Makanan yang Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

tidur1.jpg

Meski sangat lelah, terkadang Anda tetap sulit tidur. Jika obat tidur atau posisi tidur alternatif tidak juga mempan mengusir insomnia, maka cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah kebiasaan makan. Dengan mengurangi makanan yang dapat membuat anda terjaga dan menyantap makanan yang sehat membantu anda agar bisa tidur dengan nyenyak. Ini dia tipsnya dari She Knows.

– Kurangi Makanan Mengandung Gula dan Kafein
Minum mocha atau kopi dan chocolate chip sebagai cemilan di sore hari memang menyenangkan, namun bisa dipastikan malamnya Anda tidak akan bisa tidur nyenyak. Makanan yang sarat akan gula dan kafein akan
menghalangi bioritme alami di tubuh anda.

?Jumlah waktu yang diperlukan bagi tubuh untuk mengeluarkan kafein
dapat bervariasi di setiap orang. Beberapa orang mungkin memakan waktu hingga 24 jam dan karena itu seharusnya mereka hanya meminum satu cangkir kopi atau teh di pagi hari. Sementara beberapa individu lainnya, bisa mengeluarkan kafein dari tubuh mereka lebih cepat sehingga mereka masih bisa tidur. Jadi, itu benar-benar tergantung pada masing-masing individu.” ujar Esther B. Horn seorang ahli diet dan ahli gizi di New York City.

– Makanan yang Bisa Membantu Anda Tidur:

1. Daging asap
?Daging asap yang kaya akan tryptophan asam amino ini bisa membantu menenangkan tidur Anda. Triptophan sendiri tidak membuat Anda mengantuk.” ujar Horn.

Kandungan tryptophan membantu otak memproduksi serotonin, yaitu neurotransmiter yang diperlukan untuk tidur dan relaksasi, serta melatonin, sebuah neurohormone yaitu kandungan tambahan yang membuat Anda lebih rileks.

2. Mashed Potatoes
Meski jenis makanan ini dianggap rendah karbohidrat karena kandungan Glycemic didalamnya berada di tingkat rendah, namun mashed potatoes, atau sejenis makanan dari bahan kentang yang dihaluskan ini memiliki pengaruh pada kadar glukosa dalam darah. Menyantap mashed potatoes dengan campuran susu rendah lemak atau buttermilk akan membuat Anda tidur lebih pulas dan sehat.

3. Pisang
Pisang mengandung melatonin dan tryptophan (yang diubah menjadi serotonin) yang membantu Anda tidur lebih nyenyak. “Melatonin adalah hormon yang mengirim sinyal ke otak agar tubuh merasa lebih santai,” jelas Horn. Krim buah yang mengandung magnesium juga dipercaya mengurangi ketegangan otot fisik, dan ampuh melawan stres.

4. Susu
Minum susu hangat sebelum tidur membantu tubuh Anda rileks dan tenang. “susu hangat merupakan sumber yang kaya tryptophan yang menenangkan dan membantu tubuh lebih santai,” ujar Horn. Tapi berhati-hatilah, “daging kalkun dan susu yang dikonsumsi sebelum tidur akan mengacaukan kerja lambung dan membuat Anda terjaga sepanjang malam karena perut terasa begah”. Sebaiknya hindari jika Anda belum terbiasa.

5.Oatmeal
Atau yang disebut dengan Havermut ini tidak hanya menjadi menu sarapan yang mengenyangkan, namun juga menghangatkan perut. Havermut atau gandum kaya serat mengandung melatonin. Semangkuk oatmeal dan segelas susu hangat sebelum tidur adalah menu tepat Anda sebelum tidur.

6. Suplemen Tidur
Selain makanan yang tepat, Horm menyarankan untuk mengonsumsi suplemen mineral yang memudahkan Anda tidur tanpa efek samping negatif, dibanding Anda harus minum obat tidur yang dijual bebas di pasaran.

Horn merekomendasikan suplemen tidur yang mengandung kalsium 500mg-800mg, Magnesium 400mg dan Inositol 2000mg. Gunakan juga Epsom, atau garam mandi yang mengandung magnesium. “campurkan dua genggam garam mandi ke dalam air hangat dan berendamlah selama 15 menit,” ujar Horn. Kandungan garam yang terserap melalui kulit berguna untuk menenangkan tubuh dan membuat Anda tidur lebih pulas.

(kik/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ketika Stres Mengganggu Kualitas Tidur, Lakukan 5 Cara Ini

Ketika Stres Mengganggu Kualitas Tidur, Lakukan 5 Cara Ini

Stress berlebihan tak jarang membuat seseorang mengalami gangguan tidur saat malam. Banyak hal yang tengah dipikirkan membuatnya sulit tidur bahkan terjaga semalaman. Hal ini tentu saja mengganggu aktivitas di siang hari karena tubuh menjadi lelah dan mengantuk. Tak hanya itu, kurang tidur pun dapat mempengaruhi kesehatan yang membuat penderita jadi mudah jatuh sakit. Lalu adakah cara mudah untuk membebaskan beban pikiran ketika akan tidur? Simak lima tipsnya berikut ini yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber:1. LavenderSalah satu cara termudah untuk menenangkan diri ketika akan beristirahat adalah dengan memasang wewangian aromatik. Lavender dipercaya menjadi aroma yang tepat untuk membuat Anda lebih tenang sehingga cepat tidur. Beberapa studi pun telah membuktikan bahwa wangi bunga tersebut handal dalam merileksasi tubuh serta membantu mengatasi insomnia.2. Lakukan RelaksasiAgar pikiran tidak tegang, lakukanlah gerakan-gerakan yang merelaksasi, seperti meditasi atau olahraga yoga. Mempraktekan teknik-teknik relaksasi sebelum tidur dapat meredakan banyaknya pikiran yang tengah berkecamuk. ?Agar hasil lebih maksimal, pasang aroma terapi lavender saat melakukannnya.3. Corat- [...]

9 Kebiasaan Ini Baik Diterapkan untuk Menjaga Kesehatan Gigi

9 Kebiasaan Ini Baik Diterapkan untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Kerusakan pada gigi biasanya dikaitkan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi, seperti permen dan sejenisnya. Pada kenyataannya segala makanan yang mengandung karbohidrat dapat membuat gigi berlubang. Bagaimana cara mengatasinya?Plak yang bercampur dengan karbohidrat akan membentuk asam sehingga merusak email gigi dan membuatnya berlubang. Oleh sebab itu Anda harus rajin melakukan perawatan gigi. Di bawah ini beberapa tips untuk meminimalisir jumlah asam, sehingga dapat mencegah kerusakan pada gigi, dilansir dari She Knows.1. Makan makanan yang sehat dan seimbang. Selain karbohidrat Anda juga memerlukan tambahan nutrisi seperti vitamin dan mineral agar gigi dan gusi tetap sehat.2. Berikan jeda waktu antara makan dan ngemil. Ini membantu gigi agar tidak selalu terkena asam. Karena setelah makan, asam akan terbentuk antara 20 ? 40 menit.3. Minuman dengan gula tambahan seperti jus, teh dan kopi akan membentuk asam pada gigi. Batasi minum minuman dengan gula tamabahan. Termasuk juga memakan permen lollipop.4. Bila memungkinkan minumlah air yang mengandung florida. Air dan florida akan membantu membersihkan dan melindungi gigi.5. Jangan membiarkan bayi terla [...]

Seks Bisa Buat Orang Rajin Gosok Gigi

Seks Bisa Buat Orang Rajin Gosok Gigi

Menurut sebuah penelitian, kebersihan mulut bukanlah prioritas utama bagi sebagian orang. Satu dari sepuluh orang akui malas menggosok gigi. Tapi kebiasaan buruk ini ternyata bisa dihilangkan dengan rajin bercinta.Dikutip dari female first, penelitian terbaru di Inggris menemukan hasil yang mengejutkan. Terdapat 700 ribu orang mengakui bahwa mereka jarang menyikat gigi selama lebih dari sebulan. Lalu, ada 17 persen orang berkegiatan di luar rumah tanpa menyikat gigi selama tiga hari atau lebih. Temuan-temuan ini menujukkan bahwa banyak orang yang tidak memberikan perhatian pada kesehatan mulutnya.Tom Elton, dari Listerine mengatakan,"sebagian besar orang tidak tahu bahwa terdapat 7,3 miliar kuman di dalam mulut seseorang. Jumlah ini melebihi jumlah manusia di planet ini. Jadi sangatlah penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mulut.""Penelitian ini jelas menunjukkan bahwa kebersihan mulut merupakan hal yang paling sering diabaikan di Inggris dan banyak orang yang menetapkan standar kebersihan mulut mereka sendiri. Maka tidak mengherankan bahwa data statistik mengungkapkan 45 persen individu dari populasi di Inggris masing-masing memiliki lima atau lebih tambalan gigi," tambah E [...]

Ancaman Peningkatan Angka Kebutaan 2020

Ancaman Peningkatan Angka Kebutaan 2020

Diperkirakan pada tahun 2020 jumlah penderita penyakit mata dan kebutaan di dunia akan mencapai 55 juta jiwa. Studi ini menyebutkan juga bahwa penyakit mata dan kebutaan akan meningkat terutama bagi mereka yang telah berumur diatas 65 tahun. Seorang yang berumur 80 tahun keatas yang merupakan 8% dari total penduduk, mengalami kebutaan sebanyak 69% (studi yang dilakukan oleh Eye Disease Prevalence Research Group). Cobalah untuk melindungi mata dimulai dari dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin, anti oksidan (Vitamin A, C dan E) dan mineral yang cukup. Ada empat langkah untuk untuk mencegah penularan penyakit infeksi mata: Biasakan untuk mencuci tangan sebelum atau setelah melakukan aktifitas tertentu. Hindari bertukar tukar alat rias mata atau obat tetes mata. Jangan menyentuh ujung obat dari tetes mata dengan tangan. Jangan membasahi lensa kontak anda dengan mulut atau air ludah. Hal senada terungkap pada laporan sebuah penelitan yang dilakukan oleh Chitchumroonchokchai dan koleganya dari Ohio State University, menunjukkan bahwa lutein dan zeaxanthin dapat melindungi sel lensa manusia dari paparan sinar UV, yang merupakan penyebab utama terjad [...]

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Apa Saja?

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Apa Saja?

Sakit pinggang biasanya diderita oleh mereka yang telah memasuki usia antara 30-50 tahun. Saat tubuh semakin tua, tulang akan semakin rapuh dan massa otot menurun. Oleh karena itu, sendi-sendi seperti pinggang lebih rentan cedera dan sakit. Tapi selain akibat gangguan pada sendi, sakit pinggang bisa juga disebabkan oleh ganguan pada organ yang ada di daerah tersebut seperti ginjal. Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri Nyeri pinggang tidak hanya terbatas pada sendi tersebut tapi juga bisa menyebar hinggi ke daerah bokong, pangkal paha dan paha bagian belakang. Rasa sakit tersebut akan kian terasa menyakitkan jika bagian tersebut digerakkan. Kadang, rasa sakit pada bagian pinggang disertai kesemutan atau mati rasa pada bagian bokong atau kaki. Sakit pinggang bisa menyebabkan kesulitan saat hendak membungkuk dan bersandar. Selain itu otot-otot di sekitar tulang belakang bisa mengalami kejang sehingga menyebabkan rasa kaku pada pinggang. Kombinasi nyeri disertai kejang bisa mengakibatkan pinggang tidak seimbang sehingga membuat postur tubuh berubah atau tidak seimbang. Apa Saja Penyebabnya? Pinggang sebelah kiri yang terasa sakit bisadisebabkan oleh beberapa kondisi. Yang paling seri [...]

Induksi Obat Kemoterapi Langsung

Induksi Obat Kemoterapi Langsung

Sebuah harapan baru dalam merawat penderita kanker payudara dengan efek samping yang lebih sedikit, dikemukakan kemarin hari Rabu 26 Oktober dalam laporan yang dipublikasikan The Journal Science Translational Medicine. Laporan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di John Hopkins Kimmel Cancer Center, Baltimore, Amerika Serikat terhadap 17 wanita penderita kanker payudara. Penelitian dengan menggunakan metode baru dalam memasukkan obat kemoterapi langsung melalui puting susu pasien, memberikan hasil positif dalam efektifitas obat terhadap tumor tingkat awal, sel pra kanker, dan tidak memberikan dampak negatif apapun seperti yang seringkali dihasilkan dalam metode-metode kemoterapi sebelumnya. Metode ini di desain dengan mengantarkan obat kemoterapi langsung ke dalam jaringan payudara, yang mempunyai sistem percabangan saluran susu seperti akar pohon didalam payudara, sehingga obat dapat langsung terlokalisasi pada daerah tersebut tanpa harus mempengaruhi jaringan lainnya seperti yang biasa terjadi pada metode penyuntikan obat pada saluran darah maupun dengan metode meminum obat. Dengan demikian obat dapat bekerja di tempat yang seharusnya yaitu di dalam payuda [...]

Gangguan Tidur yang Berisiko Stroke

Gangguan Tidur yang Berisiko Stroke

Gangguan tidur merupakan salah satu keluhan yang paling sering ditemukan pada penderita yang berkunjung ke dokter. Diperkirakan tiap tahun 20%-40% orang dewasa mengalami kesukaran tidur dan 17% diantaranya mengalami masalah serius.Prevalensi gangguan tidur setiap tahun cenderung meningkat, hal ini juga sesuai dengan peningkatan usia dan berbagai penyebabnya. Penelitian memperlihatkan bahwa gangguan tidur meningkatkan kejadian berbagai penyakit kardioserebrovaskuler. Hal ini terutama terkait dengan gangguan bernafas saat tidur (sleep disorder breathing), ujar dr Rizaldy Pinzon, Mkes, SpS selaku dokter tim stroke RS Bethesda Yogyakarta, seperti yang dikutip dari detikhealth (link).Gangguan bernafas saat tidurAda dua macam pola gangguan nafas saat tidur, yaitu Hypoapnea dan Apnea. Hypoapnea ditandai oleh penyempitan saluran pernafasan 50%-80% selama lebih dari 10 detik dan terjadi penurunan saturasi oksigen lebih dari 3%.Sementara apnea tidur ditandai oleh penyempitan saluran pernafasan lebih dari 80% selama lebih dari 10 detik dan terjadi penurunan saturasi oksigen lebih dari 3%.Terdapat tiga jenis sleep apnea yaitu central sleep apnea, upper airway obstructive apnea dan bentuk ca [...]

FDA: Waspada Anti-Depresan Celexa

FDA: Waspada Anti-Depresan Celexa

Food and Drug Administration (FDA/BPOM AS) pada Rabu (24/08) lalu telah menerbitkan himbauan dan peringatan mengenai pemakaian anti-depresan citalopram (Celexa) yang dapat mengarahkan fatal untuk aktivitas jantung. FDA memperingatkan bahwa penggunaan Celexa dapat menyebabkan perubahan abnormal pada aktivitas listrik jantung. Keadaan demikian dikenal medis dengan istilah Sindrom QT Panjang (Long QT Syndrome (LQTS)). LQTS adalah gangguan sistem listrik jantung yang ditandai dengan perpanjangan interval QT pada EKG dan kecenderungan untuk takiaritmia ventrikel, yang dapat menyebabkan sinkop, perhentian jantung atau cardiac arrest. Dalam kata lain, kondisi demikian mengantarkan pada keadaan aritmik atau perubahan fatal dalam irama jantung. Lebih khusus pada keadaan pasien yang memiliki kecenderungan mengidap sindroma LQTS yang didasari kadar rendah kalium dan magnesium dalam darah. Semakin tinggi dosis Celexa, semakin besar risiko kepada jantung. Demikian sebagaimana dipaparkan di WebMD.com. FDA melansirkan bahwasanya Celexa seharusnya tidak lagi digunakan pada dosis yang lebih tinggi dari 40 miligram per hari, kendati beberapa pasien memerlukan dosis lebih dari 60mg / hari, dimana sem [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *