Manfaat Makan Ikan Bagi Buah Hati

ikan-sehat-anak.jpg

PeduliSehat.info – Bagi para orangtua yang memiliki anak balita mungkin sering mendengar anjuran dari orang-orang sekitar terutama orang yang lebih tua untuk memberi makan ikan kepada anaknya. Hal ini dikatakan dapat membuat si anak menjadi pintar. Benarkah dengan makan ikan anak kita bisa menjadi pintar?

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa ikan merupakan salah satu sumber protein hewani. Apakah beda antara protein yang tedapat pada ikan dibanding dengan protein pada sumber protein lain seperti daging sapi dan ayam?

Berikut beberapa kelebihan daging ikan dibandingkan sumber protein lainnya:

1. Protein Ikan Lebih Mudah Diserap

Pada daging ikan, terdapat protein dengan serat yang lebih pendek dibandingkan dengan daging sapi ataupun ayam, sehingga akan lebih mudah untuk dicerna dan diserap oleh tubuh.

Bagi anak usia balita yang memiliki pencernaan yang belum matang seperti orang dewasa maka akan sangat tepat bila diberi sumber protein hewani berupa daging ikan. Kandungan protein yang tinggi juga berperan dalam proses pertumbuhan balita terutama pertumbuhan sel-sel otak.

Satu hal yang penting diingat, pastikan Anda memasak dengan baik dan matang jika hendak menyajikannya untuk sang buah hati dan keluarga. Guna memastikan higientias dan kebersihan hidangan ikan yang ada.

2. Daging Ikan Mengandung Asam Lemak

Selain protein, daging ikan juga ,mengandung makronutrien lain yaitu asam lemak. Asam lemak yang terkandung dalam daging ikan, terutama ikan laut, dikenal dengan nama asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 merangsang pertumbuhan otak bayi dan balita, juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak sehingga anak tidak mudah sakit.

Pastikan Anda memasukan menu makanan ikan di balita Anda ketika dirinya sudah memiliki kemampuan mencerna makanan padat lebih sempurna, yakni diatas usia 6 bulan.

Tidak lupa, pastikan Anda menyajikan hidangannya setelah melalui proses masak yang higienis dan baik. (Baca: Saran Dokter Memilih dan Menyimpan Ikan yang Sehat).

3. Daging Ikan Memiliki Lebih Banyak Makronutrien Lainnya

Selain makronutrien, ternyata daging ikan juga mengandung mikronutrien yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Kandungan vitamin D pada ikan membantu pertumbuhan tulang anak. Vitamin B komplek juga terdapat pada daging ikan dan berfungsi untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh anak sehingga membantu proses pembentukan energi oleh tubuh.

Sangat penting untuk anak usia balita yang sedang aktif bermain dan belajar setiap harinya. Kandungan zat besi pada daging ikan juga tinggi dan berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja sel darah merah sehingga seluruh tubuh terutama otak mampu mendapatkan cukup nutrisi dan oksigen yang penting bagi perkembangan anak.

Nah, banyak bukan manfaat dari memberi makan daging ikan pada anak ? Tunggu apalagi, segera berikan daging ikan untuk menu sehari-hari anak Anda.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Inilah Penyebab ASI Sedikit

Inilah Penyebab ASI Sedikit

Sebagian besar ibu pasti akan merasa khawatir jika produksi air susu ibu (ASI) dirasa sedikit atau bahkan jika ASI tidak keluar. Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik dan bermanfaat untuk buah hatinya. Dan mengingat bahwa ASI memberikan banyak manfaat berlimpah baik bagi Ibu maupun bayi, maka memberikan ASI dalam tahun-tahun pertama kehidupan si kecil menjadi suatu komitmen penting bagi orangtua. ASI merupakan sumber nutrisi terbaik bagi bayi. Beberapa faktor dapat mempengaruhi jumlah ASI yang dikeluarkan mulai dari faktor psikis ataupun lingkungan. (Baca: 9 Tips untuk Memperlancar ASI) Hal apa saja yang mejadi biang kerok ASI tidak produktif? Berikut adalah beberapa penyebab ASI keluar sedikit. Klik ?next? untuk selanjutnya. Inilah Penyebab ASI Sedikit Sebagian besar ibu pasti akan merasa khawatir jika produksi air susu ibu (ASI) dirasa sedikit atau bahkan jika ASI tidak keluar. Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik dan bermanfaat untuk buah hatinya. Dan mengingat bahwa ASI memberikan banyak manfaat berlimpah baik bagi Ibu maupun bayi, maka memberikan ASI dalam tahun-tahun pertama kehidupan si kecil menjadi suatu komitmen penting ba [...]

5 Cara Mengatasi Batuk Kering Pada Anak Tanpa ke Dokter

5 Cara Mengatasi Batuk Kering Pada Anak Tanpa ke Dokter

Batuk kering sering kali menyiksa anak dan membuatnya menjadi lebih rewel. Jenis batuk ini umumnya memburuk ketika cuaca panas, saat anak berada di ruangan yang hangat atau panas, atau saat anak sudah tidur. Untuk mengatasi batuk kering, Anda dapat melakukan cara-cara praktis yang bisa dilakukan di rumah tanpa harus berobat ke dokter. Berikut penjelasannya: 1. Minum air putih Minum air putih yang cukup dapat melegakan tenggorokan yang perih dan kering akibat batuk terus-menerus. 2. Makan sup David Becker, MD, profesor dari Universitas California, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, mengatakan bahwa kombinasi sup ayam dengan bawang putih dapat menghalau virus. Anak pun akan merasa lebih sehat dan segar setelah menyantapnya. Cara sederhana lainnya untuk mengatasi batuk kering pada anak selengkapnya di halaman selanjutnya: Cara Lainnya Mengatasi Batuk Kering 3. Uap dengan air hangat Cobalah ke kamar mandi dan hidupkan shower air hangat untuk menghasilkan uap air. Tutup pintu kamar mandi dan biarkan anak menghirup uap air selama beberapa menit. 4. Berikan sesendok madu Madu hampir sama efektifnya dengan dextromethorphan, kandungan yang biasa terdapat dalam sejumlah [...]

Pria Berumur Masih Bisa Melakukan Sunat Dewasa

Pria Berumur Masih Bisa Melakukan Sunat Dewasa

Di Indonesia, biasanya sunat dilakukan karena alasan agama saat anak laki-laki menginjak usia bangku sekolah dasar. Namun, pria berumur yang belum melakukannya masih bisa menjalani sunat, entah karena alasan agama atau kesehatan. Adapun, prosedur sunat dewasa dan kanak-kanak umumnya sama. Sunat merupakan metode pengangkatan kulit yang menutupi kepala penis. Salah satu manfaatnya adalah bisa mengurangi risiko tertular penyakit menular seksual. Manfaat lain yang mungkin bisa Anda dapatkan dari sunat antara lain: Penis jadi lebih mudah dibersihkan. Mengurangi risiko terkena infeksi saluran kemih. Mencegah terjadi fimosis atau ketidakmampuan untuk menarik kembali kulit penis atau kulup. Mencegah balanitis atau peradangan kepala penis. Mengurangi risiko terjadinya kanker serviks pada pasangan wanita. Proteksi terhadap kanker penis. Jadi, tidak ada kata terlambat untuk mencegah diri dari benih-benih penyakit dengan melakukan sunat dewasa. Prosedur Sunat Dewasa Sebelum menjalani sunat, dokter mungkin akan memberikan obat untuk membantu Anda rileks sejam sebelum prosedur dimulai. Prosedur sunat memakan waktu sekitar 10-15 menit. Dokter akan menyuntikkan obat bius lokal, regional atau u [...]

Anatomi Panggul Menentukan Cara Melahirkan

Anatomi Panggul Menentukan Cara Melahirkan

Pada proses persalinan, jalur keluarnya janin dari rahim dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran panggul wanita. Di samping itu, ada atau tidak adanya jaringan lunak di dalam panggul juga dapat berpengaruh kepada kondisi seorang wanita yang dapat melahirkan secara normal atau tidak. Ibu hamil perlu melakukan pemeriksaan panggul pada awal kehamilan untuk mendapatkan penilaian bentuk panggul. Sebagian wanita memiliki bentuk panggul yang kurang sesuai untuk melahirkan normal. Meski begitu, bukan berarti cara melahirkan normal melalui vagina tidak mungkin untuk dilakukan. Bentuk panggul memberikan informasi tambahan terhadap risiko terjadi hambatan dalam proses melahirkan. Selain itu, gumpalan jaringan lunak abnormal di dalam panggul dapat menutup jalur lahir bayi. Gumpalan abnormal yang paling umum adalah mioma atau fibroid uterus, yaitu massa yang muncul dari jaringan rahim. Kebanyakan pertumbuhan mioma ini tidak menyebabkan masalah karena sebagian besar ditemukan pada bagian atas uterus. Namun, bila mioma terdapat pada panggul bagian bawah, jalur lahir bayi dapat tertutup. Evaluasi ukuran dan posisi fibroid atau gumpalan lain pada jaringan lunak di dalam panggul dapat dilakukan melalui [...]

Muda Merokok, Tua Rematik

Muda Merokok, Tua Rematik

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Perempuan Perokok Rentan Terkena Artritis Reumatoid. Bertambah lagi satu alasan bagi perempuan untuk tidak menghisap rokok. Merokok, bahkan hanya beberapa batang per hari, meningkatkan risiko seorang perempuan menderita artritis reumatoid sebanyak dua kali lipat. Kesimpulan ini didapatkan dari sebuah penelitian berskala besar yang melibatkan sekitar 30,000 perempuan selama kurun waktu 7 tahun dan dimuat dalam jurnal Arthritis Research & Therapy. Merokok memang sudah diktahui sebagai salah satu faktor risiko arthritis rheumatoid. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa risikonya dapat meningkat dua kali lipat bahkan bila seorang perempuan hanya menghisap 1 ? 7 batang rokok per hari. Risiko ini juga tetap ada walaupun ia sudah 15 tahun berhenti merokok. Selain itu ditemukan juga hubungannya dengan lama merokok. Perempuan yang sudah merokok selama 1?25 tahun 1,6 kali lebih mungkin terkena artritis reumatoid.Penelitian yang dilakukan oleh Karolinska Institute di Stockholm Swedia ini menganalisis 34.101 perempuan berusia 54 ? 89 tahun yang juga menjadi bagian dari penelitian Swedish Mammography Cohort. Selama diteliti, sejak 1 Januari 2003 hingga 31 Des [...]

Jangan Murung, Yuk Tertawa dan Rasakan 5 Manfaatnya Ini

Jangan Murung, Yuk Tertawa dan Rasakan 5 Manfaatnya Ini

Liburan long weekend semakin menyenangkan jika dihabiskan dengan bergembira bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Tertawa bersama mereka bukan hanya bisa membuat hati tenang, tapi juga berdampak positif pada kesehatan. Saat tertawa, Anda juga bisa sekaligus berolahraga. Sebenarnya apa saja manfaat tertawa untuk kesehatan? Berikut ini uraiannya seperti dikutip dari berbagai sumber:1. Tertawa sebagai olahragaTertawa merupakan tindakan fisik yang bisa menjadi olahraga ringan untuk tubuh. Ketika tertawa, wajah Anda mengalami peregangan otot. Hal ini akan meningkatkan denyut nadi dan oksigen yang tersebar ke jaringan. Ini dikarenakan saat tertawa Anda akan benapas lebih cepat.Tidak hanya itu, tertawa membuat jantung memompa lebih cepat. Ini akan membuat peredaran darah jauh lebih lancar.2. Meningkatkan imunTahukah Anda bahwa tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menangkal flu. Rendahnya tingkat stres dapat memperkuat kekebalan tubuh.Sebuah studi menunjukan bahwa antibodi mampu memerangi infeksi yang ada dalam tubuh saat tertawa. Hal itu disebabkan karena kadar oksigen meningkat ketika Anda tertawa.3. Baik untuk hatiPenelitian di California, Amerika Seri [...]

Belimbing Dapat Putihkan Gigi Alami?

Belimbing Dapat Putihkan Gigi Alami?

Bukan hanya artis, masyarakat awam pun kini semakin banyak yang ingin memiliki gigi yang putih untuk membuat tampilan senyum lebih menarik. Gigi yang mengalami perubahan warna, disebut juga diskolorasi gigi, dapat dirawat dengan perawatan pemutihan gigi (dental bleaching). Perawatan ini umumnya dilakukan dengan menggunakan bahan kimia, seperti hidrogen peroksida. Bahan kimia yang digunakan pada prosedur dental bleaching ternyata dapat menyebabkan efek samping, di antaranya gigi menjadi sensitif dan iritasi pada gusi. Maka dari itu banyak penelitian yang mencoba mencari bahan alami sebagai alternatif bahan kimia pemutih gigi. Buah stroberi disebut-sebut sebagai salah satu cara alami yang dapat membuat gigi menjadi lebih putih. Klik next untuk melanjutkan. Belimbing Dapat Putihkan Gigi Alami? Dari penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini mengungkapkan bahwa buah belimbing juga berpotensi untuk dijadikan bahan pemutih gigi. Belimbing yang digunakan dalam penelitian ini adalah belimbing wuluh atau disebut juga belimbing asam (Averrhoa bilimbi), yang banyak digunakan dalam berbagai masakan tradisional Indonesia. Buah ini mengandung asam oksalat dan peroksida, [...]

Gejala Awal Autisme pada Anak

Gejala Awal Autisme pada Anak

utisme memang tidak dapat dideteksi oleh pemeriksaan medis seperti misalnya pemeriksaan radiologi atau pemeriksaan laboratorium. Oleh karena itu sebagai orangtua, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda dini dari autisme. Berikut tanda-tanda awal dari autisme pada anak yang dapat dikenali, sesuai dengan rentang usianya: Umur 6 bulan Belum dapat mengekspresikan kesenangan atau kehangatan, tidak ada senyuman lebar Umur 9 bulan Tidak ada ekspresi wajah atau senyuman. Tidak ada pengeluaran suara-suara yang tidak jelas (seperti pada bayi seusianya yang mulai mengeluarkan suara namun tidak jelas). Mungkin tertawa sendiri tanpa alasan yang jelas. Umur 12 bulan Tidak merespon jika namanya dipanggil. Tidak ada gumaman-gumaman seperti bayi seusianya (semisal ?ba ba ba?). Tidak ada pergerakan berulang seperti menunjuk atau mengambil benda atau melambai. Sebagai contoh: ketika berbelanja, bukannya meminta atau menunjuk apa yang ia inginkan, anak Anda justru malah menaruh benda-benda di tangan Anda. Lalu bagaimana dengan usia 16 dan 24 bulan? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. Gejala Awal Autisme pada Anak Usia 16 bulan Tidak ada kata-kata. Anak Anda tidak da [...]

Cinderella Complex, Kondisi Wanita Tergantung Pada Pria

Cinderella Complex, Kondisi Wanita Tergantung Pada Pria

Cinderella complex pertama kali digambarkan oleh Colette Dowling, yang menulis buku tentang ketergantungan wanita pada sosok orang lain. Kelainan ini semakin terlihat seiring pertambahan usia seorang wanita. Sesuai dengan namanya, Cinderella complex mengambil namanya dari sebuah cerita dongeng tentang seorang wanita cantik dan pekerja keras yang terperangkap dalam sebuah situasi sosial yang tidak dapat diubahnya. Namun situasi berubah dengan bantuan kekuatan luar, dalam hal ini adalah sesosok pria, dan dalam kisah cinderella diwakili oleh seorang pangeran. Apa itu Cinderella Complex? Cinderella complex adalah sebuah keadaan psikis dimana wanita memiliki perasaan takut terselubung untuk menjadi mandiri. Dalam pikiran wanita terdapat keinginan untuk selalu diselamatkan, dilindungi dan disayangi oleh pasangan. Layaknya dongeng Cinderella, wanita dengan cinderella complex merasa takut untuk menjadi mandiri dan berharap ada sosok lelaki yang dapat melindunginya dan menjadi sosok ?pangeran? dalam hidupnya. Cinderella complex menjadi hambatan bagi individu tersebut untuk berkembang karena keinginannya untuk bersandar pada sosok suami atau pasangan. Seorang wanita merasa nyaman dengan ke [...]

Efek Samping Pemberian Vaksin Tidak Menyebabkan Autisme

Efek Samping Pemberian Vaksin Tidak Menyebabkan Autisme

Sebanyak 10% orangtua akan melewati atau mengundur-undur vaksin rutin untuk anak, karena ketakutan akibat anaknya yang mendapat terlalu banyak vaksin dalam waktu yang sangat dekat. Studi terbaru menemukan bahwa anak yang mendapatkan vaksin sesuai dengan jadwal penuh tidak ada hubungannya dengan resiko autisme. Geraldine Dawson, chief science officer Talk of autism, mengatakan bahwa studi baru ini merupakan hal yang sangat penting dalam dunia medis dan hal yang dapat menghapus kekhawatiran orangtua hampir satu dunia. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Pediatrics, merupakan studi terbaru dari hampir 20 studi terdahulu yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara jumlah vaksin yang diterima oleh anak pada masa kecil, atau jumlah vaksin yang anak dapat dalam satu hari dengan autisme. Studi ini juga merupakan studi pertama yang dapat meluruskan ketakutan banyak orang mengenai pemberian vaksin multipel yang katanya dapat menstimulasi sistem imun anak yang berlebihan sehingga ditakutkan dapat menimbulkan masalah jangka panjang. Sejarahnya 20 tahun yang lalu, anak dijadwalkan untuk vaksin terhadap 9 penyakit namun saat ini tercatat ada 14 penyakit yang dapat dicegah dengan v [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *