Mengetahui Penyebab dan Cara Menangani Alergi Kulit

Mengetahui-Penyebab-dan-Cara-Menangani-Alergi-Kulit-Alodokter.jpg

Alergi kulit bisa diminimalisasi dengan menghindari faktor penyebabnya.

Seseorang yang memiliki kulit sensitif sangat mudah terkena alergi. Beberapa tanda yang bisa dikenali di antaranya kulit memerah, muncul ruam-ruam, gatal dan bengkak.

Dalam istilah kedokteran, alergi kulit disebut dermatitis kontak alergi. Alergi dapat dipicu oleh beberapa penyebab. Alergen adalah unsur asing yang secara keliru dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh sehingga jika terpapar bisa mengakibatkan reaksi alergi. Alergen hanya berdampak pada mereka dengan alergi.

Penyebab Alergi Kulit

Ada beberapa hal yang umumnya dapat memicu alergi kulit antara lain:

  • Produk kosmetik; misalnya perias wajah, losion, deodoran, sabun, sampo, serta pewarna rambut.
  • Produk pembersih; seperti pembersih lantai, sabun cuci, disinfektan dan sejenisnya.
  • Obat-obatan yang dioleskan pada kulit, seperti krim antigatal atau antibiotik.
  • Aksesoris yang terbuat dari logam, misalnya nikel atau emas.
  • Tanaman, dapat mencakup daun, batang, atau serbuk sari.
  • Lateks, yaitu bahan yang digunakan untuk sarung tangan karet, kondom dan balon.
  • Semprotan serangga.
  • Parfum.

Reaksi alergi tidak muncul ketika pertama kali tubuh bersentuhan dengan alergen. Pada paparan pertama, sistem kekebalan tubuh hanya akan mengingatnya kemudian membuat antibodi sebagai reaksi. Jika kulit terus terpapar oleh alergen selama sepuluh hari atau lebih, lama-kelamaan akan menjadi alergi kulit.

Jika sudah memiliki alergi, dalam hitungan menit saja penderita bisa langsung mengalami gejala alergi ketika bersentuhan dengan alergen. Namun, bisa juga gejala baru timbul 1-2 hari setelah terpapar alergen. Pada beberapa kasus, alergi dapat menimbulkan reaksi yang fatal atau anafilaksis.

Walau jarang terjadi, kita tetap perlu waspada terhadap alergi jenis anafilaksis. Selain kulit memerah, anafilaksis dapat menyebabkan kesulitan bernapas, kram perut, lemas secara tiba-tiba, bengkak pada tenggorokan dan mulut, dan kehilangan kesadaran. Jika tidak segera ditangani, anafilaksis dapat menyebabkan kematian.

Cara Menangani Alergi Kulit

Jika memiliki alergi kulit, cari tahu penyebabnya dan sebisa mungkin hindari bersentuhan dengan alergen. Selain itu, ada beberapa tips yang dapat meringankan risiko alergi kulit.

  • Gunakan losion calamine atau krim hidrokortison untuk mengurangi gatal.
  • Gunakan pakaian yang longgar dan lembut. Pakaian yang ketat dapat memperburuk ruam pada kulit. Anda juga dapat menggunakan pakaian yang sedikit basah. Rendam pakaian berbahan katun di air bersih, kemudian peras dan kenakan pakaian basah tersebut.
  • Mandilah dengan air dingin untuk mengurangi ruam pada kulit atau bisa juga menggunakan kompres air dingin. Setelah itu, keringkan kulit dengan handuk bersih kemudian gunakan pelembap. Air hangat dapat memperparah gejala alergi kulit.
  • Untuk mengetahui seseorang memiliki alergi terhadap benda atau makanan tertentu, perlu dilakukan tes. Tes ini dilakukan dengan memberikan paparan berbagai alergen dalam jumlah terbatas untuk melihat reaksi tubuh.

Tes alergi kulit biasanya dilakukan jika penderita mengalami kondisi medis khusus, seperti jika terdapat eksim. Kondisi lainnya adalah jika merasa gatal-gatal atau bengkak dan mengalami gejala asma yang tidak kunjung membaik walau telah mendapat pengobatan. Selain itu, tes juga bisa dilakukan jika kita memiliki riwayat alergi terhadap makanan, serbuk sari, penisilin atau racun binatang.

Jika Anda mengalami masalah kulit, sebaiknya periksakan ke dokter. Hindari menggaruk ruam gatal secara terus menerus karena bisa berujung pada infeksi kulit dan menghambat proses penyembuhan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Khasiat Madu

5 Khasiat Madu

Oleh: dr. Jessica Florencia Madu merupakan bahan makanan yang akrab di telinga kita. Pemanis alami ini termasuk makanan yang tinggi karbohidrat seperti fruktosa, glukosa dan oligosakarida lainnya. Meskipun demikian di dalamnya juga terdapat protein, mineral, vitamin, enzim dan antioksidan yang melimpah. Madu alami telah diteliti ternyata dapat memberikan efek kesehatan yang baik bagi manusia. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut: 1. Meredakan batuk pada infeksi saluran pernapasan Anda atau anak Anda terus menerus batuk hingga sulit tidur? Madu telah diteliti ternyata dapat membantu meringankan gejala batuk pada anak dan dewasa sehingga lebih dapat tidur pada malam hari. Namun, bayi di bawah 1 tahun tidak boleh diberikan madu karena terdapat risiko terjadinya gangguan kesehatan karena toksin botulinum yang mungkin terdapat dalam madu. 2. Menurunkan kadar lemak dalam darah Penelitian yang dilakukan oleh Islamic Establishment for Education di Dubai menunjukkan bahwa konsumsi madu alami dapat menurunkan kadar lemak dalam darah. Setelah konsumsi 75gr madu alami dalam 250mL air selama 15 hari ditemukan bahwa kadar kolesterol total, kolesterol jahat dan trigliserida menurun. Kenaika [...]

Ini Akibatnya Jika Anda Malas Minum Air Putih

Ini Akibatnya Jika Anda Malas Minum Air Putih

Tidak sedikit orang yang malas minum air putih terutama di ruangan atau daerah dingin karena merasa tidak haus. Sebaiknya jangan turuti perasaan malas minum air putih karena tubuh yang akan menanggung akibatnya.Air adalah komponen terbesar di dalam tubuh manusia. Kandungannya bervariasi sesuai usia. Kandungan air pada bayi 80 persen, orang dewasa sebesar 60 persen dan pada usia lanjut atau di atas 65 tahun sebesar 50 persen.Air juga merupakan zat gizi penting bagi kesehatan tubuh karena berperan sebagai pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh serta penyedia mineral dan elektrolit. Banyaknya air yang dibutuhkan seseorang berbeda-beda tergantung pada ukuran tubuh orang tersebut dan apa yang dianggap sesuai untuk tubuhnya.Meski kebutuhan air tiap orang berbeda menurut Profesor Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS, usahakan tubuh untuk mendapatkan pasokan air 6-8 gelas per hari (1,5-2 liter) untuk orang dewasa. Berikut akibat jika malas minum air putih seperti dilansir American College of Sports Medicine:1. Ketika pasokan air minim tubuh akan mengalami kekurangan air atau dehidrasi. Dehidrasi ini menyebabk [...]

3 Trik Unik Membuat Tubuh Cepat Mengantuk dan Tidur Nyenyak Secara Alami

3 Trik Unik Membuat Tubuh Cepat Mengantuk dan Tidur Nyenyak Secara Alami

Susu panas, teh chamomile dan makan kangkung dipercaya bisa membantu tubuh relaks dan lebih mudah tertidur nyenyak. Tapi pada sejumlah orang, cara-cara tersebut tidaklah cukup.Berdasarkan survei dari Crampex, tablet pereda kram otot, di Inggris sendiri ada 86 persen orang yang mengalami gangguan tidur. Penggunaan obat-obatan memang bisa membantu seseorang lebih cepat tidur namun jika dikonsumsi terus-menerus bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Selain dengan obat atau konsumsi makanan/minuman tertentu, sebenarnya ada cara mudah yang bisa membantu Anda tertidur. Ini tiga cara yang bisa dicoba, seperti dikutip dari Mirror.1. Bernapas dengan Hidung Sebelah KiriIni merupakan metode yoga yang diyakini bisa menurunkan tekanan darah dan membuat Anda lebih tenang. Terapis holistik Peter Smith menganjurkan untuk bernapas melalui lubang hidung sebelah kiri."Tidurlah dengan posisi miring ke kiri, lalu tutup lubang hidung sebelah kanan. Perlahan, ambil napas dalam-dalam melalui lubang kiri hidung," ujar Peter.Penulis buku 'Sleep Better With Natural Therapies' ini mengatakan, teknik tersebut efektif dilakukan apabila Anda sulit tidur karena suhu kamar yang terlalu panas atau wanita dengan ko [...]

Kaki Bengkak Saat Hamil, Ini Solusinya!

Kaki Bengkak Saat Hamil, Ini Solusinya!

Banyak faktor yang mempengaruhi pembengkakan kaki dan pergelangan kaki saat hamil. Tubuh memproduksi dan menahan cairan dalam tubuh lebih banyak saat kehamilan. Selain itu, rahim yang bertambah besar menekan pembuluh darah sehingga mengganggu aliran darah balik ke jantung. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan pada tungkai, pergelangan kaki, dan kaki. Selain itu, perubahan hormon juga dapat berperan. Ibu dapat melakukan hal-hal di bawah ini untuk mengatasinya: Hindari berdiri terlalu lama dan menyilangkan tungkai. Bila memungkinkan, duduk dengan posisi mengangkat kaki dan secara teratur putar pergelangan kaki. Ibu juga dapat duduk di bawah dan mempertahankan tungkai pada posisi lebih tinggi. Berbaring miring ke kiri. Dalam posisi ini, tekanan pada vena cava inferior, yaitu pembuluh darah besar yang dilewati darah dari tubuh bagian bawah ke jantung, berkurang. Taruh bantal di bawah tungkai untuk menjaga posisinya lebih tinggi. Gunakan compression stocking. Minum cairan dalam jumlah cukup, yaitu 10 gelas (2,3 liter) per hari selama kehamilan. Lakukan aktivitas fisik yang rutin seperti berjalan mengeliling lingkungan rumah, bersepeda, atau berenang. Rendam kaki dalam air. [...]

Gejala-gejala Gangguan Mental Anak

Gejala-gejala Gangguan Mental Anak

Oleh: dr. Nadia Octavia Acapkali kondisi gangguan mental pada anak sulit diketahui oleh orang tua. Sehingga anak yang seharusnya mendapatkan perawatan menjadi luput perhatian. Perkaya khazanah Anda seputar gejala gangguan mental pada anak melalui paparan berikut ini sebelum terlambat: Apa saja gejala-gejala yang harus diwaspadai? Perubahan mood Anak memiliki perasaan sedih atau menarik diri yang berlangsung setidaknya 2 minggu atau perubahan mood ekstrim yang menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari Perasaan atau ketakutan yang intens Perhatikan jika anak memiliki ketakutan atau kekhawatiran berlebih yang tidak berdasar seringkali disertai dengan perasaan berdebar atau nafas menjadi cepat yang mengganggu aktivitas sehari-hari Perubahan perilaku Misalnya perubahan perilaku menjadi berbahaya dan tidak dapat dikontrol seperti sering bertengkar, menggunakan senjata atau berkeinginan untuk menyakiti orang lain Sulit berkonsentrasi Sulit memfokuskan perhatian di sekolah sehingga menurunkan performa belajar Penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya Penurunan nafsu makan, sering muntah atau menggunakan obat pencahar mengindik [...]

Posisi Duduk yang Benar Saat Bekerja Terlalu Lama di Depan Komputer

Posisi Duduk yang Benar Saat Bekerja Terlalu Lama di Depan Komputer

Duduk di depan komputer terlalu lama bisa menyebabkan sakit pinggang maupun punggung dan cepat lelah. Belum lagi jika duduk dengan posisi yang salah, tak hanya punggung Anda yang sakit tapi postur tubuh juga jadi kurang sempurna, bahkan mengakibatkan bungkuk di usia muda. Jika pekerjaan mengharuskan Anda duduk lama di depan komputer, maka sangat penting untuk menjaga posisi duduk sebaik mungkin. Seperti dikutip dari Times of India, berikut ini cara duduk yang benar untuk cegah sakit punggung dan tubuh membungkuk:1. Posisi PinggulDorong pinggul sejauh mungkin ke belakang saat duduk hingga menyentuh sandaran kursi. Cara ini akan membuat tubuh selalu duduk tegak secara tidak sadar, karena beginilah sebenarnya posisi duduk alami manusia. Sebaliknya, jangan duduk di ujung kursi dengan punggung bersandar ke kursi karena bisa membuat pinggang serta punggung cepat pegal.2. Posisi DudukDuduk dengan punggung tegak, tapi pastikan tulang punggung dan tulang ekor Anda mendapat sandaran yang baik. Bisa dengan menggunakan bantal kecil yang diletakkan di punggung bagian bawah atau alat penyangga khusus yang bisa dibeli di toko perangkat berat maupun apotek. Jika tidak ada, pilihlah kursi dengan [...]

Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting?

Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting?

Kebanyakan orang tua merasa takut bahwa pendidikan seksual pada anak akan membuat anak terjerumus dalam hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, apakah demikian? Kamus Besar Bahasa Indonesia, memberi 2 pemaknaan terhadap kata ?seksual?. Salah satunya adalah ?berkenaan dengan seks (jenis kelamin)?. Bila kita pikirkan lebih jauh, maka intisari dari pendidikan seksual pada anak adalah untuk mengajarkan anak mengenai jenis kelaminnya, mengenal diri sendiri lebih jauh dan bagaimana melindungi dan menjaga diri sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tujuannya sebenanrnya untuk kepentingan anak sendiri. Pernahkan kita memikirkan bahwa dengan memberikan pengetahuan dan bimbingan yang baik dan benar, pendidikan seksual sebenarnya malah dapat melindungi anak dari kerusakan fisik dan mental di masa depan? Hal ini merupakan satu hal yang perlu kita renungkan dan pikirkan matang-matang, terutama terkait dengan makin berkembangnya kengerian akan pelecehan seksual pada anak. Pendidikan Seksual pada Anak, Apa Saja dan Seberapa Penting? Martin A. Finkel Karena sekitar 40% korban pelecehan seksual anak berada pada usia di bawah 6 tahun dan 20%nya berusia d [...]

5 Asupan Makanan yang Bantu Wanita Kurangi Risiko Kanker Payudara

5 Asupan Makanan yang Bantu Wanita Kurangi Risiko Kanker Payudara

Kini gaya hidup sehat tidak hanya menjadi tren tapi juga kebutuhan. Kesadaran setiap wanita untuk menjaga kesehatan semakin tinggi. Oleh karena itu, tak heran bila semakin banyak wanita yang melakukan diet bukan hanya untuk menurunkan berat namun juga demi menangkal penyakit berbahaya.Salah satunya kanker payudara yang sangat ditakuti semua wanita. Menurut penelitian, satu dari sepuluh wanita menderita kanker payudara karena asupan makanan yang kurang sehat. Para wanita kemudian disarankan agar melakukan diet buah dan sayuran yang bisa mengurangi risiko kanker tersebut. Berikut lima asupan makanan yang bagus untuk kesehatan payudara wanita.1. BrokoliBrokoli diklaim bisa menghilangkan sel kanker payudara. Seorang profesor ilmu Farmasi dari Universitas Michigan, Duxin Sun, mengatakan bahwa kandungan dalam brokoli bisa mencegah kanker. "Senyawa dalam brokoli yang dikenal dengan sulforaphane telah dipelajari sebelumnya. Studi ini menunjukan bahwa senyawa tersebut bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan sel kanker payudara," tutur Duxin. Sebagai objek percobaan, peneliti menggunakan tikus berkanker payudara yang sudah diberikan sulforphane. Mereka memantau jumlah sel kanker dalam [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *