Mandi Air Dingin di Pagi Hari

mandi_air_dingin.jpg

Karena dingin, banyak orang lebih memilih untuk mandi air hangat di pagi hari, padahal hal itu justru dapat merugikan tubuh.

Mandilah dengan menggunakan air dingin di pagi hari agar lebih sehat.

Mandi air hangat boleh sesekali dilakukan jika tubuh terlalu lelah di malam hari, karena mandi air hangat berkhasiat mengendurkan otot, meredakan stres dan mengatasi insomsia.

Sedangkan saat Anda membutuhkan semangat untuk memulai aktivitas di pagi hari, sebaiknya mandilah dengan air dingin.

Ada beberapa dampak negatif yang terjadi bila orang terbiasa mandi air hangat di pagi hari, antara lain pori-pori membesar dan menurunkan kualitas sperma pada pria.

Selain itu, mandi air hangat di pagi hari juga bisa memicu sakit kepala karena perubahan suhu dari dinginnya pagi.

Air hangat dapat mengubah tekanan darah tubuh, termasuk di daerah kepala, yang akhirnya memicu rasa sakit kepala dengan puncak rasa tertusuk tajam di dahi sekitar 30-60 detik setelah disiram air.

Sementara mandi air dingin terutama pada pagi hari justru dapat memberi manfaat pada kulit dan pembuluh darah.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan bila Anda terbiasa mandi air dingin di pagi hari.

Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Berikut beberapa manfaat kesehatan bila Anda terbiasa mandi air dingin di pagi hari, seperti dilansir BBC Health, Sabtu (7/1/2012):

  1. Membuat sirkulasi darah jadi lebih baik
    Jika air hangat membuat aliran darah bergerak menuju kulit, maka air dingin membuat aliran darah menuju organ-organ tubuh. Mandi air dingin lebih meningkatkan sistem sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik dapat menghindari berbagai penyakit serius seperti hipertensi, pengerasan arteri dan munculnya varises. Hal ini bisa dipraktikkan dengan mandi didahului air hangat dan diakhiri dengan air dingin.

  2. Membuat kulit jadi lebih bercahaya dan membuat awet muda
    Mengecilkan dan menutup pori-pori dengan air dingin dapat mencegah masuknya kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan ketidaksempurnaan kulit seperti jerawat. Manfaat lainnya, mandi air dingin dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang menyebabkan muculnya lingkaran hitam di bawah mata. Dengan begitu, mandi air dingin bisa membuat kulit bercahaya, sehat dan awet muda.

  3. Membuat rambut sehat,
    Air dingin dapat membuat rambut sehat dan bercahaya karena dapat menutup kutikula sehingga membuat rambut lebih kuat dan mencegah kotoran menumpuk di kulit kepala. Dengan menutup pori-pori akan membuat rambut lebih kuat ketika disisir, sehingga mencegah kerontokan dan juga memperlambat tumbuhnya uban.

  4. Memberi semangat di pagi hari
    Pada zaman samurai kuno, prajurit selalu menyiram air dingin ke kepala setiap pagi dengan mempraktikkan Misogi. Ini adalah ritual pemurnian pada tingkat spiritual. Menurut prajurit, mandi air dingin dapat memberi semangat, membantu memulai hari dan petualangan baru yang segar. Air dingin jelas membantu membangunkan orang yang masih merasa mengantuk di pagi hari.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Risiko Kekurangan Tidur Pada Perilaku Remaja

Risiko Kekurangan Tidur Pada Perilaku Remaja

Tidur merupakan salah satu bagian krusial dalam kelangsungan hidup manusia. Tubuh secara alamiah membutuhkan waktu untuk beristirahat sama seperti membutuhkan makan, minum dan bernafas. Banyak penelitian secara konsisten telah menunjukkan bahwa tidur memainkan peran penting dalam mempromosikan kesehatan fisik, umur panjang, dan kesejahteraan emosional. Manfaat dari tidurpun dapat diklasifikasikan dalam berbagai macam hal seperti memperbaiki sel-sel tubuh, menjaga kesehatan jantung, menjaga tekanan darah, mengurangi stres, meningkatkan daya ingat, menjaga berat tubuh, mencegah risiko terkena diabetes hingga mencegah munculnya gangguan mood. Hal inilah yang menjadikan kekurangan tidur akan berdampak berbalik dari manfaat tidur itu sendiri. Menurut the National Institue of Neurological Disorder and Stroke, kebutuhan tidur tiap-tiap individu sangatlah berbeda. Untuk itu mereka telah mengelompokkan waktu tidur yang dianjurkan sesuai dengan kelompok usia. Hal yang paling mengkhawatirkan adalah kurangnya waktu tidur pada remaja usia 11-17 tahun yang seharusnya membutuhkan waktu tidur sebanyak 8-9jam pada malam hari. Sedangkan kenyataannya, para pelajar usia dini ini banyak yang tidak mend [...]

Kecelakaan Lalu Lintas: Pembunuh Terbesar Ketiga

Kecelakaan Lalu Lintas: Pembunuh Terbesar Ketiga

Kecelakaan terjadi semalam, Selasa (20/01) di Jl. Sultan Iskandar Muda (Arteri Pondok Indah), Jakarta Selatan. Melibatkan mobil Mitsubishi Outlander Sport bernomor polisi B 1658 PJE dengan tabrakan beruntun yang menewaskan empat korban tewas. Yakni pengendara motor, Mustofa (warga Pondok Bambu Jaktim), Mahyudi Herman (Pondok Petir, Depok) dan Wahyu Anggoro warga warga Tanah Kusir dan Iptu Batang Onang Lubis, anggota Polsek Kebayoran Baru. Polisi masih melakukan pendalaman dan penyidikan terhadap pengendara, Christopher (23) seorang mahasiswa WNA. Tak pelak lagi, insiden kecelakaan tersebut menambah semakin menambah angka kejadian kecelakaan lalu lintas dan kematian akibatnya. Sementara dari data Badan Kesehatan Dunia (WHO) terakhir, kecelakaan lalu lintas menjadi pembunuh terbesar ketiga di Indonesia, mengikuti setelah penyakit jantung koroner dan tuberkulosis (TBC). Dari data yang sama disebutkan, 67% korban kecelakaan lalu lintas berada di kisaran usia produktif, yakni 22 hingga 50 tahun. Sekitar 400.000 korban dibawah usia 25 tahun yang meninggal di jalan raya dengan prevalensi rata-rata kematian 1.000 anak-anak dan remaja setiap harinya. Angka kejadian kecelakaan pada prinsipn [...]

Sudahkah Anda Menggunakan Mouse dengan Benar?

Sudahkah Anda Menggunakan Mouse dengan Benar?

Apakah Anda sering menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer? Apakah Anda sering main game dengan laptop Anda? Jika jawabannya ya dan Anda pernah atau sedang mengalami nyeri pada lengan atau pergelangan tangan, bisa jadi Anda mengalami mouse elbow atau yang dikenal di dunia medis dengan istilah epicondylitis overuse injury. Apakah itu epikondilitis dan apa penyebabnya? Mouse elbow atau epikondilitis merupakan suatu bentuk cedera akibat penggunaan otot atau tendon yang berlebih dan menyebabkan degenerasi serta stress berulang pada lengan bawah dan pergelangan tangan Anda, seperti misalnya memindahkan dan mengklik menggunakan mouse. Nyeri dapat terjadi pada bagian luar dari pergelangan tangan Anda ataupun lengan bawah Anda. Dengan stress yang berulang dan repetitif, Anda dapat mengalami nyeri pada otot dan tendon bahkan saat beristirahat, yang dapat menyebabkan kelemahan dalam melemahnya kekuatan genggaman tangan. Bagaimana cara mengurangi nyeri tersebut? Berikut penjelasannya. Bagaimana cara mengurangi nyeri tersebut? Es Gunakan es pada pergelangan tangan untuk mengurangi peradangan dan nyeri. Aplikasikan 2-3 kali sehari selama 15-20 menit. Pereganga [...]

Kapan Harus Mengonsumsi Obat Telat Datang Bulan?

Kapan Harus Mengonsumsi Obat Telat Datang Bulan?

Jika Anda mengalami gangguan menstruasi, jangan buru-buru mengonsumsi obat datang bulan. Ketahui dulu penyebabnya. Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa terjadi pada tiap wanita. Salah satu cara untuk mengatasinya dengan mengonsumsi obat datang bulan. Namun, sebelum Anda mengonsumsinya, ada baiknya mengetahui apa penyebabnya agar Anda dapat memilih obat apa yang tepat. Umumnya wanita mengalami siklus menstruasi sekitar 11-13 kali dalam setahun. Namun jika Anda mengalami telat datang bulan, frekuensi siklus menstruasi Anda akan lebih sedikit. Penyebab Telat Datang Bulan dan Cara Mengatasinya Penyebab telat datang bulan yang dialami tiap wanita berbeda-beda. Ada yang terjadi karena hal normal, namun ada pula yang mengalami keterlambatan akibat efek samping kontrasepsi dan juga karena kondisi kesehatan. Berikut beberapa penyebab beserta cara mengatasinya: Stres. Kondisi ini bisa memengaruhi hormon Anda, mengubah rutinitas harian tubuh Anda serta berdampak pada bagian otak yang bertugas mengatur siklus menstruasi. Selain itu, stres juga bisa memicu penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba yang dapat berdampak pada siklus menstruasi Anda. Memiliki berat badan yang tida [...]

Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan

Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan

Setiap tahunnya minggu pertama di bulan Agustus selalu diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia. Tahun ini pekan ASI sedunia mengangkat tema ?Menyusui: Gol Kemenangan Bagi Kehidupan?. Berdasarkan data World Health Organization (WHO), jutaan bayi meninggal setiap tahunnya di Asia Tenggara disebabkan oleh penyakit-penyakit yang sering terjadi pada masa kanak-kanak seperti diare dan pneumonia. Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah dengan pemberian ASI eksklusif. Pekan ASI Sedunia bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kekuatan ASI dalam menurunkan risiko kematian bayi baru lahir dan balita akibat penyakit-penyakit tersebut sehingga dapat membantu tercapainya salah satu target Tujuan Pembanguan Milenium/Millennium Development Goal?s (MDG?s) yaitu untuk menurunkan angka kematian anak hingga 2/3 pada tahun 2015. Menurut Anthony Lake, Executive Director of the UN Children?s Fund (UNICEF), ?Pemberian ASI pada satu jam pertama setelah melahirkan dapat mencegah satu dari lima penyebab kematian yang tidak diinginkan atau mencegah kematian 500.000 anak setiap tahunnya.? Air susu ibu (ASI) merupakan nutrisi terbaik bagi bayi dan balita yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan [...]

Antisipasi Sebelum Menggunakan Obat Tetes Telinga

Antisipasi Sebelum Menggunakan Obat Tetes Telinga

Jangan sembarangan menggunakan obat tetes telinga. Ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan saat hendak memakainya. Jika merasakan telinga bermasalah, maka tidak begitu saja obat tetes telinga solusinya. Ada beberapa pertimbangan yang harus dijadikan acuan saat hendak memakai pengobatan ini. Apa saja acuan-acuan yang dimaksud? Kondisi yang Memerlukan Obat Tetes Telinga Berikut ini beberapa infeksi telinga yang bisa menggunakan obat tetes telinga sebagai pengobatan. Radang telinga bagian luar Penyebab infeksi di daerah ini sering kali adalah jamur dan bakteri. Biasanya infeksi terjadi di bagian saluran telinga yang terletak di antara gendang telinga dan telinga bagian luar. Pemicu terjadinya infeksi ini adalah akibat masuknya air kotor atau rusaknya saluran telinga akibat proses membersihkan yang salah atau terlalu keras. Radang telinga bagian tengah akut Kebanyakan kasus ini disebabkan oleh virus, namun bakteri juga dapat menjadi penyebab adanya otitis media atau peradangan telinga bagian tengah. Radang telinga bagian tengah sering dialami anak-anak yang terserang flu dan batuk, serta tertutupnya saluran Eustachius. Saluran Eustachius adalah saluran yang menghubungkan tel [...]

Ini Dia Biang Kerok Nyeri Ulu Hati

Ini Dia Biang Kerok Nyeri Ulu Hati

Apakah Anda sering mengeluh nyeri pada ulu hati? Nyeri ini dirasakan seperti nyeri panas dan rasa terbakar yang timbul pada daerah perut tengah Anda yang dapat menyebar ke leher. Nyeri itu dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti penyakit maag dan penyakit GERD. Dua penyakit ini tidak bisa disepelekan, pasalnya GERD jika dibiarkan dapat menjerumuskan Anda ke penyakit kanker esofagus. (Baca: Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!) Namun jangan khawatir, berikut ini ada beberapa info yang bermanfaat bagi Anda mengenai apa-apa saja yang menyebabkan nyeri ulu hati yang ada. Nah, bagaimana cara mencegah nyeri ulu hati? Cobalah untuk menghindari cara makan atau makanan yang ditulis dibawah ini. Ini Dia Biang Kerok Ulu Hati Apakah Anda sering mengeluh nyeri pada ulu hati? Nyeri ini dirasakan seperti nyeri panas dan rasa terbakar yang timbul pada daerah perut tengah Anda yang dapat menyebar ke leher. Nyeri itu dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti penyakit maag dan penyakit GERD. Dua penyakit ini tidak bisa disepelekan, pasalnya GERD jika dibiarkan dapat menjerumuskan Anda ke penyakit kanker esofagus. (Baca: Sering Asam Lambung, Awas Bisa Kanker!) Nam [...]

Serangan Jantung dan 5 Efek Lain Karena Sering Tidur Larut Malam

Serangan Jantung dan 5 Efek Lain Karena Sering Tidur Larut Malam

Beberapa orang merasa selalu insomnia atau tidak bisa tidur malam hari. Sebagian dari mereka bahkan baru dapat terlelap jelang pagi hari. Terlalu sering tidur larut malam akan mempengaruhi kesehatan serta tubuh Anda. Kebanyakan orang yang telat tidur biasanya bangun dalam keadaan pusing. Itu terjadi karena Anda kurang istirahat. Ada beberapa dampak yang dirasakan bila selalu tidur larut malam. Berikut uraiannya.1. Berat Badan BertambahBertambahnya berat badan mungkin saja dipengaruhi karena kurangnya jam tidur. Jika Anda tidak tidur minimal enam jam sehari maka metabolisme dalam tubuh terganggu. Selain itu, belum tidur hingga larut malam membuat Anda ingin mengonsumsi camilan yang berpengaruh terhadap berat badan.2. Daya Tahan Tubuh MelemahSering tidur larut malam atau terlalu sering begadang bisa membuat daya tahan tubuh melemah. Begadang akan merusak sel-sel darah putih yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Itu sebabnya orang yang kurang tidur memiliki daya tahan tubuh yang lemah.3. Serangan JantungOrang yang kerap tidur terlalu malam terutama begadang entah karena faktor pekerjaan atau mengalami insomnia rentan terhadap penyakit jantung. Kurang tidur menjadi faktor utama [...]

3 Mitos Seputar Kulit Sensitif yang Penting Diketahui Kebenarannya

3 Mitos Seputar Kulit Sensitif yang Penting Diketahui Kebenarannya

Merawat kulit sensitif memerlukan perhatian ekstra. Salah penanganan, kulit bisa merah-merah, timbul jerawat hingga iritasi. Mitos seputar kulit sensitif pun perlu diwaspadai karena bisa membuat Anda keliru dalam perawatannya. Dikutip dari Women's Health USA, ada tiga mitos seputar kulit sensitif yang umum dipercaya.1. Retinoid Berbahaya Bagi Kulit SensitifKrim yang mengandung retinol atau vitamin A berkhasiat membuat kulit tampak muda dengan mencegah terjadinya penuaan sejak dini. Retinol juga membantu meregenerasi kulit di malam hari, sehingga di pagi harinya wajah terlihat lebih segar dan kencang. Namun banyak mitos yang menyebutkan kalau retinol tidak seharusnya digunakan pada kulit sensitif.Faktanya, setiap orang dengan berbagai jenis kulit bisa saja menggunakan retinol. Hanya saja pada kulit sensitif, sebaiknya tidak mengaplikasikannya langsung karena efek retinol memang cukup keras. Anda bisa melapisinya terlebih dahulu dengan pelembab atau serum yang mengandung niacinamide. Zat ini bersifat anti radang sehingga bisa meminimalisir risiko iritasi. Setelah dioleskan, diamkan beberapa menit hingga terserap kulit, baru kemudian gunakan krim retinol.2. Hypoallergenic Aman untu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *