Mata Lelah Karena Layar Komputer: Computer Vision Syndrome

mata-monitor-lelah.jpg

Di zaman yang semakin modern ini, memang sangat sulit untuk menghindari bekerja dengan menggunakan perangkat digital. Bekerja berjam-jam di depan layar digital memang sudah menjadi kehidupan sehari-hari masyarakat masa kini.

Namun, sayangnya, aktivitas ini juga menciptakan konsekuensi baru bagi kesehatan mata kita. Mata menjadi tegang, lelah dan pegal karena harus menatap layar komputer terus-menerus. Masalah mata lelah yang disebabkan karena layar digital sering disebut dengan Computer Vision Syndrome (CVS). CVS ini bukan merupakan suatu masalah penglihatan yang spesifik, namun lebih kepada kumpulan gejala pada mata, mulai dari rasa pegal hingga sakit pada pengguna komputer secara khusus, atau perangkat digital lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa 50-90% pengguna komputer akan memiliki keluhan mata. Hal ini dapat terjadi pada anak-anak dan dewasa, terutama jika pencahayaan dan posisi komputer tidak ideal.

Bagaimana layar komputer mempengaruhi penglihatan? Berikut penjelasannya:

Bagaimana Layar Komputer Mempengaruhi Penglihatan?

Computer vision syndrome sebenarnya sama dengan penyakit carpal tunnel syndrome (sindroma terowongan karpal) dan cedera jenis lainnya yang terkait dengan pekerjaan berulang yang menyebabkan stres pada jaringan atau organ terkait. Cedera dalam kelompok kelainan tersebut terjadi ketika suatu organ atau jaringan harus melakukan gerakan yang sama berulang-ulang secara terus-menerus. Dan, sama seperti cedera karena stres berulang jenis lainnya, CVS dapat menjadi semakin parah seiring dengan semakin sering dan semakin lama seseorang melakukan aktivitas pemicu.

Bekerja dengan komputer mengharuskan mata terus-menerus berfokus, bergerak maju mundur dan berusaha mensejajarkan mata dengan objek yang dilihat di depan layar. Anda mungkin harus melihat ke bawah untuk melihat kertas dan kemudian melihat lagi ke layar untuk mengetik. Dengan demikian, mata Anda harus mengubah-ubah fokus sehingga apa yang Anda lihat di layar tetap jelas. Berbagai kerja mata ini membutuhkan usaha yang berat dari otot-otot mata Anda.

Membaca di layar komputer sebenarnya lebih berat untuk mata ketimbang membaca buku atau membaca tulisan di atas kertas. Ini berhubungan dengan elemen kontras, kilatan dan pencahayaan layar komputer. Masalah mata karena penggunaan komputer juga biasanya lebih sering terjadi pada meraka yang sudah memiliki masalah mata seperti rabun jauh atau astigmatisme. Atau,jika Andasebenarnya membutuhkan kacamata namun tidak memakainya atau memakai kacamata yang koreksinya tidak tepat.

Mereka dengan usia tua juga akan lebih sulit lagi untuk bekerja dengan komputer karena kemampuan lensa matanya sudah semakin berkurang sehingga akan mengalami kesulitan untuk mengubah-ubah fokus dekat dan jauh. Hal ini biasanya mulai terjadi ketika memasuki usia 40 tahun.

Apa saja gejala Computer Vision Syndrome? Berikut penjelasannya:

Apa Saja Gejala Computer Vision Syndrome?

Penggunaan komputer secara rutin dapat mempengaruhi penglihatan dan menyebabkan ketidaknyaman karena adanya ketegangan dan kelelahan pada mata.

Beberapa gejala yang dapat muncul adalah:

  • Penglihatan kabur

  • Penglihatan ganda

  • Mata kering dan mata merah

  • Iritasi mata

  • Sakit kepala

  • Sakit leher, bahu dan punggung

Gejala-gejala ini sebaiknya diperiksakan ke dokter. Jika tidak terdapat masalah khusus yang mendasarinya dan memang hanya karena kelelahan dalam menggunakan layar komputer, maka Anda dapat melakukan tindakan-tindakan penyesuaian dan pencegahan sehingga gejala-gejala ini tidak mengganggu performa kerja Anda.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ingin Redakan Stres? Jangan Mengeluh!

Ingin Redakan Stres? Jangan Mengeluh!

Penelitian menunjukkan bahwa rasa khawatir dan stres yang berkepanjangan dapat berdampak negatif bagi kesehatan Anda. University of Rochester School of Medicine menemukan bahwa orang dengan jabatan pekerjaan yang tinggi, memiliki indeks masa tubuh (BMI) yang juga tinggi.Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Tel Aviv University di Israel menunjukkan bahwa karyawan yang mengalami tingkat stres tinggi, 1,8 kali lebih mungkin terkena diabetes tipe 2. Lalu penelitian dari University of California di San Francisco menjelaskan, stres dapat memicu hormon yang bisa menyebabkan gangguan kulit seperti psoriasis dan eksim.Jika stres melanda, tenangkanlah pikiran dan diamkan diri sesaat. Selanjutnya, ikutilah tips yang dilansir myhealthnewsdaily ini agar Anda bisa terbebas dari stres dan beban pikiran.1. Jangan MengeluhJika Anda pikir mengeluh itu merupakan cara baik untuk melampiaskan stres, Anda salah. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Kent di Inggris menemukan bahwa mengeluh kepada orang lain hanya akan membuat orang merasa semakin buruk. Para peserta penelitian menjadi lebih tidak puas dengan keadaannya, daripada saat mereka belum mengeluh dan curhat."Mengeluh buka [...]

Mitos Tekanan Darah Tinggi

Mitos Tekanan Darah Tinggi

Ada beberapa hal yang disalahpahami tentang tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kondisi darah tinggi yang tidak ditangani dengan baik adalah awal mula timbulnya bermacam-macam penyakit yang mematikan. Terdapat beberapa hal tentang darah tinggi yang belum dipahami dengan benar. Berikut ini adalah beberapa kesalahpahaman yang terjadi: Mitos 1: Tekanan Darah Tinggi Bukan Masalah Besar Tekanan darah merujuk kepada tekanan di dinding pembuluh arteri ketika darah dipompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh. Darah yang terpompa oleh jantung mengalir melalui pembuluh darah yang secara fleksibel dapat mengembang dan menyempit. Tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi ketika darah Anda menekan dinding pembuluh darah terlalu keras. Penyakit ini sering disebut sebagai pembunuh diam-diam. Kecuali memeriksakannya, tidak ada gejala khusus yang membuat Anda tersadar sedang mengidap tekanan darah tinggi. Padahal kondisi ini menjadi sumber penyebab beragam penyakit berbahaya seperti stroke, penyakit jantung, kerusakan ginjal, dan organ-organ penting lainnya. Mitos 2: Jika Salah Satu Bilangan Tekanan Darah Normal, Berarti Tidak Ada Masalah Saat yang paling baik untuk mengukur tekanan darah a [...]

3 Masalah Kesehatan Akibat Naik Pesawat

3 Masalah Kesehatan Akibat Naik Pesawat

Sering berpergian dengan pesawat terbang ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini tiga masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh para traveller dan cara mengatasinya, seperti yang dikutip dari Health.1. Jet LagJet Lag biasanya disebabkan oleh persilangan beberapa zona waktu dalam waktu singkat. Setiap manusia mempunyai siklus 24 jam masing-masing yang disebut irama sirkadian. Biasanya irama ini berubah setiap hari, namun hanya sedikit. Saat seseorang memasuki zona waktu yang tidak sinkron dengan irama sirkadian orang tersebut, dibutuhkan waktu lebih lama untuk mengatur ulang ritme harian.Untuk mengatasi jet lag, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Pertama, jika Anda akan terbang melewati beberapa zona waktu, pesanlah penerbangan paling terakhir untuk menjaga ritme tubuh. Kedua, pada saat di atas pesawat, sering-seringlah mengonsumsi air mineral untuk menghindari dehidrasi, yang bisa meningkatkan gejala jet lag. Baca tips lain mengatasi jet lag di sini.2. DehidrasiKelembaban udara di pesawat cenderung berkurang hingga 15 persen. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu meminum air mineral sebelum terbang, pada saat di pesawat dan juga setelah [...]

Ini Posisi yang Paling Ideal untuk Tidur

Ini Posisi yang Paling Ideal untuk Tidur

Tidur di malam hari merupakan salah satu faktor penting untuk memiliki tubuh yang sehat. Saat tidur, posisi pun bisa menentukan apakah Anda akan bangun dalam keadaan segar atau kesakitan di pagi hari. Berikut posisi tidur paling ideal. Posisi tidur terlentang dianggap sebagai posisi yang paling baik. Posisi tersebut mencegah sakit punggung dan leher. Posisi itu juga dapat membuat seorang wanita tetap cantik karena mencegah keriput dan menjaga bentuk payudara."Tidur dengan posisi terlentang lebih memudahkan orang untuk menjaga posisi kepala, leher dan tulang belakang di posisi netral," ujar Steven Diamant seorang ahli tulang di New York City, seperti dikutip Fox News.Sementara menurut Dr. Dee Anna Glaser dari Saint Louis University, tidur terlentang mencegah kerut di wajah karena saat tidur tidak ada yang menekan bagian tersebut. Posisi terlentang juga dapat mendukung payudara dengan baik sehingga mengurangi risiko payudara kendur atau turun.Namun meski dianggap sebagai posisi tidur paling ideal, Anda yang suka tidur terlentang harus mewaspadai efek mendengkur dan sulit bernapas. Dr. John Shneerson dari Sleep Centre di Papworth Hospital, Cambridge mengungkapkan dalam posisi terse [...]

Hati-hati!  Bikini Waxing Bisa Berbahaya

Hati-hati! Bikini Waxing Bisa Berbahaya

Bikini waxing merupakan cara menghilangkan bulu dengan menggunakan lilin atau wax pada area bikini line. Proses bikini wax tidaklah lama, kurang dari dua jam Anda sudah bisa menghilangkan bulu-bulu yang dirasa mengganggu.Sayangnya, bikini waxing memiliki efek negatif. Seperti yang dikutip dari womenshealthmag, baru-baru ini kota New Jersey melarang adanya bikini wax setelah dua wanita dilaporkan masuk rumah sakit karenanya. Dan pada 2007, seorang wanita Australia yang mengidap diabetes 1, dilaporkan hampir meninggal akibat infeksi bakteri yang ia dapatkan setelah melakukan bikini waxing."Bulu kemaluan ada untuk sebuah alasan, melindungi kulit sensitif dan selaput lendir di daerah kelamin. Mencabut bulu dengan lilin dapat mengangkat lapisan perlindungan tersebut," ujar Linda K. Franks, asisten klinis profesor dermatologi di New York University School of Medicine.Selain itu, waxing juga dapat menarik potongan-potongan kecil lapisan kulit terluar, dan menciptakan sebuah portal yang dapat membuat bakteri masuk ke dalam tubuh. Terlebih lagi, proses ini juga menimbulkan peradangan, yang membuat bakteri terperangkan di bawah kulit. Bikini waxing dapat menciptakan risiko infeksi kulit, [...]

Ini Cara Masak yang Bisa Mempercepat Penuaan Kulit

Ini Cara Masak yang Bisa Mempercepat Penuaan Kulit

Cara memasak ternyata bisa memengaruhi kondisi kulit seseorang. Mengolah makanan dengan cara memanggang, membuat kulit lebih cepat keriput dibandingkan mengukusnya.Sebuah scanner teknologi baru telah mengungkap kerusakan kulit yang terjadi akibat memasak dengan cara panggang dan goreng. Alat scanner tersebut memeriksa kondisi kesehatan kulit dengan cara mengukur tingkat Advannced Glycation End-products (AGEs) dalam tubuh. AGEs merupakan senyawa yang bersifat merusak. Dalam konsentrasi tinggi, AGEs bisa mempercepat penuaan kulit dan biasanya terbentuk ketika makanan dimasak dalam temperatur tinggi --disebabkan reaksi antara karbohidrat (gula dan pati) dan protein atau lemak bersuhu tinggi.Seperti halnya indeks massa tubuh dan tekanan darah, tingkat AGEs juga menjadi penanda kondisi kesehatan. Penting untuk mengetahui level AGEs karena membantu Anda memilih gaya hidup yang lebih sehat. Penelitian yang dilakukan Morinda --brand penyedia produk kesehatan asal Amerika-- menunjukkan bahwa AGEs diserap ke dalam tubuh melalui makanan. Jika terlalu banyak, senyawa ini akan menyebabkan keriput dan kulit mengendur karena kerusakan kolagen dan elastin, dua komponen yang membuat kulit terlih [...]

Rajin Ke Dokter Gigi Mengurangi Resiko Jantung

Rajin Ke Dokter Gigi Mengurangi Resiko Jantung

Apakah Anda termasuk rajin membersihkan karang gigi 2 kali setahun ke dokter gigi? Kalau jawaban Anda adalah iya, maka Anda telah menurunkan 24% resiko terkena serangan jantung dan 13 % penurunan resiko terserang stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah ke dokter gigi atau hanya ke dokter gigi sekali per dua tahun. Penemuan data ini dikemukakan oleh para peneliti dari Taiwan yang di presentasikan dalam pertemuan tahunan the American Heart Association, Orlando, Amerika Serikat hari minggu kemarin (13/11) seperti dilansir dalam USA Today. Penelitian ini dilihat dari 100.000 orang tanpa latar belakang gangguan jantung selama rata-rata 7 tahun, dan mereka yang rajin ke dokter gigi untuk melakukakan pembersihan karang gigi atau biasa disebut tooth scaling paling tidak dua kali setahun selama dua tahun, mengalami penurunan resiko serangan jantung sebesar 24% dan stroke sebesar 13%. Hasil dari penelitian ini sejalan dengan hasil penelitian sebelumnya di Sweden yang mengemukakan bahwa jenis penyakit periodontal dan bakteri yang berkembang selanjutnya dalam mulut diperkirakan memberikan resiko dalam serangan jantung, stroke dan gagal jantung. Bahkan Dr. Emily (Zu-Yin) Chen selaku [...]

Sakit Perut, Pria Ini Ternyata Wanita yang Baru Menstruasi di Usia 40-an

Sakit Perut, Pria Ini Ternyata Wanita yang Baru Menstruasi di Usia 40-an

Seorang pria asal China, sebut saja namanya Chen, selama ini memiliki kehidupan yang normal. Ia punya pekerjaan bagus, dan sudah hidup berumahtangga selama 10 tahun dengan sang istri. Sampai suatu hari, pria berusia 44 tahun ini mengeluhkan sakit pada perutnya dan memeriksakan diri ke dokter. Hidup selama puluhan tahun sebagai pria, Chen harus menerima fakta kalau fisiknya sebenarnya adalah wanita.Kenyataan itu diketahuinya baru-baru ini, ketika Chen merasakan sakit perut dan terdapat darah pada urinnya. Khawatir dengan kondisi tersebut, Chen ditemani istri pun pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan ke dokter dan dianjurkan melakukan CAT scan untuk melihat sumber keluarnya darah pada urinnya. Hasilnya sangat mengejutkan. Dari hasil scan, tubuh Chen ternyata memiliki organ reproduksi wanita yang lengkap dan baru mulai mengalami menstruasi di usianya yang sudah berkepala empat.Seperti dikutip Rocket News dari situs China, Zhejian Online, saat datang ke rumah sakit di Kota Yongkang, Chen diperlakukan layaknya pasien pria. Ia berpakaian layaknya pria, berpotongan rambut pendek dan datang bersama istrinya. Namun setelah menganalisa hasil scan, dokter menemukan adanya uterus dan ovar [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *