Mau Ngemil? Ini Aneka Camilan yang Tak Bikin Gemuk

135558241.jpg

Salah satu tantangan terbesar saat memutuskan untuk diet penurunan berat badan adalah mengurangi keinginan untuk makan camilan. Walaupun porsinya sedikit, namun camilan yang kurang sehat seperti keripik kentang atau berbagai makanan cepat saji lainnya justru akan membuat program diet Anda berantakan. Oleh karena itu, agar tidak ada perasaan bersalah saat ngemil dan hasrat makan juga bisa terpuaskan, tak ada salahnya untuk mengganti menu Anda dengan aneka camilan sehat. Idealnya, camilan sehat harus mengandung tak lebih dari 200 kalori dalam sehari dan memiliki nutrisi penting seperti karbohidrat, protein dan serat. Apa saja?

1. Yoghurt
Yoghurt merupakan sumber protein yang dan dapat membantu mempertahankan bentuk tubuh. Karbohidrat paling cepat digunakan tubuh, dan protein membantu tubuh untuk mencernanya secara perlahan sehingga perut pun terasa kenyang lebih lama. Untuk membuat camilan jadi lebih enak, tambahkan buah seperti stroberi atau blueberry ke dalam yoghurt tawar,untuk membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Salad Sayur
Ganti makanan cepat saji Anda dengan salad sayur yang tentu lebih sehat dengan banyaknya kandungan vitamin, mineral, dan protein. Sayuran juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga tetap membuat Anda terhidrasi seharian.

3. Susu Rendah Lemak
Susu memang kurang tepat untuk dikategorikan sebagai camilan. Namun memilih susu rendah lemak dibanding soda saat Anda lapar tentu akan lebih sehat bagi tubuh, dan tentunya tak menambah berat badan. Susu rendah lemak kaya akan kalsium dan sejumlah studi menunjukkan bahwa kalsium bisa mempercepat metabolisme tubuh. Agar rasanya lebih enak, Anda juga bisa mencampurkannya bersama buah-buahan favorit seperti pisang atau stroberi.

4. Edamame
Edamame atau kacang kedelai Jepang menjadi pilihan camilan sehat lain yang bisa Anda coba. Kacang kedelai mengandung bermacam nutrisi yang sehat bagi tubuh. Setengah cangkir edamame sudah bisa mencukupi kebutuhan serat, protein, vitamin dan mineral dalam sehari. Anda bisa memakannya dengan cara dipanggang atau rebus.

5. Apel
Studi di Brazil menunjukkan, konsumsi tiga apel sehari bantu mengontrol bahkan mengurangi berat badan. Menurut Rui Hai Lui, Ph.D., yang ahli dalam meneliti apel di Cornell University, “Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah meningkatkan asupan buah dan sayur. Makanan ini meningkatkan volume sekaligus menurunkan kepadatan kalori. Potong apel menjadi empat bagian dan oleskan satu sendok teh selai kacang di atasnya. Hanya 100 kalori, dan sudah membuat Anda kenyang.

6. Oatmeal
Sejumlah studi menemukan bahwa oatmeal lebih mengenyangkan daripada sereal kering dalam jumlah kalori dan kandungan serat yang sama. Saat lapar, seduh oatmeal instan dengan susu panas rendah lemak atau air panas. Taburi buah-buahan segar seperti stroberi, pisang atau blueberry agar rasanya lebih enak. Tambahkan pula satu sendok teh madu murni untuk rasa yang manis.

7. Tuna Kalengan
Sekaleng tuna yang kaya protein hanya mengandung 90 kalori. Tuna bisa dimakan sebagai camilan bersama roti gandum dengan topping mustard. Tapi perlu diperhatikan, beli tuna kalengan yang tidak mengandung bahan tambahan seperti garam atau bumbu penyedap. Perhatikan selalu daftar bahan dan informasi nilai gizi pada kemasan.

(als/als)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Riset: Punya Bokong Besar Baik untuk Kesehatan

Riset: Punya Bokong Besar Baik untuk Kesehatan

Tidak sedikit wanita yang benci dengan bentuk bokong besar. Namun menurut penelitian, bokong berukuran besar justru baik untuk kesehatan. Mengapa?Para peneliti di Oxford University menemukan bahwa lemak yang berada pada tubuh bagian bawah dapat memangkas kadar kolesterol buruk (LDL) dan meningkatkan koleksterol baik (HDL) yang melindungi tubuh dari pengerasan pembuluh darah. Namun peneliti menegaskan, area tubuh bagian bawah yang baik menyimpan lemak itu adalah paha dan bokong, bukan pada perut.Hasil penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity, menunjukkan bahwa manfaat dari memiliki bokong berukuran besar bisa mengurangi risiko terkena diabetes. Lemak gluteofemoral, tersimpan di bagian bahwa tubuh dan bertindak sebagai buffer (penyangga), menyapu bersih radang lemak yang bisa menyebabkan efek berbahaya di mana saja.Profesor Jimmy Bell, Kepala Pencitraan Metabolik dan Molekular di Hammersmith Hospital NHS Trust, menjelaskan bahwa lemak bisa datang dalam dua bentuk, yakni yang 'baik' dan 'buruk'. Menurutnya, lemak di bagian bawah tubuh meluruh lebih lambat dari lemak di perut.Orang dengan bokong serta paha besar memiliki tingkat inflamasi senyawa yang diseb [...]

3 Tantangan Ahok Soal KJS

3 Tantangan Ahok Soal KJS

3 Tantangan Ahok Soal KJS Imbas dari peningkatan pengguna Kartu Jakarta Sehat (KJS) sebanyak 62,4 persen pada bulan November ke Desember 2012, telah menimbulkan beberapa masalah yang menjadi tantangan tersendiri dari seluruh pihak pemangku kepentingan penyelenggaraan kesehatan di DKI Jakarta. Terkait pada refleksi rantai kerjasama sinergi antara Dinas Kesehatan DKI, rumah sakit dan Pemda DKI, pada suatu kesempatan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama mengemukakan beberapa hal kendala yang menjadi tantangan tersendiri dalam penyelenggaraan KJS. ?Pertama, hambatan yang paling besar adalah terdapat sebagian masyarakat yang tidak mengerti dan terdapat juga sebagian oknum yang mempermainkan. Sebetulnya KJS kan diperuntukkan untuk orang yang tidak mampu. Kalau orang yang tidak mampu ya harus masuk melalui puskesmas dulu untuk dirujuk ke RSUD. Bukan melalui oknum LSM. Jika ada pasien sudah diopname di kelas 3 atau kelas 1 di rumah sakit swasta, kemudian meminta KJS. Nah disitulah kesalahannya,? jelasnya di Balai Kota, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (14/3) lalu. ?Nah kesulitan kedua, kita juga tidak bisa menyamaratakan biaya berobat rumah sakit umum daerah dan [...]

Sinar Lampu di Malam Hari Bisa Buat Depresi

Sinar Lampu di Malam Hari Bisa Buat Depresi

Sulit tidur dan sering merasa stres saat menjalani hari? Mungkin itu karena Anda terlalu banyak terkena cahaya lampu pada malam hari. Kok bisa?Sebuah penelitian di Amerika membuktikan bahwa paparan cahaya yang terlalu banyak di malam hari bisa membuat seseorang merasa depresi. Penelitian yang diprakarsai oleh Ohio State University melakukan percobaan pada tikus yang ditempatkan dalam ruangan bercahaya selama 24 jam.Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa tikus-tikus tersebut lebih depresi ketimbang tikus yang tidak diberi cahaya lampu 24 jam. "Kemampuan menghindar dari cahaya lampu tampaknya memang bisa mengurangi efek depresi," ujar Laura Fonken dari Ohio State University, seperti dikutip dari Health.Profesor psikolog dan neuroscience, Randy Nelson pun mengatakan perlunya studi lanjut mengenai efek lampu yang berlebihan terhadap perilaku manusia. Menurutnya cahaya lampu itu bisa membuat sel-sel tidak bisa beristirahat dengan baik."Banyak orang sering menggunakan lampu di malam hari, padahal itu bisa meningkatkan energi panas dalam tubuh yang akan membuat sel-sel tubuh yang harusnya beristirahat menjadi stres dan efeknya adalah perilaku depresi yang buruk bagi kesehatan," jela [...]

Kafein Memperkuat Daya Ingat

Kafein Memperkuat Daya Ingat

Jika Anda akan menghadapi ujian atau presentasi esok hari, satu atau dua cangkir kopi mungkin dapat membantu Anda belajar dan mengingat materi ujian dengan baik. Kopi memang sering dihubungkan dengan masalah kesehatan dan berbagai efek buruk lainnya. Meskipun begitu, ada berita baik bagi Anda para pecinta kopi. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Nature Neuroscience, kafein dapat memperkuat konsolidasi memori atau daya ingat. (Baca: Manfaat Kopi Terhadap Alzheimer) Beberapa dokter dari Universitas Johns Hopkins di Baltimore melakukan penelitian pada 160 orang sehat yang berusia 18-30 tahun. Para peserta penelitian ditunjukkan gambar berbeda setiap harinya dan diberikan pil yang mengandung 200 mg kafein atau placebo (tidak memiliki kandungan apapun). Keesokan harinya, para peserta diberikan tes memori mendadak. Mereka ditunjukkan gambar, beberapa sama dengan hari sebelumnya, beberapa berbeda dan beberapa mirip dengan gambar sebelumnya namun tidak sama. Mereka yang mendapatkan kafein lebih mudah membedakan gambar yang baru dan dapat mendeteksi bahwa gambar yang serupa atau mirip sebenarnya berbeda dari gambar sebelumnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kafein da [...]

Ini Akibatnya Jika Minum dengan Es yang Kotor

Ini Akibatnya Jika Minum dengan Es yang Kotor

Sudah menjadi rahasia umum, jajanan minuman dingin di pinggir jalan sudah sepantasnya dipertanyakan higienitasnya. Pasalnya, es yang digunakan marak diisukan menggunakan air tidak higienis alias bukan air masak yang dapat membahayakan kesehatan. Risiko yang ada jelas membuahkan kerugian kesehatan. Tidak hanya soal keracunan sementara, tapi salah-salah bisa jadi masih menyimpan bakteri atau virus yang mematikan. Makanan dan minuman apapun yang tidak melalui proses penyiapan makanan yang higienis atau pun proses masak matang, dapat menyebabkan keracunan makanan karena bakteri yang terkandung dalam air, yaitu bakteriSalmonella enteriditis. Meskipun memang tidak semua cairan mengandung bakteriSalmonella, namun mencegah lebih baik daripada mengobati. Tapi bukankah telah diisukan es yang beredar di jajanan pinggir jalan populer diyakini menggunakan es yang diragukan higienitasnya? Siapa yang Paling Berisiko Keracunan Salmonella? Pada prinsipnya semua orang berisiko, namun demikian ada beberapa kalangan yang memiliki lebih besar risiko, berikut diantaranya: Orang lanjut usia, anak-anak, dan mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah (pengidap HIV-AIDS, [...]

Merokok Setelah Berolahraga Jauh Lebih Berbahaya?

Merokok Setelah Berolahraga Jauh Lebih Berbahaya?

Hampir semua orang tahu bahwa merokok sangatlah buruk bagi kesehatan. Namun merokok seusai olahraga, efeknya bisa jauh lebih berbahaya. Seperti yang dikutip dari Livestrong, berikut dampak negatif yang akan didapat tubuh akibat merokok setelah berolahraga.1. JantungMerokok setelah olahraga membuat jantung mendapatkan tekanan yang besar. Seperti organ tubuh lainnya, jantung juga membutuhkan oksigen agar dapat berfungsi dengan baik. Adanya asap rokok justru menguras oksigen dalam tubuh dan menggantikannya dengan karbondioksida. Akibatnya, jantung harus memompa lebih keras untuk menyuplai okesigen ke suluruh tubuh. Ketika jantung bekerja keras, tentunya tekanan darah pun meningkat.2. Paru-paruMerokok dapat mempersempit saluran udara di paru-paru dan membuat oksigen sulit lewat. Seusai berolahraga, tubuh memerlukan banyak oksigen untuk kembali ke dalam kondisi normal, itulah mengapa Anda bernapas begitu cepat. Kebiasaan merokok hanya akan membuat segalanya berantakan, mempersempit saluran udara dan mengurangi kadar oksigen dalam darah.3. OtakMerokok setelah berolahraga akan meningkatkan kadar karbondioksida ke dalam aliran darah. Karbondioksida dapat memberikan efek serius pada fung [...]

Mau Meredakan Gejala PMS? Bercinta Saja!

Mau Meredakan Gejala PMS? Bercinta Saja!

Gangguan-gangguan yang dialami saat PMS itu bisa berdampak pada gairah wanita. Beberapa penelitian sudah dilakukan untuk melihat pengaruh PMS pada seks.Salah satu penelitian dengan judul Dispelling myths: a study of PMS and relationship satisfaction yang dilakukan Winter EJ dan kawan-kawan misalnya menunjukkan bagaimana PMS mempengaruhi kepuasaan pada hubungan. Penelitian itu melibatkan 26 wanita yang menderita PMS dan 26 wanita yang tidak mengalami PMS. Mereka semua diminta mengisi tiga kuisioner. Hasilnya, wanita yang merasakan PMS tidak merasa puas dengan kehidupan seks dan pernikahannya.Hasil penelitian tersebut sungguh ironis karena sebenarnya dengan bercinta, PMS bisa diredakan. Aktivitas bercinta bisa menstimulasi produksi hormon oksitosin dan endorphins yang bisa menurunkan sensasi rasa sakit saat PMS. Oksitosin tersebut dapat menyembuhkan sakit kepala, kram, susah tidur bahkan stres. Ketika Anda orgasme pun, akan keluar hormon dehydroepiandrosterone atau DHEA yang bisa bertindak sebagai obat anti depresi."Keuntungan dari bercinta ini secara seksual wanita bisa merasa rileks dan nyaman," ujar Dr. Jennie Campbell Leslie, asisten profesor di Oregon Health and Science Unive [...]

Awas! Mendengkur Bisa Sebabkan Kematian Akibat Kanker

Awas! Mendengkur Bisa Sebabkan Kematian Akibat Kanker

Bagi Anda atau memiliki anggota keluarga yang punya kebiasaan mendengkur, ada baiknya berhati-hati. Menurut penelitian, mendengkur bisa sebabkan kematian akibat kanker.Penelitian menemukan, pendengkur dalam skala ringan lebih beresiko 0,1 kali meninggal karena kanker dibandingkan mereka yang tidak mendengkur. Sedangkan untuk pendengkur skala menengah, lebih beresiko 2 kali meninggal karena kanker, dan 4,8 kali lebih berisiko bagi mereka yang memiliki masalah mendengkur akut.Hasil penelitian tersebut diketahui berdasarkan data dari penelitian yang dilakukan terhadap 1.522 orang selama 22 tahun. Sebelumnya ada penelitian pada tikus yang menunjukkan bahwa kekurangan oksigen yang disebabkan oleh dengkuran dapat memicu pertumbuhan tumor."Bukti yang konsisten diperlihatkan dari penelitian terhadap hewan dan bukti baru terhadap manusia ini sangat menarik. Penelitian ini adalah penelitian pertama yang menunjukkan terdapat hubungan antara pola pernapasan teratur ketika tidur (SDB) dan peningkatan resiko kematian karena kanker berdasarkan sampel dalam populasi, " ujar Dr Javier Nieto, salah satu peneliti di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat, Wisconsin University.Nieto menambahk [...]

Berpikir Optimis Kunci Utama Dapatkan Hidup Sehat

Berpikir Optimis Kunci Utama Dapatkan Hidup Sehat

Ingin selalu sehat? Sering-seringlah tanamkan pemikiran "Ya! Saya bisa!" ketimbang "Ya sudah, terima nasib saja". Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia mengungkap, sikap optimis bisa membuat tubuh Anda lebih sehat. Sedangkan orang yang berpikiran pesimis dan lebih menggantungkan hidup pada keberuntungan dan nasib, cenderung menjalani kehidupan yang tidak sehat.Para peneliti dari Melbourne Institute of Applied Economic and Social Research menganalisa data pada pola makan, olahraga dan kepribadian pada lebih dari 7.000 orang. Hasilnya menyimpulkan bahwa orang yang optimis merencanakan masa depannya cenderung memiliki pola makan yang sehat, lebih banyak berolah raga, mengurangi rokok dan menghindari minuman keras.Menurut Professor Deborah Cobb-Clark dari Melbourne Institute, riset yang dilakukannya menunjukkan hubungan antara tipe kepribadian yang dimiliki seseorang dengan gaya hidup sehat."Penelitian kami menunjukkan adanya pengaruh langsung antara kepribadian seseorang dengan bagaimana dia menjalani gaya hidup sehat," ujarnya, seperti dikutip dari Health Me Up.Menurut Deborah, obesitas yang banyak terjadi seharusnya dapat mengubah kebiasaan pola makan masyarakat. Memiliki [...]

Tips Berpuasa Sehat untuk Anak

Tips Berpuasa Sehat untuk Anak

Apakah anak saya sudah cukup umur untuk berpuasa? Dalam agama Islam, berpuasa tidak wajib untuk anak yang belum mencapai pubertas. Untuk menilai apakah anak sudah siap, beberapa faktor perlu diperhatikan, antara lain: berat badan saat ini (status gizi), perkembangannya, dan apakah anak memiliki kondisi khusus (misalnya: diabetes). Bila status gizi anak masuk ke dalam kategori kurang atau memiliki kondisi khusus, berpuasa sebaiknya tidak dilakukan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak. Bagaimana cara memastikan bahwa anak dapat berpuasa dengan aman? Ketika kita berpuasa, tubuh mengalami detoksifikasi dengan membuang radikal bebas dan lemak tubuh yang berlebih. Karena sebagian besar anak tidak memiliki toksin atau akumulasi lemak, berpuasa menjadi suatu hal yang lebih menantang dan melelahkan untuk anak. Apalagi anak belum terbiasa untuk berpuasa. Tips Berpuasa Sehat untuk Anak Karena itu, kita harus memastikan bahwa anak: Makan karbohidrat kompleks dan protein: Karbohidrat kompleks menolong melepaskan energi secara lambat selama puasa. Idealnya, menu sahur sebaiknya mencakup nasi, protein dari telur atau daging, serta sayuran segar. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *