Meminum Teh Panas dan Kanker Tenggorokan

Meminum_Teh_Panas.jpg

Hubungan meminum the panas dan kanker tenggorokan menurut hasil riset terbaru yang diperoleh peneliti Iran menunjukkan, bahwa meminum teh dalam keadaan masih panas dapat menyebabkan Kanker Tenggorokan.

Pada penelitian terdahulu, dalam British Medical Journal dikemukakan terdapat hubungan antara tembakau dan alkohol sebagai penyebab kanker oesophagus.

Selain itu disebutkan pula, minuman panas berpotensi menimbulkan tumor.

Meminum teh panas dengan temperatur di atas 70 derajat celcius sama dengan meningkatkan resiko kanker tenggorokan delapan kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan meminumnya dalam keadaan hangat, yaitu di bawah 65 derajat, demikian penjelasan peneliti.

Meminum Teh Panas dan Kanker Tenggorokan

Bersama timnya, Reza Malekzadehdari Tehran University meneliti, kebiasaan minum 300 orang yang didiagnosa mengidap kanker tenggorokan, sementara 571 orang lainnya dalam keadaan sehat.

Mereka semua berasal dari daerah yang sama, di provinsi Golestan, di Iran Utara.

Malekzadeh mengatakan, menjadikan daerah ini sebagai sampel penelitian karena Golestan merupakan salah satu daerah dengan tingkat kanker tenggorokan tertinggi di dunia.

Namun, sebaliknya tingkat kebiasaan merokok dan minum alkohol di daerah ini sangat rendah. Perlu diketahui, hampir semua penduduknya meminum teh hitam secara rutin, sebanyak satu liter setiap harinya.

Hasilnya, orang yang rutin meminum teh kurang dari dua menit setelah dituangkan, beresiko memicu berkembangnya kanker lebih cepat jika dibandingkan dengan mereka yang menunggu empat menit atau lebih.

Tidak ada keterangan pasti seberapa panas suhu teh yang menyebabkan kanker, namun peneliti menyimpulkan luka akibat panas dari teh akan menyebabkan iritasi tenggorokan.

Dibandingkan dengan meminum teh hangat pada temperatur 65 derajat Celsius atau kurang, dengan meminum teh panas, antara 65 dan 68 derajat Celsius, berkaitan dengan dua kali resiko kanker tenggorokan, dan meminum teh yang sangat panas pada 70 derajat Celsius atau lebih berkaitan dengan peningkatan delapan kali lipat.

Dampak kanker tenggorokan cukup mengerikan. Tercatat setiap tahunnya lebih dari 500.000 orang di dunia meninggal akibat penyakit ini.

Penyakit ini tumbuh subur terutama di daerah Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Kanker ini termasuk mematikan, dengan rata-rata kesembuhan sekira 12 hingga 31 persen, itu pun membutuhkan waktu yang cukup lama, sekira 5 tahun.

“Hasil penelitian memperlihatkan peningkatan kuat resiko kanker tenggorokan yang berhubungan dengan meminum teh panas atau sangat panas. Saran kami, orang mesti menunggu beberapa menit sebelum meminum satu gelas teh yang baru diseduh dengan air mendidih,? ujarnya.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Konsumsi 10 Makanan Ini untuk Memperlambat Penuaan

Konsumsi 10 Makanan Ini untuk Memperlambat Penuaan

Semakin bertambahnya umur kita perlu menjaga pola makanan dan nutrisi yang diasup. Jika tidak begitu, berbagai penyakit bisa menyerang. Gloria Tsang, founding editor di website HealthCastle, menyarankan untuk memilah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tetapi mengkombinasi makanan untuk sehari-hari tidaklah mudah. Berikut makanan yang dapat membantu penuaan, seperti diulas eHow. 1. Biji-bijian dan Gandum UtuhBiji-bijian merupakan komponen yang sangat penting dalam mengatur pola makan yang sehat karena dapat mencegah diare. Serat yang terkandung di dalamnya bisa mempengaruhi pembentukan feses. Campurkan biji-bijian bisa dimasukkan ke dalam kandungan kue atau sebagai pengganti nasi. Gandum juga merupakan sumber serat yang bagus untuk memperlancar pencernaan. 2. Kacang-kacanganMakanan yang juga penting untuk dikonsumsi adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung kadar serat yang tinggi, protein, dan potasium . Karena kandungan potasiumnya tinggi, makanan ini cocok untuk mereka yang menderita penyakit darah tinggi. Selain itu kacang-kacangan juga dapat digunakan sebagai pengganti daging bagi para vegetarian karena kandungan proteinnya tinggi.3. KentangSelain kacang, kentang [...]

Bukan Hanya untuk Gigi Putih, Ini Alasan Lain Pentingnya Rajin Sikat Gigi

Bukan Hanya untuk Gigi Putih, Ini Alasan Lain Pentingnya Rajin Sikat Gigi

Menyikat gigi secara rutin tidak hanya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut atau mendapat senyum yang cemerlang. Ada alasan kesehatan lain kenapa Anda wajib menyikat gigi tiap pagi dan malam sebelum tidur yang lebih penting dari sekadar mencegah gigi keropos dan berlubang. Ini pentingnya menggosok gigi untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, seperti dikutip dari Gal Time.1. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit JantungSejumlah studi telah menemukan keterkaitan yang erat antara gigi yang tidak sehat dengan penyakit jantung. Dalam sebuah studi ditemukan, orang yang jarang atau tidak pernah menyikat giginya, risikonya 70 persen lebih tinggi terkena serangan jantung. Sementara pada studi yang lain, peneliti menemukan bahwa risiko penyakit jantung atau kolesterol tinggi bisa diprediksi dengan menganalisa kondisi gigi. Apakah ada yang berlubang, keropos, gusi berdarah atau gigi copot. Hal ini karena, bakteri berbahaya bisa masuk ke pembuluh darah melalui gigi yang bolong. Bakteri tersebut bisa bersarang di jantung dan menurunkan fungsi serta kesehatan jantung.2. Mengurangi Risiko Terkena StrokePada sebuah riset terbaru, orang yang memiliki tekanan darah tinggi akibat adanya bakteri ja [...]

Gangguan Mental Tak Pernah Puas dengan Bentuk Tubuh

Gangguan Mental Tak Pernah Puas dengan Bentuk Tubuh

Pasti banyak dari Anda yang sering mendengar kata-kata tersebut atau bahkan mengucapkannya sendiri. Bentuk tubuh seseorang dipengaruhi oleh penyebaran lemak di tubuh dan proporsi tubuh. Perlu diketahui bahwa patokan seorang gemuk atau tidak adalah dengan menggunakan indeks masa tubuh yaitu pembagian antara berat badan kuadrat dengan tinggi badan. Terdapat sebuah kondisi bernama body dysmorphic dysorder (BDD) yaitu sebuah gangguan cemas yang menyebabkan seseorang selalu terdistorsi saat melihat tubuhnya seperti melihat tubuhnya gemuk meskipun sebenarnya tidak atau selalu merasa jelek sehingga membuat ia selalu menghawatirkan penampilan. Bagi seseorang yang mengalami BDD, kondisi tersebut dapat membuat stres dan mengganggu kualitas hidup. Penderita BDD tidak dapat mengontrol pemikiran negatif yang ada di pikiran mereka dan hampir sulit bahkan sebagian besar tidak pernah percaya bila orang lain berkata kondisi tubuh mereka normal. Apa saja sih gejala BDD? Halaman beikut penjelasannya: Gejala BDD seringkali membandingkan penampilannya dengan orang lain menghabiskan waktu lama di depan kaca, namun dalam waktu lain dapat pula menghindari berhadapan depan kaca me [...]

Minuman Terbuat dari Tinja Asal Korea Ini Dipercaya Sembuhkan Penyakit

Minuman Terbuat dari Tinja Asal Korea Ini Dipercaya Sembuhkan Penyakit

Pengobatan tradisional kerap menjadi alternatif pilihan untuk menyembuhkan suatu penyakit. Di Korea, ada obat tradisional, anggur beras yang mengandung tinja. Wine atau anggur ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.Wine beras asal Korea ini dikenal dengan nama Ttongsul. Minuman beralkohol ini sedikit berbeda dengan wine yang dinikmati orang pada umumnya karena mengandung bahan baku spesial yaitu tinja anak-anak.Minuman ini tidak banyak dinikmati di Korea Selatan. Bahkan wine ini hampir punah pada tahun 60-an karena tidak banyak yang tahu cara pembuatannya. Seorang reporter dari VICE, media yang kerap membuat seri dokumenter menelusuri jejak minuman tradisional Korea ini. Dia menemui dokter yang mengklaim sebagai salah satu dari sedikit orang yang tahu bagaimana cara membuat anggur dari tinja tersebut. Dokter bernama Dr Lee Chang Soo itu mengungkapkan dia menggunakan bahan baku spesial untuk membuat wine yang juga obat tradisional ini. Penggunaan wine yang mengandung tinja tersebut sebagai obat ini banyak digunakan oleh orang Korea zaman dulu. Seperti untuk menyembuhkan luka, tulang yang patah hingga epilepsi. Kini tidak banyak lagi orang yang mengonsumsi wine beras de [...]

Mendapatkan Asupan Vitamin D yang Memadai

Mendapatkan Asupan Vitamin D yang Memadai

Mendapatkan asupan vitamin D yang memadai untuk tubuh sangat mudah dengan makanan yang kita konsumsi. Vitamin D sangat penting bagi kesehatan tulang. Penelitian terbaru menunjukkan vitamin D juga memiliki manfaat lain, seperti melindungi dari flu dan melawan depresi. Berikut cara untuk menjamin asupan vitamin D yang memadai. 1. Sinar Matahari Sinar matahari memacu tubuh untuk membuat vitamin D, namun karena risiko kanker kulit. Jangan khawatir dan takut dengan sinar matahari, ada beberapa cara untuk mendapatkan sinar matahari yang baik dengan mengetahui jam yang tepat. Dari matahari terbit sampai jam 9 pagi adalah sinar yang bagus untuk diserap, cukup lakukan 20 sampai 25 menit saja. 2. Lemak Ikan Ikan berlemak dapat menjadi sumber vitamin D yang baik. Pilihan ikan berlemak ada pada salmon, makarel, tuna dan belut. 3. Ikan Tuna Kaleng Ikan segar bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan asupan vitamin D, kita bisa mendapatkannya dari makanan kaleng seperti ikan tuna kaleng dan sarden, kedua jenis ini mengandung vitamin D. Tuna kaleng memiliki vitamin sekitar 150 IU-per 4 ons dan sarden kaleng memiliki sedikit lebih dari 40 IU per dua sarden. 4. Jamur Portobello Sama seperti m [...]

Episiotomi untuk Keselamatan Bayi

Episiotomi untuk Keselamatan Bayi

Episiotomi dulunya adalah bagian tidak terpisahkan dari proses persalinan. Namun hari ini prosedur tersebut hanya direkomendasikan untuk kasus-kasus tertentu. Episiotomi adalah sayatan pada bagian di antara jalan lahir bayi dan anus atau disebut perineum. Sebelumnya, proses ini dianggap bermanfaat mencegah melebarnya robekan vagina pada persalinan. Episiotomi juga dulu dianggap menjaga agar kandung kemih dan rektum ibu tetap berada di tempatnya setelah bayi lahir. Akan tetapi kini penelitian membuktikan bahwa manfaat tersebut tidak terbukti. Kenapa Perlu Episiotomi? Kini episiotomi dijalankan pada sekitar 1 dari 7 wanita dalam proses persalinan dengan tujuan agar jalan lahir bayi keluar menjadi lebih lebar, sehingga bayi dapat keluar dengan lebih cepat. Prosedur ini hanya akan diterapkan pada kondisi-kondisi tertentu, yaitu: Gawat janin (foetal distress), yaitu jika bayi tidak mendapat cukup oksigen dan harus segera dikeluarkan agar terhindar dari risiko lahir dalam keadaan meninggal atau cacat. Kondisi ini ditandai dengan peningkatan atau penurunan detak jantung bayi secara drastis. Jika operasi caesar tidak dapat dijalani karena kepala bayi sudah bergerak turun ke jalan lahir [...]

Teh Putih dan Manfaatnya

Teh Putih dan Manfaatnya

Seperti banyak diketahui khalayak umum, teh memiliki fungsi membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan pembuluh darah tersumbat. Hal tersebut dikarenakan kandungan polifenol di dalam teh yang berfungsi sebagai zat antioksidan. Namun demikian, teh juga menandung kafein tetapi tidak sebanyak yang terkandung pada kopi. Beberapa jenis teh yang sudah dikenal masyarakat luas adalah teh hijau, teh hitam, teh putih, teh oolong, teh pu-erh, dan teh herbal chamomile. Namun, di antara jenis-jenis teh tersebut, teh putih merupakan teh yang paling sedikit mengandung kafein dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Teh putih adalah daun teh yang belum diawetkan dan belum teroksidasi. Karena daun teh putih dipanen saat umurnya masih muda untuk kemudian dikukus sebentar dan dikeringkan tanpa adanya proses fermentasi. Oleh karena itu, kandungan antioksidan di dalam teh putih sangatlah tinggi. Selain itu, teh putih memiliki rasa yang lebih ringan dan lebih manis daripada teh hijau. Terlebih lagi, teh putih juga memiliki sifat antimikroba. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari teh putih yang sangat baik untuk kesehatan tubuh yaitu: Mencegah kerusakan pada tubuh Terdapat senyawa polif [...]

Mudah Sekali Menjauhi Diri dari Lemak Jenuh

Mudah Sekali Menjauhi Diri dari Lemak Jenuh

Pada dasarnya lemak berperan mendukung jalannya fungsi tubuh. Namun ada jenis lemak yang baik dan yang jahat. Idealnya adalah terus mengonsumsi lemak baik dan menghindari lemak yang jahat. Lemak yang berpotensi buruk bagi tubuh adalah yang banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Tubuh kita memproduksi lemak dari kelebihan kalori yang masuk ke tubuh. Ada pula lemak yang kita makan dan berfungsi untuk sumber energi tubuh, yaitu lemak diet (dietary fat). Lemak diet dapat berasal dari hewan dan tumbuhan. Vitamin yang masuk ke tubuh juga membutuhkan lemak agar dapat dicerna dan diserap tubuh. Namun, terdapat sisi buruk lemak, yaitu mengandung kalori tinggi yang dapat menambah berat badan dengan cepat jika kelebihan dikonsumsi. Lemak terbentuk dari dua jenis molekul, yaitu asam lemak dan gliserol. Jenis dan kadar asam lemak inilah yang menentukan dampak lemak terhadap tubuh Anda. Lemak jenuh merupakan jenis lemak yang umumnya berasal dari hewan, seperti daging unggas, daging merah, dan produk susu yang kaya lemak. Lemak jenuh ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan kadar kolesterol ?jahat? (LDL) [...]

Biasa Taruh Laptop di Paha? Awas Kulit Bisa Rusak!

Biasa Taruh Laptop di Paha? Awas Kulit Bisa Rusak!

Anda sering menggunakan laptop sambil meletakkannya di pangkuan? Sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan ini karena Anda dapat mengalami masalah kulit dan pembuluh darah yang dalam dunia medis disebut dengan Erythema ab igne. Seperti terlihat pada gambar disamping, kulit yang terpapar laptop mengalami gangguan Erythema ab igne. Kulit muncul bercak merah-merah, sehingga pada beberapa orang menimbulkan kekhawatiran dan menurunkan rasa percaya diri karena berpengaruhnya pada penampilan. Apakah Erythema ab igne Penyakit Baru? Bukan. Penyakit ini pernah muncul zaman dahulu. Walau pencetusnya bukanlah karena laptop, yang notabene teknologi jaman dahulu belum memungkinkan ada laptop. Jaman dahulu, masalah kulit ini sering terjadi pada mereka yang bekerja dekat dengan api dan sering terpapar panas seperti bekerja di depan kompor atau tungku api. Jaman sekarang ini, kejadian Erythema ab igne lebih sering terjadi pada penggunaan laptop di pangkuan, alat-alat penghangat bahkan ikan pinggang sauna yang sering digunakan untuk menghilangkan lemak di perut. Jadi apa itu Erythema ab igne? Biasa Taruh Laptop di Paha? Awas Kulit Bisa Rusak! Anda sering menggunakan laptop sambi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *