Meminimalkan Reaksi Alergi Debu dengan Cara Ini

meminimalkan-reaksi-alergi-debu-dengan-cara-ini-alodokter1.jpg

Anda sering bersin disertai hidung dan mata yang kemerahan, hidung berair (meler), serta gatal? Bisa jadi Anda menderita alergi. Ada berbagai macam alergi, salah satunya adalah alergi debu.

Debu dapat terlihat mengambang ketika tersorot sinar matahari. Debu bisa terdiri dari kulit mati, bulu hewan piaraan, spora dari jamur, potongan tubuh kecoak yang sudah mati, atau bahkan hewan kecil bernama tungau. Bangkai dan kotoran tungau inilah yang mampu menimbulkan reaksi alergi pada seseorang.

Tungau, sebagai salah satu penyebab utama reaksi alergi, adalah hewan yang sangat kecil dari keluarga laba-laba. Hewan yang hanya bisa terlihat dengan mikroskop ini suka hidup di lingkungan yang hangat (sekitar 20�C) dan lembap. Tempat tidur, karpet, dan bantal adalah tempat-tempat yang ideal bagi keberadaan tungau. Tungau memakan sel-sel kulit mati manusia dan meninggalkan gundukan kotoran serta bangkai yang dapat menjadi penyebab alergi.

Seseorang yang memiliki kondisi alergi menghirup udara yang bercampur dengan tungau, sistem kekebalan tubuhnya memproduksi antibodi terhadap benda yang umumnya tidak berbahaya ini. Respons imun yang terlalu berlebihan inilah yang menyebabkan bersin dan ingus meler.

Gejala Alergi Debu

Gejala-gejala alergi debu bisa berupa bersin, hidung berair, mata merah dan gatal, batuk, nyeri wajah, kulit di bawah mata bengkak dan berwarna biru, gatal pada hidung, langit-langit mulut, atau pada tenggorakan.

Mengenai bentuk penyakitnya, alergi debu dapat bervariasi, yaitu mulai dari gejala ringan hingga berat. Alergi debu ringan dapat menyebabkan pilek, mata berair, dan bersin-bersin. Sedangkan pada kasus alergi debu parah, penderita bisa mengalami bersin terus-menerus, batuk, hidung tersumbat, atau serangan asma berat.

Meminimalkan Alergi Debu

Reaksi akibat alergi debu ini dapat dicegah atau setidaknya diminimalkan dengan berbagai cara, seperti:

  • Membersihkan secara rutin berbagai perabotan di rumah Anda, terutama tempat-tempat yang biasanya menjadi tempat penampungan debu dan cenderung diabaikan, seperti bagian atas bingkai foto atau bagian atas kepala tempat tidur, dan sebagainya.
  • Membersihkan karpet dan lantai tiap hari., Untuk hasil yang lebih baik, gunakan penyedot debu. Jangan lupa juga untuk menyedot debu di bawah tempat tidur karena tungau banyak berkumpul di daerah itu. Gunakan karpet berukuran kecil atau bahkan tidak perlu gunakan karpet sama sekali agar tungau tidak hidup di situ.
  • Cucilah seprai, selimut dan tirai dengan air bersuhu di atas 50�C untuk membunuh tungau.
  • Gunakan furnitur dari kayu, plastik, kulit, atau vinil karena dapat dengan mudah dibersihkan.
  • Jangan menaruh boneka, mainan, hiasan dinding, buku, bunga buatan, dan sebagainya di kamar tidur agar tidak menjadi habitat tungau.
  • Hindari menggunakan selimut dari wol.

Untuk melindungi anak Anda yang sensitif terhadap debu atau menderita alergi debu, selain hal-hal di atas, Anda juga dapat menyimpan mainan-mainan yang berpotensi menjadi tempat terkumpulnya debu dan menyingkirkannya dari kamar tidur anak, hindari atau tidak membeli boneka mainan yang berbahan lembut. Sebagai referensi, hanya gunakan mainan yang bisa dicuci dan upayakan untuk menyimpan mainan di dalam wadah yang tertutup.

Gejala alergi debu, seperti bersin, mirip dengan tanda-tanda pilek biasa sehingga terkadang sulit untuk bisa mengetahui apakah Anda atau anak Anda terserang alergi atau pilek. Namun jika gejalanya sudah terjadi lebih dari satu minggu, kemungkinan Anda terserang alergi.

Segera hubungi dokter jika Anda atau anak Anda mengalami gejala-gejala alergi, seperti hidung tersumbat, sulit tidur, atau mengi. Segera pergi ke ruang perawatan darurat jika Anda mengalami mengi atau sesak napas yang memburuk atau jika Anda kesulitan bernapas.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tips Berpuasa Sehat untuk Anak

Tips Berpuasa Sehat untuk Anak

Apakah anak saya sudah cukup umur untuk berpuasa? Dalam agama Islam, berpuasa tidak wajib untuk anak yang belum mencapai pubertas. Untuk menilai apakah anak sudah siap, beberapa faktor perlu diperhatikan, antara lain: berat badan saat ini (status gizi), perkembangannya, dan apakah anak memiliki kondisi khusus (misalnya: diabetes). Bila status gizi anak masuk ke dalam kategori kurang atau memiliki kondisi khusus, berpuasa sebaiknya tidak dilakukan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak. Bagaimana cara memastikan bahwa anak dapat berpuasa dengan aman? Ketika kita berpuasa, tubuh mengalami detoksifikasi dengan membuang radikal bebas dan lemak tubuh yang berlebih. Karena sebagian besar anak tidak memiliki toksin atau akumulasi lemak, berpuasa menjadi suatu hal yang lebih menantang dan melelahkan untuk anak. Apalagi anak belum terbiasa untuk berpuasa. Tips Berpuasa Sehat untuk Anak Karena itu, kita harus memastikan bahwa anak: Makan karbohidrat kompleks dan protein: Karbohidrat kompleks menolong melepaskan energi secara lambat selama puasa. Idealnya, menu sahur sebaiknya mencakup nasi, protein dari telur atau daging, serta sayuran segar. [...]

Histeria Konversi: Stres yang Bisa Bikin Lumpuh dan Buta

Histeria Konversi: Stres yang Bisa Bikin Lumpuh dan Buta

Setelah menghilangkan cek senilai 1 miliar rupiah di kantornya, keesokan harinya tiba-tiba Joni lumpuh dan tidak dapat berjalan. Joni panik dan bingung akan kelumpuhannya yang tiba-tiba ini. (Baca: 5 Gejala Stroke) Dalam dunia medis, terutama ilmu psikiatri, atau ilmu yang mempelajari kejiwaan manusia, dikenal salah satu penyakit yang disebut histeria konversi. Dahulu lebih dikenal dengan nama histeria saja. Pada penderita histeria konversi, seseorang tidak mampu menahan beban mentalnya, atau beban pikirannya, sehingga terjadi konversi menjadi gejala fisik. (Baca: Stres Sebabkan Kebotakan) Gejala fisik ini bisa berupa kebutaan mendadak, kelumpuhan mendadak, dan beberapa gejala lain. Si penderita betul-betul merasa dirinya lumpuh atau buta, jadi penderita tidak memalsukan keadaannya, hal ini berbeda dengan koruptor yang diundang ke persidangan dan berpura-pura sakit, atau seorang pembantu rumah tangga yang berpura-pura tuli demi terhindar dari kewajibannya, kedua hal ini memiliki istilah lain, yaitu malingering. Malingering tidak sama dengan histeria konversi. Pada penderita histeria konversi, dokter tidak akan menemukan kelainan secara fisik sehingga kasus ini seringkali membingun [...]

Minum Pil Anti Botak, Pria Ini Malah Jadi Transgender

Minum Pil Anti Botak, Pria Ini Malah Jadi Transgender

Seorang transgender bernama Mandi baru-baru ini menceritakan kisahnya kepada acara bincang-bincang bersama Anderson Cooper. Malangnya nasib pria ini, akibat minum pil anti botak, hormon tubuhnya malah menjadi feminin dan membuatnya jadi kewanita-wanitaan.Awalnya, ayah satu anak bernama William McKee ini hanya ingin mencegah kebotakan rambutnya. Berprofesi sebagai insinyur piranti lunak, dirinya kerap stres dan rambutnya membotak lebih cepat, terlebih karena keturunannya banyak yang mengalami hal ini.Pria berusia 38 tahun asal Tampa, Florida itupun mulai mengonsumsi obat generik Propecia bernama finastride yang berfungsi untuk menunda efek kebotakan akibat faktor keturunan. Namun seiring waktu berjalan, perubahan yang lebih besar pada tubuhnya telah terjadi.Setelah beberapa bulan mengonsumsi pil tersebut, ia merasa tubuhnya menjadi lebih feminin. Ia juga mengaku saat memesan pil tersebut via internet, ia hanya tahu kalau obat yang dibuat di India itu layak dikonsumsi oleh asosiasi obat-obatan Amerika."Aku mengalami depresi akut, dan memasuki tahun 2011, pernikahanku berakhir. Aku hidup sendirian," ujar William yang kini ganti nama menjadi Mandi. "Aku merasakan gejala perubahan me [...]

Perlambat Penuaan dengan Tabir Surya

Perlambat Penuaan dengan Tabir Surya

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Tampak awet muda adalah dambaan semua orang, terutama perempuan. Proses penuaan pada kulit merupakan suatu proses yang akan terus berlangsung dan tidak dapat dihentikan, namun dapat diperlambat. Salah satu rahasia untuk tampak awet muda ternyata tidak terlalu sulit, yaitu dengan menggunakan tabir surya setiap hari. Peneliti dari Australia menemukan bahwa orang yang menggunakan tabir surya (sunscreen) setiap hari memiliki garis keriput yang lebih sedikit dibanding mereka yang tidak menggunakan tabir surya secara teratur. Penelitian ini dilakukan pada 900 orang warga Australia yang berusia 25-55 tahun dan dilihat perkembangan kondisi kulitnya selama 4,5 tahun. Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa orang dewasa (pria dan wanita) yang menggunakan tabir surya setiap hari memiliki garis keriput 24% lebih sedikit dibanding mereka yang hanya menggunakannya sewaktu-waktu. Penggunaan tabir surya secara teratur pada usia remaja dan dewasa muda memiliki manfaat secara kosmetik dengan memperlambat proses penuaan dan menurunkan risiko kanker kulit dalam jangka lama. Bagaimana bisa begitu? Sebagian besar masalah penuaan disebabkan oleh paparan sinar matahari (p [...]

4 Manfaat Kesehatan Yang Didapat Jika Tidur Bersama Suami

4 Manfaat Kesehatan Yang Didapat Jika Tidur Bersama Suami

Ada beberapa pasangan menikah yang ternyata tidak tidur bersama. Alasannya bisa bervariasi misalnya, karena kebiasaan mendengkur, ingin menonton televisi atau sering lembur kerja.Pasangan yang tidak tidur bersama dapat kehilangan banyak hal. Mulai dari ciuman, kedekatan fisik hingga manfaat kesehatan tubuh. Seperti yang dikutip dari iMom, berikut empat efek positif tidur bersama suami.1. Mengurangi StresMenurut laporan dari Wall Street Journal, tidur bersama pasangan yang memiliki hubungan sehat dapat menurunkan kadar kortisol. Seperti yang diketahui, kortisol biasa disebut sebagai hormon stres. Para peneliti dari University of Pittsburgh di Amerika meyakini bahwa tidur bersama suami bisa membantu menurunkan kadar hormon kortisol, yang kemudian mendorong rasa aman dan keselamatan2. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit JantungKenaikan kortisol dalam jangka panjang terkait dengan peningkatan sitokin--protein yang terlibat dalam peradangan yang bisa memicu penyakit jantung, depresi, dan gangguan auto-imun. Tidur bersama mempunyai efek protektif dengan menurunkan level dari protein tersebut.3. Meningkatkan Hormon CintaSelain itu, oksitosin atau yang biasa disebut hormon cinta, juga ik [...]

Sel Darah Merah Universal?

Sel Darah Merah Universal?

Terbatasnya stok darah jenis tertentu, semakin banyaknya orang yang membutuhkan transfusi darah, dan lamanya proses pencocokkan jenis darah antara donor dan penerimanya adalah beberapa masalah serius yang harus dihadapi masyarakat jika ingin melakukan transfusi darah. Semua hal ini membutuhkan usaha yang berat dalam menemukan jenis darah yang tepat dengan tepat waktu. Sebagai jalan keluarnya, kini para peneliti sedang mengembangkan produk ?sel darah merah universal? yang dapat menghapuskan keharusan untuk mencocokkan jenis darah dengan penerimanya sebelum transfusi darah dilakukan. Laporan tentang pengembangan ini dimuat dalam Jurnal ACS mengenai Biomacromolecules pada tanggal 9 Maret 2011. Maryam Tabrizian dan koleganya mencatat bahwa setiap transfusi darah membutuhkan kecocokan antara pendonor dengan penerima donor. Hal ini menjadi sulit ketika mengingat terdapat 29 jenis sel darah yang berbeda, termasuk yang paling dikenal seperti jenis ABO dan Rh. Transfusi jenis darah yang salah dapat menyebabkan reaksi imun yang serius dan dapat menyebabkan kegagalan organ atau kematian. Maka dari itu, sejak dulu para peneliti mencari cara untuk menciptakan sel darah merah yang bisa dipakai u [...]

40 Persen Persalinan di Indonesia Masih di Rumah

40 Persen Persalinan di Indonesia Masih di Rumah

Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia memaparkan keprihatinannya terhadap kondisi kualitas kesehatan ibu hamil dan melahirkan di Indonesia. Pada kesempatannya dalam memberikan sambutan pada acara Forum Diskusi Rekomendasi Perbaikan Gizi Nasional Terkait 1000 Hari Pertama Kehidupan, pada Selasa (14/8) pagi lalu, Prof. dr Ali Ghufrom Mukti M.Sc.,Ph.D. menyampaikan masih banyak ibu hamil di seluruh Indonesia yang melakukan persalinan di rumah. Persalinan merupakan proses yang sangat membutuhkan atensi aspek kesehatan secara penuh. Dimana kehamilan dan persalinan yang tidak aman dapat menempatkan ibu maupun calon bayi dalam kondisi yang membahayakan nyawanya. "Tidak seperti banyak negara tetangga kita, di Indonesia 40% persalinan masih dilakukan di rumah," tutur pria yang dikenal media sebagai 'Pakar Jamkesmas'. Lebih lanjut Wamenkes menyampaikan harapannya terhadap proses peningkatan kualitas kesehatan ibu hamil, ibu melahirkan dan gizi anak di Indonesia dapat mencapai target MDG's 4 & 5. Pada kesempatan yang sama, dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A (K) juga menyampaikan hal keprihatinan yang senada dari aspek kesehatan anak di Indonesia. "Angka kematian balita d [...]

10 Cara Stimulasi Otak untuk Anak Cerdas

10 Cara Stimulasi Otak untuk Anak Cerdas

Otak anak berkembang dengan sangat cepat pada tiga tahun pertama kehidupannya, yang disebut sebagai golden period. Otak terdiri dari jutaan neuron yang saling berhubungan satu sama lain. Semakin banyak hubungan neuron yang terbentuk, anak akan semakin pintar. Pembentukan koneksi antar neuron dapat dipicu oleh faktor lingkungan seperti warna, suara, bau, gerakan, sentuhan, dan sebagainya. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan orang tua untuk menstimulasi kecerdasan si kecil: 1. Biarkan dan ajak anak bermain Ajaklah anak bermain, akan lebih baik jika bermain dengan anak usianya. Selain mengasah otak juga dapat mengajarkan cara bersosialisasi. Pilihlah mainan yang sesuai dengan usianya. Untuk anak usia 12-24 bulan, dapat menggunakan mainan dengan beragam bentuk (balok, segitiga, bola, binatang), boneka, mainan yang bisa berjalan (mobil-mobilan, kereta), buku berwarna, dan sebagainya. Silakan klik ?next? untuk selanjutnya. 10 Cara Stimulasi Otak untuk Anak Cerdas 2. Floor time Sempatkan waktu untuk menghabiskan waktu bersama Anda (orang tua) dengan buah hati untuk berinteraksi dan bermain. 3. Musik Mengenalkan berbagai jenis musik terhadap anak dapa [...]

Kenaikan Harga Obat Batal, GP Farmasi Himbau Produsen Memakai Harga 2010

Kenaikan Harga Obat Batal, GP Farmasi Himbau Produsen Memakai Harga 2010

Faktor inflasi dan kenaikan upah minimum pekerja telah menyebabkan beberapa industri farmasi menaikkan harga obat pada awal tahun 2011. Hal ini telah membuat masyarakat kurang mampu menjadi khawatir. Untuk itu, Gabungan Pengusaha (GP) Farmasi Indonesia berkomitmen membatalkan rencana kenaikan harga tersebut. Komitmen ini juga didukung oleh perusahaan-perusahaan farmasi nasional anggota GP Farmasi Indonesia. GP Farmasi sebelumnya telah mengimbau 15 perusahaan farmasi yang telanjur menaikkan harga obat segera menurunkan harga obatnya selambat-lambatnya pada tanggal 1 Maret 2011. Jika harga tidak turun, maka volume obat akan menurun dan mengancam penurunan industri obat tahun ini. "Ini merupakan partisipasi asosiasi terhadap kondisi masyarakat saat ini. Tidak tepat menaikkan harga. Kami mengimbau, produsen yang menaikkan harga awal Januari 2011, mengembalikan kembali ke harga 2010," ungkap Ketua Umum GP Farmasi Anthony J Sunarjo. Beliau memaparkan bahwa kenaikan ini hanya berkisar 1-2 persen, dan maksimal kenaikan sebesar 10 persen. Hanya ada tidak sampai 10 persen dari 204 perusahaan anggota GP Farmasi yang menaikkan harga, dan itu berarti sebagian besar dari mereka tidak menaikkan h [...]

4 Penyebab Kematian Mendadak Usia Muda

4 Penyebab Kematian Mendadak Usia Muda

Oleh: dr. Jessica Florencia Apakah Anda pernah dikejutkan dengan berita duka kematian seseorang yang begitu tiba-tiba dalam usia muda? Kematian mendadak memang tidak sering ditemui, namun kejadiannya makin sering ditemukan baik pada usia tua maupun pada usia yang semakin muda. Beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan kematian mendadak pada usia muda yang perlu diwaspadai adalah: 1. Henti JantungKematian mendadak karena henti jantung dapat diakibatkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah: Adanya masalah pada pembuluh darah jantung baik penyumbatan maupun pembuluh darah jantung yang tidak normal Otot jantung yang menebal sehingga membuat proses pompa darah jantung menjadi sangat sulit. Adanya masalah irama jantung yang diturunkan secara genetik 2. Pecahnya Pembuluh Darah Pecahnya pembuluh darah terutama dapat disebabkan karena beberapa hal: Pelebaran pembuluh darah dan menipisnya dinding pembuluh darah, dalam dunia medis disebut dengan aneurisma. Kondisi ini dapat terjadi di pembuluh darah besar seperti di pembuluh utama jantung atau di pembuluh darah otak atau ginjal. Tekanan darah yang terlalu tinggi dan tidak terkontrol dapat menyebab [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *