Memahami Sisi Kesehatan dari Transgender

kesehatan-transgender-alodokter.jpg

Transgender tidak disebut sebagai gangguan mental jika tidak sampai menimbulkan depresi hingga ketidakmampuan melakukan kegiatan sehari-hari. Namun risiko kesehatan fisik tetap dapat mengintai.

Gender merujuk pada refleksi manusia terhadap dirinya sendiri, yang terbentuk dari konstruksi peran sosial, aktivitas, tingkah laku, dan lingkungan. Transgender adalah orang-orang yang merasa bahwa identitas gender ataupun orientasi seksualnya tidak sesuai dengan jenis kelaminnya saat lahir. Kaum transgender ini dapat diidentifikasi menjadi banyak jenis seperti heteroseksual, homoseksual, biseksual, aseksual, dan sebagainya.

Transgender pada umumnya tidak dikategorikan sebagai gangguan mental. Namun ada kalanya kaum transgender lebih berisiko mengidap gangguan mental karena konflik dalam dirinya sendiri tentang identitas gendernya, juga tekanan sosial. Orang transgender dapat mengalami gangguan identitas gender/ gender identity disorder (GID) jika menjadi transgender membuatnya menjadi tertekan, depresi, atau menjadi tidak mampu beraktivitas sehari-hari seperti bekerja dan membangun hubungan dengan orang lain. Meski demikian, gangguan ini umumnya bersifat sementara dan dapat disembuhkan dengan terapi. Pada beberapa kasus, transisi gender menjadi salah satu solusi.

Meski sebagian besar transgender sebenarnya tidak sedang mencari cara untuk mengubah fisik mereka atau melakukan transisi gender dengan prosedur tertentu, namun ada juga sebagian yang menganggapnya sebagai solusi. Hal ini memungkinkan dilakukan dengan didahului serangkaian tes untuk mengurangi risiko yang mungkin timbul. Berikut adalah cara yang mungkin ditempuh:

  • Terapi penggantian hormon untuk transgender pria berperan merangsang pertumbuhan kumis dan ciri fisik maskulin lain mulai dari kulit, rambut, suara, hingga distribusi lemak. Sementara untuk transgender wanita, terapi penggantian hormon berperan untuk memunculkan payudara dan mengalokasikan distribusi lemak tubuh.
  • Elektrolisis atau penghilangan bulu dengan laser untuk wanita trans.
  • Operasi bagi wanita trans untuk mengubah suara, wajah, kulit, jakun, pinggul, payudara, pantat, dan organ kelamin. Sementara operasi untuk pria trans untuk mengubah tampilan dada, organ kelamin, mengangkat rahim (histerektomi), tuba falopi, dan ovarium.

Namun seperti semua prosedur medis, metode ini juga mengandung risiko kesehatan. Orang yang menjalani transisi memerlukan perawatan kesehatan secara khusus karena dapat berisiko menyebabkan pembengkakan, pembekuan darah, kadar gula dan tekanan darah tinggi ataupun rendah. Berikut beberapa risiko yang perlu diwaspadai:

  • Semua yang akan menjalani transisi perlu memeriksakan diri untuk mendeteksi jika terdapat sel kanker pada organ reproduksinya. Lebih khusus, pria yang akan menjalani transisi perlu melakukan tes darah untuk memastikan apakah kadar testosteron berada dalam batas aman.
  • Pemberian estrogen umumnya akan dihentikan jika si penerima mengalami gangguan jantung dengan gejala awal seperti sulit bernapas ataupun nyeri dada. Meski demikian beberapa orang tidak melaporkan gejala ini karena ingin terus mendapatkan hormon ini.
  • Kaum transgender yang mengonsumsi terlalu banyak minuman keras dan rokok berisiko membahayakan hati, paru, dan organ tubuh lain. Lebih jauh, minuman keras dan rokok menjadi lebih berisiko jika dipadukan dengan terapi hormon.
  • Pria trans yang tidak menjalani histerektomi atau pengangkatan rahim namun menjalani terapi hormon testosteron lebih berisiko mengalami kanker dinding rahim. Hal ini disebabkan androstenedion yang dibuat dari testosteron dalam tubuh dapat diubah menjadi estrogen yang kemudian justru menjadi faktor risiko kanker.

Di samping itu, metode lain pun mengandung risiko yang tidak kalah berbahaya. Beberapa kaum transgender wanita ingin terlihat lebih feminin dengan menyuntikkan silikon untuk membentuk bagian tubuh tertentu. Namun sebagian silikon ini tidak diperoleh dari tempat yang tepat sehingga berisiko mengakibatkan gangguan kesehatan di kemudian hari seperti perubahan bentuk wajah. Silikon yang disuntikkan dengan jarum suntik yang digunakan bersamaan juga berisiko mendatangkan penyakit seperti hepatitis hingga HIV.

Transgender dan Penyakit Kronis

HIV adalah risiko penyakit yang paling sering dikaitkan dengan transgender. Sebuah penelitian menemukan bahwa hampir 28% transgender wanita dinyatakan positif terinfeksi HIV. Sekitar 70% dari angka ini tidak mengetahui bahwa mereka mengidap penyakit tersebut. Perilaku dan gaya hidup transgender sering dianggap sebagai penyebab berkembangnya infeksi HIV di kalangan ini.

Berikut adalah kemungkinan faktor-faktor yang kurang mendukung terjaganya kesehatan para transgender:

  • Ketiadaan akses terhadap layanan kesehatan. The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan bahwa pada 2010 lebih dari 50% dari kaum transgender ini tidak memiliki akses terhadap sarana kesehatan , antara lain karena stigma dan diskriminasi.
  • Belum banyak pusat layanan kesehatan mental yang memiliki pengetahuan dan kompetensi memadai untuk menangani transgender.
  • Peraturan atau norma yang membatasi penggunaan kondom sebagai pencegahan infeksi HIV.

Membuka akses informasi, pendidikan, dan kesehatan yang sama diharapkan dapat memberikan dukungan untuk kesehatan para transgender. Di sisi lain, pada akhirnya masih dibutuhkan banyak penelitian medis untuk memahami kesehatan transgender untuk kemudian merekomendasikan solusi yang tepat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengenal Lebih Jauh Tentang Mata Minus

Mengenal Lebih Jauh Tentang Mata Minus

Mata minus atau rabun jauh memiliki istilah medis miopia. Kondisi ini menyebabkan Anda kesulitan melihat benda jarak jauh. Sinar yang direfleksikan dari sebuah objek masuk ke mata melalui kornea, kemudian difokuskan oleh lensa mata ke retina. Pada mata normal, lensa mata dan kornea membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek difokuskan tepat di retina. Sedangkan pada mata minus, cahaya yang masuk tidak fokus di retina, namun jauh di depannya. Hal ini dapat disebabkan oleh karena kornea terlalu cembung atau panjang bola mata yang terlalu besar. Sehingga jika Anda memiliki mata minus, pada saat melihat objek dari jarak jauh, objek akan terlihat tidak fokus. Besarnya keparahan mata minus ditandai dengan ukuran dioptri (D). Berdasarkan tingkat keparahannya, mata minus terbagi tiga, yaitu miopia rendah (minus 0.5D hingga minus 3D), sedang (minus 3D hingga 6D), dan berat (di atas 6D). Gejala Mata Minus Perhatikan beberapa gejala mata minus di bawah ini. Jika Anda mengalami beberapa gejala ini, mungkin Anda perlu memeriksakan mata ke dokter. Kesulitan saat melihat sesuatu dari jarak jauh namun jelas saat melihat jarak dekat Memicingkan mata saat melihat sesuatu Kesulitan meli [...]

Awas, Racun Ada di Mana-mana!

Awas, Racun Ada di Mana-mana!

Hampir semua produk perawatan (consumer product) yang tersedia ternyata mengandung bahan kimia dan pengawet. Bagaimana kita harus menyikapinya? Hampir setiap hari kita terpapar oleh risiko dari bahan-bahan kimia yang kita telan, hirup, atau oles di kulit. Hal ini mengundang perhatian para aktivis lingkungan, ilmuwan, hingga orang biasa yang khawatir dengan efek samping bahan pengawet. "Boleh dibilang semua produk perawatan mengandung bahan beracun. Kebanyakan memang dalam jumlah sangat kecil untuk menimbulkan bahaya kesehatan. Tetapi, terkadang paparan dalam jumlah sedikit juga bisa mendatangkan dampak yang besar," kata Alan Greene, MD, guru besar klinis bidang anak dari Stanford University dan penulis buku Raising Baby Green. Ironisnya, karena produk-produk tersebut dianggap aman, penggunaannya pun tak terkendali. "Setiap hari kita terpapar oleh berbagai bentuk bahan kimia, padahal kita belum tahu apa dampaknya bagi kesehatan," kata Rebecca Sutton, PhD, senior ilmuwan dari Environmental Working Group. The Center for Disease Control (CDC), lembaga pengawasan penyakit AS, saat ini tengah memonitor kadar bahan-bahan kosmetik dan produk perawatan lain dalam darah yang dilakukan secara [...]

6 Fakta Sehat Bersin

6 Fakta Sehat Bersin

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Bersin merupakan kejadian yang biasa kita alami sehari-hari. Apakah arti bersin? Pada zaman dahulu, bersin dipercaya sebagai sebuah pengalaman mati suri. Di Indonesia sendiri, bersin memiliki berbagai macam arti, tergantung dari jam terjadinya, misalnya tanda bahwa Anda sedang dibicarakan orang banyak atau akan ada ajakan makan. Dari segi medis, bersin adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk mengusir bakteri dan kuman yang mengancam kesehatan. Proses bersin itu sendiri dicetuskan oleh stimulasi fisik saraf trigeminal. Cabang-cabang saraf trigeminal pada wajah sangat sensitif terhadap stimulasi kimiawi, mekanis, dan sentuhan (taktil), termasuk sensasi nyeri dan suhu. Cabang saraf tersebut juga terdapat pada permukaan dalam hidung. Di bawah ini adalah beberapa fakta menarik mengenai bersin: Kecepatan udara yang ditimbulkan oleh bersin mencapai 100 mil/jam. Satu kejadian bersin dapat mengirimkan 100,000 kuman ke udara. Mencabut alis dapat membuat kita bersin karena merangsang saraf trigeminal. Kita tidak dapat bersin saat tidur. Olahraga dapat mencetuskan bersin. Saat berolahraga, keadaan hierpventilasi menyebabkan hidung dan mulut kering. [...]

Tahapan Rehabilitasi Narkoba

Tahapan Rehabilitasi Narkoba

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) menunjukkan tren yang semakin meningkat di Indonesia. Rehabilitasi narkoba merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan para pengguna dari belenggu narkoba. Untuk itu ada beberapa tahapan rehabilitasi narkoba yang perlu dilakukan. Data yang diperoleh dari survei Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Pusat Penelitian Kesehatan UI tahun 2008 mengungkap, angka prevalensi pengguna narkoba sekitar 1,9% dari seluruh penduduk Indonesia, dengan kisaran usia 10 sampai 60 tahun. Hanya dalam tiga tahun kemudian, angka prevalensi meningkat menjadi 2,2%. Yang berarti sekitar 4 juta penduduk Indonesia tercatat sebagai penyalahguna narkoba. Penyalahgunaan narkoba sebagian besar diawali dengan upaya coba-coba dalam lingkungan sosial. Semakin lama pemakaian, maka risiko kecanduan semakin tinggi. Jika terus dilanjutkan, maka dosis narkoba yang digunakan juga akan semakin besar untuk mencapai kondisi yang diinginkan (teler). Hingga pada titik tak mampu melewatkan satu hari tanpa narkoba. Beberapa gejala yang menandakan seseorang sudah dalam tahap kecanduan antara lain keinginan untuk mengonsumsi narkoba setiap hari atau beberapa kali dalam [...]

Tanda-tanda Kehamilan & Cara Memastikan Kehamilan

Tanda-tanda Kehamilan & Cara Memastikan Kehamilan

Tanda tanda kehamilan pada seorang wanita mencakup terlambat menstruasi, payudara membesar, diikuti oleh gejala mudah capai, sering berkemih, mual-muntah, peka terhadap aroma, dan sebagainya. Namun, tanda dan gejala tersebut tidak akurat sehingga diperlukan pemeriksaan tes kehamilan untuk memastikan apakah seseorang hamil. Prinsip pemeriksaan tes kehamilan adalah mengukur kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) yang meningkat pada saat kehamilan. Ada 2 macam cara untuk mengukur hormon hCG tersebut yaitu melalui tes urin (test pack) dan tes darah. Berikut paparan lebih jelasnya: 1. Test Pack Pemeriksaan ini mudah dilakukan, murah, dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Alat test pack ini pun dapat dibeli di apotek-apotek tanpa menggunakan resep dokter. Pemeriksaan dapat dilakukan sehari setelah terjadi keterlambatan menstruasi, namun akan memberikan hasil paling akurat bila setelah seminggu menstruasi terlambat. Pemeriksaan ini meningkat sensitivitasnya bila dilakukan pada saat kencing pertama di pagi hari setelah bangun tidur. Test pack memiliki tingkat keakuratan 97%. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan cara berikut mengalirkan urin pada stik test pa [...]

Serba-serbi Menarik Tentang Deodoran yang Belum Tentu Anda Tahu

Serba-serbi Menarik Tentang Deodoran yang Belum Tentu Anda Tahu

Semua manusia berkeringat dan berpotensi memiliki bau badan tak sedap. Untuk mencegahnya, deodoran atau antiperspiran menjadi andalan agar bau badan tidak 'menyerbak' dan mengganggu orang sekitar. Meskipun dipakai hampir semua orang, mungkin hanya sedikit yang tahu serba-serbi soal deodoran. Berikut ini kami rangkum fakta-fakta menarik tentang deodoran yang belum tentu Anda tahu.1. Deodoran Sudah Dikenal Sejak Zaman Mesir KunoKerajaan Mesir Kuno menemukan metode mandi dengan wewangian dan kerap menggosokkan parfum ke ketiak mereka. Dikutip dari Huffington Post, deodoran bermerek pertama di dunia diciptakan pada 1888 dan diberi nama Mum.2. Deodoran Membunuh BakteriBau badan sebenarnya bukan berasal dari keringat manusia. Bahkan keringat yang keluar hampir tidak berbau. Faktor yang membuat bau badan tidak sedap adalah bakteri yang bereaksi dengan keringat pada kulit. Fungsi deodoran adalah membunuh bakteri penyebab bau badan.3. Antiperspiran Tidak Menghentikan Keluarnya KeringatSaat memakai deodoran berlabel antiperspiran, ketiak tidak akan basah dalam waktu lama. Hal itu terjadi bukan karena produksi keringat berhenti tapi kandungan aluminum di dalam antiperspiran yang mengurangi [...]

Hati-hati, 4 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Ngantuk di Siang Hari

Hati-hati, 4 Makanan Ini Bisa Bikin Anda Ngantuk di Siang Hari

Makanan adalah sumber energi, tapi beberapa di antaranya justru bisa menyerap energi dan membuat kita mengantuk. Cari tahu makanan apa saja yang membuat seseorang mengantuk. Dikutip dari Fitsugar, berikut ini makanan yang membuat Anda tidak bisa berhenti menguap.1. Makanan BerlemakTeorinya sederhana, lemak lebih susah dicerna. Organ pencernaan membutuhkan waktu 6 hingga 8 jam untuk mencernanya, oleh karena itu jika tubuh tidak punya persediaan energi yang lain kemungkinan Anda akan merasa lemas dan mengantuk. Makanan berlemak juga diketahui bisa menyebabkan kemampuan mengingat berkurang.2. Minuman BerenergiMinuman khusus seperti ini biasanya mangandung gula tinggi dan juga kafein. Beberapa lama setelah minum, gula darah kembali turun dan menyebabkan kehausan dan tenaga kosong. Lebih baik konsumsi air putih jika lain kali kehausan daripada minum minuman penambah energi tapi jadi malas dan mengantuk.3. Sarapan dengan Makanan ManisGula dan karbohidrat sederhana mungkin bisa meningkatkan energi, tapi bisa menurunkannya juga dengan cepat. Penurunan gula dalam darah yang terlalu drastis mengakibatkan tubuh lemas dan sering menguap guna mendapatkan oksigen lebih banyak untuk pembakaran [...]

Alergi Kacang Tanah

Alergi Kacang Tanah

Kacang tanah adalah salah satu penyebab alergi makanan yang paling umum, Kacang tanah sebenarnya bukan kacang benar, tetapi legume (dalam keluarga yang sama seperti kacang polong dan lentil). Namun protein dalam kacang serupa dengan struktur dengan yang ada di dalam kacang pohon. Untuk alasan ini, orang-orang yang alergi terhadap kacang tanah juga bisa alergi terhadap kacang pohon, seperti almond, kacang Brazil, walnut, hazelnut, macadamia, pistachio, pecan, dan kacang mete. Reaksi Alergi Reaksi alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang keliru percaya bahwa sesuatu yang berbahaya, seperti kacang atau selai kacang pohon, sebenarnya berbahaya.Sistem kekebalan tubuh merespon dengan menciptakan antibodi spesifik untuk protein dalam makanan itu.Antibodi ini - yang disebut imunoglobulin E (IgE) ?yang dirancang untuk melawan "penyerbu" protein. Antibodi IgE memicu pelepasan bahan kimia tertentu ke dalam tubuh.Salah satunya adalah histamin. Pelepasan histamin dapat mempengaruhi sistem pernapasan seseorang, saluran pencernaan, kulit, dan sistem kardiovaskular, yang menyebabkan gejala alergi seperti sesak nafas, muntah sakit perut,,gatal-gatal gatal, dan bengkak. Reaksi terhadap [...]

Mengintip Anatomi Hidung Manusia

Mengintip Anatomi Hidung Manusia

Hidung merupakan satu di antara lima panca indera yang dimiliki manusia. Berkat organ ini, manusia bisa mengenali berbagai macam aroma, seperti bau harum atau bau busuk. Sebagai orang awam mungkin Anda hanya mengetahui hidung dari tampak luarnya saja, tapi tahukah Anda apa saja yang ada di dalamnya? Untuk mengetahuinya, mari kita telaah struktur anatomi hidung manusia. Dari luarnya saja Anda akan melihat dua buah lubang kecil yang mengantarkan Anda menuju rongga hidung. Dua lubang ini berperan sebagai pintu keluar dan masuknya udara ketika bernapas. Di antara dua lubang dan di tengah rongga hidung terdapat dinding pemisah. Dinding ini terbuat dari tulang dan tulang rawan (tulang lunak). Dinding pemisah bagian atas yang berdekatan dengan mata, diisi oleh tulang. Lalu sisanya, pada bagian tengah dan bawah, diisi oleh tulang rawan. Itulah alasan hidung bagian tengah dan bawah terasa lentur ketika ditekan. Dari tampilan luarnya juga Anda akan melihat bulu-bulu halus yang menempel pada rongga hidung. Bulu-bulu ini berfungsi menyaring dan menjaga kelembapan udara sebelum masuk ke rongga hidung. Selain bulu hidung, terdapat juga silia. Silia adalah jaringan-jaringan kecil yang berfungs [...]

Ini Akibatnya Jika Aborsi Sembarangan

Ini Akibatnya Jika Aborsi Sembarangan

Hingga saat ini aborsi yang tidak aman masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang menjadi perhatian dunia. Aborsi yang tidak aman adalah suatu prosedur mengakhiri kehamilan yang dilakukan oleh orang yang tidak berpengalaman di bidangnya maupun lingkungan dengan standar medis yang minim. Dengan semakin berkembangnya zaman dan pergaulan bebas semakin banyak pula kasus aborsi yang dijumpai terutama di kota-kota besar di Indonesia. Setiap tahunnya 42 juta wanita di dunia melakukan aborsi akibat kehamilan yang tidak diinginkan dan sekitar 20 juta diantaranya melakukan aborsi yang tidak aman terutama di negara-negara berkembang. Aborsi yang tidak aman merupakan salah satu penyebab kematian ibu hamil (13%), sekitar 680 ribu wanita setiap tahunnya meninggal akibat aborsi yang tidak aman. Saat ini pemerintah Indonesia masih merundingkan peraturan pemerintah mengenai aborsi yang aman. Peraturan ini masih menjadi kontroversi bagi sebagian besar pihak dikarenakan di Indonesia aborsi masih menjadi permasalahan yang dianggap tabu dan menyangkut norma-norma sosial dan agama yang ada. PP Nomor 61 Tahun 2014 tentang Kesehatan Reproduksi ini diantaranya mengatur masalah aborsi bagi perempuan ha [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *