Mau Ngemil? Ini Aneka Camilan yang Tak Bikin Gemuk

135558241.jpg

Salah satu tantangan terbesar saat memutuskan untuk diet penurunan berat badan adalah mengurangi keinginan untuk makan camilan. Walaupun porsinya sedikit, namun camilan yang kurang sehat seperti keripik kentang atau berbagai makanan cepat saji lainnya justru akan membuat program diet Anda berantakan. Oleh karena itu, agar tidak ada perasaan bersalah saat ngemil dan hasrat makan juga bisa terpuaskan, tak ada salahnya untuk mengganti menu Anda dengan aneka camilan sehat. Idealnya, camilan sehat harus mengandung tak lebih dari 200 kalori dalam sehari dan memiliki nutrisi penting seperti karbohidrat, protein dan serat. Apa saja?

1. Yoghurt
Yoghurt merupakan sumber protein yang dan dapat membantu mempertahankan bentuk tubuh. Karbohidrat paling cepat digunakan tubuh, dan protein membantu tubuh untuk mencernanya secara perlahan sehingga perut pun terasa kenyang lebih lama. Untuk membuat camilan jadi lebih enak, tambahkan buah seperti stroberi atau blueberry ke dalam yoghurt tawar,untuk membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Salad Sayur
Ganti makanan cepat saji Anda dengan salad sayur yang tentu lebih sehat dengan banyaknya kandungan vitamin, mineral, dan protein. Sayuran juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga tetap membuat Anda terhidrasi seharian.

3. Susu Rendah Lemak
Susu memang kurang tepat untuk dikategorikan sebagai camilan. Namun memilih susu rendah lemak dibanding soda saat Anda lapar tentu akan lebih sehat bagi tubuh, dan tentunya tak menambah berat badan. Susu rendah lemak kaya akan kalsium dan sejumlah studi menunjukkan bahwa kalsium bisa mempercepat metabolisme tubuh. Agar rasanya lebih enak, Anda juga bisa mencampurkannya bersama buah-buahan favorit seperti pisang atau stroberi.

4. Edamame
Edamame atau kacang kedelai Jepang menjadi pilihan camilan sehat lain yang bisa Anda coba. Kacang kedelai mengandung bermacam nutrisi yang sehat bagi tubuh. Setengah cangkir edamame sudah bisa mencukupi kebutuhan serat, protein, vitamin dan mineral dalam sehari. Anda bisa memakannya dengan cara dipanggang atau rebus.

5. Apel
Studi di Brazil menunjukkan, konsumsi tiga apel sehari bantu mengontrol bahkan mengurangi berat badan. Menurut Rui Hai Lui, Ph.D., yang ahli dalam meneliti apel di Cornell University, “Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah meningkatkan asupan buah dan sayur. Makanan ini meningkatkan volume sekaligus menurunkan kepadatan kalori. Potong apel menjadi empat bagian dan oleskan satu sendok teh selai kacang di atasnya. Hanya 100 kalori, dan sudah membuat Anda kenyang.

6. Oatmeal
Sejumlah studi menemukan bahwa oatmeal lebih mengenyangkan daripada sereal kering dalam jumlah kalori dan kandungan serat yang sama. Saat lapar, seduh oatmeal instan dengan susu panas rendah lemak atau air panas. Taburi buah-buahan segar seperti stroberi, pisang atau blueberry agar rasanya lebih enak. Tambahkan pula satu sendok teh madu murni untuk rasa yang manis.

7. Tuna Kalengan
Sekaleng tuna yang kaya protein hanya mengandung 90 kalori. Tuna bisa dimakan sebagai camilan bersama roti gandum dengan topping mustard. Tapi perlu diperhatikan, beli tuna kalengan yang tidak mengandung bahan tambahan seperti garam atau bumbu penyedap. Perhatikan selalu daftar bahan dan informasi nilai gizi pada kemasan.

(als/als)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Belanja Sambil Beramal untuk Peduli Kanker Payudara di Plaza Indonesia

Belanja Sambil Beramal untuk Peduli Kanker Payudara di Plaza Indonesia

Oktober menjadi bulan peduli kanker payudara yang dikampanyekan di seluruh dunia. Indonesia tak terkecuali. Sejak awal bulan, sederet program berkaitan dengan kanker payudara digelar berbagai pihak.Plaza Indonesia, termasuk pihak yang ikut menggelar acara terkait dengan kampanye peduli kanker payudara ini. Bekerjasama dengan Yayasan Love Pink, mall yang berada di kawasan Jl. Thamrin, Jakarta Pusat ini mengadakan program Pink Day dan bazaar amal.Pink Da?y diadakan pada 17 Oktober dengan mengajak pengunjung Plaza Indonesia untuk menggunakan busana berwarna pink. Mereka yang datang dengan memakai busana tersebut akan mendapatkan diskon 40% untuk makan malam di restoran yang ada di Hotel Grand Hyatt Jakarta. Selain itu pengunjung juga berkesempatan mendapatkan voucher belanja sebesar Rp 200 ribu dengan pembelanjaan minimum Rp 3 juta. Baca Juga: 50 Inspirasi Batik Modern http://wolipop.detik.com/thespotlight/batikmodern/Setelah Pink Day, program gerakan pedu?li kanker payudara berlanjut dengan acara bazaar amal. Brand-brand di bawa naungan Mitra Adi Perkasa akan memberikan diskon khusus pada 27-29 Oktober 2015. Dan pada 30-31 Oktober akan ada bazaar barang-barang milik para public fi [...]

Pilihan Makanan untuk Pengidap Rematik Asam Urat

Pilihan Makanan untuk Pengidap Rematik Asam Urat

Rematik asam urat atau penyakit gout adalah jenis radang sendi yang secara medis telah terbukti dapat diringankan dengan mengonsumsi dan membatasi makanan-makanan tertentu. Pada dasarnya, pengidap rematik asam urat sebaiknya menjalani pola makan kaya karbohidrat kompleks, protein dalam kadar sedang, dan rendah lemak. Pengaturan pola makan ini bukanlah sarana pengobatan, tapi dapat membantu mengurangi gejala. Purin dan Rematik Asam Urat Rematik asam urat menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri pada sendi, terutama pada jempol kaki. Peradangan sendi ini disebabkan oleh penumpukan kristal natrium urat, yaitu limbah alami tubuh. Asam urat adalah salah satu hasil pemecahan zat purin di dalam tubuh. Purin adalah zat alami yang ada di dalam tubuh dan dapat ditemukan di berbagai jenis makanan. Makanan mengandung purin berkadar tinggi membuat tubuh menghasilkan lebih banyak asam urat. Oleh karena itu, pengidap asam urat perlu menghindari konsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Panduan Konsumsi Makanan Rematik asam urat dapat ditangani dengan lebih banyak mengonsumsi makanan tertentu yang memperlancar sekresi purin dan membatasi konsumsi makanan serta minuman kaya purin. Berikut i [...]

Apa Saja Syarat Donor Darah?

Apa Saja Syarat Donor Darah?

Donor darah merupakan kegiatan ketika Anda bersedia memberikan darah kepada seseorang secara sukarela. Darah Anda bisa sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan banyak darah saat operasi, terluka, atau memiliki penyakit tertentu, seperti anemia, leukimia, atau thalasemia. Apakah hati Anda terketuk ingin menyumbangkan darah kepada mereka yang membutuhkan transfusi darah? Sayangnya tidak semua orang bisa mendonorkan darahnya. Berikut ini beberapa syarat yang harus Anda ketahui untuk bisa menjadi pendonor. Persyaratan dasar untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah di Indonesia adalah pendonor berusia 17 hingga 65 tahun usia. Berat badan minimal adalah 45 kg dengan tekanan darah sistole 100-170 dan diastole 70-100 serta memiliki kadar hemoglobin sekitar 12,5-17 g/dl. Setelah hal di atas telah dipenuhi, maka Anda harus lulus syarat berikutnya, yaitu memiliki tubuh sehat secara jasmani. Hal ini penting mengingat darah Anda akan masuk ke dalam tubuh seseorang. Jika Anda memiliki penyakit menular, maka bisa memengaruhi kondisi kesehatan penerima. Berikut ini adalah faktor-faktor berdasarkan ketentuan dari PMI yang membuat seseorang tidak bisa menjadi pendonor darah: Tidak diizinkan [...]

Personalized Medicine dalam Pengobatan Kanker

Personalized Medicine dalam Pengobatan Kanker

Oleh: Poppy Firzani Arifin Selama ini pemberian "obat satu untuk semua" merupakan hal yang umum dalam pelayanan kesehatan di berbagai belahan dunia. Misalnya saja jika seorang pasien A menderita kolesterol tinggi diberikan simvastatin demikian juga dengan pasien B yang menderita penyakit yang sama diberikan obat yang sama. Padahal pasien dengan diagnosis penyakit yang sama bisa memberikan respon berbeda terhadap suatu obat. Obat X bisa efektif pada pasien A tapi tidak pada pasien B.,bahkan pada beberapa kasus terjadi efek samping yang tidak diharapkan. Oleh sebab itu beberapa tahun terakhir ini mulai dikembangkan konsep "personalized medicine" (pengobatan personal) suatu konsep yang didasari dengan mempelajari genotipe pasien sehingga pasien mendapatkan terapi atau obat yang tepat untuk penyakitnya. Pengobatan personal ini mulai banyak dilakukan dalam penanganan penyakit kanker dimana sang pasien harus berpacu dengan waktu dan pengobatan harus sefektif mungkin Pada pengobatan personal pasien akan datang ke dokter yang kemudian akan dilakukan uji genetik. Dengan melakukan uji genetik, dokter bisa menentukan pengobatan yang cocok, sehingga respons terhadap obatnya pun akan lebih [...]

Limfoma, Ketika Sel Pertahanan Tubuh Menjadi Ganas

Limfoma, Ketika Sel Pertahanan Tubuh Menjadi Ganas

Setiap manusia memiliki sel pertahanan tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit. Sel darah yang berfungsi untuk melakukan hal ini adalah limfosit. Namun, apabila sel darah ini berkembang dengan tidak normal maka akan menyebabkan gangguan pada sistem tubuh manusia. Apa itu limfoma? Limfoma adalah keganasan pada kelenjar getah bening, yang berisi sel-sel yang berperan dalam imunitas tubuh, seperti sel B, sel T dan histiosit. Limfoma terbagi menjadi dua yaitu yaitu Hodgkin's Disease/penyakit Hodgkin (PH) dan Non-Hodgkin Lymphoma/limfoma non Hodgkin (LNH). Keduanya dibedakan berdasarkan temuan pada pemeriksaan patologi anatomi dari jaringan hasil biopsi. Apa yang menyebabkan limfoma? Apa yang Menyebabkan Limfoma? Peneliti masih berusaha untuk mencari penyebab dari keganasan ini. Namun ada beberapa faktor risiko dalam terjadinya limfoma. Beberapa faktor risiko tersebut diantaranya adalah: umur (limfoma non Hodgkin ditemukan umumnya pada usia di atas 60 tahun), bahan kimia dan radiasi, penyakit autoimun, dan infeksi. Apa saja gejala limfoma? Terdapat beberapa gejala dari limfoma. Berikut adalah gejala limfoma yang umum ditemui: � Li [...]

Manfaat Kesehatan Puasa Berselang (Intermittent Fasting/Diet OCD)

Manfaat Kesehatan Puasa Berselang (Intermittent Fasting/Diet OCD)

Oleh: dr. Jessica Florencia Puasa berselang (Intermittent fasting / Diet OCD) merupakan suatu rencana diet untuk menurunkan berat badan yang dapat dilakukan dengan beberapa metode. Terdapat metode yang dapat dilakukan dengan makan seperti biasa selama 5 hari dan melakukan makan dengan pembatasan kalori selama 2 hari lainnya dalam seminggu. Kalori dibatasi hingga hanya 500 kalori saja untuk wanita dan 600 kalori untuk pria. Metode lain dilakukan dengan melakukan makan makanan cair selama 6 hari dan makan dengan pembatasan kalori hingga 120 kalori saja dalam 1 hari dalam seminggu. Pembuat metode ini juga menyatakan bahwa selain dapat menurunkan berat badan, metode ini dapat bermanfaat juga untuk meningkatkan usia hidup, meningkatkan fungsi otak dan melindungi terhadap penyakit Alzheimer serta melindungi terhadap penyakit kanker, diabetes melitus tipe 2 dan penyakit jantung. Sayangnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat mendukung pernyataan ini sehingga manfaat-manfaat tersebut belum dapat ditegaskan secara pasti. Metode yang digunakan pun belum didukung penelitian yang baik untuk menentukan metode yang paling tepat dan paling baik. Selain itu belum ada penelitian yang m [...]

Arti Tinja dengan Kesehatan Anda

Arti Tinja dengan Kesehatan Anda

Tinja atau dalam medis lebih akrab dikenal dengan istilah feses, bisa berbicara sejujurnya soal kondisi kesehatan Anda. Meskipun mungkin bagi sebagian orang topik mengenai feses adalah sesuatu yang tidak ingin dibicarakan. Namun ketahuilah, tinja Anda bisa lebih jujur daripada manusia. Bentuk tinja, seberapa sering Anda buang air besar, warna tinja, atau hal yang terdapat di tinja Anda bisa merupakan tanda dan sinyal status kesehatan tubuh Anda. Itulah tinja yang Anda keluarkan dapat memberikan banyak informasi mengenai kesehatan Anda. Apa saja informasi kesehatan status tubuh yang dapat diketahui dari tinja? Beirkut penjelasannya: 1. Konsistensi Tinja Tinja manusia seharusnya memiliki konsistensi yang lunak namun tidak cair. Sebagai gambaran, tinja seharusnya dapat dikeluarkan tanpa terputus-putus dan Anda tidak perlu mengedan terlalu keras untuk mengeluarkannya. Apabila Anda mengedan terlalu keras untuk mengeluarkan tinja Anda, maka bisa jadi Anda tidak cukup mengkonsumsi serat, seperti sayur dan buah, atau Anda kekurangan cairan. Sedangkan jika konsistensi feses Anda cair, maka perlu diwaspadai berbagai penyebab buang air besar cair, seperti infeksi, atau [...]

6 Gangguan Mental pada Anak

6 Gangguan Mental pada Anak

Oleh: dr. Nadia Octavia Gangguan mental pada anak acapkali sulit diketahui oleh orang tua. Alhasil, anak yang seharusnya mendapatkan perawatan menjadi luput perhatian. Perkaya khazanah Anda seputar gangguan mental pada anak melalui paparan berikut ini: Gangguan mental apa saja yang dapat terjadi pada anak? Kecemasan (Ansietas) Anak yang memiliki gangguan obsesif kompulsif, post traumatic stress disorder dan fobia sosial seringkali mengalami ansietas/kecemasan yang mengganggu aktivitas sehari-hari Attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD)Gangguan ini ditandai dengan kesulitan memusatkan perhatian, hiperaktif dan perilaku impulsif AutismeAutisme merupakan suatu masalah perkembangan yang serius yang seringkali terlihat pada anak-anak, biasanya sebelum usia 3 tahun. Hal ini mempengaruhi kemampuan anak untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain Gangguan makan Gangguan makan seperti anoreksia nervosa, bulimia nervosa dan binge-eating disorder merupakan suatu kondisi yang serius. Anak seringkali memiliki preokupasi pikiran dengan makanan adn berat badan sehingga tidak dapat berkonsentrasi pada hal lain Gangguan mood Depresi dan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *