Masyarakat Nilai Positif Program Jaminan Kesehatan Nasional

bpjs-131230b.jpg

Sejumlah warga menilai positif dilaksanakannya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sekaligus meluncurkan Program Jaminan Kesehatan Nasional yang telah diluncurkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Selasa 31 Desember 2013.

“BPJS dan JKN berguna bagi masyarakat miskin untuk mendapatkan akses kesehatan. Selama ini fasilitas itu belum dirasakan secara maksimal bagi masyarakat miskin,” kata salah satu warga Bogor Saputra (32) di Bundaran HI, Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Kamis (2/1/2013).

Dia menilai program BPJS itu harus didukung dengan kesiapan sarana dan prasarana kesehatan untuk menunjangnya.

Menurut dia, pemerintah harus segera merealisasikan itu dan menjamin setiap warga negara mendapatkan fasilitas kesehatan dengan baik.

“Pemerintah harus segera merealisasikan program itu,” tegasnya.

Dia juga meminta pihak-pihak terkait seperti KPK dan BPK mengawasi pelaksanaan BPJS dan Program JKN karena menggunakan anggaran negara yang besar.

Saputra mengatakan anggaran yang besar itu harus digunakan maksimal bagi masyarakat namun diawasi dalam penggunaannya.

Seorang warga Depok Farizal (47) juga menyambut baik BPJS dan Program JKN karena berguna bagi masyarakat miskin yang selama ini diabaikan hak-haknya dalam bidang kesehatan.

“BPJS itu bagus karena berguna untuk kalangan miskin agar pelayanan kesehatan bisa terpenuhi,” kata salah satu warga Farizal (47) yang ditemui di Bundaran HRI Jakarta saat malam pergantian tahun 2014.

Dia menilai pelayanan kesehatan bagi warga harus diperbaiki dan penerapan BPJS serta program JKN menjadi momentum untuk perbaikan itu.

Farizal menilai selama ini masyarakat khususnya warga miskin belum secara maksimal menikmati fasilitas kesehatan.

“Saya tidak masalah apabila warga harus membayar iuran untuk BPJS namun jangan terlalu tinggi,” ujarnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Selasa (31/12) pagi meresmikan beroperasinya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sekaligus meluncurkan Program Jaminan Kesehatan Nasional di Istana Bogor.

BPJS kesehatan nantinya merupakan lembaga yang mengurus asuransi kesehatan tersebut.

Pemerintah telah mengalokasikan Rp19,93 triliun pada APBN 2014 untuk program tersebut, guna melindungi 86,4 juta warga yang miskin dan kurang mampu melalui asuransi kesehatan.

Sementara warga negara lainnya, dapat melakukan iuran untuk premi dengan harga terjangkau guna memperoleh fasilitas asuransi kesehatan itu.

Presiden SBY mengatakan, BPJS bidang kesehatan merupakan tonggak sejarah baru dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat yang lebih berkeadilan. Namun Presiden SBY menilai sebagai program baru kemungkinan tidak luput dari hambatan dan permasalahan yang menyertai dalam impelementasinya.

Menteri Koordinator Bidang Kesra Agung Laksono menyebutkan 1.700 rumah sakit di berbagai daerah telah menandatangani nota kerja sama untuk pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) bidang kesehatan

Sebanyak 1.700 rumah sakit itu nantinya akan melayani masyarakat yang memiliki asuransi kesehatan dari penyelenggara BPJS bidang Kesehatan.

BPJS ini merupakan amanat UU nomor 40 tahun 2004 tentang SJSN dan UU nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS.

(Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ayo Dapatkan Vaksin Murah di Rumah Vaksinasi

Ayo Dapatkan Vaksin Murah di Rumah Vaksinasi

Berawal dari keluhan seorang follower di satu media sosial mengenai mahalnya harga vaksin yang ada di Indonesia, dokter yang berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo spesialis anak, dr Piprim B Yanuarso Sp.A mendirikan Rumah Vaksinasi pada 2012 setelah mempelajari vaksin dan keruwetan distribusinya. Menurut Piprim, Rumah Vaksinasi inilah jawaban atas kebutuhan keluarga menengah ke bawah yang sulit mendapatkan vaksin. Dengan memanfaatkan kerjasama dari beberapa dokter umum lain dan jaringan distributor vaksin, kini Rumah Vaksinasi telah melayani masyarakat di 15 cabang."Awalnya saya mengumumkan di twitter, siapa yang mau vaksin murah. Tanpa diduga banyak yang mendaftar. Segera saat itu saya telepon distributor minta dikirim. Tadinya saya gencar mengumumkan vaksin murah ini hanya melalui media sosial, tapi sekarang mereka datang dengan mouth by mouth marketing," kata Piprim saat ditemui Tim Liputan6.com di Rumah Vaksinasi Pusat, Jalan Inpres RT 5/9 No.81, Kel. Tengah Kec. Kramat Jati, Jakarta Timur, ditulis Minggu (14/9/2014). Untuk mendapatkan vaksin dengan harga murah, kata Piprim, ada tiga hal yang ia lakukan, seperti:1. Memanfaatkan diskon yang diberikan distributor dengan cara b [...]

Kasus Ebola Ditemukan di Skotlandia

Kasus Ebola Ditemukan di Skotlandia

Pemerintah Skotlandia menyatakan menemukan kasus virus mematikan Ebola di negara tersebut. Kasus ini terjadi pada seorang petugas kesehatan yang baru tiba dari Sierra Leone, kini ia sedang sedang menjalani perawatan Ebola di sebuah rumah sakit di Glasgow, Skotlandia. Petugas kesehatan berjenis kelamin perempuan ini tiba di Bandara Glasgow pada Minggu malam menggunakan British Airways. Sebelum mencapai Skotlandia, pesawat dari Sierra Leone ini ke Casablanca dan London terlebih dahulu. "Skotlandia teleh mempersiapkan dari awal akan wabah Afrika Barat ini dan syaa yakin bahwa kami telah mempersiapkan segalanya dengan baik," ungkap Menteri Nicola Sturgeon seperti dilansir Time, Selasa (30/12/2014). "Kami memili prosedur yang baik untuk mengidentifikasi kasus dengan cepat. Pelayanan kesehatan juga telah memiliki keahlian dan fasilitas untuk bisa mengisolasi pasien Ebola yang bisa meminimalisir potensi penyebaran penyakit ini," imbuh Sturgeon. Kini, pasien ini telah diisolasi dan dirawat di Brownlee Unit for Infectious Diseases of Gartnavel Hospital. Menurut protokol pemerintah, dalam waktu dekat, pasien akan dipindahkan ke rumah sakit London's Royal Free yang memiliki level isolasi [...]

Saat Hari Valentine, 2 Wanita Ini Hadiahi Diri Sendiri

Saat Hari Valentine, 2 Wanita Ini Hadiahi Diri Sendiri

Saling memberi di Hari Kasih Sayang menjadi menjadi suatu yang lazim dilakukan bagi siapa pun yang merayakan. Biasanya, saling memberi ini dilakukan dari diri sendiri untuk orang lain, baik itu pasangan, teman, adik, maupun orangtuanya.Namun, hal seperti itu tidak berlaku bagi dua perempuan cantik ini, Christine Ratri (27) dan Wenny (25). Pasalnya, di beberapa kali perayaan Hari Kasih Sayang, keduanya justru memberikan sesuatu untuk diri sendiri bukan orang lain. Kenapa?"Kalau ditanya kenapanya, aku pun sayang sama diriku sendiri. Punya pacar atau enggak, pas hari Valentine biasanya membeli sesuatu untuk diri sendiri," kata Christine menceritakan kepada Health Liputan6.com ditulis Jumat (14/2/2014)Hadiah yang dipilih untuk diri sendiri, Kitin (begitu perempuan cantik ini disapa) sering memilih cokelat atau es krim. Menurut dia, selain makanan surga itu, dirinya pernah memberikan hadiah buat diri sendiri berupa voucher perawatan rambut di salon."Efeknya samalah seperti menghadiahi cokelat dan es krim, bikin bahagia," kata Kitin sembari ketawa.Meski sering menghadiahi diri sendiri, bukan berarti perempuan asal Yogyakarta ini tidak pernah mendapatkan hadiah dari orang lain. Seperti pe [...]

Aksi Seru Spiderman di Rumah Sakit

Aksi Seru Spiderman di Rumah Sakit

Spiderman benar-benar hadir membantu di kehidupan nyata. Bukan dengan pertarungan sengit melawan penjahat, namun melakukan aksi seru menghibur anak-anak di rumah sakit. Seperti dilansir abc news, Jumat (11/7/2014), tokoh karakter superhero manusia laba-laba ini mendatangi Texas Children Hospital, sebuah rumah sakit khusus anak-anak. Kehadirannya diketahui saat beraksi meloncat dari satu jendela kaca ke jendela lain dibantu alat yang biasa digunakan untuk membersihkan jendela. Tentu saja membuat anak-anak yang sedang dirawat melonjak kegirangan sambil mendekat ke arah jendela. Rasa bosan yang melanda anak-anak selama di rumah sakit langsung sirna. Seperti yang dialami Nasir, bocah usia tiga tahun yang tengah menunggu sel darah putihnya kembali normal usai kemoterapi karena leukimia mendadak sumringah saat melihat tokoh kesukaannya mendatanginya. Bahkan sempat bermain bersama di ruang bermain. [...]

Kemenkes Kembangkan Makanan Balita Berbahan Ikan dan Rumput Laut

Kemenkes Kembangkan Makanan Balita Berbahan Ikan dan Rumput Laut

Menyadari bahwa ikan memiliki manfaat yang begitu besar bagi ibu hamil, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pun telah mengembangkan beberapa formula makanan balita menggunakan berbagai ikan laut dan rumput laut. Kepala Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP (K) , MARS, DTM&H, DTCE, mengatakan, dari penelitian ini dihasilkan empat jenis makanan formula yang memiliki kandungan zat gizi, dan mutu protein tinggi serta citarasa yang memenuhi kriteria makanan formula bagi balita."Yang secara keseluruhan memiliki kandungan vitamin A, asam folat sebesar 70 sampai 110 persen dari angka kecukupan gizi," kata dia seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Health-Liputan6.com pada Senin (15/12/2014)Lebih lanjut disebutkan bahwa Balitbangkes pun telah meneliti pembuatan Biskuit Bahan Makanan Campuran (BMC), menggunakan ikan tuna sebagai bahan tinggi iodium. "Iodium yang berperan penting untuk mencegah penyakit gondok, dan meningkatkan kecerdasan anak. Kandungannya pada ikan tuna mencapai 28 kali iodium pada ikan tawar," kata dia menambahkan.Satu resep biskuit BMC, kata dia, mengh [...]

Menkes: Kalau Ada yang Kasih Saya Kain, Boleh Terima Nggak?

Menkes: Kalau Ada yang Kasih Saya Kain, Boleh Terima Nggak?

Meski dituduh korupsi oleh Gerakan Indonesia Bersih (GIB), Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi optimistis, tidak ada praktik korupsi di Kementerian Kesehatan. Namun saking luas makna gratifikasi, Menkes menanyakan tiga pertanyaan menarik yang ditujukan pada Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono. "Misalnya ada kepala rumah sakit dengan rasa cintanya ingin memberikan kepada saya kain yang ternyata saya suka dan cintai kainnya. Kainnya bagus sekali. Saya boleh terima kain tersebut kah?," ujar Menkes di sela-sela acara penandatangan Komitmen Pengendalian Gratifikasi dan Pencegahan Tindak Pidana Korupsi di Hotel Bidakara, Rabu (2/4/2014). Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono mengatakan bahwa pemberian dalam bentuk apa pun pada pejabat atau pegawai negeri masuk kategori gratifikasi. "Ketika melibatkan pegawai negeri atau pejabat, ini masuk gratifikasi karena mereka disumpah untuk tidak menerima apa pun dan hanya melayani rakyatnya," jelas Giri. Misalnya ada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi A menawarkan kain tapi dia tidak mengharap apa-apa dan yang ditawari tahu jabatannya juga tidak bisa naik. "Bolehkah saya menerimanya?," tanya Menkes kembali. Giri menjawab, pada kasus ini juga [...]

Saat Pelukan, Usahakan Dada Kiri Saling Menyentuh!

Saat Pelukan, Usahakan Dada Kiri Saling Menyentuh!

Pelukan bisa mendekatkan seseorang. Seperti ketika orangtua memeluk anaknya atau suami dan istri berpelukan. Saat memeluk orang yang Anda cintai, usahakan dada kiri Anda menyentuh dada kiri orang yang Anda cintai.Demikian disampaikan Master Trainer Neuro Associative Conditioning (NAC) Arief Adinoto saat berbincang-bincang di Redaksi Liputan6.com, di Gedung SCTV Tower, Jakarta, dan ditulis Kamis (30/1/2014)."Kalau peluk jangan asal peluk," kata pria yang akrab disapa Kak Arief."Saat pelukan pastikan dada kiri menyentuh dada kiri agar ikatan batin kuat," kata pria yang kerap disapa Kak Arief.Banyak penelitian yang membuktikan manfaat pelukan. Contohnya saja penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Bliss di Montreal yang menyebutkan pelukan ibu bisa mendorong pemulihan bayi dari rasa sakit.Tak hanya untuk anak, pelukan istri ke suami juga bisa mencegah perselingkuhan karena pelukan menyebabkan perasaan percaya dan loyalitas hubungan yang baik.(Mel/Abd)Baca Juga:Bayi Lebih Sehat Jika Dipeluk dan DiciumPelukan 20 Detik Bisa Cegah Pasangan SelingkuhLelaki Jangan Pelit-pelit Berikan Dadamu ke Anak! [...]

Bayi Tabung Juga Ada Efek Sampingnya

Bayi Tabung Juga Ada Efek Sampingnya

Meski program bayi tabung banyak dipilih pasangan yang kesulitan hamil karena berbagai hal, program ini tak sepenuhnya aman. Ahli kesuburan dan IVF (In vitro fertilisation/ bayi tabung) dari Klinik Teratai RS Gading Pluit, dr Indra NC Anwar menjelaskan, program bayi tabung memang bisa jadi alternatif bagi pasangan yang ingin memiliki buah hati tapi program ini memiliki komplikasi serius. "Program bayi tabung memiliki komplikasi seperti sindroma hiperstimulasi ovarium atau komplikasi kehamilan akibat terapi kesuburan yang terjadi saat sel telur bereaksi berlebihan sehingga bisa menyebabkan adanya cairan di perut, paru-paru dan juga kematian. Komplikasi lainnya adalah kehamilan ganda (gemelli atau triplet). Ini kurang bagus," jelas Indra saat seminar bayi tabung, seperti ditulis Senin (28/4/2014). Indra menerangkan, pengobatan masalah kesuburan memerlukan tahapan yang jelas batas waktunya antara tahapan yang sederhana ke tahapan yang lebih tinggi sehingga tidak membuang waktu dan biaya. [...]

BPOM: Produk Cadbury di Indonesia Halal, Tapi Ilegal

BPOM: Produk Cadbury di Indonesia Halal, Tapi Ilegal

Setelah sebelumnya sebuah merek cokelat di Malaysia ditemukan mengandung DNA babi, Cadbury Dairy Milk Hazelnut dan Cadbury Dairy Milk Roast Almond ditarik dari pasaran Malaysia. Hari ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia (Badan POM) mengeluarkan surat pernyataan resmi yang menyatakan bahwa produk cadbury tidak terdaftar di Badan POM.Melansir laman POM, Kamis (29/5/2014) Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan pernyataan resmi terkait isu kandungan DNA babi pada Cadbury (Dairy Milk Roast Almond) dengan nomor batch 221013N0RI1 dan Cadbury (Milk Hazelnut) dengan nomor batch 200813M01H asal Malaysia."Berdasarkan data yang ada di Badan POM, Cadbury (Dairy Milk Roast Almond) terdaftar di Badan POM dengan nomor izin edar BPOM RI ML 841601105136, dengan komposisi gula, susu bubuk, lemak cokelat, kacang almond, coklat massa, lemak nabati, pengemulsi nabati dan perisa cokelat, produk ini tidak memiliki sertifikat halal dari MUI. Namun Cadbury (Milk Hazelnut) tidak terdaftar di Badan POM," tulis pernyataan tersebut.Sejauh ini, Badan POM juga mengaku belum adanya Surat Keterangan Impor yang diterbitkan oleh Badan POM terkait produk tersebut. Apabila produk tersebut ditemukan [...]

Tips Romantis Endah n Rhesa: Kalau Berantem, Jangan Ngambek!

Tips Romantis Endah n Rhesa: Kalau Berantem, Jangan Ngambek!

Kerap tampil kompak dan romantis, pasangan suami istri Endah Widiastuti dan Rhesa Aditya selalu membuat iri semua pasangan. Menurut pasangan yang menikah 5 Desember 2009 ini komunikasi menjadi hal yang paling penting di setiap hubungan.Ketika hubungan percintaan sedang bermasalah harus dibicarakan, bukan lari meninggalkan atau ngambek."Komunikasi sangat penting. Kami berdua tidak pernah lari dari masalah atau ngambek-ngambekan trus kemudian bertemu dan seakan-akan tidak terjadi apa-apa. Masalah sekecil apa pun harus dibicarakan dengan baik sampai ketemu solusinya," kata mereka saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (9/2/2014).Duet musisi yang pada 2005 merilis album Nowhere To Go ini mengatakan ketika masalah terus disimpan dalam hati suatu waktu akan jadi bom waktu. "Karena kalau tidak dibicarakan nantinya jadi bom waktu yang meledak kapan saja dan akibatnya bisa mengganggu aktifitas atau pekerjaan. Alhamdulillah kami 24 jam bersama karena pekerjaan kami sama dan jarang meninggalkan satu dengan yang lain, jadi komunikasinya ga pernah putus," kata keduanya yang pernah menyabet penghargaan 20 Album Terbaik versi Majalah Rolling Stone untuk Album Look What We've Found pada 2010. (Mia/Ig [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *