Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan Tubuh

minum teh

Minuman yang satu ini merupakan minuman yang banyak dikonsumsi dikalangan masyarakat dengan kombinasi rasa dan kemasan berbagai jenis gaya. Keunikan dari jenis minuman ini dikenal dengan banyak tipe dan kelas sebagai nilai kualitas teh itu sendiri yang tentunya dengan berbagai kelas harga yang ditawarkan. Tidak sedikit masyarakat yang memiliki selera tinggi terhadap jenis teh tersebut hingga mau mengeluarkan uang dengan harga yang tinggi untuk mendapatkan jenis teh tertentu. Namun dilain sisi teh dengan kualitas sederhana tidak sedikit pula yang mengemas jenis minuman ini dengan berbagai fariasi dengan harga yang cukup terjangkau dan sangat praktis.

Dengan banyaknya peminat minuman jenis ini baik dari kalangan masyarakat menengah kebawah hingga masyarakat menengah keatas dengan berbagai jenis variasi yang ditawarkan, namun banyak kalangan masyarakat kurang memahami tentang kasiat pada teh tersebut pada kesehatan tubuhnya. Maka dapat sedikit dijabarkan pada artikel ini apa sebenarnya yang ada dibalik kenikmatan dari sepucuk teh untuk kesehatan tubuh.

Teh merupakan minuman yang dihasilkan dari zat warna dari daun teh yang dikeringkan. Namun pada kombinasi rasa teh yang bervariasi banyak juga yang menambahkan berbagai jenis campuran seperti bunga melati didalamnya untuk menambah aroma wangi yang khas. Jenis teh yang adapun bermacam-macam seperti teh putih, teh rooibos, teh oolong, teh chamomile, teh hitam, teh hijau, teh peppermint dan lain. Dengan banyaknya jenis teh yang ada, maka sangat penting untuk difahami beberapa manfaat dan efek samping setelah mengonsumsi jenis minuman ini. Selain itu juga perlu diketahui cara penyeduhan yang baik agar bisa mendapatkan manfaat dari teh tersebut dengan maksimal dan terhindar dari berbagai efek samping dari minuman tersebut seperti berubahknya kandungan zat baik dengan proses tertentu sehingga dapat menjadi jenis minuman yang beracun. Cara dan waktu untuk mengonsumsi minuman ini juga sangat diperhatikan. Karena masa lamanya penyeduhan dan cara pengolahan teh ini sangat menentukan kualitas dari teh itu sendiri. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena efek dari minuman ini akan dapat berdampak buruk pada diri anda.

Pada masyarakat umumnya sering mengabaikan hal ini karena banyaknya anggapan bahwa teh merupakan minuman pelengkap makan siang yang sangat menyegarkan tanpa menghiraukan dari proses pembuatan dan jangka waktu konsumsi yang diperlukan.

teh merupakan salah satu jenis minuman yang bersal dari tumbuh-tumbuhan yaitu daun teh (Camelia Sinensis). Rasa dan warna yang sangat memikat membuat banyak masyarakat menyukai berbagai jenis teh tersebut, bahkan ada yang menggunakannya sebagai obat. teh memiliki berbagai jenis dan karakter kandungan dan cara penyajian yang sangat bervariasi antara lain teh hijau, teh hitam, teh herbal, teh putih, flavored teh, oolong teh, teh rooibos, teh chamomile, teh hitam, teh peppermint dimana setiap jenis memiliki karakteristik dan manfaat sendiri. Antara lain menjaga kesehatan, Menambah daya tahan tubuh, menyembuhkan penyakit dll.

Namun tahukan anda jika teh juga banyak mengandung zat-zat berbahaya seperti kafein jika dalam cara mengonsumsi dan penyeduhannya tidak tepat. Berikut pembahasan lebih rincinya :
– teh sebaiknya diseduh dengan air panas pada suhu 70-750. Disini bertujuan untuk menjaga kualitas dari kondisi kandungan pada teh jika terlalu panas akan menyebabkan kandungan teh menjadi pecah dan hancur sehingga tidak dapat diserap oleh tubuh dengan baik.
– teh sebaiknya diminum pada kondisi hangat. Jika terlalu lama didiamkan, kandungan teh akan mengalami fermentasi yang merubah kandungan baik pada teh menjadi zat lain yang justru dapat menahan penyerapan nutrisi dalam tubuh.
– Penggunaan gula pada penyeduhan teh juga dianjurkan untuk menggunakannya dalam porsi yang sedikit. Karena hal ini bisa menyebabkan anda kurang menyerap nutrisi yang ada dalam teh dan akan banyak menyerap kandungan gula sehingga dapat menimbulkan penyakit kadar gula tinggi.
– Mengonsumsi teh sebaiknya tidak jauh dari waktu penyeduhan.
– Hindari minuman jenis teh yang mengandung kafein tinggi karena tidak baik untuk tubuh.
– Jika dikombinasikan dengan menggunakan air es, lebih baik untuk dihindari. Karena hal ini dapat menurunkan metabolism tubuh anda dengan cara tidak sesuainya suhu tubuh yang justru akan menimbulkan penyakit seperti flu dan radang tenggorokan.

Dalam mengonsumsi teh sebaiknya dengan takaran yang benar dengan mengutamakan akan manfaat dalam teh tersebut dan tidak secara terus menerus atau harus diimbangi pula dengan minuman mineral. Karena pada dasarnya jenis minuman yang baik untuk tubuh yaitu dengan banyak meminum air mineral/air putih.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Awas! Anak Salah Tidur, Tulang Bisa Bengkok

Awas! Anak Salah Tidur, Tulang Bisa Bengkok

Oleh: dr. Aditihia Kwee Apakah Anda pernah memperhatikan bentuk tulang belakang anak Anda yang tidak lurus seperti anak lainnya? Mungkin anak Anda menderita skoliosis. Skoliosis merupakan suatu kelainan bentuk tulang belakang yang mana tulang belakang membengkok ke samping sehingga membentuk huruf ?C? ataupun ?S?. Biasanya dapat terlihat pada bagian pinggul atau bahu yang tinggi sebelah dan tidak simetris. Skoliosis dapat timbul tanpa diketahui penyebabnya atau disebut skoliosis idiopatik dan dapat juga disertai penyebab seperti trauma ataupun kesalahan kebiasaan posisi duduk atau bahkan kebiasaan tidur saat masih kecil. Skoliosis biasanya menimbulkan nyeri pada penderitanya, terutama jika penderita kelelahan, terlalu lama duduk atau berdiri, dan mengangkat beban berat. Hal ini dikarenakan beban yang ditumpu oleh tulang belakang tidak seimbang sehingga lokasi tulang belakang tersebut bengkok akan terasa nyeri. Penanganan skoliosis dapat dilakukan dengan 3 cara. 1. Pengamatan Langsung Pengamatan langsung yang dilakukan dimaksudkan untuk mengontrol derajat dari kelengkungan tulang apakah bertambah setiap tahunnya. Biasanya dilakukan oleh penderita skoliosis dengan derajat ringan. 2. [...]

Inilah Tes-tes Untuk Periksa Kanker Serviks

Inilah Tes-tes Untuk Periksa Kanker Serviks

Banyak wanita tidak menyadari bahaya kanker serviks sehingga cenderung cuek dan tidak terlalu peduli untuk melakukan deteksi dini. Padahal, pemeriksaan rutin dan dini pada daerah serviks wanita merupakan kunci untuk mencegah kematian karena kanker serviks. Hal ini berkaitan dengan sifat penyakit yang tidak memberikan gejala pada stadium awal. Lebih dini ditemukan maka kanker serviks dapat lebih cepat ditangani dan harapan hidup meningkat lebih besar ketimbang jika kanker serviks baru diketahui pada stadium lebih lanjut. Pemeriksaan perlu dilakukan walaupun wanita tersebut merasa sehat. Beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan antara lain adalah: Tes Deteksi Dini Kanker Serviks Beberapa tes untuk mendeteksi Kanker Serviks: Tes IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) Tes IVA merupakan salah satu pemeriksaan untuk mendeteksi dini kanker serviks yang sangat mudah dilakukan. Pemeriksaan dilakukan dengan pemulasan asam asetat 3-5% pada daerah leher serviks. Hasilnya dapat langsung disimpulkan dan hanya berlangsung selama 5 menit. Tes Pap (Pap Smear) Tes Pap memberikan hasil yang lebih akurat daripada tes IVA, namun prosedur pemeriksaan juga lebih rumit. [...]

Survei: Memandangi Foto Selfie Teman Buat Wanita Makin Tak Percaya Diri

Survei: Memandangi Foto Selfie Teman Buat Wanita Makin Tak Percaya Diri

Suka selfie dan asyik berlama-lama di social media? Hati-hati, 'hobi mainstream' ini bisa membuat Anda, para wanita merasa khawatir dengan bentuk tubuh sendiri.Penelitian terbaru menemukan, melihat foto-foto teman di Facebook, Path, Twitter atau Instagram akan membuat wanita cenderung tidak percaya diri dengan tubuhnya. Semakin sering wanita melihat foto selfie dan foto lainnya di social media, akan semakin sering juga mereka memandang negatif dirinya. Menariknya, foto-foto teman atau orang yang mereka kenal jauh lebih besar memengaruhi imej tubuh ketimbang melihat selfie selebriti. Studi ini merupakan yang pertama kali meneliti tentang korelasi antara durasi menggunakan social media dan imej tubuh yang negatif.Sejak dulu media massa memang sudah diketahui memiliki pengaruh besar terhadap cara orang memandang penampilan dirinya. Namun masih banyak yang belum tahu tentang bagaimana social media memengaruhi pandangan seseorang tentang tubuhnya sendiri.Dari penelitian yang dilakukan di University of Strathclyde, Ohio University dan University of Iowa diketahui bahwa wanita muda merupakan pengguna social media yang paling banyak dan mereka mem-posting foto selfie di internet lebih b [...]

7 Penyebab Kenapa Badan Terasa Lemas Terus-terusan

7 Penyebab Kenapa Badan Terasa Lemas Terus-terusan

Anda pernah merasa lemas seharian? Bahkan sampai-sampai Anda tidak ada semangat sekali untuk beraktivitas. Jika demikian, sudah saatnya Anda menyimak artikel ini untuk penjelasan medisnya. Pada umumnya, kondisi lemas dan lelah banyak dikaitkan oleh indikasi dari penyakit-penyakit. Namun sebelum lebih jauh berbicara soal potensi gejala penyakit, sebetulnya ada beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan kenapa kita bisa lemas dan lelah seharian. Berikut adalah beberapa penyebab kenapa badan kita terasa lemas dan lelah terus-terusan: Penyebab Lemas-lemas #1: Apa Yang Kita Makan Mengkonsumsi kafein dan gula dapat menjadi bumerang bagi kesehatan. Pasalnya kafein dan gula justru dapat membuat Anda semakin lelah dan lemas-lemas. Tak luput pula, terdapat sederet risiko kesehatan lainnya yang ditimbulkan kafein dan gula. Daripada mengkonsumsi gula dan kopi lebih baik Anda mengkonsumsi buah, sayur, dan protein. Dengan mengkonsumsi makanan sehat maka rasa lelah Anda dapat berkurang. Dengan diet yang baik juga, resiko untuk terjadi obesitas berkurang, dimana obesitas menjadi kontributor besar sebagai penyebab kelelahan. Penyebab Lemas-lemas [...]

Angioplasti, Penyelamat Nyawa Pengidap Sakit Jantung

Angioplasti, Penyelamat Nyawa Pengidap Sakit Jantung

Angioplasti koroner adalah prosedur untuk membuka penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah jantung. Setelah menjalani angioplasti, harapan hidup seseorang yang pernah atau berisiko mengalami serangan jantung dapat meningkat dan risiko untuk serangan jantung berikutnya dapat berkurang. Pada umumnya angioplasti berperan meningkatkan aliran darah pada jantung. Mekanisme ini dilakukan dengan memasukkan dan menggembungkan balon kecil di bagian pembuluh darah yang tersumbat untuk membantu memperluas salurannya. Prosedur ini sebenarnya termasuk umum dalam penanganan penyakit jantung, terutama pada pasien di atas 65 tahun. Prosedur ini kerap dikombinasikan dengan penempatan tabung kawat kecil yang disebut dengan stent. Sebagian stent dilapisi obat-obatan yang membantu menjaga aliran darah dalam pembuluh darah tetap terbuka. Penempatan stent bertujuan membuka dinding pembuluh darah dan mencegahnya kembali menyempit. Peran Angioplasti Secara umum angioplasti adalah solusi untuk gangguan kesehatan berikut: Untuk memperbaiki aliran darah ke jantung yang tersumbat pada pengidap aterosklerosis, antara lain gejalanya adalah nyeri dada dan sesak napas. Aterosklerosis, yaitu pengerasan [...]

Kenali Jenis Kulit Anda

Kenali Jenis Kulit Anda

Pada dasarnya, terdapat 3 klasifikasi jenis kulit pada manusia, ketiga tipe dasar kulit adalah kering, berminyak, dan kombinasi. Kulit Berminyak Kulit berminyak mudah terindikasi dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengkilap. Pada jenis kulit macam ini, banyak kasus timbulnya komedo dan jerawat. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan kalenjar minyak (sebum) yang sebetulnya berfungsi membantu mencegah kulit dari kekeringan. Namun akibat lingkungan yang penuh kotoran dan debu yang tidak terlihat, kulit berminyak cenderung lebih mudah ?menangkap? kotoran dan debu yang tidak terlihat tersebut dibangdingkan jenis kulit kering. Tak ayal, kulit berminyak cenderung lebih mudah timbul jerawat pada permukaan kulit. Sesungguhnya kendala ini mudah diatasi dengan mencuci muka dengan sabun khusus muka dan air yang mengalir. Cukup basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel, kemudian gunakan air dingin untuk mencuci wajah dengan sabun muka. Bila perlu, untuk perawatannya dapat menggunakan toner dan astringent yang mengandung alkohol, dan jika perlu, gunakan cleanser cair yang formulanya sangat ringan. Kulit berminyak [...]

Nyeri Sendi? Makan Brokoli Saja!

Nyeri Sendi? Makan Brokoli Saja!

Brokoli, sayuran hijau yang terkadang dihindari oleh si kecil ini memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. 100 gram brokoli dapat memenuhi kebutuhan: 150% kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan oleh tubuh, serat, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin A, zat besi, zinc, fosfor dan nutrisi nabati lainnya. Dewasa ini, sebuah group peneliti di Universitas of East Anglia membuktikan dugaan mereka bahwa peningkatan konsumsi brokoli dapat melindungi sendi-sendi tubuh dari kerusakan tulang rawan yang kerap dipicu oleh trauma atau arthritis. Di balik penampilannya yang seperti orang kribo, ternyata brokoli mengandung senyawa bernama ?sulforaphane? yang mampu mengaktifkan 200 gen yang berbeda. Selain itu, masih ada beberapa manfaat kesehatan brokoli lainnya, antara lain: Brokoli dan Manfaat Kesehatannya Beberapa ahli juga menengarai bahwa senyawa ini juga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah, awal dari rangkaian terjadinya Serangan jantung dan stroke.Tidak hanya itu, senyawa yang sama juga terbukti dapat membunuh sel kanker darah, leukemia dengan cara meningkatkan kerja enzim yang melindungi kerusakan sel oleh molekul kimia penyebab kanker. [...]

Makanan Pencegah Rambut Rontok

Makanan Pencegah Rambut Rontok

Seperti bagian lain dari tubuh, sel dan proses yang menjadi dasar rambut yang kuat tergantung dari diet yang seimbang. Sulitnya, perubahan pada rambut baru terlihat beberapa bulan setelah terjadinya defisiensi nutrisi atau efek pengurangan diet yang bersifat berlebih dalam waktu singkat. Nutrien yang Anda makan membantu memfortifikasi folikel rambut dan kulit kepala yang mengelilinginya. Folikel yang lebih sehat membuat rambut lebih sehat. Memang makanan bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kesehatan rambut Anda. Kebiasaan merokok, ketidakseimbangan hormon, dan kurangnya tidur dapat mempengaruhi bagaimana rambut terlihat dan terasa. Namun, satu hal yang dapat Anda lakukan adalah mengatur diet Anda menjadi lebih seimbang, bervariasi, dan tinggi protein. Ingin tahu apa saja makanan untuk pencegah rambut rontok? Silakan klik next. Makanan Pencegah Rambut Rontok Berikut adalah 10 jenis makanan yang dapat Anda konsumsi: Salmon Kandungan protein dan vitamin D yang merupakan kunci rambut yang kuat tinggi pada salmon. Selain itu asam lemak omega-3 pada salmon diperlukan oleh tumbuh untuk menumbuhkan rambut. Omega-3 juga ditemukan pada membran sel pada kulit [...]

Mencegah Penurunan Payudara

Mencegah Penurunan Payudara

Payudara adalah salah satu bagian tubuh di wanita yang memberikan rasa percaya diri. Namun payudara wanita secara alami akan mengendur seiring dengan bertambahnya usia. Yang menjadi masalah adalah ketika banyak wanita muda yang mengalami pengenduran payudara dini yang seharusnya tidak terjadi pada masa tersebut. Hal yang dapat menyebabkan payudara mengendur adalah: Merokok Kelebihan berat badan Olahraga yang tidak memakai bra yang tepat Ukuran bra sehari-hari yang tidak tepat Berat badan naik dan turun dengan cepat Kehamilan yang besar Gaya gravitasi. Gaya tarik bumi dapat mempengaruhi payudara, jadi sangatlah penting untuk menggunakan bra yang menyediakan dukungan yang cukup pada payudara untuk menahan efek gravitasi. Bagaimana cara mencegah payudara turun dan kendur? Mencegah Penurunan Payudara Pencegahan terhadap pengenduran payudara lebih mudah daripada menangani masalah pengenduran payudara tersebut. Bagaimana cara untuk mencegah payudara mengendur, berikut tips yang dapat Anda pelajari: Ketahui ukuran payudara Anda. Sebanyak 80% wanita memakai ukuran bra yang salah. Jenis bra memang pilihan pribadi Anda, namun jik [...]

Sebuah Klinik Gigi Ditemukan Tidak Higienis

Sebuah Klinik Gigi Ditemukan Tidak Higienis

Sebuah Klinik Gigi Ditemukan Tidak Higienis Oleh: drg. Martha Mozartha Oklahoma, salah satu negara bagian di Ameriksa Serikat, saat ini cukup digemparkan dengan adanya berita seorang dokter gigi yang dituduh menjalankan praktiknya tanpa mengindahkan kebersihan klinik dan sterilisasi alat-alat kedokteran giginya. Sebanyak 7000 pasien yang pernah menjadi pasien Dr. W. Scott Harrington selama 6 tahun terakhir telah dikirimkan surat dari Departemen Kesehatan Kota Tulsa. Surat tersebut berisi peringatan mengenai buruknya higienitas klinik sang dokter, dan pasien-pasien tersebut sangat disarankan untuk datang ke North Regional Health and Wellness Center Tulsa pada hari Sabtu lalu (30/3). Sebanyak 420 orang datang memenuhi panggilan tersebut dan telah menjalani pemeriksaan Hepatitis B, Hepatitis C serta HIV. Kaitlin Snider, juru bicara Departemen Kesehatan Tulsa, mengatakan Dr. Harrington telah menjalankan prakteknya selama 36 tahun. Petugas kesehatan menemukan bahwa instrumen kedokteran gigi yang digunakan di klinik tersebut tidak dibersihkan dan disterilisasi dengan benar, dan berpotensi untuk menularkan penyakit infeksi menular seperti Hepatitis dan AIDS. Selain itu, terdapat keluhan a [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *