Menghilangkan Komedo yang Mengganggu Penampilan

Menghilangkan-Komedo-yang-Mengganggu-Penampilan-alodokter.jpg

Kulit wajah yang mulus merupakan idaman tiap orang. Salah satu penghalang adalah kemunculan komedo. Lalu apa penyebab komedo dan bagaimana cara menghilangkan komedo?

Komedo tergolong sebagai jenis jerawat ringan yang biasa muncul pada wajah. Namun, ada juga kemungkinan komedo muncul pada leher, dada, punggung, lengan, atau bahu.

Cara Mengatasi Komedo

Komedo terbentuk lantaran adanya penyumbatan akibat sel kulit mati dan minyak pada pori-pori. Komedo ada yang berwarna putih karena tertutup kulit, namun bisa juga berwarna hitam karena terbuka.

Meski tidak terasa sakit, komedo tetap saja dapat mengganggu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan komedo, yaitu:

  • Perawatan mandiri dengan produk bebas.

Untuk mengatasi komedo, tersedia beragam produk yang dapat dibeli secara bebas. Mulai dari bentuk gel, krim, atau plester yang langsung ditempelkan pada kulit. Cara kerja produk tersebut adalah dengan membunuh bakteri, mengurangi kelebihan minyak, dan mendorong kulit untuk melepas sel kulit mati.

  • Obat-obatan dengan pengawasan dokter.

Dokter akan memberikan obat yang lebih kuat yang mampu mencegah pembentukan sumbatan dan mempercepat proses pergantian sel kulit. Terhadap komedo yang diiringi jerawat atau kista jerawat, dokter kemungkinan akan memberikan kombinasi antibiotik atau obat lain.

  • Menggunakan komedo ekstraktor.

Proses ini dilakukan oleh dokter spesialis kulit atau dermatologis dengan menggunakan alat komedo ekstraktor yang ditekan ke pori-pori agar sumbatan tersebut keluar. Beberapa kemungkinan risiko yang dihadapi dari langkah ini, seperti proses ekstraksi yang tidak tuntas, kerusakan jaringan, jaringan parut, hingga komedo yang muncul kembali.

Selain tiga cara umum di atas, ada juga beberapa teknik lain yang membutuhkan peralatan dan bahan-bahan kimia dengan spesifikasi khusus, antara lain:

  • Pengelupasan kulit dengan bahan kimia.

Pada proses ini, lapisan teratas kulit akan dikelupas, sehingga bagian kulit yang lebih halus yang berada di bawahnya akan terbuka. Pengelupasan kulit semacam ini otomatis membantu melepas sumbatan penyebab komedo, sekaligus sel kulit mati.

  • Teknik mikrodermabrasi.

Dengan teknik ini, dokter menggunakan alat khusus untuk mengelupas lapisan terluar kulit. Proses ini akan mengangkat sumbatan pada komedo.

  • Terapi laser dan cahaya (light and laser therapy).

Dengan memanfaatkan alat yang mengeluarkan sinar cahaya dan laser yang kuat, hingga langsung ke bagian dasar kulit. Teknik ini mampu menyingkirkan komedo dan jerawat, tanpa merusak bagian atas kulit. Sekaligus efektif menurunkan produksi minyak atau membunuh bakteri.

Faktor Pemicu

Komedo bagi sebagian orang dapat muncul dengan mudah pada wajah seseorang, sementara sebagian lagi tidak demikian.

Beberapa faktor pendukung membuat seseorang menjadi lebih rentan mengalami komedo, antara lain produksi minyak tubuh berlebihan, sekaligus membuat wajah berminyak, penumpukan bakteri penyebab jerawat (propionibacterium acnes) pada kulit, atau iritasi folikel rambut karena terhambatnya pelepasan sel kulit mati. Obat-obatan tertentu juga dapat memengaruhi pertumbuhan komedo dan jerawat, termasuk kortikosteroid, litium, dan androgen.

Beberapa jenis produk kulit serta rambut kemungkinan berisiko menghambat pori-pori juga, sehingga menyebabkan komedo. Faktor genetika juga dapat menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami komedo.

Selain itu, komedo juga cenderung lebih banyak dialami oleh seseorang yang mengalami perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, masa remaja atau wanita yang mengonsumsi pil KB. Makanan atau minuman produk susu atau makanan kaya karbohidrat, belum terbukti dapat memicu komedo atau jerawat.

Bagaimana Cara Merawat Diri yang Baik?

Untuk menghilangkan komedo atau mencegah terbentuknya komedo kembali, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

  • Jaga kulit tetap bersih. Cuci muka dengan sabun yang lembut dua kali sehari.
  • Hindari produk yang dapat menghambat pori-pori. Pilih produk dengan label ?noncomedogenic? atau tidak menimbulkan komedo.
  • Rambut berminyak juga dapat memengaruhi kondisi kulit wajah. Jika perlu, cuci bersih rambut Anda tiap hari.
  • Gunakan produk berupa masker atau scrub yang dapat mengelupas sel kulit mati pada wajah. Pilih yang lembut di wajah.
  • Perhatikan label untuk cara penggunaan tepat ketika memakai produk bebas untuk mengatasi komedo.
  • Jika penggunaan produk bebas untuk komedo tidak menunjukkan hasil membaik setelah 3 bulan, segera konsultasikan dengan dokter.

Komedo jelas dapat mengganggu penampilan, meski begitu sebelum melakukan perawatan kulit untuk mengatasinya, coba konsultasikan kepada dokter untuk mencegah alergi atau kondisi yang tidak diinginkan lainnya.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pengguna Lensa Kontak Harus Tahu Risikonya

Pengguna Lensa Kontak Harus Tahu Risikonya

Mata adalah jendela jiwa yang memancarkan pesona tersendiri. Karena itu, sebagian orang enggan menyembunyikannya di balik kacamata. Lensa kontak menjadi alternatif pilihan untuk membantu penglihatan sekaligus memperindah mata. Namun, tahukah Anda risiko yang mengintai pengguna lensa kontak? Pengguna lensa kontak memang berpotensi terinfeksi bakteri, jamur, atau mikroba lainnya. Namun, bukan berarti Anda harus bermusuhan dengan lensa kontak. Lensa kontak merupakan salah satu peralatan medis yang paling aman ketika digunakan secara bertanggung jawab. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memakai kontak lensa. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter mata terlebih dahulu. Pilihlah jenis lensa kontak yang paling sesuai dengan kebutuhan, kenyamanan Anda dan arahan dari dokter. Secara umum, ada dua jenis lensa kontak, antara lain: Soft Contact Lenses Seperti namanya, lensa jenis ini lembut dan lentur sehingga nyaman digunakan. Namun, soft lens lebih rapuh dan perlu dibersihkan lebih sering daripada hard lenses karena terbuat dari bahan silicone hydrogel, yaitu jenis plastik lembut yang mampu menyerap banyak air. Hard Contact Lenses Berkebalikan dari soft [...]

Tips Mencuci Baju Bayi dengan Aman

Tips Mencuci Baju Bayi dengan Aman

Memiliki bayi merupakan salah satu anugerah terindah yang dirasakan orang tua. Meski demikian, tidak jarang orang tua merasakan kerepotan saat mengurus perlengkapan bayi, termasuk cara mencuci baju bayi dengan aman. Pada saat membeli baju bayi, coba perhatikan labelnya. Perhatikan tata cara mencuci yang disarankan. Meski mencuci baju bayi dengan tangan dapat dilakukan, namun hal itu dapat memakan banyak waktu dan energi. Sebaiknya pilih bahan baju bayi yang dapat dibersihkan dengan mesin cuci, terutama untuk baju yang dipakai sehari-hari. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencuci baju bayi, antara lain: Deterjen yang sesuai Sebagian bayi membutuhkan deterjen khusus terhadap pakaian yang mereka kenakan, terutama yang memiliki kulit sensitif. Kulit bayi yang sensitif lebih rentan terkena gangguan kulit, seperti alergi, eksim dan lain-lain. Namun, bagi bayi yang tidak memiliki keluhan tersebut, dapat menggunakan deterjen yang digunakan untuk mencuci pakaian anggota keluarga lain di rumah. Anda dapat memilih deterjen cair dibandingkan yang berbentuk bubuk karena jauh lebih mudah dibilas dari pakaian. Dengan demikian risiko menyebabkan iritasi pada kulit bayi akan lebih renda [...]

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Realistis

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Realistis

Bagi sebagian orang, memiliki bobot ideal mungkin hanya angan-angan. Namun seharusnya tidak demikian. Meski tidak mudah, menurunkan berat badan bisa dilakukan. Lalu bagaimana cara realistis mencapai berat badan yang diinginkan? Pada dasarnya, berat badan tergantung kepada asupan kalori yang masuk dan seberapa banyak pengeluaran kalori dari aktivitas tubuh. Berat badan ideal akan tercapai jika asupan kalori sesuai dengan energi yang dikeluarkan oleh tubuh. Sedangkan untuk menurunkan berat badan, Anda harus mengonsumsi kalori lebih sedikit dan meningkatkan aktivitas fisik untuk membakar kalori tubuh. Menetapkan Sasaran dengan Jelas Membuat perubahan dan disiplin merupakan kunci penurunan berat badan. Mari kita pelajari bagaimana cara menurunkan berat badan. Langkah pertama adalah membuat rencana penurunan berat badan dengan rentang waktu yang realistis. Misalnya Anda menargetkan untuk menurunkan 4 kg selama 1-2 bulan. Setelah berhasil mencapai target tersebut, maka buat target yang selanjutnya. Kemudian mulailah membuat rencana tindakan terhadap rencana tersebut. Sebagai contoh, Anda mulai mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan penutup, seperti kue yang manis. Jika biasanya makan [...]

Menyelidiki Pelecehan Seksual Pada Anak

Menyelidiki Pelecehan Seksual Pada Anak

Pelecehan seksual adalah fenomena yang mulai sering terjadi di lingkungan kita. Karena anak masih belum mengerti, hal tersebut bisa sulit untuk diketahui oleh orang tua. Pengertian pelecehan seksual pada anak adalah segala jenis kontak seksual antara orang dewasa kepada siapa pun yang berumur di bawah 18 tahun. Selain itu, dikatakan pelecehan seksual pada anak jika salah satu pelakunya lebih tua atau lebih dominan. Kriteria kedua ini tanpa melihat seberapa tua usia para pelakunya. Yang menjadi inti persoalan adalah salah satu pihak tidak berdaya terhadap pihak lainnya. Pelaku pelecehan seksual pada anak bukan saja berasal dari pihak luar. Ada juga pihak keluarga yang melakukan hal semacam itu. Jika pelecehan seksual pada anggota keluarga dilakukan oleh salah satu anggota keluarga, maka hal tersebut disebut inses. Beberapa tindakan pelecehan seksual pada anak bisa berupa ciuman, menyentuh kemaluan anak, berhubungan seksual, atau memberikan paparan pornografi pada anak. Pelecehan seksual pada anak terjadi karena anak dipaksa atau dibujuk. Sayangnya, banyak anak yang tidak menyadari atau memahami tindakan yang diminta kepada dirinya. Apalagi, saat ini pelecehan seksual tidak semata- [...]

Lima Cara Merawat Kuku Cantik

Lima Cara Merawat Kuku Cantik

Tidak hanya rambut, kuku juga perlu dirawat dengan baik agar kuat dan berkilau. Kuku yang terawat baik akan terlihat cantik. Kuku cantik dan bersih juga bisa menggambarkan kebersihan dan kondisi kesehatan seseorang. Selain itu, kuku yang cantik juga dapat menambah kepercayaan diri. Cara Merawat Kuku Cantik Tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling sering terpapar berbagai hal saat beraktivitas sehari-hari, dari mengetik di depan komputer, memegang uang hingga mengelola makanan di dapur. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan terutama kuku. Perhatikan teknik perawatan dan materi yang digunakan dalam perawatan kuku Anda. Batasi perawatan salon Tidak jarang, seseorang yang ingin memiliki kuku cantik melakukan perawatan kuku di salon. Selain praktis, hasilnya pun terlihat lebih bagus daripada merawat sendiri di rumah. Tapi, tahukah Anda? Ternyata terlalu sering melakukan perawatan kuku di salon juga tidak baik untuk kesehatan kuku. Terlalu sering melakukan perawatan kuku di salon akan membuat kuku menjadi rapuh. Hal ini karena kuku sering terpapar unsur-unsur kimia yang keras saat di salon. Selain itu, ada kemungkinan terkena infeksi kuku kronis atau b [...]

Lima Kebiasaan yang Dapat Merusak Rambut

Lima Kebiasaan yang Dapat Merusak Rambut

Rambut merupakan mahkota kecantikan bagi seorang wanita. Tapi sayangnya, beberapa kebiasaan yang niatnya untuk menjaga kesehatan dan mempercantik tampilan rambut justru bisa merusak rambut. Menjaga kesehatan dan kecantikan rambut terkadang bukan perkara mudah. Tidak jarang kita harus mengeluarkan lebih banyak biaya untuk kecantikan rambut. Padahal, ternyata kebiasaan sehari-hari yang tujuannya untuk merawat rambut justru bisa membahayakan kesehatan rambut. Akibatnya, rambut justru terlihat kusam, rontok, dan pastinya jauh dari cantik. Duh! Lima Kebiasaan yang Dapat Merusak Rambut Perhatikan beberapa hal di bawah ini. Bisa jadi ada salah satu kebiasaan Anda dalam merawat rambut yang justru merusak keindahannya. Sering keramas. Keramas memang hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan rambut. Tapi, kalau terlalu berlebihan justru bisa merusak rambut dan menyebabkan kulit kepala gatal dan terasa seperti kencang. Tidak hanya itu, terlalu sering keramas juga bisa menghilangkan pelembap alami rambut Anda. Jarang keramas.Jika keseringan keramas bisa membuat kulit kepala terasa gatal dan kencang. Jarang keramas justru bisa menyebabkan munculnya ketombe dan kulit [...]

Atasi Dehidrasi dengan Minum dari Makanan

Atasi Dehidrasi dengan Minum dari Makanan

Tidak hanya air. Buah, sayur, bahkan daging dapat memenuhi kebutuhan konsumsi cairan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa rehidrasi tubuh bisa lebih efektif dengan mengonsumsi buah dan sayuran dibandingkan dengan meminum air saja. Buah dan sayur tidak hanya mengandung kadar air yang tinggi tapi juga mineral, gula alami, vitamin dan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan-kandungan buah dan sayur inilah yang membuat tubuh menyerap dan menyimpan cairan lebih baik daripada hanya meminum air saja. Kebutuhan 2 liter air sehari tidak hanya dapat dipenuhi dengan mengonsumsi air dan minuman lain. Sekitar 20 persen dari jumlah ini bisa didapatkan dari sayur-sayuran dan buah-buahan yang bisa mengandung 90 persen cairan. Berikut ini adalah beberapa alternatif sumber cairan selain air mineral. Semangka, pepaya dan melon Sekitar 90 persen komposisi ketiga buah ini terdiri dari air. Fakta lain, semangka mengandung likopen, zat pelawan kanker, dalam jumlah lebih banyak dibandingkan tomat. Selain itu, semangka juga merupakan sumber yang baik untuk kalsium, magnesium, sodium dan potasium. Belimbing Buah tropis ini mengandung sekitar 91,4 persen air. Selain dimakan sebagai buah potong, bua [...]

Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Makanan Sehat Untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu Anda mengurangi tingkat kolesterol dalam darah. Kolesterol sudah bukan lagi hanya menjadi masalah orang tua, bahkan pada usia muda pun seseorang bisa menderita kolesterol. Penyebabnya beragam dan salah satunya adalah kurang mengonsumsi makanan sehat. Banyak mengonsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan kadar kolesterol. Jika kolesterol sudah bersarang di tubuh kita maka dapat menyebabkan serangan jantung, stroke dan beberapa penyakit lainnya. Jika Anda sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi, sudah seharusnya Anda menjaga makanan dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol Guna menurunkan tingkat kolesterol dalam darah, Anda membutuhkan makanan yang sehat yang dapat menurunkan kolesterol. Berikut ini adalah makanan yang baik untuk Anda konsumsi: Makanan yang mengandung kacang kedelai. Makanan seperti puding kedelai tanpa gula, susu kedelai, kacang edamame dan tahu mengandung protein yang dapat mengurangi kolesterol dalam darah. Mengonsumsinya sebanyak 0,5 ons dalam sehari bisa mengurangi kolesterol Anda setidaknya 6%. Buah dan sayuran. Tidak perlu diragukan lagi, jika Anda ingin lebih sehat seba [...]

Cara Membersihkan Telinga dengan Tepat

Cara Membersihkan Telinga dengan Tepat

Bagaimana cara membersihkan telinga dengan tepat? Tahukah Anda bila membersihkan dengan cotton bud berisiko membuat kotoran telinga makin terdorong ke dalam saluran telinga? Telinga adalah anggota tubuh yang perawatannya sering terlupakan, padahal setidaknya telinga bagian luar relatif mudah dibersihkan. Jika salah metode, pembersihan telinga bagian dalam justru akan mengakibatkan kotoran makin terdorong ke dalam telinga. Kotoran telinga bagian dalam umumnya berupa gumpalan lunak. Gumpalan ini adalah produksi alami dari kelenjar minyak di dalam telinga yang justru sebenarnya berfungsi melindungi telinga. Gumpalan ini berperan memerangkap debu dan menjaga agar air tidak masuk ke telinga. Kotoran telinga sebenarnya tidak akan menyebabkan gangguan jika berada pada kadar yang tepat. Jika terlalu banyak, kotoran telinga dapat menyumbat telinga hingga menyebabkan sakit hingga kehilangan pendengaran. Lalu bagaimana cara membersihkan kelebihan kotoran telinga ini? Hindari Menggunakan Cotton Bud Memasukkan cotton bud, lidi yang dilapisi kapas, klip kertas, ataupun jepit rambut sebagai cara membersihkan telinga dalam justru berisiko merusak saluran atau gendang telinga. Selain itu, alih-al [...]

Relaksasi Sederhana di Rumah Bisa Mengusir Stres

Relaksasi Sederhana di Rumah Bisa Mengusir Stres

Tingkat stress yang tinggi dapat menyebabkan beberapa penyakit, seperti sakit kepala, gangguan cemas, dan depresi. Begitu buruknya dampak stres bagi kesehatan, sehingga Anda perlu mengelolanya dengan baik. Relaksasi bisa menjadi satu cara dalam mengatasinya. Aktivitas relaksasi tidak perlu rumit atau berbiaya mahal. Yang terpenting adalah tepat sasaran untuk mengatasi stres yang sedang diderita. Anda bisa melakukan relaksasi secara rutin di rumah, baik sendiri maupun bersama kerabat. Penyakit yang Mungkin Disebabkan oleh Stres Stres dapat menyebabkan berbagai penyakit. Bahkan nyatanya, jika Anda sudah lebih dahulu memiliki riwayat penyakit, stres dapat memperparah kondisi penyakit tersebut. Berikut ini beberapa penyakit yang diduga dapat timbul akibat stres. Sakit kepala Stres dapat menyebabkan sakit kepala pada lokasi yang berbeda-beda. Kadang-kadang di seluruh bagian, ada juga yang hanya sebelah atau biasa disebut migren. Stres disebut-sebut sebagai pemicu tersering sakit kepala. Cemas dan depresi Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang beban pekerjaannya terlampau berat lebih berisiko mengalami depresi. Agaknya, kondisi cemas dan depresi terkait dengan stres yang berlangsu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *