Makan Serangga Dapat Mencegah Kegemukan Badan

makan-serangga-sehat.jpg

Baru-baru ini sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Badan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) menunjukkan bahwa konsumsi serangga memberikan efek kesehatan yang baik. Sumber nutrisi di dalam serangga ternyata baik bagi kesehatan dan dapat membantu mencegah obesitas.

Belahan dunia Afrika dan Asia merupakan wilayah percontohan yang telah menunjukkan bahwa konsumsi serangga tidak berbahaya. Serangga seperti belalang, rayap semut telah diolah sedemikian rupa oleh bangsa Afrika dan Asia menjadi makanan yang garing dan renyah serta bernutrisi tinggi.

Di beberapa negara Asia dan Afrika, serangga memang merupakan makanan ringan tradisional yang umum dijual di pinggir jalan sebagai makanan cemilan pinggir jalan yang gurih dan terjangkau.

Dan percaya atau tidak, ternyata serangga dilaporkan oleh Organisasi Makanan dan Pangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Food and Agriculture Organization of The United Nations, FAO UN) sebagai sumber nutrisi protein setinggi daging sapi dan menyehatkan. Berikut penjelasannya:

Serangga Ternyata Berprotein Tinggi

Organisasi Makanan dan Pangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Food and Agriculture Organization of The United Nations, FAO UN) melaporkan bahwa ada banyak serangga yang mengandung protein sama seperti daging sapi dan mengandung lemak hewani yang lebih baik untuk kesehatan.

Selain itu kandungan vitamin dan mineral dalam serangga juga cukup banyak, bahkan dapat lebih tinggi daripada daging sapi biasa. Namun, pemrosesan makanan seperti merebus, menggoreng dan mengeringkan tentu saja akan mempengaruhi kandungan nutrisi dalam serangga.

Sayang sekali, stigma di masyarakat bahwa makanan dari serangga itu berbahaya masih cukup besar sehingga masyarakat masih merasa enggan untuk mengkonsumsi serangga. Namun, PBB meyakini dengan menggalakan sosialisasi dan budaya peternakan serangga maka masyarakat akan lebih terbiasa untuk mengkonsumsi serangga. Beberapa negara di wilayah barat bahkan sudah mulai menjual serangga dalam bentuk makanan kering dan makanan ringan.

Beberapa serangga yang sudah sering dikonsumsi di berbagai belahan dunia dan sedang disosialisasikan oleh PBB adalah semut, jangkrik, belalang, rayap, larva lalat, cacing (mealworms), ulat, kalajengking dan larva lebah.

Bagaimana dengan kita? Sebagai negara yang rakyatnya juga cukup banyak mengkonsumsi serangga, apakah Anda termasuk salah satunya?

Source:

  1. Hornby C. Eating Insects Could Help Fight Obesity, U.N. Says. [updated 2013, May 13; cited 2013 May 22]. Reuters Health Information.
  2. Food and Agriculture Organization Of The United Nations. Nutritional Value Of insects For Human Consumption. Edible Insects: Future Prospects For Food and Feed Security. Rome, 2013.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Obat Cacing dan Efek Sampingnya

Obat Cacing dan Efek Sampingnya

Penyakit cacingan disebabkan oleh cacing parasit yang hidup dan mengambil makanan dari dalam tubuh seseorang. Penyakit ini dapat diatasi dengan meminum obat cacing. Penyakit cacingan kebanyakan terjadi di negara beriklim tropis atau negara berkembang dengan makanan dan air yang tidak terjaga kebersihannya. Cacingan bisa diobati dengan meminum obat cacing atau disebut juga anthelmintic. Beberapa contoh obat cacing adalah mebendazole, praziquantel, niclosamide, piperazine, dan pyrantel. Mebendazole Biasa digunakan untuk mengobati infeksi cacing gelang, cacing tambang, cacing keremi atau cacing kerawit, cacing cambuk, dan infeksi cacing lainnya. Obat cacing ini bekerja dengan mencegah cacing menyerap gula (glukosa) tubuh. Hasilnya, cacing akan kehilangan energi lalu mati. Harap berhati-hati ketika ingin mengonsumsi obat ini bagi orang yang menderita penyakit Crohn, penyakit liver, dan kolitis ulseratif. Sebaiknya, penderita wanita menyusui dan anak-anak di bawah usia 2 tahun berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Disarankan untuk menghentikan konsumsi mebendazole jika mengalami reaksi alergi (seperti pembengkakan bibir, lidah atau wajah, sesak napas, tenggo [...]

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Pernahkah Anda mengalami tenggorokan sakit, gatal, kering, sakit ketika menelan, kadang disertai batuk? Tentu semua gejala tersebut sangat mengganggu. Sakit tenggorokan merupakan gejala utama dari faringitis atau radang tenggorokan. Penyebab terseringnya adalah infeksi virus seperti influenza atau common cold. Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus umumnya bisa membaik dengan sendirinya tanpa perlu obat-obatan. Sedangkan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri memerlukan antibiotik untuk mencegah munculnya komplikasi. Penyebab lainnya adalah alergi, iritam, gastroesophageal reflux disease (GERD), tumor, dan udara kering. Pengobatan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh selain virus dan bakteri disesuaikan dengan diagnosis penyakitnya. Untuk diagnosis pasti diperlukan pemeriksaan fisik menyeluruh oleh dokter dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan, seperti pemeriksaan darah lengkap, tes alergi, rontgen dada, dan sebagainya. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengurangi keluhan sakit tenggorokan, selengkapnya di halaman selanjutnya: Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan di ru [...]

Kurang Minum Air Bisa Buat Wanita Bad Mood

Kurang Minum Air Bisa Buat Wanita Bad Mood

Apakah Anda sering mengalami bad mood atau suasana hati buruk? Jika ya, mungkin Anda kurang banyak minum air. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dehidrasi bisa buat wanita mengalami bad mood.Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition melibatkan 25 wanita dengan kondisi hidrasi yang berbeda-beda. Hasilnya ditemukan bahwa wanita yang sedikit minum air putih cenderung mudah mengalami gejala-gejala kelelahan seperti sakit kepala dan hilangnya konsentrasi.Seperti yang dikutip dari Times, beberapa gejala itulah yang pada akhirnya memengaruhi suasana hati. Dalam penelitian ini efeknya muncul bahkan pada kondisi dehidrasi paling ringan yakni saat cairan tubuh hanya berkurang 1 persen.Meskipun pria tidak ikut serta ke dalam objek penelitiannya, ada kemungkinan berlaku hasil yang sama. Jadi jika Anda merasa letih, kesal dan sensitif, cobalah untuk meminum air mineral dingin atau minuman lain yang menyegarkan. Namun, hindari mengonsumsi minuman beralkohol dan mengandung kafein karena bersifat diuretik --mengurangi cairan tubuh."Makin pekat warna urin, itu tandanya seseorang sedang kekurangan cairan dan harus segera minum. Agar tidak mudah dehidrasi, pilih air putih [...]

Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan

Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan

Setiap tahunnya minggu pertama di bulan Agustus selalu diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia. Tahun ini pekan ASI sedunia mengangkat tema ?Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan?. Berdasarkan data World Health Organization (WHO), jutaan bayi meninggal setiap tahunnya di Asia Tenggara disebabkan oleh penyakit-penyakit yang sering terjadi pada masa kanak-kanak seperti diare dan pneumonia. Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah dengan pemberian ASI eksklusif. Pekan ASI Sedunia bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kekuatan ASI dalam menurunkan risiko kematian bayi baru lahir dan balita akibat penyakit-penyakit tersebut sehingga dapat membantu tercapainya salah satu target Tujuan Pembanguan Milenium/Millennium Development Goal?s (MDG?s) yaitu untuk menurunkan angka kematian anak hingga 2/3 pada tahun 2015. Menurut Anthony Lake, Executive Director of the UN Children?s Fund (UNICEF), ?Pemberian ASI pada satu jam pertama setelah melahirkan dapat mencegah satu dari lima penyebab kematian yang tidak diinginkan atau mencegah kematian 500.000 anak setiap tahunnya.? Air susu ibu (ASI) merupakan nutrisi terbaik bagi bayi dan balita yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan [...]

4 Cedera yang Sering Terjadi Saat Liburan

4 Cedera yang Sering Terjadi Saat Liburan

Liburan yang menyenangkan bisa berakhir menjadi bencana jika Anda tidak berhati-hati. Seperti yang dikutip dari MSN, berikut ini lima kasus cedera serta masalah kesehatan paling umum terjadi saat liburan. Apa saja?1. Bahaya Dekorasi Banyak orang yang dilarikan ke UGD (Unit Gawat Darurat) selama liburan karena terjatuh dari atap, tangga, kursi dan permukaan yang mudah goyah lainnya saat sedang mendekorasi rumah mereka. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memperkirakan bahwa ada sebanyak 5.800 orang yang masuk ke UGD selama 1 Desember hingga 31 Januari tiap tahunnya. Rata-rata mereka mengalami memar dan patah tulang. Selain terjatuh dari tangga, banyak juga orang yang terjatuh akibat tersandung pohon dan ornamen Natal.2. Membawa Barang Berat Seperti Santa Klaus Membeli perlengkapan Natal, dan liburan, berburu barang diskon di akhir tahun, membersihkan rumah atau kegiatan lain yang mengharuskan Anda membawa beban berat pada tubuh bisa menimbulkan rasa nyeri pada persendian. Dilaporkan bahwa pengunjung dokter yang menyediakan perawatan chiropractic mengalami peningkatan pasien pada Desember hingga Januari. Chiropractic sendiri, merupakan ilmu pengobatan alternatif ilmia [...]

Studi: Junk Food Bikin Anda Jadi Malas, Hindari Mengonsumsinya Pagi Hari

Studi: Junk Food Bikin Anda Jadi Malas, Hindari Mengonsumsinya Pagi Hari

Selain tidak bergizi dan bisa menimbulkan berbagai penyakit jika dikonsumsi setiap hari, junk food juga membuat orang menjadi malas. Menurut studi terbaru, makanan cepat saji seperti hamburger, sosis instan, nugget, ayam tepung, dapat membuat Anda tidak bersemangat dan hanya ingin bersantai.Studi juga menunjukkan bahwa sekelompok orang yang makan junk food memiliki asupan gula yang tinggi serta rendah nutrisi daripada kelompok lain yang hanya diet sayuran serta ikan. Kelompok pemakan junk food juga sering merasa kelelahan, malas, dan kurang bersemangat.Peneliti dari University of Los Angeles juga meneliti dengan seekor tikus betina yang diberikan asupan junk food selama enam bulan kemudian makanan bergizi sekitar sembilan hari tetap tidak mempengaruhi berat badan mereka. Pada manusia tidak hanya berat badan yang sulit berkurang tapi juga tingkat kemalasannya cukup tinggi.Oleh karena itu, hindari mengonsumis junk food pagi hari sebelum beraktivitas karena bisa membuat hari Anda kurang bersemangat. Sebaiknya sarapan dengan asupan yang bergizi seperti buah, sayur, ikan, dan biji-bijian. Menurut pakar diet Emilia E. Achmadi MS. RD., sarapan itu penting karena saat tidur metabolisme [...]

Oksigenasi Bisa Membantu Menyembuhkan Penyakit dan Luka

Oksigenasi Bisa Membantu Menyembuhkan Penyakit dan Luka

Dalam dunia medis, oksigenasi biasa digunakan untuk mendeskripsikan pengobatan pasien dengan memakai oksigen. Pemberian oksigen dapat dilakukan melalui alat bantu pernapasan dan di dalam ruangan beroksigen dengan tekanan kuat. Terapi ini diperlukan jika kandungan oksigen dalam tubuh berada di bawah batas normal. Normalnya, kadar oksigen dalam darah yang dibutuhkan oleh tubuh agar berfungsi optimal berkisar 95-100 persen. Jika kadar oksigen darah mereka di bawah kisaran 80 persen, bisa berakibat fatal. Fungsi dua organ paling penting dalam tubuh, yaitu jantung dan otak, bisa terganggu. Kondisi yang Membutuhkan Oksigenasi Beberapa penyakit dan kondisi medis membutuhkan prosedur oksigenasi melalui alat bantu napas seperti kanula (selang) hidung dan masker oksigen. Hipoksemia Jika seseorang memiliki saturasi oksigen dalam darahnya di bawah 90 persen, maka dia sudah bisa dikategorikan menderita hipoksemia. Salah satu tanda seseorang mengalami hipoksemia adalah sesak napas. Hal ini disebabkan oleh tidak mencukupinya oksigen dalam darah untuk didistribusikan ke sel-sel dan jaringan seluruh tubuh. Untuk menentukan apakah seseorang terkena hipoksemia atau tidak, dokter dapat melakukan pe [...]

Trik Menyingkirkan Jerawat Batu pada Wajah

Trik Menyingkirkan Jerawat Batu pada Wajah

Stres rasanya jika wajah ditumbuhi oleh jerawat batu. Ukurannya yang besar, berwarna kemerahan dan dipenuhi nanah pastinya mengganggu penampilan kita. Belum lagi efeknya yang mungkin bisa menimbulkan rasa sakit dan gatal pada area yang ditumbuhi jerawat. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada cara menyingkirkan ?tamu tidak diundang? ini dari wajah Anda. Jerawat bisa timbul ketika pori-pori wajah Anda tersumbat dengan sel-sel kulit mati. Terkadang bakteri ikut menyusup ke dalamnya dan membuat area tersebut menjadi merah dan bengkak. Sementara jerawat batu terjadi ketika infeksi ini telah masuk jauh ke dalam kulit wajah Anda. Tidak hanya pada wajah, jerawat batu juga bisa muncul pada dada, pundak, punggung, atau lengan atas. Sebenarnya tidak ada penyebab pasti kenapa Anda memiliki jerawat batu, namun hormon androgen bisa ditunjuk sebagai pemicunya. Hormon androgen yang meningkat bisa menyebabkan perubahan pada kulit yang dapat mengakibatkan tersumbatnya pori-pori dan jerawat. Kalangan yang biasanya memiliki hormon androgen tinggi adalah remaja. Namun itu bukan berarti kalangan remaja saja yang bisa mengidap jerawat batu. Anak-anak berusia 8 tahun atau orang tua berusia paruh b [...]

Kerja Lembur Bisa Tingkatkan Risiko Sakit Jantung

Kerja Lembur Bisa Tingkatkan Risiko Sakit Jantung

Banyak anggapan yang mengatakan bahwa kerja lembur atau overtime seringkali memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Nampaknya hal tesebut benar adanya, kerja berlebihan bisa merusak kesehatan Anda dalam jangka panjang.Seperti yang dikutip dari Health, orang yang bekerja rata-rata 11 jam atau lebih dalam sehari memeiliki risiko 67 persen lebih tinggi menderita serangan jantung atau bahkan kematian dibandingkan orang yang bekerja standar, tujuh hingga delapan jam sehari. Menurut sebuah studi terbaru dari Annals of Internal Medicine, mereka yang bekerja antara 10 hingga 11 jam memiliki risiko 45 pesen lebih tinggi."Jadwal kerja mungkin seringkali diabaikan dan kurang dimanfaatkan sebagai tanda atau peringatan dini untuk penyakit jantung," ujar Mika Kivimaki, seorang profesor epidemiologi dan kesehatan masyarakat di University College London.Lamanya waktu bekerja mungkin tidak secara langsung memberikan dampak negatif pada kesehatan. Menurut para ahli, serangan jantung bisa saja terjadi karena gaya hidup yang salah. Orang yang lembur biasanya cenderung untuk memakan makanan yang tak sehat, tidak aktif akibat duduk terlalu lama untuk mengerjakan pekerjaannya, kurang tidur dan [...]

Bahas Satu-satu dari 13 Cara Berhenti Merokok

Bahas Satu-satu dari 13 Cara Berhenti Merokok

Berhenti merokok berarti memberi diri kesempatan untuk hidup lebih sehat dan lebih lama. Jika Anda berniat menghentikan kebiasaan buruk ini, tapi masih belum berhasil dengan satu cara, jangan cemas. Masih banyak cara lain yang dapat dicoba untuk meraih kemenangan. Kegagalan untuk berhenti merokok tidak menjadikan Anda selamanya terbelenggu oleh rokok. Bisa jadi keberhasilan diraih dengan memadukan beberapa cara sekaligus. Coba perhatikan beberapa langkah di bawah ini karena mungkin bisa menjadi jalan keluar Anda. Mengelola stres Stres bisa menjadi salah satu alasan seseorang memilih untuk merokok. Setelah merokok, seseorang merasa butuh hal lain untuk membuat rileks. Cobalah beberapa cara untuk meredakan ketegangan, seperti mendengarkan musik, pijat, atau yoga. Selain itu, di awal masa percobaan untuk berhenti, sebisa mungkin hindari situasi yang mendatangkan stres. Hindari pemicu Sedapat mungkin hindari faktor yang dapat membuat Anda kembali merokok, seperti berkumpul dengan sesama perokok, minum kopi, atau minuman keras. Jika terbiasa merokok setelah makan, Anda bisa mencari cara lain sebagai pengganti, seperti mengunyah permen karet atau menggosok gigi. Terapi Penggantian Nik [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *