Meminum Teh Panas dan Kanker Tenggorokan

Meminum_Teh_Panas.jpg

Hubungan meminum the panas dan kanker tenggorokan menurut hasil riset terbaru yang diperoleh peneliti Iran menunjukkan, bahwa meminum teh dalam keadaan masih panas dapat menyebabkan Kanker Tenggorokan.

Pada penelitian terdahulu, dalam British Medical Journal dikemukakan terdapat hubungan antara tembakau dan alkohol sebagai penyebab kanker oesophagus.

Selain itu disebutkan pula, minuman panas berpotensi menimbulkan tumor.

Meminum teh panas dengan temperatur di atas 70 derajat celcius sama dengan meningkatkan resiko kanker tenggorokan delapan kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan meminumnya dalam keadaan hangat, yaitu di bawah 65 derajat, demikian penjelasan peneliti.

Meminum Teh Panas dan Kanker Tenggorokan

Bersama timnya, Reza Malekzadehdari Tehran University meneliti, kebiasaan minum 300 orang yang didiagnosa mengidap kanker tenggorokan, sementara 571 orang lainnya dalam keadaan sehat.

Mereka semua berasal dari daerah yang sama, di provinsi Golestan, di Iran Utara.

Malekzadeh mengatakan, menjadikan daerah ini sebagai sampel penelitian karena Golestan merupakan salah satu daerah dengan tingkat kanker tenggorokan tertinggi di dunia.

Namun, sebaliknya tingkat kebiasaan merokok dan minum alkohol di daerah ini sangat rendah. Perlu diketahui, hampir semua penduduknya meminum teh hitam secara rutin, sebanyak satu liter setiap harinya.

Hasilnya, orang yang rutin meminum teh kurang dari dua menit setelah dituangkan, beresiko memicu berkembangnya kanker lebih cepat jika dibandingkan dengan mereka yang menunggu empat menit atau lebih.

Tidak ada keterangan pasti seberapa panas suhu teh yang menyebabkan kanker, namun peneliti menyimpulkan luka akibat panas dari teh akan menyebabkan iritasi tenggorokan.

Dibandingkan dengan meminum teh hangat pada temperatur 65 derajat Celsius atau kurang, dengan meminum teh panas, antara 65 dan 68 derajat Celsius, berkaitan dengan dua kali resiko kanker tenggorokan, dan meminum teh yang sangat panas pada 70 derajat Celsius atau lebih berkaitan dengan peningkatan delapan kali lipat.

Dampak kanker tenggorokan cukup mengerikan. Tercatat setiap tahunnya lebih dari 500.000 orang di dunia meninggal akibat penyakit ini.

Penyakit ini tumbuh subur terutama di daerah Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Kanker ini termasuk mematikan, dengan rata-rata kesembuhan sekira 12 hingga 31 persen, itu pun membutuhkan waktu yang cukup lama, sekira 5 tahun.

“Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan kuat resiko kanker tenggorokan yang berhubungan dengan meminum teh panas atau sangat panas. Saran kami, orang mesti menunggu beberapa menit sebelum meminum satu gelas teh yang baru diseduh dengan air mendidih,? ujarnya.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Inilah Manfaat Kesehatan yang Didapat dari Rutin Donor Darah

Inilah Manfaat Kesehatan yang Didapat dari Rutin Donor Darah

Anda pasti sudah sering mendengar banyaknya institusi yang mengadakan program donor darah untuk umum. Donor darah bukan hanya bermanfaat untuk orang yang membutuhkan, namun juga memberikan keuntungan bagi kesehatan bagi para pendonornya. Selain Anda bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis (sebelum donor darah, dokter harus memeriksa kesehatan Anda terlebih dahulu untuk melihat apakah Anda dapat mendonorkan darah atau tidak), Anda juga akan mendapatkan lima manfaat ini, seperti dirangkum Bold Sky. 1. Menurunkan KolesterolDarah merah mengandung kolesterol baik dan juga kolesterol jahat. Ketika Anda mendonorkan darah, Anda juga sekaligus menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.2. Mengontrol Tekanan Darah TinggiKetika darah didonorkan, volume darah akan menjadi seimbang. Hal ini dapat mencegah terjadinya darah tinggi dan baik untuk pencegahan penyakit jantung.3. Mempercepat Proses Pemulihan LukaKetika Anda mendonorkan darak, akan terjadi penyesuaian tubuh terhadap berkurangnya sel darah merah. Penyesuaian tubuh ini juga dibutuhkan ketika tubuh Anda mengalami luka yang mengakibatkan berkurangnya sel darah merah, sehingga penyembukan luka jadi lebih cepat. 4. Menyeimbangkan Z [...]

Tips Memilih Obat Batuk yang Aman untuk Si Kecil

Tips Memilih Obat Batuk yang Aman untuk Si Kecil

Batuk pilek pada anak pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus yang tidak berbahaya dan tidak memerlukan antibitoik, kecuali pada kondisi tertentu. Sebagai orang tua, Anda dapat memberikan obat yang dapat dibeli bebas tanpa resep dokter yang disebut obat over-the-counter (OTC). Namun akan lebih baik jika Anda memeriksakan anak Anda ke dokter terlebih dahulu sebelum memberikan obat. The Food and Drug Administration (FDA) mengeluarkan pernyataan bahwa OTC aman digunakan untuk anak-anak di atas usia 4 tahun. Untuk anak di bawah 4 tahun pemberian obat batuk harus sesuai resep dokter. FDA mengatakan produk tersebut tidak boleh diberikan untuk anak yang berusia di bawah 4 tahun untuk mencegah adanya risiko dan efek samping yang serius dan membahayakan bagi anak. Berikut ini adalah tips dalam memilih obat batuk untuk anak Anda, selengkapnya di halaman selanjutnya: Tips Memilih Obat Batuk yang Aman untuk Si Kecil Berikut ini adalah tips dalam memilih obat batuk untuk anak Anda: Jangan pernah memberikan obat batuk dewasa untuk anak Anda Anda dapat membeli obat batuk yang dapat dibeli tanpa resep dokter untuk anak di atas usia 4 tahun. Pastikan obat ditutup rapat s [...]

Memiliki Anak Setelah Pengobatan Kanker Serviks

Memiliki Anak Setelah Pengobatan Kanker Serviks

Virus HPV penyebab kanker serviks secara tidak langsung dapat berdampak pada kesuburan. Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh infeksi HPV. Wanita yang terdiagnosis mengidap kanker serviks pada umumnya merasa khawatir bahwa mereka tidak dapat memiliki keturunan lagi. Namun sebenarnya virus HPV tidak mengakibatkan kemandulan secara langsung. Hal yang berisiko menyebabkan kemandulan adalah penanganan kanker serviks. Meski demikian, ada cara yang dapat dilakukan untuk tetap dapat memiliki anak. Gangguan Kesuburan Pasca-Penanganan Kanker Serviks Selain mematikan sel-sel kanker, penanganan kanker serviks sayangnya berisiko berpengaruh pada kemampuan wanita memiliki keturunan. Penanganan kanker serviks Untuk kasus kanker serviks yang belum tergolong parah, bisa ditangani dengan operasi radical trachelectomy yaitu hanya leher rahim saja yang diangkat sedangkan rahim dan ovarium dibiarkan. Ini memungkinkan wanita untuk hamil di masa yang akan datang. Pada stadium lebih lanjut, penanganan kanker serviks umumnya dilakukan dengan histerektomi atau pengangkatan rahim, atau bisa juga dengan kemoterapi dan radioterapi untuk mematikan sel-sel kanker. Sebagai konsekuensi, histerektomi [...]

Mastitis, Kendala para Ibu Menyusui

Mastitis, Kendala para Ibu Menyusui

Salah satu penyakit yang bisa mengganggu proses pemberian nutrisi kepada bayi adalah mastitis. Penyakit ini sendiri adalah kondisi jaringan payudara yang mengalami peradangan. Mastitis biasanya menyerang ibu menyusui pada trimester awal tapi bisa juga terjadi saat proses menyusui sudah berjalan lama. Mastitis bisa membuat ibu mengalami kesulitan memberikan ASI karena kondisi payudara yang terasa sakit. Seperti Apa Tanda-tandanya? Mastitis pada saat masa menyusui biasa menyerang hanya satu payudara. Gejala penyakit ini sendiri bisa muncul dengan tiba-tiba. Berikut gejala-gejala mastitis yang harus diwaspadai: Payudara memar kemerahan. Sering terasa gatal di payudara. Payudara terasa perih saat menyusui. Terdapat benjolan di payudara yang terasa menyakitkan. Ukuran salah satu payudara lebih besar karena pembengkakan Payudara mudah merasa nyeri. Puting bernanah. Sering merasa lelah. Terdapat pembesaran kelenjar getah bening di ketiak. Selain itu, Anda mungkin akan mengalami gejala menyerupai flu sebelum Anda akhirnya menyadari ada perubahan pada payudara Anda. Apa Penyebab Mastitis? Infeksi pada payudara atau mastitis bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut penyebab mastitis p [...]

Tips Membuat Jus Buah dan Sayur Agar Tidur Nyenyak, Kulit pun Indah

Tips Membuat Jus Buah dan Sayur Agar Tidur Nyenyak, Kulit pun Indah

Minum jus sedikitnya sekali sehari bisa membantu meningkatkan kualitas kesehatan hidup, apabila dibuat dengan cara yang benar. Jus yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa campuran gula dan dengan kombinasi yang tepat akan memberikan banyak keuntungan bagi tubuh mulai dari menghilangkan nyeri pasca olahraga hingga menghaluskan kulit.Jus sehat yang benar adalah jus yang tidak disaring sehingga manfaat serat dan nutrisinya masih utuh serta tidak menggunakan banyak gula dan tambahan lainnya seperti susu kental manis atau krim. Madeleine Shaw, seorang pakar nutrisi dan kesehatan asal Inggris menjelaskan berbagai manfaat jus sayur dan buah, untuk berbagai kebutuhan harian.1. Jus Sebelum OlahragaMadeleine menyarankan untuk menyampurkan wortel, buah bit, parsley serta jahe untuk diminum sebelum berolahraga agar tubuh lebih berenergi. Wortel yang kaya akan beta-karoten akan melindungi tubuh agar tak mudah cedera dan meningkatkan kadar oksigen di dalam darah, jaringan tubuh serta otak sehingga gerakan-gerakan yang dilakukan saat fitnes bisa maksimal. Napas Anda pun tak mudah terengah-engah ketika melakukan olahraga intens.2. Jus Setelah OlahragaSetelah olahraga, Anda perlu memulihkan tu [...]

Mata Silinder dan Cara Mengobatinya

Mata Silinder dan Cara Mengobatinya

Mata silinder memiliki istilah medis astigmatism. Istilah tersebut mengacu pada kondisi mata yang mengalami penglihatan kabur dan berbayang karena bentuk kornea atau lensa mata tidak cembung sempurna. Tanda dan gejala paling umum yang dirasakan penderita mata silinder adalah penglihatan kabur atau berbayang. Penderita menjadi sering memicingkan mata ketika melihat jauh maupun dekat. Selain itu, penderita biasanya mengeluh kesulitan membaca tulisan yang kecil. Sakit kepala, mata tegang, dan lelah setelah membaca atau memakai komputer adalah beberapa keluhan yang mungkin muncul jika kondisi ini tidak diobati. Pada gangguan mata silinder yang ringan, gangguan penglihatan mungkin tidak terjadi secara signifikan. Sayangnya, jika mata silinder diderita oleh anak-anak, mereka kemungkinan besar tidak akan menyadarinya. Hal ini mungkin terjadi karena pengetahuan anak-anak mengenai suatu benda belum sempurna. Pada anak-anak, gejala mata silinder dapat berupa sulitnya mereka fokus pada tulisan yang tercetak dalam buku mereka. Mereka juga mungkin akan mengalami sakit kepala, kelelahan, dan ketegangan pada mata. Kenapa Mata Bisa Silinder? Mata memiliki beberapa komponen kunci agar bisa melih [...]

Gelang Cinta yang Membuat Wanita Ini Kehilangan Segalanya

Gelang Cinta yang Membuat Wanita Ini Kehilangan Segalanya

Seorang wanita Inggris 40 tahun menyalahkan gelang beracun yang dipakainya karena telah merusak hidupnya. Setelah dua tahun memakainya, wanita yang bernama Jo Wollacott yang berasal dari Bridport, Dorset, menderita halusinasi, pusing dan mual-mual yang mengakibatkan dirinya kehilangan kekasih, pekerjaan, rumah hingga disebut sakit jiwa.Jo awalnya merasa dirinya terkena karma buruk karena selalu tertimpa sial, sampai akhirnya ia menyadari bahwa gelang yang dipakainya mengandung racun. Ibu dari dua anak tersebut masih bersyukur karena ia masih hidup, mengingat gelang tersebut mengandung kimia Abrin, zat kimia yang digunakan para teroris untuk membunuh orang hanya dengan menelannya sebanyak 3 mg.Gelang 'cinta' warna merah-hitam ini dibelinya di situs eBay pada bulan April 2010 seharga 1 Pounds (sekitar Rp 14 ribu). Jo yang bekerja sebagai pembuat seni mosaik ini mulai mengalami gangguan kesehatan seminggu setelah pemakaian. Mulutnya membengkak, kulit tangannya gatal-gatal dan selama musim panas, ia sakit diare dan muntah-muntah.Menganggapnya sebagai penyakit biasa, ia tidak berobat dan mendiamkannya. Sejak saat itu kehidupannya mulai berantakan. Gelang energi dengan nama Jequirity [...]

Khasiat Buah Mengkudu Masih Diragukan

Khasiat Buah Mengkudu Masih Diragukan

Meski memiliki bau dan rasa yang tidak sedap, buah mengkudu banyak dicari oleh masyarakat. Konon sebagai obat tradisional, mengkudu memiliki banyak khasiat yang bisa menyembuhkan berbagai macam kondisi. Tapi secara medis manfaat buah yang memiliki nama latin morinda citrifolia ini masih diragukan. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menyatakan keabsahannya. Mengkudu adalah sejenis pohon cemara tropis yang biasa dijumpai di Kepulauan Pasifik, India, Australia, dan Asia Tenggara. Buah ini mengandung sejumlah fitokimia, yaitu zat pada buah-buahan yang bisa mencegah penyakit. Jenis fitokimia yang ada antara lain asam lemak, lignan, alkaloida, beta-sitosterol, flavonoid, dan iridoid. Menurut penelitian, belum ada cukup bukti yang kuat untuk menyimpulkan efek positifnya pada kesehatan. Sementara itu, mengkudu juga mengandung sejumlah nutrisi-nutrisi lain, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B3, potasium, kalsium, katekin, damnacanthal, sodium, zat besi, serat, dan karbohidrat. Ada sebagian masyarakat yang percaya buah ini dapat mengobati berbagai penyakit, antara lain pilek, sakit kepala, diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi, rematik, alergi, infeksi, peradangan, penyakit [...]

Ingin Membuat Susu Nabati Sendiri? Perhatikan 4 Hal Ini

Ingin Membuat Susu Nabati Sendiri? Perhatikan 4 Hal Ini

Susu yang diolah dari kacang atau yang biasa disebut dengan sari nabati menjadi salah satu cairan pengganti susu hewani yang banyak dikonsumsi orang, terutama untuk mereka yang memiliki intoleransi laktosa. Untuk membuatnya pun bisa dilakukan di rumah. Cukup dengan merendam kacang dengan air selama semalam, kemudian diblender dan disaring sehingga hasilnya bertekstur encer dan menyerupai susu cair.Meski proses pembuatan sari nabati ini bisa dilakukan sendiri, namun menurut ahli gizi Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja?1. Perhatikan Pemilihan KacangSebelum memulai proses pembuatan sari nabati, ada baiknya untuk memperhatikan kondisi dan bentuk kacang saat memilihnya. Karena pada beberapa jenis kacang tertentu, ada banyak bakteri di dalamnya."Pilih biji kacang yang masih utuh, jangan yang sudah rusak. Kalau yang busuk sudah pasti harus disingkirkan. Jangan pilih biji yang telah berubah warna juga. Menyortir dengan teliti di awal lebih bagus," ujar Rita saat dihubungi Wolipop, Rabu, (18/11/2015).Baca Juga : 50 Foto Before-After Selebriti yang Operasi Plastik2. Proses PembuatanPerhatikan pula saat proses pembuatan sari nabati tersebut berla [...]

Tingkat Alkohol & Tembaga dalam Tubuh

Tingkat Alkohol & Tembaga dalam Tubuh

Mengkonsumsi minuman beralkohol, seperti anggur merah, banyak disebut-sebut bermanfaat bagi kesehatan, padahal yang bermanfaat itu adalah yang berkaitan dengan sifat senyawa nabati tertentu yang terkandung dalam minuman, bukan alkohol. Alkohol, seperti dilansir dari livestrong, minggu (19/02/2012) merupakan racun bagi tubuh, dan terlepas dari kemampuannya untuk mengencerkan darah, manfaat bersih bagi kesehatan adalah negatif. Sebagai racun, alkohol dimetabolisme oleh hati, yang dapat rusak oleh konsumsi minuman beralkohol yang berlebihan. Setelah rusak, fungsi hati menjadi terganggu, yang meliputi terganggunya kemampuan untuk mengatur kadar tembaga dalam tubuh. Terlalu banyak tembaga dalam tubuh, bsia menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Peran Tembaga; Tembaga adalah elemen penting untuk semua mamalia. Tembaga memainkan peran penting dalam mengangkat radikal bebas, me-sintesis enzim, menghasilkan molekul energi ATP, metabolisme zat besi, fungsi neurotransmitter, respon daya tahan tubuh, membangun jaringan ikat dan regulasi ekspresi gen, menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University. Hati mengatur metabolisme dan tingkat tembaga dalam tubuh. Gejala dikarenakan te [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *