Mengenal Jenis-Jenis Jahe Dan Pengolahan Jahe Untuk Kesehatan

jahe-merah-jahe-gajah-dan-jahe-emprit

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang biasa digunakan sebagai obat-obatan tradisional yang mudah ditemui. Jahe juga merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa dimasukkan dalam masakan sebagai bahan peyedap bumbu masakan dan masih banyak lagi pemanfaatan tanaman jahe yang dapat diperoleh. Jenis tanaman ini bisa ditemui pada lahan dengan kontur tanah yang gembur dan subur seperti dilahan persawahan atau ladang. Tanaman ini memiliki daun yang lebar dan panjang seperti halnya rumput liar.

Jahe dapat hidup secara liar maupun dipelihara karena hanya dengan tanah yang subur dan memiliki cukup air maka tanaman ini sudah mampu bertahan hidup dan berkembang dengan baik. Jahe sendiri hidup berkembang didalam tanah yang menyerupai jenis umbi-umbian dengan kedalaman sekitar 5 cm didalam tanah. Untuk mengenal tanaman jahe lebih jauh, perlu anda tahu bahwa jahe memiliki beberapa jenis yaitu jahe merah, jahe putih (jahe emprit), dan jahe gajah.
Jahe merupakan jenis tanaman yang memiliki nama latin yaitu Zingiber Officinale, dalam kategori ini jahe memiliki beberapa jenis jahe antara lain :

1. Jahe putih (jahe emprit)
Jahe putih merupakan jenis jahe yang biasa kita temui dan merupakan jenis jahe yang banyak dikonsumsi baik dalam bentuk olahan makanan maupun dalam bentuk minuman. Jahe putih memiliki besar diameter sekitar 1cm, memiliki warna kulit putih kekuning-kuningan, daging jenis jahe ini memiliki warna yang hampir sama dengan kulitnya yaitu putih yang sedikit warna kuning dibagian tengah daging jahe. Rasa jahe ini memiliki rasa yang khas pedas dan hangat yang tidak terlalu menyengat, sehingga jahe jenis ini banyak digunakan dalam konsumsi sehari-hari baik dalam jenis olahan makanan, kue maupun minuman dengan komposisi air dingin maupun hangat.

Jenis jahe ini juga banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan karena rasa hangat yang dikandung dalam tanaman jahe ini dapat dimanfaatkan sebagai penghangat tubuh yang dapat menyembuhkan kembung dan masuk angin. Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai nutrisi yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Dalam kategori ini, jahe dapat diolah dalam bentuk jenis minuman hangat yang disedu dengan air panas dengan campuran sedikit gula pasir. Untuk menambah kenikmatan dalam mengolah jahe anda dapat menambahkan susu didalamnya. Selain itu juga dapat anda mencampurkan beberapa irisan jahe kedalam seduhan tea hangat. Untuk kategori makanan anda dapat mengolahnya pada campuran masakan seperti soto ataupun masakan bumbu merah yang juga menggunakan jenis jahe ini. Selain itu anda juga dapat mengolahnya pada jenis makanan kue kering yang dikenal dengan roti jahe. Dengan harga yang cukup terjangkau anda dapat memanfaatkan jahe sebagai konsumsi untuk menjaga kesehatan anda.

Efek samping yang ditimbulkan pada jenis jahe ini sangat sedikit ditemukan karena jahe merupakan jenis tanaman herbal hanya saja dalam konsumsi dengan jumlah yang banyak akan menyebakan rasa perih dilambung dan tenggorokan anda. Untuk mengonsumsi jenis jahe ini sebaiknya anda menggunakannya sesuai dengan selera anda. Seperti pada seduhan segelas tea anda dapat mencampurkan 2 sampai 6 irisan jahe tipis.

2. Jahe gajah
Jahe gajah juga merupakan salah satu jenis jahe yang memiliki postur yang sedikit lebih besar dari jenis jahe putih. Diameter yang dimiliki pada jenis jahe ini sekitar 1 hingga 2 cm. Memiliki warna kulit dan daging yang sama dengan jahe putih yaitu memiliki warna kulit putih sedikit kekuning-kuningan dan memiliki warna daging putih dan sedikit kekuningan dibagian tengahnya. Perbedaannya dengan jenis jahe putih yaitu pada rasa jahe itu sendiri.

Rasa jahe gajah sedikit hambar dibandingkan dengan jenis jahe gajah. Rasa hangat dan pedasnya tidak terlalu terasa. Sehingga dalam penamfaatannya kurang digandrungi oleh sebagian orang. Pemanfaatan jenis jahe ini biasa digunakan sebagai campuran minuman minuman dengan jumlah potongan yang lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan jahe putih. Dalam pengolahan makanan jahe ini biasa digunakan sebagai campuran pengolahanan selai makanan atau selai kue. Dapat juga dimanfaatkan sebagai permen jahe yang nikamat dengan balutan gula sebagi pemanisnya.

3. Jahe merah
Jahe merah merupakan salah satu jenis jahe yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan baik campuran bahan obat-obatan kimia maupun herbal. Jenis jahe ini jarang atau bahkan tidak digunakan dalam campuran pengolahan jenis makanan maupun minuman. Jahe merah merupakan jenis jahe yang memiliki rimpang yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe putih. Memiliki warna kulit yang kemerah merahan. Dagingnya pun memiliki warna yang kemerah-merahan dan sedikit putih dibagian tepi daging. Jenis jahe ini memiliki diameter kurang lebih 0.5 cm sampai 1 cm.

Rasa jahe merah lebih pedas dan menyengat dibandingkan dengan jenis jahe putih. Jahe merah jarang ditemui dipasaran karena pemanfaatannya kurang diminati oleh masyarakat. Namun tanaman ini juga dapat anda temui dengan mudah karena tanaman ini dapat hidup dengan mudah didaerah kebun maupun ladang. Dalam pemanfaatannya jahe ini tidak digunakan dalam jenis makanan atau minuman. Namun jenis jahe ini banyak digunakan dalam bentuk campuran obat-obatan. Dalam kadar konsumsinya biasanya juga untuk tujuan pengobatan saja seperti penyakit tenggorokan, demam, flue berat, pegal-pegal, kurang fit dsb. Rasa pedas yang ada didalam kandungan jahe merah ini dikarenakan adanya kandungan minyak atsiri dalam kandungan yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe putih.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Meditasi dalam Secangkir Teh

Meditasi dalam Secangkir Teh

Di mata pecandunya, kedamaian sejati bisa ditemukan hanya dari secangkir teh. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Apa makna teh di mata Anda? Mungkin sulit membayangkan maknanya karena sehari-hari kita minum segelas teh yang dibubuhi beberapa sendok gula pasir sebagai sebuah kebiasaan semata. Barangkali Anda akan menjawab biasa-biasa saja karena hal itu Anda lakukan setiap hari secara otomatis. Bahkan, dalam setiap kesempatan di tepi jalan Anda bisa minum teh dalam kemasan botol tanpa perasaan apa-apa, kecuali hilangnya rasa haus. Lain halnya bagi seorang master teh dari Jepang. Minum teh adalah bentuk meditasi. Minum teh adalah sebuah cara pelepasan atas segala kekhawatiran dalam hidup. Ada dasar filosofi yang amat dalam ini, maka menikmati secawan teh di Jepang menjadi sebentuk budaya. Bentuk meditasi itu bisa kita saksikan hingga saat ini dalam upacara minum teh. Bahkan, dapat dikatakan sebagai bentuk meditasi yang cukup rumit. Perlu keterampilan serta pelatihan khusus untuk bisa menyajikan teh dalam upacara minum teh ala Jepang. Secara sederhana di mata Diana Rosen, penulis buku Taking Time for Tea dan penggemar teh, meditasi lewat secangkir teh adalah menghentikan perhatian, me [...]

Ramuan Penghancur Batu Ginjal

Ramuan Penghancur Batu Ginjal

Bersyukurlah jika sampai saat ini Anda tidak bermasalah saat buang air kecil. Bersarangnya batu di ginjal sebagai salah satu sumber masalah sebaiknya memang dicegah. Beragam tanaman obat yang mudah dijumpai di sekitar kita, bisa dimanfaatkan. Siapa pun pasti tak ingin merasakan perih saat buang air kecil sebagai salah satu pertanda ada batu yang bersarang di ginjal. Kalau keadaan itu sudah terjadi, konsultasi ke dokter ahli sudah pasti harus segera dilakukan. Keluhan dan gangguan saat buang air kecil sebenarnya bisa dicegah. Salah satunya dengan memanfaatkan beragam ramuan herba atau tanaman berkhasiat obat secara teratur. Saat ini banyak tanaman obat yang terbukti mampu mengurangi atau setidaknya sebagai pelengkap pengobatan batu ginjal oleh dokter. Berdasarkan beberapa penelitian atau uji klinis yang pernah dilakukan, beberapa tumbuhan diyakini bermanfaat sebagai solusi alami gangguan batu ginjal. Di antaranya daun tempuyung (Sonchus arvensis L.), daun kumis kucing (Orthosiphom stamineus Benth), daun keji beling (Strobilanthus crispus Bl), akar alang-alang (Imperata cylindrica), dan daun pegagan (Centella asiatica). Fungsi ginjal sangat kompleks dan vital meliputi filtrasi, ek [...]

Cara Manfaatkan Pepaya Agar Kulit Putih Bersinar

Cara Manfaatkan Pepaya Agar Kulit Putih Bersinar

Ingin punya kulit putih bersinar? Yuk manfaatkan buah pepaya. Kandungan vitamin A, E dan C serta antioksidan pada buah pepaya dapat memberikan kelembaban dan perlindungan kulit. Selain itu enzim papain yang ada dalam pepaya sering digunakan untuk membersihkan dan melembutkan kulit.Seperti dikutip dari Ehow, Jumat (11/4/2014), zat aktif dalam pepaya juga dapat membantu penyembuhan kulit. Pepaya bahkan tidak hanya bisa dimakan sebagai bahan sayur, tetapi juga dapat juga dijadikan sebagai masker wajah.Caranya tidak sulit. Cukup dengan menghancurkan pepaya hingga berbentuk krim. Kemudian campurkan susu bubuk, lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan 10 sampai 15 menit. Setelah mengering kemudian bilas dengan air bersih. Masker wajah tersebut berfungsi sebagai tabir surya yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. [...]

9 Alasan Kenapa Liza Natalia Doyan Ngemil Seledri

9 Alasan Kenapa Liza Natalia Doyan Ngemil Seledri

Seperti Jennifer Aniston dan Gwyneth Paltrow, aktris dan instruktur zumba Liza Natalia ternyata gemar mengonsumsi seledri sebagai kudapan. Menurut pemeran FTV Enyak Gue Dangduter ini, seledri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. "Saya suka nyemil seledri yang batangnya besar, dipake mayonaise. Enak banget itu. Kalau mau pakai saus sambal juga enak. Itu kan cemilan bermanfaat yang bisa bantu tingkatkan daya tahan tubuh, detoks, banyak deh manfaatnya," kata wanita kelahiran Jakarta, 18 Februari 1976 pada Liputan6.com. Sebelumnya, para pakar kesehatan setuju bahwa seledri memiliki banyak manfaat kesehatan. Seperti dikutip Care2, Selasa (13/5/2014) misalnya, beberapa manfaat seledri sebagai berikut: 1. Mengandung sedikit kalori Satu tangkai besar mengandung hanya 10 kalori. Jadi, tunggu apalagi tambahkan seledri ke dalam daftar belanjaan Anda dan menikmatinya di salad atau sup. 2. Seledri mengurangi peradangan Jika Anda menderita nyeri sendi, infeksi paru-paru, asma, atau jerawat, makan lebih banyak seledri akan sangat membantu. 3. Mengurangi stres Ya, mineral dalam seledri, terutama magnesium, dan minyak esensial di dalamnya pernah diteliti dapat menenangkan sistem saraf ya [...]

Mencari Obat Keputihan? Coba 5 Obat Herbal Ini

Mencari Obat Keputihan? Coba 5 Obat Herbal Ini

Salah satu gejala kesehatan yang sering muncul pada kaum hawa adalah keputihan. Keputihan ditandai dengan keluarnya cairan kekuningan dari vagina. Meskipun ada keputihan yang wajar seperti keputihan fisiologis, tetapi ada juga keputihan yang berbahaya, yaitu keputihan patologis. Bagaimana cara mengobati keputihan ini? Berikut beberapa obat herbal yang dapat mengobati keputihan seperti yang dilansir dari Organic Facts, Kamis (9/10/2014): 1. Daun Jambu Rebus daun jambu biji dalam air sekitar 1 liter selama setengah jam. Setelah itu, biarkan hingga dingin dan oleskan pada vagina. Ramuan ini juga dapat digunakan untuk mengobati iritasi pada vagina. 2. Biji Ketumbar Rendam 10 gram biji ketumbar dalam 100 ml air selama satu malam. Setelah satu malam, air tersebut harus langsung diminum. Untuk meminumnya, perut Anda harus benar-benar kosong. 3. Aloe Vera Aole vera atau lidah buaya dipotong pada bagian ujung lalu ambil daging lidah buayanya. Daging lidah buaya kemudian direbus. Anda harus meminumnya selagi hangat sebanyak dua kali sehari. 4. Air Rebusan Beras Sisihkan air rebusan beras sekitar setengah gelas. Kemudian, campurkan air beras tersebut dengan sedikit garam. Jika s [...]

Bagaimana Obat China Dipalsukan?

Bagaimana Obat China Dipalsukan?

Kalau Anda bertanya kenapa banyak obat China dipalsukan, jawabannya sangat logis. Sesuatu yang potensial mendatangkan keuntungan, itulah alasan satu-satunya yang dijadikan patokan para pemalsu. Untuk apa memalsukan sesuatu, dengan risiko masuk penjara, jika hanya akan mendatangkan kerugian? Ada macam-macam cara yang dipakai para pemalsu obat tradisional China menurut Ahli Pengobatan Tradisional China (Traditional Chinese Medicine/ TCM) DR.dr. William Adi Tedja, antara lain. ? Kemasan asli menggunakan bahasa Inggris, oleh pemalsu digunakan aksara China. Diduga mereka ?menunggangi? persepsi awam bahwa obat China pasti menggunakan huruf China. ? Posisi hologram dibuat berbeda dengan aslinya. ? Warna kemasan tidak sama persis dengan kemasan aslinya. Bisa lebih pudar, atau sebaliknya tempak kelewat kuat warnanya. ? Bila kemasan asli tidak banyak mencantumkan kandungan obat, pada kemasan palsu dicantumkan berderet-deret kandungan obat walaupun isinya tidak sesuai. ? Pemalsu mengganti lambang pada kemasan. Contohnya, jika lambang kemasan asli berbentuk bulat, kemasan palsu segitiga. ? Pemalsu kadang memasang harga jauh di bawah harga obat asli. Contohnya, jika obat asli ber [...]

Ingin Awet Muda? Konsumsi Bahan Alami Ini

Ingin Awet Muda? Konsumsi Bahan Alami Ini

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit kencang tanpa kerut? Tidak perlu menyakiti kulit dengan operasi plastik, cukup dengan beberapa bahan alami berikut ini, dikutip Womansday, Senin (3/3/2014).1. OatMealMenu sarapan yang satu ini dilengkapi dengan asam amino dan vitamin E yang menyehatkan kulit. Kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas dapat ditangkal dengan oatmeal.2. KopiKandungan kafein dalam kopi dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan memicu senyawa untuk menyehatkan kulit sehingga dapat menunjang penampilan.3. Keju MozzarellaMakanan tinggi kalsium ini melindungi dan memperkuat enamel gigi, meningkatkan produksi air liur dan membantu melawan bakteri yang membuat gigi menguning.4. Jeruk BaliVitamin C yang ada di jeruk bali ini dapat menimgkatkan pertumbuhan kolagen yang membantu mencegah kulit kendur.5. KenariKacang yang tinggi asam lemak omega 3 ini meningkatkan kadar kelembaban di kulit serta mencegah keriput. [...]

Bagaimana Menentukan Obat China yang Asli?

Bagaimana Menentukan Obat China yang Asli?

Pengguna obat tradisional Cina di Indonesia semakin banyak. Antara lain karena pemerintah harus tunduk pada era perdagangan bebas, sehingga para penggemar obat tradisional menjadi lebih mudah untuk mendapatkannya. Masalahnya, di mana membeli obat yang asli? Bagaimana cara mengetahui obat itu palsu atau tidak? Berikut ini beberapa saran sebagai panduan membeli obat China menurut doktor ilmu pengobatan China tradisional (Traditional Chinese Medicine) DR.dr. William Aditeja. - Pilih yang mencantumkan izin BPOM yang dicetak pada kemasannya - Periksa apakah nama/alamat perusahaan pengimpor tercantum jelas - Periksa apakah terdapat hologram nama perusahaan yang mengimpornya - Periksa apakah terdapat keterangan kandungan isi/komposisinya - Teliti indikasi dan kontraindikasinya (pantangan) - Jangan membeli yang tidak ada bahasa Indonesianya - Periksa apakah tercantum nomor telepon customer service dan konsultasi - Periksa apakah mencantumkan tanggal kedaluwarsanya - Bila kemasan dibuka, bau obat tradisional Cina berbeda dengan obat kimia sintetis (seperti jamu) - Bila kapsul dibuka, bubuk obat tradisional Cina lebih kasar - Bila kemasan dibuka, [...]

Obat Herbal, Tidak 100 Persen Aman

Obat Herbal, Tidak 100 Persen Aman

Kebanyakan masyarakat menganggap obat herbal dalam bentuk jamu, jamu godokan, atau kapsul racikan bisa mengobati berbagai jenis penyakit. Tak sedikit pula yang menganggap obat herbal lebih aman dibanding obat berbahan kimia sintetik."Tidak benar bila dikatakan obat herbal 100 persen aman. Tapi, `relatif` aman dibanding obat kimia," kata Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Ariyanto Jonosewojo, Sp.PD dalam acara 'The 1st Health Natural Wellnes Symposium' di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (5/4/2014)Maksudnya, khasiatnya tergantung dari jenis obat herbal yang dikonsumsi. "Kalau isolat atau zat aktif dari obat herbal ini diambil, maka efeknya sama seperti obat-obat kimia," kata dia menambahkan.Berbicara soal obat, apa pun jenisnya, sudah pasti semua itu memiliki efek samping. Dan pasien harus ingat, kalau satu jenis obat, ada yang cocok untuk orang tertentu tapi belum tentu cocok untuk pasien lainnya.Misalnya, dalam pemberian metformin pada penyandang diabetes. Memang, metformin merupakan obat diabetes. Hanya, tidak semua cocok untuk mengonsumsinya."Pasien A memang diabetes, maka bisa diberi obat ini. Lalu pasien B, yang terkena diabete [...]

4 Bahan Alami Cegah Sariawan dan Demam

4 Bahan Alami Cegah Sariawan dan Demam

Saat sedang berpuasa, seseorang tidak akan makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Selama kurun waktu tersebut, Ia juga akan tetap menjalani kesibukannya. Dengan perubahan cuaca yang tidak menentu dan daya tahan tubuh tidak prima, penyakit seperti sariawan dan demam bisa muncul dan dapat mengganggu ibadah puasa.Agar terhindar dari dua penyakit tersebut, Pakar Herbal sekaligus Bussiness Development Director PT Deltomed Laboratories, Dr Abrijanto SB menagatakan ada 4 bahan alami yang dapat membantu mencegahnya seperti:1. ThymeBerfungsi mencegah antibakteri atau jamur dan sangat baik untuk mengobati sariawan.2. Lycorice atau akar manisAkar manis memiliki manfaat anti radang. Senyawa Glicoceerin di dalamnya dapat memberikan efek anti radang tanpa merusak lambung.3. Daun sagaDaun yang bentuknya kecil, mirip dengan daun asem atau daun putri malu ini memiliki manfaat untuk antiinflamasi. Sayangnya, biji daun saga sangat beracun. Bijinya digunakan untuk membunuh serangga. Jika dikonsumsi manusia, bisa merusak saraf.4. Alang-alangBahan alami yang sering dijumpai di pinggir jalan ini bermanfaat untuk menurunkan demam. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *