Masker Kopi untuk Kulit Awet Muda

Masker-Kopi-untuk-Kulit-Awet-Muda-Alodokter.jpg

Kopi tidak hanya nikmat untuk dikonsumsi. Bubuk kopi juga dapat diolah dengan paduan bahan lain untuk menjadi masker yang diklaim bermanfaat mengangkat sel kulit mati.

Masker adalah paduan bahan yang dioleskan pada permukaan wajah, dibiarkan selama beberapa waktu hingga mengering, untuk kemudian dibilas bersih. Proses pendiaman bertujuan agar bahan aktif dalam masker tersebut meresap ke dalam kulit.

Kaya akan Kandungan Antioksidan

Berbagai bahan alami dapat digunakan sebagai paduan masker, mulai dari buah, sayur, hingga biji-bijian, termasuk kopi. Selain aromanya yang menenangkan, biji kopi sendiri adalah bahan yang kaya akan kandungan antioksidan alami bernama quinines, yang akan menjadi makin aktif setelah dipanggang.

Meski manfaat kopi yang dioleskan pada kulit sebagai masker belum terbukti, namun yang pasti antioksidan sendiri sangat dibutuhkan kulit untuk menangkal radikal bebas agar tetap awet muda. Radikal bebas adalah sebutan untuk sel-sel rusak yang dapat menyebabkan kondisi negatif tertentu. Dari luar tubuh, radikal bebas dapat ditimbulkan dari asap rokok dan radiasi sehingga menyebabkan penuaan kulit lebih dini.

Membuat Masker Kopi Sendiri

Berbagai bahan dapat dipadukan ke dalam masker kopi. Yogurt, susu, minyak zaitun, atau madu dapat ditambahkan jika Anda memiliki kulit kering. Sedangkan lemon dapat dipadukan untuk membantu mengatasi kulit berminyak.

Jika kopi dipadukan dengan bubuk cokelat, masker ini dapat mengurangi bengkak pada area sekitar mata dan wajah, mencerahkan kulit sehingga tidak lagi terlihat kusam. Oleh karena klaim manfaat ini, bubuk kopi telah menjadi bahan favorit paduan dalam masker kecantikan

Berikut adalah resep yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan, antara lain:

  • 2 sendok makan madu untuk kulit kering, atau jus lemon jika kulit Anda berminyak.
  • 4 sendok makan bubuk atau biji kopi yang telah dihaluskan.
  • 4 sendok makan bubuk cokelat tanpa paduan pemanis/gula.
  • 8 sendok makan susu atau yogurt tanpa rasa, santan, atau susu almond. Anda juga dapat menggunakan telur, minyak zaitun, atau minyak kelapa asli.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Ikuti instruksi di bawah ini.

  • Campurkan bubuk kopi dan bubuk cokelat, serta tambahkan susu hingga terbentuk adonan masker. Jika ingin masker yang kental, penggunaan susu dapat dibatasi.
  • Tambahkan madu lalu aduk hingga tercampur merata
  • Sapukan pada wajah dan leher yang telah dibersihkan.
  • Biarkan mengering.

Untuk membersihkan wajah dari masker, tekan kain basah halus yang sudah direndam dalam air hangat ke wajah Anda hingga masker mengendur dan terlepas. Hindari menggosokkan kain tersebut ke wajah, terutama jika kulit Anda tergolong sensitif. Selain itu jika kopi masih berupa biji yang harus digiling, pastikan biji tersebut tergiling halus sehingga tidak melukai wajah.

Meski manfaat kopi untuk kulit belum terbukti secara ilmiah, namun mengingat bahan-bahannya yang alami dan mudah didapat, tidak ada salahnya mencoba masker kopi di atas. Tapi bila ternyata kulit Anda alergi terhadap masker ini, segeralah memeriksakannya ke dokter.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Memperbaiki Penampilan Melalui Operasi Hidung

Memperbaiki Penampilan Melalui Operasi Hidung

Operasi hidung dapat dilakukan karena alasan estetika maupun kesehatan. Namun seperti operasi pada umumnya, proses ini juga membawa risiko yang tidak ringan. Operasi hidung atau rhinoplasty adalah prosedur pembedahan untuk mengubah bentuk hidung. Secara umum, operasi hidung dapat bermanfaat memperbaiki kesulitan bernapas karena bentuk hidung yang kurang ideal, memperbaiki cacat bawaan pada hidung, atau memperbaiki bentuk hidung yang tidak proporsional karena kecelakaan. Teknik yang dijalani oleh tiap orang berbeda-beda, tergantung kepada kondisi dan tujuannya. Bagian atas dari hidung adalah tulang hidung, sedangkan di bagian bawahnya adalah tulang rawan. Struktur tulang rawan, tulang, kulit, atau kombinasi ketiga-tiganya dapat direkayasa melalui prosedur operasi hidung. Umumnya dokter bedah akan memposisikan ulang tulang dan tulang rawan hidung dengan berbagai cara. Pada operasi skala besar, dapat menggunakan tulang rawan dari tulang rusuk atau bagian lain dari tubuh. Sedangkan tulang rawan di bagian dalam hidung dan telinga umumnya dapat digunakan untuk operasi skala kecil. Operasi hidung dapat dijalankan dengan metode bius lokal maupun bius total, tergantung kepada kesulitan pr [...]

Jangan Sembarangan Mengonsumsi Royal Jelly

Jangan Sembarangan Mengonsumsi Royal Jelly

Sebagian orang mengonsumsi royal jelly untuk alasan kesehatan. Namun, sampai saat ini belum cukup bukti penelitian yang mendukung adanya manfaat royal jelly bagi kesehatan manusia. Sebaliknya, royal jelly justru dapat memicu berbagai reaksi tubuh. Royal jelly adalah zat seperti susu yang dihasilkan dari kelenjar pada hipofaring (tenggorokan bagian bawah) lebah pekerja. Royal jelly ini berbentuk cairan kental berwarna putih. Pada lebah, royal jelly bermanfaat sebagai sumber nutrisi bagi bayi-bayi lebah atau larva. Mereka memakan nutrisi ini hingga tiga hari untuk dapat berkembang. Namun, beberapa larva yang dipilih menjadi ratu lebah berikutnya akan terus memakan royal jelly selama masa pertumbuhan. Pada budidaya madu, peternak akan mengumpulkan royal jelly dari sarang larva calon ratu berada, di mana terdapat sebagian besar royal jelly. Terkadang, madu dan lilin lebah dicampurkan ke dalam royal jelly dengan tujuan mengawetkan simpanan royal jelly. Royal jelly kemudian digunakan sebagian masyarakat sebagai obat. Kandungan Royal Jelly Secara umum, sebagian besar komposisi royal jelly adalah air, yaitu sekitar 67 persen. Selain itu, royal jelly mengandung protein, beberapa jenis asa [...]

6 Benda yang Kita Genggam Ini, Lebih Kotor dari Dudukan Toilet

6 Benda yang Kita Genggam Ini, Lebih Kotor dari Dudukan Toilet

Dudukan toilet sering dicap sebagai benda yang paling kotor. Padahal sebenarnya banyak benda di sekitar kita yang lebih kotor, bahkan beberapa di antaranya sangat dekat dengan kita lho. Memang banyak jenis virus yang dapat menghuni di sekitar toilet, terutama yang digunakan untuk umum. Mulai dari virus penyebab flu, hepatitis sampai dengan bakteri streptococus dan lain-lain. Tapi, dengan sistem imunitas kita maka virus-virus itu tidak akan mampu masuk lebih jauh lagi ke dalam tubuh. Penyakit-penyakit kelamin yang dikhawatirkan menular lewat toilet umum seperti gonore atau klamidia, juga tidak umum terjadi. Jika dudukan toilet sering membuat jijik, sebaiknya waspada dengan benda-benda ini yang justru tak kalah dekat dengan kita sehari-hari : 1. Jari tangan. Seorang ahli mengatakan jari-jari mudah sekali membawa kuman, lalu memindahkannya ke bagian tubuh lain atau permukaan-permukaan lain. Mata, mulut atau hidung yang terkena kuman bisa membuat kita sakit. Untuk itu perlu mencuci tangan dengan air dan sabun, termasuk setelah dari kamar mandi. Lamanya mencuci tangan sebaiknya setara dengan panjang setengah lagu ?burung kakak tua? . Penelitian membuktikan, pria lebih sedikit yang me [...]

Menguap Belum Tentu Mengantuk

Menguap Belum Tentu Mengantuk

Semua orang pasti pernah menguap, baik tua maupun muda. Namun pernahkah terlintas pada pikiran Anda mengenai alasan manusia menguap? Sebagai orang awam, kita hanya tahu bahwa menguap merupakan tanda seseorang kurang tidur atau mengantuk. Atau bukan? Sampai sekarang pun alasan kita menguap masih belum jelas. Banyak ahli yang masih memperdebatkan hingga melahirkan teori yang berbeda-beda berkaitan dengan alasan manusia menguap. Apakah Manusia Menguap Karena Mengantuk? Tidak bisa dipungkiri, menguap sangat erat kaitannya dengan mengantuk atau kelelahan. Anda sendiri pun pasti pernah merasakannya. Menurut beberapa penelitian, menguap bisa menjadi tanda mengantuk, kelelahan, atau gangguan tidur. Robert Provine, seorang ahli syaraf dari Universitas Maryland, Amerika Serikat, yang sudah meneliti tentang menguap selama 30 tahun, mengatakan bahwa seseorang menguap sebagai tanda kelelahan. Menurutnya, orang akan menguap ketika mendekati jam tidur atau setelah bangun tidur. Selain itu, menguap juga ada kaitannya dengan kebosanan. Dia juga melakukan percobaan terkait apakah menguap berhubungan dengan kebosanan dengan cara membagi dua kelompok remaja. Kelompok pertama diberi tontonan tentang [...]

Tenang Saja, Rumahmu Tidak Perlu Terlalu Bersih

Tenang Saja, Rumahmu Tidak Perlu Terlalu Bersih

Penelitian menemukan bahwa rumah yang terlalu bersih justru dapat menyebabkan bayi lebih berisiko mengidap asma dan alergi di kemudian hari. Kamu terobsesi pada rumah yang selalu bersih dan rapi tiap saat? Itu hal yang bagus. Namun ternyata terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa paparan terhadap sedikit bakteri dan alergen dari hewan tertentu justru dapat mengurangi risiko mengi dan alergi. Mencermati Hipotesis Kebersihan Terdapat sebuah hipotesis di bidang kebersihan yang dinamakan dengan ?hipotesis kebersihan?. Hipotesis ini dicetuskan pertama kali oleh Prof David Strachan pada 1989. Hipotesis kebersihan menyatakan bahwa paparan kuman dan infeksi tertentu terhadap anak dapat membantu perkembangan sistem imun tubuh. Kondisi ini membuat tubuh belajar membedakan substansi pemicu asma dengan substansi lain yang tidak membahayakan. Paparan terhadap kuman tertentu diduga membuat sistem kekebalan tubuh tidak bereaksi secara berlebihan. Di dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa sistem kekebalan tubuh bekerja serupa dengan otak bayi yang perlu distimulasi sehingga dapat tumbuh dengan normal. Rangsangan tersebut berupa paparan terhadap kuman sehingga tubuh dapat beradaptasi [...]

Ambil Sejumlah Manfaat Wortel dari Resep Ini

Ambil Sejumlah Manfaat Wortel dari Resep Ini

Wortel, sayuran berwarna oranye ini banyak digemari, baik karena rasanya yang manis maupun manfaatnya yang melimpah. Wortel diketahui kaya akan antioksidan yang berperan penting mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Bahkan, pada awalnya wortel dibudidayakan sebagai tanaman obat. Mau tahu apa saja hal-hal positif yang terkandung di dalamnya? Berikut adalah beberapa manfaat wortel bagi kesehatan tubuh. Pencegah Kanker Kandungan karotenoid dalam wortel merupakan antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas dipercaya dapat memicu beberapa penyakit kronis seperti kanker, serta mempercepat penuaan dini. Sebuah penelitian menemukan bahwa diet yang kaya akan beta-karoten, yaitu salah satu jenis karotenoid, untuk lelaki muda dapat membantu mencegah sel kanker prostat. Selain itu, konsumsi wortel juga dikaitkan dengan proteksi terhadap terjadinya kanker usus besar. Sebuah studi mengungkapkan bahwa perokok yang tidak mengonsumsi wortel memiliki risiko kanker paru-paru tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang rutin mengonsumsi wortel, setidaknya sekali dalam seminggu. Namun demikian, bila Anda adalah perokok, mengonsumsi wortel [...]

Nyeri Buang Air Kecil? Waspadai Anyang-Anyangan

Nyeri Buang Air Kecil? Waspadai Anyang-Anyangan

Risiko seorang wanita terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya mencapai 50 persen. Kebanyakan perempuan juga berisiko mengidap kondisi ini berulang kali bahkan hingga bertahun-tahun. Sering membilas kemaluan dari belakang ke depan setelah buang air? Segera hentikan kebiasaan ini karena bisa menyebabkan anyang-anyangan atau infeksi saluran kencing (ISK). Hal ini disebabkan uretra atau saluran kencing yang meneruskan urine dari kandung kemih ke bagian luar tubuh terletak dekat dengan anus. Membilas dari belakang ke depan mengakibatkan bakteri dari usus besar, seperti E.coli, dapat keluar dari anus dan masuk ke saluran kencing. Bakteri ini kemudian menginfeksi kandung kemih yang jika tidak segera diobati juga dapat menginfeksi ginjal. Waspadai Gejala Anyang-anyangan Anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Namun kondisi berikut secara umum dapat menjadi tanda-tanda Anda bisa jadi mengalami anyang-anyangan. Hasrat berlebih untuk buang air kecil. Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit. Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita. Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus. Rasa perih ketika buang air kecil. Uri [...]

Fakta di Balik Khasiat Ginseng

Fakta di Balik Khasiat Ginseng

Di ranah pengobatan tradisional, ginseng termasuk tanaman herba yang terkenal di dunia. Tanaman ini dipercaya memiliki banyak khasiat dan telah dipakai untuk mengatasi banyak kondisi. Sayangnya, hanya sebagian kecil dari kondisi tersebut yang telah diteliti secara menyeluruh. Hasil penelitian itu pun belum menyebutkan ginseng seratus persen ampuh mengatasi kondisi tersebut. Para ahli baru menyimpulkan bahwa ginseng ?mungkin? berkhasiat. Ginseng banyak ditemukan di Amerika Utara dan Asia Timur seperti Korea. Ada dua jenis utama ginseng, yaitu ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng Korea atau Asia (Panax ginseng). Kedua jenis ginseng tersebut memiliki khasiat yang berbeda. Pada ginseng, ginsenosides merupakan senyawa aktif yang dianggap berpengaruh pada khasiat tanaman ini. Senyawa ini merupakan target penelitian oleh para ahli. Fakta Mengenai Ginseng Amerika Ginseng Amerika kerap digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi pilek dan flu, dan menghilangkan stres. Ada juga yang memanfaatkannya untuk menambah nafsu makan dan memperbaiki sistem pencernaan. Tidak hanya itu, tanaman ini juga dipakai untuk mengatasi penyakit, seperti diabetes, anemia, insom [...]

Menu Diet Mayo untuk Meraih Tubuh Sehat dan Ideal

Menu Diet Mayo untuk Meraih Tubuh Sehat dan Ideal

Kini banyak terdapat beragam jenis diet untuk menurunkan berat badan yang beredar di masyarakat. Salah satu yang sedang banyak diperbincangkan adalah diet mayo. Apa sebenarnya yang dimaksud diet mayo dan bagaimanakah cara menerapkan menu diet mayo yang benar? Mari kita telusuri. Diet mayo diambil dari buku yang diterbitkan oleh Mayo Clinic, merupakan diet yang dibuat berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis. Diet ini dapat mengubah kebiasaan menjadi lebih sehat serta menekan risiko penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan gangguan tidur. Program Jangka Panjang Perlu diketahui jika diet mayo yang sebenarnya merupakan pengendalian berat badan jangka panjang yang memerhatikan kesehatan secara keseluruhan, jadi tidak sekedar menentukan menu makanan. Diet mayo yang benar menekankan perubahan kebiasaan menjadi lebih sehat. Diet mayo dimulai dengan periode awal yang disebut Lose It! selama dua minggu. Pada masa ini lima kebiasaan tidak sehat diganti dengan yang lebih sehat. Misalnya, kebiasaan makan tidak sehat yaitu asupan gula tambahan, camilan manis, sajian daging dan produk susu yang berlebihan, makan di restoran dengan menu tidak terkendali dan mak [...]

Jangan Remehkan Manfaat Minum Air Putih

Jangan Remehkan Manfaat Minum Air Putih

Air putih tenyata tidak sesepele yang banyak orang kira. Di balik kesederhanaan tampilannya, air putih tidak hanya berguna mencegah dehidrasi tubuh, namun juga memiliki berbagai keuntungan lainnya. Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan Anda. Minuman berenergi yang kerap dipilih sebagai sumber cairan juga harus dipertimbangkan sebab mengandung gula dan kafein. Demikian pula ketika meminum jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya terlebih dahulu. Pentingnya Air Putih Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih memiliki beragam fungsi bagi tubuh, antara lain: Menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal. Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot. Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *