Memang Benar Herba, Tapi Efek Ganja Tetap Beracun

memang-benar-herba-tapi-efek-ganja-tetap-beracun-alodokter.jpg

Menggunakan ganja mungkin tidak berbahaya, tapi efek ganja dapat memengaruhi tubuh dan pikiran jika terus-terusan dikonsumsi dalam jangka panjang.

Mariyuana atau ganja adalah obat-obatan herba yang terdiri dari daun, bunga, dan tunas tanaman Cannabis sativa. Ganja sering kali diisap seperti rokok pipa atau rokok ?lintingan?. Namun, ganja juga bisa dijadikan bahan makanan atau diseduh menjadi teh. Masyarakat Aceh, Medan, dan Padang terkenal menggunakan sedikit ganja untuk bumbu tambahan pada masakan tradisional mereka.

Banyak orang menggunakan ganja untuk membuat mereka merasa santai atau sangat bahagia (high), menghilangkan nyeri sakit atau nyeri saraf, atau merasa lapar sehingga bisa makan lebih banyak.

Di luar negeri, selain banyak digunakan untuk tujuan kesenangan, ganja juga dipelajari sebagai pengobatan potensial untuk berbagai kondisi seperti nyeri kronis dan multiple sclerosis. Selain itu, ganja diduga mampu membantu mengurangi tekanan mata pada penderita glaukoma. Namun, jika dikonsumsi terus-menerus, dalam jangka waktu lama dengan dosis berlebihan, akan timbul efek ganja yang tidak baik bagi kesehatan.

Efek Ganja Akibat Penggunaan Tanpa Resep Dokter

Ganja termasuk ke dalam tanaman herba karena pengolahannya bisa digunakan untuk mengatasi kondisi tertentu selama mengikuti resep medis. Penggunaan tanaman ganja yang tanpa didasari oleh ketentuan dari dokter, dalam hal ini sebatas untuk kesenangan, berisiko memberikan dampak negatif bagi kesehatan organ dan kesehatan penggunanya secara umum, antara lain:

Paru-paru

Menurut beberapa penelitian, kandungan tar pada ganja hampir tiga kali lipat lebih tinggi dari tar tembakau. Selain itu, asap ganja juga diduga memiliki kandungan zat penyebab kanker 70% lebih banyak dari asap tembakau. Ada dugaan risiko Anda terkena kanker paru-paru pun semakin tinggi. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan. Efek ganja juga dapat memperburuk asma dan fibrosis kistik serta menyebabkan sesak napas pada orang tanpa asma. Jika merokok dengan campuran ganja dan tembakau, risiko penyakit paru-paru akan lebih tinggi.

Otak

Terlalu lama menggunakan ganja dapat menyebabkan gangguan pada kemampuan berpikir, kehilangan memori akut, dan mengurangi fungsi otak. Gangguan ini sering kali berbahaya ketika melakukan kegiatan sehari-hari, terutama menyetir yang membutuhkan konsentrasi penuh (risiko tabrakan meningkat dua kali lipat).

Kesehatan mental

Biasa mengisap ganja diduga memperburuk atau meningkatkan risiko penyakit psikotik seperti skizofrenia. Selain itu, ganja juga bisa menimbulkan halusinasi (melihat hal-hal yang tidak benar-benar ada), delusi (percaya hal-hal yang tidak benar), depresi, rasa cemas, dan serangan panik. Risiko terkena penyakit psikotik lebih tinggi jika seseorang mulai menggunakan ganja di usia remaja dan memiliki riwayat penyakit mental dalam keluarga.

Sistem peredaran darah

Beberapa saat setelah mengisap ganja, detak jantung akan naik 20-50 denyut per menit sampai tiga jam. Bagi orang-orang berpenyakit jantung, detak jantung yang lebih cepat ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Ganja diduga dapat menghentikan pertumbuhan pembuluh darah baru dan ini menguntungkan penderita kanker, karena aliran darah baru yang memberi nutrisi pada sel-sel kanker bisa dihentikan. Selain itu, ganja juga dapat menyebabkan naiknya tekanan darah tinggi jangka pendek, perdarahan, dan membuat mata menjadi merah karena pembuluh darah diperlebar.

Sistem pencernaan

Mengisap ganja dapat menyebabkan rasa menyengat atau sensasi terbakar (rasa perih) di mulut dan tenggorokan, mual dan muntah, tapi meningkatkan nafsu makan karena mengurangi mual dan muntah pada penderita AIDS dan kanker.

Sistem kekebalan tubuh

Efek ganja juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh melemah. Akibatnya, tubuh menjadi semakin sulit melawan infeksi.

Kesuburan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap hewan, ganja dapat mengganggu produksi dan kualitas sperma, serta menurunkan level hormon testosteron dan libido pada laki-laki. Sedangkan pada perempuan, ovulasi dapat mengalami gangguan.

Kehamilan

Mengisap ganja selama kehamilan dapat memengaruhi perkembangan otak janin, memperlambat pertumbuhan janin, menyebabkan kelainan pada janin, dan leukemia pada anak. Selain itu, mencampur ganja dan tembakau diduga meningkatkan risiko bayi terlahir prematur atau terlahir dengan berat badan kecil.

Bayi menyusu

Ibu yang mengonsumsi ganja ketika menyusui dapat membuat zat kimia dalam mariyuana yang disebut delta-9-tetrahydrocannabinol (THC) masuk ke dalam ASI. Akibatnya, pertumbuhan bayi akan terhambat.

Efek ganja selain tidak baik bagi kesehatan juga bisa membuat seseorang terkena jerat hukum. Di Indonesia, dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1997 tentang Narkotika, ganja termasuk dalam narkotika Golongan I yang jika ditanam, dipelihara, dimiliki, disimpan dapat dikenai sanksi pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 500.000.000,00.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Mengobati Nanah pada Gusi

Cara Mengobati Nanah pada Gusi

Jangan panik jika Anda menemukan nanah pada gusi. Lakukan langkah penanganan yang tepat untuk mengobatinya. Nanah bisa dikenali berupa cairan kental yang berwarna putih kekuningan, kuning ataupun kuning kecoklatan. Munculnya nanah lantaran area tertentu mengalami peradangan atau inflamasi saat terjadi infeksi. Infeksi Bakteri Pertumbuhan bakteri yang dibiarkan akan membentuk abses pada gigi, sehingga menyebabkan infeksi, akan menyebar ke area gusi sekitarnya. Hal ini akan memicu terjadinya pengumpulan nanah pada gusi. Abses tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Dokter gigi akan melakukan penanganan untuk mengatasi abses dengan mengeringkan nanah atau sekaligus mencabut gigi yang terinfeksi. Jika rasa sakit tidak tertahankan, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol ataupun ibuprofen yang dapat dibeli bebas. Namun, sebagian orang, membutuhkan obat pereda nyeri yang lebih kuat dan hanya bisa diperoleh dengan resep dokter. Setelah nanah sudah dikeluarkan, umumnya gejala yang dikeluhkan akan segera hilang. Sedangkan, jika abses pecah sebelum sempat ke dokter gigi, segera berkumur dengan air hangat untuk membersihkan mulut sekaligus mendorong keluarnya nanah hingga [...]

Inilah Makanan Ideal untuk Penderita Darah Tinggi

Inilah Makanan Ideal untuk Penderita Darah Tinggi

Sepanjang hari, tekanan darah kita bervariasi naik dan turun. Namun, jika tekanan darah seseorang terus menerus tinggi sepanjang waktu, maka perlu yang bersangkutan perlu mewaspadai akan penyakit hipertensi. Bila keadaan ini terus menerus dibiarkan tidak terkendali, maka dapat menyebabkan komplikasi pada jantung, ginjal dan otak. Perkembangan penyakit hipertensi yang tidak terkendali kerap kali menyebabkan serangan jantung, gagal ginjal dan stroke. Sekali dinyatakan mengidap hipertensi maka penyakit ini biasanya berlangsung seumur hidup. Yang perlu dilakukan oleh penderita hipertensi adalah mengendalikan tekanan darahnya agar berada dalam batas normal. Penyakit hipertensi biasanya tidak memberikan gejala dan tanda yang memberikan peringatan pada penderitanya. Pernahkah Anda memeriksakan tekanan darah Anda? Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ada panduan informasi hipertensi di halaman selanjutnya: Kenali Dulu Kategori Tekanan Darah Tinggi Anda Berdasarkan American Heart Association (AHA), Hipertensi dibagi menjadi beberapa kategori: Tekanan Darah (mmHg) Normal Pre-Hipertensi Hipertensi Sistolik < [...]

10 Tanda Anda Berisiko Bunuh Diri

10 Tanda Anda Berisiko Bunuh Diri

Kondisi seseorang dapat dipengaruhi oleh lingkungannya. Semakin tinggi tekanan yang dialami maka kemungkinan besar ia akan depresi. Kondisi serius ini dapat memicu seseorang untuk bunuh diri.Menurut WebMD, di Amerika Serikat hanya 1 dari 10 orang depresi yang mendapatkan pengobatan. Selain itu, riset yang dilakukan oleh The National Institute of Mental Health (NIMH) melaporkan bahwa 16% orang yang melakukan bunuh diri karena depresi. Banyak dari mereka yang berusia diatas 65 tahun.Namun, jika gejala depresi dapat dideteksi dari awal, resiko melakukan bunuh diri dapat ditekan. Menurut Delker Barb, seorang terapis pernikahan dan keluarga di Owensboro, Kentucky ada 10 tanda-tanda awal risiko Anda dapat melakukan bunuh diri, dikutip dari Third Age.1. Berbicara bahwa ia akan menyakiti diri sendiri.2. Mencari alat untuk melakukan bunuh diri, misalnya pisau atau pil.3. Menyatakan bahwa kematian (bunuh diri) adalah hal yang wajar.4. Merasa putus asa, selalu marah, dan ingin melakukan balas dendam.5. Bertindak gegabah atau melakukan kegiatan yang beresiko fatal.6. Merasa terjebak dalam satu kondisi yang tidak ada jalan keluarnya.7. Mulai menggunakan obat-obatan terlarang.8. Menjauh dari [...]

10 Jenis Aroma yang Baik Untuk Kesehatan Anda

10 Jenis Aroma yang Baik Untuk Kesehatan Anda

Ada beberapa jenis aroma yang bisa memberikan dampak positif pada kesehatan Anda. Sebab, ragam aroma ini mampu membuat perasaan dan kondisi tubuh menjadi lebih baik, segar, dan berenergi. Wangi lavender misalnya, tanpa disadari aromanya tersebut ternyata bisa menenangkan saraf Anda. Selain lavender, kira-kira wewangian apa lagi ya yang diklaim baik untuk kesehatan? Simak di sini, seperti dikutip dari Bold Sky.1. KopiApakah Anda juga menyadari bahwa aroma kopi lebih memikat ketimbang dengan rasanya? Aroma kopi merupakan stimulan untuk memberi energi lebih banyak untuk tubuh Anda dan dapat mengatasi rasa lelah. 2. LavenderAroma lavender mampu menghilangkan stres dan menenangkan saraf. Jika Anda sedang merasa gelisah setelah menghadapi hari yang menegangkan dan penuh dengan tekanan, sebaiknya hiruplah wewangian lavender agar hati dan pikiran Anda menjadi lebih tenang.3. Citrus (Jeruk atau Limau)Wewangian citrus, seperti jeruk atau limau bisa membuat Anda menjadi lebih waspada. Tak hanya itu saja, aroma ini juga mampu membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik karena dapat melawan rasa mual.4. Minyak Kayu PutihApakah hidung Anda tersumbat dan telinga mendengung karena kedinginan? Ada [...]

Smartphone Harus Dibersihkan Setiap Hari, Ini Alasannya

Smartphone Harus Dibersihkan Setiap Hari, Ini Alasannya

Smartphone seolah sudah menjadi bagian hidup bagi masyarakat modern, khususnya di perkotaan. Setiap harinya, gadget yang satu ini tak pernah lepas dari jamahan tangan maupun jari.Banyak yang tidak menyadari, kalau smartphone berpotensi menyimpan banyak bakteri dan kuman yang terpapar dari sentuhan jari. Dalam sehari, tangan bisa menyebarkan lebih dari puluhan jenis bakteri serta kotoran dari tombol telepon, tombol lift, pegangan tangga, uang, kursi di transportasi umum dan lain sebagainya.Ketika tangan memegang atau menyentuh smartphone maka bakteri pun ikut berpindah. Bisa dibayangkan jumlah bakteri yang menumpuk jika Anda bisa memegang ponsel puluhan kali sehari.Baca juga: Rata-rata Orang Memakai Smartphone 200-an Kali Sehari, untuk Apa Saja?Survei yang dilakukan Kleiner Perkins Caufield & Byer's dalam laporan tahunannya Internet Trends menunjukkan, orang mengecek smartphone mereka hingga 150 kali sehari. Seperti dikutip dari ABC News, rata-rata orang mengirim pesan teks sebanyak 23 kali sehari, 22 kali menelepon dan 18 kali untuk memanfaatkan waktu luang.Para peneliti di Amerika Serikat juga menemukan, di dalam 51 sample ponsel terdapat sedikitnya 7.000 jenis bakteri. Beb [...]

Makanan Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Makanan Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

Hampir sebagian besar orang pasti pernah melakukan operasi ntah itu operasi kecil seperti operasi gigi atau jahit luka kecil maupun operasi besar seperti operasi jantung atau bedah otak. Setelah operasi terkadang Anda dapat merasa tidak nyaman akibat nyeri maupun luka yang kunjung kering. Selain obat-obatan dan faktor kebersihan, nutrisi berperan penting untuk mempercepat proses penyembuhan luka baik pada operasi ringan maupun berat. Vitamin, mineral, makronutrien seperti protein, asam lemak esensial dan serat akan membantu proses penyembuhan setelah operasi. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat membantu proses penyembuhan luka: 1.Protein Penyembuhan setelah operasi membutuhkan asam amino untu memperbaiki dan membentuk jaringan di dalam tubuh Anda. Protein merupakan sumber nutrisi kaya akan asam amino. Selain itu protein dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit yang dapat memperlambat penyembuhan. Makanan tinggi protein dapat Anda temukan di dalam ikan, putih telur dan ayam. Maka jangan heran bila setelah operasi dokter sering meminta Anda untuk mengkonsumsi banyak putih telur. Sumber asam amino lainnya bisa Anda dapatkan di daging tanpa lemak, [...]

Insomnnia dan Parkinson

Insomnnia dan Parkinson

Sebuah studi baru menemukan masalah malam mengganggu atau yang lebih dikenal masalah tidur, termasuk peningkatan gerakan kaki yang sering saat tidur dan kurangnya kualitas tidur pada pasien pengidap penyakit Parkinson. Parkinson atau suatu penyakit degeneratif pada sistem saraf, yang sebagian besar telah mengidapnya selama bertahun-tahun tanpa disadari. Penelitian dari Disorder Society Kongres International tentang penyakit Parkinson?s dan gerakan pada gangguan saraf, menunjukkan bahwa hampir setengah dari pasien pengidap penyakit Parkinson dipengaruhi oleh gangguan perilaku gerakan mata cepat pada saat tidur atau dikenal dengan istilah Rapid Eye Movement (REM), dan sisanya didiagnosis gangguan pernafasan pada saat tidur, seperti sleep apnea. Dalam studi ini, pengidap penyakin Parkinson akan mengalami penurunan kualitas tidur,? ujar Dr. Friederike Sixel Doring, MD, dari Kassel, Jerman pada Rabu, 8 Juni 2011 lalu. Lanjutnya, sebuah studi sebelumnya telah mengemukakan bahwa, pasien dengan penderita Parkinson mengalami peningkatan dalam gerakan kaki yang cepat saat tidur dan rentang waktu tidur. Namun, peningkatan tersebut relatif kecil, kurang dari 40 persen termasuk kedalam pasien [...]

Lebih Jauh Tentang Mastektomi

Lebih Jauh Tentang Mastektomi

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Mastektomi adalah tindakan operasi untuk mengeluarkan semua jaringan payudara sebagai sebuah cara untuk menangani atau mencegah kanker payudara. Untuk perempuan dengan kanker payudara tahap awal dapat dilakukan mastektomi atau lumpektomi. Pada lumpektomi, hanya jaringan tumor yang diangkat dari payudara. Terdapat beberapa jenis prosedur mastektomi yang tergantung dari henis dan luas tumor yang ada: Modified radical mastectomy ? pengangkatan keseluruhan payudara, termasuk jaringan dan kulit payudara, areola, dan puting susu, kelenjar limfe pada ketiak, dan kadang sebagian dari dinding dada. Prosedur ini dapat direkomendasikan untuk tumor yang besar atau bila kanker sudah menyebar ke kelenjar limfe. Simple (total) mastectomy ? Pengangkatan keseluruhan payudara. Dapat dilakukan biopsi kelenjar limfe saat dilakukan tindakan. Skin-sparing mastectomy ? Pengangkatan keseluruhan payudara kecuali kulitnya. Rekonstruksi payudara dilakukan segera setelah mastektomi. Jenis mastektomi ini kurang sesuai untuk tumor yang besar. Nipple-sparing (subcutaneous) mastectomy ? Pengangkatan keseluruhan payudara, kecuali bagian puting. Setelah mastektomi jug [...]

Benarkah Feminax Bikin Ketergantungan?

Benarkah Feminax Bikin Ketergantungan?

Tentu Anda pernah mendengar bahwa obat pereda nyeri haid bisa membuat seseorang kecanduan atau ketergantungan. Kesalahpahaman semacam itu sudah melekat sejak lama sehingga menimbulkan ketakutan berlebih dalam mengonsumsinya. Sebetulnya, di mana garis yang jelas antara penggunaan normal dan ketergantungan? Bisakah Anda mengonsumsinya tanpa membuat diri Anda adiktif? Kecanduan didefinisikan sebagai penyakit kronis yang membuat seseorang menggunakan obat secara kompulsif sehingga menyebabkan kerugian atau disfungsi. Banyak orang keliru menggunakan istilah ?kecanduan? untuk merujuk pada ketergantungan fisik. ?Semua orang bisa menjadi tergantung kepada obat-obatan, dan itu tidak berarti bahwa mereka kecanduan,? ungkap Christopher Gharibo dari NYU Langone Medical School and NYU Hospital for Joint Diseases. Ada pula yang menganggap bahwa seseorang akan kecanduan obat pereda nyeri haid jika mereka mengonsumsinya dalam waktu yang lama. Bagaimana dengan Feminax? Berikut penjelasannya: Bagaimana dengan Feminax? Feminax mengandung dua bahan aktif, yakni parasetamol dan ekstrak hiosiami. Parasetamol digunakan untuk meredakan nyeri ringan sampai sedang. Parasetamol bekerj [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *