Memeriksakan Diri untuk Deteksi HIV

How-and-when-to-go-for-HIV-detection.jpg

Tes deteksi HIV sebaiknya dilakukan oleh tiap orang yang mencurigai dirinya tertular HIV tanpa menunggu kemunculan gejala-gejala tertentu.

Agar dapat mendeteksi HIV dengan tepat, tes deteksi HIV perlu dilakukan pada waktu yang tepat. Umumnya, virus HIV baru akan terdeteksi dalam tubuh empat minggu setelah terjadi pajanan terhadap virus ini.

Banyak orang masih merasa enggan untuk melakukan tes HIV karena stigma yang ada terhadap penyakit ini. Padahal, makin cepat terdeteksi dan ditangani, maka makin efektif hasil pengobatan HIV. Selain itu, dengan mengetahui status HIV, penderitanya dapat menerapkan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus ini.

Siapa yang Sebaiknya Memeriksakan Diri?

Sebagian pengidap tidak menyangka bahwa virus HIV telah bersarang dalam tubuh mereka karena tidak merasakan gejala apa-apa. Ibu hamil juga disarankan untuk memeriksakan diri dengan tes HIV, sehingga yang terdeteksi positif dapat menjalani pengobatan sedini mungkin dan mengurangi risiko penyebaran virus kepada bayinya.

Berikut ini adalah kelompok orang yang dikategorikan berisiko mengidap HIV.

  • Mengidap TB, hepatitis atau penyakit menular seksual seperti herpes, sifilis, klamidia, trikomoniasis, atau gonore.
  • Memiliki lebih dari satu pasangan seksual.
  • Melakukan hubungan seksual tanpa pengaman seperti kondom dengan orang yang latar belakang seksualnya tidak diketahui dengan pasti.
  • Berhubungan seksual dengan pengguna narkoba.
  • Pernah menyuntikkan obat-obatan atau berbagi alat suntik dengan orang lain.
  • Memiliki ibu yang mengidap HIV.
  • Hamil di luar rencana.
  • Pernah menerima transfusi darah yang kesterilannya diragukan.

Bagaimana Cara Mengakses Tes Deteksi HIV?

Tidak semua rumah sakit atau lembaga memberikan layanan tes HIV. Anda dapat mengakses daftar rumah sakit atau lembaga HIV yang menyediakan layanan HIV terdekat. Paket tes umumnya dapat terdiri dari: deteksi infeksi menular seksual (IMS), konseling sebelum tes HIV, tes HIV, dan konseling setelah tes HIV. Beberapa lembaga memberikan seluruh jenis pelayanan di atas, sementara yang lain hanya memberikan satu atau dua kelas saja. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu agar mendapat layanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Terdapat beberapa jenis tes untuk mendeteksi HIV, antara lain:

  • Tes standar: pemeriksaan darah untuk mendeteksi antibodi HIV. Dalam waktu 1-6 bulan setelah HIV masuk ke tubuh, tubuh akan memproduksi antibodi sebagai respons terhadap infeksi ini. Oleh karena itu tes ini sebaiknya dilakukan 1 bulan setelah kira-kira terjadi pajanan terhadap virus HIV.
  • Tes antibodi cepat: umumnya tes ini merupakan pemeriksaan darah untuk menemukan antibodi HIV dalam darah dan kadang-kadang juga pada air liur. Tes juga hanya akan memberikan hasil yang akurat sebulan setelah terjadinya pajanan terhadap virus HIV.
  • Tes antigen HIV: tes darah ini dapat mendeteksi HIV sekitar 20 hari lebih cepat daripada tes standar. Pemeriksaan dilakukan terhadap antigen HIV, bagian dari virus yang muncul 14-28 hari setelah infeksi.

Jika hasil tes Anda negatif, Anda dapat terus melakukan tindakan pencegahan seperti menggunakan kondom saat berhubungan seksual dan tidak berbagi alat pribadi seperti jarum suntik. Jika hasil tes Anda positif, Anda dapat segera berkonsultasi untuk mendapatkan terapi yang tepat. Makin cepat HIV terdeteksi, maka makin panjang usia harapan hidup yang dapat diupayakan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tertawa, Cara Sehat yang Murah & Kaya Manfaat

Tertawa, Cara Sehat yang Murah & Kaya Manfaat

Istilah ?Tawa adalah obat yanng mujarab?, bisa jadi ada benarnya. Tertawa adalah kegiatan yang tidak menggunakan biaya namun dapat membuat pikiran menjadi santai dan tidak terbeban dengan masalah. Ternyata kegiatan menyenangkan ini juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya berbagai penyakit lho. Tertawa diyakini memberikan manfaat dua manfaat kesehatan sekaligus bagi manusia. Manfaat sehat yang pertama adalah untuk kesehatan fisik dan mental, dimana secara biologi dan kejiwaan tertawa memberikan kebaikan bagi kesehatan jiwa dan raga. Sementara aspek berikutnya adalah untuk ?kesehatan sosial?. Dengan aktivitas tertawa diyakini memberikan energi positif kepada individu dan proses interaksi sosialnya. Dimana lingkungan akan memiliki nuansa positif diikuti lingkungan yang lebih memiliki kecenderungan positif. Tidak percaya? Nih, simak selanjutnya bagaimana tertawa dapat memberikan manfaat ?obat? kuat fisik dan mental. Tertawa, Cara Sehat yang Murah & Kaya Manfaat Istilah ?Tawa adalah obat yanng mujarab?, bisa jadi ada benarnya. Tertawa adalah kegiatan yang tidak menggunakan biaya namun dapat membuat pikiran menjadi santai dan tidak terbeban dengan masalah [...]

Gizi Sayur dan Sinar Ultraviolet

Gizi Sayur dan Sinar Ultraviolet

Selama ini radiasi sinar ultraviolet diyakini sebagai pencetus kanker kulit terpopuler di dunia. Namun dibalik keadaan tersebut, sinar ultraviolet memiliki manfaat bagi higienitas pada produk sayur yang kita konsumsi. Radiasi sinar ultra violet di Amerika sudah digunakan untuk mematikan unsur patogen baik untuk tumbuhan maupun pada manusia. Menimbang hal tersebut agen disinfekta sering menggunakannya untuk menghilangkan patogen pada produk pangan. Food and Drug Adminisstrasion (FDA) USA menyetujui penggunaannya sebagai disinfektan, khususnya untuk perlakuan pasca panen yang digunakan pada permukaan produk pangan. Penyinaran dengan sinar UV-C pada skala 240-260 nm akan sangat efektif membasmi unsur patogen pada produk segar dibandingkan disinfektan yang umum digunakan seperti chlorine atau ozone. Sinar matahari ini dapat juga merusak struktur DNA namun pada beberapa jenis mikroba, hal tersebut dapat didunakan untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan UV-V sebagai perlakuan pada pasca panen berhasil dengan baik dalam mengurangi agen-agen patogen. Sehingga mampu mempertahankan kualitas produk. Kelemahan dari penggunaan UV-C ini, yaitu tidak da [...]

Makanan Pedas Bisa Bantu Sehatkan Jantung

Makanan Pedas Bisa Bantu Sehatkan Jantung

Tidak selamanya makanan pedas berdampak negatif bagi tubuh. Menurut penelitian, banyak ragam cabai yang ternyata dapat menurunkan darah tinggi dan membuat jantung sehat.Para peneliti mengatakan bahwa senyawa yang terdapat dalam cabai cayennes, jalapenos dan jenis cabai lainnya dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi kolesterol. Peneliti juga menemukan bahwa cabai memiliki potensi besar untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung.Penelitian yang dilakukan di Chinese University of Hong Kong tersebut fokus pada zat yang dikenal sebagai 'Capsaicinoids'. Zat yang memberikan rasa pedas itu ternyata berfungsi untuk mencegah pembekuandarah."Kami sekarang mengetahui lebih detail dan jelas mengenai efek terdalamnya yang dapat mempengaruhi kolesterol dan kesehatan pembuluh darah. Penelitian ini memberikan informasi tersebut," ujar salah satupeneliti Dr Zhen-Yu Chen, seperti yang dikutip dari Daily Mail.Kesimpulan itu didapat dari pengujian terhadap dua kelompok hamster yang melakukan diet kolesterol tinggi. Salah satu kelompok hamster diberi makanan yang mengandung banyak mengandung Capsaicinoids,sedangkan kelompok hamster lainnya diberi makanan tanpa mengandung Capsaicinoids.Pene [...]

Seperti Apa Bentuk Pengobatan Hipnoterapi?

Seperti Apa Bentuk Pengobatan Hipnoterapi?

Hipnosis bukanlah hal baru bagi masyarakat Indonesia. Meski awalnya lebih dikenal di dunia hiburan, kini terapi hipnosis atau hipnoterapi digunakan sebagai upaya mengatasi gangguan kesehatan. Terdapat banyak anggapan tentang kegunaan hipnoterapi, meski hingga saat ini belum ada bukti kuat yang dapat mendukung hipnoterapi benar-benar dapat bermanfaat. Sebagian ahli pun berpendapat bahwa hipnoterapi sebagai teknik relaksasi yang menggunakan kekuatan sugesti atau memiliki efek plasebo. Mengurangi Ketegangan Hipnosis dalam hipnoterapi, sebagaimana teknik relaksasi lain, membuat tekanan darah dan detak jantung menjadi lebih rendah, sekaligus mengubah aktivitas gelombang otak tertentu. Kondisi ini yang kemudian dimanfaatkan oleh hipnoterapis untuk memasukkan sugesti. Ada hasil penelitian klinis yang mengemukakan bahwa hipnoterapi mungkin dapat menciptakan relaksasi, menurunkan tingkat stres dan kecemasan, mengurangi rasa sakit, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Sebuah penelitian lain menunjukkan, pasien dengan gangguan gigi yang melalui proses hipnosis lebih mampu menahan rasa sakit dibandingkan yang tidak melakukannya. Ada juga yang menganggap hipnosis mampu mempercepat masa pe [...]

Jangan Kasih Madu Ke Anak Di Bawah 1 Tahun!

Jangan Kasih Madu Ke Anak Di Bawah 1 Tahun!

Sering kita mendengar seruan agar jangan memberikan madu pada bayi di usia kurang dari satu tahun. Apakah ini mitos atau fakta? Hal ini adalah fakta,dikarenakan pemberian madu pada bayi yang masih berusia kurang dari 1 tahun dapat meningkatkan risiko penyakit botulisme. Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali manfaat dari madu, akan tetapi madu mempunyai risiko yaitu dapat terkontaminasi dengan spora Clostridium Botulinum. Mengapa hanya pada bayi 1 tahun? Pada usia dibawah 1 tahun sistem pencernaannya belum sempurna, sehingga spora yang masuk ke dalam pencernaan tidak mampu dimatikan oleh asam yang dihasilkan di dalam lambung seperti pada pencernaan anak diatas 1 tahun dan orang dewasa. Apa itu penyakit Botulisme ? Botulisme adalah suatu keadaan yang disebabkan oleh toksin racun yang diproduksi oleh Clostridium Botulinum. Penyakit ini sangat jarang terjadi tetapi dapat berakibat fatal. (Baca: All About Suntik Botox) Toksin C. Botulinum bersifat neurotoksin yaitu racun yang sangat kuat dan menyebabkan kerusakan saraf dan otot. Foodborne botulism merupakan akibat dari mencerna makanan yang tercemar yang masuk melalui saluran pencernaan. (Baca: 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelu [...]

Solusi Ruam Popok Pada Bayi

Solusi Ruam Popok Pada Bayi

Oleh: dr. Jessica Florencia Buah hati Anda rewel? Terus menangis? Coba Anda tengok bokongnya dengan seksama. Jika Anda menemukan bokong si kecil penuh dengan bercak-bercak merah dan basah, mungkin saja bayi Anda mengalami ruam popok. Ruam popok adalah suatu kondisi kulit yang teriritasi sehingga muncul bercak-bercak merah cerah yang tidak nyaman bagi bayi. Ruam popok biasanya disebabkan karena: Popok yang jarang diganti Bayi sedang mengalami diare Penggunaan produk popok baru yang lain dari biasanya Ukuran popok yang terlalu kecil dan ketat Penggunaan produk kulit bayi yang lain dari biasanya Ketika bayi mulai makan makanan padat Kulit yang sensitif Untuk mencegahnya, Ibu perlu mengganti popok bayi dengan teratur dan sering. Jangan biarkan buah hati Anda menggunakan popok yang basah dan kotor berlama-lama. Pastikan Anda membersihkan bokong bayi dengan air bersih dan mengeringkannya setiap kali hendak mengganti popok. Hindari penggunaan tissue basah yang mengandung pewangi atau alkohol. Bila bayi sedang mengalami diare sebaiknya Ibu lebih sering lagi mengganti popok bayi. Sediakan waktu agar bayi bebas dari popok sehingga kulit bokong bayi dapat kering cukup lama, misa [...]

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Suntik Botox

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Suntik Botox

Oleh: dr. Nadia Octavia Flek-flek hitam, kerutan, cekungan pada wajah merupakan efek normal dari penuaan (dan tentu saja paparan sinar matahari). Ketika berurusan dengan kerutan, salah satu jawabannya yang tentu tidak asing lagi adalah botox. Sebelum Anda menggunakannya, Anda perlu mengetahui beberapa fakta berikut: Botox dan keracunan makananTahukah Anda bahwa botulinum toxin A atau yang lebih dikenal dengan botox merupakan neurotoksin yang diproduksi oleh bakteri Clostridium Botulinum? Bakteri? Ya. Toksin yang dikeluarkan oleh bakteri tersebut dapat menyebabkan botulism, yaitu suatu kondisi paralisis atau kelumpuhan. Salah satu jenis botulism menyebar melalui makanan yang tidak diproses sempurna. Bakteri ini juga sering terdapat pada debu dan tanah. Bakteri ini memproduksi neurotoksin, yaitu substansi yang merusak jaringan saraf. Racun ini yang biasa digunakan pula oleh kalajengking dan tarantula untuk membunuh mangsanya. Pada manusia, botulism dapat menyebabkan kelemahan otot, gangguan penglihatan dan ptosis. Botox dan paralisisTerdapat 7 jenis toksin botulinum, yang diidentifikasikan dengan huruf A hingga G. Botulinum toxin atau botox yang biasa digunakan untuk [...]

Handuk Mandi, Benda Paling Banyak Sebarkan Kuman di Rumah

Handuk Mandi, Benda Paling Banyak Sebarkan Kuman di Rumah

Membersihkan perabotan dengan lap basah dan cairan pembersih tidak selalu menjamin rumah Anda bersih total dari kuman. Begitu pun saat mengeringkan tubuh dengan handuk setelah mandi, bukan berarti tubuh Anda jadi bebas kuman sepenuhnya. Dua benda yang seharusnya jadi alat pembersih itu ternyata justru berpotensi besar menjadi sarang kuman.Studi menunjukkan bahwa lap dapur dan handuk mandi merupakan benda paling banyak menyebarkan kuman di rumah. Alasannya ada dua: pertama, handuk dan lap seringkali dibiarkan lembab dalam waktu lama sehingga bakteri dan kuman banyak bercokol di dalam serat-serat kainnya. Kedua, dua benda tersebut kerap digunakan di tempat-tempat paling banyak kuman di rumah, yaitu dapur dan kamar mandi.Penelitian terbaru yang dilakukan University of Arizona menemukan adanya coliform, bakteri yang terdapat pada kotoran manusia. Jumlah bakteri ini mencapai 89 persen yang menetap di lap dapur dan handuk. Coliform merupakan bakteri yang bisa menyebabkan keracunan makanan dan diare. Sementara E.Coli ditemukan pada 25,6 persen handuk.Lap dapur dan handuk mandi menyimpan lebih banyak bakteri berbahaya ketimbang peralatan rumah tangga lainnya, karena sering digunakan unt [...]

Terlalu Lama Duduk Berbahaya untuk Kesehatan

Terlalu Lama Duduk Berbahaya untuk Kesehatan

Dalam beberapa dekade terakhir, banyak orang dewasa menghabiskan 70% atau lebih dari waktu aktif mereka hanya untuk duduk. Sejalan dengan perubahan ini, studi telah mengidentifikasi pola hidup tersebut sebagai faktor risiko penyakit kardiovaskular, penyakit metabolik, dan kematian. Kendala yang sering ditemui ada dua, yakni aktivitas fisik yang terlalu sedikit atau terlalu banyak duduk. Waktu duduk banyak dihabiskan tanpa disadari untuk kegiatan menonton TV, bekerja di depan komputer, bermain video game, dan sebagainya. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 8800 orang dewasa di Australia tahun 2011 menunjukkan bahwa setiap jam yang dihabiskan untuk menonton TV meningkatkan risiko kematian sebesar 11%, kematian karena penyakit kardiovaskular sebanyak 18%, dan kematian karena kanker sebanyak 9%. Perubahan teknologi, sosial, dan ekonomi membuat seseorang tidak menggunakan otot tubuhnya seperti dahulu, akibatnya tingkat pengeluaran energi juga terus menyusut. Lalu apa dampak buruknya? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. Terlalu Lama Duduk Berbahaya untuk Kesehatan Dampak buruk Duduk terlalu lama dapat memberikan beberapa pengaruh terhadap tubuh. Posisi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *