Menghilangkan Komedo yang Mengganggu Penampilan

Menghilangkan-Komedo-yang-Mengganggu-Penampilan-alodokter.jpg

Kulit wajah yang mulus merupakan idaman tiap orang. Salah satu penghalang adalah kemunculan komedo. Lalu apa penyebab komedo dan bagaimana cara menghilangkan komedo?

Komedo tergolong sebagai jenis jerawat ringan yang biasa muncul pada wajah. Namun, ada juga kemungkinan komedo muncul pada leher, dada, punggung, lengan, atau bahu.

Cara Mengatasi Komedo

Komedo terbentuk lantaran adanya penyumbatan akibat sel kulit mati dan minyak pada pori-pori. Komedo ada yang berwarna putih karena tertutup kulit, namun bisa juga berwarna hitam karena terbuka.

Meski tidak terasa sakit, komedo tetap saja dapat mengganggu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan komedo, yaitu:

  • Perawatan mandiri dengan produk bebas.

Untuk mengatasi komedo, tersedia beragam produk yang dapat dibeli secara bebas. Mulai dari bentuk gel, krim, atau plester yang langsung ditempelkan pada kulit. Cara kerja produk tersebut adalah dengan membunuh bakteri, mengurangi kelebihan minyak, dan mendorong kulit untuk melepas sel kulit mati.

  • Obat-obatan dengan pengawasan dokter.

Dokter akan memberikan obat yang lebih kuat yang mampu mencegah pembentukan sumbatan dan mempercepat proses pergantian sel kulit. Terhadap komedo yang diiringi jerawat atau kista jerawat, dokter kemungkinan akan memberikan kombinasi antibiotik atau obat lain.

  • Menggunakan komedo ekstraktor.

Proses ini dilakukan oleh dokter spesialis kulit atau dermatologis dengan menggunakan alat komedo ekstraktor yang ditekan ke pori-pori agar sumbatan tersebut keluar. Beberapa kemungkinan risiko yang dihadapi dari langkah ini, seperti proses ekstraksi yang tidak tuntas, kerusakan jaringan, jaringan parut, hingga komedo yang muncul kembali.

Selain tiga cara umum di atas, ada juga beberapa teknik lain yang membutuhkan peralatan dan bahan-bahan kimia dengan spesifikasi khusus, antara lain:

  • Pengelupasan kulit dengan bahan kimia.

Pada proses ini, lapisan teratas kulit akan dikelupas, sehingga bagian kulit yang lebih halus yang berada di bawahnya akan terbuka. Pengelupasan kulit semacam ini otomatis membantu melepas sumbatan penyebab komedo, sekaligus sel kulit mati.

  • Teknik mikrodermabrasi.

Dengan teknik ini, dokter menggunakan alat khusus untuk mengelupas lapisan terluar kulit. Proses ini akan mengangkat sumbatan pada komedo.

  • Terapi laser dan cahaya (light and laser therapy).

Dengan memanfaatkan alat yang mengeluarkan sinar cahaya dan laser yang kuat, hingga langsung ke bagian dasar kulit. Teknik ini mampu menyingkirkan komedo dan jerawat, tanpa merusak bagian atas kulit. Sekaligus efektif menurunkan produksi minyak atau membunuh bakteri.

Faktor Pemicu

Komedo bagi sebagian orang dapat muncul dengan mudah pada wajah seseorang, sementara sebagian lagi tidak demikian.

Beberapa faktor pendukung membuat seseorang menjadi lebih rentan mengalami komedo, antara lain produksi minyak tubuh berlebihan, sekaligus membuat wajah berminyak, penumpukan bakteri penyebab jerawat (propionibacterium acnes) pada kulit, atau iritasi folikel rambut karena terhambatnya pelepasan sel kulit mati. Obat-obatan tertentu juga dapat memengaruhi pertumbuhan komedo dan jerawat, termasuk kortikosteroid, litium, dan androgen.

Beberapa jenis produk kulit serta rambut kemungkinan berisiko menghambat pori-pori juga, sehingga menyebabkan komedo. Faktor genetika juga dapat menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami komedo.

Selain itu, komedo juga cenderung lebih banyak dialami oleh seseorang yang mengalami perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, masa remaja atau wanita yang mengonsumsi pil KB. Makanan atau minuman produk susu atau makanan kaya karbohidrat, belum terbukti dapat memicu komedo atau jerawat.

Bagaimana Cara Merawat Diri yang Baik?

Untuk menghilangkan komedo atau mencegah terbentuknya komedo kembali, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

  • Jaga kulit tetap bersih. Cuci muka dengan sabun yang lembut dua kali sehari.
  • Hindari produk yang dapat menghambat pori-pori. Pilih produk dengan label ?noncomedogenic? atau tidak menimbulkan komedo.
  • Rambut berminyak juga dapat memengaruhi kondisi kulit wajah. Jika perlu, cuci bersih rambut Anda tiap hari.
  • Gunakan produk berupa masker atau scrub yang dapat mengelupas sel kulit mati pada wajah. Pilih yang lembut di wajah.
  • Perhatikan label untuk cara penggunaan tepat ketika memakai produk bebas untuk mengatasi komedo.
  • Jika penggunaan produk bebas untuk komedo tidak menunjukkan hasil membaik setelah 3 bulan, segera konsultasikan dengan dokter.

Komedo jelas dapat mengganggu penampilan, meski begitu sebelum melakukan perawatan kulit untuk mengatasinya, coba konsultasikan kepada dokter untuk mencegah alergi atau kondisi yang tidak diinginkan lainnya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tidak Perlu Bertubuh Lentur untuk Ikut Yoga

Tidak Perlu Bertubuh Lentur untuk Ikut Yoga

Ketika lelah dengan rutinitas harian yang membuat stres, Anda merasa butuh sebuah olah tubuh rutin yang tidak hanya menyehatkan, tapi juga membuat Anda lebih rileks. Yoga adalah jawabannya. Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik pelakunya. Postur atau rangkaian gerakan dan pernapasan adalah dua komponen utama yoga. Olah tubuh ini telah dipraktikkan sejak 5000 tahun lalu di India dan telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi. Sejuta Manfaat Yoga untuk Tubuh Tidak sekadar menjadi olah tubuh, yoga ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. Jika masih merasa enggan mempraktikkan yoga, mungkin daftar manfaat berikut ini dapat membuat Anda berubah pikiran. Sarana relaksasi. Berlatih yoga berarti membiasakan memfokuskan perhatian dan pernapasan. Sebagai hasilnya, sejumlah penelitian membuktikan bahwa yoga dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres, menjadikan mood lebih stabil. Yoga pun dapat membuat pelakunya mempersepsikan diri dengan lebih baik. Membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh. Gerakan-gerakan yoga dilakukan dengan meregangkan otot-otot, sehingga memudahkan pel [...]

Relaksasi Menyehatkan Dengan Sauna

Relaksasi Menyehatkan Dengan Sauna

Sauna adalah ruangan dengan suhu panas yang digunakan selama 15-20 menit agar tubuh mengeluarkan keringat serta mempercepat metabolisme. Sauna merupakan salah satu cara relaksasi tubuh yang diduga bermanfaat untuk jantung. Secara umum terdapat dua jenis sauna, yaitu sauna menggunakan infra merah dan sauna konvensional. Sauna konvensional menggunakan pemanas ruangan untuk memanaskan udara. Sementara itu, sauna dengan infra merah menggunakan energi cahaya untuk memanaskan suhu tubuh tanpa meningkatkan suhu udara. Berbagai material lainnya juga digunakan untuk sauna dengan infra merah, seperti serat karbon aktif, arang, dan material lain. Sauna dengan infra merah biasanya menghasilkan suhu yang lebih rendah dari sauna konvensional. Suhu dalam ruang sauna yang bisa mencapai 85�C dapat meningkatkan suhu kulit menjadi sekitar 40�C dalam beberapa menit saja. Karena suhu yang panas, tubuh akan memicu keluarnya keringat, bahkan meningkatkan denyut nadi hingga tiga kali lipat. Peningkatan denyut nadi memungkinkan jantung memompa darah hingga dua kali lipat jumlahnya. Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Sauna Sauna bermanfaat sebagai sarana relaksasi dari depre [...]

Pilihan Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

Pilihan Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

Memiliki bulu ketiak membuat penampilan menjadi kurang menarik bagi kebanyakan wanita. Lalu sebaiknya bagaimanakah cara menghilangkan bulu ketiak? Bulu ketiak biasanya mulai tumbuh pada awal masa pubertas. Bagi sebagian besar orang, bulu ketiak menjadi hal yang tidak diinginkan. Berbagai cara menghilangkan bulu ketiak pun dilakukan, seperti dicukur, waxing, atau menggunakan krim penghilang bulu rambut. Dicukur Menghilangkan bulu ketiak menggunakan pisau cukur atau alat cukur listrik dapat bertahan selama 1-3 hari. Jika Anda menggunakan pisau cukur sekali pakai, basahi kulit terlebih dahulu dengan air hangat. Lalu oleskan sabun, krim cukur, atau kondisioner. Ini dilakukan agar proses cukur lebih lancar dan Anda tidak terkena ruam. Cobalah mencukur bulu ketiak sesuai dengan arah rambut tumbuh. Terakhir, bersihkan kelebihan krim cukur dan periksa apakah semua bulu ketiak telah tercukur. Sebaiknya sering-seringlah mengganti pisau cukur. Pisau cukur yang tumpul dapat membuat kulit terluka akibat terlalu keras ditekankan ke kulit. Menghilangkan bulu ketiak dengan pisau cukur ada efek sampingnya, yaitu rambut dapat tumbuh ke dalam atau Anda bisa saja terkena infeksi. Waxing Sebelum mela [...]

Lebih Rileks dan Fokus Berkat Manfaat Tumbuhan di Dalam Rumah

Lebih Rileks dan Fokus Berkat Manfaat Tumbuhan di Dalam Rumah

Salah satu manfaat tumbuhan yang kita kenal adalah perannya dalam melawan polusi udara. Sayangnya, sebagian dari kita menganggap polusi udara hanya monopoli ruang terbuka. Kita cenderung yakin bahwa kualitas udara di dalam rumah sudah terbebas dari polutan. Padahal kenyataannya, rumah, kantor, dan ruangan di dalam gedung bisa jadi lebih banyak mengandung polutan daripada di luar ruangan. Jadi bagaimana caranya agar kita bisa mengurangi polusi di dalam rumah sendiri? Saatnya Memelihara Tumbuhan di Rumah Selain untuk mempercantik ruangan, tumbuhan dalam rumah juga bisa bertindak sebagai pembersih udara alami. Semua bagian dari tumbuhan, seperti dedaunan dan akar, akan bekerja sama dalam menyerap polutan kimia di dalam ruangan rumah. Kemampuan tumbuhan dalam menyerap polutan kimia tersebut dinamakan dengan fitoremediasi. Beberapa senyawa kimia yang bisa diserap oleh tumbuhan dalam tanaman, antara lain toluena, oktan, benzena, alpha-pinene, dan trichloroethylene (TCE). Tumbuhan di dalam rumah yang biasa kita sebut tanaman hias diperkirakan mampu menghilangkan 87 persen racun udara dalam sehari. Cobalah meletakkan beberapa tanaman kecil yang masing-masing berjarak 8-10 meter untuk men [...]

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat minyak kelapa cukup beragam, baik untuk keperluan memasak maupun keperluan perawatan tubuh. Manfaat minyak kelapa secara medis hingga kini masih diteliti. Meski, klaim tentang manfaat minyak kelapa hingga kini belum terbukti 100 persen, tapi penggunaannya kian populer di masyarakat. Minyak kelapa menurut beberapa penelitian diperkirakan dapat berguna bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut ini beberapa kemungkinan manfaat yang bisa didapat dari minyak kelapa. Untuk Kesehatan Minyak kelapa yang baik adalah yang murni atau virgin coconut oil (VCO), bukan minyak olahan. VCO diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa menggunakan tambahan bahan kimia dan tanpa suhu tinggi. Hal ini bertujuan agar kandungan alaminya, seperti senyawa phenolic, tidak rusak. Oleh karena itu, minyak kelapa murni berpotensi sebagai antioksidan. Selain itu, senyawa dalam minyak kelapa seperti asam laurat, kaprilat dan kaprat dapat menjadi pemicu pertumbuhan probiotik di dalam pencernaan dan berfungsi melawan bakteri jahat. Berikut beberapa kemungkinan manfaat minyak kelapa bagi kesehatan. Untuk diet. Anda dapat menggunakan VCO sebagai minyak ketika memasak atau dimasukkan ke dalam salad. Kandungan d [...]

Antioksidan sebagai Senjata Melawan Radikal Bebas

Antioksidan sebagai Senjata Melawan Radikal Bebas

Asap rokok, asap kendaraan, dan makanan yang terkontaminasi pestisida merupakan contoh-contoh sumber radikal bebas dari luar tubuh yang berisiko merusak sel-sel dalam tubuh dan memicu penyakit serius. Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat mengurangi risiko kerusakan tersebut. Saat dibelah, buah pisang dengan cepat akan berubah warna. Daging ayam yang tidak disimpan dalam lemari pendingin pada lama-kelamaan akan menjadi basi. Inilah yang dinamakan proses oksidasi. Begitu juga dengan proses alami yang terjadi pada sel tubuh manusia. Saat tubuh menggunakan oksigen, sekitar 1-2 persen sel-sel akan menjadi rusak dan berubah menjadi radikal bebas. Radikal bebas adalah sebutan untuk sel-sel rusak yang dapat menyebabkan kondisi negatif tertentu. Untuk mencegah kerusakan, tubuh membutuhkan cukup antioksidan. Antioksidan vs Radikal Bebas Antioksidan adalah bahan yang membantu melindungi sel-sel tubuh Anda dari efek buruk radikal bebas. Radikal bebas dapat diperoleh secara alami dan dari luar tubuh. Secara alami, radikal bebas adalah bahan kimia yang dihasilkan dari proses pencernaan makanan. Sedangkan dari luar tubuh, ditimbulkan akibat asap rokok dan radiasi. Radikal bebas yang [...]

Ambil Manfaat Ciuman Bibir, Namun Jauhi Bahayanya

Ambil Manfaat Ciuman Bibir, Namun Jauhi Bahayanya

Banyak orang yang mengutarakan kasih sayang dengan mengecup bibir pasangannya. Memang nyatanya ciuman di bibir bisa mempererat hubungan di antara dua sejoli yang sedang dimabuk asmara. Tidak hanya baik bagi kelangsungan hubungan, manfaat ciuman bibir juga bisa berdampak kepada kebaikan kesehatan Anda. Tapi tunggu dulu, ciuman pada bibir bisa berubah menjadi aktivitas yang membahayakan jika tidak dilakukan secara sehat. Beragam Manfaat Ciuman Bibir Manfaat utama yang bisa Anda rasakan dari berciuman bibir dengan pasangan adalah hubungan asmara yang makin erat. Makin sering Anda berciuman dengan orang yang dicintai, maka Anda akan makin terhubung dengannya, baik dari segi fisik maupun emosional. Bisa dibilang, berciuman memiliki peran penting dalam membina sebuah hubungan. Bagi kesehatan Anda sendiri, ciuman di bibir dapat memberikan beragam manfaat seperti: Meredakan stres. Ketika stres, coba cium pasangan Anda. Setelahnya pasti Anda akan merasa jauh lebih tenang. Ya, berciuman memang bisa mengurangi ketegangan dan rasa cemas yang disebabkan oleh hormon stres kortisol. Saat berciuman, hormon tersebut akan berkurang dan tergantikan oleh hormon yang bisa membuat Anda merasa lebih [...]

Jatuh Terduduk, Tulang Ekor Sakit? Bisa Bahaya

Jatuh Terduduk, Tulang Ekor Sakit? Bisa Bahaya

Sebagian orang pernah mengalami jatuh terduduk yang menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada tulang ekor. Coccyx atau tulang ekor terletak pada pangkal bawah tulang punggung. Pada tulang ekor, terpaut beberapa otot dasar panggul, tendon, serta ligamen. Fungsi tulang ekor adalah mendukung dan menjaga kestabilan seseorang saat dalam posisi duduk. Oleh karena itu, jangan anggap sepele cedera pada tulang ekor. Ketika kita terjatuh dalam posisi terduduk, tulang ekor bisa mengalami retak, bergeser, atau memar. Selain jatuh, benturan keras secara langsung pada tulang ekor, misalnya benturan saat olahraga, juga bisa menyakiti coccyx. Nyeri pada tulang ekor bisa berlangsung dalam jangka waktu yang berbeda-beda, mulai dari hanya sesaat hingga bisa lebih dari dua bulan. Biasanya kita merasakan sakit ketika mau duduk, sedang duduk, sedang berdiri, atau ketika sedang berjalan. Nyeri pada tulang ekor bisa disertai oleh gejala-gejala lain, seperti nyeri pada bokong yang menyebar ke paha dan kaki, memar atau bengkak pada area tulang ekor atau punggung bagian bawah, rasa nyeri saat buang air besar, membungkuk, mengangkat barang, atau saat berhubungan seks. Cedera ini bisa juga menimbulkan gej [...]

Merawat Wajah Saat Hamil, Begini Caranya

Merawat Wajah Saat Hamil, Begini Caranya

Merawat wajah pada saat hamil terkadang bukan perkara mudah. Bahan kimia yang terkandung di dalam produk perawatan wajah dikhawatirkan dapat membahayakan janin. Naik turunnya hormon pada masa kehamilan dapat menimbulkan beragam masalah kulit pada wanita, salah satunya wajah. Bagian ini bisa membuat seorang wanita menjadi bingung dalam hal memilih produk kecantikan atau bagaimana merawat wajah pada saat hamil. Untuk menjaga kebersihan wajah dan menghindari cara atau produk yang dapat membahayakan janin, setidaknya Anda perlu lebih berhati-hati dalam memilih produk dan jenis perawatan untuk wanita hamil. Masalah Wajah Saat Hamil dan Perawatannya Merawat wajah saat hamil mungkin susah-gampang, berikut ini adalah beberapa masalah wajah yang dapat menghampiri Anda saat hamil dan cara merawatnya. Jerawat Timbulnya jerawat pada masa kehamilan adalah hal yang wajar terjadi pada sebagian wanita. Jenisnya pun beragam mulai dari jerawat ringan hingga parah. Jerawat pada masa kehamilan terjadi karena hormon androgen meningkat dan memicu kelenjar sebaceous memproduksi sebum atau minyak di wajah dan akhirnya menimbulkan jerawat. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan obat oles sep [...]

Asam Kojic, Andalan Wanita Memutihkan Kulit

Asam Kojic, Andalan Wanita Memutihkan Kulit

Kulit putih berseri masih menjadi impian sebagian besar kaum hawa. Kulit dapat mencerminkan tubuh sehat, selain itu sebutan cantik kerap tertuju pada wanita dengan penampilan kulit yang cerah. Asam kojic (kojic acid) yang berasal dari Jepang, kini telah menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan untuk memutihkan kulit. Tapi apa yang dimaksud dengan asam kojic dan bagaimana menggunakannya dengan tepat? Asam kojic adalah zat berwarna putih yang menyerupai tepung. Terdiri dari kristal-kristal kecil, diperoleh dari jamur. Penggunaan asam kojic untuk produk perawatan kulit mulai dilakukan sejak tahun 1989. Sebelum dimanfaatkan untuk produk perawatan kecantikan, asam kojic hanyalah hasil sampingan dari proses fermentasi produksi minuman beralkohol sake. Memanfaatkan Asam Kojic Asam kojic merupakan zat penghambat ringan yang memengaruhi pembentukan pigmen pada tanaman dan jaringan hewan. Kini asam kojic banyak digunakan untuk mengawetkan makanan dan produk kosmetik. Terutama untuk produk perawatan kulit, asam kojic berfungsi sebagai pemutih kulit. Asam kojic akan menekan produksi pigmen yang disebut melanin dari sel yang disebut melanosit. Pada orang yang berkulit putih, hanya sedik [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *