Mau Ngemil? Ini Aneka Camilan yang Tak Bikin Gemuk

135558241.jpg

Salah satu tantangan terbesar saat memutuskan untuk diet penurunan berat badan adalah mengurangi keinginan untuk makan camilan. Walaupun porsinya sedikit, namun camilan yang kurang sehat seperti keripik kentang atau berbagai makanan cepat saji lainnya justru akan membuat program diet Anda berantakan. Oleh karena itu, agar tidak ada perasaan bersalah saat ngemil dan hasrat makan juga bisa terpuaskan, tak ada salahnya untuk mengganti menu Anda dengan aneka camilan sehat. Idealnya, camilan sehat harus mengandung tak lebih dari 200 kalori dalam sehari dan memiliki nutrisi penting seperti karbohidrat, protein dan serat. Apa saja?

1. Yoghurt
Yoghurt merupakan sumber protein yang dan dapat membantu mempertahankan bentuk tubuh. Karbohidrat paling cepat digunakan tubuh, dan protein membantu tubuh untuk mencernanya secara perlahan sehingga perut pun terasa kenyang lebih lama. Untuk membuat camilan jadi lebih enak, tambahkan buah seperti stroberi atau blueberry ke dalam yoghurt tawar,untuk membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Salad Sayur
Ganti makanan cepat saji Anda dengan salad sayur yang tentu lebih sehat dengan banyaknya kandungan vitamin, mineral, dan protein. Sayuran juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga tetap membuat Anda terhidrasi seharian.

3. Susu Rendah Lemak
Susu memang kurang tepat untuk dikategorikan sebagai camilan. Namun memilih susu rendah lemak dibanding soda saat Anda lapar tentu akan lebih sehat bagi tubuh, dan tentunya tak menambah berat badan. Susu rendah lemak kaya akan kalsium dan sejumlah studi menunjukkan bahwa kalsium bisa mempercepat metabolisme tubuh. Agar rasanya lebih enak, Anda juga bisa mencampurkannya bersama buah-buahan favorit seperti pisang atau stroberi.

4. Edamame
Edamame atau kacang kedelai Jepang menjadi pilihan camilan sehat lain yang bisa Anda coba. Kacang kedelai mengandung bermacam nutrisi yang sehat bagi tubuh. Setengah cangkir edamame sudah bisa mencukupi kebutuhan serat, protein, vitamin dan mineral dalam sehari. Anda bisa memakannya dengan cara dipanggang atau rebus.

5. Apel
Studi di Brazil menunjukkan, konsumsi tiga apel sehari bantu mengontrol bahkan mengurangi berat badan. Menurut Rui Hai Lui, Ph.D., yang ahli dalam meneliti apel di Cornell University, “Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah meningkatkan asupan buah dan sayur. Makanan ini meningkatkan volume sekaligus menurunkan kepadatan kalori. Potong apel menjadi empat bagian dan oleskan satu sendok teh selai kacang di atasnya. Hanya 100 kalori, dan sudah membuat Anda kenyang.

6. Oatmeal
Sejumlah studi menemukan bahwa oatmeal lebih mengenyangkan daripada sereal kering dalam jumlah kalori dan kandungan serat yang sama. Saat lapar, seduh oatmeal instan dengan susu panas rendah lemak atau air panas. Taburi buah-buahan segar seperti stroberi, pisang atau blueberry agar rasanya lebih enak. Tambahkan pula satu sendok teh madu murni untuk rasa yang manis.

7. Tuna Kalengan
Sekaleng tuna yang kaya protein hanya mengandung 90 kalori. Tuna bisa dimakan sebagai camilan bersama roti gandum dengan topping mustard. Tapi perlu diperhatikan, beli tuna kalengan yang tidak mengandung bahan tambahan seperti garam atau bumbu penyedap. Perhatikan selalu daftar bahan dan informasi nilai gizi pada kemasan.

(als/als)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Tanda Berbahaya Ketika Masa Kehamilan

5 Tanda Berbahaya Ketika Masa Kehamilan

Kata orang, perjuangan ibu itu tiada taranya, sungguh memang, proses kehamilan dan persalinan bukan hal yang mudah, dan bukan sekedar sukar, rangkaian proses ini seringkali harus mengancam nyawa sang ibu, salah satunya adalah ketika kehamilan disertai dengan pre-eklampsia dan eklampsia. (Baca: Waspada Tekanan Darah Tinggi di Masa Kehamilan) Pre-eklampsia adalah keadaan hamil yang disertai dengan beberapa tanda berikut: Tekanan darah yang tinggi (lebih dari 140/90 mmHg) Bengkak pada bagian-bagian tubuh secara menyeluruh (jika urin diperiksa akan menunjukkan terdapat protein dalam jumlah besar pada urin) nyeri kepala mulai dari sedang sampai hebat (tergantung derajat pre eklampsia ringan atau berat) nyeri pada ulu hati penglihatan yang terganggu (biasanya dikeluhkan sebagai pandangan yang kabur dan berbayang) Sampai hari ini sebab dari pre-eklampsia ini masih diperdebatkan, hanya saja beberapa orang dapat kita waspadai untuk masuk dalam keadaan ini, yakni mereka yang memiliki berat badan berlebih dan riwayat tekanan darah tinggi pada keluarga, juga pada mereka yang pada kehamilan sebelumnya menderita pre-eklampsia. Lalu apa yang dimaksud dengan eklampsia? Eklampsia adal [...]

6 Resolusi untuk Tubuh Lebih Sehat di 2012

6 Resolusi untuk Tubuh Lebih Sehat di 2012

Seringkali kita memiliki rencana untuk rajin berolahraga atau menghindari makanan manis sebagai resolusi sehat tahun depan. Namun sering juga rencana itu gagal karena tak tahan dengan godaan untuk makan es krim setiap selesai makan malam, menyantap makanan cepat saji, atau lebih memilih nonton film di bioskop daripada ikut kelas aerobik.Mewujudkan resolusi sehat di tahun baru memang menjadi tantangan berat bagi sebagian besar orang. Satu-satunya cara agar bisa tercapai, adalah membuat resolusi yang realistis. Jika Anda penggemar berat donat atau croissant, jangan bersumpah untuk tidak memakannya segigit pun. Jujurlah pada diri sendiri, sesuaikan gaya hidup sehat dengan kemampuan Anda. Tidak usah membuat resolusi untuk olahraga tujuh kali dalam seminggu jika kenyataannya Anda terlalu sibuk untuk pergi ke gym.Daripada membuat resolusi yang terlalu muluk, lebih baik buat rencana yang lebih mudah dilakukan. Seperti dikutip dari Times of India, berikut ini lima resolusi sehat yang mudah Anda wujudkan di 2012 nanti.1. Kurangi StresStres kronis bisa menyebabkan hipertensi, melemahkan sistem imun tubuh bahkan mempersingkat harapan hidup. Sebisa mungkin, jauhkan pikiran Anda dari stres. [...]

Bayi Yang Rentan Autisme

Bayi Yang Rentan Autisme

Sebuah penelitian terbaru di University of Pennsylvania School of Nursing, Amerika Serikat mengemukakan terdapat hubungan rendahnya berat badan bayi baru lahir dengan potensi kondisi autisme. Penelitian yang diterbitkan di Journal Pediatric, Amerika Serikat. itu, mengamati relevansi antara anak yang lahir dalam keadaan berat badan rendah dengan angka penderita autis. Penelitian ini dilakukan terhadap 862 anak di New Jersey dengan berat badan rendah sejak lahir hingga berusia 21 tahun. Mereka yang lahir dengan berat badan mulai dari 0.5 Kg ? 2 Kg terbukti positif autis 5% dibandingakan resiko anak lahir ukuran normal akan autism yang hanya sebesar 1%. Penemuan ini dianggap signifikan dengan hasil evaluasi gangguan spektrum autism (ASD/Autism Spectrum Disorder), dimana hal tersebut senada dengan penemuan sebelumnya yang menunjukkan hubungan rendahnya tingkat berat badan bayi baru lahir yang mempengaruhi perkembangan motorik dan masalah kognitif pada tubuh. Meskipun penelitian ini tidak menjadikan kurangnya berat badan saat lahir sebagai penyebab autisme secara langsung, namun Professor Jennifer Pinto-Martin selaku direktur bagian pusat autisme University Pennsylvania School of Nursin [...]

8 Kebiasaan Ini Akan Membuat Umur Anda Lebih Panjang

8 Kebiasaan Ini Akan Membuat Umur Anda Lebih Panjang

Pekerjaan yang menumpuk, kesibukan yang tidak kunjung selesai dan kebiasaan lainnya yang sering kita pelihara sebenarnya tanpa sadar telah menggerogoti tubuh kita perlahan-lahan dan mempengaruhi status kesehatan kita tanpa kita sadari. Ada beberapa hal yang tidak dapat kita kontrol seperti pertambahan usia dan pengaruh genetik, namun ada juga beberapa hal yang dapat kita kontrol, yaitu: 1. Melakukan Medical Chec-Up Rutin Melakukan Medical Check Up rutin dapat merupakan investasi yang sangat penting dalam kehidupan kita. Dengan melakukan pemeriksaan rutin kita dapat memantau kondisi kesehatan kita dan juga dapat mendeteksi masalah kesehatan yang mungkin terjadi dalam tahap paling awal. 2. Mempertahankan berat badan normal Berat badan berlebih maupun berat badan yang kurang juga dapat menjadi sumber masalah kesehatan. Berat badan berlebih berkaitan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah, ketidakseimbangan hormon, penyakit hati dan lainnya. Sedangkan berat badan kurang sering berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon dan juga rendahnya daya tahan tubuh. 3. Makan makanan yang bervariasi Tubuh kita sebenarnya membutuhkan asupan nutrisi yang sangat bervariasi mulai dari kar [...]

Kuatkan Imun dan Segarkan Tubuh yang Lelah dengan Myer’s Cocktail

Kuatkan Imun dan Segarkan Tubuh yang Lelah dengan Myer’s Cocktail

Selain belanja dan religi, Thailand kini juga mengandalkan wisata medis dan kebugaran sebagai daya tarik bagi wisatawan asing. Holistic Medical Center (HMC) merupakan salah satu destinasi yang cukup diunggulkan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan wisatawan asing maupun domestik.Menargetkan kalangan menengah atas dan ekspat sebagai klien, HMC menawarkan berbagai metode pencegahan penyakit, terapi dan perawatan yang bisa mengakomodir kesehatan tubuh secara menyeluruh mulai dari tingkat sel. Saat mengunjungi HMC dalam rangkaian perjalanan 'Media & Celebrity Online FAM Trip 2013' yang diadakan Tourism Authority of Thailand pada Jumat (19/07/2013), wolipop berkesempatan mencoba infus vitamin Myer's Cocktail.Tamu yang datang akan diminta untuk mengisi formulir data diri terlebih dahulu. Kemudian klien dibawa ke sebuah ruangan kecil untuk diperiksa tekanan darah, berat badan dan tinggi badan. Hasil pengukuran diberikan ke dokter untuk mengetahui dosis yang harus diberikan.Kemudian klien diantar ke ruangan yang dilengkapi single sofa dan televisi serta selimut handuk. Di ruangan inilah infus Myer's Cocktail dilakukan. Myer's Cocktail merupakan campuran berbagai nutrisi seperti vitami [...]

Tingkatkan Kemampuan Daya Ingat dengan 5 Hal Ini

Tingkatkan Kemampuan Daya Ingat dengan 5 Hal Ini

Jika Anda merasa sering lupa menaruh barang dan kesulitan mengingat nama orang yang baru saja ditemui, sebaiknya harus waspada karena hal tersebut adalah salah satu tanda dari penurunan daya ingat di usia dini. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kemampuan mengingat Anda. Seperti apa?1. KonsentrasiInformasi yang disampaikan untuk pertama kali biasanya tidak pernah tertanam dengan tepat di dalam ingatan. Untuk itu diperlukan sedikit konsentrasi untuk mengingatnya agar bisa mendapat manfaat lainnya. Pilihlah suasana yang tenang dan nyaman agar terbebas dari gangguan sekitar yang bisa memecah konsentrasi.2. Menulis atau MerekamCara lain untuk membantu diri Anda dalam meningkatkan ingatan adalah dengan menulis atau merekam poin-poin penting pada suatu perbincangan. Menulis terbukti lebih efektif daripada hanya sekedar membaca atau mendengarkan. Selalu siapkan notebook atau alat perekam saat Anda berada di tempat-tempat ramai seperti pusat perbelanjaan atau ketika ingin bertemu rekan bisnis.3. Bagi Berdasarkan KelompokMengorganisir sesuatu berdasarkan kelompoknya membuat memori menghafal lebih muda. Itulah sebabnya kita sering sekali memb [...]

Ini Sebabnya Obat Generik Bisa Lebih Murah

Ini Sebabnya Obat Generik Bisa Lebih Murah

Obat yang beredar di Indonesia digolongkan menjadi dua kelompok, yaitu obat generik berlogo (OGB) dan obat generik bermerek (obat dagang). Namun, minat pembelian masyarakat Indonesia untuk obat generik masih tergolong rendah. Selain itu meskipun pemerintah sudah mencanangkan berbagai program untuk penggunaan obat generik agar menurunkan biaya pengobatan, tetap saja obat generik masih kurang dimanfaatkan oleh masyarakat. Karena tak dapat dihindarkan, stigma murah di masyarakat lekat dengan konotasi 'murahan' yang kerap diasosiasikan dengan kualitas dan mutu sealakadarnya. Padahal, belum tentu murah itu 'murahan'. Untuk mengetahui lebih lanjut kenapa obat generik hadir di pasaran bisa lebih murah, ada baiknya kita ketahui dulu bagaimana obat generik dibuat. Halaman berikut penjelasannya: Mengenal Obat Generik Pada tahun 1989, dengan tujuan memberikan alternatif obat bagi masyarakat, pemerintah Indonesia meluncurkan program Obat Generik Berlogo (OGB) dengan kualitas terjamin, harga terjangkau, serta ketersediaan obat yang cukup. Bedanya OGB dengan obat bermerek lain adalah OGB tidak ada biaya promosi, sehingga harganya sangat terjangkau dan mudah didapatkan masy [...]

Makan Berlebihan Bisa Picu Gangguan Ingatan Saat Tua

Makan Berlebihan Bisa Picu Gangguan Ingatan Saat Tua

Selain bisa meningkatkan risiko obesitas, makan terlalu banyak juga berbahaya bagi kesehatan di hari tua. Menurut penelitian, makan berlebihan bisa memicu masalah memori pada orang tua.Seperti yang dikutip dari Daily Mail, mengonsumsi 2.100 hingga 6.000 kalori tiap hari bisa mengakibatkan pikun serta gangguan kognitif ringan saat tua nanti. Bahkan risiko kehilangan memori tersebut bisa meningkat hingga dua kali lipat.Adanya temuan tersebut menunjukkan bahwa melakukan diet rendah kalori dapat menjaga pikiran tetap tajam di masa tua nanti. Selain itu, diet sehat juga bisa mencegah timbulnya penyakit Alzheimer.Kesimpulan itu didapat setelah ilmuwan di Amerika meneliti kebiasaan makan dan minum dari 1.200 orang yang memiliki rata-rata usia 70 sampai 89 tahun. Para peserta penelitian yang diketahui tidak memiliki masalah demensia (pikun) tersebut diminta untuk melakukan tes memori.Hasilnya, ilmuwan Amerika menemukan bahwa 163 orang yang mengonsumsi kalori paling banyak, akan mengalami penurunan memori sebanyak dua kali lipat, ketimbang mereka yang diet rendah kalori.Untuk mencapai kesimpulan itu, para ilmuwan sebelumnya sudah memperhitungkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi [...]

Jangan Takut Sama Malaria!

Jangan Takut Sama Malaria!

Jika Anda sempat menonton film Soekarno yang belum lama telah tayang di layar perak, Anda pasti mengetahui bahwa Soekarno menderita penyakit malaria. Kata malaria identik dengan gigitan nyamuk, lalu apa yang membedakannya dengan demam berdarah? Malaria adalah salah satu penyakit tertua dalam sejarah peradaban manusia, malaria berasal dari bahasa Italia, mal yang artinya salah, dan aria yang artinya udara, sebelum pemahaman tentang malaria sepenuhnya benar, dahulu penyakit ini dianggap karena kesalahan dari udara. Baru sekitar tahun 1880 Charles Alphonse membuktikkan bahwa penyakit ini sesungguhnya disebabkan oleh parasit Plasmodium yang menumpang pada tubuh nyamuk Anopheles. Menarik bukan? Peta sebaran Malaria di dunia. Berbeda dengan penyakit demam berdarah yang sama-sama ditularkan lewat gigitan nyamuk disebabkan oleh virus, yaitu flavivirus. Secara umum perjalanan kedua penyakit ini juga berbeda, selain itu nyamuk penyebab demam berdarah adalah Aedes aegypti. (Baca: Senjata Baru Melawan Malaria) Namun Anda tidak perlu khawatir, dunia kedokteran kini menemukan suatu terobosan, yang telah dinantikan sekian tahun lamanya, yakni vaksin untuk malaria. Vaksin ini diklaim WHO m [...]

Empat Jenis Hernia pada Wanita

Empat Jenis Hernia pada Wanita

Penyakit hernia biasa disebut dengan turun berok. Kondisi ini terjadi akibat adanya kelemahan atau kelainan pada otot sehingga organ tubuh tidak tersangga pada tempat sebenarnya. Jenis penyakit hernia sendiri ada banyak. Ada jenis hernia yang lebih sering ditemukan pada pria. Tapi ada juga beberapa jenis yang justru lebih sering ditemui pada tubuh wanita. Apa saja jenis hernia yang sering hinggap pada kaum wanita? Hernia sendiri adalah kondisi ketika organ pada tubuh berada di luar dari posisi yang semestinya. Hal tersebut dikarenakan otot-otot yang melemah sehingga tidak kuat menahan organ tersebut. Sebagai akibatnya, organ dalam tubuh akan keluar melalui celah-celah otot yang melemah hingga terus menjalar ke bagian dalam kulit dan membentuk tonjolan jika dilihat dari permukaan luar kulit. Ada empat jenis hernia yang dapat ditemui pada wanita. Jenis-jenis hernia itu adalah hernia fermoralis, hernia hiatus, hernia umbilikus, dan hernia inguinalis tidak langsung. Hernia fermoralis. Kondisi ini terjadi ketika usus mencuat ke bagian paha atas atau selangkangan. Hasilnya Anda akan melihat adanya tonjolan pada area tersebut. Risiko wanita tiga kali lebih tinggi terkena hernia jenis [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *