Mengenal Jenis-Jenis Jahe Dan Pengolahan Jahe Untuk Kesehatan

jahe-merah-jahe-gajah-dan-jahe-emprit

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang biasa digunakan sebagai obat-obatan tradisional yang mudah ditemui. Jahe juga merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa dimasukkan dalam masakan sebagai bahan peyedap bumbu masakan dan masih banyak lagi pemanfaatan tanaman jahe yang dapat diperoleh. Jenis tanaman ini bisa ditemui pada lahan dengan kontur tanah yang gembur dan subur seperti dilahan persawahan atau ladang. Tanaman ini memiliki daun yang lebar dan panjang seperti halnya rumput liar.

Jahe dapat hidup secara liar maupun dipelihara karena hanya dengan tanah yang subur dan memiliki cukup air maka tanaman ini sudah mampu bertahan hidup dan berkembang dengan baik. Jahe sendiri hidup berkembang didalam tanah yang menyerupai jenis umbi-umbian dengan kedalaman sekitar 5 cm didalam tanah. Untuk mengenal tanaman jahe lebih jauh, perlu anda tahu bahwa jahe memiliki beberapa jenis yaitu jahe merah, jahe putih (jahe emprit), dan jahe gajah.
Jahe merupakan jenis tanaman yang memiliki nama latin yaitu Zingiber Officinale, dalam kategori ini jahe memiliki beberapa jenis jahe antara lain :

1. Jahe putih (jahe emprit)
Jahe putih merupakan jenis jahe yang biasa kita temui dan merupakan jenis jahe yang banyak dikonsumsi baik dalam bentuk olahan makanan maupun dalam bentuk minuman. Jahe putih memiliki besar diameter sekitar 1cm, memiliki warna kulit putih kekuning-kuningan, daging jenis jahe ini memiliki warna yang hampir sama dengan kulitnya yaitu putih yang sedikit warna kuning dibagian tengah daging jahe. Rasa jahe ini memiliki rasa yang khas pedas dan hangat yang tidak terlalu menyengat, sehingga jahe jenis ini banyak digunakan dalam konsumsi sehari-hari baik dalam jenis olahan makanan, kue maupun minuman dengan komposisi air dingin maupun hangat.

Jenis jahe ini juga banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan karena rasa hangat yang dikandung dalam tanaman jahe ini dapat dimanfaatkan sebagai penghangat tubuh yang dapat menyembuhkan kembung dan masuk angin. Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai nutrisi yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Dalam kategori ini, jahe dapat diolah dalam bentuk jenis minuman hangat yang disedu dengan air panas dengan campuran sedikit gula pasir. Untuk menambah kenikmatan dalam mengolah jahe anda dapat menambahkan susu didalamnya. Selain itu juga dapat anda mencampurkan beberapa irisan jahe kedalam seduhan tea hangat. Untuk kategori makanan anda dapat mengolahnya pada campuran masakan seperti soto ataupun masakan bumbu merah yang juga menggunakan jenis jahe ini. Selain itu anda juga dapat mengolahnya pada jenis makanan kue kering yang dikenal dengan roti jahe. Dengan harga yang cukup terjangkau anda dapat memanfaatkan jahe sebagai konsumsi untuk menjaga kesehatan anda.

Efek samping yang ditimbulkan pada jenis jahe ini sangat sedikit ditemukan karena jahe merupakan jenis tanaman herbal hanya saja dalam konsumsi dengan jumlah yang banyak akan menyebakan rasa perih dilambung dan tenggorokan anda. Untuk mengonsumsi jenis jahe ini sebaiknya anda menggunakannya sesuai dengan selera anda. Seperti pada seduhan segelas tea anda dapat mencampurkan 2 sampai 6 irisan jahe tipis.

2. Jahe gajah
Jahe gajah juga merupakan salah satu jenis jahe yang memiliki postur yang sedikit lebih besar dari jenis jahe putih. Diameter yang dimiliki pada jenis jahe ini sekitar 1 hingga 2 cm. Memiliki warna kulit dan daging yang sama dengan jahe putih yaitu memiliki warna kulit putih sedikit kekuning-kuningan dan memiliki warna daging putih dan sedikit kekuningan dibagian tengahnya. Perbedaannya dengan jenis jahe putih yaitu pada rasa jahe itu sendiri.

Rasa jahe gajah sedikit hambar dibandingkan dengan jenis jahe gajah. Rasa hangat dan pedasnya tidak terlalu terasa. Sehingga dalam penamfaatannya kurang digandrungi oleh sebagian orang. Pemanfaatan jenis jahe ini biasa digunakan sebagai campuran minuman minuman dengan jumlah potongan yang lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan jahe putih. Dalam pengolahan makanan jahe ini biasa digunakan sebagai campuran pengolahanan selai makanan atau selai kue. Dapat juga dimanfaatkan sebagai permen jahe yang nikamat dengan balutan gula sebagi pemanisnya.

3. Jahe merah
Jahe merah merupakan salah satu jenis jahe yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan baik campuran bahan obat-obatan kimia maupun herbal. Jenis jahe ini jarang atau bahkan tidak digunakan dalam campuran pengolahan jenis makanan maupun minuman. Jahe merah merupakan jenis jahe yang memiliki rimpang yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe putih. Memiliki warna kulit yang kemerah merahan. Dagingnya pun memiliki warna yang kemerah-merahan dan sedikit putih dibagian tepi daging. Jenis jahe ini memiliki diameter kurang lebih 0.5 cm sampai 1 cm.

Rasa jahe merah lebih pedas dan menyengat dibandingkan dengan jenis jahe putih. Jahe merah jarang ditemui dipasaran karena pemanfaatannya kurang diminati oleh masyarakat. Namun tanaman ini juga dapat anda temui dengan mudah karena tanaman ini dapat hidup dengan mudah didaerah kebun maupun ladang. Dalam pemanfaatannya jahe ini tidak digunakan dalam jenis makanan atau minuman. Namun jenis jahe ini banyak digunakan dalam bentuk campuran obat-obatan. Dalam kadar konsumsinya biasanya juga untuk tujuan pengobatan saja seperti penyakit tenggorokan, demam, flue berat, pegal-pegal, kurang fit dsb. Rasa pedas yang ada didalam kandungan jahe merah ini dikarenakan adanya kandungan minyak atsiri dalam kandungan yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe putih.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Cengkeh Bisa Lawan Jerawat, Stres, dan Diabetes

Cengkeh Bisa Lawan Jerawat, Stres, dan Diabetes

Cengkeh merupakan rempah-rempah yang umumnya ditambahkan ke masakan di Indonesia. meski bentuknya kecil cengkeh menyimpan nutrisi seperti vitamin dan mineral seperti yodium, kalsium, fosfor, dan besi. Cengkeh bisa memberikan lebih banyak manfaat ke tubuh Anda tak hanya membuat makanan menjadi lebih lezat.Berikut 8 alasan agar Anda menambahkan cengkeh di dalam diet harian Anda seperti dikutip Health.India, Rabu (12/2/2014):1. Menurunkan gula darah dan obat diabetesMenurut sebuah penelitian yang dipimpin Dr Alam Khan pada 2006, cengkeh bisa menurunkan gula darah dan mengontrol diabetes. Cengkeh bisa menginduksi aktivitas insulin, seperti dalam tubuh yang membantu resistensi insulin sehingga meningkatkan kadar gula darah seseorang.Penelitian ini juga menunjukkan, makan cengkeh secara teratur membantu menjaga diabetes normal.Tips: Jika Anda menderita diabetes dan ingin menjaga kadar gula darah Anda di bawah kontrol, cobalah makan cengkeh setiap hari. Atau Anda bisa mencoba mengonsumsi sekitar 10 gram bubuk cengkeh dengan air hangat, pada waktu perut kosong setiap harinya. 2. Membantu memperbaiki pencernaanCengkeh bisa meningkatkan kemampuan Anda mencerna makanan. Ini juga menjadi sala [...]

Bagaimana Obat China Dipalsukan?

Bagaimana Obat China Dipalsukan?

Kalau Anda bertanya kenapa banyak obat China dipalsukan, jawabannya sangat logis. Sesuatu yang potensial mendatangkan keuntungan, itulah alasan satu-satunya yang dijadikan patokan para pemalsu. Untuk apa memalsukan sesuatu, dengan risiko masuk penjara, jika hanya akan mendatangkan kerugian? Ada macam-macam cara yang dipakai para pemalsu obat tradisional China menurut Ahli Pengobatan Tradisional China (Traditional Chinese Medicine/ TCM) DR.dr. William Adi Tedja, antara lain. ? Kemasan asli menggunakan bahasa Inggris, oleh pemalsu digunakan aksara China. Diduga mereka ?menunggangi? persepsi awam bahwa obat China pasti menggunakan huruf China. ? Posisi hologram dibuat berbeda dengan aslinya. ? Warna kemasan tidak sama persis dengan kemasan aslinya. Bisa lebih pudar, atau sebaliknya tempak kelewat kuat warnanya. ? Bila kemasan asli tidak banyak mencantumkan kandungan obat, pada kemasan palsu dicantumkan berderet-deret kandungan obat walaupun isinya tidak sesuai. ? Pemalsu mengganti lambang pada kemasan. Contohnya, jika lambang kemasan asli berbentuk bulat, kemasan palsu segitiga. ? Pemalsu kadang memasang harga jauh di bawah harga obat asli. Contohnya, jika obat asli ber [...]

5 Bahan Alami Pengusir Sariawan

5 Bahan Alami Pengusir Sariawan

Tidak nyaman dan menyakitkan sering dirasakan bila sariawan tumbuh pada bagian dalam pipi atau dasar gusi juta. Biasanya, sariawan akan sembuh dengan sendirinya beberapa hari kemudian. Tapi, dengan menggunakan obat alami yang dapat kita racik di rumah, pengobatan untuk sariawan akan berjalan cepat. Berikut bahan-bahan alami untuk menyembuhkan sariawan, seperti dikutip Health Me Up, Minggu (4/5/2014)KelapaUntuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri, Anda dapat mengoleskan minyak kelapa tepat di sariawannya, atau mengunyah kelapa kering. Selain itu, Anda juga dapat minum segelas air kelapa untuk mendinginkan tubuh Anda. Daun kemangiDaun kemangi memiliki sifat meedis yang dapat mengobati sariawan pada mulut Anda. Mengunyah beberapa helai daun kemangi dengan air beberapa kali dalam sehari, juga dapat menyembuhkan penyakit maag.Air garamMembilas dengan air garam dapat membantu mensterilkan sariawannya. Ambil sesendok garam dan mencampurnya dengan segelas air hangat. Kemudian, tahan di mulut dan kumur-kumurlah selama beberapa detik, lalu buanglah. Ulangi sebanyak beberapa kali untuk mendapatkan hasil maksimal.EsMengoleskan es ke dalam mulut dapat mengurangi pembengkakan dan juga mematika [...]

6 Nutrisi Dan 3 Efek Samping Dalam Mengonsumsi Coklat

6 Nutrisi Dan 3 Efek Samping Dalam Mengonsumsi Coklat

Siapa yang tak tau jenis makanan yang satu ini.... Coklat merupakan salah satu jennies makanan faforit yang banyak digemari oleh banyak kalangan, baik dari kalangan anak-anak maupun kalangan dewasa. Coklat memiliki rasa yang unik yaitu rasa manis legit dengan kombinasi sedikit pahit yang menambah kenikmatan tersendiri bagi pecinta coklat. Selain rasanya yang sangat menarik, coklat juga memiliki berbagai macam oalahan. Dari olahan coklat batang, permen coklat, kue kering maupun kue basah dari bahan coklat hingga banyak varian minuman yang diolah dengan menggunakan kombinasi coklat. Selain itu juga ditambah banyaknya olahan makanan maupun minuman dengan kombinasi coklat yang diolah dengan tampilan penyajian yang sangat unik dan menarik. Harga yang ditawarkan dalam sajian dengan bahan dasar coklat pun juga bervariasi. Namun bagi anda pecinta makanan dengan bahan dasar coklat, penting untuk anda ketahui tentang beberapa kandungan vitamin maupun zat-zat yang terkandung dalam coklat yang baik untuk tubuh dan kesehatan anda. Hal ini juga perlu anda perhatikan untuk menjaga kesehat anak-anak yang menyukai dan sering mengonsumsi coklat. Sebelum membahas tentang kandungan dalam makanan c [...]

Mana Lebih Sehat, STMJ atau Susu Jahe?

Mana Lebih Sehat, STMJ atau Susu Jahe?

Bertahun-tahun mungkin kita mengetahui berbagai minuman untuk menambah stamina seperti Susu Telur Madu Jahe (STMJ) atau susu jahe. Tapi tahukah Anda kalau ternyata STMJ mengandung protein yang sulit dicerna tubuh.Seperti disampaikan Pakar Herbal dan Konsultan Herbal sekaligus Bussiness Development Director PT Deltomed Laboratories, Dr Abrijanto SB bahwa yang merusak komponen atau manfaat dalam minuman tradisional seperti STMJ adalah telurnya. Telur mentah yang dikocok bersama susu, madu dan jahe jadi hilang manfaat kesehatannya. "Putih telur itu ada albuminnya. Albumin merupakan sumber protein yang sulit diserap tubuh jika dikonsumsi mentah. Telur itu baiknya dimasak dulu. Sayang sekali kan kalau diminum, manfaat jahe dan lainnya jadi hilang," kata Abrijanto, ditulis Jumat (11/7/2014). Berbeda dengan STMJ, menurut Abrijanto, susu jahe lebih baik dikonsumsi kalau memang Anda butuh stamina dalam beraktivitas. Tapi perlu diperhatikan, jahe sebaiknya tidak dimasak dengan suhu terlalu panas atau air mendidih. Cukup dimasak dengan suhu sekitar 60-80 derajat celsius, minuman jahe bisa menambah stamina, mengurangi mual bagi ibu hamil, dan meringankan radang tenggorokan. [...]

4 Bahan Alami Pencegah Jerawat

4 Bahan Alami Pencegah Jerawat

Jerawat pada wajah memang mengganggu penampilan. Namun, Anda tidak perlu mengeluarkan kocek terlalu dalam untuk mencegahnya. Bahan alami berikut ini dapat membantu mencegah munculnya jerawat dikutip dari Allwomenstalk, Jumat (11/4/2014)1. OreganoBahan alami yang satu ini menjadi rahasia kelezatan pasta dan pizza yang sering digunakan di negara Amerika dan Eropa. Di Indonesia, sudah banyak supermarket yang menjual oregano sehingga tidak perlu khawatir untuk mendapatkannya.Oregano bermanfaat mengurangi jerawat yang ada pada kulit wajah atau beberapa tempat lainnya seperti punggung atau bagian leher. Gunakan oregano sebagai obat luar dengan menaburkannya pada makanan atau dicampurkan ke dalam makanan. Selain untuk mengurangi jerawat, oregano juga dapat melancarkan pencernaan.2. Daun PepayaRasa pahit dari daun pepaya dipercaya dapat membantu mencuci darah yang kotor. Dengan demikian dapat membantu mengurangi jerawat yang ada, konsumsi daun pepaya yang direbus beberapa kali dalam seminggu. Dengan mengonsumsi daun pepaya secara rutin membuat kulit menjadi bersih, sehat, dan halus.3. Daun MintDaun mint memiliki kandungan klorofil yang dapat mengatasi inflamasi atau peradangan pada kulit. [...]

Ekstrak Pepaya Efektif Obati DBD

Ekstrak Pepaya Efektif Obati DBD

Sebuah penelitian yang diterbitkan diterbitkan dalam jurnal Annals of Medical & Health Sciences Research menemukan bahwa ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan trombosit sehingga efektif obati DBD.Mengutip laman Medindia, Kamis (28/8/2014), peneliti menemukan beberapa pasien yang sembuh dari demam berdarah dengan mengonsumsi ekstrak daun pepaya. (baca: Tak Hanya Nanas dan Daun Pepaya, Kiwi pun Bisa Lunakkan Daging)"Walaupun banyak studi tidak memiliki bukti ilmiah, tapi satu studi ini dilakukan lebih ilmiah menggunakan standar ekstrak daun pepaya. Dan ternyata menunjukkan hasil yang baik," kata peneliti.Peneliti mengungkapkan, pasien DBD yang menerima ekstrak daun pepaya menunjukkan perkembangan positif dalam hal peningkatan jumlah trombosit. (baca: Ibu Hamil Makan Pepaya, Amankah?)Untuk memperkuat temuan ini, peneliti akan melakukan studi jangka panjang lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas dan keamanan penggunaan ekstrak daun pepaya sebelum dapat digunakan sebagai obat. [...]

Obat Herbal, Tidak 100 Persen Aman

Obat Herbal, Tidak 100 Persen Aman

Kebanyakan masyarakat menganggap obat herbal dalam bentuk jamu, jamu godokan, atau kapsul racikan bisa mengobati berbagai jenis penyakit. Tak sedikit pula yang menganggap obat herbal lebih aman dibanding obat berbahan kimia sintetik."Tidak benar bila dikatakan obat herbal 100 persen aman. Tapi, `relatif` aman dibanding obat kimia," kata Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Ariyanto Jonosewojo, Sp.PD dalam acara 'The 1st Health Natural Wellnes Symposium' di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (5/4/2014)Maksudnya, khasiatnya tergantung dari jenis obat herbal yang dikonsumsi. "Kalau isolat atau zat aktif dari obat herbal ini diambil, maka efeknya sama seperti obat-obat kimia," kata dia menambahkan.Berbicara soal obat, apa pun jenisnya, sudah pasti semua itu memiliki efek samping. Dan pasien harus ingat, kalau satu jenis obat, ada yang cocok untuk orang tertentu tapi belum tentu cocok untuk pasien lainnya.Misalnya, dalam pemberian metformin pada penyandang diabetes. Memang, metformin merupakan obat diabetes. Hanya, tidak semua cocok untuk mengonsumsinya."Pasien A memang diabetes, maka bisa diberi obat ini. Lalu pasien B, yang terkena diabete [...]

Jokowi pun Minum Kunyit, Tengok 5 Manfaatnya

Jokowi pun Minum Kunyit, Tengok 5 Manfaatnya

Sebelum pelantikan dirinya menjadi presiden pada Senin (20/10/2014), Joko Widodo menyempatkan minum jamu racikan sendiri. Jika biasanya mengandung temulawak dan jahe, untuk pagi tadi ditambah kunir. Jokowi memang dikenal menyukai minum jamu sebagai kunci rahasia tubuh bugarnya. Namun untuk kali ini ia tak menyebutkan alasan menambahkan kunir sebagai sebagai salah satu bahan racikan jamunya. Kunir yang dalam bahasa Indonesia disebut kunyit ini memang sudah dikenal masyarakat Indonesia sebagai bahan jamu yang memiliki banyak manfaat. Paling tidak, ini lima manfaat yang bisa dipetik dengan mengonsumsi kunyit seperti dilansir Huffington Post pada Senin (20/10/2014). 1. Atasi sakit perutDalam sebuah penelitian kecil di tahun 1989, suplemen yang terbuat dari kunyit efektif atasi mulas dan gangguan pencernaan dibandingkan plasebo. Hal ini disebabkan karena kekuatan tanaman ini lawan peradangan. 2. Cegah serangan jantungKurkumin, senyawa dibalik warna oranye kunyit yang punya peranan manfaat baik kunyit. Antioksidan dan antiinflamais kurkumin berkontribusi 65 persen lebih rendah terkena serangan jantung. 3. Tunda diabetesDalam studi 2012, kapsul kurkumin dapat menunda hadirnya diab [...]

5 Makanan yang Pas untuk yang Sedang Kemoterapi

5 Makanan yang Pas untuk yang Sedang Kemoterapi

Asupan makanan selama menjalani kemoterapi bermanfaat untuk mencegah pasien terhindar dari rasa mual dan lelah berkepanjangan. Kemoterapi adalah suatu upaya untuk membunuh sel-sel kanker dengan mengganggu fungsi reproduksi sel. Kemoterapi merupakan cara pengobatan kanker dengan cara memberikan zat atau obat yang memiliki khasiat membunuh sel kanker.Di bawah ini terdapat sejumlah makanan sehat yang harus dikonsumsi selama melakukan kemoterapi, seperti dikutip Health Me Up, Selasa (30/9/2014) : TelurMakanan kaya vitamin B dan protein akan membuat pasien kemoterapi menjadi lebih sehat. Kandungan selenium pada telur membantu mengurangi efek setelah kemoterapi. Selain itu, kuning telur mengandung vitamin D dan E, yang dapat membantu melindungi tubuh dari racun akibat obat dari kanker. JaheJahe memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi mual dan muntah yang disebabkan kemoterapi. Untuk itu, tambahkan jahe ke dalam makanan yang disantap atau ke dalam secangkir teh yang diminum setiap hari. SayuranKale, bayam, selada, merupakan sumber zat besi yang baik, dan mengandung vitamin A, E, dan K. Nutrisi ini membantu sel-sel darah merah yang membuat hemoglobin dan mengedar [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *