Masih Ada Penyakit Lain yang Lebih Mematikan Dibanding HIV/AIDS

049579800_1417406968-penyakit-hiv-aids.jpg

Penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV)/Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) masih memiliki harapan hidup yang sama dengan manusia lainnya, kata pakar HIV/AIDS dr Joni kiswanto MKM.

“Penderita HIV/AIDS masih memiliki harapan hidup lama, jika mengonsumsi obat untuk mempertahankan kekebalan tubuh pada manusia,” kata Joni yang juga anggota KPA Sumbar ketika menjadi narasumber dalam seminar HIV/AIDS yang dilaksanakan oleh Pemkot Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), ditulis Selasa (9/12/2014).

Dia mengatakan, penderita virus HIV/AIDS bisa berobat secara rutin, sama halnya dengan penyakit yang mematikan lainnya.

“Untuk apa takut, selagi masih mengonsumsi obat peningkat kekebalan tubuh, manusia akan bisa bertahan hidup,” katanya.

Malahan, kata dia, masih ada jenis penyakit yang lebih berbahaya dari HIV/AIDS yang bisa merenggut nyawa manusia lebih cepat dari penderita HIV/AIDS.

“Seperti penyakit jantung dan kanker, penyakit ini lebih berbahaya dari pada HIV/AIDS,” katanya.

Maka dari itu penderita HIV/AIDS, katanya, tidak usah takut dengan jenis penyakit tersebut, karena harapan hidup lebih lama masih ada.

Proses penularan penyakit HIV/AIDS tersebut, katanya, penyebab utamanya adalah melalui hubungan seks bebas dan melalui jarum suntik narkoba yang terpakai secara bersamaan atau bergantian oleh dua orang yang berlainan atau lebih.

Adapun cara mencegah agar tak tertular atau terjangkit penyakit HIV/AIDS tersebut, menurutnya, di antaranya adalah dengan cara menghindari tempat-tempat yang beresiko berjangkitnya HIV/AIDS, seperti lokasi pelacuran dan hindari penyalahgunaan narkoba, seperti pemakaian jarum suntik yang bersamaan.

“Yang paling penting lainya adalah tetap setia dengan pasangan Anda masing masing atau “sex save” dan jangan sekali kali terlibat seks bebas,” katanya.

Penyakit HIV/AIDS sendiri, jelasnya, merupakan sebuah infeksi penurunan sistem kekebalan tubuh manusia atau seseorang yang disebabkan oleh virus yang disebut Human Immunodeficiency Virus (HIV).

HIV, imbuhnya, menyebabkan Acquired Immuno Deficiency Syndrome atau AIDS yang merusak sistem sel-sel jaringan kekebalan tubuh manusia hingga membuat tubuhnya rentan dan dengan mudah terkena penyakit. Walau itu penyakit ringan sekalipun, seperti flu, batuk dan pilek.

Salah seorang peserta seminar Erni menyebutkan, kegiatan yang dilakukan oleh Pemkot Padang Panjang tersebut sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat.

“Meski kami sudah ada belajar dibidang kesehatan, namun ilmu cara penanggulangan HIV/AIDS perlu diketahui, sehingga bisa terbebas dari penyakit yang mematikan tersebut,” katanya.

Seminar yang berlangsung di Hall lantai tiga bali Kota Padang Panjang tersebut diikuti sekitar 150 orang yang terdiri mahasiswa dari enam perguruan tinggi yakni Akademi Perawat (Akper) Nabila, Akademi Kebidanan (Akbid), Institut Seni Indonesia, Sekolah Tinggi Agama Islam Imam Bonjol, STIKP Muhammadiyah dan Diniyyah Putri.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Anjing Kampung Bisa Lebih Keren dari Anjing Ras, Kenapa?

Anjing Kampung Bisa Lebih Keren dari Anjing Ras, Kenapa?

Siapa bilang anjing kampung kalah keren dengan anjing ras. Menurut Organisasi Penyelamat Hewan, Animal Defenders Indonesia anjing kampung atau yang disebut mongrel bisa berkualitas bila dirawat dengan baik. "Anjing mongrel itu bisa lebih keren kok, kalau perawatannya benar-benar dijaga dengan baik. Bulu anjing mongrel bisa lebih keren caranya itu pakai minyak ikan, kasih empat minyak ikan," kata Ketua Animal Defenders, seperti ditulis Minggu (23/3/2014). Melihat daya tahan tubuhnya, anjing mongrel lebih baik dibandingkan anjing ras yang didatangkan dari luar negeri. "Anjing mongrel punya daya tahan tubuh yang lebih tinggi. Mereka bisa makan apa saja tanpa sakit karena mereka sudah terbiasa di lingkungan seperti itu," kata Doni. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, pemilik anjing mongrel tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. "Kalau memang ada biaya ya beli yang berkualitas kandungannya. Tetapi bisa juga kasih mereka nasi yang dicampur dengan dua kepala ayam rebus. Ini murah, di pasar itu satu kepala ayam hanya Rp 500. Kandungan nutrisinya sudah cukup untul anjing mongrel," kata Doni. [...]

Pintu Kesadaran Bebaskan Kita dari Penjara Pikiran

Pintu Kesadaran Bebaskan Kita dari Penjara Pikiran

The human condition: lost in thought ( Eckhart Tolle ) Saya sengaja memberikan judul yang menggigit untuk artikel ini. Banyak orang yang salah mengerti bila saya berbicara mengenai pikiran. Semua buku dan artikel yang saya tulis selalu berbicara mengenai pikiran. Banyak yang bertanya pada saya, ?Pak, berarti kunci untuk mencapai sukses atau kebahagiaan adalah dengan pikiran?? ?Ya dan belum tentu?, jawab saya. Lha, kok bisa ya dan belum tentu. Bukankah semua ini hanya permainan pikiran? Anda benar sekali. Semua adalah permainan pikiran . Namun sayangnya seringkali yang kita alami adalah kita dipermainkan pikiran kita dalam suatu permainan yang pikiran mainkan dengan tidak main-main. Bingung? Manusia pada umumnya, tanpa mereka sadari, hanya menjalani kehidupan dalam koridor penjara pikiran yang sempit yang dibatasi oleh tembok-tembok tinggi persepsi. Mereka jarang sekali, jika tidak mau dikatakan tidak pernah, mampu menjelajah melampaui perangkap penjara pikiran yang dikondisikan oleh keterbatasan persepsi akibat ketidaktahuan akan ketidaktahuan. Dengan bahasa yang lebih sederhana manusia hidup dalam realita yang ditentukan oleh seperangkat aturan (baca: program pikiran) yang [...]

Kala Kapal Pesiar Berubah Jadi Rumah Sakit

Kala Kapal Pesiar Berubah Jadi Rumah Sakit

Biasa digunakan untuk berwisata, kini kapal pesiar ini sedang dirombak untuk beralih fungsi. Tak lagi menjadi moda transportasi wisata namun menjadi sebuah rumah sakit apung (RSA) yang akan mengarungi nusantara menggapai daerah terpencil jauh dari fasilitas kesehatan. Inilah RSA kedua yang dikelola oleh organisasi nirlaba doctorSHARE. Kapal gagah berbahan besi ini merupakan donasi dari sekelompok pengusaha yang peduli terhadap kesehatan masyarakat yang jauh dari tenaga kesehatan. Mereka menyerahkan kapal ini untuk dikelola doctorSHARE untuk menambah luasnya jangkauan penyuluhan dan pengobatan kepada masyarakat. "Kami menyebutnya Si Ganteng karena fisik kapal ini kokoh dan terbuat dari besi. Tentunya lebih kuat untuk berlayar dibandingkan RSA pertama yang terbuat dari kayu," terang general secretary doctorSHARE dr. Luyanti, MARS saat temu media di sela acara perayaan ultah 5 tahun docterSHARE di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta pada Jumat (22/11/2014). Kapal ini jauh lebih besar sehingga bisa membawa peralatan medis yang jauh lebih lengkap dibandingkan yang pertama tutur pendiri doctorSHARE dr. Lie A. Dharmawan, Ph.D. FICS, Sp.B, Sp.BTKV. Kapal pertama RSA doctorSHARE jenis pinisi [...]

Obat Mahal, Pemerintah Akan Subsidi Obat Hepatitis

Obat Mahal, Pemerintah Akan Subsidi Obat Hepatitis

Obat hepatitis A, B, C dan E yang dijual di seluruh Indonesia tergolong masih mahal sehingga penderita dari keluarga tidak kurang mampu tidak sanggup membelinya, kata Staf Ahli Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi Prof Agus Purwadianto. "Ini adalah permasalahan yang dihadapi. Obatnya mahal karena tidak terprogram," kata Prof Agus Purwadianto di Jakarta, seperti dikutip Antara, Minggu (2/11/2014). Mantan Plt Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemekes itu mengemukakan harga obat-obatan hepatitis itu harganya mencapai jutaan rupiah. Karena itu, kata dia obat-obatan untuk mengurangi maupun menyembuhkan penyakit hepatitis akan disubsidi pemerintah pada tahun ini. Subsidi pada obat-obatan yang diimpor dari luar negeri agar dapat dibeli oleh penderita. Kemenkes juga mengupayakan inovasi obat-obatan yang berasal dari dalam negeri sehingga dapat dijual dengan harga yang murah. "Obat-obatan itu seperti jamu. Itu masuk dalam program tahun ini, termasuk peningkatan sumber daya manusia dan fasilitas kesehatan," ujarnya yang juga Guru Besar Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia. Agus mengemukakan kesadaran masyarakat [...]

Banyak Orangtua Beranggapan Anak Gendut itu Baik

Banyak Orangtua Beranggapan Anak Gendut itu Baik

Banyak orangtua yang senang saat melihat sang anak tumbuh dengan berat badan berlebih. Tampak segar, lucu, dan imut begitu kata mereka. Padahal anak yang kelebihan berat badan merupakan masalah kesehatan. Sekitar 31% orangtua anak-anak obesitas menganggap kesehatan anaknya sangat baik, bahkan 1 dari 3 orangtua yang anaknya dibawa ke klinik obesitas tidak merasa berat badan sang anak sebagai masalah kesehatan. Hanya 28% orangtua yang melihat kegendutan sebagai masalah kesehatan. "Mungkin sulit bagi orangtua untuk bersikap objektif tentang berat badan anak. Kecuali jika bertanya kepada ahli medis seperti dokter atau perawat," ujar pemimpin penelitian Dr Kyung Rhee dari University of California, San Diego School of Medicine. "Sehingga banyak orang berpikir bahwa pipi chubby dan badan gendut itu oke-oke saja dan nanti saat besar juga tidak seperti itu," tambahnya seperti dilansir Live Science, Jumat (25/7/2014). Oleh karena itu penting bagi orangtua yang anaknya obesitas untuk mendorong anak mencapai berat badan ideal dengan makan-makan sehat dan aktivitas fisik. Beragam masalah kesehatan kelak bisa timbul berawal dari berat badan berlebih seperti pubertas dini, diabetes tipe 2, [...]

16 Nama Bayi yang Terinspirasi dari Piala Dunia 2014

16 Nama Bayi yang Terinspirasi dari Piala Dunia 2014

Menantikan buah hati di tengah-tengah pertandingan Laga Bola Akbar, Piala Dunia 2014 tentu menyenangkan sekaligus mendebarkan. Bagi Anda orangtua yang belum mendapatkan nama si kecil, mungkin beberapa nama pemain bola populer ini bisa menjadi inspirasi Anda. Tidak sembarangan, beberapa nama berikut telah masuk daftar nama pemain bola favorit yang dipublikasikan oleh Administrasi Jaminan Sosial di sejumlah negara Amerika dan Eropa. Penasaran? Berikut daftar nama pemain bola favorit dunia, seperti dikutip Fitpregnancy, Sabtu (5/7/2014): Abel (Abel Aguilar dari Kolumbia) Blaise (Blaise Matuidi dari Perancis) Cristiano (Cristiano Ronaldo dari Portugal) Graham (Graham Zusi dari Amerika Serikat) Hassan (Hassan Yebda dari Aljazair) Jasper (Jasper Cillessen dari Belanda) Jefferson (Jefferson de Oliveira Galvao dari Brasil) Jordy (Jordy Clasie dari Belanda) Lionel (Lionel Messi dari Argentina) Matthias (Matthias Ginter dari Jerman) Neymar (Neymar da Silva Santos dari Brasil) Remy (Remy Cabella dari Perancis ) Roman (Roman Burki dari Swiss) Thiago (Thiago Silva dari Brasil) Valentin (Valentin Stocker dari Swiss) Waylon (Waylon Francis dari Kosta Rika) [...]

Saat BPJS dan KJS Dibandingkan

Saat BPJS dan KJS Dibandingkan

Dibandingkan dengan pelayanan kesehatan sebelumnya, pelayanan rumah sakit saat ini dinilai terlalu menyulitkan masyarakat. Apalagi dengan adanya kartu BPJS Kesehatan yang baru, banyak masyarakat harus mondar-mandir daftar dan mengantri lama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.Seperti diungkapkan oleh salah seorang staf khusus Wakil Gubernur Ahok bidang advokasi pendidikan dan kesehatan, Yus Kristin bahwa menurut pantauannya, ada banyak masyarakat yang merasa kalau BPJS Kesehatan itu menyulitkan pasien di rumah sakit."Dulu dengan KJS (Kartu Jakarta Sehat), dengan KTP dan KK sudah bisa terkaver semua tapi sekarang, KJS masih berlaku tapi hanya sampai 2 tahun kedepan. Selanjutnya masyarakat wajib ikut serta dalam BPJS Kesehatan. Sayangnya, rumah sakit masih sering mengoper pasien," ungkapnya.Misalnya, Kristin menerangkan, ada peserta yang ingin daftar BPJS Kesehatan. Tapi di puskesmas belum semua bisa daftar, akhirnya pasien diminta daftar di kantor BPJS Kesehatan terdekat. Sementara bagi sebagian orang, Rp 5 ribu saja berharga. "Kalau tidak ada orang BPJSnya, kenapa tidak formulirnya saja ditaruh di puskesmas, jadi orang tidak mondar-mandir"."Belum lagi, di lapangan masih banyak ma [...]

Lakukan Aborsi Ilegal pada Anak Kandung, Ann Dipenjara 18 Bulan

Lakukan Aborsi Ilegal pada Anak Kandung, Ann Dipenjara 18 Bulan

Akibat ulahnya sendiri yang rela membantu sang buah hati menggugurkan kandungannya menggunakan pil aborsi yang dibeli secara online, Jennifer Ann Whalen harus rela menjalani rutinitasnya di balik jeruji besi selama 18 bulan.Single parent berusia 39 tahun yang bekerja sebagai pembantu di rumah jompo, dijatuhi hukuman pada Jumat (5/9/2014) setelah mengaku bersalah karena telah melakukan aborsi ilegal. Diakui Ann, ia membeli pil aborsi milik perusahaan obat asal Eropa setelah mendengar pengakuan anak perempuannya yang berusia 16 tahun tengah mengandung, tapi tidak ingin memiliki anak. Pil aborsi diberikan, lantaran Ann tidak menemukan keberadaan klinik lokal yang mampu melakukan aborsi. Walaupun ada, klinik aborsi terdekat dari kediaman wanita yang berasal dari Washintonville berada sekitar 74 mill di Harissburg.Menurut laporan the Press Enterprise, setelah diberikan pil aborsi, sang anak yang tidak disebutkan namanya itu mengalami nyeri perut cukup ekstrem dan pendarahan yang membuatnya harus segera dilarikan ke rumah sakit.Di rumah sakit itulah membuat tim medis melaporkan kejadian itu kepada pihak berwajib, yang membuat Ann harus menjalani pemeriksaan. Setelah dinyatakan bersalah, [...]

Tak Cukup Hanya dengan Peringatan Bergambar di Bungkus Rokok

Tak Cukup Hanya dengan Peringatan Bergambar di Bungkus Rokok

Peringatan kesehatan bergambar dan tertulis pada bungkus rokok diterapkan untuk mencegah terjadinya peningkatan pada perokok pemula dan muda. Namun Dra Retno Tyas Utami, Apt, M. Epid, mengatakan, edukasi tentang bahaya merokok tidak cukup hanya dengan dengan menempelkan gambar menyeramkan di setiap bungkus rokok. Lewat iklan pun, pemerintah masih dapat memberikan edukasi kepada para remaja. "Remaja dan pemula ini merokok karena melihat iklan. Maka itu, diminta untuk mencantumkan gambar-gambar menyeramkan tersebut di setiap iklan rokok. Sejumlah upaya dilakukan, agar jumlah perokok remaja dan pemula tidak mengalami peningkatan," kata Retno di Aula Gedung C BPOM RI, Jalan Percetakan Negara Nomor 23, Jakarta Pusat, Kamis (26/6/2014). Deputi Bidang Pengawasan Produk Terapetik dan NAPZA menjelaskan, di iklan rokok, dapat diselipkan gambar-gambar menyeramkan ini selama beberapa detik. "Kalau misalnya iklan itu berdurasi 60 detik, 10 detik diberikan untuk memperlihatkan gambar-gambar tersebut," kata dia menambahkan. Untuk itu BPOM bertanggung jawab membantu Pemerintah mengawasi pelaksanaan aturan yang ada untuk melindungi generasi mendatang dari bahaya rokok. Ke depannya, tren merokok [...]

Mahasiswa UGM Manfaatkan Tinta Cumi untuk Obat Antikanker

Mahasiswa UGM Manfaatkan Tinta Cumi untuk Obat Antikanker

Tak disangka tinta dari hewan cumi-cumi bisa dimanfaatkan sebagai bahan biomedis. Hal inilah yang ingin diungkap oleh tim mahasiswa Biologi UGM yaitu, Riswi Haryatfrehni, Rahadyan Aulia, dan Afra Meilianda, Ni Wayan Erly S.D, Immanuel Sanka, Muhammad Ali Fikry dan Nungke Diah. Tinta cumi yang bersifat alkaloid ini menurut Immanuel Sanka bisa dimanfaatkan sebagai obat anti kanker. Namun Sanka pemanfaatan tinta cumi ini baru dalam tahap penelitian. Riset ini mencoba memanfaatkan tinta cumi sebagai obat anti kanker lewat pengujian sel kanker yang diuji secara in-vitro pada sel makrofag dan pengujian aktivitas fagositosisnya. ?Pengembangan pengujian tinta cumi masih terus dilakukan untuk mengetahui berbagai manfaat lainnya,? kata Imanuel Sanka, Jumat (11/7/2014). Menurut Sanka, tim riset tinta cumi juga berencana melakukan kolaborasi riset mengenai potensi lain dari tinta cumi. Menurutnya tinta cumi juga belum banyak dikaji di Indonesia terutama di bidang biomedis. Sanka menjelaskan, empat orang anggota tim riset tinta cumi pada bulan Juni kemarin timnya berpartisipasi pada International Young Inventors Award (IYIA) 2014 pada 4-5 Juni 2014 yang dilaksanakan di Jakarta. IYIA 2014 dia [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *