketahui ketika sudah dalam tahap stadium lanjut. Jadi ada baiknya jika pria pun mulai mengamati perubahan-perubahan pada payudaranya dan memeriksakan ke dokter agar penanganannya lebih mudah.2. Kanker Payudara Hanya Dialami Wanita Paruh BayaKanker payudara tidak memandang usia, penyakit ini bisa menyerang w [...]

Hati-hati, Sepatu Anda Bisa Membawa Kuman Penyebab Diare

Hati-hati, Sepatu Anda Bisa Membawa Kuman Penyebab Diare

Tahukah Anda, sepatu atau alas kaki yang dipakai setiap hari, ternyata menyimpan bakteri yang membahayakan kesehatan? Dalam sebuah studi terbaru, para peneliti dari University of Houston menemukan bahwa 40 persen sample yang diambil dari ambang pintu, terkontaminasi bakteri C. difficile. Begitu juga pada 39 persen sol sepatu.C. difficle, atau biasa disebut C. diff merupakan bakteri penyebab diare dan pada beberapa kasus bisa berkembang menjadi peradangan usus besar. Yang menjadi masalah, bakteri ini tidak bisa hilang hanya dengan membersihkan sepatu atau kaki, bahkan beberapa diantaranya resisten terhadap antibiotik.Penelitian yang dipublikasikan dalam The New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa hampir setengah juta orang terinfeksi bakteri C. diff setiap tahunnya. Penyebaran bakteri ini banyak terjadi pada pasien rumah sakit, namun 35 persen kasus terjangkitnya diare akibat C. diff ditemukan di tempat lain.Baca Juga: 50 Inspirasi Baju Lebaran 2015 Bagaimana bakteri C. diff bisa bersarang di sepatu? Seperti dikutip dari Women's Health, M. Jahangir Alam, Ph.D., yang ikut terlibat dalam penelitian menjelaskan, sepatu bisa terkontaminasi kuman dari berbagai tempat. Sering [...]

Berjemur Saat Tengah Hari Menyehatkan?

Berjemur Saat Tengah Hari Menyehatkan?

Terkadang masyarakat bingung tentang waktu yang tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari. Kebanyakan dari mereka mengidentifikasi bahwa berjemur di tengah hari dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Namun sebuah rekomendasi kesehatan yang baru justru menyarankan agar masyarakat mendapatkan paparan sinar matahari yang sedikit, tanpa menggunakan suncream, di saat tengah hari. Tujuh organisasi kesehatan telah mengeluarkan saran secara bersamaan tentang vitamin D alami yang didapat oleh tubuh dari paparan sinar matahari. Vitamin D ini dapat membuat tulang menjadi semakin kuat dan dapat melindungi Anda dari penyakit Osteoporosis. Cancer Research UK dan The National Osteoporosis Society juga menyetujui tentang paparan sinar matahari yang ?sedikit dan sering? di musim panas, selama beberapa kali seminggu dapat bermanfaat bagi kesehatan. Para pakar kesehatan pun kini mengatakan bahwa pergi ke luar di bawah sinar matajari yang terik di tengah hari adalah hal yang baik, selama Anda menutupi atau menggunakan sunscreen sebelum kulit Anda berubah menjadi merah. Profesor Rona Mackie, dari Asosiasi Dermatologi Inggris, mengatakan bahwa menggunakan perlindungan total dari matahari d [...]

Kisah Pria Tuna Netra yang Sukses Ikut 17 Kali Maraton

Kisah Pria Tuna Netra yang Sukses Ikut 17 Kali Maraton

Memiliki kekurangan fisik tidak bisa melihat bukan menjadi penghalang untuk Richard Bernstein melakukan aktivitas olahraga favoritnya yaitu berlari. Sampai saat ini pria 40 tahun itu sudah 17 kali mengikuti maraton dan triatlon. Maraton yang dilakukannya itu bukan hanya sekadar untuk menyehatkan tubuhnya, tapi ada satu tujuan yang ingin dicapainya untuk kesejahteraan para penyandang disabilitas.Sehari-harinya, Richard berprofesi sebagai pengacara. Dia kerap menangani kasus yang memperjuangkan hak penyandang disabilitas. Berbasis di Detroit, Amerika Serikat, dia sudah banyak terlibat pada kasus-kasus hukum terkait perjuangan hak tersebut. Kasus-kasunya itu tidak sedikit yang berdampak ke seluruh negeri. Salah satunya adalah ketika Detroit harus memperbaiki dan membuat lift khusus untuk pengguna kursi roda di bus umum."Apa yang terjadi di kota tempatku tinggal di Detroit, orang-orang disabilitas, khususnya para veteran, tidak bisa menggunakan bus umu. Bukan lagi hal umum untuk mereka menghabiskan waktu sepanjang sore di terminal bus. Sekitar 50% bus yang beroperasi lift khusus untuk pengguna kursi rodanya rusak," katanya seperti dikutip ABC.Richard sangat prihatin karena lift khus [...]

Minyak Tanah Berbahaya Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Minyak Tanah Berbahaya Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Terdapat kebiasaan masyarakat dalam mengobati luka, yang telah dilakukan secara turun temurun meskipun manfaat dan keamanannya belum terbukti. Salah satu bentuk kebiasaan tersebut adalah mengoleskan minyak tanah untuk menangani luka dikulit. Bagaimanakah pandangan medis terhadap metode tradisional ini? Kabar yang beredar bahwa minyak tanah memiliki efek penyembuhan luka, hingga belakangan ini muncul propaganda bahwa minyak tanah adalah obat segala macam kanker, sesungguhnya belum terbukti dari sisi medis. Dari berbagai penelitian yang terpercaya, justru penggunaan minyak tanah pada tubuh manusia terbukti mengancam kesehatan. Apa saja efek yang ditimbulkan oleh penggunaan minyak tanah secara berlebihan? Akut (segera): efek lokal yang dapat muncul berupa iritasi kulit, kelumpuhan mendadak, infeksi, gangguan jantung Kronik (jangka lama): menurunkan fungsi imun, penyakit autoimun, asma, alergi, infertilitas, keguguran, retardasi mental, kerusakan kulit dan saraf Halaman berikut menjelaskan bagaimana minyak tanah sebenarnya berbahaya untuk kesehatan Anda Minyak Tanah Justru Berbahaya Gangguan saraf adalah kelainan terberat yang diketahui dimunculkan oleh penggun [...]

Sudahkah Anda Menggunakan Mouse dengan Benar?

Sudahkah Anda Menggunakan Mouse dengan Benar?

Apakah Anda sering menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer? Apakah Anda sering main game dengan laptop Anda? Jika jawabannya ya dan Anda pernah atau sedang mengalami nyeri pada lengan atau pergelangan tangan, bisa jadi Anda mengalami mouse elbow atau yang dikenal di dunia medis dengan istilah epicondylitis overuse injury. Apakah itu epikondilitis dan apa penyebabnya? Mouse elbow atau epikondilitis merupakan suatu bentuk cedera akibat penggunaan otot atau tendon yang berlebih dan menyebabkan degenerasi serta stress berulang pada lengan bawah dan pergelangan tangan Anda, seperti misalnya memindahkan dan mengklik menggunakan mouse. Nyeri dapat terjadi pada bagian luar dari pergelangan tangan Anda ataupun lengan bawah Anda. Dengan stress yang berulang dan repetitif, Anda dapat mengalami nyeri pada otot dan tendon bahkan saat beristirahat, yang dapat menyebabkan kelemahan dalam melemahnya kekuatan genggaman tangan. Bagaimana cara mengurangi nyeri tersebut? Berikut penjelasannya. Bagaimana cara mengurangi nyeri tersebut? Es Gunakan es pada pergelangan tangan untuk mengurangi peradangan dan nyeri. Aplikasikan 2-3 kali sehari selama 15-20 menit. Pereganga [...]

Berkumur dengan Mouthwash Setelah Sikat Gigi, Penting atau Tidak?

Berkumur dengan Mouthwash Setelah Sikat Gigi, Penting atau Tidak?

Perlukah berkumur dengan mouthwash setelah sikat gigi? Beberapa orang meyakini mouthwash bisa membantu membersihkan plak dan kotoran yang tidak terjangkau sikat gigi. Tapi sebelum menerapkannya, ada baiknya jika Anda menyimak dulu fakta-fakta berikut ini.Survei yang dilakukan TePe, retailer produk perawatan gigi dan gusi menunjukkan masih banyak orang yang tidak tahu cara memelihara kesehatan mulut yang benar. Sebanyak 20 persen orang yang disurvei mengaku hanya menyikat gigi satu kali sehari, sementara yang dianjurkan para ahli adalah dua kali sehari. Sementara 45 persen responden bahkan tidak tahu tentang flossing dan dental floss yang juga perlu dilakukan untuk membersihkan sela-sela gigi setelah menyikat.Salah satu mitos yang paling sering keliru adalah cara penggunaan mouthwash atau obat kumur. Seperti dikutip dari Daily Mail, mouthwash umumnya berfungsi untuk mencegah pembentukan plak, membunuh bakteri yang tak terjangkau hanya dengan menyikat gigi juga sebagai penyegar napas.Banyak orang menganggap fungsi dan kandungan di dalam setiap produk mouthwash sama, padahal, sama seperti pasta gigi, obat kumur juga mengandung bahan aktif yang berbeda-beda. Sehingga penggunaannya j [...]

Payudara Membengkak & Tanda-tanda Lainnya Saat PMS

Payudara Membengkak & Tanda-tanda Lainnya Saat PMS

Hampir semua wanita mengalami Premenstrual Syndrome atau PMS sebelum menstruasi. Namun yang dinamakan PMS biasa terjadi berturut-turut setiap bulan sebelum haid seperti yang dijelaskan di sini. Beragam gejala dialami oleh para wanita, seperti apa?Saat dikutip dari detikhealth kemarin, dokter dari departemen psikiatri Fakultas Kesehatan Unversitas Indonesia, Sylvia D Elvira, gejala yang terjadi saat masa PMS umumnya ditandai dengan payudara mengencang, kepala pusing, serta merasa kembung. Ada pula faktor psikologis yang timbul ketika PMS, misalnya sedih, putus asa, cemas, tegang, dan mudah tersinggung. Namun, jika Anda merasakan lima gejala psikis tersebut berarti termasuk mengalami PMS yang parah. "Jika perempuan mengalami kelima gejala tersebut maka sudah masuk ke PMS parah yang disebut dengan Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD)," jelas Sylvia.PMDD merupakan gejala berat yang terjadi sebelum 'datang bulan'. Dokter Mary M. Gallenberg, M.D. dari situs Mayo Clinic mengatakan, PMDD juga menimbulkan gejala bisa menyebabkan suasana hati menjadi kacau yang akan membuat pekerjaan berantakan."PMDD membuat suasana hati lebih ekstrim yang dapat mengganggu pekerjaan serta membuat hubung [...]

Hati-hati, Awalnya Stroke Ringan, Selanjutnya Stroke

Hati-hati, Awalnya Stroke Ringan, Selanjutnya Stroke

Stroke ringan memiliki durasi serangan yang singkat dan dapat menghilang dalam beberapa menit. Namun meski gejalanya telah pergi, penyakit ini tetap menyimpan bahaya mematikan jika diabaikan, termasuk kematian. Stroke ringan sendiri dalam bahasa medis dinamakan serangan iskemik transien atau transient ischaemic attack (TIA). Penyebab penyakit ini sama dengan stroke, yaitu terhalangnya aliran darah ke otak. Sehingga wajar jika gejala yang muncul mirip dan organ tubuh yang terlibat pun sama. Gejala TIA atau stroke ringan sendiri biasanya mudah dilihat melalui wajah, lengan, dan kemampuan bicara. Stroke ringan dapat menyebabkan kelemahan otot wajah sehingga wajah turun ke salah satu sisi, tidak bisa senyum, mata, atau mulut turun ke bawah. Penderita stroke ringan kemungkinan takkan mampu mengangkat kedua lengan. Hal ini terjadi karena lengan mereka lemas atau mati rasa pada salah satu sisi. Pada orang yang mengalami stroke ringan, kemampuan bicara mereka juga bisa terganggu. Mereka akan cadel, tidak beraturan, atau bahkan tidak mampu bicara sama sekali. Jika salah satu gejala yang telah disebutkan, maka segeralah menghubungi dokter. Perbedaan mendasar antara stroke ringan dengan st [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *