Memilih Sunblock yang Aman

Memilih-Sunblock-yang-Aman.jpg

Penting adanya untuk memilah pilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda. Seperti halnya sunblock atau tabir surya. Sunblock lumrah digunakan untuk mencegah kulit terbakar dari sinar matahari ketika beraktifitas diluar ruangan.

Begitu banyak ragam produk yang ditawarkan oleh produsen kosmetik sunblock yang beredar di pasaran dewasa ini. Guna memudahkan proses pencermatan tiap produk yang benar-benar dibutuhkan dan sesuai oleh tubuh kita, simak beberapa kiat berikut ini:

  1. Pilihlah Sunblock yang Memiliki SPF 30 atau Lebih.
    SPF 30 memberi perlindungan kulit dari sinar matahari selama durasi 300 menit. Jadi, sesuaikan dengan pemilihan sunblock dengan lama aktifitas anda dibawah sinar matahari langusng.

  2. Gunakan Sunblock dengan Spektrum yang Cukup Lebar.
    Sunblock yang memiliki spektrum yang cukup lebar mampu melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari jenis UVA dan UVB. Sinar ultraviolet UVA adalah sinar ultraviolet dari matahari yang tidak langsung jatuh di permukaan kulit, sinar inilah yang berpotensi menimbulkan kanker kulit. Sementara UVB merupakan sinar ultraviolet dari matahari yang langsung jatuh kepermukaan kulit.

  3. Gunakan Sunblock Kembali Setelah Waktu effektifitasnya Terlewati (SPF).
    Sering pemakaian sunblock bersamaan dengan aktivitas berenang di luar ruangan, tanpa kita ketahui, air dapat melunturkan sunblock dari kulit. Oleh karena itu pastikan untuk mengulang pemakaian sunblock lebih awal sebelum masa efektif perlindungannya (SPF) terlewati.

  4. Hindari sunblock yang Mengandung Oxybenzone.
    Oxybenzone merupakan racun yang dimiliki penahan sinar matahari (sunscreen) yang notabene merupakan salah satu faktor penyebab kanker kulit. Lebih baik gunakan sunscreen berbahan Zinx Oxide atau Titanium oxide.

  5. Belilah sunblock yang Baru Tiap Tahun.
    Hampir semua sunblock mulai kehilangan daya pelindungnya setelah 12 bulan. Hal ini dikarenakan zat kandungannya yang mudah mulai memudar setelah masa tersebut.

  6. Hindari Kontak Langsung dengan Sinar Matahari Pada Tengah Hari
    Matahari berada normalnya berada tepat di atas kita saat jam 12.00, sebisa mungkin jangan terlalu berlama terkena paparan sinar matahari pada kala sinar matahari sedang mengeluarkan daya optimalnya.

  7. Gunakan Pakaian yang Cukup Menutup Kulit.
    Jelas sekali hal ini akan membantu mengurangi kemungkinan keburukan paparan sinar ultra violet jatuh langsung kepermukaan kulit.

  8. Pakai Perawatan Lebih Khusus Ketika Harus Pergi ke Pantai.
    Terlebih jika sengaja hendak berjemur. Ini dilakukan dengan lebih sering memberikan sunblock kekulit.

  9. Minum Air Putih Secukupnya.
    Air akan membantu menjaga kelembaban kulit dan membantu sunblock untuk memberi perlindungan kulit lebih baik terhadap sinar ultraviolet.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
3 Trik Kulit Sehat Selama Bulan Puasa

3 Trik Kulit Sehat Selama Bulan Puasa

Wanita yang sempurna itu cantik lahir batin. Ketika puasa, kecantikan batin kita akan memancar seiring dengan pahala yang dikumpulkan sebulan penuh. Tapi bukan berarti kecantikan fisik kita jadi terlupakan. Meski puasa, kulit pun kita bisa dijaga agar tetap sehat segar berseri. Salah satu yang dikhawatirkan ketika bulan puasa adalah kulit menjadi kusam. Ini diakibatkan karena kita menahan lapar dan dahaga selama sehari, kita kekurangan cairan serta vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan kulit tetap sehat. Akibatnya kulit menjadi kusam, mengering, bersisik dan keriput. Untuk mencegah hal ini terjadi, banyak wanita yang menggunakan obat-obatan kimiawi yang sebenarnya bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Padahal ada cara yang lebih alami dan sederhana agar kulit cantik dipandang mata selama bulan puasa: Makan banyak sayuran dan buah-buahanKetika sahur kita cenderung makan banyak agar perut terasa kenyang. Begitu pun ketika berbuka, kita makan banyak untuk membalas lapar. Untuk mencegah ini, banyaklah makan sayuran dan buah-buahan ketika sahur dan puasa. Makanlah sayur dan buah yang banyak vitamin A, C, dan E karena bermanfaat sebagai antioksidan bagi kulit. Ini untuk melindungi kul [...]

Salah Kaprah yang Paling Sering Terjadi Ketika Merawat Kulit

Salah Kaprah yang Paling Sering Terjadi Ketika Merawat Kulit

Lho, sudah rajin cuci muka, sudah pakai kosmetik pembersih yang cocok, kok masih kusam juga? Bisa jadi kesalahannya bukan di produknya, melainkan karena kebiasaan-kebiasaan yang sering kita sepelekan.Pasalnya, sulit dipungkiri kita sering tidak menyadari penyebab kulit tidak sehat antara lain karena pola hidup kita yang secara tidak sengaja dilakukan setiap hari, hal ini baru disadari ketika kita melihat kulit wajah terlihat kusam, terdapat noda hitam di wajah atau kulit tampak kering dan bersisik.Apa sajakah kebiasaan yang sering kita sepelekan ketika merawat kulit wajah?Berikut kesalahan yang terkait dengan kesehatan kulit: 1. Tidak membersihkan wajah sebelum tidur Kebiasaan tidak membersihkan kosmetik sebelum tidur dapat membuat kulit wajah Anda menjadi tidak sehat. Hal ini dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan kulit, antara lain: pori-pori menjadi lebihbesar, pori-pori menjadi tersumba [...]

Awas! AC Bisa Merusak Kulit, Lho!

Awas! AC Bisa Merusak Kulit, Lho!

Memang nyaman berada di ruangan ber-AC (Air Conditioner). Bahkan untuk sebagian orang, kenyamanan suhu yang disediakan AC menjadi suatu keharusan agar kerja lebih produktif dan kreatif. Namun dibalik kenyamanan yang ditawarkan, AC memberikan dampak pada kesehatan kulit secara langsung, yakni kulit kehilangan kelembabannya dan menjadi kering. Namun tidak usah khawatir, karena berikut ini adalah contekannya untuk menjaga kenyamanan aktivitas tanpa risau akan kulit yang kering akibat paparan AC, antara lain: Suhu Air Mandi Semua berawal pada saat persiapan bekerja, yakni mandi pagi. Hindari mandi yang menggunakan suhu air terlalu panas. Karena air bersuhu tinggi akan mudah mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan suhu air yang biasa (bersuhu temperatur ruangan). Hal ini berlaku juga ketika Anda mandi di akhir hari. Jika Anda senang dan menikmati berendam, usahakan batasi cukup 5 hingga 10 menit saja paling lama. Pelembab Setelah Mandi Dengan menggunakan pelembab setelah mandi, pelembab akan membantu menahan molekul air yang terpapar setelah mandi dan menguncinya lebih lama. Pada kulit yang tidak diberikan pelembab setelah mandi, maka molekul air di kulit yang di dapa [...]

Depresi Bisa Merusak Kulit

Depresi Bisa Merusak Kulit

Dampak stres pada kulit tidak main-main. Stres dapat menyebabkan berbagai reaksi kimia dalam tubuh yang menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif. Stres juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit yang sudah ada seperti jerawat atau alergi (eksim) menjadi lebih parah.Ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon stres yang disebut dengan kortisol dan juga beberapa hormon lainnya yang menyebabkan kelenjar sebasea yang memproduksi sebum (minyak) menjadi lebih aktif sehingga kulit menjadi lebih berminyak. Kulit yang lebih berminyak lebih rentan mengalami masalah.Untuk itu, penanganan stres yang baik dan benar akan membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih sehat, cerah dan segar. Selain itu, ketika stres memang tidak dapat dihindari kita dapat mengurangi efek buruknya terhadap kulit dengan melakukan perawatan kulit yang baik.Berikut adalah beberapa yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulit meskipun dalam kondisi stres, selengkapnya di halaman selanjutnya: [...]

Solusi Kulit Kering Karena AC

Solusi Kulit Kering Karena AC

Oleh: dr. Nadia Octavia Meskipun nyaman berada di ruangan ber-AC (Air Conditioner). AC yang bermasalah dapat mengundang masalah baru untuk kesehatan kulit, yakni kulit kehilangan kelembabannya dan kulit menjadi kering. Namun tidak usah khawatir, berikut ini adalah kiat-kiatnya untuk menjaga kenyamanan aktivitas tanpa risau akan kulit yang kering akibat paparan AC, antara lain: Suhu Air Mandi Ketika Anda mandi, hindarilah mandi dengan air yang panas. Karena air bersuhu tinggi lebih mudah mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan suhu air yang biasa. Jika Anda senang dan menikmati berendam, usahakan batasi cukup 5 hingga 10 menit saja paling lama. Pelembab Setelah Mandi Gunakan pelembab setelah mandi, karena pelembab akan membantu menahan molekul air yang terpapar setelah mandi dan menguncinya lebih lama. Bahan Baju Juga Penting Hindari mengenakan pakaian yang terbuat dari wol atau serat sintetis lainnya. Karena bahan tersebut mudah menimbulkan iritasi pada kulit kering. Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan katun atau serat alami lainnya. Minum Air Putih Kondisi kelembaban kulit sangat bergantung pad [...]

3+1 Makanan untuk Atasi Kulit Berminyak

3+1 Makanan untuk Atasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak bisa dimiliki oleh semua perempuan dari usia muda hingga lanjut. Aktivitas kelenjar minyak (sebum) yang berlebihan adalah penyebab utamanya. Tak heran kulit berminyak mudah dikenali dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengilap. Mengubah pola asupan nutrisi sehari-hari dapat mengatasi masalah kulit berminyak. Apa saja makanan yang perlu dikonsumsi? Berikut di antaranya:1. Hindari Makanan Rendah LemakMakanan berlemak dan makanan yang digoreng sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak karena dapat meningkatkan produksi minyak di kulit. Konsumsilah makanan segar yang rendah lemak trans dan lemak jenuh. Pilih yoghurt tanpa lemak ketimbang yoghurt manis yang ditambahi susu. Olahan ikan atau unggas tanpa kulit (yang tidak digoreng) juga baik untuk disantap ketimbang ayam goreng.Berikut menu makanan lainnya yang dapat membantu mengatasi kulit berminyak: Makanan Lainnya Pencegah Kulit Berminyak [...]

Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Berolahraga

Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Berolahraga

Berolahraga sambil melihat pemandangan indah di luar memang menyenangkan, tapi hal ini bisa menjadi musuh bagi kulit.?Bahaya utama jika Anda berolahraga di luar ruangan adalah paparan sinar matahari,? ungkap April Armstrong, MD, asisten profesor dermatologi di University of California. Sinar matahari tidak hanya dapat membuat wajah tampak lebih tua, tetapi juga meningkatkan risiko kanker kulit. Tidak mau ?kan jika tubuh Anda bugar, tapi kulit Anda malah bermasalah?Armstrong menambahkan, waktu yang tepat untuk menghindari olahraga di luar ruangan adalah pukul 10 pagi hingga 4 sore. Namun jika Anda memang harus berolahraga saat matahari sedang puncak-puncaknya, maka gunakanlah tabir surya. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak atau masalah dengan jerawat, pilih produk bebas minyak dengan perlindungan SPF.Meski demikian, jangan hanya mengandalkan tabir surya sendiri untuk melindungi kulit. Karena keringat yang mengucur saat Anda berolahraga dapat melunturkan tabir surya, sehingga meningkatkan kemungkinan wajah jadi terbakar. Untuk perlindungan tambahan, kenakan pakaian yang benar-benar menutupi kulit dan topi.Untuk mencegah ruam atau masalah kulit lainnya setelah berolahraga, Anda [...]

Cara Kulit Tetap Cantik di Usia 40

Cara Kulit Tetap Cantik di Usia 40

40 mungkin angka yang cukup ditakuti oleh banyak wanita. Pada usia tersebut, kemampuan kulit untuk mempertahankan kondisinya semakin menurun sehingga tanda-tanda penuaan pada wajah mulai terlihat secara signifikan. Misalnya, garis-garis halus di sekitar mata, kerutan, serta penurunan kekencangan kulit.Proses penuaan tersebut dipengaruhi oleh banyak hal, di antaranya paparan sinar matahari, polusi, stres, dan lainnya.Berikut adalah kiat-kiat yang bisa Anda lakukan agar kulit tetap terlihat cantik dan segar: Lakukan pengelupasan Pengelupasan atau eksfoliasi adalah pengangkatan sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit. Menghapus sel-sel mati akan memperbaiki warna kulit, membuka penyumbatan pori-pori, dan membantu mencegah jerawat. Gunakan scrub wajah yang lembut Gunakan pelembap Seiring bertambahnya usia, kulit cenderung menjadi kering karena kelenjar penghasil minyak menjadi kurang aktif. The Mayo Clinic merekomendasikan untuk memilih pelembap berbasis minyak yang mengandung petrolatum, bersamaan dengan antioksidan atau AHA untuk memerangi kerutan Fokus pada mata Riasan pada mata akan mengalihkan perhatian dari setiap garis-garis halus atau kerutan. Untuk se [...]

Jenis Kulit Apakah Anda?

Jenis Kulit Apakah Anda?

Untuk dapat menentukan perawatan kulit yang tepat, terlebih dahulu kita harus mengenali dengan baik jenis kulit yang dimilki. Karena pada prinsipnya, setiap jenis kulit akan berbeda teknik perawatannya. Pada dasarnya, terdapat 3 klasifikasi jenis kulit pada manusia, ketiga tipe dasar kulit adalah kering, berminyak, dan kombinasi. 1. Kulit BerminyakKulit berminyak memiliki ciri-ciri khusus, yakni mudah terindikasi dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengkilap. Pada jenis kulit macam ini, banyak kasus timbulnya komedo dan jerawat. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan kalenjar minyak (sebum) yang sebetulnya berfungsi membantu mencegah kulit dari kekeringan. Namun akibat lingkungan yang penuh kotoran dan debu yang tidak terlihat, kulit berminyak cenderung lebih mudah ?menangkap? kotoran dan debu yang tidak terlihat tersebut dibangdingkan jenis kulit kering. Tak ayal, kulit berminyak cenderung lebih mudah timbul jerawat pada permukaan kulit. Perawatan Kulit Berminyak: Sesungguhnya kendala ini mudah diatasi dengan mencuci muka dengan sabun khusus muka dan air yang mengalir. Cukup basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang mene [...]

6 Makanan yang Perlu Dikendalikan Demi Kesehatan Kulit

6 Makanan yang Perlu Dikendalikan Demi Kesehatan Kulit

Pepatah lama ?You are what you eat? juga berlaku untuk kesehatan kulit. Bahkan, nutrisi yang buruk memiliki dampak yang sama jeleknya dengan merokok. Mengapa demikian? Pola makan yang buruk dapat menyebabkan peradangan, yang memicu stres oksidatif dan pada akhirnya merusak kolagen serta DNA. Inilah yang dapat membuat kulit Anda terlihat lebih tua. Berikut adalah 6 jenis makanan yang perlu Anda hindari agar kesehatan kulit tetap terjaga:1. Nasi putihNasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang akan mempengaruhi pelepasan insulin. Karbohidrat apapun dengan indeks glikemik tinggi dapat membuat penumpukan ?gula? di dalam tubuh sehingga menyebabkan wajah terlihat lebih tua.2. Kue Beras Dulu kue beras menjadi makanan para supermodel untuk menjaga berat badan, kemudian hal tersebut diikuti oleh banyak orang. Namun sayangnya menurut Valori Treloar, MD, dermatologi dan penulis The Clear Skin Diet, kue beras dapat menyebabkan gula darah melonjak dan mempercepat pembentukan keriput. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *