Mendeteksi Kanker Sejak Dini

Mendeteksi-Kanker-Sejak-Dini-Alodokter.jpg

Beberapa jenis kanker dapat dideteksi sebelum Anda merasakan gejala apapun.

Pemeriksaan awal membuat ketidaknormalan sel yang berisiko kanker atau telah bersifat kanker dapat dideteksi dan ditangani secepatnya, sehingga mengurangi risiko penyebaran kanker dan kematian.

Pemeriksaan Awal terhadap Beberapa Jenis Kanker

Pemeriksaan awal adalah cara untuk mengenali keberadaan penyakit sebelum penderita mengalami gejala-gejala penyakit tersebut. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan secara berkala, terutama bagi orang-orang yang berisiko tinggi mengidap penyakit kanker tertentu. Meski demikian, tidak semua jenis kanker dapat diperiksa dan dideteksi pada stadium awal.

Beberapa tes hanya diperuntukkan bagi orang-orang dengan risiko genetis khusus.

Usia, riwayat penyakit tertentu dalam keluarga, serta riwayat kesehatan Anda sendiri akan menjadi faktor penentu tes mana yang sebaiknya diambil.

Berikut ini adalah beberapa jenis kanker beserta tes dan tindakan pencegahan yang dapat dilakukan.

Kanker Payudara

Pemeriksaan:

  • Memeriksa fisik payudara sendiri untuk mendeteksi apakah ada perubahan pada payudara seperti adanya benjolan, perubahan pada puting atau pada kulit payudara.
  • Mamogram: pemeriksaan X-ray yang digunakan untuk memperlihatkan penampakan jaringan pada payudara.

Disarankan bagi:

  • Perempuan yang memiliki anggota keluarga yang pernah mengidap kanker payudara atau kanker ovarium.
  • Wanita berusia di atas 47 tahun yang sudah memasuki masa menopause sebaiknya memeriksakan diri sekali dalam tiga tahun.

Kanker Leher Rahim/Serviks

Pemeriksaan:

  • Pap Smear atau liquid based cytology (LBC)

Disarankan bagi:

  • Wanita berusia 25 tahun ke atas, terutama yang sudah melakukan aktivitas seksual secara aktif. Untuk wanita berusia di antara 25-49 tahun, pap smear sebaiknya dilakukan tiga tahun sekali. Sementara untuk wanita berusia di atas 49 tahun, tes ini sebaiknya dilakukan lima tahun sekali.
  • Untuk wanita berusia 65 tahun ke atas hanya perlu melakukan tes ini jika beberapa hasil tes terakhir tidak normal atau belum pernah menjalani tes sejak umur 50 tahun.

Kanker Usus

Pemeriksaan:

  • Fecal occult blood test (FOBT) atau tes okultisme darah tinja. Tes ini dilakukan untuk memeriksa jika dalam kotoran ada darah yang disebabkan oleh kanker usus. Tes ini dilakukan dua tahun sekali.
  • Tes sigmoidoskopi hanya dilakukan sekali saja.

Disarankan bagi:

  • Tes FOBT untuk orang berusia di antara 60-75 tahun
  • Tes sigmoidoskopi dilakukan saat orang menginjak usia 55 tahun.

Kanker Prostat

Pada umumnya, keputusan untuk memeriksa keberadaan kanker prostat dan frekuensi pemeriksaannya berada di tangan pasien sepenuhnya. Belum ada bentuk rekomendasi yang bersifat universal mengenai pemeriksaan ini. Keputusan untuk memeriksa akan didasarkan kepada riwayat kesehatan pasien dan keluarganya.

Pemeriksaan:

  • Tes terhadap Prostate Specific Antigen (PSA). PSA adalah protein yang diproduksi oleh jaringan kanker prostat. Tapi hasil PSA yang tinggi tidak selalu disebabkan oleh kanker prostat dan tidak setiap kasus kanker prostat menunjukkan hasil PSA yang tinggi.

Disarankan bagi:

  • Pria yang berusia antara 40-75 tahun.
  • Orang dengan anggota keluarga yang memiliki riwayat kanker prostat.

Kanker Paru-paru

Pemeriksaan:

  • CT-scan spiral dosis rendah.

Disarankan bagi:

  • Orang berumur antara 55-74 tahun yang sedang aktif merokok atau yang berhenti merokok dalam 15 tahun terakhir.
  • Orang berumur antara 55-74 tahun yang memiliki 30 ?smoking pack years?. Cara menghitung smoking pack years adalah mengalikan jumlah batang rokok per hari dengan jumlah tahun merokok kemudian dibagi 20. Misalnya, orang yang merokok sebanyak 10 batang rokok per hari selama 20 tahun, berarti mempunyai 10�20/20 = 10 smoking pack years.
  • Orang yang berprofesi di bidang industri yang rentan terpapar bahan kimia asbestos.

Kanker Hati

Pemeriksaan:

  • Pemeriksaan darah untuk mendeteksi tingkat alfaprotein (AFP) dalam darah dua kali setahun.
  • Ultrasound scan dua kali setahun untuk memeriksa jika ada pertumbuhan kanker.

Disarankan bagi:

  • Orang yang kecanduan minuman keras selama bertahun-tahun.
  • Orang yang mengidap hepatitis B dan C.
  • Orang yang mengidap penyakit hemakromatosis.
Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini lho, Manfaat Protein Sebenarnya

Ini lho, Manfaat Protein Sebenarnya

Oleh: dr. Adithia Kwee Sudah tidak sedikit sumber yang menyampaikan betapa pentingnya protein. Tapi tahukah Anda apa manfaat protein sebenarnya untuk tubuh kita? Inilah beberapa fungsi protein untuk tubuh kita: Protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sehingga angka kecukupannya harus sangat diperhatikan. Hampir semua proses kimia dalam tubuh membutuhkan protein. Berbagai molekul kecil dan ion-ion dalam tubuh diangkut oleh protein. Koordinasi keempat anggota gerak kita membutuhkan protein. Antibodi dalam tubuh kita yang berguna untuk menyerang bakteri dan virus yang masuk juga berupa protein. Protein juga berfungsi untuk menyediakan bahan-bahan yang penting peranannya untuk pertumbuhan dan memelihara jaringan tubuh, serta mengatur kelangsungan proses di dalam tubuh. Protein juga sebagai sumber energi jika keperluannya tidak dapat dipenuhi oleh karbohidrat dan lemak, untuk pembentukan dan perbaikan sel dan jaringan, serta untuk membantu proses penyembuhan luka. Begitu banyak kegunaan protein untuk tubuh. Dapat terbayang apa yang akan terjadi bila tubuh kita kekurangan protein. Kebutuhan protein harus dipenuhi melalui asupan makanan kaya protein. Kebutuh [...]

World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek

World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek

Telah diketahui secara luas di masyarakat bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, bukan hanya pada jantung, paru-paru dan organ lainnya tetapi juga pada rongga mulut. Kerusakan dalam rongga mulut yang paling popupler diketahui oleh masyarakat adalah perubahan pada warna gigi. Tentu saja itu hanya 1 dari sekian banyak dampak buruk merokok, baik rokok putih maupun rokok kretek. Konsumsi rokok di Indonesia meliputi rokok putih dan rokok kretek, dan ternyata penikmat rokok kretek cukup banyak. laporan mengenai penyakit yang ditimbulkan oleh rokok kretek tidak sebanyak laporan kasus pada rokok putih. Namun telah ditemukan laporan kasus perdarahan dan edema pada paru yang diduga karena rokok kretek dan ada yang berakhir dengan kematian, juga laporan kasus kerusakan gigi yang spesifik pada perokok kretek. World No Tobacco Day: Kerusakan Gigi yang Khas Akibat Rokok Kretek Telah diketahui secara luas di masyarakat bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, bukan hanya pada jantung, paru-paru dan organ lainnya tetapi juga pada rongga mulut. Kerusakan dalam rongga mulut yang paling popupler diketahui oleh masyarakat adalah perubahan pada warna [...]

Telapak Kaki Sakit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Telapak Kaki Sakit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Jangan remehkan jika telapak kaki Anda terasa sakit. Bisa jadi rasa sakit itu menjadi tanda adanya gangguan kesehatan dalam diri Anda. Untuk mengetahui penyebabnya, kita harus mengetahui telapak kaki bagian mana yang sakit. Selain itu, penting juga mengetahui bagaimana dan kapan rasa sakit tersebut muncul untuk mempermudah diagnosis dan pengobatannya. Kondisi Yang Mungkin Merupakan Sumber Sakit Telapak kaki sakit bisa disebabkan oleh bentuk struktur alami dari telapak kaki itu sendiri. Otot, ligamen, tulang, kulit, saraf, dan bagian lainnya yang terganggu juga bisa menjadi sebab dari munculnya rasa sakit. Berikut adalah penyebab-penyebab umum sakit pada telapak kaki sakit: Metatarsalgia Rasa sakit seperti terbakar atau nyeri pada bagian depan kaki secara medis biasa disebut metatarsalgia. Jenis gangguan ini akan memburuk jika penderitanya berjalan. Keadaan akan semakin memburuk jika penderitanya kelebihan berat badan, melakukan olahraga berat, dan memakai sepatu ketat dalam jangka waktu yang lama. Gangguan ini patut diwaspadai oleh para orangtua karena kelompok umur mereka rentan akan metatarsalgia. Kebanyakan kasus metatarsalga dapat dengan mudah ditangani dengan obat pereda [...]

Atasi Mood Swings Pre-Menstruasi Dengan Diet

Atasi Mood Swings Pre-Menstruasi Dengan Diet

Premenstrual syndrome (PMS) umum terjadi pada kebanyakan wanita menjelang periode menstruasi mereka. Sekitar 8-20% wanita mengalami keluhan ringan hingga berat 1-2 minggu menjelang siklus menstruasi. Gejala-gejala yang dialami bervariasi mulai dari perubahan secara fisik dan emosi. Keluhan yang umum dialami antara lain perasaan sedih ataupun lebih sensitif, yang seringkali dirasakan oleh orang sekitar sebagai tanda bahwa Anda akan mengalami menstruasi. Perut kembung dan terasa penuh, nyeri kepala dan nyeri pada payudara juga umum dikeluhkan oleh pasien. Penyebab PMS diduga disebabkan oleh adanya level hormon dan senyawa kimia pada otak yang berfluktuasi. Apa yang dikonsumsi oleh wanita tersebut juga memiliki efek penting. Inilah beberapa makanan yang kami anjurkan untuk meredakan gejala PMS. Atasi Mood Swings Pre-Menstruasi Dengan Diet Berikut adalah saran diet yang dianjurkan untuk meredakan gejala PMS: Konsumsi makanan/minuman tinggi kalsium Kalsium diduga memiliki efek pada otak untuk mengurangi gejala depresi dan cemas, sedangkan vitamin D berpengaruh pada perubahan emosi. Oleh karena itu, wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi kalsium setidaknya 1200 [...]

Kapan Kista Jinak Berpotensi Menjadi Ganas?

Kapan Kista Jinak Berpotensi Menjadi Ganas?

Kebanyakan kista ovarium tidaklah berbahaya. Namun, karena kehadirannya yang sering kali tidak terdeteksi membuat kista ovarium yang tadinya jinak bisa berpotensi menjadi ganas. Lantas, apa saja ciri-ciri sebuah kista jinak yang berpotensi menjadi ganas? Kista ovarium adalah sebuah kantung berisi cairan yang tumbuh di indung telur (ovarium). Kebanyakan kista ovarium tidaklah berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Kehadirannya pun sering tidak disertai gejala. Gejala baru dirasakan ketika kista telah membesar, pecah atau menutupi suplai darah ke ovarium. Jika sudah memasuki tahap itu, Anda akan merasakan gejala-gejala seperti: Perut kembung Sering buang air kecil Perubahan siklus menstruasi Mual, muntah, atau nyeri payudara seperti saat yang Anda rasakan saat kehamilan Gangguan pencernaan atau mudah kenyang padahal Anda hanya makan sedikit Nyeri sebelum menstruasi tiba atau sebelum menstruasi berakhir Nyeri saat buang air besar Nyeri panggul saat melakukan hubungan seksual Jenis-jenis Kista Ovarium Pada umumnya, kebanyakan kista ovarium tidaklah bersifat kanker. Kista yang berkaitan dengan menstruasi disebut kista fungsional dan terdapat pada se [...]

Waspadai Risiko Fatal di Balik Cedera Kepala

Waspadai Risiko Fatal di Balik Cedera Kepala

Siapa saja, termasuk anak-anak yang sedang aktif bergerak berisiko mengalami cedera kepala yang dapat berakibat fatal. Risiko ini makin tinggi ketika banyak orang tidak mengenakan helm saat mengendarai motor. Cedera kepala dapat terjadi karena banyak hal, seperti perkelahian, kecelakaan kendaraan bermotor, cedera saat berolahraga, jatuh, atau sekadar terbentur. Gegar otak adalah jenis cedera kepala yang paling umum terjadi. Kata dalam bahasa Inggrisnya, concussion, berasal dari kata dalam bahasa Latin yang berarti ?diguncang dengan kencang?. Gegar otak adalah cedera kepala yang berdampak kepada fungsi otak. Selain karena benturan dan guncangan pada kepala, gegar otak umumnya terjadi karena guncangan keras pada tubuh bagian atas. Otak terlindungi dari guncangan oleh cairan otak dalam tengkorak. Oleh karenanya guncangan dan benturan keras pada kepala atau tubuh bagian atas dapat membuat otak ikut terguncang membentur dinding kepala bagian dalam. Kondisi ini dapat bersifat ringan, tapi juga bisa berisiko fatal jika sampai mengakibatkan pendarahan di dalam atau di sekitar otak. Menurut tingkat keparahan dan ada tidaknya pingsan, gegar otak dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis: T [...]

Ini Penyebab Wanita Takut Nonton Film Horor

Ini Penyebab Wanita Takut Nonton Film Horor

Baru-baru ini, sebuah studi mengungkapkan mengapa wanita lebih takut nonton film horor ketimbang pria. Peneliti dari University College London mendapati bahwa, kemampuan wanita yang lebih tinggi dari pria dalam mengantisipasi sebuah adeganlah yang membuat ia merasa lebih ketakutan saat menonton film horor. Ketika ia mulai merasa ada peringatan akan masuknya adegan kejam atau menakutkan, otak wanita seketika merespon dengan tindakan. Sedangkan pada pria, mereka lebih tenang hingga adegan menakutkan tersebut benar-benar terjadi.Studi dilakukan terhadap 30 pria dan wanita. Aktivitas otak mereka dipelajari dengan cara memperlihatkan adegan yang baik dan buruk, seperti pemandangan yang menenangkan hingga adegan kekerasan. Ekspresi wajah mereka juga dipelajari sebelum memasuki tes memori, seperti dikutip dari Dailymail.Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa antisipasi dari sebuah adegan buruk yang akan terjadi, spontan membuat wanita melakukan aksi tertentu, namun tidak pada pria. Misalnya saat adegan seorang penjahat yang diam-diam mengintip korbannya, seorang wanita sudah menggerakkan tubuhnya di kursi, sedangkan pria hanya diam saja sampai adegan penjahat tersebut melakukan aksi [...]

Jangan Malas Jalan Kaki! Ini Manfaat Kesehatan yang Akan Anda Dapat

Jangan Malas Jalan Kaki! Ini Manfaat Kesehatan yang Akan Anda Dapat

Berjalan kaki biasanya dianggap sebagai solusi untuk menurunkan berat badan dan mengurangi kalori, namun ternyata manfaat berjalan kaki tidak sebatas membuat tubuh lebih langsing saja. Berjalan kaki selama 30 sampai 45 menit tiap harinya memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Ini dia empat alasan sehat kenapa berjalan kaki perlu dilakukan secara rutin, seperti dikutip dari Lifemojo.1. Meningkatkan Kemampuan OtakUntuk memulai berjalan kaki, Anda hanya membutuhkan sepasang sepatu lari. Anda bisa berjalan di taman, teras, atau di atas treadmill dan kapan saja. Pagi, siang, sore atau bahkan larut malam setelah makan malam. Mulailah berjalan selama 10 hingga 15 menit, kemudian tingkatkan waktu Anda secara bertahap. Perlu diketahui juga, berjalan kaki juga bisa meningkatkan kemampuan otak. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh National Council of Aging, berjalan kaki 45 menit tiap harinya dapat membuat otak lebih tajam dan meningkatkan kewaspadaan.2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan StrokeBerjalan selama 30 hingga 45 menit setiap hari bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu mengatur denyut jantung. Hal ini juga baik dalam meningkatkan kolesterol baik (HDL) da [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *