Makanan Pencegah Rambut Rontok

menu-makanan-kebotakan-rambut-rontok-makan.jpg

Seperti bagian lain dari tubuh, sel dan proses yang menjadi dasar rambut yang kuat tergantung dari diet yang seimbang. Sulitnya, perubahan pada rambut baru terlihat beberapa bulan setelah terjadinya defisiensi nutrisi atau efek pengurangan diet yang bersifat berlebih dalam waktu singkat.

Nutrien yang Anda makan membantu memfortifikasi folikel rambut dan kulit kepala yang mengelilinginya. Folikel yang lebih sehat membuat rambut lebih sehat.

Memang makanan bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kesehatan rambut Anda. Kebiasaan merokok, ketidakseimbangan hormon, dan kurangnya tidur dapat mempengaruhi bagaimana rambut terlihat dan terasa.

Namun, satu hal yang dapat Anda lakukan adalah mengatur diet Anda menjadi lebih seimbang, bervariasi, dan tinggi protein.

Ingin tahu apa saja makanan untuk pencegah rambut rontok? Silakan klik next.

Makanan Pencegah Rambut Rontok

Berikut adalah 10 jenis makanan yang dapat Anda konsumsi:

  • Salmon

Kandungan protein dan vitamin D yang merupakan kunci rambut yang kuat tinggi pada salmon. Selain itu asam lemak omega-3 pada salmon diperlukan oleh tumbuh untuk menumbuhkan rambut. Omega-3 juga ditemukan pada membran sel pada kulit kepala serta pada minyak alami yang menjaga kulit kepala dan rambut terhidrasi. Asam lemak esensial juga bisa didapatkan pada alpukat.

  • Walnut

Walnut, semacam kacang kenari, memiliki kandungan omega-3 yang tinggi dan kaya akan viotin serta vitamin E dan dapat menolong melindungi sel dari kerusakan DNA. Kekurangan biotin dapat menyebabkan kerontokan rambut.

  • Oyster

Oyster kaya akan zinc. Kekurangan zinc dapat menyebabkan kerontokan rambut serta kulit kepala yang kering dan berkerak. Sumber zinc lain adalah sereal yang sudah difortifikasi, roti whole grain, daging, dan telur.

  • Wortel

Wortel merupakan sumber antioksidan beta karoten yang baik. Beta karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Pada dasarnya, setiap sel dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa vitamin A.

  • Telur

Telur merupakan sumber protein dan kaya mineral seperti zinc, selenium, sulfur, dan besi. Kandungan zat besi juga banyak terdapat pada daging.

  • Bayam

Kandungan zat besi, beta karoten, asam folat, dan vitamin C pada bayam menjaga folikel rambut sehat. Alternatif lain adalah sayuran seperti brokoli.

Baca juga:

  • Mengatasi Kebotakan
  • 10 Makanan untuk Rambut Sehat
  • Makanan Sehat untuk Rambut

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Olahraga Aman Selama Menyusui

Olahraga Aman Selama Menyusui

Tidak sedikit ibu-ibu yang ingin menurunkan berat badan atau mengecilkan perut pasca melahirkan. Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah apakah olahraga tersebut akan mengganggu produksi ASI, baik jumlah maupun rasa dari ASI. Kabar baik untuk ibu-ibu menyusui, penelitian-penelitian terbaru dan sejumlah pendapat ahli menetapkan bahwa olahraga intensitas ringan hingga sedang tidak akan mempengaruhi baik produksi maupun rasa dari ASI, sehingga asupan bayi tidak terganggu. Lalu bagaimana olahraga intensitas ringan hingga sedang tersebut dan seberapa cepat ibu dapat berolahraga? Untuk persalinan normal tanpa komplikasi, ibu-ibu dapat mulai berolahraga secepat tiga hari atau satu minggu pasca melahirkan. Sedangkan untuk operasi caesar atau persalinan normal dengan komplikasi maupun intervensi, masa pemulihan memang lebih lama. Tergantung dari kondisi ibu, ibu dapat mulai berolahraga setelah empat hingga enam minggu pasca melahirkan. Catatan khusus untuk latihan penguatan otot panggul, seperti senam Kegel dapat dimulai segera di masa pemulihan. Hal ini karena latihan kekuatan otot panggul yang dimulai segera setelah melahirkan telah terbukti membantu mencegah ketidakm [...]

Langkah Mengatasi Wasir Pada Anak

Langkah Mengatasi Wasir Pada Anak

Selain orang dewasa, wasir juga bisa menyerang anak-anak. Penyebabnya macam-macam, mulai dari obesitas, duduk terlalu lama, kekurangan makanan berserat tinggi, serta diare kronis. Pada anak, penyebab utamanya adalah sembelit yang dikarenakan oleh kurangnya serat dari sayur atau buah. Untuk mengatasinya, lakukan langkah-langkah berikut kepada anak: Langkah 1 Cuci dan bersihkan daerah anus dengan air hangat. Hati-hati dengan sabun karena dapat membuat iritasi. Keringkan dengan alat pengering rambut. Berikut penjelasan langkah berikutnya: Berikut penjelasan langkah berikutnya: Langkah 2 Bantu anak merendam daerah anus yang terkena wasir di air hangat selama 10 hingga 15 menit. Lakukan sebanyak dua-tiga kali sehari. Jangan lupa, keringkan dengan alat pengering rambut. Langkah 3 Instruksikan anak, atau bantu dia untuk membersihkan daerah anus dengan tisu bayi yang polos dan tanpa wewangian setelah buang air besar. Langkah 4 Kompres anus dengan es dingin. Berikut penjelasan langkah berikutnya: Berikut penjelasan langkah penanganan wasir pada anak berikutnya: Langkah 5 Konsultasi kepada dokter tentang penggunaan obat atau salep wasir yang te [...]

7 Buah Paling Baik untuk Jaga Kesehatan Tubuh

7 Buah Paling Baik untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan mengonsumsi buah-buahan. Mulai dari efek positif pada kesehatan hingga urusan penampilan tubuh.Memakan buah segar dipercaya jauh lebih baik ketimbang jus. Hal ini karena, jus bisa membuat nutrisi dalam buah menghilang akibat proses pembuatannya. Seperti yang dikutip dari Times of India, ada beberapa buah yang paling baik untuk dikonsumsi. Apa saja?1. KiwiWalau bentuknya kecil, namun manfaat kiwi begitu besar. Kiwi merupakan sumber potasium --mineral yang membantu turunkan tekanan darah dan bermanfaat bagi sistem saraf otonom yang mengontrol detak jantung, mengandung banyak vitamin E, magnesium serta serat. Menariknya, kandungan vitamin C di dalam kiwi dua kali lipat lebih besar daripada jeruk.2. ApelWalau kandungan vitamin C tidak terlalu tinggi, namun apel memiliki kadar antioksidan dan flavonoid yang dapat meningkatkan manfaat vitamin C. Hasilnya, risiko masalah usus, serangan jantung, kanker dan stroke menurun.3. StroberiStoberi memiliki kandungan antioksidan tertinggi daripada buah lainnya. Selain itu, buah yang rasanya sedikit asam ini dapatmelindungi tubuh dari penyebab kanker dan penyumbatan pembuluh darah akibat radikal [...]

5 Jenis Makanan Yang Pantang Untuk Penderita Kolesterol

5 Jenis Makanan Yang Pantang Untuk Penderita Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu pengertian dimana banyak masyarakat beranggapan bahwa ini merupakan penyakit yang berbahaya. Namun pada dasarnya apa sih yang disebut dengan kolesterol?? Sebelum anda berasumsi lebih lanjut, maka simak ulasan tentang kolesterol sebagai berikut. Kolesterol merupakan salah satu zat yang diproduksi tubuh dengan jumlah tertentu yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Dalam segi positifnya kandungan kolesterol memiliki fungsi yaitu untuk melakukan pertumbuhan dan membangun dinding sel, membuat asam empedu untuk mengemulsikan lemak, dan juga untuk membuat vitamin D dan beberapa fungsi yang lain. Namun kolesterol memiliki segi positif yang disebut-sebut sebagai penyakit kolesterol, hal ini diakibatkan dari kadar kolesterol dalam tubuh memiliki kadar yang berlebihan. Dengan kadar kolesterol yang berlebihan maka akan mengakibatkan timbulnya tumpukan plak yang dapat menghambat aliran darah sehingga menyebabkan serangan jantung atau stroke. Nah dalam hal ini dapat kita tau bahwa kolesterol patut dipahami dan dijaga kandungan dalam tubuh kita karena kolesterol merupakan zat penting yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Manusia memerlukan kandungan kolesterol d [...]

Deretan Makanan Untuk Penderita Diabetes yang Baik dan Buruk

Deretan Makanan Untuk Penderita Diabetes yang Baik dan Buruk

Pasien diabetes tidak bisa leluasa mengonsumsi makanan. Pasalnya, jika salah asupan, kadar gula darah bisa meningkat. Untuk itu, harus diketahui jenis makanan untuk penderita diabetes. Peningkatan kadar gula darah pada pengidap diabetes dapat berisiko terhadap kesehatan seperti kelelahan, pusing, kerusakan saraf, penyakit jantung, hingga mengalami kebutaan bahkan kesadaran menurun. Penderita diabetes perlu hati-hati saat Anda akan menyantap makanan. Bagi yang mengidap diabetes biasanya akan diberi terapi melalui pola makan teratur atau disebut terapi nutrisi medis. Terapi ini dimaksudkan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi, rendah lemak dan kalori sehingga bisa mengontrol kadar gula darah. Berikut ini contoh pilihan makanan untuk penderita diabetes : Makanan yang terbuat dari gandum utuh atau karbohidrat kompleks seperti nasi merah, kentang panggang, oatmeal, roti gandum, dan sereal gandum. Daging tanpa lemak yang dikukus, direbus, dipanggang, dan dibakar. Sayur-sayuran yang diproses dengan cara direbus, dikukus, dipanggang atau dikonsumsi mentah.Sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes di antaranya brokoli dan bayam. Buah-buahan segar.Jika Anda ingin menjadika [...]

Inilah yang Menyebabkan Penuaan Kulit

Inilah yang Menyebabkan Penuaan Kulit

Mungkin Anda sudah sangat sering mendengar saran untuk hindari merokok, selalu gunakan tabir surya, hindari sinar matahari langsung untuk menghindari penuaan kulit. Namun sudahkah Anda tahu bagaimana penuaan tersebut tercetus? Untuk mengetahui selengkapnya, ada baiknya kita menelusuri terlebih dahulu bagaimana kulit bekerja di tubuh kita. Bagaimana kulit bekerja? Kulit, organ terluas dari tubuh Anda, terdiri dari 3 lapisan yaitu: Epidermis: lapisan tipis terluar dimana terjadi pergantian sel kulit paling sering dan konstan Dermis: lapisan tengah kulit yang tebal yang kaya akan kolagen dan elastin yang memberikan kulit kekenyalan dan elastisitas. Hipodermis: lapisan paling dalam yang terdiri dari sel lemak dan berhubungan dengan tulang dan otot. Seiring dengan usia, produksi sel kulit yang baru mengalami penurunan di epidermis dan kolagen serta elastin di dermis mulai mengalami penipisan. Kulit juga dipengaruhi oleh adanya faktor dari luar seperti misalnya kerusakan akibat sinar UV yang berujung pada pembentukan garis-garis halus, kerutan, pigmentasi dan bintik-bintik penuaan. Bagaimana rokok dan sinar UV merusak kulit? Berikut penjelasannya: Bagaimana rokok [...]

Waspada! Keputihan Bisa Terjadi Karena Penyakit Menular Seksual dari Suami

Waspada! Keputihan Bisa Terjadi Karena Penyakit Menular Seksual dari Suami

Menjaga dan merawat organ intim kewanitaan merupakan suatu keharusan yang wajib untuk dilakukan baik sebelum menikah ataupun setelah menikah. Untuk itu diperlukan pengetahuan yang tepat dalam menjaganya karena salah-salah bisa menyebabkan masalah seputar daerah kewanitaan, salah satunya keputihan.Bagi wanita yang telah menikah, keputihan bisa berdampak negatif kepada aktivitas seksual. Menurut spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, dr. M. Rezha Faisal, SpOG, keputihan menyebabkan peradangan di mulut rahim atau dinding vagina yang menyebabkan rasa nyeri dan panas ketika berhubungan seksual. Tentunya, keputihan wanita juga dirasakan oleh pria yang menjadi tidak nyaman ketika berhubungan."Keluhannya yang lain juga dari suami yang merasa tidak enak dan tidak nyaman ketika melakukan kontak seksual karena merasa terlalu basah. Biasanya juga aromanya tidak sedap," tutur dokter lulusan Universitas Sriwijaya ini ketika ditemui Wolipop pada Rabu (27/08/2014) lal, di kediamannya di kawasan Bekasi Barat.Dr. Rezha menambahkan, keluhan lain yang sering dialami ketika berhubungan seksual adalah timbulnya rasa sakit, perih, panas dan gatal. Apabila timbul kondisi seperti ini, maka segerala [...]

8 Kebiasaan Ini Akan Membuat Umur Anda Lebih Panjang

8 Kebiasaan Ini Akan Membuat Umur Anda Lebih Panjang

Pekerjaan yang menumpuk, kesibukan yang tidak kunjung selesai dan kebiasaan lainnya yang sering kita pelihara sebenarnya tanpa sadar telah menggerogoti tubuh kita perlahan-lahan dan mempengaruhi status kesehatan kita tanpa kita sadari. Ada beberapa hal yang tidak dapat kita kontrol seperti pertambahan usia dan pengaruh genetik, namun ada juga beberapa hal yang dapat kita kontrol, yaitu: 1. Melakukan Medical Chec-Up Rutin Melakukan Medical Check Up rutin dapat merupakan investasi yang sangat penting dalam kehidupan kita. Dengan melakukan pemeriksaan rutin kita dapat memantau kondisi kesehatan kita dan juga dapat mendeteksi masalah kesehatan yang mungkin terjadi dalam tahap paling awal. 2. Mempertahankan berat badan normal Berat badan berlebih maupun berat badan yang kurang juga dapat menjadi sumber masalah kesehatan. Berat badan berlebih berkaitan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah, ketidakseimbangan hormon, penyakit hati dan lainnya. Sedangkan berat badan kurang sering berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon dan juga rendahnya daya tahan tubuh. 3. Makan makanan yang bervariasi Tubuh kita sebenarnya membutuhkan asupan nutrisi yang sangat bervariasi mulai dari kar [...]

7 Tips Menjaga Kesuburan

7 Tips Menjaga Kesuburan

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Usia merupakan faktor penting bila akan membahas mengenai kehamilan, terutama bagi wanita, namun ada beberapa hal yang Anda dapat lakukan untuk menjaga ferilitas Anda. Dibawah ini merupakan 7 tips menjaga kesuburan yang diberikan oleh Profesor William Ledger seorang profesor ahli kandungan dari University of Sheffield. 1. Usia dan Fertilitas Usia memang sangat penting dalam membahas kesuburan. Di jaman sekarang banyak yang menunda kehamilan, namun sebenarnya fertilitas menurun dengan meningkatnya usia. Pria dan wanita sangat subur pada usia 20 tahun-an. Terutama pada wanita, kesuburan akan menurun saat usia meningkat, dan menurun cepat setelah usia 35 tahun. Penyebabnya ada banyak, namun penyebab paling sering adalah kualitas dari telur yang dikeluarkan oleh indung telur. Kesuburan pria juga menurun dengan menambahnya usia terutama di usia 40 tahun namun banyak pria yang masih dapat memiliki anak diatas usia 50 tahun. 2. Hindari PMS (Penyakit Menular Seksual) Penyakit menular seksual seperti chlamydia dan gonorrhea dapat merusak tuba falopi seorang wanita, yang mengakibatkan sulit menjadi hamil. 3. Hindari merokok Wanita yang merokok 20 batang sehari [...]

Keputih Pada Wanita Hamil, Wajarkah?

Keputih Pada Wanita Hamil, Wajarkah?

Saat masa kehamilan, tubuh wanita biasanya mengalami banyak perubahan. Perubahan ini bisa berjalan normal atau fisiologis serta perubahan abnormal atau patologis. Wanita hamil juga mengalami perubahan hormonal yang menyebabkan keputihan karena rentan terhadap cairan vagina. Wajarkah saat hamil masih mengalami keputihan?Dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, M. Rezha Faisal, SpOG, mengatakan bahwa wajar tidaknya keputihan yang dialami wanita hamil tergantung pada gejala yang dialaminya. "Jadi kalau pada wanita hamil, terutama yang hamil muda, ada perubahan hormonal yaitu timbul keputihan. Kita harus lihat juga perubahannya yang bagaimana. Kalau lendirnya encer, jernih, tidak ada perubahan warna, tidak ada gatal atau perih ya itu normal dan masih wajar," papar dokter Rezha ketika ditemui Wolipop di rumahnya, kawasan Bekasi Barat, Rabu (27/8/2014).Ini berarti keputihan saat sedang hamil termasuk wajar karena perubahan hormon tersebut. Ketika hamil aliran darah juga meningkat ke daerah kewanitaan sehingga mempengaruhi banyaknya cairan vagina yang menyebabkan keputihan. Cairan tersebut mempunyai manfaat untuk mencegah infeksi yang menuju ke rahim. Meskipun demikian, tidak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *