Mata Lelah Karena Layar Komputer: Computer Vision Syndrome

mata-monitor-lelah.jpg

Di zaman yang semakin modern ini, memang sangat sulit untuk menghindari bekerja dengan menggunakan perangkat digital. Bekerja berjam-jam di depan layar digital memang sudah menjadi kehidupan sehari-hari masyarakat masa kini.

Namun, sayangnya, aktivitas ini juga menciptakan konsekuensi baru bagi kesehatan mata kita. Mata menjadi tegang, lelah dan pegal karena harus menatap layar komputer terus-menerus. Masalah mata lelah yang disebabkan karena layar digital sering disebut dengan Computer Vision Syndrome (CVS). CVS ini bukan merupakan suatu masalah penglihatan yang spesifik, namun lebih kepada kumpulan gejala pada mata, mulai dari rasa pegal hingga sakit pada pengguna komputer secara khusus, atau perangkat digital lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa 50-90% pengguna komputer akan memiliki keluhan mata. Hal ini dapat terjadi pada anak-anak dan dewasa, terutama jika pencahayaan dan posisi komputer tidak ideal.

Bagaimana layar komputer mempengaruhi penglihatan? Berikut penjelasannya:

Bagaimana Layar Komputer Mempengaruhi Penglihatan?

Computer vision syndrome sebenarnya sama dengan penyakit carpal tunnel syndrome (sindroma terowongan karpal) dan cedera jenis lainnya yang terkait dengan pekerjaan berulang yang menyebabkan stres pada jaringan atau organ terkait. Cedera dalam kelompok kelainan tersebut terjadi ketika suatu organ atau jaringan harus melakukan gerakan yang sama berulang-ulang secara terus-menerus. Dan, sama seperti cedera karena stres berulang jenis lainnya, CVS dapat menjadi semakin parah seiring dengan semakin sering dan semakin lama seseorang melakukan aktivitas pemicu.

Bekerja dengan komputer mengharuskan mata terus-menerus berfokus, bergerak maju mundur dan berusaha mensejajarkan mata dengan objek yang dilihat di depan layar. Anda mungkin harus melihat ke bawah untuk melihat kertas dan kemudian melihat lagi ke layar untuk mengetik. Dengan demikian, mata Anda harus mengubah-ubah fokus sehingga apa yang Anda lihat di layar tetap jelas. Berbagai kerja mata ini membutuhkan usaha yang berat dari otot-otot mata Anda.

Membaca di layar komputer sebenarnya lebih berat untuk mata ketimbang membaca buku atau membaca tulisan di atas kertas. Ini berhubungan dengan elemen kontras, kilatan dan pencahayaan layar komputer. Masalah mata karena penggunaan komputer juga biasanya lebih sering terjadi pada meraka yang sudah memiliki masalah mata seperti rabun jauh atau astigmatisme. Atau,jika Andasebenarnya membutuhkan kacamata namun tidak memakainya atau memakai kacamata yang koreksinya tidak tepat.

Mereka dengan usia tua juga akan lebih sulit lagi untuk bekerja dengan komputer karena kemampuan lensa matanya sudah semakin berkurang sehingga akan mengalami kesulitan untuk mengubah-ubah fokus dekat dan jauh. Hal ini biasanya mulai terjadi ketika memasuki usia 40 tahun.

Apa saja gejala Computer Vision Syndrome? Berikut penjelasannya:

Apa Saja Gejala Computer Vision Syndrome?

Penggunaan komputer secara rutin dapat mempengaruhi penglihatan dan menyebabkan ketidaknyaman karena adanya ketegangan dan kelelahan pada mata.

Beberapa gejala yang dapat muncul adalah:

  • Penglihatan kabur

  • Penglihatan ganda

  • Mata kering dan mata merah

  • Iritasi mata

  • Sakit kepala

  • Sakit leher, bahu dan punggung

Gejala-gejala ini sebaiknya diperiksakan ke dokter. Jika tidak terdapat masalah khusus yang mendasarinya dan memang hanya karena kelelahan dalam menggunakan layar komputer, maka Anda dapat melakukan tindakan-tindakan penyesuaian dan pencegahan sehingga gejala-gejala ini tidak mengganggu performa kerja Anda.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bad Mood Menyerang? Konsumsi 5 Makanan Ini

Bad Mood Menyerang? Konsumsi 5 Makanan Ini

Apa Anda sedang merasa bad mood hari ini? Perubahan suasana hati mungkin terjadi karena adanya konflik di rumah, bertengkar dengan pasangan, terlalu lelah atau sedang PMS. Terkadang, mood yang buruk bisa menghambat pekerjaan Anda. Maka dari itu, usir bad mood Anda dengan makanan yang menyehatkan.Menurut penelitian, makanan yang mengandung lemak omega-3, asam folat dan vitamin B12 dapat mengubah mood yang buruk jadi lebih baik. Dikutip dari Times of India, ada lima macam makanan atau minuman yang membuat Anda lebih bahagia.1. CokelatKonsumsi cokelat saat sedang bad mood. Cokelat memberikan efek nyaman, rileks, dan meningkatkan semangat dalam tubuh. Selain itu, cokelat baik untuk kesehatan. Penelitian juga mengatakan kalau menikmati batangan cokelat susu akan meningkatkan daya fungsi otak Anda. Jangan takut gigi Anda rusak karena makan cokelat. Justru cokelat baik untuk gigi karena cocoanya mengandung zat yang dapat membunuh bakteri penyebab karang gigi.2. PisangSelain murah, buah pisang mudah ditemukan. Pisang akan memperbaiki perasaan yang sedang kacau. Kini, para ahli percaya bahwa makan pisang dapat menghangatkan hati dan menambah energi Anda. Pisang mengandung tryptophan, sej [...]

Komplikasi Penyakit Akibat Masalah Gusi

Komplikasi Penyakit Akibat Masalah Gusi

Oleh: drg. Martha Mozartha Seorang perempuan berusia 30 tahun mengeluhkan sakit kepala, sakit leher dan kejang otot sejak 1 tahun terakhir. Ia juga merasakan matanya memerah, pandangan menjadi kabur, berair, sensitif terhadap cahaya dan terasa sakit. Pasien ini didiagnosa menderita uveitis yaitu peradangan pada uvea (bagian mata yang terdiri dari iris, choroid dan corpus siliaris). Ia sudah mendapatkan perawatan dan telah mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter spesialis mata namun keluhan masih terus ada. Saat berkonsultasi ke dokter gigi, ditemukan banyak penumpukan plak dan karang gigi di seluruh giginya. Gusinya tampak meradang, namun tidak ditemukan karies gigi. Dokter gigi lalu melakukan perawatan periodontal meliputi pembersihan karang gigi secara intensif untuk mengembalikan kesehatan jaringan pendukung gigi. Setelah perawatan tersebut, keluhan wanita ini berangsur-angsur menghilang dan membaik. Kasus lainnya terjadi pada seorang perempuan berusia 50 tahun yang mengunjungi dokter gigi karena ada giginya yang patah saat sedang mengunyah. Ia tidak pernah memeriksakan gigi sebelumnya. Pada saat pemeriksaan, dokter gigi mendapati beberapa gigi pasien tersebut sudah pat [...]

World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek

World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek

Telah diketahui secara luas di masyarakat bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, bukan hanya pada jantung, paru-paru dan organ lainnya tetapi juga pada rongga mulut. Kerusakan dalam rongga mulut yang paling popupler diketahui oleh masyarakat adalah perubahan pada warna gigi. Tentu saja itu hanya 1 dari sekian banyak dampak buruk merokok, baik rokok putih maupun rokok kretek. Konsumsi rokok di Indonesia meliputi rokok putih dan rokok kretek, dan ternyata penikmat rokok kretek cukup banyak. laporan mengenai penyakit yang ditimbulkan oleh rokok kretek tidak sebanyak laporan kasus pada rokok putih. Namun telah ditemukan laporan kasus perdarahan dan edema pada paru yang diduga karena rokok kretek dan ada yang berakhir dengan kematian, juga laporan kasus kerusakan gigi yang spesifik pada perokok kretek. World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek Telah diketahui secara luas di masyarakat bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, bukan hanya pada jantung, paru-paru dan organ lainnya tetapi juga pada rongga mulut. Kerusakan dalam rongga mulut yang paling popupler diketahui oleh masyarakat adalah perubahan pada warna [...]

Stroke Dicegah dengan Menahan Marah

Stroke Dicegah dengan Menahan Marah

Oleh dr. Alvin Nursalim Stroke adalah penyakit yang disebabkan penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Stroke bisa bergejala, namun kadang tidak memiliki gejala yang khas. Sehingga penderita stroke bisa jatuh ke dalam kondisi koma dalam waktu singkat, tanpa persiapan apapun. Namun ada beberapa perubahan pola hidup yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko terkena stroke. Apa saja? Yuk kita simak satu persatu berikut ini: Kontrol emosi Anda Hubungan antara depresi dan stres dengan penyakit sudah dibuktikan. Jika Anda cenderung pemarah, risiko stroke juga dapat meningkat. Cobalah untuk mengontrol emosi Anda dan menjadi lebih rileks dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menahan emosi, Anda akan jauh dari kondisi stres dan depresi. Dengan demikian risiko stroke akan jauh berkurang. Jaga pola makan Anda Stroke bisa disebabkan oleh berbagai sebab. Salah satunya adalah akibat sumbatan oleh plak. Plak ini lebih mudah terbentuk pada individu dengan diabetes, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Cobalah untuk kurangi konsumsi makanan berlemak, dan perbanyak porsi makan sayur dan buah. Makanan kaya lemak jenuh tidak hanya meningkatkan risiko stroke tapi juga m [...]

Alkohol Lebih Berbahaya Bagi Wanita Dibanding Pria

Alkohol Lebih Berbahaya Bagi Wanita Dibanding Pria

Bagi wanita yang gemar mengonsumsi alkohol, sebaiknya berhati-hatilah. Menurut beberapa penelitian,alkohol ternyata lebih banyak memberikan efek negatif pada wanita dibandingkan pria.Seperti yang dikutip dari howstuffworks, wanita lebih rentan mengalami masalah kesehatan serius seperti kerusakan otak, hati, penyakit jantung dan kanker. Selain itu wanita akan lebih mudah mabuk ketimbang pria saat meminum alkohol.Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Psychiatry, Daniel Hommer dan koleganya menemukan bukti yang menjelaskan adanya hubungan lansung antara kerusakan otak dengan kebiasan minum wanita. Bukti ini tidak dipengaruhi dengan banyak atau sedikitnya takaran alkohol yang dikonsumsi.Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa alkohol secara perlahan menyebabkan kerusakan organ tubuh sedari awal pengonsumsian. Wanita yang meminum alkohol mulai dari usia 20 atau 25 tahun, kemungkinan akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas sederhana dan pengendalian impuls di usia 30 tahun."Ini merupakan bukti pertama kalinya, bahwa ada bagian otak yang tidak bisa melakukan tugasnya seperti berpikir. Hal ini lebih terpengaruh pada pecandu alkohol wanita diba [...]

Cara Redakan Rasa Nyeri Ketika Haid Hari Pertama

Cara Redakan Rasa Nyeri Ketika Haid Hari Pertama

Sebagian wanita sering merasakan nyeri saat datang 'bulan'. Nyeri tersebut bisa karena reaksi dari menstruasi itu sendiri atau tanda adanya penyakit. Rasa nyeri membuat Anda tidak nyaman bahkan beberapa wanita tak bisa beraktivitas seperti biasa. Untuk meredakan sakit yang sangat mengganggu aktivitas, dokter spesialis kandungan, Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), menyarankan minum obat. "Obat apa saja yang mengandung analgesik atau anti sakit bisa justru harus diminum," ujar dokter Frits kepada wolipop, Rabu (1/5/2013).Hal itu juga disetujui oleh Dr Prima Progestian, SpOG,CH,CHt, dokter kandungan yang berpraktek di Brawijaya Women and Children Hopsital. Ia menuturkan, sebaiknya konsumsi obat anti nyeri jika sakit haid sudah tak tertahankan. Namun bila ada keluhan lain yang mengganggu, pria yang juga membuka praktek di Klinik Permata Bintaro itu menyarankan segera periksa ke dokter."Kalau obat-obatan anti nyeri seperti Feminax, panadol itu nggak masalah. Anti nyeri boleh saja. Tapi kalau ada keluhan lebih baik diperiksakan langsung karena mungkin ada infeksi atau penyakit," ujar Dr Prima saat dihubungi wolipop melalui telepon, Rabu (1/5/2013).Jika tidak mau merasakan nyeri, [...]

Gatal pada Penis, Indikasi Penyakit Menular?

Gatal pada Penis, Indikasi Penyakit Menular?

Gatal pada penis adalah kondisi umum yang dapat terjadi akibat infeksi ringan yang dapat hilang dengan penanganan sendiri. Namun ada kalanya gatal juga menjadi indikasi adanya penyakit menular seksual. Umumnya gatal pada penis dapat diredakan dengan perawatan sendiri dan obat-obatan yang dijual secara bebas. Namun jika gatal tidak kunjung reda, bisa jadi ada penyebab lain yang lebih serius. Mengenal Penyebab Gatal Penanganan gatal pada penis dilakukan menurut penyebab terjadinya kondisi tersebut. Berikut ini beberapa penyebab umum timbulnya rasa gatal pada penis. Infeksi jamur atau kandidiasis Umumnya jamur tidak berbahaya dan dapat ditangani dengan cepat dengan pengobatan antijamur. Meski demikian, waspada kondisi ini mengarah pada penyakit menular seksual. Infeksi ini umumnya berdampak kepada kepala penis dan disebut kandida balanitis. Jamur penyebab infeksi ini telah ada secara alami dalam tubuh dan tidak berbahaya pada kondisi tubuh sehat. Kondisi tertentu seperti diabetes membuat jamur dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi. Pada pengidap diabetes, infeksi berisiko untuk datang kembali, meski pengidap telah menjalani pengobatan. Selain gatal, gejala lain yang menyert [...]

Benarkah Meremas Payudara Dapat Meringankan Risiko Kanker Payudara?

Benarkah Meremas Payudara Dapat Meringankan Risiko Kanker Payudara?

Kanker payudara masih menjadi monster yang menakutkan bagi perempuan. Di antara banyak pengobatan yang hadir untuk mencegahnya, sebuah penelitian di UC Berkeley dan Lawrence Berkeley National Laboratory mengungkapkan bahwa meremas atau memijat payudara dapat mencegah kanker. Mengapa bisa demikian? Gautham Venugopalan, salah satu ilmuwan terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan, ?Tekanan fisik dapat mempengaruhi tubuh. Ketika kita mengangkat beban, otot kita menjadi lebih besar. Gaya gravitasi sangat penting untuk menjaga tulang kita kuat. Di sini kami menunjukkan bahwa tekanan fisik dapat memainkan peran dalam pertumbuhan sel kanker.? Memijat Payudara dan Risiko Kanker Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan juga memasukkan sel kanker payudara ganas pada silikon. Mereka kemudian mencoba menekan dan meremas silikon berisi sel kanker ganas. Setelah beberapa lama, sel kanker yang mendapatkan tekanan fisik mulai tumbuh secara normal dan tidak ganas. Mereka pun menjelaskan bahwa kegiatan meremas dan memijat payudara mungkin tak bisa dikembangkan menjadi bentuk terapi. Meski begitu, penemuan ini memberikan petunjuk baru untuk melacak molekul dan struktur sel [...]

Sendi Bebas Nyeri Sampai Tua dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Sendi Bebas Nyeri Sampai Tua dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk beraktivitas dengan optimal pun berkurang. Sakit pada persendian maupun tulang kerap dialami orang yang sudah menginjak usia 30 tahun ke atas, akibat berkurangnya kalsium dan 'cairan pelumas' yang melindungi otot serta sendi.Agar persendian tetap sehat dan memungkinkan Anda tetap beraktivitas dengan normal di usia tua, diet yang sehat perlu dijalani. Ini beberapa makanan dengan kandungan yang bisa memelihara kesehatan sendi serta tulang yang perlu dikonsumsi secara rutin minimal dua hingga tiga kali seminggu.1. SalmonBegitu menginjak usia 30, umumnya orang akan mengalami robekan kecil pada tulang rawan. Jaringan mirip karet yang terdapat pada persendian ini berfungsi membantu Anda bergerak dengan lancar, baik itu berjalan, berolahraga maupun melakukan aktivitas lainnya. Meskipun robekannya sangat kecil, jika dibiarkan bisa menjadi gangguan yang fatal seperti peradangan kronis dan sakit saat sendi digerakkan. Salmon, bisa mencegah atau setidaknya mengurangi peradangan berkat kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Lemak sehat ini berkhasiat sebagai anti peradangan. Selain itu salmon juga mengandung vitamin D yang menjaga kesehata [...]

Cegah Risiko Serangan Jantung dengan Rutin Kontrol Gigi

Cegah Risiko Serangan Jantung dengan Rutin Kontrol Gigi

Merawat dan membersihkan gigi secara rutin memang merupakan hal yang sepele dan seringkali tidak diperhatikan. Namun, ternyata hal tersebut dapat memberikan dampak yang cukup serius pada kesehatan secara umum.Kunjungan ke dokter gigi setidaknya dua kali setahun dapat membantu untuk mengurangi risiko menderita serangan jantung atau stroke. Hal tersebut merupakan hasil penelitian dari sekelompok peneliti dari Veterans General Hospital in Taipei, Taiwan.Hasil penelitian tersebut, baru-baru ini telah dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Heart Association (AHA) di Orlando, Florida."Perlindungan dari penyakit jantung dan stroke lebih jelas pada peserta penelitian yang mendapatkan pemeriksaan gigi sedikitnya setahun sekali. Memiliki gigi yang dibersihkan secara rutin oleh tenaga kesehatan profesional dapat untuk mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan peradangan. Bakteri peradangan tersebut dapat menyebakan kondisi yang mengarah pada perkembangan penyakit jantung atau stroke," kata Dr Emily (Zu-Yin) Chen, seorang ahli kardiologi di Veterans General, dalam sebuah rilis berita hasil penelitian di AHA seperti dikutip detikhealth dari HealthNews.Menyikat gigi secara ruti [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *