Manfaat Kesehatan Mencukur Rambut Kemaluan

bulu-kemaluan-cukur.jpg

Mencukur rambut kemaluan adalah salah satu anjuran dalam suatu agama. Bahkan disarankan bahwa anjuran ini sebaiknya dilakukan secara rutin, yaitu setiap 40 hari sekali. Anjuran ini berlaku bagi pria maupun wanita.

Sebagian orang mempertanyakan pentingnya praktik pencukuran ini, sebab dikaitkan dengan kejadian luka dan infeksi setelah mencukur, menghilangkan fungsi perlindungan alat kelamin dari debu/ kotoran lain, hingga adanya pendapat bahwa hal ini merepotkan dan tidak memberikan efek apapun.

Ternyata, dibalik latar belakang tuntunan agama, mencukur rambut kemaluan yang dilakukan dengan cara yang tepat dapat memberikan beberapa manfaat dari sisi kesehatan.

Adapun manfaat-manfaat kesehatan yang ada terdapat di halaman berikut:

Manfaat Kesehatan Mencukur Rambut Kemaluan

  • Dengan mencukur rambut kemaluan, proses pembersihan produk kelenjar minyak/ keringat dapat dilakukan dengan sempurna. Bila produk kelenjar ini tersisa di area rambut, maka menyebabkan area tersebut lembab dan bakteri mudah berkembang biak (menyebabkan gatal, bengkak, kemerahan, dll)
  • Memastikan rambut kemaluan tetap tipis akan mencegah bersarangnya tungau/ kutu kelamin (jenis Phthirus pubis).
  • Mencegah timbulnya bau tidak sedap karena partikel kotoran dan sel-sel kulit mati mudah dibersihkan.
  • Rambut kemaluan yang terlalu tebal akan mengganggu pembersihan organ kelamin karena menghalangi sampainya air pembasuh ke organ tersebut (misalnya pada saat mandi dan membasuh setelah berkemih bagi wanita).
  • Dari sisi seksual, rambut kemaluan yang dicukur akan memberikan penampilan yang rapi dan bersih sehingga mampu meningkatkan gairah untuk berhubungan seks.

Namun, masih ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat mencukur bulu kemaluan. Klik next untuk melanjutkan.

Manfaat Kesehatan Mencukur Rambut Kemaluan

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah pastikan kebersihan alat-alat yang digunakan untuk mencukur/ menggunting rambut kemaluan (paling baik pisau cukur sekali pakai), berhati-hati dalam melakukan proses pencukuran, bersihkan rambut dengan sabun selesai mencukur, serta gunakan antiseptik/ krim antibiotik bila terdapat luka.

Cukup banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dengan mencukur rambut kemaluan, disamping sekaligus menjalani anjuran agama bagi yang beragama Islam. Tidak perlu ragu untuk mencukur rambut kemaluan. Kebersihan sebagian dari iman, kebersihan adalah kunci kesehatan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Efek Ganja Pada Kesehatan Mental

Efek Ganja Pada Kesehatan Mental

Oleh : dr. Andri,SpKJPsikiater Consultation-Liaison dan Psikosomatik Medis Anggota American Psychosomatic Society Anggota Academy of Psychosomatic Medicine Anggota European Association for Consulation Liaison Psychiatry and Psychosomatics Ganja secara pribadi saya kenal dalam buku-buku psikiatri umum dan buku psikiatri yang membahas khusus masalah penyalahgunaan zat adiktif. Keduanya sama-sama masuk golongan zat adiktif yang menimbulkan ketergantungan. Secara diagnostik, pemakaian kedua zat tersebut termasuk dalam diagnostik gangguan jiwa menurut DSM IV-TR (USA), ICD 10 (WHO) dan PPDGJ III (INDONESIA) yang bisa menimbulkan intoksikasi, reaksi putus zat dan ketergantungan. Ganja sebenarnya merupakan sebutan untuk Canabis (yang mengandung delta-9-tetrahidrocabinol/THC) dengan kekuatan menengah. Canabis/Marijuana yang paling murah dan potensinya lemah banyak digunakan di Amerika Serikat dengan nama Bhang. Kekuatan marijuana/canabis yang paling kuat adalah Chara yang banyak ditemukan di India. Marijuana sendiri sudah dikenal sejak lama bahkan sejak sebelum masehi dan terdapat dalam konpedium obat herbal cina yaitu the Herbal of Emperor Shen Nung tahun 2737 SM. Efek terhadap kesehatan [...]

Serba-serbi Kafein

Serba-serbi Kafein

Jika Anda mengandalkan kopi untuk menemani Anda beraktivitas ataupun ketika lembur saat bekerja, Anda tidak sendirian. Kafein, yang terkandung di dalam kopi dan teh, menstimulasi sistem saraf pusat, menghilangkan lelah, membuat Anda tetap terjaga dan meningkatkan konsentrasi dan fokus. Hmm, terdengar sempurna bukan? Namun, Anda perlu mengetahui hal-hal berikut ini: Berapakah toleransi batas aman kafein bagi tubuh? Mengkonsumsi kafein sebanyak 200-300 mg/hari atau setara dengan 2-4 gelas kopi/hari, merupakan batas aman yang dapat ditoleransi oleh orang dewasa yang sehat secara fisik. Apakah yang Terjadi Jika Saya Mengkonsumsi Kafein Terlalu Banyak? Konsumsi kafein yang berlebih yaitu lebih dari 500-600 mg/hari, dapat menyebabkan: Insomnia Gelisah Perasaan khawatir Gangguan lambung Denyut nadi lebih cepat Tremor (tangan menjadi gemetar) Kafein dalam jumlah rendah dapat menimbulkan efek samping. Beberapa orang lebih sensitif terhadap kafein, bahkan jika hanya minum 1-2 gelas kopi atau teh dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan seperti: gelisah atau gangguan tidur. Orang yang jarang mengonsumsi kafein cenderung lebih sensitif terhadap efek negatif ya [...]

10 Kebiasaan yang Memicu Penyakit Jantung

10 Kebiasaan yang Memicu Penyakit Jantung

Agar berumur panjang, jantung merupakan salah satu organ yang wajib dijaga kesehatannya. Salah satu caranya adalah menghindari beberapa kebiasaan buruk yang kerap kali dilakukan. Seperti yang dikutip dari health, berikut 10 kebiasaan yang berpengaruh buruk pada jantung.1. Menonton TVWalau Anda sudah melakukan olahraga teratur, duduk selama berjam-jam dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. "Olahraga tidak bisa mengimbangi berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk duduk," ujar R. Reynolds HArmony, MD, direktur asosiasi dari Cardiovascular Clinical Research Center New York.Mengapa? Hal ini dikarenakan kurangnya gerakan dapat memengaruhi kadar lemak dan gula. Dr Reynolds menyarankan, jika Anda merasa terlalu banyak duduk saat bekerja di kantor atau menonton TV, usahakan untuk berdiri ketika menerima telepon. Itu akan membantu memperlancar aliran darah.2. Membiarkan StresApakah Anda sering tidak segera menyelesaikan masalah sehingga membuat stres? Jika ya, waspadalah karena hal ini bisa berpengaruh buruk pada jantung Anda. Menurut Dr Reynolds, membiarkan stres berlarut-larut malah membuatnya semakin berbahaya. "Berbicara mengenai masalah Anda dengan seseorang adala [...]

Awas! Kurang Tidur Gara-gara Begadang Bisa Bikin Bodoh

Awas! Kurang Tidur Gara-gara Begadang Bisa Bikin Bodoh

Amerika mengalami kerugian sebesar 4,5 Triliun Rupiah selama Piala dunia Brazil 2014. Angka ini muncul dengan perhitungan karena karyawan banyak yang mangkir kerja dan nonton pertandingan saat di kantor. Di Indonesia belum ada yang menghitung kerugian tersebut tetapi kasus orang mangkir kerja karena begadang banyak disebabkan karena daya tahan tubuhnya drop. Dan saat ini Piala dunia masih berlangsung, tinggal menyisakan partai-partai puncak. Tentunya Anda juga tidak ingin ketinggalan satu pun pertandingannya bukan? Artinya, Anda harus begadang lagi sampai partai final nanti. Masalahnya Anda tetap harus bekerja pada pada esok harinya dan pekerjaan menuntut Anda untuk selalu bugar dan konsentrasi. Tidak ada dispensasi untuk datang telat karena anda kelelahan begadang ataupun melakukan kesalahan karena kurang konsentrasi. Hal yang harus diperhatikan dalam menyiasati situasi ini adalah mengatur pola tidur dan asupan makanan kita sehingga bisa membuat daya tahan tubuh tidak turun dan tetap konsentrasi. Begadang yang mengakibatkan kurang tidur tidak hanya akan mengganggu aktivitas Anda, tapi lebih jauh juga memberikan risiko dan dampak tersendiri pada kesehatan tubuh. Menurut The N [...]

Kebiasaan Sehari-hari yang Buat Gigi Cepat Rapuh dan Keropos

Kebiasaan Sehari-hari yang Buat Gigi Cepat Rapuh dan Keropos

Gigi rapuh dan keropos tidak hanya disebabkan oleh malasnya Anda menggosok gigi atau hobi mengonsumsi makanan manis dan lengket. Ada beberapa kebiasaan yang juga bisa membuat gigi rapuh. Ini lima kebiasaan yang harus dihindari, jika Anda ingin miliki gigi kuat sampai tua.1. Menyikat Gigi Terlalu KerasSebagian orang menganggap kebersihan gigi berawal dari seberapa sering kita menyikat gigi. Hal itu benar, tapi menyikat gigi yang dilakukan lebih dari 2 kali dalam sehari tidak baik untuk kesehatan gigi kita."Saya sudah bertemu dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan sikat gigi 20 kali dalam sehari," kata Dr. Sally Cram, ahli gigi di Washington D.C., seperti dikutip dari She knows. Terlalu sering menyikat gigi tidak akan membuat gigi Anda bersih lebih lama. Justru akan melukai gusi dan mengikis enamel gigi. Menyikat hanya perlu dua kali sehari dan yang terpenting, adalah cara Anda melakukannya. Gosoklah dengan gerakan memutar mulai dari bagian depan, samping, dalam dan geraham. Lalu gunakan dental floss untuk membersihkan sisa-sisa makanan di antara celah gigi selama dua menit.2. Terlalu Sering Memutihkan GigiAgar gigi terlihat lebih putih biasanya kita memutihkan kulit dengan me [...]

11 Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok

11 Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok

Selalu gagal untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda? Mungkin ada beberapa langkah yang salah. Seperti yang dikutip dari webmd, berikut 11 cara menghentikan kebiasaan merokok.1. Tahu alasan berhenti merokokJika Anda ingin berhenti dari kebiasaan merokok, Anda harus tahu alasannya. Apakah itu karena dampak buruk yang dibawa oleh rokok, ingin terlihat lebih muda atau karena ingin melindungi keluarga dari asap rokok. Pilih alasan yang sangat kuat untuk bisa mengalahkan godaan merokok. Simak tujuh dampak negatif rokok di sini.2. Jangan anggap remehMungkin berhenti merokok terdengar mudah. Anda hanya perlu membuag semua rokok yang telah dibeli dan menahan diri untuk tak membelinya kembali. Sayangnya menghentikan kebiasaan ini tak semudah yang dikira. Sebanyak 95 persen orang yang mencoba untuk berhenti tanpa terapi atau pengobatan, akhirnya malah kembali merokok. Alasannya adalah ketergantungan yang ditimbulkan oleh nikotin. Otak menjadi terbiasa dengan nikotin dan membutuhkannya tiap saat.3. Lakukan terapi nikotinKetika Anda berhenti merokok, nikotin bisa membuat Anda merasa frustrasi, depresi, gelisah atau marah. Terapi pengganti nikotin bisa bantu atasi masalah ini. Studi menunj [...]

Ini Bahayanya Jika Makan Makanan yang Mengandung Formalin

Ini Bahayanya Jika Makan Makanan yang Mengandung Formalin

Kita tentu sering mendengar berita mengenai makanan-makanan yang diawetkan dengan formalin. Sebenarnya, apa yang ditakutkan dan dikhawatirkan dari formalin yang ada di dalam makanan? Mengapa makanan-makanan yang mengandung formalin dilarang beredar dan tidak boleh dikonsumsi? Mengenal Formalin Formalin sebenarnya merupakan larutan yang mengandung 37% formal dehida. Larutan kimia ini sering digunakan dalam produksi plastik resin, pupuk, desinfektan, fungisida, tekstil, kosmetik, dan pengawet. Formal dehida sebenarnya terdapat secara alami di lingkungan selain dari bentuk buatan manusia. Secara alami, selain terdapat di udara dalam bentuk gas sebagai hasil pembakarankayu atau sampah, dan asap dari industri, formal dehida yang terlarut dalam cairan juga dapat ditemukan di dalam makanan. Beberapa makanan seperti buah, sayur, daging, ikan, udang, dan jamur yang dikeringkan memang secara normal mengandung formal dehida. Berikut diantaranya: Beberapa makanan seperti buah, sayur, daging, ikan, udang, dan jamur yang dikeringkan memang secara normal mengandung formal dehida. Berikut diantaranya: Buah dan sayur mengandung 3-60 mg/kg Susu dan produk susu mengandung seki [...]

Membedakan Muntah pada Bayi yang Normal dan Abnormal

Membedakan Muntah pada Bayi yang Normal dan Abnormal

Tiap bayi pasti pernah mengalami muntah. Ada yang mengalaminya sesekali dan ada pula yang muntah tiap kali mengonsumsi apa pun. Muntah pada bayi bukanlah sesuatu yang perlu orang tua selalu cemaskan, meski begitu tidak ada salahnya untuk mewaspadai kondisi tersebut. Muntah pada bayi bisa termasuk sebagai reaksi normal, namun hal ini bisa pula menjadi pertanda bahwa bayi Anda mengalami kondisi serius. Muntah yang Normal Merupakan hal biasa bagi bayi mengalami muntah, terutama saat usianya masih beberapa minggu. Di usia tersebut, bayi sedang berusaha menyesuaikan diri dengan makanan. Muntah jenis ini kerap disebut gumoh. Biasanya si Kecil akan gumoh setelah minum susu. Proses minum susu, yaitu setelah si Kecil menelan susu, susu akan melewati bagian belakang mulut, turun ke kerongkongan, dan diteruskan ke lambung. Di antara kerongkongan dan lambung, terdapat cincin otot. Cincin ini menjadi pintu masuk susu ke lambung. Setelah susu masuk ke lambung, cincin akan menutup. Namun jika cincin ini tidak menutup dengan sempurna, susu bisa kembali lagi ke kerongkongan, lalu terjadilah gumoh. Dalam ilmu medis disebut refluks. Di usia yang masih beberapa minggu, bayi rentan mengalami refluks [...]

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit. Aktivitas berjalan kaki menurut American College of Sports Medicine (ACSM) merupakan bentuk aktivitas fisik yang direkomendasikan untuk dilakukan sehari-hari. Apabila aktivitas berjalan kaki dilakukan sesuai rekomendasi ACSM, hal ini dapat membantu seseorang keluar dari pola hidup yang sedentary (tidak aktif) menjadi pola hidup yang aktif (active living). Disebutkan pula oleh ACSM bahwa melakukannya dalam frekuensi tertentu bahkan dapat menurunkan resiko terkena penyakit metabolik seperti diabetes melitus (kencing manis), kolesterol tinggi (dislipidemia), hipertensi dan penyakit jantung koroner. Supaya aktifitas berjalan kaki ini menjadi efektif dan berguna terhadap kesehatan, melakukannya minimal harus selama 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu. Lalu adakah rekomendasi jumlah langkah yang dianjurkan untuk olahraga jalan kaki? Ada. Berikut penjelasannya: Langkah Kaki untuk Jalan Kaki Selain rekomendasi waktu, ada juga yang mempopulerkan metode penghitungan langkah yang dapat dilakukan dengan pedometer. Metode penghitungan langkah ini dipopulerkan oleh Jepang, yaitu 10.000 langkah per hari. Kedua rekomendasi tersebut pada dasar [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *