Mendeteksi Kanker Sejak Dini

Mendeteksi-Kanker-Sejak-Dini-Alodokter.jpg

Beberapa jenis kanker dapat dideteksi sebelum Anda merasakan gejala apapun.

Pemeriksaan awal membuat ketidaknormalan sel yang berisiko kanker atau telah bersifat kanker dapat dideteksi dan ditangani secepatnya, sehingga mengurangi risiko penyebaran kanker dan kematian.

Pemeriksaan Awal terhadap Beberapa Jenis Kanker

Pemeriksaan awal adalah cara untuk mengenali keberadaan penyakit sebelum penderita mengalami gejala-gejala penyakit tersebut. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan secara berkala, terutama bagi orang-orang yang berisiko tinggi mengidap penyakit kanker tertentu. Meski demikian, tidak semua jenis kanker dapat diperiksa dan dideteksi pada stadium awal.

Beberapa tes hanya diperuntukkan bagi orang-orang dengan risiko genetis khusus.

Usia, riwayat penyakit tertentu dalam keluarga, serta riwayat kesehatan Anda sendiri akan menjadi faktor penentu tes mana yang sebaiknya diambil.

Berikut ini adalah beberapa jenis kanker beserta tes dan tindakan pencegahan yang dapat dilakukan.

Kanker Payudara

Pemeriksaan:

  • Memeriksa fisik payudara sendiri untuk mendeteksi apakah ada perubahan pada payudara seperti adanya benjolan, perubahan pada puting atau pada kulit payudara.
  • Mamogram: pemeriksaan X-ray yang digunakan untuk memperlihatkan penampakan jaringan pada payudara.

Disarankan bagi:

  • Perempuan yang memiliki anggota keluarga yang pernah mengidap kanker payudara atau kanker ovarium.
  • Wanita berusia di atas 47 tahun yang sudah memasuki masa menopause sebaiknya memeriksakan diri sekali dalam tiga tahun.

Kanker Leher Rahim/Serviks

Pemeriksaan:

  • Pap Smear atau liquid based cytology (LBC)

Disarankan bagi:

  • Wanita berusia 25 tahun ke atas, terutama yang sudah melakukan aktivitas seksual secara aktif. Untuk wanita berusia di antara 25-49 tahun, pap smear sebaiknya dilakukan tiga tahun sekali. Sementara untuk wanita berusia di atas 49 tahun, tes ini sebaiknya dilakukan lima tahun sekali.
  • Untuk wanita berusia 65 tahun ke atas hanya perlu melakukan tes ini jika beberapa hasil tes terakhir tidak normal atau belum pernah menjalani tes sejak umur 50 tahun.

Kanker Usus

Pemeriksaan:

  • Fecal occult blood test (FOBT) atau tes okultisme darah tinja. Tes ini dilakukan untuk memeriksa jika dalam kotoran ada darah yang disebabkan oleh kanker usus. Tes ini dilakukan dua tahun sekali.
  • Tes sigmoidoskopi hanya dilakukan sekali saja.

Disarankan bagi:

  • Tes FOBT untuk orang berusia di antara 60-75 tahun
  • Tes sigmoidoskopi dilakukan saat orang menginjak usia 55 tahun.

Kanker Prostat

Pada umumnya, keputusan untuk memeriksa keberadaan kanker prostat dan frekuensi pemeriksaannya berada di tangan pasien sepenuhnya. Belum ada bentuk rekomendasi yang bersifat universal mengenai pemeriksaan ini. Keputusan untuk memeriksa akan didasarkan kepada riwayat kesehatan pasien dan keluarganya.

Pemeriksaan:

  • Tes terhadap Prostate Specific Antigen (PSA). PSA adalah protein yang diproduksi oleh jaringan kanker prostat. Tapi hasil PSA yang tinggi tidak selalu disebabkan oleh kanker prostat dan tidak setiap kasus kanker prostat menunjukkan hasil PSA yang tinggi.

Disarankan bagi:

  • Pria yang berusia antara 40-75 tahun.
  • Orang dengan anggota keluarga yang memiliki riwayat kanker prostat.

Kanker Paru-paru

Pemeriksaan:

  • CT-scan spiral dosis rendah.

Disarankan bagi:

  • Orang berumur antara 55-74 tahun yang sedang aktif merokok atau yang berhenti merokok dalam 15 tahun terakhir.
  • Orang berumur antara 55-74 tahun yang memiliki 30 ?smoking pack years?. Cara menghitung smoking pack years adalah mengalikan jumlah batang rokok per hari dengan jumlah tahun merokok kemudian dibagi 20. Misalnya, orang yang merokok sebanyak 10 batang rokok per hari selama 20 tahun, berarti mempunyai 10�20/20 = 10 smoking pack years.
  • Orang yang berprofesi di bidang industri yang rentan terpapar bahan kimia asbestos.

Kanker Hati

Pemeriksaan:

  • Pemeriksaan darah untuk mendeteksi tingkat alfaprotein (AFP) dalam darah dua kali setahun.
  • Ultrasound scan dua kali setahun untuk memeriksa jika ada pertumbuhan kanker.

Disarankan bagi:

  • Orang yang kecanduan minuman keras selama bertahun-tahun.
  • Orang yang mengidap hepatitis B dan C.
  • Orang yang mengidap penyakit hemakromatosis.
Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
14 Penyebab Nyeri Punggung Bawah

14 Penyebab Nyeri Punggung Bawah

Dalam hidupnya, 8 dari 10 orang pasti pernah mengalami nyeri punggung bawah. Nyeri tersebut dapat bervariasi mulai dari nyeri ringan, nyeri tumpul, nyeri yang persisten, nyeri berat dan nyeri yang mengganggu aktivitas. (Baca: Kebiaasaan-kebiasaan Salah Penyebab Nyeri Pinggang) Nyeri punggung bawah dapat membatasi mobilitas dan mengganggu fungsi tubuh sehari-hari. Karena keluhan ini merupakan keluhan yang paling sering terjadi, maka sangat penting untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan keluhan ini. Apa saja yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah? Aktivitas berlebihan yang menyebabkan ketegangan pada bagian punggung bawah atau aktivitas dengan posisi yang tidak tepat (misalnya: mengangkat benda berat secara tiba-tiba atau berulang, pajanan getaran pada daerah punggung untuk waktu yang cukup lama). Trauma, kecelakaan atau patah tulang. Gangguan pada tulang belakang (sebagai contoh: peregangan otot dan ligamen di sekitar tulang belakang yang terlalu berlebihan atau efek penuaan). Infeksi. Adanya pertumbuhan massa yang abnormal, sepeti tumor. Obesitas (biasanya pada orang dengan berat badan berlebih dapat terjadi tekanan be [...]

Kenapa Bisa Terjadi Gatal pada Kemaluan?

Kenapa Bisa Terjadi Gatal pada Kemaluan?

Rasa gatal bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Jika Anda mengalami gatal pada kemaluan atau pada alat kelamin, pasti akan terasa sangat mengganggu. Sering kali gatal kemaluan disebabkan oleh iritasi yang akan sembuh dengan sendirinya jika penyebab dihilangkan, namun ada juga gatal pada kemaluan, baik gatal vagina atau gatal penis, yang membutuhkan pengobatan lebih lanjut. Lalu apa sebenarnya yang dapat memicu kondisi ini? Mencari tahu Penyebabnya Gatal pada kemaluan wanita dan pria secara umum tidak terlalu berbeda, kecuali untuk beberapa penyebab tertentu. Wanita Gatal pada kemaluan wanita bisa mejadi ciri-ciri dari terjadinya infeksi jamur, bakteri, atau kondisi lainnya. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab gatal: Krim atau cairan pembilas vagina. Tingkat estrogen yang tidak stabil pada wanita menjelang haid. Pembalut saat haid. Alat kontrasepsi vaginal. Bahan kimia dari sabun atau produk pembersih tubuh lain. Penyakit menular seksual seperti kutil atau infeksi kutu. Kudis. Kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis. Deterjen. Kertas toilet. Stres. Pria Tidak jarang gatal pada kemaluan pria diikuti oleh gejala-gejal lain, seperti rasa terbakar atau rasa tidak nyama [...]

Melacak Penyakit dengan CT Scan

Melacak Penyakit dengan CT Scan

Pemindaian dengan teknologi computerized tomography atau biasa disebut CT scan, muncul pada awal tahun 1970-an. Sejak itu CT scan menjadi alat yang penting untuk pencitraan medis. Lalu apa manfaatnya? CT Scan menggabungkan serangkaian pemindaian X-ray yang diambil dari berbagai sudut yang berbeda. Kemudian komputer akan memproses sehingga menghasilkan gambar tulang dan jaringan lunak di dalam tubuh. Membantu Proses Diagnosis CT scan adalah mesin pemindai berbentuk lingkaran yang besar, cukup untuk dimasuki orang dewasa dengan posisi berbaring. Alat ini dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memonitor beragam kondisi kesehatan. Kemungkinan dokter akan merekomendasikan CT scan untuk dilakukan pada saat-saat tertentu, seperti: Melakukan diagnosis kelainan otot dan tulang, seperti tumor atau retak pada tulang. Menentukan lokasi tumor, infeksi, atau bekuan darah. Memandu prosedur medis ketika melakukan operasi, biopsi, atau terapi radiasi. Mendeteksi dan memonitor kondisi dan penyakit tertentu, seperti kanker, sakit jantung, nodul pada paru-paru, dan massa pada hati. Mencari tahu cedera atau pendarahan internal. Penggunaan CT scan kini juga makin banyak digunakan sebagai pemindaian [...]

Minum Pil Anti Botak, Pria Ini Malah Jadi Transgender

Minum Pil Anti Botak, Pria Ini Malah Jadi Transgender

Seorang transgender bernama Mandi baru-baru ini menceritakan kisahnya kepada acara bincang-bincang bersama Anderson Cooper. Malangnya nasib pria ini, akibat minum pil anti botak, hormon tubuhnya malah menjadi feminin dan membuatnya jadi kewanita-wanitaan.Awalnya, ayah satu anak bernama William McKee ini hanya ingin mencegah kebotakan rambutnya. Berprofesi sebagai insinyur piranti lunak, dirinya kerap stres dan rambutnya membotak lebih cepat, terlebih karena keturunannya banyak yang mengalami hal ini.Pria berusia 38 tahun asal Tampa, Florida itupun mulai mengonsumsi obat generik Propecia bernama finastride yang berfungsi untuk menunda efek kebotakan akibat faktor keturunan. Namun seiring waktu berjalan, perubahan yang lebih besar pada tubuhnya telah terjadi.Setelah beberapa bulan mengonsumsi pil tersebut, ia merasa tubuhnya menjadi lebih feminin. Ia juga mengaku saat memesan pil tersebut via internet, ia hanya tahu kalau obat yang dibuat di India itu layak dikonsumsi oleh asosiasi obat-obatan Amerika."Aku mengalami depresi akut, dan memasuki tahun 2011, pernikahanku berakhir. Aku hidup sendirian," ujar William yang kini ganti nama menjadi Mandi. "Aku merasakan gejala perubahan me [...]

Perawatan Pasca Melahirkan

Perawatan Pasca Melahirkan

Pada saat pasca kehamilan, ibu akan mengalami perubahan fisik di bagian kulit maupun di bagian alat reproduksi. Untuk itu, ibu memerlukan perawatan pasca melahirkan selama enam minggu atau 40 hari. Perawatan ini bisa dilakukan oleh ibu sesegera mungkin. Adapun beberapa hal yang perlu ibu perhatikan saat berada di masa pasca kehamilan, antara lain: Perawatan Payudara Hindari pembengkakan payudara pada masa pasca kehamilan, caranya adalah memenuhi kebutuhan bayi dengan memberikan ASI sedini mungkin dan sesuai kebutuhan bayi. Usahakan untuk tidak menggunakan bra yang menekan atau sempit. Apabila payudara terasa sakit, pijat ringan bagian payudara yang sakit dengan menggunakan breast oil dan air hangat. Pemijatan menggunakan breast oil ini juga berguna untuk merangsang kelancaran ASI dan merawat payudara ibu. Perhatikan Rahim Penciutan rahim terjadi pada hari pertama sampai hari ke-9 setelah melahirkan. Hal ini dapat diketahui dengan meraba bagian bulat agak keras di bawah pusat. Pada hari ke-10 sampai 14, rahim tidak teraba lagi. Penciutan rahim dibantu oleh oksitosin, yaitu hormon yang mengontraksikan otot-otot rahim yang keluar saat menyusui. Penciutan rahim ini terjadi kar [...]

Cantik di Usia 51 ke Premier Spectre, Monica Belluci Mengaku Tak Takut Tua

Cantik di Usia 51 ke Premier Spectre, Monica Belluci Mengaku Tak Takut Tua

Pemutaran perdana film Spectre dirayakan meriah di Royal Albert Hall, London, Inggris semalam, Senin, (26/10/2015). Para aktor dan aktris seri ke-24 film James Bond tersebut pun turut menghadiri premier, tak terkecuali Monica Belluci yang tampil cantik mengenakan dress beludru biru tua. Gaun lengan panjang keluaran Ralph & Russo tersebut memiliki belahan tinggi sebatas paha serta aksen cut out di bagian punggungnya sehingga menonjolkan sisi sensual Monica.Tak diragukan, jika Monica adalah salah satu wanita yang tampil paling 'bersinar' dalam premier itu. Ia pun melengkapi penampilan dengan clutch warna merah serta ankle heels warna hitam. Adapun cincin warna biru yang serasi dengan busananya. Sementara rambut panjangnya terlihat indah dengan tatanan menyamping serta ikal. Monica pun tampak segar dengan makeup minimalis serta pulasan lipstik warna pink.Terlihat cantik dan seksi, siapa sangka jika Monica Belluci sudah memasuki umur 51. Banyak orang menganggap jika usia tersebut merupakan lembaran baru dalam kehidupan seorang wanita. Meski begitu, banyak juga merasa khawatir karena semakin dekat dengan masa menopause. Namun tidak dengan wanita asal Italia ini yang justru menant [...]

Bahayanya Jika Tidak Cuci Sprei dan Kasur Secara Rutin

Bahayanya Jika Tidak Cuci Sprei dan Kasur Secara Rutin

Ingatkah kapan terakhir kali Anda mengganti sprei tempat tidur atau mencuci bantal? Banyak orang yang mengabaikan kebersihan tempat tidur, padahal mereka menggunakannya baik di siang maupun malam hari. Jika Anda atau anggota keluarga rentan terhadap alergi atau sering mengalami gatal-gatal dan kulit kemerahan, maka bisa jadi biang keladinya berasal dari tempat tidur yang Anda tiduri setiap hari. Bukan asal membersihkan saja, tapi ini beberapa langkah yang tepat untuk menjaga kebersihannya.1. Sprei dan SelimutSetiap harinya, kulit manusia mengalami regenerasi dengan menyingkirkan sel-sel kulit mati. Proses pergantian sel kulit mati dengan yang baru biasanya terjadi di malam hari. Meskipun tidak terlihat, sel-sel kulit mati yang rontok bisa menempel dan tertinggal di tempat tidur. Selain itu ketika kita tidur, tubuh juga mengeluarkan keringat yang membuat sprei lembab. Sel kulit mati, keringat dan permukaan yang lembab merupakan tempat favorit kuman, kutu dan bakteri berkumpul.Meskipun tidak terlalu membahayakan, kutu atau serangga yang bersarang di tempat tidur mengeluarkan kotoran yang menjadi pemicu alergi. Akibatnya mata bisa merah dan gatal-gatal, peradangan pada hidung hingg [...]

Cuaca Cerah: Perlu Pakai Sunscreen?

Cuaca Cerah: Perlu Pakai Sunscreen?

Oleh: dr. Nadia Octavia Aktivitas diluar ruangan bisa berisiko pada kesehatan kulit jika meluputkan penggunaan sunscreen atau tabir surya. Sinar ultra violet matahari akibat cuaca global yang tak menentu akhir-akhir ini menyimpan dampak yang berpotensi tidak hanya merusak fungsi mata tapi juga pada kulit. Namun bagaimanapun acapkali aktivitas luar ruangan tidak dapat dihindari. Simak beberapa tips berikut ini untuk mengkiatkan solusinya. Bagaimana terhindar dari bahaya dari sinar matahari? Hindari sinar matahari pada pk. 10.00 - 14.00 Ini merupakan waktu paling utama untuk terpapar sinar radiasi ultraviolet (UV) matahari yang dapat merusak kulit, bahkan saat cuaca mendung. Gunakan pakaian pelindung Gunakan celana panjang, baju lengan panjang dan kacamata hitam. Anda juga dapat menggunakan topi lebar ataupun payung untuk terlindung dari sinar matahari. Gunakan sunscreen Aplikasikan sunscreen secara reguler. Apakah broad-spectrum sunscreen itu? Terdapat dua jenis sinar UV yang dapat membahayakan kulit: UVA dan UVB. Broad-spectrum sunscreen dapat melindungi Anda dari keduanya. Sinar UVA dapat mempercepat tanda-tanda penuaan pada kulit Anda seperti kerut dan bintik-bintik [...]

Mengapa Trombosit Bisa Tinggi?

Mengapa Trombosit Bisa Tinggi?

Oleh: dr. Adithia Kwee Trombosit merupakan salah satu komponen darah yang berfungsi dalam proses pembekuan darah. Jumlah trombosit normal dalam tubuh manusia yaitu 200.000-400.000. Bila kurang dari normal dapat menyebabkan perdarahan karena fungsi pembekuan darah pada tubuh berkurang. Masyarakat umumnya hanya mengetahui bahwa bila trombosit turun maka akan berbahaya bagi kesehatan contohnya pada penyakit demam berdarah. Padahal jumlah trombosit yang terlalu tinggi pun dapat pula membahayakan kesehatan kita. Jumlah trombosit yang lebih dari 400.000 disebut dengan trombositosis. Bila tidak jelas penyebabnya, bukan dikarenakan penyakit lain maka disebut trombositosis esensial. Pada trombositosis esensial, jumlah trombosit seseorang dapat mencapai 1.000.000. Keadaan ini harus segera ditangani karena trombositosis ini dapat menyebabkan gangguan penyumbatan maupun perdarahan. Penyakit ini biasa timbiul pada usia tua yaitu 50 ? 70 tahun, namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada anak-anak dan remaja. Pada umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala apa-apa. Biasanya diketahui oleh pasien saat sedang check-up rutin. Dari hasil pemeriksaan darah dapat diketahui jumlah trombosit [...]

Biang Keringat, Biang Masalah

Biang Keringat, Biang Masalah

Biang keringat kerap kita temui pada bayi dan anak kecil, karena kulit mereka cenderung lebih sensitif daripada orang dewasa. Bahkan 70 persen dari tubuh bayi mengandung air, itulah mengapa bayi mudah sekali mengeluarkan keringat bila dibandingkan dengan orang dewasa. Masalah kembali bertambah saat anak Anda rewel karena rasa gatalnya yang terus mengganggu. Jangan panik, sebelum tergesa-gesa memberi anak Anda bermacam-macam obat, kenali dulu tanda-tanda dan deskripsi dari biang keringat itu sendiri, jangan sampai nantinya Anda salah mendeskripsikan keadaan anak Anda dan memberinya obat yang salah. Biang keringat atau biasa disebut dalam istilah medis dengan miliaria adalah penyakit kulit yang ditandai dengan kemerahan, muncul papul (bintil-bintil), dan gatal. Penyebab dari miliaria adalah sumbatan dari kelenjar keringat akibat dari kondisi udara yang panas dan lembab. Pada biang keringat ringan, tampak bintik putih melenting, berair, dan mengkilap tanpa disertai gatal. Pada biang keringat berat, terlihat bintik merah, gatal, melenting, berair, dan terasa perih. Secara medis, biang keringat dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis: Miliaria Kristalina Biang keringat ini terjadi pa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *