Mengetahui Penyebab dan Cara Menangani Alergi Kulit

Mengetahui-Penyebab-dan-Cara-Menangani-Alergi-Kulit-Alodokter.jpg

Alergi kulit bisa diminimalisasi dengan menghindari faktor penyebabnya.

Seseorang yang memiliki kulit sensitif sangat mudah terkena alergi. Beberapa tanda yang bisa dikenali di antaranya kulit memerah, muncul ruam-ruam, gatal dan bengkak.

Dalam istilah kedokteran, alergi kulit disebut dermatitis kontak alergi. Alergi dapat dipicu oleh beberapa penyebab. Alergen adalah unsur asing yang secara keliru dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh sehingga jika terpapar bisa mengakibatkan reaksi alergi. Alergen hanya berdampak pada mereka dengan alergi.

Penyebab Alergi Kulit

Ada beberapa hal yang umumnya dapat memicu alergi kulit antara lain:

  • Produk kosmetik; misalnya perias wajah, losion, deodoran, sabun, sampo, serta pewarna rambut.
  • Produk pembersih; seperti pembersih lantai, sabun cuci, disinfektan dan sejenisnya.
  • Obat-obatan yang dioleskan pada kulit, seperti krim antigatal atau antibiotik.
  • Aksesoris yang terbuat dari logam, misalnya nikel atau emas.
  • Tanaman, dapat mencakup daun, batang, atau serbuk sari.
  • Lateks, yaitu bahan yang digunakan untuk sarung tangan karet, kondom dan balon.
  • Semprotan serangga.
  • Parfum.

Reaksi alergi tidak muncul ketika pertama kali tubuh bersentuhan dengan alergen. Pada paparan pertama, sistem kekebalan tubuh hanya akan mengingatnya kemudian membuat antibodi sebagai reaksi. Jika kulit terus terpapar oleh alergen selama sepuluh hari atau lebih, lama-kelamaan akan menjadi alergi kulit.

Jika sudah memiliki alergi, dalam hitungan menit saja penderita bisa langsung mengalami gejala alergi ketika bersentuhan dengan alergen. Namun, bisa juga gejala baru timbul 1-2 hari setelah terpapar alergen. Pada beberapa kasus, alergi dapat menimbulkan reaksi yang fatal atau anafilaksis.

Walau jarang terjadi, kita tetap perlu waspada terhadap alergi jenis anafilaksis. Selain kulit memerah, anafilaksis dapat menyebabkan kesulitan bernapas, kram perut, lemas secara tiba-tiba, bengkak pada tenggorokan dan mulut, dan kehilangan kesadaran. Jika tidak segera ditangani, anafilaksis dapat menyebabkan kematian.

Cara Menangani Alergi Kulit

Jika memiliki alergi kulit, cari tahu penyebabnya dan sebisa mungkin hindari bersentuhan dengan alergen. Selain itu, ada beberapa tips yang dapat meringankan risiko alergi kulit.

  • Gunakan losion calamine atau krim hidrokortison untuk mengurangi gatal.
  • Gunakan pakaian yang longgar dan lembut. Pakaian yang ketat dapat memperburuk ruam pada kulit. Anda juga dapat menggunakan pakaian yang sedikit basah. Rendam pakaian berbahan katun di air bersih, kemudian peras dan kenakan pakaian basah tersebut.
  • Mandilah dengan air dingin untuk mengurangi ruam pada kulit atau bisa juga menggunakan kompres air dingin. Setelah itu, keringkan kulit dengan handuk bersih kemudian gunakan pelembap. Air hangat dapat memperparah gejala alergi kulit.
  • Untuk mengetahui seseorang memiliki alergi terhadap benda atau makanan tertentu, perlu dilakukan tes. Tes ini dilakukan dengan memberikan paparan berbagai alergen dalam jumlah terbatas untuk melihat reaksi tubuh.

Tes alergi kulit biasanya dilakukan jika penderita mengalami kondisi medis khusus, seperti jika terdapat eksim. Kondisi lainnya adalah jika merasa gatal-gatal atau bengkak dan mengalami gejala asma yang tidak kunjung membaik walau telah mendapat pengobatan. Selain itu, tes juga bisa dilakukan jika kita memiliki riwayat alergi terhadap makanan, serbuk sari, penisilin atau racun binatang.

Jika Anda mengalami masalah kulit, sebaiknya periksakan ke dokter. Hindari menggaruk ruam gatal secara terus menerus karena bisa berujung pada infeksi kulit dan menghambat proses penyembuhan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
10 Alasan Kesehatan Konsumsi Tempe

10 Alasan Kesehatan Konsumsi Tempe

Sebagai orang Indonesia pasti Anda tak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Tempe merupakan salah satu jenis makanan yang paling sering kita temui di Indonesia. Coba Anda perhatikan, hampir di setiap rumah makan Indonesia Anda akan menemukan tempe. Mulai dari tempe goreng, orak-arik, bacem dan lain sebagainya. Bahkan saat ini tempe sudah mendunia dan di konsumsi oleh orang-orang di berbagai negara. Tempe merupakan makanan berbahan dasar kedelai yang kaya akan gizi. Sudah sejak lama tempe diketahui sebagai salah satu sumber protein. Karena prosesnya yang menggunakan fermentasi maka tempe juga mengandung probiotik yang baik bagi kesehatan saluran pencernaan. Dalam 100 gram tempe terkandung: protein 20,8 gram, lemak 8,8 g, serat 1,4 g, kalsium 155 mg, fosfor 326 mg, zat besi 4 mg, vitamin B1 0,19 mg, vitamin B2 0,11 mg, vitamin B6 0,22 mg, asam folat 52 �g, selenium 8,8 �g, zinc 1,81 mg, isoflavon 53 mg dan karoten 34 mg. Selain enak dan gurih, tempe ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain: Selain enak dan gurih, tempe ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, antara l [...]

Hentikan 10 Kebiasaan Buruk Ini Agar Selalu Sehat

Hentikan 10 Kebiasaan Buruk Ini Agar Selalu Sehat

Tanpa disadari, beberapa kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan justru membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Seperti melewatkan sarapan, atau terlalu sering menonton televisi. Sebelum Anda jatuh sakit, lebih baik hentikan kebiasaan buruk yang dikutip dari Health Me Up berikut, dan mulailah hidup lebih sehat.1. Melewatkan SarapanSarapan sangat penting untuk memulai hari. Namun karena aktivitas yang begitu padat, seringkali Anda justru melewatkannya. Padahal jika Anda melewatkan waktu sarapan, Anda akan cenderung untuk makan lebih banyak pada waktu lain dan ini dapat menyebabkan penambahan berat badan. Selain buruk untuk diet Anda, proses metabolisme pun akan terganggu. Untuk itu, selalu usahakan sarapan sebelum memulai aktivitas dengan menu protein, lemak, dan karbohidrat yang seimbang.2. BegadangMungkin Anda pernah begadang hingga larut malam untuk mengerjakan tugas atau kerjaan kantor yang belum selesai. Satu atau dua kali mungkin tidak apa-apa, tapi kalau sudah menjadi kebiasaan, itu akan merusak tubuh Anda. Jika Anda tidur kurang dari 6-8 jam tiap malamnya, imun dan metabolisme tubuh pun akan terganggu. Sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Untuk itu, tidur [...]

Keloid dan Pengobatannya

Keloid dan Pengobatannya

Keloid merupakan jaringan parut yang tumbuh berlebihan karena proses penyembuhan yang berlebihan dan tidak juga mengecil seiring perjalanan waktu. Keloid tumbuh melebihi garis luka pada kulit dan biasanya timbul setelah 3 bulan bahkan sampai tahunan setelah terbentuknya luka. Biasanya keloid tumbuh di daerah lengan atas, dada, punggung, cuping telinga, pipi dan anggota gerak. Kita dapat mengidentifikasi keloid dengan memperhatikan adanya jaringan yang menimbul, keras, tidak beraturan, berbatas tegas dan biasanya berwarna coklat dan keputihan pada daerah bekas luka. Terkadang keloid tersebut dapat terasa gatal dan nyeri. Biasanya keloid ini sering ditemui pada mereka yang berusia kurang dari 30 tahun, berkulit gelap, dan memiliki riwayat luka pada kulit (misal: tindik telinga, tato, luka jatuh, bekas vaksin, bekas cacar, dll). Mereka yang memiliki anggota keluarga yang mudah mengalami keloid memiliki kecenderungan lebih besar untuk mengalami keloid pada bekas lukanya. Lalu, bagaimana cara mencegah munculnya keloid? Keloid dan Pengobatannya Pencegahan Keloid Jika seseorang memiliki bakat untuk mengalami keloid, hal ini dapat diantisipasi dengan perawatan luka [...]

8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Mulut dan Tenggorokan

8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Mulut dan Tenggorokan

Penyakit infeksi bisa ditularkan lewat beberapa cara, seperti melalui udara, ludah, kulit, darah, kontak seksual, makanan, atau benda yang terkontaminasi bakteri. Cara penularan paling sering adalah melalui udara, misalnya saat seseorang batuk atau bersin. Droplet (partikel air kecil) tersebut membawa mikroorganisme yang dapat dihirup langsung oleh orang lain. Beberapa infeksi juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan ludah. Berikut ini adalah delapan penyakit yang dapat ditularkan melalui mulut dan tenggorokan: Selesma Gejala selesma biasanya diawali dengan sakit tenggorokan diikuti pilek, hidung tersumbat, dan batuk. Demam biasanya muncul pada anak-anak, namun jarang terjadi pada orang dewasa. Ada ratusan jenis virus yang bisa menyebabkan selesma, namun umumnya tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Influenza Berbeda dengan selesma, gejala flu biasanya lebih berat dan berupa sakit tenggorokan, demam tinggi, pegal-pegal di seluruh badan, batuk, dan pilek. Sebagian besar virus influenza akan hilang dalam 5-7 hari, tetapi ada beberapa jenis virus influenza yang berbahaya dan telah menimbulkan pandemik seperti virus H1N1 (flu babi). Ber [...]

Wanita Lebih Gampang Kena Infeksi Saluran Kemih

Wanita Lebih Gampang Kena Infeksi Saluran Kemih

Oleh: dr. Adithia Kwee Infeksi saluran kemih adalah penyakit yang memiliki angka kejadian yang tinggi, terutama bagi mereka yang wanita. Apa yang menyebabkan wanita lebih sering terpapar? Saluran kencing wanita memiliki ukuran lebih pendek (sekitar 4 cm) dibandingkan dengan saluran kencing pria, yakni sekitar 12 cm. Hal inilah yang menjadi penyebab utama. Dengan memiliki saluran kencing yang lebih pendek, bakteri E.coli, agen infeksius yang paling sering menjadi penyebab infeksi saluran kemih lebih mudah memanjat ke dalam saluran kemih yang pendek. Pencegahan Pada prinsipnya langkah-langkah menjaga kebersihan vagina adalah kunci yang utama. Namun dewasa ini infeksi saluran kemih dapat dicegah melalui pemilihan menu makanan. Salah satu makanan yang dapat mencegah infeksi saluran kemih yang populer saat ini adalah buah cranberry. Sekalipun belum begitu populer di Indonesia, peminatnya sudah banyak. Dimakan langsung atau dijus, begitulah cara kebanyakan orang menikmati buah cranberry. Buah kecil ini selain nikmat dimakan, juga memiliki khasiat menguntungkan bagi kesehatan kita. Ya, buah cranberry dapat mencegah dan meringankan gejala dari infeksi saluran kemih. Bagaimana buah mungil [...]

Studi: Makan Banyak Sayur dan Buah Tiap Hari Buat Anda Lebih Panjang Umur

Studi: Makan Banyak Sayur dan Buah Tiap Hari Buat Anda Lebih Panjang Umur

Ingin hidup lebih lama? Maka konsumsilah banyak sayur dan buah setiap hari. Studi terbaru menemukan, orang yang makan tujuh sajian sayur dan buah dalam sehari, risiko kematiannya bisa berkurang hingga 42 persen. Antara sayur dan buah, ternyata sayuran yang lebih penting dikonsumsi untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh.Seperti dikutip dari CNN, para peneliti di Inggris menganalisa data lebih dari 65 ribu orang dewasa yang berusia 35 tahun ke atas. Mereka sebelumnya menjadi partisipan dalam Health Surveys for England (HSE) untuk sebuah studi yang dilakukan antara tahun 2001 dan 2008. Peneliti HSE menanyakan kepada partisipan bagaimana konsumsi sayur dan buah mereka selama 24 jam. Kecukupan porsi sayur dan buah yang disarankan Department of Health di Inggris, diperkirakan antara 80 gram per sajian. Hasilnya diketahui bahwa rata-rata partisipan mengonsumsi 3,8 sajian buah dan sayur per hari. Wanita yang berusia lebih dewasa dan tidak merokok cenderung makan makanan sehat ini lebih banyak dibandingkan kelompok partisipan lainnya. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak sayur dan buah memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah. Dari temuan tersebut [...]

Punya Misi, Wanita Ini Ikut Maraton Tanpa Pakai Pembalut Walau Sedang Haid

Punya Misi, Wanita Ini Ikut Maraton Tanpa Pakai Pembalut Walau Sedang Haid

Kiran Gandhi, musisi wanita yang dikenal sebagai drummer untuk penyanyi M.I.A., mengikuti lomba Maraton di London tanpa memakai pembalut ataupun tampon, meskipun saat itu dia sedang datang bulan. Hal itu dilakukannya untuk suatu misi. Apa misi Kiran?"Aku lari sepanjang maraton dengan membiarkan darah haidku mengalir ke kakiku," demikian ungkap Kiran dalam website miliknya seperti dikutip People.Wanita 26 tahun itu memutuskan untuk mengikuti maraton tanpa mengenakan pembalut setelah malam sebelum lomba dia mendapatkan haid. Dia pun merasa menggunakan tampon akan membuatnya semakin tidak nyaman untuk berlari. Namun alasannya bukan karena hal itu saja.Kiran pun menjelaskan tujuan dari aksinya yang bagi sebagian orang mungkin menjijikkan itu. Dia melakukan hal tersebut untuk menyadarkan para wanita lainnya bahwa masih banyak sesama wanita di belahan bumi yang tidak memiliki akses atau biaya untuk membeli produk kewanitaan seperti pembalut. Sehingga menurut wanita lulusan Harvard Business School itu, wanita tidak perlu merasa malu dengan masa datang bulan yang didapatnya."Ada yang wanita sengaja merahasiakan masa haidnya, meskipun mereka merasakan kesakitan. Aku berlari untuk menyuar [...]

Efek Samping Pemberian Vaksin Tidak Menyebabkan Autisme

Efek Samping Pemberian Vaksin Tidak Menyebabkan Autisme

Sebanyak 10% orangtua akan melewati atau mengundur-undur vaksin rutin untuk anak, karena ketakutan akibat anaknya yang mendapat terlalu banyak vaksin dalam waktu yang sangat dekat. Studi terbaru menemukan bahwa anak yang mendapatkan vaksin sesuai dengan jadwal penuh tidak ada hubungannya dengan resiko autisme. Geraldine Dawson, chief science officer Talk of autism, mengatakan bahwa studi baru ini merupakan hal yang sangat penting dalam dunia medis dan hal yang dapat menghapus kekhawatiran orangtua hampir satu dunia. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Pediatrics, merupakan studi terbaru dari hampir 20 studi terdahulu yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara jumlah vaksin yang diterima oleh anak pada masa kecil, atau jumlah vaksin yang anak dapat dalam satu hari dengan autisme. Studi ini juga merupakan studi pertama yang dapat meluruskan ketakutan banyak orang mengenai pemberian vaksin multipel yang katanya dapat menstimulasi sistem imun anak yang berlebihan sehingga ditakutkan dapat menimbulkan masalah jangka panjang. Sejarahnya 20 tahun yang lalu, anak dijadwalkan untuk vaksin terhadap 9 penyakit namun saat ini tercatat ada 14 penyakit yang dapat dicegah dengan v [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *