Memahami Sisi Kesehatan dari Transgender

kesehatan-transgender-alodokter.jpg

Transgender tidak disebut sebagai gangguan mental jika tidak sampai menimbulkan depresi hingga ketidakmampuan melakukan kegiatan sehari-hari. Namun risiko kesehatan fisik tetap dapat mengintai.

Gender merujuk pada refleksi manusia terhadap dirinya sendiri, yang terbentuk dari konstruksi peran sosial, aktivitas, tingkah laku, dan lingkungan. Transgender adalah orang-orang yang merasa bahwa identitas gender ataupun orientasi seksualnya tidak sesuai dengan jenis kelaminnya saat lahir. Kaum transgender ini dapat diidentifikasi menjadi banyak jenis seperti heteroseksual, homoseksual, biseksual, aseksual, dan sebagainya.

Transgender pada umumnya tidak dikategorikan sebagai gangguan mental. Namun ada kalanya kaum transgender lebih berisiko mengidap gangguan mental karena konflik dalam dirinya sendiri tentang identitas gendernya, juga tekanan sosial. Orang transgender dapat mengalami gangguan identitas gender/ gender identity disorder (GID) jika menjadi transgender membuatnya menjadi tertekan, depresi, atau menjadi tidak mampu beraktivitas sehari-hari seperti bekerja dan membangun hubungan dengan orang lain. Meski demikian, gangguan ini umumnya bersifat sementara dan dapat disembuhkan dengan terapi. Pada beberapa kasus, transisi gender menjadi salah satu solusi.

Meski sebagian besar transgender sebenarnya tidak sedang mencari cara untuk mengubah fisik mereka atau melakukan transisi gender dengan prosedur tertentu, namun ada juga sebagian yang menganggapnya sebagai solusi. Hal ini memungkinkan dilakukan dengan didahului serangkaian tes untuk mengurangi risiko yang mungkin timbul. Berikut adalah cara yang mungkin ditempuh:

  • Terapi penggantian hormon untuk transgender pria berperan merangsang pertumbuhan kumis dan ciri fisik maskulin lain mulai dari kulit, rambut, suara, hingga distribusi lemak. Sementara untuk transgender wanita, terapi penggantian hormon berperan untuk memunculkan payudara dan mengalokasikan distribusi lemak tubuh.
  • Elektrolisis atau penghilangan bulu dengan laser untuk wanita trans.
  • Operasi bagi wanita trans untuk mengubah suara, wajah, kulit, jakun, pinggul, payudara, pantat, dan organ kelamin. Sementara operasi untuk pria trans untuk mengubah tampilan dada, organ kelamin, mengangkat rahim (histerektomi), tuba falopi, dan ovarium.

Namun seperti semua prosedur medis, metode ini juga mengandung risiko kesehatan. Orang yang menjalani transisi memerlukan perawatan kesehatan secara khusus karena dapat berisiko menyebabkan pembengkakan, pembekuan darah, kadar gula dan tekanan darah tinggi ataupun rendah. Berikut beberapa risiko yang perlu diwaspadai:

  • Semua yang akan menjalani transisi perlu memeriksakan diri untuk mendeteksi jika terdapat sel kanker pada organ reproduksinya. Lebih khusus, pria yang akan menjalani transisi perlu melakukan tes darah untuk memastikan apakah kadar testosteron berada dalam batas aman.
  • Pemberian estrogen umumnya akan dihentikan jika si penerima mengalami gangguan jantung dengan gejala awal seperti sulit bernapas ataupun nyeri dada. Meski demikian beberapa orang tidak melaporkan gejala ini karena ingin terus mendapatkan hormon ini.
  • Kaum transgender yang mengonsumsi terlalu banyak minuman keras dan rokok berisiko membahayakan hati, paru, dan organ tubuh lain. Lebih jauh, minuman keras dan rokok menjadi lebih berisiko jika dipadukan dengan terapi hormon.
  • Pria trans yang tidak menjalani histerektomi atau pengangkatan rahim namun menjalani terapi hormon testosteron lebih berisiko mengalami kanker dinding rahim. Hal ini disebabkan androstenedion yang dibuat dari testosteron dalam tubuh dapat diubah menjadi estrogen yang kemudian justru menjadi faktor risiko kanker.

Di samping itu, metode lain pun mengandung risiko yang tidak kalah berbahaya. Beberapa kaum transgender wanita ingin terlihat lebih feminin dengan menyuntikkan silikon untuk membentuk bagian tubuh tertentu. Namun sebagian silikon ini tidak diperoleh dari tempat yang tepat sehingga berisiko mengakibatkan gangguan kesehatan di kemudian hari seperti perubahan bentuk wajah. Silikon yang disuntikkan dengan jarum suntik yang digunakan bersamaan juga berisiko mendatangkan penyakit seperti hepatitis hingga HIV.

Transgender dan Penyakit Kronis

HIV adalah risiko penyakit yang paling sering dikaitkan dengan transgender. Sebuah penelitian menemukan bahwa hampir 28% transgender wanita dinyatakan positif terinfeksi HIV. Sekitar 70% dari angka ini tidak mengetahui bahwa mereka mengidap penyakit tersebut. Perilaku dan gaya hidup transgender sering dianggap sebagai penyebab berkembangnya infeksi HIV di kalangan ini.

Berikut adalah kemungkinan faktor-faktor yang kurang mendukung terjaganya kesehatan para transgender:

  • Ketiadaan akses terhadap layanan kesehatan. The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan bahwa pada 2010 lebih dari 50% dari kaum transgender ini tidak memiliki akses terhadap sarana kesehatan , antara lain karena stigma dan diskriminasi.
  • Belum banyak pusat layanan kesehatan mental yang memiliki pengetahuan dan kompetensi memadai untuk menangani transgender.
  • Peraturan atau norma yang membatasi penggunaan kondom sebagai pencegahan infeksi HIV.

Membuka akses informasi, pendidikan, dan kesehatan yang sama diharapkan dapat memberikan dukungan untuk kesehatan para transgender. Di sisi lain, pada akhirnya masih dibutuhkan banyak penelitian medis untuk memahami kesehatan transgender untuk kemudian merekomendasikan solusi yang tepat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Awas! Makan Junk Food Berlebihan Bisa Sebabkan Gangguan Mental

Awas! Makan Junk Food Berlebihan Bisa Sebabkan Gangguan Mental

Berhati-hatilah jika Anda hobi atau sering makan junk food. Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat, bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental.Selain membuat tubuh menjadi gemuk, makanan ini juga dapat merusak otak Anda. Junk food bisa memengaruhi hormon, terutama neurotransmitter dalam otak yang menyebabkan gangguan mental. Berikut dampak buruk lainnya yang disebabkan oleh konsumsi junk food yang berlebihan, seperti dilansir dari Bold Sky.1. Gangguan MentalKandungan junk food sebagian besar berasal dari lemak jenuh yang akan mempengaruhi neurotransmitter pada otak. Seseorang yang sering mengonsumsi lemak jenuh bisa menderita gangguan mental, seperti depresi dan Alzheimer. Hal itu karena Anda tidak mendapatkan sejumlah vitamin dan mineral dari junk food yang seharusnya ada di dalam makanan alami. Makanan ini juga berdampak pada hormon dan pengaliran darah ke otak yang menyebabkan kerusakan mental.2. Masalah PsikologisJunk food bisa menyebabkan masalah fisik dan perubahan fungsi otak. Anda akan menderita masalah psikologis jika kecanduan junk food, seperti terlalu emosional atau terlihat 'kaku' pada lingkungan sekitar. Cara mengatasi masalah psikologis ini [...]

Pantangan dan Anjuran untuk Penderita Radang Sendi

Pantangan dan Anjuran untuk Penderita Radang Sendi

Radang sendi atau arthritis dapat menghambat Anda dalam melakukan kegiatan yang Anda senangi. Namun jangan khawatir, Anda dapat berdamai dengan arthritis jika Anda memahami apa saja yang perlu dilakukan dan dihindari. Dengan melakukan penanganan yang tepat, Anda tetap bisa beraktivitas dengan baik. Berikut adalah pantangan dan anjuran yang bisa Anda terapkan: Lakukan hal-hal berikut ini: 1. Konsultasi dengan dokter Ceritakan dengan lengkap keluhan yang Anda rasakan, termasuk riwayat kesehatan, obat dan vitamin apa saja yang pernah diminum, hingga aktivitas Anda sehari-hari. Bersikap terbuka dengan dokter Anda akan mempermudah dokter mengetahui jenis arthritis yang Anda alami, sehingga dokter dapat melakukan penanganan yang terbaik untuk Anda. 2. Pahami penyakit Anda Terdapat banyak sekali jenis arthritis yang diketahui hingga kini. Perkaya wawasan Anda mengenai jenis-jenis arthritis tersebut, terutama jenis yang Anda miliki, pilihan terapi, dan prognosisnya. Pahami pula apa saja yang memicu keluhan Anda dan cara mengatasinya. 3. Jaga berat badan dalam batas normal Berat badan di atas normal dapat meningkatkan risiko dan komplikasi arthritis, sehingga gejala dapat menjadi lebih ber [...]

Solusi Kulit Kering

Solusi Kulit Kering

Oleh: dr. Nadia Octavia Anda memiliki masalah dengan kulit kering? Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kulit yang halus dan kenyal. Tips-tips berikut dapat Anda coba: Sewaktu mandi, hindari air yang terlalu panas. Air dengan suhu yang terlalu panas akan mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan air dengan temperatur ruangan. Hindari mandi atau berendam terlalu lama. Mandi dan berendam terlalu lama akan membuat kulit menjadi kering. Batasi waktu mandi Anda 5 - 10 menit saja. Gunakan pelembab sesudah mandi. Kulit yang lembab akan mengunci pelembab lebih lama dan lebih baik dibandingkan dengan kulit yang kering. Gunakan pakaian yang terbuat dari katun maupun serat alami lainnya. Pakaian dengan bahan wol ataupun serat sintetis akan mengiritasi kulit. Banyak minum air putih. Dengan meminum air putih, maka Anda akan terhindar dari dehidrasi dan kulit yang kering. Perbanyak konumsi air putih terutama jika Anda berada pada ruangan yang berpendingin. Konsumsi makanan yang mengandung omega 3. Asam lemak yang esensial akan membantu membentengi minyak alami kulit. Makanan-makanan yang mengandung omega 3: salmon, sarden, biji-bijian, walnut, mi [...]

Jangan Sepelekan Sakit Maag

Jangan Sepelekan Sakit Maag

Sakit maag sudah bukan barang baru di tengah masyarakat kita, lihatlah sekitar dan Anda akan menemukan penderita maag, atau justru Anda sendiri, iklan-iklan di radio dan televisi pun mempromosikan obat maag bak kacang goreng. Namun sudahkah Anda memahami sakit maag dengan benar? Dalam dunia medis , sakit maag dikenal dengan sebutan gastritis, terambil dari kata gaster yang artinya lambung, dan akhiran ?itis yang berarti peradangan, gastritis tak lain adalah peradangan pada lambung, sehingga penderitanya akan merasakan perih dengan intensitas yang berbeda-beda, tergantung tingkat keparahan penyakit. Pada dasarnya lambung kita dilapisi dengan lapisan yang dapat menahan asam lambung, namun dalam keadaan tertentu lapisan ini dapat hilang dan tidak menjalankan fungsinya. Akibatnya? Asam lambung akan mengikis dinding lambung perlahan-lahan, dan menimbulkan luka. Banyak sebab yang dapat menimbulkan luka pada lambung, antara lain kebiasaan mengkonsumsi jamu dan obat-obat penahan sakit, efek sampingan obat-obatan ini adalah menghilangkan lapisan penahan asam pada lambung sehingga dinding lambung pun menjadi lebih rentan. Penyebab Sakit Maag Penyebab lain yang mungkin [...]

7 Cara Aneh untuk Redakan Rasa Sakit

7 Cara Aneh untuk Redakan Rasa Sakit

Mengobati rasa sakit tidak harus selalu menggunakan obat-obatan. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan ada tujuh cara alami yang aneh namun efektif mengurangi rasa nyeri. Seperti yang dikutip dari prevention, ini dia delapan cara tersebut.1. Mengeluarkan Sumpah SerapahMengeluarkan kata sumpah serapah memang bukan hal yang baik, tapi jika dilakukan pada saat yang tepat justru bermanfaat. Para ilmuwan dari Keele University menemukan bahwa membiarkan seseorang melontarkan sumpah serapah bisa memiliki efek penghilang rasa sakit yang kuat, terutama bagi orang yang tidak biasa melakukannya.Detak jantung akan dipercepat ketika seseorang mengulang kata-kata makian sehingga menunjukkan peningkatan agresi yang akan menurunkan kelemahan dari tubuh. Kondisi ini akan membuat seseorang lebih toleran terhadap rasa sakit.2. Memandangi Foto Orang yang DicintaiIni dibuktikan lewat sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of California, Los Angeles (UCLA) dengan melibatkan 25 wanita. Mereka mendapatkan rangsangan panas yang cukup menyakitkan sekaligus diperlihatkan foto sebuah kursi, orang yang tidak dikenal dan foto kekasih mereka. Dari tes ini, para partisipan mengaku [...]

Vasektomi pada Pria Bisa Ganggu Performa Seks?

Vasektomi pada Pria Bisa Ganggu Performa Seks?

Sebagai salah satu cara kontrasepsi, vasektomi pada pria masih tergolong jarang. Vasektomi kerap disebut memiliki efek samping terhadap kemampuan seks. Mari kita telaah anggapan tersebut. Vasektomi adalah metode kontrasepsi yang dilakukan dengan memotong saluran sperma (vas deferens) yang membawa sperma dari testis ke penis. Dengan metode yang menyerupai sterilisasi ini, sperma tidak lagi keluar bersama air mani saat pria ejakulasi. Di kalangan awam, metode vasektomi memang banyak yang mempertanyakan. Salah satunya mitos bahwa vasektomi dapat memengaruhi gairah seksual pria. Padahal, tidak demikian. Setelah vasektomi, seorang pria tetap akan merasakan sensasi orgasme, ereksi bahkan ejakulasi. Memang, sesaat setelah vasektomi dilakukan, ada kasus yang mengalami rasa nyeri di bagian testis, tetapi hal itu hanya sementara. Beberapa hari setelah prosedur vasektomi, seorang pria dapat segera melakukan hubungan seksual. Vasektomi juga tidak akan memengaruhi produksi hormon testosteron pada pria. Demikian juga air mani yang keluar saat ejakulasi setelah vasektomi, tidak akan banyak berbeda, karena sperma hanya merupakan bagian kecil dari air mani secara keseluruhan. Sebagai metode k [...]

7 Makanan Pembunuh Libido

7 Makanan Pembunuh Libido

Apakah Anda pernah merasakan malas dan tidak niat berhubungan dengan pasangan? Nah, ternyata ada beberapa jenis makanan lho yang dikaitkan dengan ?pembunuh libido?. Pada prinsipnya, status kesehatan tubuh memang banyak dipengaruhi oleh pola dan menu makan. Bahkan untuk urusan ranjang sekalipun, makanan dan minuman kita mengambil peran yang sama pentingnya. Nah, pada artikel ini, terdapat beberapa makanan dan minuman yang memiliki pengaruh pada penurunan libido Anda. jadi, bagi Anda pasutri yang dalam program keturunan Simak selengkapnya dengan menekan 'next'. Menu Pembunuh Libido #1: Keju Beberapa jenis keju yang dijual di pasaran mengandung susu sapi, dimana sapi ini sudah diberikan hormon pertumbuhan dan antibiotik. Tingginya konsumsi produk keju dapat menyebabkan peningkatan dari racun yang berpengaruh terhadap produksi hormon, termasuk hormon seksual yang berkontribusi terhadap disfungsi seksual. Jadi, jika Anda hendak merencanakan mendapatkan keturunan atau dalam rangka bulan madu, mulai berbijaksanalah untuk mencermati keju sebagai 'ancaman' penurun libido Anda. Menu Pembunuh Libido #2: Minuman dengan Pemanis Buatan Sebuah studi [...]

8 Tips untuk Hidup Sehat

8 Tips untuk Hidup Sehat

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Makan sehat dan diet yang seimbang merupakan proses dalam menjaga kesehatan. Tidak perlu rumit, ikuti saja 8 tips dibawah ini : Pati (karbohidrat) sebagai makanan dasar Makanan jenis karbohidratharus mendasari 1/3 dari jenis makanan yang anda konsumsi. Makanan seperti kentang, sereal, pasta, nasi dan roti. Pilihlah jenis roti gandum, atau bila mengkonsumi kentang, kulit juga dikonsumsi. Makanan golongan ini mengandung serat yang dapat membuat anda kenyang dalam waktu yang lama. Cobalah agar setiap waktu makan anda paling tidak ada 1 jenis karbohidrat. Perbanyak sayur dan buah Direkomendasikan agar mengkonsumsi paling tidak 5 porsi buah atau sayur dengan jenis yang berbeda setiap harinya. Perbanyak ikan Ikan merupakan sumber protein dan juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Cobalah untuk mengkonsumsi paling tidak 2 porsi dalam seminggu. Kurangi lemak yang bersaturasi dan gulaLemak yang bersaturasi seperti keju, kue, biskuit, sosis, mentega dan lainnya meningkatkan risiko terjadinya penyumbatandi jantung. Perbanyak makanan yang mengandung lemaktidak bersaturasi seperti alpukat, minyak ikan, dan minyak nabati. Saat ingin mengkonsum [...]

CALEG Rawan Depresi & Stres

CALEG Rawan Depresi & Stres

Para calon legislatif (CALEG) yang tereliminasi kelak dikhawatirkan memiliki kecenderungan potensi depresi. Menilik kilas balik Pemilihan Umum 5 tahun lalu, RS Hasan Sadikin Bandung menyampaikan hasil penelitiannya soal kemungkinan yang kuat sekali untuk para CALEG yang tidak lolos dapat kehilangan kewarasannya karena frustasi dari beban kegagalan yang dimilikinya. (Baca: PEMILU 2009: CALEG Rawan Depresi Meningkat 40%) Sulit ditampik, beda 5 tahun lalu memang bisa beda lagi situasi 2014 ini. Jika para CALEG pada 2009 lalu mayoritas dinilai tidak memiliki kadar kekuatan mental untuk menjadi fondasi pencegahan kecenderungan depresi pada penelitian, tidak menutup kemungkinan dikhawatirkan muncul dengan hasil evaluasi tes kejiwaan yang tidak jauh berbeda dari 2009 lalu. Buktinya? Tidak main-main, sederet mantan CALEG 2009 resmi menjadi depresi pasca kegagalan PEMILU 5 tahun lalu. seorang calon bupati di Jawa Timur menjadi gila karena kalah dalam proses pilkada. Dilaporkan dirinya telah menghabiskan Rp. 3 miliar hasil mengutang guna menutupi kebutuhan kampanye. Hutangnya berakumulasi, usahanya gulung tikar, dan situasi rumah tangganya menuju perceraian dengan istrinya. Senada yang diala [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *