Manfaat Makan Ikan Bagi Buah Hati

ikan-sehat-anak.jpg

PeduliSehat.info – Bagi para orangtua yang memiliki anak balita mungkin sering mendengar anjuran dari orang-orang sekitar terutama orang yang lebih tua untuk memberi makan ikan kepada anaknya. Hal ini dikatakan dapat membuat si anak menjadi pintar. Benarkah dengan makan ikan anak kita bisa menjadi pintar?

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa ikan merupakan salah satu sumber protein hewani. Apakah beda antara protein yang tedapat pada ikan dibanding dengan protein pada sumber protein lain seperti daging sapi dan ayam?

Berikut beberapa kelebihan daging ikan dibandingkan sumber protein lainnya:

1. Protein Ikan Lebih Mudah Diserap

Pada daging ikan, terdapat protein dengan serat yang lebih pendek dibandingkan dengan daging sapi ataupun ayam, sehingga akan lebih mudah untuk dicerna dan diserap oleh tubuh.

Bagi anak usia balita yang memiliki pencernaan yang belum matang seperti orang dewasa maka akan sangat tepat bila diberi sumber protein hewani berupa daging ikan. Kandungan protein yang tinggi juga berperan dalam proses pertumbuhan balita terutama pertumbuhan sel-sel otak.

Satu hal yang penting diingat, pastikan Anda memasak dengan baik dan matang jika hendak menyajikannya untuk sang buah hati dan keluarga. Guna memastikan higientias dan kebersihan hidangan ikan yang ada.

2. Daging Ikan Mengandung Asam Lemak

Selain protein, daging ikan juga ,mengandung makronutrien lain yaitu asam lemak. Asam lemak yang terkandung dalam daging ikan, terutama ikan laut, dikenal dengan nama asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 merangsang pertumbuhan otak bayi dan balita, juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak sehingga anak tidak mudah sakit.

Pastikan Anda memasukan menu makanan ikan di balita Anda ketika dirinya sudah memiliki kemampuan mencerna makanan padat lebih sempurna, yakni diatas usia 6 bulan.

Tidak lupa, pastikan Anda menyajikan hidangannya setelah melalui proses masak yang higienis dan baik. (Baca: Saran Dokter Memilih dan Menyimpan Ikan yang Sehat).

3. Daging Ikan Memiliki Lebih Banyak Makronutrien Lainnya

Selain makronutrien, ternyata daging ikan juga mengandung mikronutrien yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Kandungan vitamin D pada ikan membantu pertumbuhan tulang anak. Vitamin B komplek juga terdapat pada daging ikan dan berfungsi untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh anak sehingga membantu proses pembentukan energi oleh tubuh.

Sangat penting untuk anak usia balita yang sedang aktif bermain dan belajar setiap harinya. Kandungan zat besi pada daging ikan juga tinggi dan berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja sel darah merah sehingga seluruh tubuh terutama otak mampu mendapatkan cukup nutrisi dan oksigen yang penting bagi perkembangan anak.

Nah, banyak bukan manfaat dari memberi makan daging ikan pada anak ? Tunggu apalagi, segera berikan daging ikan untuk menu sehari-hari anak Anda.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Aromaterapi Ini Diklaim Bisa Atasi Galau & Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Aromaterapi Ini Diklaim Bisa Atasi Galau & Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Aromaterapi tidak hanya bisa digunakan sebagai pengharum ruangan tapi juga membuat tubuh merasa lebih rileks. Rupanya fungsi aromaterapi bukan hanya itu saja melainkan bisa mempengaruhi kesehatan mental serta fisik Anda. Seperti aromatherapy terbaru 'Cadelaide' yang diklaim bisa membuat perasaan lebih tenang, meredakan stres, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.Pendiri Cadelaide, Ghary Delia Handojo, mengatakan bahwa aromaterapi yang diciptakannya tidak memiliki aroma menyengat. Fungsi utamanya bukan sebagai pengharum ruangan tapi terapi kesehatan. Ghary memberikan contoh, saat perasaan sedang kacau karena masalah tertentu, aromaterapi Cadelaide bisa membuat Anda lebih tenang.Aroma perpaduan antara tumbuhan frankincense, orange, bunga ylang ylang, dan berbagai tumbuhan lainnya diklaim oleh pria 23 tahun itu bisa mengembalikan keseimbangan emosi Anda. Berdasarkan riset yang telah ia pelajari, aroma dari kandungan tersebut akan membuat perasaan lebih tenang. Ghary menciptakan empat varian berbeda yang bisa dipakai sesuai kebutuhan."Salah satu jenisnya Let's Move On yang bisa hilangkan perasaan galau karena lagi banyak masalah, meredakan emosi, dan mengurangi darah tinggi. Jadi ke [...]

Penyebab Mata Pedih dan Menangis Saat Mengiris Bawang Merah

Penyebab Mata Pedih dan Menangis Saat Mengiris Bawang Merah

Kegiatan masak-memasak di dapur biasanya tak pernah luput dari mengiris bawang merah. Ya, bawang merah merupakan salah satu bahan yang hampir tak pernah ketinggalan dalam berbagai resep makanan. Namun mengiris bawang punya tantangan tersendiri, terutama bagi para wanita muda yang baru mulai belajar memasak.Bagi sebagian orang mengiris bawang memang bukan perkara mudah. Saat mengiris, seringkali mata akan terasa pedih dan mengeluarkan air mata. Kenapa bawang bisa membuat kita menangis?Ketika diiris, sel-sel pada bawang akan pecah dan mengeluarkan enzim yang memproduksi gas yang disebut propanethial sulphoxide. Ketika tersebut mengenai mata, gas akan bereaksi dengan air mata dan memproduksi asam bernama sulphuric acid dalam kadar ringan. Otak kemudian mengirimkan sinyal ke kelenjar air mata untuk menghasilkan lebih banyak cairan agar gas dan zat asam keluar dari mata, karena dianggap sebagai benda asing. Lebih lama dan lebih banyak bawang yang diiris, akan semakin banyak gas yang dilepaskan dan makin bercucuran juga air mata Anda. Irwin Goldman, profesor ilmu perkebunan dari University of Wisconsin-Madison menerangkan, reaksi kimia tersebut merupakan upaya tanaman bawang untuk men [...]

Puasa Bagi Lansia

Puasa Bagi Lansia

Bulan puasa telah tiba. Setiap umat muslim berlomba-lomba untuk menghimpun pahala dengan mengerjakan berbagai amalan ibadah, salah satunya yaitu berpuasa. Tidak mau ketinggalan, orang-orang yang sudah berusia lanjut pun banyak yang masih ingin menunaikan ibadah puasa. Tapi bagaimana tinjauan kesehatan untuk lansia berpuasa? Apakah perlu dibatasi? Pada lansia, tidak ada larangan untuk melakukan puasa. Namun karena kondisi fisik dan fungsi tubuh lansia sudah menurun bila dibandingkan usia yang lebih muda, maka masa berpuasa bagi lansia harus diperhatikan secara cermat. Kami akan membahas mengenai menu sahur yang sehat untuk para lansia yang ingin berpuasa. Puasa Bagi Lansia Menu Sahur untuk Lansia Berpuasa Pada lansia, jumlah cairan tubuh sudah berkurang. Selain itu, rasa haus dan asupan makan pada lansia juga sudah mulai berkurang. Untuk menjaga supaya lansia dapat melakukan puasa namun tetap sehat, makanan dan minuman saat sahur dan berbuka harus diperhatikan, diantaranya: Saat sahur lansia dianjurkan untuk minum air yang cukup dan mengkonsumsi jus buah antara waktu berbuka dan waktu tidur. (Baca: 5 Cara Bikin Jus yang Sehat ala Dokter) Hal ini dimak [...]

4 Gaya Hidup Sehat untuk Kurangi Risiko Kanker Payudara

4 Gaya Hidup Sehat untuk Kurangi Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti terutama bagi kalangan wanita. Menurut World Cancer Report, kanker payudara merupakan jenis kanker paling sering ditemukan pada satu dari lima wanita di dunia.Sementara berdasarkan data di Kementerian Kesehatan, dari sekian banyak kanker yang menyerang penduduk Indonesia, kanker serviks dan payudara paling tinggi kasusnya di seluruh rumah sakit. Baik dilihat dari segi terjangkitnya maupun dari sudut angka kematian. Penyebab kanker payudara umumnya diduga karena faktor keturunan. Namun sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa faktor genetik hanya 'menyumbang' 5-10 persen dari seluruh kasus kanker yang ada. Artinya, pemicu kanker lebih disebabkan oleh faktor eksternal seperti diet dan gaya hidup tidak sehat. Dengan mengikuti gaya hidup sehat, maka bisa mengurangi risiko terkena kanker secara signifikan. Ini beberapa langkah yang bisa dilakukan wanita untuk terhindar dari ancaman kanker payudara, seperti dikutip dari Female First.1. Tetap AktifPara peneliti di Oxford University, Inggris menemukan bahwa rutin fitnes dengan intensitas sedang dan tinggi selama 4-7 jam seminggu bisa menurunkan risiko terkena kanker payudar [...]

7 Buah Paling Baik untuk Jaga Kesehatan Tubuh

7 Buah Paling Baik untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan mengonsumsi buah-buahan. Mulai dari efek positif pada kesehatan hingga urusan penampilan tubuh.Memakan buah segar dipercaya jauh lebih baik ketimbang jus. Hal ini karena, jus bisa membuat nutrisi dalam buah menghilang akibat proses pembuatannya. Seperti yang dikutip dari Times of India, ada beberapa buah yang paling baik untuk dikonsumsi. Apa saja?1. KiwiWalau bentuknya kecil, namun manfaat kiwi begitu besar. Kiwi merupakan sumber potasium --mineral yang membantu turunkan tekanan darah dan bermanfaat bagi sistem saraf otonom yang mengontrol detak jantung, mengandung banyak vitamin E, magnesium serta serat. Menariknya, kandungan vitamin C di dalam kiwi dua kali lipat lebih besar daripada jeruk.2. ApelWalau kandungan vitamin C tidak terlalu tinggi, namun apel memiliki kadar antioksidan dan flavonoid yang dapat meningkatkan manfaat vitamin C. Hasilnya, risiko masalah usus, serangan jantung, kanker dan stroke menurun.3. StroberiStoberi memiliki kandungan antioksidan tertinggi daripada buah lainnya. Selain itu, buah yang rasanya sedikit asam ini dapatmelindungi tubuh dari penyebab kanker dan penyumbatan pembuluh darah akibat radikal [...]

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Apa Saja?

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Apa Saja?

Sakit pinggang biasanya diderita oleh mereka yang telah memasuki usia antara 30-50 tahun. Saat tubuh semakin tua, tulang akan semakin rapuh dan massa otot menurun. Oleh karena itu, sendi-sendi seperti pinggang lebih rentan cedera dan sakit. Tapi selain akibat gangguan pada sendi, sakit pinggang bisa juga disebabkan oleh ganguan pada organ yang ada di daerah tersebut seperti ginjal. Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri Nyeri pinggang tidak hanya terbatas pada sendi tersebut tapi juga bisa menyebar hinggi ke daerah bokong, pangkal paha dan paha bagian belakang. Rasa sakit tersebut akan kian terasa menyakitkan jika bagian tersebut digerakkan. Kadang, rasa sakit pada bagian pinggang disertai kesemutan atau mati rasa pada bagian bokong atau kaki. Sakit pinggang bisa menyebabkan kesulitan saat hendak membungkuk dan bersandar. Selain itu otot-otot di sekitar tulang belakang bisa mengalami kejang sehingga menyebabkan rasa kaku pada pinggang. Kombinasi nyeri disertai kejang bisa mengakibatkan pinggang tidak seimbang sehingga membuat postur tubuh berubah atau tidak seimbang. Apa Saja Penyebabnya? Pinggang sebelah kiri yang terasa sakit bisadisebabkan oleh beberapa kondisi. Yang paling seri [...]

Jangan Sembarangan Menggunakan Tetes Mata

Jangan Sembarangan Menggunakan Tetes Mata

Apakah Anda sering mengalami mata merah? Apa yang biasanya Anda lakukan untuk mengatasi mata merah? Apakah Anda termasuk orang yang sering menggunakan tetes mata untuk mengatasi hal tersebut? Apakah sebelum menggunakan obat tetes mata Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter? (Baca: 9 Tips Menjaga Mata Tetap Sehat) Mata merah sering terjadi di sekitar kita. Pada umumnya, orang yang sering mengalami mata merah adalah orang yang bekerja di luar ruangan sehingga sering terpapar dengan debu dan sinar matahari. Hal tersebut juga sering terjadi pada orang-orang yang matanya sensitif atau memiliki alergi. Mata merah sering pula disertai rasa gatal. Bila hanya karena iritasi ringan dan alergi, pertahanan tubuh kita mampu untuk mengatasi hal tersebut sehingga tidak dibutuhkan obat tetes mata apapun. (Baca: Cuaca Cerah? Pakai Kacamata Hitam) Lain hal nya bila yang terjadi adalah peradangan hebat. Pada kasus seperti ini dibutuhkan tetes mata yang mengandung zat anti radang contohnya seperti kortikosteroid. Namun dalam penggunaan obat tetes mata yang mengandung kortikosteroid harus berhati-hati. Obat ini tidak boleh digunakan sembarangan apalagi dalam jangka waktu yang lama. Penggunaan tetes m [...]

Mengetahui Penyebab dan Cara Menangani Alergi Kulit

Mengetahui Penyebab dan Cara Menangani Alergi Kulit

Alergi kulit bisa diminimalisasi dengan menghindari faktor penyebabnya. Seseorang yang memiliki kulit sensitif sangat mudah terkena alergi. Beberapa tanda yang bisa dikenali di antaranya kulit memerah, muncul ruam-ruam, gatal dan bengkak. Dalam istilah kedokteran, alergi kulit disebut dermatitis kontak alergi. Alergi dapat dipicu oleh beberapa penyebab. Alergen adalah unsur asing yang secara keliru dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh sehingga jika terpapar bisa mengakibatkan reaksi alergi. Alergen hanya berdampak pada mereka dengan alergi. Penyebab Alergi Kulit Ada beberapa hal yang umumnya dapat memicu alergi kulit antara lain: Produk kosmetik; misalnya perias wajah, losion, deodoran, sabun, sampo, serta pewarna rambut. Produk pembersih; seperti pembersih lantai, sabun cuci, disinfektan dan sejenisnya. Obat-obatan yang dioleskan pada kulit, seperti krim antigatal atau antibiotik. Aksesoris yang terbuat dari logam, misalnya nikel atau emas. Tanaman, dapat mencakup daun, batang, atau serbuk sari. Lateks, yaitu bahan yang digunakan untuk sarung tangan karet, kondom dan balon. Semprotan serangga. Parfum. Reaksi alergi tidak muncul ketika pertama kali tubuh bersentuhan d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *