Manfaat Kesehatan Mencukur Rambut Kemaluan

bulu-kemaluan-cukur.jpg

Mencukur rambut kemaluan adalah salah satu anjuran dalam suatu agama. Bahkan disarankan bahwa anjuran ini sebaiknya dilakukan secara rutin, yaitu setiap 40 hari sekali. Anjuran ini berlaku bagi pria maupun wanita.

Sebagian orang mempertanyakan pentingnya praktik pencukuran ini, sebab dikaitkan dengan kejadian luka dan infeksi setelah mencukur, menghilangkan fungsi perlindungan alat kelamin dari debu/ kotoran lain, hingga adanya pendapat bahwa hal ini merepotkan dan tidak memberikan efek apapun.

Ternyata, dibalik latar belakang tuntunan agama, mencukur rambut kemaluan yang dilakukan dengan cara yang tepat dapat memberikan beberapa manfaat dari sisi kesehatan.

Adapun manfaat-manfaat kesehatan yang ada terdapat di halaman berikut:

Manfaat Kesehatan Mencukur Rambut Kemaluan

  • Dengan mencukur rambut kemaluan, proses pembersihan produk kelenjar minyak/ keringat dapat dilakukan dengan sempurna. Bila produk kelenjar ini tersisa di area rambut, maka menyebabkan area tersebut lembab dan bakteri mudah berkembang biak (menyebabkan gatal, bengkak, kemerahan, dll)
  • Memastikan rambut kemaluan tetap tipis akan mencegah bersarangnya tungau/ kutu kelamin (jenis Phthirus pubis).
  • Mencegah timbulnya bau tidak sedap karena partikel kotoran dan sel-sel kulit mati mudah dibersihkan.
  • Rambut kemaluan yang terlalu tebal akan mengganggu pembersihan organ kelamin karena menghalangi sampainya air pembasuh ke organ tersebut (misalnya pada saat mandi dan membasuh setelah berkemih bagi wanita).
  • Dari sisi seksual, rambut kemaluan yang dicukur akan memberikan penampilan yang rapi dan bersih sehingga mampu meningkatkan gairah untuk berhubungan seks.

Namun, masih ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat mencukur bulu kemaluan. Klik next untuk melanjutkan.

Manfaat Kesehatan Mencukur Rambut Kemaluan

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah pastikan kebersihan alat-alat yang digunakan untuk mencukur/ menggunting rambut kemaluan (paling baik pisau cukur sekali pakai), berhati-hati dalam melakukan proses pencukuran, bersihkan rambut dengan sabun selesai mencukur, serta gunakan antiseptik/ krim antibiotik bila terdapat luka.

Cukup banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dengan mencukur rambut kemaluan, disamping sekaligus menjalani anjuran agama bagi yang beragama Islam. Tidak perlu ragu untuk mencukur rambut kemaluan. Kebersihan sebagian dari iman, kebersihan adalah kunci kesehatan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Makan Banyak Tetap Kurus, Waspadai Penyakit ini!

Makan Banyak Tetap Kurus, Waspadai Penyakit ini!

Bagi Anda yang makan dengan porsi cukup banyak tapi tidak kunjung gemuk, tentu hal ini dapat menjadi sebuah permasalahan tersendiri. Namun perlu Anda waspadai berbagai penyebab kurus yang dapat diobati. Kadang orang dengan penyakit tertentu mengalami kesulitan untuk meningkatkan berat badan. Dengan ditangani penyakit yang mendasari, berat badanpun dapat kembali naik. 1. Faktor Genetik Bisa saja seorang yang kurus tidak menderita penyakit apapun. Seorang dengan tipe tubuh ektomorf memiliki kecenderungan untuk tetap kurus terlepas dari pola makan yang banyak. Orang-orang yang banyak makan namun tidak kunjung gemuk bisa saja memiliki tubuh ektomorf. Mereka yang termasuk golongan ini membutuhkan asupan kalori lebih banyak. Komposisi gizi yang disarankan adalah gizi yang kaya protein seperti, telur, daging dan ikan. Tidak lupa olah raga teratur, khususnya olah raga beban untuk meningkatkan massa otot. Jika Anda mengalami keluhan susah naik berat badan, cobalah tingkatkan kalori makanan Anda dan olah raga teratur. Namun jika Anda memiliki berbagai gejala penyakit yang dipaparkan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat. Selain itu berikut ini ada beberapa peny [...]

Jangan Mengabaikan Sakit Kepala Sebelah Kiri

Jangan Mengabaikan Sakit Kepala Sebelah Kiri

Sakit kepala sebelah kiri bisa terjadi karena beberapa hal. Waspadai karena meskipun kadang tidak berbahaya, namun ada juga yang serius dan membutuhkan perhatian khusus dalam mengatasinya. Ketika sakit kepala sebelah kiri menyerang, aktivitas sehari-hari Anda pastinya akan terganggu. Agar teratasi dengan sempurna, pertama-tama Anda harus mengetahui penyebabnya. Sakit kepala sebelah kiri biasanya disebabkan oleh: Migrain. Kondisi ini seringkali menyerang satu sisi kepala Anda, termasuk bagian kiri kepala Anda. Anda bisa menderita kepala yang berdenyut-denyut dan sakit yang menusuk disertai mual, muntah atau penglihatan yang kabur. Rasa sakit ini bisa berlangsung selama beberapa jam hingga tiga hari atau lebih. Migrain sendiri belum diketahui pasti penyebabnya tapi diduga akibat gangguan pada aktivitas otak yang mengganggu keseimbangan kimia dan pembuluh darah otak. Kondisi ini bisa jadi dipicu oleh hormon, makanan, cahaya, alkohol, stres, bebauan atau suara. Sinusitis. Kondisi ini kerap disalahartikan menjadi migrain. Anda mengalami sinusitis jika lapisan sinus di kepala mengalami peradangan, alergi atau terinfeksi infeksi. Sakit kepala tegang. Sakit kepala ini bisa disebabkan ol [...]

Fakta di Balik 5 Mitos Tentang Tidur yang Ternyata Tidak Benar

Fakta di Balik 5 Mitos Tentang Tidur yang Ternyata Tidak Benar

Tak sedikit mitos-mitos yang berkembang di masyarakat tentang kesehatan, termasuk tentang tidur. Beberapa pernyataan yang tidak benar mengenai tidur ini tak jarang menyesatkan sejumah orang yang mempercayainya. Agar Anda tak tertipu dengan fakta yang ternyata salah, para ahli pun telah mengumpulkan beragam mitos untuk diluruskan. Berikut lima fakta dibalik mitos tentang tidur yang tak perlu dipercaya, dikutip dari ABC Australia: 1. Menghitung Domba Buat Cepat TidurMenghitung domba kerap diajarkan sebagai obat insomnia sejak kita kecil. Ide dibalik cara ini adalah dengan mengimaginasikan sesuatu yang menenangkan akan membuat tidur lebih cepat. Teknik itu pun belum pernah dibuktikan dengan penelitian. Ampuhkah sebenarnya cara ini? Menurut psikolog tidur Australia, Dianne Ricards cara ini bisa ampuh, bisa juga tidak. Hal tersebut dikarenakan perbedaan penerimaan tentang sesuatu yang dianggap menenangkan bisa berbeda untuk setiap orang. Karena bisa jadi menghitung adalah sesuatu yang membuat stress berdasarkan pengalaman seseorang namun tidak untuk orang lainnya. Ternyata menghitung domba pun bisa menyebabkan istirahat semakin sulit. Karena otak Anda akan merasa bosan saat menghitun [...]

5 Masalah Kesehatan Akibat Menatap Komputer Terlalu Lama & Solusinya

5 Masalah Kesehatan Akibat Menatap Komputer Terlalu Lama & Solusinya

Tak sedikit orang yang menghabiskan waktunya di depan komputer selama delapan jam atau lebih saat bekerja. Lamanya akan semakin bertambah jika di rumah Anda masih juga menatap komputer untuk urusan bisnis atau pekerjaan yang lain. Duduk terlalu lama di komputer setiap hari bisa merugikan kesehatan. Mulai dari mata lelah, leher kaku hingga membuat postur tubuh bungkuk. Segera atasi dengan langkah-langkah berikut yang dikutip dari Cosmopolitan USA.1. Garis Halus di WajahSaat menatap komputer dalam waktu lama, secara tidak sadar Anda akan mengernyitkan dahi atau memicingkan mata. Menurut dermatologist Dr. Boris Zaks, "Jika seseorang terlalu banyak memicingkan mata karena terlalu lama menggunakan komputer, maka akan terbentuk garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata dan antara kedua alis."Solusi: Krim mata akan membantu membuat kulit di area mata lebih lembab dan elastis. Jika ingin mencoba cara alami, Dr. Boris menyarankan untuk menggunakan teh chamomile. Didihkan air dan teh chamomile, celupkan handuk ke teh, peras airnya dan gunakan handuk yang telah dibasahi untk mengompres kulit mata selama 10 menit. Lakukan seminggu dua kali.2. Lingkaran Gelap Bawah MataSemakin lelah bera [...]

Taruh Dompet di Saku Celana Bisa Bahayakan Saraf

Taruh Dompet di Saku Celana Bisa Bahayakan Saraf

Merupakan hal yang biasa jika para pria menaruh dompetnya di saku belakang celana mereka. Namun kebiasaan itu justru bisa berbahaya karena mempengaruhi saraf-saraf tubuh.Para ahli mengungkapkan orang-orang yang duduk dengan dompet di saku belakang celana memiliki risiko merusak saraf-saraf kunci. Kondisi ini sudah menjadi sangat umum di masyarakat hingga dijuluki dengan nama 'hip-pocket syndrome' atau 'wallet-neuropathy'.Pria yang selalu meletakkan dompet di saku belakangnya adalah kelompok yang paling berisiko terkena kondisi ini. Ahli fisioterapi menuturkan adanya lonjakan jumlah pria yang menderita atau mengeluhkan sakit punggung bagian bawah, dan diduga posisi dompet menjadi penyebab utama kondisi ini."Saat ini semakin banyak pasien saya yang datang ke klinik dengan keluhan seperti itu. Kondisi ini dipicu oleh posisi dompet yang menekan saraf di belakang tubuh dan seiring waktu bisa menyebabkan linu panggul," ujar Julian Forth, seorang fisioterapis di Buckhurst Hill, Essex, seperti dikutip dari Detikhealth.Firth mengungkapkan dompet tersebut akan menekan saraf-saraf di tubuh baik pada saat orang mengemudi atau ketika duduk di tempat kerja. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan [...]

Tips Mencegah Kekeringan pada Mata karena Baca Buku Terlalu Lama

Tips Mencegah Kekeringan pada Mata karena Baca Buku Terlalu Lama

Hobi membaca buku? Ada peringatan penting untuk Anda. Menurut penelitian, membaca buku dalam waktu lama bisa meningkatkan risiko sindrom mata kering. Sindrom ini menyebabkan mata lelah, kemerahan juga perih.Penyebabnya yakni ketika membaca, jumlah kedipan mata akan berkurang hingga 1/3 dibandingkan saat aktivitas mata normal. Anda perlu sering-sering berkedip agar mata terlapisi oleh kelenjar air mata. Hal ini untuk mencegah terjadinya penguapan air mata yang menyebabkan mata kering.Kecenderungan terjadinya sindrom mata kering ini terungkap dalam Hay Festival of Literature of Arts. Sebuah festival tahunan di Inggris, dimana para penulis dan penggemar buku berkumpul, berdiskusi dan membedah buku, yang telah rutin diadakan selama 25 tahun.The Spectrum Thea, perusahaan spesialis penanganan kesehatan mata yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut menemukan, banyak pembaca mengeluhkan matanya sakit dan kering selama beberapa waktu. Hal itu karena kebiasaan mereka yang terlalu sering dan lama membaca buku.Namun sindrom mata kering ini seharusnya tidak menghentikan minat membaca buku. Bagaimanapun juga, semangat membaca buku tetap harus ditingkatkan karena akan membuka jendela peng [...]

Hubungan Migraine dengan Tidur

Hubungan Migraine dengan Tidur

Migrain terjadi saat sel-sel di dalam otak mengirim signal agar pembuluh darah di otak berkontraksi (menyempit) dan melebar yang bersamaan dengan proses peradangan dan pengeluaran substansi kimia yang dapat menimbulkan nyeri. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh jurnal Headache, para peneliti melakukan studi tidur terhadap 147 wanita yang sering mengalami migrain paling tidak beberapa hari dalam sebulan. Para wanita ini juga tidak merasa segar saat bangun tidur dan 80% dari wanita malah merasa lelah saat bangun tidur. Apakah hubungan tidur dengan migrain? Tidur dibagi menjadi 4 tahap dan REM (Rapid Eye Movement), nah bangun disaat tahap tidur REM inilah yang dapat memicu migrain. Dalam sekali tidur malam, tubuh kita dapat melalui 6 kali tahap tidur dan REM. Dalam tahap 3 dan 4 (tidur dalam) tubuh memproduksi beberapa substansi yaitu dopamine dan serotonin, yaitu substansi yang membuat tubuh merasa lebih ?enak?, kurangnya substansi inilah yang dapat memicu migrain serta gangguan tidur lainnya. Para peneliti menemukan bahwa tidur dengan baik dapat mengurangi risiko dan intensitas dari migrain. Sesuai dengan jurnal ini, ada beberapa pernyataan yang dapat anda centang untuk menentukan [...]

3 Minyak Aromaterapi yang Efektif Redakan Stres

3 Minyak Aromaterapi yang Efektif Redakan Stres

Tinggal di perkotaan membuat orang rentan terkena stres. Entah itu karena masalah pekerjaan, urusan rumah tangga hingga harus menghadapi kemacetan serta polusi setiap harinya.Liburan menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres, namun tak semua orang punya waktu maupun biaya untuk pergi liburan setiap minggunya. Ada satu solusi yang bisa mengatasi stres di kota besar. Cenderung mudah dilakukan, tanpa perlu menghabiskan banyak uang dan tidak perlu juga keluar rumah. Yaitu dengan menggunakan minyak aromaterapi.Dari berbagai jenis aromaterapi, ada tiga minyak esensial yang diketahui efektif membuat pikiran lebih relaks, menghilangkan rasa jenuh sekaligus meredakan stres. Apa saja dan seperti apa fungsinya? Apakah hanya untuk mengatasi stres? 1. LavenderMinyak yang berasal dari ekstrak bunga berwarna ungu ini merupakan salah satu minyak esensial yang paling populer, baik karena fungsi penyembuhnya maupun relaksasi. Pijat dengan minyak lavender akan menenangkan otot-otot dan membantu tidur lebih nyenyak, sehingga banyak aromaterapis yang menyarankan penggunaan minyak ini untuk mengatasi insomnia. Selain itu lavender juga berkhasiat sebagai antiseptik, antidepresan, anti peradang [...]

Kata Instruktur Yoga Terkait Fatwa Majelis Ulama Indonesia

Kata Instruktur Yoga Terkait Fatwa Majelis Ulama Indonesia

Yoga kini menjadi olahraga yang semakin disukai, terutama mereka yang ingin meredakan stres sekaligus memperbaiki postur tubuh. Sejumlah studio yoga yang tersebar di Jakarta pun menawarkan berbagai jenis latihan yoga, mulai dari bikram yoga, acroyoga, antigravity yoga dan lain-lain.Yoga yang digemari ini ternyata membuat Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa terhadap aktivitas fisik tersebut. Dalam fatwa yang dikeluarkan pada 2009, ada sejumlah keputusan terkait yoga yang ditelurkan dalam ijtima ulama itu, yakni:1. Yoga yang murni ritual dan spiritual agama lain, hukum melakukannya bagi orang Islam adalah haram.2. Yoga yang mengandung meditasi dan mantra atau spiritual dan ritual ajaran agama lain hukumnya haram, sebagai langkah preventif (sadd al-dzari'ah).3. Yoga yang murni olahraga pernafasan untuk kepentingan kesehatan hukumnya mubah (boleh). Sebagai seorang instruktur yoga, Ari Wibowo mengaku sudah tahu soal adanya fatwa MUI ini. Menurut Ari, di beberapa negara memang ada yoga yang bertujuan untuk meditasi sehingga dirancang khusus sesuai masing-masing agama. Seperti di India misalnya, tidak hanya untuk kesehatan, aktivitas yoga juga dibarengi dengan ritual penyembahan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *