Memeriksakan Diri untuk Deteksi HIV

How-and-when-to-go-for-HIV-detection.jpg

Tes deteksi HIV sebaiknya dilakukan oleh tiap orang yang mencurigai dirinya tertular HIV tanpa menunggu kemunculan gejala-gejala tertentu.

Agar dapat mendeteksi HIV dengan tepat, tes deteksi HIV perlu dilakukan pada waktu yang tepat. Umumnya, virus HIV baru akan terdeteksi dalam tubuh empat minggu setelah terjadi pajanan terhadap virus ini.

Banyak orang masih merasa enggan untuk melakukan tes HIV karena stigma yang ada terhadap penyakit ini. Padahal, makin cepat terdeteksi dan ditangani, maka makin efektif hasil pengobatan HIV. Selain itu, dengan mengetahui status HIV, penderitanya dapat menerapkan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus ini.

Siapa yang Sebaiknya Memeriksakan Diri?

Sebagian pengidap tidak menyangka bahwa virus HIV telah bersarang dalam tubuh mereka karena tidak merasakan gejala apa-apa. Ibu hamil juga disarankan untuk memeriksakan diri dengan tes HIV, sehingga yang terdeteksi positif dapat menjalani pengobatan sedini mungkin dan mengurangi risiko penyebaran virus kepada bayinya.

Berikut ini adalah kelompok orang yang dikategorikan berisiko mengidap HIV.

  • Mengidap TB, hepatitis atau penyakit menular seksual seperti herpes, sifilis, klamidia, trikomoniasis, atau gonore.
  • Memiliki lebih dari satu pasangan seksual.
  • Melakukan hubungan seksual tanpa pengaman seperti kondom dengan orang yang latar belakang seksualnya tidak diketahui dengan pasti.
  • Berhubungan seksual dengan pengguna narkoba.
  • Pernah menyuntikkan obat-obatan atau berbagi alat suntik dengan orang lain.
  • Memiliki ibu yang mengidap HIV.
  • Hamil di luar rencana.
  • Pernah menerima transfusi darah yang kesterilannya diragukan.

Bagaimana Cara Mengakses Tes Deteksi HIV?

Tidak semua rumah sakit atau lembaga memberikan layanan tes HIV. Anda dapat mengakses daftar rumah sakit atau lembaga HIV yang menyediakan layanan HIV terdekat. Paket tes umumnya dapat terdiri dari: deteksi infeksi menular seksual (IMS), konseling sebelum tes HIV, tes HIV, dan konseling setelah tes HIV. Beberapa lembaga memberikan seluruh jenis pelayanan di atas, sementara yang lain hanya memberikan satu atau dua kelas saja. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu agar mendapat layanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Terdapat beberapa jenis tes untuk mendeteksi HIV, antara lain:

  • Tes standar: pemeriksaan darah untuk mendeteksi antibodi HIV. Dalam waktu 1-6 bulan setelah HIV masuk ke tubuh, tubuh akan memproduksi antibodi sebagai respons terhadap infeksi ini. Oleh karena itu tes ini sebaiknya dilakukan 1 bulan setelah kira-kira terjadi pajanan terhadap virus HIV.
  • Tes antibodi cepat: umumnya tes ini merupakan pemeriksaan darah untuk menemukan antibodi HIV dalam darah dan kadang-kadang juga pada air liur. Tes juga hanya akan memberikan hasil yang akurat sebulan setelah terjadinya pajanan terhadap virus HIV.
  • Tes antigen HIV: tes darah ini dapat mendeteksi HIV sekitar 20 hari lebih cepat daripada tes standar. Pemeriksaan dilakukan terhadap antigen HIV, bagian dari virus yang muncul 14-28 hari setelah infeksi.

Jika hasil tes Anda negatif, Anda dapat terus melakukan tindakan pencegahan seperti menggunakan kondom saat berhubungan seksual dan tidak berbagi alat pribadi seperti jarum suntik. Jika hasil tes Anda positif, Anda dapat segera berkonsultasi untuk mendapatkan terapi yang tepat. Makin cepat HIV terdeteksi, maka makin panjang usia harapan hidup yang dapat diupayakan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Penanganan Sinusitis Bisa Dilakukan di Rumah

Penanganan Sinusitis Bisa Dilakukan di Rumah

Sinusitis biasa disebut inflamasi atau peradangan pada dinding sinus dan merupakan penyakit yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Sinus sendiri adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Biasanya penderita tidak perlu memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala sinusitis yang ringan. Hal ini karena virus yang menyebabkan sinusitis akan hilang dengan sendirinya sekitar dua hingga tiga minggu. Penanganan untuk mengurangi peradangan pun bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Rasa sakit pada sinus terjadi karena adanya infeksi yang menyebabkan selaput lendir dalam hidung dan sinus meradang. Ketika meradang, selaput lendir akan membengkak kemudian menghalangi pembuangan cairan dari sinus ke hidung dan tenggorokan. Mikroorganisme pun bisa berkembang pada sinus yang tidak dapat mengalir dengan benar. Sinusitis yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam hitungan minggu tanpa harus berobat ke dokter. Ada beberapa penanganan sederhana untuk mengurangi rasa sakit yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Memperbanyak minum air putih Jika Anda memiliki masalah sinus, perbanyaklah minum air putih atau jus buah [...]

Enzim Lithium Mengurangi Risiko Alzheimer

Enzim Lithium Mengurangi Risiko Alzheimer

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa enzim lithium diduga dapat menangkal penyakit alzheimer. Menurut para ilmuwan penyakit alzheimer, suatu kondisi yang semakin merusak motor neuron, bisa diobati dengan enzim lithium, unsur alami yang sangat murah dan telah digunakan untuk gangguan kejiwaan lainnya. Peneliti di Sao Paulo Universitas di Brazil, dipimpin oleh Dr. Orestes Forlenze, telah menemukan obat penyakit alzheimer. ?Apa yang kami kerjakan menunjukkan bahwa lithium dapat menyerap produksi amyloid pada penderita alzheimer. Percobaan pada tikus menunjukkan tikus mengalami mutasi. Mutasi itu sama dengan mutasi yang menyebabkan penyakit alzheimer,? ujarnya. Penelitian ini memeriksa 41 orang di atas usia 60 tahun dengan gangguan kognitif ringan, dengan mengambil dosis rendah dari lithium setiap hari selama satu tahun. Semua berjalan melalui tes memori dan perhatian, lalu sampel cairan otak dianalisis untuk mengetahui konsentrasinya. Walaupun semua peserta menunjukkan penurunan fungsi memori selama satu tahun, namun lithium menunjukkan bentuk protein untuk mencegah penyakit alzheimer dalam cairan cerebrospinal mereka. Temuan ini dipublikasikan di British Journal of Psychiatry, Jumat [...]

Ini Bahayanya Jika Makan Makanan yang Mengandung Formalin

Ini Bahayanya Jika Makan Makanan yang Mengandung Formalin

Kita tentu sering mendengar berita mengenai makanan-makanan yang diawetkan dengan formalin. Sebenarnya, apa yang ditakutkan dan dikhawatirkan dari formalin yang ada di dalam makanan? Mengapa makanan-makanan yang mengandung formalin dilarang beredar dan tidak boleh dikonsumsi? Mengenal Formalin Formalin sebenarnya merupakan larutan yang mengandung 37% formal dehida. Larutan kimia ini sering digunakan dalam produksi plastik resin, pupuk, desinfektan, fungisida, tekstil, kosmetik, dan pengawet. Formal dehida sebenarnya terdapat secara alami di lingkungan selain dari bentuk buatan manusia. Secara alami, selain terdapat di udara dalam bentuk gas sebagai hasil pembakarankayu atau sampah, dan asap dari industri, formal dehida yang terlarut dalam cairan juga dapat ditemukan di dalam makanan. Beberapa makanan seperti buah, sayur, daging, ikan, udang, dan jamur yang dikeringkan memang secara normal mengandung formal dehida. Berikut diantaranya: Beberapa makanan seperti buah, sayur, daging, ikan, udang, dan jamur yang dikeringkan memang secara normal mengandung formal dehida. Berikut diantaranya: Buah dan sayur mengandung 3-60 mg/kg Susu dan produk susu mengandung seki [...]

Strategi Cerdas Menghindari Bahaya Suntik Putih

Strategi Cerdas Menghindari Bahaya Suntik Putih

Di Indonesia, produk maupun perawatan yang menjanjikan hasil kulit putih pasti akan banyak diburu. Suntik putih adalah salah satu opsi yang kerap dipilih untuk mendapatkannya. Metode pemutihan kulit yang dilakukan adalah dengan menyuntikkan cairan khusus ke pembuluh darah Anda. Mengingat cara kerjanya yang memasukkan zat asing ke dalam tubuh, maka Anda tidak boleh sembarangan dalam melakukannya. Menelaah Komposisi Cairan yang Digunakan untuk Suntik Putih Cairan ini mengandung vitamin C dan kerap dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya, seperti glutathione atau kolagen. Vitamin C. Zat ini memiliki banyak manfaat, antara lain mencerahkan kulit dan kaya akan antioksidan untuk meningkatkan produksi kolagen. Vitamin C bisa membantu agar kulit terlihat lebih muda serta menghilangkan bekas luka. Glutathione. Zat ini sebenarnya diproduksi secara alami di dalam tubuh. Namun seiring pertambahan usia, produksi glutathione pada tubuh menurun. Keberadaannya pada tubuh bisa menghambat produksi melanin. Makin banyak melanin, maka makin gelap warna kulit Anda. Tidak hanya itu, glutathione juga memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Kolagen. Pada ca [...]

Aturan Makan Malam Saat Puasa Agar Tetap Sehat dan Berat Badan Tak Naik

Aturan Makan Malam Saat Puasa Agar Tetap Sehat dan Berat Badan Tak Naik

Tidak sedikit orang yang justru mengalami kenaikan berat badan saat puasa. Hal ini terjadi karena pola makan salah yang cenderung kalap terutama saat berbuka. Agar tetap sehat dan tidak makin gemuk, Anda bisa mencoba metode food combining.Food combining mengenal padu-padan yang cocok atau tidak cocok untuk setiap unsur makanan. Bagaimana menjalaninya saat Ramadan? Anda bisa membaca ulasannya di sini.Asyiknya food combining ini, tidak seperti metode penurunan berat badan lainnya, Anda bisa makan apapun hingga kenyang. Namun untuk makannya, Anda harus sesuai aturan dari food combining tersebut. Sama seperti orang pada umumnya, pelaku food combining juga tetap makan malam saat puasa. Dijelaskan praktisi yoga dan food combining Erikar Lebang dalam bukunya Food Combining di Bulan Ramadan, waktu makan malam paling ideal saat Ramadan adalah sebelum salat Isya atau setelah Tarawih.Waktu yang tersedia untuk makan malam ini tidaklah panjang. Setelah salat Magrib hingga menjelang Isya, Anda hanya punya waktu sekitar 30-45 menit. Sedangkan jika makan setelah Tarawih, waktu yang Anda punya juga tidak terlalu berbeda. Oleh karena sempitnya waktu makan ini, Erikar pun menyarankan untuk menyede [...]

Tumbuh Kembang Anak Pada Tahun Pertama

Tumbuh Kembang Anak Pada Tahun Pertama

Ketika Anda baru saja mengendong buah hati Anda, pasti rasa gembira yang Anda rasakan tidak terkira. Sebagai orangtua tentu Anda harus memperhatikan perkembangan anak Anda, dan Anda harus jeli dalam melihat berbagai perkembangan sang buah hati. Berikut adalah beberapa hal yang seharusnya dilakukan oleh buah hati Anda pada tahun pertama kehidupannya. Sejak bulan pertama sang bayi akan menggerakkan kepalanya ke berbagai sisi. Selain itu, sang bayi juga dapat menggenggam dengan erat. Mata bayi sudah dapat melihat sekitar tetapi tidak fokus. Pada bulan kedua sang bayi mulai senang bermain dengan jari dan mulai dapat tersenyum. Pada bulan ketiga, sang bayi mulai dapat menyentuh dan menangkap benda. Sang bayi juga dapat menggenggam benda dengan tangannya. Ocehan kecil juga mulai dikeluarkan sang bayi. Berilah bayi anda alat permainan yang mengeluarkan bunyi untuk merangsang indra pendengarannya. Pada bulan keempat sang bayi mulai dapat mendorong lengan saat tengkurap, dan mulai dapat tertawa keras. Pada bulan kelima, sang bayi suka berguling dari satu sisi ke sisi yang lain. Bayi juga sudah mulai mengenal wajah-wajah yang familiar, seperti ayah dan ibunya. Pada bulan ke [...]

Tes Awal Kehamilan dengan Testpack

Tes Awal Kehamilan dengan Testpack

Rasa penasaran mengenai kehamilan seseorang bisa diketahui sedini mungkin. Adalah testpack yang memungkinkan seseorang mengetahui hamil atau tidak sejak awal. Testpack adalah alat uji kehamilan berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui apakah urine yang dijadikan sampel mengandung hormon hCG. Hormon ini sendiri diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim. Saat hamil, produksi hormone chorionic gonadotropin alias hCG melonjak tajam, meningkat dua kali lipat tiap dua atau tiga hari. Hal ini umumnya terjadi sekitar enam hari setelah pembuahan. Jenis-jenis Tes Kehamilan Terdapat dua jenis testpack yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan, yaitu menggunakan sampel urine dan darah. Tes kehamilan yang memakai sampel urine bisa dilakukan di rumah maupun di klinik. Tidak ada perbedaan sensitivitas pada testpack yang digunakan secara mandiri di rumah maupun di klinik selama dilakukan dengan benar. Sementara itu, tes kehamilan dengan memakai sampel darah hanya bisa dilakukan oleh dokter. Meski tes ini dinilai lebih akurat, namun membutuhkan waktu lebih lama dan biaya lebih mahal. Tes darah dapat memprediksi kadar hCG pada usia kehamilan lebih awal dibandi [...]

6 Trik Agar Semangat Beraktivitas Setelah Libur Panjang

6 Trik Agar Semangat Beraktivitas Setelah Libur Panjang

Liburan panjang akhirnya selesai, Anda pun harus kembali melakukan kegiatan seperti normal. Tetapi rasa lelah dan tak bersemangat seringkali menghampiri. Seperti yang dikutip dari healthtrick, berikut ini beberapa cara yang buat Anda bersemangat kembali ke kantor seusai liburan panjang.1. Rencanakan Acara dengan TemanKetimbang mengeluh karena harus kembali melakukan aktivitas normal, lebih baik buat acara menyenangkan bersama teman setelah jam kantor. Misalnya dengan mencoba kafe atau restoran baru. Adanya alasan itu, mungkin bisa membuat Anda jadi lebih senang menghadapi hari kerja.2. SarapanMelewatkan waktu sarapan hanya akan membuat Anda lebih cepat merasa lelah di siang hari. Oleh karena itu, sarapan sehat penuh energi sangat dianjurkan agar Anda terhindar dari memakan cemilan saat menunggu waktu makan siang tiba.3. Hindari KafeinSaat bangun dengan perasaan lelah, menghindari kopi mungkin menjadi hal yang paling sulit. Namun kopi merupakan diuretik, yang akan membuat tubuh kehilangan cairan. Minum jus jeruk dan air mineral adalah pilihan yang tepat. Selain itu, campuran air mineral dengan madu atau perasan jeruk lemon dengan jahe juga bisa membatu sirkulasitubuh dan meningka [...]

Ini Penyebab Jerawat di Dagu dan Rahang Tak Juga Hilang

Ini Penyebab Jerawat di Dagu dan Rahang Tak Juga Hilang

Jerawat di dagu dan rahang tidak juga hilang meskipun sudah diobati dan rajin membersihkan wajah? Bisa jadi penyebabnya tidak hanya karena faktor luar, tapi juga dari dalam tubuh.Penyebab jerawat di dagu dan rahang umumnya dikarenakan stres dan pola makan yang tidak sehat. Ketika stres, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak hormon androgen yang bisa mengganggu produksi kelenjar minyak di daerah dagu dan sekitarnya. Kelebihan minyak akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan kotoran pun lebih mudah menempel di permukaan kulit sehingga menimbulkan jerawat.Orang yang mengalami stres juga umumnya selalu merasa berada dalam tekanan. Produksi hormon androgen pun terus berlangsung dan akhirnya memperparah timbulnya jerawat. Amy Wechsler, M.D., dokter spesialis kulit sekaligus psikolog menyarankan untuk menenangkan diri ketika Anda stres. Untuk mengurangi stres, ada teknik pernapasan yang perlu dilakukan dan caranya pun cukup mudah."Tariklah napas dalam-dalam melalui hidung dan keluarkan lewat mulut. Fokus dengan cara Anda bernapas bisa menurunkan kecemasan dan detak jantung," ujar Amy, seperti dikutip dari Women's Health.Selain stres, pola makan yang tidak sehat juga bisa menjadi p [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *