Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan Tubuh

minum teh

Minuman yang satu ini merupakan minuman yang banyak dikonsumsi dikalangan masyarakat dengan kombinasi rasa dan kemasan berbagai jenis gaya. Keunikan dari jenis minuman ini dikenal dengan banyak tipe dan kelas sebagai nilai kualitas teh itu sendiri yang tentunya dengan berbagai kelas harga yang ditawarkan. Tidak sedikit masyarakat yang memiliki selera tinggi terhadap jenis teh tersebut hingga mau mengeluarkan uang dengan harga yang tinggi untuk mendapatkan jenis teh tertentu. Namun dilain sisi teh dengan kualitas sederhana tidak sedikit pula yang mengemas jenis minuman ini dengan berbagai fariasi dengan harga yang cukup terjangkau dan sangat praktis.

Dengan banyaknya peminat minuman jenis ini baik dari kalangan masyarakat menengah kebawah hingga masyarakat menengah keatas dengan berbagai jenis variasi yang ditawarkan, namun banyak kalangan masyarakat kurang memahami tentang kasiat pada teh tersebut pada kesehatan tubuhnya. Maka dapat sedikit dijabarkan pada artikel ini apa sebenarnya yang ada dibalik kenikmatan dari sepucuk teh untuk kesehatan tubuh.

Teh merupakan minuman yang dihasilkan dari zat warna dari daun teh yang dikeringkan. Namun pada kombinasi rasa teh yang bervariasi banyak juga yang menambahkan berbagai jenis campuran seperti bunga melati didalamnya untuk menambah aroma wangi yang khas. Jenis teh yang adapun bermacam-macam seperti teh putih, teh rooibos, teh oolong, teh chamomile, teh hitam, teh hijau, teh peppermint dan lain. Dengan banyaknya jenis teh yang ada, maka sangat penting untuk difahami beberapa manfaat dan efek samping setelah mengonsumsi jenis minuman ini. Selain itu juga perlu diketahui cara penyeduhan yang baik agar bisa mendapatkan manfaat dari teh tersebut dengan maksimal dan terhindar dari berbagai efek samping dari minuman tersebut seperti berubahknya kandungan zat baik dengan proses tertentu sehingga dapat menjadi jenis minuman yang beracun. Cara dan waktu untuk mengonsumsi minuman ini juga sangat diperhatikan. Karena masa lamanya penyeduhan dan cara pengolahan teh ini sangat menentukan kualitas dari teh itu sendiri. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena efek dari minuman ini akan dapat berdampak buruk pada diri anda.

Pada masyarakat umumnya sering mengabaikan hal ini karena banyaknya anggapan bahwa teh merupakan minuman pelengkap makan siang yang sangat menyegarkan tanpa menghiraukan dari proses pembuatan dan jangka waktu konsumsi yang diperlukan.

teh merupakan salah satu jenis minuman yang bersal dari tumbuh-tumbuhan yaitu daun teh (Camelia Sinensis). Rasa dan warna yang sangat memikat membuat banyak masyarakat menyukai berbagai jenis teh tersebut, bahkan ada yang menggunakannya sebagai obat. teh memiliki berbagai jenis dan karakter kandungan dan cara penyajian yang sangat bervariasi antara lain teh hijau, teh hitam, teh herbal, teh putih, flavored teh, oolong teh, teh rooibos, teh chamomile, teh hitam, teh peppermint dimana setiap jenis memiliki karakteristik dan manfaat sendiri. Antara lain menjaga kesehatan, Menambah daya tahan tubuh, menyembuhkan penyakit dll.

Namun tahukan anda jika teh juga banyak mengandung zat-zat berbahaya seperti kafein jika dalam cara mengonsumsi dan penyeduhannya tidak tepat. Berikut pembahasan lebih rincinya :
– teh sebaiknya diseduh dengan air panas pada suhu 70-750. Disini bertujuan untuk menjaga kualitas dari kondisi kandungan pada teh jika terlalu panas akan menyebabkan kandungan teh menjadi pecah dan hancur sehingga tidak dapat diserap oleh tubuh dengan baik.
– teh sebaiknya diminum pada kondisi hangat. Jika terlalu lama didiamkan, kandungan teh akan mengalami fermentasi yang merubah kandungan baik pada teh menjadi zat lain yang justru dapat menahan penyerapan nutrisi dalam tubuh.
– Penggunaan gula pada penyeduhan teh juga dianjurkan untuk menggunakannya dalam porsi yang sedikit. Karena hal ini bisa menyebabkan anda kurang menyerap nutrisi yang ada dalam teh dan akan banyak menyerap kandungan gula sehingga dapat menimbulkan penyakit kadar gula tinggi.
– Mengonsumsi teh sebaiknya tidak jauh dari waktu penyeduhan.
– Hindari minuman jenis teh yang mengandung kafein tinggi karena tidak baik untuk tubuh.
– Jika dikombinasikan dengan menggunakan air es, lebih baik untuk dihindari. Karena hal ini dapat menurunkan metabolism tubuh anda dengan cara tidak sesuainya suhu tubuh yang justru akan menimbulkan penyakit seperti flu dan radang tenggorokan.

Dalam mengonsumsi teh sebaiknya dengan takaran yang benar dengan mengutamakan akan manfaat dalam teh tersebut dan tidak secara terus menerus atau harus diimbangi pula dengan minuman mineral. Karena pada dasarnya jenis minuman yang baik untuk tubuh yaitu dengan banyak meminum air mineral/air putih.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Penyebab Lutut Sakit Saat Ditekuk atau Diluruskan

Penyebab Lutut Sakit Saat Ditekuk atau Diluruskan

Sakit lutut saat ditekuk atau diluruskan merupakan keluhan yang banyak dialami orang, baik mereka yang sudah berusia lanjut atau masih dalam usia produktif. Daerah lutut terdiri atas tulang, tulang rawan, otot, ligamen, tendon, meniskus, dan bursa. Kelainan atau gangguan pada salah satu struktur tersebut dapat menimbulkan nyeri. Selain nyeri, evaluasi penyebab nyeri lutut juga didasari pada: Karakteristik nyeri (apakah tiba-tiba, menetap, nyeri tajam atau ngilu, apakah nyeri bertambah) Lokasi nyeri (pada satu atau kedua lutut, di belakang lutut atau di sekitar tempurung, atau di daerah persendian) Pencetus nyeri (cedera, aktivitas sehari-hari, atau penggunaan berlebihan) Gejala penyerta (seperti memar, perubahan warna kulit, bunyi, bengkak, kaku, kelemahan sendi, penurunan rentang gerak, dan sebagainya) Gejala yang memberat (contohnya akibat duduk atau berdiri lama, beristirahat, atau akibat pergerakan) Ketika lutut mengalami kesulitan menekuk atau bergerak lurus, beberapa penyebab berikut perlu dipikirkan: Bursitis Di antara tendon dan kulit terdapat kantong berisi cairan yang disebut bursa, yang menjadi bantalan pencegah gesekan antara kulit, tendon, dan tulang. Fungsi lain [...]

Khasiat Kunyit untuk Tubuh: Sembuhkan Luka Bakar & Melangsingkan

Khasiat Kunyit untuk Tubuh: Sembuhkan Luka Bakar & Melangsingkan

Kunyit tak hanya bisa digunakan sebagai pelezat masakan. Jenis rempah-rempah ini juga berkhasiat menyembuhkan dan menjaga kesehatan Anda secara holistik. Ini dia manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan tubuh, seperti dikutip dari iDiva.1. Menyembuhkan Luka Bakar RinganKunyit bisa membantu mempercepat penyembuhan pada luka tersayat dan luka bakar ringan. Selain itu, kunyit juga memberi efek sejuk dan menenangkan kulit yang terluka. "Kunyit bersifat sebagai antiseptik yang mencegah luka semakin parah karena infeksi bakteri," ujar Dr Deepali Shastri, pakar pengobatan ayurveda asal Mumbai.Campur kunyit yang sudah diparut dengan air bersih sampai terbentuk seperti pasta. Lalu tempelkan pada bagian yang terkena luka. Sebaiknya diaplikasikan dua kali sehari untuk mempercepat penyembuhan.2. Melegakan PernapasanPernapasan yang terasa sesak karena tersumbat dahak bisa diatasi dengan susu yang dicampur sedikit kunyit. Menurut Dr Shastri, "Kunyit melegakan pernapasan dengan berfungsi sebagai anti peradangan. Dia juga bagus untuk mengatasi pembengkakan di organ internal."3. Melangsingkan TubuhKunyit membantu mengatasi masalah pencernaan, dan berdampak pada penurunan berat badan yang leb [...]

Merokok Pada Kehamilan dan Rendahnya Kemampuan Membaca Anak

Merokok Pada Kehamilan dan Rendahnya Kemampuan Membaca Anak

Anak-anak yang ibunya merokok satu bungkus atau lebih setiap harinya ketika sedang hamil, memiliki potensi anak dengan kemampuan membaca yang lebih buruk dari anak-anak lainnya. Peneliti menganalisis data dari lebih dari 5.000 anak di Inggris, dan membandingkan skor mereka pada serangkaian tes guna menilai seberapa akurat anak membaca dan memahami apa yang dibacanya. Anak-anak diuji berusia 7 dan 9 tahun. Rata-rata, anak-anak yang ibunya merokok sedikitnya satu bungkus rokok per hari selama kehamilan memiliki skor 21 persen lebih rendah pada tes yang dilakukan terhadap anak-anak yang lahir dari ibu tidak merokok, menurut penelitian yang diterbitkan bulan November dalam Journal of Pediatrics, seperti dilansir dari medicinenet.com Silakan klik next, untuk melanjutkan. Merokok Pada Kehamilan dan Rendahnya Kemampuan Membaca Anak Dalam sebuah kelas yang berisikan 31 siswa dengan latar belakang yang sama dan pendidikan, anak dari ibu yang merokok memiliki rata-rata tujuh peringkat lebih rendah dalam hal akurasi membaca dan kemampuan pemahaman dari pada anak dari ibu yang tidak merokok, menurut kesimpulan dari para peneliti. "Ini bukan perbedaan yang sedikit ? itu a [...]

Cara Memperkuat Otak

Cara Memperkuat Otak

Menjadi pintar ternyata bukan hal yang terjadi karena spontan. Selain faktor genetik ada beberapa cara yang digunakan agar kecerdasan seseorang meningkat, yaitu; 1. Olahraga : Sebuah studi di Universitas Cambridge menyatakan, joging beberapa kali dalam seminggu dapat merangsang otak. Dengan berjalan selama beberap jam, ratusan ribu sel-sel otak baru akan tumbuh dan ada pembentukan serta ingatan akan kenangan. Baru-baru ini, para ilmuwan juga menemukan bahwa olahraga mampu melepaskan protein yang bernama "noggin". Protein ini akan bertindak sebagai agen kontra terhadap protein lain, seperti protein tulang morfogenetik. Sehingga merangsang peningkatan pembagian sel batang otak, otak tetap gesit dan aktif seiring bertambahnya usia. Penelitian juga menunjukkan menguatnya produksi "noggin" dapat mencegah penyakit otak yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer. 2. Tidur Siang : Ilmuwan menduga bahwa tidur siang memiliki dampak signifikan pada kapasitas memori otak. Penelitian terakhir menemukan bahwa tidur selama satu jam di sore hari meningkatkan daya kerja otak dan secara dramatis meningkatkan kemampuannya untuk mempelajari fakta-fakta baru dan tugas. 3. Makanan Kaya Magnesium [...]

Seluk Beluk Sakit Usus Buntu

Seluk Beluk Sakit Usus Buntu

Pernahkah Anda pernah mendengar istilah dari usus buntu? Usus buntu atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah ?appendisitis? adalah peradangan dari usus buntu atau apendiks. Kejadian ini cukup umum dialami oleh populasi umum, oleh karena itu pengetahuan tentang penyakit ini perlu Anda ketahui. Apa gejala apendisitis? Gejala klasik dari usus buntu adalah nyeri tiba-tiba di daerah sekitar pusat pada fase awal. Selain itu, pasien juga dapat mengeluh mual, muntah dan demam. Selain itu, nyeri perut juga juga dapat berpindah ke bagian perut kanan bawah. Apabila peradangan usus buntu ini pecah, maka akan menyebabkan materi usus mengkontaminasi rongga perut. Dinding abdomen akan terasa tegang dan nyeri. (Baca: Sakit Perut Kanan Bawah? Waspadai Usus Buntu!) Apa faktor risiko dari apendisitis? Apendisitis paling umum terjadi pada usia dekade kedua dan ketiga. Selain itu kebersihan juga mempengaruhi terjadinya peradangan usus buntu. Pada keadaan lingkungan yang bersih maka akan mengurangi kemungkinan terjadinya peradangan pada usus yang juga pada akhirnya menyebabkan peradangan usus buntu. Seluk Beluk Sakit Usus Buntu Bagaimana membedakan nyeri perut akibat ap [...]

Atasi Mulut Kering dan Berbau Saat Bangun Tidur

Atasi Mulut Kering dan Berbau Saat Bangun Tidur

Sesegera mungkin atasi mulut kering dan berbau saat bangun tidur. Setiap harinya, saliva (air liur) diekskresi hingga 0.5 ? 1.5 liter oleh tiga kelenjar liur besar yang berada di sekitar mulut dan tenggorokan. Aliran saliva menurun saat sedang tidur, terutama saat tidur malam. Oleh karena itu kita sering merasa mulut kering dan berbau kurang sedap saat baru bangun tidur. Di sinilah pentingnya menyikat gigi sebelum tidur, supaya sisa makanan bersih tuntas dan tidak mengalami pembusukan oleh bakteri saat kita sedang tidur. [...]

Mengenal Penyakit Von Willebrand

Mengenal Penyakit Von Willebrand

Von Willebrand (VWF) adalah gangguan pada perdarahan yang disebabkan oleh kekurangan protein yang paling banyak diderita orang. Faktanya, ia bukan penyakit tunggal, tetapi penyakit turunan atau keluarga. Jenis penyakit ini disebabkan oleh masalah Von Willebrand Factor (VWF). Ini adalah protein dalam darah yang diperlukan untuk pembekuan darah. Gen yang membuat VWF bekerja pada dua jenis sel, yaitu : sel endotel yaitu yang melapisi pembulu darah trombosit Jika tidak terdapat cukup VWF dalam darah, atau tidak bekeja dengan baik, maka dalam proses pembekuan darah memerlukan waktu yang lebih lama. Dalam tubuh darah diangkut ke pembuluh darah. Jika ada cedara jaringan, terjadi kerusakan pembuluh darah dan akan menyebabkan kebocoran darah melalui lubang pada dinding pembuluh darah tersebut. Pembuluh dapat rusak dekat permukaan seperti saat terpotong. Atau ia dapat rusak di bagian dalam tubuh sehingga terjadi memar atau perdarahan dalam. Mengenal Penyakit Von Willebrand Trombosit adalah sel kecil yang beredar dalam darah. Setiap trombosit berukuran garis tengah kurang dari 1/10,000 centimeter. Terdapat 150 sampai 400 miliar trombosit dalam satu liter dara [...]

Liver Melintir Karena Minum Bir

Liver Melintir Karena Minum Bir

Pada prinsipnya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Namun untuk urusan bir ataupun minuman beralkohol lainnya, tahukah Anda bahwa sedikit atau banyak, hasilnya sama saja merusak liver Anda? Sekalipun hanya dalam sepekan Anda minum 1 botol bir ukuran sedang (300 ml), Anda sudah berisiko memiliki kondisi perlemakan di organ hati Anda (fatty liver). Perlemakan hati adalah kondisi dimana liver Anda mengalami penumpukan lemak melebihi 5% dari berat total organ hati Anda, (lihat gambar). Dampaknya apa? Tentunya jika dibiarkan fatal nan maut akibatnya. Perlahan namun pasti, tubuh Anda mengalami kegagalan penyerapan beberapa nutrisi dari makanan yang dimakan. Jika demikian, produk sisa metabolisme dapat menumpuk dan merusak ke otak Anda. Bahaya bukan? Gejalanya seperti apa? Halaman selanjutnya penjelasannya. Gejala Perlemakan Hati Perlemakan hati yang terjadi umumnya tidak menimbulkan gejala yang khas. Namun paling umum adalah biasanya penderita akan merasa badannya lemas-lemas, cepat lelah dan sering muncul rasa tidak nyaman pada perut kanan atas. Pemeriksaan tambahan: Cek laboratorium: Jika Anda mencurigai gejala-gejala tersebut dan kemudian Anda melanjutkan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *