Mau Ngemil? Ini Aneka Camilan yang Tak Bikin Gemuk

135558241.jpg

Salah satu tantangan terbesar saat memutuskan untuk diet penurunan berat badan adalah mengurangi keinginan untuk makan camilan. Walaupun porsinya sedikit, namun camilan yang kurang sehat seperti keripik kentang atau berbagai makanan cepat saji lainnya justru akan membuat program diet Anda berantakan. Oleh karena itu, agar tidak ada perasaan bersalah saat ngemil dan hasrat makan juga bisa terpuaskan, tak ada salahnya untuk mengganti menu Anda dengan aneka camilan sehat. Idealnya, camilan sehat harus mengandung tak lebih dari 200 kalori dalam sehari dan memiliki nutrisi penting seperti karbohidrat, protein dan serat. Apa saja?

1. Yoghurt
Yoghurt merupakan sumber protein yang dan dapat membantu mempertahankan bentuk tubuh. Karbohidrat paling cepat digunakan tubuh, dan protein membantu tubuh untuk mencernanya secara perlahan sehingga perut pun terasa kenyang lebih lama. Untuk membuat camilan jadi lebih enak, tambahkan buah seperti stroberi atau blueberry ke dalam yoghurt tawar,untuk membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Salad Sayur
Ganti makanan cepat saji Anda dengan salad sayur yang tentu lebih sehat dengan banyaknya kandungan vitamin, mineral, dan protein. Sayuran juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga tetap membuat Anda terhidrasi seharian.

3. Susu Rendah Lemak
Susu memang kurang tepat untuk dikategorikan sebagai camilan. Namun memilih susu rendah lemak dibanding soda saat Anda lapar tentu akan lebih sehat bagi tubuh, dan tentunya tak menambah berat badan. Susu rendah lemak kaya akan kalsium dan sejumlah studi menunjukkan bahwa kalsium bisa mempercepat metabolisme tubuh. Agar rasanya lebih enak, Anda juga bisa mencampurkannya bersama buah-buahan favorit seperti pisang atau stroberi.

4. Edamame
Edamame atau kacang kedelai Jepang menjadi pilihan camilan sehat lain yang bisa Anda coba. Kacang kedelai mengandung bermacam nutrisi yang sehat bagi tubuh. Setengah cangkir edamame sudah bisa mencukupi kebutuhan serat, protein, vitamin dan mineral dalam sehari. Anda bisa memakannya dengan cara dipanggang atau rebus.

5. Apel
Studi di Brazil menunjukkan, konsumsi tiga apel sehari bantu mengontrol bahkan mengurangi berat badan. Menurut Rui Hai Lui, Ph.D., yang ahli dalam meneliti apel di Cornell University, “Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah meningkatkan asupan buah dan sayur. Makanan ini meningkatkan volume sekaligus menurunkan kepadatan kalori. Potong apel menjadi empat bagian dan oleskan satu sendok teh selai kacang di atasnya. Hanya 100 kalori, dan sudah membuat Anda kenyang.

6. Oatmeal
Sejumlah studi menemukan bahwa oatmeal lebih mengenyangkan daripada sereal kering dalam jumlah kalori dan kandungan serat yang sama. Saat lapar, seduh oatmeal instan dengan susu panas rendah lemak atau air panas. Taburi buah-buahan segar seperti stroberi, pisang atau blueberry agar rasanya lebih enak. Tambahkan pula satu sendok teh madu murni untuk rasa yang manis.

7. Tuna Kalengan
Sekaleng tuna yang kaya protein hanya mengandung 90 kalori. Tuna bisa dimakan sebagai camilan bersama roti gandum dengan topping mustard. Tapi perlu diperhatikan, beli tuna kalengan yang tidak mengandung bahan tambahan seperti garam atau bumbu penyedap. Perhatikan selalu daftar bahan dan informasi nilai gizi pada kemasan.

(als/als)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hanya 60 Detik, 8 Kebiasaan Baik yang Buat Anda Jarang Sakit

Hanya 60 Detik, 8 Kebiasaan Baik yang Buat Anda Jarang Sakit

Pernah dengar istilah 'sehat itu mahal'? Menjadi sehat sebenarnya bukan sesuatu yang sulit didapatkan apabila Anda terbiasa menjalani gaya hidup yang baik. Membiasakan mencuci tangan sebelum makan misalnya, hanya perlu waktu tak lebih dari 60 detik untuk melakukannya. Ini kebiasaan baik lainnya yang akan membantu Anda mendapatkan kesehatan optimal.1. Melepas Sepatu Sebelum Masuk RumahMelepas sepatu sebelum melewati pintu akan mencegah kotoran, debu, zat kimia dan penyebab alergi masuk ke dalam rumah. Kebiasaan ini merupakan cara yang praktis untuk menjaga rumah tetap bersih dan bebas dari polutan.2. Menutup Hidung dengan Lengan Saat BersinKetika tidak punya tisu atau sapu tangan untuk menutupi mulut dan hidung saat bersin atau batuk, gunakan bagian dalam siku atau lengan. Tujuannya untuk menghindari Anda memakai telapak tangan, yang bisa dengan mudah menyebarkan kuman. Cara ini juga mencegah kuman atau kuman dari mulut tersebar ke udara, yang bisa mendarat di permukaan benda lalu tersentuh dan menginfeksi orang lain.3. Istirahatkan MataBanyak karyawan dan mahasiswa yang menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar komputer setiap harinya. Cahaya komputer, postur tubuh membungkuk [...]

Sekilas Mengenai H7N9

Sekilas Mengenai H7N9

Sekilas Mengenai H7N9 Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Virus influenza H7 sebetulnya merupakan sebuah kelompok virus influenza yang memang normalnya bersikulasi antar unggas. Virus H7N9 sendiri merupakan subkelompok virus H7. Sebetulnya beberapa virus H7 sudah pernah menginfeksi manusia sebelumnya (H7N2, H7N3, dan H7N7). Namun para ahli mulai khawatir ketika virus H7N9 mulai memakan korban jiwa di Cina pada tanggal 1 April 2013. Walaupun baru mengenai beberapa orang, virus ini sudah menyebabkan kematian atau sakit berat pada sebagian besar orang yang terinfeksi. Bagaimana kita dapat mengenali infeksi gejala infeksi virus H7N9? Sebagian besar orang yang teridentifikasi terinfeksi flu burung baru ini memiliki gejala pneumonia berat seperti sesak napas, demam, dan batuk yang hebat. Namun, para ahli berpendapat bahwa gambaran lengkap gejala belum dapat dipastikan karena laporan kasus masih baru dan dalam jumlah yang sedikit. Walaupun demikian, Apakah ada tes laboratorium khusus? Pusat Kendali dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) atau US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa mereka telah mengembangkan pemeriksaan diagnosis (rapid test) yang dapat digu [...]

Imunisasi DPT: Manfaat dan Efek Sampingnya

Imunisasi DPT: Manfaat dan Efek Sampingnya

DPT adalah singkatan dari difteri, pertusis, dan tetanus. Imunisasi DPT adalah salah satu jenis bentuk vaksinasi yang wajib diberikan kepada balita. Penyakit difteri, pertusis, dan tetanus adalah tiga penyakit berbeda yang masing-masing memiliki risiko tinggi dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, pemberian imunisasi DPT sebaiknya tidak dilewatkan. Sebelum memberikan imunisasi ini kepada anak Anda, sebaiknya diketahui lebih lanjut informasi seputar pemberian imunisasi dan efek sampingnya. Difteri merupakan penyakit pada selaput lendir pada hidung serta tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit ini dapat menimbulkan lapisan tebal berwarna abu-abu pada tenggorokan sehingga dapat membuat anak sulit makan dan bernapas. Bila infeksi tidak diobati, toksin yang dihasilkan oleh bakteri bisa menyebabkan lumpuh dan gagal jantung jika dibiarkan. Sedangkan pertusis yang lebih dikenal batuk rejan adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan dan menyebabkan batuk parah. Jika anak di bawah satu tahun terkena penyakit ini, kemungkinan dapat terjadi pneumonia, kerusakan otak, kejang, bahkan kematian. Sementara tetanus merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kelumpu [...]

Manfaat Kesehatan dari Merayakan Hari Valentine

Manfaat Kesehatan dari Merayakan Hari Valentine

Merayakan hari kasih sayang tidak hanya berguna untuk meningkatkan keharmonisan bersama orang terdekat Anda saja. Namun seperti yang dikutip dari healthkicker, merayakan hari Valentine juga bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan.1. Dark ChocolateCokelat merupakan camilan yang identik dengan hari Valentine. Selain mengandung antioksidan, dark chocolate juga dapat mencegah penyakit jantung, hipertensi dan menurunkan tekanan darah. Jadi, jika Andaingin pasangan atau orang terdekat selalu sehat, pastikan untuk memberikan satu books dark chocolate saat rayakan hari kasih sayang.2. WineMenikmati segelas wine saat makan malam romantis, ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan pada seseorang. Wine mengandung antioksidan dan juga dikenal sebagi pemasok resveratol yang baik. Resveratol diketahui bisa memperpanjang umur dan mengurangi kemungkinan terkena kanker.3. BermesraanSalah satu yang paling menyenangkan saat merayakan hari Valentine adalah kesempatan untuk saling bermesraan. Berpelukan, ciuman dan bercinta dipercaya bisa mengurangi stres dan rasa sakit, bahkan dapatmeningkatkan sistem imun.(eya/hst) [...]

3 Manfaat Pelukan Bagi Pria

3 Manfaat Pelukan Bagi Pria

Bukan hanya wanita yang selalu ingin dimanja-manja dan dipeluk oleh pasangan, pria juga butuh cuddling, seperti pelukan dan dimanja-manja. Bagi pria, dalam sebuah hubungan mendapatkan pelukan dan dimanja pasangan atau yang berkaitan dengan tanda-tanda kasih sayang secara fisik sangat mempengaruhi jangka panjang suatu hubungan. Dalam jurnal Archives of Sexual Behavior menemukan, bahwa dengan pelukan dan dimanja-manja membuat pria bahagia, sementara perempuan lebih cenderung untuk mengatakan mereka puas secara seksual. Manfaat Pelukan Pertama: Hubungan Jangka Panjang Meneliti 1.009 pasangan dari AS, Brasil, Jepang dan Spanyol yang sudah menikah antara usia pernihakan satu sampai 51 tahun. Banyak dari setengah yang diteliti ini ada pada titik perceraian dan yang memiliki hubungan jangka panjang terlihat tidak biasa. Heiman dkk, yang meneliti ini, mengatakan ?sedikit yang kita ketahui tentang hubungan jangka panjang bersama pasangannya. Apakah mereka puas dan bahagia, dan apakah yang membuat mereka puas dan bahagia. Banyak yang menjawab, dengan kasih sayang dan pelukan, membuat kami bahagia.? Manfaat Pelukan Kedua: Sehat akan Bahagia Penel [...]

Kenaikan Harga Obat Batal, GP Farmasi Himbau Produsen Memakai Harga 2010

Kenaikan Harga Obat Batal, GP Farmasi Himbau Produsen Memakai Harga 2010

Faktor inflasi dan kenaikan upah minimum pekerja telah menyebabkan beberapa industri farmasi menaikkan harga obat pada awal tahun 2011. Hal ini telah membuat masyarakat kurang mampu menjadi khawatir. Untuk itu, Gabungan Pengusaha (GP) Farmasi Indonesia berkomitmen membatalkan rencana kenaikan harga tersebut. Komitmen ini juga didukung oleh perusahaan-perusahaan farmasi nasional anggota GP Farmasi Indonesia. GP Farmasi sebelumnya telah mengimbau 15 perusahaan farmasi yang telanjur menaikkan harga obat segera menurunkan harga obatnya selambat-lambatnya pada tanggal 1 Maret 2011. Jika harga tidak turun, maka volume obat akan menurun dan mengancam penurunan industri obat tahun ini. "Ini merupakan partisipasi asosiasi terhadap kondisi masyarakat saat ini. Tidak tepat menaikkan harga. Kami mengimbau, produsen yang menaikkan harga awal Januari 2011, mengembalikan kembali ke harga 2010," ungkap Ketua Umum GP Farmasi Anthony J Sunarjo. Beliau memaparkan bahwa kenaikan ini hanya berkisar 1-2 persen, dan maksimal kenaikan sebesar 10 persen. Hanya ada tidak sampai 10 persen dari 204 perusahaan anggota GP Farmasi yang menaikkan harga, dan itu berarti sebagian besar dari mereka tidak menaikkan h [...]

Tidur Pulas Itu Sehat

Tidur Pulas Itu Sehat

Menikmati tidur pulas itu sehat, dan tentunya segar setelah bangun sangat diperlukan untuk kesehatan dan stamina tubuh. Karena salah satu kebutuhan manusia yang paling penting adalah mengistirahatkan tubuh dengan cara tidur yang cukup setelah melakukan aktivitas seharian. Tidur sangatlah penting untuk kesehatan. Karena dengan tidur kita bisa memulihkan kondisi agar esok hari bisa kembali fit dan segar. Selama tidur, tubuh juga meremajakan kulit. Bersyukur orang-orang yang memiliki jam tidur normal dan pulas. Banyak orang yang mengalami gangguan tidur atau susah tidur. Bahkan, banyak yang memiliki pola tidur buruk sampai menderita insomnia. Kurang tidur akan membuat seseorang lelah, kulit tampak kusam, lingkaran hitam dibawah mata, mata sembab dan menimbulkan tanda-tanda penuan dini pada kulit. Agar tidur pulas dan sehat, ada beberapa tips yang dapat kita lakukan, diantaranya; Gelapkan ruang tidur. Pastikan ruang kamar tidur ada gelap sebelum tidur. Karena faktor lampu menyala saat tidur juga akan mengganggu. Sinar yang dihasilkan oleh lampu membuat kulit dan mata tetep terjaga. Biasakan tidur dan bangun secara teratur. Tidak teraturnya jadwal tidur ini yang membuat dan mempeng [...]

Hindari Mengenakan High Heels Setiap Hari

Hindari Mengenakan High Heels Setiap Hari

Sepatu hak tinggi dipercaya sebagai sepatu yang dapat menyempurnakan keseluruhan tampilan wanita. Dengan efek melangsingkan dan meninggikan siluet tubuh, tidak dapat dipungkiri bahwa high heels menjadi kunci bagi wanita yang ingin tampak seksi.Walaupun begitu, memakai high heels terlalu lama dapat berbahaya bagi tubuh dan kesehatan. Apa saja bahaya memakai high heels setiap hari? Simak beberapa dampak negatif dan cara cara mengatasinya seperti dilansir dari Everyday Health.1. BunionsBunions adalah kondisi ketika terdapat benjolan abnormal tulang di pangkal jempol kaki. Menurut American Academy of Orthopaedic Surgeons, penyakit ini seringkali terjadi pada wanita dan disebabkan karena sepatu yang sempit dan berhak tinggi. Bunions menimbulkan rasa luar biasa sakit pada penderitanya dan biasanya hanya bisa diobati melalui operasi.2. Nyeri pada KakiSaat berjalan kaki menjadi tumpuan dari seluruh berat tubuh, dan dengan mengenakan high heels maka beban yang diberikan kepada kaki menjadi tujuh kali lebih besar dibandingkan dengan menggunakan sepatu flat. Menurut ahli penyakit kaki Dr. Greene, memakai high heels dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki dan dapat [...]

Inilah Penyebab ASI Sedikit

Inilah Penyebab ASI Sedikit

Sebagian besar ibu pasti akan merasa khawatir jika produksi air susu ibu (ASI) dirasa sedikit atau bahkan jika ASI tidak keluar. Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik dan bermanfaat untuk buah hatinya. Dan mengingat bahwa ASI memberikan banyak manfaat berlimpah baik bagi Ibu maupun bayi, maka memberikan ASI dalam tahun-tahun pertama kehidupan si kecil menjadi suatu komitmen penting bagi orangtua. ASI merupakan sumber nutrisi terbaik bagi bayi. Beberapa faktor dapat mempengaruhi jumlah ASI yang dikeluarkan mulai dari faktor psikis ataupun lingkungan. (Baca: 9 Tips untuk Memperlancar ASI) Hal apa saja yang mejadi biang kerok ASI tidak produktif? Berikut adalah beberapa penyebab ASI keluar sedikit. Klik ?next? untuk selanjutnya. Inilah Penyebab ASI Sedikit Sebagian besar ibu pasti akan merasa khawatir jika produksi air susu ibu (ASI) dirasa sedikit atau bahkan jika ASI tidak keluar. Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik dan bermanfaat untuk buah hatinya. Dan mengingat bahwa ASI memberikan banyak manfaat berlimpah baik bagi Ibu maupun bayi, maka memberikan ASI dalam tahun-tahun pertama kehidupan si kecil menjadi suatu komitmen penting ba [...]

5 Akibat Karena Darah Tinggi

5 Akibat Karena Darah Tinggi

Yuk, kita mengenal lebih jauh mengenai ancaman bahaya karena hipertensi. Banyak penderita hipertensi menganggap remeh penyakitnya, karena mayoritas penderita hipertensi tidak mengalami keluhan apa-apa. Sebagian kecil mengalami keluhan pusing, sakit kepala, dan leher terasa tegang. Karena keluhan tidak terasa berat, hipertensi sering kali dipandang sebelah mata. Mengenal bahaya hipertensi sangat diperlukan agar penderita hipertensi memiliki motivasi yang kuat untuk menghindari komplikasi hipertensi. Komplikasi hipertensi meningkat seiring dengan peningkatan tekanan darah. Halaman berikut ini merupakan komplikasi dari hipertensi: Dampak dari Hipertensi 1. Penyakit Jantung: Penyakit Jantung Koroner, Gagal Jantung. Penyakit Jantung Koroner disebabkan karena timbul plak pada pembuluh darah koroner (atherosklerosis). Bila terjadi gangguan pada plak (pecah), maka dapat terjadi sumbatan pada pembuluh darah koroner yang menyebabkan serangan jantung dan kematian mendadak. Penderita penyakit jantung koroner biasanya mengeluhkan nyeri dada seperti tertimpa benda berat pada bagian tengah dada dan dapat menjalar ke lengan kiri. Gagal Jantung terjadi karena otot jantung men [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *