Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan Tubuh

minum teh

Minuman yang satu ini merupakan minuman yang banyak dikonsumsi dikalangan masyarakat dengan kombinasi rasa dan kemasan berbagai jenis gaya. Keunikan dari jenis minuman ini dikenal dengan banyak tipe dan kelas sebagai nilai kualitas teh itu sendiri yang tentunya dengan berbagai kelas harga yang ditawarkan. Tidak sedikit masyarakat yang memiliki selera tinggi terhadap jenis teh tersebut hingga mau mengeluarkan uang dengan harga yang tinggi untuk mendapatkan jenis teh tertentu. Namun dilain sisi teh dengan kualitas sederhana tidak sedikit pula yang mengemas jenis minuman ini dengan berbagai fariasi dengan harga yang cukup terjangkau dan sangat praktis.

Dengan banyaknya peminat minuman jenis ini baik dari kalangan masyarakat menengah kebawah hingga masyarakat menengah keatas dengan berbagai jenis variasi yang ditawarkan, namun banyak kalangan masyarakat kurang memahami tentang kasiat pada teh tersebut pada kesehatan tubuhnya. Maka dapat sedikit dijabarkan pada artikel ini apa sebenarnya yang ada dibalik kenikmatan dari sepucuk teh untuk kesehatan tubuh.

Teh merupakan minuman yang dihasilkan dari zat warna dari daun teh yang dikeringkan. Namun pada kombinasi rasa teh yang bervariasi banyak juga yang menambahkan berbagai jenis campuran seperti bunga melati didalamnya untuk menambah aroma wangi yang khas. Jenis teh yang adapun bermacam-macam seperti teh putih, teh rooibos, teh oolong, teh chamomile, teh hitam, teh hijau, teh peppermint dan lain. Dengan banyaknya jenis teh yang ada, maka sangat penting untuk difahami beberapa manfaat dan efek samping setelah mengonsumsi jenis minuman ini. Selain itu juga perlu diketahui cara penyeduhan yang baik agar bisa mendapatkan manfaat dari teh tersebut dengan maksimal dan terhindar dari berbagai efek samping dari minuman tersebut seperti berubahknya kandungan zat baik dengan proses tertentu sehingga dapat menjadi jenis minuman yang beracun. Cara dan waktu untuk mengonsumsi minuman ini juga sangat diperhatikan. Karena masa lamanya penyeduhan dan cara pengolahan teh ini sangat menentukan kualitas dari teh itu sendiri. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena efek dari minuman ini akan dapat berdampak buruk pada diri anda.

Pada masyarakat umumnya sering mengabaikan hal ini karena banyaknya anggapan bahwa teh merupakan minuman pelengkap makan siang yang sangat menyegarkan tanpa menghiraukan dari proses pembuatan dan jangka waktu konsumsi yang diperlukan.

teh merupakan salah satu jenis minuman yang bersal dari tumbuh-tumbuhan yaitu daun teh (Camelia Sinensis). Rasa dan warna yang sangat memikat membuat banyak masyarakat menyukai berbagai jenis teh tersebut, bahkan ada yang menggunakannya sebagai obat. teh memiliki berbagai jenis dan karakter kandungan dan cara penyajian yang sangat bervariasi antara lain teh hijau, teh hitam, teh herbal, teh putih, flavored teh, oolong teh, teh rooibos, teh chamomile, teh hitam, teh peppermint dimana setiap jenis memiliki karakteristik dan manfaat sendiri. Antara lain menjaga kesehatan, Menambah daya tahan tubuh, menyembuhkan penyakit dll.

Namun tahukan anda jika teh juga banyak mengandung zat-zat berbahaya seperti kafein jika dalam cara mengonsumsi dan penyeduhannya tidak tepat. Berikut pembahasan lebih rincinya :
– teh sebaiknya diseduh dengan air panas pada suhu 70-750. Disini bertujuan untuk menjaga kualitas dari kondisi kandungan pada teh jika terlalu panas akan menyebabkan kandungan teh menjadi pecah dan hancur sehingga tidak dapat diserap oleh tubuh dengan baik.
– teh sebaiknya diminum pada kondisi hangat. Jika terlalu lama didiamkan, kandungan teh akan mengalami fermentasi yang merubah kandungan baik pada teh menjadi zat lain yang justru dapat menahan penyerapan nutrisi dalam tubuh.
– Penggunaan gula pada penyeduhan teh juga dianjurkan untuk menggunakannya dalam porsi yang sedikit. Karena hal ini bisa menyebabkan anda kurang menyerap nutrisi yang ada dalam teh dan akan banyak menyerap kandungan gula sehingga dapat menimbulkan penyakit kadar gula tinggi.
– Mengonsumsi teh sebaiknya tidak jauh dari waktu penyeduhan.
– Hindari minuman jenis teh yang mengandung kafein tinggi karena tidak baik untuk tubuh.
– Jika dikombinasikan dengan menggunakan air es, lebih baik untuk dihindari. Karena hal ini dapat menurunkan metabolism tubuh anda dengan cara tidak sesuainya suhu tubuh yang justru akan menimbulkan penyakit seperti flu dan radang tenggorokan.

Dalam mengonsumsi teh sebaiknya dengan takaran yang benar dengan mengutamakan akan manfaat dalam teh tersebut dan tidak secara terus menerus atau harus diimbangi pula dengan minuman mineral. Karena pada dasarnya jenis minuman yang baik untuk tubuh yaitu dengan banyak meminum air mineral/air putih.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
3 Jurus Mengendalikan Diabetes

3 Jurus Mengendalikan Diabetes

Indonesia menduduki peringkat ketiga jumlah penderita diabetes. Gaya hidup masyarakat yang cenderung tidak sehat menjadi pemicunya, seperti pola makan yang tidak sehat dan kurangnya olahraga. Menerapkan Gerakan 3J (Jumlah, Jenis, dan Jadwal) dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu mengelola diabetes Anda. Gerakan tersebut berkaitan erat dengan pola makan untuk menjaga kadar gula darah agar jauh dari risiko diabetes atau tetap hidup sehat walaupun sudah menderita diabetes. Gerakan 3J sangat mudah untuk dilakukan, yakni dengan menghitung Jumlah kalori ideal yang harus dikonsumsi oleh tubuh, hal ini berkaitan dengan tinggi badan serta aktivitas fisik yang biasa dilakukan. ?J? yang kedua adalah memperhatikan Jenis makanan yang dikonsumsi. Komposisi gizi yang seimbang akan menunjang pola makan yang sehat. Jenis makan sehat yang ideal adalah makanan yang mengandung 45-65% karbohidrat, 10-20% protein, lemak 20-25% serta vitamin dan mineral. Yang terakhir adalah mengatur Jadwal makan dalam sehari. Jadwal makan yang ideal adalah tiga kali makan besar diselingi dengan tiga kali makan kecil termasuk sarapan pagi. Mengendalikan Diabetes Diabetasol hadir untuk melengkap [...]

5 Jurus Meredakan Batuk dengan Cepat

5 Jurus Meredakan Batuk dengan Cepat

Perubahan suhu pada musim hujan membuat bakteri dan virus penyakit semakin mudah berkembang. Itulah salah satu faktor yang dapat menyebabkan gangguan pada tubuh, salah satunya batuk. Seperti gejala-gejala ringan lainnya, batuk bisa disembuhkan dengan penanganan sendiri. Berikut ini adalah 5 cara untuk menghilangkan batuk yang bisa Anda lakukan di rumah: 1. Minum cukup Infeksi saluran pernapasan atas seperti pilek atau flu dapat menyebabkan postnasal drip (akumulasi lendir di belakang hidung dan tenggorokan yang menyebabkan lendir menetes ke bawah dari belakang hidung). Minum cukup akan membantu menipiskan lendir di lapisan hidung. Selain itu, minum baik untuk menjaga selaput lendir tetap lembap. 2. Mandi air hangat Mandi air hangat dapat membantu melonggarkan lendir dan dahak. Jika batuk Anda kering, cara ini akan melembapkan saluran pernapasan dan membuat lega tenggorokan yang gatal. Cara Cepat Sembuh Batuk Lainnya 3. Aromaterapi Minyak esensial tertentu mampu merangsang paru-paru untuk mengusir lendir dan melawan infeksi. Salah satu cara paling sederhana dalam menggunakan aromaterapi adalah dengan menyiapkan bak ukuran sedang yang telah diisi uap air la [...]

Turunkan Berat Badan dan 6 Manfaat Lain Minum Air Lemon Setiap Pagi

Turunkan Berat Badan dan 6 Manfaat Lain Minum Air Lemon Setiap Pagi

Sari lemon diketahui bisa memberikan semangat serta mengatasi beberapa masalah kulit dan kesehatan. Lemon kaya akan asam sitrat yang baik untuk kulit. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa didapat dari minum lemon, seperti menurunkan berat badan, mengatasi mual, serta membersihkan kotoran dalam perut Anda. Untuk itu, lemon disarankan dikonsumsi setiap pagi agar khasiatnya maksimal. Berikut manfaat minum lemon setiap pagi.1. Turunkan Berat BadanIni adalah salah satu manfaat yang disukai para wanita dari minum air lemon. Pagi hari merupakan waktu yang tepat sebelum tubuh mengonsumi makanan. Untuk hasil yang maksimal, hindari menambahkan gila dan minum dengan air hangat.2. Menyingkirkan Racun Dalam TubuhSeperti dikutip dari Bold Sky, pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk menyingkirkan racun dalam tubuh. Kandungan air lemon dapat membantu mengatasi bahan kimia serta racun yang membahayakan tubuh.3. Melancarkan PencernaanMinum air lemon di pagi hari dapat meningkatkan produksi enzim. Air lemon akan meningkatkan buang air kecil serta membersihkan ginjal. Lemon juga menghasilkan protein serta membantu melancarkan pencernaan yang tersumbat. Bagi Anda yang sulit buang air [...]

Jangan Abaikan Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Bekerja, Ini Cara Mengatasinya

Jangan Abaikan Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Bekerja, Ini Cara Mengatasinya

Menatap layar komputer terlalu lama bisa membuat mata tegang serta lelah. Sakit, terasa kering tapi sering berair, mata terasa berat yang disertai sakit pada punggung, bahu dan leher merupakan beberapa ciri mata Anda mengalami kelelahan.Selain menatap komputer dalam waktu lama, penyebab lain mata lelah adalah stres di tempat kerja, pola makan tidak sehat, kurang minum juga kekurangan vitamin B12, D dan K. Mata yang sering lelah juga bisa dikarenakan faktor genetik atau keturunan.Mata lelah kerap disepelekan oleh penderitanya, padahal jika dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan penurunan fungsi mata, misalnya rabun jauh. Untuk menjaga mata tetap sehat meskipun harus berlama-lama di depan layar komputer, ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan.1. Banyak BerkedipBiasakan untuk mengedipkan mata. Saat tidak ada ketegangan, mata akan berkedip secara otomatis setidaknya 10-12 menit kali per menit. Orang yang menderita masalah penglihatan biasanya cenderung jarang berkedip. Akibatnya, mata terbuka lama dan mengakibatkan mata tegang, kering dan lelah. Lakukan aturan berkedip serba 20 untuk mata. Setiap 20 menit, pengguna komputer harus berhenti selama 20 detik dan melihat objek lain se [...]

Awas! Kebiasaan Bernafas Melalui Mulut Berbahaya!

Awas! Kebiasaan Bernafas Melalui Mulut Berbahaya!

Gaya hidup di zaman modern membawa banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Kehidupan modern juga berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan tulang rahang. Semakin kesini, sepertinya tulang rahang semakin menyempit, dengan semakin banyaknya orang dengan gigi berjejal dibandingkan orang yang hidup pada zaman primitif. Gigi menjadi berjejal atau tumbuh tumpang tindih di luar lengkung rahang yang normal, jika tulang rahang tidak tumbuh dengan benar. Penyebab yang paling umum adalah kebiasaan buruk, seperti mengisap jari atau bernafas melalui mulut sejak usia dini. Bernafas melalui mulut dapat disebabkan karena adanya hambatan jalan nafas, misalnya karena adanya pembesaran tonsil akibat alergi. Mekanisme pernapasan yang normal dilakukan dengan mulut tertutup, meliputi udara yang masuk melalui hidung dan mengalir melalui saluran pernapasan menuju paru-paru. Sementara itu, bernapas melalui mulut umumnya dilakukan dengan mulut terbuka, yang akan membuat pertumbuhan wajah lebih ke arah vertikal. Wajah terlihat memanjang dan tidak proporsional, dagu seolah memendek, rahang atas menyempit. Selain itu, susunan gigi tidak teratur dan bibir tidak kompeten sehingga pasien semak [...]

Keuntungan Makan Wortel Tiap Hari, Jantung Sehat dan Kulit Cantik

Keuntungan Makan Wortel Tiap Hari, Jantung Sehat dan Kulit Cantik

Wortel tidak hanya bermanfaat menjaga kesehatan mata. Sayuran berwarna oranye dengan tekstur renyah ini juga memiliki khasiat yang hebat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mulai dari kecantikan kulit hingga membantu mempercepat penyembuhan luka. Ini berbagai manfaat dengan rajin mengonsumsi wortel, yang dikutip dari Times of India.1. Mencegah PenuaanWortel kaya akan beta-karoten, salah satu jenis antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Beta-karoten juga dapat membuat rona wajah terlihat lebih berkilau dan memancarkan rona oranye yang sehat. Selain itu, wortel juga kaya vitamin A yang berfungsi memeliharan kesehatan kulit, rambut serta kuku.2. Mencegah Penyakit JantungSelain beta-karoten, wortel juga mengandung alpha-karoten dan lutein; tiga antioksidan ini berkhasiat melawan kolesterol jahat penyebab penyakit jantung. Wortel bersifat fibrous, yaitu memiliki serat yang bekerja layaknya spons yang menyerap kelebihan kolesterol dalam tubuh.Baca Juga: 50 Inspirasi Baju Lebaran 2015 3. Menyehatkan GigiRajin mengunyah wortel bisa meningkatkan kesehatan gigi. Tekstur wortel yang renyah, akan membantu gigi membersihkan sendiri sisa-sisa makanan yang tertingg [...]

Hilangkan Frustasi Akibat Ejakulasi Dini

Hilangkan Frustasi Akibat Ejakulasi Dini

Oleh : dr. Tri Rejeki Herdiana Pekerjaan kantor tidak beres, maunya marah-marah terus adalah kondisi Doni akhir-akhir ini akibat dari masalah ?ranjang? yang dialaminya. Doni merasa sedih karena tidak mampu memuaskan sang istri akibat dari masalah Mr.P yang hanya dalam beberapa kali ?gesek? dan sang sperma dengan lancarnya keluar. Dulu Doni mampu melakukan penetrasi dan ejakulasi dalam waktu yang cukup lama. Namun entah kenapa sekarang rasanya sulit sekali ?menahannya? agar tidak keluar. Ejakulasi dini dalam taraf ringan banyak dialami oleh teman, keluarga, atau suami kita sendiri. Ejakulasi Dini (ED) adalah suatu kondisi ketidakmampuan mengontrol ejakulasi sehingga terjadi dalam waktu yang singkat dengan rangsangan minimal, dan terjadi sebelum kedua pasangan tersebut menginginkannya. Hal ini menghindari spesifikasi waktu lamanya ejakulasi dan terjadinya orgasme karena hal tersebut sangat subjektif dan tergantung masing-masing individu. Ejakulasi dini yang hanya terjadi sekali-sekali bukanlah suatu masalah yang patut diwaspadai. Ejakulasi prematur normal dialami bagi mereka yang baru berhubungan seksual pertama kali. Hal ini juga normal bagi pria yang sudah lama tidak [...]

Khasiat Buah Mengkudu Masih Diragukan

Khasiat Buah Mengkudu Masih Diragukan

Meski memiliki bau dan rasa yang tidak sedap, buah mengkudu banyak dicari oleh masyarakat. Konon sebagai obat tradisional, mengkudu memiliki banyak khasiat yang bisa menyembuhkan berbagai macam kondisi. Tapi secara medis manfaat buah yang memiliki nama latin morinda citrifolia ini masih diragukan. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menyatakan keabsahannya. Mengkudu adalah sejenis pohon cemara tropis yang biasa dijumpai di Kepulauan Pasifik, India, Australia, dan Asia Tenggara. Buah ini mengandung sejumlah fitokimia, yaitu zat pada buah-buahan yang bisa mencegah penyakit. Jenis fitokimia yang ada antara lain asam lemak, lignan, alkaloida, beta-sitosterol, flavonoid, dan iridoid. Menurut penelitian, belum ada cukup bukti yang kuat untuk menyimpulkan efek positifnya pada kesehatan. Sementara itu, mengkudu juga mengandung sejumlah nutrisi-nutrisi lain, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B3, potasium, kalsium, katekin, damnacanthal, sodium, zat besi, serat, dan karbohidrat. Ada sebagian masyarakat yang percaya buah ini dapat mengobati berbagai penyakit, antara lain pilek, sakit kepala, diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi, rematik, alergi, infeksi, peradangan, penyakit [...]

6 Trik Agar Semangat Beraktivitas Setelah Libur Panjang

6 Trik Agar Semangat Beraktivitas Setelah Libur Panjang

Liburan panjang akhirnya selesai, Anda pun harus kembali melakukan kegiatan seperti normal. Tetapi rasa lelah dan tak bersemangat seringkali menghampiri. Seperti yang dikutip dari healthtrick, berikut ini beberapa cara yang buat Anda bersemangat kembali ke kantor seusai liburan panjang.1. Rencanakan Acara dengan TemanKetimbang mengeluh karena harus kembali melakukan aktivitas normal, lebih baik buat acara menyenangkan bersama teman setelah jam kantor. Misalnya dengan mencoba kafe atau restoran baru. Adanya alasan itu, mungkin bisa membuat Anda jadi lebih senang menghadapi hari kerja.2. SarapanMelewatkan waktu sarapan hanya akan membuat Anda lebih cepat merasa lelah di siang hari. Oleh karena itu, sarapan sehat penuh energi sangat dianjurkan agar Anda terhindar dari memakan cemilan saat menunggu waktu makan siang tiba.3. Hindari KafeinSaat bangun dengan perasaan lelah, menghindari kopi mungkin menjadi hal yang paling sulit. Namun kopi merupakan diuretik, yang akan membuat tubuh kehilangan cairan. Minum jus jeruk dan air mineral adalah pilihan yang tepat. Selain itu, campuran air mineral dengan madu atau perasan jeruk lemon dengan jahe juga bisa membatu sirkulasitubuh dan meningka [...]

5 Manfaat Berjalan Kaki untuk Kesehatan

5 Manfaat Berjalan Kaki untuk Kesehatan

Berjalan kaki biasanya dianggap sebagai solusi untuk menurunkan berat badan dan mengurangi kalori. Namun ternyata, manfaat berjalan kaki tidak sebatas membuat tubuh lebih langsing saja. Berjalan kaki selama 30 sampai 45 menit tiap harinya memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Ini dia lima alasan mengapa berjalan kaki harus menjadi kebiasaan Anda, seperti yang dikutip dari Lifemojo.1. Mudah untuk memulainyaUntuk memulai berjalan kaki, Anda hanya membutuhkan sepasang sepatu lari saja. Anda bisa berjalan di taman, teras, atau di atas treadmill dan kapan saja, pagi, siang, sore atau bahkan larut malam setelah makan malam. Mulailah berjalan selama 10 hingga 15 menit, kemudian tingkatkan waktu Anda secara bertahap.2. Meningkatkan kemampuan otak Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh National Council of Aging menyimpulkan bahwa berjalan kaki 45 menit tiap harinya dapat membuat otak lebih tajam dan meningkatkan kewaspadaan.3. Membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan strokeBerjalan selama 30 hingga 45 menit setiap hari bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu meregulasi denyut jantung. Hal ini juga baik dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kol [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *