Masyarakat Nilai Positif Program Jaminan Kesehatan Nasional

bpjs-131230b.jpg

Sejumlah warga menilai positif dilaksanakannya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sekaligus meluncurkan Program Jaminan Kesehatan Nasional yang telah diluncurkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Selasa 31 Desember 2013.

“BPJS dan JKN berguna bagi masyarakat miskin untuk mendapatkan akses kesehatan. Selama ini fasilitas itu belum dirasakan secara maksimal bagi masyarakat miskin,” kata salah satu warga Bogor Saputra (32) di Bundaran HI, Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Kamis (2/1/2013).

Dia menilai program BPJS itu harus didukung dengan kesiapan sarana dan prasarana kesehatan untuk menunjangnya.

Menurut dia, pemerintah harus segera merealisasikan itu dan menjamin setiap warga negara mendapatkan fasilitas kesehatan dengan baik.

“Pemerintah harus segera merealisasikan program itu,” tegasnya.

Dia juga meminta pihak-pihak terkait seperti KPK dan BPK mengawasi pelaksanaan BPJS dan Program JKN karena menggunakan anggaran negara yang besar.

Saputra mengatakan anggaran yang besar itu harus digunakan maksimal bagi masyarakat namun diawasi dalam penggunaannya.

Seorang warga Depok Farizal (47) juga menyambut baik BPJS dan Program JKN karena berguna bagi masyarakat miskin yang selama ini diabaikan hak-haknya dalam bidang kesehatan.

“BPJS itu bagus karena berguna untuk kalangan miskin agar pelayanan kesehatan bisa terpenuhi,” kata salah satu warga Farizal (47) yang ditemui di Bundaran HRI Jakarta saat malam pergantian tahun 2014.

Dia menilai pelayanan kesehatan bagi warga harus diperbaiki dan penerapan BPJS serta program JKN menjadi momentum untuk perbaikan itu.

Farizal menilai selama ini masyarakat khususnya warga miskin belum secara maksimal menikmati fasilitas kesehatan.

“Saya tidak masalah apabila warga harus membayar iuran untuk BPJS namun jangan terlalu tinggi,” ujarnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Selasa (31/12) pagi meresmikan beroperasinya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sekaligus meluncurkan Program Jaminan Kesehatan Nasional di Istana Bogor.

BPJS kesehatan nantinya merupakan lembaga yang mengurus asuransi kesehatan tersebut.

Pemerintah telah mengalokasikan Rp19,93 triliun pada APBN 2014 untuk program tersebut, guna melindungi 86,4 juta warga yang miskin dan kurang mampu melalui asuransi kesehatan.

Sementara warga negara lainnya, dapat melakukan iuran untuk premi dengan harga terjangkau guna memperoleh fasilitas asuransi kesehatan itu.

Presiden SBY mengatakan, BPJS bidang kesehatan merupakan tonggak sejarah baru dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat yang lebih berkeadilan. Namun Presiden SBY menilai sebagai program baru kemungkinan tidak luput dari hambatan dan permasalahan yang menyertai dalam impelementasinya.

Menteri Koordinator Bidang Kesra Agung Laksono menyebutkan 1.700 rumah sakit di berbagai daerah telah menandatangani nota kerja sama untuk pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) bidang kesehatan

Sebanyak 1.700 rumah sakit itu nantinya akan melayani masyarakat yang memiliki asuransi kesehatan dari penyelenggara BPJS bidang Kesehatan.

BPJS ini merupakan amanat UU nomor 40 tahun 2004 tentang SJSN dan UU nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS.

(Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Cara Mudah Cegah Keinginan Bunuh Diri

Cara Mudah Cegah Keinginan Bunuh Diri

Masyarakat sebenarnya mampu mendeteksi orang yang berisiko tinggi lakukan upaya bunuh diri. Kuncinya adalah kepekaan. Sehingga aksi bunuh diri pun tak terjadi. "Bunuh diri dapat dicegah. Semua anggota masyarakat dapat melakukan tindakan yang akan menyelamatkan kehidupan dan mencegah bunuh diri pada individu dan keluarga. Sangat dibutuhkan kerjasama erat antara banyak pihak. Baik antara individu, keluarga, masyarakat, profesi dan pemerintah untuk bersama-sama mengatasinya," jelas Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kemenkes RI Dokter Eka Viora, SpKJ dalam pers rilis saat peringata hari pencegahan bunuh diri sedunia ditulis (18/9/2014). Jika kerjasama antarlingkup itu benar-benar terjadi angka bunuh diri pun bisa ditekan. Menurut data WHO pada 2010, angka bunuh diri di Indonesia mencapai 1,6 hingga 1,8 per 100.000 jiwa. Jika tidak ada upaya bersama WHO meramalkan pada 2020 angka bunuh diri di Indonesia mencapai 2,4 per 100.000 jiwa. Tak ada sulitnya bukan untuk jadi lebih peka terhadap sesama. Jika mendapati seseorang mengalami kesedihan, kecemasan, perubahan suasana perasaan, keresahan, kebingungan, cepeat marah, penurunan aktivitas sehari-hari, sulit tidur, perilaku menyakiti diri sen [...]

Aktivis AIDS Minta Jokowi Atur Ulang Regulasi Perdagangan Obat

Aktivis AIDS Minta Jokowi Atur Ulang Regulasi Perdagangan Obat

Tidak bisa dipungkiri bahwa komponen biaya obat-obatan menjadi komponen biaya yang dominan ketika seseorang mengidap sebuah penyakit. Hal ini disebabkan karena masih semrawutnya regulasi perdagangan obat sehingga harga obat di Indonesia tergolong sebagai harga yang tertinggi dibanding negara di kawasan ASEAN. Mulai dari antibiotiok, obat kanker, obat jantung sampai dengan obat HIV harga obat di Indonesia jauh lebih tinggi dibanding negara lain. Hal ini diperparah dengan masih minimnya obat generik yang beredar di Indonesia sehingga pasien penyakit tertentu harus dihadapkan pada obat versi patent yang tentu saja harganya lebih murah. LSM Indonesia AIDS Coalition (IAC) mencatat bahwa harga obat Anti Retroviral (ARV) yang digunakan untuk terapi HIV buatan dalam negeri jauh lebih mahal daripada obat sejenis walaupun sama-sama generic. Untuk obat jantung juga dicatat bahwa ketersediaan obat generic masih langka sehingga pasien harus membeli yang patent. ?Obat ARV generik produksi Indonesia itu 200-700% lebih mahal daripada obat generik import. Untuk obat jantung, contohnya Sildenafil untuk pasien hipertensi paru, pasien harus membeli obat versi patent dengan harga 125 ribu rupiah per [...]

Inilah 3 Pengaruh Terbesar Bikin Orang Jadi Perokok

Inilah 3 Pengaruh Terbesar Bikin Orang Jadi Perokok

Rokok sangat berbahaya untuk kesehatan. Sebenarnya, penggunaan rokok itu sangat dipengaruhi tiga faktor. Apa saja?Menurut Direktur Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama SpP, saat ini penggunaan rokok di Indonesia dipengaruhi beberapa faktor antara lain pengaruh idola di televisi, pengaruh orangtua, dan pengaruh iklan di televisi.Prof Tjandra tak bosan-bosannya mengingatkan orangtua yang perokok aktif. "Agar anak tidak merokok, orangtua diusahakan tidak merokok di depan anaknya" ungkapnya saat di temui di area car-free day, di kawasan Hotel Indonesia, Minggu (1/2/2014).Menurutnya, sosialisasi antirokok justru sudah bagus penerapannya di sekolah. "Di sekolah pelarangan merokok sudah bagus." Katanya.Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya rokok, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia beserta Komisi Nasional Pengendalian Tembakau (Komnas PT) juga mengadakan kegiatan sosialisasi pencantuman peringatan bergambar sudah waktunya Indonesia melek bahaya rokok atau disingkat `Sudah Waktunya`di area car-free day, Bundaran Hotel Indonesia.Selain acara sosialisi dengan mengangkat b [...]

Sulit Tidur di Malam Hari? Coba Cermati Warna Cat Dinding Kamar!

Sulit Tidur di Malam Hari? Coba Cermati Warna Cat Dinding Kamar!

Hampir semua orang pernah mengalami sulit tertidur di malam hari. Saat itu Anda tak bisa memejamkan mata Anda tanpa alasan pasti.Bisa jadi ini karena Anda minum kopi di saat jam tidur atau terganggu suara dengkuran pasangan yang memecahkan telinga. Bisa juga tetangga sedang mengadakan pesta dengan suara musik yang mengganggu.Tapi, bagaimana jika penyebab sulit tidur itu memang tak jelas? Sebuah infografis yang dibuat MensHealth mengungkapkan, dekorasi kamar Anda bisa disalahkan. Dan paling sering pemilik rumah yang mengalami sulit tidur karena dekorasi berwarna deep eggplant (ungu terong) atau radiant orchid (ungu anggrek).Seperti dikutip HuffingtonPost, Senin (20/1/2014), dari survei terhadap 2.000 pria dan wanita tentang pengaruh warna kamar tidur mereka dengan tidur diperoleh: Biru rata-rata orang tidur 7 jam 52 menit per malamnya. Kuning rata-rata orang tidur 7 jam 40 menit Hijau rata-rata orang tidur 7 jam 36 menit Warna Siver rata-rata orang tidur7 jam 33 menit Oranye rata-rata orang tidur 7 jam 28 menit Merah rata-rata orang tidur 6 jam 58 menit Emas (gold) rata-rata orang tidur 6 jam 43 menit Abu-abu rata-rata orang tidur 6 jam 12 menit Cokelat rata-rata orang tidur [...]

1.800 Penderita AIDS Didominasi Ibu Rumah Tangga Kalahkan PSK

1.800 Penderita AIDS Didominasi Ibu Rumah Tangga Kalahkan PSK

Hari ini, Senin (1/12/2014), diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Dari data Komisi Penanggulangan HIV AIDS (KPA) Jawa Timur (Jatim), menemukan penularan terbesar HIV AIDSdi Jatim ternyata berasal dari kalangan ibu rumah tangga yang menyumbang angka cukup besar karena mencapai 1.800 penderita atau mencapai 16,54 persen. "Jumlah penderita ibu rumah tangga ini bahkan mengalahkan penderita AIDS dari kalangan PSK yang hanya 805 penderita atau 7,40 persen," tutur Sekretaris KPA Jatim, Otto Bambang Wahyudi, Senin (1/12/2014). Dia menambahkan bahwa penderita dari kalangan ibu hamil saat ini sebanyak 738 orang, sedangkan bayi lahir yang positif HIV sebanyak 522 orang. "Dari jumlah anak yang lahir positif HIV, 20 di antaranya meninggal dunia," imbuhnya. Sementara itu, dari estimasi ODHA (orang dengan HIV AIDS) di Jawa Timur saat ini mencapai 57.321 orang. Dari jumlah ini, yang sudah ditemukan dan terdata HIV baru 22.643 atau 39,5 persen dari total estimasi yang ada. "Sedangkan untuk AIDS, jumlah penderita di Jawa Timur saat ini mencapai 10.882 orang dengan rincian 6.758 laki-laki dan sisanya 4.124 adalah wanita," pungkasnya. Selamat Hari AIDS Sedunia! [...]

Tiap Tahun, Penderita Pikun Mencapai 7,7 Juta

Tiap Tahun, Penderita Pikun Mencapai 7,7 Juta

Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, kasus baru demensia (pikun) didiagnosa setiap 4 detik dengan jumlah kasus baru setiap tahunnya mencapai 7,7 juta. Jumlah ini diperkirakan meningkat dua kali lipat setiap 20 tahun yaitu 115,4 juta kasus di tahun 2050. "Karena itu menjelang Hari Alzheimer sedunia pada 21 September, penting bagi kita semua berefleksi dan merenungkan berbagai isu kritis kesehatan yang dapat terjadi pada diri kita masing-masing baik langsung atau tidak pada satu waktu dalam hidup kita,"ujar Direktur Eksekutif Alzheimer Indonesia DY Suharya, dalam surat elektroniknya ke redaksi Liputan6.com, Kamis (18/9/2014). Di kawasan Asia Pasifik, kata Suharya, jumlah kasus demensia diperkirakan meningkat dari 13,7 juta menjadi 64,6 juta pada tahun 2050. Di Indonesia, situasinya menjadi lebih sulit dengan rendahnya tingkat diagnosa serta meningkatnya jumlah lansia. Saat ini, kata Suharya, Indonesia memiliki populasi lansia lima terbesar di dunia, yaitu sekitar 10 persen dari total penduduk (25 juta lansia). [...]

Anak-anak Korban Tanah Longsor Jalani Trauma Healing

Anak-anak Korban Tanah Longsor Jalani Trauma Healing

Sejumlah anak di pengungsian bencana tanah longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mengikuti program "trauma healing" yang diselenggarakan Kementerian Sosial. Kepala Panti Sosial Petirahan Anak (PSPA) "Satria" Baturraden, Jiwaningsing di Banjarnegara, Minggu, mengatakan bencana alam tanah longsor seperti ini dapat mengakibatkan anak-anak mengalami trauma. "Melalui 'trauma healing' kami pulihkan kondisi psikis anak dengan permainan, medengarkan dongeng, menggambar dan bernyanyi," katanya. Ia mengatakan PSPA "Satria" Baturraden mempunyai tugas pokok dan fungsi memberikan pelayanan kepada anak-anak yang mengalami hambatan perilaku. "Pada kesempatan seperti ini, setiap terjadi bencana kami melakukan terapi seperti ini," katanya. Ia menuturkan memulihkan kondisi psikis anak dengan kegiatan seperti ini maka mereka akan kembali ceria, Menurut dia kondisi psikis anak-anak di pengungsian sementara ini tidak terlalu mengkhawatirkan. "Namun, tidak bisa kasat mata seperti ini, karena anak itu mengendap dan bisa saja muncul pada saat-saat tertentu ketika sudah besar," katanya. Ia mengatakan melalui kegiatan ini mereka diharapkan melupakan peristiwa be [...]

Suntikkan Vaseline ke Payudara Agar Besar, Nyawa Sonia Melayang

Suntikkan Vaseline ke Payudara Agar Besar, Nyawa Sonia Melayang

PeduliSehat.info, Buenos Aires Payudara perempuan memang memiliki daya tarik tertentu untuk kaum pria. Itulah yang membuat sejumlah perempuan membesarkan ukurannya. Di Argentina, seorang ibu meninggal dunia setelah menyuntikkan bahan Vaseline ke payudara agar membesar.Wanita ini adalah Sonia Perez Llanzon yang sempat dirawat di rumah sakit karena mengalami masalah pernapasan usai menjalani prosedur perawatan kecantikan yang membahayakan hingga menyebabkan terjadinya penggumpalan darah fatal.Atlet amatir berusia 39 tahun itu mengalami pembekuan darah di paru-parunya sebulan setelah dirawat di rumah sakit dengan sekaligus mengalami gangguan pernapasan.Kepala Bagian Bedah di Lucio Molas Hospital di Santa Rosa, Julio Pla, menjelaskan, wanita itu tiba di rumah sakit dengan luka-luka di payudaranya. Awalnya, wanita tersebut tidak mau mengakui itu akibat tindakannya yang ceroboh. "Tapi kemudian dia mengaku telah menyuntikkan Vaseline ke dalamnya," ujar Pla.Pla mengaku belum pernah menangani kasus serupa. Menurutnya, manusia memang memiliki antibodi untuk mencegah dari bakteri dan virus, tapi belum memiliki mekanisme terhadap produk jenis tertentu."Orang yang menggunakan Vaseline seperti i [...]

Obat Herbal Penghilang Sakit Kepala

Obat Herbal Penghilang Sakit Kepala

Sakit kepala, termasuk migrain, adalah penyakit umum yang mengintai semua orang. Sakit kepala sendiri sangat beragam penyebabnya, mulai dari peredaran darah yang kurang lancar hingga pola makan yang tidak sehat. Berikut beberapa obat herbal yang dapat dicoba untuk menghilangkan sakit kepala seperti dirangkum dari Everyday Health, Jumat (7/11/2014). Minyak Lavender Tidak hanya wangi, lavender juga bisa menjadi obat herbal penghilang sakit kepala. Gunakan minyak lavender dengan cara dihirup atau dioleskan pada kepala. Dosisnya, jika ingin dihirup, sediakan 2-3 cangkir air mendidih. Sedangkan untuk dioleskan, Anda hanya perlu menyiapkan 2 sampai 4 tetes saja. Peppermint Salah satu penyebab sakit kepala dan migrain adalah aliran darah yang buruk. Nah, dengan menghirup minyak peppermint, aliran darah Anda akan lebih lancar. Peppermint juga dapat membuat oksigen lebih banyak masuk ke aliran darah. Kemangi Kemangi yang memiliki bau khas dapat membuat otot rileks. Jika sakit kepala Anda disebabkan karena ketegangan pada otot, maka menghirup kemangi adalah salah satu solusi yang bisa dicoba. Biji Rami Sakit kepala juga disebabkan karena peradangan. Hal ini dapat dikurangi dengan car [...]

3 Alasan Katakan `Tidak` pada Operasi Plastik

3 Alasan Katakan `Tidak` pada Operasi Plastik

Operasi plastik dipilih banyak orang demi mengubah bentuk dan fungsi organ tubuh. Bentuk yang paling terkenal adalah bedah kosmetik dan bedah estetika. Namun ada jenis lainnya seperti bedah rekonstruksi, bedah mikro, dan perawatan korban luka bakar.Obsesi yang tidak sehat dengan bentuk tubuh dan rendahnya rasa percaya diri memaksa orang ingin terlihat sempurna seperti selebriti. Padahal, operasi plastik tak benar-benar diperlukan.Operasi plastik sebenarnya bukan prosedur sederhana. Kadang-kadang, operasi bisa berakibat fatal dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Ada begitu banyak alasan mengapa kita harus mengatakan tidak untuk operasi plastik seperti dikutip Magforwomen, Senin (27/1/2014):1. Jangan operasi plastik untuk alasan kosmetikJika Anda memiliki cacat yang serius seperti masalah dengan hidung atau bekas luka bakar di wajah Anda, maka tak masalah Anda melakukan bedah rekonstruksi atau bedah estetika. Tapi, jika hanya ingin operasi hanya untuk tujuan kosmetik, Anda harus berpikir dua kali karena akan mengubah penampilan. Jika Anda beralasan bosan mungkin harus menjalani operasi yang menyakitkan lainnya.2. Bisa membunuh AndaJika dokter bedah mengatakan tidak Anda harus berhen [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *