Memilih Kosmetik BB Cream

Main-Banner-Rubrik-Kulit-sehat-memilih-BB-cream.jpg

Oleh: dr. Jessica Florencia

Beauty balm atau blemish balm cream sebelumnya dikembangkan oleh dokter spesialis kulit dari Jerman sebagai suatu krim untuk melindungi kulit dan menutupi bekas kulit setelah perawatan laser. Formula ini menjadi populer di Korea Selatan dan kemudian meluas di seluruh Asia.

Dewasa ini BB Cream dapat digunakan seperti krim dasar rias wajah (foundation). Selain sebagai dasar rias wajah, produk ini juga mengandung bahan-bahan seperti tabir surya, anti penuaan dan pelembab. Namun, jangan terjebak dengan berpikir bahwa BB Cream adalah solusi dari segala masalah kulit Anda.

BB Cream tidak dapat digunakan sendiri saja untuk perawatan kulit. Jika Anda memiliki kulit yang berjerawat maka Anda tetap harus mendapatkan perawatan kulit khusus untuk kulit berjerawat. Sedangkan bila kulit Anda adalah kulit yang sangat kering, Anda tetap membutuhkan pelembab tambahan untuk kulit Anda.

Bila Anda memiliki kulit yang mudah mengalami alergi maka penggunaan produk kulit yang baru Anda gunakan juga tetap memerlukan kewaspadaan khusus, tidak terkecuali BB Cream.

Memilih BB Cream yang cocok untuk kondisi kulit Anda harus menjadi perhatian khusus karena tidak semua BB Cream cocok dengan kondisi kulit Anda.

  1. Ketahuilah jenis kulit Anda terlebih dahulu
    Karena kandungan pelembabnya tidak cukup untuk mengatasi kulit kering, BB Cream lebih cocok untuk mereka dengan kulit normal sampai berminyak. Mereka dengan kulit kering tetap harus menggunakan pelembab untuk menjaga kelembaban kulitnya. Selain itu pilihan warna dasar juga harus diperhatikan. Karena warna dasarnya terbatas, BB Cream kurang cocok untuk digunakan bagi mereka dengan kulit yang agak gelap.

  2. Perhatikan kandungan yang ada dalam BB Cream Anda
    Cermati merk dan juga kandungan yang terdapat dalam BB Cream yang hendak Anda beli. Pastikan Anda membeli produk yang terpercaya dengan kandungan yang jelas dan Anda pahami kegunaannya, misalkan apakah mengandung pelembab tambahan, mengandung tabir surya yang cukup untuk daerah tropis.

  3. Perhatikan warna dasarnya
    Sesuaikan warna dasar BB Cream yang Anda beli dengan warna kulit Anda. Penggunaan warna yang terlalu terang malah dapat membuat riasan Anda tampak tidak alami.

BB Cream memang membuat proses merias wajah menjadi lebih mudah dan praktis, namun BB Cream bukanlah solusi dari segala masalah kulit Anda. Pilihlah BB Cream yang paling sesuai dengan kulit Anda dan tetaplah melakukan perawatan kulit yang baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

(JF)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bahaya Sinar Matahari Pada Kulit

Bahaya Sinar Matahari Pada Kulit

Kita sering mendengar perkataan kerusakan kulit akibat sinar matahari, sebenarnya itu terjadi karena kulit melindungi tubuh dari sinar matahari. Sinar matahari merupakan sumber radiasi ultravioletyang bisa merusak sel-sel tubuh. Pemaparan berlebihan dalam waktu singkat menyebabkan luka bakar karena matahari. Pemaparan jangka panjang menyebabkan penebalan lapisan kulit paling atas dan peningkatan pembentukan pigmen oleh sel-sel penghasil pigmen. Pigmen (melanin) merupakan zat pelindung alami yang menyerap energi dari sinar ultraviolet dan mencegah masuknya sinar ke jaringan yang lebih dalam. Sinar ultraviolet, meskipun tidak dapat dilihat oleh mata manusia, merupakan bagian dari sinar matahari yang sangat berpengaruh pada kulit. Sinar UV dikelompokkan ke dalam 3 jenis, ultraviolet A (UVA), ultraviolet B (UVB), dan ultraviolet C (UVC), tergantung pada panjang gelombang. Sinar UV dalam jumlah kecil bermanfaat karena membantu tubuh menghasilkan Vitamin D. Meskipun begitu, sinar UV dalam jumlah bersar merusak asam deoxyribonucleid (DNA-bahan genetik tubuh) dan merubah jumlah dan jenis kimia yang membuat sel kulit. Perubahan ini bertanggungjawab untuk mempengaruhi kerusakan pada sinar UV [...]

Teh Hijau Bisa Mencegah Jerawat & Kanker Kulit

Teh Hijau Bisa Mencegah Jerawat & Kanker Kulit

Telah diakui bahwa teh hijau memiliki banyak manfaat. Hal itu bisa dilihat dari menjamurnya produk kecantikan maupun produk non-kecantikan yang memakai teh hijau sebagai bahan dasar. Namun, apakah teh hijau baik untuk kesehatan kulit wajah? Berikut penjelasannya:Teh hijau banyak dikonsumsi di negara-negara Asia, termasuk India, Jepang, Korea, dan Cina. Seperti teh hitam dan teh oolong, teh hijau berasal dari tanaman Camellia sinensis. Namun, tidak seperti dua varietas lainnya, daun teh hijau tidak difermentasi sebelum dikukus dan pengeringan sehingga tetap segar.Hasan Mukhtar, seorang profesor dermatologi dari Case Western Reserve University di Cleveland, menjelaskan bahwa senyawa antioksidan dalam teh hijau memiliki kekuatan untuk melindungi kulit. "Dari semua antioksidan yang dikenal manusia, komponen teh hijau adalah yang paling ampuh,? ujar Mukhtar. Antioksidan adalah senyawa yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas, yang merupakan agen dan penyebab kerusakan sel maupun jaringan. [...]

2 Hal yg Harus Diperhatikan Ketika Memilih Produk Perawatan Kulit

2 Hal yg Harus Diperhatikan Ketika Memilih Produk Perawatan Kulit

Sekarang ini, banyak sekali produk perawatan kulit yang hadir. Kalau diperhatikan, semuanya menawarkan kelebihan yang mirip, yaitu menjaga kesehatan kulit. Tapi kalau semua sama, bagaimana caranya memilih produk mana yang sesuai untuk kulit Anda?. Di sini, Anda harus menjadi konsumen yang cerdas. Kita perlu mengetahui dengan jelas apa kandungan yang ada pada produk perawatan kulit. Terkait dengan hal tersebut hal yang Aulia dan Klikdokter sepakat, setidaknya ada 2 hal yang sangat perlu diperhatikan dalam memilih produk perawatan kulit, diantaranya adalah: 1. Perhatikan Dahulu Jenis Kulit Anda Pertama kali harus diperhatikan dalam memilih produk perawatan kulit adalah jenis kulit Anda. Ada 3 fakta yang kita harus ketahui tentang tipe kulit: Tipe kulit kulit dapat berbeda. Tipe kulit dapat berbeda-beda bergantung dari berbagai faktor seperti: genetik, cuaca, hormonal, dsb. Cermati sekali lagi jenis kulit Anda. Keadaan kulit wajah yang kita lihat sesaat belum tentu menggambarkan tipe kulit yang sesungguhnya. Jika perlu, cari pendapat dokter. Menentukan jenis kulit adalah langkah terpenting dalam perawatan kulit. Oleh karen [...]

8 Masalah Kulit yang Sering Disepelekan

8 Masalah Kulit yang Sering Disepelekan

Kadang kita tidak menyadari bahwa kulit kita ternyata mengalami masalah. Karena ketidaktahuan kita ini, kita tidak memahami bahwa kulit menjadi tidak sehat akibat kesalahan cara perawatan kulit. Banyak kebiasaan-kebiasaan yang diyakini baik untuk kulit ternyata sebenarnya membahayakan kesehatan kulit, misalnya kebiasaan membersihkan wajah menggunakan alkohol, menggunakan bawang putih untuk mengobati jerawat, dan lain sebagainya. Kemerahan pada kulit Kemerahan pada kulit dapat disebabkan oleh adanya peradangan. Kemerahan yang samar dapat menunjukan peradangan bersifat ringan. Namun ketika kulit sudah mengalami radang, maka kemampuan perlindungan kulit semakin menurun. Akibatnya kulit menjadi lebih rentan dan sensitif. Apabila kondisi ini didiamkan beberapa waktu, maka dapat terjadi reaksi yang semakin hebat. Rasa gatal pada kulit Rasa gatal pada kulit juga menunjukkan adanya suatu reaksi radang. Kadang gatal dirasakan hanya samar-samar, yaitu berupa sensasi ?menyelekit? yang tidak terlalu kentara. Hal ini biasanya disebabkan karena kondisi kulit yang kering. Sensasi gatal atau ?menyelekit? ini biasanya dirasakan ketika kulit terpajan suhu dingin, kelembaban yang rendah (seperti di [...]

Mengatasi 4 Tanda Penuaan pada Wajah

Mengatasi 4 Tanda Penuaan pada Wajah

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Pada saat memasuki usia 20 sampai 30 tahun, Anda mungkin akan mulai memperhatikan adanya tanda-tanda penuaan yang muncul pada wajah. Tanda yang muncul dapat berupa kulit kusam, garis halus atau keriput di daerah mata atau sekitar bibir, kantung mata, dan hiperpigmentasi (flek hitam). Tanda-tanda penuaan tersebut akan semakin jelas seiring bertambahnya usia. Banyak faktor yang mempengaruhi progresifitas proses penuaan pada manusia, seperti diet, pola hidup, merokok, stres, paparan sinar ultraviolet (UV), dan lain-lain.Berikut ini adalah cara untuk mengatasi tanda-tanda penuaan yang muncul di daerah wajah: Crow?s feet Merupakan galis halus/kerutan yang muncul di sekitar mata, terutama saat tersenyum. Gunakan eye cream dengan kandungan pelembab yang tinggi, oleskan pada area mata setiap hari. Jika Anda menginginkan hasil yang cepat dan mencegah pembentukan garis keriput baru, dokter spesialis kulit atau bedah plastik dapat memberikan injeksi botox atau disport pada are tersebut. Kantung mata Seiring bertambahnya usia, area bawah mata akan menjadi hitam dan kendur. Makeup dapat menyamarkan kantung mata dan lingkar hitam di bawah mata. Filler hyaluronic ac [...]

Kenali Pencetus Munculnya Eksim

Kenali Pencetus Munculnya Eksim

Kulit gatal, kemerahan, sensitif, bersisik, dan berbintil-bintil? Keluhan-keluhan tersebut adalah keluhan-keluhan yang sering didapatkan penyakit eksim (dermatitis).Eksim (dermatitis) merupakan kondisi kulit yang biasanya terjadi karena alergi. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan dermatitis atopik. Tampilannya dapat berbeda-beda. Pada anak-anak, kelainan kulit dapat basah dan gatal. Sedangkan, pada orang dewasa biasanya memberikan tampilan eksim kering pada kulit.Ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi keparahan eksim. Berat badan yang berlebih dapat membuat gesekan kulit bertambah dan meningkatkan kelembapan sehingga dapat menyebabkan eksim bertambah parah, namun tidak menjadi penyebab langsung. Pada beberapa orang, makanan juga dapat menjadi pencetus munculnya eksim. Faktor-faktor ini biasanya sifatnya individual, berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya.Berikut beberapa hal yang membuat kondisi eksim semakin parah: [...]

Kulit Lebih Sehat di Tahun Baru

Kulit Lebih Sehat di Tahun Baru

Siapa yang tidak ingin merasa lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya? Tentunya kebanyakan dari kita ingin merasa lebih baik dari sebelumnya, bukan? Apalagi jika kita bicara soal penampilan. Ingin tampil lebih menarik, ingin tampil lebih baik dan tentunya sekaligus ingin tampil lebih sehat. Bagi Anda yang memiliki tekad memperbaiki penampilan di tahun baru 2014 ini, maka simak tips-tips perawatan berikut ini: 1. Jauhi Kebiasaan Buruk untuk Kulit- Hindari stresPada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit yang disebut dengan neuropeptida. Hormon ini sebenarnya berfungsi untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Namun karena kondisi stres, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Jadi untuk menghindari stres, Anda dapat melakukan aktivitas relaksasi seperti yoga atau pemijatan. Anda dapat melakukan pemijatan ringan dengan menggunakan krim untuk kulit yang mengandung glycerol, eucerit dan panthenol. Glycerol selain bersifat melubrikasi, juga sekaligus memberikan [...]

Saat Mandi, Saatnya Merawat Kulit Tubuh

Saat Mandi, Saatnya Merawat Kulit Tubuh

Mandi itu penting! Mandi bukan sekedar rutinitas membersihkan tubuh tapi juga pangkal dari kulit indah Anda. Ketika Anda mandi, Anda sekaligus merawat kulit tubuh Anda. Namun tidak sedikit yang kurang memahami hal tersebut. Padahal, salah pilih sabun bisa-bisa kulit Anda malah bukan menjadi perawatan kulit, tapi justru dapat membuat kulit menjadi kering. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam mandi adalah penggunaan sabun mandi. Ilmunya cukup satu: Pilihlah sabun mandi yang mengandung bahan pembersih yang lembut, mengandung nutrisi dan pelembab dengan bahan yang dapat menyerap ke dalam kulit. Jika jenis kulit Anda kering, hindari sabun antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering dan mulai gunakan sabun mandi yang mengandung moisturizing milk. Fungsinya adalah menjaga kelembaban kulit Anda agar tetap sehat serta terasa lembut dan kenyal. Selain itu, dengan bahan pembersih yang lembut dapat digunakan untuk kulit sensitif. (NO/HW) Sources: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1980146/?page=1: Soap & the Skin http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11845951: Soaps and detergents: understanding their composition and effect. Ditulis oleh: dr.Nadia Octavia Ang [...]

Cara Atasi Tumit Kering

Cara Atasi Tumit Kering

Setiap harinya kita menggunakan kaki untuk menjalankan aktivitas seperti berjalan atau bahkan berlari dengan menggunakan sepatu berhak tinggi. Tidak heran jika tumit yang kering menjadi salah satu masalah yang sering dialami. Tidak hanya tumit kering membuat kaki Anda terlihat kurang bagus, namun juga dapat menyebabkan gatal, nyeri dan rasa terbakar, seperti pada kondisi seperti athlete's foot. Apa yang menyebabkan tumit saya kering?Seperti halnya pada bagian tubuh lain, xerosis atau kulit kering dapat terjadi karena kelembaban yang rendah, obat-obatan atau bahan-bahan tertentu pada sabun Anda.Kondisi medis tertentu seperti diabetes, psoriasis, penyakit tiroid, eksim dan athlete's foot juga dapat menyebabkan tumit kering dan pecah-pecah. Bagaimana mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah? Bagaimana mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah? Untuk mengatasi tumit yang kering dan kasar, Anda dapa [...]

3 Langkah Perawatan Kulit Saat Cuaca Ekstrem!

3 Langkah Perawatan Kulit Saat Cuaca Ekstrem!

Tanpa kita sadari, cuaca panas terik yang menyengat atau cuaca dingin dengan kelembapan rendah dapat membuat kulit menjadi kering, retak, gatal, dan kusam. Jika dibiarkan terus-menerus tanpa perawatan yang tepat maka dapat menyebabkan kulit menjadi lebih cepat berkerut, muncul bercak kehitaman, dan lebih cepat menua.Untuk mencegah kerusakan kulit, jangan lupakan 3 langkah sederhana untuk memastikan kulit kita tetap sehat dalam kondisi cuaca seperti apapun. Mandi Saat panas berlebih, mandi diperlukan untuk membersihkan kotoran kulit dan membantu menjaga kelembapan kulit. Pada saat cuaca dingin ekstrem, mandi diperlukan untuk membantu kelembapan kulit.Untuk itu, mandi merupakan elemen yang sangat penting. Jangan lupa untuk menghindari air yang terlalu panas pada saat cuaca dingin berlebih, dan menggunakan sabun yang mengandung pelembap agar kulit dapat bertahan menghadapi cuaca ekstrem, yang dapat mengikis kelembapan kulit. Minum Air minum penting untuk hidrasi kulit. Saat cuaca dingin maupun panas berlebih, air minum akan membantu menjaga kelembapan kulit dari dalam. Pastikan asupan air minum sebanyak 1,5-2 L tetap terpenuhi dalam sehari. Minimalis Gesekan pakaian, bahan kimia [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *