Makanan Pencegah Rambut Rontok

menu-makanan-kebotakan-rambut-rontok-makan.jpg

Seperti bagian lain dari tubuh, sel dan proses yang menjadi dasar rambut yang kuat tergantung dari diet yang seimbang. Sulitnya, perubahan pada rambut baru terlihat beberapa bulan setelah terjadinya defisiensi nutrisi atau efek pengurangan diet yang bersifat berlebih dalam waktu singkat.

Nutrien yang Anda makan membantu memfortifikasi folikel rambut dan kulit kepala yang mengelilinginya. Folikel yang lebih sehat membuat rambut lebih sehat.

Memang makanan bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kesehatan rambut Anda. Kebiasaan merokok, ketidakseimbangan hormon, dan kurangnya tidur dapat mempengaruhi bagaimana rambut terlihat dan terasa.

Namun, satu hal yang dapat Anda lakukan adalah mengatur diet Anda menjadi lebih seimbang, bervariasi, dan tinggi protein.

Ingin tahu apa saja makanan untuk pencegah rambut rontok? Silakan klik next.

Makanan Pencegah Rambut Rontok

Berikut adalah 10 jenis makanan yang dapat Anda konsumsi:

  • Salmon

Kandungan protein dan vitamin D yang merupakan kunci rambut yang kuat tinggi pada salmon. Selain itu asam lemak omega-3 pada salmon diperlukan oleh tumbuh untuk menumbuhkan rambut. Omega-3 juga ditemukan pada membran sel pada kulit kepala serta pada minyak alami yang menjaga kulit kepala dan rambut terhidrasi. Asam lemak esensial juga bisa didapatkan pada alpukat.

  • Walnut

Walnut, semacam kacang kenari, memiliki kandungan omega-3 yang tinggi dan kaya akan viotin serta vitamin E dan dapat menolong melindungi sel dari kerusakan DNA. Kekurangan biotin dapat menyebabkan kerontokan rambut.

  • Oyster

Oyster kaya akan zinc. Kekurangan zinc dapat menyebabkan kerontokan rambut serta kulit kepala yang kering dan berkerak. Sumber zinc lain adalah sereal yang sudah difortifikasi, roti whole grain, daging, dan telur.

  • Wortel

Wortel merupakan sumber antioksidan beta karoten yang baik. Beta karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Pada dasarnya, setiap sel dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa vitamin A.

  • Telur

Telur merupakan sumber protein dan kaya mineral seperti zinc, selenium, sulfur, dan besi. Kandungan zat besi juga banyak terdapat pada daging.

  • Bayam

Kandungan zat besi, beta karoten, asam folat, dan vitamin C pada bayam menjaga folikel rambut sehat. Alternatif lain adalah sayuran seperti brokoli.

Baca juga:

  • Mengatasi Kebotakan
  • 10 Makanan untuk Rambut Sehat
  • Makanan Sehat untuk Rambut

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mata Kuning? Mungkin Ini Sebabnya

Mata Kuning? Mungkin Ini Sebabnya

Mata kuning bisa mengindikasikan adanya masalah medis dalam tubuh. Mata kuning biasanya diakibatkan oleh disfungsi hati, kantung empedu, pankreas, atau beberapa hal lainnya. Bagian putih pada mata disebut sklera (sclera). Dan dalam istilah medis, mata kuning disebut scleral icterus. Namun sebenarnya yang berubah warna bukanlah sklera, melainkan konjungtiva yaitu lapisan terluar mata yang tipis kecuali kornea (area hitam mata). Mata kuning bisa saja menjadi gejala beberapa penyakit berikut: Penyakit kuning Mata kuning adalah salah satu gejala penyakit kuning. Penyakit kuning terjadi apabila ada terlalu banyak bilirubin dalam darah, yaitu senyawa berwarna kuning yang berasal dari pemecahan hemoglobin (komponen pembawa oksigen dalam sel darah merah). Ketika sel darah merah pecah, hemoglobin ikut pecah menjadi heme dan globin. Dari heme inilah bilirubin berasal. Bilirubin kemudian akan diproses di organ hati, lalu ke saluran empedu, dan terakhir dibuang lewat tinja. Jika salah satu dari proses tersebut tidak terjadi, bilirubin akan menumpuk di tubuh dan menyebabkan kulit, termasuk mata, menjadi berwarna kuning. Penyakit ini dapat terjadi pada bayi, anak-anak, dan juga orang dewasa. P [...]

Pelajari CPR untuk Selamatkan Nyawa Seseorang

Pelajari CPR untuk Selamatkan Nyawa Seseorang

Cardiopulmonary resuscitation atau CPR merupakan teknik kompresi dada dan pemberian napas buatan untuk orang-orang yang detak jantung atau pernapasannya terhenti. Kondisi tersebut biasanya dialami oleh orang yang tenggelam atau terkena serangan jantung. Berhentinya detak jantung memengaruhi peredaran darah yang mengandung oksigen ke otak dan organ vital lainnya. Hal ini bisa memicu kerusakan otak yang dapat mengakibatkan seseorang meninggal dalam hitungan menit. Namun dengan pemberian CPR, darah beroksigen bisa kembali mengalir ke otak dan seluruh tubuh. Orang Awam Bisa Memberikan CPR Tidak hanya dokter atau tenaga terlatih yang bisa memakai teknik CPR untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Anda sebagai orang awam pun bisa melakukannya. Meski begitu, teknik CPR yang bisa Anda berikan bisa berbeda dibandingkan teknik dokter atau tenaga terlatih. Teknik pemberian CPR pada umumnya terdiri dari tiga langkah, yaitu: Langkah pertama: Tekan atau kompresi dada Cara melakukannya dengan membaringkan tubuh seseorang di atas permukaan yang keras. Lalu Anda bisa berlutut di samping leher dan bahu orang itu. Letakkan satu telapak tangan Anda di atas dada bagian tengahnya, tepatnya di antara put [...]

5 Gaya Hidup Bebas Wasir

5 Gaya Hidup Bebas Wasir

Kalau kena wasir, hidup jadi risih. Jalan jadi tidak nyaman. Duduk jadi salah tingkah. Bahkan jika kondisi wasir kian parah, tidur pun suka tidak suka harus tengkurap. Sebenarnya wasir bukan penyakit serius. Hampir semua orang pernah mengalaminya. Dan umumnya bisa sembuh cukup dua atau tiga minggu. Tapi jangan sepelekan wasir. Kalau gaya hidup Anda kurang sehat, wasir pun bisa datang kembali. Jangan heran jika hidup kembali susah. Bila didiamkan, pada tahap tertentu, wasir bisa berbahaya dan harus dilakukan tindakan operasi untuk menghilangkannya. Jadi segera ubahlah gaya hidup Anda kalau tidak mau kena wasir untuk kesekiankalinya. Lalu pertanyaannya, gaya hidup seperti apa yang dapat mencegah wasir datang kembali? Simak tips berikut ini: 1. Dessert Ketika Nongkrong? Pilih Pudding dan Agar-agar! Suka dessert kalau sedang kongkow bersama teman sejawat? Gantilah pilihan menu hidangan penutup Anda dengan puding atau agar-agar. Karena makanan ini memiliki kadar serat yang dapat membantu Anda memudahkan proses BAB dan membantu melunakkan tinja. 2. Mulailah Rutin Membawa Botol Minuman Dengan membawa botol minuman pastikan diri Anda untuk senantiasa menjaga asupan cairan. Karena dengan [...]

4 Bahaya Kesehatan Akibat Sulit Tidur

4 Bahaya Kesehatan Akibat Sulit Tidur

Tidur yang berkualitas merupakan kunci utama untuk dapat berpikir jernih dan merasa rileks. Kurangnya waktu tidur bisa buat Anda merasa letih dan sensitif, bahkan berisiko mengalami masalah kesehatan. Seperti yang dikutip dari ehow, berikut empat bahaya yang timbul akibat kebiasaan sulit tidur.1. Kewaspadaan Mental dan Kemampuan KognitifDalam jangka pendek, kurang tidur dapat mengurangi kewaspadaan mental. Menurut WebMD, hilangnya 90 menit waktu tidur dapat menurunkan kewaspadaan mental sebesar 32 persen. Jika kewaspadaan berkurang, dapat menyebabkan seseorang mengalami kecelakaan saat beraktivitas. Menurut National Highway Traffic Safety Commission, 100 ribu kecelakaan mobil terjadi akibat kurangnya kewaspadaan mental karena kurang waktu tidur.2. Kulitas HidupKurang tidur bisa mengurangi kualitas hidup, sehingga sulit bagi Anda untuk menikmati kegiatan sehari-hari. Jika kurang waspada dan mudah merasa lelah, Anda mungkin tidak dapat terlibat dalah aktivitas keluarga seperti travelling atau bermain dengan si kecil. Kebiasaan itu juga dapat merusak waktu tidur pasangan dan memaksa Anda untuk tidak tidur bersama. Sulit tidur juga bisa membaut seseorang merasa murung, tertekan, teg [...]

Waspadai Alergi Jika Anak Pilek Terus-terusan

Waspadai Alergi Jika Anak Pilek Terus-terusan

Gejala hidung tersumbat, pilek, suara bindeng pada anak seringkali membuat anak tampak mengkhawatirkan. Anda berharap dapat segera mengurangi gejalanya, namun Anda tidak yakin apa penyebabnya. Apakah anak terkena flu atau alergi? Jika si kecil pilek berulang bisa jadi ia sebenarnya mengalami alergi. Gejala pilek karena alergi dan flu memang tidak jauh berbeda. Berikut ini adalah perbedaannya: Flu/ Infeksi saluran napas atas Penyebab terseringnya adalah infeksi virus dan umumnya disertai demam. Selain flu, dapat juga muncul gejala batuk. Pada flu lendir biasanya berwarna kuning atau kehijauan. Alergi Gejala flu karena alergi biasanya berlangsung lebih lama, lebih dari 5 hari dan dapat terus berulang. Pilek karena alergi disebabkan oleh alergen yaitu benda yang dapat memicu alergi, seperti debu, asap, makanan, dan sebagainya. Pada alergi, lendir biasanya berwarna jernih dan encer. Penyebab lain Penyebab lain yang dapat menyebabkan keluhan pilek dan hidung tersumbat adalah hipertrofi adenoid, deviasi septum, dan sinusitis. Namun sinusitis biasanya terjadi pada anak yang lebih besar, biasanya anak usia > 7 tahun. Alergi biasanya menurun dari keluarga. Jika orang tuanya memili [...]

Pakaian Dalam Inovasi Baru, Tak Perlu Pakai Pembalut Saat Menstruasi

Pakaian Dalam Inovasi Baru, Tak Perlu Pakai Pembalut Saat Menstruasi

Masa haid tentu menjadi momen yang kurang nyaman bagi para wanita. Selain karena nyeri di bagian perut, mereka juga sering merasa risih dan repot dengan pemakaian pembalut. Demi menghadirkan rasa 'aman' bagi wanita yang tengah datang bulan, sebuah inovasi dihadirkan oleh Thinx. Merek pakaian dalam tersebut menciptakan produk yang memungkinkan para pengguna tak memakai pembalut saat menstruasi.Brand asal New York, Amerika Serikat ini mengklaim jika pakaian dalamnya dihadirkan dengan teknologi yang dapat menggantikan fungsi pembalut. Produk tersebut bahkan bisa menyerap cairan dua kali lebih banyak dari sebuah tampon atau setara lima sendok makan.Pakaian dalam ini didesain oleh tiga wanita yang berasal dari New York, AS. Mereka adalah si kembar Miki dan Radha Agrawal serta seorang teman bernama Antonia Dunbar. Minimnya pembalut di beberapa negara, misalnya Uganda menjadi inspirasi di balik terciptanya item ini. Thinx pun ingin menawarkan pakaian dalam cantik untuk wanita yang sedang datang bulan."Aku ingin mengubah kebudayaan wanita saat haid, dan tidak dengan menggunakan pakaian dalam nenek-nenek yang berasa seperti sebuah popok," kata Miki pada Forbes dikutip dari situs Mirror.M [...]

Mengurangi Risiko Kanker

Mengurangi Risiko Kanker

Oleh: dr. Ema Anindia Pada tahun 2009, 156.900 orang di Inggris meninggal akibat kanker. Tidak ada cara yang dibuktikan dapat mencegah kanker, namun hingga saat ini yang dapat dilakukan adalah mengurangi risiko untuk terkena kanker. Solusinya adalah dengan hidup sehat. Hal-hal yang Anda dapat lakukan adalah : Konsumsi makanan sehat > Hingga saat ini tidak ada makanan atau suplemen khusus yang dapat mencegah perkembangan kanker, namun ada beberapa penelitian yang menghubungkan beberapa jenis makanan dengan penurunan risiko kanker. Cobalah untuk : Meningkatkan konsumsi buah dan sayur : cobalah makan paling sedikit 5 porsi dalam sehari. Meningkatkan konsumsi roti, nasi, kentang, pasta dan makanan lain mengandung banyak serat Mengurangi konsumsi produk daging, ikan, telur, dan produk yang mengandung protein lainnya Mengurangi konsumsi produk susu (susu, mentega) Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung lemak atau gula, seperti kue dan biskuit Menjaga berat badan > Di Inggris, lebih dari 60% populasi kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan dapat memicu beberapa jenis kanker seperti : kanker usus, pankreas, esophagus, payudara, rahim [...]

10 Anggapan yang Salah Tentang Nutrisi Sehat

10 Anggapan yang Salah Tentang Nutrisi Sehat

Banyak orang yang mempercayai berbagai mitos diet yang cukup menyesatkan. Meskipun bahan makanan tertentu mempunyai manfaat untuk kesehatan, namun bukan berarti makanan tersebut bisa dikonsumsi secara berlebihan, begitu juga sebaliknya.Berikut 10 anggapan yang seringkali salah mengenai nutrisi, seperti yang dikutip dari detikhealth:1. Mengurangi asupan buah karena banyak mengandung gulaMeskipun benar bahwa buah mengandung gula, namun gula tersebut merupakan gula buah alami dan tidak akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah.Fruktosa yang ditemukan dalam buah akan membantu mengolah tumpukan glikogen dalam hati. Hal tersebut merupakan salah satu faktor keputusan apakah tubuh akan melepaskan energi atau tidak.2. Menggunakan bahan herbal dengan tidak hati-hatiBanyak orang yang menganggap bahwa bahan herbal cukup aman, sehingga seringkali menggunakan bahan herbal dengan tidak hati-hati.Meskipun bahan herbal alami, tetapi bukan berarti tanpa efek samping. Sebelum menggunakan ramuan herbal tertentu, pastikan bahwa ramuan tersebut telah diuji secara klinis.3. Hanya memikirkan jumlah kalori untuk menurunkan berat badanMeskipun benar bahwa jumlah kalori dalam diet akan menentukan apakah [...]

7 Cara Sederhana Cegah Serangan Jantung

7 Cara Sederhana Cegah Serangan Jantung

Serangan jantung biasanya disebabkan karena penyakit jantung koroner, yaitu gangguan dimana pembuluh darah jantung tersumbat oleh plak. Meskipun sampai saat ini belum ada cara untuk mengetahui pasti kapan serangan jantung dapat terjadi, akan tetapi faktor-faktor risiko terkait dengan gangguan ini telah diketahui. Faktor risiko utama yang diketahui dan dapat dikontrol adalah tekanan darah tinggi, kadar kolesterol dalam darah yang tinggi, obesitas, merokok, dan gaya hidup tidak aktif. Dengan melakukan usaha-usaha terkait mengurangi faktor risiko yang disebutkan di atas, maka risiko Anda terkena serangan jantung tentunya akan menurun. Usaha-usaha tersebut meliputi: Berhenti merokok atau hindari paparan dengan asap rokok. Merokok adalah faktor risiko yang paling berbahaya dan sebenarnya justru yang paling mudah dihilangkan efeknya. Risiko terkena serangan jantung pada perokok dua kali lebih besar daripada orang yang tidak merokok. Akan tetapi dengan berhenti merokok sekarang, risiko tersebut akan berangsur-angsur turun sehingga sama dengan non perokok. 7 Cara Sederhana Cegah Serangan Jantung Jagalah tekanan darah, kolesterol dan gula darah Anda dalam batas normal [...]

8 Makanan Penting untuk Wanita Agar Tetap Sehat

8 Makanan Penting untuk Wanita Agar Tetap Sehat

Kalsium, asam lemak omega-3, antioksidan dan beberapa jenis mineral serta vitamin adalah nutrisi yang tidak boleh ketinggalan dikonsumsi oleh wanita setiap harinya. Beberapa nutrisi tersebut penting untuk mencegah osteoporosis, penyakit jantung sampai kanker payudara. Delapan makanan ini, mengandung nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh wanita. Apa saja? Ini daftarnya seperti yang dikutip dari iDiva.1. Flax SeedBiji yang berbentuk pipih ini kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker payudara. Kandungan anti inflamasi yang ada di dalamnya dapat mencegah peradangan pada sendi-sendi tubuh, atau yang dikenal dengan nama arthritis. Flax seed juga berfungsi meringankan sindrom iritasi usus besar.2. SalmonJika Anda penggemar Sushi, sudah dipastikan akrab dengan jenis ikan yang satu ini. Kandungan asam lemak Omega-3 di dalamnya dapat mencegah mood yang berubah-ubah, stres atau depresi.3. CranberryDengan mengkonsumsi segelas jus cranberry setiap hari, Anda dapat terhindar dari penyakit infeksi saluran kencing, kanker payudara dan penyakit jantung.4. BayamBerada dalam jajaran sayuran yang kurang disukai, sebenarnya bayam kaya akan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *