Mandi Air Dingin di Pagi Hari

mandi_air_dingin.jpg

Karena dingin, banyak orang lebih memilih untuk mandi air hangat di pagi hari, padahal hal itu justru dapat merugikan tubuh.

Mandilah dengan menggunakan air dingin di pagi hari agar lebih sehat.

Mandi air hangat boleh sesekali dilakukan jika tubuh terlalu lelah di malam hari, karena mandi air hangat berkhasiat mengendurkan otot, meredakan stres dan mengatasi insomsia.

Sedangkan saat Anda membutuhkan semangat untuk memulai aktivitas di pagi hari, sebaiknya mandilah dengan air dingin.

Ada beberapa dampak negatif yang terjadi bila orang terbiasa mandi air hangat di pagi hari, antara lain pori-pori membesar dan menurunkan kualitas sperma pada pria.

Selain itu, mandi air hangat di pagi hari juga bisa memicu sakit kepala karena perubahan suhu dari dinginnya pagi.

Air hangat dapat mengubah tekanan darah tubuh, termasuk di daerah kepala, yang akhirnya memicu rasa sakit kepala dengan puncak rasa tertusuk tajam di dahi sekitar 30-60 detik setelah disiram air.

Sementara mandi air dingin terutama pada pagi hari justru dapat memberi manfaat pada kulit dan pembuluh darah.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan bila Anda terbiasa mandi air dingin di pagi hari.

Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Berikut beberapa manfaat kesehatan bila Anda terbiasa mandi air dingin di pagi hari, seperti dilansir BBC Health, Sabtu (7/1/2012):

  1. Membuat sirkulasi darah jadi lebih baik
    Jika air hangat membuat aliran darah bergerak menuju kulit, maka air dingin membuat aliran darah menuju organ-organ tubuh. Mandi air dingin lebih meningkatkan sistem sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik dapat menghindari berbagai penyakit serius seperti hipertensi, pengerasan arteri dan munculnya varises. Hal ini bisa dipraktikkan dengan mandi didahului air hangat dan diakhiri dengan air dingin.

  2. Membuat kulit jadi lebih bercahaya dan membuat awet muda
    Mengecilkan dan menutup pori-pori dengan air dingin dapat mencegah masuknya kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan ketidaksempurnaan kulit seperti jerawat. Manfaat lainnya, mandi air dingin dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang menyebabkan muculnya lingkaran hitam di bawah mata. Dengan begitu, mandi air dingin bisa membuat kulit bercahaya, sehat dan awet muda.

  3. Membuat rambut sehat,
    Air dingin dapat membuat rambut sehat dan bercahaya karena dapat menutup kutikula sehingga membuat rambut lebih kuat dan mencegah kotoran menumpuk di kulit kepala. Dengan menutup pori-pori akan membuat rambut lebih kuat ketika disisir, sehingga mencegah kerontokan dan juga memperlambat tumbuhnya uban.

  4. Memberi semangat di pagi hari
    Pada zaman samurai kuno, prajurit selalu menyiram air dingin ke kepala setiap pagi dengan mempraktikkan Misogi. Ini adalah ritual pemurnian pada tingkat spiritual. Menurut prajurit, mandi air dingin dapat memberi semangat, membantu memulai hari dan petualangan baru yang segar. Air dingin jelas membantu membangunkan orang yang masih merasa mengantuk di pagi hari.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Madu untuk Sariawan

Madu untuk Sariawan

Madu merupakan bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari. Penggunaannya cukup luas, dari sebagai bagian bahan masakan sampai dijadikan obat alternatif. Pada jenis madu tertentu terkadang harganya relatif mahal, namun tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap khasiatnya membuat harga tidak begitu dipermasalahkan. Fungsi madu sebagai obat alternatif pada beberapa penyakit kian digandrungi karena juga dianggap tidak mempunyai efek samping. Lalu sesuai dengan judul artikel ini, bagaimana madu dapat bermanfaat untuk khasiat kesehatan mulut? Berikut penjelasannya: Khasiat Madu Sejak dulu madu sudah dipergunakan sebagai pembalut luka seperti luka bakar karena mataharidan sebagai obat untuk penyakit seperi diare, batuk serta radang tenggorokan. Madu mentah adalah jenis madu yang sering digunakan dalam mengobati luka. Komponenan dan kandungan madu mempunya sifat yang menguntungkan dalam proses penyembuhan luka. Sifat madu yang merupakan antiradang dan antiinfeksi menjadikan madu sebagi pertolongan pertama yang ideal dalam penyembuhan luka, berdasarkan suatu laporan menyatakan bahwa luka dua kali lebih cepat sembuh dengan penggunaan madu. Propol [...]

4 Tes Kesehatan Seksual yang Wajib Dilakukan

4 Tes Kesehatan Seksual yang Wajib Dilakukan

Kebanyakan orang hanya melakukan tes kesehatan seputar organ dalam tubuh saja. Padahal tes kesehatan seksual sangat penting.Menurut Agency for Healthcare Research and Quality (AHRQ), seperti yang dikutip dari Disaboom, ada empat tes kesehatan seksual yang harus dilakukan oleh para wanita. Tes ini diwajibkan untuk memastikan kesehatan seksual tubuh.1. Pap Smear atau test PAPTes PAP adalah salah satu cara untuk mendeteksi penyakit kanker pada mulut rahim atau kanker serviks. Tes ini sangat dianjurkan dilakukan oleh wanita yang sudah melakukan hubungan seksual atau berusia 21 tahun. Menurut AHRQ, wanita harus melakukan tes ini setiap satu hingga tiga tahun sekali sampai usianya memasuki 65 tahun. Setelah itu, Anda harus tanyakan kepada dokter seberapa sering Anda harus melakukan tes PAP untuk mencegah kanker serviks sedari dini.Bagaimana jalannya pemeriksaan pap smear? Pasien wanita nantinya diminta duduk di kursi ginekolog (duduk mengangkang), lalu dokter akan mengambil sampel lendir dari mulut rahim menggunakan spatula. Sampel ini akan diperiksa di bawah mikroskop. Pengambilan lendir ini bisa berjalan cepat dan tidak sakit jika si pasien rileks.2. Tes ChlamydiaChlamydia adalah ba [...]

Ini Gangguan Kesehatan Miss V yang Paling Sering Dialami Wanita

Ini Gangguan Kesehatan Miss V yang Paling Sering Dialami Wanita

Merawat organ intim kewanitaan memerlukan perhatian ekstra. Pengetahuan yang benar dalam merawat vagina akan membuat organ ini menjadi sehat dan terawat. Sebaliknya, jika melakukan kesalahan dalam merawatnya, tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan efek buruk seperti masalah kesehatan dan penyakit kelamin yang dapat menyerang kapanpun. Yuk kenali masalah seputar daerah kewanitaan agar Anda lebih berhati-hati dalam menjaga Miss V.1. KeputihanMenurut Dr. M. Rezha Faisal, SpOG yang merupakan spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, leucorrhea atau keputihan menjadi salah satu masalah kewanitaan yang paling umum dialami oleh wanita. Keputihan atau dalam istilah medis lebih dikenal dengan vaginal discharge terbagi menjadi 2 jenis, yaitu keputihan normal dan tidak normal.Keputihan yang normal biasanya disebabkan oleh pengaruh hormon ketika menjelang menstruasi atau setelah menstruasi. Sedangkan keputihan yang tidak normal disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya bakteri, parasit, virus atau jamur. "Hubungan seksual yang tidak aman seperti berganti-ganti pasangan atau berhubungan intim di luar nikah adalah salah satu penyebab virus dan jamur bisa masuk kedalam vagina," tutur Dr [...]

Mendapatkan Imunitas Ekstra Dengan Zinc

Mendapatkan Imunitas Ekstra Dengan Zinc

Mendapatkan imunitas ekstra dengan zinc atau mineral seng penting untuk membantu mempertahankan fungsi tubuh secara normal seperti meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit. Apalagi perubahan cuaca saat ini masih tak menentu. Hal itu membuat tubuh menjadi mudah lelah dan rentan terhadap penyakit. Makanan yang mengandung zinc dapat mendukung reaksi-reaksi biokimia di dalam tubuh. Zinc berperan mendukung sistem kekebalan tubuh yang baik, untuk penyembuhan luka, membantu kemampuan indera perasa dan penciuman dan diperlukan untuk sintesis DNA. Zinc juga berguna untuk pertumbuhan yang normal dan perkembangan manusia dari masa kehamilan, anak-anak hingga dewasa. Mineral penting untuk membantu mempertahankan imunitas pada tubuh, seperti penyembuhan luka, mineralisasi tulang, pertumbuhan jaringan, dan fungsi tiroid. Mineral yang ada pada zinc terdapat pada makanan yang sering kita konsumsi, diantaranya; 1. Daging Sapi Kekurangan zinc adalah salah satu penyebab menurunnya kekebalan tubuh. Sumber pangan yang kaya kandungan zinc adalah daging. Meskipun sedang berdiet, sebaiknya jangan betul-betul meninggalkan daging. Sebab nutrisi penting di dalamnya sangat diperlukan oleh tubuh d [...]

Taruh Dompet di Saku Celana Bisa Bahayakan Saraf

Taruh Dompet di Saku Celana Bisa Bahayakan Saraf

Merupakan hal yang biasa jika para pria menaruh dompetnya di saku belakang celana mereka. Namun kebiasaan itu justru bisa berbahaya karena mempengaruhi saraf-saraf tubuh.Para ahli mengungkapkan orang-orang yang duduk dengan dompet di saku belakang celana memiliki risiko merusak saraf-saraf kunci. Kondisi ini sudah menjadi sangat umum di masyarakat hingga dijuluki dengan nama 'hip-pocket syndrome' atau 'wallet-neuropathy'.Pria yang selalu meletakkan dompet di saku belakangnya adalah kelompok yang paling berisiko terkena kondisi ini. Ahli fisioterapi menuturkan adanya lonjakan jumlah pria yang menderita atau mengeluhkan sakit punggung bagian bawah, dan diduga posisi dompet menjadi penyebab utama kondisi ini."Saat ini semakin banyak pasien saya yang datang ke klinik dengan keluhan seperti itu. Kondisi ini dipicu oleh posisi dompet yang menekan saraf di belakang tubuh dan seiring waktu bisa menyebabkan linu panggul," ujar Julian Forth, seorang fisioterapis di Buckhurst Hill, Essex, seperti dikutip dari Detikhealth.Firth mengungkapkan dompet tersebut akan menekan saraf-saraf di tubuh baik pada saat orang mengemudi atau ketika duduk di tempat kerja. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan [...]

Kurang Tidur Menyebabkan Kegemukan

Kurang Tidur Menyebabkan Kegemukan

Kurang tidur menyebabkan kegemukan! Kalimat ini pasti bukan hal yang asing di telinga Anda. Cukup tidur memang merupakan aspek penting dalam mempertahankan berat badan yang ideal, selain olahraga dan asupan nutrisi yang seimbang. Akan tetapi, berapa jam tidur sehari yang dapat dikatakan cukup? Para ahli mengatakan bahwa jam tidur yang dikatakan cukup adalah 7-8 jam sehari. Lalu apa yang terjadi saat Anda tidak mendapatkan jam tidur yang dianjurkan tersebut? Apakah sebaiknya membayar hutang jam tidur keesokan harinya dengan tidur lebih dari 8 jam? Sebenarnya ketika kita berbicara tentang durasi tidur, yang memiliki risiko menimbulkan kegemukan atau obesitas bukan hanya durasi tidur yang pendek yaitu 5-6 jam. Akan tetapi, durasi tidur yang panjang yaitu 9-10 jam atau bahkan lebih dari itu juga meningkatkan risiko seseorang menjadi gemuk. Besar risiko terjadinya obesitas pada seseorang yang tidur dengan durasi pendek adalah sebesar 27%, sedangkan untuk yang tidur dengan durasi panjang adalah sebesar 21% (Chaput et al, 2007). Jadi, sebenarnya risiko kegemukan meningkat baik dengan jam tidur yang kurang maupun dengan jam tidur yang lebih panjang dari anjuran. Ada beberapa teori mengapa [...]

Pria Berumur Masih Bisa Melakukan Sunat Dewasa

Pria Berumur Masih Bisa Melakukan Sunat Dewasa

Di Indonesia, biasanya sunat dilakukan karena alasan agama saat anak laki-laki menginjak usia bangku sekolah dasar. Namun, pria berumur yang belum melakukannya masih bisa menjalani sunat, entah karena alasan agama atau kesehatan. Adapun, prosedur sunat dewasa dan kanak-kanak umumnya sama. Sunat merupakan metode pengangkatan kulit yang menutupi kepala penis. Salah satu manfaatnya adalah bisa mengurangi risiko tertular penyakit menular seksual. Manfaat lain yang mungkin bisa Anda dapatkan dari sunat antara lain: Penis jadi lebih mudah dibersihkan. Mengurangi risiko terkena infeksi saluran kemih. Mencegah terjadi fimosis atau ketidakmampuan untuk menarik kembali kulit penis atau kulup. Mencegah balanitis atau peradangan kepala penis. Mengurangi risiko terjadinya kanker serviks pada pasangan wanita. Proteksi terhadap kanker penis. Jadi, tidak ada kata terlambat untuk mencegah diri dari benih-benih penyakit dengan melakukan sunat dewasa. Prosedur Sunat Dewasa Sebelum menjalani sunat, dokter mungkin akan memberikan obat untuk membantu Anda rileks sejam sebelum prosedur dimulai. Prosedur sunat memakan waktu sekitar 10-15 menit. Dokter akan menyuntikkan obat bius lokal, regional atau u [...]

Ini Kebiasaan Salah Saat Menyeduh yang Buat Teh Jadi Tidak Sehat

Ini Kebiasaan Salah Saat Menyeduh yang Buat Teh Jadi Tidak Sehat

Kebiasaan orang Indonesia dalam menyajikan teh umumnya diseduh dengan air yang masih mendidih dan didiamkan lama. Bahkan ada yang membiarkan daun teh atau teh celup di dalam teko seharian hingga airnya habis. Cara penyajian seperti itu ternyata keliru, dan sayangnya, masih belum banyak orang tahu.Dijelaskan pakar teh Ratna Somantri, teh seharusnya diseduh dengan air panas yang suhunya di bawah 100 derajat Celcius. Penyeduhannya pun tidak boleh terlalu lama, rata-rata hanya 2-3 menit per sajian."Kalau daun tehnya terlalu lama tidak diangkat, bisa mengeluarkan zat-zat yang kurang baik," ujar Ratna, saat berbincang dengan Wolipop di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (17/04/2014).Seperti dikutip dari BBC Health, teh yang terlalu lama diseduh akan menyebabkan semakin banyaknya kafein yang keluar dari serbuk teh yang lalu berpindah ke cangkir. Proses pengeluaran kafein itu akan semakian banyak dalam minuman akhir yang terlalu lama diseduh. Sebagai contoh, teh yang diseduh selama 5 menit kafein yang keluar akan semakin banyak dibanding teh yang diseduh 3 menit.Kafein bertindak sebagai stimulan ke jantung dan juga sistem saraf pusat. Selain itu kafein juga dapat meningkatkan tekanan da [...]

Bahaya Mengemudi setelah Mengonsumsi Minuman Keras

Bahaya Mengemudi setelah Mengonsumsi Minuman Keras

Mengemudikan kendaraan di bawah pengaruh minuman keras adalah tindakan kriminal. Selain membahayakan diri sendiri, Anda membahayakan nyawa pengguna jalan lain. Pengemudi yang berkendara di bawah pengaruh minuman keras berisiko tinggi untuk mengalami kecelakaan. Saat mengemudi, otak kita berusaha untuk memproses lebih dari satu hal pada waktu yang sama. Di bawah pengaruh minuman keras, kinerja otak tidak bisa maksimal. Efek Minuman Keras terhadap Kemampuan Berkendara Saat berkendara, otak manusia harus cepat tanggap terhadap berbagai hal, seperti lampu lalu lintas merah, bunyi klakson, jalan yang tidak rata, atau pejalan kaki dan kendaraan lain yang melintas secara mendadak. Alkohol dapat menurunkan tekanan darah dan menekan saraf kesadaran manusia sehingga memengaruhi kemampuan otak untuk fokus dan membuat keputusan dengan cepat. Pengemudi yang berada di bawah pengaruh minuman keras sering menjadi tidak waspada, sehingga tidak menyadari seberapa cepat kendaraannya melaju. Selain itu membuat pengguna kendaraan lupa apakah telah menggunakan sarana pengaman, seperti sabuk pengaman atau helm. Penurunan ketajaman visual akibat zat alkohol juga meningkatkan risiko kecelakaan. Risiko [...]

Remaja Penderita Kanker Usus Ini Berhasil Kumpulkan Rp 19 M untuk Amal

Remaja Penderita Kanker Usus Ini Berhasil Kumpulkan Rp 19 M untuk Amal

Stephen Sutton dikenal sebagai remaja yang tidak pantang menyerah meskipun kini menderita kanker usus dan sudah tahap kritis. Melalui blognya, Stephen menulis berbagai pengalaman menarik dan berhasil mengumpulkan uang Rp 19 miliar untuk amal.Stephen didiagnosa menderita kanker usus saat usianya 15 tahun. Sejak saat itu ia memutuskan mengumpulkan dana untuk disumbangkan pada Teenage Cancer Trust. Remaja yang kini berusia 19 tahun itu mengumpulkan dana dengan menuliskan berbagai kisahnya di Facebook dan blog stephensstory. Di blognya tersebut tertulis daftar hal yang ingin dilakukan Stephen sebelum dia meninggal. Tulisan tersebut dibuatnya selain untuk mencari dana amal untuk sesama penderita kanker, juga untuk memotivasi orang lain menikmati hidup seperti dirinya.Dari tulisannya tersebut terlihat Stephen cukup aktif. Meski menderita kanker yang hingga kini belum dapat disembuhkan, dia telah melakukan banyak hal menarik seperti bermain drum di depan 90 ribu orang, memeluk gajah dan mentato tubuhnya.Tulisan-tulisan Stephen tersebut menggerakkan banyak orang untuk beramal. Sampai saat ini pria berkacamata itu berhasil mengumpulkan 1 juta poundsterling atau sekitar Rp 19 miliar.Kini [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *