Menghilangkan Komedo yang Mengganggu Penampilan

Menghilangkan-Komedo-yang-Mengganggu-Penampilan-alodokter.jpg

Kulit wajah yang mulus merupakan idaman tiap orang. Salah satu penghalang adalah kemunculan komedo. Lalu apa penyebab komedo dan bagaimana cara menghilangkan komedo?

Komedo tergolong sebagai jenis jerawat ringan yang biasa muncul pada wajah. Namun, ada juga kemungkinan komedo muncul pada leher, dada, punggung, lengan, atau bahu.

Cara Mengatasi Komedo

Komedo terbentuk lantaran adanya penyumbatan akibat sel kulit mati dan minyak pada pori-pori. Komedo ada yang berwarna putih karena tertutup kulit, namun bisa juga berwarna hitam karena terbuka.

Meski tidak terasa sakit, komedo tetap saja dapat mengganggu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan komedo, yaitu:

  • Perawatan mandiri dengan produk bebas.

Untuk mengatasi komedo, tersedia beragam produk yang dapat dibeli secara bebas. Mulai dari bentuk gel, krim, atau plester yang langsung ditempelkan pada kulit. Cara kerja produk tersebut adalah dengan membunuh bakteri, mengurangi kelebihan minyak, dan mendorong kulit untuk melepas sel kulit mati.

  • Obat-obatan dengan pengawasan dokter.

Dokter akan memberikan obat yang lebih kuat yang mampu mencegah pembentukan sumbatan dan mempercepat proses pergantian sel kulit. Terhadap komedo yang diiringi jerawat atau kista jerawat, dokter kemungkinan akan memberikan kombinasi antibiotik atau obat lain.

  • Menggunakan komedo ekstraktor.

Proses ini dilakukan oleh dokter spesialis kulit atau dermatologis dengan menggunakan alat komedo ekstraktor yang ditekan ke pori-pori agar sumbatan tersebut keluar. Beberapa kemungkinan risiko yang dihadapi dari langkah ini, seperti proses ekstraksi yang tidak tuntas, kerusakan jaringan, jaringan parut, hingga komedo yang muncul kembali.

Selain tiga cara umum di atas, ada juga beberapa teknik lain yang membutuhkan peralatan dan bahan-bahan kimia dengan spesifikasi khusus, antara lain:

  • Pengelupasan kulit dengan bahan kimia.

Pada proses ini, lapisan teratas kulit akan dikelupas, sehingga bagian kulit yang lebih halus yang berada di bawahnya akan terbuka. Pengelupasan kulit semacam ini otomatis membantu melepas sumbatan penyebab komedo, sekaligus sel kulit mati.

  • Teknik mikrodermabrasi.

Dengan teknik ini, dokter menggunakan alat khusus untuk mengelupas lapisan terluar kulit. Proses ini akan mengangkat sumbatan pada komedo.

  • Terapi laser dan cahaya (light and laser therapy).

Dengan memanfaatkan alat yang mengeluarkan sinar cahaya dan laser yang kuat, hingga langsung ke bagian dasar kulit. Teknik ini mampu menyingkirkan komedo dan jerawat, tanpa merusak bagian atas kulit. Sekaligus efektif menurunkan produksi minyak atau membunuh bakteri.

Faktor Pemicu

Komedo bagi sebagian orang dapat muncul dengan mudah pada wajah seseorang, sementara sebagian lagi tidak demikian.

Beberapa faktor pendukung membuat seseorang menjadi lebih rentan mengalami komedo, antara lain produksi minyak tubuh berlebihan, sekaligus membuat wajah berminyak, penumpukan bakteri penyebab jerawat (propionibacterium acnes) pada kulit, atau iritasi folikel rambut karena terhambatnya pelepasan sel kulit mati. Obat-obatan tertentu juga dapat memengaruhi pertumbuhan komedo dan jerawat, termasuk kortikosteroid, litium, dan androgen.

Beberapa jenis produk kulit serta rambut kemungkinan berisiko menghambat pori-pori juga, sehingga menyebabkan komedo. Faktor genetika juga dapat menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami komedo.

Selain itu, komedo juga cenderung lebih banyak dialami oleh seseorang yang mengalami perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, masa remaja atau wanita yang mengonsumsi pil KB. Makanan atau minuman produk susu atau makanan kaya karbohidrat, belum terbukti dapat memicu komedo atau jerawat.

Bagaimana Cara Merawat Diri yang Baik?

Untuk menghilangkan komedo atau mencegah terbentuknya komedo kembali, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

  • Jaga kulit tetap bersih. Cuci muka dengan sabun yang lembut dua kali sehari.
  • Hindari produk yang dapat menghambat pori-pori. Pilih produk dengan label ?noncomedogenic? atau tidak menimbulkan komedo.
  • Rambut berminyak juga dapat memengaruhi kondisi kulit wajah. Jika perlu, cuci bersih rambut Anda tiap hari.
  • Gunakan produk berupa masker atau scrub yang dapat mengelupas sel kulit mati pada wajah. Pilih yang lembut di wajah.
  • Perhatikan label untuk cara penggunaan tepat ketika memakai produk bebas untuk mengatasi komedo.
  • Jika penggunaan produk bebas untuk komedo tidak menunjukkan hasil membaik setelah 3 bulan, segera konsultasikan dengan dokter.

Komedo jelas dapat mengganggu penampilan, meski begitu sebelum melakukan perawatan kulit untuk mengatasinya, coba konsultasikan kepada dokter untuk mencegah alergi atau kondisi yang tidak diinginkan lainnya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Stamina Prima Berkat Makanan Mengandung Zat Besi

Stamina Prima Berkat Makanan Mengandung Zat Besi

Iklan suplemen zat besi sering kali tampil di berbagai media. Memang zat besi merupakan mineral yang penting agar stamina tubuh maksimal setiap hari, meskipun suplemen harus dikonsumsi secara hati-hati. Sebenarnya ada banyak pilihan makanan mengandung zat besi yang mampu mencukupi kebutuhan tersebut. Salah satu guna utama zat besi adalah memproduksi sel darah merah yang akan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan seseorang merasa lemah, letih dan lebih sensitif karena tubuh mengalami kekurangan oksigen akibat dari penurunan produksi sel darah merah. Sumber-sumber Makanan yang Dapat Menjadi Pilihan Makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat mencukupi kebutuhan zat besi harian Anda. Hanya saja, ada beberapa pilihan yang diketahui kaya akan zat besi dibanding makanan lain. Anda dapat mengonsumsi makanan mengandung zat besi, seperti beragam jenis biji-bijian, kacang-kacangan, kismis, beras merah, tepung dari kedelai, sayur-sayuran berwarna hijau gelap serta sereal yang sudah difortifikasi dengan zat besi. Daging juga kaya kandungan zat besi. Selain itu, hati merupakan sumber makanan yang banyak mengandung zat besi. Namun, ibu hamil sebaiknya berhati- [...]

Amankah Mengonsumsi Pil Pelangsing?

Amankah Mengonsumsi Pil Pelangsing?

Pil pelangsing akan bekerja dengan baik jika dipadukan dengan gaya hidup sehat. Anda pernah mencoba mengonsumsi pil diet dengan harapan menurunkan berat badan dengan cepat? Berhati-hatilah karena selain berat badan bisa berisiko naik kembali setelah konsumsi dihentikan, pil tertentu kemungkinan mengandung bahan yang berbahaya bagi tubuh. Pada tahun 2010, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menarik enam merek obat diet dari pasaran karena mengandung sibutramin. Bahan ini mampu meningkatkan risiko gangguan kardiovaskular. Mengenali Kandungan dalam Pil Pelangsing Pil diet yang dijual bebas maupun diresepkan dokter tersedia dengan kandungan bahan dan efek yang berbeda. Sebelum membeli atau mengonsumsinya, pastikan obat tersebut terdaftar di BPOM dan perhatikan nama kandungan yang tertera pada kemasan pil. Berikut ini adalah beberapa bahan yang umumnya terkandung di dalam pil pelangsing. Bahan yang tergolong efektif Berikut ini adalah bahan-bahan yang umumnya terkandung di dalam berbagai produk pelangsing. Bahan-bahan ini diperkirakan efektif untuk menurunkan berat badan, namun bukan berarti tidak mengandung risiko. Orlistat Cara kerja: mengurangi kadar lemak yang diserap oleh tubu [...]

Perut Terlihat Kencang Berkat Manfaat Sit Up

Perut Terlihat Kencang Berkat Manfaat Sit Up

Anggapan bahwa manfaat sit up dapat mengecilkan perut sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Sit up memang dapat memperbaiki bentuk perut, namun dengan cara mengencangkan otot-otot perut. Sit up merupakan olahraga yang melatih beragam otot. Tidak hanya otot perut, namun juga termasuk dada, panggul, pinggang bagian bawah dan leher. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari melakukan sit up secara teratur, antara lain: Membakar lebih banyak kalori. Secara metabolik, sel otot lebih aktif dibandingkan sel lemak sehingga lebih banyak membakar kalori. Rutinitas melakukan gerakan sit up dapat membantu tubuh membangun otot sehingga dalam jangka panjang akan membakar kalori lebih banyak. Memperbaiki keseimbangan tubuh. Sit up sebagai salah satu olahraga yang melatih otot di bagian panggul, pinggang, dan perut akan mendukung keseimbangan tubuh saat beraktivitas. Memperbaiki postur tubuh. Sebagai salah satu bentuk latihan otot perut, sit up efektif dalam memperbaiki postur tubuh sekaligus membantu mengatasi sakit pinggang bawah dan cedera otot. Postur tubuh yang fit dapat mempermudah aktifitas sehari-hari, mulai dari mengambil benda di tempat tinggi atau naik-turun tangga. Memperindah be [...]

Tujuh Manfaat Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tujuh Manfaat Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lemon yang mengandung vitamin C dianggap sebagai buah yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Selain mengandung vitamin C, lemon juga mengandung bioflavonoid yang menjadi salah satu bentuk antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas . Tidak hanya mengandung 51 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh, lemon juga mengandung serat, protein, kalsium, dan masih banyak mineral lainnya. Dengan kandungan vitamin dan mineralnya, lemon memberikan manfaat yang cukup banyak bagi tubuh. Manfaat Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan Untuk mendapatkan manfaat lemon, Anda bisa dengan langsung mengonsumsinya atau dengan menambahkan beberapa bahan lainnya. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan manfaat lemon lainnya bagi kesehatan. Meningkatkan daya tahan tubuh. Kenapa bisa membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh? Karena lemon mengandung vitamin C dengan kandungan yang tinggi dan bioflavonoid. Anda juga bisa terhindar dari flu jika mengonsumsi buah ini. Melawan radikal bebas. Dengan mengonsumsi lemon baik diolah menjadi jus atau dimakan begitu saja dapat memberikan vitamin c dan antioksidan yang dapat membantu melawan penyebab kanker yaitu unsur-unsur radikal bebas. Mence [...]

Melacak Penyebab Gangguan Ereksi

Melacak Penyebab Gangguan Ereksi

Reaksi dari pria yang mengalami gangguan ereksi biasanya merasa malu. Bahkan banyak yang merasa segan untuk berkonsultasi kepada ahli medis tentang kondisinya. Padahal gangguan tersebut bisa diatasi jika diketahui penyebabnya. Terdapat tiga kondisi yang bisa menjadi tanda-tanda terjadinya gangguan ereksi, yaitu ereksi yang kurang kokoh sehingga tidak dapat melakukan hubungan seksual, ereksi yang kurang lama, atau ereksi yang terjadi lebih sering dari biasanya. Mencari tahu Asal Gangguan Memicu gairah seksual pria merupakan proses yang tidak sederhana. Proses tersebut melibatkan otak, saraf, otot, pembuluh darah, hormon, dan emosi. Gangguan ereksi biasanya terjadi jika hal-hal tersebut mengalami masalah. Bahkan ada kemungkinan penyebabnya merupakan kombinasi dari beberapa kondisi. Berikut beberapa kemungkinan penyebab terjadinya gangguan ereksi : Pemicu fisik Gangguan ereksi kerap dipicu oleh penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, penyumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis), diabetes, obesitas, sindrom metabolisme, penyakit Peyronie (perkembangan jaringan parut di dalam penis) dan gangguan tidur. Beberapa kondisi lain yang juga diketahui dapat meny [...]

Melihat Lebih Jauh tentang Manfaat Vitamin A

Melihat Lebih Jauh tentang Manfaat Vitamin A

Selama ini masyarakat mengenal manfaat vitamin A sebagai substansi yang banyak memiliki manfaat untuk mata. Namun sebenarnya selain membantu indera penglihatan, vitamin A juga memiliki deretan fungsi lain yang tak kalah penting bagi tubuh. Vitamin A terdiri dari dua jenis yaitu retinoid yang berasal dari produk hewani dan beta karoten yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Selain bermanfaat untuk mata, ternyata substansi ini juga bisa menjaga kekebalan sekaligus pertumbuhan tubuh. Beragam Fungsi Konsumsi vitamin A yang mencukupi akan membantu penglihatan lebih optimal ketika cahaya sedang minim. Selain itu, manfaat vitamin A adalah mendukung sistem imunitas tubuh bekerja lebih optimal dalam menghalau infeksi. Vitamin ini juga menjaga kulit tetap sehat. Salah satu jenis vitamin A, retinoid dikenal sebagai kandungan dari obat yang diresepkan dokter untuk mengatasi jerawat dan gangguan kulit lain, seperti keriput. Obat itu dapat dapat digunakan dengan dioleskan di area tubuh tertentu atau secara oral atau diminum. Vitamin A juga dapat yang diberikan secara oral untuk sakit campak dan mata kering bagi mereka yang kekurangan vitamin A. Sumber Vitamin A Sebagian besar kebutuhan vitamin A i [...]

Sisi Positif dan Negatif Masturbasi

Sisi Positif dan Negatif Masturbasi

Ada banyak klaim yang menyebut bahwa masturbasi dapat menyebabkan jerawat, memengaruhi produksi sperma, hingga kegilaan. Benarkah? Ternyata masturbasi merupakan aktivitas seksual yang paling sering dilakukan di dunia ini. Sebuah studi menunjukkan bahwa sekitar 89 persen wanita dan 95 persen pria pernah melakukannya. Masturbasi adalah tindakan merangsang diri sendiri atau orang lain dengan cara menyentuh, meraba, atau memijat organ kelamin sendiri. Tujuannya untuk mencapai kesenangan dan sensasi seperti yang dirasakan seperti saat mencapai orgasme atau klimaks pada hubungan seksual. Pria umumnya melakukannya dengan meraba penis, sementara wanita menyentuh dan memainkan klitoris serta area di sekitar vagina. Klitoris adalah tonjolan kecil pada bagian depan jalan masuk ke vagina. Sebagian besar wanita membutuhkan stimulasi klitoris untuk mencapai klimaks dalam berhubungan seksual. Klitoris memang adalah bagian yang sangat sensitif sehingga dapat mendatangkan perasaan yang kuat dan kepuasan seksual. Normalkah Melakukan Masturbasi? Dahulu masturbasi sempat disebut sebagai tanda ketidaksehatan mental. Namun kini masturbasi dipahami sebagai pilihan personal dan tergolong aktivitas norma [...]

Beragam Manfaat Vitamin B bagi Kesehatan

Beragam Manfaat Vitamin B bagi Kesehatan

Vitamin B memegang peranan penting bagi tubuh. Zat ini bisa membantu pertumbuhan, perkembangan serta fungsi tubuh lainnya. Mengingat manfaat vitamin B bagi tubuh, maka Anda harus selalu menyertakan zat ini dalam pola makan harian Anda. Ingin tahu apa saja manfaat vitamin B? Ini dia penjelasannya! Jenis-jenis Vitamin B dan Manfaatnya Jenis vitamin B ada delapan, yaitu vitamin B1 (thiamine), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 (pantothenic acid), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B7 (biotin), vitamin B9 (folic acid), dan vitamin B12 (cobalamin). Jika digabungkan, kedelapan zat ini dinamakan vitamin B kompleks. Berikut penjelasan lebih detail mengenai vitamin B. Vitamin B1 (thiamine). Selain menjaga sistem saraf Anda tetap sehat, vitamin ini diperlukan dalam mengubah makanan yang Anda konsumsi menjadi energi. Untuk mendapatkan manfaat itu, Anda bisa mengonsumsi makanan kaya vitamin B1 seperti telur, susu, roti gandum, daging sapi, buah-buahan segar dan kering, serta sayuran seperti kacang polong. Tiap harinya tubuh Anda membutuhkan asupan vitamin B1 sebanyak 1 mg untuk pria atau 0,8 mg untuk wanita. Jumlah ini mudah didapatkan dari makanan sehari-hari sehingga bi [...]

Beragam Manfaat Mandi Air Hangat

Beragam Manfaat Mandi Air Hangat

Mandi air hangat tidak hanya bisa mengatasi dinginnya mandi di pagi hari. Mandi atau berendam air hangat dipercaya juga bisa membantu Anda meredakan nyeri, gatal, dan sakit di sekitar panggul atau organ intim. Ketika merasakan bagian perut atau panggul sakit, sebagian orang akan mengompres bagian yang sakit dengan kompres air hangat. Selain dengan kompres air hangat, cobalah untuk mandi atau berendam air hangat karena ternyata mandi air hangat tidak kalah pentingnya dalam memberikan manfaat. Manfaat Mandi Air Hangat Manfaat mandi air hangat dapat memperlancar peredaran darah Anda. Tidak hanya memberikan kehangatan, mandi air hangat juga bisa meredakan rasa gatal atau sakit di sekitar organ intim. Serta dapat menjadi salah satu cara membersihkan daerah perineum (daerah antara vulva (bibir kelamin luar) atau skrotum (kantung pelir) dan lubang anus). Berikut ini adalah kepercayaan banyak orang akan manfaat mandi air hangat lainnya yang perlu Anda ketahui, Sembelit. Kondisi di mana pergerakan usus tidak teratur, sehingga sulit untuk buang air besar dalam jangka waktu yang cukup lama. Sembelit bisa menimbulkan rasa tegang di sekitar perut. Mandi air hangat dipercaya dapat menjadi sa [...]

Polusi Udara di Dalam Mobil?

Polusi Udara di Dalam Mobil?

Berada di dalam mobil, Anda mungkin merasa diri Anda aman dari asap knalpot serta polusi yang beterbangan di luar mobil. Benarkah demikian? Environmental Protection Agency (EPA) menyatakan bahwa polusi di dalam ruangan 2-5 kali lebih tinggi dibandingkan polusi di luar ruangan, salah satunya adalah polusi yang tidak Anda sadari saat sedang berada di dalam mobil. Pada umumnya kita menghabiskan 2 jam atau lebih di dalam mobil tiap hari. Hasil penelitian yang diterbitkan jurnal Science of the Total Environment juga menyatakan bahwa paparan partikular berbahaya dan karbon hitam yang diderita pengendara mobil pribadi juga lebih tinggi dibandingkan pengendara sepeda, pengguna kereta, dan bus. Penelitian juga menyebutkan bahwa tingkat polusi di tengah jalan bisa lebih tinggi dibandingkan di pinggir jalan atau di trotoar. Saat Anda berada di dalam mobil, Anda cenderung menghirup polusi dari asap knalpot kendaraan di depan Anda. Terutama jika kendaraan Anda dalam kondisi tertutup dan tidak memiliki pengaturan aliran pembuangan udara yang baik. Menurut International Center for Technology Assessment atau ICTA, konsentrasi karbonmonoksida dari asap knalpot ini dapat menyebabkan sakit kepala, [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *