Mau Ngemil? Ini Aneka Camilan yang Tak Bikin Gemuk

135558241.jpg

Salah satu tantangan terbesar saat memutuskan untuk diet penurunan berat badan adalah mengurangi keinginan untuk makan camilan. Walaupun porsinya sedikit, namun camilan yang kurang sehat seperti keripik kentang atau berbagai makanan cepat saji lainnya justru akan membuat program diet Anda berantakan. Oleh karena itu, agar tidak ada perasaan bersalah saat ngemil dan hasrat makan juga bisa terpuaskan, tak ada salahnya untuk mengganti menu Anda dengan aneka camilan sehat. Idealnya, camilan sehat harus mengandung tak lebih dari 200 kalori dalam sehari dan memiliki nutrisi penting seperti karbohidrat, protein dan serat. Apa saja?

1. Yoghurt
Yoghurt merupakan sumber protein yang dan dapat membantu mempertahankan bentuk tubuh. Karbohidrat paling cepat digunakan tubuh, dan protein membantu tubuh untuk mencernanya secara perlahan sehingga perut pun terasa kenyang lebih lama. Untuk membuat camilan jadi lebih enak, tambahkan buah seperti stroberi atau blueberry ke dalam yoghurt tawar,untuk membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Salad Sayur
Ganti makanan cepat saji Anda dengan salad sayur yang tentu lebih sehat dengan banyaknya kandungan vitamin, mineral, dan protein. Sayuran juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga tetap membuat Anda terhidrasi seharian.

3. Susu Rendah Lemak
Susu memang kurang tepat untuk dikategorikan sebagai camilan. Namun memilih susu rendah lemak dibanding soda saat Anda lapar tentu akan lebih sehat bagi tubuh, dan tentunya tak menambah berat badan. Susu rendah lemak kaya akan kalsium dan sejumlah studi menunjukkan bahwa kalsium bisa mempercepat metabolisme tubuh. Agar rasanya lebih enak, Anda juga bisa mencampurkannya bersama buah-buahan favorit seperti pisang atau stroberi.

4. Edamame
Edamame atau kacang kedelai Jepang menjadi pilihan camilan sehat lain yang bisa Anda coba. Kacang kedelai mengandung bermacam nutrisi yang sehat bagi tubuh. Setengah cangkir edamame sudah bisa mencukupi kebutuhan serat, protein, vitamin dan mineral dalam sehari. Anda bisa memakannya dengan cara dipanggang atau rebus.

5. Apel
Studi di Brazil menunjukkan, konsumsi tiga apel sehari bantu mengontrol bahkan mengurangi berat badan. Menurut Rui Hai Lui, Ph.D., yang ahli dalam meneliti apel di Cornell University, “Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah meningkatkan asupan buah dan sayur. Makanan ini meningkatkan volume sekaligus menurunkan kepadatan kalori. Potong apel menjadi empat bagian dan oleskan satu sendok teh selai kacang di atasnya. Hanya 100 kalori, dan sudah membuat Anda kenyang.

6. Oatmeal
Sejumlah studi menemukan bahwa oatmeal lebih mengenyangkan daripada sereal kering dalam jumlah kalori dan kandungan serat yang sama. Saat lapar, seduh oatmeal instan dengan susu panas rendah lemak atau air panas. Taburi buah-buahan segar seperti stroberi, pisang atau blueberry agar rasanya lebih enak. Tambahkan pula satu sendok teh madu murni untuk rasa yang manis.

7. Tuna Kalengan
Sekaleng tuna yang kaya protein hanya mengandung 90 kalori. Tuna bisa dimakan sebagai camilan bersama roti gandum dengan topping mustard. Tapi perlu diperhatikan, beli tuna kalengan yang tidak mengandung bahan tambahan seperti garam atau bumbu penyedap. Perhatikan selalu daftar bahan dan informasi nilai gizi pada kemasan.

(als/als)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Berpuasa Bagi Penderita Asma

Berpuasa Bagi Penderita Asma

Oleh: dr. Jessica Florencia Bagi umat muslim yang memiliki penyakit tertentu, kedatangan bulan Ramadan sering membawa kekhawatiran tertentu. Pertanyaan-pertanyaan seperti: apakah saya dapat berpuasa, bagaimana jika penyakit saya kambuh saat berpuasa, atau bagaimana dengan pengobatan saya merupakan sederet pertanyaan yang sering muncul. Secara khusus bagi penderita Asma, penderita biasanya khawatir apakah dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan seringkali bingung mengenai penggunaan obat semprot pelega napas (inhaler). Agar para penderita asma dapat menjalankan puasa dengan baik, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan: Kunjungilah dokter Anda untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu 1 bulan hingga 1 minggu sebelum Anda mulai berpuasa. Dokter akan melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik untuk mengetahui apakah derajat asma yang Anda alami terkontrol dengan baik dan menentukan pengobatan yang sesuai. Jika Anda menggunakan inhaler, dan tidak ingin menggunakannya pada saat berpuasa. Gunakanlah inhaler pada saat sahur dan berbuka untuk tetap mengontrol asma Anda. Anda sebaiknya tetap selalu membawa serta inhaler Anda. Jika Anda terkena sera [...]

Kondisi yang Membuat Skinny Jeans Bisa Membahayakan Wanita

Kondisi yang Membuat Skinny Jeans Bisa Membahayakan Wanita

Bahaya pemakaian skinny jeans terungkap pada Selasa (23/4/2015) kemarin dalam riset yang dimuat di Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry. Dalam penelitian itu disebutkan, akibat memakai skinny jeans, seorang wanita mengalami pembengkakan pada betis sehingga dia tidak bisa berjalan.Wanita 35 tahun yang tidak disebutkan namanya itu dalam riset tersebut mengaku dia memang banyak melakukan aktivitas dengan berjongkok saat menggunakan skinny jeans tersebut. Saat itu dia membantu saudaranya yang baru pindah rumah dengan membersihkan lemari.Setelah selesai membantu saudaranya, si wanita pun pulang ke rumah. Ketika berjalan pulang inilah tiba-tiba saja dia merasa mati rasa pada kakinya. Dia pun terjatuh dan tidak bisa berdiri lagi sendiri hingga ada orang yang membantunya. Dokter yang menanganinya di rumah sakit harus memotong celana jeans yang dipakainya itu karena terlalu ketat sehingga sulit untuk dilepaskan. Berkaca dari kasus yang dialami wanita di Australia itu, pertanyaan selanjutnya apakah memang memakai skinny jeans ini membahayakan? Padahal celana ini cukup menjadi favorit wanita karena bisa menimbulkan ilusi langsing. Sejumlah selebriti dan publik figur seperti [...]

Awas Gagal Ereksi karena Kebanyakan Makan

Awas Gagal Ereksi karena Kebanyakan Makan

Anda penggila kuliner? Hati-hati Anda dapat mengalami kegagalan ereksi karena akibat paparan diabetes. Kebanyakan makan makanan yang tidak menyehatkan meningkatkan risiko Anda terkena penyakit diabetes, atau akrab dikenal dengan penyakit gula darah. Walau sebagian besar penyandang diabetes, baik perempuan maupun laki-laki, dapat menjalani kehidupan seks yang normal. Namun, diabetes dapat menjadi faktor risiko masalah seks untuk beberapa orang. Masalah yang paling umum ditemukan adalah disfungsi ereksi pada laki-laki (atau impoten) yang menyebabkan ketidakmampuan mempertahankan ereksi. Baik laki-laki maupun perempuan dapat kehilangan libido ketika kadar gula darah tinggi. Diabetes Mengancam Performa Seks Penurunan aliran darah dan kerusakan saraf pada penis merupakan penyebab disfungsi ereksi utama pada laki-laki dengan diabetes. Biasanya dapat ditemukan keadaan lain yang berkaitan dengan kerusakan saraf atau sirkulasi darah, seperti tekanan darah tinggi, kadar kolesterol darah yang tinggi, atau penyakit jantung. ?Celakanya, diabetes itu sulit untuk di deteksi dini. Gejala yang muncul itu, seperti luka susah sembuh, kesemutan, tangan dan kaki bengkak, sering p [...]

Celana Jins dapat Mengganggu Kesehatan Pria

Celana Jins dapat Mengganggu Kesehatan Pria

Apakah Anda senang memakai celana jins ketat? Para pria mungkin ingin mempertimbangkan kembali hal ini. Bukan hanya memberikan konsekuensi kesehatan jangka pendek seperti rasa tidak nyaman hingga sakit, namun juga dapat menyebabkan efek jangka panjang pada kesehatan. (Baca: 4 Penyakit Akibat Pakaian Dalam Ketat) Pada sebuah survey pada 2000 pria di Inggris yang dilakukan oleh dr. Hilary Jones untuk TENA Men, ditemukan bahwa 1 dari 10 orang pria yang memakai celana jins ketat mengalami konsekuensi kesehatan yang tidak nyaman. Mengapa begitu? Adakah dampak medisnya? Celana Jins dapat Mengganggu Kesehatan Pria Secara medis, menggunakan celana jins ketat dan juga pakaian dalam yang terlalu ketat pada pria dapat memicu terjadinya: infeksi saluran kemih, overactive bladder (kandung kemih yang terlalu aktif, sehingga terlalu sering berkemih), menurunnya jumlah produksi sperma dan infeksi jamur di daerah selangkangan. Proses pembentukan sperma sangat sensitif terhadap suhu. Dibutuhkan suhu optimal sekitar 34-35 derajat Celcius, sesuai dengan suhu tubuh manusia, untuk terjadinya pembentukan sperma yang baik. Adanya masalah jumlah sperma dan pembentuka [...]

4 Bahaya Lemak di Perut Pada Pria

4 Bahaya Lemak di Perut Pada Pria

Apakah itu belly fat dan apakah berbahaya? Tumpukan lemak yang terlokalisir pada perutatau yang lebih populer dikenal dengan sebutan belly fat, tidak hanya terkumpul di bawah kulit namun juga menyelubungi organ-organ di dalam perut Anda. Belly fat sendiri dapat meningkatkan risiko: Penyakit kardiovaskular Diabetes tipe 2 Kanker kolorektal Gangguan tidur Apakah usia dan faktor genetik juga berperan dalam timbulnya belly fat? Berat badan Anda ditentukan oleh keseimbangan apa yang Anda makan dengan energi yang dibakar. Faktor usia dan genetik juga berperan besar dalam hal ini. Saat usia bertambah, Anda akan kehilangan masa otot terutama jika Anda tidak aktif secara fisik. Hilangnya massa otot akan menurunkan kecepatan tubuh dalam menggunakan dan membakar kalori. 4 Bahaya Lemak di Perut Pada Pria Apakah hanya bir yang dapat menyebabkan terbentuknya belly fat atau beer belly? Jawabannya tidak. Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebih, apapun jenisnya (termasuk bir) dapat meningkatkan penumpukan lemak pada area perut. Bagaimana saya dapat mengetahui apakah belly fat saya berlebih? Pada pria, jika ukuran lingkar pinggang lebih dari 102 cm mengindikasik [...]

Awas, Pakai Baju Baru Tanpa Dicuci Bisa Sebabkan Penyakit!

Awas, Pakai Baju Baru Tanpa Dicuci Bisa Sebabkan Penyakit!

Apakah Anda punya kebiasaan langsung memakai baju yang baru dibeli? Jika ya, sebaiknya Anda perlu berhati-hati. Menurut pakar kesehatan, baju baru yang dipakai tanpa dicuci seringkali menimbulkan penyakit.Hal tersebut ditemukan oleh penelitian Dr Philip Tierno, direktur klinis mikrobiologi dan imunologi dari New York University Langone Medical Center. Ia menguji beberapa pakaian yang dibelinya dari 3 toko berbeda, mulai dari toko yang mahal hingga yang murah.Dr Tierno menemukan pakaian-pakaian tersebut mengandung segala macam bakteri, termasuk bakteri yang berkaitan dengan kotoran, ketiak dan alat kelamin. Jumlah bakteri paling banyak ditemukan pada pakaian yang telah dicoba oleh banyak pembeli, tapi ditemukan pula pada pakaian yang dibawa pulang."Tubuh kita secara alami memang mengandung berbagai macam bakteri. Tapi dari sekitar 60.000 kuman, hanya sekitar 1-2 persen saja atau 600-1.200 bakteri yang bersifat patogen (bisa menyebabkan penyakit)," ujar Dr Tierno, seperti dikutip dari Washington Post.Dr Tierno menambahkan bakteri patogen lebih mudah menular dibandingkan yang lain, salah satunya adalah Norovirus yang dapat menyebabkan penyakit saluran pencernaan. Bakteri tersebut d [...]

Terlalu Lama Menonton TV  Menurunkan Fungsi Retina Anak

Terlalu Lama Menonton TV Menurunkan Fungsi Retina Anak

Oleh: dr. Tri Rejeki Herdiana Televisi saat ini menjadi sumber hiburan yang sangat digemari masyarakat. Kebiasaan menonton tv tidak terbatas pada kelompok usia tertentu, termasuk juga anak-anak. Namun ternyata, kebiasaan menonton tv dalam waktu yang lama berdampak buruk pada kesehatan mata, terlebih pada anak-anak. Televisi memancarkan sinar biru yang berbahaya bagi anak. Sinar biru menyebabkan degenerasi (kerusakan) retina. Ada dua hal yang mempengaruhi jumlah sinar biru yang diterima anak, yaitu lamanya menonton tv dalam satu hari dan jarak saat menonton tv. Hubungan antara lamanya waktu menonton tv dan fungsi retina pada anak dicoba untuk diungkap oleh Pratiwi Rapih Astuti, Wahyu Budi Santosa, Allan Taufiq, dan Dwi Notosusanto, mahasiswa Fakultas Kedokteran UI. Mereka meneliti 106 anak murid SD yang berusia 6-13 tahun, dengan memeriksa fungsi retina masing-masing anak menggunakan contrast sensitivity test dan mewawancara kebiasaan anak ketika menonton tv. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa semakin lama waktu menonton tv, skor fungsi retina semakin rendah. Mata anak sangat rentan akibat sinar biru, karena lensa mata mereka relative jernih sehingga tidak dapat meredam s [...]

Sushi Hingga Kopi, Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Selama Hamil

Sushi Hingga Kopi, Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Selama Hamil

Wanita yang tengah berbadan dua memiliki pantangan makanan tertentu agar tidak mempengaruhi janin. Sayangnya beberapa wanita kurang memperhatikan asupan makanannya sehingga bisa memberikan efek samping untuk kesehatan Anda dan bayi dalam kadungan. Sushi dengan potongan ikan mentah sebaiknya dihindari selama hamil. Selain sushi, berikut empat jenis makanan lainnya yang disarankan agar tidak dikonsumsi selama masa kehamilan.1. SushiHindari mengonsumsi sushi dengan potongan daging mentah atau yang dimasak kurang matang ketika sedang berbadan dua. Konsultan Nutrisi, Ria Amelia, mengatakan makanan mentah dihindari karena takut banyak mengandung bakteri. Makanan mentah mengandung toksoplasmosis. Toksoplasmosis merupakan sejenis parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin."Kalau bisa dihindari sama sekali makanan mentah untuk ibu hamil karena banyak bakeri. Seperti ikan-ikan yang dimakan mentah tidak bagus ya karena dikhawatirkan sudah tercemar bakteri," papar Ria saat berbincang dengan Wolipop usai peluncuran media sosial Hawa di Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/8/2015).Baca juga: 50 Inspirasi Gaya Hijab Selebgram Bakteri serupa juga bisa terdapat pada sayu [...]

5 Info Mudik Sehat Tanpa Nyeri Leher

5 Info Mudik Sehat Tanpa Nyeri Leher

Oleh: dr. Jessica Florencia Mengemudi merupakan salah satu penyebab nyeri leher. Apalagi mengemudi jarak jauh. Ketika Anda akan bermudik dan Anda bertugas menyetir kendaraan, maka ada satu hal yang perlu Anda perhatikan: postur. Penyebab paling utama nyeri leher karena mengemudi adalah karena postur mengemudi yang buruk. Untuk mencegah nyeri leher karena mengemudi, usahakanlah agar posisi kepala dan tulang belakang Anda tetap sejajar. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah nyeri leher. Atur tempat duduk Anda sehingga kursi setir Anda membentuk sudut sekitar 100 derajat. Posisikan tangan Anda pada setir agar posisi lengan Anda menjadi senyaman mungkin. Posisi yang direkomendasikan adalah kedua tangan pada posisi jam 3 dan jam 9 setir Anda. Menjaga agar posisi kepala Anda sedikit ke belakang akan menjaga otot-otot leher tetap rileks. Usahakan jangan membungkuk, memajukan kepala atau menengok terlalu sering karena akan membuat otot leher menjadi tegang. Atur posisi kursi dan posisi spion dengan baik. Pastikan penglihatan Anda dalam keadaan baik sehingga tidak menyebabkan pandangan kabur dan mengakibatkan posisi memajukan kepala atau membungkuk sepan [...]

Tips Kesehatan Gigi dan Mulut Bagi Ibu Hamil

Tips Kesehatan Gigi dan Mulut Bagi Ibu Hamil

Oleh: drg. Martha Mozartha, Msi Perubahan hormonal yang terjadi pada wanita yang sedang hamil meningkatkan resiko terjadinya penyakit gusi, terutama radang gusi (gingivitis), dan rentan mengalami karies gigi. Kondisi ini pada tahap lanjut akan turut mempengaruhi kesehatan janin. Oleh karena itu, selain kesehatan kandungan, kesehatan gigi dan mulut juga perlu mendapat perhatian khusus pada masa kehamilan. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan: Tetap lakukan prosedur pembersihan gigi seperti biasa. Namun adakalanya, ibu hamil menemui hambatan untuk melakukan oral hygiene standar seperti menyikat gigi karena rasa mual dan sering muntah, terutama di awal masa kehamilan. Hal ini dapat disiasati dengan mencoba untuk mengganti pasta gigi dengan rasa yang tidak terlalu tajam. Selain itu, coba gunakan sikat gigi dengan bulu sikat halus dan kepala sikat yang kecil agar tidak terlalu memicu refleks muntah, apalagi saat menyikat gigi belakang. Jika penyikatan gigi masih dirasa sulit, pembersihan gigi dapat dilakukan dengan menggunakan benang gigi (dental floss). Obat kumur juga cukup membantu, meski sebetulnya pembersihan secara mekanis seperti penyikatan gigi adalah y [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *