Mengenal Jenis-Jenis Jahe Dan Pengolahan Jahe Untuk Kesehatan

jahe-merah-jahe-gajah-dan-jahe-emprit

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang biasa digunakan sebagai obat-obatan tradisional yang mudah ditemui. Jahe juga merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa dimasukkan dalam masakan sebagai bahan peyedap bumbu masakan dan masih banyak lagi pemanfaatan tanaman jahe yang dapat diperoleh. Jenis tanaman ini bisa ditemui pada lahan dengan kontur tanah yang gembur dan subur seperti dilahan persawahan atau ladang. Tanaman ini memiliki daun yang lebar dan panjang seperti halnya rumput liar.

Jahe dapat hidup secara liar maupun dipelihara karena hanya dengan tanah yang subur dan memiliki cukup air maka tanaman ini sudah mampu bertahan hidup dan berkembang dengan baik. Jahe sendiri hidup berkembang didalam tanah yang menyerupai jenis umbi-umbian dengan kedalaman sekitar 5 cm didalam tanah. Untuk mengenal tanaman jahe lebih jauh, perlu anda tahu bahwa jahe memiliki beberapa jenis yaitu jahe merah, jahe putih (jahe emprit), dan jahe gajah.
Jahe merupakan jenis tanaman yang memiliki nama latin yaitu Zingiber Officinale, dalam kategori ini jahe memiliki beberapa jenis jahe antara lain :

1. Jahe putih (jahe emprit)
Jahe putih merupakan jenis jahe yang biasa kita temui dan merupakan jenis jahe yang banyak dikonsumsi baik dalam bentuk olahan makanan maupun dalam bentuk minuman. Jahe putih memiliki besar diameter sekitar 1cm, memiliki warna kulit putih kekuning-kuningan, daging jenis jahe ini memiliki warna yang hampir sama dengan kulitnya yaitu putih yang sedikit warna kuning dibagian tengah daging jahe. Rasa jahe ini memiliki rasa yang khas pedas dan hangat yang tidak terlalu menyengat, sehingga jahe jenis ini banyak digunakan dalam konsumsi sehari-hari baik dalam jenis olahan makanan, kue maupun minuman dengan komposisi air dingin maupun hangat.

Jenis jahe ini juga banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan karena rasa hangat yang dikandung dalam tanaman jahe ini dapat dimanfaatkan sebagai penghangat tubuh yang dapat menyembuhkan kembung dan masuk angin. Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai nutrisi yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Dalam kategori ini, jahe dapat diolah dalam bentuk jenis minuman hangat yang disedu dengan air panas dengan campuran sedikit gula pasir. Untuk menambah kenikmatan dalam mengolah jahe anda dapat menambahkan susu didalamnya. Selain itu juga dapat anda mencampurkan beberapa irisan jahe kedalam seduhan tea hangat. Untuk kategori makanan anda dapat mengolahnya pada campuran masakan seperti soto ataupun masakan bumbu merah yang juga menggunakan jenis jahe ini. Selain itu anda juga dapat mengolahnya pada jenis makanan kue kering yang dikenal dengan roti jahe. Dengan harga yang cukup terjangkau anda dapat memanfaatkan jahe sebagai konsumsi untuk menjaga kesehatan anda.

Efek samping yang ditimbulkan pada jenis jahe ini sangat sedikit ditemukan karena jahe merupakan jenis tanaman herbal hanya saja dalam konsumsi dengan jumlah yang banyak akan menyebakan rasa perih dilambung dan tenggorokan anda. Untuk mengonsumsi jenis jahe ini sebaiknya anda menggunakannya sesuai dengan selera anda. Seperti pada seduhan segelas tea anda dapat mencampurkan 2 sampai 6 irisan jahe tipis.

2. Jahe gajah
Jahe gajah juga merupakan salah satu jenis jahe yang memiliki postur yang sedikit lebih besar dari jenis jahe putih. Diameter yang dimiliki pada jenis jahe ini sekitar 1 hingga 2 cm. Memiliki warna kulit dan daging yang sama dengan jahe putih yaitu memiliki warna kulit putih sedikit kekuning-kuningan dan memiliki warna daging putih dan sedikit kekuningan dibagian tengahnya. Perbedaannya dengan jenis jahe putih yaitu pada rasa jahe itu sendiri.

Rasa jahe gajah sedikit hambar dibandingkan dengan jenis jahe gajah. Rasa hangat dan pedasnya tidak terlalu terasa. Sehingga dalam penamfaatannya kurang digandrungi oleh sebagian orang. Pemanfaatan jenis jahe ini biasa digunakan sebagai campuran minuman minuman dengan jumlah potongan yang lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan jahe putih. Dalam pengolahan makanan jahe ini biasa digunakan sebagai campuran pengolahanan selai makanan atau selai kue. Dapat juga dimanfaatkan sebagai permen jahe yang nikamat dengan balutan gula sebagi pemanisnya.

3. Jahe merah
Jahe merah merupakan salah satu jenis jahe yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan baik campuran bahan obat-obatan kimia maupun herbal. Jenis jahe ini jarang atau bahkan tidak digunakan dalam campuran pengolahan jenis makanan maupun minuman. Jahe merah merupakan jenis jahe yang memiliki rimpang yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe putih. Memiliki warna kulit yang kemerah merahan. Dagingnya pun memiliki warna yang kemerah-merahan dan sedikit putih dibagian tepi daging. Jenis jahe ini memiliki diameter kurang lebih 0.5 cm sampai 1 cm.

Rasa jahe merah lebih pedas dan menyengat dibandingkan dengan jenis jahe putih. Jahe merah jarang ditemui dipasaran karena pemanfaatannya kurang diminati oleh masyarakat. Namun tanaman ini juga dapat anda temui dengan mudah karena tanaman ini dapat hidup dengan mudah didaerah kebun maupun ladang. Dalam pemanfaatannya jahe ini tidak digunakan dalam jenis makanan atau minuman. Namun jenis jahe ini banyak digunakan dalam bentuk campuran obat-obatan. Dalam kadar konsumsinya biasanya juga untuk tujuan pengobatan saja seperti penyakit tenggorokan, demam, flue berat, pegal-pegal, kurang fit dsb. Rasa pedas yang ada didalam kandungan jahe merah ini dikarenakan adanya kandungan minyak atsiri dalam kandungan yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe putih.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Makan Buah Persik Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara

Makan Buah Persik Bisa Kurangi Risiko Kanker Payudara

Seorang ilmuwan dari Washington State University menemukan bahwa senyawa dalam buah persik (peach) dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara. "Sel-sel kanker yang ditanamkan di bawah kulit tikus dengan sel kanker payudara tipe agresif seperti MDA-MB-435 menunjukkan penghambatan metastasis ketika tikus mengkonsumsi ekstrak peach," tulis ilmuwan makanan yang berbasis AgriLife Research, 'Dr Luis Cisneros-Zevallos dalam Journal of Nutritional Biochemistry. Menurut Luis, pada manusia itu konsumsi ekstrak pada tikus itu setara dengan memakan dua sampai tiga buah persik per hari. "Pentingnya temuan kami sangat relevan karena menunjukkan efek senyawa alami, dalam hal ini senyawa fenolik dalam persik yang bisa melawan kanker payudara," lanjut Dr Luis pada Dailymail, Minggu (31/3/2014). Secara umum, Luis mengatakan, buah persik memiliki senyawa kimia yang dapat membunuh sel-sel kanker dan tidak memengaruhi sel-sel normal. "Kami sangat antusias bahwa buah persik memiliki khasiat bagi manusia." Ahli gizi Ian Marber mengatakan, meskipun temuan awal dari studi ini cukup menggembirakan, ia mendesak orang untuk makan berbagai buah-buahan dan sayuran lain untuk mendapatk [...]

Cara Manfaatkan Pepaya Agar Kulit Putih Bersinar

Cara Manfaatkan Pepaya Agar Kulit Putih Bersinar

Ingin punya kulit putih bersinar? Yuk manfaatkan buah pepaya. Kandungan vitamin A, E dan C serta antioksidan pada buah pepaya dapat memberikan kelembaban dan perlindungan kulit. Selain itu enzim papain yang ada dalam pepaya sering digunakan untuk membersihkan dan melembutkan kulit.Seperti dikutip dari Ehow, Jumat (11/4/2014), zat aktif dalam pepaya juga dapat membantu penyembuhan kulit. Pepaya bahkan tidak hanya bisa dimakan sebagai bahan sayur, tetapi juga dapat juga dijadikan sebagai masker wajah.Caranya tidak sulit. Cukup dengan menghancurkan pepaya hingga berbentuk krim. Kemudian campurkan susu bubuk, lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan 10 sampai 15 menit. Setelah mengering kemudian bilas dengan air bersih. Masker wajah tersebut berfungsi sebagai tabir surya yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. [...]

4 Bahan Alami Cegah Sariawan dan Demam

4 Bahan Alami Cegah Sariawan dan Demam

Saat sedang berpuasa, seseorang tidak akan makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Selama kurun waktu tersebut, Ia juga akan tetap menjalani kesibukannya. Dengan perubahan cuaca yang tidak menentu dan daya tahan tubuh tidak prima, penyakit seperti sariawan dan demam bisa muncul dan dapat mengganggu ibadah puasa.Agar terhindar dari dua penyakit tersebut, Pakar Herbal sekaligus Bussiness Development Director PT Deltomed Laboratories, Dr Abrijanto SB menagatakan ada 4 bahan alami yang dapat membantu mencegahnya seperti:1. ThymeBerfungsi mencegah antibakteri atau jamur dan sangat baik untuk mengobati sariawan.2. Lycorice atau akar manisAkar manis memiliki manfaat anti radang. Senyawa Glicoceerin di dalamnya dapat memberikan efek anti radang tanpa merusak lambung.3. Daun sagaDaun yang bentuknya kecil, mirip dengan daun asem atau daun putri malu ini memiliki manfaat untuk antiinflamasi. Sayangnya, biji daun saga sangat beracun. Bijinya digunakan untuk membunuh serangga. Jika dikonsumsi manusia, bisa merusak saraf.4. Alang-alangBahan alami yang sering dijumpai di pinggir jalan ini bermanfaat untuk menurunkan demam. [...]

6 Nutrisi Dan 3 Efek Samping Dalam Mengonsumsi Coklat

6 Nutrisi Dan 3 Efek Samping Dalam Mengonsumsi Coklat

Siapa yang tak tau jenis makanan yang satu ini.... Coklat merupakan salah satu jennies makanan faforit yang banyak digemari oleh banyak kalangan, baik dari kalangan anak-anak maupun kalangan dewasa. Coklat memiliki rasa yang unik yaitu rasa manis legit dengan kombinasi sedikit pahit yang menambah kenikmatan tersendiri bagi pecinta coklat. Selain rasanya yang sangat menarik, coklat juga memiliki berbagai macam oalahan. Dari olahan coklat batang, permen coklat, kue kering maupun kue basah dari bahan coklat hingga banyak varian minuman yang diolah dengan menggunakan kombinasi coklat. Selain itu juga ditambah banyaknya olahan makanan maupun minuman dengan kombinasi coklat yang diolah dengan tampilan penyajian yang sangat unik dan menarik. Harga yang ditawarkan dalam sajian dengan bahan dasar coklat pun juga bervariasi. Namun bagi anda pecinta makanan dengan bahan dasar coklat, penting untuk anda ketahui tentang beberapa kandungan vitamin maupun zat-zat yang terkandung dalam coklat yang baik untuk tubuh dan kesehatan anda. Hal ini juga perlu anda perhatikan untuk menjaga kesehat anak-anak yang menyukai dan sering mengonsumsi coklat. Sebelum membahas tentang kandungan dalam makanan c [...]

Biskuit Ini Diklaim Dapat Besarkan Payudara

Biskuit Ini Diklaim Dapat Besarkan Payudara

Perempuan bisa melakukan segala cara untuk memperbesar payudaranya (buah dada) misalnya dengan operasi bedah plastik estetik. Namun, perusahaan pembuat permen di Jepang menemukan cara unik untuk memperbesar payudara, yakni dengan membuat biskuit.Pembuat biskuit F Cup ini mengklaim, dengan makan produknya hanya dua keping sehari akan memberi perbedaan nyata pada ukuran payudara. Mereka juga mengklaim produk ini populer tak hanya di Jepang, tapi juga negara lain di Asia.Biskuit tersebut mengandung 50 mg ekstrak Pueraria Mirifica (ekstrak tanaman yang ditemukan di Thailand) per biskuitnya. Pueraria Mirifica ini mengandung molekul yang sama dengan estrogen yang dikenal dengan Miroestrol yang meniru aktivitas biologis hormon. F Cup Cookies ini memiliki dua rasa yakni susu kedelai atau praline dan cokelat. Setiap kue mengandung 70 kalori. Dalam jurnal kesehatan, estrogen pada manusia berperan penting dalam perkembangan payudara dan menentukan ukuran. F Cup Cookies mengklaim bahwa Mirestrol dalam biskuit akan bertindak dengan cara yang sama di dalam tubuh ketika dimakan. Namun, belum ada bukti ilmiah bahwa Miroestrol memiliki efek yang mirip estrogen bila dimakan."Fitoestrogen dalam ber [...]

Sayur-Sayuran Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Sayur-Sayuran Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung banyak vitamin dan zat besi. Sayuran memiliki kandungan herbal yang memiliki rasa yang alami. Selain kandungan dan rasanya yang segar, sayuran sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan. Terutama pada anak-anak, pertumbuhan dan kecerdasan daya berfikir anak juga sangat dipengaruhi dari apa yang dikonsumsi. Terutama yaitu kandungan sayur-sayuran yang sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Namun manfaat yang begitu banyak didalamnya tidak diiringi dengan tingkat kesukaan seseorang maupun anak-anak untuk mengonsumsi sayuran. Namun hal ini perlu diperhatikan untuk membiasakan ibu-ibu untuk membiasakan seorang anak mengonsumsi sayuran, dengan cara mengurangi tingkat konsumsi makan makanan instan dan siap saji. Karena kebiasaan dalam mengonsumsi sesuatu dapat mempengaruhi kebiasaan apa yang akan jadi asupan makanan dimasa mendatang. Hal lain yang mempengaruhi kurangnya kandungan vitamin terserap oleh tubuh adalah bagaimana sayuran tersebut diolah dengan baik atau tidak. Karena hal ini akan mampu mempengaruhi kualitas sayuran itu sendiri. Dengan cara pengolahan sayuran dengan cara yang kurang [...]

Intip Manfaat Apel bagi Penderita Diabetes

Intip Manfaat Apel bagi Penderita Diabetes

Menderita diabetes belum tentu harus meninggalkan buah. Ya, meskipun pada beberapa buah terdapat kandungan gula yang tinggi, tapi ada satu buah yang paling aman dikonsumsi penderita diabetes seperti apel. Lebih jelasnya, mari kita bedah manfaat apel, seperti dikutip laman Healthmeup, Rabu (28/5/2014) Pakar kesehatan setuju, apel kaya antioksidan yang penting untuk mencegah kerusakan sel dan membangun kembali sel-sel. Untuk itu, apel dinilai sangat baik untuk mencegah kanker dan penyakit saraf seperti Alzheimer dan Parkinson. Selain itu, buah apel juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Apel untuk penderita diabetes Adapun bagi penderita diabetes, apel sangat bagus dikonsumsi pre-diabetes karena mengandung karbohidrat yang aman dikonsumsi setiap hari. Di sisi lain, apel juga memiliki indeks glikemik rendah yaitu 30-50, yang membuat buah ini sangat baik untuk penderita diabetes. Cara terbaik mengonsumsi apel yakni makan dalam bentuk mentah tanpa karamel atau gula. Sebelumnya, Pakar diet tersertifikasi dari New York, Tanya Zucketbrot, menyarankan Anda untuk memakan apel beserta kulitnya. Hal ini bertujuan agar vitamin, mineral, serat dan anti [...]

Cengkeh Bisa Lawan Jerawat, Stres, dan Diabetes

Cengkeh Bisa Lawan Jerawat, Stres, dan Diabetes

Cengkeh merupakan rempah-rempah yang umumnya ditambahkan ke masakan di Indonesia. meski bentuknya kecil cengkeh menyimpan nutrisi seperti vitamin dan mineral seperti yodium, kalsium, fosfor, dan besi. Cengkeh bisa memberikan lebih banyak manfaat ke tubuh Anda tak hanya membuat makanan menjadi lebih lezat.Berikut 8 alasan agar Anda menambahkan cengkeh di dalam diet harian Anda seperti dikutip Health.India, Rabu (12/2/2014):1. Menurunkan gula darah dan obat diabetesMenurut sebuah penelitian yang dipimpin Dr Alam Khan pada 2006, cengkeh bisa menurunkan gula darah dan mengontrol diabetes. Cengkeh bisa menginduksi aktivitas insulin, seperti dalam tubuh yang membantu resistensi insulin sehingga meningkatkan kadar gula darah seseorang.Penelitian ini juga menunjukkan, makan cengkeh secara teratur membantu menjaga diabetes normal.Tips: Jika Anda menderita diabetes dan ingin menjaga kadar gula darah Anda di bawah kontrol, cobalah makan cengkeh setiap hari. Atau Anda bisa mencoba mengonsumsi sekitar 10 gram bubuk cengkeh dengan air hangat, pada waktu perut kosong setiap harinya. 2. Membantu memperbaiki pencernaanCengkeh bisa meningkatkan kemampuan Anda mencerna makanan. Ini juga menjadi sala [...]

5 Khasiat Penting Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

5 Khasiat Penting Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

Buah mengkudu (morinda citrifolia) merupakan buah yang banyak hidup dengan baik didaerah sekitar kita. Buah ini memiliki jenis pohon yang sangat kuat dengan daun yang cukup lebat dengan ukuran yang cukup besar. Pertumbuhannyapun tidak membutuhkan perawatan yang cukup rumit. Jenis pohon ini juga mampu menghasilkan banyak buah. Buah mengkudu biasa hidup secara liar, karena pada dasarnya buah ini memiliki tampilan yang kurang menarik ditambahkan bau menyengat dan rasa pahit masam yang cukup kuat. Sehingga banyak kalangan masyarakaat mengabaikan bahkan tidak memperhatikan buah tersebut. Kebanyakan hanya menganggap bahwa buah ini adalah buah yang tidak ada manfaatnya. Karena jika dilihat secara kasat mata buah ini kurang memikat untuk dikonsumsi. Bahkan tidak jarang banyak yang sangat tidak menyukai bau yang dihasilkan dari buah tersebut. Buah ini memiliki tekstur yang cukup keras saat buah pada usia muda dengan warna kulit hijau mengkilat. Permukaan kulitnya memiliki totol-totol bulat diseluruh permukaan kulitnya. Saat masa masaknya buah ini akan berubah warna menjadi putih sedikit kekuningan dan totol-totol dipermukaan kulitnya dengan tekstur daging yang cukup lembut. Pada saat b [...]

Selada Air, si Pengusir Kanker

Selada Air, si Pengusir Kanker

Selada air tergolong keluarga brassica. Tanaman air ini telah dikomersialkan sejak abad 18. Begitu banyak zat gizi yang dikandungnya, seperti vitamin C, betakaroten, kalsium, zat besi, juga antioksidan. Menurut tulisan Xenophon dari Yunani, mengonsumsi selada air mentah dalam jumlah banyak sangat bermanfaat bagi pekerja berat. Sementara ahli herbal dari Eropa menganjurkan mengonsumsinya karena dapat membantu membersihkan darah dan memiliki efek stimulasi pada kerja limpa, hati, dan empedu. Berbagai penelitian, menurut ahli gizi kuliner Toeti Sunardi juga menunjukkan bahwa selada air bermanfaat bagi kesehatan, karena mengandung zat besi, vitamin C, betakaroten, dan phytonutrient sebagai antioksidan. Pada penelitian terhadap perokok, asap tembakau penyebab kanker paru yang disebut NNK (Nicotine Derived Nitrosamine Ketone), mampu dikeluarkan sebagian dengan mengonsumsi 50 gr selada air, 3 kali sehari. Ini adalah efek dari isothyocynate yang ada pada selada air. Juga disebabkan adanya kemampuan enzim dalam mengeluarkan zat penyebab kanker. Sekali mengonsumsi selada air sebanyak 50 gr, akan memberi zat pertahanan 5-10 mgr.Selada air juga mengandung sejumlah antioksidan, yang mengurang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *