Mandi Air Dingin di Pagi Hari

mandi_air_dingin.jpg

Karena dingin, banyak orang lebih memilih untuk mandi air hangat di pagi hari, padahal hal itu justru dapat merugikan tubuh.

Mandilah dengan menggunakan air dingin di pagi hari agar lebih sehat.

Mandi air hangat boleh sesekali dilakukan jika tubuh terlalu lelah di malam hari, karena mandi air hangat berkhasiat mengendurkan otot, meredakan stres dan mengatasi insomsia.

Sedangkan saat Anda membutuhkan semangat untuk memulai aktivitas di pagi hari, sebaiknya mandilah dengan air dingin.

Ada beberapa dampak negatif yang terjadi bila orang terbiasa mandi air hangat di pagi hari, antara lain pori-pori membesar dan menurunkan kualitas sperma pada pria.

Selain itu, mandi air hangat di pagi hari juga bisa memicu sakit kepala karena perubahan suhu dari dinginnya pagi.

Air hangat dapat mengubah tekanan darah tubuh, termasuk di daerah kepala, yang akhirnya memicu rasa sakit kepala dengan puncak rasa tertusuk tajam di dahi sekitar 30-60 detik setelah disiram air.

Sementara mandi air dingin terutama pada pagi hari justru dapat memberi manfaat pada kulit dan pembuluh darah.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan bila Anda terbiasa mandi air dingin di pagi hari.

Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Berikut beberapa manfaat kesehatan bila Anda terbiasa mandi air dingin di pagi hari, seperti dilansir BBC Health, Sabtu (7/1/2012):

  1. Membuat sirkulasi darah jadi lebih baik
    Jika air hangat membuat aliran darah bergerak menuju kulit, maka air dingin membuat aliran darah menuju organ-organ tubuh. Mandi air dingin lebih meningkatkan sistem sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik dapat menghindari berbagai penyakit serius seperti hipertensi, pengerasan arteri dan munculnya varises. Hal ini bisa dipraktikkan dengan mandi didahului air hangat dan diakhiri dengan air dingin.

  2. Membuat kulit jadi lebih bercahaya dan membuat awet muda
    Mengecilkan dan menutup pori-pori dengan air dingin dapat mencegah masuknya kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan ketidaksempurnaan kulit seperti jerawat. Manfaat lainnya, mandi air dingin dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang menyebabkan muculnya lingkaran hitam di bawah mata. Dengan begitu, mandi air dingin bisa membuat kulit bercahaya, sehat dan awet muda.

  3. Membuat rambut sehat,
    Air dingin dapat membuat rambut sehat dan bercahaya karena dapat menutup kutikula sehingga membuat rambut lebih kuat dan mencegah kotoran menumpuk di kulit kepala. Dengan menutup pori-pori akan membuat rambut lebih kuat ketika disisir, sehingga mencegah kerontokan dan juga memperlambat tumbuhnya uban.

  4. Memberi semangat di pagi hari
    Pada zaman samurai kuno, prajurit selalu menyiram air dingin ke kepala setiap pagi dengan mempraktikkan Misogi. Ini adalah ritual pemurnian pada tingkat spiritual. Menurut prajurit, mandi air dingin dapat memberi semangat, membantu memulai hari dan petualangan baru yang segar. Air dingin jelas membantu membangunkan orang yang masih merasa mengantuk di pagi hari.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Penis Bengkok, Normal?

Penis Bengkok, Normal?

Penis yang bengkok tentu menimbulkan kekhawatiran pada kaum pria. Normalnya, penis memang sedikit bengkok. Namun, ada keadaan yang membuat penis bengkok dengan derajat bervariasi baik ke atas-bawah, maupun kiri-kanan. Keadaan ini disebut dengan Peyronie?s Disease. Ketika penis mengalami ereksi. Namu demikian pertanyaannya, kenapa penis bisa bengkok? Kenapa Penis Bisa Bengkok? Pada penis dapat dirasakan adanya plak yang keras di bawah kulit sisi yang bengkok. Penyebab tersering keadaan ini adalah trauma pada penis. Beberapa obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan keadaan ini. Namun, banyak juga yang tidak diketahui penyebabnya. Faktor risiko keadaan ini adalah genetik (keturunan) atau keadaan lain yang serupa (jaringan yang mengeras sehingga menybebkan bengkok) pada tangan atau kaki (kontraktur Dupuytren). Penyebab lain dapat berupa struktur pada uretra (riwayat trauma saluran kemih) atau hipospadia. Sebagian besar orang dengan penyakit Peyronie dapat terus melanjutkan aktivitas seksualnya walau terdapat penis yang bengkok. Namun, bila derajat bengkokan lebih besar, bisa terjadi gangguan dalam mencapai kepuasan seksual. Bila Anda mengalami hal ini, jangan [...]

Sel Punca untuk Terapi Cedera Saraf Tulang Belakang

Sel Punca untuk Terapi Cedera Saraf Tulang Belakang

Tulang Belakang (Punggung) merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Selain sebagai tulang penopang tubuh, di dalamnya terdapat saraf-saraf penting dimana substansinya sama dengan saraf di otak yang sangat sensitif. Dapat dibayangkan jika karena sesuatu hal saraf-saraf tersebut mengalami cedera, akan berimplikasi pada morbiditas dan mortalitas, umumnya menyebabkan gangguan permanen pada tubuh. Cedera yang terjadi pada bagian tulang belakang atau saraf tulang belakang disebut sebagai Cedera Saraf Tulang Belakang atau Spinal Cord Injury (SCI) dan penyebab tertinggi adalah karena kecelakaan, tetapi bisa juga disebabkan kareana adanya peradangan atau tumor. Seperti apa gejala cedera saraf tulang belakang? . Sel Punca untuk Terapi Cedera Saraf Tulang Belakang Tulang Belakang (Punggung) merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Selain sebagai tulang penopang tubuh, di dalamnya terdapat saraf-saraf penting dimana substansinya sama dengan saraf di otak yang sangat sensitif. Dapat dibayangkan jika karena sesuatu hal saraf-saraf tersebut mengalami cedera, akan berimplikasi pada morbiditas dan mortalitas, umumnya menyebabkan gangguan permanen pada tubuh. Cedera [...]

Wanita Bekerja Lebih Rentan Terkena Diabetes

Wanita Bekerja Lebih Rentan Terkena Diabetes

Oleh: dr. Jessica Florencia Penelitian terbaru yang dilakukan pada 3205 wanita dan 2227 pria usia 35-65 tahun di Stockholm Diabetes Prevention Program menunjukkan bahwa beban pekerjaan yang tinggi dan menyebabkan stres berpengaruh terhadap terjadinya penyakit diabetes melitus tipe 2. Bahkan, risiko terjadinya diabetes tipe 2 meningkat pada wanita lebih tinggi daripada pada pria. Penelitian menggunakan metode pengamatan ke masa depan. Pada pengamatan dalam jangka waktu 8-10 tahun, kelompok wanita ternyata lebih rentan mendapatkan diabetes melitus tipe 2. Lebih jauh lagi penelitian ini menemukan bahwa wanita dengan tuntutan pekerjaan tinggi (tidak adanya kebebasan mengambil keputusan dalam bekerja) 2 kali lebih rentan mengidap diabetes melitus tipe 2 ketimbang wanita yang dapat bekerja dengan kebebasan mengambil keputusan dalam pekerjaan. Stres dalam pekerjaan juga mempengaruhi perkembangan diabetes melitus tipe 2 pada pria, namun tidak sebesar pengaruhnya pada wanita. Bahkan pada pria yang dapat bekerja dengan kebebasan mengambil keputusan, risiko untuk terjadi diabetes melitus tipe 2 menjadi lebih rendah lagi. Penelitian serupa juga pernah dilakukan untuk meneliti pengaruh stres da [...]

Asam Urat, Inilah Dietnya

Asam Urat, Inilah Dietnya

Asam Urat atau dalam istilah medisnya Gout arthritis, yaitu suatu peradangan sendi yang disebabkan oleh adanya penumpukan kristal asam urat pada sendi, seringkali diasosiasikan dengan diet dan pola makan. Apa hubungan antara pola makan dengan asam urat? Gout arthritis terjadi ketika level asam urat yang tinggi dalam darah Anda menyebabkan pembentukan kristal dan terakumulasi pada sendi. Tubuh memproduksi asam urat dari pemecahan purin. Purin secara alami terdapat di dalam tubuh namun Anda banyak mendapatkannya dari makanan seperti jeroan, ikan sarden, makarel, kerang, dan sebagainya. Jika Anda membatasi makanan yang tinggi akan purin, maka akan membantu mengurangi serangan asam urat dan mengurangi derajat keparahannya. Diet bukan merupakan terapi utama dalam menangani gout, hanya dapat membantu mengurangi frekuensi serangan. Bagaimana pola makan yang sesuai bagi penderita asam urat? Bagaimana pola makan yang sesuai bagi penderita asam urat? Pada prinsipnya, diet ini adalah membatasi asupan makanan yang tinggi purin seperti produk hewani, yang membantu kontrol produksi asam urat dalam tubuh. Jika Anda obesitas atau memiliki berat badan berlebih, segera turunka [...]

Bahayanya Jika Tidak Cuci Sprei dan Kasur Secara Rutin

Bahayanya Jika Tidak Cuci Sprei dan Kasur Secara Rutin

Ingatkah kapan terakhir kali Anda mengganti sprei tempat tidur atau mencuci bantal? Banyak orang yang mengabaikan kebersihan tempat tidur, padahal mereka menggunakannya baik di siang maupun malam hari. Jika Anda atau anggota keluarga rentan terhadap alergi atau sering mengalami gatal-gatal dan kulit kemerahan, maka bisa jadi biang keladinya berasal dari tempat tidur yang Anda tiduri setiap hari. Bukan asal membersihkan saja, tapi ini beberapa langkah yang tepat untuk menjaga kebersihannya.1. Sprei dan SelimutSetiap harinya, kulit manusia mengalami regenerasi dengan menyingkirkan sel-sel kulit mati. Proses pergantian sel kulit mati dengan yang baru biasanya terjadi di malam hari. Meskipun tidak terlihat, sel-sel kulit mati yang rontok bisa menempel dan tertinggal di tempat tidur. Selain itu ketika kita tidur, tubuh juga mengeluarkan keringat yang membuat sprei lembab. Sel kulit mati, keringat dan permukaan yang lembab merupakan tempat favorit kuman, kutu dan bakteri berkumpul.Meskipun tidak terlalu membahayakan, kutu atau serangga yang bersarang di tempat tidur mengeluarkan kotoran yang menjadi pemicu alergi. Akibatnya mata bisa merah dan gatal-gatal, peradangan pada hidung hingg [...]

4 Tes Kesehatan Seksual yang Wajib Dilakukan

4 Tes Kesehatan Seksual yang Wajib Dilakukan

Kebanyakan orang hanya melakukan tes kesehatan seputar organ dalam tubuh saja. Padahal tes kesehatan seksual sangat penting.Menurut Agency for Healthcare Research and Quality (AHRQ), seperti yang dikutip dari Disaboom, ada empat tes kesehatan seksual yang harus dilakukan oleh para wanita. Tes ini diwajibkan untuk memastikan kesehatan seksual tubuh.1. Pap Smear atau test PAPTes PAP adalah salah satu cara untuk mendeteksi penyakit kanker pada mulut rahim atau kanker serviks. Tes ini sangat dianjurkan dilakukan oleh wanita yang sudah melakukan hubungan seksual atau berusia 21 tahun. Menurut AHRQ, wanita harus melakukan tes ini setiap satu hingga tiga tahun sekali sampai usianya memasuki 65 tahun. Setelah itu, Anda harus tanyakan kepada dokter seberapa sering Anda harus melakukan tes PAP untuk mencegah kanker serviks sedari dini.Bagaimana jalannya pemeriksaan pap smear? Pasien wanita nantinya diminta duduk di kursi ginekolog (duduk mengangkang), lalu dokter akan mengambil sampel lendir dari mulut rahim menggunakan spatula. Sampel ini akan diperiksa di bawah mikroskop. Pengambilan lendir ini bisa berjalan cepat dan tidak sakit jika si pasien rileks.2. Tes ChlamydiaChlamydia adalah ba [...]

Susah Buang Air Kecil Jangan Dibiarkan

Susah Buang Air Kecil Jangan Dibiarkan

Susah buang air kecil bisa menimpa siapa saja, tidak peduli jenis kelamin. Salah satu gejala paling umum dari gangguan ini adalah ketika keinginan kencing sudah tidak tertahankan lagi, namun membutuhkan waktu yang cukup lama sampai urin keluar. Kondisi ini harus diwaspadai dan tidak boleh dibiarkan karena dapat menimbulkan infeksi dan komplikasi ke organ-organ tubuh yang lainnya. Apa Saja Penyebab Utamanya? Seiring usia, susah buang air kecil cepat atau lambat dapat dialami pria maupun wanita. Karena organ tubuh antara pria dan wanita berbeda, maka ada beberapa perbedaan yang menjadi penyebab susah buang air kecil. Berikut beberapa kondisi yang umum menjadi penyebab susah buang air kecil: Pembengkakan prostat. Seiring pertambahan usia seorang pria, kelenjar prostat dapat mengalami pembengkakan. Pembengkakan pada prostat akan menekan saluran kencing. Akibatnya, aliran urin tidak lancar dan dibutuhkan waktu lebih lama agar urin bisa keluar. Pada wanita, infeksi pada saluran kencing adalah salah satu pemicu terjadinya kesulitan buang air kecil. Sedangkan pada pria, prostat yang mengalami infeksi juga akan membengkak dan menjadikan saluran kencing tertekan. Sistem syaraf terganggu. G [...]

Mengenali Anatomi Vagina

Mengenali Anatomi Vagina

Bentuk dan karakteristik vagina berbeda-beda dan unik pada tiap orang, sehingga vagina yang berbeda belum tentu bisa disebut tidak normal. Beberapa orang memiliki vagina dengan ukuran kecil dan berbentuk oval. Sementara sebagian lain memiliki vagina berbentuk tabung dan lebih besar. Vagina adalah saluran elastis dengan panjang kurang lebih 8 sentimeter yang menghubungkan rahim dengan area luar tubuh. Dengan lapisan yang lembut dan fleksibel yang dapat memproduksi pelumas dan sensasi tertentu, vagina menjadi ruang masuk penis selama berhubungan seksual. Namun dalam proses persalinan, dinding saluran yang sangat elastis ini dapat mengembang dan menjadi jalan keluarnya bayi. Selain itu, vagina juga menjadi saluran keluarnya darah menstruasi. Jalan masuk ke vagina disebut vulva. Vulva adalah bagian eksternal dari organ kewanitaan yang meliputi bukaan vagina, bibir vagina atau labia dan klitoris yang terletak pada bagian terluar vagina. Labia atau bibir vagina pun berbeda antara satu wanita dengan wanita lain. Pada beberapa kasus yang sangat jarang, bibir vagina yang terlalu besar dapat memengaruhi kenyamanan wanita saat duduk. Sementara yang disebut selaput dara adalah lapisan memb [...]

Meminimalkan Reaksi Alergi Debu dengan Cara Ini

Meminimalkan Reaksi Alergi Debu dengan Cara Ini

Anda sering bersin disertai hidung dan mata yang kemerahan, hidung berair (meler), serta gatal? Bisa jadi Anda menderita alergi. Ada berbagai macam alergi, salah satunya adalah alergi debu. Debu dapat terlihat mengambang ketika tersorot sinar matahari. Debu bisa terdiri dari kulit mati, bulu hewan piaraan, spora dari jamur, potongan tubuh kecoak yang sudah mati, atau bahkan hewan kecil bernama tungau. Bangkai dan kotoran tungau inilah yang mampu menimbulkan reaksi alergi pada seseorang. Tungau, sebagai salah satu penyebab utama reaksi alergi, adalah hewan yang sangat kecil dari keluarga laba-laba. Hewan yang hanya bisa terlihat dengan mikroskop ini suka hidup di lingkungan yang hangat (sekitar 20�C) dan lembap. Tempat tidur, karpet, dan bantal adalah tempat-tempat yang ideal bagi keberadaan tungau. Tungau memakan sel-sel kulit mati manusia dan meninggalkan gundukan kotoran serta bangkai yang dapat menjadi penyebab alergi. Seseorang yang memiliki kondisi alergi menghirup udara yang bercampur dengan tungau, sistem kekebalan tubuhnya memproduksi antibodi terhadap benda yang umumnya tidak berbahaya ini. Respons imun yang terlalu berlebihan inilah yang menyebabkan bers [...]

Gara-gara Wanita Ini, Orang Dewasa Kini Terkena Demam Mewarnai

Gara-gara Wanita Ini, Orang Dewasa Kini Terkena Demam Mewarnai

Mewarnai buku gambar seperti masa kanak-kanak dulu kini menjadi ?virus? di kalangan orang dewasa, khususnya kaum Hawa. Para wanita yang terkena virus ini berpergian kemanapun dengan membawa buku gambar dan pensil mewarnai. Virus mewarnai ini rupanya juga bermula dari seorang wanita yang buku gambar karyanya saat ini sudah terjual jutaan kopi di seluruh dunia. Siapa dia?Johanna Basford itulah nama wanita asal Skotlandia yang menjadikan aktivitas mewarnai buku gambar jadi tren untuk orang dewasa. Awalnya pada 2011, Johanna diminta penerbit Laurence King untuk membuat buku mewarnai anak-anak. Namun saat itu, wanita lulusan desain tekstil ini justru menyarankan membuat buku mewarnai untuk orang dewasa. Kepada sang penerbit, dia mengatakan, selama bertahun-tahun bekerja sebagai seniman dan ilustrator khusus mewarnai, dia melihat banyak kliennya yang ingin sekali mewarnai hasil karyanya.Saran Johanna itu pun diterima pihak penerbit. Mereka kemudian mencetak buku mewarnai untuk orang dewasa karya Johanna berjudul Secret Garden: An Inky Treasure Hunt and Coloring Book sebanyak 13 ribu kopi pada 2013. Tidak disangka, setelah dirilis, buku tersebut laris-manis. Hingga kini, seperti dikuti [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *