Masyarakat Nilai Positif Program Jaminan Kesehatan Nasional

bpjs-131230b.jpg

Sejumlah warga menilai positif dilaksanakannya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sekaligus meluncurkan Program Jaminan Kesehatan Nasional yang telah diluncurkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Selasa 31 Desember 2013.

“BPJS dan JKN berguna bagi masyarakat miskin untuk mendapatkan akses kesehatan. Selama ini fasilitas itu belum dirasakan secara maksimal bagi masyarakat miskin,” kata salah satu warga Bogor Saputra (32) di Bundaran HI, Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Kamis (2/1/2013).

Dia menilai program BPJS itu harus didukung dengan kesiapan sarana dan prasarana kesehatan untuk menunjangnya.

Menurut dia, pemerintah harus segera merealisasikan itu dan menjamin setiap warga negara mendapatkan fasilitas kesehatan dengan baik.

“Pemerintah harus segera merealisasikan program itu,” tegasnya.

Dia juga meminta pihak-pihak terkait seperti KPK dan BPK mengawasi pelaksanaan BPJS dan Program JKN karena menggunakan anggaran negara yang besar.

Saputra mengatakan anggaran yang besar itu harus digunakan maksimal bagi masyarakat namun diawasi dalam penggunaannya.

Seorang warga Depok Farizal (47) juga menyambut baik BPJS dan Program JKN karena berguna bagi masyarakat miskin yang selama ini diabaikan hak-haknya dalam bidang kesehatan.

“BPJS itu bagus karena berguna untuk kalangan miskin agar pelayanan kesehatan bisa terpenuhi,” kata salah satu warga Farizal (47) yang ditemui di Bundaran HRI Jakarta saat malam pergantian tahun 2014.

Dia menilai pelayanan kesehatan bagi warga harus diperbaiki dan penerapan BPJS serta program JKN menjadi momentum untuk perbaikan itu.

Farizal menilai selama ini masyarakat khususnya warga miskin belum secara maksimal menikmati fasilitas kesehatan.

“Saya tidak masalah apabila warga harus membayar iuran untuk BPJS namun jangan terlalu tinggi,” ujarnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Selasa (31/12) pagi meresmikan beroperasinya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sekaligus meluncurkan Program Jaminan Kesehatan Nasional di Istana Bogor.

BPJS kesehatan nantinya merupakan lembaga yang mengurus asuransi kesehatan tersebut.

Pemerintah telah mengalokasikan Rp19,93 triliun pada APBN 2014 untuk program tersebut, guna melindungi 86,4 juta warga yang miskin dan kurang mampu melalui asuransi kesehatan.

Sementara warga negara lainnya, dapat melakukan iuran untuk premi dengan harga terjangkau guna memperoleh fasilitas asuransi kesehatan itu.

Presiden SBY mengatakan, BPJS bidang kesehatan merupakan tonggak sejarah baru dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat yang lebih berkeadilan. Namun Presiden SBY menilai sebagai program baru kemungkinan tidak luput dari hambatan dan permasalahan yang menyertai dalam impelementasinya.

Menteri Koordinator Bidang Kesra Agung Laksono menyebutkan 1.700 rumah sakit di berbagai daerah telah menandatangani nota kerja sama untuk pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) bidang kesehatan

Sebanyak 1.700 rumah sakit itu nantinya akan melayani masyarakat yang memiliki asuransi kesehatan dari penyelenggara BPJS bidang Kesehatan.

BPJS ini merupakan amanat UU nomor 40 tahun 2004 tentang SJSN dan UU nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS.

(Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Saran Ahli Gizi untuk Presiden Jokowi

Saran Ahli Gizi untuk Presiden Jokowi

Jamu berbahan dasar temulawak yang menjadi favorit Presiden RI ke-7, Joko Widodo atau Jokowi dianggap tidak cukup untuk membuatnya kuat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Jokowi pun diharapkan untuk tidak melupakan asupan makanan yang dikonsumsinya."Temulawak dan madu yang dikonsumsi Jokowi itu kan tergolong functional food, yang bermanfaat menyehatkan bagi tubuh. Tapi itu saja tidak cukup untuk dikonsumsi Jokowi," kata DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSC, SpGK saat dihubungi Health-Liputan6.com, Senin (20/10/2014)Ahli Gizi dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menerangkan, Jokowi harus mengonsumsi makanan lengkap agar tubuhnya kuat dalam menjalani aktivitasnya sebagai Presiden. Apalagi jabatan yang diembannya itu membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi."Tubuh memerlukan makanan dengan gizi yang lengkap agar memiliki energi yang cukup besar. Jadi kalau Jokowi bergantung pada temulawak pada madu saja, itu tidak cukup," kata Saptawati.Lagi pula, lanjut Saptawati, manusia membutuhkan 2000 kalori setiap hari, yang terbagi dari asupan yang masuk ke dalam tubuh.Jokowi yang berasal dari Jawa, memang lebih memilih mengonsumsi jamu berbahan dasar temulawak d [...]

Tes Darah Bisa Deteksi Diabetes Mellitus 10 Tahun Sebelumnya

Tes Darah Bisa Deteksi Diabetes Mellitus 10 Tahun Sebelumnya

Diabetes tipe-2 adalah penyakit akibat gaya hidup, yang merepotkan. Komplikasi diabetes tipe-2 mendatangkan paket penyakit mematikan. Namun, penyakit ini sangat bisa dicegah. Ada tes darah sederhana yang dapat mendeteksi diabetes 10 tahun sebelum gejala pertama terjadi. Diabetes adalah penyakit dengan ancaman komplikasi yang paling komplet. Jika sudah terserang, penderitanya hanya bisa mengendalikan kadar gula darah dengan gaya hidup sehat, yaitu mengatur makanan, berolah raga, dan minum obat yang diresepkan dokter. Bila gula darah tak terkendali, sejumlah komplikasi bisa menyerang. Mulai dari serangan jantung, stroke, disfungsi ereksi, gagal ginjal, kebutaan, hingga ancaman amputasi. Biaya pengobatan pun jadi mahal. Asuransi pun dikenal ogah membiayai diabetes. Ancaman diabetes menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of American Medical Association (JAMA) sudah mencapai tingkat global. Penyandang diabetes disebutkan dalam jurnal tersebut meroket dari 240 juta pada 2007 menjadi 380 juta pada 2025. Kabar buruknya, 60 persen dari jumlah itu berada di Asia. Kabar terbaru, tes darah sederhana bisa mendeteksi diabetes sampai 10 tahun sebelum gejala pertama terjadi. Peneliti d [...]

Soal Kasus Klinik Metropole Dinkes Minta Masyarakat Hati-hati

Soal Kasus Klinik Metropole Dinkes Minta Masyarakat Hati-hati

Kasus yang menimpa pemilik akun Kaskus bernama Singlebreath terhadap Klinik Metropole atau Metropole Hospital diharapkan menjadi pembelajaran bagi kita agar lebih hati-hati dalam memilih tempat pengobatan."Jangan terkecoh janji manis dari suatu Rumah Sakit tertentu, yang membuat kita berani untuk berobat di sana. Apalagi bila janji manis itu adalah proses pengobatannya cepat," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emmawati saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Rabu (17/9/2014)Dien melanjutkan, sebagai pasien sudah seharusnya bagi kita untuk melalui berbagai proses menuju kesembuhan. Bagaimana pun, sembuh itu tidak bisa dengan proses yang cepat, apalagi bila kita mau sembuh dari penyakit yang tergolong ganas."Misalnya saja wasir. Untuk sembuh dari wasir itu kan butuh waktu. Tidak cukup hanya diinfus saja, lalu bisa sembuh begitu saja. Janji-janji manis seperti itu jangalah terlalu dipercaya," kata Dien menambahkan.Apalagi, bila pasien diminta untuk melakukan operasi, tidak cukup hanya dengan melakukan pengecekan darah saja. "Semuanya harus dicek sebelum melakukan operasi. Kesehatan jantungnya bagaimana, darahnya juga bagaimana, semuanya harus diperiksa satu per satu. Tidak [...]

Risiko Kanker Payudara Intai Wanita Pekerja Shift Malam

Risiko Kanker Payudara Intai Wanita Pekerja Shift Malam

Wanita pekerja shift malam disarankan untuk pintar dalam mengatur pola hidupnya. Suatu penelitian menyebutkan bahwa paparan cahaya berulang yang diterima pekerja wanita shift malam, meningkatkan risiko kanker payudara sebesar 17 persen. Terkadang, menggunakan perangkat seperti komputer atau ponsel hingga larut malam, tidak akan menyebabkan kerusakan apa pun. Tapi paparan berulang dari komputer atau ponsel, telah dikaitkan dengan peningkatkan risiko kanker, terlebih kanker payudara.Dalam satu laporan dari European Journal of Cancer Prevention, para ilmuwan telah menganalisa 16 studi tentang paparan cahaya di malam hari. Dan salah satu hasilnya, paparan yang diterima pekerja wanita shift malam, dapat meningkatkan risiko kanker payudara lebih besar.Dikutip dari Daily Mail, Selasa (21/10/2014) para peneliti telah menemukan bahwa perawat yang bekerja pada malam hari berada pada risiko yang lebih tinggi dari suatu penyakit, dan paparan cahaya yang mereka menimbulkan terjadinya pertumbuhan tumor.Para peneliti sendiri masih belum jelas, mengapa cahaya buatan pada malam hari memiliki efek mengerikan seperti ini. Satu teori yang dipegang teguh oleh mereka adalah paparan cahaya buata pada mal [...]

Menipu, Bila Disebut Rokok Herbal Baik untuk Kesehatan

Menipu, Bila Disebut Rokok Herbal Baik untuk Kesehatan

Beberapa tahun lalu, rokok herbal sempat menjadi sorotan masyarakat karena dianggap memiliki manfaat kesehatan. Waktu itu, perokok aktif berbondong-bondong mengganti rokoknya dengan rokok herbal. Namun kecaman dari ahli kesehatan muncul dan ternyata rokok herbal juga sama bahayanya dengan rokok biasa dan perodusen dianggap telah melakukan penipuan.Kini, rokok herbal kembali mencuat dan banyak dijual di daerah-daerah luar Jakarta. Namun sama seperti waktu itu, Ketua Dewan Pembina Komisi Nasional Pengendalian Tembakau Dr. Kartono Mohammad menegaskan bahwa anggapan rokok herbal itu menyehatkan itu penipuan. Produsennya bahkan dinilai menyesatkan."Tidak ada rokok menyehatkan. Itu penipuan, semua orang juga tahu kalau tembakau itu herbal. Herbal itu kan tanaman. Rokok herbal itu sama saja kayak rokok biasa, cuma isinya tembakau dan dicampuri tanaman lain. Tapi tetap saja rokok," kata Kartono saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (24/10/20/2014).Kartono menegaskan, tembakau yang berguna untuk obat bukan dengan cara dihisap melainkan dengan cara lain seperti misalnya kalau digigit lintah, mengobatinya dnegan air rebusan tembakau. Tembakau juga bisa digunakan menjadi pestisida atau parfum. Ta [...]

Gangguan Kesehatan Akibat Gunung Kelud Meletus Lewat Mana Saja?

Gangguan Kesehatan Akibat Gunung Kelud Meletus Lewat Mana Saja?

Sejumlah penyakit mengintai akibat letusan Gunung Kelud. Tak hanya debu yang perlu diwaspadai tapi juga gas beracun yang berpotensi membahayakan. Secara umum debu mengakibatkan gangguan pernapasan dan iritasi mata, tapi debu akan menjadi lebih serius jika mengandung beberapa unsur logam.Debu dan gas ini bisa mengganggu kesehatan di mata, kulit dan paru-paru. Dan dampak yang diterima bisa diperoleh melalui beberapa cara seperti disampaikan DirJen P2PL Kementerian Kesehatan Prof Tjandra Yoga Aditama yang diterima Liputan6.com, Senin (17/2/2014).Dampak di kulit pada dasarnya ada dua jalan :1. Kontak langsung dengan debu. "Ini dapat menimbulkan infeksi kulit dan atau alergi, atau bahkan bisa kerusakan fisik kalau debunya besar," tulis Profesor Tjandra.2. Kontaminasi air yang kemudian dipakai mandi atau mencuci tanganUntuk mata juga ada dua kemungkinan :1. Debu langsung masuk ke mata, juga membuat infeksi atau alergi, juga memungkinkan trauma.2. Karena mata gatal akibat debu, lalu dikucek-kucek dan inilah yg kemudian malah membuat infeksi. Apalagi kalau tangan yang dipakai mengucek sudah kotor kena debuDampak ke Paru ada tiga:1. Infeksi, bisa ISPA sampai bronkitis / pneumonia, tergantun [...]

Mengapa Banyak yang Menyorot Nadine Kaiser?

Mengapa Banyak yang Menyorot Nadine Kaiser?

Sorotan atas Kaesang Pengarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo menjadi bahan menarik untuk diperbicangkan di media sosial. Demikian juga dengan Nadine Kaiser putri Menteri Susi Pudjiastuti. Ini semua karena tokoh sentral yakni sang presiden dan sang menteri yang memang sungguh menarik. Gejala yang sama berlaku untuk tokoh-tokoh lain seperti misalnya mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Perbincangan tentang istrinya, anaknya atau menantunya. Orang pasti akan tertarik dan media yang mengunggahnya di lamannya masing-masing bakal menuai hit yang banyak. Jadi, makin gencarlah media mainstream memainkan isu dan topik-topik seputar orang terkenal dan unik. "Kita hidup di budaya kolektif. Jadi pandangan terhadap individu (keberhasilan, kegagalan, perilaku, gaya hidup dan lainnya) selalu terkait dengan anggota-anggota lain dalam lingkup keluarga besarnya,"ujar Yohanes Heri Widodo, Psikolog yang juga dosen di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Sabtu (1/11/2014).Budaya kolektif, menurut Heri, melihat individu dalam ikatan kelompoknya. Sedangkan budaya individual melihat individu cenderung sebagai pribadi yang terlepas dari kelompoknya. "Mereka disorot karena mema [...]

Ikut JKN, RS Soeharso Malah Untung dan Jadi Role Model

Ikut JKN, RS Soeharso Malah Untung dan Jadi Role Model

Banyak yang menilai bahwa RS yang mengikuti program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan mengalami kerugian. Pasalnya sejumlah Rumah Sakit khawatir terhadap sistem rumah sakit yang menjadi satu harga. Padahal hal tersebut tidak terbukti di RS Ortopedi Soeharso, Surakarta.Menurut Dirut Rumah Sakit Ortopedi (RSO) Prof. Dr. Soeharso, Solo, Dr. dr. Agus Hadian Rahim, keberhasilan RS menjadi role model JKN tak lepas dari kerja keras semua pihak di RS yang ingin konsentrasi pada pelayanan yang optimal sehingga memiliki satu visi yang profesional berbasis teknologi."Kami mengembangkan IT di RS sehingga ketika pasien datang, semua menjadi kesatuan layanan. Yang pasien tahu, pelayanannya baik dan kami bisa mengajukan klaim sebelum tanggal 10 setiap bulan pada BPJS Kesehatan. Sehingga kami tidak ada masalah pada sistem tarif RS," kata Agus pada wartawan, ditulis Selasa (9/9/2014).Selain itu, lanjut Agus, RS Soeharso juga terus berupaya agar bed of ratio (lama rawat inap) tak lebih dari 7 hari. Sehingga perawatan dan pengobatan betul-betul optimal."Kami memiliki 150 tempat tidur. Bed of Ratio 75-80 persen, kalau rawat inap sekarang ini 4-7 hari," ungkapnya.Yang paling unggul dari RS Soeharso [...]

Untuk Pertama Kali, Ngaben Ada di RS Sentra Medika Bogor

Untuk Pertama Kali, Ngaben Ada di RS Sentra Medika Bogor

Jika biasanya warga Bali mengikuti proses Pelebon Agung (Ngaben) di Pura atau sepanjang jalan di Bali. Penampakan tak biasa kini justru muncul di sebuah Rumah Sakit Sentra Medika yang terletak di Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Menurut Direktur Utama RS Sentra Medika Cibinong, Suherman Widyatomo acara ini merupakan apresiasi terhadap keluarga duka sekaligus untuk meringankan keluarga dalam mencapai kesempurnaan menghadap sang pencipta. "Seperti pelangi, kami ingin melayani pasien dengan one stop service. Kebetulan, ini acara umat Hindu. Jadi kami fasilitasi mereka. Tapipelayanan RS tidak terfokus pada satu agama. Semua agama termasuk islam, konghucu ataupun kristen akan kami bantu," katanya padaLiputan6.com, Jumat (19/9/2014). Herman menerangkan, RS Sentra Medika memiliki lahan seluas 6 hektare yang terdiri dari rumah sakit, rumah duka kan Krematorium (Rumah Abu). Ia mengatakan, acara Ngaben atau Pelebon ini dilakukan untuk pertama kalinya di kawasan Jabodetabek. "RS lain mungkin lahannya terbatas, tapi disini luas. Ngaben nanti akan dilakukan dekat danau. Kebetulan yang meninggal adalah pemukaagama, dan pernah jadi anggota militer. Jadi sebelum melakukan upacara, jenazah juga aka [...]

Top 5 Health: Racikan Infused Water Mencuri Perhatian

Top 5 Health: Racikan Infused Water Mencuri Perhatian

Meminum air adalah salah satu hal terbaik yang dilakukan untuk merawat kesehatan tubuh. Air putih dapat mengatur temperatur tubuh hingga melindungi organ vital. Tetapi, jika meminum air putih terasa membosankan, cobalah infused water. Tak hanya artikel mengenai mengatasi kebosanan minum air dengan infused water, masih ada empat artikel lainnya yang berhasil masuk ke dalam jajaran 5 artikel terpopuler pada Jumat (12/12/2014): 1. 4 Campuran Buah untuk Racik Infused Water Untuk membuat infused water, Anda hanya perlu sediakan air putih, buah, sayur atau tanaman obat sebagai campurannya dan botol minuman. Tetapi, perlu diketahui bahwa hanya buah yang mengandung asam saja yang cocok diracik dengan air. Lantas, apa saja racikan yang pas untuk membuat infused water? 2. Selain Gangguan Ereksi, Ini 3 Masalah yang Kerap Dialami Pria Disfungsi ereksi (DE) merupakan salah satu gangguan urologi yang kerap terjadi pada pria dan paling ditakuti oleh pria berusia dewasa. Namun, masalah pada organ intim pria bukan DE saja, melainkan masih banyak kondisi lain yang patut untuk diwaspadai. Penasaran? Simak artikel ini selengkapnya. 3. 4 Cara Alami Kurangi Lemak Payudara Oleh karena itu, di bal [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *