Masih Ada Penyakit Lain yang Lebih Mematikan Dibanding HIV/AIDS

049579800_1417406968-penyakit-hiv-aids.jpg

Penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV)/Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) masih memiliki harapan hidup yang sama dengan manusia lainnya, kata pakar HIV/AIDS dr Joni kiswanto MKM.

“Penderita HIV/AIDS masih memiliki harapan hidup lama, jika mengonsumsi obat untuk mempertahankan kekebalan tubuh pada manusia,” kata Joni yang juga anggota KPA Sumbar ketika menjadi narasumber dalam seminar HIV/AIDS yang dilaksanakan oleh Pemkot Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), ditulis Selasa (9/12/2014).

Dia mengatakan, penderita virus HIV/AIDS bisa berobat secara rutin, sama halnya dengan penyakit yang mematikan lainnya.

“Untuk apa takut, selagi masih mengonsumsi obat peningkat kekebalan tubuh, manusia akan bisa bertahan hidup,” katanya.

Malahan, kata dia, masih ada jenis penyakit yang lebih berbahaya dari HIV/AIDS yang bisa merenggut nyawa manusia lebih cepat dari penderita HIV/AIDS.

“Seperti penyakit jantung dan kanker, penyakit ini lebih berbahaya dari pada HIV/AIDS,” katanya.

Maka dari itu penderita HIV/AIDS, katanya, tidak usah takut dengan jenis penyakit tersebut, karena harapan hidup lebih lama masih ada.

Proses penularan penyakit HIV/AIDS tersebut, katanya, penyebab utamanya adalah melalui hubungan seks bebas dan melalui jarum suntik narkoba yang terpakai secara bersamaan atau bergantian oleh dua orang yang berlainan atau lebih.

Adapun cara mencegah agar tak tertular atau terjangkit penyakit HIV/AIDS tersebut, menurutnya, di antaranya adalah dengan cara menghindari tempat-tempat yang beresiko berjangkitnya HIV/AIDS, seperti lokasi pelacuran dan hindari penyalahgunaan narkoba, seperti pemakaian jarum suntik yang bersamaan.

“Yang paling penting lainya adalah tetap setia dengan pasangan Anda masing masing atau “sex save” dan jangan sekali kali terlibat seks bebas,” katanya.

Penyakit HIV/AIDS sendiri, jelasnya, merupakan sebuah infeksi penurunan sistem kekebalan tubuh manusia atau seseorang yang disebabkan oleh virus yang disebut Human Immunodeficiency Virus (HIV).

HIV, imbuhnya, menyebabkan Acquired Immuno Deficiency Syndrome atau AIDS yang merusak sistem sel-sel jaringan kekebalan tubuh manusia hingga membuat tubuhnya rentan dan dengan mudah terkena penyakit. Walau itu penyakit ringan sekalipun, seperti flu, batuk dan pilek.

Salah seorang peserta seminar Erni menyebutkan, kegiatan yang dilakukan oleh Pemkot Padang Panjang tersebut sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat.

“Meski kami sudah ada belajar dibidang kesehatan, namun ilmu cara penanggulangan HIV/AIDS perlu diketahui, sehingga bisa terbebas dari penyakit yang mematikan tersebut,” katanya.

Seminar yang berlangsung di Hall lantai tiga bali Kota Padang Panjang tersebut diikuti sekitar 150 orang yang terdiri mahasiswa dari enam perguruan tinggi yakni Akademi Perawat (Akper) Nabila, Akademi Kebidanan (Akbid), Institut Seni Indonesia, Sekolah Tinggi Agama Islam Imam Bonjol, STIKP Muhammadiyah dan Diniyyah Putri.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Menkes: 9 RS Pemerintah Nyatakan Surplus karena Ikut Program BPJS

Menkes: 9 RS Pemerintah Nyatakan Surplus karena Ikut Program BPJS

Meski pro dan kontra seputar tarif paket dalam Rumah Sakit yang dikenal dengan InaCBGs terus bergulir, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menyatakan sejauh ini 9 rumah sakit sudah menyatakan surplus karena ikut JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). "Semua kan sudah diatur, biaya, petunjuk juga sudah diberikan. Secara menyeluruh kini ada 9 Rumah Sakit pemerintah yang surplus dan positif balance," kata Menkes saat peringatan acara HGN (Hari Gizi Nasional) ke 54 di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (25/2/2014). Menurut Menkes, meski saat ini baru ada 9 RS yang surplus, tapi ia mengaku masih ada yang masih perlu perlu diperbaiki seperti misalnya biaya untuk tenaga profesi. "Masih ada hal-hal yang perlu diperbaiki seperti mempertimbangkan biaya untuk tenaga profesi". Meski demikian, Menkes menolak jika dikatakan sistem biaya Ina CBGs terlalu kecil. Menurutnya, hal ini terkait dengan masih banyaknya yang masih menggunakan pedoman lama yaitu fee for service. "Jangan salah InaCBGs itu nggak kecil. karena dia masih fee for service jadi suka menaikkan tarif," ungkapnya. // [...]

Blue Print Kemenangan Jokowi Menurut Ahli Astrologi

Blue Print Kemenangan Jokowi Menurut Ahli Astrologi

Senin (19/5/2014) hari ini, calon presiden dari PDI Perjuangan Jokowi Widodo mendeklarasaikan wakilnya, Jusuf Kalla di hadapan khalayak di Gedung Joeang, Jakarta Pusat. Sementara calon presiden dari Partai Gerindra kemungkinan di hari yang sama juga mendeklarasikan wakilnya. Di lain pihak, Partai Demokrat dan Golkar kelihatannya masih galau mesti bagaimana.Sejak hari ini, hingga 50-an hari lagi, pemilu presiden bakal digelar. Pasti seluruh rakyat Indonesia termasuk partai-partai pengusung dan pendukung capres dan cawapres beserta elemen-elemennya bakal sibuk luar biasa. Rakyat tentu saja menanti pemimpin yang bisa membawa Indonesia menjadi bangsa yang besar.Belum ada yang tahu siapa bakal menang meski survei dan penerawangan sudah dilakukan sebelum Komisi Pemilihan Umum menyatakannya. Namun seperti yang lain juga, astrolog yang juga produser film yang piawai meneropong masa depan dengan ilmu astrologinya, Intan Ophelia ingin menegaskan peneropongan ilmiah yang dilakukannya atas situasi politik pemilihan umum kali ini. Menurut Intan, sebagaimana setiap orang memiliki blue print dalam jalan hidupnya, Joko Widodo atau dikenal Jokowi juga memiliki hal yang sama, terutama dalam pilpres [...]

Kasus Kematian Kanker Hati di Indonesia Melebihi Wabah Ebola

Kasus Kematian Kanker Hati di Indonesia Melebihi Wabah Ebola

Jumlah kasus kanker hati di Indonesia per tahun melebihi total kumulatif kasus ebola di dunia. Meskipun begitu, pemerintah kurang tanggap dalam penanganan kanker hati di sini. "Ebola yang baru saja terjadi kembali sudah membuat masyarakat heboh. Masa jumlah kasus kematian akibat kanker hati yang lebih tinggi setiap tahunnya, pemerintah diam-diam saja," kata DR. Dr. Rino A. Gani, SpPD, KGEH menyayangkan. Menurut data Globocan (IARC) 2008 sampai 2012, lanjut Rino, kanker hati merupakan penyebab kematian kedua terbesar di Asia Pasifik dan ketiga di dunia. Kasus kanker hati di Indonesia, mencapai 13.000 kasus dengan angka kematian mencapai 12.825 jiwa. "Biasanya disebabkan oleh Hepatitis B dan C yang mencapai 30 juta jiwa. Dan 50 persen di antaranya menderita penyakit hati kronis, dan 10 persen mengalami kanker hati," kata Rino yang merupakan Ahli Penyakit Dalam FKUI-RSCM dalam acara `Bayer Himbau Masyarakat dan Pemerintah Tanggap Penanganan Hati Stadium Lanjut` di Restoran Tesate, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/8/2014) Sedangkan untuk wabah ebola, data yang dilansir dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) per 20 Agustus 2014 menyebutkan, total kumulatif kasus global sebanyak 2.615 k [...]

Buktikan Bukan Penyebab MERS, Peternak Ciumi Unta

Buktikan Bukan Penyebab MERS, Peternak Ciumi Unta

Para ilmuwan meyakini unta di Arab Saudi menjadi sumber penularan utama Middle East Respiratory Syndrome coronavirus (MERS-CoV) . Penyakit baru ini telah menyebabkan ratusan korban meninggal dunia. Tapi, ada satu tempat di mana MERS tak menakuti-nakuti orang. Di sana, unta malah diciumin sebagai respons dari MERS.Tempat tersebut memang menjadi munculnya infeksi pertama kali pada 2012 dan hingga kini sudah tercatat lebih dari 500 kasus yang ditemukan.Padahal menteri kesehatan Arab Saudi sudah memperingatkan masyarakat untuk menjauhi daging mentah unta dan susu unta untuk menghindari penyakit. Tapi, sejumlah peternak unta menolak peringatan tersebut. Beberapa peternak secara terbuka menantang klaim bahwa unta sebagai sumber dari virus yang mematikan itu. Seorang peternak Arab Saudi memosting video klip dirinya yang memeluk dan mencium unta sambil bermain-main."Jangan bersin di wajahku," kata peternak di sebuah video klip dari GulfNews dan dikutip Liputan6.com, Senin (19/5/2014)."Mereka mengatakan unta yang membawa virus Korona," kata pria itu dengan sinis.Berbeda lagi dengan pria yang memosting foto dirinya yang mencium seekor unta dengan mulutnya untuk membuktikan bahwa hewan yang s [...]

Pelaku Pelecehan Seksual di India Ternyata Kebanyakan Pria Lansia

Pelaku Pelecehan Seksual di India Ternyata Kebanyakan Pria Lansia

Sebuah studi yang dilakukan Gujarat University Departement of Psychology mengungkapkan bahwa sekitar 80 persen dari perempuan yang menggunakan transportasi umum mengalami pelecehan seksual. Dari studi tersebut yang paling mengejutkan yaitu 69 persen pelakunya adalah pria di atas 70 tahun.Menurut Prof Ashwin Jansari dari departemen psikologi mengatakan penelitian melibatkan 361 mahasiswi yang memanfaatkan transportasi umum. "Kami ingin mengetahui skala anak perempuan yang dilecehkan, hasil penelitian ini akan kami laporkan ke polisi. Agar mereka bisa mengambil langkah-langkah untuk melindungi perempuan," kata Jansari dikuti Timesofindia, Jumat (3/1/2014).Jansari menambahkan walaupun hanya melibatkan sedikit mahasiswi di perguruan tinggi namun ternyata hasilnya mengejutkan. Hasil penelitian juga menyebutkan 60 perempuan mengalami pelecehan verbal, 301 pelecehan fisik.Menurut penelitian, hanya 60 perempuan mengatakan bahwa mereka tidak mengalami pelecehan verbal. "Penelitian ini diharapkan dapat membantu para polisi dan pemerintah untuk terus melindungi para perempuan dari pelecehan seksual. Dan kami masih mencari apa penyebab lelaki paruh baya melakukan pelecehan seksual terhadap ana [...]

Belatung Hidup di Mata Kanan Bocah 5 Tahun

Belatung Hidup di Mata Kanan Bocah 5 Tahun

PeduliSehat.info, Honduras Jangan anggap sepele mata bengkak yang memerah. Seorang bocah berusia lima tahun tak menyangka di mata kanannya yang bengkak itu ada belatung.Bocah dari Honduras yang tak disebutkan namanya itu harus menjalani operasi akibat larva botfly yang hidup di matanya. Dermatobia hominis merupakan spesies botfly yang parasit pada manusia. Botfly menggunakan 40 spesies berbeda dari nyamuk dan serangga lainnya untuk menginfeksi manusia.Menurut Ahli Entomologi, botfly ini bertelur di tubuh serangga lain yang kemudian memindahkan telur ke hewan atau manusia melalui kontak langsung seperti dilansir Iflscience, Kamis (24/4/2014).Ketika nyamuk menggigit manusia, telur jatuh ke kulit. Panas tubuh kemudian menyebabkan telur menetas dan dengan cepat bersembunyi di bawah kulit melalui lubang gigitan. Selama 8 minggu ke depan, larva berkembang. Dan setelah tumbuh cukup besar, larva keluar dari kulit dan jatuh ke tanah di mana mereka menjadi kepompong selama sekitar satu minggu.Larva botfly ini bisa berkembang di mana pun angin membawa telurnya.Makhluk jahat ini ditemukan di Amerika Tengan dan Selatan. Menurut penelitian epidemiologi yang dilakukan tahun 2000, sebagian besar [...]

Sebuah Sekolah Ditutup Karena ‘Wabah Ciuman’

Sebuah Sekolah Ditutup Karena ‘Wabah Ciuman’

Sebuah sekolah kecil bernama Woodland Public Schools yang terletak di distrik Oklahoma, AS, meliburkan siswanya hingga Desember nanti dan melarang mereka untuk mendekati ruang kelas apapun alasannya. Seperti dilansir dari Fox News pada kamis (24/11/2014), keputusan untuk meliburkan siswa dilakukan karena di sekolah tersebut tersebar wabah mononucleosis atau 'wabah ciuman'. Total, siswa yang diliburkan mencapai 200 orang. "Penutupan ini disebabkan frekuensi infeksi mononucleosis yang tinggi di daerah tersebut," kata Dewan Sekolah. "Selama penutupan, semua gedung sekolah akan didesinfeksi untuk mencegah penyebaran virus," tambahnya. Mononucleosis sendiri disebut dengan wabah ciuman karena penyakit tersebut tersebar saat seseorang terkena air liur orang lain, sebagaimana yang terjadi saat berciuman. Selain itu, nama lain dari penyakit ini adalah mono atau Glandular Fever yang dalam bahasa Indonesia diartikan dengan demam kelenjar. Dalam kasus ini, penyakit tersebar melalui batuk, pilek, dan berbagi tempat makan atau minum dengan mereka yang telah tertular. Adapun gejala penyakit ini termasuk mudah lelah, sakit tenggorokan dan demam. [...]

Agar Anda Makin Kreatif Lakukan 6 Hal Ini

Agar Anda Makin Kreatif Lakukan 6 Hal Ini

Kreatif tidak hanya milik seniman dan musisi saja, karena menjadi kreatif merupakaan dambaan setiap individu. Namun untuk menjadi kreatif, dibutuhkan sejumlah tindakan yang mungkin membuat kita harus berani keluar dari zona nyaman selama ini.Berikut ini adalah beragam cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kreatitivitas dan meningkatkan produktivitas kita, seperti dikutip Health Me Up, Senin (13/10/2014) 1. Santai pikiranJika kita dirudung stres, maka ide-ide baru tidak akan bermunculan. Maka itu, santaikan pikiran kita dengan berlatih yoga, meditasi, atau melakukan teknik relaksasi lainnya agar ide-ide dapat selalu bermunculan. 2. Selalu fitRutin melakukan aktivitas fisik dan tetap menjalani pola diet yang sehat, akan menjaga tubuh dan pikiran dalam kondisi yang senantiasa baik. Jika kita sehat, maka kita dapat berpikir jernih dan lebih baik lagi. Usahakanlah untuk selalu fit, dengan tidak melupakan jadwal tidur malam yang cukup. 3. Membaca lebih banyak bukuMembaca sejumlah buku akan memicu kreativitas di dalam otak kita. Bacalah buku sesuai dengan tema yang kita senangi, dan cobalah untuk membaca tentang sejumlah masalah yang tidak menarik bagi kita. Denga [...]

10 Kota Tersehat di Dunia (I)

10 Kota Tersehat di Dunia (I)

Sebuah kota yang benar-benar sehat bukan hanya dapat membuat warganya menjalankan gaya hidup sehat. Lebih dari itu, kota sehat artinya juga kota dengan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi seluruh warganya. Dikutip dari CNN pada Senin (10/11/2014), ada 10 kota yang tergolong sebagai kota tersehat di dunia. Di kota-kota ini, pemerintah menerapkan kebijakan yang menjamin warganya dapat akses kesehatan, bahkan hingga makanan bergizi dan transportasi umum yang layak. Partisipasi dari warga juga tergolong tinggi di 10 kota ini. Kota apa saja itu? Berikut ulasannya. Sebagai tambahan, penomoran kota sehat ini bukanlah peringkat. 1. Copenhagen, Denmark "> Hanya 2% pekerja di Copenhagen yang menghabiskan 40 jam seminggu untuk bekerja. Sisanya, lebih rendah dari itu. Hal ini membuat mereka memiliki waktu yang banyak untuk keluarga, berorganisasi dan berpartisipasi dalam program masyarakat lainnya. Dengan 249 km jalur sepeda, warga Copenhagen lebih suka berpergian menggunakan sepeda atau jalan kaki. Apalagi, solidaritas sosial di kota ini sangat tinggi. 2. Okinawa, Jepang "> Warga Okinawa memiliki tingkat harapan hidup tertinggi di dunia. Harapan h [...]

Tidak Ada yang Namanya Mandul

Tidak Ada yang Namanya Mandul

Istilah mandul sepertinya sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Istilah ini menunjuk pada pasangan yang sudah menikah dengan jangka waktu yang lama namun belum dikaruniai keturunan.Sebenarnya, menurut Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Subspesialis Fertility dan Hormon Reproduksi Ahli Bedah Laparoskopi, Kiel, Jerman, Dr. Caroline Tirtajasa, Sp.OG(K), tidak ada istilah mandul."Mandul itu tidak ada, cuma belum saatnya diberikan anak. Kalau istilah kedokteran itu subfertilitas," katanya saat ditemui di Rumah Sakit Omni Hospital Pulomas, ditulis Jumat (17/1/2014).Menurut Dr. Caroline, setiap pasangan memiliki kesempatan untuk memiliki buah hati. Berbagai upaya dapat dipilih untuk membantu pasangan memiliki buah hati. "Untuk membantu pasangan yang belum juga dikaruniai anak bisa dengan inseminasi atau bayi tabung. Dokter akan membantu maksimal mungkin agar pasangan bisa memiliki anak," kata dr. Caroline.Selain itu, dr. Caroline menambahkan pasangan yang belum juga dikaruniai anak jangan dulu putus asa, berdoa, dan berusaha."Berdoa kepada Tuhan dan berusaha semaksimal mungkin. Setiap pasangan memiliki peluang untuk memiliki anak," katanya. (Mia/Mel/*)Baca JugaRisiko [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *