Menghilangkan Komedo yang Mengganggu Penampilan

Menghilangkan-Komedo-yang-Mengganggu-Penampilan-alodokter.jpg

Kulit wajah yang mulus merupakan idaman tiap orang. Salah satu penghalang adalah kemunculan komedo. Lalu apa penyebab komedo dan bagaimana cara menghilangkan komedo?

Komedo tergolong sebagai jenis jerawat ringan yang biasa muncul pada wajah. Namun, ada juga kemungkinan komedo muncul pada leher, dada, punggung, lengan, atau bahu.

Cara Mengatasi Komedo

Komedo terbentuk lantaran adanya penyumbatan akibat sel kulit mati dan minyak pada pori-pori. Komedo ada yang berwarna putih karena tertutup kulit, namun bisa juga berwarna hitam karena terbuka.

Meski tidak terasa sakit, komedo tetap saja dapat mengganggu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan komedo, yaitu:

  • Perawatan mandiri dengan produk bebas.

Untuk mengatasi komedo, tersedia beragam produk yang dapat dibeli secara bebas. Mulai dari bentuk gel, krim, atau plester yang langsung ditempelkan pada kulit. Cara kerja produk tersebut adalah dengan membunuh bakteri, mengurangi kelebihan minyak, dan mendorong kulit untuk melepas sel kulit mati.

  • Obat-obatan dengan pengawasan dokter.

Dokter akan memberikan obat yang lebih kuat yang mampu mencegah pembentukan sumbatan dan mempercepat proses pergantian sel kulit. Terhadap komedo yang diiringi jerawat atau kista jerawat, dokter kemungkinan akan memberikan kombinasi antibiotik atau obat lain.

  • Menggunakan komedo ekstraktor.

Proses ini dilakukan oleh dokter spesialis kulit atau dermatologis dengan menggunakan alat komedo ekstraktor yang ditekan ke pori-pori agar sumbatan tersebut keluar. Beberapa kemungkinan risiko yang dihadapi dari langkah ini, seperti proses ekstraksi yang tidak tuntas, kerusakan jaringan, jaringan parut, hingga komedo yang muncul kembali.

Selain tiga cara umum di atas, ada juga beberapa teknik lain yang membutuhkan peralatan dan bahan-bahan kimia dengan spesifikasi khusus, antara lain:

  • Pengelupasan kulit dengan bahan kimia.

Pada proses ini, lapisan teratas kulit akan dikelupas, sehingga bagian kulit yang lebih halus yang berada di bawahnya akan terbuka. Pengelupasan kulit semacam ini otomatis membantu melepas sumbatan penyebab komedo, sekaligus sel kulit mati.

  • Teknik mikrodermabrasi.

Dengan teknik ini, dokter menggunakan alat khusus untuk mengelupas lapisan terluar kulit. Proses ini akan mengangkat sumbatan pada komedo.

  • Terapi laser dan cahaya (light and laser therapy).

Dengan memanfaatkan alat yang mengeluarkan sinar cahaya dan laser yang kuat, hingga langsung ke bagian dasar kulit. Teknik ini mampu menyingkirkan komedo dan jerawat, tanpa merusak bagian atas kulit. Sekaligus efektif menurunkan produksi minyak atau membunuh bakteri.

Faktor Pemicu

Komedo bagi sebagian orang dapat muncul dengan mudah pada wajah seseorang, sementara sebagian lagi tidak demikian.

Beberapa faktor pendukung membuat seseorang menjadi lebih rentan mengalami komedo, antara lain produksi minyak tubuh berlebihan, sekaligus membuat wajah berminyak, penumpukan bakteri penyebab jerawat (propionibacterium acnes) pada kulit, atau iritasi folikel rambut karena terhambatnya pelepasan sel kulit mati. Obat-obatan tertentu juga dapat memengaruhi pertumbuhan komedo dan jerawat, termasuk kortikosteroid, litium, dan androgen.

Beberapa jenis produk kulit serta rambut kemungkinan berisiko menghambat pori-pori juga, sehingga menyebabkan komedo. Faktor genetika juga dapat menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami komedo.

Selain itu, komedo juga cenderung lebih banyak dialami oleh seseorang yang mengalami perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, masa remaja atau wanita yang mengonsumsi pil KB. Makanan atau minuman produk susu atau makanan kaya karbohidrat, belum terbukti dapat memicu komedo atau jerawat.

Bagaimana Cara Merawat Diri yang Baik?

Untuk menghilangkan komedo atau mencegah terbentuknya komedo kembali, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

  • Jaga kulit tetap bersih. Cuci muka dengan sabun yang lembut dua kali sehari.
  • Hindari produk yang dapat menghambat pori-pori. Pilih produk dengan label ?noncomedogenic? atau tidak menimbulkan komedo.
  • Rambut berminyak juga dapat memengaruhi kondisi kulit wajah. Jika perlu, cuci bersih rambut Anda tiap hari.
  • Gunakan produk berupa masker atau scrub yang dapat mengelupas sel kulit mati pada wajah. Pilih yang lembut di wajah.
  • Perhatikan label untuk cara penggunaan tepat ketika memakai produk bebas untuk mengatasi komedo.
  • Jika penggunaan produk bebas untuk komedo tidak menunjukkan hasil membaik setelah 3 bulan, segera konsultasikan dengan dokter.

Komedo jelas dapat mengganggu penampilan, meski begitu sebelum melakukan perawatan kulit untuk mengatasinya, coba konsultasikan kepada dokter untuk mencegah alergi atau kondisi yang tidak diinginkan lainnya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
BH Anda Terasa Tidak Nyaman?

BH Anda Terasa Tidak Nyaman?

Diperkirakan lebih dari 70 persen wanita mengenakan BH dengan ukuran tidak tepat, seperti cup yang terlalu besar atau bra dengan lingkar dada yang terlalu kecil. Hal ini membuat tidak nyaman dan dapat membawa risiko bagi kesehatan. Saat membeli BH, Anda akan menemukan beragam ukuran dengan label-label angka, seperti 32A, 34C, atau 38B. Apa arti angka dan huruf tersebut? Dan apakah Anda yakin BH yang Anda pilih telah sesuai dan menopang payudara Anda dengan baik? Ukur dan Cek Label Angka serta Huruf Langkah pertama untuk menentukan BH yang tepat adalah mengukur lingkar bawah payudara dan lingkar payudara Anda. Lingkar bawah payudara diukur dengan meteran yang dilingkarkan pada tubuh tepat di bagian bawah dada atau tulang iga. Sementara lingkar payudara atau disebut juga dengan cup, diukur dari satu lingkar terluar payudara hingga ke ujung lain, melintasi puting. Setelah mengukur lingkar bawah payudara, cocokkan dengan hasil berikut: Lingkar bawah payudara Ukuran BH 63-67 cm 30 atau 65 68-72 cm 32 atau 70 73-77 cm 34 atau 75 78-82 cm 36 atau 80 83-87 cm 38 atau 85 88-92 cm 40 atau 90 Sementara itu, ukuran lingkar payudara atau cup ditunjukkan dengan huruf A sampai d [...]

6 Hal Ini Membuat Anak Stres, Bagaimana Mengatasinya?

6 Hal Ini Membuat Anak Stres, Bagaimana Mengatasinya?

Stres bukan hanya terjadi pada orang dewasa, tapi juga bisa menimpa anak. Terpisah dari orang tua bisa membuat anak kecil merasa stres. Apalagi setelah memasuki usia sekolah, tekanan sosial dan tuntutan nilai akademis menjadi salah satu pemicu tambahan stres bagi anak. Gejala stres pada anak memang tidak mudah dikenali, namun secara umum, gejalanya bisa dikenali dari perubahan pola tidurnya, perubahan kuantitas makannya yang menjadi lebih banyak atau justru tidak nafsu makan, perubahan emosi secara cepat, menjadi sering mengompol, sulit berkonsentrasi saat belajar, atau kesulitan mengerjakan tugas sekolah. Selain itu, gejala fisik juga bisa menyertai, seperti sakit perut atau sakit kepala, tetapi tidak semua anak mengalami gejala yang serupa. Inilah penyebab stres pada anak: Aktivitas Usai Sekolah Terkadang kita, sebagai orang tua, tidak menyadari bahwa aktivitas anak di sekolah telah menyedot sebagian besar tenaganya. Niat kita yang ingin memberinya pengetahuan tambahan setelah jam sekolah, misalnya les atau kursus, justru berisiko membuatnya kelelahan. Kesibukan setelah jam sekolah menjadikan mereka tidak memiliki waktu untuk bersantai atau bermain dengan kreatif. Hal ini beris [...]

Pakai Bra Saat Tidur, Berbahayakah?

Pakai Bra Saat Tidur, Berbahayakah?

Sebagian besar wanita mungkin lebih memilih melepas bra ketika hendak tidur. Alasannya mungkin agar lebih nyaman sekaligus menghindari dampak buruk akibat pemakaiannya. Ya, menurut kabar yang beredar di masyarakat, memakai bra saat tidur kerap dikaitkan dengan kanker payudara. Menurut isu yang beredar, bra mungkin dapat menghambat sirkulasi pada getah bening dan mengganggu pembuangan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Hal tersebut dianggap bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Penyebab kanker payudara sendiri hingga saat ini belum bisa dipastikan. Namun, yang para dokter tahu, kanker payudara dapat terjadi ketika ada sel-sel pada payudara yang tidak tumbuh secara normal. Sel-sel ini berkembang dengan cepat sehingga membentuk benjolan pada payudara. Sel-sel ini mungkin dapat menyebar ke kelenjar getah bening atau bagian tubuh Anda lainnya. Nah, sayangnya, para ahli belum bisa menemukan bukti ilmiah yang menyatakan bahwa pemakaian bra saat tidur dapat menyebabkan kanker payudara. Bahkan, memakai bra berkawat (jenis bra yang paling sering dikambinghitamkan sebagai penyebab kanker) juga tidak meningkatkan risiko Anda terkena kanker payudara. Jadi, Anda bisa memakainya [...]

Hubungan Intim di Malam Pertama, Apa Rasanya?

Hubungan Intim di Malam Pertama, Apa Rasanya?

Suatu hal yang wajar jika seseorang ingin malam pertama terasa sempurna dan tidak terlupakan. Meski demikian, harus disadari bahwa ada banyak faktor yang membuat kondisi tersebut sulit dicapai. Namun di sisi lain, ada cara agar momen yang dinantikan tersebut dapat menjadi sebahagia dan senyaman mungkin. Banyak hal tidak terduga dan tidak selalu menyenangkan yang terjadi di malam pertama. Para pria yang mulanya berniat berhubungan seks lebih lama, ternyata mengalami orgasme lebih awal. Di lain pihak, wanita yang berangan-angan mencapai klimaks ternyata sudah merasa kesakitan di awal penetrasi. Bagaimana sebaiknya menjalani hubungan intim untuk pertama kalinya? Menepis Pertanyaan dan Kekhawatiran Di balik kegembiraan, tiap pasangan pasti punya banyak pertanyaan dan kekhawatiran di pikiran menjelang malam pertama. Padahal semua kecemasan inilah yang justru akan mematikan perasaan bahagia dan kesenangan saat melakukan hubungan intim untuk pertama kalinya. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering muncul, beserta jawabannya. Apakah akan terasa sakit? Wanita yang menjalani hubungan intim pertama kalinya bisa merasakan nyeri pada vagina. Rasa sakit ini umumnya disebabkan robekn [...]

Deretan Penyakit yang Ditangani Dokter Kulit

Deretan Penyakit yang Ditangani Dokter Kulit

Sebagai organ terluar dari tubuh, kulit berisiko terkena berbagai gangguan. Apa saja sebenarnya kondisi yang umum ditangani oleh dokter kulit? Penyakit kulit memiliki begitu banyak jenis hingga mencapai lebih dari 3.000 jenis. Sebagian di antaranya dapat menghinggapi kulit, rambut, kuku, dan bagian-bagian tubuh lain, seperti lapisan pada mulut, hidung, dan kelopak mata. Dokter kulit bertugas mendiagnosis dan memberikan perawatan terhadap penyakit-penyakit tersebut. Beragam Penyebab Sebagai organ terbesar dari tubuh, kulit adalah pelindung pertama tubuh dalam menghadapi bakteri dan cedera. Gangguan pada kulit dapat disebabkan oleh infeksi, faktor keturunan, gangguan autoimun, dan lain-lain. Berikut beberapa kondisi yang umumnya ditangani oleh dokter kulit. Jerawat Tergolong sebagai penyakit kulit yang paling umum. Jerawat disebabkan adanya gangguan pada pori-pori dan kelenjar minyak kulit. Untuk mengatasi jerawat, perlu diketahui jenis jerawat serta bagaimana mengantisipasi dan menghilangkan bekas jerawat, yang dapat menyebabkan gangguan psikologis pada penderitanya. Gangguan kuku Kuku yang tumbuh ke arah dalam merupakan salah satu gangguan kuku yang paling umum terjadi. Masalah [...]

Pernah Dengar Diet Paleo? Baca Informasinya di Sini

Pernah Dengar Diet Paleo? Baca Informasinya di Sini

Diet paleo atau diet manusia gua merupakan salah satu metode diet yang mengadopsi pola makan manusia gua jaman prasejarah. Lalu, kenapa manusia gua yang dijadikan model untuk melakukan diet? Manusia gua dijadikan rujukan diet karena mereka dianggap memiliki pola makan yang berguna untuk kesehatan. Oleh karena itu, sumber makanan dalam diet ini dibuat semirip mungkin dengan yang dikonsumsi manusia gua. Diet paleo dianggap merupakan diet yang optimal untuk beberapa masalah kesehatan sebagaimana diungkapkan dalam beberapa uji klinis, yaitu untuk menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, tekanan darah, dan peradangan. Hasil beberapa uji klinis tersebut juga menyatakan optimalisasi diet ini bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan, mengurangi jerawat, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan kinerja atletik tubuh. Jenis Makanan di Dalam Diet Paleo Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi menurut diet ini adalah makanan yang didapatkan manusia gua dengan cara berburu, memancing, atau ditemukan di alam. Secara umum, makanan tersebut berupa daging, ikan, sayuran, dan buah-buahan. Jenis makanan lain yang bisa dikategorikan makanan manusia gua adalah umbi-umbian dan [...]

Mengingatkan Kembali kepada Manfaat Karbohidrat

Mengingatkan Kembali kepada Manfaat Karbohidrat

Glukosa atau gula yang terdapat pada karbohidrat berfungsi sebagai bahan bakar yang akan digunakan oleh tubuh seperti sel otot dan otak. Dari nutrisi yang didapatkan melalui manfaat karbohidrat yang ideal, Anda bisa mencukupi energi yang dibutuhkan tubuh tiap harinya. Sumber karbohidrat alami mudah ditemukan, yaitu ada pada makanan padi-padian, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan susu. Jenis-jenis Karbohidrat Ada tiga makronutrien, yaitu nutrisi yang sama-sama terdapat pada sebagian makanan yang kita konsumsi. Salah satu dari ketiga makronutrien adalah karbohidrat. Dua makronutrien lainnya adalah lemak dan protein. Karbohidrat sendiri terdiri tiga jenis, yaitu: Pati Pati adalah karbohidrat yang terdapat pada makanan yang berasal dari tanaman. Contohnya, biji-bijian, sayuran, dan kacang-kacangan. Makanan bertepung, seperti pasta dan roti, juga termasuk pati. Serat Serat juga terdapat pada makanan yang berasal dari tanaman. Roti gandum, kacang-kacangan, dan sebagian sayuran yang dimakan bersama kulitnya adalah sumber serat yang baik. Gula Tidak semua karbohidrat adalah gula, tetapi semua gula adalah karbohidrat. Gula bisa didapat secara alami dari berbagai ma [...]

Tips Mencuci Baju Bayi dengan Aman

Tips Mencuci Baju Bayi dengan Aman

Memiliki bayi merupakan salah satu anugerah terindah yang dirasakan orang tua. Meski demikian, tidak jarang orang tua merasakan kerepotan saat mengurus perlengkapan bayi, termasuk cara mencuci baju bayi dengan aman. Pada saat membeli baju bayi, coba perhatikan labelnya. Perhatikan tata cara mencuci yang disarankan. Meski mencuci baju bayi dengan tangan dapat dilakukan, namun hal itu dapat memakan banyak waktu dan energi. Sebaiknya pilih bahan baju bayi yang dapat dibersihkan dengan mesin cuci, terutama untuk baju yang dipakai sehari-hari. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencuci baju bayi, antara lain: Deterjen yang sesuai Sebagian bayi membutuhkan deterjen khusus terhadap pakaian yang mereka kenakan, terutama yang memiliki kulit sensitif. Kulit bayi yang sensitif lebih rentan terkena gangguan kulit, seperti alergi, eksim dan lain-lain. Namun, bagi bayi yang tidak memiliki keluhan tersebut, dapat menggunakan deterjen yang digunakan untuk mencuci pakaian anggota keluarga lain di rumah. Anda dapat memilih deterjen cair dibandingkan yang berbentuk bubuk karena jauh lebih mudah dibilas dari pakaian. Dengan demikian risiko menyebabkan iritasi pada kulit bayi akan lebih renda [...]

Cara Memilih dan Merawat Sikat Gigi

Cara Memilih dan Merawat Sikat Gigi

Jangan sampai sikat gigi Anda justru mendatangkan penyakit. Tidak semua sikat gigi tepat untuk digunakan tiap orang. Ada banyak pilihan jenis, bentuk, dan merek di pasaran. Tapi mana yang tepat? Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan Anda ketika memilih sikat gigi yang tepat. Ukuran. Pilih kepala sikat dengan ujung mengecil yang memudahkan pergerakan bulu sikat untuk menjangkau seluruh permukaan gigi hingga ke bagian terujung. Pastikan pegangannya cukup panjang sehingga memudahkan Anda untuk menggerakkannya. Segera ganti jika kepala sikat terasa tidak nyaman atau terlalu besar di dalam mulut Anda. Untuk anak, pilih sikat gigi yang sesuai dengan usia dan ukuran mulutnya. Jenis bulu sikat. Pada label sikat gigi, sering tertulis pilihan soft, medium, atau hard. Pilih yang mana? Tergantung kekuatan Anda menyikat dan kekuatan gigi Anda. Ujung bulu sikat yang terlalu kasar/keras dapat merusak gusi, akar, dan lapisan pelindung gigi, terutama jika Anda menyikat gigi terlalu kencang. Sikat gigi elektrik? Sikat gigi elektrik dapat menjadi solusi untuk orang tertentu seperti pengidap artritis atau keterbatasan/kekakuan pada tangan, lengan, atau pundaknya. Anda juga [...]

Hati-hati! Makanan Beku Tidak Bisa Diproses Sembarangan

Hati-hati! Makanan Beku Tidak Bisa Diproses Sembarangan

Tidak perlu lagi belanja keperluan dapur tiap hari karena makanan beku selalu siap menemani Anda beraktivitas di dapur. Sangat Praktis. Itulah keuntungannya membeli makanan beku dalam kemasan atau menyimpan makanan di freezer. Kapan saja Anda ingin memasak, makanan beku siap diproses, meski telah disimpan berhari-hari. Makanan beku memang praktis digunakan. Namun banyak yang tidak mengetahui cara memproses makanan beku dengan benar. Salah memproses, Anda bisa keracunan makanan. Cara Mencairkan Makanan Beku Ada berbagai cara untuk mencairkan (melunakkan) makanan beku agar siap diproses menjadi hidangan yang lezat. Direndam di air dingin. Makanan beku, terutama yang berada dalam kemasan, bisa dicairkan menggunakan air dingin. Rendam kemasan di mangkok atau panci berisi air dingin. Ganti air tiap 30 menit hingga makanan benar-benar mencair dan siap untuk diproses di dapur. Disimpan di kulkas seharian. Mencairkan di kulkas memang membutuhkan waktu lama, namun ini merupakan cara termudah dan terhigienis. Butuh waktu seharian penuh atau bahkan lebih untuk mencairkan makanan beku seperti daging. Maka dari itu, Anda harus merencanakannya sebelum memasak. Misalnya Anda ingin memasak d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *