Manfaat Makan Ikan Bagi Buah Hati

ikan-sehat-anak.jpg

PeduliSehat.info – Bagi para orangtua yang memiliki anak balita mungkin sering mendengar anjuran dari orang-orang sekitar terutama orang yang lebih tua untuk memberi makan ikan kepada anaknya. Hal ini dikatakan dapat membuat si anak menjadi pintar. Benarkah dengan makan ikan anak kita bisa menjadi pintar?

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa ikan merupakan salah satu sumber protein hewani. Apakah beda antara protein yang tedapat pada ikan dibanding dengan protein pada sumber protein lain seperti daging sapi dan ayam?

Berikut beberapa kelebihan daging ikan dibandingkan sumber protein lainnya:

1. Protein Ikan Lebih Mudah Diserap

Pada daging ikan, terdapat protein dengan serat yang lebih pendek dibandingkan dengan daging sapi ataupun ayam, sehingga akan lebih mudah untuk dicerna dan diserap oleh tubuh.

Bagi anak usia balita yang memiliki pencernaan yang belum matang seperti orang dewasa maka akan sangat tepat bila diberi sumber protein hewani berupa daging ikan. Kandungan protein yang tinggi juga berperan dalam proses pertumbuhan balita terutama pertumbuhan sel-sel otak.

Satu hal yang penting diingat, pastikan Anda memasak dengan baik dan matang jika hendak menyajikannya untuk sang buah hati dan keluarga. Guna memastikan higientias dan kebersihan hidangan ikan yang ada.

2. Daging Ikan Mengandung Asam Lemak

Selain protein, daging ikan juga ,mengandung makronutrien lain yaitu asam lemak. Asam lemak yang terkandung dalam daging ikan, terutama ikan laut, dikenal dengan nama asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 merangsang pertumbuhan otak bayi dan balita, juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak sehingga anak tidak mudah sakit.

Pastikan Anda memasukan menu makanan ikan di balita Anda ketika dirinya sudah memiliki kemampuan mencerna makanan padat lebih sempurna, yakni diatas usia 6 bulan.

Tidak lupa, pastikan Anda menyajikan hidangannya setelah melalui proses masak yang higienis dan baik. (Baca: Saran Dokter Memilih dan Menyimpan Ikan yang Sehat).

3. Daging Ikan Memiliki Lebih Banyak Makronutrien Lainnya

Selain makronutrien, ternyata daging ikan juga mengandung mikronutrien yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Kandungan vitamin D pada ikan membantu pertumbuhan tulang anak. Vitamin B komplek juga terdapat pada daging ikan dan berfungsi untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh anak sehingga membantu proses pembentukan energi oleh tubuh.

Sangat penting untuk anak usia balita yang sedang aktif bermain dan belajar setiap harinya. Kandungan zat besi pada daging ikan juga tinggi dan berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja sel darah merah sehingga seluruh tubuh terutama otak mampu mendapatkan cukup nutrisi dan oksigen yang penting bagi perkembangan anak.

Nah, banyak bukan manfaat dari memberi makan daging ikan pada anak ? Tunggu apalagi, segera berikan daging ikan untuk menu sehari-hari anak Anda.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Asam Urat, Inilah Dietnya

Asam Urat, Inilah Dietnya

Asam Urat atau dalam istilah medisnya Gout arthritis, yaitu suatu peradangan sendi yang disebabkan oleh adanya penumpukan kristal asam urat pada sendi, seringkali diasosiasikan dengan diet dan pola makan. Apa hubungan antara pola makan dengan asam urat? Gout arthritis terjadi ketika level asam urat yang tinggi dalam darah Anda menyebabkan pembentukan kristal dan terakumulasi pada sendi. Tubuh memproduksi asam urat dari pemecahan purin. Purin secara alami terdapat di dalam tubuh namun Anda banyak mendapatkannya dari makanan seperti jeroan, ikan sarden, makarel, kerang, dan sebagainya. Jika Anda membatasi makanan yang tinggi akan purin, maka akan membantu mengurangi serangan asam urat dan mengurangi derajat keparahannya. Diet bukan merupakan terapi utama dalam menangani gout, hanya dapat membantu mengurangi frekuensi serangan. Bagaimana pola makan yang sesuai bagi penderita asam urat? Bagaimana pola makan yang sesuai bagi penderita asam urat? Pada prinsipnya, diet ini adalah membatasi asupan makanan yang tinggi purin seperti produk hewani, yang membantu kontrol produksi asam urat dalam tubuh. Jika Anda obesitas atau memiliki berat badan berlebih, segera turunka [...]

3 Kehebatan Semangka yang Perlu Anda Tahu

3 Kehebatan Semangka yang Perlu Anda Tahu

Pada suasana panas seperti di Jakarta, mengonsumsi buah semangka dapat menjadi solusi kesegaran tubuh. Buah semangka bukan hanya membuat segar, namun ternyata buah semangka memiliki nutrisi yang tinggi. Dalam satu gelas semangka yang berisi 46 kalori, semangka menyediakan 20 % vitamin C dan 17 % vitamin A. Berikut beberapa kelebihan semangka. 3 Kehebatan Semangka yang Perlu Anda Tahu Berikut beberapa kelebihan semangka: 1. Mengandung Lycopene lebih banyak dari Tomat Hanya dengan 1 gelas semangka, mengandung 1,5 lebih banyak lycopene dibandingkan tomat segar, 6 mg dibandingkan dengan 4 mg. Lycopene bekerja sebagai antioksidant, yang berfungsi untuk melindungi daya tahan tubuh. 2. Meringankan Nyeri Otot Sebuah studi dari Spanyol yang dipublikasikan dalam the Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengungkapkan bahwa jus semangka dapat menghilangkan nyeri otot setelah berolahraga. Yang dapat menyebabkan hal ini adalah kandungan citrulline yang ada di dalam semangka. 3. Mengandung Air yang Banyak Semangka memiliki kemampuan hidrasi yang sangat tinggi. Air yang terkandung dalam semangka mencapai 91%. Bila kita ingat-ingat dehidrasi sangat buruk untuk tub [...]

Cegah Diare pada Anak dengan Cuci Tangan

Cegah Diare pada Anak dengan Cuci Tangan

Perilaku mencuci tangan dengan sabun (CTPS) tidak hanya dapat mengusir kuman, tetapi juga mencegah kematian karena penyakit diare dan infeksi saluran pernapasan akut. Di Indonesia, diperkirakan ribuan anak meninggal karena penyakit tersebut. UNICEF mencantumkan Indonesia sebagai satu dari 15 negara dengan jumlah tertinggi kematian anak di bawah usia 5 tahun, yaitu 29.000 kasus per tahun akibat diare dan infeksi saluran pernapasan. Hal itu dikemukakan Eva Arisuci Rudjito, Head of Marketing Skin Cleansing and Body Care PT Unilever Indonesia, Tbk., pada peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia 2015 bersama Lifebuoy di restoran Bunga Rampai, Jakarta Pusat, Kamis (15/10). Sementara itu, temuan Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2013 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyebut 10,2% balita di Indonesia terjangkit diare; DKI Jakarta menjadi salah satu provinsi dengan insiden diare tertinggi yakni sebanyak 8,9%. Sedangkan infeksi saluran pernapasan masuk dalam peringkat empat besar penyakit yang kerap diidap oleh balita; 21.7% insiden terjadi pada anak berusia 12-23 bulan. Ia pun mengutip penelitian Valerie Curtis dari London School of Hygiene & Tropical, bahwa kebiasaan mencuci ta [...]

Rajin Makan Selada Bisa Bantu Cegah Kanker

Rajin Makan Selada Bisa Bantu Cegah Kanker

Suka makan salad? Kalau begitu pastikan selada selalu ada dalam campuran salad Anda. Sayuran hijau yang renyah ini ternyata punya berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya mencegah kanker.Suka makan salad? Pastikan selada selalu ada dalam campuran salad Anda. Sayuran hijau yang renyah ini ternyata punya berbagai manfaat bagi kesehatan, karena menyimpan banyak nutrisi.Beberapa nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari 'the king of salad' ini di antaranya klorofil, vitamin K, C, A, kalsium, serat, folat dan zat besi. Bukan itu saja, selada juga merupakan sumber vitamin B6, lycopene, potasium dan alkaloid (zat yang menyembuhkan). Jenis selada tertentu, seperti selada merah bahkan punya kandungan anti-oksidan yang bisa menghancurkan radikal bebas (penyebab rusaknya sel tubuh).Masih ada banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dengan rajin mengonsumsi selada. Ini dia enam manfaatnya, seperti dikutip dari Lifemojo.1. Mencegah KankerMenurut American Cancer Institute dan American Cancer Society, vitamin A dan C bisa membantu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker usus. Selada, mengandung banyak dua vitamin tersebut dan direkomendasikan para ahli untuk dikonsu [...]

Cegah Diabetes dan Detoks Racun dengan Sayuran Hijau Ini

Cegah Diabetes dan Detoks Racun dengan Sayuran Hijau Ini

Ketimun cocok dijadikan sebagai lalapan dengan cocolan sambal yang nikmat. Sayuran ini juga nikmat diolah menjadi jus atau es serut. Tidak hanya rasanya yang segar, ketimun ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Rutinlah mengonsumsi ketimun --sebaiknya yang masih segar-- dan rasakan tujuh manfaat dari ketimun, seperti yang dikutip dari Fitnea ini.1. Rehidrasi TubuhMencukupi kebutuhan cairan untuk tubuh tidak harus selalu dengan minum air putih. Cairan juga bisa Anda dapatkan dari makanan, misalnya buah atau sayuran. Dan ketimun merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya kandungan airnya, sekitar 90 persen. Oleh sebab itu ketimun baik dikonsumsi untuk rehidrasi tubuh.2. Menyingkirkan RacunKandungan air dalam ketimun berfungsi sebagai 'penyapu' kotoran di tubuh. Ketimun bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang menumpuk dan tak tercerna oleh tubuh, juga toksin yang lama mengendap. Jika dimakan secara rutin, ketimun bisa membantu menjaga kesehatan ginjal.3. Memenuhi Asupan VitaminKetimun memiliki berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Sayuran hijau dengan aroma khas ini mengandung vitamin A, B dan C yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehing [...]

Cara Mengetahui Kapan Tubuh Tertular Flu

Cara Mengetahui Kapan Tubuh Tertular Flu

Virus influenza yang menyebabkan flu memiliki periode inkubasi saat sudah masuk ke dalam tubuh seseorang. Kapan tubuh ketahuan tertular flu?Para ahli setuju orang dewasa yang terkena flu atau pilek bisa menular 1 hari sebelum mulai timbul gejala, seperti yang dikutip dari detikhealth.Selama masa inkubasi ini, virus akan masuk ke dalam sel-sel sehat dan mengganggu kelangsungan hidup sel sehat dari dalam. Saat sel mulai terinfeksi, biasanya belum menunjukkan gejala apapun.Baru ketika virus sudah menyebar ke seluruh tubuh maka setiap air liur atau bersin yang dikeluarkan orang flu akan mengandung virus tersebut. Karena itulah virus flu sangat mudah menyebar melalui cairan tubuh.Saat virus sudah menyebar ke seluruh tubuh akan timbul gejala seperti sakit tenggorokan, badan terasa tidak enak dan pusing. Namun jika belum timbul gejala, sangat sedikit kemungkinannya menularkan ke orang lain.Jika seseorang sudah terkena flu, maka periode menularnya ke orang lain bisa berlangsung 5-7 hari. Sedangkan bagi anak-anak, masa menularnya bisa berlangsung hingga dua minggu.Seperti dikutip dari Howstuffworks, pada umumnya masa inkubasi virus flu pada seseorang akan berlangsung selama 2 hari. Namun [...]

6 Anjuran Kesehatan yang Klise, Tapi Terbukti Benar Secara Ilmiah

6 Anjuran Kesehatan yang Klise, Tapi Terbukti Benar Secara Ilmiah

Sebagian dari Anda mungkin ingat di kala kecil, ibunda sering melarang bermain keluar saat hujan turun karena bisa terkena pilek. Ada pula 'orang dulu' yang mengatakan kalau sering makan pisang saat hamil akan melahirkan bayi laki-laki, banyak-banyaklah makan sup ayam agar flu cepat sembuh, dan masih banyak lagi anjuran lainnya. Anjuran orangtua zaman dulu kerap disepelekan karena dianggap mitos, klise dan kurang masuk akal. Tapi sejumlah penelitian telah membuktikan ada beberapa yang berdasarkan fakta dan telah terbukti kebenarannya.1.'Jangan Hujan-hujanan, Nanti Pilek'Tubuh yang basah dan kedinginan, jika dibiarkan terlalu lama memang bisa memicu pilek, hal itu telah dibuktikan berdasarkan penelitian dari Cardiff University, Inggris. Penelitian melibatkan dua kelompok responden, kelompok pertama diminta merendam kaki mereka ke dalam baskom berisi es batu selama 20 menit. Sedangkan kelompok kedua memasukkan kaki mereka ke baskom kosong. Empat atau lima hari kemudian, hampir 30 persen responden yang merendam kakinya dalam baskom es batu mengalami gejala pilek. Jumlah ini jauh lebih besar ketimbang kelompok kedua yang hanya sembilan persen."Terkena hawa dingin terutama di area ka [...]

6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Soal Pola Makan Manula

6 Hal yang Perlu Anda Ketahui Soal Pola Makan Manula

Menjadi tua pasti akan dialami oleh semua orang. Perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh seseorang karena proses penuaan otomatis akan berdampak pada perubahan pola hidup terutama pola makan. Perubahan apa saja yang terjadi pada orang lanjut usia atau lansia? Makanan yang diperuntukkan bagi lansia harus mengandung zat gizi dari makanan yang beraneka ragam, yang terdiri dari zat tenaga, zat pembangun dan zat pengatur karena lansia juga membutuhkan asupan gizi seimbang. Porsi makan lansia harus diperhatikan. Jangan terlalu kenyang dalam sekali makan. Porsi makan hendaknya diatur merata dalam satu hari sehingga dapat makan lebih sering dengan porsi yang kecil. Bila terdapat kesulitan mengunyah karena gigi rusak atau gigi palsu kurang baik, maka makanan yang diberikan harus lunak/lembek atau dicincang. Lansia dianjurkan untuk banyak minum dan kurangi garam. Dengan banyak minum dapat memperlancar pengeluaran sisa makanan, dan menghindari makanan yang terlalu asin akan memperingan kerja ginjal serta mencegah kemungkinan terjadinya darah tinggi. Batasi makanan yang manis-manis atau gula, minyak dan makanan yang berlemak seperti santan, mentega dll. Hal [...]

4 Penyebab Hipertensi di Usia Muda

4 Penyebab Hipertensi di Usia Muda

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi dikenal lama cukup banyak menyerang hanya pada usia tua. Wajar saja, hal ini dapat disebabkan oleh menurunnya fungsi pembuluh darah yang sudah berkurang keelastisitasannya, juga dapat dipengaruhi oleh tingginya asupan garam. Namun ternyata hipertensi juga dapat menyerang anak dan remaja. Hipertensi pada anak usia 13?18 tahun biasanya tidak menimbulkan gejala apapun dan biasanya diketahui saat si anak menjalani pemeriksaan kesehatan rutin. Faktor apa saja yang dapat menyebabkan hipertensi pada remaja? Halaman selanjutnya penjelasannya: Faktor Penyebab Hipertensi Usia Muda #1: Berat Badan Pada remaja dengan hipertensi, ternyata 50 % nya mengalami berat badan berlebih atau obesitas. Obesitas dapat menyebabkan timbulnya resistensi insulin atau tidak mampunya insulin untuk membantu gula darah masuk ke dalam sel tubuh. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya gangguan beberapa fungsi tubuh, dalam hal ini berupa gangguan pembuluh darah, gangguan transportasi ion-ion antar sel dan retensi natrium atau tertahannya natrium di dalam tubuh. Hal inilah yang nantinya akan menimbulkan hipertensi. Pada remaja obese dengan hipertens [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *