Meminum Teh Panas dan Kanker Tenggorokan

Meminum_Teh_Panas.jpg

Hubungan meminum the panas dan kanker tenggorokan menurut hasil riset terbaru yang diperoleh peneliti Iran menunjukkan, bahwa meminum teh dalam keadaan masih panas dapat menyebabkan Kanker Tenggorokan.

Pada penelitian terdahulu, dalam British Medical Journal dikemukakan terdapat hubungan antara tembakau dan alkohol sebagai penyebab kanker oesophagus.

Selain itu disebutkan pula, minuman panas berpotensi menimbulkan tumor.

Meminum teh panas dengan temperatur di atas 70 derajat celcius sama dengan meningkatkan resiko kanker tenggorokan delapan kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan meminumnya dalam keadaan hangat, yaitu di bawah 65 derajat, demikian penjelasan peneliti.

Meminum Teh Panas dan Kanker Tenggorokan

Bersama timnya, Reza Malekzadehdari Tehran University meneliti, kebiasaan minum 300 orang yang didiagnosa mengidap kanker tenggorokan, sementara 571 orang lainnya dalam keadaan sehat.

Mereka semua berasal dari daerah yang sama, di provinsi Golestan, di Iran Utara.

Malekzadeh mengatakan, menjadikan daerah ini sebagai sampel penelitian karena Golestan merupakan salah satu daerah dengan tingkat kanker tenggorokan tertinggi di dunia.

Namun, sebaliknya tingkat kebiasaan merokok dan minum alkohol di daerah ini sangat rendah. Perlu diketahui, hampir semua penduduknya meminum teh hitam secara rutin, sebanyak satu liter setiap harinya.

Hasilnya, orang yang rutin meminum teh kurang dari dua menit setelah dituangkan, beresiko memicu berkembangnya kanker lebih cepat jika dibandingkan dengan mereka yang menunggu empat menit atau lebih.

Tidak ada keterangan pasti seberapa panas suhu teh yang menyebabkan kanker, namun peneliti menyimpulkan luka akibat panas dari teh akan menyebabkan iritasi tenggorokan.

Dibandingkan dengan meminum teh hangat pada temperatur 65 derajat Celsius atau kurang, dengan meminum teh panas, antara 65 dan 68 derajat Celsius, berkaitan dengan dua kali resiko kanker tenggorokan, dan meminum teh yang sangat panas pada 70 derajat Celsius atau lebih berkaitan dengan peningkatan delapan kali lipat.

Dampak kanker tenggorokan cukup mengerikan. Tercatat setiap tahunnya lebih dari 500.000 orang di dunia meninggal akibat penyakit ini.

Penyakit ini tumbuh subur terutama di daerah Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Kanker ini termasuk mematikan, dengan rata-rata kesembuhan sekira 12 hingga 31 persen, itu pun membutuhkan waktu yang cukup lama, sekira 5 tahun.

“Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan kuat resiko kanker tenggorokan yang berhubungan dengan meminum teh panas atau sangat panas. Saran kami, orang mesti menunggu beberapa menit sebelum meminum satu gelas teh yang baru diseduh dengan air mendidih,? ujarnya.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Inilah Daftar Penyakit Sendi yang Sering Muncul

Inilah Daftar Penyakit Sendi yang Sering Muncul

Apakah Anda mengetahui bahwa ada lebih dari satu jenis radang sendi? Pada faktanya ada 100 jenis radang sendi. Radang sendi ini di Amerika mengenai 46 juta orang dan angka ini diprediksi dapat terus naik hingga 67 juta orang pada tahun 2030. Banyak sekali orang mencoba-coba pengobatan yang tidak seusai hingga hanya memiliki efek kecil terhadap radang sendi mereka. Nah, apa saja sih jenis radang sendi yang paling sering muncul ? Apa itu osteoarthritis (OA)? Osteoarthritis atau biasa disebut penyakit sendi degeneratif merupakan penyakit radang sendi yang paling sering muncul. Penyakit ini timbul akibat penggunaan sendi yang berlebihan. Penyakit ini dapat diperberat oleh kondisi obesitas, penuaan serta beberapa jenis olahraga. Penyakit ini sering timbul pada daerah tulang yang menangung berat badan seperti pada lutut, pinggul, kaki dan tulang belakang. Keluhan dapat memberat dalam waktu bulanan hingga tahun. Keluhan utama adalah nyeri pada sendi. Pada penyakit ini kartilago (sebuah jaringan yang menutupi semua tulang ditubuh yang berfungsi sebagai bantalan) dapat rusak. Dengan pertambahan kerusakan, sendi akan sangat nyeri bila digerakkan. Apa itu Rheumatoid Athritis (RF)? Rheumat [...]

3 Bahaya Mengintai di Balik Air Mineral Kemasan

3 Bahaya Mengintai di Balik Air Mineral Kemasan

Semua orang tahu bahwa kebiasaan meminum air mineral sebanyak 8 gelas per hari, baik untuk tubuh. Namun jika meminum air dari kemasan botol, justru bisa membahayakan, Seperti yang dikutip dari fitbie. Mengapa?1. Buat Bibir Cepat KeriputDikutip dari Lookbeauty, saat meneguk air dari botol, bibir secara spontan akan mengerut untuk menyesuaikan dengan lebar lubang botol. Gerakan mengerut inilah yang bisa menyebabkan timbulnya garis-garis dan kerutan pada bibir. Jika terus menerus dibiasakan minum air dari botol, lipatan-lipatan akan terbentuk pada bibir secara permanen yang tampak seperti kerutan. Ahli Dermatologi Dr. Marilyn Berzin, menjelaskan, efek bibir berkerut karena minum dari botol bisa sama buruknya dengan merokok. Marilyn juga mengatakan, kerutan di bibir akan permanen jika kebiasaan itu sering dilakukan selama lebih kurang dua tahun.2. Bisa Memicu ObesitasZat kimia yang digunakan dalam membuat kemasan plastik, seringkali dikaitkan dengan risiko kanker dan bahkan diberi label zat beracun. Zat itu adalah bisphenol A (BPA), bahan kimia yang umum digunakan untuk membuat botol plastik. BPA merupakan endocrine disruptor yang dapat mempengaruhi aktivitas hormon normal di dalam [...]

Menanti Vaksin Pencegah Demam Berdarah Dengue

Menanti Vaksin Pencegah Demam Berdarah Dengue

Vaksin untuk mencegah DBD diharapkan siap pada 2015. Beberapa jenis vaksin DBD sedang dalam tahap pengembangan di beberapa negara. Setelah dinyatakan lulus uji klinis, vaksin yang terlisensi diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu metode pencegahan DBD. Endemi Demam Berdarah DBD disebabkan oleh gigitan nyamuk yang terinfeksi oleh salah satu dari empat tipe virus dengue. Penyakit ini ditandai demam tinggi yang muncul pada tiga hari hingga dua pekan setelah gigitan. Sekitar 75 persen penduduk dunia yang paling berisiko mengidap penyakit ini bermukim di negara-negara Asia Tenggara dan Asia Pasifik. Pada 2013, Angka Kesakitan atau Incidence Rate (IR) DBD di Indonesia mencapai 41,25 per 100.000 penduduk. Pada kondisi yang lebih parah, DBD membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Pada tahun 2013, Laju Kematian atau Case Fatality Rate (CFR) DBD di Indonesia adalah 0,7 persen dari total penderita. Saat ini belum ada vaksin yang lolos uji sepenuhnya untuk mencegah dengue, begitu juga pengobatan secara khusus untuk membasmi virus dengue. Orang yang mengalami DBD hanya menjalani pengobatan secara suportif yaitu sebatas menangani gejala demi [...]

7 Cara Paling Efektif Hilangkan Stres, Tak Perlu ke Spa atau Liburan

7 Cara Paling Efektif Hilangkan Stres, Tak Perlu ke Spa atau Liburan

Setiap orang tentu pernah mengalami stres. Baik itu karena masalah pekerjaan, percintaan atau keluarga. Jika stres dibiarkan berlarut-larut, tak ayal bisa membuat kesehatan fisik maupun psikis menurun dan berujung pada depresi. Pergi ke spa atau rekreasi bisa menjadi cara untuk meredakan stres. Tapi ada cara lain yang lebih murah dan mudah. Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan uang. Ini tujuh cara terbaik untuk mengusir stres, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Cari Udara SegarKeluarlah di pagi hari untuk mendapatkan udara segar. Penelitian menyebutkan bahwa produksi vitamin D dalam tubuh yang dipicu oleh paparan sinar matahari pagi bisa meningkatkan hormon bahagia serotonin. Menikmati pemandangan, suara-suara dan aroma pagi di sekitar juga akan mengalihkan pikiran Anda dari kekhawatiran. Tidak bisa keluar rumah karena tinggal di perkotaan yang sibuk dan macet? Tempatkanlah beberapa tanaman di rumah atau apartemen Anda. Studi yang dilakukan Washington State University menemukan, menaruh tanaman di dekat meja kerja akan menurunkan tekanan darah, yang artinya stres jadi berkurang.2. Lakukan Rutinitas MenyenangkanSetiap harinya, pasti ada satu rutinitas yang kita sukai. Entah [...]

Bagaimana Seharusnya Aroma Miss V yang Normal?

Bagaimana Seharusnya Aroma Miss V yang Normal?

Salah satu keresahan yang menjadi permasalahan wanita adalah ketidaktahuan mereka tentang aroma yang dihasilkan dari organ kewanitaannya. Maka tak heran banyak yang bertanya-tanya bagaimana seharusnya aroma Miss V yang normal.Di samping itu, banyak juga para wanita yang beranggapan bahwa seharusnya aroma Miss V mengeluarkan wewangian yang harum dan lembut. Lantas, benarkah demikian? Sebenarnya, seperti apakah aroma Miss V yang normal?Ahli kesehatan dr. Sara Gottfried, M.D mengatakan bahwa tidak ada patokan khusus untuk mengetahui apakah aroma yang dihasilkan dari organ intim wanita normal atau tidak. Menurutnya, organ intim wanita tidak seharusnya berbau harum seperti wangi bunga, namun juga tidak berbau amis.Untuk mengetahui apakah aroma Miss V normal atau memiliki gangguan, bisa dilihat dari kadar asam (pH) di cairan vagina. "Selama siklus menstruasi, ada waktu tertentu di mana vagina memiliki perubahan aroma. Banyak wanita yang menyadarinya setelah menstruasi berakhir. Aroma tersebut berkaitan dengan asam di dalam vagina," ujar dr. Sara.Dokter yang berpraktik di The Gottfried Center for Integrative Medicine California menjelaskan, pH di dalam Miss V berkisar di bawah 4.7. Tet [...]

4 Langkah untuk Cegah Tanda-tanda Penuaan Pada Gigi

4 Langkah untuk Cegah Tanda-tanda Penuaan Pada Gigi

Selama ini banyak orang lebih memperhatikan tanda-tanda penuaan pada kulit terutama wajah. Padahal ada satu bagian tubuh lain yang bisa membuat penampilan Anda terlihat lebih tua, yaitu gigi yang tidak sehat. Senyum yang cemerlang dengan deretan gigi masih utuh dan bersih bisa menghadirkan kesan muda dan kesan lebih segar pada wajah. Agar gigi sehat dan kuat sampai tua, ini empat hal yang harus Anda perhatikan dalam merawatnya seperti dikutip dari Female First.1. Memperkuat Enamel GigiEnamel (bagian gigi yang putih) bisa terkikis seiring berjalannya waktu dan membuat gigi sensitif terhadap makanan dingin maupun panas. Beberapa penyebab terkikis dan melunaknya enamel adalah kebiasaan minum minuman dengan kadar asam tinggi seperti jus jeruk, wine atau minuman beralkohol lainnya.Anda tidak perlu menghindari minuman tersebut karena bisa diakali dengan beberapa tips. Untuk mencegah minuman langsung mengenai gigi, minumlah menggunakan sedotan, jangan langsung dari gelas atau botol. Lalu setelah mengonsumsi makanan dengan kadar asam tinggi jangan langsung menyikat gigi. Tunggu sekitar satu jam baru mulai membersihkannya.Baca Juga: 50 Inspirasi Model Kebaya 2. Mencegah Gigi Patah atau R [...]

Efek Ganja Pada Kesehatan Mental

Efek Ganja Pada Kesehatan Mental

Oleh : dr. Andri,SpKJPsikiater Consultation-Liaison dan Psikosomatik Medis Anggota American Psychosomatic Society Anggota Academy of Psychosomatic Medicine Anggota European Association for Consulation Liaison Psychiatry and Psychosomatics Ganja secara pribadi saya kenal dalam buku-buku psikiatri umum dan buku psikiatri yang membahas khusus masalah penyalahgunaan zat adiktif. Keduanya sama-sama masuk golongan zat adiktif yang menimbulkan ketergantungan. Secara diagnostik, pemakaian kedua zat tersebut termasuk dalam diagnostik gangguan jiwa menurut DSM IV-TR (USA), ICD 10 (WHO) dan PPDGJ III (INDONESIA) yang bisa menimbulkan intoksikasi, reaksi putus zat dan ketergantungan. Ganja sebenarnya merupakan sebutan untuk Canabis (yang mengandung delta-9-tetrahidrocabinol/THC) dengan kekuatan menengah. Canabis/Marijuana yang paling murah dan potensinya lemah banyak digunakan di Amerika Serikat dengan nama Bhang. Kekuatan marijuana/canabis yang paling kuat adalah Chara yang banyak ditemukan di India. Marijuana sendiri sudah dikenal sejak lama bahkan sejak sebelum masehi dan terdapat dalam konpedium obat herbal cina yaitu the Herbal of Emperor Shen Nung tahun 2737 SM. Efek terhadap kesehatan [...]

Bebas Kolestrol dan Mencegah Kanker, Ini 7 Manfaat Minum Susu Almond

Bebas Kolestrol dan Mencegah Kanker, Ini 7 Manfaat Minum Susu Almond

Mengonsumsi susu hewani bermanfaat untuk kesehatan, namun ada beberapa orang yang tidak bisa meminum susu karena intoleransi laktosa yang dialaminya. Sebagai penggantinya, hadir beberapa jenis susu alternatif yang terbuat dari kacang-kacangan seperti kedelai, almond, mete, hazelnut, dan macadamia.Ternyata, kacang-kacangan dibuat melalui proses penambahan air, diblender dihancurkan dan disaring hingga teksturnya mirip seperti tekstur susu pada umumnya ini juga memiliki manfaat yang tidak kalah dengan susu hewani. Apa saja?1. Bebas KolestrolDipaparkan oleh ahli gizi Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, susu kacang atau yang sering juga disebut dengan sari nabati tidak mengandung kolestrol yang berpotensi menimbulkan banyak penyakit. "Sari nabati juga mengandung banyak serat. Sekarang ini mengonsumsi serat lebih banyak memang sangat diupayakan untuk menghindari penyakit stroke," tuturnya saat dihubungi Wolipop, Rabu, (18/11/2015).Menurut American Heart Association, tidak hanya bebas kolestrol, susu almond yang mengandung lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fats) ini berguna untuk kesehatan jantung. Penelitian yang diterbitkan pada Current Atherosclerosis Reports mengatakan bahwa kacang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *