Mau Ngemil? Ini Aneka Camilan yang Tak Bikin Gemuk

135558241.jpg

Salah satu tantangan terbesar saat memutuskan untuk diet penurunan berat badan adalah mengurangi keinginan untuk makan camilan. Walaupun porsinya sedikit, namun camilan yang kurang sehat seperti keripik kentang atau berbagai makanan cepat saji lainnya justru akan membuat program diet Anda berantakan. Oleh karena itu, agar tidak ada perasaan bersalah saat ngemil dan hasrat makan juga bisa terpuaskan, tak ada salahnya untuk mengganti menu Anda dengan aneka camilan sehat. Idealnya, camilan sehat harus mengandung tak lebih dari 200 kalori dalam sehari dan memiliki nutrisi penting seperti karbohidrat, protein dan serat. Apa saja?

1. Yoghurt
Yoghurt merupakan sumber protein yang dan dapat membantu mempertahankan bentuk tubuh. Karbohidrat paling cepat digunakan tubuh, dan protein membantu tubuh untuk mencernanya secara perlahan sehingga perut pun terasa kenyang lebih lama. Untuk membuat camilan jadi lebih enak, tambahkan buah seperti stroberi atau blueberry ke dalam yoghurt tawar,untuk membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Salad Sayur
Ganti makanan cepat saji Anda dengan salad sayur yang tentu lebih sehat dengan banyaknya kandungan vitamin, mineral, dan protein. Sayuran juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga tetap membuat Anda terhidrasi seharian.

3. Susu Rendah Lemak
Susu memang kurang tepat untuk dikategorikan sebagai camilan. Namun memilih susu rendah lemak dibanding soda saat Anda lapar tentu akan lebih sehat bagi tubuh, dan tentunya tak menambah berat badan. Susu rendah lemak kaya akan kalsium dan sejumlah studi menunjukkan bahwa kalsium bisa mempercepat metabolisme tubuh. Agar rasanya lebih enak, Anda juga bisa mencampurkannya bersama buah-buahan favorit seperti pisang atau stroberi.

4. Edamame
Edamame atau kacang kedelai Jepang menjadi pilihan camilan sehat lain yang bisa Anda coba. Kacang kedelai mengandung bermacam nutrisi yang sehat bagi tubuh. Setengah cangkir edamame sudah bisa mencukupi kebutuhan serat, protein, vitamin dan mineral dalam sehari. Anda bisa memakannya dengan cara dipanggang atau rebus.

5. Apel
Studi di Brazil menunjukkan, konsumsi tiga apel sehari bantu mengontrol bahkan mengurangi berat badan. Menurut Rui Hai Lui, Ph.D., yang ahli dalam meneliti apel di Cornell University, “Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah meningkatkan asupan buah dan sayur. Makanan ini meningkatkan volume sekaligus menurunkan kepadatan kalori. Potong apel menjadi empat bagian dan oleskan satu sendok teh selai kacang di atasnya. Hanya 100 kalori, dan sudah membuat Anda kenyang.

6. Oatmeal
Sejumlah studi menemukan bahwa oatmeal lebih mengenyangkan daripada sereal kering dalam jumlah kalori dan kandungan serat yang sama. Saat lapar, seduh oatmeal instan dengan susu panas rendah lemak atau air panas. Taburi buah-buahan segar seperti stroberi, pisang atau blueberry agar rasanya lebih enak. Tambahkan pula satu sendok teh madu murni untuk rasa yang manis.

7. Tuna Kalengan
Sekaleng tuna yang kaya protein hanya mengandung 90 kalori. Tuna bisa dimakan sebagai camilan bersama roti gandum dengan topping mustard. Tapi perlu diperhatikan, beli tuna kalengan yang tidak mengandung bahan tambahan seperti garam atau bumbu penyedap. Perhatikan selalu daftar bahan dan informasi nilai gizi pada kemasan.

(als/als)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Ketahui Kecerdasan Anak dengan Bermain

Ketahui Kecerdasan Anak dengan Bermain

Siapa bilang bermain tidak dapat meningkatkan kecerdasan anak? Berbagai penelitian membuktikan, bermain merupakan stimulasi efektif dalam menunjang tumbuh kembang optimal anak. Dua orang psikolog, Jerome Bruner dan Brian Sutton-Smith, yang meneliti perkembangan kognitif manusia mengatakan, bermain menghasilkan atmosfer santai, sehingga anak dengan mudah belajar berbagai cara untuk mengatasi masalah yang ditemuinya ketika bermain. Menurut keduanya, pada saat bermainlah anak sering terlibat dalam proses pemecahan masalah. Tentu saja orangtua mempunyai peran penting dalam memilihkan kegiatan bermain yang tepat, sesuai tahap perkembangan anak. Bahkan dari bermain, para orangtua dapat mengetahui tingkat kecerdasan anak mereka sejak dini. Pada usia bayi, kecerdasannya masih seputar perkembangan kemampuan motorik dan bahasa. Sedangkan pada usia balita, kemampuan ini berkembang menjadi kemampuan motorik kasar, motorik halus, bahasa, hingga kemampuan personal dan sosial. Maka dari itu sebaiknya para orangtua mengajak anak mereka bermain sesuai dengan kemampuan motorik anak mereka di setiap tahap usianya. Sebagai pedoman, ada beberapa ?target? bagi orangtua agar dapat mengembangkan kemampuan [...]

Makanan Berlemak Buat Anda Cepat Mengantuk

Makanan Berlemak Buat Anda Cepat Mengantuk

Makanan adalah sumber energi, tapi beberapa di antaranya justru bisa menyerap energi dan membuat kita mengantuk. Cari tahu makanan apa saja yang membuat seseorang mengantuk. Dikutip dari Fitsugar, berikut ini makanan yang membuat Anda tidak bisa berhenti menguap.1. Makanan BerlemakTeorinya sederhana, lemak lebih susah dicerna. Organ pencernaan membutuhkan waktu 6 hingga 8 jam untuk mencernanya, oleh karena itu jika tubuh tidak punya persediaan energi yang lain kemungkinan Anda akan merasa lemas dan mengantuk. Makanan berlemak juga diketahui bisa menyebabkan kemampuan mengingat berkurang. 2. Minuman BerenergiMinuman khusus seperti ini biasanya mangandung gula tinggi dan juga kafein. Beberapa lama setelah minum, gula darah kembali turun dan menyebabkan kehausan dan tenaga kosong. Lebih baik konsumsi air putih jika lain kali kehausan daripada minum minuman penambah energi tapi jadi malas dan mengantuk.3. Sarapan dengan Makanan ManisGula dan karbohidrat sederhana mungkin bisa meningkatkan energi, tapi bisa menurunkannya juga dengan cepat. Penurunan gula dalam darah yang terlalu drastis mengakibatkan tubuh lemas dan sering menguap guna mendapatkan oksigen lebih banyak untuk pembakara [...]

Ibu Ini Terobsesi Jadi Wanita Tergemuk di Dunia

Ibu Ini Terobsesi Jadi Wanita Tergemuk di Dunia

Cukup banyak wanita yang mati-matian berdiet agar langsing. Tapi ibu dua anak ini justru sebaliknya, ia mau jadi wanita tergemuk di dunia dengan berat melebihi 700 kg.Susanne Eman, itulah nama ibu dua anak asal Arizona, Amerika Serikat yang terobsesi jadi wanita tergemuk di dunia. Ia menargetkan bisa memiliki berat badan lebih dari 725 kg agar bisa jadi wanita tergemuk di dunia.Agar targetnya itu tercapai, Susanne harus makan setiap hari setidaknya 20 ribu kalori. Dengan cara tersebut, ia berharap targetnya memiliki berat badan lebih dari 725 kg bisa tercapai."Pemegang rekor sebelumnya memiliki berat badan 725 kg, jadi aku harus lebih dari itu," katanya.Untuk memegang rekor tersebut, Susanne menaikkan berat badannya secara bertahap. "Tujuanku sekarang adalah memiliki berat badan 363 kg di akhir tahun ini," jelasnya lagi seperti dikutip dari Daily Mail.Wanita 32 tahun itu mengatakan, ia yakin dirinya sudah mengalahkan wanita tergemuk lainnya asal New Jersey, Donna Simpson. Donna memiliki berat badan 318 kg."Dari catatanku, aku harus memiliki berat badan 725 kg saat usiaku 41 atau 42," tuturnya.Untuk mencapai targetnya tersebut, Susanne biasanya akan berbelanja bersama dua putrany [...]

Mencermati Anatomi Telinga dan Proses Pendengaran

Mencermati Anatomi Telinga dan Proses Pendengaran

Suara percakapan orang-orang di sekeliling Anda, bunyi musik, serta bisingnya suara kendaraan bermotor sudah menjadi hal yang biasa didengar. Namun ternyata proses pengolahan suara oleh organ telinga tidaklah sesederhana yang kita kira. Selain berperan mengumpulkan dan memproses suara sehingga menjadi sinyal yang sampai ke otak, telinga juga memiliki fungsi menjaga tubuh Anda tetap seimbang. Organ pendengaran ini memastikan Anda tidak akan terjatuh saat membungkuk mengambil barang dari lantai atau berdiri dari posisi jongkok. Mengenali anatomi telinga dapat membuat kita lebih dapat menghargai dan menjaga kesehatan organ pendengaran ini. Tiga Bagian Telinga Telinga terdiri dari tiga bagian besar. Masing-masing terdiri dari struktur yang memegang peranan berbeda dalam proses mengubah gelombang suara untuk mencapai otak. Telinga bagian luar Telinga bagian luar terdiri dari bagian telinga yang nampak secara fisik, yaitu pinna dan lubang telinga. Pinna adalah daun telinga yang dapat terlihat dari luar. Bentuknya menyerupai mangkok yang mengumpulkan gelombang suara dari sekitar dan meneruskannya ke dalam lubang telinga. Telinga bagian luar ini juga terdiri dari saluran telinga tempatny [...]

Pantang 4 Makan Ini Jika Anda Sakit Tenggorokan

Pantang 4 Makan Ini Jika Anda Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan terjadi ketika tenggorokan meradang dan timbul iritasi. Rasa nyeri dapat disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan karena virus dan bakteri, atau bisa juga ditimbulkan oleh demam, polusi, dan asap rokok. Kondisi dapat memburuk jika Anda mengonsumsi jenis-jenis makanan tertentu. Apa saja makanan-makanan tersebut? Berikut rinciannya: 1. Makanan berlemak Tahanlah diri Anda untuk tidak menyantap makanan tinggi lemak seperti daging merah, produk susu tinggi lemak, kue panggang, dan makanan goreng. Menurut ahli gizi Ilyse Schapir, makanan berlemak lebih sulit untuk dicerna dan dapat menekan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda ingin makan daging, pilihlah daging tanpa lemak seperti kalkun, ikan, dan ayam. Jenis makanan lainnya yang harus dihindari: Jenis makanan lainnya yang harus dihindari: 2. Makanan asam Hindari dulu makanan asam seperti jeruk, limau, dan lemon karena dapat menimbulkan iritasi dan memperburuk sakit tenggorokan. Sebagai gantinya, konsumsilah buah-buahan yang menenangkan tenggorokan seperti pisang, melon, kiwi, dan persik. Jangan khawatir kekurangan vitamin C, karena Anda masih dapat mengonsumsi kale dan paprika merah sebagai alter [...]

Survei: Memandangi Foto Selfie Teman Buat Wanita Makin Tak Percaya Diri

Survei: Memandangi Foto Selfie Teman Buat Wanita Makin Tak Percaya Diri

Suka selfie dan asyik berlama-lama di social media? Hati-hati, 'hobi mainstream' ini bisa membuat Anda, para wanita merasa khawatir dengan bentuk tubuh sendiri.Penelitian terbaru menemukan, melihat foto-foto teman di Facebook, Path, Twitter atau Instagram akan membuat wanita cenderung tidak percaya diri dengan tubuhnya. Semakin sering wanita melihat foto selfie dan foto lainnya di social media, akan semakin sering juga mereka memandang negatif dirinya. Menariknya, foto-foto teman atau orang yang mereka kenal jauh lebih besar memengaruhi imej tubuh ketimbang melihat selfie selebriti. Studi ini merupakan yang pertama kali meneliti tentang korelasi antara durasi menggunakan social media dan imej tubuh yang negatif.Sejak dulu media massa memang sudah diketahui memiliki pengaruh besar terhadap cara orang memandang penampilan dirinya. Namun masih banyak yang belum tahu tentang bagaimana social media memengaruhi pandangan seseorang tentang tubuhnya sendiri.Dari penelitian yang dilakukan di University of Strathclyde, Ohio University dan University of Iowa diketahui bahwa wanita muda merupakan pengguna social media yang paling banyak dan mereka mem-posting foto selfie di internet lebih b [...]

6 Mitos Malam Pertama

6 Mitos Malam Pertama

Hubungan intim pertama kalinya untuk pasangan pengantin baru pastinya menjadi suatu pengalaman istimewa tak terlupakan, dinanti-nanti dan membuat jantung berdebar-debar tak karuan. Sayangnya, pengalaman istimewa ini sering dibumbui dengan mitos-mitos yang tidak benar. Mari kita ulas mitos-mitos tersebut dari kacamata medis agar memiliki persepsi yang benar tentang malam pertama. MITOS: Robeknya Selaput Dara dan Darah Perawan Persepsi bahwa malam pertama adalah proses penetrasi yang menyebabkan robeknya selaput dara sehingga selalu disertai dengan perdarahan dari vagina merupakan mitos yang paling banyak beredar dan tidak benar. Selaput dara wanita diciptakan dalam beberapa jenis, ada yang elastis, ada yang bentuknya berjaring ada yang bentuknya cincin sehingga tidak selalu proses penetrasi pada malam pertama menyebabkan terjadi robeknya jaringan dan terjadinya perdarahan. MITOS: Malam Pertama = Sakit Hubungan intim yang menyakitkan sering menjadi momok bagi pasangan pengantin baru. Suami sering merasa takut untuk menyakiti istrinya sedangkan istri ketakutan untuk merasa sakit. Hal ini malah menambahkan ketegangan saat malam pertama. Organ intim pria dan wanita telah dic [...]

Cara Mencegah Rabun Senja dengan Wortel

Cara Mencegah Rabun Senja dengan Wortel

Sayuran warna oranye ini memilki kandungan vitamin A yang sangat tinggi, yaitu sebesar 12000 Sl. Wortel juga memiliki banyak kandungan zat lain di dalamnya, antara lain kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, beta karoten, zat besi, vitamin B1 dan vitamin C.Wortel disebut-sebut sebagai sayuran yang baik untuk mata. Kandungan karoten dan vitamin A mampu membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah.Sebuah penelitian di bidang kesehatan kembali mengungkap manfaat lain wortel. Dan menemukan bahwa ternyata wortel tak hanya baik untuk penglihatan, wortel pun bisa membuat seseorang tampil lebih menarik dan tampak sehat, seperti yang dikutip dari Times of India.Penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita dan pria yang kulitnya memiliki cahaya kuning dianggap lebih menarik dan sehat. Cahaya kuning tersebut timbul dari pigmen kuning yang biasa disebut karotenoid.Karotenoid memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit serta serta memberikan rona pada wajah. Karotenoid bisa ditemukan dalam sayur dan buah-buahan seperti wortel dan plum.Menurut peneliti Ian Stephen, mengonsumsi wortel selama dua bulan saja sudah bisa memberikan hasil yang signifikan. Hal i [...]

Hati-hati, Tatanan Rambut Bisa Buat Anda Sakit Kepala

Hati-hati, Tatanan Rambut Bisa Buat Anda Sakit Kepala

Sakit kepala biasanya disebabkan oleh stres, rendahnya tekanan darah atau akibat mengonsumsi minuman beralkohol. Namun ternyata, sakit kepala juga bisa dipicu oleh gaya rambut dan beberapa hal lain yang tidak terduga. Seperti yang dikutip dari Prevention International, berikut beberapa hal 'mengejutkan' yang ternyata bisa menjadi penyebab sakit kepala.1. Salmon dan KejuMenurut Alexander Mauskop, MD, director of the New York Headache Center, makanan yang melalui proses fermentasi, diasapi, dikeringkan atau makanan yang jika disimpan semakin lama menjadi semakin enak (misalnya, wine dan keju) cenderung mengandung sulfit, yang dapat membuat pembuluh darah melebar sehingga menyebabkan sakit kepala.2. Tatanan RambutMenurut sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti di The City of London Migraine Clinic, lebih dari separuh wanita mengalami sakit kepala karena tatanan rambut yang terlalu ketat dan berat. Biasanya tatanan rambut seperti sanggul dan ponytail menjadikan kulit kepala tertarik sehingga menyebabkan ketegangan.3. Akhir PekanSetelah lelah bekerja seminggu penuh, Anda biasanya menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur di akhir pekan. Jika itu dilakukan, artinya Anda juga membu [...]

Makan Banyak Tetap Kurus, Waspadai Penyakit ini!

Makan Banyak Tetap Kurus, Waspadai Penyakit ini!

Bagi Anda yang makan dengan porsi cukup banyak tapi tidak kunjung gemuk, tentu hal ini dapat menjadi sebuah permasalahan tersendiri. Namun perlu Anda waspadai berbagai penyebab kurus yang dapat diobati. Kadang orang dengan penyakit tertentu mengalami kesulitan untuk meningkatkan berat badan. Dengan ditangani penyakit yang mendasari, berat badanpun dapat kembali naik. 1. Faktor Genetik Bisa saja seorang yang kurus tidak menderita penyakit apapun. Seorang dengan tipe tubuh ektomorf memiliki kecenderungan untuk tetap kurus terlepas dari pola makan yang banyak. Orang-orang yang banyak makan namun tidak kunjung gemuk bisa saja memiliki tubuh ektomorf. Mereka yang termasuk golongan ini membutuhkan asupan kalori lebih banyak. Komposisi gizi yang disarankan adalah gizi yang kaya protein seperti, telur, daging dan ikan. Tidak lupa olah raga teratur, khususnya olah raga beban untuk meningkatkan massa otot. Jika Anda mengalami keluhan susah naik berat badan, cobalah tingkatkan kalori makanan Anda dan olah raga teratur. Namun jika Anda memiliki berbagai gejala penyakit yang dipaparkan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat. Selain itu berikut ini ada beberapa peny [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *