Memeriksakan Diri untuk Deteksi HIV

How-and-when-to-go-for-HIV-detection.jpg

Tes deteksi HIV sebaiknya dilakukan oleh tiap orang yang mencurigai dirinya tertular HIV tanpa menunggu kemunculan gejala-gejala tertentu.

Agar dapat mendeteksi HIV dengan tepat, tes deteksi HIV perlu dilakukan pada waktu yang tepat. Umumnya, virus HIV baru akan terdeteksi dalam tubuh empat minggu setelah terjadi pajanan terhadap virus ini.

Banyak orang masih merasa enggan untuk melakukan tes HIV karena stigma yang ada terhadap penyakit ini. Padahal, makin cepat terdeteksi dan ditangani, maka makin efektif hasil pengobatan HIV. Selain itu, dengan mengetahui status HIV, penderitanya dapat menerapkan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus ini.

Siapa yang Sebaiknya Memeriksakan Diri?

Sebagian pengidap tidak menyangka bahwa virus HIV telah bersarang dalam tubuh mereka karena tidak merasakan gejala apa-apa. Ibu hamil juga disarankan untuk memeriksakan diri dengan tes HIV, sehingga yang terdeteksi positif dapat menjalani pengobatan sedini mungkin dan mengurangi risiko penyebaran virus kepada bayinya.

Berikut ini adalah kelompok orang yang dikategorikan berisiko mengidap HIV.

  • Mengidap TB, hepatitis atau penyakit menular seksual seperti herpes, sifilis, klamidia, trikomoniasis, atau gonore.
  • Memiliki lebih dari satu pasangan seksual.
  • Melakukan hubungan seksual tanpa pengaman seperti kondom dengan orang yang latar belakang seksualnya tidak diketahui dengan pasti.
  • Berhubungan seksual dengan pengguna narkoba.
  • Pernah menyuntikkan obat-obatan atau berbagi alat suntik dengan orang lain.
  • Memiliki ibu yang mengidap HIV.
  • Hamil di luar rencana.
  • Pernah menerima transfusi darah yang kesterilannya diragukan.

Bagaimana Cara Mengakses Tes Deteksi HIV?

Tidak semua rumah sakit atau lembaga memberikan layanan tes HIV. Anda dapat mengakses daftar rumah sakit atau lembaga HIV yang menyediakan layanan HIV terdekat. Paket tes umumnya dapat terdiri dari: deteksi infeksi menular seksual (IMS), konseling sebelum tes HIV, tes HIV, dan konseling setelah tes HIV. Beberapa lembaga memberikan seluruh jenis pelayanan di atas, sementara yang lain hanya memberikan satu atau dua kelas saja. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu agar mendapat layanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Terdapat beberapa jenis tes untuk mendeteksi HIV, antara lain:

  • Tes standar: pemeriksaan darah untuk mendeteksi antibodi HIV. Dalam waktu 1-6 bulan setelah HIV masuk ke tubuh, tubuh akan memproduksi antibodi sebagai respons terhadap infeksi ini. Oleh karena itu tes ini sebaiknya dilakukan 1 bulan setelah kira-kira terjadi pajanan terhadap virus HIV.
  • Tes antibodi cepat: umumnya tes ini merupakan pemeriksaan darah untuk menemukan antibodi HIV dalam darah dan kadang-kadang juga pada air liur. Tes juga hanya akan memberikan hasil yang akurat sebulan setelah terjadinya pajanan terhadap virus HIV.
  • Tes antigen HIV: tes darah ini dapat mendeteksi HIV sekitar 20 hari lebih cepat daripada tes standar. Pemeriksaan dilakukan terhadap antigen HIV, bagian dari virus yang muncul 14-28 hari setelah infeksi.

Jika hasil tes Anda negatif, Anda dapat terus melakukan tindakan pencegahan seperti menggunakan kondom saat berhubungan seksual dan tidak berbagi alat pribadi seperti jarum suntik. Jika hasil tes Anda positif, Anda dapat segera berkonsultasi untuk mendapatkan terapi yang tepat. Makin cepat HIV terdeteksi, maka makin panjang usia harapan hidup yang dapat diupayakan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Langkah-langkah Terapkan Gaya Hidup Organik agar Tubuh dan Lingkungan Sehat

Langkah-langkah Terapkan Gaya Hidup Organik agar Tubuh dan Lingkungan Sehat

Mendengar kata organik, umumnya yang terlintas di pikiran banyak orang adalah produk-produk makanan atau kecantikan berbasis natural tanpa bahan kimia. Tapi pengertian organik sebenarnya tidak hanya sampai di situ. Organik adalah gaya hidup yang sehat untuk diri sendiri juga lingkungan."Saya lebih suka menyebutnya gaya hidup selaras alam. Organik asal katanya dari organisme, it's a living thing. Makhluk hidup yang hidup dengan lainnya. Makhluk hidup, lingkungan hidup, segala macam ada di situ. Itu maksudnya organik," jelas Ir. Christopher Emile Jayanata, ketua Komunitas Organik Indonesia saat media briefing di kantor Fleishman Hillard, Gedung Hero II, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (24/09/2013).Pria yang akrab disapa Emile ini menambahkan, organik juga merupakan sebuah pola pikir. Ketika hati dan pikiran seseorang sudah organik, maka sehat jasmani dan rohani yang akan diraih. Kenapa harus organik?Penggunaan bahan-bahan kimia dan pestisida pada produk makanan, kecantikan maupun rumah tangga tidak hanya mengganggu kesehatan pemakainya, tapi juga merusak lingkungan. Dalam jangka panjang, bahan kimia berbahaya tersebut bisa menurunkan kualitas hidup secara drastis dan [...]

Benarkah Anak Pasti Bertambah Tinggi Setelah Disunat?

Benarkah Anak Pasti Bertambah Tinggi Setelah Disunat?

Akrab di telinga beberapa kalangan, ?Setelah sunat, anak pasti bertambah tinggi?. Apakah anggapan tersebut benar? Pernyataan tersebut sudah beredar luas di kalangan masyarakat, namun tahukah Anda bahwa pernyataan tersebut merupakan mitos belaka? Tidak ada kaitannya antara sunat dengan pertumbuhan tinggi seseorang karena kedua hal ini tidak saling mempengaruhi. Sunat yang dalam istilah medis dinamakan sirkumsisi merupakan tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup depan dari penis. kulup berfungsi untuk melindungi penis saat janin berkembang di dalam rahim ibu, membantu menjaga kelembaban glans penis, namun kulup juga dapat menjadi jalur infeksi untuk penyakit tertentu. Sedangkan pertumbuhan tinggi badan tidak dipengaruhi oleh tindakan sunat, namun pertumbuhan tinggi badan dipengaruhi oleh faktor nutrisi, akitifitas olahraga, hormone pertumbuhan dan genetika (keturunan). Terlepas dari kaitan mitos tersebut, sunat tetap penting dilakukan. Dari sisi medis banyak sekali manfaat dari sunat. Berikut manfaat dari sunat: Berikut manfaat dari sunat: Mencegah penumpukan smegma, yaitu zat lengket, berwama putih yang sering berbau tidak s [...]

Mudah Sekali Menjauhi Diri dari Lemak Jenuh

Mudah Sekali Menjauhi Diri dari Lemak Jenuh

Pada dasarnya lemak berperan mendukung jalannya fungsi tubuh. Namun ada jenis lemak yang baik dan yang jahat. Idealnya adalah terus mengonsumsi lemak baik dan menghindari lemak yang jahat. Lemak yang berpotensi buruk bagi tubuh adalah yang banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Tubuh kita memproduksi lemak dari kelebihan kalori yang masuk ke tubuh. Ada pula lemak yang kita makan dan berfungsi untuk sumber energi tubuh, yaitu lemak diet (dietary fat). Lemak diet dapat berasal dari hewan dan tumbuhan. Vitamin yang masuk ke tubuh juga membutuhkan lemak agar dapat dicerna dan diserap tubuh. Namun, terdapat sisi buruk lemak, yaitu mengandung kalori tinggi yang dapat menambah berat badan dengan cepat jika kelebihan dikonsumsi. Lemak terbentuk dari dua jenis molekul, yaitu asam lemak dan gliserol. Jenis dan kadar asam lemak inilah yang menentukan dampak lemak terhadap tubuh Anda. Lemak jenuh merupakan jenis lemak yang umumnya berasal dari hewan, seperti daging unggas, daging merah, dan produk susu yang kaya lemak. Lemak jenuh ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan kadar kolesterol ?jahat? (LDL) [...]

Ikan untuk Mencegah Alzheimer

Ikan untuk Mencegah Alzheimer

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan ikan secara teratur mungkin memiliki resiko yang lebih rendah untuk dapat terjangkit penyakit Alzheimer. Orang tua yang makan ikan panggang atau kukus setidaknya sekali seminggu dapat meningkatkan kesehatan otak mereka. Dalam sebuah studi baru, scan pencitraan menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi ikan secara teratur cenderung memiliki lebih sedikit sel-sel otak mati di area otak yang bertanggung jawab untuk mengingat memori jangka pendek. Misalnya, untuk mengingat nomor telepon yang baru saja didengar. ?Dan orang-orang yang mengkonsumsi ikan, baik panggang ataupun kukus secara mingguan dan tidak kehilangan sel-sel otak memiliki kemungkinan yang sangat rendah untuk bisa terserang penyakit Alzheimer, atau gangguan mental ringan.? Kata Cyrus Raji, MD, PhD, dari University of Pittsburgh School of Medicine seperti dilansir dari WebMD pada hari jumat 30 Desember 2011. Beberapa studi telah mengaitkan, sebuah diet yang kaya akan ikan dengan berkurangnya resiko terserang penyakit Alzheimer. Manfaat ini diduga berasal dari asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan. Meskipun penelitian dari suplemen minyak ikan memiliki hasil yang mengecewakan [...]

Luka Bakar? Jangan Disiram Kecap!

Luka Bakar? Jangan Disiram Kecap!

Dalam memberikan pertolongan pada luka bakar, perlu diketahui perbedaan luka bakar ringan dan serius serta derajat kerusakan jaringan yang terkena. Terdapat 3 klasifikasi luka bakar: Luka bakar derajat satu Kulit kemerahan Terkadang bengkak dan nyeri Luka bakar derajat dua Terdapat gelembung / lepuh yang berisi cairan Kulit memerah dan tampak seperti bercak-bercak Nyeri dan bengkak Luka bakar derajat tiga Lemak, otot, bahkan tulang terkena Kulit tampak pucat abu-abu gelap atau hitam Tidak ada lepuh Tidak nyeri Berikut adalah penanganan pertama untuk luka bakar ringan (derajat 1 dan 2) dengan diameter area kurang dari 8 cm: Penanganan Pertama Luka Bakar Berikut adalah penanganan pertama untuk luka bakar ringan (derajat 1 dan 2) dengan diameter area kurang dari 8 cm: Hentikan kontak dengan api atau benda panas Sirami dengan air mengalir selama sekurang-kurangnya 15 menit Tutup area luka bakar dengan kasa steril. Jangan gunakan kapas ataupun bahan lain yang dapat menempel pada luka. Balut secara longgar untuk menghindari tekanan pada luka Jangan gunakan es batu. Pemberian es secara langsung pada luka akan menyebabka [...]

10 Ritual Agar Bisa Bangun Pagi Lebih Awal Tanpa Merasa Lemas

10 Ritual Agar Bisa Bangun Pagi Lebih Awal Tanpa Merasa Lemas

Setelah seharian beraktivitas, tidur adalah cara yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh. Idealnya, waktu tidur yang di gunakan di malam hari berkisar antara 7 sampai 8 jam setiap harinya. Tetapi bagi sebagian orang, waktu tidur ini dirasa kurang sehingga mereka lebih menyukai untuk bangun tidur lebih lama.Sebenarnya, bangun tidur dalam keadaan cukup istirahat bisa dimulai dengan tidur yang berkualitas. "Apabila Anda mendapatkan tidur yang cukup, seharusnya Anda mampu bangun di pagi hari tanpa memerlukan alarm," ujar Dr. Nathaniel Watson yang merupakan ketua dari American Academy of Sleep Medicine.Tertarik untuk mencoba bangun lebih awal di pagi hari? Simak cara-cara berikut ini, seperti dikutip dari CNN.1. Lakukan RutinitasMengatur kebiasaan setiap malam dapat membantu tubuh untuk lebih relaks. Salah satu cara yang dapat dicoba adalah meminum secangkir teh dan membaca buku sekitar 20 menit sebelum tidur. Apabila hal ini dilakukan secara rutin, dapat membantu untuk tidur lebih cepat.2. Hindari Makan BerlebihanBeberapa ahli mengatakan sebaiknya tidur dalam keadaan tidak terlalu lapar atau terlalu kenyang. Jika terlalu lapar atau kekenyangan, dapat menyebabkan Anda kesulitan untuk [...]

Atasi Masalah Pencernaan dengan Lidah Buaya

Atasi Masalah Pencernaan dengan Lidah Buaya

Jika biasanya manfaat lidah buaya selalu identik dengan perawatan dan kecantikan tubuh, ternyata tidak hanya itu saja. Tanaman berlendir ini juga memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan tubuh.Seperti yang dikutip dari abcarticledirectory, jus lidah buaya juga dapat digunakan untuk merawat masalah pencernaan seperti masalah usus dan sindrom radang perut. Jus tersebut juga dapat meningkatkan stabilitas dari sistem kekebalan tubuh Anda dan mengurangi masalah pernafasan.Tidak hanya itu, lidah buaya juga dapat mengatur jumlah asam lambung, membantu penyerapan nutrisi lebih efisien pada tubuh dan menghilangkan zat-zat beracun dari dalam tubuh melalui sistem pembuangan. Orang yang meminum jus lidah buaya juga dapat membantu membangun jaringan dari organ-organ pencernaan, baik jaringan usus kecil, usus besar dan perut.Selain berguna untuk masalah pencernaan, buku Prescription for Herbal Healing menyatakan bahwa penelitian juga menunjukkan bahwa jus lidah buaya dapat menyembuhkan maag. Hal ini membuat peneliti benar-benar merekomendasikan lidah buaya untuk obat anti-maag.Dr James F. Balch, penulis buku Prescription for Natural Cures menyarankan untuk minum seperempat cangkir jus lidah [...]

Periksa Payudara Sendiri (SADARI) Sebelum Terlambat

Periksa Payudara Sendiri (SADARI) Sebelum Terlambat

Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) dilakukan dengan menggunakan tangan dan penglihatan untuk memeriksa apakah ada perubahan fisik pada payudara. Proses ini dilakukan agar semua perubahan yang mengarah pada kondisi yang lebih serius dapat segera ditangani. Penting untuk menyadari bagaimana bentuk normal payudara dan ada tidaknya perubahan dari waktu ke waktu. Payudara umumnya akan terasa berbeda di masa menstruasi. Sebelum dan selama periode ini, kebanyakan wanita merasa payudaranya akan menjadi makin kencang dan padat. Memasuki masa menopause, payudara akan terasa lebih kendur dan lembut. Namun ada perubahan tertentu yang perlu diwaspadai karena dapat menjadi indikasi adanya penyakit. Pemeriksaan payudara sendiri umumnya bertujuan untuk mengetahui bentuk payudara normal, menyadari ada tidaknya perubahan pada payudara, dan agar perubahan apa pun dapat segera dikonsultasikan dan tidak terlambat ditangani. Bagaimana Cara Memeriksa Payudara? Waktu terbaik untuk melakukan SADARI adalah beberapa hari setelah periode menstruasi Anda berakhir. Pada masa menstruasi, kadar hormon berfluktuasi sehingga menyebabkan perubahan pada tubuh, termasuk payudara yang mengencang. Terdapat bebera [...]

Muda Anemia, Tua Demensia

Muda Anemia, Tua Demensia

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Sebuah penelitian yang dilakukan di Ajou University School of Medicine, Korea Selatan dan beberapa pusat studi di Amerika Serikat menemukan hubungan antara anemia dan kejadian demensia pada orang lanjut usia (usia 70 ? 79 tahun). Pada penelitian ini, 2550 lansia diobservasi selama 10 tahun. Lansia yang memiliki masalah anemia pada awal penelitian memiliki kecenderungan lebih tinggi mengalami demensia. Anemia disebabkan oleh penurunan kadar sel darah merah atau hemoglobin dalam darah, dan memiliki berbagai faktor risiko penyebab seperti kurangnya zat besi, ulkus lambung, penyakit ginjal kronis, dan lain-lain. ?Anemia merupakan kondisi yang umum ditemukan pada lansia dan terjadi pada sekitar 23% orang dewasa berusia 65 tahun atau lebih,? ujar Dr. Kristine Yaffe, peneliti utama yang juga merupakan seorang dokter psikiatri di University of California, San Francisco. Pemeriksaan laboratorium darah untuk mendeteksi adanya anemia dilakukan pada awal studi. Peserta penelitian kemudian menjalani tes-tes kognitif selama durasi penelitian. Hampir � dari 400 orang dengan anemia pada penelitian ini mengalami demensia. Para peneliti menegaskan bahwa [...]

Tidur Pakai Bra Tidak Sebabkan Kanker

Tidur Pakai Bra Tidak Sebabkan Kanker

Memakai bra saat tidur menurut berita yang beredar di masyarakat dapat memicu kanker payudara, apakah benar? Jawabannya adalah tidak. Tidak ada keterkaitan penggunaan bra saat tidur dengan munculnya kanker payudara. Sampai saat ini tidak ada penelitian yang menerangkan keterkaitan kedua hal tersebut. Namun yang perlu diperhatikan adalah ukuran bra yang kita pakai. Ukuran bra yang tidak tepat akan membuat payudara mengendur atau yang terlalu sempit akan membuat payudara tertekan, akibatnya aliran darah di sekitar payudara menjadi tidak lancar dan menimbulkan gangguan pegal dan nyeri di sekitar payudara. Sebenarnya tidak ada ketentuan dalam pemakaian bra saat tidur. Sesuaikan dengan apa yang menjadi nyaman bagi Anda. Beberapa wanita merasa nyaman tetap memakai bra saat tidur, sementara beberapa yang lain enggan memakainya saat tidur. Jika Anda memilih tidur dengan memakai bra, pakailah bra yang tidak terlalu ketat. Berikut masalah yang terjadi pada payudara saat Anda memakai bra yang ketat: Masalah yang Dapat Ditimbulkan Tidur dengan Bra Berikut masalah yang terjadi pada payudara saat Anda memakai bra yang ketat: Mengenakan bra yang ketat saat tidur dapat m [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *