Masyarakat Nilai Positif Program Jaminan Kesehatan Nasional

bpjs-131230b.jpg

Sejumlah warga menilai positif dilaksanakannya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sekaligus meluncurkan Program Jaminan Kesehatan Nasional yang telah diluncurkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Selasa 31 Desember 2013.

“BPJS dan JKN berguna bagi masyarakat miskin untuk mendapatkan akses kesehatan. Selama ini fasilitas itu belum dirasakan secara maksimal bagi masyarakat miskin,” kata salah satu warga Bogor Saputra (32) di Bundaran HI, Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Kamis (2/1/2013).

Dia menilai program BPJS itu harus didukung dengan kesiapan sarana dan prasarana kesehatan untuk menunjangnya.

Menurut dia, pemerintah harus segera merealisasikan itu dan menjamin setiap warga negara mendapatkan fasilitas kesehatan dengan baik.

“Pemerintah harus segera merealisasikan program itu,” tegasnya.

Dia juga meminta pihak-pihak terkait seperti KPK dan BPK mengawasi pelaksanaan BPJS dan Program JKN karena menggunakan anggaran negara yang besar.

Saputra mengatakan anggaran yang besar itu harus digunakan maksimal bagi masyarakat namun diawasi dalam penggunaannya.

Seorang warga Depok Farizal (47) juga menyambut baik BPJS dan Program JKN karena berguna bagi masyarakat miskin yang selama ini diabaikan hak-haknya dalam bidang kesehatan.

“BPJS itu bagus karena berguna untuk kalangan miskin agar pelayanan kesehatan bisa terpenuhi,” kata salah satu warga Farizal (47) yang ditemui di Bundaran HRI Jakarta saat malam pergantian tahun 2014.

Dia menilai pelayanan kesehatan bagi warga harus diperbaiki dan penerapan BPJS serta program JKN menjadi momentum untuk perbaikan itu.

Farizal menilai selama ini masyarakat khususnya warga miskin belum secara maksimal menikmati fasilitas kesehatan.

“Saya tidak masalah apabila warga harus membayar iuran untuk BPJS namun jangan terlalu tinggi,” ujarnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Selasa (31/12) pagi meresmikan beroperasinya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sekaligus meluncurkan Program Jaminan Kesehatan Nasional di Istana Bogor.

BPJS kesehatan nantinya merupakan lembaga yang mengurus asuransi kesehatan tersebut.

Pemerintah telah mengalokasikan Rp19,93 triliun pada APBN 2014 untuk program tersebut, guna melindungi 86,4 juta warga yang miskin dan kurang mampu melalui asuransi kesehatan.

Sementara warga negara lainnya, dapat melakukan iuran untuk premi dengan harga terjangkau guna memperoleh fasilitas asuransi kesehatan itu.

Presiden SBY mengatakan, BPJS bidang kesehatan merupakan tonggak sejarah baru dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat yang lebih berkeadilan. Namun Presiden SBY menilai sebagai program baru kemungkinan tidak luput dari hambatan dan permasalahan yang menyertai dalam impelementasinya.

Menteri Koordinator Bidang Kesra Agung Laksono menyebutkan 1.700 rumah sakit di berbagai daerah telah menandatangani nota kerja sama untuk pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) bidang kesehatan

Sebanyak 1.700 rumah sakit itu nantinya akan melayani masyarakat yang memiliki asuransi kesehatan dari penyelenggara BPJS bidang Kesehatan.

BPJS ini merupakan amanat UU nomor 40 tahun 2004 tentang SJSN dan UU nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS.

(Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Akibat Gagal Kelola Stres

Akibat Gagal Kelola Stres

Setiap orang pasti memiliki tekanan hidup yang berasal dari pekerjaan maupun kehidupan sosial yang menyebabkan. Tentu setiap persoalan memiliki solusi sendiri dan sebagai manusia Anda diminta untuk mampu menghadapinya. Saat manusia tak mampu mengelola stres bisa berakibat buruk pada tubuh Anda. Menurut buku Gaya Hidup Otak Sehat yang dikeluarkan Pusat Intelegensia Kesehatan Kementerian Keseharan RI tahun 2013 ini yang terjadi jika stres tak mampu dikelola dengan baik. - Kecemasan meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah dan dapat menyebabkan stroke, sakit jantung, asma, diabetes. - Stres berkepanjangan dapat menimbulkan depresi. Depresi akan menurunkan kualitas hidup seseorang. - Bunuh diri juga merupakan efek dari gagalnya seseorang mengelola stres. Ini yang kerap terjadi di Jepang. Di Indonesia, tahun lalu, kasus terbanyak terjadi di Gunung Kidul akibat budaya yang menyebabkan tekanan batin seseorang. - Kegemukan juga bagian dari pola ini. Ada orang yang cenderung makan bila saatnya stres datang dan biasanya dia tidak menyadarinya. - Yang paling parah adalah lari ke obat-obatan terlarang, alkohol, dan kehidupan malam. Bagian sebagian orang, mengonsumsi bahan-bahan berb [...]

Inilah Kenapa Ada Wanita yang Mudah Gemuk dan Sulit Hamil!

Inilah Kenapa Ada Wanita yang Mudah Gemuk dan Sulit Hamil!

Ada satu kondisi yang menyebabkan seorang wanita gampang mengalami kegemukan dan sulit hamil, yakni bila Polycystic Ovary (PCO) atau ketidakseimbangan hormon menyerangnya. Demikian dikatakan Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Subspesialis Fertility dan Hormon Reproduksi Ahli Bedah Laparoskopi, Kiel, Jerman, Dr. Caroline Tirtajasa, Sp.OG(K).Menurut dr. Caroline, dampak jangka panjang PCO adalah infertilitas atau sulit hamil. Selain itu juga berisiko sindroma metabolik seperti hipertensi, diabetes, hiperkolestrolemia, hipertrigliseridemia, dan Obesitas. PCO atau yang dikenal dengan Ovarium Polikistik merupakan kondisi ketidakseimbangan hormonal yang menyebabkan sel telur tetap kecil, tidak ada yang berkembang menjadi sel telur besar dan matang agar bisa dibuahi sel sperma. "Dengan kata lain, peristiwa ovulasi atau pecahnya sel telur yang matang tidak terjadi, sehingga tidak mengherankan penderita PCO datang ke seorang ahli fertilitas dengan keluhan sulit hamil dan mens yang tidak teratur. Ketidakseimbangan hormon yang sering terjadi pada penderita PCO adalah peninggian hormon LH dan testosteron, resistensi terhadap kerja hormon insulin dan hormon leptin," kata Dr. Caroline, [...]

Obesitas di Usia 30-an Rentan Bikin Anda Pikun

Obesitas di Usia 30-an Rentan Bikin Anda Pikun

Para ilmuwan menemukan bukti bahwa obesitas di usia 30-an bisa meningkatkan risiko terkena demensia di hari tua. Demensia adalah suatu kondisi dimana kemampuan otak mengalami kemunduran. Hal ini diketahui penelitan dari Oxford University terhadap jejak rekam kesehatan 450.000 orang obesitas dari tahun 199 sampai 2011. Hasilnya mereka yang obesitas sejak umur 30 hingga 70 tahun cenderung memiliki risiko lebih besar terkena demensia di kemudian hari. Hasil mengejutkannya adalah, mereka yang obesitas di usia 30-an risiko terkena demensia lebih besar tiga kali. Diantara umur tersebut, usia 70 yang paling rendah risiko demensia-nya. Menurut dokter Eric Karan, Direktur Penelitian di Alzheimer Research UK, obesitas menyebabkan tekanan darah tinggi dan diabetes. Inilah yang memengaruhi risiko demensia seperti dilansir Independent, Kamis (22/8/2014). "Ada semakin banyak bukti bahwa gaya hidup sehat terkait dengan risiko demensia. Mulai dari menjaga berat badan, tidak merokok, dan olahraga teratur adalah cara menjaga otak tetap sehat," ujar dokter Karran. [...]

Obat Konvensional Jangan Digabung dengan Herbal

Obat Konvensional Jangan Digabung dengan Herbal

Demi mempercepat penyembuhan suatu penyakit, tak jarang pasien menggabungkan antara pemakaian obat konvensional dengan obat herbal. Padahal, tidak semua obat konvensional cocok untuk digabungkan dengan obat herbal.Demikian disampaikan Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Arijanto Jonosewoyo, Sp. PD dalam acara 'The 1st Health Natural Wellnes Symposium' di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, seperti ditulis Minggu (6/4/2014)"Misalnya saja, ada orang beranggapan bahwa mengonsumsi statin bersamaan dengan obat herbal hasilnya lebih bagus. Tapi, dari hasil penelitian dikatakan tidak seperti itu," kata Arijanto menjelaskan.Arijanto mengatakan, dari hasil sebuah penelitian menunjukan, mengonsumsi obat herbal secara bersamaan dengan statin menghasilkan sesuatu yang buruk. "Justru hasilnya akan lebih baik, jika obat herbal tidak dikonsumsi secara bersamaan dengan statin," kata dia menambahkan.Mengapa demikian? Karena, di dalam obat herbal, ada tanin yang mengikat zat aktif dari obat-obat statin tersebut, sehingga tidak akan bekerja maksimal.Maka itu, untuk menyiasatinya, Arijanto menganjurkan, konsumsi obat herbal di pagi hari dan statin di malam hari [...]

Suasana Akrab Bikin Ashraf Sinclair Gemari `Crossfit`

Suasana Akrab Bikin Ashraf Sinclair Gemari `Crossfit`

Suasana kekeluargaan dan persaudaraan yang dirasa selama latihan, membuat Ashraf Daniel Mohammed Sinclair (34) menyukai olahraga Crossfit. Sudah dua tahun ini suami penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) bergabung ke dalam Crossfit Equator. Ashraf mengaku dirinya sosok pria yang menyukai olahraga. Sejak masih duduk di bangku sekolah dasar, pria berkebangsaan Malaysia ini aktif dalam olahraga yang melibatkan banyak orang, alias dalam bentuk tim. Misalnya saja seperti sepak bola dan basket.Sebelum resmi bergabung ke dalam Crossfit Equator, aktor beberapa sinetron ini bergabung dalam sebuah pusat kebugaran convensional (gym). Sayang, selama olahraga di pusat kebugaran itu, Ashraf merasa sangat bosan. "Selama olahraga di sana dilakukan sendiri-sendiri. Cuma pakai ipod, dan orang tidak saling perduli satu sama lain. Selain itu, kalau di gym hanya terfokus pada satu otot saja, dan tidak ada yang menyemangati kita," kata Ashraf menceritakan kepada Health Liputan6.com di Crossfit Equator, Hotel Garden, Kemang, Jakarta, ditulis Selasa (18/2/2014)Karena alasan membosankan tersebut, membuat pria blasteran Inggris dan Malaysia ini memutuskan untuk mencari alternatif olahraga lainnya. "Setelah sear [...]

Makan Buah Bikin Lapar, Benarkah?

Makan Buah Bikin Lapar, Benarkah?

Cemilan buah memang menyehatkan. Tapi pernahkan Anda penasaran atau merasa kalau mengonsumsi buah tidak mengenyangkan? Sebuah penelitian sampai menjelaskan kondisi ini secara ilmiah. Mengutip laman Cosmopolitan, Kamis (11/12/2014) gula pada buah disebut juga fruktosa ternyata bisa memanipulasi otak. "Penelitian menunjukkan bahwa otak melakukan hal yang aneh ketika Anda mengkonsumsi fruktosa, membuat Anda ingin makan lebih banyak," kata penulis studi, asisten profesor penyakit dalam di Keck School of Medicine dari University of Southern California, Kathleen Page, MD. Lebih jelas, Page menjelaskan, ketika kita mengonsumsi glukosa, sejumlah hormon yang diproduksi dalam tubuh akan membantu kita merasa kenyang. Namun ini tidak terkadi bila Anda mengonsumsi buah atau fruktosa murni. Meski perlu penelitian lebih lanjut, Page mengungkapkan, buah mengandung serat, yang dapat memperlambat penyerapan fruktosa dan membantu Anda merasa kenyang. Jadi tidak ada alasan sebenarnya bagi seseorang untuk mengonsumsi buah setiap hari karena tidak akan membuat kegemukan. [...]

Parade Kirab Kebangsaan Peringati Hari Pahlawan

Parade Kirab Kebangsaan Peringati Hari Pahlawan

Tahun ini, rangkaian acara memperingati Hari Pahlawan 10 November salah satunya diisi dengan menggelar parade kirab kebangsaan mulai dari JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat hingga TMPN Kalibata, Jakarta Selatan.?Parade kirab kebangsaan merupakan kegiatan yang digagas atas inisiatif elemen masyarakat untuk memeringati Hari Pahlawan 10 November,? kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat melepas parade kirab kebangsaan di Kemayoran, Jakarta, Minggu (9/11/2014).Selain itu, kegiatan parade sebagai hasil kerja sama dari berbagai kementerian/lembaga, TNI/Polri, organisasi kepemudaan, organisasi sosial, dan perkumpulan otomotif.?Tidak kurang dari 236 organisasi/perkumpulan yang berpartisipasi dalam acara kirab kebangsaan tersebut,? ucapnya.Melalui parade kirab kebangsaan, diharapkan mampu membangkitkan semangat kejuangan dan rasa cinta tanah air kembali dikumandangkan bersama seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali.?Inisiatif bersama dari acara parade, dinamakan Parade Kebangsaan Kerukunan Indonesia (PKKI),? tandasnya.Kegiatan parade kirab kebangsaan dilanjutkan dengan penyampaian Pidato Kebangsaan dan diakhiri doa bersama di Tugu Lima Pilar TMPNU Kalibata, yang dipimpin oleh pa [...]

Kiat Bedakan Daging Sapi dan Babi

Kiat Bedakan Daging Sapi dan Babi

Anda yang masih belum paham bagaimana cara membedakan antara daging sapi dan babi cobalah perhatikan petunjuk-petunjuk ini. Ada beberapa perbedaan yang bisa kita jadikan pedoman agar tidak menjadi korban penipuan atau salah membeli daging. Berikut ini tips membedakan daging sapi dengan daging babi menurut Dr. Ir. Joko Hermanto, Guru besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB. Setidaknya ada 5 aspek yang secara kasat mata bisa kita gunakan untuk membedakan daging sapi dan daging babi. Yakni, segi warna, serat daging, tipe lemak, aroma dan tekstur. Perbedaan Warna Daging Sapi dan Daging Babi Daging babi memiliki warna yang lebih pucat jika dibandingkan dengan daging sapi. Warna daging babi mendekati warna daging ayam. Namun perbedaan ini tak dapat dijadikan pegangan, karena warna pada daging babi oplosan biasanya dikamuflase dengan pelumuran darah sapi. Selain itu, ada bagian tertentu dari daging babi yang warnanya mirip sekali dengan daging sapi sehingga sangat sulit membedakannya. Perbedaan Serat Daging Sapi dan Daging Babi Kita juga bisa membedakan daging sapi dan babi berdasarkan seratnya. Seperti yang terlihat pada gambar, daging sapi memiliki serat-serat yan [...]

Pengobatan yang Tepat untuk Nyeri Lutut

Pengobatan yang Tepat untuk Nyeri Lutut

Setelah nyeri lutut anterior yang dirasakan timbul, para ahli menganjurkan agar orang yang merasakan itu mengetahui letak cedera yang tepat, karena pengobatannya sendiri tergantung pada diagnosa.Menurut Ahli Bedah Ortopedi dari Mount Elizabeth Hospital, Dr Michael Soon, ketika ditunjukan lebih awal, pengobatan nyeri lutut anterior cukup dengan mengistirahatkan lutut dan tidak menggunakannya secara berlebihan. "Misalnya seperti berhenti berlari. Ini dilakukan sampai orang tersebut dapat melakukannya tanpa rasa sakit," kata Michael seperti dikutip dari rilis yang diterima Health Liputan6.com, Senin (20/1/2014)Dilanjutkan Michael, orang tersebut juga bisa melakukan pengobatan dengan cara BRICE. "BRICE itu Brace (bantuan alat penyokong), Rest (istirahat), Ice (pengompresan dengan es), Compression (penindihan), dan Elevation (pengangkatan). Ini merupakan akronim yang sering dianjurkan ketika mengalami cedera.Pada dasarnya, lanjut Michael, langkah-langkah yang disebutkan merupakan usaha untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan cedera, yang memungkinan untuk terjadinya penyembuhan. Selain itu, menggunakan obat anti-imfalamasi juga dapat membantu.Setelah rasa sakit teratasi, beberapa l [...]

Ratusan Ahli Diskusikan Masalah Diabetes Dunia di Indonesia

Ratusan Ahli Diskusikan Masalah Diabetes Dunia di Indonesia

Sebanyak 127 praktisi medis dari 8 negara yang terdiri dari pakar dan ahli diabetes termasuk diabetesologis, ahli penyakit dalam, spesialis gizi klinik dan lainnya hari ini mendiskusikan masalah diabetes di dunia dalam acara Global Diabetes Forum.Seperti disampaikan oleh Elected Presiden of IDF ( International Diabetic Forum), dr. Saukhat M. Sadikot bahwa masalah diabetes ini sangat penting karena berdasar survey Diabetes Atlas, jumlah penderita diabetes di ASEAN sangat tinggi."ASEAN merupakan wilayah dengan jumlah penyandang diabetes terbesar di dunia sebanyak 23 juta dari total 382 juta penderita diabetes di dunia. Tahun 2035 jumlah ini diprediksi akan meningkat hingga 39 juta penderita," kata Sadikot saat temu media bertajuk 'Take a Step for Diabetes' bersama Kalbe di Hotel Sheraton,Kuta-Bali, Sabtu (18/1/2014).Menurut Sadikot permasalahan diabetes di dunia hampir sama. Pada intinya adalah ketidaktahuan masyarakat karena orang yang datang ke rumah sakit, rata-rata sudah menderita komplikasi berat."Di India dulu terbanyak penderita diabetes, sekarang China. Dalam 6 detik ada satu orang meninggal di dunia karena Diabetes," katanya.Sadikot menerangkan, orang harus memiliki pengetah [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *