Manfaat Kesehatan Mencukur Rambut Kemaluan

bulu-kemaluan-cukur.jpg

Mencukur rambut kemaluan adalah salah satu anjuran dalam suatu agama. Bahkan disarankan bahwa anjuran ini sebaiknya dilakukan secara rutin, yaitu setiap 40 hari sekali. Anjuran ini berlaku bagi pria maupun wanita.

Sebagian orang mempertanyakan pentingnya praktik pencukuran ini, sebab dikaitkan dengan kejadian luka dan infeksi setelah mencukur, menghilangkan fungsi perlindungan alat kelamin dari debu/ kotoran lain, hingga adanya pendapat bahwa hal ini merepotkan dan tidak memberikan efek apapun.

Ternyata, dibalik latar belakang tuntunan agama, mencukur rambut kemaluan yang dilakukan dengan cara yang tepat dapat memberikan beberapa manfaat dari sisi kesehatan.

Adapun manfaat-manfaat kesehatan yang ada terdapat di halaman berikut:

Manfaat Kesehatan Mencukur Rambut Kemaluan

  • Dengan mencukur rambut kemaluan, proses pembersihan produk kelenjar minyak/ keringat dapat dilakukan dengan sempurna. Bila produk kelenjar ini tersisa di area rambut, maka menyebabkan area tersebut lembab dan bakteri mudah berkembang biak (menyebabkan gatal, bengkak, kemerahan, dll)
  • Memastikan rambut kemaluan tetap tipis akan mencegah bersarangnya tungau/ kutu kelamin (jenis Phthirus pubis).
  • Mencegah timbulnya bau tidak sedap karena partikel kotoran dan sel-sel kulit mati mudah dibersihkan.
  • Rambut kemaluan yang terlalu tebal akan mengganggu pembersihan organ kelamin karena menghalangi sampainya air pembasuh ke organ tersebut (misalnya pada saat mandi dan membasuh setelah berkemih bagi wanita).
  • Dari sisi seksual, rambut kemaluan yang dicukur akan memberikan penampilan yang rapi dan bersih sehingga mampu meningkatkan gairah untuk berhubungan seks.

Namun, masih ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat mencukur bulu kemaluan. Klik next untuk melanjutkan.

Manfaat Kesehatan Mencukur Rambut Kemaluan

Hal yang penting untuk diperhatikan adalah pastikan kebersihan alat-alat yang digunakan untuk mencukur/ menggunting rambut kemaluan (paling baik pisau cukur sekali pakai), berhati-hati dalam melakukan proses pencukuran, bersihkan rambut dengan sabun selesai mencukur, serta gunakan antiseptik/ krim antibiotik bila terdapat luka.

Cukup banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dengan mencukur rambut kemaluan, disamping sekaligus menjalani anjuran agama bagi yang beragama Islam. Tidak perlu ragu untuk mencukur rambut kemaluan. Kebersihan sebagian dari iman, kebersihan adalah kunci kesehatan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Makanan untuk Hilangkan Insomnia

5 Makanan untuk Hilangkan Insomnia

Penyakit sulit tidur atau insomia biasanya diakibatkan karena stres dan depresi. Tentunya insomnia dapat berdampak buruk pada tubuh. Apalagi, jika keesokan harinya Anda menjalani aktivitas yang padat, ketika jam tidur berantakan, tubuh menjadi tidak segar, wajah pun tampak lesu.Kini, Anda dapat mengatasi masalah insomnia dengan mencoba berbagai makanan berikut ini. Dilansir dari SheKnows, pakar diet dan ahli gizi holistik di New York City dan pendiri EatDrinkandbeGorgeous.com, Esther B. Horn, akan memberikan tipsnya.KalkunDaging kalkun dapat memproduksi zat yang dapat membuat tubuh rileks dan nyaman. "Daging Turki kaya akan asam amino triptophan yang membantu Anda untuk tidur tenang dan nyenyak. Triptophan sendiri tidak membuat Anda mengantuk," ujar Horn.PisangPisang mengandung melatonin dan triptophan (yang diubah menjadi serotonin) yang dapat membuat Anda tertidur. Buah ini juga mengandung magnesium yang membantu Anda meredakan ketegangan fisik. "Melatonin adalah hormon yang memberi sinyal pada otak bahwa sudah waktunya tubuh untuk istirahat," jelas Horn.Susu"Susu hangat adalah sumber triptophan yang memberi efek menenangkan dan membantu Anda untuk santai," terang Horn.Namun, [...]

Hubungan Migraine dengan Tidur

Hubungan Migraine dengan Tidur

Migrain terjadi saat sel-sel di dalam otak mengirim signal agar pembuluh darah di otak berkontraksi (menyempit) dan melebar yang bersamaan dengan proses peradangan dan pengeluaran substansi kimia yang dapat menimbulkan nyeri. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh jurnal Headache, para peneliti melakukan studi tidur terhadap 147 wanita yang sering mengalami migrain paling tidak beberapa hari dalam sebulan. Para wanita ini juga tidak merasa segar saat bangun tidur dan 80% dari wanita malah merasa lelah saat bangun tidur. Apakah hubungan tidur dengan migrain? Tidur dibagi menjadi 4 tahap dan REM (Rapid Eye Movement), nah bangun disaat tahap tidur REM inilah yang dapat memicu migrain. Dalam sekali tidur malam, tubuh kita dapat melalui 6 kali tahap tidur dan REM. Dalam tahap 3 dan 4 (tidur dalam) tubuh memproduksi beberapa substansi yaitu dopamine dan serotonin, yaitu substansi yang membuat tubuh merasa lebih ?enak?, kurangnya substansi inilah yang dapat memicu migrain serta gangguan tidur lainnya. Para peneliti menemukan bahwa tidur dengan baik dapat mengurangi risiko dan intensitas dari migrain. Sesuai dengan jurnal ini, ada beberapa pernyataan yang dapat anda centang untuk menentukan [...]

Awas! Bahaya Tersembunyi di Dalam Tas Anda

Awas! Bahaya Tersembunyi di Dalam Tas Anda

Bagi Anda yang gemar membawa banyak barang dalam tas, tampaknya harus lebih berhati-hati. Ternyata kebiasaan tersebut bisa berbahaya dan membuat Anda terkena handbag syndrome. Apa itu?Sebuah penelitian menemukan bahwa berat rata-rata tas tangan yang digunakan oleh wanita dalam beberapa tahun terakhir bisa mencapai 3 kg. Hal ini karena wanita memasukkan semua barang keperluannya ke dalam tas, mulai dari ponsel, alat make up, dompet, laptop, payung, botol minum dan lainnya.Kebiasaan itu akan memberikan tekanan yang luar biasa besar pada punggung dan leher yang menyebabkan nyeri dan pembengkakan. Kondisi ini dikenal dengan sebutan handbag syndrome (sindrom tas tangan), seperti dikutip dari detikhealth.Jika seseorang membawa tas yang berat di satu sisi dalam jangka waktu panjang, maka tulang lengkungan di leher akan mendistribusikan tekanan ke tulang belakang yang menyebabkan nyeri kronis di leher, bahu, punggung bahkan hingga sakit kepala.Selain itu tas ini juga bisa membuat postur tubuh memburuk sehingga membuat seseorang condong ke satu sisi. Hal ini akan mengurangi kemampuannya dalam menjaga keseimbangan serta membatasi gerakan. Kondisi ini tidak hanya dialami oleh wanita, tapi [...]

Ini Posisi Tidur Paling Tepat untuk Jaga Postur Tubuh Ideal

Ini Posisi Tidur Paling Tepat untuk Jaga Postur Tubuh Ideal

Tidur telentang, menyamping atau tengkurap, mana yang paling baik? Posisi tidur ternyata bisa memengaruhi kualitas tidur dan kesehatan Anda, terutama pada tulang. Posisi tidur yang salah bisa membuat postur tubuh bungkuk, tulang bengkok bahkan mengganggu kesehatan jantung. Untuk itu Anda perlu tahu keuntungan dan kerugian tiga posisi tidur berikut ini, seperti dikutip dari Fit Sugar.1. TelentangKeuntungan: Posisi ini bagus untuk menyeimbangkan berat tubuh ketika tidur, menjaga organ internal tetap selaras pada tempatnya dan mencegah sakit leher serta punggung. Hanya saja pastikan untuk menempatkan bantal di bawah lutut sebagai penyanggah untuk membantu menjaga tulang punggung tetap sejajar.Kerugian: Kurang baik untuk orang yang suka mendengkur karena akan membuat dengkuran semakin bersuara keras dan memburuk. Sebaiknya tidur dengan posisi ke samping.2. MenyampingKeuntungan: Tidur menyamping dengan lutut sedikit menekuk (seperti posisi janin) dan bantal berada di antara kedua kaki bisa membantu mengurangi tekanan pada punggung. Sangat penting untuk menggunakan bantal pada kepala agar berada pada posisi netral saat tidur, sehingga kepala Anda tidak lebih rendah dari tubuh. Sebab p [...]

Trauma Masa Kecil Jadi Penyebab Timbulnya Selulit pada Wanita?

Trauma Masa Kecil Jadi Penyebab Timbulnya Selulit pada Wanita?

Selulit merupakan masalah kulit yang dialami hampir semua wanita. Menurut penelitian, 80 persen wanita memiliki penampakan 'kulit jeruk' ini, tak terkecuali selebriti seperti Kim Kardashian dan Sienna Miller.Berbagai produk pun diluncurkan dan cara-cara ekstrim dilakukan untuk mengatasi selulit. Mulai dari olahraga, diet detoks, koyo green tea, lotion, gel hingga pakaian yang diklaim bisa menghilangkan selulit. Tapi menurut seorang psikolog, selulit bisa dihilangkan tanpa semua produk yang disebutkan tadi.Psikolog asal Venezuela, Martha Sanchez Navarro mengklaim, masalah kulit yang umumnya dialami wanita usia 30an ke atas ini bisa diatasi dengan terapi konsultasi. Ia yakin selulit lebih banyak disebabkan oleh trauma masa kecil, bukan karena latihan yang tidak tepat atau sirkulasi darah tidak lancar.Martha mengatakan bahwa emosi yang datangnya dari dalam bisa keluar lewat gejala fisik yang bisa terlihat secara kasat mata. Stres yang dialami seseorang di masa kanak-kanak, misalnya terlalu banyak aturan dari orangtua yang harus dituruti, bisa menumpulkan kreativitas dan menyebabkan timbulnya selulit ketika dewasa nanti.Pendapat Martha mungkin terdengar tidak masuk akal, namun ia bu [...]

Bahaya Penggunaan Cairan Pembersih Kewanitaan Secara Berlebihan

Bahaya Penggunaan Cairan Pembersih Kewanitaan Secara Berlebihan

Masalah keputihan merupakan permasalahan klasik pada kebanyakan kaum wanita. Tetapi ironisnya, banyak banyak yang mengganggap remeh karena mereka tidak mengetahui dengan pasti sebab dan akibat yang ditimbulkan dari keputihan. Salah satu penyebab umum yang dapat menimbulkan keputihan adalan berkembangnya bakteri, jamur, parasit atau virus di dalam vagina. Keputihan juga bisa menimbulkan rasa gatal, perih dan mengeluarkan baru yang tidak sedap. Karena kelalaiannya, keputihan yang awalnya biasa saja dapat berkembang menjadi infeksi yang berakibat fatal apabila tidak segera ditindak lanjuti dengan benar.Salah satu cara untuk mengatasi keputihan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang adalah dengan mencuci bagian daerah kewanitaan, atau lebih dikenal dengan istilah vaginal douching. Vaginal douching ini dilakukan dengan cara membersihkan bagian kewanitaan dengan cairan pembersih kewanitaan yang banyak dijumpai di toko atau apotek namun harus dengan resep dokter dan sesuai petunuju penggunaan.Namun sebenarnya, menggunakan cairan pembersih kewanitaan untuk mengatasi keputihan tidaklah selalu efektif. Menurut Dr. M. Rezha Faisal, SpOG selaku spesialis kebidanan dan kandungan meng [...]

Pakaian Dalam Inovasi Baru, Tak Perlu Pakai Pembalut Saat Menstruasi

Pakaian Dalam Inovasi Baru, Tak Perlu Pakai Pembalut Saat Menstruasi

Masa haid tentu menjadi momen yang kurang nyaman bagi para wanita. Selain karena nyeri di bagian perut, mereka juga sering merasa risih dan repot dengan pemakaian pembalut. Demi menghadirkan rasa 'aman' bagi wanita yang tengah datang bulan, sebuah inovasi dihadirkan oleh Thinx. Merek pakaian dalam tersebut menciptakan produk yang memungkinkan para pengguna tak memakai pembalut saat menstruasi.Brand asal New York, Amerika Serikat ini mengklaim jika pakaian dalamnya dihadirkan dengan teknologi yang dapat menggantikan fungsi pembalut. Produk tersebut bahkan bisa menyerap cairan dua kali lebih banyak dari sebuah tampon atau setara lima sendok makan.Pakaian dalam ini didesain oleh tiga wanita yang berasal dari New York, AS. Mereka adalah si kembar Miki dan Radha Agrawal serta seorang teman bernama Antonia Dunbar. Minimnya pembalut di beberapa negara, misalnya Uganda menjadi inspirasi di balik terciptanya item ini. Thinx pun ingin menawarkan pakaian dalam cantik untuk wanita yang sedang datang bulan."Aku ingin mengubah kebudayaan wanita saat haid, dan tidak dengan menggunakan pakaian dalam nenek-nenek yang berasa seperti sebuah popok," kata Miki pada Forbes dikutip dari situs Mirror.M [...]

Awas! Dekat-dekat dengan Orang Depresi Bisa Ketularan

Awas! Dekat-dekat dengan Orang Depresi Bisa Ketularan

Hati-hati bila berada di sekeliling orang yang sedang stres atau depresi. Gangguan kesehatan mental ini ternyata bisa menular, berdasarkan penelitian yang baru-baru ini dilakukan.Para peneliti menemukan, orang dengan pikiran negatif, suram dan muram yang berkembang jadi depresi bisa membuat teman-teman di sekitarnya cenderung mengalami kondisi yang sama enam bulan kemudian. Penelitian yang dilakukan di University of Notre Dame, Indiana, Amerika Serikat itu menunjukkan, orang yang memandang negatif segala permasalahan dalam hidupnya, lalu menginterpretasikannya sebagai sesuatu yang tidak akan pernah bisa mereka ubah lebih rentan menderita depresi.Dikutip dari Daily Mail, kondisi yang disebut kerapuhan kognitif ini merupakan faktor terkuat penyebab depresi yang bisa digunakan untuk memprediksi, siapa yang paling mungkin mengalami depresi ke depannya nanti. Dokter Gerald Haeffel dan Jennifer Hames yang melakukan penelitian mengatakan, individu yang di masa kecilnya rentan depresi biasanya akan berada dalam kondisi yang sama saat dewasa nanti, apabila tidak diatasi sejak dini.Berdasarkan teori itu, mereka memutuskan untuk mengetahui apakah benar depresi, stres atau gangguan mental l [...]

Inilah Berbagai Macam Cara Aborsi

Inilah Berbagai Macam Cara Aborsi

Anda kenal betul istilah aborsi, sayang tidak semua orang kenal istilah ini mengertinya dengan benar. Terhentinya proses kehamilan yang usianya di bawah 20 minggu oleh sebab apapun disebut dengan abortus. Abortus ini ada yang sifatnya diprovokasi atau memang terjadi spontan. Tidak semua abortus yang diprovokasi bersiat kriminal, karena beberapa abortus sengaja dilakukan atas dasar tujuan medis yang jelas, demi menyelamatkan nyawa ibu misalnya. Dewasa ini, kita harus prihatin melihatnya praktik-praktik aborsi bebas yang tidak bertanggung jawab merajarela dimana mana. Dan tidak sedikit antaranya praktik itu digawangi seseorang yang memang berprofesi sebagai dokter, menyedihkan bukan, padahal dalam sumpah kedokteran jelas tertulis seorang dokter harus menghargai kehidupan sejak pembuahan terjadi. Ironis. Abortus berdasarkan proses terjadinya kembali terbagi-bagi. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran: Beberapa Tipe Aborsi Abortus berdasarkan proses terjadinya kembali terbagi-bagi. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran: Abortus Iminens Pertama dikenal dengan nama abortus iminens, atau disebut juga ancaman abortus, artinya kehamilan [...]

Haruskah Tidur 8 Jam per Hari?

Haruskah Tidur 8 Jam per Hari?

Anda pergi ke dokter dan diberitahu bahwa Anda harus tidur cukup paling tidak 8 jam sehari. Apakah itu betul? Ketahuilah, secara rata-rata memang bisa ditarik kesimpulan 8 jam tidur dalam seharinya bagi manusia pada umumnya. Namun demikian pada prinsipnya banyak faktor yang berperan dalam hal tersebut, diantaranya: 1. Usia 2. Kondisi biologis, seperti kehamilan, dan lainnya 3. Kondisi dalam pengaruh obat-obatan. 4. Gangguan tidur 5. Keturunan Untuk membahasnya satu per satu, klik 'next' untuk selengkapnya. 1. Faktor Usia. Jumlah waktu tidur yang cukup sangat bergantung pada usia, sebagai contoh: Balita dan usia prasekolah: Membutuhkan waktu tidur 9-10 jam di malam hari dan beberapa jam untuk tidur siang. Anak usia sekolah: Termasuk remaja, membutuhkan waktu tidur 9-11 jam di malam hari. Pada usia dewasa: waktu tidur yang dibutuhkan adalah 7-8 jam sehari di malam hari. klik 'next' untuk selanjutnya. 2. Faktor Kondisi Kehamilan Perubahan fisik pada wanita terutama di masa awal kehamilanmeningkatkan kebutuhan untuk tidur. Namun di sisi lain, ada beberapa kondisi kehamilan yang juga memicu kesulitan tidur, diantaranya sepe [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *