Manfaat Makan Ikan Bagi Buah Hati

ikan-sehat-anak.jpg

PeduliSehat.info – Bagi para orangtua yang memiliki anak balita mungkin sering mendengar anjuran dari orang-orang sekitar terutama orang yang lebih tua untuk memberi makan ikan kepada anaknya. Hal ini dikatakan dapat membuat si anak menjadi pintar. Benarkah dengan makan ikan anak kita bisa menjadi pintar?

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa ikan merupakan salah satu sumber protein hewani. Apakah beda antara protein yang tedapat pada ikan dibanding dengan protein pada sumber protein lain seperti daging sapi dan ayam?

Berikut beberapa kelebihan daging ikan dibandingkan sumber protein lainnya:

1. Protein Ikan Lebih Mudah Diserap

Pada daging ikan, terdapat protein dengan serat yang lebih pendek dibandingkan dengan daging sapi ataupun ayam, sehingga akan lebih mudah untuk dicerna dan diserap oleh tubuh.

Bagi anak usia balita yang memiliki pencernaan yang belum matang seperti orang dewasa maka akan sangat tepat bila diberi sumber protein hewani berupa daging ikan. Kandungan protein yang tinggi juga berperan dalam proses pertumbuhan balita terutama pertumbuhan sel-sel otak.

Satu hal yang penting diingat, pastikan Anda memasak dengan baik dan matang jika hendak menyajikannya untuk sang buah hati dan keluarga. Guna memastikan higientias dan kebersihan hidangan ikan yang ada.

2. Daging Ikan Mengandung Asam Lemak

Selain protein, daging ikan juga ,mengandung makronutrien lain yaitu asam lemak. Asam lemak yang terkandung dalam daging ikan, terutama ikan laut, dikenal dengan nama asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 merangsang pertumbuhan otak bayi dan balita, juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak sehingga anak tidak mudah sakit.

Pastikan Anda memasukan menu makanan ikan di balita Anda ketika dirinya sudah memiliki kemampuan mencerna makanan padat lebih sempurna, yakni diatas usia 6 bulan.

Tidak lupa, pastikan Anda menyajikan hidangannya setelah melalui proses masak yang higienis dan baik. (Baca: Saran Dokter Memilih dan Menyimpan Ikan yang Sehat).

3. Daging Ikan Memiliki Lebih Banyak Makronutrien Lainnya

Selain makronutrien, ternyata daging ikan juga mengandung mikronutrien yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Kandungan vitamin D pada ikan membantu pertumbuhan tulang anak. Vitamin B komplek juga terdapat pada daging ikan dan berfungsi untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh anak sehingga membantu proses pembentukan energi oleh tubuh.

Sangat penting untuk anak usia balita yang sedang aktif bermain dan belajar setiap harinya. Kandungan zat besi pada daging ikan juga tinggi dan berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja sel darah merah sehingga seluruh tubuh terutama otak mampu mendapatkan cukup nutrisi dan oksigen yang penting bagi perkembangan anak.

Nah, banyak bukan manfaat dari memberi makan daging ikan pada anak ? Tunggu apalagi, segera berikan daging ikan untuk menu sehari-hari anak Anda.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Alasan Mengapa Multitasking Bisa Buat Anda Tidak Bahagia

Alasan Mengapa Multitasking Bisa Buat Anda Tidak Bahagia

Multitasking atau melakukan beberapa aktivitas sekaligus seringkali dilakukan karena dapat menghemat waktu. Namun tahukah Anda bahwa melakukan multitasking dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan hubungan sosial?Berikut adalah beberapa bahaya yang dapat diakibatkan oleh multitasking seperti dilansir dari She Knows:1. Membahayakan FisikDi era modern ini, mengetik SMS atau BBM sambil menyetir mobil bukanlah pemandangan langka. Padahal, hal tersebut sangatlah berbahaya karena saat melakukan multitasking pikiran seseorang menjadi tidak fokus sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan. Mulai sekarang, hindarilah mengetik pesan di gadget Anda selagi menyetir.2.Menghancurkan HubunganSaat sedang berbicara, lawan bicara mengharapkan perhatian penuh dari Anda. Jika Anda sibuk mengetik pesan, mendengarkan musik, atau menonton televisi saat sedang berbicara dengan keluarga ataupun rekan kerja, maka mereka merasa omongnannya tidak diperhatikan dan pada akhirnya dapat merusak hubungan baik yang telah terjalin.3. Menyakiti Perasaan Orang LainLawan bicara akan berpikir bahwa topik pembicaraannya tidak menarik atau tidak penting jika Anda melakukan kegiatan lain saat sedang berbicara dengannya. Se [...]

Wanita Perokok Berisiko Alami Menopause Dini

Wanita Perokok Berisiko Alami Menopause Dini

Wanita yang merokok bisa mengalami menopause satu tahun lebih awal dari mereka yang tidak merokok. Dan menurut penelitian, hal itu dapat mempengaruhi risiko terkena penyakit tulang dan jantung.Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Menopause tersebut, mengumpulkan data dari beberapa penelitian sebelumnya, termasuk melakukan survei terhadap 6000 wanita di Amerika, Polandia, Turki dan Iran. Ditemukan bahwa wanita yang tak merokok akan mengalami menopause antara usia 46 hingga 51 tahun. Sedangkan mereka yang merokok akan alami menopause pada usia 43 hingga 50 tahun."Hasil penelitian kami memberikan bukti lebih lanjut bahwa merokok memiliki hubungan secara siginfikan dengan awal (usia menopause) dan memberikan pembenaran pada wanita untuk segera menghentikan kebiasaan buruk ini," ujar penulis penelitian Volodymyr Dvornyk, dari University of Hong Kong.Dvornyk dan rekan-rekannya juga menganalisa lima studi lain yang meneliti wanita dengan rata-rata usia 50 atau 51 tahun. Para wanita tersebut dibagi menjadi dua kelompok yaitu 'awal' dan 'terakhir' menopause. Lebih dari 43 ribu wanita yang ikut dalam penelitian itu, ditemukan sebanyak 43 persen wanita yang merokok lebih mungkin alami m [...]

Wasir Saat Hamil? Ini Cara Pengobatannya!

Wasir Saat Hamil? Ini Cara Pengobatannya!

Wasir biasa terjadi selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga. Beberapa perempuan terkena wasir pertama kali saat mereka hamil, dan jika Anda pernah mengalaminya sebelum kehamilan, kemungkinan besar Anda bisa mengalaminya lagi. Dalam kebanyakan kasus, wasir yang berkembang selama kehamilan akan sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan, terutama jika Anda berhati-hati dalam menanganinya. Mengapa wasir terjadi pada masa kehamilan? Kehamilan membuat seseorang lebih rentan terhadap wasir. Rahim yang membesar menekan vena panggul dan vena kava inferior (vena besar di sisi kanan tubuh yang menerima darah dari anggota tubuh bagian bawah). Hal ini memperlambat kembalinya darah dari bagian bawah tubuh Anda, yang meningkatkan tekanan pada vena di bawah rahim dan menyebabkan wasir lebih melebar atau bengkak. Sembelit, masalah umum lain selama kehamilan, juga dapat menyebabkan atau memperburuk wasir. Selain itu, peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan dinding pembuluh darah lebih lentur, yang memungkinkan dinding pembuluh darah membengkak lebih mudah. Progesteron juga dapat mengakibatkan sembelit dengan memperlambat saluran usus. Bagaimana saya menghindari was [...]

Manfaat Curhat Bagi Kesehatan

Manfaat Curhat Bagi Kesehatan

Pernahkah Anda mendapati dirinya betapa leganya setelah mencurahkan isi hati kepada seorang teman, seorang terapis atau bahkan orang asing yang ingin mendengarkan? Ketahuilah, perasaan lega tersebut bisa memberikan efek kesehatan pada tubuh Anda. Akhir-akhir ini banyak orang memusatkan perhatian pada masalah kejiwaan dan beberapa gangguan psikologis. Bahwa manusia pada dasarnya bisa sakit secara fisik, bisa juga secara mental. Stres hingga depresi bisa datang kapan saja, terutama jika Anda sedang mengalami musibah atau mengalami masalah yang cukup berat. Ada banyak cara untuk meringankan beban Anda, ada yang berdoa, menceritakan masalah pada teman, hingga menemui psikolog atau psikiater untuk mendapatkan jalan keluar dengan bantuan profesional. Menariknya, kita menghabiskan 30-40 persen waktu bicara kita untuk menceritakan pengalaman kita pada orang lain. Halaman berikut adalah penjelasan medis bagaimana curhat dapat menyehatkan Anda: Curhat & Kesehatan Dalam dunia medis, Curhat dikenal dengan istilah ventilasi, hal ini diartikan memang sebagai salah satu cara alami manusia untuk membagi apa yang menjadi pemikiran mereka, gangguan ventilasi ini dapat berda [...]

Olahraga untuk Anak

Olahraga untuk Anak

Oleh: dr. Sophia B. Hage Saat ini di dunia, prevalensi obesitas di anak-anak meningkat pesat. Meskipun faktor resiko obesitas bersifat multifaktorial, mayoritas faktor tersebut terkait dengan gaya hidup dan dapat diintervensi. Termasuk di dalamnya adalah jumlah waktu tidak aktif, dan frekuensi, intensitas, jumlah serta tipe aktivitas fisik yang dilakukan. Pada tahun 2012, Canadian Paediatric Society mengeluarkan rekomendasi panduan aktivitas fisik bagi anak-anak. Panduan ini menyebutkan bahwa anak-anak saat ini cenderung tidak aktif karena maraknya penggunaan televisi, komputer, dan video game di kalangan masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut mengakibatkan anak-anak lebih banyak duduk dan diam. Anak-anak yang menonton televisi lebih dari 2 jam sehari memiliki risiko dua kali lipat menjadi overweight atau obesitas daripada mereka yang menonton televisi 1 jam sehari. Anak-anak yang mempunyai televisi di kamar mereka bahkan memiliki resiko yang lebih tinggi lagi. Panduan berolahraga bagi anak-anak yang direkomendasikan oleh Canadian Paediatric Society adalah sebagai berikut: Untuk tumbuh kembang yang baik, bayi yang berusia kurang dari 1 tahun sebaiknya diberi waktu aktif beberapa [...]

Inilah 3 Gejala Awal HIV/AIDS

Inilah 3 Gejala Awal HIV/AIDS

Pastinya Anda semua tentu pernah mendengar infeksi HIV/AIDS kan? Sekedar tahu sekilas masih kurang cukup, Anda perlu tahu bahwa lebih jauh bahwa pada infeksi HIV terdapat 3 tahap yang berbeda-beda dan sangat penting bagi kita semua untuk memahami tahap-tahap ini. Tahap Pertama INfeksi HIV-AIDS Pada tahap pertama (infeksi akut atau serkonversi) biasanya terjadi 2 ? 6 minggu setelah terinfeksi. Pada saat ini sistem imun tubuh berusaha melawan virus HIV. Gejala awal dari infeksi akut ini mirip dengan gejala infeksi virus lainnya seperti infeksi flu. Gejala awal ini hanya berlangsung 1 hingga 2 minggu lantas akan hilang dan virus akan masuk ke tahap berikutnya. Gejala awal dari infeksi HIV adalah: Gejala Awal dari infeksi HIV-AIDS adalah: - Nyeri kepala - Diare - Mual dan Muntah - Lelah - Nyeri otot - Nyeri menelan - Lesi merah pada tubuh yang biasanya tidak gatal dan biasanya muncul di bagian dada - Demam Hubungi dokter segera bila Anda merasa telah terinfeksi oleh HIV oleh karena ada obat yang dapat mencegah perkembangan virus. Dimana obat ini dapat dikonsumsi beberapa jam hingga hari setelah terinfeksi. Berikut ini adalah tahap kedua dari gejala awal H [...]

Diet Vegetarian Turunkan Tekanan Darah

Diet Vegetarian Turunkan Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi memang merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikontrol. Obat-obat darah tinggi, diet sehat, dan olahraga terbukti secara bermakna dapat menurunkan tekanan darah. Jika Anda sudah melakukan ketiga hal tersebut namun tekanan darah tetap tinggi, coba lakukan diet vegetarian. (Baca: Sehatkah Menjadi Vegetarian?) Yokoyama, seorang dokter dari Jepang melakukan studi meta analisis dari 250 penelitian mengenai manfaat diet ala vegetarian terhadap risiko penyakit kardiovaskular, terutama tekanan darah tinggi (hipertensi). Penemuan ini menunjukkan betapa pentingnya terapi non-farmakologi dalam menurunkan tekanan darah. Tidak seperti obat-obatan, diet ini tidak membutuhkan biaya yang mahal dan semua ?efek samping? dari diet ini memang diharapkan terjadi, yaitu: penurunan berat badan, penurunan kadar kolesterol darah, terkontrolnya kadar gula darah, dan sebagainya. Penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik sangat signifikan pada pasien yang menerapkan diet vegetarian dibandingkan diet omnivora. Makanan seperti daging dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. ?Efek penurunan tekanan darah yang cepat pada diet ini kemungkinan karena [...]

Kontrol Makan Ketika Berbuka

Kontrol Makan Ketika Berbuka

Pada saat berbuka puasa hindarilah makan-makanan yang terlalu manis atau terlalu tinggi kalorinya seperti makan makanan yang bersantan seperti kolak atau terlalu dingin atau panas. Lebih baik makan makanan manis yang ringan seperti es buah yg tidak terlalu dingin atau makan makanan ringan atau makan buah-buahan yang memiliki kandungan gula alami (seperti korma atau pisang dan buah-buahan lainnya). Batasi pola makan ketika berbuka. Hindari pula langsung memakan menu utama pada waktu berbuka puasa. Serta usahakan untuk makan malam tidak terlalu larut malam. Intinya, hindari langsung tidur karena kekenyangan setelah makan malam. Karena justru hanya akan memperbanyak timbunan lemak yang ada. [...]

Remaja Depresi Cenderung Dengarkan Musik

Remaja Depresi Cenderung Dengarkan Musik

Tahukah Anda bahwa sering mendengarkan musik memiliki hubungan dengan depresi? Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang depresi lebih senang mendengarkan musik ketimbang mengerjakan kegiatan lain.Seperti yang dikutip dari discovery, peneliti menganggap bahwa kebiasaan mendengarkan musik lebih sering dilakukan oleh remaja. Dalam sebuah penelitian yang diprakarsai oleh Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine, para peneliti menemukan adanya hubungan antara gangguan depresi utama atau biasa disebut depresi klinis dengan kebiasaan mendengarkan musik pada 106 remaja.Penelitian ini dilakukan dnegan cara menelpon 46 remaja yang didiagnosis menderita depresi dan sedang dalam pengobatan. Dengan menjawab secara langsung, para remaja tersebut melaporkan kegiatan apa yang sedang mereka lakukan, apakah sedang menggunakan internet, menonton TV atau film, mendengarkan musik, bermain video games atau membaca buku.Hasilnya, para peneliti menemukan adanya hubungan antara mendengarkan musik dengan depresi. Orang yang cenderung mengalami depresi lebih senang mendengarkan musik ketimbang mengerjakan kegiatan lain.Alasan mengapa remaja lebih senang mendengarkan musik saat depresi mungkin bel [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *