Manfaat Makan Ikan Bagi Buah Hati

ikan-sehat-anak.jpg

PeduliSehat.info – Bagi para orangtua yang memiliki anak balita mungkin sering mendengar anjuran dari orang-orang sekitar terutama orang yang lebih tua untuk memberi makan ikan kepada anaknya. Hal ini dikatakan dapat membuat si anak menjadi pintar. Benarkah dengan makan ikan anak kita bisa menjadi pintar?

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa ikan merupakan salah satu sumber protein hewani. Apakah beda antara protein yang tedapat pada ikan dibanding dengan protein pada sumber protein lain seperti daging sapi dan ayam?

Berikut beberapa kelebihan daging ikan dibandingkan sumber protein lainnya:

1. Protein Ikan Lebih Mudah Diserap

Pada daging ikan, terdapat protein dengan serat yang lebih pendek dibandingkan dengan daging sapi ataupun ayam, sehingga akan lebih mudah untuk dicerna dan diserap oleh tubuh.

Bagi anak usia balita yang memiliki pencernaan yang belum matang seperti orang dewasa maka akan sangat tepat bila diberi sumber protein hewani berupa daging ikan. Kandungan protein yang tinggi juga berperan dalam proses pertumbuhan balita terutama pertumbuhan sel-sel otak.

Satu hal yang penting diingat, pastikan Anda memasak dengan baik dan matang jika hendak menyajikannya untuk sang buah hati dan keluarga. Guna memastikan higientias dan kebersihan hidangan ikan yang ada.

2. Daging Ikan Mengandung Asam Lemak

Selain protein, daging ikan juga ,mengandung makronutrien lain yaitu asam lemak. Asam lemak yang terkandung dalam daging ikan, terutama ikan laut, dikenal dengan nama asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 merangsang pertumbuhan otak bayi dan balita, juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak sehingga anak tidak mudah sakit.

Pastikan Anda memasukan menu makanan ikan di balita Anda ketika dirinya sudah memiliki kemampuan mencerna makanan padat lebih sempurna, yakni diatas usia 6 bulan.

Tidak lupa, pastikan Anda menyajikan hidangannya setelah melalui proses masak yang higienis dan baik. (Baca: Saran Dokter Memilih dan Menyimpan Ikan yang Sehat).

3. Daging Ikan Memiliki Lebih Banyak Makronutrien Lainnya

Selain makronutrien, ternyata daging ikan juga mengandung mikronutrien yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Kandungan vitamin D pada ikan membantu pertumbuhan tulang anak. Vitamin B komplek juga terdapat pada daging ikan dan berfungsi untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh anak sehingga membantu proses pembentukan energi oleh tubuh.

Sangat penting untuk anak usia balita yang sedang aktif bermain dan belajar setiap harinya. Kandungan zat besi pada daging ikan juga tinggi dan berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja sel darah merah sehingga seluruh tubuh terutama otak mampu mendapatkan cukup nutrisi dan oksigen yang penting bagi perkembangan anak.

Nah, banyak bukan manfaat dari memberi makan daging ikan pada anak ? Tunggu apalagi, segera berikan daging ikan untuk menu sehari-hari anak Anda.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Rambut Rontok? Ini Sebabnya!

Rambut Rontok? Ini Sebabnya!

Apakah Anda mengalami rambut rontok? Apakah yang menyebabkan rambut Anda rontok? Pernahkah Anda menghitung berapa helai rambut Anda yang rontok setiap harinya? Kerontokan rambut yang mencapai 100 helai perhari masih dianggap wajar. Kerontokan rambut pasti sangat sering terjadi di sekitar kita. Rontoknya rambut yang berlebihan tentunya akan membuat Anda cemas dan akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari terutama karena mengganggu penampilan sehingga akan mengurangi rasa percaya diri Anda. Rambut rontok dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Salah satunya adalah faktor keturunan. Bila Anda memiliki riwayat keluarga dengan rambut rontok, dapat dipastikan Anda pun akan memiliki kecenderungan untuk mengalami hal serupa. Stres psikologik juga dapat menyebabkan timbulnya masalah ini. Banyak pikiran karena masalah pekerjaan, keluarga, atau hubungan asmara harus pandai Anda atasi karena ternyata berpengaruh buruk terhadap kesehatan rambut Anda. Kerontokan juga dapat disebabkan karena konsumsi obat-obatan contohnya pada kemoterapi karena kanker. Obat kemoterapi yang menyerang sel-sel kanker ternyata juga menyerang sel-sel lain pada tubuh kita salah satunya yaitu sel folikel rambut. [...]

22 Merek Lipstik yang Mengandung Racun Timbal

22 Merek Lipstik yang Mengandung Racun Timbal

Tubuh memang bisa menoleransi racun timbal yang masuk tidak lebih dari 100 ppm (parts per million). Tapi untuk amannya, semua barang atau makanan yang digunakan manusia idealnya tidak mengandung timbal atau plumbum (Pb) yang berbahaya bagi kesehatan. Tak cuma mainan anak, timbal juga dipakai di perona bibir alias lipstik.Badan pengawas pangan dan obat-obatan di Amerika Serikat atau Food and Drug Administration (FDA) baru-baru ini telah meluncurkan program bertajuk 'Kampanye untuk Kosmetika yang Aman'. Badan ini melakukan analisis penelitian mengenai kandungan timbal dalam lipstik. FDA ingin agar konsumen tahu bahwa 400 jenis lipstik dari berbagai merek telah teruji positif mengandung timbal.Timbal adalah logam beracun yang telah dilarang penggunaannya dalam cat sejak tahun 1978. Timbal dapat merusak koneksi saraf dan menyebabkan gangguan peredaran darah serta otak. Paparan timbal untuk jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan sakit perut. Timbal dapat mempengaruhi hampir setiap organ dan sistem dalam tubuh, dan efek dari timbal yang masuk lewat pernapasan sama dengan yang masuk karena ditelan."Menyadari bahwa tidak ada tingkat aman dari paparan timbal, kami perlu me [...]

5 Minuman Rempah untuk Redakan Gejala Flu Saat Musim Hujan

5 Minuman Rempah untuk Redakan Gejala Flu Saat Musim Hujan

Musim hujan seperti sekarang ini cenderung membuat seseorang mudah sakit. Mulai dari flu, pilek juga demam. Belum lagi udara dingin yang menusuk membuat kita malas beraktivitas dan mudah terkena masuk angin. Salah satu cara untuk mencegah masuk angin dan penyakit lainnya datang adalah dengan mengonsumsi minuman herbal yang terbuat dari rempah-rempah.Selain menambah daya tahan tubuh, rempah-rempah juga memberi efek menghangatkan. Ini lima jenis rempah yang bisa Anda konsumsi kala cuaca dingin, seperti dikutip dari iDiva. 1. KunyitKunyit dianggap sebagai antibiotik alami. Beberapa studi di bidang medis mengklaim bahwa kunyit bekerja efektif dalam menghangatkan tubuh. Kunyit juga bermanfaat mengurangi sakit tenggorokan. Tambahkan kunyit ke dalam masakan atau bisa juga campurkan sedikit potongan kunyit ke dalam susu cair, didihkan kembali bersama susu, aduk-aduk dan minum selagi hangat.2. KapulagaTeh yang menggunakan campuran kapulaga dan cengkeh sangat membantu dalam mencegah flu dan dapat menghangatkan tubuh. Selain itu, Anda bisa juga merebus dua atau tiga kapulaga dalam secangkir air yang ditambah dengan satu sendok madu, dan minumlah sebelum tidur agar dapat menghangatkan tengg [...]

Tetap Sejahtera Saat Sakit di Usia Senja

Tetap Sejahtera Saat Sakit di Usia Senja

Seiring dengan banyaknya risiko penyakit yang diderita, orang lanjut usia (lansia) adalah kelompok yang paling membutuhkan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan diperlukan agar tabungan yang sudah dikumpulkan seumur hidup tidak habis untuk biaya berobat di masa tua. Umumnya perusahaan asuransi hanya memberikan pertanggungan hingga usia 65 tahun. Mereka yang baru mendaftar asuransi di usia tua, umumnya lebih merasa terbebani karena premi yang dibayar berkali-kali lipat dibandingkan pengguna yang sudah berasuransi sejak muda. Selain itu, karena dianggap lebih berisiko dibandingkan anak muda, lansia perlu menjalani pemeriksaan kesehatan yang kadang-kadang membuat aplikasi mereka tidak disetujui pihak asuransi. Oleh karenanya, ketika membeli asuransi untuk lansia, ada beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan. Awali dengan memeriksa kelengkapan pertanggungan Ketika membeli asuransi untuk balita atau dewasa muda, orang-orang pada umumnya kurang begitu memperhatikan kelengkapan biaya kesehatan yang ditanggung karena merasa masih sehat. Namun dalam pemilihan asuransi kesehatan lansia, perlu dipastikan kelengkapan mencakup seluruh kebutuhan yang meliputi: Biaya rawat jalan: biaya ko [...]

Membiasakan Diri untuk Olahraga Ringan di Kantor

Membiasakan Diri untuk Olahraga Ringan di Kantor

Penelitian menemukan bahwa duduk terlalu lama, seperti saat bekerja di kantor, dapat meningkatkan risiko penyakit-penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, hingga kematian dini. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan hal tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga ringan di kantor. Tubuh manusia tidak didesain untuk duduk 12 jam sehari. Itulah kenapa sekadar duduk saja di kantor dapat mendatangkan sakit kepala hingga nyeri punggung. Lebih jauh lagi, duduk terlalu lama berisiko berdampak kepada kemampuan tubuh untuk mengelola kadar gula darah, tekanan darah, dan memperlambat metabolisme lemak tubuh. Kurang bergerak di tempat kerja juga tidak hanya mengakibatkan kegemukan. Orang yang bertubuh kurus, tapi kurang bergerak aktif, berisiko mengalami tulang keropos akibat osteoporosis juga. Oleh karenanya banyak orang mencari cara agar dapat melakukan olahraga ringan di kantor di sela-sela rutinitas. Penelitian menemukan bahwa bahkan sekedar 15 menit gerakan tiap hari dapat berdampak sama dengan olahraga 60 menit, terutama jika Anda dapat meningkatkan intensitas gerakan. Kuncinya adalah dengan memulainya secara perlahan-lahan, sedikit dem [...]

Terlalu Sering BBM & SMS Bisa Bahayakan Leher

Terlalu Sering BBM & SMS Bisa Bahayakan Leher

Kebiasaan sering pesan teks melalui BBM (Black Berry Messenger) atau SMS (Short Message Service) tak hanya berakibat buruk pada tagihan telephon Anda. Namun juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan terutama pada area leher.Seperti yang dikutip dari Times of India, sebuah penyakit baru masuk ke dalam daftar penyakit akibat dunia maya yang disebut, 'Text Neck' atau nyeri pada leher. Penyakit ini banyak diderita oleh para pecandu gadget karena membungkuk terlalu lama saat sedang BBM atau SMS.Dr Kishore Punjabi, terapis chiropractic, mengatakan, "Rasa sakit yang timbul diakibatkan posisi leher yang intens saat mengirim pesan teks. Kondisi ini sama ketika seseorang duduk dengan menyilangkan satu kakinya selama lima menit lalu kemudian bergerak dengan tiba-tiba. Inilah yang terjadi saat leher Anda membungkuk karena gadget.""Perubahan itu mendukung pula perubahan pada ligamen, tendon, otot serta tulang yang akhirnya dapat mengakibatkan kejang otot maupun sakit pada saraf," tambah Hayden Thomas dari asosiasi kesehatan Chiropractor.Walau telah mengetahui dampak buruk di balik 'Text Neck', namun menghindari penggunaan teknologi merupakan hal yang sulit dilakukan di era maju seperti ini. O [...]

Bagaimana Menangani Seorang Eksibisionis?

Bagaimana Menangani Seorang Eksibisionis?

Pernahkah Anda, katakanlah Anda sedang berada di dalam sebuah transportasi umum, lalu secara tiba-tiba orang di sebelah Anda memperlihatkan kemaluannya tanpa rasa malu sedikitpun kepada Anda? Orang-orang seperti ini disebut eksibisionis, dan hal ini merupakan gangguan jiwa yang harus diterapi. Eksibisionis melengkapi berbagai gangguan jiwa yang berhubungan dengan seksualitas lainnya, penderitanya cukup banyak di Indonesia. Klik next untuk melanjutkan. Bagaimana Menangani Seorang Eksibisionis? Namun tidak didapatkan sebab yang jelas mengapa seseorang bisa berkembang menjadi seorang eksibisionis. Jika suatu ketika Anda berhadapan dengan seorang eksibisionis, lakukan langkah berikut: Tetap tenang, tidak perlu berteriak atau lari karena hal itu justru akan memberi kepuasan kepada si pelaku Tunjukkan bahwa Anda tidak terkesan dengan apa yang ditunjukkan si pelaku, hal ini dapat dilakukan dengan menunjuk dan menertawakan ?barang? yang diperlihatkan pelaku, dengan cara ini justru si pelaku tidak memperoleh tujuannya dan menjadi jera. Seorang eksibisionis umumnya tidak memiliki intensi untuk mencederai Anda, yang ia inginkan adalah kepuasan dengan membu [...]

Awas! Sosis Bisa Sebabkan Kanker!

Awas! Sosis Bisa Sebabkan Kanker!

Untuk kesekian kalinya daging olahan seperti sosis, ham, dan bacon disebutkan menjadi salah satu penyebab beberapa penyakit paling sering di dunia. Salah satu studi terbesar yang dipublikasikan oleh BMC Medicine (7/3/2013) menemukan asosiasi positif antara pengkonsumsian daging olahan dengan kematian yang sudah terbukti untuk penyakit jantung namun juga terbukti untuk penyakit kanker. Risiko kematian akibat kanker lebih tinggi sebanyak 43% dan risiko kematian akibat penyakit jantung lebih tinggi 70% pada orang-orang yang mengkonsumsi daging olahan lebih dari 160g/hari dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi 10.0g/hari hingga 19.9 g/hari. Penelitian yang dilaporkan oleh EPIC (European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition) yang dilakukan di 10 negara dengan subjek sebanyak satu setengah juta orang menunjukkan bahwa angka kematian lebih tinggi bila penkonsumsian daging olahan sebanyak 50g/hari. Apa yang menyebabkan? Berikut penjelasannya: Daging Olahan & Kanker Para peneliti menegaskan bahwa daging olahan mengandung lemak tersaturasi, kolestrol dan bahan tambahan lain lebih tinggi dibandingkan jenis daging lain. Kandungan ini diperca [...]

Memperbesar Penis: Amankah?

Memperbesar Penis: Amankah?

Tidak sulit untuk mencari tentang produk dan prosedur cara memperbesar penis, baik di majalah, radio dan internet. Banyak produk atau prosedur yang mengklaim dapat memperbesar penis. Namun, hanya sedikit yang disertai dengan bukti yang ilmiah. Apakah ukuran penis saya normal? Seringkali Anda dihantui ketakutan apakah penis Anda terlihat kecil atau terlalu kecil untuk memuaskan pasangan Anda. Ketahuilah bahwa: Ukuran penis rata-rata berkisar antara 8-13 cm ketika saat tidak ereksi dan 13-18 cm saat ereksi Mikropenis adalah suatu kondisi dimana penis berukuran kurang dari normal yaitu kurang dari 7 cm saat ereksi Namun demikian tetap saja kita akan mampir pada pertanyaan yang sering mengemuka; "Apakah ukuran penis berpengaruh pada kepuasan seksual?" Berikut paparannya: Apakah Ukuran Penis Berpengaruh dengan Kepuasan Seksual? Jawabannya adalah tidak. Media dan masyarakat seringkali membuat stigma tentang hubungan ukuran penis dan kepuasan seksual. Namun, yang harus selalu Anda ingat adalah: memahami dan mengerti keinginan, kebutuhan dan hasrat seksual pasangan jauh lebih penting untuk meingkatkan kualitas hubungan seksual Anda dibandingkan dengan mencoba mempe [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *