Memilih Kosmetik BB Cream

Main-Banner-Rubrik-Kulit-sehat-memilih-BB-cream.jpg

Oleh: dr. Jessica Florencia

Beauty balm atau blemish balm cream sebelumnya dikembangkan oleh dokter spesialis kulit dari Jerman sebagai suatu krim untuk melindungi kulit dan menutupi bekas kulit setelah perawatan laser. Formula ini menjadi populer di Korea Selatan dan kemudian meluas di seluruh Asia.

Dewasa ini BB Cream dapat digunakan seperti krim dasar rias wajah (foundation). Selain sebagai dasar rias wajah, produk ini juga mengandung bahan-bahan seperti tabir surya, anti penuaan dan pelembab. Namun, jangan terjebak dengan berpikir bahwa BB Cream adalah solusi dari segala masalah kulit Anda.

BB Cream tidak dapat digunakan sendiri saja untuk perawatan kulit. Jika Anda memiliki kulit yang berjerawat maka Anda tetap harus mendapatkan perawatan kulit khusus untuk kulit berjerawat. Sedangkan bila kulit Anda adalah kulit yang sangat kering, Anda tetap membutuhkan pelembab tambahan untuk kulit Anda.

Bila Anda memiliki kulit yang mudah mengalami alergi maka penggunaan produk kulit yang baru Anda gunakan juga tetap memerlukan kewaspadaan khusus, tidak terkecuali BB Cream.

Memilih BB Cream yang cocok untuk kondisi kulit Anda harus menjadi perhatian khusus karena tidak semua BB Cream cocok dengan kondisi kulit Anda.

  1. Ketahuilah jenis kulit Anda terlebih dahulu
    Karena kandungan pelembabnya tidak cukup untuk mengatasi kulit kering, BB Cream lebih cocok untuk mereka dengan kulit normal sampai berminyak. Mereka dengan kulit kering tetap harus menggunakan pelembab untuk menjaga kelembaban kulitnya. Selain itu pilihan warna dasar juga harus diperhatikan. Karena warna dasarnya terbatas, BB Cream kurang cocok untuk digunakan bagi mereka dengan kulit yang agak gelap.

  2. Perhatikan kandungan yang ada dalam BB Cream Anda
    Cermati merk dan juga kandungan yang terdapat dalam BB Cream yang hendak Anda beli. Pastikan Anda membeli produk yang terpercaya dengan kandungan yang jelas dan Anda pahami kegunaannya, misalkan apakah mengandung pelembab tambahan, mengandung tabir surya yang cukup untuk daerah tropis.

  3. Perhatikan warna dasarnya
    Sesuaikan warna dasar BB Cream yang Anda beli dengan warna kulit Anda. Penggunaan warna yang terlalu terang malah dapat membuat riasan Anda tampak tidak alami.

BB Cream memang membuat proses merias wajah menjadi lebih mudah dan praktis, namun BB Cream bukanlah solusi dari segala masalah kulit Anda. Pilihlah BB Cream yang paling sesuai dengan kulit Anda dan tetaplah melakukan perawatan kulit yang baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

(JF)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Kulit

Ini Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Kulit

Kita semua mengetahui bahwa olahraga memiliki manfaat yang besar terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, apakah olahraga memiliki manfaat terhadap kesehatan kulit?Sebuah penelitian yang dilakukan di McMaster University, Ontario, yang melibatkan 29 laki-laki dan perempuan usia 20 hingga 84 tahun menunjukkan bahwa mereka yang lebih sering berolahraga memiliki kulit yang lebih awet muda. Diduga bahwa olahraga menyebabkan munculnya suatu zat dalam tubuh yang membantu memperlambat penuaan. Hal ini memang masih diteliti lebih jauh.Namun, secara umum kita telah mengetahui bahwa olahraga dapat meningkatkan aliran darah tubuh. Peningkatan aliran darah tubuh ini juga baik untuk kesehatan sel-sel kulit, karena berarti terjadi peningkatan hantaran oksigen dan nutrisi ke kulit.Olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan mental dengan meningkatkan relaksasi sehingga mengurangi stres psikologis.Meski demikian, olahraga tetap perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak membahayakan kesehatan kulit. Berikut adalah beberapa kiat berolahraga agar kulit tetap terawat: [...]

5 Kebiasaan Yang Merusak Kulit

5 Kebiasaan Yang Merusak Kulit

Kita sering tidak menyadari bahwa beberapa kegiatan atau kebiasaan yang kita lakukan ternyata berdampak buruk pada kesehatan kulit. Hindari kebiasaan-kebiasaan ini: 1. Memasang Wajah Sedih Isi hati yang sedih direfleksikan oleh ekspresi wajah yang sedih pula ? dahi berkerut, bibir manyun, otot-otot wajah tegang. Selain mengatasi rasa sedih, ada satu cara instan untuk wajah Anda. Cobalah menggerakkan telinga ke belakang tanpa menyentuhnya. Anda tidak bisa mengkerutkan wajah sambil mencoba menggerakkan telinga ke belakang. Selain itu Anda dapat merasa terhibur. 2. Lupa Menggunakan Tabir Surya Sembilan puluh persen kerutan wajah disebabkan oleh pajanan matahari. Penggunaan tabir surya sangat penting dalam hal pencegahan penuaan wajah. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari. Tabir surya yang Anda gunakan sebaiknya melindungi dari sinar UVA dan UVB (broad sprectum). Sinar UVB membakar kulit, sedangkan UVA menyebabkan kulit menjadi lebih gelap namun berkeriput. 3. Banyak Makan Makanan Manis Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat mempercepat proses penuaan kulit melalui proses yang disebut glikasi. Gula ?menyerang? kolagen dan elastin yang diperl [...]

Kunci Perawatan Kulit Sehari-hari

Kunci Perawatan Kulit Sehari-hari

Perawatan kulit wajah dan tubuh sebetulnya sederhana dan mudah untuk dilakukan. Bergantung pada jenis kulit, perawatan kulit tidak selalu memerlukan perawatan intensif dan berbiaya tinggi. Yang terpenting adalah Anda mengetahui prinsip perawatan kulit, dan menerapkannya secara rutin di rumah atau di manapun Anda berada. Berikut adalah perawatan kulit sehari-hari yang bisa Anda lakukan: Perlakukan kulit dengan lembut Ketika mandi dan mencuci muka, pilihlah sabun berbahan ringan dan lembut, gunakan sabun yang tidak mengandung pewangi, dan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Ketika melakukan scrubbing, jangan menggosok kulit terlalu keras atau terlalu sering, karena dapat mengiritasi kulit. Hindari mandi terlalu lama, terutama dengan air hangat, agar minyak alami kulit tidak hilang. Selanjutnya keringkan tubuh dengan handuk secara perlahan (jangan menggosok kulit). Kemudian oleskan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bila akan keluar rumah, gunakan pelembap yang mengandung SPF agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. Jika Anda akan bercukur, oleskan shaving cream atau pelembap sebelumnya. Pastikan mata pisau cukup tajam dan bersih, kemudian cukur rambut s [...]

Cara Awet Muda ala Dokter

Cara Awet Muda ala Dokter

Kita tentu mengenal dan memiliki teman-teman yang tampak lebih muda atau tampak lebih tua ketimbang usia aslinya. Jika kita dilabel tampak lebih muda daripada usia kita yang sebenarnya, tentu kita akan merasa senang dan berbuang-bunga. Namun, jika kita dilabel berusia lebih tua daripada usia kita yang sebenarnya, apa yang kita rasakan? Jika sebenarnya usia kita masih 20 sekian tahun, tapi dianggap 30 sekian tahun, seringkali kita akan lebih sering merasa khawatir dan sedih. Dunia medis mengenal konsep usia kronologis dan usia biologis. Konsep usia kronologis dan usia biologis berkaitan dengan proses penuaan tubuh. Usia kronologis terkait dengan usia seseorang saat ini berdasarkan hari ulang tahunnya. Sedangkan, usia biologis adalah angka konseptual dan teoretis yang menunjukkan fungsi organ tubuh seharusnya pada usia tertentu, misalkan jika telah terjadi pubertas maka seseorang dapat dikatakan memasuki usia remaja.Maka sesuai konsepnya, jika usia biologis seseorang ternyata lebih muda daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih lambat. Sedangkan jika usia biologis lebih tua daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih cepat.Sesuai dengan konsep ini [...]

Kulit Sikut, Lutut, Tumit Kering & Tebal? Ini Solusinya!

Kulit Sikut, Lutut, Tumit Kering & Tebal? Ini Solusinya!

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Bagian kulit kita pada lutut, tumit dan sikut kerap kali lebih kering dan menebal. Untuk sebagian orang hal ini acapkali mengganggu kepercayaan diri. Belum lagi jika kondisi kulit cenderung kering, area kulit tersebut akan semakin tak sedap dipandang. Tak halus dan tak rata warnanya. Namun dari segi medis, bukan hanya soal penampilan yang dikhawatirkan, tetapi juga potensi risiko akan mudah terpapar penyakit kulit yang disebabkan infeksi bakteri atau virus karena proses iritasi. Wah, lalu bagaimana cara menghindarinya? Tenang, ladies. Simak dan lakukan tips berikut ya: Hindari berlama-lama mandi dan terutama menggunakan air panas. Air panas menghilangkan minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan air hangat. Terlalu lama mandi malah membuat kulit kering. Batasi kegiatan mandi Anda selama 5 ? 10 menit saja setiap harinya dengan air hangat. Gunakan kosmetik yang tidak beraroma ?keras?.Gunakan kosmetik perawatan kulit yang tidak menggunakan pengharum atau sabun yang tidak terlalu ?keras?. Pilah-pilihlah kosmetik yang digunakan, karena zat tambahan aroma dan pewangi dalam kosmetik yang tidak diperlukan bisa berpotensi menyebabkan alerg [...]

6 Makanan yang Perlu Dikendalikan Demi Kesehatan Kulit

6 Makanan yang Perlu Dikendalikan Demi Kesehatan Kulit

Pepatah lama ?You are what you eat? juga berlaku untuk kesehatan kulit. Bahkan, nutrisi yang buruk memiliki dampak yang sama jeleknya dengan merokok. Mengapa demikian? Pola makan yang buruk dapat menyebabkan peradangan, yang memicu stres oksidatif dan pada akhirnya merusak kolagen serta DNA. Inilah yang dapat membuat kulit Anda terlihat lebih tua. Berikut adalah 6 jenis makanan yang perlu Anda hindari agar kesehatan kulit tetap terjaga:1. Nasi putihNasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang akan mempengaruhi pelepasan insulin. Karbohidrat apapun dengan indeks glikemik tinggi dapat membuat penumpukan ?gula? di dalam tubuh sehingga menyebabkan wajah terlihat lebih tua.2. Kue Beras Dulu kue beras menjadi makanan para supermodel untuk menjaga berat badan, kemudian hal tersebut diikuti oleh banyak orang. Namun sayangnya menurut Valori Treloar, MD, dermatologi dan penulis The Clear Skin Diet, kue beras dapat menyebabkan gula darah melonjak dan mempercepat pembentukan keriput. [...]

Kulit Lebih Sehat di Tahun Baru

Kulit Lebih Sehat di Tahun Baru

Siapa yang tidak ingin merasa lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya? Tentunya kebanyakan dari kita ingin merasa lebih baik dari sebelumnya, bukan? Apalagi jika kita bicara soal penampilan. Ingin tampil lebih menarik, ingin tampil lebih baik dan tentunya sekaligus ingin tampil lebih sehat. Bagi Anda yang memiliki tekad memperbaiki penampilan di tahun baru 2014 ini, maka simak tips-tips perawatan berikut ini: 1. Jauhi Kebiasaan Buruk untuk Kulit- Hindari stresPada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit yang disebut dengan neuropeptida. Hormon ini sebenarnya berfungsi untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Namun karena kondisi stres, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Jadi untuk menghindari stres, Anda dapat melakukan aktivitas relaksasi seperti yoga atau pemijatan. Anda dapat melakukan pemijatan ringan dengan menggunakan krim untuk kulit yang mengandung glycerol, eucerit dan panthenol. Glycerol selain bersifat melubrikasi, juga sekaligus memberikan [...]

Kulit Tetap Kencang dengan Kolagen

Kulit Tetap Kencang dengan Kolagen

Kolagen hadir di tubuh kita dengan memberikan multi fungsi. Salah satunya pada kulit, kolagen bersama dengan elastin menjaga kulit ketat dan elastis. Namun sama seiring dengan proses penuaan serta paparan sinar matahari, produksi kolagen menjadi mulai berangsur berkurang. Tak ayal hal ini memunculkan kondisi penuaan paling wajar di kulit, yakni munculnya keriput dan garis ekspresi raut di wajah. Untuk tubuh yang normal, sedikitnya kita mulai kehilangan kolagen dari tubuh kita sejak usia 25 tahun sebanyak 1,5% setiap tahunnya. Lalu bagaimana dengan tubuh yang kerap kali terpapar faktor-faktor penuaan dini? Bisa dibayangkan hampir pasti prosentase kehilangan kolagen per tahunnya akan lebih cepat. Namun demikian bukan berarti kita hanya bisa pasrah dengan proses penuaan tersebut. Kita bisa memelihara tingkat kekencangan kulit dan menunda penuaan kulit dengan asupan nutrisi yang mengandung zat pencetus pembentukan kolagen. Untuk memastikan asupan kolagen Anda stabil ketika Anda diatas usia 25 tahun, maka ada beberapa sumber makanan yang bisa diambil sebagai sumber nutrisi guna membantu produksi kolagen di tubuh. Dalam salah satu penelitian yang diumumkan di International Journal Cosmet [...]

Solusi Kulit Berjerawat

Solusi Kulit Berjerawat

Timbulnya jerawat merupakan permasalahan lanjutan dari persoalan jenis kulit berminyak. Jerawat pada kulit umumnya disebabkan oleh penumpukan lemak dilapisan tengah kulit. Pada lapisan ini terdapat kelenjar lemak pilo sebacea, serta merta akibat pengaruh iklim, kosmetik, faktor keturunan, peningkatan jumlah hormon (pada masa menjelang menstruasi), debu, dan makanan berlemak (junk food), acapkali terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga demikiannya timbul jerawat pada kulit. Penting adanya ketika membersihkan kulit wajah gunakanlah sabun bayi yang dinilai aman bagi kulit orang dewasa atau dengan sabun yang pH-nya normal (pH 6-7). Tidak sulit untuk mencegah timbulnya, kuncinya adalah hidup bersih dan pola makanan bergizi. Sisanya cukup hindari penggunaan kosmetik yang berganti-ganti merk. Segeralah berkonsultasi dan berobat ke dokter jika terdapat kasus jerawat yang meradang, agar semakin cepat diberikan penanganan dan pengobatan secara medis. Jangan menggunakan obat jerawat sembarangan tanpa petunjuk dokter. Setiap kasus jerawat memiliki keunikan tersendiri, masing-masing kasus pun memiliki cara penanganan yang berbeda satu sama lainnya. Dalam hal ini , pada umumnya terdapa [...]

Alat Kontrasepsi Bawah Kulit (AKBK)

Alat Kontrasepsi Bawah Kulit (AKBK)

Alat kontrasepsi bawah kulit atau dikenal juga dengan istilah implant progestinumumnya berupa kapsul plastik, tipis, fleksibel, yang mengandung 36mg levonorgestrel yang dimasukkan ke dalam kulit lengan wanita. Setelah diberi obat bius, dibuat sayatan dan dengan bantuan jarum dimasukkan kapsul implan. Tidak perlu dilakukan penjahitan. Kapsul ini melepaskan progestin ke dalam aliran darah secara perlahan dan biasanya dipasang selama 5 tahun. Mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur), mempertebal lendir mukosa leher rahim, mengganggu pergerakan saluran tuba, dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium. Kontrasepsi ini efektif dalam waktu 48 jam setelah diimplan dan efektif selama 5-7 tahun. a. Efektivitas Kehamilan terjadi pada 0,05/100 wanita pada 1 tahun penggunaan pertamab. Keuntungan Sangat efektif, bekerja untuk jangka waktu lamac. Kerugian Membutuhkan prosedur operasi kecil untuk pemakaian dan pelepasan, tidak melindungi dari PMSd. Efek samping Sakit kepala, payudara menjadi keras, peningkatan berat badan, kerontokan rambut, jerawat, perubahan mood, gangguan metabolisme lemak, hirsutisme, gangguan m [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *