Manfaat Makan Ikan Bagi Buah Hati

ikan-sehat-anak.jpg

PeduliSehat.info – Bagi para orangtua yang memiliki anak balita mungkin sering mendengar anjuran dari orang-orang sekitar terutama orang yang lebih tua untuk memberi makan ikan kepada anaknya. Hal ini dikatakan dapat membuat si anak menjadi pintar. Benarkah dengan makan ikan anak kita bisa menjadi pintar?

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa ikan merupakan salah satu sumber protein hewani. Apakah beda antara protein yang tedapat pada ikan dibanding dengan protein pada sumber protein lain seperti daging sapi dan ayam?

Berikut beberapa kelebihan daging ikan dibandingkan sumber protein lainnya:

1. Protein Ikan Lebih Mudah Diserap

Pada daging ikan, terdapat protein dengan serat yang lebih pendek dibandingkan dengan daging sapi ataupun ayam, sehingga akan lebih mudah untuk dicerna dan diserap oleh tubuh.

Bagi anak usia balita yang memiliki pencernaan yang belum matang seperti orang dewasa maka akan sangat tepat bila diberi sumber protein hewani berupa daging ikan. Kandungan protein yang tinggi juga berperan dalam proses pertumbuhan balita terutama pertumbuhan sel-sel otak.

Satu hal yang penting diingat, pastikan Anda memasak dengan baik dan matang jika hendak menyajikannya untuk sang buah hati dan keluarga. Guna memastikan higientias dan kebersihan hidangan ikan yang ada.

2. Daging Ikan Mengandung Asam Lemak

Selain protein, daging ikan juga ,mengandung makronutrien lain yaitu asam lemak. Asam lemak yang terkandung dalam daging ikan, terutama ikan laut, dikenal dengan nama asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 merangsang pertumbuhan otak bayi dan balita, juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak sehingga anak tidak mudah sakit.

Pastikan Anda memasukan menu makanan ikan di balita Anda ketika dirinya sudah memiliki kemampuan mencerna makanan padat lebih sempurna, yakni diatas usia 6 bulan.

Tidak lupa, pastikan Anda menyajikan hidangannya setelah melalui proses masak yang higienis dan baik. (Baca: Saran Dokter Memilih dan Menyimpan Ikan yang Sehat).

3. Daging Ikan Memiliki Lebih Banyak Makronutrien Lainnya

Selain makronutrien, ternyata daging ikan juga mengandung mikronutrien yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Kandungan vitamin D pada ikan membantu pertumbuhan tulang anak. Vitamin B komplek juga terdapat pada daging ikan dan berfungsi untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh anak sehingga membantu proses pembentukan energi oleh tubuh.

Sangat penting untuk anak usia balita yang sedang aktif bermain dan belajar setiap harinya. Kandungan zat besi pada daging ikan juga tinggi dan berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja sel darah merah sehingga seluruh tubuh terutama otak mampu mendapatkan cukup nutrisi dan oksigen yang penting bagi perkembangan anak.

Nah, banyak bukan manfaat dari memberi makan daging ikan pada anak ? Tunggu apalagi, segera berikan daging ikan untuk menu sehari-hari anak Anda.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
7 Penyebab Haid Tidak Teratur

7 Penyebab Haid Tidak Teratur

Amenorrhea adalah keadaan tidak terjadinya menstruasi pada seorang wanita, bisa bersifat sementara atau menetap. Sedangkan oligomenorrhea merupakan suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama. Keduanya merupakan suatu terminologi untuk gangguan haid atau haid yang tidak teratur. Amenorrhea sendiri dibagi menjadi primer dan sekunder. Amenorrhea primer terjadi pada wanita yang belum mengalami menstruasi pada usia 16 tahun, bisa disebabkan oleh kelainan genetik atau kondisi medis tertentu. Sedangkan amenorrhea sekunder terjadi ketika tidak terjadinya siklus menstruasi dalam 3 kali siklus berturut-turut dalam kurun periode lebih dari 6 bulan. Hal ini dapat disebabkan oleh ketidaksuburan atau osteoporosis. Apa saja penyebab haid tidak teratur? Haid yang tidak teratur dapat disebabkan oleh: Kondisi genetis seperti dysgenesis gonad, turner syndrome, congenital adrenal hyperplasia atau PCOS Pubertas atau hampir menopause Penggunaan kontrasepsi Obat-obatan tertentu Perubahan gaya hidup seperti olahraga berlebih, penurunan atau peningkatan berat badan ekstrim, stress Gangguan hormonal Kondisi abnormalitas [...]

Sering Sakit Punggung? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Sering Sakit Punggung? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Sakit punggung merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami banyak orang. Dikutip dari Health, 9 dari 10 orang dewasa pernah mengalami sakit punggung beberapa kali dalam hidup mereka. Bahkan 5 dari 10 orang tercatat menderita sakit punggung setiap tahunnya.Nyeri pada area belakang tubuh biasanya disebabkan oleh cara Anda duduk, berdiri dan mengangkat barang. Dengan lamanya waktu yang dihabiskan untuk duduk, tubuh Anda mau tak mau harus menyesuaikan diri dengan posisi tersebut. Tubuh harus beradaptasi dengan berat yang tertumpu pada pinggul dan panggul saat Anda duduk tegak, bungkuk atau posisi lainnya.Selain itu, ada pula proses pada otot yang bisa menyebabkan punggung terasa nyeri. Saat duduk, otot fleksor di panggul secara otomatis akan menegang, dan ketika berdiri bokong pun berubah menjadi lebih lemah dan kendur karena berada pada posisi yang rileks. Hal itu sering disebut 'muscle imbalance'.Akibat dari ketidakseimbangan otot, akan menimbulkan disfungsi postural dari panggul dan tulang belakang, sehingga menjadikan keduanya berada pada posisi yang tidak normal. Posisi ini bisa merusak kesehatan orang yang sebelumnya tidak memiliki masalah pada punggung, dan bencana bagi me [...]

4  Makanan Sederhana untuk Jantung

4 Makanan Sederhana untuk Jantung

Jantung adalah organ tubuh yang penting untuk aliran nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Perannya vital untuk memastikan setiap sel di dalam tubuh kita dapat berfungsi dengan optimal. Untuk itu, kesehatannya harus dijaga dengan baik. Masalah kesehatan jantung sangat banyak terkait dengan kadar kolesterol dalam darah, tekanan darah yang tinggi, stres dan cemas berlebihan. Untuk itu, faktor-faktor tersebut harus dikendalikan dengan baik setiap saat. Berikut ini adalah 4 makanan sederhana yang dapat membantu mengatasi stres, mengendalikan tekanan darah dan kolesterol sehingga kesehatan jantung dapat terjaga. 4 Makanan Bebas Penyakit Jantung dan Stres 1. Pisang Sebuah pisang mengandung 105 kalori dan 14 gram gula.Kandungan nutrisi ini cukup untuk menjadi sumber energi sementara dan memberi rasa kenyang. Sedangkan kandungan vitamin B6-nya dapat membantu sel otak untuk memproduksi serotonin yang dapat membantu mengatasi rasa cemas dan stres. 2. Kismis Satu genggam kismis mengandung 1gram serat dan 212mg kalium yang cukup untuk kebutuhan sehari dan membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan polifeno di dalam [...]

5 Makanan Untuk Tingkatkan Energi Saat Berpuasa

5 Makanan Untuk Tingkatkan Energi Saat Berpuasa

Sering lemas ketika berpuasa? Mungkin Anda kekurangan vitamin dan mineral dalam santapan sahur Anda. Berikut adalah jenis makanan yang bisa tingkatkan energi, seperti yang dikutip dari iDiva.1. OatmealDibanding makan nasi putih saat sahur, mengkonsumsi oatmeal akan membuat Anda kenyang lebih lama karena jenis makanan ini dicerna perlahan oleh tubuh. "Oatmeal akan menyediakan energi berjam-jam karena kandungan karbohidrat kompleks yang tinggi. Makanan ini juga menjaga gula darah pada tingkat yang optimal," seperti yang diungkapkan Smruti Gokhale, seorang ahli gizi.2. PisangPisang akan menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh, dan disarankan untuk konsumsi buah ini beberapa jam sebelum Anda berpuasa agar tetap berenergi. Selain menjadi sumber karbohidrat, pisang juga efektif untuk memicu pelepasan dopamin atau zat kimia yang dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus Anda.3. Kacang-kacanganTambahkan kacang-kacangan dalam menu sahur Anda. Kacang yang mengandung mineral dan zat besi ini akan membantu tubuh menghasilkan sel darah merah, yang akan membawa oksigen ke otot ketika Anda beraktifitas dan juga membangun stamina.4. Sayuran HijauSelain sehat, sayuran hijau juga akan membantu [...]

Penyebab Wanita Merasakan Nyeri di Payudara & Gampang Marah Saat PMS

Penyebab Wanita Merasakan Nyeri di Payudara & Gampang Marah Saat PMS

Premenstrual Syndrome atau PMS jadi hal yang menghantui wanita setiap bulan. Ketika mengalaminya mood cenderung menjadi kacau. Apakah Anda kerap bertanya-tanya, kenapa wanita harus merasakan PMS yang sebenarnya mengganggu ini? Simak jawabannya di sini.Konsultan seks wolipop dr. Vanda Mustika menjelaskan PMS merupakan gejala fisik dan emosional yang berhubungan dengan siklus menstruasi. PMS biasanya dimulai pada pertengahan siklus atau 14 hari setelah hari pertama menstruasi (pada siklus yang normal) dan hilang 1-2 hari setelah menstruasi berikutnya.Apa yang dirasakan wanita saat PMS, bisa dilihat dari gejala fisik dan psikis. Gejala fisik yang dirasakan wanita saat PMS di antaranya kembung, rasa kencang dan nyeri di payudara, sulit buang air besar atau diare, sakit kepala, sensitif terhadap suara dan sinar, serta rasa ingin makan terus. Adapun gejala yang timbul secara psikis atau emosional seperti rasa bingung, sulit berkonsentrasi, mudah lupa, sedih dan putus asa, tegang ataupun cemas, kehilangan ataupun peningkatan libido, mood yang berubah-ubah, perasaan bersalah atau tidak percaya diri dan gangguan tidur (bisa berlebihan atau sulit tidur).Kenapa wanita harus merasakan PMS y [...]

Ultrasound Sebagai Pengobatan Tulang Retak

Ultrasound Sebagai Pengobatan Tulang Retak

Alat medis yang dikenal erat dikalangan ibu hamil, ultrasound scan yang umumnya hanya sebagai alat bantu medis dalam memprojeksikan gambar melalui adaptasi sonar oleh Professor Ian Donald sejak 1950, kini dapat berguna sebagai alat penyembuh keretakan kompleks pada tulang. Penambahan fungsi dan kegunaan ultrasound ini dikemukakan pertama kali oleh ahli bedah tulang (orthopaedic surgeon) Angus MacLean dari Royal Infirmary?s Fracture Clinic, Glasgow, Skotlandia. Ia menceritakan betapa menariknya perkembangan sains dan bukti nyata akan ultrasound yang mampu menggetarkan sel-sel secara halus, sehingga mampu merangsang penyembuhan dan regenerasi dalam tulang. Kasus patah tulang kompleks yang biasanya dapat memakan waktu penyembuhan yang lama, yaitu sekitar 6-12 bulan atau bahkan dapat mengarah pada amputasi, kini dapat ditanggulangi dan diminimaliris sedemikian rupa hingga 40% hanya melalui treatment ultrasound selama 20 menit. Bahkan mampu memastikan penyembuhan pada tulang itu sendiri, tidak hanya pada penyambungan keretakan tulang, sehingga kemungkinan buruk yang kerap terjadi selanjutnya pada kasus patah tulang kompleks dapat dicegah. Cara kerja ultrasound yang terbilang mudah dan t [...]

Hati-hati, Sepatu Anda Bisa Membawa Kuman Penyebab Diare

Hati-hati, Sepatu Anda Bisa Membawa Kuman Penyebab Diare

Tahukah Anda, sepatu atau alas kaki yang dipakai setiap hari, ternyata menyimpan bakteri yang membahayakan kesehatan? Dalam sebuah studi terbaru, para peneliti dari University of Houston menemukan bahwa 40 persen sample yang diambil dari ambang pintu, terkontaminasi bakteri C. difficile. Begitu juga pada 39 persen sol sepatu.C. difficle, atau biasa disebut C. diff merupakan bakteri penyebab diare dan pada beberapa kasus bisa berkembang menjadi peradangan usus besar. Yang menjadi masalah, bakteri ini tidak bisa hilang hanya dengan membersihkan sepatu atau kaki, bahkan beberapa diantaranya resisten terhadap antibiotik.Penelitian yang dipublikasikan dalam The New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa hampir setengah juta orang terinfeksi bakteri C. diff setiap tahunnya. Penyebaran bakteri ini banyak terjadi pada pasien rumah sakit, namun 35 persen kasus terjangkitnya diare akibat C. diff ditemukan di tempat lain.Baca Juga: 50 Inspirasi Baju Lebaran 2015 Bagaimana bakteri C. diff bisa bersarang di sepatu? Seperti dikutip dari Women's Health, M. Jahangir Alam, Ph.D., yang ikut terlibat dalam penelitian menjelaskan, sepatu bisa terkontaminasi kuman dari berbagai tempat. Sering [...]

Histeria Konversi: Stres yang Bisa Bikin Lumpuh dan Buta

Histeria Konversi: Stres yang Bisa Bikin Lumpuh dan Buta

Setelah menghilangkan cek senilai 1 miliar rupiah di kantornya, keesokan harinya tiba-tiba Joni lumpuh dan tidak dapat berjalan. Joni panik dan bingung akan kelumpuhannya yang tiba-tiba ini. (Baca: 5 Gejala Stroke) Dalam dunia medis, terutama ilmu psikiatri, atau ilmu yang mempelajari kejiwaan manusia, dikenal salah satu penyakit yang disebut histeria konversi. Dahulu lebih dikenal dengan nama histeria saja. Pada penderita histeria konversi, seseorang tidak mampu menahan beban mentalnya, atau beban pikirannya, sehingga terjadi konversi menjadi gejala fisik. (Baca: Stres Sebabkan Kebotakan) Gejala fisik ini bisa berupa kebutaan mendadak, kelumpuhan mendadak, dan beberapa gejala lain. Si penderita betul-betul merasa dirinya lumpuh atau buta, jadi penderita tidak memalsukan keadaannya, hal ini berbeda dengan koruptor yang diundang ke persidangan dan berpura-pura sakit, atau seorang pembantu rumah tangga yang berpura-pura tuli demi terhindar dari kewajibannya, kedua hal ini memiliki istilah lain, yaitu malingering. Malingering tidak sama dengan histeria konversi. Pada penderita histeria konversi, dokter tidak akan menemukan kelainan secara fisik sehingga kasus ini seringkali membingun [...]

4 Cara Menghentikan Kebiasan Menggigit Kuku

4 Cara Menghentikan Kebiasan Menggigit Kuku

Apakah Anda termasuk yang memiliki kebiasaan menggigit kuku? Menggigit kuku dapat merupakan suatu bentuk stresnya seseorang atau memang kebiasaan yang selalu dilakukan saat bosan, saat sedang tidak melakukan apapun, atau merupakan keturunan dari kebiasaan di keluarganya. Tahukah Anda, bahwa kebiasaan mengigit kuku ini bisa memberikan bahaya kesehatan lebih jauh? . Kebiasaan Mengigit Kuku Berbahaya untuk Kesehatan Orang dengan kebiasaan menggigiti kukunya biasanya akan melakukannya secara tidak sadar. Saat sedang telepon misalnya, atau saat sedang cemas saat memikirkan sesuatu maka orang tersebut akan mulai menggigiti kukunya tanpa berpikir untuk melakukan hal tersebut. Kebiasaan ini sebaiknya segera dihilangkan karena selain dapat mengurangi keindahan kuku Anda, juga dapat menyebabkan terjangkitnya Anda oleh suatu penyakit karena tangan kita termasuk ujung-ujung kuku banyak terdapat kuman. Terlebih lagi jika kebiasaan tersebut sampai melukai kuku ataupun jaringan sekitarnya, luka yang terbuka dapat menjadi sumber infeksi. Bagaimana cara mengatasi kebiasaan menggigiti kuku? Cara Mengatasi Kebiasaan Menggigit Kuku Berpikirlah untuk berhen [...]

Ingin Cepat Kurus? Cobalah Diet Mayo

Ingin Cepat Kurus? Cobalah Diet Mayo

Belakangan ini muncul bermacam-macam jenis diet untuk menurunkan berat badan. Sebelum melakukan diet sebaiknya kita mempelajari dulu tentang diet tersebut, kemudian disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh saat ini. Diet mayo merupakan program penurunan berat badan yang dibuat oleh ahli kesehatan dari Mayo Clinic di Minnesota. Tujuan utama diet ini adalah menjaga berat badan dalam jangka waktu panjang dan membiasakan gaya hidup sehat. Diet mayo terdiridari 2 fase, yaitu: 1. Lose it! Pada fase ini Anda dapat menurunkan berat badan sebanyak 2,7 ? 4,5 kg dalam 2 minggu dengan cara yang sehat dan fokus pada gaya hidup / kebiasaan. Anda harus berusaha menghilangkan 5 kebiasaan buruk dan menambah 5 kebiasaan sehat. Pada fase ini, Anda juga diharuskan melakukan aktivitas fisik atau olahraga minimal 30 menit setiap harinya. 2. Live it! Pada fase ini kita mempelajari cara memilih makanan, menentukan porsi makan, pernecanaan makanan, dan melakukan kebiasaan sehat. Program penurunan berat badan pada fase ini adalah 0,5 ? 1 kg setiap minggu sampai mencapai berat badan yang diharapkan. Pada fase ini Anda juga belajar menetapkan target berat badan dan menerapkan pola makan yang sehat seter [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *