Manfaat Makan Ikan Bagi Buah Hati

ikan-sehat-anak.jpg

PeduliSehat.info – Bagi para orangtua yang memiliki anak balita mungkin sering mendengar anjuran dari orang-orang sekitar terutama orang yang lebih tua untuk memberi makan ikan kepada anaknya. Hal ini dikatakan dapat membuat si anak menjadi pintar. Benarkah dengan makan ikan anak kita bisa menjadi pintar?

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa ikan merupakan salah satu sumber protein hewani. Apakah beda antara protein yang tedapat pada ikan dibanding dengan protein pada sumber protein lain seperti daging sapi dan ayam?

Berikut beberapa kelebihan daging ikan dibandingkan sumber protein lainnya:

1. Protein Ikan Lebih Mudah Diserap

Pada daging ikan, terdapat protein dengan serat yang lebih pendek dibandingkan dengan daging sapi ataupun ayam, sehingga akan lebih mudah untuk dicerna dan diserap oleh tubuh.

Bagi anak usia balita yang memiliki pencernaan yang belum matang seperti orang dewasa maka akan sangat tepat bila diberi sumber protein hewani berupa daging ikan. Kandungan protein yang tinggi juga berperan dalam proses pertumbuhan balita terutama pertumbuhan sel-sel otak.

Satu hal yang penting diingat, pastikan Anda memasak dengan baik dan matang jika hendak menyajikannya untuk sang buah hati dan keluarga. Guna memastikan higientias dan kebersihan hidangan ikan yang ada.

2. Daging Ikan Mengandung Asam Lemak

Selain protein, daging ikan juga ,mengandung makronutrien lain yaitu asam lemak. Asam lemak yang terkandung dalam daging ikan, terutama ikan laut, dikenal dengan nama asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 merangsang pertumbuhan otak bayi dan balita, juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak sehingga anak tidak mudah sakit.

Pastikan Anda memasukan menu makanan ikan di balita Anda ketika dirinya sudah memiliki kemampuan mencerna makanan padat lebih sempurna, yakni diatas usia 6 bulan.

Tidak lupa, pastikan Anda menyajikan hidangannya setelah melalui proses masak yang higienis dan baik. (Baca: Saran Dokter Memilih dan Menyimpan Ikan yang Sehat).

3. Daging Ikan Memiliki Lebih Banyak Makronutrien Lainnya

Selain makronutrien, ternyata daging ikan juga mengandung mikronutrien yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Kandungan vitamin D pada ikan membantu pertumbuhan tulang anak. Vitamin B komplek juga terdapat pada daging ikan dan berfungsi untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh anak sehingga membantu proses pembentukan energi oleh tubuh.

Sangat penting untuk anak usia balita yang sedang aktif bermain dan belajar setiap harinya. Kandungan zat besi pada daging ikan juga tinggi dan berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja sel darah merah sehingga seluruh tubuh terutama otak mampu mendapatkan cukup nutrisi dan oksigen yang penting bagi perkembangan anak.

Nah, banyak bukan manfaat dari memberi makan daging ikan pada anak ? Tunggu apalagi, segera berikan daging ikan untuk menu sehari-hari anak Anda.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Suplemen Vitamin E Bisa Tunda Pikun, Lho!

Suplemen Vitamin E Bisa Tunda Pikun, Lho!

Tentu kita paham bahwa vitamin E sama dengan vitamin lainnya memiliki efek yang baik untuk tubuh kita. Namun baru ditemukan bahwa ternyata vitamin E memiliki efek menghambat perkembangan dari penyakit pikun. Studi terbaru menunjukkan bahwa vitamin E memiliki keuntungan dalam memperlambat gejala pikun khusunya untuk pasien dengan bentuk penyakit yang ringan hingga sedang. Vitamin E dengan dosis 2,000 IU secara aman telah terbukti dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer (pikun) sesuai dengan penelitian yang dipublikasikan di JAMA. Para peneliti dari Minneapolis VA Health Care System meneliti 613 penderita Alzheimer dengan membagi 3 kelompok. Kelompok pertama mendapat vitamin E, kelmpok kedua mendapat obat memantine (obat yang berfungsi dalam menjaga fungsi saraf pada pasien Alzheimer) dan kelompok ketiga mendapatkan placebo (obat bohongan). Setelah 2,3 tahun kelompok yang mendapatkan vitamin E menunjukkan terjadi perlambatan dalam penurunan fungsi dalam melakukan kegiatan sehari seperti membuat rencana, membuat makanan dan belanja dibandingkan dengan pasien yang mendapat placebo. Pada kelompok yang mendapat vitamin E terjadi perlambatan dalam penurunan fungsi kegiatan s [...]

Taruh Dompet di Saku Celana Bisa Bahayakan Saraf

Taruh Dompet di Saku Celana Bisa Bahayakan Saraf

Merupakan hal yang biasa jika para pria menaruh dompetnya di saku belakang celana mereka. Namun kebiasaan itu justru bisa berbahaya karena mempengaruhi saraf-saraf tubuh.Para ahli mengungkapkan orang-orang yang duduk dengan dompet di saku belakang celana memiliki risiko merusak saraf-saraf kunci. Kondisi ini sudah menjadi sangat umum di masyarakat hingga dijuluki dengan nama 'hip-pocket syndrome' atau 'wallet-neuropathy'.Pria yang selalu meletakkan dompet di saku belakangnya adalah kelompok yang paling berisiko terkena kondisi ini. Ahli fisioterapi menuturkan adanya lonjakan jumlah pria yang menderita atau mengeluhkan sakit punggung bagian bawah, dan diduga posisi dompet menjadi penyebab utama kondisi ini."Saat ini semakin banyak pasien saya yang datang ke klinik dengan keluhan seperti itu. Kondisi ini dipicu oleh posisi dompet yang menekan saraf di belakang tubuh dan seiring waktu bisa menyebabkan linu panggul," ujar Julian Forth, seorang fisioterapis di Buckhurst Hill, Essex, seperti dikutip dari Detikhealth.Firth mengungkapkan dompet tersebut akan menekan saraf-saraf di tubuh baik pada saat orang mengemudi atau ketika duduk di tempat kerja. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan [...]

4 Penyebab Hipertensi di Usia Muda

4 Penyebab Hipertensi di Usia Muda

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi dikenal lama cukup banyak menyerang hanya pada usia tua. Wajar saja, hal ini dapat disebabkan oleh menurunnya fungsi pembuluh darah yang sudah berkurang keelastisitasannya, juga dapat dipengaruhi oleh tingginya asupan garam. Namun ternyata hipertensi juga dapat menyerang anak dan remaja. Hipertensi pada anak usia 13?18 tahun biasanya tidak menimbulkan gejala apapun dan biasanya diketahui saat si anak menjalani pemeriksaan kesehatan rutin. Faktor apa saja yang dapat menyebabkan hipertensi pada remaja? Halaman selanjutnya penjelasannya: Faktor Penyebab Hipertensi Usia Muda #1: Berat Badan Pada remaja dengan hipertensi, ternyata 50 % nya mengalami berat badan berlebih atau obesitas. Obesitas dapat menyebabkan timbulnya resistensi insulin atau tidak mampunya insulin untuk membantu gula darah masuk ke dalam sel tubuh. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya gangguan beberapa fungsi tubuh, dalam hal ini berupa gangguan pembuluh darah, gangguan transportasi ion-ion antar sel dan retensi natrium atau tertahannya natrium di dalam tubuh. Hal inilah yang nantinya akan menimbulkan hipertensi. Pada remaja obese dengan hipertens [...]

Manfaat Telur bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Manfaat Telur bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Telur tak hanya lezat dan praktis diolah menjadi berbagai macam makanan. Tapi juga kaya nutrisi seperti vitamin B, mineral dan protein. Ada satu studi yang menemukan bahwa sarapan dengan telur bisa membantu mengurangi hasrat makan makanan bergula dan berlemak saat jam makan siang, ketimbang sarapan sereal dan susu. Masih ada beberapa manfaat dan fakta lain dari telur yang mungkin belum banyak diketahui. Ini daftarnya, seperti dikutip dari Shape.1. Kuning Telur Membantu Perkembangan OtakKuning telur merupakan salah satu sumber vitamin B-kompleks dan choline yang dikenal baik untuk membantu fungsi sistem syaraf. Choline juga membantu perkembangan otak pada janin ketika dikonsumsi wanita hamil. 2. Memicu Rasa BahagiaSelain baik untuk perkembangan otak janin, choline yang terkandung dalam kuning telur juga bisa memicu rasa bahagia. Drew Ramsey, psikiater yang khusus mempelajari diet mengatakan, ketika dicerna oleh tubuh, choline akan berubah menjadi zat yang membantu produksi hormon bahagia seperti serotonin, dopamin dan norephinephrine.3. Sumber Protein yang SempurnaProtein pada telur berkualitas paling baik. Sebab kandungan protein di dalam telur mudah diserap dan langsung digunak [...]

10 Penyebab Kematian Terbanyak di Dunia

10 Penyebab Kematian Terbanyak di Dunia

Kematian memang merupakan sesuatu hal yang tidak dapat dihindari dan dapat terjadi pada usia berapa pun. Terdapat jutaan manusia meninggal setiap tahunnya karena berbagai penyebab. Menurut World Health Organization (WHO), diperkirakan 55 juta orang meninggal di dunia pada tahun 2011. Sekitar dua per tiganya disebabkan oleh penyakit tidak menular, seperti penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, dan penyakit paru kronik. Sisanya disebabkan oleh penyakit infeksi menular, masalah maternal (ibu), perinatal (bayi/anak), nutrisi, dan kecelakaan lalu lintas. Berikut ini adalah penyebab kematian terbanyak di dunia menurut WHO: 1. Penyakit jantung koroner 2. Stroke 3. Infeksi saluran napas bawah 4. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) 5. Diare 6. HIV/AIDS 7. Kanker paru 8. Diabetes melitus 9. Kecelakaan lalu lintas 10. Prematuritas Penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan stroke) telah membunuh 17 juta manusia di dunia, berarti 3 dari 10 kematian disebabkan oleh penyakit ini. WHO menyebutkan bahwa rokok bertanggung jawab atas jumlah kematian tersebut. Tidak hanya penyakit kardiovaskular, rokok juga menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik dan kanker paru. Dalam hal ini, rokok be [...]

Ini yang Terjadi Bila Sel Telur Bermasalah

Ini yang Terjadi Bila Sel Telur Bermasalah

Sel telur pada setiap wanita berguna untuk meneruskan generasi dan menentukan jenis kelamin generasi selanjutnya. Normalnya sel telur terdiri dari lapisan-lapisan yang nantinya dapat berguna bagi perkembangan janin. Contohnya zona pellucida sebagai lapisan terluar yang berfungsi melindungi sel telur sepanjang perkembangannya, sitoplasma yang merupakan area berprotein sebagai nutrisi bagi sel telur, dan nukleus atau inti sel yang nantinya berfungsi sebagai pembawa pita-pita berisi sifat-sifat individu baru. Namun tidak semua sel telur dapat terbentuk sempurna. Bila sel telur mengalami masalah maka dampaknya dapat mempengaruhi kehamilan dan penciptaan calon generasi berikutnya. Kerusakan pada Sel Telur Salah satu gangguan yang terjadi ketika sel telur bermasalah adalah kelainan kromosom atau pita-pita pembawa sifat yang berada di dalam inti sel. Kerusakan ini mengakibatkan kehamilan tanpa embrio, atau kehamilan tanpa calon janin. Normalnya, ketika seorang wanita hamil, telur yang telah dibuahi akan menempel pada dinding rahim. Pada sekitar awal kehamilan atau usia kandungan sekitar 6 minggu, seharusnya embrio sudah mulai tumbuh bersama dengan kantung kehamilan sebagai tempat berkem [...]

Usia Wanita Saat Pertama Kali Haid Bisa Prediksi Kondisi Kesehatan Ketika Dewasa

Usia Wanita Saat Pertama Kali Haid Bisa Prediksi Kondisi Kesehatan Ketika Dewasa

Sebagian besar wanita tidak terlalu mempedulikan di usia berapa mereka mendapatkan menstruasi pertamanya. Jika datang bulan di usia terlalu muda, umumnya wanita hanya merasa malu karena berarti dia 'matang' lebih cepat ketimbang teman-teman seusianya. Sementara jika baru mengalami haid saat usia dewasa mungkin hanya karena faktor genetik atau hormon yang tidak seimbang.Namun ternyata faktanya tidak sesederhana itu. Usia ketika wanita mendapat menstruasi pertama ternyata bisa memprediksi kondisi kesehatan di masa depan. Studi terbaru menunjukkan bahwa tinggi rendahnya risiko seorang wanita menderita penyakit jantung, stroke atau tekanan darah tinggi saat dewasa dipengaruhi oleh siklus menstruasi pertamanya.Seperti dikutip dari She Knows, para peneliti dari University of Oxford telah menganalisa data kesehatan milik lebih dari satu juta wanita usia 50 hingga 64 di Inggris. Hasil analisa tersebut menunjukkan bahwa wanita yang mengalami menstruasi sebelum usia 10 tahun paling berisiko terkena gangguan jantung dan hipertensi di masa tuanya. Hal yang sama juga berpotensi terjadi pada wanita yang mendapatkan haid pertamanya setelah usia 17 tahun.Informasi dari penelitian ini pun dibena [...]

Mitos dan Fakta Soal Denyut Jantung

Mitos dan Fakta Soal Denyut Jantung

Denyut jantung merupakan jumlah jantung Anda berdetak per menit. Level aktivitas, kesehatan, ukuran tubuh, emosi dan obat-obatan dapat mempengaruhi denyut jantung Anda. Dalam keadaan normal, denyut jantung yang ?sehat? adalah antara 60-100 kali per menit. Denyut jantung sendiri merupakan salah satu indikator paling penting dari kesehatan jantung Anda. Namun sangat sedikit orang yang mengehahui tentang denyut jantung mereka. Mitos 1: Denyut jantung 50-90x/menit saat beristirahat perlu dikhawatirkan Fakta: Denyut jantung 50-90x/menit saat beristirahat bukan selalu berarti bahwa ada yang salah dalam kondisi jantung Anda atau Anda memiliki jantung yang "lemah". Orang yang berolahraga rutin dan dalam intensitas yang tinggi dapat memiliki denyut jantung <60x/menit. Berikut mitos tentang denyut jantung lainnya yang perlu Anda ketahui: Berikut mitos tentang denyut jantung lainnya yang perlu Anda ketahui: Mitos 2: Denyut jantung yang normal berarti tekanan darah Anda juga normal Fakta: Denyut jantung yang normal tidak selalu berarti tekanan darah Anda normal. Orang yang memiliki denyut nadi normal dapat memiliki tekanan darah yang tinggi. Juga sebaliknya, seseorang [...]

Orang Dewasa Masih Perlu Vaksinasi

Orang Dewasa Masih Perlu Vaksinasi

Selama ini Anda berpikir bahwa vaksinasi berlaku untuk bayi dan anak-anak saja. Siapa yang menyangka bahwa orang dewasa ternyata masih membutuhkan suntikan pelindung ini? Pada keadaan tertentu, orang dewasa membutuhkan suntik vaksin tambahan tiap beberapa periode. Dengan menerima vaksin, Anda tidak saja melindungi diri sendiri dari serangan penyakit tapi juga ikut mencegah penyebarannya. Vaksinasi Wajib Vaksinasi adalah proses penyuntikan mikroorganisme penyebab penyakit yang telah dilemahkan atau dibunuh ke dalam tubuh Anda atau penyuntikan protein buatan laboratorium yang mirip dengan mikroorganisme tersebut. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga ketika Anda terjangkit virus yang sebenarnya, tubuh sudah siap menangkalnya agar tidak berkembang menjadi penyakit. Di Indonesia, ada lima jenis vaksin yang wajib diterima, yaitu hepatitis B, BCG, Polio, MMR, dan DTP. Jika Anda belum menerimanya sewaktu kecil, Anda wajib mendapatkan suntik vaksin jenis-jenis tersebut. Hepatitis B Penyebaran penyakit yang menyerang organ hati ini sangat tinggi di Indonesia. Pada akhir tahun 2013, ada sekitar 25 juta penduduk Indonesia yang menderita penyakit ini . Itulah [...]

Puasa Bagi Lansia

Puasa Bagi Lansia

Bulan puasa telah tiba. Setiap umat muslim berlomba-lomba untuk menghimpun pahala dengan mengerjakan berbagai amalan ibadah, salah satunya yaitu berpuasa. Tidak mau ketinggalan, orang-orang yang sudah berusia lanjut pun banyak yang masih ingin menunaikan ibadah puasa. Tapi bagaimana tinjauan kesehatan untuk lansia berpuasa? Apakah perlu dibatasi? Pada lansia, tidak ada larangan untuk melakukan puasa. Namun karena kondisi fisik dan fungsi tubuh lansia sudah menurun bila dibandingkan usia yang lebih muda, maka masa berpuasa bagi lansia harus diperhatikan secara cermat. Kami akan membahas mengenai menu sahur yang sehat untuk para lansia yang ingin berpuasa. Puasa Bagi Lansia Menu Sahur untuk Lansia Berpuasa Pada lansia, jumlah cairan tubuh sudah berkurang. Selain itu, rasa haus dan asupan makan pada lansia juga sudah mulai berkurang. Untuk menjaga supaya lansia dapat melakukan puasa namun tetap sehat, makanan dan minuman saat sahur dan berbuka harus diperhatikan, diantaranya: Saat sahur lansia dianjurkan untuk minum air yang cukup dan mengkonsumsi jus buah antara waktu berbuka dan waktu tidur. (Baca: 5 Cara Bikin Jus yang Sehat ala Dokter) Hal ini dimak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *