Mandi Air Dingin di Pagi Hari

mandi_air_dingin.jpg

Karena dingin, banyak orang lebih memilih untuk mandi air hangat di pagi hari, padahal hal itu justru dapat merugikan tubuh.

Mandilah dengan menggunakan air dingin di pagi hari agar lebih sehat.

Mandi air hangat boleh sesekali dilakukan jika tubuh terlalu lelah di malam hari, karena mandi air hangat berkhasiat mengendurkan otot, meredakan stres dan mengatasi insomsia.

Sedangkan saat Anda membutuhkan semangat untuk memulai aktivitas di pagi hari, sebaiknya mandilah dengan air dingin.

Ada beberapa dampak negatif yang terjadi bila orang terbiasa mandi air hangat di pagi hari, antara lain pori-pori membesar dan menurunkan kualitas sperma pada pria.

Selain itu, mandi air hangat di pagi hari juga bisa memicu sakit kepala karena perubahan suhu dari dinginnya pagi.

Air hangat dapat mengubah tekanan darah tubuh, termasuk di daerah kepala, yang akhirnya memicu rasa sakit kepala dengan puncak rasa tertusuk tajam di dahi sekitar 30-60 detik setelah disiram air.

Sementara mandi air dingin terutama pada pagi hari justru dapat memberi manfaat pada kulit dan pembuluh darah.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan bila Anda terbiasa mandi air dingin di pagi hari.

Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Berikut beberapa manfaat kesehatan bila Anda terbiasa mandi air dingin di pagi hari, seperti dilansir BBC Health, Sabtu (7/1/2012):

  1. Membuat sirkulasi darah jadi lebih baik
    Jika air hangat membuat aliran darah bergerak menuju kulit, maka air dingin membuat aliran darah menuju organ-organ tubuh. Mandi air dingin lebih meningkatkan sistem sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik dapat menghindari berbagai penyakit serius seperti hipertensi, pengerasan arteri dan munculnya varises. Hal ini bisa dipraktikkan dengan mandi didahului air hangat dan diakhiri dengan air dingin.

  2. Membuat kulit jadi lebih bercahaya dan membuat awet muda
    Mengecilkan dan menutup pori-pori dengan air dingin dapat mencegah masuknya kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan ketidaksempurnaan kulit seperti jerawat. Manfaat lainnya, mandi air dingin dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang menyebabkan muculnya lingkaran hitam di bawah mata. Dengan begitu, mandi air dingin bisa membuat kulit bercahaya, sehat dan awet muda.

  3. Membuat rambut sehat,
    Air dingin dapat membuat rambut sehat dan bercahaya karena dapat menutup kutikula sehingga membuat rambut lebih kuat dan mencegah kotoran menumpuk di kulit kepala. Dengan menutup pori-pori akan membuat rambut lebih kuat ketika disisir, sehingga mencegah kerontokan dan juga memperlambat tumbuhnya uban.

  4. Memberi semangat di pagi hari
    Pada zaman samurai kuno, prajurit selalu menyiram air dingin ke kepala setiap pagi dengan mempraktikkan Misogi. Ini adalah ritual pemurnian pada tingkat spiritual. Menurut prajurit, mandi air dingin dapat memberi semangat, membantu memulai hari dan petualangan baru yang segar. Air dingin jelas membantu membangunkan orang yang masih merasa mengantuk di pagi hari.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
7 Buah dan Sayuran Yang Bisa Dikonsumsi Tanpa Mengupas Kulitnya.

7 Buah dan Sayuran Yang Bisa Dikonsumsi Tanpa Mengupas Kulitnya.

Makan lebih banyak buah dan sayuran. adalah nasihat gizi yang sering kita dengar, bertujuan untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik serta bertujuan mengurangi berat badan. Tetapi walaupun Anda tergila-gila dengan salad, kenyataannya adalah mencuci, mengupas, dan menyiapkan sayuran dan buah-buahan memakan waktu yang begitu banyak, sehingga anda malas untuk melakukannya. Itu sebabnya kami sangat senang untuk memberi tahu anda, bahwa Anda benar-benar dapat menyiapkan sayuran dan buah-buahan yang akan anda konsumsi tanpa harus mengupas kulitnya, untuk lebih menghemat waktu, meningkatkan jumlah nutrisi serta meningkatkan rasa. Berikut buah dan sayuran yang mempunyai kandungan nutrisi tanpa harus dikupas kulitnya. 1. Kentang Secara tradisional, kentang tumbuk (perkedel), salad kentang, dan bahkan lauk kentang rebus atau panggang anda , yang ada dipikiran anda adalah mengupas kulitnya, hal ini merupakan sesuatu yang kurang baik. Dua puluh persen dari nutrisi, seperti vitamin B dan mineral, ditemukan di kulit kentang. Di kulit kentang itulah semua serat yang kita butuhkan , kata Cavuto, seorang ahli gizi dari Philadelphia. Hanya sebelum itu pastikan untuk cuci kentang yang akan anda m [...]

Ini Kebiasaan yang Bisa Merusak Jadwal Tidur

Ini Kebiasaan yang Bisa Merusak Jadwal Tidur

Gangguan tidur sering dialami banyak orang. Sebelum mencoba mengonsumsi obat tidur, ada baiknya memeriksa ulang rutinitas saat malam hari. Beberapa ritual favorit saat malam hari dapat menyebabkan masalah gangguan tidur.Menurut sebuah studi terbaru oleh National Sleep Foundation, diperkirakan 65 persen orang Amerika mengalami masalah tidur beberapa malam setiap minggu. Tidur terlalu sedikit dihubungkan dengan peningkatan risiko obesitas dan depresi.Berikut beberapa kebiasaan sebelum tidur yang dapat menyebabkan gangguan tidur seperti dikutip dari detikhealth.1. Pergi Tidur Lebih CepatBanyak orang mempunyai persepsi bahwa tidur cepat hanya berlaku untuk anak-anak. Lakukan perawatan ekstra untuk mempertahankan jadwal tidur, terutama pada akhir pekan.Tubuh merespon rutinitas. Sehingga jika telah terbiasa tidur larut malam, maka tubuh akan terbiasa. Oleh karena itu, maka perlu dibiasakan untuk tidur lebih cepat.2. Membawa Buku ke Tempat TidurMembaca buku sebelum tidur telah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Masalahnya adalah, tubuh telah beradaptasi dengan kemungkinan bahwa rutinitas tidak akan pergi tidur hingga setelah membaca buku.Tubuh sangat mudah merespon rutinitas. Jika in [...]

Berpuasa Bagi Penderita Asma

Berpuasa Bagi Penderita Asma

Oleh: dr. Jessica Florencia Bagi umat muslim yang memiliki penyakit tertentu, kedatangan bulan Ramadan sering membawa kekhawatiran tertentu. Pertanyaan-pertanyaan seperti: apakah saya dapat berpuasa, bagaimana jika penyakit saya kambuh saat berpuasa, atau bagaimana dengan pengobatan saya merupakan sederet pertanyaan yang sering muncul. Secara khusus bagi penderita Asma, penderita biasanya khawatir apakah dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan seringkali bingung mengenai penggunaan obat semprot pelega napas (inhaler). Agar para penderita asma dapat menjalankan puasa dengan baik, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan: Kunjungilah dokter Anda untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu 1 bulan hingga 1 minggu sebelum Anda mulai berpuasa. Dokter akan melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah derajat asma yang Anda alami terkontrol dengan baik dan menentukan pengobatan yang sesuai. Jika Anda menggunakan inhaler, dan tidak ingin menggunakannya pada saat berpuasa. Gunakanlah inhaler pada saat sahur dan berbuka untuk tetap mengontrol asma Anda. Anda sebaiknya tetap selalu membawa serta inhaler Anda. Jika Anda terkena sera [...]

Cara Mencegah Penuaan Dini Otak Anda

Cara Mencegah Penuaan Dini Otak Anda

Mungkin Anda sering lupa dimana menaruh kacamata atau kunci mobil? Masih muda, tapi sudah mulai pikun. Sejalah dengan usia, otak mengalami penurunan fungsi daya ingatnya. Penurunan fungsi ini mulai terjadi saat usia Anda masih sangat muda, 30 tahun. Ini adalah termasuk kondisi penuaan dini. Berbagai pendapat awalnya menyatakan bahwa penurunan daya ingat seseorang adalah hal yang natural dan tidak dapat dihindari. Namun ternyata Anda dapat melatih otak Anda untuk tetap awet muda dan tercegah dari penuaan dini. Bagaimana caranya? Olahraga Olahraga ternyata berperan penting untuk menjaga daya ingat kita. Olahraga 30 menit tiap hari bukan hanya baik untuk tubuh, namun juga untuk otak. Olahraga dapat membantu mencegah penyakit yang dapat mengakibatkan penurunan daya ingat atau pikun, seperti : Darah tinggi Diabetes Kolesterol Kegemukan Stroke Beberapa studi juga menunjukan bahwa olahraga dapat membantu mencegah penuaan dini pada otak dengan mencetuskan pelepasan protein BDNF, protein yang menunjang kehidupan sel saraf di otak. Diet ala Mediterania Berikan porsi yang lebih besar untuk buah, sayur, ikan, dan minyak zaitun pada menu makanan Anda. Jenis makanan tersebut dapat menu [...]

6 Solusi Bibir Pecah-pecah

6 Solusi Bibir Pecah-pecah

Warna merah pada bibir didapat dari warna darah yang mengalir di dalam pembuluh di lapisan bawah kulit bibir. Seperti halnya pada kulit, warna bibir dipengaruhi oleh faktor eksternal (misal kebiasaan merokok, paparan sinar matahari) maupun internal seperti pigmen. Selain itu, orang yang berkulit gelap cenderung memiliki bibir berwarna gelap. Sayangnya hingga saat ini belum ada terapi yang dapat mengubah warna bibir. Operasi bedah plastik pun hanya dapat mengubah bentuk dan ukuran saja, namun tidak dapat membuat bibir menjadi lebih merah. Jika Anda ingin bibir Anda tampak sehat dan indah, langkah berikut patut Anda coba. (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); .iht-1 { background: url(http://klikdokter.com/assets/healthtools/ht_4.gif) no-repeat 0px 0px; width: 105px; float: left; text-align: center; padding-top: 105px; background-size: 100px; margin-left:5px; height: 50px; } .iht-2 { background: url(http://klikdokter.com/assets/healthtools/ht_2.gif) no-repeat 0px 0px; width: 105px; float: left; text-align: center; [...]

4 Buah yang Sebaiknya Tidak Dimakan Ketika Berbuka Puasa

4 Buah yang Sebaiknya Tidak Dimakan Ketika Berbuka Puasa

Pakar gizi dan nutrisi, Prof. Hardinsyah, MS, menuturkan, saat bulan puasa biasakan tetap mengonsumsi buah sehari dua kali ketika sahur dan berbuka. Akan tetapi, ada beberapa buah yang perlu dihindari bila ingin disantap setelah berbuka. "Boleh makan segala macam buah yang tidak asam dan sepet karena nanti lambung kita tambah asam bisa buat sakit," ujar pakar nutrisi lulusan University of Queensland, Australia ini, saat diwawancarai wolipop, Kamis (18/7/2013). Ini dia empat buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi setelah berbuka puasa karena tidak bagus untuk tubuh Anda. 1. Durian Menurut pria yang akrab disapa Hardin itu, durian tidak dianjurkan disantap ketika berbuka puasa. Durian mengandung alkohol yang bisa menimbulkan gas pada saluran pencernaan dan memicu kepala pusing. 2. Jeruk Nipis Jeruk nipis juga tidak dianjurkan oleh ayah dua anak ini. Jeruk nipis tentu mengandung asam tinggi yang bisa mempengaruhi asam lambung terutama ketika perut belum diisi oleh makanan lainnya. 3. Mangga Mangga yang asam juga bisa mempengaruhi lambung Anda. "Mangga boleh asal jangan asam, karena nanti lambung kita tambah asam bisa buat sakit," ujar Pimpinan Klinik Konsultasi Gizi Fakultas [...]

Hormon Cinta Bisa Obati Kecanduan Obat & Alkohol

Hormon Cinta Bisa Obati Kecanduan Obat & Alkohol

Oksitosin adalah hormon yang memiliki efek anti stres pada pria dan wanita. Hormon ini meningkat drastis setelah melahirkan dan nampaknya merupakan mekanisme alami yang membantu keterikatan ibu dengan bayinya. Hormon ini juga mengalami peningkatan jumlah ketika seseorang jatuh cinta, sehingga disebut juga hormon cinta.Hormon cinta ini ternyata bisa menjadi kunci untuk mengatasi kecanduan alkohol. Ilmuwan di Australia telah melakukan uji klinis pada pecandu alkohol dengan menggunakan semprotan hidung mengandung oksitosin untuk melihat apakah hormon itu dapat mengurangi kecanduan.Percobaan ini sebenarnya sebagai tindak lanjut penelitian sebelumnya pada tikus yang diberi minum alkohol dan methamphetamin. Ketika diberi suntikan oksitosin, minat tikus terhadap alkohol dan obat-obatan menurun drastis.Profesor Iain McGregor, peneliti dari Universitas Sydney mengatakan bahwa jika para ilmuwan bisa memanfaatkan oksitosin untuk perawatan medis, hormon ini dapat membalikkan dampak penggunaan narkoba dan alkohol, bahkan membuat pengguna narkoba jadi lebih tahan dari kecanduan."Konsumsi alkohol berlebihan dan penggunaan metamfetamin atau kokain dapat menghabiskan tingkat oksitosin di otak. S [...]

Mogok Dokter Nasional 2013: Stop Kriminalisasi Dokter

Mogok Dokter Nasional 2013: Stop Kriminalisasi Dokter

Para Dokter di Indonesia melakukan mogok massal serta aksi demonstrasi di depan kantor Mahkamah Agungpada hari Rabu (27/11) lalu. Aksi tersebut dianggap sebagai manifestasi solidaritas antar kolegium kedokteran Indonesia serta bentuk keprihatinan terkait putusan Mahkamah Agung yang memvonis dr. Dewa Ayu Sasiary Prawani, dr. Hendry Simanjuntak, dan dr. Hendy Siagian dengan 10 bulan penjara setelah didakwa melakukan malpraktik dalam penanganan proses kelahiran pasien Julian Fransiska Makatey hingga meninggal dunia pada 10 April 2010 silam. Vonis yang dijatuhkan dianggap sebagai tindakan kriminalisasi terhadap profesi dokter. Dimana menurut staf pengajar Fakultas Kedokteran Maranatha, DR. dr, J. Teguh Widjaja, Sp.P, tindakan vonis yang ada berlawanan dengan kaidah prosedural medis yang sudah sesuai dalam kasus terkait. ?Kami protes karena ini adalah kasus pertama di dunia seorang dokter dipenjara karena komplikasi tindakan, padahal semua prosedur sudah dijalankan dengan benar,? demikian kutipan paparannya. Seperti yang diketahui, kasus ini bermula pada ketika pasien Julian Fransiska Makatey datang ke RS dr. Kandau Manado untuk melahirkan berdasarkan rujukan dari Puskesmas. Pasien Jul [...]

Mencegah Alergi Debu

Mencegah Alergi Debu

Mencegah alergi debu tidak mudah, penderita harus rajin dan ekstra bersih dalam kebersihan rumah dan lingkungan dari debu. Alergi itu adalah sebuah reaksi perlawanan yang dilakukan oleh tubuh terhadap masuknya sebuah benda asing. Ketika sesuatu tak dikenal masuk, antigen dalam tubuh serta merta akan meningkatkan daya imunnya untuk bekerja lebih giat. Normalnya, sistem imun akan memproteksi tubuh dari daya rusak yang dilakukan benda asing tersebut, seperti bakteri atau racun. Akan tetapi, jika imun melakukan reaksi berlebihan akan terjadi hipersensitivitas atau dikenal dengan alergi. Gejala-gejala alergi berbeda-beda, tergantung pada faktor pemicunya. Walaupun berbeda jenis reaksinya, karakteristik pada umumnya alergi itu tetap sama. Bersin-bersin, gatal-gatal, serta bentol-bentol dari yang kecil sampai bentol besar sering dialami seseorang penderita alergi. Alergi debu memang terdengar sepele dan biasa. Bahkan kita berpikir tidak membahayakan kesehatan, namun jika dibiarkan terus menerus akan mengganggu kehidupan sehari-hari si penderita. Apalagi penderita alergi tinggal di kota besar seperti Jakarta dimana polusi udara yang dihasilkan banyak dan kotor. Oleh karena itu, sangat dipe [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *