Meneropong Anatomi Penis

Anatomi-penis-Alodokter.jpg

Apakah pria perlu mengkhawatirkan ukuran penisnya? Bagaimana ereksi terjadi? Kenapa penis mengalami ereksi saat bangun tidur di pagi hari? Mengenali anatomi dan cara kerja penis dapat membuat kita menemukan jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Penis memiliki dua peran utama. Selain berperan sebagai organ seksual, penis juga berfungsi sebagai jalan keluarnya urine dari tubuh pria.

Mengenali Bagian Penis

Fungsi vital penis membuat semua pria seharusnya mengenali bagian-bagian organ ini dengan baik sehingga dapat menjaga kesehatannya. Secara umum, penis terdiri dari beberapa bagian.

Kepala penis. Pada ujung kepala, terdapat celah kecil atau bukaan uretra untuk urine dan air mani keluar. Pada penis yang tidak disunat, kepalanya ditutupi oleh kulup.

Batang penis. Saat lahir, semua batang penis tertutup oleh kulit luar atau kulup. Pada sebagian pria di Indonesia, kulup ini kemudian akan disunat atas alasan kesehatan, agama, atau budaya. Sistem dan kerja penis tidak akan berubah setelah menjalani sunat. Penis yang tidak disunat lebih berisiko mengalami fimosis, yaitu kondisi ketika kulup atau kulit luar tidak dapat ditarik dari kepala penis.

Korpus kavernosum: jaringan yang berada di sepanjang kedua sisi penis. Sebelum terjadi ereksi, jaringan ini akan penuh terisi dengan darah, sehingga batang penis menegang.

Korpus spongiosum: satu kolom jaringan berongga yang berada di bagian depan penis. Jaringan ini juga terisi dengan darah selama ereksi. Di dalam bagian ini juga terdapat uretra atau saluran kencing yang berfungsi menyalurkan urine keluar dari tubuh.

Ukuran penis baru akan terlihat sempurna saat mencapai usia pubertas. Memasuki masa ini, akan tumbuh bulu-bulu kemaluan di sekitar penis, sementara pertambahan panjang penis pada umumnya berhenti pada usia 17 tahun.

Bagaimana Ereksi Terjadi?

Penis bukanlah otot. Oleh karenanya organ ini tidak dapat digerakkan secara fleksibel saat mengalami ereksi. Ereksi terjadi karena adanya perubahan aliran darah dalam penis. Ketika seorang pria terangsang, saraf membuat pembuluh darah dalam penis melebar. Aliran darah yang masuk akan lebih banyak dibandingkan yang keluar dari jaringan penis, sehingga mengakibatkan jaringan korpus kavernosum mengeras.

Pria yang bangun tidur dengan penis yang ereksi sangat umum terjadi. Tiap pria sehat dapat mengalami 3-5 ereksi selama masing-masing 25-35 menit sepanjang tidur malam. Penyebabnya belum dapat diketahui pasti, namun kondisi ini dianggap sebagai bukti bahwa penis bekerja dengan baik.

Tidak ada tulang dalam penis. Penis yang bengkok ke kanan atau kiri saat ereksi adalah hal yang normal. Tapi jaringan yang penuh aliran darah saat penis ereksi dapat cedera jika organ ini dibengkokkan dengan keras. Darah yang keluar dari jaringan korpus dapat mengakibatkan nyeri yang tidak tertahankan. Sebanyak sekitar 30 persen kasus cedera semacam ini dapat terjadi saat wanita berada di bagian atas tubuh pria saat melakukan hubungan seksual. Kulit di antara penis dengan kulup atau frenulum juga dapat robek, umumnya diakibatkan penetrasi seksual yang kasar.

Banyak pria khawatir akan ukuran penisnya. Penis rata-rata berukuran sekitar 5-10 cm pada keadaan tidak ereksi dan 12-19 cm pada keadaan ereksi. Kondisi seperti kedinginan atau rasa cemas dapat membuat ukuran sementara penis mengecil. Anggapan bahwa ukuran penis yang proporsional dengan ukuran sepatu hanyalah mitos. Penelitian juga membuktikan bahwa penis yang berukuran pendek justru dapat menjadi lebih panjang saat ereksi.

Cara paling sederhana dalam menjaga kebersihan dan kesehatan penis adalah dengan mencucinya dengan air hangat, terutama bagian dalam kulup jika tidak disunat. Gunakan kondom saat berhubungan intim dengan pasangan yang Anda tidak tahu riwayat seksualnya agar terhindar dari infeksi menular seksual.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jangan Sepelekan Pingsan!

Jangan Sepelekan Pingsan!

Ketika Anda menonton sinetron atau film dan melihat tokoh utamanya tiba-tiba terjatuh dan pingsan, tentu rasanya seru sekali. Namun pada kehidupan nyata, pingsan atau yang dikenal dalam dunia medis dengan syncope perlu diketahui penyebabnya dan ditangani dengan serius. Mengapa bisa terjadi pingsan? Pingsan atau syncope secara umum dapat didefinisikan sebagai hilangnya kesadaran sementara. Hal ini umumnya terjadi karena otak tidak menerima asupan oksigen, darah atau 'gula' yang cukup. Selain itu pingsan dapat juga disebabkan oleh karena gangguan impuls saraf di otak. Pingsan juga dapat disebabkan oleh karena tubuh reaksi tubuh yang berlebih terhadap pemicu tertentu seperti stres emosional. Hal ini disebut juga dengan 'vasovagal syncope' Ketika seseorang pingsan, maka ia dengan sendirinya akan terjatuh, dari posisi berdiri menjadi posisi berbaring. Hal ini dapat membantu aliran darah ke otak lebih lancar karena darah tidak perlu dipompa melawan gravitasi. Seseorang yang pingsan seringkali dapat kembali sadar dengan sendirinya setelah beberapa menit. Apakah pingsan itu perlu dianggap serius? Kebanyakan dari kasus pingsan tidak fatal. Namun pingsan perlu dtiangan [...]

Vegetarian, Sehatkah?

Vegetarian, Sehatkah?

Oleh: dr. Jessica Florencia Makanan merupakan salah satu faktor penyumbang kesehatan yang utama. Kesehatan kita tercermin dari apa yang kita makan. Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan, semakin banyak juga berkembang cara-cara untuk makan sehat. Salah satunya adalah vegetarian. Apa yang kita ketahui tentang vegetarian? Sebenarnya ada beberapa tipe vegetarian, yaitu: Lacto-vegetarianLacto-vegetarian tidak mengkonsumsi daging, ikan, daging unggas dan segala makanan yang mengadung bahan-bahan tersebut. Namun, mereka tetap mengkonsumsi susu, keju, yogurt dan butter. Lacto-ovo vegetarianLacto-ovo vegetarian tidak mengkonsumsi daging, ikan dan daging unggas, namun mengkonsumsi produk susu dan telur. Ovo-vegetarianOvo-vegetarian tidak mengkonsumsi daging, daging unggas, makanan laut dan produk susu, namun mengkonsumsi telur. Vegan Vegan tidak mengkonsumsi daging, daging unggas, telur dan produk susu dan segala produk makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut. SemivegetarianSemivegetarian mengkonsumsi makanan-makanan dari tumbuhan dan sesekali juga tetap mengkonsumsi daging, produk susu, telur daging unggas dan ikan. A [...]

Menurut Studi, Anda Merasa Paling Bahagia di Waktu Pagi

Menurut Studi, Anda Merasa Paling Bahagia di Waktu Pagi

Kondisi tubuh manusia bisa berubah-ubah setiap waktu. Tubuh manusia memiliki siklus yang dinamakan ritme sirkadian, yaitu naik-turunnya hormon (fluktuasi) yang terjadi pada jam-jam tertentu. Fluktuasi ini berpengaruh terhadap suhu tubuh dan tekanan darah yang bisa mengubah mood, emosi hingga tingkat energi. Menurut sejumlah ahli dan penelitian, ritme sirkadian ini juga menentukan waktu-waktu terbaik kapan Anda harus bangun pagi, ketika ingin hamil atau kapan wajah Anda terlihat paling menarik.(hst/hst) [...]

13 Makanan untuk Awet Muda

13 Makanan untuk Awet Muda

Penuaan dini akhir-akhir ini banyak terpicu dari makin banyaknya pencetus zat radikal bebas yang terdapat dari asupan harian nutrisi kita. Baik makanan, minuman atau bahkan gaya hidup (merokok) menjadi faktor pencetus utama hadirnya zat radikal bebas yang berujung pada penuaan dini atau bahkan lebih mengerikannya lagi yakni munculnya kondisi penyakit degeneratif yang fatal, antara lain seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung koroner, osteoporosis ataupun bahkan dapat menyebabkan juga kondisi kegagalan organ tubuh. Karena diforsir bekerja mencerna asupan yang tidak ideal dan tidak menyehatkan, tak ayal tubuh menjadi lebih tua dari pada usia seharusnya. Tak pelak tidak hanya terlihat pada penampilan diluar, tapi juga kondisi organ didalam yang semakin menurun vitalitasnya. Namun jangan khawatir, Prof. Dr. dr. Askandar Tjokroprawiro, SpPD, K-EMD dalam suatu kesempatan menyampaikan beberapa tips makanan-makanan yang melawan zat radikal bebas, yang dapat mencegah penuaan dini. Berikutnya adalah: 13 Makanan untuk Awet Muda Buncis. Jangan lagi singkirkan warna hijau dari piring Anda, dan mulai konsumsilah buncis. Bawang putih. Bumbu masakan yang baunya kh [...]

Atasi Nyeri di Area Punggung dengan Chiropractic

Atasi Nyeri di Area Punggung dengan Chiropractic

Anda mungkin pernah mendengar chiropractic. Ini adalah sebuah prosedur yang bisa jadi efektif untuk mengatasi sakit di area punggung, tepatnya di tulang belakang. Metode pengobatan ini dilakukan oleh spesialis yang telah terlatih (chiropractor). Selain kondisi tersebut, chiropractic juga mungkin efektif untuk mengatasi nyeri leher dan sakit kepala. Seperti Apa Prosedurnya? Dalam menjalani prosedur ini, chiropractor akan melakukan penekanan pada sendi tulang belakang (manipulasi tulang belakang) menggunakan tangan atau alat bantu khusus. Tekanan yang dilakukan harus terkontrol dengan baik, misalnya cepat-lambatnya dan keras-lembutnya. Manipulasi digunakan untuk mengembalikan kelenturan sendi yang berkurang disebabkan oleh cedera akibat peristiwa traumatis. Contohnya terjatuh, salah duduk, atau stres yang berulang. Melalui cara ini, tubuh bisa menyembuhkan dirinya sendiri tanpa harus berhadapan dengan obat dan operasi. Intinya, tujuan chiropractic adalah membuat otot-otot rileks dan membuat sendi bergerak dengan baik. Sebelum menjalani metode ini, chiropractor mungkin akan bertanya mengenai riwayat kesehatan Anda. Setelah itu, dia mungkin mengecek kondisi tubuh Anda guna melihat a [...]

Cara Memasak Makanan Ramadhan yang Sehat

Cara Memasak Makanan Ramadhan yang Sehat

Ibadah puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, jika tidak dilakukan dengan tepat malah dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan Anda. Susunlah kegiatan berpuasa Anda dengan cermat, termasuk makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Memperhatikan makanan yang kita konsumsi selama berpuasa akan membantu puasa kita berjalan dengan lebih baik. Untuk itulah bukan hanya bahan makanan yang perlu kita perhatikan, namun juga cara memasaknya. (Baca: 5 Nutrisi Pencegah Berat Badan Naik Saat Puasa) Hal ini penting karena meskipun dalam bulan puasa, kita tetap perlu memperhatikan keseimbangan nutrisi yang masuk dalam tubuh. Berikut adalah anjuran cara memasak yang dirilis oleh RMIT University, Australia. Makanan yang Harus Dihindari Makanan Sehat Makanan yang digoreng rendam Makanan dengan basis biji-bijian misalnya gandum, makanan yang dikukus atau direbus Makanan tinggi gula Makanan berbasis susu, yang banyak mengandung serat Makanan tinggi lemak Makanan yang dipanggang atau dibakar, daging tanpa lemak Metode Memasak yang Harus Dihindari Metode Memasak yang Dianjurkan Goreng [...]

Jepang Meneliti Solusi Kebutaan Akibat Menua

Jepang Meneliti Solusi Kebutaan Akibat Menua

Terapi Sel Punca untuk Penyakit Age-Related Macular Degeneration. Peneliti Jepang telah mendapatkan izin dari pemerintahnya untuk memulai uji klinis terapi sel punca untuk Age-Related Macular Degeneration (AMD), penyakit penyebab utama kehilangan penglihatan pada pasien lanjut usia. Terjadinya AMD ditandai dengan adanya kerusakan progresif pada epitel pigmen retina (Retinal Pigmen Epithelium, RPE), lapisan pelindung sel non-saraf yang terletak berdekatan dengan fotoreseptor di belakang mata. Kerusakan ini disebabkan oleh adanya neovaskularisasi (pembentukan pembuluh darah baru). Sumber Gambar Selama ini terapi untuk penyakit AMD adalah penyuntikan EYLEA atau LUCENTIS, obat yang menghambat terjadinya neovaskularisasi, tetapi terapi tersebut tidak memperbaiki kerusakan epitel pigmen retina yang sudah terjadi. Apa itu Sel Punca atau Stem Cell? Jepang Meneliti Solusi Kebutaan Akibat Menua Sumber Gambar Sel Punca atau Stem Cell merupakan sel yang memiliki kemampuan untuk memperbanyak [...]

Daftar Kegiatan yang Membuat Orang Lebih Gemuk Setelah Usia 20 Tahun

Daftar Kegiatan yang Membuat Orang Lebih Gemuk Setelah Usia 20 Tahun

Seiring pertambahan usia, gaya hidup pun akan berubah. Jika dulu saat belum berusia 20 tahun, Anda aktif dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan studi dan hobi, ketika masa tersebut berlalu, Anda justru disibukkan dengan urusan pekerjaan.Perubahan gaya hidup ini yang bisa membuat orang setelah usia 20 tahunan menjadi lebih mudah mengalami kenaikan berat badan. Apalagi dengan berbagai kebiasaan yang mempengaruhi pola makan. Seperti makan sambil mengetik di depan laptop hingga begadang karena urusan pekerjaan atau hangout dengan teman. Berikut daftar kebiasaan kurang baik yang sebaiknya Anda cermati agar berat badan tak semakin bertambah:1. Nonton TV Sambil MakanPenelitian yang dilakukan Leiden University dan Raboud University menunjukkan bahwa saat menonton TV, kemampuan seseorang untuk mengenali rasa makanan jadi berkurang. Hal ini disebabkan karena stimuli indra perasa terganggu karena orang lebih konsentrasi melihat layar ketimbang makanan yang masuk ke mulut. Selain itu menonton TV sambil makan juga menghilangkan kepekaan terhadap rasa kenyang dan rasa puas saat mengunyah makanan, sehingga tubuh tidak bisa membedakan kapan harus berhenti makan.2. BegadangKebiasaan be [...]

Delapan Mitos Mata Menyesatkan

Delapan Mitos Mata Menyesatkan

Mitos mengenai penyakit mata dan pengobatannya telah lama beredar di tengah masyarakat Indonesia. Mitos ini disampaikan dari generasi ke generasi sehingga sebagian besar masyarakat percaya akan mitos tersebut. Fakta mengenai mitos-mitos tersebut penting untuk diketahui agar masyarakat memiliki persepsi dan pemahaman yang tepat mengenai penyakit mata. Berikut ini kami akan mengupas beberapa fakta dari mitos seputar penyakit mata yang telah lama beredar di masyarakat. 1. Bintitan Timbul Karena Sering Mengintip Tidak Benar Bintitan atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan nama hordeolum sebenarnya merupakan suatu infeksi pada kelenjar yang terdapat di kelopak mata. Umumnya infeksi ini disebabkan oleh suatu mikroorganisme yang dikenal dengan nama Staphylococcus aureus. Jika kelenjar di kelopak mata ini terinfeksi oleh bakteri tersebut maka akan terbentuk bisul. Bisul pada kelopak mata inilah yang oleh masyarakat dikenal sebagai bintitan. Penyakit ini biasanya akan sembuh sendiri dalam 1-2 minggu. Namun beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan antara lain dengan tetap menjaga kebersihan kelopak mata dan memberikan kompres hangat 4x/hari masing-masing s [...]

Riset: Wanita Adalah Pengemudi yang Buruk

Riset: Wanita Adalah Pengemudi yang Buruk

Terlepas dari masalah mabuk atau mengantuk, wanita kerap kali disebut-sebut sebagai gender dengan kemampuan menyetir terburuk. Hal itu bahkan dibuktikan secara ilmiah oleh sebuah penelitian dari Amerika.University of Michigan menemukan bahwa wanita lebih sering mengalami kecelakaan kendaraan bermotor ketimbang pria, walaupun mereka lebih jarang menyetir. Wanita juga berkontribusi sebesar 10 persen atas kecelakaan mobil ketika pria menyetir karena suka mengomel saat berada dalam mobil.Sebanyak 60 persen pria mengendarai mobil. Sedangkan wanita hanya mencapai 40 persen. Meski begitu, terdapat 6,5 laporan kecelakaan mobil yang melibatkan wanita sebagai pengemudinya. Menurut Askmen, jumlah tersebut lebih tinggi dari yang diharapkan.Tempat yang paling sering menjadi lokasi kecelakaan saat mengemudi adalah jalan raya, area penyeberangan dan persimpangan jalan. Dalam hal ini diperkirakan bahwa wanita cenderung ragu saat mengambil keputusan untuk berhenti atau belok, sehingga terjadi kecelakaan.Banyak teori yang menjelaskan alasan mengapa wanita lebih sering kecelakaan ketimbang pria. Beberapa diantaranya menyebutkan bahwa wanita seringkali dandan sambil mengemudi dan bertubuh lebih pen [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *