Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan Tubuh

minum teh

Minuman yang satu ini merupakan minuman yang banyak dikonsumsi dikalangan masyarakat dengan kombinasi rasa dan kemasan berbagai jenis gaya. Keunikan dari jenis minuman ini dikenal dengan banyak tipe dan kelas sebagai nilai kualitas teh itu sendiri yang tentunya dengan berbagai kelas harga yang ditawarkan. Tidak sedikit masyarakat yang memiliki selera tinggi terhadap jenis teh tersebut hingga mau mengeluarkan uang dengan harga yang tinggi untuk mendapatkan jenis teh tertentu. Namun dilain sisi teh dengan kualitas sederhana tidak sedikit pula yang mengemas jenis minuman ini dengan berbagai fariasi dengan harga yang cukup terjangkau dan sangat praktis.

Dengan banyaknya peminat minuman jenis ini baik dari kalangan masyarakat menengah kebawah hingga masyarakat menengah keatas dengan berbagai jenis variasi yang ditawarkan, namun banyak kalangan masyarakat kurang memahami tentang kasiat pada teh tersebut pada kesehatan tubuhnya. Maka dapat sedikit dijabarkan pada artikel ini apa sebenarnya yang ada dibalik kenikmatan dari sepucuk teh untuk kesehatan tubuh.

Teh merupakan minuman yang dihasilkan dari zat warna dari daun teh yang dikeringkan. Namun pada kombinasi rasa teh yang bervariasi banyak juga yang menambahkan berbagai jenis campuran seperti bunga melati didalamnya untuk menambah aroma wangi yang khas. Jenis teh yang adapun bermacam-macam seperti teh putih, teh rooibos, teh oolong, teh chamomile, teh hitam, teh hijau, teh peppermint dan lain. Dengan banyaknya jenis teh yang ada, maka sangat penting untuk difahami beberapa manfaat dan efek samping setelah mengonsumsi jenis minuman ini. Selain itu juga perlu diketahui cara penyeduhan yang baik agar bisa mendapatkan manfaat dari teh tersebut dengan maksimal dan terhindar dari berbagai efek samping dari minuman tersebut seperti berubahknya kandungan zat baik dengan proses tertentu sehingga dapat menjadi jenis minuman yang beracun. Cara dan waktu untuk mengonsumsi minuman ini juga sangat diperhatikan. Karena masa lamanya penyeduhan dan cara pengolahan teh ini sangat menentukan kualitas dari teh itu sendiri. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena efek dari minuman ini akan dapat berdampak buruk pada diri anda.

Pada masyarakat umumnya sering mengabaikan hal ini karena banyaknya anggapan bahwa teh merupakan minuman pelengkap makan siang yang sangat menyegarkan tanpa menghiraukan dari proses pembuatan dan jangka waktu konsumsi yang diperlukan.

teh merupakan salah satu jenis minuman yang bersal dari tumbuh-tumbuhan yaitu daun teh (Camelia Sinensis). Rasa dan warna yang sangat memikat membuat banyak masyarakat menyukai berbagai jenis teh tersebut, bahkan ada yang menggunakannya sebagai obat. teh memiliki berbagai jenis dan karakter kandungan dan cara penyajian yang sangat bervariasi antara lain teh hijau, teh hitam, teh herbal, teh putih, flavored teh, oolong teh, teh rooibos, teh chamomile, teh hitam, teh peppermint dimana setiap jenis memiliki karakteristik dan manfaat sendiri. Antara lain menjaga kesehatan, Menambah daya tahan tubuh, menyembuhkan penyakit dll.

Namun tahukan anda jika teh juga banyak mengandung zat-zat berbahaya seperti kafein jika dalam cara mengonsumsi dan penyeduhannya tidak tepat. Berikut pembahasan lebih rincinya :
– teh sebaiknya diseduh dengan air panas pada suhu 70-750. Disini bertujuan untuk menjaga kualitas dari kondisi kandungan pada teh jika terlalu panas akan menyebabkan kandungan teh menjadi pecah dan hancur sehingga tidak dapat diserap oleh tubuh dengan baik.
– teh sebaiknya diminum pada kondisi hangat. Jika terlalu lama didiamkan, kandungan teh akan mengalami fermentasi yang merubah kandungan baik pada teh menjadi zat lain yang justru dapat menahan penyerapan nutrisi dalam tubuh.
– Penggunaan gula pada penyeduhan teh juga dianjurkan untuk menggunakannya dalam porsi yang sedikit. Karena hal ini bisa menyebabkan anda kurang menyerap nutrisi yang ada dalam teh dan akan banyak menyerap kandungan gula sehingga dapat menimbulkan penyakit kadar gula tinggi.
– Mengonsumsi teh sebaiknya tidak jauh dari waktu penyeduhan.
– Hindari minuman jenis teh yang mengandung kafein tinggi karena tidak baik untuk tubuh.
– Jika dikombinasikan dengan menggunakan air es, lebih baik untuk dihindari. Karena hal ini dapat menurunkan metabolism tubuh anda dengan cara tidak sesuainya suhu tubuh yang justru akan menimbulkan penyakit seperti flu dan radang tenggorokan.

Dalam mengonsumsi teh sebaiknya dengan takaran yang benar dengan mengutamakan akan manfaat dalam teh tersebut dan tidak secara terus menerus atau harus diimbangi pula dengan minuman mineral. Karena pada dasarnya jenis minuman yang baik untuk tubuh yaitu dengan banyak meminum air mineral/air putih.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Kebiasaan Sehari-hari yang Tanpa Disadari Berbahaya Bagi Kesehatan

6 Kebiasaan Sehari-hari yang Tanpa Disadari Berbahaya Bagi Kesehatan

Beberapa kebiasaan sehari-hari bisa menyebabkan gangguan kesehatan tanpa Anda sadari. Menyilangkan kaki saat duduk atau memakai jeans yang terlalu ketat mungkin terdengar sepele namun kebiasaan tersebut bisa meningkatkan risiko terkena penyakit tertentu. Ini enam kebiasaan tak sehat yang sebaiknya Anda hindari, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Menyilangkan Kaki Terlalu Lama Saat DudukBerdasarkan penelitian, duduk dengan kaki menyilang bisa meningkatkan tekanan darah. Menyilangkan kaki saat duduk bisa meningkatkan tekanan darah systolic (tekanan ketika jantung berdetak sambil memompa darah) hingga 7 persen, dan tekanan darah dialostic (tekanan antara saat jantung berdetak dan detak berikutnya) 2 persen. Sebaiknya hindari menyilangkan kaki di lutut lebih dari 15 menit dan jangan duduk dengan posisi sama dan di tempat yang sama lebih dari 45 menit. Sesekali berdiri dan berjalanlah, baik itu ke toilet, pantry untuk mengambil minum atau sekadar menyapa rekan kerja di meja lain.2. Tidur dengan Posisi Tengkurap Sepanjang MalamPosisi tengkurap memang lebih memudahkan orang untuk cepat tertidur, namun tidur terlalu lama dalam posisi ini sebaiknya tidak dilakukan. Leher akan [...]

Hubungan Seksual pada Masa Kehamilan

Hubungan Seksual pada Masa Kehamilan

Tidak sedikit pertanyaan yang bermunculan seputar permasalahan berhubungan seksual pada saat kehamilan. Apakah aman berhubungan seks pada saat istri hamil? Apakah berhubungan seks pada saat hamil dapat membahayakan kandungan? Haruskah menggunakan kondom? Atau bahkan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Pada prinsipnya berhubungan seksual pada saat masa kehamilan aman dilakukan, namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicermati. Sebelum membahas lebih jauh, berikut paparannya mengapa berhubungan seks selama masa kehamilan bisa dikatakan aman. Hubungan Seksual Pada Saat Masa Kehamilan Tidak sedikit pertanyaan yang bermunculan seputar permasalahan berhubungan seksual pada saat kehamilan. Apakah aman berhubungan seks pada saat istri hamil? Apakah berhubungan seks pada saat hamil dapat membahayakan kandungan? Haruskah menggunakan kondom? Atau bahkan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Pada prinsipnya berhubungan seksual pada saat masa kehamilan aman dilakukan, namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dicermati. Sebelum membahas lebih jauh, berikut paparannya mengapa berhubungan seks selama masa kehamilan bisa dikatakan aman. [...]

Konsumsi 4 Makanan Ini Sebelum Tidur, Anda Akan Terlelap Sepanjang Malam

Konsumsi 4 Makanan Ini Sebelum Tidur, Anda Akan Terlelap Sepanjang Malam

Apa yang Anda santap saat makan malam bisa memengaruhi kualitas tidur setelahnya. Jika di malam hari Anda kesulitan tidur dan gelisah, bisa jadi karena menu makan malam yang dikonsumsi salah. Maka dari itu agar bisa tidur nyenyak selama tujuh atau delapan jam penuh, pilih beberapa makanan ini dalam menu harian Anda.1. NasiBerdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 2000 responden di Jepang, makan nasi merupakan salah satu cara untuk terlelap tidur. Nasi, terutama nasi putih merupakan jenis karbohidrat sederhana dengan glikemik indeks (GI) yang tinggi. Makanan dengan GI tinggi akan membuat tubuh menghasilkan hormon insulin dalam jumlah banyak agar bisa mencernanya.Produksi insulin dan aktivitas organ dalam mencerna makanan akan membuat sel-sel tubuh kelelahan karena mengeluarkan banyak energi, sehingga yang timbul adalah rasa kantuk yang memicu kita tertidur. Namun makan nasi dalam jumlah banyak saat makan malam tidak disarankan karena bisa memicu kegemukan, penumpukan lemak serta diabetes. Konsumsilah nasi secukupnya sesuai kebutuhan kalori harian dan sajikan bersama sayuran serta protein nabati.2. Susu HangatSusu merupakan sumber tryptophan, jenis asam amino yang diolah tubu [...]

Mengapa Kebersihan Gigi dan Mulut Penting Bagi Ibu Hamil?

Mengapa Kebersihan Gigi dan Mulut Penting Bagi Ibu Hamil?

Oleh: drg. Martha Mozartha, Msi Begitu mendapati kabar gembira bahwa dirinya sedang hamil pada umumnya para wanita langsung terfokus pada kehamilannya, terutama dalam hal menjaga kesehatan kandungan dan mempersiapkan segala sesuatu bagi kedatangan sang buah hati. Satu hal yang kerap terabaikan adalah kesehatan gigi dan mulut. Padahal perawatan gigi dan mulut sangat penting, terutama pada masa kehamilan. Perubahan Hormonal Wanita yang sedang hamil mengalami perubahan hormon yang drastis. Jumlah hormon progesteron meningkat dan hal ini membawa dampak yang besar bagi rongga mulut. Jaringan lunak mulut menjadi lebih rentan terhadap peradangan, terutama gusi, yang ditandai dengan gusi bengkak, berwarna merah terang, dan mudah berdarah. Penyebab utama dari radang gusi (gingivitis) adalah kebersihan gigi dan mulut yang buruk. Oleh karena itu, wanita hamil yang tidak menjaga kebersihan gigi dan mulutnya akan semakin beresiko untuk mengalami gingivitis, meski tingkat keparahannya pada masing-masing orang berbeda-beda. Perubahan Pola Makan Selama kehamilan, para ibu umumnya cepat merasa lapar dan cenderung makan dan minum lebih banyak sepanjang hari. Ada juga para ibu yang memiliki kesukaan [...]

Mari Berpelukan di Hari Berpelukan Sedunia

Mari Berpelukan di Hari Berpelukan Sedunia

Sudahkah Anda berpelukan dengan orang tersayang hari ini? Jika belum, segeralah peluk mereka yang Anda kasihi. Selain karena berpelukan memiliki sejumlah manfaat, seperti menguatkan ikatan antar dua orang yang bersangkutan, hari ini, Rabu (21/1/2014) merupakan Hari Berpelukan Sedunia.Di Indonesia, Hari Berpelukan mungkin belum terlalu familiar. Namun di Amerika Serikat perayaan ini telah dimulai sejak 1986. Kevin Zaborney adalah orang di balik hari tersebut. Kala itu ia melihat bahwa orang-orang di negaranya cenderung malu untuk menunjukkan kasih sayang di depan umum. Berbeda dengan masyarakat Prancis yang menurut studi tiga kali lebih 'mesra' dari pada warga Amerika. Kevin pun berniat untuk mengubah budaya itu.Dikutip dari Medicaldaily, demi mempopulerkan gestur tersebut Kevin mendedikasikan satu hari khusus untuk berpelukan. Dipilihnya 21 Januari karena tanggal tersebut berada di tengah-tengah Natal serta tahun baru dan hari Valentine. 21 Januari juga jatuh pada puncak musim dingin di mana biasanya semangat orang-orang sedikit menurun.Sejak saat itu, Hari Berpelukan Sedunia menyebar ke seluruh dunia dan dianggap sebagai sebuah hari yang patut diperingati. Di Amerika sendiri Ha [...]

7 Kebiasaan Ini Perlu Dilakukan Agar Tak Mudah Gemuk di Usia Tua

7 Kebiasaan Ini Perlu Dilakukan Agar Tak Mudah Gemuk di Usia Tua

Seiring pertambahan usia, metabolisme pun melambat. Proses pembakaran kalori dan energi jadi tidak sesempurna di waktu masih berusia remaja atau awal 20 tahunan sehingga lemak jadi cepat menumpuk dan menyebabkan kegemukan. Waktu dan pertambahan usia memang tidak bisa dicegah, tapi untuk menjadi sehat dan memiliki berat tubuh ideal sampai tua, itu adalah pilihan.Sejumlah penelitian telah menemukan beberapa cara agar tubuh tetap ideal dan tidak mudah naik berat badan. Cara-cara yang telah terbukti secara ilmiah ini mungkin bisa Anda coba untuk menghindari kegemukan dan terkena berbagai penyakit di usia tua.1. Jangan Melewatkan SarapanSarapan merupakan waktu makan terpenting dalam keseharian manusia. Selain untuk menjaga tingkat energi untuk beraktivitas hingga siang hari, sarapan juga mencegah obesitas. Studi yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa orang yang sering melewatkan sarapan, risiko mengalami obesitas 4,5 kali lebih besar ketimbang yang rajin makan pagi. Tidak mengonsumsi makan bernutrisi di pagi hari akan membuat perut kelaparan sebelum siang. Alhasil, Anda jadi kalap dan makan berlebihan saat makan siang. Pilihlah menu sarapan yang mengandu [...]

Waspadai 9 Gejala Kanker Serviks!

Waspadai 9 Gejala Kanker Serviks!

Setiap perempuan berisiko terkena kanker leher rahim dan di Indonesia hampir setiap jam terdapat 1 perempuan yang meninggal akibat kanker serviks. Hal ini terjadi karena kesadaran yang kurang pada para wanita untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Pasalnya, pada tahap awal, kanker leher rahim tidak menimbulkan gejala atau keluhan sama sekali. Pada tahap awal ini, pemeriksaan pada daerah serviks menjadi sangat penting untuk mendeteksi adanya perubahan yang terjadi pada daerah serviks. Gejala dan keluhan akan muncul ketika kanker serviks telah berada pada stadium yang lebih lanjut. Hal tersebut tentunya amat perlu diwaspadai para wanita. Apa saja berbagai gejala kanker serviks? Waspadai 9 Gejala Kanker Serviks! Keputihan kronik yang berbau dan bercampur darah. Perdarahan yang terjadi di luar masa menstruasi. Periode menstruasi yang terjadi lebih berat dan lebih lama daripada biasanya. Perdarahan yang terjadi setelah masa menopause. Perdarahan yang terjadi setelah melakukan hubungan seksual. Perdarahan yang terjadi setelah pemeriksaan panggul atau pembersihan vagina (douching). Nyeri di daerah panggul. Nyeri saat mel [...]

Pernikahan Bisa Bantu Penderita Kanker Bertahan Hidup Lebih Lama

Pernikahan Bisa Bantu Penderita Kanker Bertahan Hidup Lebih Lama

Sampai sekarang, penyakit kanker belum ditemukan obatnya. Orang yang berhasil lolos dari maut karena kanker, tidak sembuh dari kanker melainkan bertahan hidup dengan masih mengidap penyakit mematikan itu dan sering disebut dengan istilah cancer survivor. Bagi pria atau wanita pengidap kanker yang sudah menikah, peluang menjadi cancer survivor bisa lebih besar.Menurut hasil studi terbaru, pernikahan bisa menurunkan risiko seseorang meninggal akibat kanker. Pria dan wanita yang sudah menikah dan hidup harmonis dengan pasangannya, diketahui punya kesempatan bertahan dari penyakit tersebut 20 persen lebih besar ketimbang mereka yang single. Bahkan efek positifnya lebih besar dari kemoterapi.Para peneliti mengatakan, suami atau istri yang peduli dan memperhatikan kondisi pasangannya membuat gejala kanker bisa terdeteksi lebih awal dan membantunya untuk melawan kanker. Paul Nguyen, dokter spesialis kanker yang memimpin penelitian mengungkapkan seperti dilansir Daily Mail, "Jika Anda punya teman atau seseorang yang disayangi, atau orang yang peduli kanker yang bisa menemani saat periksa ke dokter, mereka akan sangat membantu dalam pemahaman tentang diagnosa yang diberikan dokter. Perbe [...]

5 Tanda Air Kencing Anda Tidak Normal

5 Tanda Air Kencing Anda Tidak Normal

Tahukah Anda, bahwa air kencing (urine) Anda bisa menjadi indikator dari kondisi kesehatan tubuh Anda? Dari sekedar setitik darah yang hadir di air kencing, aroma, bahkan sekedar warna air kencing Anda menandakan kondisi tubuh yang Anda miliki. Setiap hari, ginjal Anda menyaring 200 liter darah. Sistem penyaringan ginjal yang kompleks menjaga keseimbangan fungsi kimia dan mineral dalam tubuh dan membuangnya menjadi urine. Namun bagaimana mengetahui urine Anda normal atau tidak? Ketahui jawabannya berikut ini. 1. Kejernihan Air Kencing Warna dan 'konsentrasi' urine dapat membantu Anda mengetahui apakah hidrasi Anda cukup. Jika warna urine Anda kuning gelap, mungkin saja Anda mengalami dehidrasi atau kurang minum. Dehidrasi juga dapat mengakibatkan batu ginjal karena mineral penyebab batu akan terkonsentrasi pada ginjal dan saluran air. Jadi pastikan Anda cukup minum air putih dan warna urine Anda jernih. 2. Warna & Bau Air Kencing Jika urine Anda tidak berwarna kuning, bisa jadi hal tersebut merupakan hal yang serius (misalnya terdapat darah di dalam urine). Namun bisa jadi hal tersebut juga berkaitan dengan diet ataupun obat yang [...]

5 Tips Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar

5 Tips Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar

Luka setelah operasi caesar membutuhkan waktu 4-6 minggu untuk sembuh. Tidak sedikit diantara pasien mengeluhkan lamanya masa pemulihan pasca operasi caesar, sementara lingkungan sekitar sudah menuntut aktivitas Anda. Simak tips-tips berikut ini untuk mempercepat penyembuhan; Berhati-hatilah Pada minggu-minggu pertama, hindari mengangkat benda berat kecuali bayi Anda. Beristirahatlah jika memungkinkan. Perawatan Luka � Cucilah dan bersihkan luka dengan cairan saline (seperti NaCl) � Ganti perban sesering mungkin � Oleskan salep antibiotik (tanyakan kepada dokter Anda jika diperlukan) Cara Luka Operasi Caesar Cepat Sembuh Support Perut Anda Berdiri dan berjalanlah dengan postur tubuh yang baik. Tahan perut Anda pada area bekas luka saat mengalami pergerakkan yang cepat dan tiba-tiba seperti batuk, bersin atau tertawa. Konsumsi Obat-obatan Sesuai Saran Dokter Berkonsultasilah dengan dokter jika diperlukan obat untuk menghilangkan rasa nyeri. Minum Air Putih yang Banyak Dengan konsumsi banyak cairan, maka akan menggantikan volume cairan yang hilang saat melahirkan dan menyusui dan dapat mencegah se [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *