Mengetahui Penyebab dan Cara Menangani Alergi Kulit

Mengetahui-Penyebab-dan-Cara-Menangani-Alergi-Kulit-Alodokter.jpg

Alergi kulit bisa diminimalisasi dengan menghindari faktor penyebabnya.

Seseorang yang memiliki kulit sensitif sangat mudah terkena alergi. Beberapa tanda yang bisa dikenali di antaranya kulit memerah, muncul ruam-ruam, gatal dan bengkak.

Dalam istilah kedokteran, alergi kulit disebut dermatitis kontak alergi. Alergi dapat dipicu oleh beberapa penyebab. Alergen adalah unsur asing yang secara keliru dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh sehingga jika terpapar bisa mengakibatkan reaksi alergi. Alergen hanya berdampak pada mereka dengan alergi.

Penyebab Alergi Kulit

Ada beberapa hal yang umumnya dapat memicu alergi kulit antara lain:

  • Produk kosmetik; misalnya perias wajah, losion, deodoran, sabun, sampo, serta pewarna rambut.
  • Produk pembersih; seperti pembersih lantai, sabun cuci, disinfektan dan sejenisnya.
  • Obat-obatan yang dioleskan pada kulit, seperti krim antigatal atau antibiotik.
  • Aksesoris yang terbuat dari logam, misalnya nikel atau emas.
  • Tanaman, dapat mencakup daun, batang, atau serbuk sari.
  • Lateks, yaitu bahan yang digunakan untuk sarung tangan karet, kondom dan balon.
  • Semprotan serangga.
  • Parfum.

Reaksi alergi tidak muncul ketika pertama kali tubuh bersentuhan dengan alergen. Pada paparan pertama, sistem kekebalan tubuh hanya akan mengingatnya kemudian membuat antibodi sebagai reaksi. Jika kulit terus terpapar oleh alergen selama sepuluh hari atau lebih, lama-kelamaan akan menjadi alergi kulit.

Jika sudah memiliki alergi, dalam hitungan menit saja penderita bisa langsung mengalami gejala alergi ketika bersentuhan dengan alergen. Namun, bisa juga gejala baru timbul 1-2 hari setelah terpapar alergen. Pada beberapa kasus, alergi dapat menimbulkan reaksi yang fatal atau anafilaksis.

Walau jarang terjadi, kita tetap perlu waspada terhadap alergi jenis anafilaksis. Selain kulit memerah, anafilaksis dapat menyebabkan kesulitan bernapas, kram perut, lemas secara tiba-tiba, bengkak pada tenggorokan dan mulut, dan kehilangan kesadaran. Jika tidak segera ditangani, anafilaksis dapat menyebabkan kematian.

Cara Menangani Alergi Kulit

Jika memiliki alergi kulit, cari tahu penyebabnya dan sebisa mungkin hindari bersentuhan dengan alergen. Selain itu, ada beberapa tips yang dapat meringankan risiko alergi kulit.

  • Gunakan losion calamine atau krim hidrokortison untuk mengurangi gatal.
  • Gunakan pakaian yang longgar dan lembut. Pakaian yang ketat dapat memperburuk ruam pada kulit. Anda juga dapat menggunakan pakaian yang sedikit basah. Rendam pakaian berbahan katun di air bersih, kemudian peras dan kenakan pakaian basah tersebut.
  • Mandilah dengan air dingin untuk mengurangi ruam pada kulit atau bisa juga menggunakan kompres air dingin. Setelah itu, keringkan kulit dengan handuk bersih kemudian gunakan pelembap. Air hangat dapat memperparah gejala alergi kulit.
  • Untuk mengetahui seseorang memiliki alergi terhadap benda atau makanan tertentu, perlu dilakukan tes. Tes ini dilakukan dengan memberikan paparan berbagai alergen dalam jumlah terbatas untuk melihat reaksi tubuh.

Tes alergi kulit biasanya dilakukan jika penderita mengalami kondisi medis khusus, seperti jika terdapat eksim. Kondisi lainnya adalah jika merasa gatal-gatal atau bengkak dan mengalami gejala asma yang tidak kunjung membaik walau telah mendapat pengobatan. Selain itu, tes juga bisa dilakukan jika kita memiliki riwayat alergi terhadap makanan, serbuk sari, penisilin atau racun binatang.

Jika Anda mengalami masalah kulit, sebaiknya periksakan ke dokter. Hindari menggaruk ruam gatal secara terus menerus karena bisa berujung pada infeksi kulit dan menghambat proses penyembuhan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mencegah Kehamilan dengan Vasektomi

Mencegah Kehamilan dengan Vasektomi

Seorang wanita dapat hamil jika sperma dari pria membuahi salah satu sel telurnya. Kontrasepsi, jenis apapun, bertujuan untuk mencegah terjadinya hal ini. Salah satu bentuk dari kontrasepsi untuk pria adalah vasektomi atau prosedur sterilisasi pria. Jadi pada prinsipnya vasektomi dilakukan oleh pria. Dimana dari langkah vasektomi diharapkan air mani yang keluar ketika ejakulasi tidak lagi mengandung sperma. Dengan demikian hasil dari hubungan seksual kecil kemungkinannya untuk terjadi kehamilan. Meskipun hubungan seksual dilakukan tanpa kondom dan ejakulasi terjadi di dalam liang vagina. Ingin tahu lebih jauh mengenai vasektomi? Berikut adalah penjelasan proseduralnya: Apa itu Vasektomi? Vasektomi merupakan suatu prosedur medis yang bertujuan untuk memberhentikan sperma masuk ke dalam cairan mani. Sehingga sewaktu seorang pria ejakulasi, cairan mani nya tidak mengandung sperma dan sel telur wanita tidak dapat dibuahi. Bagaimana Prosedur Vasektomi? Vasektomi merupakan prosedur pembedahan minor di bawah anestesi lokal dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Tuba atau saluran yang membawa sperma dari testis ke penis dipotong, diblok ataupun diikat. Biasany [...]

Berbagai Macam Teknik Pijat yang Menyehatkan Tubuh

Berbagai Macam Teknik Pijat yang Menyehatkan Tubuh

Setelah berjibaku dengan pekerjaan, bepergian ke luar negeri dalam waktu lama atau stres karena banyak urusan yang harus diselesaikan, apa yang bisa lebih merelaks-kan tubuh dan pikiran selain pijatan? Pijat merupakan cara tradisional yang efektif untuk menghilangkan rasa lelah, tegang bahkan bisa jadi terapi pengobatan. Beda teknik pijat, beda pula khasiatnya. Ketahui enam teknik pijat paling populer ini dan manfaatnya, seperti dilansir Health Me Up.1. Swedish Massage TherapyMerupakan teknik pijat yang paling umum, dan biasanya bermanfaat membuat seluruh tubuh terasa relaks. Pijatan dilakukan secara perlahan, lembut dan panjang dengan gerakan tangan menekan, meremas dan memutar. Tekanan biasanya mengikuti arah aliran darah menuju jantung. Pijatan ini sangat lembut dan melemaskan otot, cocok bagi Anda yang baru pertama kali mencoba terapi pijat.2. Aromatherapy MassageJenis pijat ini biasanya tersedia di klinik kesehatan atau kecantikan holistik. Aromatherapy massage merupakan terapi pijat yang menggunakan minyak esensial dari tanaman beraroma harum. Setiap jenis minyak esensial memiliki manfaat yang berbeda sesuai yang dibutuhkan. Manfaat pijat aromatherapy biasanya menyeluruh d [...]

Tips P3K di Rumah

Tips P3K di Rumah

Ketika Anda ataupun orang-orang terkasih Anda mengalami suatu keadaan yang berpotensi mengancam jiwa, tentu Anda tahu bahwa yang perlu Anda lakukan adalah mencari bantuan medis. Kita tidak pernah tahu atau memprediksi kapan kita akan membutuhkan bantuan darurat. Sehingga ada baiknya jika nomor telefon atau kontak ambulans ataupun rumah sakit terdekat selalu tertera di dekat telepon, kulkas, ataupun tempat yang mudah dijangkau. Namun satu hal yang pasti dalam kegawatdaruratan, jika Anda menemukan seseorang tergeletak, prioritaskan dahulu hal-hal berikut ini: Apakah orang tersebut bernafas atau tidak? Apakah terdapat luka-luka? Apakah orang tersebut pernah mengalami trauma (benturan) ataupun kondisi kronis? Sementara Anda menunggu bantuan medis, yang perlu Anda lakukan adalah: Tips P3K di Rumah Ketika Anda ataupun orang-orang terkasih Anda mengalami suatu keadaan yang berpotensi mengancam jiwa, tentu Anda tahu bahwa yang perlu Anda lakukan adalah mencari bantuan medis. Kita tidak pernah tahu atau memprediksi kapan kita akan membutuhkan bantuan darurat. Sehingga ada baiknya jika nomor telefon atau kontak ambulans ataupun rumah sakit terdekat selalu terter [...]

Ini 7 Benda yang Penuh Kuman di Tempat Umum

Ini 7 Benda yang Penuh Kuman di Tempat Umum

Benda-benda di tempat umum yang terlihat bersih, ternyata bisa menyimpan jutaan kuman dan bakteri berbahaya. Bahkan, yang biasa kita pegang sekalipun seperti daftar menu atau tempat sabun. Dikutip dari Care2, berikut ini 7 benda yang menjadi tempat paling favorit bagi kuman untuk bersarang.1. Daftar Menu di RestoranSaat di restoran, tentunya pengunjung harus melihat menu sebelum memesan makanan. Masalahnya, daftar menu di restoran ternyata menyimpan banyak kuman. Sebuah penelitian yang dirilis Journal of Medical Virology, virus-virus penyebar flu dan demam bisa menempel di permukaan yang keras selama 18 jam. Bayangkan saja, jika di sebuah restoran ada ratusan pengunjung setiap harinya. Kita tidak tahu apakah mereka sedang dalam kondisi sehat atau tidak. Secara tidak sadar, pengunjung yang terserang flu mungkin saja telah menularkan penyakit pada Anda lewat daftar menu yang dipegangnya. Untuk mencegah penyebaran penyakit, jaga jangan sampai daftar menu menyentuh piring atau sendok-garpu; cuci tangan setelah memesan atau pakai gel antiseptik.2. Irisan LemonIrisan lemon atau buah lainnya sering ditambahkan di pinggiran gelas agar minuman terlihat cantik. Tapi hiasan cantik ini tern [...]

Agar Tetap Nyaman Meski Hamil

Agar Tetap Nyaman Meski Hamil

Kehamilan merupakan sebuah berkat tak ternilai dalam suatu keluarga. Namun dalam proses kehamilan tersebut, terkadang Ibu harus merasakan ketidaknyamanan yang seringkali tidak ringan. Salah satu ketidaknyamanan yang cukup populer di kalangan Ibu hamil adalah morning sickness, heart burn dan konstipasi. Pada awal kehamilan, terutama 3 bulan pertama kehamilan, banyak Ibu hamil mengeluhkan rasa mual dan muntah pada pagi hari. Untuk mengatasi hal tersebut, Ibu dapat melakukan beberapa hal yang dapat meringankan keluhan ini, yaitu: Mengonsumsi sarapan biskuit, roti panggang atau sereal tanpa susu. Mempraktekkan pola makan yang sering namun dengan porsi sedikit. Menghindari makanan yang beraroma kuat. Membatasi konsumsi makanan pedas, terlalu berlemak dan digoreng. Minum cairan segar di antara konsumsi makanan. Mengudap makanan ringan sebelum tidur. Tidur di ruangan dengan ventilasi yang baik. Ketika kehamilan semakin bertambah besar, Ibu juga kerapkali mengalami keluhan pada saluran pencernaannya. Karena desakan janin yang semakin membesar, seringkali Ibu merasakan keluhan rasa seperti terbakar di sekitar daerah perut dan dada. Hal ini diakibatkan karena asam lambung yang [...]

Hobi Makan Gorengan, Hati-hati Bisa Kena Serangan Jantung

Hobi Makan Gorengan, Hati-hati Bisa Kena Serangan Jantung

Punya hobi makan gorengan setiap hari? Sebaiknya segera hentikan kebiasaan itu. Bahaya makan gorengan setiap hari bisa sangat serius bahkan berisiko kematian.Dalam penelitian terbaru, orang yang makan terlalu banyak makanan gorengan ditambah dengan minuman bergula, 56 persen berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung ketimbang orang yang sehari-harinya makan sehat. Hal itu diungkapkan para peneliti di Amerika Serikat.Penemuan ini didapat setelah peneliti melakukan studi terhadap lebih dari 17 ribu responden selama enam tahun. Responden merupakan pria dan wanita berusia di atas 45 tahun yang tidak memiliki riwayat penyakit jantung di awal-awal periode penelitian.Penelitian tersebut dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan mewawancara responden setiap enam bulan sekali. Para responden diwawancara melalui telepon dengan menanyakan kesehatan mereka secara umum dan apakah pernah pergi ke rumah sakit selama periode enam tahun tersebut.Baca Juga: 50 Inspirasi Gaya Hijab Selebgram Namun setelah penelitian selesai, didapati responden yang mengonsumsi gorengan, telur, daging olahan pabrik (bacon, ham) dan minuman bergula risikonya paling tinggi terkena serangan jantung. Tak [...]

4 Tipe Bau dari Badan yang Sering Muncul

4 Tipe Bau dari Badan yang Sering Muncul

Apabila Anda mendengar kata ?Bau Badan?, apakah yang akan Anda pikirkan? Umumnya banyak orang akan menghubungkan bau badan dengan bau yang ada di lipatan ketiak. Tahukah Anda terdapat banyak tipe bau badan yang lain. Apa saja jenis bau badan yang lain? Sedikitnya terdapat 4 jenis bau badan yang datangnya dari tubuh manusia, diantaranya adalah: 1. Bau mulut (Halitosis) 2. Bau badan karena keringat berlebihan (hiperhidrosis) 3. Bau kentut (flatus) 4. Bau badan karena masa puber. Halaman berikut penjelasan selengkapnya dari masing-masing poin diatas dan bagaimana cara mengatasinya: 1. Halithosis atau Bau Mulut Halithosis adalah jenis bau badan yang paling umum ditemui. Hal ini dapat terjadi ketika banyak bakteri yang tumbuh di dalam mulut Anda. Bakteri dapat tumbuh pada lidah atau sela-sela gigi. Hal ini dapat menyebabkan bau nafas yang tidak sedap. Hal lain yang juga dapat menyebabkan bau napas yang tidak sedap adalah lubang pada gigi. Gigi yang berlubang dapat menjadi sarang kuman yang memproduksi bau yang tidak sedap. Ada beberapa kiat untuk atasi bau mulut yang membandel, Anda dapat baca selengkapnya oleh drg. Martha Mozartha disini, Cara Mengatasi Bau Mulut [...]

Minuman Sehat Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Minuman Sehat Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Mengonsumsi minuman sehat dapat membantu Anda yang sedang menjalankan program diet, karena dapat membantu mengurangi asupan kalori dalam tubuh dan membantu memperbaiki metabolisme tubuh. Minuman ringan di dalam kemasan, minuman cepat saji di dalam sachet, dan produk-produk minuman berenergi sudah menjadi konsumsi sehari-hari yang disukai semua lapisan masyarakat.Tapi ketahuilah bahwa kelompok minuman tersebut umumnya kurang cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet karena kebanyakan mengandung gula dalam jumlah tinggi.Maka dari itu, label nutrisi pada minuman kemasan semacam itu perlu selalu diperhatikan untuk mengetahui kandungan minuman tersebut. Air Putih, Minuman yang Menyehatkan Sebagai permulaan, air putih dianggap sebagai minuman alami yang ideal. Salah satu kelebihannya adalah tidak mengandung gula, sehingga mengurangi risiko berat badan bertambah. Kelebihan lain adalah tidak berdampak kepada kerusakan gigi. Selain tidak mengandung kalori yang berisiko menyebabkan kegemukan, air putih justru membantu proses pencernaan sebagai faktor pendukung program diet mengurangi berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan adanya penambahan konsumsi air sebanyak 1,5 [...]

Makanan yang Perlu Dikonsumsi untuk Mengatasi Sembelit Ringan

Makanan yang Perlu Dikonsumsi untuk Mengatasi Sembelit Ringan

Sembelit atau konstipasi merupakan gangguan pencernaan yang membuat perut terasa tidak nyaman karena sulitnya buang air besar. Penyebab utama terjadinya sembelit adalah pola makan yang tidak sehat dan minim serat.Seperti diketahui, serat bermanfaat melancarkan sistem pencernaan dengan menstimulasi kontraksi pada usus untuk membantu makanan lebih cepat dicerna dan 'ampas' nya dikeluarkan secara rutin. "Jika Anda makan banyak serat, seperti sereal gandum utuh, Anda akan meningkatkan kecepatan gerakan usus dan membuat makanan lebih mudah melewati sistem pencernaan," jelas Professor Terry Bolin, seorang spesialis kesehatan pencernaan di University of NSW, seperti dikutip dari ABC Australia.Namun pada orang dengan kondisi slow-transit constipation (kondisi genetik akibat sistem pencernaan yang bekerja lambat, sehingga sisa-sisa makanan dari pencernaan yang seharusnya dikeluarkan dari tubuh juga melambat) yang sudah akut, perlu berkonsultasi dengan dokter tentang cara yang benar untuk mengatasinya agar buang air besar lebih lancar. Sebab, bagi orang yang mengalami slow-transit constipation, banyak makan sayur justru berpotensi membuat perut lebih kembung karena akan lebih banyak gas y [...]

Remaja Depresi Cenderung Dengarkan Musik

Remaja Depresi Cenderung Dengarkan Musik

Tahukah Anda bahwa sering mendengarkan musik memiliki hubungan dengan depresi? Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang depresi lebih senang mendengarkan musik ketimbang mengerjakan kegiatan lain.Seperti yang dikutip dari discovery, peneliti menganggap bahwa kebiasaan mendengarkan musik lebih sering dilakukan oleh remaja. Dalam sebuah penelitian yang diprakarsai oleh Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine, para peneliti menemukan adanya hubungan antara gangguan depresi utama atau biasa disebut depresi klinis dengan kebiasaan mendengarkan musik pada 106 remaja.Penelitian ini dilakukan dnegan cara menelpon 46 remaja yang didiagnosis menderita depresi dan sedang dalam pengobatan. Dengan menjawab secara langsung, para remaja tersebut melaporkan kegiatan apa yang sedang mereka lakukan, apakah sedang menggunakan internet, menonton TV atau film, mendengarkan musik, bermain video games atau membaca buku.Hasilnya, para peneliti menemukan adanya hubungan antara mendengarkan musik dengan depresi. Orang yang cenderung mengalami depresi lebih senang mendengarkan musik ketimbang mengerjakan kegiatan lain.Alasan mengapa remaja lebih senang mendengarkan musik saat depresi mungkin bel [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *