Meminimalkan Reaksi Alergi Debu dengan Cara Ini

meminimalkan-reaksi-alergi-debu-dengan-cara-ini-alodokter1.jpg

Anda sering bersin disertai hidung dan mata yang kemerahan, hidung berair (meler), serta gatal? Bisa jadi Anda menderita alergi. Ada berbagai macam alergi, salah satunya adalah alergi debu.

Debu dapat terlihat mengambang ketika tersorot sinar matahari. Debu bisa terdiri dari kulit mati, bulu hewan piaraan, spora dari jamur, potongan tubuh kecoak yang sudah mati, atau bahkan hewan kecil bernama tungau. Bangkai dan kotoran tungau inilah yang mampu menimbulkan reaksi alergi pada seseorang.

Tungau, sebagai salah satu penyebab utama reaksi alergi, adalah hewan yang sangat kecil dari keluarga laba-laba. Hewan yang hanya bisa terlihat dengan mikroskop ini suka hidup di lingkungan yang hangat (sekitar 20�C) dan lembap. Tempat tidur, karpet, dan bantal adalah tempat-tempat yang ideal bagi keberadaan tungau. Tungau memakan sel-sel kulit mati manusia dan meninggalkan gundukan kotoran serta bangkai yang dapat menjadi penyebab alergi.

Seseorang yang memiliki kondisi alergi menghirup udara yang bercampur dengan tungau, sistem kekebalan tubuhnya memproduksi antibodi terhadap benda yang umumnya tidak berbahaya ini. Respons imun yang terlalu berlebihan inilah yang menyebabkan bersin dan ingus meler.

Gejala Alergi Debu

Gejala-gejala alergi debu bisa berupa bersin, hidung berair, mata merah dan gatal, batuk, nyeri wajah, kulit di bawah mata bengkak dan berwarna biru, gatal pada hidung, langit-langit mulut, atau pada tenggorakan.

Mengenai bentuk penyakitnya, alergi debu dapat bervariasi, yaitu mulai dari gejala ringan hingga berat. Alergi debu ringan dapat menyebabkan pilek, mata berair, dan bersin-bersin. Sedangkan pada kasus alergi debu parah, penderita bisa mengalami bersin terus-menerus, batuk, hidung tersumbat, atau serangan asma berat.

Meminimalkan Alergi Debu

Reaksi akibat alergi debu ini dapat dicegah atau setidaknya diminimalkan dengan berbagai cara, seperti:

  • Membersihkan secara rutin berbagai perabotan di rumah Anda, terutama tempat-tempat yang biasanya menjadi tempat penampungan debu dan cenderung diabaikan, seperti bagian atas bingkai foto atau bagian atas kepala tempat tidur, dan sebagainya.
  • Membersihkan karpet dan lantai tiap hari., Untuk hasil yang lebih baik, gunakan penyedot debu. Jangan lupa juga untuk menyedot debu di bawah tempat tidur karena tungau banyak berkumpul di daerah itu. Gunakan karpet berukuran kecil atau bahkan tidak perlu gunakan karpet sama sekali agar tungau tidak hidup di situ.
  • Cucilah seprai, selimut dan tirai dengan air bersuhu di atas 50�C untuk membunuh tungau.
  • Gunakan furnitur dari kayu, plastik, kulit, atau vinil karena dapat dengan mudah dibersihkan.
  • Jangan menaruh boneka, mainan, hiasan dinding, buku, bunga buatan, dan sebagainya di kamar tidur agar tidak menjadi habitat tungau.
  • Hindari menggunakan selimut dari wol.

Untuk melindungi anak Anda yang sensitif terhadap debu atau menderita alergi debu, selain hal-hal di atas, Anda juga dapat menyimpan mainan-mainan yang berpotensi menjadi tempat terkumpulnya debu dan menyingkirkannya dari kamar tidur anak, hindari atau tidak membeli boneka mainan yang berbahan lembut. Sebagai referensi, hanya gunakan mainan yang bisa dicuci dan upayakan untuk menyimpan mainan di dalam wadah yang tertutup.

Gejala alergi debu, seperti bersin, mirip dengan tanda-tanda pilek biasa sehingga terkadang sulit untuk bisa mengetahui apakah Anda atau anak Anda terserang alergi atau pilek. Namun jika gejalanya sudah terjadi lebih dari satu minggu, kemungkinan Anda terserang alergi.

Segera hubungi dokter jika Anda atau anak Anda mengalami gejala-gejala alergi, seperti hidung tersumbat, sulit tidur, atau mengi. Segera pergi ke ruang perawatan darurat jika Anda mengalami mengi atau sesak napas yang memburuk atau jika Anda kesulitan bernapas.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kurang Vitamin D Buat Wanita Mudah Terkena Hipertensi

Kurang Vitamin D Buat Wanita Mudah Terkena Hipertensi

Dari berbagai macam vitamin yang diperlukan oleh tubuh, vitamin D merupakan salah satu vitamin yang memiliki peran penting, terutama terhadap wanita. Sebuah penelitian di Amerika mengungkapkan bahwa wanita yang kekurangan asupan vitamin D memiliki risiko hipertensi tiga kali lebih tinggi dari mereka yang punya level vitamin D normal.Dikutip dari Reuters, Para peneliti dari Michigan menguji 559 wanita muda sejak tahun 1992, dan menemukan bahwa wanita dengan kadar vitamin D rendah cenderung memiliki penyakit hipertensi dalam 15 tahun kemudian, yaitu pada tahun 2007. "Kami ingin menunjukkan bahwa kurang vitamin D sewaktu muda bisa berakibat buruk dalam jangka panjang, yaitu hipertensi terutama pada wanita paruh baya," ujar Flojaune Griffin dari University of Michigan School of Public Health.Vitamin D bisa didapat dari cahaya matahari, ikan yang berlemak, susu yang difortifikasi (penamabahan zat) dan suplemen makanan. Vitamin D sangat baik untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat dan sehat.Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan hipertensi yang akan memicu penyakit serius seperti stroke, jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya. Bahkan risiko kanker, gangguan sistem kekebalan t [...]

Cegah Risiko Serangan Jantung dengan Rutin Kontrol Gigi

Cegah Risiko Serangan Jantung dengan Rutin Kontrol Gigi

Merawat dan membersihkan gigi secara rutin memang merupakan hal yang sepele dan seringkali tidak diperhatikan. Namun, ternyata hal tersebut dapat memberikan dampak yang cukup serius pada kesehatan secara umum.Kunjungan ke dokter gigi setidaknya dua kali setahun dapat membantu untuk mengurangi risiko menderita serangan jantung atau stroke. Hal tersebut merupakan hasil penelitian dari sekelompok peneliti dari Veterans General Hospital in Taipei, Taiwan.Hasil penelitian tersebut, baru-baru ini telah dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Heart Association (AHA) di Orlando, Florida."Perlindungan dari penyakit jantung dan stroke lebih jelas pada peserta penelitian yang mendapatkan pemeriksaan gigi sedikitnya setahun sekali. Memiliki gigi yang dibersihkan secara rutin oleh tenaga kesehatan profesional dapat untuk mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan peradangan. Bakteri peradangan tersebut dapat menyebakan kondisi yang mengarah pada perkembangan penyakit jantung atau stroke," kata Dr Emily (Zu-Yin) Chen, seorang ahli kardiologi di Veterans General, dalam sebuah rilis berita hasil penelitian di AHA seperti dikutip detikhealth dari HealthNews.Menyikat gigi secara ruti [...]

Gadis Remaja Merokok Beresiko Memiliki Penyakit Tulang

Gadis Remaja Merokok Beresiko Memiliki Penyakit Tulang

Gadis remaja yang merokok memiliki kemungkinan risiko yang lebih besar terkena osteoporosis, menurut sebuah studi baru yang menemukan gadis yang merokok memiliki jumlah pertumbuhan tulang yang lebih sedikit selama periode pertumbuhan yang penting dalam kehidupan mereka. Pada osteoporosis, tulang kehilangan kepadatan mineral dan menjadi rapuh. Orang dengan kondisi - yang jauh lebih sering terjadi pada wanita daripada pria - rentan terhadap patah tulang. Para peneliti meneliti bagaimana merokok, depresi, kecemasan dan alkohol mempengaruhi pertumbuhan tulang pada 262 perempuan mulai usia 11-19 tahun. Selama tiga tahun, gadis-gadis tersebut menjalani uji klinis dan total kandungan mineral tulang dan kepadatan mineral tulang tubuh mereka diukur. Gadis-gadis tersebut juga ditanya apakah mereka punya gejala depresi atau kecemasan, dan juga menyampaikan seberapa sering mereka merokok atau meminum alkohol. Meskipun semua gadis memiliki tentang massa tulang yang sama pada usia 13, terlepas dari berapa banyak mereka merokok, mereka yang lebih sering merokok ditemukan memiliki tingkat pertumbuhan tulang belakang lumbar dan kepadatan mineral tulang pinggul yang lebih rendah ketika mereka mengin [...]

Yuk Lari! Riset Membuktikan Olahraga Lari Bisa Cegah Penyakit Jantung

Yuk Lari! Riset Membuktikan Olahraga Lari Bisa Cegah Penyakit Jantung

Lari atau jogging kini menjadi olahraga yang tren di kalangan anak muda. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya, berlari dapat dilakukan secara rutin dengan waktu yang fleksibel dan kalori yang dikeluarkan pun lebih maksimal. Tak hanya membakar kalori, lari pun memiliki manfaat kesehatan.Menurut penelitian yang telah dipublikasikan dalam Jurnal Ilmu Kardiologi di Amerika Serikat, berlari dengan kecepatan yang konstan atau tidak berubah dalam waktu beberapa menit dapat mencegah risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung. Penelitian yang dalam waktu 15 tahun ini dilakukan kepada lebih dari 55.000 orang dewasa berusia antara 18 sampai 100 tahun. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kesehatan mereka secara keseluruhan, meliputi apakah mereka berolahraga dan berapa lama mereka hidup.Peneliti menemukan bahwa orang-orang yang rutin olahraga lari memiliki risiko kematian sebesar 45% lebih rendah akibat penyakit kardiovaskular dibanding orang-orang yang jarang berlari. Faktanya para pelari rata-rata bisa bertahan hidup tiga tahun lebih lama daripada mereka yang tidak berlari. Riset ini juga melihat usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, merokok dan kebias [...]

Pekerjaan Rumah Tangga, Olahraga atau Bukan?

Pekerjaan Rumah Tangga, Olahraga atau Bukan?

Oleh: dr. Sophia B. Hage Kegiatan sehari-hari di rumah termasuk ke dalam kategori aktivitas fisik (physical activity), hal ini seringkali disebutkan dalam konteks yang sama dengan latihan fisik atau olahraga (exercise), padahal sebenarnya mereka adalah dua istilah yang mewakili sejumlah kegiatan yang berbeda. Aktivitas fisik dijabarkan sebagai segala gerakan tubuh yang dihasilkan oleh kontraksi otot rangka dan menghasilkan kenaikan pengeluaran energi yang bermakna. Sedangkan latihan fisik atau olahraga (exercise) adalah sebuah subkategori dari aktivitas fisik yang dilakukan di waktu senggang dimana dilakukan gerakan-gerakan tubuh yang terencana, terstruktur, dan berulang/repetitif untuk meningkatkan atau mempertahankan salah satu atau seluruh komponen kebugaran fisik. Dari deskripsi di atas, dapat disimpulkan bahwa latihan fisik atau olahraga merupakan bagian dari aktivitas fisik, tetapi merupakan dua hal yang berbeda, baik secara definisi dan manfaat. Kegiatan di rumah seperti menyapu dan mengepel, ataupun menyetrika baju sifatnya tidak terstruktur dan biasanya tidak repetitif sehingga sayangnya manfaat terhadap kesehatan tidak sama dengan olahraga terstruktur seperti berlari atau [...]

Jangan Takut dengan Kista Ovarium

Jangan Takut dengan Kista Ovarium

Tiap wanita pasti takut jika mendengar penyakit bernama kista ovarium. Penyakit ini menjadi hal yang menakutkan karena kehadirannya di tubuh bisa berkembang menjadi kanker dan bersifat mematikan. Pada dasarnya kista ovarium tidaklah berbahaya. Yang membuatnya berkembang menjadi ganas adalah ketika kehadirannya tidak ditangani dengan benar. Deteksi Sedini Mungkin Kista ovarium adalah benjolan berisi cairan yang berkembang pada indung telur (ovarium) wanita. Kondisi ini tergolong umum dialami oleh wanita. Kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Hadirnya kista di ovarium memang sulit terdeteksi karena tidak menimbulkan gejala. Kista baru menampakkan gejala ketika telah berkembang. Kenali gejala-gejala kista ovarium Pada kebanyakan kasus, biasanya kita tidak akan menyadari kehadiran kista ovarium di tubuh. Karena pada dasarnya kehadiran kista sering kali tidak menimbulkan gejala. Namun Anda akan merasakan gejalanya jika memiliki kista yang telah membesar, pecah, atau menutupi aliran darah ke ovarium. Berikut ini gejala-gejala yang bisa timbul akibat adanya kista: Sering buang air kecil. Nyeri saat buang air besar. Meras [...]

Waspada Sakit Kepala Mendadak, Bisa Jadi Tanda 8 Penyakit Serius

Waspada Sakit Kepala Mendadak, Bisa Jadi Tanda 8 Penyakit Serius

Rasa sakit merupakan cara tubuh untuk memberi alarm pada Anda bahwa ada sesuatu yang tidak beres sedang terjadi dengan kesehatan. Ada rasa sakit yang tidak perlu dirisaukan, tapi ada pula yang merupakan sinyal penting dan tidak boleh diabaikan.Mengalami sakit kepala yang sangat hebat secara tiba-tiba bisa menjadi salah satu tanda adanya penyakit serius di dalam tubuh. Dr Anrich Burger menjelaskan ada delapan kemungkinan indikasi ketika Anda merasakan sakit di kepala, seperti dikutip dari Health 24.1. StrokeSakit kepala datang secara tiba-tiba, seringkali diikuti dengan rasa sakit di belakang salah satu mata. Jika mengalami kejadian ini, disarankan berkonsultasi ke dokter sesegera mungkin, paling lama 3 jam setelah serangan. Tidak mudah memang menjelaskan gejala stroke secara umum, tapi biasanya sakit akan disertai satu atau beberapa bagian tubuh yang tiba-tiba sulit digerakkan.2. Infeksi BakteriSakit kepala hebat secara mendadak juga bisa disebabkan karena infeksi bakteri seperti meningitis. Selain sakit, pasien juga merasakan lehernya kaku, mual, muntah dan lesu. Segera datang ke ruang gawat darurat agar segera diberi penanganan dokter.3. GlaukomaGlaukoma adalah salah satu jeni [...]

Inilah Berbagai Macam Cara Aborsi

Inilah Berbagai Macam Cara Aborsi

Anda kenal betul istilah aborsi, sayang tidak semua orang kenal istilah ini mengertinya dengan benar. Terhentinya proses kehamilan yang usianya di bawah 20 minggu oleh sebab apapun disebut dengan abortus. Abortus ini ada yang sifatnya diprovokasi atau memang terjadi spontan. Tidak semua abortus yang diprovokasi bersiat kriminal, karena beberapa abortus sengaja dilakukan atas dasar tujuan medis yang jelas, demi menyelamatkan nyawa ibu misalnya. Dewasa ini, kita harus prihatin melihatnya praktik-praktik aborsi bebas yang tidak bertanggung jawab merajarela dimana mana. Dan tidak sedikit antaranya praktik itu digawangi seseorang yang memang berprofesi sebagai dokter, menyedihkan bukan, padahal dalam sumpah kedokteran jelas tertulis seorang dokter harus menghargai kehidupan sejak pembuahan terjadi. Ironis. Abortus berdasarkan proses terjadinya kembali terbagi-bagi. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran: Beberapa Tipe Aborsi Abortus berdasarkan proses terjadinya kembali terbagi-bagi. Berikut beberapa tipe abortus dalam dunia kedokteran: Abortus Iminens Pertama dikenal dengan nama abortus iminens, atau disebut juga ancaman abortus, artinya kehamilan [...]

Konsumsi Makanan Ini Untuk Atasi Mual di Pagi Hari

Konsumsi Makanan Ini Untuk Atasi Mual di Pagi Hari

Mual-mual di pagi hari sering terjadi ketika memasuki awal usia kandungan di 3 bulan pertama. Dr Sears menjelaskan kepada Live Strong, bahwa perubahan hormon saat hamil menghasilkan efek samping yang menyebabkan mual. Tidak hanya ibu hamil, mual di pagi hari juga biasa terjadi kepada penderita darah rendah dan orang dengan penyakit maag. Untuk mengatasinya, makanlah makanan ini untuk mengatasi perasaan mual saat bangun tidur di pagi hari. 1. Biskuit atau KerupukTindakan pencegahan yang paling umum dilakukan untuk mengatasi rasa mual di pagi hari adalah mengonsumsi makanan kering berkarbohidrat sebelum turun dari tempat tidur. Memakan sesuatu yang kering di pagi hari, seperti biskuit, kerupuk, roti panggang, sereal, atau segala sesuatu yang kering dapat mengurangi rasa mual. Segala bentuk makanan cair dapat dikonsumsi di antara waktu makan.2. JaheJahe telah banyak digunakan sebagian besar orang untuk mengatasi mual. Jahe dapat digunakan sebagai campuran makanan, teh atau permen. 3. LemonBeberapa orang menggunakan buah ini untuk mengurangi mual. Anda dapat mencampurnya ke dalam makanan atau teh, diolah menjadi jus, atau sekedar membuat air lemon. Rasa asam yang terkandung dapat me [...]

3 Sebab Mengapa Wanita Hamil Tidak Boleh Merokok

3 Sebab Mengapa Wanita Hamil Tidak Boleh Merokok

Salah satu tantangan terbesar bagi seorang wanita hamil adalah menghentikan kebiasaan merokok yang sudah dibawa sejak sebelum hamil, tidak sedikit yang akhirnya menyerah dan tetap melanjutkan merokok dengan segala risiko yang mungkin diterima anak dalam kandungannya. Sebagian wanita malah tidak tahu sama sekali bahaya merokok bagi janinnya, simak bahaya merokok bagi wanita hamil berikut ini, baru kemudian pikirkan lagi apakah Anda ingin melanjutkan merokok? Jangankan pada wanita hamil, pada orang sehat pun merokok bukanlah kebiasaan yang baik karena sifatnya yang merusak, berikut ini adalah secara spesifik dampak negatif rokok bagi kandungan: Sebab 1: Tanggung Jawab 2 Nyawa Ibu yang sedang hamil memiliki tanggung jawab ganda untuk menyuplai nutrisi bukan hanya bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi janinnya. Untuk itulah diciptakan perederan darah khusus bagi ibu dan janin selama kehamilan. Ketika ibu merokok, maka gas kotor yang dihasilkan dari rokok juga ikut masuk ke peredarahan darah janin, sehingga bukannya mendapatkan oksigen, si bayi justru mendapatkan gas yang menyulitkannya bernafas. Dapat kita katakan ibu bagai memberikan racun bagi janinnya. Bahkan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *