Mengetahui Penyebab dan Cara Menangani Alergi Kulit

Mengetahui-Penyebab-dan-Cara-Menangani-Alergi-Kulit-Alodokter.jpg

Alergi kulit bisa diminimalisasi dengan menghindari faktor penyebabnya.

Seseorang yang memiliki kulit sensitif sangat mudah terkena alergi. Beberapa tanda yang bisa dikenali di antaranya kulit memerah, muncul ruam-ruam, gatal dan bengkak.

Dalam istilah kedokteran, alergi kulit disebut dermatitis kontak alergi. Alergi dapat dipicu oleh beberapa penyebab. Alergen adalah unsur asing yang secara keliru dianggap berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh sehingga jika terpapar bisa mengakibatkan reaksi alergi. Alergen hanya berdampak pada mereka dengan alergi.

Penyebab Alergi Kulit

Ada beberapa hal yang umumnya dapat memicu alergi kulit antara lain:

  • Produk kosmetik; misalnya perias wajah, losion, deodoran, sabun, sampo, serta pewarna rambut.
  • Produk pembersih; seperti pembersih lantai, sabun cuci, disinfektan dan sejenisnya.
  • Obat-obatan yang dioleskan pada kulit, seperti krim antigatal atau antibiotik.
  • Aksesoris yang terbuat dari logam, misalnya nikel atau emas.
  • Tanaman, dapat mencakup daun, batang, atau serbuk sari.
  • Lateks, yaitu bahan yang digunakan untuk sarung tangan karet, kondom dan balon.
  • Semprotan serangga.
  • Parfum.

Reaksi alergi tidak muncul ketika pertama kali tubuh bersentuhan dengan alergen. Pada paparan pertama, sistem kekebalan tubuh hanya akan mengingatnya kemudian membuat antibodi sebagai reaksi. Jika kulit terus terpapar oleh alergen selama sepuluh hari atau lebih, lama-kelamaan akan menjadi alergi kulit.

Jika sudah memiliki alergi, dalam hitungan menit saja penderita bisa langsung mengalami gejala alergi ketika bersentuhan dengan alergen. Namun, bisa juga gejala baru timbul 1-2 hari setelah terpapar alergen. Pada beberapa kasus, alergi dapat menimbulkan reaksi yang fatal atau anafilaksis.

Walau jarang terjadi, kita tetap perlu waspada terhadap alergi jenis anafilaksis. Selain kulit memerah, anafilaksis dapat menyebabkan kesulitan bernapas, kram perut, lemas secara tiba-tiba, bengkak pada tenggorokan dan mulut, dan kehilangan kesadaran. Jika tidak segera ditangani, anafilaksis dapat menyebabkan kematian.

Cara Menangani Alergi Kulit

Jika memiliki alergi kulit, cari tahu penyebabnya dan sebisa mungkin hindari bersentuhan dengan alergen. Selain itu, ada beberapa tips yang dapat meringankan risiko alergi kulit.

  • Gunakan losion calamine atau krim hidrokortison untuk mengurangi gatal.
  • Gunakan pakaian yang longgar dan lembut. Pakaian yang ketat dapat memperburuk ruam pada kulit. Anda juga dapat menggunakan pakaian yang sedikit basah. Rendam pakaian berbahan katun di air bersih, kemudian peras dan kenakan pakaian basah tersebut.
  • Mandilah dengan air dingin untuk mengurangi ruam pada kulit atau bisa juga menggunakan kompres air dingin. Setelah itu, keringkan kulit dengan handuk bersih kemudian gunakan pelembap. Air hangat dapat memperparah gejala alergi kulit.
  • Untuk mengetahui seseorang memiliki alergi terhadap benda atau makanan tertentu, perlu dilakukan tes. Tes ini dilakukan dengan memberikan paparan berbagai alergen dalam jumlah terbatas untuk melihat reaksi tubuh.

Tes alergi kulit biasanya dilakukan jika penderita mengalami kondisi medis khusus, seperti jika terdapat eksim. Kondisi lainnya adalah jika merasa gatal-gatal atau bengkak dan mengalami gejala asma yang tidak kunjung membaik walau telah mendapat pengobatan. Selain itu, tes juga bisa dilakukan jika kita memiliki riwayat alergi terhadap makanan, serbuk sari, penisilin atau racun binatang.

Jika Anda mengalami masalah kulit, sebaiknya periksakan ke dokter. Hindari menggaruk ruam gatal secara terus menerus karena bisa berujung pada infeksi kulit dan menghambat proses penyembuhan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Mencegah Penuaan Dini Otak Anda

Cara Mencegah Penuaan Dini Otak Anda

Mungkin Anda sering lupa dimana menaruh kacamata atau kunci mobil? Masih muda, tapi sudah mulai pikun. Sejalah dengan usia, otak mengalami penurunan fungsi daya ingatnya. Penurunan fungsi ini mulai terjadi saat usia Anda masih sangat muda, 30 tahun. Ini adalah termasuk kondisi penuaan dini. Berbagai pendapat awalnya menyatakan bahwa penurunan daya ingat seseorang adalah hal yang natural dan tidak dapat dihindari. Namun ternyata Anda dapat melatih otak Anda untuk tetap awet muda dan tercegah dari penuaan dini. Bagaimana caranya? Olahraga Olahraga ternyata berperan penting untuk menjaga daya ingat kita. Olahraga 30 menit tiap hari bukan hanya baik untuk tubuh, namun juga untuk otak. Olahraga dapat membantu mencegah penyakit yang dapat mengakibatkan penurunan daya ingat atau pikun, seperti : Darah tinggi Diabetes Kolesterol Kegemukan Stroke Beberapa studi juga menunjukan bahwa olahraga dapat membantu mencegah penuaan dini pada otak dengan mencetuskan pelepasan protein BDNF, protein yang menunjang kehidupan sel saraf di otak. Diet ala Mediterania Berikan porsi yang lebih besar untuk buah, sayur, ikan, dan minyak zaitun pada menu makanan Anda. Jenis makanan tersebut dapat menu [...]

Berteriaklah Saat Tubuh Merasa Sakit, Ini Manfaatnya

Berteriaklah Saat Tubuh Merasa Sakit, Ini Manfaatnya

Saat merasakan sakit, berteriak merupakan reaksi yang paling wajar dan sulit ditahan. Ternyata berteriak bukan hanya reaksi spontan atau insting naluriah. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa mengeluh, mengaduh dan berteriak merupakan cara tubuh untuk melawan rasa sakit.Ketika seseorang berteriak, 'aw!', 'ouch' atau 'aduh!', reaksi itu akan memanipulasi sinyal sakit yang dihantarkan dari tubuh ke otak. Berteriak mengindikasikan bahwa sebenarnya manusia melakukannya untuk mengalihkan diri sendiri dari rasa sakit tersebut.Para peneliti dari departemen psikologi dan neurobiologi National Universrity of Singapore menulis dalam jurnal ilmiah Journal of Pain, "Suara yang dikeluarkan saat mengalami rasa sakit umumnya memicu mulut untuk terbuka, lidah terangkat dan bibir membulat. Reaksi itulah yang sedikit banyak membantu orang menahan dan mengurangi rasa sakitnya."Seperti dikutip dari Daily Mail, para peneliti melakukan percobaan untuk melihat berapa lama voluntir bisa tahan merendam tangannya di dalam air yang sangat dingin. Voluntir yang berjumlah 56 orang itu diperbolehkan berteriak 'ow' ketika tangan mereka sudah terasa sakit. Kemudian eksperimen diulang hingga empat kali, namun pa [...]

Mendeteksi Kanker Sejak Dini

Mendeteksi Kanker Sejak Dini

Beberapa jenis kanker dapat dideteksi sebelum Anda merasakan gejala apapun. Pemeriksaan awal membuat ketidaknormalan sel yang berisiko kanker atau telah bersifat kanker dapat dideteksi dan ditangani secepatnya, sehingga mengurangi risiko penyebaran kanker dan kematian. Pemeriksaan Awal terhadap Beberapa Jenis Kanker Pemeriksaan awal adalah cara untuk mengenali keberadaan penyakit sebelum penderita mengalami gejala-gejala penyakit tersebut. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan secara berkala, terutama bagi orang-orang yang berisiko tinggi mengidap penyakit kanker tertentu. Meski demikian, tidak semua jenis kanker dapat diperiksa dan dideteksi pada stadium awal. Beberapa tes hanya diperuntukkan bagi orang-orang dengan risiko genetis khusus. Usia, riwayat penyakit tertentu dalam keluarga, serta riwayat kesehatan Anda sendiri akan menjadi faktor penentu tes mana yang sebaiknya diambil. Berikut ini adalah beberapa jenis kanker beserta tes dan tindakan pencegahan yang dapat dilakukan. Kanker Payudara Pemeriksaan: Memeriksa fisik payudara sendiri untuk mendeteksi apakah ada perubahan pada payudara seperti adanya benjolan, perubahan pada puting atau pada kulit payudara. Mamogram: peme [...]

Endoskop Masa Depan Sebesar Butiran Garam Pasir

Endoskop Masa Depan Sebesar Butiran Garam Pasir

Ada beberapa kelainan atau gangguan pada sistem pencernaan yang dapat diperiksa dengan alat yang disebut dengan Endoskop. Endoskop merupakan alat yang digunakan untuk memeriksa bagian atau organ dalam tubuh melalui pembuluh, saluran, dan celah-celah yang sempit di beberapa bagian tubuh. Dan kini, sebuah mikrokamera baru telah dikembangkan untuk menutupi kelemahan dari endoskop yang ada. Endoskop yang ada sampai saat ini memiliki beberapa kelemahan, yaitu selain harganya yang mahal, waktu yang terbuang untuk membersihkannya cukup lama, pun diperlukan kecermatan yang tinggi saat membersihkannya, karena endoskop dipakai untuk kegunaan yang berbeda-beda. Masalah ini bisa diselesaikan dengan mikrokamera baru yang telah dikembangkan oleh Fraunhofer Institute for Reliability and Microintegration (IZM) di Berlin, Jerman, bersama Awaiba GmbH, dan didukung oleh Fraunhofer Institute for Applied Optics and Precision Engineering IOF di Jena, Jerman. ?Kami dapat memproduksi mikrokamera yang begitu murah dengan teknologi kami, dimana para dokter juga dapat langsung membuang endoskop sekali pakai ini begitu selesai menggunakannya,? ujar Martin Wilke, seorang ilmuwan dari Fraunhofer Institute for R [...]

Benarkah Berpelukan Bisa Obati Depresi?

Benarkah Berpelukan Bisa Obati Depresi?

Mengatasi depresi tak harus dengan pergi ke psikolog atau menenggak obat-obatan penenang. Menurut beberapa studi, depresi bisa diobati dengan berpelukan. Benarkah?Seperti yang dikutip dari Prevention internasional, 11 persen orang Amerika kerap kali meminum obat anti-depresan untuk mengatasi depresi. Obat tersebut mengandung senyawa kimia yang disebut oksitosin, senyawa yang juga diproduksi tubuh saat Anda sedang berpelukan atau berhubungan seks. Oksitosin terbukti bisa mengobati depresi.Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ketika tikus-tikus terpisah dari gerombolannya, tikus akan menunjukkan tanda-tanda kecemasan, stres dan depresi yang akan mereda setelah disuntik dengan oksitosin. Studi yang dipresentasikan pada tahun 2007 pada pertemuan Society for Neuroscience, menunjukkan efek hormon oksitosin terhadap situasi stres.Para ilmuwan di UC San Diego School of Medicine juga melakukan uji coba klinis secara acak, merasa optimis dengan pengaruh oksitosin terhadap depresi. "Ilmu dasar, apa yang kita lihat dalam penelitian yang melibatkan binatang dan manusia, mengindikasi ada alasan mengapa oksitosin memainkan peran dalam beberapa jenis depresi," [...]

Kenali Jenis-Jenis Sakit Tenggorokan

Kenali Jenis-Jenis Sakit Tenggorokan

Ketika mengalami sakit tenggorokan, apa yang Anda lakukan? Minum banyak air putih, minum perasan jeruk nipis yang dicampur kecap, ataukah langsung mengonsumsi antibiotik? Banyak orang beranggapan bahwa sakit tenggorokan harus diobati dulu dengan antibiotik, barulah bisa sembuh. Pemahaman ini ternyata keliru dan menyesatkan banyak orang. Mengapa demikian? Rasa sakit atau nyeri tenggorokan disebabkan oleh peradangan di tenggorokan, yang dalam dunia medis disebut faringitis. Faringitis ini dapat disebabkan oleh virus maupun bakteri. Ternyata mayoritas radang tenggorokan disebabkan oleh virus. Hanya sebagian kecil yang disebabkan oleh bakteri. Virus penyebab faringitis ini di antaranya adalah virus penyebab common cold, influenza, mononukleosis, campak, cacar air, dan croup. Sementara itu contoh bakteri penyebab adalah Streptococcus dan difteri. Pada umumnya ? walaupun tidak selalu ? gejala radang tenggorokan yang ditimbulkan oleh bakteri lebih berat dibandingkan dengan virus. Selain itu, komplikasi ke jantung dan ginjal dapat timbul jika tidak ditatalaksana dengan adekuat. Faringitis karena virus tidak memerlukan pengobatan dengan antibiotik, namun cukup dengan pengobatan suportif ter [...]

Waspada Suntikan Kolagen Liar

Waspada Suntikan Kolagen Liar

Dewasa ini tidak sedikit salon kecantikan yang menawarkan jasa penyuntikan kolagen kepada para konsumennya. Masyarakat semakin dimudahkan dalam merevisi tampilan tubuh secara instan demi memuaskan usaha tampil cantik secara estetika. Namun tak pelak lagi, fenomena tersebut menambah marak juga salon kecantikan yang memberikan jasa penyuntikan kolagen tanpa ada standar keamanan medis dalam penatalaksanaannya demi mengejar keuntungan semata yang notabene, justru membahayakan nyawa para konsumen. Mungkin masih teringat beberapa tahun lalu mengemukanya kasus kematian Hilda Pasman, betapa kejamnya para penyedia jasa ?cantik ekspres liar? merebut hak jaminan keamanan dan keselamatan jiwa para konsumen. Faktor lain yang membuat praktek suntik kolagen liar menjamur di berbagai pelosok kota besar di Indonesia adalah salah satunya faktor ekonomis. Pun, di tempat penyedia jasa suntik kolagen liar memberikan biaya yang jauh lebih murah ketimbang jasa suntik kolagen resmi. Semakin didukung pula, bahan material yang mendukung proses penyuntikan semakin mudah didapatkan secara liar pula di toko-toko yang menyediakannya. Jika dahulu diperlukan standarisasi yang rumit untuk mendapatkan [...]

Penyebab Ketidaksuburan Perempuan

Penyebab Ketidaksuburan Perempuan

Jika Anda sulit mendapatkan momongan, Anda tidak sendiri. Sekitar satu dari tujuh pasangan memiliki masalah ini. Ketidaksuburan atau infertilitas sering dianggap sebagai masalah perempuan, padahal 1/3 dari kasus infertilitas disebabkan oleh masalah pada laki-laki, seperti jumlah sperma yang sedikit. Pada 20 ? 30% kasus, penyebabnya tidak dapat diidentifikasi. Inilah pemaparan kami mengenai berbagai penyebab infertilitas yang dapat ditemukan pada perempuan. Penyebab Ketidaksuburan Perempuan Di bawah ini adalah penyebab infertilitas yang dapat ditemukan pada perempuan: Faktor ?U? (Usia) Memasuki usia 35 tahun, kesuburan perempuan akan menurun, 95% diantaranya bisa hamil hanya setelah melakukan hubungan intim tanpa proteksi yang teratur selama tiga tahun. Pada usia 37 tahun kesuburan akan menurun drastis sampai masuk ke masa menopause yaitu usia 40-45 tahun. Gangguan Ovulasi Ovulasi adalah proses dikeluarkannya sel telur dari indung telur setiap bulannya. Gangguan ovulasi dapat disebabkan oleh beberapa keadaan seperti sindrom ovarium polikistik dan gangguan kelenjar tiroid (hipertiroidisme atau hipotirioidisme). Endometriosis Sel selaput lendir [...]

Jarak 2 Tahun Antar Anak Tingkatkan Kecerdasan Otak Bayi

Jarak 2 Tahun Antar Anak Tingkatkan Kecerdasan Otak Bayi

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam the Journal of Human Resources mengungkapkan hubungan jarak 2 tahun kelahiran anak pertama dan kedua mampu meningkatkan kecerdasan otak anak. Meskipun hal ini sangat berpengaruh pada kasus jarak antara anak pertama dan kedua, namun jarak antar anak pada keluarga besar juga turut terlihat memberikan manfaat serupa pada perkembangan otak anak-anak. Penelitian yang dilakukan oleh seorang ekonomis Kasey Buckles dari Notre Dame University, Amerika Serikat ini memberikan tinjauan pada hasil statistik perkembangan kecerdasan otak anak secara optimal jika terdapat jarak antar anak dengan rentang 2 tahun, serta tidak memberikan pengaruh yang sama pada jarak antar anak lebih apalagi kurang dari itu. Perhitungan ini terlihat dari perbandingan akan membagi waktu kepada anak akan lebih beresiko apabila anak belum mencapai usia 1 tahun dimana perkembangannya belum sempurna. Usia 2 tahun sudah dapat dianggap menjadi saat dimana otak anak sudah dapat diajak berkomunikasi secara langsung. Bahkan perhitungan ini juga sangat tepat diterapkan dalam keluarga dengan ekonomi menengah kebawah dibandingkan dengan keluarga dari keluarga ekonomi kelas atas dimana [...]

Solusi Ruam Popok Pada Bayi

Solusi Ruam Popok Pada Bayi

Oleh: dr. Jessica Florencia Buah hati Anda rewel? Terus menangis? Coba Anda tengok bokongnya dengan seksama. Jika Anda menemukan bokong si kecil penuh dengan bercak-bercak merah dan basah, mungkin saja bayi Anda mengalami ruam popok. Ruam popok adalah suatu kondisi kulit yang teriritasi sehingga muncul bercak-bercak merah cerah yang tidak nyaman bagi bayi. Ruam popok biasanya disebabkan karena: Popok yang jarang diganti Bayi sedang mengalami diare Penggunaan produk popok baru yang lain dari biasanya Ukuran popok yang terlalu kecil dan ketat Penggunaan produk kulit bayi yang lain dari biasanya Ketika bayi mulai makan makanan padat Kulit yang sensitif Untuk mencegahnya, Ibu perlu mengganti popok bayi dengan teratur dan sering. Jangan biarkan buah hati Anda menggunakan popok yang basah dan kotor berlama-lama. Pastikan Anda membersihkan bokong bayi dengan air bersih dan mengeringkannya setiap kali hendak mengganti popok. Hindari penggunaan tissue basah yang mengandung pewangi atau alkohol. Bila bayi sedang mengalami diare sebaiknya Ibu lebih sering lagi mengganti popok bayi. Sediakan waktu agar bayi bebas dari popok sehingga kulit bokong bayi dapat kering cukup lama, misa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *