Manfaat Makan Ikan Bagi Buah Hati

ikan-sehat-anak.jpg

PeduliSehat.info – Bagi para orangtua yang memiliki anak balita mungkin sering mendengar anjuran dari orang-orang sekitar terutama orang yang lebih tua untuk memberi makan ikan kepada anaknya. Hal ini dikatakan dapat membuat si anak menjadi pintar. Benarkah dengan makan ikan anak kita bisa menjadi pintar?

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa ikan merupakan salah satu sumber protein hewani. Apakah beda antara protein yang tedapat pada ikan dibanding dengan protein pada sumber protein lain seperti daging sapi dan ayam?

Berikut beberapa kelebihan daging ikan dibandingkan sumber protein lainnya:

1. Protein Ikan Lebih Mudah Diserap

Pada daging ikan, terdapat protein dengan serat yang lebih pendek dibandingkan dengan daging sapi ataupun ayam, sehingga akan lebih mudah untuk dicerna dan diserap oleh tubuh.

Bagi anak usia balita yang memiliki pencernaan yang belum matang seperti orang dewasa maka akan sangat tepat bila diberi sumber protein hewani berupa daging ikan. Kandungan protein yang tinggi juga berperan dalam proses pertumbuhan balita terutama pertumbuhan sel-sel otak.

Satu hal yang penting diingat, pastikan Anda memasak dengan baik dan matang jika hendak menyajikannya untuk sang buah hati dan keluarga. Guna memastikan higientias dan kebersihan hidangan ikan yang ada.

2. Daging Ikan Mengandung Asam Lemak

Selain protein, daging ikan juga ,mengandung makronutrien lain yaitu asam lemak. Asam lemak yang terkandung dalam daging ikan, terutama ikan laut, dikenal dengan nama asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 merangsang pertumbuhan otak bayi dan balita, juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak sehingga anak tidak mudah sakit.

Pastikan Anda memasukan menu makanan ikan di balita Anda ketika dirinya sudah memiliki kemampuan mencerna makanan padat lebih sempurna, yakni diatas usia 6 bulan.

Tidak lupa, pastikan Anda menyajikan hidangannya setelah melalui proses masak yang higienis dan baik. (Baca: Saran Dokter Memilih dan Menyimpan Ikan yang Sehat).

3. Daging Ikan Memiliki Lebih Banyak Makronutrien Lainnya

Selain makronutrien, ternyata daging ikan juga mengandung mikronutrien yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Kandungan vitamin D pada ikan membantu pertumbuhan tulang anak. Vitamin B komplek juga terdapat pada daging ikan dan berfungsi untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh anak sehingga membantu proses pembentukan energi oleh tubuh.

Sangat penting untuk anak usia balita yang sedang aktif bermain dan belajar setiap harinya. Kandungan zat besi pada daging ikan juga tinggi dan berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja sel darah merah sehingga seluruh tubuh terutama otak mampu mendapatkan cukup nutrisi dan oksigen yang penting bagi perkembangan anak.

Nah, banyak bukan manfaat dari memberi makan daging ikan pada anak ? Tunggu apalagi, segera berikan daging ikan untuk menu sehari-hari anak Anda.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sudah Tepatkah Penggunaan Antibiotika Anda?

Sudah Tepatkah Penggunaan Antibiotika Anda?

Penggunaan antibiotika yang sangat masif dalam 50 tahun terakhir mengakibatkan masalah tersendiri dalam dunia pengobatan, yakni resistensi terhadap beberapa antibiotika. Tidak hanya menimbulkan peningkatan masalah resistensi pada pasien, namun yang lebih berbahaya adalah menimbulkan resistensi di komunitas, negara, sampai dengan kawasan negara-negara. Kenyataan ini juga akan membahayakan individu yang tadinya tidak resisten terhadap obat tertentu. Di Uni Eropa, masalah resistensi menjadi fokus utama, sebab 25.000 kematian telah terjadi akibat resistensi terhadap obat. Untuk mempromosikan penggunaan antibiotika yang rasional, pada bulan Oktober hingga Maret 2002 dilakukan kebuah kampanye penggunaan antibiotika yang rasional. Hasilnya cukup mencengangkan, pada tahun 2007 didapatkan data bahwa penggunaan antibiotika menurun 26,5% apabila dibandingkan dengan penggunaan antibiotika pada rentang waktu 2000-2002. Pada negara berkembang seperti Indonesia, penggunaan antibiotik paling banyak dijumpai pada kasus infeksi saluran napas atas. Hal ini sebenarnya tidak rasional. Mengapa? Tidak semua kasus infeksi saluran pernapasan atas seperti batuk pilek memerlukan antibiotika, karena sebagian [...]

Celana Jins dapat Mengganggu Kesehatan Pria

Celana Jins dapat Mengganggu Kesehatan Pria

Apakah Anda senang memakai celana jins ketat? Para pria mungkin ingin mempertimbangkan kembali hal ini. Bukan hanya memberikan konsekuensi kesehatan jangka pendek seperti rasa tidak nyaman hingga sakit, namun juga dapat menyebabkan efek jangka panjang pada kesehatan. (Baca: 4 Penyakit Akibat Pakaian Dalam Ketat) Pada sebuah survey pada 2000 pria di Inggris yang dilakukan oleh dr. Hilary Jones untuk TENA Men, ditemukan bahwa 1 dari 10 orang pria yang memakai celana jins ketat mengalami konsekuensi kesehatan yang tidak nyaman. Mengapa begitu? Adakah dampak medisnya? Celana Jins dapat Mengganggu Kesehatan Pria Secara medis, menggunakan celana jins ketat dan juga pakaian dalam yang terlalu ketat pada pria dapat memicu terjadinya: infeksi saluran kemih, overactive bladder (kandung kemih yang terlalu aktif, sehingga terlalu sering berkemih), menurunnya jumlah produksi sperma dan infeksi jamur di daerah selangkangan. Proses pembentukan sperma sangat sensitif terhadap suhu. Dibutuhkan suhu optimal sekitar 34-35 derajat Celcius, sesuai dengan suhu tubuh manusia, untuk terjadinya pembentukan sperma yang baik. Adanya masalah jumlah sperma dan pembentuka [...]

13 Tahun sudah Mengemudi: Bom Waktu di Jalanan

13 Tahun sudah Mengemudi: Bom Waktu di Jalanan

Oleh: dr. Sophia B. Hage Beberapa hari yang lalu, terjadi sebuah kecelakaan yang melibatkan tiga mobil di KM 8 tol Jagorawi, persisnya tol Cawang arah ke Cibubur. Satu hal yang menjadi perhatian semua orang adalah karena seorang anak berusia 13 tahun bernama Abdul Qodir Jaelani atau sering dipanggil Dul termasuk salah satu korban dalam kecelakaan ini. Bukan hanya itu, anak bungsu musisi Ahmad Dhani ini ternyata mengendarai sebuah mobil yang menjadi awal mula dari terjadinya kecelakaan tersebut. Mobil yang dikendarai Dul disebutkan hilang kendali dan menabrak pembatas tol hingga masuk ke jalur tol yang ada di sebelahnya. Kecelakaan ini mengakibatkan 6 orang meninggal dan 11 orang luka-luka. Peristiwa ini mengingatkan kita akan bahayanya membiarkan seorang anak remaja memegang kemudi tanpa pengawasan orang tuanya. Sudah menjadi peraturan di negara ini bahwa seseorang harus berusia 17 tahun ke atas sebelum dapat memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM). Tetapi apa dasar medis, apabila ada, yang menjadi alasan adanya pembatasan usia tersebut? Apakah ini merupakan permasalahan legalitas saja atau ada dasar ilmu di belakangnya? Dalam beberapa tahun terakhir, peneliti telah mulai menemukan ha [...]

Cara Memberikan Napas Buatan ketika Darurat

Cara Memberikan Napas Buatan ketika Darurat

Mari kita sedikit berandai-andai. Di suatu pusat perbelanjaan tiba-tiba seseorang jatuh tergelepar dan henti napas, tidak ada orang lain selain Anda, apa yang akan Anda lakukan? Dokter tidak selalu ada dimana pun dan kapan pun, jadi ada baiknya kita sedikit memahami pertolongan pertama yang mampu kita lakukan. Jika ada orang yang terjatuh dan tak sadarkan diri, yang perlu Anda lakukan adalah megecek apakah orang itu masih bernafas? Jika tidak, panggil bantuan (Anda bisa menyuruh orang di sekitar Anda menelpon ambulans). Inilah langkah selanjutnya. Cara Memberikan Napas Buatan ketika Darurat Langkah selanjutnya rasakan denyut nadi korban di leher, teraba atau tidak. Jika tidak, Anda harus melakukan resusitasi jantung paru (RJP) atau biasa dikenal dengan istilah CPR dalam bahasa Inggris. Resusitasi Jantung Paru (RJP) RJP memiliki tujuan untuk memancing jantung agar melakukan fungsinya kembali, berikut garis besar tata laksana RJP: Letakkan satu tangan Anda di dada pasien Diikuti dengan satu tangan di atasnya Lalu lakukan gerakan menekan dengan siku lurus Lakukan sebanyak 30 kali Lakukan dengan kecepatan 100 kali per menit, Anda bisa m [...]

5 Tips Sehat Makan Fast Food

5 Tips Sehat Makan Fast Food

Oleh: dr. Nadia Octavia Tidak jarang kita dihadapi situasi terpaksa makan fast food. Antara kebutuhan pokok namun memikirkan konsekuensinya pada kenaikan berat badan dan kesehatan. Jangan khawatir, berikut 5 tipsnya: Pilih ukuran porsi kecil Jika restoran cepat saji menawarkan berbagai ukuran porsi, pilihlah porsi paling kecil. Sebagai contoh satu hamburger ukuran besar dengan 2 potong daging memiliki kurang lebih 800 kalori dan 40 gram lemak. Sebagai alternatif Anda dapat memesan hamburger ukuran kecil atau porsi anak. Anda dapat memangkas 200-300 kalori. Pilih side dish yang lebih sehat Sebagai contoh, dibandingkan memesan seporsi kentang goreng, Anda dapat memesan salad atau kentang rebus. Anda juga dapat menambahkan buah dan sayuran ke dalam menu makanan Anda. Go green Ketika Anda memesan salad, Anda dapat menambahkan ayam panggang, udang atau sayuran dengan pilihan saus rendah lemak atau tanpa saus sama sekali. Hati-hati juga dengan tambahan keju, potongan daging dan roti karena akan meningkatkan jumlah kalori Anda dengan cepat. Bahkan jika Anda hanya mengonsumsi salad tanpa tambahan saus, kalori yang masuk hanya 300 kalori saja. Pilih menu yang dipanggang Mak [...]

7 Manfaat Minum Teh Hijau Bagi Kesehatan

7 Manfaat Minum Teh Hijau Bagi Kesehatan

Sering minum teh setiap pagi? Coba ganti teh biasa dengan teh hijau, yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Teh hijau dapat menurunkan berat badan, mengobati jerawat, hingga meningkatkan daya ingat.Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat minum teh hijau secara rutin, simaklah penjabaran berikut yang dilansir dari Our Vanity.1. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker dan JantungTeh hijau kaya akan antioksidan yang memerangi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan penggumpalan darah, kanker, jantung, hingga kerusakan DNA. Teh hijau juga mampu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat).2. Menurunkan Berat BadanTeh hijau dapat membantu menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Dengan rutin meminum teh hijau, maka akan membantu membakar lemak hingga 80 kalori per hari.3. Panjang UmurMenurut studi yang dilakukan di Jepang pada tahun 1994, orang yang mengonsumsi lima cangkir teh hijau atau lebih setiap harinya, memiliki risiko kematian lebih rendah pada usia muda daripada yang sama sekali tidak minum teh hijau. Survei tersebut dilakukan terhadap lebih dari 40.000 orang.4. Mengob [...]

6 Tanda Menstruasi Anda Tidak Normal

6 Tanda Menstruasi Anda Tidak Normal

Rasa nyeri saat haid sebenarnya adalah hal yang normal. Namun jika Anda merasakan sakit yang berlebihan bahkan sampai mengganggu aktivitas, mungkin saja Anda memiliki masalah menstruasi atau keadaan haid yang tidak normal.Masalah seputar menstruasi sebaiknya tidak dibiarkan karena bisa mempengaruhi tingkat kesuburan. Oleh karena itu, kenali enam tanda dan gejala mengenai menstruasi yang tidak normal, seperti yang dikutip dari About.1. Rata-rata siklus menstruasi perempuan yang normal adalah 21-35 hari. Jika lama menstruasi Anda lebih dari 31- 35 hari atau jangka waktu kurang dari dua minggu antara periode haid pertama dengan priode haid kedua, ada kemungkinan darah yang keluar bukan darah menstruasi.2. Biasanya haid berlangsung selama tujuh hari. Jika Anda mengalami haid lebih dari tujuh hari, Anda perlu waspada. Mungkin saja Anda menderita mennorhagia, meningkatnya volume darah menstruasi.3. Banyaknya darah yang keluar membuat Anda harus mengganti tampon atau pembalut setiap satu atau dua jam sehari, juga merupakan tanda-tanda Anda mengalami mennorhagia.4. Anda tiba-tiba sering merasakan nyeri yang berlebihan pada perut. Rasa nyeri saat atau sebelum haid merupakan hal yang norm [...]

Usia Wanita Saat Pertama Kali Haid Bisa Prediksi Kondisi Kesehatan Ketika Dewasa

Usia Wanita Saat Pertama Kali Haid Bisa Prediksi Kondisi Kesehatan Ketika Dewasa

Sebagian besar wanita tidak terlalu mempedulikan di usia berapa mereka mendapatkan menstruasi pertamanya. Jika datang bulan di usia terlalu muda, umumnya wanita hanya merasa malu karena berarti dia 'matang' lebih cepat ketimbang teman-teman seusianya. Sementara jika baru mengalami haid saat usia dewasa mungkin hanya karena faktor genetik atau hormon yang tidak seimbang.Namun ternyata faktanya tidak sesederhana itu. Usia ketika wanita mendapat menstruasi pertama ternyata bisa memprediksi kondisi kesehatan di masa depan. Studi terbaru menunjukkan bahwa tinggi rendahnya risiko seorang wanita menderita penyakit jantung, stroke atau tekanan darah tinggi saat dewasa dipengaruhi oleh siklus menstruasi pertamanya.Seperti dikutip dari She Knows, para peneliti dari University of Oxford telah menganalisa data kesehatan milik lebih dari satu juta wanita usia 50 hingga 64 di Inggris. Hasil analisa tersebut menunjukkan bahwa wanita yang mengalami menstruasi sebelum usia 10 tahun paling berisiko terkena gangguan jantung dan hipertensi di masa tuanya. Hal yang sama juga berpotensi terjadi pada wanita yang mendapatkan haid pertamanya setelah usia 17 tahun.Informasi dari penelitian ini pun dibena [...]

Mengenali Anatomi Vagina

Mengenali Anatomi Vagina

Bentuk dan karakteristik vagina berbeda-beda dan unik pada tiap orang, sehingga vagina yang berbeda belum tentu bisa disebut tidak normal. Beberapa orang memiliki vagina dengan ukuran kecil dan berbentuk oval. Sementara sebagian lain memiliki vagina berbentuk tabung dan lebih besar. Vagina adalah saluran elastis dengan panjang kurang lebih 8 sentimeter yang menghubungkan rahim dengan area luar tubuh. Dengan lapisan yang lembut dan fleksibel yang dapat memproduksi pelumas dan sensasi tertentu, vagina menjadi ruang masuk penis selama berhubungan seksual. Namun dalam proses persalinan, dinding saluran yang sangat elastis ini dapat mengembang dan menjadi jalan keluarnya bayi. Selain itu, vagina juga menjadi saluran keluarnya darah menstruasi. Jalan masuk ke vagina disebut vulva. Vulva adalah bagian eksternal dari organ kewanitaan yang meliputi bukaan vagina, bibir vagina atau labia dan klitoris yang terletak pada bagian terluar vagina. Labia atau bibir vagina pun berbeda antara satu wanita dengan wanita lain. Pada beberapa kasus yang sangat jarang, bibir vagina yang terlalu besar dapat memengaruhi kenyamanan wanita saat duduk. Sementara yang disebut selaput dara adalah lapisan memb [...]

Bukan Cengeng, Ini Penyebab Wanita Lebih Mudah Nangis Ketimbang Pria

Bukan Cengeng, Ini Penyebab Wanita Lebih Mudah Nangis Ketimbang Pria

Kenapa wanita lebih mudah menangis daripada pria? Ternyata bukan karena sifat wanita yang cengeng, tapi anatomi tubuh dan faktor biologis yang membuatnya begitu. Masih ada beberapa fakta menarik lain tentang wanita yang belum tentu Anda tahu. Simak uraiannya, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Indra Penciuman yang Lebih TajamTahukah Anda, wanita lebih mahir mendeteksi aroma dibandingkan pria? Peneliti indra penciuman Pamela Dalton, PhD, mengatakan bahwa wanita di usia produktif memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengenali aroma meskipun dalam konsentrasi yang paling kecil.Menurutnya, hal ini dikarenakan hormon estrogen yang biasanya lebih tinggi ketimbang remaja perempuan dan wanita usia paruh baya. Peneliti dari Monell Chemical Senses Center, Philadelphia ini juga menemukan kalau wanita bisa mengidentifikasi ketika seseorang --terutama kekasih mereka-- sedang stres hanya dengan mencium aroma pakaiannya.2. Wanita Lebih Merasakan Sakit Daripada PriaSebuah studi baru-baru ini menemukan, ketika pria dan wanita menderita gangguan penyakit yang sama --kanker, sakit punggung atau infeksi-- wanita lebih merasakan sakit yang signifikan. Para peneliti dari Stanford University [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *