Mengenal Jenis-Jenis Jahe Dan Pengolahan Jahe Untuk Kesehatan

jahe-merah-jahe-gajah-dan-jahe-emprit

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang biasa digunakan sebagai obat-obatan tradisional yang mudah ditemui. Jahe juga merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa dimasukkan dalam masakan sebagai bahan peyedap bumbu masakan dan masih banyak lagi pemanfaatan tanaman jahe yang dapat diperoleh. Jenis tanaman ini bisa ditemui pada lahan dengan kontur tanah yang gembur dan subur seperti dilahan persawahan atau ladang. Tanaman ini memiliki daun yang lebar dan panjang seperti halnya rumput liar.

Jahe dapat hidup secara liar maupun dipelihara karena hanya dengan tanah yang subur dan memiliki cukup air maka tanaman ini sudah mampu bertahan hidup dan berkembang dengan baik. Jahe sendiri hidup berkembang didalam tanah yang menyerupai jenis umbi-umbian dengan kedalaman sekitar 5 cm didalam tanah. Untuk mengenal tanaman jahe lebih jauh, perlu anda tahu bahwa jahe memiliki beberapa jenis yaitu jahe merah, jahe putih (jahe emprit), dan jahe gajah.
Jahe merupakan jenis tanaman yang memiliki nama latin yaitu Zingiber Officinale, dalam kategori ini jahe memiliki beberapa jenis jahe antara lain :

1. Jahe putih (jahe emprit)
Jahe putih merupakan jenis jahe yang biasa kita temui dan merupakan jenis jahe yang banyak dikonsumsi baik dalam bentuk olahan makanan maupun dalam bentuk minuman. Jahe putih memiliki besar diameter sekitar 1cm, memiliki warna kulit putih kekuning-kuningan, daging jenis jahe ini memiliki warna yang hampir sama dengan kulitnya yaitu putih yang sedikit warna kuning dibagian tengah daging jahe. Rasa jahe ini memiliki rasa yang khas pedas dan hangat yang tidak terlalu menyengat, sehingga jahe jenis ini banyak digunakan dalam konsumsi sehari-hari baik dalam jenis olahan makanan, kue maupun minuman dengan komposisi air dingin maupun hangat.

Jenis jahe ini juga banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan karena rasa hangat yang dikandung dalam tanaman jahe ini dapat dimanfaatkan sebagai penghangat tubuh yang dapat menyembuhkan kembung dan masuk angin. Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai nutrisi yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Dalam kategori ini, jahe dapat diolah dalam bentuk jenis minuman hangat yang disedu dengan air panas dengan campuran sedikit gula pasir. Untuk menambah kenikmatan dalam mengolah jahe anda dapat menambahkan susu didalamnya. Selain itu juga dapat anda mencampurkan beberapa irisan jahe kedalam seduhan tea hangat. Untuk kategori makanan anda dapat mengolahnya pada campuran masakan seperti soto ataupun masakan bumbu merah yang juga menggunakan jenis jahe ini. Selain itu anda juga dapat mengolahnya pada jenis makanan kue kering yang dikenal dengan roti jahe. Dengan harga yang cukup terjangkau anda dapat memanfaatkan jahe sebagai konsumsi untuk menjaga kesehatan anda.

Efek samping yang ditimbulkan pada jenis jahe ini sangat sedikit ditemukan karena jahe merupakan jenis tanaman herbal hanya saja dalam konsumsi dengan jumlah yang banyak akan menyebakan rasa perih dilambung dan tenggorokan anda. Untuk mengonsumsi jenis jahe ini sebaiknya anda menggunakannya sesuai dengan selera anda. Seperti pada seduhan segelas tea anda dapat mencampurkan 2 sampai 6 irisan jahe tipis.

2. Jahe gajah
Jahe gajah juga merupakan salah satu jenis jahe yang memiliki postur yang sedikit lebih besar dari jenis jahe putih. Diameter yang dimiliki pada jenis jahe ini sekitar 1 hingga 2 cm. Memiliki warna kulit dan daging yang sama dengan jahe putih yaitu memiliki warna kulit putih sedikit kekuning-kuningan dan memiliki warna daging putih dan sedikit kekuningan dibagian tengahnya. Perbedaannya dengan jenis jahe putih yaitu pada rasa jahe itu sendiri.

Rasa jahe gajah sedikit hambar dibandingkan dengan jenis jahe gajah. Rasa hangat dan pedasnya tidak terlalu terasa. Sehingga dalam penamfaatannya kurang digandrungi oleh sebagian orang. Pemanfaatan jenis jahe ini biasa digunakan sebagai campuran minuman minuman dengan jumlah potongan yang lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan jahe putih. Dalam pengolahan makanan jahe ini biasa digunakan sebagai campuran pengolahanan selai makanan atau selai kue. Dapat juga dimanfaatkan sebagai permen jahe yang nikamat dengan balutan gula sebagi pemanisnya.

3. Jahe merah
Jahe merah merupakan salah satu jenis jahe yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan baik campuran bahan obat-obatan kimia maupun herbal. Jenis jahe ini jarang atau bahkan tidak digunakan dalam campuran pengolahan jenis makanan maupun minuman. Jahe merah merupakan jenis jahe yang memiliki rimpang yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe putih. Memiliki warna kulit yang kemerah merahan. Dagingnya pun memiliki warna yang kemerah-merahan dan sedikit putih dibagian tepi daging. Jenis jahe ini memiliki diameter kurang lebih 0.5 cm sampai 1 cm.

Rasa jahe merah lebih pedas dan menyengat dibandingkan dengan jenis jahe putih. Jahe merah jarang ditemui dipasaran karena pemanfaatannya kurang diminati oleh masyarakat. Namun tanaman ini juga dapat anda temui dengan mudah karena tanaman ini dapat hidup dengan mudah didaerah kebun maupun ladang. Dalam pemanfaatannya jahe ini tidak digunakan dalam jenis makanan atau minuman. Namun jenis jahe ini banyak digunakan dalam bentuk campuran obat-obatan. Dalam kadar konsumsinya biasanya juga untuk tujuan pengobatan saja seperti penyakit tenggorokan, demam, flue berat, pegal-pegal, kurang fit dsb. Rasa pedas yang ada didalam kandungan jahe merah ini dikarenakan adanya kandungan minyak atsiri dalam kandungan yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe putih.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Ramuan Alami Atasi Rambut Bercabang

5 Ramuan Alami Atasi Rambut Bercabang

Rambut pecah-pecah di ujung dan bercabang menjadi masalah yang paling umum dihadapi. Perempuan yang mengalaminya rela menghabiskan uang untuk ke salon.Ahli kecantikan mengatakan, rambut bercabang terjadi ketika lapisan luar pelindung kutikula rambut menipis karena stres dari luar. Ini bisa karena polusi udara, sinar matahari, atau styling panas, dan bahan kimia di salon.Apabila struktur internal rambut terkena, ini menjadi lemah, rusak, dan dehidrasi. Salah satu cara untuk mengatasi rambut bercabang ini adalah dengan trim reguler. Tapi, mencoba beberapa obat-obatan alami juga bisa meningkatkan tampilan rambut Anda dan mencegah makin banyak rambut yang bercabang.Obat buatan sendiri tak akan menghambur-hamburkan duit karena Anda lebih mudah menemukan bahannya di dapur Anda. Berikut beberapa cara alami seperti dilansir MedGuru, Kamis (10/4/2014):1. Sampo telurObat rumahan termudah untuk mengakhiri rambut bercabang adalah membuat sampo dengan telur. Yang Anda butuhkan adalah satu ons rosemary segar, setengah liter air panas, dan telur.Mulailah dengan seduhan rosemary dalam air panas selama sekitar 20 menit dan biarkan dingin. Setelah itu didinginkan, kocok telur Anda dan kemudian pijat [...]

Nutrisi dan Bahaya Es Krim Untuk Anak-anak

Nutrisi dan Bahaya Es Krim Untuk Anak-anak

Siapa yang tak mengenal jenis makanan yang satu ini. Makanan ini merupakan makanan yang pada dasarnya disukai diberbagai kalangan. Tidak mengenal waktu yang pas untuk mengonsumsinya. Selain rasanya yang sangat menggoda, jenis makanan ini juga juga memiliki berbagai macam varian rasa yang dibalut dengan desain yang sangat menarik dengan warna yang cukup menggiurkan. Ditambah lagi dengan harga yang ditawarkanpun memiliki berbagai macam. Ada yang memiliki kisaran harga yang cukup mahal hingga pada kisaran yang sangat murah dan terjangkau. Pada musim panas tentunya jumlah peminat makanan ini sangatlah banyak. Namun banyak kalangan masyarakat yang mengabaikan akan gizi yang terkandung didalamnya. Hal ini dikarenakan kemungkinan besar banyak masyarakat yang beranggapan bahwa makanan ini merupakan jenis makanan biasa yang tidak menimbulkan banyak resiko. Sebelum anda gemar terhadap jenis makanan yang satu ini, perlu anda ketahui jenis kandungan apa saja yang ada didalam jenis makanan ini dan apa efek yang ditimbulkan dari makanan ini terutama untuk anak-anak, dan tidak lupa kami akan membahas tentang tips tips membuat dan menyajikan eskrim yang sehat dan cantik. Es krim merupakan j [...]

Bagaimana Obat China Dipalsukan?

Bagaimana Obat China Dipalsukan?

Kalau Anda bertanya kenapa banyak obat China dipalsukan, jawabannya sangat logis. Sesuatu yang potensial mendatangkan keuntungan, itulah alasan satu-satunya yang dijadikan patokan para pemalsu. Untuk apa memalsukan sesuatu, dengan risiko masuk penjara, jika hanya akan mendatangkan kerugian? Ada macam-macam cara yang dipakai para pemalsu obat tradisional China menurut Ahli Pengobatan Tradisional China (Traditional Chinese Medicine/ TCM) DR.dr. William Adi Tedja, antara lain. ? Kemasan asli menggunakan bahasa Inggris, oleh pemalsu digunakan aksara China. Diduga mereka ?menunggangi? persepsi awam bahwa obat China pasti menggunakan huruf China. ? Posisi hologram dibuat berbeda dengan aslinya. ? Warna kemasan tidak sama persis dengan kemasan aslinya. Bisa lebih pudar, atau sebaliknya tempak kelewat kuat warnanya. ? Bila kemasan asli tidak banyak mencantumkan kandungan obat, pada kemasan palsu dicantumkan berderet-deret kandungan obat walaupun isinya tidak sesuai. ? Pemalsu mengganti lambang pada kemasan. Contohnya, jika lambang kemasan asli berbentuk bulat, kemasan palsu segitiga. ? Pemalsu kadang memasang harga jauh di bawah harga obat asli. Contohnya, jika obat asli ber [...]

Dahsyatnya Manfaat Sayur Wortel Untuk Kesehatan Tubuh

Dahsyatnya Manfaat Sayur Wortel Untuk Kesehatan Tubuh

Bagi pecinta sayuran, wortel murapakan salah satu sayuran yang cocok untuk anda. Selian warnanya yang memikatm buah ini juga memiliki kasiat yang sangat baik untuk tubuh anda. Buah yang memiliki warna terang ini juga memiliki kasiat populer sebagai penambah kesehatan mata dengan kandungan vitamin A nya. Buah ini sangat baik untuk masa pertumbuhan balita, namun jangan risau dengan balita yang tidak menyukai sayuran. Disini kita juga akan menambah tips cara pengolahan wortel secara lebih praktis dan dapat dinikmati dengan berbagai cara dimana hal ini akan membuat anda merasa tidak bosan dengan buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh :D Taukah anda jika buah ini memiliki banyak kasiat yang sangat diperlukan tubuh?,,ya sangat banyak salah satunya yaitu kasiat sayur wortel yang sangat populer yaitu vitamin A yang dapat membantu kesehatan mata. Vitamin A berasal dari warna orange yang mengandung beta-carotene yang kemudian berubah menjadi vitamin A. Selain itu juga mengandung serat, antioksidan dan mineral. Serat yang terdapat pada sayuran wortel ini berfungsi untuk membantu kesehatan pencernaan. Untuk anda yang memiliki masalahpencernaan sayur ini sangat cocok untuk anda [...]

Ramuan Penghancur Batu Ginjal

Ramuan Penghancur Batu Ginjal

Bersyukurlah jika sampai saat ini Anda tidak bermasalah saat buang air kecil. Bersarangnya batu di ginjal sebagai salah satu sumber masalah sebaiknya memang dicegah. Beragam tanaman obat yang mudah dijumpai di sekitar kita, bisa dimanfaatkan. Siapa pun pasti tak ingin merasakan perih saat buang air kecil sebagai salah satu pertanda ada batu yang bersarang di ginjal. Kalau keadaan itu sudah terjadi, konsultasi ke dokter ahli sudah pasti harus segera dilakukan. Keluhan dan gangguan saat buang air kecil sebenarnya bisa dicegah. Salah satunya dengan memanfaatkan beragam ramuan herba atau tanaman berkhasiat obat secara teratur. Saat ini banyak tanaman obat yang terbukti mampu mengurangi atau setidaknya sebagai pelengkap pengobatan batu ginjal oleh dokter. Berdasarkan beberapa penelitian atau uji klinis yang pernah dilakukan, beberapa tumbuhan diyakini bermanfaat sebagai solusi alami gangguan batu ginjal. Di antaranya daun tempuyung (Sonchus arvensis L.), daun kumis kucing (Orthosiphom stamineus Benth), daun keji beling (Strobilanthus crispus Bl), akar alang-alang (Imperata cylindrica), dan daun pegagan (Centella asiatica). Fungsi ginjal sangat kompleks dan vital meliputi filtrasi, ek [...]

4 Kasiat Hebat Buah Pepaya untuk Tubuh & Tips Mengolahnya

4 Kasiat Hebat Buah Pepaya untuk Tubuh & Tips Mengolahnya

Buah merupakan makanan dalam kategori penting untuk menambah vitamin dalam tubuh manusia. Banyaknya vitamin yang terkandung didalamnya dan rasa nikamat daging buahnya membuat banyak masyarakat menyukai buah-buahan. Namun tidak sedikit pula orang yang tidak menyukai beberapa jenis buah dengan alasan tekstur buah yang kurang sesuai dengan selera, aroma buah yang menyengat, rasanya kurang mengikat hingga pada karena buah tertentu dijual dengan harga yang cukup mahal. Untuk memenuhi kebutukan vitamin buah anda, tidak harus dengan menggunakan jenis buah dengan criteria yang cukup sulit didapatkan. Pada bahasan artikel ini membahas tentang kasiat buah papaya dan tips pengolahan yang nikmat akan kami sajikan untuk anda. Buah papaya merupakan buah yang pohonnya dapat tumbuh subur diIndonesia, sehingga buahnya pun tidak sulit untuk diperoleh dengan harga yang cukup murah, untuk 1 biji buah papaya kira-kira hanya berkisar 5.000 sampai 15.000 saja dengan ukuran besar. Ada beberapa jenis papaya tertentu yang memiliki harga yang sedikit lebih mahal, namun untuk nilai gizi tidak terlalu jauh dengan papaya dengan harga yang cukup terjangkau. Buah papaya mengandung banyak vitamin seperti vitami [...]

Mana Lebih Sehat, STMJ atau Susu Jahe?

Mana Lebih Sehat, STMJ atau Susu Jahe?

Bertahun-tahun mungkin kita mengetahui berbagai minuman untuk menambah stamina seperti Susu Telur Madu Jahe (STMJ) atau susu jahe. Tapi tahukah Anda kalau ternyata STMJ mengandung protein yang sulit dicerna tubuh.Seperti disampaikan Pakar Herbal dan Konsultan Herbal sekaligus Bussiness Development Director PT Deltomed Laboratories, Dr Abrijanto SB bahwa yang merusak komponen atau manfaat dalam minuman tradisional seperti STMJ adalah telurnya. Telur mentah yang dikocok bersama susu, madu dan jahe jadi hilang manfaat kesehatannya. "Putih telur itu ada albuminnya. Albumin merupakan sumber protein yang sulit diserap tubuh jika dikonsumsi mentah. Telur itu baiknya dimasak dulu. Sayang sekali kan kalau diminum, manfaat jahe dan lainnya jadi hilang," kata Abrijanto, ditulis Jumat (11/7/2014). Berbeda dengan STMJ, menurut Abrijanto, susu jahe lebih baik dikonsumsi kalau memang Anda butuh stamina dalam beraktivitas. Tapi perlu diperhatikan, jahe sebaiknya tidak dimasak dengan suhu terlalu panas atau air mendidih. Cukup dimasak dengan suhu sekitar 60-80 derajat celsius, minuman jahe bisa menambah stamina, mengurangi mual bagi ibu hamil, dan meringankan radang tenggorokan. [...]

5 Bahan Alami Pengusir Sariawan

5 Bahan Alami Pengusir Sariawan

Tidak nyaman dan menyakitkan sering dirasakan bila sariawan tumbuh pada bagian dalam pipi atau dasar gusi juta. Biasanya, sariawan akan sembuh dengan sendirinya beberapa hari kemudian. Tapi, dengan menggunakan obat alami yang dapat kita racik di rumah, pengobatan untuk sariawan akan berjalan cepat. Berikut bahan-bahan alami untuk menyembuhkan sariawan, seperti dikutip Health Me Up, Minggu (4/5/2014)KelapaUntuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri, Anda dapat mengoleskan minyak kelapa tepat di sariawannya, atau mengunyah kelapa kering. Selain itu, Anda juga dapat minum segelas air kelapa untuk mendinginkan tubuh Anda. Daun kemangiDaun kemangi memiliki sifat meedis yang dapat mengobati sariawan pada mulut Anda. Mengunyah beberapa helai daun kemangi dengan air beberapa kali dalam sehari, juga dapat menyembuhkan penyakit maag.Air garamMembilas dengan air garam dapat membantu mensterilkan sariawannya. Ambil sesendok garam dan mencampurnya dengan segelas air hangat. Kemudian, tahan di mulut dan kumur-kumurlah selama beberapa detik, lalu buanglah. Ulangi sebanyak beberapa kali untuk mendapatkan hasil maksimal.EsMengoleskan es ke dalam mulut dapat mengurangi pembengkakan dan juga mematika [...]

Meditasi dalam Secangkir Teh

Meditasi dalam Secangkir Teh

Di mata pecandunya, kedamaian sejati bisa ditemukan hanya dari secangkir teh. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Apa makna teh di mata Anda? Mungkin sulit membayangkan maknanya karena sehari-hari kita minum segelas teh yang dibubuhi beberapa sendok gula pasir sebagai sebuah kebiasaan semata. Barangkali Anda akan menjawab biasa-biasa saja karena hal itu Anda lakukan setiap hari secara otomatis. Bahkan, dalam setiap kesempatan di tepi jalan Anda bisa minum teh dalam kemasan botol tanpa perasaan apa-apa, kecuali hilangnya rasa haus. Lain halnya bagi seorang master teh dari Jepang. Minum teh adalah bentuk meditasi. Minum teh adalah sebuah cara pelepasan atas segala kekhawatiran dalam hidup. Ada dasar filosofi yang amat dalam ini, maka menikmati secawan teh di Jepang menjadi sebentuk budaya. Bentuk meditasi itu bisa kita saksikan hingga saat ini dalam upacara minum teh. Bahkan, dapat dikatakan sebagai bentuk meditasi yang cukup rumit. Perlu keterampilan serta pelatihan khusus untuk bisa menyajikan teh dalam upacara minum teh ala Jepang. Secara sederhana di mata Diana Rosen, penulis buku Taking Time for Tea dan penggemar teh, meditasi lewat secangkir teh adalah menghentikan perhatian, me [...]

Banyak Orang Indonesia Rasakan Manfaat Jamu

Banyak Orang Indonesia Rasakan Manfaat Jamu

Dari hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) yang dilakukan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, hampir enam puluh persen rakyat Indonesia pernah mengonsumsi obat tradisional seperti jamu sebagai penyembuh dan pencegahan berbagai macam penyakit."Saat itu yang ditanyakan adalah apakah sudah pernah mengonsumsi obat tradisional? Mereka menjawab pernah," kata Koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus, dr. Danang Ardianto kepada Health-Liputan6.com saat menjadi peserta `Saintifikasi Bahan Herbal Media Trip Bersama SOHO Global Health`, di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, ditulis Rabu (10/12/2014)Dan dari 60 persen, 90 persen mengatakan manfaat jamu memang terbukti. "Apalagi kalau di Klinik Saintifikasi Jamu ini, semua pasien akan diberi jamu," kata dia menambahkan.Menurut Danang, kepercayaan masyarakat Indonesia, secara khusus masyarakat Tawangmangu, telah mempercayai bahwa mengonsumsi jamu benar-benar menyehatkan, tidak seperti yang selama ini ditakutkan."Sebelum datang ke sini, dari rumah pun mereka sudah percaya kalau diberi jamu baik bagi kesehatan mereka," kata Danang.Bahkan, penikmat jamu bukan hanya berasal dari penduduk lokal di sana saja, semua pasien yang b [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *