Makanan yang Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

tidur1.jpg

Meski sangat lelah, terkadang Anda tetap sulit tidur. Jika obat tidur atau posisi tidur alternatif tidak juga mempan mengusir insomnia, maka cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah kebiasaan makan. Dengan mengurangi makanan yang dapat membuat anda terjaga dan menyantap makanan yang sehat membantu anda agar bisa tidur dengan nyenyak. Ini dia tipsnya dari She Knows.

– Kurangi Makanan Mengandung Gula dan Kafein
Minum mocha atau kopi dan chocolate chip sebagai cemilan di sore hari memang menyenangkan, namun bisa dipastikan malamnya Anda tidak akan bisa tidur nyenyak. Makanan yang sarat akan gula dan kafein akan
menghalangi bioritme alami di tubuh anda.

?Jumlah waktu yang diperlukan bagi tubuh untuk mengeluarkan kafein
dapat bervariasi di setiap orang. Beberapa orang mungkin memakan waktu hingga 24 jam dan karena itu seharusnya mereka hanya meminum satu cangkir kopi atau teh di pagi hari. Sementara beberapa individu lainnya, bisa mengeluarkan kafein dari tubuh mereka lebih cepat sehingga mereka masih bisa tidur. Jadi, itu benar-benar tergantung pada masing-masing individu.” ujar Esther B. Horn seorang ahli diet dan ahli gizi di New York City.

– Makanan yang Bisa Membantu Anda Tidur:

1. Daging asap
?Daging asap yang kaya akan tryptophan asam amino ini bisa membantu menenangkan tidur Anda. Triptophan sendiri tidak membuat Anda mengantuk.” ujar Horn.

Kandungan tryptophan membantu otak memproduksi serotonin, yaitu neurotransmiter yang diperlukan untuk tidur dan relaksasi, serta melatonin, sebuah neurohormone yaitu kandungan tambahan yang membuat Anda lebih rileks.

2. Mashed Potatoes
Meski jenis makanan ini dianggap rendah karbohidrat karena kandungan Glycemic didalamnya berada di tingkat rendah, namun mashed potatoes, atau sejenis makanan dari bahan kentang yang dihaluskan ini memiliki pengaruh pada kadar glukosa dalam darah. Menyantap mashed potatoes dengan campuran susu rendah lemak atau buttermilk akan membuat Anda tidur lebih pulas dan sehat.

3. Pisang
Pisang mengandung melatonin dan tryptophan (yang diubah menjadi serotonin) yang membantu Anda tidur lebih nyenyak. “Melatonin adalah hormon yang mengirim sinyal ke otak agar tubuh merasa lebih santai,” jelas Horn. Krim buah yang mengandung magnesium juga dipercaya mengurangi ketegangan otot fisik, dan ampuh melawan stres.

4. Susu
Minum susu hangat sebelum tidur membantu tubuh Anda rileks dan tenang. “susu hangat merupakan sumber yang kaya tryptophan yang menenangkan dan membantu tubuh lebih santai,” ujar Horn. Tapi berhati-hatilah, “daging kalkun dan susu yang dikonsumsi sebelum tidur akan mengacaukan kerja lambung dan membuat Anda terjaga sepanjang malam karena perut terasa begah”. Sebaiknya hindari jika Anda belum terbiasa.

5.Oatmeal
Atau yang disebut dengan Havermut ini tidak hanya menjadi menu sarapan yang mengenyangkan, namun juga menghangatkan perut. Havermut atau gandum kaya serat mengandung melatonin. Semangkuk oatmeal dan segelas susu hangat sebelum tidur adalah menu tepat Anda sebelum tidur.

6. Suplemen Tidur
Selain makanan yang tepat, Horm menyarankan untuk mengonsumsi suplemen mineral yang memudahkan Anda tidur tanpa efek samping negatif, dibanding Anda harus minum obat tidur yang dijual bebas di pasaran.

Horn merekomendasikan suplemen tidur yang mengandung kalsium 500mg-800mg, Magnesium 400mg dan Inositol 2000mg. Gunakan juga Epsom, atau garam mandi yang mengandung magnesium. “campurkan dua genggam garam mandi ke dalam air hangat dan berendamlah selama 15 menit,” ujar Horn. Kandungan garam yang terserap melalui kulit berguna untuk menenangkan tubuh dan membuat Anda tidur lebih pulas.

(kik/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Anak Sering Ngiler, Normal Gak Sih?

Anak Sering Ngiler, Normal Gak Sih?

Semua bayi dan anak-anak umumnya memiliki kebiasaan mengeluarkan air liur yang cukup banyak, atau yang biasa disebut ?ngiler? atau ?ngeces?. Apakah ini hal yang normal, atau merupakan sesuatu yang harus diwaspadai oleh orang tua? Ngeces atau ngiler pada bayi dan anak berusia di bawah 18 bulan atau 2 tahun sebetulnya merupakan hal normal yang dapat dijelaskan secara ilmiah, meski banyak mitos yang mengatakan bahwa kebiasaan ini berhubungan dengan sang ibu yang mengidam atau menginginkan sesuatu tidak kesampaian saat mengandung. Pada usia tersebut, anak sedang dalam masa tumbuh gigi yang merangsang keluarnya air liur. Selain itu, anak belum memiliki kemampuan yang baik untuk menelan dan dasar mulut masih dangkal, sehingga air liur tampak berlebihan dan mudah mengalir keluar mulut. Jadi jika sering ngiler di usia tersebut, maka tergolong normal. Namun yang jadi masalah, apakah normal jika terjadi pada anak yang berusia diatas dua tahun? Halaman berikut terdapat penjelasannya: Normalkah Anak Umur 2 Tahun Sering Ngiler? Saat anak sudah berusia lebih dari dua tahun, kemampuan menelan sudah semakin baik sehingga kebiasaan ngiler atau ngeces biasanya sudah jauh berku [...]

Pertolongan Pertama Keselak & Tersedak

Pertolongan Pertama Keselak & Tersedak

Tersedak atau keselak. hampir semua orang pernah mengalaminya.Memang rasanya tidak nyaman, menggangu, dan mengerikan. KetikaAnda sedang makan atau minum dan tiba-tiba asupan Anda itu masuk ke saluran yang salah. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ada berapa saluran di tenggorokan kita? Sebenarnya kemana makanan dan minuman kita pergi? Sebelum kita membahas langkah pertolongan pertama keselak, sangat penting untuk kita mengetahui dahulu bagaimana keselak dan tersedak itu dapat terjadi. Pertolongan Pertama Keselak & Tersedak Tersedak atau keselak. hampir semua orang pernah mengalaminya.Memang rasanya tidak nyaman, menggangu, dan mengerikan. KetikaAnda sedang makan atau minum dan tiba-tiba asupan Anda itu masuk ke saluran yang salah. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ada berapa saluran di tenggorokan kita? Sebenarnya kemana makanan dan minuman kita pergi? Sebelum kita membahas langkah pertolongan pertama keselak, sangat penting untuk kita mengetahui dahulu bagaimana keselak dan tersedak itu dapat terjadi. Apa Itu Keselak? Saat makanan masuk ke dalam mulut, banyak otot yang bekerja tanpa Anda sadari. Ketika Anda menelan makanan ada 30 otot yang bekerja. Proses pertama Anda harus mengu [...]

Pro dan Kontra: Minuman Energi Dapat Merusak Email?

Pro dan Kontra: Minuman Energi Dapat Merusak Email?

Pro dan Kontra: Minuman Energi Dapat Merusak Email? Oleh: drg. Martha Mozartha Minuman energi banyak dikonsumsi oleh berbagai lapisan masyarakat, karena dipercaya dapat meningkatkan stamina dan membantu performa kerja. Mulai dari olahragawan, pekerja lapangan, hingga mahasiswa yang sedang menghadapi sederet jadwal ujian bisa jadi mengandalkan minuman ini untuk mendapatkan ?energi? tambahan. Banyak studi yang menyebutkan, ?energi? tersebut ternyata dihasilkan dari dua komponen utama yang terkandung dalam minuman energi yaitu kafein dan gula. Tingginya kandungan kafein berbeda-beda antara setiap merk, namun dapat mencapai hingga 80 mg per kaleng. Selain kafein, produsen juga menambahkan bahan-bahan lain yang diklaim dapat mendorong pembentukan energi. Meski produsen mengklaim bahwa minuman energi meningkatkan performa kerja tubuh, banyak ahli kesehatan yang tidak setuju akan hal ini. Konsumsi minuman energi, terutama secara berlebihan, dapat menimbulkan efek buruk bagi jantung, ginjal, dan dapat menyebabkan dehidrasi. Selain itu, ternyata minuman energi juga menimbulkan efek buruk bagi gigi seperti yang dilansir oleh jurnal General Dentistry Agustus 2012 lalu. Sang peneliti, Poonam [...]

Cara Mengembalikan Energi yang Hilang Setelah Sakit

Cara Mengembalikan Energi yang Hilang Setelah Sakit

Kondisi tubuh yang sakit membuat Anda sama sekali tidak tergoda dengan makanan, bahkan kue-kue yang tadinya Anda suka jadi tampak tidak menarik. Seiring dengan pulihnya tubuh, nafsu makan pun mulai naik. Mengonsumsi makanan sehat setelah sakit merupakan hal yang penting, karena hal tersebut membantu mengembalikan nutrisi-nutrisi yang hilang ketika Anda sakit. Memilih makanan sehat juga membantu pemulihan lebih cepat dan menurunkan risiko untuk sakit lagi. Berikut ini makanan-makanan yang baik untuk pemulihan setelah sakit: 1. Sayur dan buah-buahan Zat antioksidan pada sayur dan buah-buahan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh untuk kembali ke fungsi normalnya. Pilihlah kismis, blueberry, plum, bayam, dan kale. 2. Protein Tubuh membutuhkan protein untuk menyembuhkan dan memperbaiki diri, terutama setelah sakit. Konsumsilah daging ayam, telur dan ikan. Hindari lemak yang berlebihan atau rempah-rempah yang dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Jika Anda vegetarian, Anda bisa memilih kacang-kacangan, selai kacang atau tahu. Menu untuk Energi Cepat Pulih 3. Probiotik Meskipun bakteri berbahaya dapat membuat sakit, tubuh tetap membutuhkan [...]

Belum Tua Kok Sudah Beruban?

Belum Tua Kok Sudah Beruban?

Uban atau rambut putih pada kulit berwarna atau rambut abu-abu pada kulit putih memang menimbulkan masalah estetika di segala usia. Uban pada usia lanjut dianggap memang sudah seharusnya terjadi. Namun, terkadang pada usia dewasa muda uban juga ditemukan. Uban atau poliosis atau kanitis adalah perubahan warna rambut menjadi putih. Hal ini disebabkan berkurang atau menghilangnya pigmen melamin di dalam korteks rambut. Secara umum terdapat dia bentuk kanitis, yaitu : 1. Kanitis Bawaan yaitu kanitis yang timbul sejak lahir, biasanya hanya mengenai seikat rambut saja namun juga dapat seluruh rambut. Sering menyertai penderita albino dan vitiligo. 2. Kanitis Didapat Kanitis didapat bisa dibedakan atas : Kanitis senilis : berubahnya warna rambut menjadi putih karena usia lanjut, proses pembentukan melanin menurun sejalan dengan penambahan usia Kanitis prematur : berubahnya warna rambut menjadi putih dimulai pada usia muda, biasanya merupakan penyakit bawaan Kanitis areata : perubahan rambut menjadi uban pada satu daerah saja Penyebab dari kanitis prematur dapat dicetuskan oleh beberapa hal, halaman berikut penjelasannya: Penyebab dari kanitis prematur dapat dice [...]

HUT DKI ke 486: Berpolusi, Penduduk Jakarta Berisiko Stroke & Serangan Jantung

HUT DKI ke 486: Berpolusi, Penduduk Jakarta Berisiko Stroke & Serangan Jantung

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Ketua Komisi Penghapusan Bensin Bertimbal Ahmad Syafrudin, memaparkan peningkatan pencemaran udara di DKI Jakarta yang kian meningkat, dari tahun 2010 hingga 2011 terdapat lonjakan drastis, yakni peningkatan 30-40%. Sedikitnya 70% adalah partikel debu dari kendaraan bermotor, ditambah lagi 90% hydro karbon dari asap buangan kendaraan. Lebih jauh, polusi udara pada kesehatan ternyata dapat berpengaruh terhadap kesehatan jantung yaitu dapat memicu serangan jantung dan stroke. Dengan cara apa? Polusi udara dapat mempercepat proses atherosclerosis (penebalan pembuluh darah arteri) sesuai dengan penelitian yang diterbitkan pada jurnal PLOS Medicine. Studi ini merupakan terusan dari studi sebelumnya yang melaporkan bahwa polusi udara dapat mengstimulasi proses inflamasi (peradangan) yang dapat memicu perubahan pada tekanan darah serta peningkatan pembekuan di pembuluh darah yang dapat memicu kelainan pada jantung. Penelitian yang dilakukan di University of Michigan School of Public Health dan University of Washington mengikuti 5,362 subjek dengan rentang usia 45 hingga 84 tahun pada 6 daerah di Amerika. Mereka menemukan bahwa pada subjek yang terpapar oleh pol [...]

Waspada! Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Sarang Bakteri Mematikan

Waspada! Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Sarang Bakteri Mematikan

Ladies, kapan terakhir kali Anda membongkar tas kosmetik dan menyortir peralatan makeup yang lama tak terpakai? Sebagian wanita punya kebiasaan membeli kosmetik baru meskipun koleksi alat makeup lama masih cukup banyak. Alhasil karena terlalu lama tidak dipakai, kosmetik pun jadi kedaluwarsa.Meski begitu, masih ada saja yang menyimpan bahkan menggunakannya tanpa sadar akan bahaya yang mengintai. Sebuah tes laboratorium yang dilakukan di London ini mungkin akan membuat para wanita segera menyingkirkan peralatan kosmetiknya yang sudah tak layak pakai. Produk makeup yang sudah lama ternyata menyimpan bakteri berbahaya, salah satunya bakteri penyebab meningitis (radang selaput otak) yang mematikan yaitu enterococcus faecils.Para peneliti dari London Metropolitan University telah memeriksa lima produk kosmetik seperti blush-on, foundation dan lip gloss dan menemukan bahwa mereka menyimpan banyak bakteri berbahaya.Selain enterococcus faecalis, peralatan kosmetik kedaluwarsa juga menyimpan bakteri berbahaya lainnya yaitu eubacterium yang bisa menyebabkan bacterial vaginosis (ketidakseimbangan flora dan bakteri pada Miss V) dan aeronoma, penyebab gastroenteritis dan infeksi pada luka. T [...]

Polusi Asap Turunkan Kecerdasan Anak

Polusi Asap Turunkan Kecerdasan Anak

Selain membahayakan saluran pernapasan, ternyata polusi asap juga dapat memberikan pengaruh negatif terhadap kecerdasan otak. Suatu penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak-anak yang terpapar oleh polusi udara di kota sejak dalam kandungan akan memiliki IQ yang lebih rendah daripada anak-anak yang kurang terpapar. Penelitian tersebut dilakukan oleh Dr. Frederica P.Perera, Direktur Columbia Center for Children?s Environmental Health, dkk dan telah diterbitkan oleh Journal of American Academy of Pediatrics pada bulan juli tahun 2009. Menurut hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa IQ anak usia 5 tahun di kota New-York yang telah terpapar oleh polusi udara yang tinggi akan Polycyclic Aromatic Hydrocarbon (PAH) sejak dalam kandungan akan lebih rendah 4 poin daripada anak-anak yang kurang terpapar terhadap PAH. Polycyclic Aromatic Hydrocarbon (PAH) PAH merupakan suatu zat kimia yang terdapat di dalam udara akibat proses pembakaran batu bara, diesel, oli, gas, dan benda-benda lain yang mengandung karbon seperti rokok. Di daerah perkotaan, PAH terutama dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Meskipun penurunan IQ yang terjadi hanya 4 poin, namun hal tersebut sudah cukup mempengaruhi kema [...]

Kenali Kelainan Seksual Parafilia untuk Melindungi Diri

Kenali Kelainan Seksual Parafilia untuk Melindungi Diri

Beberapa pengidap kelainan seksual tertentu tidak segan melakukan aksinya di tempat umum dan di tengah keramaian. Sebagian lain tidak terlihat dari luar sehingga bisa jadi tetangga atau teman dekat Anda sendiri. Kenali kecenderungan mereka untuk melindungi diri Anda. Parafilia adalah sekelompok gangguan dorongan dan perilaku seksual yang menyimpang dan muncul secara berulang kali. Disebut menyimpang karena hasrat dan perilaku ini umumnya melibatkan suatu bentuk aktivitas, orang lain, benda, ataupun situasi yang pada orang normal tidak merangsang secara seksual. Mengenali berbagai jenis kelainan seksual parafilia ini dapat membuat Anda lebih waspada, mampu mengantisipasi, dan barangkali membantu pengidapnya untuk sembuh. Berikut beberapa jenis kelainan seksual paraphilia yang umum terjadi di tengah masyarakat. Pedofilia Orang dengan pedofilia memiliki fantasi, ketertarikan, ataupun perilaku seksual menyimpang yang dilakukan terhadap anak kecil kurang lebih 13 tahun atau lebih muda. Perilaku ini meliputi mengajak anak untuk melihat si Pelaku melakukan masturbasi, mengajak anak untuk telanjang, menyentuh organ kelamin anak, atau bahkan melakukan aktivitas seksual kepada anak. Sebag [...]

World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek

World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek

Telah diketahui secara luas di masyarakat bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, bukan hanya pada jantung, paru-paru dan organ lainnya tetapi juga pada rongga mulut. Kerusakan dalam rongga mulut yang paling popupler diketahui oleh masyarakat adalah perubahan pada warna gigi. Tentu saja itu hanya 1 dari sekian banyak dampak buruk merokok, baik rokok putih maupun rokok kretek. Konsumsi rokok di Indonesia meliputi rokok putih dan rokok kretek, dan ternyata penikmat rokok kretek cukup banyak. laporan mengenai penyakit yang ditimbulkan oleh rokok kretek tidak sebanyak laporan kasus pada rokok putih. Namun telah ditemukan laporan kasus perdarahan dan edema pada paru yang diduga karena rokok kretek dan ada yang berakhir dengan kematian, juga laporan kasus kerusakan gigi yang spesifik pada perokok kretek. World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek Telah diketahui secara luas di masyarakat bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, bukan hanya pada jantung, paru-paru dan organ lainnya tetapi juga pada rongga mulut. Kerusakan dalam rongga mulut yang paling popupler diketahui oleh masyarakat adalah perubahan pada warna [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *