Manfaat Keju yang Sayang untuk Dilewatkan

manfaat-keju-yang-sayang-untuk-dilewatkan-alodokter.jpg

Bagi sebagian orang, keju adalah makanan yang perlu dihindari karena kandungan lemak dan sodium di dalamnya. Tapi, keju juga memiliki sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh.

Sebagian orang mungkin menyukai keju bahkan menjadikannya camilan, tapi ada juga sebagian orang justru merasa takut untuk mengonsumsinya.

Keju merupakan produk makanan yang terbuat dari susu yang memiliki beragam bentuk dan rasa sesuai dengan susu yang digunakan. Oleh karena itu, keju masih memiliki beberapa kandungan yang hampir sama dengan susu yang digunakan tersebut.

Manfaat Keju Bagi Kesehatan

Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan dan cukup memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya, kandungan yang ada di dalam keju dapat memberikan Anda ragam manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat keju bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

  • Manfaat keju untuk ibu hamil dan menyusui
    Keju mengandung nutrisi seperti kalsium, protein, magnesium, fosfor, dan B12 yang dibutuhkan ibu dan bayi. Karena ibu adalah sumber nutrisi bagi bayi, jadi selama masa kehamilan dan menyusui, Anda boleh mengonsumsi keju agar membantu dalam pemberian nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi Anda. Terlebih lagi pada wanita hamil, dalam sehari setidaknya dibutuhkan 300 kalori untuk pembentukan bayi pada trimester kedua.
    Cobalah untuk mengkombinasikan keju dengan makanan sehat lainnya seperti brokoli, buah, sup, atau roti. Dan selalu pilih keju yang menggunakan susu yang sudah melalui proses pasteurisasi atau sudah disterilkan, hindari keju yang menggunakan susu mentah.
  • Manfaat keju untuk kesehatan gigi
    Kandungan kalsium, fosfor, dan protein yang ada di dalam keju baik untuk kesehatan gigi. Meski belum 100 persen penelitian menyatakan hal tersebut, namun beberapa studi mengklaim bahwa keju seperti keju mozarella dan cheddar dapat membantu dalam pencegahan kerusakan atau kerapuhan gigi.
  • Manfaat keju untuk kesehatan
    Sebuah penelitian menunjukkan anak perempuan yang secara teratur mengonsumsi keju memiliki densitas tulang yang lebih padat daripada mereka yang tidak. Keju dapat menjadi sumber kalsium yang lebih alami dibandingkan dengan suplemen atau vitamin.

Selain beberapa manfaat di atas, keju juga diduga bisa menjadi salah satu cara melindungi diri Anda dari kanker, terhindar dari obesitas jika yang dikonsumsi rendah lemak dan tidak berlebihan, serta merupakan salah satu cara mencegah penyakit jantung.

Keju dan Cara Sehat Menikmatinya

Keju memiliki beragam jenis dan bentuk. Seperti keju semi-lembut, keju keras, keju segar, keju biru, keju yang bagian kulitnya dicuci, dan keju yang diproses. Setiap keju ini memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, misalnya keju cottage yang termasuk ke dalam jenis keju segar memiliki banyak kasein yaitu protein yang dibutuhkan jaringan otot, dan beberapa jenis keju lainnya memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi dibanding dengan yang lainnya.

Guna mendapatkan hasil yang lebih sehat, ada baiknya Anda lebih meneliti kualitas kandungan yang ada di dalamnya dibandingkan seberapa banyak keju yang Anda konsumsi. Pilihlah keju rendah lemak jika Anda ingin menghindari kalori serta lemak yang tinggi.

Setelah memilih keju mana yang Anda konsumsi, cobalah untuk mencampurkan keju dengan beragam makanan sehat lainnya seperti daging tanpa lemak, buah dan sayuran. Misalnya mencampurkan krim keju rendah lemak dengan brokoli dan salmon, keju-semi lembut dengan apel, ataupun dengan potongan roti dan dada ayam.

Keju tidak hanya enak, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Konsumsi keju dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan kalsium, protein, fosfor dan vitamin serta mineral lain yang dibutuhkan tubuh. Namun, keju juga mengandung kalori dan lemak. Oleh karena itu, tetaplah cermat dalam memilih dan mengonsumsi keju.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Memilih Sabun Sesuai Kebutuhan Kulit

Memilih Sabun Sesuai Kebutuhan Kulit

Dari sekian banyak jenis dan merek sabun mandi itu, manakah yang paling cocok dengan kebutuhan kita? Beberapa dari antara kita mungkin sudah memiliki produk atau merek favorit, tapi apakah produk tersebut benar-benar cocok untuk keperluan kulit kita? Tiap orang memiliki preferensi sendiri dalam memilih sabun mandi yang ingin digunakannya. Apakah itu sabun batang atau sabun cair, jenis sabun wangi atau jenis sabun yang dipercaya bisa membunuh kuman? Lembut di kulit atau justru membuat kulit terasa kesat saat dibilas? Sebelum memilih, kenali dulu jenis kulit, jenis sabun, serta kegunaannya. Yang terpenting adalah memastikan sabun tersebut bukan hanya sekadar membersihkan kotoran dari tubuh kita, tapi juga bisa membuat kulit menjadi lebih sehat, lembut, dan indah. Kenali Jenis Kulit Anda Kita sering membeli sabun berdasarkan preferensi atau bahkan karena terpengaruh iklan. Padahal yang lebih penting adalah memilih produk berdasarkan jenis kulit. Terutama jika kulit kita cenderung sensitif, kering, atau justru terlalu berminyak. Kulit kering Meski berguna untuk menyingkirkan kotoran dan bakteri, sayangnya kebanyakan sabun juga menghilangkan minyak alami yang diproduksi tubuh. Terutam [...]

Cara Mengecilkan Bokong Melalui Operasi Liposuction

Cara Mengecilkan Bokong Melalui Operasi Liposuction

Memiliki bokong yang besar tidak selalu menjadi impian seseorang. Terkadang bokong yang terlalu besar juga bisa membuat perasaan tidak nyaman. Bokong besar karena adanya penimbunan lemak dapat membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Tidak jarang seseorang mencari cara untuk mengecilkan bokong. Mulai dari cara yang instan hingga dengan melakukan beragam latihan untuk membakar lemak di sekitar bokong. Jika Anda telah melakukan senam atau latihan yang teratur namun tetap tidak mendapatkan hasil yang Anda ingin, Anda bisa mengecilkan bokong melalui prosedur operasi. Prosedur liposuction yang bertujuan menghilangkan lemak bokong bisa menjadi pilihan. Mengenal Liposuction Liposuction merupakan operasi penyedotan lemak yang dapat dilakukan di beberapa bagian tubuh seperti bokong, perut, dan paha. Jika Anda ingin membuang lemak pada bagian bokong dengan cara instan, liposuction bisa menjadi salah satu caranya. Apa yang Harus Dipersiapkan? Pastikan Anda sudah berdiskusi atau konsultasi secara mendalam dengan dokter. Misalnya, hasil seperti apa yang Anda inginkan, bagaimana risikonya, dan apa yang perlu Anda persiapkan. Pastikan untuk memberikan informasi yang lengkap kepada dokter A [...]

Ada Delapan Penyebab Kulit Kering

Ada Delapan Penyebab Kulit Kering

Kulit kering adalah kondisi umum yang dialami kulit di mana terdapat kekurangan cairan di lapisan terluar kulit. Bagian tubuh yang terbuka, seperti lengan, tangan, dan kaki adalah area yang paling rentan mengalami gangguan ini. Dalam dunia medis, kulit kering biasa disebut dengan xerosis atau xeroderma. Kondisi ini bisa dialami siapa saja tanpa memandang jenis kelamin, bergantung pada kondisi kesehatan, tempat tinggal, lama waktu di ruangan terbuka, serta usia. Orang-orang lanjut usia lebih rentan mengalami kulit kering. Beberapa Gejala dan Penyebab Kulit Kering Pada sebagian kecil orang, kulit kering dialami sepanjang hidup mereka. Namun bagi kebanyakan orang, kondisi ini diderita hanya sementara, pada waktu-waktu tertentu terkait pada kondisi-kondisi yang telah disebutkan di atas. Gejala kulit kering yang sering muncul adalah permukaan kulit yang terasa dan terlihat kasar. Selain itu, pemilik kulit kering akan mendapati kulitnya terasa kencang atau kaku saat mandi, setelah mandi, atau saat berenang. Kemerahan dan rasa gatal juga biasa muncul. Gejala lain yang sering muncul adalah terdapat retakan atau garis-garis halus pada kulit. Kulit juga kemungkinan akan memiliki sisik dan [...]

Cari Tahu Penyebab Perubahan Gairah Wanita

Cari Tahu Penyebab Perubahan Gairah Wanita

Wanita kerap disebut lebih emosional dibandingkan pria. Berbicara mengenai gairah wanita, faktor fisik ternyata tidak menjadi satu-satunya pemicu menurunnya gairah seksual wanita. Gairah seksual wanita dipengaruhi oleh banyak faktor. Selain kondisi fisik, dipengaruhi juga oleh emosional, pengalaman, keyakinan, gaya hidup, serta hubungan sosial yang tengah dijalani. Kenapa Bisa Terjadi? Hasrat seksual wanita akan mengalami fluktuasi secara alami. Tinggi atau rendah biasanya dapat dikaitkan dengan status sebuah hubungan atau perubahan penting dalam kehidupannya, antara lain kehamilan, menopause atau penyakit. Selain itu, ada juga pengaruh dari beberapa jenis pengobatan. Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi pemicunya. Kondisi fisik Ragam penyakit serta perubahan fisik dan obat-obatan yang dikonsumsi dapat memicu terjadinya penurunan gairah wanita. Gaya hidup. Kebiasaan merokok dapat menurunkan tingkat aliran darah dan gairah seks. Selain itu terlalu banyak mengonsumsi minuman keras dan penggunaan obat-obat terlarang dapat mengurangi gairah seks. Pascaoperasi. Terutama bagi mereka yang telah menjalani operasi perubahan bentuk pada organ payudara atau kelamin, bisa mengubah [...]

Tidak Sedikit Manfaat Ikan Lele

Tidak Sedikit Manfaat Ikan Lele

Ikan lele merupakan salah satu sajian lauk pauk yang banyak digemari. Namun, Anda harus mengetahui manfaat ikan lele dari sisi kandungan gizinya serta porsi yang tepat untuk kesehatan tubuh. Salah satu resep ikan lele yang paling banyak di kenal di Indonesia, pecel lele. Dalam sajian tersebut, ikan lele digoreng atau dibakar kemudian dilengkapi dengan sayur dan sambal. Kandungan Gizi Ikan lele atau dikenal sebagai catfish merupakan jenis yang banyak diternakkan untuk kepentingan konsumsi. Tak hanya di Asia, ikan ini juga dikonsumsi di negara-negara Afrika, Eropa dan Amerika Timur. Meski kualitas dan rasa lele dari berbagai negara bisa berbeda, namun ikan ini disebut-sebut memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tiap 100 gram ikan lele mengandung energi sebesar 229 kilokalori. Kandungan protein dari lele dengan porsi itu sekitar 18 gram, karbohidrat sekitar 8 gram, serat 0,7 gram dan lemak sebesar 13 gram. Ikan lele juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, serta kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan zinc. Ikan lele juga kaya kandungan vitamin D. Ikan lele yang dikembangkan peternakan, kem [...]

Menu Diet Mayo untuk Meraih Tubuh Sehat dan Ideal

Menu Diet Mayo untuk Meraih Tubuh Sehat dan Ideal

Kini banyak terdapat beragam jenis diet untuk menurunkan berat badan yang beredar di masyarakat. Salah satu yang sedang banyak diperbincangkan adalah diet mayo. Apa sebenarnya yang dimaksud diet mayo dan bagaimanakah cara menerapkan menu diet mayo yang benar? Mari kita telusuri. Diet mayo diambil dari buku yang diterbitkan oleh Mayo Clinic, merupakan diet yang dibuat berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis. Diet ini dapat mengubah kebiasaan menjadi lebih sehat serta menekan risiko penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan gangguan tidur. Program Jangka Panjang Perlu diketahui jika diet mayo yang sebenarnya merupakan pengendalian berat badan jangka panjang yang memerhatikan kesehatan secara keseluruhan, jadi tidak sekedar menentukan menu makanan. Diet mayo yang benar menekankan perubahan kebiasaan menjadi lebih sehat. Diet mayo dimulai dengan periode awal yang disebut Lose It! selama dua minggu. Pada masa ini lima kebiasaan tidak sehat diganti dengan yang lebih sehat. Misalnya, kebiasaan makan tidak sehat yaitu asupan gula tambahan, camilan manis, sajian daging dan produk susu yang berlebihan, makan di restoran dengan menu tidak terkendali dan mak [...]

Ini Akibatnya Abaikan Seks Sehat

Ini Akibatnya Abaikan Seks Sehat

Suatu hubungan seks tidak hanya dapat memberikan kepuasan seksual, tapi juga manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun dengan catatan, Anda dan pasangan melakukan hubungan seks sehat. Walapun banyak manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan hubungan seks, jika Anda mengabaikan seks sehat, bukan manfaat yang Anda dapat tapi masalah kesehatan yang dapat membahayakan tubuh bahkan mungkin mengancam nyawa. Selayaknya olahraga, melakukan hubungan seks dapat membakar kalori meski tidak sebanyak Anda melakukan olahraga sungguhan. Namun cukup untuk melatih otot dan meningkatkan laju detak jantung Anda. Selain itu melakukan hubungan seks setidaknya dua kali seminggu juga mengurangi risiko penyakit jantung dan osteoporosis. Karena pada saat melakukan hubungan seks, menyeimbangkan kadar hormon testosteron dan estrogen. Ini Akibatnya Abaikan Seks Sehat Seks sehat yang diabaikan dapat menimbulkan beragam penyakit seksual. Bukan hanya tentang seks yang tidak menggunakan perlindungan, beberapa posisi atau gerakan seks yang salah juga bisa memicu timbulnya penyakit. Berikut ini adalah beberapa penyakit seksual yang bisa terjadi jika abaikan seks sehat. Gonore Gonore atau kencing nanah disebabkan ole [...]

Kengerian Cabut Gigi Sepadan dengan Manfaatnya

Kengerian Cabut Gigi Sepadan dengan Manfaatnya

Meski gigi permanen sebaiknya dipertahankan seumur hidup, tapi ada beberapa alasan yang menyebabkan ada kalanya pencabutan gigi diperlukan. Sebuah gigi patut dicabut ketika sudah sangat rusak sehingga jika tidak dicabut akan mengganggu gigi lain. Rasa sakit yang terus-menerus bisa menjadi pertanda utama gigi Anda perlu dicabut. Rasa sakit ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti adanya lubang gigi yang meluas atau kemungkinan adanya tumor. Alasan-alasan lain yang mungkin melatarbelakangi cabut gigi adalah: Mulut yang terlalu penuh Gigi geraham belakang umumnya baru tumbuh di usia 20-an, saat sudah terdapat sekitar 28 gigi di mulut. Pada situasi ini, sangat mungkin tidak ada tempat lagi untuk gigi geraham tumbuh dengan baik atau hanya muncul sebagian, sehingga menyebabkan rasa sakit atau gangguan pada gigi lain. Gigi yang hanya muncul sebagian dapat menjadi sulit untuk dibersihkan dan berpotensi menyebabkan infeksi. Oleh karenanya, beberapa gigi terkadang perlu dicabut. Selain itu, dokter juga bisa mencabut beberapa gigi demi mempersiapkan pasien untuk perataan gigi, misalnya dengan pemasangan kawat gigi. Infeksi atau risiko kemungkinan terjadi infeksi. Pulpa adalah akar g [...]

Makanan dan Minuman yang Justru Memicu Dehidrasi

Makanan dan Minuman yang Justru Memicu Dehidrasi

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membuat tubuh sering ingin buang air kecil berisiko menyebabkan dehidrasi. Mengurangi konsumsi air minum agar tidak terlalu sering buang air kecil? Anda salah besar. Kurang mengonsumsi air minum justru akan menyebabkan gangguan pada saluran kemih. Tingginya frekuensi buang air kecil dapat terpicu oleh konsumsi zat atau unsur tertentu di dalam makanan dan minuman. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa membuat tubuh lebih sering buang air kecil: Cokelat. Hindari mengonsumsi cokelat menjelang waktu tidur. Beralih ke cokelat putih lebih dapat mengurangi risiko buang air kecil. Buah-buahan yang bersifat asam, seperti anggur, jeruk, lemon, dan nanas. Buah-buahan yang lain, seperti pisang dan apel juga berpeluang menambah produksi urine. Tomat serta semua makanan dan minuman yang berbahan dasar tomat, seperti jus tomat, sambal tomat, dan saus tomat. Cabai dan semua makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pada kandung kemih. Gula dan pemanis buatan yang banyak terkandung dalam makanan serta minuman ringan. Bawang bombai, bawang putih, peterseli, serta daun bawang yang ditumis lebih tidak berisiko dibandingkan bawan [...]

Cara Memilih dan Merawat Sikat Gigi

Cara Memilih dan Merawat Sikat Gigi

Jangan sampai sikat gigi Anda justru mendatangkan penyakit. Tidak semua sikat gigi tepat untuk digunakan tiap orang. Ada banyak pilihan jenis, bentuk, dan merek di pasaran. Tapi mana yang tepat? Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda ketika memilih sikat gigi yang tepat. Ukuran. Pilih kepala sikat dengan ujung mengecil yang memudahkan pergerakan bulu sikat untuk menjangkau seluruh permukaan gigi hingga ke bagian terujung. Pastikan pegangannya cukup panjang sehingga memudahkan Anda untuk menggerakkannya. Segera ganti jika kepala sikat terasa tidak nyaman atau terlalu besar di dalam mulut Anda. Untuk anak, pilih sikat gigi yang sesuai dengan usia dan ukuran mulutnya. Jenis bulu sikat. Pada label sikat gigi, sering tertulis pilihan soft, medium, atau hard. Pilih yang mana? Tergantung kekuatan Anda menyikat dan kekuatan gigi Anda. Ujung bulu sikat yang terlalu kasar/keras dapat merusak gusi, akar, dan lapisan pelindung gigi, terutama jika Anda menyikat gigi terlalu kencang. Sikat gigi elektrik? Sikat gigi elektrik dapat menjadi solusi untuk orang tertentu seperti pengidap artritis atau keterbatasan/kekakuan pada tangan, lengan, atau pundaknya. Anda juga [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *