Mandi Air Dingin di Pagi Hari

mandi_air_dingin.jpg

Karena dingin, banyak orang lebih memilih untuk mandi air hangat di pagi hari, padahal hal itu justru dapat merugikan tubuh.

Mandilah dengan menggunakan air dingin di pagi hari agar lebih sehat.

Mandi air hangat boleh sesekali dilakukan jika tubuh terlalu lelah di malam hari, karena mandi air hangat berkhasiat mengendurkan otot, meredakan stres dan mengatasi insomsia.

Sedangkan saat Anda membutuhkan semangat untuk memulai aktivitas di pagi hari, sebaiknya mandilah dengan air dingin.

Ada beberapa dampak negatif yang terjadi bila orang terbiasa mandi air hangat di pagi hari, antara lain pori-pori membesar dan menurunkan kualitas sperma pada pria.

Selain itu, mandi air hangat di pagi hari juga bisa memicu sakit kepala karena perubahan suhu dari dinginnya pagi.

Air hangat dapat mengubah tekanan darah tubuh, termasuk di daerah kepala, yang akhirnya memicu rasa sakit kepala dengan puncak rasa tertusuk tajam di dahi sekitar 30-60 detik setelah disiram air.

Sementara mandi air dingin terutama pada pagi hari justru dapat memberi manfaat pada kulit dan pembuluh darah.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan bila Anda terbiasa mandi air dingin di pagi hari.

Mandi Air Dingin di Pagi Hari

Berikut beberapa manfaat kesehatan bila Anda terbiasa mandi air dingin di pagi hari, seperti dilansir BBC Health, Sabtu (7/1/2012):

  1. Membuat sirkulasi darah jadi lebih baik
    Jika air hangat membuat aliran darah bergerak menuju kulit, maka air dingin membuat aliran darah menuju organ-organ tubuh. Mandi air dingin lebih meningkatkan sistem sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik dapat menghindari berbagai penyakit serius seperti hipertensi, pengerasan arteri dan munculnya varises. Hal ini bisa dipraktikkan dengan mandi didahului air hangat dan diakhiri dengan air dingin.

  2. Membuat kulit jadi lebih bercahaya dan membuat awet muda
    Mengecilkan dan menutup pori-pori dengan air dingin dapat mencegah masuknya kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan ketidaksempurnaan kulit seperti jerawat. Manfaat lainnya, mandi air dingin dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang menyebabkan muculnya lingkaran hitam di bawah mata. Dengan begitu, mandi air dingin bisa membuat kulit bercahaya, sehat dan awet muda.

  3. Membuat rambut sehat,
    Air dingin dapat membuat rambut sehat dan bercahaya karena dapat menutup kutikula sehingga membuat rambut lebih kuat dan mencegah kotoran menumpuk di kulit kepala. Dengan menutup pori-pori akan membuat rambut lebih kuat ketika disisir, sehingga mencegah kerontokan dan juga memperlambat tumbuhnya uban.

  4. Memberi semangat di pagi hari
    Pada zaman samurai kuno, prajurit selalu menyiram air dingin ke kepala setiap pagi dengan mempraktikkan Misogi. Ini adalah ritual pemurnian pada tingkat spiritual. Menurut prajurit, mandi air dingin dapat memberi semangat, membantu memulai hari dan petualangan baru yang segar. Air dingin jelas membantu membangunkan orang yang masih merasa mengantuk di pagi hari.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sering Pakai Tas Besar ala Victoria Beckham Bisa Bahayakan Kesehatan

Sering Pakai Tas Besar ala Victoria Beckham Bisa Bahayakan Kesehatan

Sebagian wanita senang memakai tas tangan untuk berpergian. Tidak sedikit dari mereka yang menyukai tas besar untuk menyimpan berbagai perlengkapan, seperti kosmetik atau gadget. Banyak juga wanita yang meniru gaya Victoria Beckham yang selalu tampil dengan tentengan tas besar di bahunya ke manapun.Banyak wanita tidak memperhatikan bahwa tas yang mereka bawa terlalu berat atau melebihi kapasitasnya. Ternyata hal itu bisa berbahaya bagi kesehatan. Para ahli mengungkapkan bahwa berat beban tas tangan yang sering dibawa wanita bisa menyebabkan 'poshitis'.Poshitis adalah suatu kondisi di mana otot menjadi rusak serta nyeri bahu yang berkelanjutan karena membawa tas berat terlalu lama. Para ahli medis menyebut kondisi tersebut dengan nama poshitis karena terinspirasi dari Victoria Beckham. Victoria mendapat julukan 'Posh' di grup band Spice Girl.Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Halo menemukan bahwa masalah kesehatan semakin banyak dialami oleh wanita. Hal itu dikarenakan wanita modern saat ini berpergian lebih lama dari sebelumnya dengan membawa tas berat di tangannya.Brand kecantikan tersebut melakukan survei terhadap 1.500 wanita dengan usia sekitar 25 sampai 45 tahun. Hasiln [...]

Organ Intim Terasa Sakit Ketika Bercinta, Ini Dia Penyebabnya

Organ Intim Terasa Sakit Ketika Bercinta, Ini Dia Penyebabnya

Keputihan dapat menyebabkan rasa sakit yang timbul ketika berhubungan seksual. Dalam istilah kedokteran, hal ini biasa disebut dengan vaginitis. Vaginitis adalah peradangan pada dinding vagina yang seolah-olah mengalami pembengkakan dan meradang. Infeksi pada vagina ini dapat disebabkan oleh kuman yang berbeda, namun jenis yang paling banyak ditemukan adalah bakterial vaginosis atau BV.Vaginitis merupakan hal yang sangat umum dan kebanyakan wanita akan mempunyai beberapa jenis vaginitis setidaknya sekali dalam hidup. Beda halnya dengan dinding vagina yang kering pada wanita yang mengalami menopause. Akibatnya, berhubungan seksual terasa sakit dan lecet karena tidak licin. Kondisi lain seperti kurangnya cairan lubrikasi juga dapat menyebabkan organ intim terasa sakit dan kering pada saat berhubungan seksual.Vaginitis tidak selalu disebabkan oleh infeksi menular seksual karena sebagian besar penyebabnya adalah keseimbangan bakteri yang normal dalam vagina. Vagina yang sehat akan memiliki keseimbangan dari berbagai macam bakteri, salah satunya bakteri lactobacillus yang dapat membantu menjaga vagina.Terkait dengan hal ini, Dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, Dr. M. R [...]

13 Tahun sudah Mengemudi: Bom Waktu di Jalanan

13 Tahun sudah Mengemudi: Bom Waktu di Jalanan

Oleh: dr. Sophia B. Hage Beberapa hari yang lalu, terjadi sebuah kecelakaan yang melibatkan tiga mobil di KM 8 tol Jagorawi, persisnya tol Cawang arah ke Cibubur. Satu hal yang menjadi perhatian semua orang adalah karena seorang anak berusia 13 tahun bernama Abdul Qodir Jaelani atau sering dipanggil Dul termasuk salah satu korban dalam kecelakaan ini. Bukan hanya itu, anak bungsu musisi Ahmad Dhani ini ternyata mengendarai sebuah mobil yang menjadi awal mula dari terjadinya kecelakaan tersebut. Mobil yang dikendarai Dul disebutkan hilang kendali dan menabrak pembatas tol hingga masuk ke jalur tol yang ada di sebelahnya. Kecelakaan ini mengakibatkan 6 orang meninggal dan 11 orang luka-luka. Peristiwa ini mengingatkan kita akan bahayanya membiarkan seorang anak remaja memegang kemudi tanpa pengawasan orang tuanya. Sudah menjadi peraturan di negara ini bahwa seseorang harus berusia 17 tahun ke atas sebelum dapat memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM). Tetapi apa dasar medis, apabila ada, yang menjadi alasan adanya pembatasan usia tersebut? Apakah ini merupakan permasalahan legalitas saja atau ada dasar ilmu di belakangnya? Dalam beberapa tahun terakhir, peneliti telah mulai menemukan ha [...]

Evita Zoraya, Aromatherapist yang Juga Jadi Teman Curhat Kliennya

Evita Zoraya, Aromatherapist yang Juga Jadi Teman Curhat Kliennya

Pekerjaan aromatherapist tidak terbatas pada menggunakan minyak esensial dan wewangian untuk terapi menghilangkan stres atau penyembuhan saja. Seorang aromatherapist profesional juga perlu mendalami ilmu lain agar sesi terapi yang dijalaninya pada klien bisa maksimal dan memberikan manfaat yang nyata bagi peningkatan kualitas hidup.Seperti Evita Zoraya yang sudah berkecimpung di dunia aromaterapi sejak lima tahun lalu. Tidak hanya pengetahuan tentang berbagai macam jenis minyak esensial saja yang dia miliki, tapi juga kemampuan membantu seseorang menemukan solusi sendiri untuk masalahnya.Selain aromatherapist, Evita juga mendalami profesi sebagai Meta Coach. Bukan seperti psikolog yang memberi konsultasi dan saran, atau psikiater yang memberikan resep obat untuk pasiennya. Meta Coach merupakan seorang coach yang membantu seseorang menemukan solusi sendiri untuk mengatasi problema hidup. Lebih kepada memberi referensi bagaimana menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri."Biasanya yang tahu solusi terbaik (untuk masalah) adalah dirinya sendiri. Tapi seringkali mereka tidak menyadari punya kemampuan itu. Di situlah peran coach. Membantu menyelesaikan problem sendiri," ujar Evita [...]

7 Tips Mencegah Sulit BAB

7 Tips Mencegah Sulit BAB

Oleh: dr. Jessica Florencia Sulit buang air besar adalah sebuah masalah bagi kebanyakan orang. Masalah ini juga lebih banyak terjadi pada orang dewasa, dan kebanyakan wanita. Sulit buang air besar dalam dunia medis disebut dengan konstipasi. Konstipasi adalah kesulitan buang air besar dengan frekuensi kurang dari 3 kali seminggu dan mengeluarkan kotoran yang keras, bergumpal, dan berbentuk kecil-kecil terpisah seperti kacang. Salah satu penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan cairan per hari yang tinggi dapat mencegah terjadinya konstipasi. Selain asupan cairan yang tinggi, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya konstipasi: Asupan cairan yang tinggi. Rata-rata dibutuhkan sekitar 8 gelas air putih per hari, namun sebenarnya kebutuhan cairan seseorang sangat tergantung pada jenis kelamin, usia, aktivitas dan kondisi kesehatan. Semakin tinggi aktivitas maka semakin banyak cairan yang diperlukan. Pria dan Ibu hamil dan menyusui membutuhkan kebutuhan cairan yang lebih. Hindari minuman yang mengandung kafein karena dapat memperparah konstipasi. Perbanyak konsumsi makanan dengan serat tinggi seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, [...]

Hindari Makanan Ini Jika Anda Sedang Batuk

Hindari Makanan Ini Jika Anda Sedang Batuk

Batuk dapat menyebabkan iritasi tenggorokan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebabnya antara lain adalah, infeksi, polutan, atau bisa juga karena efek samping dari obat-obatan tertentu. Untuk membantu mengurangi peradangan, Anda perlu menghindari makanan tertentu yang dapat menyebabkan batuk dan gejala lainnya. Jika Anda batuk berdahak namun sulit mengeluarkan lendir dari tenggorokan, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang dapat menghasilkan lendir. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal ?Medical Hypotheses? pada tahun 2009 mencatat bahwa bagi sebagian orang, minum susu bisa merangsang produksi lendir di saluran pernapasan, termasuk paru-paru dan tenggorokan. Jika batuk Anda berhubungan dengan asma, yaitu suatu kondisi yang mempengaruhi paru-paru dan menyebabkan mengi, sesak napas dan gejala lain, menghindari makanan tertentu merupakan cara yang tepat. Pada beberapa kasus, alergen makanan memang dapat memperburuk gejala asma termasuk batuk. Coba berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan apakah asma Anda terkait dengan asupan makanan. Kemungkinan penyebab alergi makanan bisa berasal dari: susu sapi, ikan, kerang, telur, dan kacang-kacangan. Beberapa makan [...]

Viagra Dapat Turunkan Berat Badan

Viagra Dapat Turunkan Berat Badan

Sildenafil atau yang lebih dikenal dengan nama Viagra telah digunakan selama bertahun-tahun untuk membantu ereksi. Sebuah studi terbaru menemukan bahwa sildenafil juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan menentukan jenis lemak yang sebaiknya disimpan dalam tubuh. Penelitian ini dimuat dalam Journal of the Federation of American Societies for Experimental Biology. Tim peneliti menemukan bahwa sildenafil membuat tubuh menyimpan lebih banyak jaringan adiposa ?coklat? dibandingkan yang ?putih? dengan cara menghentikan pemecahan siklik GMP. Siklik GMP bertanggungjawab dalam mengatur aliran darah dan tekanan darah. Dengan mencegah pemecahannya, sildenafil mendorong sklik GMP untuk menyimpan lebih banyak lemak coklat. Pil Biru Membakar Lemak Jaringan lemak coklat merupakan jenis lemak tubuh yang teraktivasi ketika kita kedinginan. Lemak coklat memproduksi panas yang menolong kita menjaga temperatur tubuh pada lingkungan yang dingin. Menurut Dr. Hensrud dari Mayo Clinic, lemak coklat menggunakan lemak tubuh lain sebagai bahan bakar untuk membakar kalori. Penelitian-penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa olahraga juga dapat mengaktivasi lemak coklat ini [...]

Sudahkah Anda Menyikat Gigi Sampai Bersih? Ini Cara Mengetahuinya

Sudahkah Anda Menyikat Gigi Sampai Bersih? Ini Cara Mengetahuinya

Meski menyikat gigi merupakan langkah dasar pembersihan mulut,sebagian orang belum melakukannya dengan benar. Alhasil, banyak orang yang mengalami kerusakan gigi atau gangguan kesehatan mulut lainnya. Karena efek buruknya tidak langsung terasa, teknik menggosok gigi yang tepat memang sering terabaikan. Untuk itu, menyikat lah dengan tepat agar bakteri tidak menyebabkan masalah.Menurut Prof. Dr. Drg. Tri Erri Astoeti, Mkes, banyak orang belum? menggosok gigi dengan bersih. Meski sudah menyikat, kadang-kadang masih ditemukan sisa-sisa makanan di dalam mulut. Bukan hanya di gigi, kotoran yang belum terangkat sering menempel di gusi. Untuk itu, anggota aktif Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) tersebut menyarankan agar Anda menggaruk gusi dengan tangan untuk memastikan apakah masih ada sisa makanan yang belum dibersihkan. Sikat gigi dengan bersih juga bisa mencegah radang gusi. Untuk itu, gosok lah gigi minimal dua kali sehari yakni setelah makan dan sebelum tidur. ?Menurut Tri, salah satu ciri dari radang gusi adalah adanya darah ketika meludah setelah sikat gigi. Selain karena kurang tepat dalam membersihkan mulut, radang gusi pun bisa disebabkan karena makanan. "?Makanan yang [...]

Riset: Sarapan Tidak Pengaruhi Diet Penurunan Berat Badan

Riset: Sarapan Tidak Pengaruhi Diet Penurunan Berat Badan

Mungkin Anda sudah sering mendengar berbagai saran yang berkaitan dengan pola makan demi penurunan berat badan. Salah satunya agar tidak melewati sarapan pagi. Kabarnya dengan melewatkan sarapan, nafsu makan akan bertambah saat jam makan siang dan membuat makan menjadi lebih lahap dan tidak bisa dikontrol. Hal tersebut tentu saja ditakutkan oleh orang-orang yang sedang menjalani proses diet. Namun apakah benar sarapan bisa buat diet jadi lebih sukses? Menurut situs CNN, sebuah studi yang dipublis di American Journal of Clinical Nutrition justru mengatakan yang sebaliknya. Meski tidak menyatakan bahwa sarapan justru menggemukan, namun riset ini menunjukkan bahwa makan pagi tidak memiliki pengaruh yang berarti untuk program diet Anda. Dari riset tersebut ditemukan bahwa orang-orang yang sedang diet dan tidak sarapan mengalami penurunan berat badan yang sama seperti orang diet lain yang rajin makan pagi. Sarapan memang dinilai memberi manfaat namun tidak menurunkan berat badan.Lalu masih haruskah kita rutin menyempatkan waktu sarapan setiap hari? Seorang ahli nutrisi bernama Keith Kantor mengatakan bahwa makan pagi masih dibutuhkan. Menurutnya dengan rajin menyantap sarapan di wakt [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *