Manfaat Keju yang Sayang untuk Dilewatkan

manfaat-keju-yang-sayang-untuk-dilewatkan-alodokter.jpg

Bagi sebagian orang, keju adalah makanan yang perlu dihindari karena kandungan lemak dan sodium di dalamnya. Tapi, keju juga memiliki sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh.

Sebagian orang mungkin menyukai keju bahkan menjadikannya camilan, tapi ada juga sebagian orang justru merasa takut untuk mengonsumsinya.

Keju merupakan produk makanan yang terbuat dari susu yang memiliki beragam bentuk dan rasa sesuai dengan susu yang digunakan. Oleh karena itu, keju masih memiliki beberapa kandungan yang hampir sama dengan susu yang digunakan tersebut.

Manfaat Keju Bagi Kesehatan

Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan dan cukup memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya, kandungan yang ada di dalam keju dapat memberikan Anda ragam manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat keju bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

  • Manfaat keju untuk ibu hamil dan menyusui
    Keju mengandung nutrisi seperti kalsium, protein, magnesium, fosfor, dan B12 yang dibutuhkan ibu dan bayi. Karena ibu adalah sumber nutrisi bagi bayi, jadi selama masa kehamilan dan menyusui, Anda boleh mengonsumsi keju agar membantu dalam pemberian nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi Anda. Terlebih lagi pada wanita hamil, dalam sehari setidaknya dibutuhkan 300 kalori untuk pembentukan bayi pada trimester kedua.
    Cobalah untuk mengkombinasikan keju dengan makanan sehat lainnya seperti brokoli, buah, sup, atau roti. Dan selalu pilih keju yang menggunakan susu yang sudah melalui proses pasteurisasi atau sudah disterilkan, hindari keju yang menggunakan susu mentah.
  • Manfaat keju untuk kesehatan gigi
    Kandungan kalsium, fosfor, dan protein yang ada di dalam keju baik untuk kesehatan gigi. Meski belum 100 persen penelitian menyatakan hal tersebut, namun beberapa studi mengklaim bahwa keju seperti keju mozarella dan cheddar dapat membantu dalam pencegahan kerusakan atau kerapuhan gigi.
  • Manfaat keju untuk kesehatan
    Sebuah penelitian menunjukkan anak perempuan yang secara teratur mengonsumsi keju memiliki densitas tulang yang lebih padat daripada mereka yang tidak. Keju dapat menjadi sumber kalsium yang lebih alami dibandingkan dengan suplemen atau vitamin.

Selain beberapa manfaat di atas, keju juga diduga bisa menjadi salah satu cara melindungi diri Anda dari kanker, terhindar dari obesitas jika yang dikonsumsi rendah lemak dan tidak berlebihan, serta merupakan salah satu cara mencegah penyakit jantung.

Keju dan Cara Sehat Menikmatinya

Keju memiliki beragam jenis dan bentuk. Seperti keju semi-lembut, keju keras, keju segar, keju biru, keju yang bagian kulitnya dicuci, dan keju yang diproses. Setiap keju ini memiliki kandungan nutrisi yang berbeda, misalnya keju cottage yang termasuk ke dalam jenis keju segar memiliki banyak kasein yaitu protein yang dibutuhkan jaringan otot, dan beberapa jenis keju lainnya memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi dibanding dengan yang lainnya.

Guna mendapatkan hasil yang lebih sehat, ada baiknya Anda lebih meneliti kualitas kandungan yang ada di dalamnya dibandingkan seberapa banyak keju yang Anda konsumsi. Pilihlah keju rendah lemak jika Anda ingin menghindari kalori serta lemak yang tinggi.

Setelah memilih keju mana yang Anda konsumsi, cobalah untuk mencampurkan keju dengan beragam makanan sehat lainnya seperti daging tanpa lemak, buah dan sayuran. Misalnya mencampurkan krim keju rendah lemak dengan brokoli dan salmon, keju-semi lembut dengan apel, ataupun dengan potongan roti dan dada ayam.

Keju tidak hanya enak, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Konsumsi keju dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan kalsium, protein, fosfor dan vitamin serta mineral lain yang dibutuhkan tubuh. Namun, keju juga mengandung kalori dan lemak. Oleh karena itu, tetaplah cermat dalam memilih dan mengonsumsi keju.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ayo Konsumsi Makanan Berlemak Agar Tubuh Lebih Ramping dan Sehat

Ayo Konsumsi Makanan Berlemak Agar Tubuh Lebih Ramping dan Sehat

Anda ingin tampil langsing namun tetap sehat dalam waktu dekat? Lupakan diet ketat dan mulailah banyak konsumsi makanan berlemak. Berikut adalah sumber lemak baik yang bisa dikonsumsi tanpa khawatir tubuh akan cepat menggemuk. Kacang-Kacangan Kacang mengandung serat, vitamin, dan mineral yang sangat tinggi dan diduga bisa membantu menjaga berat badan seimbang. Setiap butir kacang-kacangan kaya akan sumber monosaturated fat, lemak yang menyehatkan tubuh dan tak akan menyumbat pembuluh darah. Jika sedang ingin mencari camilan, Anda dapat memilih kacang almond, kacang tanah, atau kenari. Cokelat Jika ingin menikmati sebatang cokelat, pilih yang berupa dark chocolate. Lemak yang dikandung biji cokelat kebanyakan berupa stearic acid yang dalam beberapa penelitian tidak menaikkan level kolesterol darah seperti lemak jenuh jenis lainnya. Jadi makin tinggi kadar dark chocolate akan makin baik untuk tubuh. Hal lain yang lebih menggiurkan adalah kadar flavonoid dark chocolate yang berfungsi sebagai antioksidan. Daging Sumber omega-3 fatty acids terbaik ada pada daging ikan, seperti ikan salmon. Selain omega-3, ikan salmon juga merupakan sumber protein yang tinggi, yang dapat membuat perut [...]

Manfaat Kayu Manis Belum Sepenuhnya Manis

Manfaat Kayu Manis Belum Sepenuhnya Manis

Manfaat kayu manis sering dikaitkan dengan pengobatan diabetes. Sayangnya, hal ini masih menjadi perdebatan di kalangan para ahli. Rempah-rempah ini biasanya diambil bagian kulit kayunya dan umumnya digunakan sebagai obat-obatan, bumbu masak, tambahan aroma pada kopi, atau pengharum kue. Penyakit yang Diduga Dapat Diringankan Berkat Manfaat Kayu Manis Dalam bidang kesehatan, kayu manis diduga dapat mengobati diabetes. Beberapa penelitian mengaitkan antara turunnya kadar gula dengan mengonsumsi kayu manis. Salah satunya menemukan bahwa kayu manis mungkin dapat menurunkan kadar gula darah hingga 24 persen dan kadar kolesterol hingga 18 persen. Penelitian lain mengungkapkan kayu manis yang dikonsumsi tiap hari selama 12 minggu berturut-turut kemungkinan dapat menyeimbangkan tingkat tekanan darah pada pasien diabetes. Namun sayangnya, penelitian-penelitian lain tidak mendukung hasil-hasil tersebut. Selain pada diabetes, rempah ini juga diduga bisa mengatasi kembung, diare, dan flu. Pada awalnya tanaman herba ini diteliti manfaatnya untuk mengusir serbuan nyamuk. Kandungan bahan kimia dari kayu manis yang berfungsi sebagai salep anti nyamuk adalah cinnamaldehyde. Zat kimia ini juga [...]

Sekedar Lelah atau Sedang Sakit ?

Sekedar Lelah atau Sedang Sakit ?

Anda sering merasa lelah, padahal sudah cukup istirahat? Hati-hati. Bisa saja menjadi gejala penyakit serius. Merasa letih setelah beraktivitas panjang atau saat tubuh sedang kurang sehat adalah hal yang biasa. Namun ada baiknya untuk memeriksakan diri jika Anda terus-menerus merasa lelah, meski sudah tidur sebanyak delapan jam sehari. Secara medis, kelelahan dapat menjadi pertanda adanya penyakit tertentu di dalam tubuh. Berikut ini adalah 10 penyakit yang salah satu gejalanya adalah keletihan. Depresi Pada beberapa kasus, depresi dan kecemasan bisa meluruhkan semangat dan membuat Anda mengalami keletihan yang tidak tertahankan. Selain lelah, depresi bisa membuat Anda mengalami kurang tidur, merasa tidak berharga, mengalami gangguan pola makan, dan dapat memicu gejala penyakit serius. Anemia Anemia defisiensi besi adalah kondisi saat produksi sel darah merah menurun. Kondisi ini menyebabkan pengidapnya merasa lelah terus-menerus. Anemia dialami oleh sekitar 5% pria dan wanita pascamenopause, tapi lebih banyak dialami oleh wanita yang sedang menstruasi atau hamil. Pengidap anemia akan mudah letih, tidak bertenaga, dan merasa otot-ototnya berat. Penyakit ini dapat dideteksi dengan [...]

Kafein Bisa Menjadi Sahabat Sehat

Kafein Bisa Menjadi Sahabat Sehat

Apakah Anda termasuk orang yang memulai aktivitas dengan secangkir kopi? Anda tidak sendiri. Banyak orang yang membutuhkan kopi yang sarat kafein sebagai stimulan pada pagi hari. Alasan kopi dapat membuat Anda bersemangat adalah efek kafein kepada otak. Tidak hanya sebagai stimulan, kafein juga dapat menghambat reseptor adenosin. Dampaknya dapat membuat Anda lebih berenergi serta merasa lebih bersemangat. Meski begitu, kafein tidak hanya berasal dari kopi. Secangkir teh atau sebatang cokelat favorit Anda ternyata memiliki kandungan kafein. Kafein juga banyak digunakan dalam obat-obatan tertentu. Namun di balik itu, Anda ingin tahu apa manfaat kafein dan apa risiko kesehatan yang dapat ditimbulkannya? Sisi Positif Kafein Beragam penelitian dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kafein. Sebagaimana dua sisi mata uang, kafein memiliki manfaat dan risiko yang bisa ditimbulkan. Berikut beberapa sisi positif dari kafein, antara lain: Menekan risiko sakit jantung dan diabetes Mengonsumsi kopi dengan kandungan kafein yang tidak berlebihan, sering dikaitkan dengan kemampuan menekan kemungkinan penyakit jantung dan diabetes. Hal ini berhubungan dengan kandungan asam klorogenat [...]

Malu Karena Kepala Botak? Coba Transplantasi Rambut

Malu Karena Kepala Botak? Coba Transplantasi Rambut

Pola kebotakan pada pria adalah jenis kerontokan rambut paling umum yang dialami oleh kaum lelaki. Kepala botak ini dapat diatasi dengan beberapa cara, salah satunya operasi transplantasi rambut seperti yang dilakukan oleh pesepakbola dunia asal Inggris. Pola kebotakan pada pria bisa dimulai pada masa remaja, tetapi kebotakan ini lebih sering terjadi pada pria dewasa seiring dengan bertambahnya usia. Genetika memainkan peran besar pada kondisi yang membuat kepala botak ini. Umumnya, rambut rontok dan kebotakan membutuhkan jangka waktu 15-25 tahun. Pola kebotakan pada pria bisa diatasi dengan obat-obatan atau operasi. Prosedur Tranplantasi Rambut Salah satu cara untuk mengatasi kepala botak adalah dengan transplantasi rambut. Caranya, rambut dari daerah kulit kepala dengan pertumbuhan aktif dipindahkan dan ditanam ke daerah kulit kepala yang rambutnya menipis atau botak. Untuk melakukan transplantasi rambut, hal pertama yang dilakukan dokter ahli bedah adalah membersihkan kulit kepala. Kemudian obat bius disuntikkan pada daerah kulit kepala yang akan dipindahkan. Sekitar 7-10 cm lajur kulit kepala lalu diangkat menggunakan pisau bedah. Setelah itu, kulit kepala dijahit agar tertut [...]

Cara Merawat Gigi yang Baik dan Benar

Cara Merawat Gigi yang Baik dan Benar

Biasakanlah untuk menjaga kebersihan gigi dengan rutin menggosoknya tiap hari. Tapi ketahuilah bahwa menggosok gigi secara teratur belum tentu efektif sebagai cara merawat gigi jika tekniknya kurang tepat. Sudah menyikat gigi dua kali sehari, tapi masalah gigi dan gusi masih sering terjadi? Barangkali cara Anda menyikat gigi masih belum tepat. Berikut ini adalah beberapa poin yang dapat menjadi panduan. Jadikan bagian dari rutinitas Jadikan menggosok gigi sebagai bagian dari rutinitas wajib, setelah makan atau setidaknya pagi dan malam sebelum tidur. Jangan terlalu sering Menggosok gigi 2-3 kali sehari sebagai cara merawat gigi adalah jumlah yang ideal. Tetapi menggosok gigi lebih dari 3 kali sehari dapat merusak email gigi dan membahayakan gusi. Tidak terlalu kuat Selain terlalu sering, menggosok gigi terlalu kencang juga berisiko merusak gigi dan gusi. Agar dapat mengontrol pergerakan sikat dengan lebih baik, pegang gagang sikat seperti Anda memegang pensil, bukan dengan tangan mengepal. Tidak buru-buru Agar penyikatan gigi dapat dilakukan dengan lebih seksama, beri waktu setidaknya 30 detik untuk menyikat tiap sisi deretan gigi: samping kanan, samping kiri, dan bagian depan. T [...]

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

?Ingin lebih sehat? Ganti minyak goreng Anda dengan minyak zaitun.? Pasti Anda sudah sering mendengarnya, bukan? Selama ini minyak zaitun kerap dianggap sebagai minyak tersehat yang memiliki lebih banyak manfaat. Tidak heran jika harganya pun berbeda jauh dari minyak goreng biasa. Anggapan itu tidak salah. Dari segi medis, minyak zaitun mungkin berkhasiat mengatasi dan mencegah penyakit-penyakit tertentu. Kadar lemak yang terdapat pada 100 gram minyak zaitun adalah 100 gram. Meski tinggi lemaknya, minyak zaitun tetap sehat karena hanya 14 persen dari lemak itu berjenis lemak jenuh. Sisanya adalah lemak tidak jenuh yang dianggap menyehatkan. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin E, vitamin K, omega-3 dan omega-6. Meski menyehatkan, Anda tetap harus membatasi asupannya karena kadar kalori per 100 gram-nya adalah 885 kilokalori. Gunakan minyak zaitun dengan bijak agar Anda bisa mendapatkan khasiat baiknya. Inilah beragam manfaat minyak zaitun bagi kesehatan. Kolesterol tinggi. Manfaat minyak zaitun yang sering dikenal masyarakat adalah bisa menurunkan kolesterol. Kemungkinan kadar kolesterol Anda akan menurun jika mengonsumsi minyak zaitun. Minyak ini mengandung campur [...]

Ambil Manfaat Ciuman Bibir, Namun Jauhi Bahayanya

Ambil Manfaat Ciuman Bibir, Namun Jauhi Bahayanya

Banyak orang yang mengutarakan kasih sayang dengan mengecup bibir pasangannya. Memang nyatanya ciuman di bibir bisa mempererat hubungan di antara dua sejoli yang sedang dimabuk asmara. Tidak hanya baik bagi kelangsungan hubungan, manfaat ciuman bibir juga bisa berdampak kepada kebaikan kesehatan Anda. Tapi tunggu dulu, ciuman pada bibir bisa berubah menjadi aktivitas yang membahayakan jika tidak dilakukan secara sehat. Beragam Manfaat Ciuman Bibir Manfaat utama yang bisa Anda rasakan dari berciuman bibir dengan pasangan adalah hubungan asmara yang makin erat. Makin sering Anda berciuman dengan orang yang dicintai, maka Anda akan makin terhubung dengannya, baik dari segi fisik maupun emosional. Bisa dibilang, berciuman memiliki peran penting dalam membina sebuah hubungan. Bagi kesehatan Anda sendiri, ciuman di bibir dapat memberikan beragam manfaat seperti: Meredakan stres. Ketika stres, coba cium pasangan Anda. Setelahnya pasti Anda akan merasa jauh lebih tenang. Ya, berciuman memang bisa mengurangi ketegangan dan rasa cemas yang disebabkan oleh hormon stres kortisol. Saat berciuman, hormon tersebut akan berkurang dan tergantikan oleh hormon yang bisa membuat Anda merasa lebih [...]

Sehat Berkat Tahu Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri

Sehat Berkat Tahu Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri

Banyak bahan alami di sekitar kita yang bermanfaat untuk tubuh, salah satunya adalah minyak kelapa. Mudahnya mendapatkan bahan baku menjadikan cara membuat minyak kelapa tidak sesulit yang dibayangkan. Minyak kelapa terdiri dari bahan-bahan yang diduga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Bahan-bahan penyusun minyak kelapa antara lain asam laurat sebanyak 44 persen dan asam miristat sebanyak 16,8 persen. Begitu Banyak Manfaat Minyak Kelapa Dengan komposisi di atas, minyak kelapa ditengarai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa kondisi yang mungkin bisa dibantu berkat penggunaan minyak kelapa. Diabetes Minyak kelapa mungkin bisa memperbaiki toleransi penderita diabetes terhadap glukosa dan memperbaiki resistensi insulin. Pemakaian minyak kelapa juga dianggap dapat mengurangi timbunan lemak. Kolesterol tinggi Beberapa penelitian menyatakan minyak kelapa dapat menaikkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Namun, kadar kolesterol jahat di dalam tubuh tidak mengalami perubahan. Penelitian lain menyatakan konsumsi minyak kelapa tidak meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Sayangnya, penelitian mengenai efek minyak kelapa terhadap kolesterol dan p [...]

Mau Punya Payudara Berukuran Ekstra Seksi? Kenali Dulu Risikonya

Mau Punya Payudara Berukuran Ekstra Seksi? Kenali Dulu Risikonya

Beberapa perempuan mendambakan memiliki payudara berukuran ekstra besar demi meningkatkan kepercayaan diri. Tapi jangan keliru, memiliki payudara berukuran ekstra justru bisa menimbulkan masalah. Ada beberapa pihak yang mengaitkan hubungan antara ukuran dada yang terlalu besar dengan keluhan kesehatan. Hal ini terutama terjadi pada para perempuan yang salah memakai bra, tapi tidak sesuai dengan ukuran payudara sebenarnya. Ukuran payudara yang dianggap ekstra besar adalah yang memiliki bobot hingga lebih dari setengah kilo per payudara menurut skala Shnur. Payudara yang demikian besar dikenal sebagai makromastia. Sementara itu, ukuran payudara yang lebih besar dari makromastia dalam dunia medis biasa dikenal sebagai gigantomastia. Payudara yang mengalami gigantomastia mengalami penambahan hingga 1 kg lebih per payudara. Pembesaran payudara biasanya terjadi saat masa puber, setelah melahirkan, seiring naiknya berat badan, dan saat menopause. Untuk ukuran yang ekstra besar biasa disebabkan oleh pertumbuhan lemak adiposa yang lebih banyak daripada kelenjar susu. Kondisi lain yang bisa menyebabkan makromastia adalah genetik, pascamasektomi, dan pascalumpektomi asimetri. Beberapa Masal [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *