Menghilangkan Komedo yang Mengganggu Penampilan

Menghilangkan-Komedo-yang-Mengganggu-Penampilan-alodokter.jpg

Kulit wajah yang mulus merupakan idaman tiap orang. Salah satu penghalang adalah kemunculan komedo. Lalu apa penyebab komedo dan bagaimana cara menghilangkan komedo?

Komedo tergolong sebagai jenis jerawat ringan yang biasa muncul pada wajah. Namun, ada juga kemungkinan komedo muncul pada leher, dada, punggung, lengan, atau bahu.

Cara Mengatasi Komedo

Komedo terbentuk lantaran adanya penyumbatan akibat sel kulit mati dan minyak pada pori-pori. Komedo ada yang berwarna putih karena tertutup kulit, namun bisa juga berwarna hitam karena terbuka.

Meski tidak terasa sakit, komedo tetap saja dapat mengganggu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan komedo, yaitu:

  • Perawatan mandiri dengan produk bebas.

Untuk mengatasi komedo, tersedia beragam produk yang dapat dibeli secara bebas. Mulai dari bentuk gel, krim, atau plester yang langsung ditempelkan pada kulit. Cara kerja produk tersebut adalah dengan membunuh bakteri, mengurangi kelebihan minyak, dan mendorong kulit untuk melepas sel kulit mati.

  • Obat-obatan dengan pengawasan dokter.

Dokter akan memberikan obat yang lebih kuat yang mampu mencegah pembentukan sumbatan dan mempercepat proses pergantian sel kulit. Terhadap komedo yang diiringi jerawat atau kista jerawat, dokter kemungkinan akan memberikan kombinasi antibiotik atau obat lain.

  • Menggunakan komedo ekstraktor.

Proses ini dilakukan oleh dokter spesialis kulit atau dermatologis dengan menggunakan alat komedo ekstraktor yang ditekan ke pori-pori agar sumbatan tersebut keluar. Beberapa kemungkinan risiko yang dihadapi dari langkah ini, seperti proses ekstraksi yang tidak tuntas, kerusakan jaringan, jaringan parut, hingga komedo yang muncul kembali.

Selain tiga cara umum di atas, ada juga beberapa teknik lain yang membutuhkan peralatan dan bahan-bahan kimia dengan spesifikasi khusus, antara lain:

  • Pengelupasan kulit dengan bahan kimia.

Pada proses ini, lapisan teratas kulit akan dikelupas, sehingga bagian kulit yang lebih halus yang berada di bawahnya akan terbuka. Pengelupasan kulit semacam ini otomatis membantu melepas sumbatan penyebab komedo, sekaligus sel kulit mati.

  • Teknik mikrodermabrasi.

Dengan teknik ini, dokter menggunakan alat khusus untuk mengelupas lapisan terluar kulit. Proses ini akan mengangkat sumbatan pada komedo.

  • Terapi laser dan cahaya (light and laser therapy).

Dengan memanfaatkan alat yang mengeluarkan sinar cahaya dan laser yang kuat, hingga langsung ke bagian dasar kulit. Teknik ini mampu menyingkirkan komedo dan jerawat, tanpa merusak bagian atas kulit. Sekaligus efektif menurunkan produksi minyak atau membunuh bakteri.

Faktor Pemicu

Komedo bagi sebagian orang dapat muncul dengan mudah pada wajah seseorang, sementara sebagian lagi tidak demikian.

Beberapa faktor pendukung membuat seseorang menjadi lebih rentan mengalami komedo, antara lain produksi minyak tubuh berlebihan, sekaligus membuat wajah berminyak, penumpukan bakteri penyebab jerawat (propionibacterium acnes) pada kulit, atau iritasi folikel rambut karena terhambatnya pelepasan sel kulit mati. Obat-obatan tertentu juga dapat memengaruhi pertumbuhan komedo dan jerawat, termasuk kortikosteroid, litium, dan androgen.

Beberapa jenis produk kulit serta rambut kemungkinan berisiko menghambat pori-pori juga, sehingga menyebabkan komedo. Faktor genetika juga dapat menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami komedo.

Selain itu, komedo juga cenderung lebih banyak dialami oleh seseorang yang mengalami perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, masa remaja atau wanita yang mengonsumsi pil KB. Makanan atau minuman produk susu atau makanan kaya karbohidrat, belum terbukti dapat memicu komedo atau jerawat.

Bagaimana Cara Merawat Diri yang Baik?

Untuk menghilangkan komedo atau mencegah terbentuknya komedo kembali, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

  • Jaga kulit tetap bersih. Cuci muka dengan sabun yang lembut dua kali sehari.
  • Hindari produk yang dapat menghambat pori-pori. Pilih produk dengan label ?noncomedogenic? atau tidak menimbulkan komedo.
  • Rambut berminyak juga dapat memengaruhi kondisi kulit wajah. Jika perlu, cuci bersih rambut Anda tiap hari.
  • Gunakan produk berupa masker atau scrub yang dapat mengelupas sel kulit mati pada wajah. Pilih yang lembut di wajah.
  • Perhatikan label untuk cara penggunaan tepat ketika memakai produk bebas untuk mengatasi komedo.
  • Jika penggunaan produk bebas untuk komedo tidak menunjukkan hasil membaik setelah 3 bulan, segera konsultasikan dengan dokter.

Komedo jelas dapat mengganggu penampilan, meski begitu sebelum melakukan perawatan kulit untuk mengatasinya, coba konsultasikan kepada dokter untuk mencegah alergi atau kondisi yang tidak diinginkan lainnya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami

Memiliki bibir merah merona yang alami menjadi salah satu impian sebagian wanita. Lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk memerahkan bibir secara alami. Bibir merupakan bagian kulit yang unik karena tidak dilengkapi kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembapannya. Bibir juga lebih tipis dari kulit lainnya sehingga memungkinkan pembuluh darah yang ada di bagian ini terlihat. Kehadiran pembuluh darah yang mudah terlihat inilah yang membuat bibir memiliki warna merah nan indah. Jika tidak dirawat dengan baik, bibir dapat menjadi kering, kasar, hingga pecah-pecah. Hal tersebut dapat membuat bibir terlihat kusam. Langkah-langkah Untuk Memerahkan Bibir Secara Alami Memerahkan bibir secara alami bisa dilakukan dengan memerhatikan beberapa hal berikut. Menggosok bibir Membuang kulit bibir yang terkelupas bisa dilakukan untuk mendapatkan bibir merah alami. Oleskan setetes gula atau madu pada bibir, kemudian gosok perlahan. Setelah selesai menggosok, sekalah hingga kering. Setelah itu, oleskanlah lip balm pada bibir. Membuang sel-sel mati berupa kulit yang terkelupas akan membuat sel-sel epidermis membantu merangsang pertumbuhan kolagen baru. Tumbuhnya kolagen baru bermanfaa [...]

Makanan dan Minuman yang Justru Memicu Dehidrasi

Makanan dan Minuman yang Justru Memicu Dehidrasi

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membuat tubuh sering ingin buang air kecil berisiko menyebabkan dehidrasi. Mengurangi konsumsi air minum agar tidak terlalu sering buang air kecil? Anda salah besar. Kurang mengonsumsi air minum justru akan menyebabkan gangguan pada saluran kemih. Tingginya frekuensi buang air kecil dapat terpicu oleh konsumsi zat atau unsur tertentu di dalam makanan dan minuman. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa membuat tubuh lebih sering buang air kecil: Cokelat. Hindari mengonsumsi cokelat menjelang waktu tidur. Beralih ke cokelat putih lebih dapat mengurangi risiko buang air kecil. Buah-buahan yang bersifat asam, seperti anggur, jeruk, lemon, dan nanas. Buah-buahan yang lain, seperti pisang dan apel juga berpeluang menambah produksi urine. Tomat serta semua makanan dan minuman yang berbahan dasar tomat, seperti jus tomat, sambal tomat, dan saus tomat. Cabai dan semua makanan pedas dapat menyebabkan gangguan pada kandung kemih. Gula dan pemanis buatan yang banyak terkandung dalam makanan serta minuman ringan. Bawang bombai, bawang putih, peterseli, serta daun bawang yang ditumis lebih tidak berisiko dibandingkan bawan [...]

Jangan Salah, Kandungan dan Manfaat Buah Nanas Ada Banyak

Jangan Salah, Kandungan dan Manfaat Buah Nanas Ada Banyak

Buah nanas ternyata mengandung banyak zat yang dapat berguna untuk tubuh. Salah satunya adalah bromelain, yang diduga bersifat antiinflamasi atau anti pembengkakan, dan beberapa nutrisi lain. Bromelain dipercaya turun temurun untuk meredakan pembengkakan sinus dan saluran pencernaan, sebagai pembersih luka bakar, pencegah penyakit paru-paru basah, membuat tubuh langsing, bahkan mencegah kanker. Apakah semua pendapat diatas benar? Bagaimana penelitian membuktikan kandungan dan manfaat nanas? Ada baiknya kita mengetahui hal-hal ini agar tidak salah kaprah. Kandungan Nutrisi di Dalam Sebuah Nanas Buah tropical ini banyak mengandung vitamin C. Dalam 3,5 ons buah nanas terdapat 47,8 mg vitamin C. Selain itu juga mengandung vitamin B, berbagai mineral seperti mangan, dan serat. Buah nanas adalah satu-satunya sumber bromelain, yaitu enzim proteolitik yang banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Sampai saat ini, tidak ada satu pun penelitian ilmiah yang dapat memastikan apakah bromelain benar-benar berguna sebagai pengobatan. Nanas dapat dijadikan jus, di mana 200 ml jus nanas mengandung sekitar 25 mg vitamin C. Ini cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C p [...]

Deretan Manfaat Terapi Akupuntur untuk Kesehatan

Deretan Manfaat Terapi Akupuntur untuk Kesehatan

Terapi pengobatan akupuntur menggunakan jarum-jarum yang ditusukkan pada titik-titik yang tersebar di seluruh tubuh. Benarkah akupuntur bisa digunakan sebagai terapi untuk mengatasi penyakit? Dalam akupuntur, terapis akan menargetkan beberapa titik khusus di tubuh. Ini didasarkan pada kepercayaan Tiongkok yang menyebutkan akan adanya aliran energi yang dikenal dengan sebutan Qi. Penyakit bisa muncul jika aliran Qi terhambat. Lewat penusukan di titik-titik tertentu, akupuntur bisa menjadi salah satu terapi untuk melancarkan aliran Qi sekaligus mengobati berbagai penyakit. Kaitan Titik Akupuntur dengan Dampaknya kepada Kesehatan Di tubuh tiap manusia dipercaya terdapat lebih dari 400 titik akupuntur yang jika distimulasi akan merespons organ atau bagian tubuh tertentu dan menimbulkan efek terapeutik. Contohnya, ada 21 titik akupuntur yang dipercaya memengaruhi organ limpa, 19 yang berkaitan dengan usus kecil, 67 titik yang memengaruhi kerja kandung kemih, dan 9 titik akupuntur pada jantung. Titik-titik inilah yang ditargetkan oleh akupunturis selama sesi perawatan karena sakit dipercaya disebabkan oleh adanya aliran Qi yang terhalang. Namun ternyata keberadaan titik-titik akupuntur [...]

Vagina Berdarah setelah Berhubungan Seksual

Vagina Berdarah setelah Berhubungan Seksual

Pernahkah Anda mendapati bercak darah saat atau usai melakukan hubungan seksual? Jika iya, Anda sebaiknya ke dokter karena pendarahan bisa menjadi penanda terkena penyakit menular seksual atau bahkan kanker serviks. Namun, Anda tidak perlu khawatir berlebihan sebelum memeriksakan diri ke dokter karena ada pula kondisi vagina berdarah yang biasa terjadi dan tidak membahayakan. Oleh karena itu, mari kenali perbedaannya. Pendarahan pada vagina saat atau usai berhubungan seksual bisa terjadi ketika Anda sedang mulai menstruasi. Tidak kenal usia, pendarahan bisa terjadi pada wanita muda atau yang sudah berumur. Selain menstruasi, berikut ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan vagina berdarah saat atau usai berhubungan seksual. Gesekan selama berhubungan seksual. Kurangnya cairan lubrikasi. Baru pertama kali berhubungan seksual. Ektropion serviks. Suatu kondisi pada permukaan leher rahim. Kondisi ini sering terjadi pada wanita muda, ibu hamil, dan wanita yang mengonsumsi pil kontrasepsi. Kondisi ini tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya. Namun ada pula yang membutuhkan perawatan. Ektropion serviks tidak ada hubungannya dengan kanker. Radang serviks. Luka genital aki [...]

Aneka Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Mengonsumsi teh tentu tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Minuman yang biasa dikonsumsi pagi atau sore ini, ternyata memiliki ragam jenis, termasuk teh hitam. Namun, apakah manfaat teh hitam dan seberapa banyak konsumsi yang dianjurkan? Teh hitam berasal dari jenis Camellia sinensis. Jika teh hijau mensyaratkan daun teh segera dikeringkan dan dilanjutkan dengan proses kukus (steam) tidak lama setelah dipetik, maka untuk menghasilkan teh hitam, daun teh akan dibiarkan menjadi berwarna cokelat melalui proses oksidasi sempurna sehingga menghasilkan rasa dan warna khas. Apa Manfaat Teh Hitam? Walau belum terbukti penuh secara medis, berikut adalah kemungkinan manfaat teh hitam untuk kesehatan tubuh, antara lain : Meningkatkan kewaspadaan sekaligus menambah kemampuan otak saat belajar, mengingat, serta memproses informasi. Meringankan kondisi tekanan darah rendah setelah makan. Mencegah pembentukan batu ginjal Mencegah penyakit jantung, termasuk menghindari proses penyempitan pembuluh arteri (aterosklerosis) hingga serangan jantung. Mencegah penyakit Parkinson. Menekan risiko kanker ovarium. Teh hitam mungkin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan polifenol [...]

Manfaat Pijat Refleksi Tangan Bagi Kesehatan

Manfaat Pijat Refleksi Tangan Bagi Kesehatan

Sebagian orang percaya bahwa pijat refleksi dapat membuat tubuh terasa lebih segar, bahkan pijat refleksi di beberapa bagian seperti tangan atau kaki dipercaya mewakili bagian organ tubuh lainnya. Pijat refleksi merupakan terapi alternatif yang dilakukan di beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki, atau telinga. Di mana pemijatan di bagian-bagian ini dipercaya dapat mengurangi masalah kesehatan beberapa bagian tubuh lainnya dan dipercaya dapat membuat seseorang merasa lebih baik. Pijat refleksi dapat dilakukan dengan menggunakan bagian jari, jempol, atau menggunakan alat bantu pijat refleksi. Berikut ini adalah beberapa bagian pijat refleksi tangan yang mudah dan dapat Anda praktikkan sendiri di rumah. Kepala Pijat bagian atas jari-jari tangan Anda untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Bagian ini dipercaya berkaitan dengan kelenjar hipotalamus, pineal, dan pituitari yang letaknya ada di bagian otak. Selain itu, pemijatan di bagian ini juga dipercaya dapat membantu dalam meringankan sinus dan dipercaya dapat mengatasi pusing karena dipercaya mewakili bagian kepala. Leher dan tenggorokanArea pangkal jempol hingga lipat ibu jari di samping jari telunjuk dipercaya berhubun [...]

Memilih Alat Bantu Dengar Yang Sesuai

Memilih Alat Bantu Dengar Yang Sesuai

Alat bantu dengar merupakan salah satu solusi bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran. Indera pendengaran merupakan salah satu pendukung aktifitas sosial, sehingga gangguan pendengaran bisa berdampak buruk kepada relasi sosial, komunikasi, pengendalian emosi, serta kinerja pribadi secara umum. Alat bantu dengar memang tidak mengembalikan pendengaran Anda menjadi normal, namun alat ini dapat memperkuat penerimaan suara yang kurang jelas dan mengurangi suara latar yang keras. Berkat alat ini, Anda bisa mendengar dengan lebih baik. Terdapat beragam jenis alat bantu dengar, tapi manakah yang sesuai untuk Anda? Alat bantu dengar, seperti namanya, merupakan perangkat elektronik yang memungkinkan seseorang dengan gangguan pendengaran dapat mendengar dan berkomunikasi dengan lebih baik. Alat ini terdiri dari sebuah microphone, amplifier, dan speaker. Suara akan masuk melalui microphone yang kemudian mengubahnya menjadi sinyal elektrik dan mengirimnya ke amplifier. Selanjutnya, amplifier bertugas meningkatkan kekuatan sinyal dan mengirim suara ke telinga melalui speaker. Cara Kerja Alat Bantu Dengar Secara umum, terdapat dua cara kerja alat bantu dengar, yaitu secara digital dan a [...]

Memetik Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Memetik Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh telah diperbincangkan sejak berabad-abad lalu. Penelitian yang dilakukan dalam beberapa dekade terakhir menunjukkan bahwa teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi. Teh hijau berasal dari jenis tumbuhan Camellia sinensis. Minuman ini awalnya berasal dari Tiongkok. Teh hijau bisa disajikan dalam keadaan panas, dingin, dicampur madu, atau dijadikan teh tubruk tanpa gula. Apa Kandungan Teh Hijau Selain rasanya yang nikmat, teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri memiliki kegunaan dalam melawan radikal bebas yang berkeliaran dalam tubuh. Radikal bebas berlebih dapat merusak bahkan membunuh sel-sel tubuh, sehingga bisa menyebabkan penuaan dini, kanker, dan penyakit-penyakit lain. Senyawa katekin yang dikandung teh hijau memiliki kekuatan berlipat dibanding vitamin C dan vitamin E dalam menghentikan kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh. Teh hijau juga mengandung vitamin B, asam folat, mangan, kalium, magnesium, dan kafein. Inilah Manfaatnya Bagi Kesehatan Manfaat teh hijau dalam mengatasi penyakit belum ada yang sepenuhnya terbukti kuat. Namun, tidak ada salahnya mengonsumsi teh hijau secara teratur dan da [...]

Cara Memilih Daging dan Seafood Segar

Cara Memilih Daging dan Seafood Segar

Apakah Anda bosan dengan ayam sebagai sumber protein? Jangan khawatir, ada beragam jenis daging dan seafood atau makanan laut yang bisa Anda coba. Kandungan nutrisinya pun sangat bermanfaat untuk tubuh Anda. Hanya saja untuk memilih daging dan seafood ini tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar terhindar dari produk yang dapat berisiko untuk kesehatan. Cermat Melihat Ciri Daging Segar Kelompok makanan daging tidak hanya sapi dan ayam, tapi juga termasuk berbagai jenis unggas lain dan seafood. Daging memiliki beragam kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti protein, vitamin, dan mineral. Sebaiknya pilih daging dengan lemak yang paling sedikit. Lemak dapat dilihat seperti garis putih pada daging. Untuk mengenali daging segar, ada baiknya Anda mengetahui lebih lanjut indikator kualitas daging secara keseluruhan, antara lain: Bau Daging yang segar dari jenis hewan manapun hampir tidak berbau. Ketika dilakukan pengemasan, kemungkinan akan timbul sedikit bau yang berasal dari kelembapan daging dari kemasan. Oleh sebab itu, daging yang tidak segar ditandai dengan bau tidak sedap karena penurunan kualitas protein. Bau yang hampir seperti amonia merup [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *