Mengenal Jenis-Jenis Jahe Dan Pengolahan Jahe Untuk Kesehatan

jahe-merah-jahe-gajah-dan-jahe-emprit

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang biasa digunakan sebagai obat-obatan tradisional yang mudah ditemui. Jahe juga merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa dimasukkan dalam masakan sebagai bahan peyedap bumbu masakan dan masih banyak lagi pemanfaatan tanaman jahe yang dapat diperoleh. Jenis tanaman ini bisa ditemui pada lahan dengan kontur tanah yang gembur dan subur seperti dilahan persawahan atau ladang. Tanaman ini memiliki daun yang lebar dan panjang seperti halnya rumput liar.

Jahe dapat hidup secara liar maupun dipelihara karena hanya dengan tanah yang subur dan memiliki cukup air maka tanaman ini sudah mampu bertahan hidup dan berkembang dengan baik. Jahe sendiri hidup berkembang didalam tanah yang menyerupai jenis umbi-umbian dengan kedalaman sekitar 5 cm didalam tanah. Untuk mengenal tanaman jahe lebih jauh, perlu anda tahu bahwa jahe memiliki beberapa jenis yaitu jahe merah, jahe putih (jahe emprit), dan jahe gajah.
Jahe merupakan jenis tanaman yang memiliki nama latin yaitu Zingiber Officinale, dalam kategori ini jahe memiliki beberapa jenis jahe antara lain :

1. Jahe putih (jahe emprit)
Jahe putih merupakan jenis jahe yang biasa kita temui dan merupakan jenis jahe yang banyak dikonsumsi baik dalam bentuk olahan makanan maupun dalam bentuk minuman. Jahe putih memiliki besar diameter sekitar 1cm, memiliki warna kulit putih kekuning-kuningan, daging jenis jahe ini memiliki warna yang hampir sama dengan kulitnya yaitu putih yang sedikit warna kuning dibagian tengah daging jahe. Rasa jahe ini memiliki rasa yang khas pedas dan hangat yang tidak terlalu menyengat, sehingga jahe jenis ini banyak digunakan dalam konsumsi sehari-hari baik dalam jenis olahan makanan, kue maupun minuman dengan komposisi air dingin maupun hangat.

Jenis jahe ini juga banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan karena rasa hangat yang dikandung dalam tanaman jahe ini dapat dimanfaatkan sebagai penghangat tubuh yang dapat menyembuhkan kembung dan masuk angin. Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai nutrisi yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Dalam kategori ini, jahe dapat diolah dalam bentuk jenis minuman hangat yang disedu dengan air panas dengan campuran sedikit gula pasir. Untuk menambah kenikmatan dalam mengolah jahe anda dapat menambahkan susu didalamnya. Selain itu juga dapat anda mencampurkan beberapa irisan jahe kedalam seduhan tea hangat. Untuk kategori makanan anda dapat mengolahnya pada campuran masakan seperti soto ataupun masakan bumbu merah yang juga menggunakan jenis jahe ini. Selain itu anda juga dapat mengolahnya pada jenis makanan kue kering yang dikenal dengan roti jahe. Dengan harga yang cukup terjangkau anda dapat memanfaatkan jahe sebagai konsumsi untuk menjaga kesehatan anda.

Efek samping yang ditimbulkan pada jenis jahe ini sangat sedikit ditemukan karena jahe merupakan jenis tanaman herbal hanya saja dalam konsumsi dengan jumlah yang banyak akan menyebakan rasa perih dilambung dan tenggorokan anda. Untuk mengonsumsi jenis jahe ini sebaiknya anda menggunakannya sesuai dengan selera anda. Seperti pada seduhan segelas tea anda dapat mencampurkan 2 sampai 6 irisan jahe tipis.

2. Jahe gajah
Jahe gajah juga merupakan salah satu jenis jahe yang memiliki postur yang sedikit lebih besar dari jenis jahe putih. Diameter yang dimiliki pada jenis jahe ini sekitar 1 hingga 2 cm. Memiliki warna kulit dan daging yang sama dengan jahe putih yaitu memiliki warna kulit putih sedikit kekuning-kuningan dan memiliki warna daging putih dan sedikit kekuningan dibagian tengahnya. Perbedaannya dengan jenis jahe putih yaitu pada rasa jahe itu sendiri.

Rasa jahe gajah sedikit hambar dibandingkan dengan jenis jahe gajah. Rasa hangat dan pedasnya tidak terlalu terasa. Sehingga dalam penamfaatannya kurang digandrungi oleh sebagian orang. Pemanfaatan jenis jahe ini biasa digunakan sebagai campuran minuman minuman dengan jumlah potongan yang lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan jahe putih. Dalam pengolahan makanan jahe ini biasa digunakan sebagai campuran pengolahanan selai makanan atau selai kue. Dapat juga dimanfaatkan sebagai permen jahe yang nikamat dengan balutan gula sebagi pemanisnya.

3. Jahe merah
Jahe merah merupakan salah satu jenis jahe yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan baik campuran bahan obat-obatan kimia maupun herbal. Jenis jahe ini jarang atau bahkan tidak digunakan dalam campuran pengolahan jenis makanan maupun minuman. Jahe merah merupakan jenis jahe yang memiliki rimpang yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe putih. Memiliki warna kulit yang kemerah merahan. Dagingnya pun memiliki warna yang kemerah-merahan dan sedikit putih dibagian tepi daging. Jenis jahe ini memiliki diameter kurang lebih 0.5 cm sampai 1 cm.

Rasa jahe merah lebih pedas dan menyengat dibandingkan dengan jenis jahe putih. Jahe merah jarang ditemui dipasaran karena pemanfaatannya kurang diminati oleh masyarakat. Namun tanaman ini juga dapat anda temui dengan mudah karena tanaman ini dapat hidup dengan mudah didaerah kebun maupun ladang. Dalam pemanfaatannya jahe ini tidak digunakan dalam jenis makanan atau minuman. Namun jenis jahe ini banyak digunakan dalam bentuk campuran obat-obatan. Dalam kadar konsumsinya biasanya juga untuk tujuan pengobatan saja seperti penyakit tenggorokan, demam, flue berat, pegal-pegal, kurang fit dsb. Rasa pedas yang ada didalam kandungan jahe merah ini dikarenakan adanya kandungan minyak atsiri dalam kandungan yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe putih.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Jenis Tanaman Obat Herbal yang Cocok di Pekarangan Rumah

5 Jenis Tanaman Obat Herbal yang Cocok di Pekarangan Rumah

Obat herbal merupakan salah satu alternatif pengobatan saat ini. Dengan harganya yang relatif lebih murah dari obat-obatan biasa dan efek sampingnya yang lebih rendah, obat herbal semakin banyak diminati. Nah, bagaimana kalau pekarangan rumah Anda ditanami tanaman herbal? Pasti menarik sekaligus menjadikan keluarga Anda selalu sehat. Berikut 5 jenis tanaman herbal yang dapat di tanam di pekarangan rumah seperti dilansir The Self Sufficient Living, Kamis (9/10/2014). 1. Aloe Vera Tanaman aloe vera atau lidah buaya hanya membutuhkan tanah yang lembab dan cahaya matahari yang cukup untuk dapat tumbuh. Diantara manfaat dari tanaman ini adalah dapat menyembuhkan luka bakar dan luka-luka luar lainnya. 2. Marigold Iklim Indonesia sangat mendukung tumbuhnya tanaman ini. Tanaman yang mirip bunga matahari ini memiliki manfaat untuk mengobati gigitan serangga, sakit mata, hingga demam. 3. Ubi Tiongkok Selain enak dimakan saat hangat, ubi juga berguna untuk mengobati batuk kering, pencernaan yang buruk, diabetes, hingga sengatan ular dan kalajengking. 4. Lemon Daun lemon memiliki bau mint yang khas. Manfaat daun lemon diantaranya adalah untuk mengobati gigitan nyamuk, luka dan herpes. [...]

Obat yang Berguna untuk Sembuhkan Pecandu Alkohol

Obat yang Berguna untuk Sembuhkan Pecandu Alkohol

Demi membantu para pecandu minuman keras menghentikan kebiasaannya, National Health Service (NHS) menawarkan sejenis obat sekali minum yang bermanfaat untuk mengekang rasa candu tersebut. Saat ini, obat dengan jenis Namefene sedang diuji di National Institute of Health and Care Excellence (Nice).Dengan adanya Namefene, produsen obat Lundbeck memprediksi, akan membawa keuntungan bagi 600.00 jiwa di seluruh Inggris dan Wales, yang merasa sulit untuk lepas dari kebiasaan buruk tersebut. Para ahli mengatakan, obat yang bermanfaat untuk membantu para pecandu mengurangi rasa candunya terhadap alkohol dengan mengendalikan mekanisme di dalam otak, bisa didapatkan bila mereka meminta resep pada dokter. Direktur Teknologi Kesehatan Evaluasi Centre Nice, Profesor Carole Longson, mengatakan bahwa kecanduan alkohol adalah masalah yang serius bagi hampir seluruh masyarakat di London dan Wales. "Mereka yang bisa diresepkan Nalmefene merupakan langkah awal bagi pecandu untuk berjuang melawan kecanduannya terhadap minuman keras, dengan mengunjungi dokter terlebih dulu, dan mengambil obat ini dalam program terapi yang sedang dijalaninya," kata Carole seperti dikutip Daily Mail, Kamis (10/7/2014) [...]

Jangan Sembarangan Minum Obat Campuran Herbal dan Kimia!

Jangan Sembarangan Minum Obat Campuran Herbal dan Kimia!

Demi mempercepat penyembuhan, tak jarang kita menggabungkan pemakaian obat entah dua-duanya obat berbahan kimia sintentik atau herbal, atau obat berbahan kimia sintetik digabung dengan obat herbal. Parahnya, tidak semua obat kimia sintetik cocok bila dikombinasi dengan obat herbal. Demikian disampaikan Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Arijanto Jonosewoyo, Sp. PD dalam acara 'The 1st Health Natural Wellnes Symposium' di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (5/4/2014) "Misalnya saja, ada orang beranggapan bahwa mengonsumsi statin bersamaan dengan obat herbal hasilnya lebih bagus. Tapi, penelitian tidak menyebutkan hal itu," ujar Arijanto menjelaskan. Arijanto mengatakan, penelitian menunjukan, konsumsi obat herbal secara bersamaan dengan statin menghasilkan efek yang buruk. "Justru hasilnya akan lebih baik, jika obat herbal tidak dikonsumsi secara bersamaan dengan statin," katanya menambahkan. Mengapa demikian? Karena, di dalam obat herbal, ada tanin yang mengikat zat aktif dari obat-obat statin tersebut, sehingga tidak akan bekerja maksimal. Maka itu, untuk menyiasatinya, Arijanto menganjurkan, konsumsi obat herbal di pagi hari d [...]

Dokter Makin Ragu Ganja Bisa Jadi Obat yang Aman

Dokter Makin Ragu Ganja Bisa Jadi Obat yang Aman

Setelah beberapa waktu sempat ada penelitian tentang manfaat ganja bagi penderita radang sendi (Artritis reumatoid), kini peneliti lain bersikeras menganggap bahwa ganja sama sekali tidak memiliki manfaat kesehatan. Seperti dikutip laman Everydayhealth, Jumat (7/3/2014) sejumlah ahli kini menyatakan tidak menyarankan penggunaan ganja bagi penderita nyeri artritis karena penelitian sebelumnya kurang terbukti kuat. Seperti disimpulkan oleh penulis studi Mary-Ann Fitzcharles, MD dan rekan, dalamkajian studi pengobatan ganja yang diterbitkan dalam Arthritis Care & Research. Peneliti juga menyebutkan tentang manfaat ganja yang belum bisa dibenarkan secara medis karena kurangnya data, ketersediaan terapi dan potensi bahaya seperti kecanduan. Sebelumnya, satu studi menemukan bahwa 80 persen pengguna ganja medis di klinik pengobatan sendi di AS menggunakan ganja untuk mengobati nyeri myofascial, nyeri yang memengaruhi otot dan jaringan. Begitu pula di Kanada, sekitar 65 persen mengatakan tenaga medis menggunakan ganja sebagai obat untuk arthritis parah. Hal inilah yang membuat pro dan kontra antara para ahli Arthritis dan pasien. Seorang rheumatologist (dokter ahli rematik) di Wash [...]

Bagaimana Menentukan Obat China yang Asli?

Bagaimana Menentukan Obat China yang Asli?

Pengguna obat tradisional Cina di Indonesia semakin banyak. Antara lain karena pemerintah harus tunduk pada era perdagangan bebas, sehingga para penggemar obat tradisional menjadi lebih mudah untuk mendapatkannya. Masalahnya, di mana membeli obat yang asli? Bagaimana cara mengetahui obat itu palsu atau tidak? Berikut ini beberapa saran sebagai panduan membeli obat China menurut doktor ilmu pengobatan China tradisional (Traditional Chinese Medicine) DR.dr. William Aditeja. - Pilih yang mencantumkan izin BPOM yang dicetak pada kemasannya - Periksa apakah nama/alamat perusahaan pengimpor tercantum jelas - Periksa apakah terdapat hologram nama perusahaan yang mengimpornya - Periksa apakah terdapat keterangan kandungan isi/komposisinya - Teliti indikasi dan kontraindikasinya (pantangan) - Jangan membeli yang tidak ada bahasa Indonesianya - Periksa apakah tercantum nomor telepon customer service dan konsultasi - Periksa apakah mencantumkan tanggal kedaluwarsanya - Bila kemasan dibuka, bau obat tradisional Cina berbeda dengan obat kimia sintetis (seperti jamu) - Bila kapsul dibuka, bubuk obat tradisional Cina lebih kasar - Bila kemasan dibuka, [...]

8 Makanan Pembersih Racun Tubuh

8 Makanan Pembersih Racun Tubuh

Program detoksifikasi yang sering disingkat detoks kini sedang jadi tren. Para selebriti dan ahli kesehatan sepertinya sedang ramai-ramai menyebarkan virus detoks. Detoks sendiri berfungsi membersihkan racun yang mengendap di dalam tubuh. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk detoks tubuh, namun belum tentu cocok dan sehat untuk tubuh sendiri. Anda tak perlu mengikuti program detoks yang macam-macam karena tubuh sendiri sudah mampu membersihkan tubuh. Namun, Anda bisa membantu kerja organ tubuh membersihkan tubuh lebih baik dengan 8 makanan terbaik berikut ini seperti dikutip dari laman fitnea (30/6). 1. AlpukatTak perlu merasa bersalah untuk menikmati buah yang satu ini meski kandungan lemak nabatinya tinggi. Alpukat mengandung antioksidan yang lengkap termasuk glutathione. Kandungan ini akan membantu mengelurakkan racun berbahaya dari tubuh. 2.CranberiCranberi sangat baik untuk mencegah infeksi saluran kemih juga menyingkirkan racun dalam tubuh. 3. KubisJangan meremehkan manfaat kubis. Kandungan belerang dalam kubis berperan mendorong keluar bahan kimia yang tidak dibutuhkan tubuh. Ada juga kandungan sulfur dalam kubis untuk membersihkan tubuh dari bahan pestisida yang [...]

Nutrisi dan Bahaya Es Krim Untuk Anak-anak

Nutrisi dan Bahaya Es Krim Untuk Anak-anak

Siapa yang tak mengenal jenis makanan yang satu ini. Makanan ini merupakan makanan yang pada dasarnya disukai diberbagai kalangan. Tidak mengenal waktu yang pas untuk mengonsumsinya. Selain rasanya yang sangat menggoda, jenis makanan ini juga juga memiliki berbagai macam varian rasa yang dibalut dengan desain yang sangat menarik dengan warna yang cukup menggiurkan. Ditambah lagi dengan harga yang ditawarkanpun memiliki berbagai macam. Ada yang memiliki kisaran harga yang cukup mahal hingga pada kisaran yang sangat murah dan terjangkau. Pada musim panas tentunya jumlah peminat makanan ini sangatlah banyak. Namun banyak kalangan masyarakat yang mengabaikan akan gizi yang terkandung didalamnya. Hal ini dikarenakan kemungkinan besar banyak masyarakat yang beranggapan bahwa makanan ini merupakan jenis makanan biasa yang tidak menimbulkan banyak resiko. Sebelum anda gemar terhadap jenis makanan yang satu ini, perlu anda ketahui jenis kandungan apa saja yang ada didalam jenis makanan ini dan apa efek yang ditimbulkan dari makanan ini terutama untuk anak-anak, dan tidak lupa kami akan membahas tentang tips tips membuat dan menyajikan eskrim yang sehat dan cantik. Es krim merupakan j [...]

Bikin Kondisioner Alami di Rumah, Yuk!

Bikin Kondisioner Alami di Rumah, Yuk!

Selain membuat rambut lembut, penggunaan kondisoner juga bertujuan untuk mempertahankan kelembaban rambut dan juga membantu menjaga rambut mengkilap dan berkilau. Untuk menggunakan kondisoner sebenarnya tidak perlu khawatir biaya yang mahal. Karena bahan-bahan mudah di kulkas bisa disulap menjadi kondisoner yang menyehatkan rambut. lebih jelasnya, cek pembuatan kondisioner alami berikut ini, seperti dikutip Healthmeup, Jumat (4/4/2014) Kondisioner Madu Bahan Madu 3 sdm Minyak kelapa 6 sdm Cara membuat Campur madu dan minyak kelapa, aduk. Setelah itu terapkan campuran tersebut pada rambut Anda. Tutup rambut dengan shower cap dan biarkan selama sekitar 30 menit. Bilas rambut. Kondisioner Telur Bahan 1 telur 2 sdm minyak zaitun 2 sdm madu Cara membuat Campur telur, minyak zaitun dan madu dan gunakan pada rambut Anda. Setelah itu, tutup rambut dengan shower cap dan biarkan selama sekitar 30 menit. Bilas rambut. Kondisioner Pisang Bahan 1 cangkir susu 1 pisang Minyak kelapa 1 sdt Cara membuat Campur pisang dan susu hingga lembut. Tambahkan minyak kelapa ke dalam campuran ini. Kemudian basahi rambut dengan air biasa dan menerapkan campuran ini pada rambut Anda. Setelah i [...]

Mengkudu dan Jahe Merah Bantu Atasi TBC

Mengkudu dan Jahe Merah Bantu Atasi TBC

Siapa sangka, buah yang baunya tidak mengenakkan ini kerap dibuang serta bikin gatal bermanfaat banyak, salah satuya membantu pengobatan tuberkulosis. Selain diberi obat antituberkulosis (OAT), pasien TB juga dapat diberi obat herbal kombinasi ekstrak mengkudu dan jahe merah sebagai obat komplementer. Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, dr. Muhammad Arifin Nawas, Sp.P(K), MARS bersama Fathiyah Isbaniah, Heidy Agusti, Priyanti Soepandi, dan Erlina Buhan dari Rumah Sakit Persahabatan membuktikan peran herbal terhadap penanganan TB ini. "Uji klinik acak, tersamar ganda pada pasien TB kasus baru yang mendapatkan kombinasi ekstraks mengkudu dan jahe merah sebagai ajuvan (obat pembantu) pada pengobatan TB cukup memberi hasil berarti. Meski begitu, ini bukan obat untuk menyembuhkan TB, hanya tambahan," kata Arifin di Jakarta, Rabu (19/3/2013). Menurut Arifin, gabungan antara buah mengkudu dan jahe merah memberikan efek sinergi antimikroba atau dapat membunuh kuman. "Pada saat dilakukan percobaan di laboratorium, kuman TB mati ketika diberi ekstrak buah mengkudu dan jahe merah ini," kata Arifin. Saat penelitian ini, para ilmuwan Indonesia mengikutsertakan 100 pasien yang diba [...]

Dahsyatnya Manfaat Sayur Wortel Untuk Kesehatan Tubuh

Dahsyatnya Manfaat Sayur Wortel Untuk Kesehatan Tubuh

Bagi pecinta sayuran, wortel murapakan salah satu sayuran yang cocok untuk anda. Selian warnanya yang memikatm buah ini juga memiliki kasiat yang sangat baik untuk tubuh anda. Buah yang memiliki warna terang ini juga memiliki kasiat populer sebagai penambah kesehatan mata dengan kandungan vitamin A nya. Buah ini sangat baik untuk masa pertumbuhan balita, namun jangan risau dengan balita yang tidak menyukai sayuran. Disini kita juga akan menambah tips cara pengolahan wortel secara lebih praktis dan dapat dinikmati dengan berbagai cara dimana hal ini akan membuat anda merasa tidak bosan dengan buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh :D Taukah anda jika buah ini memiliki banyak kasiat yang sangat diperlukan tubuh?,,ya sangat banyak salah satunya yaitu kasiat sayur wortel yang sangat populer yaitu vitamin A yang dapat membantu kesehatan mata. Vitamin A berasal dari warna orange yang mengandung beta-carotene yang kemudian berubah menjadi vitamin A. Selain itu juga mengandung serat, antioksidan dan mineral. Serat yang terdapat pada sayuran wortel ini berfungsi untuk membantu kesehatan pencernaan. Untuk anda yang memiliki masalahpencernaan sayur ini sangat cocok untuk anda [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *