Masyarakat Nilai Positif Program Jaminan Kesehatan Nasional

bpjs-131230b.jpg

Sejumlah warga menilai positif dilaksanakannya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sekaligus meluncurkan Program Jaminan Kesehatan Nasional yang telah diluncurkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Selasa 31 Desember 2013.

“BPJS dan JKN berguna bagi masyarakat miskin untuk mendapatkan akses kesehatan. Selama ini fasilitas itu belum dirasakan secara maksimal bagi masyarakat miskin,” kata salah satu warga Bogor Saputra (32) di Bundaran HI, Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Kamis (2/1/2013).

Dia menilai program BPJS itu harus didukung dengan kesiapan sarana dan prasarana kesehatan untuk menunjangnya.

Menurut dia, pemerintah harus segera merealisasikan itu dan menjamin setiap warga negara mendapatkan fasilitas kesehatan dengan baik.

“Pemerintah harus segera merealisasikan program itu,” tegasnya.

Dia juga meminta pihak-pihak terkait seperti KPK dan BPK mengawasi pelaksanaan BPJS dan Program JKN karena menggunakan anggaran negara yang besar.

Saputra mengatakan anggaran yang besar itu harus digunakan maksimal bagi masyarakat namun diawasi dalam penggunaannya.

Seorang warga Depok Farizal (47) juga menyambut baik BPJS dan Program JKN karena berguna bagi masyarakat miskin yang selama ini diabaikan hak-haknya dalam bidang kesehatan.

“BPJS itu bagus karena berguna untuk kalangan miskin agar pelayanan kesehatan bisa terpenuhi,” kata salah satu warga Farizal (47) yang ditemui di Bundaran HRI Jakarta saat malam pergantian tahun 2014.

Dia menilai pelayanan kesehatan bagi warga harus diperbaiki dan penerapan BPJS serta program JKN menjadi momentum untuk perbaikan itu.

Farizal menilai selama ini masyarakat khususnya warga miskin belum secara maksimal menikmati fasilitas kesehatan.

“Saya tidak masalah apabila warga harus membayar iuran untuk BPJS namun jangan terlalu tinggi,” ujarnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Selasa (31/12) pagi meresmikan beroperasinya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sekaligus meluncurkan Program Jaminan Kesehatan Nasional di Istana Bogor.

BPJS kesehatan nantinya merupakan lembaga yang mengurus asuransi kesehatan tersebut.

Pemerintah telah mengalokasikan Rp19,93 triliun pada APBN 2014 untuk program tersebut, guna melindungi 86,4 juta warga yang miskin dan kurang mampu melalui asuransi kesehatan.

Sementara warga negara lainnya, dapat melakukan iuran untuk premi dengan harga terjangkau guna memperoleh fasilitas asuransi kesehatan itu.

Presiden SBY mengatakan, BPJS bidang kesehatan merupakan tonggak sejarah baru dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat yang lebih berkeadilan. Namun Presiden SBY menilai sebagai program baru kemungkinan tidak luput dari hambatan dan permasalahan yang menyertai dalam impelementasinya.

Menteri Koordinator Bidang Kesra Agung Laksono menyebutkan 1.700 rumah sakit di berbagai daerah telah menandatangani nota kerja sama untuk pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) bidang kesehatan

Sebanyak 1.700 rumah sakit itu nantinya akan melayani masyarakat yang memiliki asuransi kesehatan dari penyelenggara BPJS bidang Kesehatan.

BPJS ini merupakan amanat UU nomor 40 tahun 2004 tentang SJSN dan UU nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS.

(Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kerap Bertengkar dengan Pasangan Bikin Anda Cepat Mati

Kerap Bertengkar dengan Pasangan Bikin Anda Cepat Mati

Selain berbagai penyakit dan kecelakaan, konflik dalam suatu hubungan ternyata berisiko pada kematian dini. Sebuah penelitan yang mengungkap hal tersebut tercatat dalam studi terbaru di Journal of Epidemiology & Community Health.Penelitian yang melibatkan 1.000 orang dan mendeteksi kadar stres serta gejala depresi dan emosional pasangan menemukan efek pada kematian.Mengutip laman Womenshealth, Sabtu (21/6/2014), peneliti melihat adanya kekhawatiran yang dialami seseorang yang mengalami konflik dengan pasangan memiliki risiko penyebab kematian 50 sampai 100 persen. Tak hanya konflik rumah tangga, peneliti juga menilai konflik sosial juga dikaitkan dengan peningkatan kematian, dan gejala depresi yang mengakibatkan stres.Hubungan yang menimbulkan stres, menurut peneliti berdampak pada peningkatan kolesterol, menurunnya fungsi jantung Anda dan melemahkan tulang Anda. Jika Anda mengalami terlalu banyak konflik, pertimbangkan untuk mengunjungi terapis pasangan untuk mengecek kesehatan Anda. [...]

10 Poin Ikrar Deklarasi Keluarga Indonesia

10 Poin Ikrar Deklarasi Keluarga Indonesia

Banyak permasalahan yang mendera banyak keluarga di Indonesia. Kasus kekerasan dalam rumah tangga, tingginya angka perceraian, penyalahgunaan obat/narkotika/napza di kalangan pelajar dan mahasiswa, fenomena broken home, pembunuhan antaranggota keluarga, meningkatnya perilaku seks bebas di kalangan remaja, tawuran siswa dan mahasiswa, hingga tawuran warga masyarakat antarkampung. Untuk itu Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bekerjasama dengan Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi manusia Institut Pertanian Bogor menggelar Deklarasi Keluarga Indonesia tahun 2014, Kamis (26/6/2014) di Kebun Raya Bogor Jawa Barat. Ada 10 poin ikrar yang disampaikan dalam Deklarasi Keluarga Indonesia tahun 2014. Kesepuluh poin tersebut tidak lepas dari 8 fungsi keluarga yakni : 1. Meyakini bahwa keluarga adalah fondasi bangsa, institusi pertama dan utama pembangunan manusia Indonesia berkualitas; 2. Senantiasa terus membangun, menguatkan, dan memelihara nilai-nilai luhur keluarga yaitu cinta kasih, perhatian, komitmen, dan kebersamaan keluarga; 3. Menolak segala upaya yang baik secara langsung ataupun tidak langsung, secara sengaja ataupun tidak sengaja dapat [...]

Peserta JKN Tak Perlu Khawatirkan Tarif BBM yang Naik

Peserta JKN Tak Perlu Khawatirkan Tarif BBM yang Naik

Meski kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) berdampak pada kenaikan banyak hal seperti kenaikan tarif angkutan umum, tapi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tidak perlu khawatir ketika berobat.Begitu disampaikan Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr Zaenal Abidin saat diwawancarai usai menghadiri acara Dokter Kecil Award di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Kamis (20/11/2014)."BBM naik, tidak akan berpengaruh pada JKN. Kalau tarif atau premi JKN naik, pasti harus keluar regulasinya. Ini karena uang bukan lagi dikeluarkan oleh pasien karena iuran yang mereka keluarkan sepenuhnya dipegang BPJS," kata Zaenal.Itulah beruntungnya peserta JKN. Zaenal melanjutkan, berbeda dengan dulu yang sistemnya masih fee for service atau membayar setiap layanan kesehatan, JKN membuat peserta bisa tetap terjamin kesehatannya apabila sakit."(Harga) BBM naik, gak masalah. Tapi yang jadi masalah adalah sektor lain seperti masalah pangan, air bersih, lapangan pekerjaan dan kesejahteraan yang harus ditingkatkan. Yang penting, pemerintah harus bisa mengatur dan mengendalikan sektor lain itu sehingga jaminan kesehatan bisa dir [...]

Top 5 Health: Alasan Bayi Harus Tidur Sendiri Mencuri Perhatian

Top 5 Health: Alasan Bayi Harus Tidur Sendiri Mencuri Perhatian

Berbagai opini mencuat mengenai masalah ini. Sebab, semua orangtua ingin yang terbaik bagi anaknya. Jadi, sebenarnya solusi yang terbaik mengenai masalah ini sangat bergantung pada orangtua dan bayi. Bayi tidur sendiri memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Selain artikel mengenai alasan bayi harus tidur sendiri, berikut terdapat 5 artikel yang juga mencuri perhatian pembaca Liputan6.com edisi Jumat (26/12/2014). 1. Ini Alasan Mengapa Bayi Harus Tidur Sendiri Sebenarnya hal yang perlu dipertimbangkan adalah usia bayi agar siap tidur sendiri. Jika mereka sudah siap maka sebaiknya mereka tidur sendiri di kamar. Mengapa? Ini dia ulasannya. 2. Sexpedia: Ciri Wanita yang Menikmati Seks Kabarnya, wanita lebih sulit untuk mencapai kenikmatan saat berhubungan seks. Penandanya pun masih simpang siur. Lantas, wanita yang menikmati seks itu yang seperti apa? Jika wanita tidak mengeluarkan cairan selama hubungan seks, apakah itu normal? 3. 5 Pilihan Junk Food yang Sehat unk Food atau makanan cepat saji merupakan makanan yang paling susah dihindari di dunia saat ini. Kenikmatan rasa dari makanan ini membuat kita terlena dan tak lupa akan bahaya makanan ini. Tak perlu khawatir mengkon [...]

7 Fakta Mengerikan tentang Alzheimer

7 Fakta Mengerikan tentang Alzheimer

Alzheimer adalah suatu kondisi medis di mana otak secara perlahan kehilangan kemampuan kognitifnya. Tidak ada obat untuk menyembuhkan Alzheimer. Dan, bila ada individu yang menderita penyakit ini, maka sel-sel saraf akan berhenti berfungsi, dan juga berhenti mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh.Sampai detik ini, para peneliti termuka dunia sulit memahami dengan pasti apa penyebab terjadinya Alzheimer. Pada dasarnya, penyakit menyerang otak manusia disebabkan kematian sel-sel di otak. Pun ketika ditanyakan mengapa sel-sel di otak cepat mati, peneliti kembali sulit untuk menjawab.Di bawah ini, terdapat segelintir fakta menakutkan terkait Alzheimer, seperti dikutip Boldsky, Selasa (15/7/2014) 1. Kehilangan memori memengaruhi kehidupan sehari-hariPasien mengalami kesulitan dalam mengingat informasi baru yang diterimanya. Bahkan setelah ingatannya `sembuh`, pasien masih kesulitan mengingat tanggal tertentu. 2. Kesulitan memecahkan masalahBila pasien dengan kondisi ini bekerja, maka akan mengalami kesulitan ketika ia disodorkan seberkas tugas berisikan angka-angka. Memecahkan masalah sederhana dalam matematika membutuhkan waktu lebih lama. Sebab, secara tidak langsung, pasien mengalam [...]

Top 5 Health: Diabetes & 5 Penyakit yang Membuntutinya Jadi Hits

Top 5 Health: Diabetes & 5 Penyakit yang Membuntutinya Jadi Hits

Diabetes kian menghantui kehidupan masyarakat moderen saat ini. Pola hidup tak sehat yang penuh dengan stres, makanan enak, jarang bergerak jadi pemicunya.Yang lebih menakutkan lagi, saat sudah terkena diabetes, penderitanya bisa terkena 5 penyakit serius lainnya.Ulasan tentang diabetes dan 5 penyakit yang membuntutinya ini jadi perhatian tinggi pembaca. Berikut Top 5 Health edisi Sabtu 18 Oktober 2014: 5 Penyakit yang Berawal dari DiabetesMata, Saraf, Ginjal, Kardiovaskuler dan Pencernaan adalah bagian tubuh yang paling rentan terserang saat seseorang sudah terkena diabetes. Jangan lewatkan ulasannya yang satu ini. Madu dan Lemon Lebih Manjur Sembuhkan Batuk daripada Obat?Dibandingkan obat batuk yang banyak dijual di pasaran, campuran lemon dan madu dipercaya lebih ampuh mengobati batuk. Benarkah seperti itu, baca dulu yang satu ini. Rahasia agar Pikiran Tetap Tenang di Tengah KesibukanCukup dengan meditasi selama 25 menit per hari selama tiga hari berturut-turut ternyata dapat mengurangi stres psikologis. Mau coba? Simak dulu yang satu ini. 3 Alasan Quraish Shihab Haramkan RokokCendekiawan muslim Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab, MA angkat bicara menjelaskan rokok dari segi [...]

Menkes Optimistis, Tahun 2030 Indonesia Bebas HIV/AIDS

Menkes Optimistis, Tahun 2030 Indonesia Bebas HIV/AIDS

Melihat perkembangan yang baik atas upaya pemerintah dalam menekan kasus HIV/AIDS, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi optimistis Indonesia bebas HIV/AIDS pada 2030. Keyakinan Menkes ini didasari pada upaya-upaya yang sudah dilakukan Pemerintah Indonesia seperti misalnya banyaknya tenaga konseling dan tes HIV di sejumlah puskesmas yang tersebar di Indonesia. "Tahun 2006-2014 menunjukkan adanya tren penurunan kasus khususnya pada pengguna napza suntik dan pekerja seks. Ditambah lagi kualitas hidup yang baik yang memungkinkan ODHA (orang dengan HIV/AIDS) bisa terus hidup mencapai hampir 100 persen," kata menkes saat membacakan laporan global pada konferensi AIDS di Melbourne, Australia di Jakarta, Selasa (5/8/2014). Meski demikian, ada beberapa tantangan yang dihadapi pemerintah akibat seks antar sesama jenis (LSL) dan laki-laki berisiko tinggi (LBT) karena yang terkena HIV/AIDS meningkat. Data Kementerian Kesehatan mencatat, laki-laki yang melakukan seks atau `bermain` ke tempat pelacuran dan tidak mau menggunakan kondom meningkat dari 0,1 menjadi 0,7 atau 600 persen. Direktur regional UNAIDS untuk wilaya Asia dan Pasific, Steve Kraus juga mengungkapkan sikap optimistis yang sama tent [...]

Tanpa Disadari, Kita Kerap Abai pada Beragam Gejala Kanker

Tanpa Disadari, Kita Kerap Abai pada Beragam Gejala Kanker

Didorong rasa takut berlebihan membuat kita seringkali mengabaikan gejala dari beragam jenis kanker. Hasil survei terbaru yang didanai oleh Cancer Research United Kingdom pun menemukan hasil sama, yaitu banyak orang mengabaikan tanda-tanda peringatan dari potensi kanker.Penelitian yang melibatkan 1.700 orang di Inggris mengharuskan para responden untuk mengisi kuesioner kesehatan yang berisikan daftar dari 17 gejala kanker, dengan 10 di antaranya merupakan gejala kanker potensial.Ada pun gejala-gejala tersebut antara lain; batuk yang terjadi secara terus menerus, perubahan signifikan di dalam usus atau kandung kemih, luka yang tidak kunjung sembuh, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan begitu saja.Peneliti Senior di University College London, Inggris, Dr Katriina Whitaker, mengatakan, "Kebanyakan orang yang berpotensi tetapi tidak memiliki kanker, tapi beberapa di antaranya menemukan kalau mereka menderita penyakit lain, dan mendapatkan manfaat dari pemeriksaan awal."Maka itu, penting bagi siapa saja untuk mengetahui gejala-gejala yang ada di dalam tubuh, dan jangan pernah menunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Melansir laman Health Me Up, Jumat (5/12/2014), dar [...]

Virus Ebola Mulai Menular di Kongo

Virus Ebola Mulai Menular di Kongo

Pejabat lokal Republik Demokratik Kongo masih ada yang tidak percaya kalau warganya terjangkit ebola dari Afrika Barat. Faktanya, hingga kini Menteri Kesehatan Kongo, Felix Kabange Numbi membenarkan jika di negara tersebut ada 13 orang meninggal akibat ebola. "Jumlah ini sudah termasuk dua orang meninggal belum lama ini dari provinsi Equateur. Total korban ebola meninggal 13 orang, termasuk lima petugas kesehatan. Hingga saat ini 11 orang yang terkena ebola juga telah diisolasi dan 80 kasus diduga ebola masih diteliti," kata Numbi pada Associated Press. Walaupun jumlah kasus semakin bertambah, Numbi tetap bersikeras bahwa strain yang menyerang warganya berbeda dengan wabah di Afrika Barat yang telah menewaskan lebih dari 1.400-an orang sejak Maret."Dari beberapa kasus, ini jenis strain Sudan dan campuran antara strain Sudan dan strain Zaire - salah satu strain yang paling mematikan. Sedangkan Afrika Barat dilanda strain Zaire," katanya, seperti dikutip Aljazeera, Senin (25/8/2014). Juru bicara WHO Gregory Hartl mengatakan, Kongo telah dilanda wabah Ebola tujuh kali tapi dua kematian ini baru terjadi kembali setelah sekian lama. Sedangkan di Afrika Barat, WHO mencatat kasus ebol [...]

Percuma Pakai Inhaler Bila Penderita Asma Masih Bandel

Percuma Pakai Inhaler Bila Penderita Asma Masih Bandel

Inhaler yang menjadi pilihan bagi penderita asma tergolong parah, tak akan bekerja maksimal bila pasien masih saja mengonsumsi makanan cepat saji dan gemar mengonsumsi minuman manis. Peneliti dari Australia menemukan, pasien yang masih mengonsumsi makanan tidak sehat, akan mengganggu relaksasi dari saluran udara. Akibatnya, inhaler menjadi percuma bila suatu waktu digunakan.Dalam sebuah studi yang dipimpin oleh Profesor Lisa Wood, Kepala Program Gizi di Pusat Asma dan Penyakit Pernapasan di University of Newscastle, New South Wales, meneliti inflamasi Index Dietary (DII) untuk menilai potensi imflamasi diet masing-masing individu. Kemudian, peneliti membandingkan DII di antara penderita asma dengan orang yang sehat, untuk menemukan adanya hubungan antara asma dan diet.Hasilnya, ditemukan bahwa skor DII lebih tinggi di antara penderita asma. Peneliti mengatakan, tiap 1 unit peningkatan skor DII, risiko asma meningkat sebesar 62 persen. Selain itu, tim juga menemukan, fungsi paru-paru berkurang sekitar sepersepuluh pada sepertiga pasien dengan skor DII tertinggi versus sepertiga pasien terendah.Profesor Wood mengatakan, diet yang biasa dikonsumsi oleh penderita asma dalam hal ini ada [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *